Ril, Mamah Pulang Dulu ke Indonesia ya

Emmeril Kahn Mumtadz Belum Juga Ditemukan, Istri Ridwan Kamil: Ril... Mamah Pulang Dulu ke Indonesia, Ya

Liputan6.com 2022-06-02 18:07:28
Hingga Kamis, 2 Juni 2022, anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz, belum juga ditemukan setelah dikabarkan hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss sekitar sepekan lalu.

Hingga Kamis, 2 Juni 2022, anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz, belum juga ditemukan setelah dikabarkan hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss sekitar sepekan lalu.

Berbagai upaya dilakukan pemerintah Swiss maupun Ridwan Kamil beserta istri, Atalia Praratya, untuk menemukan pemuda berusia 23 tahun itu. Meski demikian, putra sulung Gubernur Jawa Barat itu belum juga ditemukan.

Rasa kehilangan dan kepasrahan ditunjukkan oleh istri Ridwan Kamil. Setelah lebih dari sepekan absen dari mengunggah kabar di Instagram, wanita yang akrab disapa Ibu Cinta itu membuat postingan anyar.

Sebuah pesan menyentuh mengiringi dua foto sarat makna yang diunggahnya. Pada foto pertama, tampak sang gubernur diapit oleh dua perempuan yang diyakini sebagai istri dan putrinya tengah duduk menghadap Sungai Aare. Foto kedua berisi surat tulisan tangan Wali Kota Bern.

Dalam pesan di bawah foto, Atalia berpamitan pada sang putra. "Ril... mamah pulang dulu ke Indonesia, ya.." tulisnya dalam awal pesan.

"Mamah titipkan kamu dalam penjagaan dan perlindungan terbaik dari pemilikmu yang sebenarnya, Allah SWT, di mana pun kamu berada..."

Kalimat demi kalimat dalam rangkaian pesan Atalia tersusun indah sekaligus menerbitkan haru dan pilu. Menggambarkan cinta dan kerinduan seorang ibu yang begitu sarat, namun ruang dan waktu belum juga mengizinkan mereka bertemu. Maka yang dapat dilakukan hanyalah memasrahkannya pada Sang Maha Kuasa.

"Insya Allah kamu tidak akan kedinginan, kelaparan atau kekurangan apapun. Bahkan kamu akan mendapatkan limpahan kasih sayang, karunia dan kebahagiaan yang tak pernah putus.

Disini, di sungai Aare yang luar biasa indah dan cantik ini, mamah lepaskan kamu, untuk kita bertemu lagi cepat atau lambat.

Seperti yang pak walikota sampaikan,

`The city of Bern will forever be deeply connected to us...`

Doa terbaik mamah dalam setiap helaan nafas,

Atalia

Aare river, Juni 2022"


Reaksi Warganet

Pesan menyentuh Atalia bagi Eril pun mendapat reaksi warganet, tak terkecuali para figur publik seperti Najwa Shihab, Sahrul Gunawan, Eddies Adelia, dan lainnya.

"Doa yang tak putus untuk teh @ataliapr dan kang @ridwankamil sekeluarga. Insya Allah selalu diberi kekuatan dan ketegaran..." demikian tulis Najwa Shihab.

Penyanyi Hedi Yunus pun ikut menyemangati ibu tiga anak itu. "Teeehhh.... tabah yaaaa."

Harapan dan kerinduan Atalia untuk bertemu dengan Eril tak hanya tampak dari unggahan terbarunya, melainkan juga dari foto profil dan kolom bionya.

Atalia memasang foto profil dirinya tengah mengecup sang putra. Sementara pada kolom bio, Atalia memohon doa pada masyarakat untuk terus mendoakan putra sulungnya.

"Mohon keikhlasannya untuk terus mendoakan A Eril."


Dukungan penuh Pemerintah Swiss

Kepala Protokol Kementerian Luar Negeri Swiss, Duta Besar Schaer kembali menekankan dukungan penuh pemerintah Swiss atas upaya pencarian Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril dan menjadikan pencarian itu sebagai prioritas utama.

Duta Besar Schaer juga memastikan bahwa Kementerian Luar Negeri Swiss telah berkomunikasi erat dengan pihak Kepolisian Kota Bern dan memantau perkembangan pencarian Eril.

Hal itu disampaikan Schaer saat menemui orang tua Eril, Ridwan Kamil dan Atalia Praratya yang didampingi Duta Besar RI untuk Swiss, Muliaman Hadad pada Rabu (1/6/2022) petang.

Pencarian Eril, di sungai Aare, Kota Bern hari ini terus diintensifkan dengan metode patroli darat, perahu, dan drone. Fokus pencarian hari ini adalah di area Marzili hingga pintu air Engehalde.

Selain itu, patroli juga tetap dilakukan mulai area Schwellenmaetelli hingga Wohlensee.

"Orangtua saudara Eril, Bapak Ridwan Kamil beserta Ibu Atalia, hari ini masih memeriksa langsung beberapa titik-titik potensial di sepanjang bantaran Sungai Aare. Rute yang ditempuh oleh orangtua saudara Eril termasuk rute darat dan sebagian wilayah sungai yang aman dijelajahi manusia," tulis keterangan KBRI di Bern yang dikutip Kamis (2/6/2022).

KBRI Bern mendapatkan kabar hilangnya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss, pada hari Kamis (26/5/2022) pukul 11.24 waktu setempat.

Upaya pencarian Eril oleh tim SAR melibatkan unsur polisi, polisi maritim, dan pemadam kebakaran, serta didukung oleh Pemerintah Kanton Bern. Upaya pencarian intensif ini masih berlangsung dan akan terus dilanjutkan.


Interpol Terbitkan Yellow Notice

Polri menyatakan bahwa Interpol sudah menerbitkan dokumen pencarian orang hilang atau yellow notice terkait hilangnya anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz atau Eril yang hanyut terseret arys sungai Aaree di Kota Bern, Swiss.

"Ya betul, Interpol sudah merilis yellow notice Eril," tutur Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Kamis (2/6/2022).

Menurut Dedi, dengan terbitnya yellow notice tersebut artinya seluruh negara yang menjadi anggota Interpol telah menerima informasi hilangnya anak Ridwan Kamil.

"Dari Interpol pusat yang ditujukan kepada seluruh anggota Interpol dunia," jelas dia.

Dedi menegaskan, langkah penerbitan yellow notice ini merupakan upaya proaktif Polri untuk ikut membantu pencarian Emmeril Khan Mumtadz yang hanyut di sungai Aaree, Swiss.

"Polri berkerja sama dengan Interpol, kepolisian Swiss dan KBRI setempat terus memantau secara aktif perkembangan di lapangan," kata Dedi menandaskan.

Pesan Menyentuh Kekasih Eril

Pesan Menyentuh Nabila Ishma Nurhabibah, Kekasih Anak Ridwan Kamil

Liputan6.com 2022-06-02 11:02:00
Nabila Ishma Nurhabibah menulis pesan menyentuh kepada Emmiril Khan Mumtadz alias Eril lewat akun Instagram pribadinya (dok.Instagram/@nabilaishma/

Proses pencarian anak Ridwan Kamil, Emmiril Khan Mumtadz alias Eril, yang hilang saat berenang di Sungai Aare, Swiss, masih berlangsung. Sang kekasih, Nabila Ishma Nurhabibah pun merasa kehilangan kekasihnya karena Eril belum juga ditemukan hingga Kamis, (2/6/2022).

Melalui unggahan Instagram pribadinya, NabilaIshma Nurhabibah turut mendoakan dan memberi pesan menyentuh untuk Eril dari jauh. Ia tetap ada di sampingnya, meskipun ia tak tahu bagaimana kondisi Eril saat ini.

"Pegang tanganku erat-erat dan mari kita selesaikan ini bersama-sama. Tolong tetap tinggal Ril, aku tahu kamu sangat kuat. Jangan takut pada apapun, aku di sini untuk membimbing kamu sampai kita dapat segera bertemu lagi. Aku sangat merindukanmu, seperti yang selalu kulakukan," tulis Nabila dikutip Kamis, (2/6/2022).

Dalam potret itu, Nabila tampak memegang tangan Eril erat-erat. Di pandang rumput yang luas, mereka saling bertatap mesra dengan senyum yang mengembang di wajah mereka.

Unggahan Nabila mendapat bersama Eril mendapat tanggapan dari warganet. Mereka ikut memberikan dukungan pada Nabila.

"Sayangg km yg kuatt yaa," tulis seorang warganet. "Nabila yang kuat yaa.. semoga segera kabar baik menghampiri & bisa bersama lagi aaamiin yaa allah," timpal warganet yang lain.

"Yang kuat billl insyaallah segera ketemuu," tulis pengikut Nabila yang lain. "Bismillah,,, Inshaalloh ketemu lagi sama a eril dengan keadaan yang sebaik baiknya A eril kuat, pasti a eril baik baik saja ya aa," kata warganet yang lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sosok Nabila Ishma Nurhabibah

Merujuk akun Instagram pribadinya, Nabila Ishma Nurhabibah lahir di Bandung, 8 Mei 2001 lalu. Lewat akun Instagram pribadinya, Nabila merupakan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, Bandung.

Selain sebagai mahasiswi, ia juga dikenal sebagai atlet panahan dan motivator muda. Ia pernah menjadi Wakil Ketua Forum Anak Nasional periode 2017--2019.

Berbagai kegiatan di antaranya Tim Popda Panahan Kota Bandung 2014-sekarang. Ia juga Pengurus IKA Tunas Muda Pemimpin Indonesia 2016-sekarang. Di samping itu, Nabila diketahui sebagai Pengurus Youth Coalition for Girls Jawa Barat, 2016-sekarang.

Sejumlah prestasi diraih Nabila, pada 2014 ia jadi Finalis Gadis Sampul, Finalis GoGirl! Look 2016, Duta Literasi Kota Bandung 2016. Nabila juga sempat menjadi Delegasi Indonesia untuk World Conference on Disaster Risk Reduction 2015 di Jepang, Penghargaan Tunas Muda Pemimpin Indonesia Kementerian PPPA Tingkat Nasional 2016.


Dua Pintu Air Sungai

Sementara itu, proses pencarian Eril terus berlanjut. Diberitakan kanal Global Liputan6.com, Kepala Kepolisian Maritim Bern menyampaikan bahwa pencarian Eril di kota Bern hari ini, 1 Juni 2022, masih terfokus pada area di antara dua pintu air, serta patroli intensif pada wilayah setelah pintu air ke-2.

Pada keterangannya saat bertemu orang tua Eril di salah satu boat house atau rumah kapal di wilayah Wohlensee, Polisi Maritim Bern juga memastikan bahwa berbagai komunitas di sepanjang bantaran sungai Aare telah terinformasikan dengan baik, untuk memperluas keterlibatan unsur masyarakat dalam upaya pencarian, seperti Klub Pendayung, Klub Pemancing, dan komunitas berkebun.

Menurut perkiraan, kondisi cuaca di kota Bern pada beberapa hari ke depan diprediksi akan hujan, dengan badai di area pegunungan. Hal ini akan sangat mempengaruhi kondisi air di sungai Aare, demikian dikutip dari laman Kemlu RI, Rabu, 1 Juni 2022.


Pencarian Intensif

Polisi Maritim Bern akan melanjutkan pencarian intensif hari ini, Kamis (2/6/2022), dengan metode yang sama dengan sebelumnya: patroli darat, perahu, drone. Keputusan menggunakan penyelam sangat situasional karena kondisi alam yang tidak menentu.

Selain terus memantau secara dekat pencarian oleh Polisi Maritim, orang tua Eril, Ridwan Kamil beserta Ibu Atalia, juga terus melakukan usaha mandiri untuk memeriksa langsung beberapa titik-titik potensial di sepanjang bantaran sungai Aare. Rute yang ditempuh oleh orang tua Eril termasuk rute darat dan beberapa wilayah perairan yang masih aman untuk dijelajahi manusia.

KBRI Bern mendapatkan kabar hilangnya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss, pada Kamis (26/5) pokul 11.24 setempat. Upaya pencarian Eril oleh tim SAR melibatkan unsur Polisi, Polisi Maritim, dan Pemadam Kebakaran, serta didukung oleh Pemerintah Kanton Bern. Upaya pencarian intensif ini masih berlangsung dan akan terus dilanjutkan.

Infografis . Setahun Pandemi Covid-19, Pariwisata Dunia dan Indonesia Terpuruk

Suami Maudy Ayunda Bicara soal Mertua

Jesse Choi Tulis Pesan Menyentuh untuk Orangtua dan Mertuanya: Senang Melihat Keluarga Kami Semakin Dekat

Liputan6.com 2022-06-02 15:00:00
Jesse Choi unggah potret orang tuanya yang sempat bikin penasaran. (Sumber: Instagram/jessechoi_)

Jesse Choi, suami Maudy Ayunda mengunggah foto kebersamaan bersama kedua orangtua serta ayah dan ibu mertuanya. Foto itu diambil di Bali saat resepsi pernikahan digelar.

Dalam keterangannya dia membuat unggahan apresiasi untuk kedua orangtuanya. Mereka harus menempuh perjalanan panjang dari Amerika Serikat ke Indonesia.

"Posting penghargaan untuk orangtua saya yang hebat, yang berhasil pergi ke Jakarta dan Bali dari LA, lebih dari 20 jam perjalanan untuk hari-hari istimewa kami," kata alumnus Stanford University itu, Kamis (2/6/2022).

Saa kedua orangtuanya tiba di Indonesia, Jesse Choi dan tentunya Maudy Ayunda juga antusias memperkenalkan berbagai tempat indah serta hidangan khas yang lezat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kebahagiaan

"Sangat menyenangkan menunjukkan kepada kalian semua tempat, makanan, dan aktivitas favorit saya!" ungkap pria berkacamata itu.

"Semoga saya dapat terus membuat kalian bangga, karena kalian pantas mendapatkannya dan bahkan lebih banyak lagi. Sampai jumpa - mungkin lain kali di Korea atau CA!" sambungnya.


Berterima Kasih

Terakhir, dia juga berterima kasih kepada mertuanya yang telah menyambut keluarganya dengan penuh kehangatan.

"Dan terima kasih kepada orang tua dan keluarga Maudy yang membuat orang tua saya betah. Sangat menyenangkan melihat keluarga kami tumbuh lebih dekat," tutupnya.


Akad Nikah

Jesse Choi dan Maudy Ayunda telah menggelar akad nikah di kediamannya di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan pada Minggu 22 Mei 2022. Jesse menikahi Maudy dengan maskawin berupa mata uang dolar Amerika Serikat.

"Untuk mahar menggunakan uang dolar sesuai tanggal pernikahan jadi 22.522 USD. Selain itu ada cincin tapi tidak disebut dalam ijab qabul," kata pihak KUA kecamatan Cilandak, Bunyamin.

<p>Infografis Destinasi Wisata Berkelanjutan di Indonesia dan Dunia (Liputan6.com/Triyasni)</p>

Puput Bawa Mainan untuk Gala

Puput Bawa Mainan dan Baju untuk Gala Sky, Buktikan Tak Pernah Ada Masalah dengan Haji Faisal

Liputan6.com 2022-06-02 13:40:00
Momen Puput bertemu keluarga Haji Faisal, tuai pujian. (Sumber: Instagram/puput100ly_)

Usai bercerai dengan Doddy Sudrajat, Puput saat ini cenderung lebih berpihak pada keluarga Haji Faisal. Setelah berziarah ke makam Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah, Puput pun lantas berkunjung ke rumah keluarga Haji Faisal untuk sekadar bersilaturahmi dan menjenguk Gala Sky.

Puput mengaku telah menjalin komunikasi yang baik dengan keluarga Haji Faisal. Ia menegaskan bahwa sebelum bercerai pun ia tak pernah punya masalah dengan keluarga Haji Faisal.

"Kalau tanggapan pak haji baik-baik saja, karena memang kita komunikasi kan baik," ungkap Puput, saat ditemui di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, baru-baru ini.


Membawa Hadiah

Tidak datang dengan tangan kosong, Puput dan kedua putri juga menunjukkan perhatian pada Gala dengan membawa sejumlah hadiah. Mulai dari pakaian hingga mainan kesukaan putra Vanessa dan Bibi itu.

"Oh iya Kakak Chika sama Ais pilih mainan, sama ada baju-baju buat Gala," terang Puput.


Perkembangan

Faisal kemudian membantah adanya pembicaraan serius antara dirinya dengan Puput. Ia mengaku hanya membicarakan perkembangan Gala Sky dan juga berharap silaturahmi dengan Puput bisa terus terjalin baik.

"Ya obrolan perkembangan Gala, bagaimana ke depan Gala. Tentu saya minta masukan juga dari Mbak Puput. Insya Allah mudah-mudahan ke depannya kita berharap baik-baik aja," tutup Haji Faisal.


Disambut

Kedatangan Puput disambut Haji Faisal yang mengaku senang bisa kembali bersilaturahmi dengan mantan ibu sambung mendiang Vanessa Angel tersebut.

"Ya saya senang, berterima kasih. Bagaimanapun mbak Puput pernah jadi bagian dari keluarga kita," ujar Haji Faisal.

Doddy Sudrajat Sakit Hati ke Faisal

3 Penyebab Doddy Sudrajat Sakit Hati Berat Terhadap Faisal, Dari Donasi Hingga Makam Vanessa Angel

Liputan6.com 2022-06-02 13:00:00
Doddy Sudrajat (Foto: YouTube)

Doddy Sudrajat berkoar lagi. Kali ini, ayah Vanessa Angel mengaku sakit hati terhadap Faisal karena tiga hal. Dua somasi kabarnya telah dilayangkan kuasa hukumnya, Farhat Abbas, kepada pihak seberang.

Lantas apakah pintu maaf telah terkunci rapat? Rupanya, belum. Dengan catatan, ada pertemuan khusus untuk mediasi karena bekas suami Puput ini kadung lara hati alias tersinggung berat.

"Kalau memang mau ada minta maaf tulus ya adakan pertemuan. Kemarin Daddy sudah bilang, memang sudah ada sekian banyak hal yang menytakiti hati Daddy. Ada tiga itu, kan," kata Doddy Sudrajat.

Pertama, ia menuding Faisal tak pernah minta izin saat mau menikahkan Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah. Doddy Sudrajat menyebut ini bukan awal yang baik untuk sebuah pernikahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Lebih Sakral

"Harusnya adat Minang itu lebih sakral, datang ke rumah, melamar. Nah proses itu saja enggak pernah dilakukan. Enggak salah kalau akhirnya seperti ini. Rumah tangga Daddy sama Pak Faisal sekarang seperti ini, dimulainya dengan cara yang kurang baik," ocehnya.

Melansir dari video wawancara di kanal YouTube Intens Investigasi, Rabu (1/6/2022), Doddy Sudrajat mempertanyakan keputusan menikahkan anak tanpa izin calon besan.


Menikahkan Anak

"Menikahkan anak tidak datang ke rumah Daddy, tidak minta izin ke Daddy, tidak melamar ke Daddy, coba gimana?" paparnya. Alasan berikutnya, perkara donasi untuk Gala Sky.

"Kedua, tidak meminta izin pada saat membuka donasi rumah untuk Gala. Tidak meminta izin, saya jadi tidak dianggap. Terakhir, makam juga mau dibangun tidak minta izin ke Daddy," Doddy Sudrajat menyambung.


Saya Tanya Pak Doddy

Diberitakan sebelumnya, Faisal mengaku heran mengapa kini Doddy Sudrajat mempermasalahkan makam Vanessa Angel berdampingan dengan suaminya. Padahal, sebelum pemakaman, sudah ada diskusi dan kesepakatan.

"Saya tanya Pak Doddy, 'Pak Doddy, saya memakamkan anak-anak di sini apakah Pak Doddy setuju?' 'Oh setuju pak haji, setuju.' Setelah dia setuju ya saya bayar makam itu," Faisal menjelaskan.

Infografis Cinta Sehidup Semati Vanessa Angel - Bibi Andriansyah (Liputan6.com/Triyasni)

Paksa Karyawan Tesla WFO

Elon Musk Tak Izinkan Karyawan Tesla Kerja Jarak Jauh, Wajib WFO atau Mundur

Liputan6.com 2022-06-02 12:00:00
Elon Musk. (Patrick Pleul/Pool Photo via AP, File)

CEO Tesla Elon Musk dikabarkan tidak mengizinkan karyawannya untuk bekerja dari rumah (Work From Home/WFH) atau kerja jarak jauh. Elon Musk disebut-sebut mengharuskan karyawan untuk bekerja dari kantor (Work From Office/WFO)

Hal ini seperti dilaporkan oleh Bloomberg dan Electrek, berdasarkan sebuah email (surel) yang kemungkinan dikirim ke staf eksekutif perusahaan. Di situ, terdapat subyek: "Pekerjaan jarak jauh tidak lagi diterima."

Dikutip dari The Verge, Kamis (2/6/2022), bos SpaceX itu menyebut, karyawan harus menghabiskan minimal 40 jam per minggu di kantor, atau "pergi dari Tesla." Musk mengatakan, kantor seharusnya menjadi "kantor utama Tesla" dan bukan "kantor cabang yang jauh."

Elon Musk juga sudah menanggapi tangkapan layar email yang bocor tersebut yang diunggah oleh seorang warganet di Twitter.

Melalui cuitannya, Musk tidak menyebut tentang keasliannya. Selain itu menurutnya, siapa pun yang tidak setuju dengan kebijakan untuk bekerja di kantor harus berpura-pura untuk kerja di tempat lain.

"Mereka harus berpura-pura kerja di tempat lain," katanya melalui akun Twitternya.

Melalui email tersebut, Elon Musk menambahkan, dirinya akan mempertimbangkan permintaan untuk kerja jarak jauh dalam beberapa situasi, yang kemungkinan bersifat "luar biasa" untuk disetujui.

"Jika ada kontributor luar biasa yang tidak memungkinkan, saya akan meninjau dan menyetujui pengecualian itu secara langsung," tulis Elon Musk.

Selain itu, Musk juga mengklaim bahwa WFO 40 jam secara langsung, "tidak lebih dari yang kami minta pada pekerja pabrik."

Dalam surel lanjutan yang dilihat oleh Electrek, Musk juga mengatakan, para pekerja senior adalah alasan di balik kelangsungan hidup perusahaan. "Semakin senior Anda, semakin terlihat kehadiran Anda," ujarnya.

Dalam surel tersebut, Elon Musk juga mengatakan: "Jika Anda tidak muncul, kami akan menganggap Anda telah mengundurkan diri."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


WFO di Apple Bikin Karyawan Eksekutif Mundur

Sudah umum bahwa sejak pandemi Covid-19, banyak perusahaan teknologi Amerika Serikat yang kembali memulai WFO, namun dengan beberapa penyesuaian atau menggabungkannya dengan sistem kerja jarak jauh atau remote.

Salah satunya adalah Apple, yang menginginkan seluruh karyawan untuk kembali kerja di kantor setidaknya tiga hari dalam sepekan.

Kebijakan Apple ini memang lebih ketat dari beberapa perusahaan teknologi lain seperti Meta, Google, dan Amazon, yang mengizinkan sejumlah karyawan untuk bekerja dari jarak jauh selamanya.

Namun, kebijakan Apple ini juga ditentang oleh karyawan eksekutif bidang artificial intelligence, yang akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan.

Mengutip The New York Post, Selasa (10/5/2022), karyawan eksekutif yang mengundurkan diri adalah Director of Machine Learning Apple Ian Goodfellow. Ia mengumumkan pengunduran dirinya beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, CEO Apple Tim Cook harusnya tidak memaksa karyawan untuk bekerja dari kantor. Hal inilah yang membuat Goodfellow memutuskan untuk hengkang dari Apple.


Lebih Banyak Fleksibilitas

"Saya percaya sepenuhnya, lebih banyak fleksibilitas akan jauh lebih baik bagi tim saya," kata Goodfellow dalam surat perpisahannya, dikutip dari The Verge.

Sejumlah karyawan Apple lainnya pun mengkonfirmasi hengkangnya Goodfellow dari perusahaan.

Salah satu karyawan bahkan menyebut, Goodfellow mengatakan, "saya pegi karena banyak alasan, namun, kebijakan kembali ke kantor yang diterapkan Apple adalah alasan terbesar saya (meninggalkan kantor)."

Sekadar informasi, Apple mempersyaratkan karyawan-karyawannya untuk bekerja langsung dari kantor tiap hari Senin, Selasa, dan Kamis. Para karyawan diizinkan untuk bekerja dari jarak jauh sebanyak empat minggu per tahun.

Salah satu staf Apple menduga, kepergian Goodfellow dari Apple sejalan dengan kemungkinan perusahaan memutuskan untuk meningkatkan jumlah hari kerja di kantor dari tiga, menjadi lima hari per minggunya.


Batu Loncatan Kerja 5 Hari

"Semua orang hingga nenek mereka mungkin tahu, Apple akan menggunakan percobaan (bekerja tiga hari seminggu) sebagai batu loncatan agar bisa melaksanakan kerja lima hari di kantor," kata seorang karyawan di situs Blind.

Menurut karyawan yang namanya tidak disebut itu, mungkin Ian Goodfellow memahami hal tersebut dan memutuskan meninggalkan perusahaan. Baik Apple maupun Goodfellow tidak menanggapi permintaan komentar.

Namun, sebelumnya April lalu, The New York Post melaporkan, keputusan Tim Cook mengharuskan karyawan bekerja di kantor lagi membuat sejumlah karyawan pilih mengundurkan diri.

Seiring kepergian Ian Goodfellow, sejumlah staf Apple menuding perusahaan pembesut iPhone itu melakukan gaslighting terhadap karyawannya. "Di Apple praktis, (karyawan) tidak mungkin untuk bekerja dari jarak jauh," kata seorang karyawan.

Ia mengeluhkan, semua perusahaan teknologi lain termasuk Google mengizinkan orang untuk bekerja jarak jauh dan mengunggah posisi kerja mereka. "Yang terburuk adalah Apple, tidak memberikan alasan masuk akal, mereka hanya menyalahkan Anda," katanya.

Infografis 9 Pertimbangan untuk WFO Saat Kasus Covid-19 Melandai. (Liputan6.com/Abdillah)

Tony Blair Siap Promosi IKN Nusantara

Tony Blair Siap Bantu Promosikan IKN Nusantara ke Investor Dunia

Liputan6.com 2022-06-02 09:30:28
Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono, bertemu dengan mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair di Jakarta pada Rabu (1/06/2022).

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono, bertemu dengan mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair di Jakarta pada Rabu (1/06/2022)

Dalam pertemuan selama sekitar satu jam tersebut, Tony Blair menegaskan komitmen dan kesediaannya untuk terus membantu OIKN dalam proses pembangunan Ibu Kota Nusantara, termasuk dengan mewartakan potensi IKN Nusantara kepada audiens internasional.

Kepala OIKN Bambang menjelaskan mengenai One Map, One Plan, One Policy (1MPP) sebagai bentuk perencanaan IKN terintegrasi yang merupakan konsolidasian semua perencanaan aktivitas kementerian/lembaga terkait dengan IKN.

Selain itu, OIKN secara intensif terus menjalankan kegiatan 4K (Komunikasi, Kordinasi, Konsolidasi dan Kolaborasi) dalam pelaksanaan wewenang OIKN untuk persiapan dan pelaksanaan pembangunan ibukota negara Indonesia yang baru.

"Perencanaan dan pelaksanaan pembangunan IKN tetap mengedepankan prinsip ESG (environmental, social, and governance) sebagai kota global yang smart, sustainable, inclusive, dan resilient," kata Bambang, Kamis (2/6/2022).

Tony Blair juga mengapresiasi pemerintahan Presiden Joko Widodo yang memiliki reputasi yang baik di dunia internasional. Pembangunan IKN juga berada pada momentum yang tepat.

Pembangunan IKN merupakan langkah strategis bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia dan juga Asia. Kalangan internasional ingin berpartisipasi dalam sektor pendidikan, kesehatan, dan industri di IKN nanti.

"Dengan strategi komunikasi yang baik, program (pembangunan IKN) ini akan menjadi program yang menarik bagi investor," kata Blair.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Langkah Strategis

Diskusi kedua belah pihak antara lain membahas langkah-langkah strategis dan taktis untuk persiapan dan pelaksanaan pembangunan IKN, terutama terkait foreign direct investment ke IKN. Dalam pertemuan tersebut, Kepala OIKN juga mengundang Tony Blairuntuk berkunjung ke lokasi IKN.

"Kami mengundang beliau (Tony Blair) untuk melakukan kunjungan kerja lapangan ke IKN pada September mendatang. Beliau menyambut baik undangan tersebut dan akan mengatur jadwal untuk itu," kata Bambang

Saat ini Otorita Ibu Kota Nusantara sedang mengembangkan masterplan Nusantara yang mencerminkan teknologi mutakhir, dengan fokus pada inovasi dan menciptakan ekosistem yang akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekaligus menciptakanmodel baru pengelolaan kota masa depan yang terhubung secara digital yang layak secara ekonomi, diinginkan secara sosial, dan berkelanjutan secara lingkungan.

Tony Blair dengan lembaga Tony Blair Institute (TBI) for Global Change aktif melaksanakan kajian serta memberikan perhatian khusus tentang Indonesia. Blair juga merupakan pihak yang dipercaya dan memiliki hubungan baik dengan para investor. Selama kunjungannya ke Indonesia, Blair didampingi antara lain Executive Directors TBI Husain Abdullah dan Anand Pillai.


IKN Mulai Dibangun Semester Kedua 2022

Sebelumnya, Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan mulai dibangun pada semester kedua 2022. Kini, Badan Otorita Ibu Kota Nusantara tengah merapikan semua perencanaan dan persiapan pelaksanaan pembangunan di lapangan.

"Insyaallah mulai paruh kedua semester tahun ini kita akan mulai membangun," ujar Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono, Jakarta, Senin 30 Mei 2022.

Dia menuturkan hal-hal yang akan dibangun pada awal pembangunan IKN. Pertama adalah jalan-jalan untuk akses logistik. Kedua adalah pembangunan tanah.

"Kemudian juga membuat apa yang disebut land development pembangunan tanahnya seperti apa karena kita tahu tanah di sana bergunung-gunung ya. Sehingga sejauh mungkin kita mengikuti pola kontur yang ada tapi juga mungkin beberapa bagian kita harus melakukan penataan tanah," tutur Bambang.

Oleh karena itu, pihak Otorita IKN membentuk tim transisi.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR berencana menerapkan konsep infrastruktur hijau atau green infrastructure dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Pembangunan IKN kami juga merencanakan penerapan dengan konsep infrastruktur hijau (ramah lingkungan) atau green infrastructure," ujar Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti dikutip dari Antara, Rabu (11/5/2022).

Menurut Diana, hal ini dilakukan di IKN dengan desain untuk mengangkat konsep pengembangan kota yang cerdas, inovatif, dan inklusif dengan mengedepankan prinsip global dengan kearifan lokal.

"Dan untuk mewujudkan smart metropolis, IKN juga dikembangkan sebagai kota modern untuk memenuhi standar infrastruktur berkelas dunia. Ini juga mengaplikasikan teknologi pintar untuk mewujudkan kota layak huni," katanya.


Kota Modern dan Pintar

IKN Nusantara tidak hanya berfungsi sebagai kota pintar tetapi juga sebagai tempat modern yang menerapkan teknologi pintar untuk menciptakan kota yang layak huni, berketahanan dan berkelanjutan.

"Kita juga mengimplementasikan teknologi modern energi terbarukan bersama Kementerian ESDM dan juga pembangunan gedung pintar. Kami juga bersama-sama Bappenas dan kementerian lain memiliki sejumlah Key Performance Indicator (KPI) khusus untuk menjaga lingkungan yang berkelanjutan di IKN," kata Diana.

Kementerian PUPR terus berkomitmen untuk melakukan pembangunan infrastruktur yang berbasis lingkungan dengan mengedepankan sejumlah prinsip.

Sebelumnya, Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danis H Sumadilaga mengatakan IKN adalah kota masa depan atau kota bagi generasi muda masa kini.

Dengan demikian diharapkan generasi muda secara inklusif dapat berkontribusi dan berpartisipasi untuk mengakomodasi inovasi pada tiga area yang diprioritaskan pertumbuhannya, dari sektor kesehatan, energi, dan ekonomi.

Danis memaparkan Presiden Joko Widodo memutuskan lokasi IKN Indonesia akan pindah ke Kalimantan Timur pada 18 Agustus 2019.

Menurutnya, terdapat beberapa aspek yang mendorong pengambilan keputusan tersebut, di antaranya yakni pemerataan populasi, meningkatkan pertumbuhan ekonomi di luar Pulau Jawa, serta terjadinya krisis sumber air bersih di Jawa.

Infografis Konsep Future Smart Forest City di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)

Strategi Khusus Lawan Nikita Mirzani

Jelang Tanding Tinju Lawan Nikita Mirzani, Dinar Candy Siapkan Strategi Khusus

Liputan6.com 2022-06-02 14:00:37
Dinar Candy Sempat Dilarang Tanding Tinju Lawan Nikita Mirzani oleh Orangtuanya dan Ibunda Ridho Ilahi. (instagram.com/holywingssportshow)

Pertandingan tinju antara Dinar Candy dan Nikita Mirzani semakin dekat. Keduanya diketahui akan tanding pada 12 Juni mendatang dalam event Holywings Sport Show.

Jelang pertandingan tersebut, Dinar Candy semakin serius mempersiapkan diri. Berbagai latihan pun telah ia lakukan.

Salah satunya adalah dengan latih tanding melawan petinju-petinju lain. Salah satunya adalah Paris Pernandes yang terkenal dengan jargon "Salam dari Binjai".

"Aku lagi latihan sparring-sparring gitu ada lawannya. Jadi latihan sendiri sama ada lawannya itu beda, kalau sendiri berasa kuat banget, tapi kalau ada lawannya dua menit aja engap," kata Dinar Candy dilansir dari tayangan YouTube Sambel Lalap pada Kamis (2/6/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tak Pernah Absen

Selama sebulan terakhir ini Dinar Candy mengaku tak pernah absen latihan. Ia menyadari bahwa lawan yang akan dihadapinya itu cukup berat.

"Udah latihan sebulan, dan latihannya 30 hari nggak pernah absen, setiap hari. Masalahnya Nikmir itu tinggi dan tangannya panjang, ibarat kata aku bisa bertahan aja dulu," katanya lagi.


Strategi Khusus

Untuk itu, Dinar Candy pun telah mempersiapkan strategi khusus untuk melawan Nikita Mirzani nanti. Apalagi Dinar Candy yang secara postur lebih kecil dibanding Nikita Mirzani. Namun ia masih belum mau membocorkan strateginya.

"Trik khususnya rahasia dong, kalau yang aku upload itu yang bego-begonya aja, yang aslinya jangan, nanti ketahuan," ujarnya.


Pernapasan

Namun salah satu yang juga penting dalam pertandingan ini adalah mengenai pernapasan, "Kalau teknik nanti lah, jangan dibocorin semua. Yang pasti semua orang punya teknik masing-masing apalagi yang kecil kayak aku kan, harus bisa sering menghindar. Pernapasan sih yang paling penting," tutupnya.

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Permintaan Isyana Itu Sederhana

Riders Isyana Sarasvati Simple, Sangat Berbeda dengan Artis Penyanyi Kebanyakan

Liputan6.com 2022-06-02 17:20:00
"Dengerin Isyana nyanyi sambil ganti baju tadi kayak nggak pengen lagi naik ke atas panggung," ucap Rossa sambil tertawa di atas panggung, Kamis (13/4/2017) malam. (Bambang E.Ros/Bintang.com)

Konser bertajuk Lexiconcert Live On Tour bakal digelar artis penyanyi Isyana Sarasvati. Konser akan dimulai pada Jumat 3 Juni 2022. Setelah Isyana akan melakukan konser di beberapa kota.

Selayaknya melakukan konser, Isyana Sarasvati juga memiliki riders. Saat menggelar jumpa pers di Basketball hall GBK, Jakarta Selatan, Rabu (1/6) manajer Isyana, Sarah mengungkapkan apa saja riders yang diminta Isyana Sarasvati.

Akan tetapi manajer menegaskan bahwa sebetulnya tak ada riders khusus dari penyanyi berusia 29 tahun ini.

"Isyana sebetulnya nggak pernah minta riders rumit," ucap Sarah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Riders

Sarah pun membeberkan satu demi satu fasilitas yang dibutuhkan Isyana Sarasvati setiap menjelang tampil. Di mana yang dibutuhkan Isyana adalah hal wajar.

"Yang penting air putih, tempat duduk yang nyaman, sama cermin satu badan," ungkapnya.


Item Wajib

Meski begitu, ada satu hal yang menarik dari deretan permintaan Isyana Sarasvati. Yakni, ia selalu menginginkan cermin besar satu badan yang jadi hal wajib bagi Isyana sebelum tampil.

"Aku tuh kan anaknya ngaca banget. Jadi benar tuh, harus ada kaca satu badan," kata si pelantun Tetap Dalam Jiwa ini dalam kesempatan yang sama.


Jaga Penampilan

Ternyata, keberadaan cermin besar itu agar Isyana Sarasvati bisa lebih dulu mengecek penampilannya. Hal itu dilakukan karena dengan bercermin, percaya diri ketika tampil menghibur penonton bisa tetap terjaga.

"Harus jaga penampilan kan, jadi biar di panggung ngerasa prima," tutup Isyana Sarasvati.

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)

Beli Solar dan Pertalite Akan Dibatasi

HEADLINE: Pembelian Pertalite dan Solar akan Dibatasi, Mekanismenya Seperti Apa?

Liputan6.com 2022-06-03 00:00:18
Pengendara motor mengisi kendaraannya dengan BBM di salah satu SPBU, Jakarta, Selasa (15/3). Pertamina menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) umum Pertamax, Pertamax Plus, Pertamina Dex, d

Kabar mengenai bahan bakar minyak atau BBM subsidi Pertalite dan Solar kembali mencuat. Setelah sebelumnya pemerintah memastikan BBM jenis tersebut harganya tak naik, kini mencuat wacana pembatasan penggunaan kedua jenis BBM subsidi itu.

Pemerintah tengah menggodok aturan terkait penunjukan teknis pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite dan Solar. Langkah pembuatan aturan pembelian Pertalite dan Solar ini agar penyalurannya dapat lebih tepat sasaran.

Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto menjelaskan, regulasi itu akan mengatur dua hal, yakni kenaikan harga minyak dunia dan peralihan konsumen dari BBM nonsubsidi ke BBM bersubsidi akibat disparitas harga.

"Di dalam Perpres tersebut tidak hanya BBM jenis Pertalite yang akan disempurnakan, satu lagi yang lebih krusial BBM jenis Solar karena Solar masih disubsidi meskipun subsidi per liter, tetapi harganya masih sangat murah kalau dibandingkan dengan Solar nonsubsidi," ujarnya.

Saat ini harga Solar bersubsidi di angka Rp 5.100 per liter, jauh lebih tinggi dibanding solar nonsubsidi yang hampir Rp 13.000 per liter.

Dia menyampaikan, Solar adalah prioritas pertama yang akan pemerintah atur karena BBM jenis ini digunakan tidak hanya oleh kendaraan bermotor, tetapi industri-industri pertambangan dan perkebunan, hingga kapal-kapal besar. Adapun Pertalite hanya terjadi pergeseran konsumen yang membuat volume penyalurannya bertambah.

Merujuk latar belakang, Perang Ukraina dengan Rusia telah membuat harga minyak dunia melambung terkhusus gasoline. Bahkan harganya terus naik selama beberapa minggu terakhir usai Rusia kena sanksi UE dan AS.

Tengok saja harga minyak dunia pada Kamis (2/6/2022), seperti dikutip dari CNBC. Tercatat harga minyak dunia jenis Brent menetap di USD 116,29 per barel, naik 69 sen atau 0,6 persen. Sementara harga minyak mentah West Texas Intermediate AS naik 59 sen atau 0,5 persen menjadi USD 115,26 per barel.

Imbas kenaikan harga minyak dunia beberapa waktu terakhir, ikut mengerek harga BBM di dalam negeri. Kondisi yang mendorong pemerintah kemudian menyesuaikan harga BBM nonsubsidi yakni Pertamax naik menjadi Rp 12.500 per liter pada 1 April 2022 lalu.

Sementara itu, pemerintah memutuskan tidak menaikkan harga Pertalite yang membuat selisih harga BBM jenis penugasan ini juga serupa antara Solar dan Bensin. Hal itu lantas membuat konsumen beralih dari membeli Pertamax ke Pertalite.

Situasi itu yang membuat beban keuangan Pertamina semakin berat karena perseroan harus melakukan impor sekitar 50 persen untuk bensin dengan harga yang tinggi, sementara harga jual produknya justru tidak naik sesuai harga keekonomian. "Dua hal ini yang akan diatur lebih lanjut oleh Perpres yang baru tersebut," kata Djoko.

Pembatasan Pertalite dan Solar Sudah Dibahas di DPR

Rencana pemerintah untuk mengatur ulang soal Pertalite dan Solar ini nampaknya sudah dibahas dengan DPR.

Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto mengatakan bahwa parlemen telah bertemu dengan PT Pertamina (Persero) dan BPH Migas membicarakan terkait aturan pembelian BBM bersubsidi.

Dalam pertemuan itu, Pertamina mengharapkan agar aturan pembelian bisa ditata supaya penyaluran BBM subsidi dan penugasan bisa lebih tepat sasaran.

"Ketika harga Solar yang tidak disubsidi semakin meningkat, artinya disparitas semakin tinggi, ini semakin rawan, sehingga solar harus diatur. Kemudian ketika menyusul Pertamax ikut naik terjadi hal yang serupa ada gap yang tinggi antara Pertalite dan Pertamax," ujar politisi PKS tersebut.

Pemerintah kini tengah merumuskan konsumen yang berhak menerima BBM bersubsidi. Sekarang secara umum yang berhak menerima BBM bersubsidi adalah usaha kecil, usaha mikro, petani kecil lahannya di bawah dua hektare, kendaraan umum.

Dalam berbagai forum, lanjut Mulyanto, ia cenderung mengusulkan agar pemerintah memperketat pembelian Pertalite, di mana mobil mewah maupun mobil dinas tidak diperbolehkan menggunakan Pertalite termasuk juga Solar.

"Kami arahkan agar pembelian lebih tepat sasaran kepada yang membutuhkan. Jadi, itu urgensinya," pungkas Mulyanto.

<p>Infografis Beli Pertalite dan Solar Bakal Dibatasi (Liputan6.com/Triyasni)</p>

Mekanisme Pembatasan

Masih soal pembatasan konsumsi Pertalite dan Solar, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mendorong penggunaan aplikasi MyPertamina sebagai salah satu cara.

Anggota Komite BPH Migas Saleh Abdurrahman menjelaskan, ke depan yang berhak mengisi Solar dan Pertalite harus melakukan registrasi di aplikasi My Pertamina, yang selanjutnya akan diverifikasi oleh BPH Migas.

"Ya solar kan JBT (jenis BBM tertentu), pertalite Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) kemudian kuotanya sudah ditentukan masing-masing 15,1 juta kiloliter dan 23,05 juta kiloliter, sementara kita proyeksikan kebutuhan lebih dari itu," kata Saleh kepada Liputan6.com.

Sehingga penyaluran JBT dan JBKP harus tepat sasaran. Oleh sebab itu konsumen solar ini mesti tercatat atau registrasi dulu di MyPertamina, kemudian diverifikasi. Jika berhak bisa mendapatkan solar.

Apabila telah disetujui, maka konsumen memiliki akses dan dapat membeli solar subsidi. Tentunya, agar petugas Pertamina tahu maka pembeli dihimbau untuk menunjukkan bukti sudah akses MyPertamina dengan bukti seperti QR Code.

Begitupun sebaliknya, bagi yang tidak terverifikasi. Maka konsumen tersebut tidak berhak menerima subsidi, dan harus membeli Jenis BBM umum (JBU).

Lebih lanjut, untuk menerapkan kebijakan pembelian BBM bersubsidi melalui MyPertamina, perlu dilakukan revisi Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak. Lantaran, Perpres tersebut mengatur siapa saja yang berhak membeli BBM subsidi.

"Betul (harus direvisi), tujuannya untuk menyesuaikan konsumen pengguna," pungkasnya.

Kriteria Pengguna Pertalite dan Solar

Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, SH C&T Pertamina Irto Ginting menjelaskan, saat ini pemerintah masih memfinalisasi kriteria penerima BBM subsidi.

"Saat ini masih finalisasi kriteria penerima subsidi," jelas dia kepada Liputan6.com.

Dia menuturkan jika revisi kriteria penerima subsidi nantinya akan dituangkan dalam revisi peraturan presiden (perpres) nomor 191 tahun 2014 tentang tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak.

Saat ini dikatakan jika penerima atau konsumen yang menikmati BBM subsidi masih sangat luas. Untuk itu perlu diatur dengan tepat.

Bila telah ada revisi, diharapkan nanti aturannya bisa lebih jelas mana yang bisa dan yang tidak boleh. "Sehingga implementasi di lapangan bisa clear. Tidak ada lagi perdebatan antara operator SPBU dan konsumen," jelas dia.

Namun dia mengatakan, pemerintah dan regulator masih memfinalisasi perihal pihak yang berhak menerima BBM subsidi.

<p>Infografis Beli Pertalite dan Solar Bakal Pakai MyPertamina (Liputan6.com/Triyasni)</p>


Harapan Operator Penyalur BBM

Pemerintah tengah mengkaji penerapan pembatasan pembelian bahan bakar minyak jenis Solar dan Pertalite. Sementara, PT Pertamina masih menunggu terbitnya regulasi lengkap yang mengatur hal tersebut.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting berharap regulasi yang nantinya diterbitkan berkaitan dengan pembatasan itu tak akan menimbulkan masalah. Diantaranya perselisihan antara operator SPBU dan masyarakat sebagai konsumennya.

"Diharapkan revisinya juga dapat membuat implementasi di lapangan lebih clear, artinya tidak ada lagi perselisihan antara operator SPBU dengan konsumen," katanya kepada Liputan6.com, Kamis (2/6/2022).

Aturan yang dimaksud yakni revisi Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak. Revisi ini disebut akan mengatur penunjukkan teknis pembelian bahan bakar minyak bersubsidi jenis Solar dan BBM penugasan jenis Pertalite.

Irto tak berkomentar lebih jauh terkait dampak rencana penerapan pembatasan itu terhadap Pertamina. Ia memilih untuk menunggu hasil revisi yang tengah dilakukan pemerintah.

"Kita tinggi revisi Perpres 191 ya, biar clear siapa yang berhak, nanti kan harus diverifikasi juga oleh pemerintah," kata dia.

Jika nantinya pembatasan dilakukan, ia tetap menegaskan akan mengacu pada aturan baru nantinya. Pada dasarnya, Pertamina akan menjalankan hasil revisi Perpres 191 tersebut.

"Kami sebagai operator tentunya akan melaksanakan sesuai penugasan yang diberikan regulator," tegasnya.

Konsumsi Pertalite dan Solar

Informasi, menurut data yang dihimpun Liputan6.com, konsumsi BBM jenis Pertalite dan Solar mengalami peningkatan.

Peningkatan Pertalite diketahui terjadi akibat adanya penyesuaian harga BBM jenis Pertamax, sehingga sejumlah pengguna memilih migrasi ke Pertalite.

Menurut data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), realisasi Pertalite hingga 2 April 2022 tercatat sebanyak 6,48 juta kiloliter.

Sementara kuota yang disediakan sebanyak 23,05 juta kiloliter, sehingga sisa kuota yang tersedia sebanyak 16,57 juta kiloliter.

Sementara itu, realisasi Solar hingga 2 April 2022 mencapai 4,08 juta kiloliter dari subsidi sebanyak 15,10 juta kiloliter. Sehingga sisa kuota yang tersedia sebanyak 11,02 juta kiloliter.

Terpisah, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengungkap konsumsi BBM Subsidi jenis Solar ini diakui mengalami kelebihan realisasi dari kuota yang ditetapkan.

Realisasi tiga bulan pertama 2022 hingga 27 Maret 2022 tercatat realisasi solar yang dilakukan PT Pertamina sebanyak 3.767.512 kiloliter, kemudian realisasi dari PT AKR Corporindo sebanyak 29.360 kiloliter.

Sedangkan, kuota yang ditetapkan untuk tiga bulan pertama itu sebanyak 3.499.525 kiloliter. Dua perusahaan energi ini adalah yang ditunjuk oleh Kementerian ESDM untuk menyalurkan BBM jenis Solar.

"Dari penyaluran BBM februari maret itu melampaui kuota yang ada sudah di atas kuota, dan perhitungan Januari itu over kuota 10 persen dan di tanggal 27 maret itu agak sedikit mengalami penurunan kalau digabungkan, realisasi Pertamina dan AKR sekitar 8,5 persen," kata Nicke.

"Di tiga bulan pertama ini kita sudah melihat adanya over kuota dan ini apabila kegiatan ekonomi meningkat kemungkinan besar kuota BBM yang ditetapkan 1 juta KL tak cukup hingga akhir tahun," tambahnya.

<p>Infografis Siapa Boleh Beli Pertalite dan Solar? (Liputan6.com/Triyasni)</p>


Dapat Dukungan

Rencana pemerintah untuk memperketat penggunaan Pertalite dan Solar ini nampaknya dipandang positif. Seperti ddikatakan Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan.

"Kalau saya setuju untuk dilakukan pembatasan (konsumsi pertalite dan solar). Karena memang saat ini sudah terlalu over-kuota ya untuk pertalite maupun solar subsidi. Apalagi kita tahu saat ini bahwa harga minyak mentah dunia terus mengalami kenaikan, dengan demikian beban kompensasi yang harus ditanggung pemerintah untuk Pertalite ini terus mengalami kenaikan," kata Mamit kepada Liputan6.com.

Selain itu, Mamit juga menyebut, sudah saatnya Pemerintah memberikan subsidi kepada orang bukan lagi dalam bentuk barang.

"Jadi dengan adanya pembatasan ini saya kira ini akan sangat membantu pemerintah, karena beban (keuangan) akan berkurang. Karena subsidi ini tepat sasaran, tidak lagi (pemerintah) subsidi kepada barang, tetapi nanti subsidinya kepada orang," ujar dia.

Mamit pun menyampaikan dukungannya atas insiatif penggunaan aplikasi MyPertamina untuk pembelian BBM jenis Pertalite, yang bakal segera dibatasi.

"Mengenai mekanismenya kalau tidak salah sudah disiapkan yaitu melalui aplikasi MyPertamina, saya kira itu juga merupakan solusi yang bagus karena ini sudah paling siap tanpa harus mengeluarkan aplikasi baru," pungkasnya.

Sementara terkait hal yang masih perlu diperhatikan dari mekanisme tersebut, Menurut Mamit, masih dibutuhkan perluasan infrastruktur telekomunikasi agar informasi mengenai aplikasi MyPertamina untuk pembelian pertalite bisa secara efektif diakses masyarakat di seluruh negeri.

"Infrastruktur telekomunikasi ini kan masih belum siap. Belum ada di semua daerah, ini yang menjadi kesulitan untuk mengakses aplikasinya (MyPertamina). Kedua, bahwa saat ini rata-rata masyarakat usia tua/lansia yang mungkin masuk kategori penerima kompensasi ini belum paham betul soal teknologi. Maka dari itu, diperlukan sosialisasi kembali. Pemerintah juga perlu memberikan edukasi kepada masyarakat," jelas Mamit.

Dia juga mengungkapkan, bisa subsidi tepat sasaran, hal ini bisa mendongkrak konsumsi pertamax.

"Ketika pembelian pertalite dan solar ini dibatasi, saya kira bisa mendongkrak (pembelian pertamax) bahkan di angka 30-40 persen. Karena memang tepat sasaran," beber dia.

Kata Produsen Kendaraan

Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan di Indonesia juga masih menunggu peraturan resmi terkait rencana pembatasan pembelian Pertalite dan Solar.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing PT Honda Prospect Motor (HPM) menjelaskan, saat ini mayoritas pengguna mobil asal Jepang tersebut sudah tidak menggunakan bahan bakar dengan RON 90 seperti pertalite.

"Berdasarkan survei, sebagian besar konsumen Honda sudah menggunakan bahan bakar minyak (BBM) RON 91 atau lebih," UJSR Billy, melalui pesan elektronik kepada Liputan6.com, Kamis (2/6/2022).

Secara umum dengan kenaikan biaya untuk konsumsi BBM, memang bisa berpengaruh kepada pasar secara keseluruhan. "Namun, karena aturan ini masih digarap, kami juga akan mempelajari dampak aktualnya seperti apa," tegas Billy.

Sri Agung Handayani, Direktur Marketing dan Direktur Corporate Planning & Communication PT Astra Daihatsu motor (ADM) juga menegaskan masih wait and seeterkait wacana pembatasan pembelian Pertalite dan Solar subsidi tersebut.

"Karena peraturan ini masih wacana, masih dalam pembahasan, kami memang masih menunggu dan melihat terlebih dahulu. Belum bisa berkomentar banyak terkait hal tersebut," ujar Agung kepada Liputan6.com, melalui sambungan telepon.

Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjelaskan, berharap apapun keputusan yang akan diambil pemerintah, lebih ke arah untuk mempercepat pemulihan ekonomi.

"Saat ini, ekonomi sudah menggelit. Dengan diperbolehkan mudik, kondisi pandemi yang semakin membaik, kita berharap ke depan, keputusan yang diambil lebih ke arah untuk mempercepat pemulihan ekonomi," pungkasnya.


Sejalan dengan Target Penurunan Emisi

Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukih Kumara, menilai jika pembatasan pembelian Pertalite dan Solar saat ini masih wacana.

Bila pembatasan tersebut sudah jelas, asosiasi kendaraan di Tanah Air selama akan mengikuti peraturan pemerintah termasuk spesifikasi roda empat yang dipasarkan di dalam negeri.

"Gasoline misalkan, sudah Euro4 dan spesifikasi bahan bakar sebenarnya di atas Pertalite. Pemilik kendaraan harus sadar penggunaan bahan bakar seperti apa, RON seperti apa. jika menggunakan di luar spesifikasi, akan cepat rusak," jelas Kukuh saat dihubungi Liputan6.com melalui sambungan telepon, Kamis (2/6/2022).

Sementara itu, terkait kendaraan diesel bahkan saat ini penerapan standar emisi gas buang Euro4 sudah berlaku sejak 12 April 2022. Sehingga, pada dasarnya pemilik memang harus menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan peraturan berlaku.

"Jika masih ada yang tidak menggunakan bahan bakar yang sesuai, itu tanggung jawab pribadi masing-masing. Bahkan, ketika kendaraan keluar dari pabrik, memang sudah sesuai dengan spesikasi mesin dan bahan bakar. Tapi kemudian, jika ada sopir tembak yang nakal, yang menggunakan bahan bakar tidak sesuai," tegas Kukuh.

Selain itu, jika melihat satu sisi lainnya, dengan menggunakan BBM yang memang sesuai spesifikasi mesin dengan RON yang tepat atau lebih tinggi, maka target penurunan emisi untuk menuju green mobility akan tercapai.

"Secara nasional, tidak akan mencapai target penurunan emisi menuju green mobility, kalau semua belum memberlakukan menggunakan bahan bakar sesuai spesifikasi. Kita juga harus lihat secara gambar besarnya," tegas Kukuh.

Pembatasan Pertalite dan solar ini, kabarnya juga akan menyasar pengguna mobil mewah. Meskipun, hingga saat ini memang aturan teknis masih terus digodok oleh pemerintah.

"Mobil mewah definisinya apa, kalau tidak salah ada dalam peraturan pemerintah, seperti supercar dengan persyaratan pajaknya beda. Tidak masuk akal, mobil dengan teknologi tinggi pasti menuntut bahan bakar lebih bagus. Bahkan Euro6, lebih mahal dari Euro4," ujar Kukuh.

Dengan begitu, terkait penggunaan bahan bakar untuk mobil mewah, merupakan masalah kepatuhan dari pemilik.

"Kalau kita itu, menyiapkan kendaraan dan menjual itu sesuai dengan ketentuan pemerintah. Prinsipal juga pasti menyesuaikan itu," pungkasnya.