Cerita Haru Kekasih Eril Bikin Nyesek

Cerita Haru Nabila Ishma Kekasih Eril Anak Ridwan Kamil, Bikin Nyesek Warganet

Liputan6.com 2022-06-05 09:00:06
Emmeril Khan Mumtadz (Eril) dan Nabila Ishma Nurhabibah. (Foto: Instagram/nabilaishma)

Tidak hanya keluarga Ridwan Kamil, tapi kesedihan hilangnya Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) juga dirasakan oleh kekasihnya yang bernama Nabila Ishma Nurhabibah. Kejadian hilangnya Eril menjadi luka yang sangat dalam bagi Nabila.

Melalui Instagram @nabilaishma, kekasih Eril membagikan cerita haru yang disambut pilu oleh warganet. Cerita tersebut bak dibuat dari hati yang paling dalam seorang Nabila.

"Hai A Erill. Dulu aku sering protes karena kamu selalu terlalu baik sama orang orang. Tapi sekarang justru aku jadi belajar bahwa kebaikan kamulah yang menjadi jutaan doa yang setiap hari dilantunkan oleh orang-orang untuk kamu," tulisnya, Sabtu (4/6/2022).

Menurutnya, di balik kejadian yang menjadi luka amat dalam bagi dirinya terdapat hikmah yang dapat dipetik. Ia justru belajar dari kejadian yang membuatnya terpisah dari Eril.

"Sungguh, kejadian ini benar benar menjadi luka yang sangat dalam untuk aku Ril. Tapi di balik itu juga jadi luka yang manis karena aku juga menyaksikan banyak sekali kasih sayang yang mengalir," tulisnya lagi.


Belajar Menyayangi karena Allah

Sama halnya dengan keluarga Ridwan Kamil, kekasih Eril juga sudah ikhlas atas kepergian putra sulung Atalia Praratya. Meski sudah berpisah, ia tetap menyayangi Eril karena Allah.

"A Eril, selama ini kita selalu berusaha mencari kebahagiaan kita bersama. Tapi sekarang, kalau memang kamu sudah menemukan kebahagiaan kamu, aku ikhlas dan aku akan tetap melanjutkan mencari kebahagiaan aku di sini," tuturnya.

"Aku sayang kamu Ril. Tapi sekarang juga aku belajar untuk menyayangi kamu karena Allah. Jadi aku ikhlas apapun rencana Allah untukmu dan untuk aku. I love you ril, you wil always have a place in my heart. You're gonna live forever in me," pungkas Nabila.

Cerita haru Nabila direspon oleh warganet. Banyak warganet yang mendoakan Nabila agar dikuatkan menghadapi ujian ini.

"Billl sayangg adee ikhlas ya insya allah terbaik buat eril," tulis akun @kartikahputri.

"Nabila yg kuaat yaa," kata akun @_kapuan21.

"Nyesek bangettt sih bacanya," komentar akun @mardawatiarif23.


Saksikan Video Pilihan Ini:

Tak Menyangka Sudah Punya Menantu

Rasa Syukur Sophia Latjuba Usai Eva Celia Dinikahi Demas Narawangsa

Liputan6.com 2022-06-05 18:00:00
Sophia Latjuba menutup pesta pernikahan Eva Celia-Demas dengan gaun sempurna yang dihiasi payet berkilau (Foto: Instagram @hiantjen)

Sophia Latjuba baru saja menikahkan anak pertamanya, Eva Celia. Seperti diketahui, Eva telah diperistri oleh Demas Narawangsa pada 3 Juni 2022.

Melalui akun Instagram-nya, mantan kekasih Ariel NOAH itu mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendoakan kebahagiaan Eva Celia, Demas dan keluarga besar.

"Atas nama keluarga besar Eva dan Demas, kami benar-benar merasa terhormat dan berterima kasih atas kehadiran, harapan hangat, dan dukungan yang murah hati untuk pernikahan anak-anak kami," tuturnya, Sabtu (4/6/2022).

Bersama keterangan itu, dia menyertakan foto keluarga dalam momen pernikahan Eva Celia dan Demas Narawangsa. Mereka memperlihatkan kebahagiaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bersyukur

Selanjutnya, Sopphia Latjuba mengungkap rasa syukur atas kebahagiaan yang bagitu melimpah.

"Kami sangat diberkati atas perhatian manis Anda yang luar biasa... Pernikahan berjalan dengan indah melebihi kata-kata," ujarnya.

"Kami menantikan masa depan kami bersama dengan sukacita, kedamaian, dan kenangan indah," sambungnya.


Tak Menyangka

Sementara itu, mantan istri Indra Lesmana masih tak menyangka kini telah memiliki seorang menantu.

"Ya biasa lah normal orangtua urusi tamunya siapa saja, dekor, WO, segala macam. Secara jujur belum memproses punya menantu," ujar Sophia Latjuba seraya tertawa saat jumpa pers virtual di akun Instagram @thebridestory, Jumat (3/6/2022).


Selamat

Ucapan selamat pun mengalir deras dari kalagan selebritas. Mereka mendoakan kebahagiaan pasangan pengantin baru tersebut.

"Congratulation for @evacelia my dearest Have a joyous wedding celebration with your daughter and wish her all the love & happiness," kata ravelra_supit.

"Selamat ya, Sophi, Indra, Hon, Eva n Demas!" tutur Addie MS.

Prabowo Ajak Gibran Berkuda

Gibran Menghitung Hari untuk Berkuda Bareng Prabowo di Hambalang

Liputan6.com 2022-06-05 05:00:05
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto mengundang Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka untuk datang ke kediamannya di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Putra sulung Presiden Jokowi itu diundang dala rangka untuk diajak naik kuda.

Gibran pun membenarkan adanya undangan ataupun ajakan tersebut yang disampaikan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto saat bertemu di prosesi pernikahan adik Jokowi, Idayati dan ketua MK, Anwar Usman di Graha Sabha Buana, Kamis (26/5/2022) lalu.

"Walah undangan opo? Silaturahmi rasah gowo (tidak usah pakai) undangan. Beliau menyampaikan itu waktu pernikahan Bu Ida. Intinya ditunggu di Hambalang gitu aja," kata Gibran saat blusukan di Mojo, Pasar Kliwon, Solo, Jumat (3/6/2022).


Diajak Berkuda

Namun untuk memastikan jadwal pertemuan dengan Prabowo di Hambalang, Gibran mengaku masih menunggu waktu yang tepat karena jadwal Menhan sangat padat. Selain itu, dirinya selama sepekan ke depan juga akan mendampingi UMKM Solo untuk pameran produk unggulan di Paris, Perancis.

"Tanggal belum, masing menunggu beliau karena sibuk banget. Saya menunggu dipanggil aja, santai. Ya mungkin setelah itu (dari Paris), santai aja," tutur Gibran.

Menurut suami Selvi Ananda itu, dalam pertemuan di Hambalang nanti selain untuk silaturahmi juga memenui ajakan Prabowo untuk berkuda. Pasalnya, selama ini Ketua Umum Partai Gerindra itu juga sangat gemar berkuda.

"Ya kalau ke Hambalang kan pasti diajak naik kuda. Tidak ada persiapan apa-apa cuma silaturahmi aja ke senior," ucapnya.


Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

"Kamu Selamanya Hidup dalam Diriku"

Pesan Nabila Ishma Setelah Eril Meninggal Dunia: I Love You Ril, Kamu Selamanya Hidup Dalam Diriku

Liputan6.com 2022-06-04 19:30:00
Unggahan Nabila Ishma pacar Eril. (Foto: Dok. Instagram @nabilaishma)

Salah satu orang yang ikut terpukul setelah kabar Eril meninggal dunia tersiar adalah Nabila Ishma. Pacar Emmeril Kahn Mumtadz ini kemudian menulis pesan cinta untuk putra Ridwan Kamil yang hilang di sungai Aare, Swiss, sejak Kamis (26/5/2022).

Sabtu (4/6/2022), Nabila Ishma mengunggah dua foto Eril dan sebuah video yang merekam momen kebersamaan keduanya semasa masih bersama. Terasa manis sekaligus mengharukan.

Menyertai tiga unggahan ini, Nabila Ishma menyapa kekasih yang dinyatakan meninggal dunia. Ia menyebut Eril selalu baik kepada orang lain dan ini membuatnya belajar sebuah asas penting dalam hidup.

"Hai A Eril. Dulu aku sering protes karena kamu selalu terlalu baik sama orang orang," demikian Nabila Ishma menyapa anak Ridwan Kamil. Ia menyebut hilangnya Eril sebagai luka yang dalam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kebaikan Kamulah

"Tapi sekarang justru aku jadi belajar bahwa kebaikan kamulah yang menjadi jutaan doa yang setiap hari dilantunkan oleh orang-orang untuk kamu. Sungguh, kejadian ini benar benar menjadi luka yang sangat dalam untuk aku ril," tulis Nabila Ishma.

Di balik tragedi hilangnya Eril di Swiss rupanya ada luka yang manis. Pasalnya, Nabila Ishma menyaksikan banyak sekali kasih sayang yang mengalir untuk almarhum.


Mencari Kebahagiaan

"A eril, selama ini kita selalu berusaha mencari kebahagiaan kita bersama. Tapi sekarang, kalau memang kamu sudah menemukan kebahagiaan kamu, aku ikhlas dan aku akan tetap melanjutkan mencari kebahagiaan aku di sini," ia menyambung.

Setelahnya, Nabila Ishma membuat pengakuan bahwa kehilangan Eril adalah pelajaran tentang bagaimana mencinta pacar karena Allah. Manusia berencana, namun Sang Khalik yang menentukan.


Aku Sayang Kamu Ril

"Aku sayang kamu ril. Tapi sekarang juga aku belajar untuk menyayangi kamu karena Allah. Jadi aku ikhlas apapun rencana Allah untuk mu dan untuk aku," Nabila Ishma memaparkan. Di akhir pesan, ia menyebut Eril selamanya punya tempat di hati.

"I love you ril, you wil always have a place in my heart. You're gonna live forever in me (Aku mencintaimu, Ril. Kamu selalu punya tempat di hatiku. Kamu hidup selamanya dalam diriku)," ia mengakhiri.

Adjie Massaid Pernah Ajak Kawin Lari

Kenangan Angelina Sondakh Saat Diajak Kawin Lari Mendiang Adjie Massaid

Liputan6.com 2022-06-05 09:00:00
Angelina Sondakh (Youtube/TRANS TV Official)

Nama Angelina Sondakh ramai dibicarakan setelah dirinya bebas dari penjara. Angie, begitu biasa disapa pun banyak bercerita soal kehidupannya. Termasuk soal kehidupan pribadi.

Salah satunya adalah ketika Angelina Sondakh mengenang masa-masa pertama memutuskan untuk mengikuti agama mendiang suaminya, Adjie Masaid.

Diketahui sebagai mualaf, Angelina mengaku keputusannya berpindah keyakinan sempat ditentang warga di kampung halaman.

"Tekanan juga ke keluarga besar...... itu langsung satu kampung dateng," ucap Angelina saat menjadi bintang tamu konten YouTube Melaney Ricardo, Jumat (3/6/2022).


Tekanan

Menurut Angelina, tekanan paling besar dialami oleh sang kakek yang memang dikenal warga setempat sebagai salah satu pemuka agama.

Mengenang balik perjalanan relijinya, Angelia mengakui keputusannya menjadi mualaf kala itu disebabkan ingin dinikahi mendiang Adjie Masaid.


Melamar

Setelah tiga kali datang melamar dan terus ditolak, lanjutnya, Adjie mengatakan ingin membawa kabur dirinya agar bisa menikah.

"Kata dia, 'kayaknya lo harus gue bawa lari deh'," kenangnya.

Saat melakukan aksi nekatnya itu, Adjie ternyata tak hanya membawa kabur Angelina Sondakh secara fisik. " Bukan cuma orangnya, agamanya juga," paparnya.


Menyiapkan Penghulu

Ketika sampai di rumah untuk kawin lari, mantan politisi DPR ini mengungkapkan Adjie sudah menyiapkan seorang penghulu. Tak hanya itu, Adjie juga sudah mempersiapkan kebutuhan Angelina untuk berpindah keyakinan.

"Terus ditulis nama gue di surat mualaf, gue ngucapin kalimat syahadat. Dan itu di hari ulang tahun ayah saya," imbuhnya.

Aksi Kemanusiaan Eril Semasa Hidup

Catatan Aksi Kemanusiaan Eril Anak Ridwan Kamil di Sukabumi Semasa Hidup

Liputan6.com 2022-06-05 03:00:07
Lokasi TKP

Setelah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat menyatakan bahwa Emmeril Kahn Mumtadz atau akrab disapa Eril meninggal dunia akibat tenggelam di Sungai Aare, Swis, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi Suranto Sumowiryo langsung mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya.

"Kita telah kehilangan sosok pemuda yang selalu menyempatkan dirinya fokus terhadap berbagai aksi kemanusiaan dan kami keluarga besar PMI Kota Sukabumi mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya dan kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil beserta keluarga kami doakan untuk selalu tetap sabar dan tabah menjalani musibah ini," kata Suranto di Sukabumi pada Jumat, dikutip Antara.

Selain itu, ia pun mengimbau kepada jajarannya mulai dari staf hingga relawan PMI Kota Sukabumi untuk melakukan Shalat Goib untuk Eril dan mendoakan putra dari Ridwan Kamil ini ditempat yang terbaik oleh Allah SWT.

Pihaknya pun tidak menyangka Eril bisa pergi (meninggal) dalam usia muda. Menurut dia sosok almarhum merupakan pemuda yang kental dengan aksi kemanusiaan.


Cita-Cita Eril yang Belum Terlaksana

Bahkan putra sulung dari Ridwan Kamil ini selalu bisa menyempatkan waktunya untuk melaksanakan berbagai kegiatan sosial demi membantu warga yang tengah kesusahan.

Walaupun ia tidak begitu dekat dengannya, tetapi tindak tanduk Eril di dunia kemanusiaan sudah sangat dikenal oleh para relawan meskipun memang banyak aksi kemanusiaannya yang tidak tersorot mata kamera wartawan.

Eril yang memiliki kepedulian tinggi kepada sesama tanpa mengenal golongan maupun agama bisa dicontoh oleh para pemuda Indonesia khususnya di Kota Sukabumi agar bisa melanjutkan cita-citanya di bidang kemanusiaan yang belum terlaksana.

"Selamat jalan Aa Eril, segala kebaikan dan kepedulian mu akan selalu kami kenang," ucapnya.


Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Bos Uniqlo Terkaya di Jepang

Bos Uniqlo Tadashi Yanai Dinobatkan Jadi Orang Terkaya di Jepang

Liputan6.com 2022-06-04 21:00:08
Meski gagal berulang kali, pendiri Uniqlo Tadashi Yanai tak menyerah.

Perang di Ukraina telah memporak-porandakan ekonomi dunia. Kenaikan harga komoditas yang melonjak membuat ekonomi setiap negara terganggu. Bahkan para Taipan di Jepang ikut merugi akibat dampak perang Rusia dan Ukraina.

Dikutip dari laman Forbes, 50 orang terkaya di Jepang kekayaannya menyusut hingga sepertiga dari hartanya menjadi USD 170 miliar atau setara Rp 2.453 triliun. Meski begitu, aset para pengusaha ini nilainya masih fantastis.

Salah satunya pengusaha ritel pakaian Tadashi Yanai atau Bos Uniqlo. Tahun lalu kekayaan milik Yanai menempatkannya menjadi orang kedua terkaya di Jepang. Namun di tahun ini, Tadashi berhasil merebut kembali posisi pertama orang terkaya di Negeri Sakura.

Sebenarnya, ketidakpastian global akibat geopolitik di Ukraina membuat kekayaan Tadashi turun hingga 44 persen. Namun dari gurita bisnisnya masih cukup untuk mengumpulkan harta sebanyak USD 23,6 miliar atau setara Rp 340,63 triliun.

Pada akhir Agustus 2021, perusahaan melaporkan laba bersih yang dihasilkan mencapai USD 1,5 miliar. Sedangkan total pendapatan sebesar USD 19,4 miliar.

Perlambatan terjadi pada penjualan di pasar domestik dan di China. Hal ini membuat saham Fast Retailing miliknya, yakni rantai toko Uniqlo. Yanai berambisi perusahaannya bisa sejajar dengan produk H&M dan Inditex yang merupakan induk usaha dari Zara.


Bos Keyence Jadi Orang Kedua Terkaya Di Jepang

Posisi kedua orang terkaya di Jepang ditempati Takemitsu Takizaki. Pendiri pembuat sensor Keyence dengan total kekayaan USD 21,6 miliar.

Selain sebagai pendiri, dia juga pemasok sensor dan komponen elektronik untuk sistem otomasi pabrik. Pelanggan termasuk pembuat suku cadang mobil, perusahaan elektronik dan pengemas makanan.

Takizaki menggantikan posisi Yanai di peringkat kedua meskipun kekayaannya turun USD 4,2 miliar dibandingkan tahun lalu. Penjualan ke pelanggan di luar Jepang telah tumbuh dengan mantap dan menyumbang lebih dari 50 persen pendapatan.

Setengah Harta Terkuras, Bos Softbank Jadi Orang Ketiga Terkaya Di Jepang

Di urutan ketiga orang terkaya di Jepang yakni Pendiri sekaligus CEO Softbank Grup Masayoshi Son. Dia harus puas berada di peringkat ketiga karena kekayaannya banyak tergerus setelah pecah perang di Ukraina.

Dalam setahun kekayaan terkuras hingga setengahnya dan menyisakan USD 21,1 miliar. Di tengah kekalahan teknologi global, dua Vision Funds SoftBank melaporkan rekor kerugian yang dialami mencapai USD 27 miliar untuk tahun yang berakhir Maret 2022.


Saham Sofbank Terpukul

Vision Funds telah berinvestasi di lebih dari 100 perusahaan, termasuk perusahaan transportasi online Grab, pemimpin e-commerce Korea Coupang dan Paytm India.

Saham SoftBank terpukul pada tahun 2021 setelah perusahaan ride-hailing Didi Chuxing. Hal ini terjadi setelah menghadapi tekanan dari regulator China, memutuskan untuk delisting enam bulan setelah listing dan relist di AS di Hong Kong.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Tiket ke Candi Borobudur Rp 750 Ribu

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur untuk Wisatawan Domestik Jadi Rp750 Ribu per Orang

Liputan6.com 2022-06-05 03:03:25
Pengelola Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko menyiapkan protokol kesehatan yang ketat bagi wisatawan yang berkunjung pada masa uji coba pembukaan wisata candi tersebut mulai Rabu, 1 Ju

Wisata Candi Borobudur kini semakin mahal. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan tarif baru tiket masuk untuk wisawatan domestik sebesar Rp750 ribu, sedangkan wisatawan mancanegara senilai 100 dolar AS.

"Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya 5.000 rupiah saja," kata Luhut dalam akun Instagramnya, Sabtu, 4 Juni 2022.

Penaikan harga tiket itu diiringi dengan pembatasan jumlah pengunjung Candi Borobudur menjadi hanya 1.200 orang per hari. Kebijakan itu diambil demi menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya nusantara.

Seluruh turis nantinya juga diharuskan menggunakan jasa pemandu tur dari warga lokal di sekitar kawasan Borobudur. Hal itu dilakukan demi menyerap lapangan kerja sekaligus menumbuhkan rasa kepemilikan terhadap situs candi Buddha terbesar di dunia itu.

"Sehingga rasa tanggung jawab untuk merawat dan melestarikan salah satu situs sejarah nusantara ini bisa terus tumbuh dalam sanubari generasi muda di masa mendatang," tulis Luhut lagi.

Saat ini, pengelola Candi Borobudur menetapkan tarif tiket masuk ke salah satu destinasi super prioritas tersebut sebesar Rp25 ribu untuk pengunjung anak usia 3--10 tahun dan Rp50 ribu dewasa. Sementara, harga tiket untuk WNA sebesar 25 dolar AS atau sekitar Rp365 ribu per orang dewasa dan 12 dolar AS untuk anak-anak.

Rencana kenaikan harga tiket wisata Borobudur itu menuai lebih banyak protes dari warganet. Mereka meramaikan kolom komentar Instagram Luhut.

"Mahal sekali opung...nego lah utk lokal 50 aja dah mahal bagi kita...," tulis seorang warganet.

"Mahal bgt pak utk wisatawan domistik segitu . Bapak tau kan UMR berapa ? mikir2 lah kami kalau ngajak keluarga ke Borobudur," imbuh yang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Mobil Listrik

Di sisi lain, pihaknya kini berencana mengembangkan konsep Candi Borobudur sebagai laboratorium konservasi cagar budaya bertaraf internasional. Pihaknya akan menerapkan gotong-royong sebagai prinsip dasar pengembangan konsep tersebut.

"Saya kembali menekankan sinergi antara konservasi dan pariwisata melalui mekanisme "'single authority agency" sehingga Borobudur bukan hanya menjadi salah satu dari lima destinasi wisata super prioritas, tetapi juga destinasi wisata berkualitas," kata Luhut.

Ia juga mengatakan pemerintah sudah mulai menerapkan prinsip ekonomi biru, hijau, dan sirkular, di kawasan Candi Borobudur. Salah satunya dengan uji coba penggunaan bus listrik sebagai shuttle bus kendaraan pariwisata per Sabtu, 4 Juni 2022.

"Rute perjalanan shuttle bus ini meliputi Borobudur-Malioboro-Prambanan. Dengan menggunakan kendaraan listrik dan EBT, saya rasa akan semakin mempertegas komitmen Indonesia dalam penggunaan energi ramah lingkungan," kata dia.

Seiring itu, dibangun SPKLU Fast Charging yang merupakan SPKLU Green Tourism pertama di Pulau Jawa. Green Tourism merupakan konsep wisata yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

"Targetnya di akhir tahun ini semua DPSP bisa mulai menata. Jadi di tahun depan operasional kendaraan bersih dari mobil fosil. Semua saya minta untuk pakai mobil listrik, bus ataupun motor listrik," ujar Luhut, dikutip dari kanal Bisnis Liputan6.com.


Lonjakan Kunjungan

Berdasarkan data Traveloka, destinasi super prioritas di Indonesia terdampak positif atas peningkatan minat masyarakat untuk kembali bepergian. Salah satunya DSP Bobudur yang mayoritas masuk melalui Yogyakarta.

Dalam rilis yang diterima Liputan6.com, beberapa waktu lalu, Yogyakarta menjadi destinasi domestik terfavorit pengguna layanan Traveloka selama periode April--Mei 2022. Daya tarik utamanya adalah keberadaan Candi Borobudur yang dibangun pada masa Dinasti Syailendra.

Pengunjung disarankan mencoba pengalaman menanti terbitnya matahari di kawasan Candi Borobudur. Jika ingin sensasi berbeda, tersedia paket tur melihat matahari terbit dengan siluet Candi Borobudur di Punthuk Setumbu.

Kawasan sekitar candi juga tak kalah memesona. Ada atraksi rafting di Sungai Elo atau memburu spot foto berlatar sawah nan unik di Svargabumi. Sekitar 3--4 kilometer dari Candi Borobudur juga terdapat beberapa desa wisata yang bisa dikunjungi, di antaranya Desa Wisata Karangrejo, Desa Wisata Wanurejo, dan Desa Wisata Candirejo.

"Menyambut dibukanya kembali destinasi wisata, Traveloka juga turut berperanaktif dalam mempromosikan Destinasi Super Prioritas melalui ragam konten inspirasional hingga program promosi untuk semakin memudahkan konsumen merencanakan perjalanannya, baik menjelajah Destinasi Super Prioritas maupun melihat beragam destinasi lainnya lagi," kata Shirley Lesmana, CMO Traveloka.


4 Destinasi Super Prioritas Lainnya

Selain Borobudur, Danau Toba juga tak kalah memesona. Danau seluas sekitar 1.130 kilometer persegi itu terbentang di delapan kabupaten Sumatera Utara, yaitu Kabupaten Karo, Simalungun, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Samosir, Pakpak Bharat, dan Dairi.

Pengunjung memiliki sejumlah alternatif titik untuk menikmati danau kawah terbesar di dunia itu dari sudut yang berbeda, seperti Menara Pandang Tele, Bukit Holbung, atau Bukit Gajah Bobok. Ada juga pemandian air soda di Desa Parbubu, Tapanuli Utara, yang airnya berbuih dan rasanya mirip minuman soda ketika diminum.

Sementara, Mandalika di Nusa Tenggara Barat menyimpan Pantai Kuta Lombok sebagai salah satu daya tarik wisata. Di sana ppasirnya terlihat mirip butiran merica. Atau, bisa juga ke Pantai Tanjung Aan dan Pantai Seger, serta ke Desa Sade dan Desa Sukarara untuk mengetahui lebih jauh soal suku sasak serta rumah tradisionalnya yang beratap tumbuh-tumbuhan, sekaligus belajar menenun.

Likupang dikenal sebagai surga tersembunyi di Sulawesi Utara. Pantai Paal dan Likupan adalah dua tempat wisata populer yang bisa didatangi. Bisa juga mengeksplorasi Pulau Lihaga, Pulau Gangga, Pulau Bangka, dan Pulau Talise. Ada pula Pantai Kinunang yang berpasir putih dan berair biru. Sekitar 650 meter dari pantai tersebut, ada Bukit Larata yang memiliki rerumputan hijau dan pas sebagai spot foto.

Terakhir ada Labuan Bajo yang menawarkan pengalaman melihat kadal raksasa di habitat aslinya. Pelancong bisa mengunjungi Taman Nasional Komodo, termasuk Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Ada juga Pulau Padar yang terkenal akan pemandangan perbukitan dan pantai. Atau, ikut tur kapal phinisi untuk mengeksplorasi wilayah perairan Labuan Bajo.

Private Healing di Desa Wonomulyo

Menikmati 'Private Healing' di Desa Wisata Wonomulyo Magetan

Liputan6.com 2022-06-05 00:00:00
Suasana Desa Wisata Wonomulyo salah satu destinasi wisata untuk private healing. Foro (Istimewa)

Liburan menjadi salah satu kebutuhan primer sebagai bagian dari cara menghilangkan suasana penat di tengah kesibukan karena kerjaan.

Di ujung pedesaan di kaki Gunung Lawu Desa Wonomulyo Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan Jawa Timur memberikan nuansa alami untuk healing.

Pemandangan hijaunya perbukitan dan hutan, birunya langit, segarnya air terjun dan sumber mata air dapat dirasakan dalam satu lokasi, di Desa Wonomulyo Magetan ini.

Sebagai salah satu Desa Wisata Wonomulyo memberikan fasilitas private healing bagi wisatawan lokal maupun luar Magetan.

Private healing yang dimaksud adalah paket wisata berkeliling di semua lokasi wisata desa Wonomulyo, mengelilingi desa, bermalam dengan tenda dengan didampingi guide private.

"Liburannya wisatawan itu macam-macam. Ada yang suka mengunjungi satu tempat saja, ada juga yang suka eksplor keseluruhan desa ini," tutur Abdul salah satu guide Desa Wonomulyo, Sabtu (4/6/2022).

Abdul menambahkan, desa Wonomulyo dulunya lebih sering dikunjungi oleh mahasiswa pecinta alam yang melakukan pelatihan dasar di tiga bukit pendakian yakni Bukit Pendawa, Bukit Mongkrang dan Bukit Jobolarangan. Namun sekarang dengan maraknya tren healing dan selfie, banyak wisatawan yang mengunjungi Wonomulyo.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Pemandu Wisata

"Pengaruh media sosial dari wisatawan juga, Desa Wonomulyo sekarang mulai dikenal oleh wisatawan di luar Magetan," ungkap Abdul.

Bagi masyarakat yang ingin melaksanakan private healing di Desa Wonomulyo dapat menuju ke basecamp pendakian. Pemandu akan memberikan berbagai informasi lokasi wisata terlebih dahulu sebelum menjelajah.

Sedangkan untuk biaya private healing terjangkau dan sisi positifnya, dengan private healing langsung di alam anda semua akan mendapatkan banyak manfaat terhadap kesehatan mental Anda.