Arkana, Pelipur Hati Ridwan Kamil

Kisah Ridwan Kamil Ajak si Bungsu Ngantor Usai Cuti Pencarian Eril di Swiss

Liputan6.com 2022-06-08 03:00:06
Ridwan Kamil Bagikan Momen Kebersamaan dengan Arka di Sela-sela Kerja

Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil mengajak putra bungsunya Arkana Aidan Misbach (dua tahun) saat hendak memimpin Rapat Pimpinan di lingkungan Pemprov Jawa Barat (Jabar) Gedung Sate Bandung, Senin.

Ridwan Kamil yang mengenakan rompi hitam dengan kemeja berwarna putih datang ke Gedung Sate sekitar pukul 10.35 WIB dan langsung menyapa para wartawan yang menunggu di depan Ruang Lokantara Gedung Sate Bandung.

Setibanya di Gedung Sate, Arkana yang digendong Ridwan Kamil langsung melambaikan tangan kepada para wartawan.

Ridwan Kamil juga tampak menjawab pertanyaan para wartawan yang bertanya kabar tentang dirinya.

"Dadah dulu Arka, Alhamdulillah, baik. Nanti ya, ada waktunya saya bicara, ya," kata Ridwan Kamil.

Kedatangan Ridwan Kamil dengan putra bungsu tersebut adalah momentum pertama Ridwan Kamil berkantor di Gedung Sate setelah masa berduka dan pulang ke Indonesia seusai memantau proses pencarian putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz di Sungai Aere, Bern, Swiss.


8 Bahasan Strategis di Hari Pertama

Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat (Jabar) Setiawan Wangsaatmaja menuturkan Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil membahas delapan hal strategis pada rapat pimpinan yang menjadi agenda kerja perdana usai menuntaskan izin keluar negeri dengan agenda penting.

"Jadi pada kesempatan tadi pagi, Pak Gubernur mendapatkan laporan terkini tentang hal-hal yang telah dikerjakan selama beliau mendapatkan kesibukan kemarin. Itu ada delapan hal yang disampaikan," kata Setiawan Wangsaatmaja di Gedung Sate Bandung, Senin.

Hari ini merupakan agenda kerja perdana bagi Ridwan Kamil seusai pulang ke Indonesia karena keperluan memantau proses pencarian putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz di Sungai Aere, Bern, Swiss.

Usai rapat pimpinan, Ridwan Kamil kembali ke Gedung Negara Pakuan bersama putra bungsunya, Arkana Aidan Misbach (dua tahun).

Sebelum memulai rapim, Ridwan Kamil juga menyapa para awak media dan meminta kepada media untuk memberinya waktu untuk berbicara.

Setiawan Wangsaatmaja mengatakan gubernur memulai hari kerjanya memimpin rapat beserta seluruh kepala dinas, kepala badan dan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Jawa Baratm Delapan hal strategis yang dibahas dan disampaikan kepada Ridwan Kamil adalah tentang Anggaran Perubahan APBD, Anggaran Bencana 2022, penyempurnaan birokrasi fase kedua.


Saksikan Video Pilihan Ini:

Puput Bongkar Aib Doddy

Puput Ceritakan Perkataan Doddy Sudrajat yang Membuat Psikisnya Terganggu

Liputan6.com 2022-06-08 16:41:52
Doddy Sudrajat dan Puput. (Foto: Dok. Instagram @dodysoedrajat_1)

Semenjak memutuskan untuk mengakhiri rumah tangganya dengan Doddy Sudrajat, Puput mulai membongkar kejelekan mantan suaminya. Kali ini pemilik nama asli Roy Pujiarti menceritakan tentang perlakuannya ayah Vanessa Angel kepada dirinya selama menjadi pasangan suami istri

Selama 6 tahun membina rumah tangga, Doddy Sudrajat kerap melontarkan kata-kata yang membuat dirinya sakit hati. Yang paling menyayat hati kata Puput, ucapannya tentan buah hatinya, Aisyahqilla Nareshwari Dewi Ramadhani (Aisyah).

Puput mengungkapkan, Doddy Sudrajat sangat tidak mengharapkan kehadiran Aisyah di tengah-tengah biduk rumah tangganya. Hal itu lah yang membuat Puput sakit hati terhadap Doddy Sudrajat.

"Itu udah diulang dia, di-repeat sampe enam kali, sampe terakhir (bicara) kemarin. Itu pernyataan yang sangat keji banget. Dan enggak etis lah yah orang tua bisa ngomong kaya gituh," kata Puput saat berbincang di dengan Uya Kuya di kanal YouTube-nya dikutip Rabu (8/6/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Nafkah Anak

Berbicara masalah nafkah putrinya setelah bercerai, Dooddy Surajat selalu saja membahas hal yang sama. Oleh karena itu Puput memutuskan untuk menutup komunikasi antara Doddy Sudrajat dengan putrinya.

"Statement yang selalu dia keluarkan itu 'aku enggak pernah kok menginginkan kamu hamil waktu itu, kan aku udah ngomong, aku enggak mau punya anak'," ujarnya.


Psikis

Tak dipungkiri Puput psikis-nya terganggu karena perkataan Doddy SUdrajat. Selama ini ia berusaha sabar, namun akhirnya tak tahan dan akhirnya memutuskan untuk bercerai dengab pria yang menikahinya sejak 2016.

"Itu membunuh psikis aku, membunuh psikis anak-anakku ,"kata Puput.


Perceraian

Diketahui Puput dan Doddy Sudrajat telah resmi bercerai pada 11 April 2022. Putusan cerai keduanya ditetapkan secara verstek oleh Pengadilan Agama Jakarta Pusat.

Pengadilan juga menetapkan bahwa hak asuh anak dari pernikahan mereka jatuh ke tangan Puput.

Infografis 4 Cara Tampil Menawan Saat Foto Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Menang Sidang, Main Tiktok

Johnny Depp Bikin Akun TikTok Usai Raih Kemenangan, Amber Heard Tak Terima

Liputan6.com 2022-06-08 12:20:00
Johnny Depp, usai persidangan melawan Amber Heard, di Virginia, 27 Mei 2022. (AP Photo/Craig Hudson)

Setelah meraih kemenangan melawan Amber Heard dalam persidangan kasus fitnah di Virginia, Amerika Serikat, Johnny Depp mulai menata hidupnya kembali. Ia melakukan berbagai hal mulai dari tampil di konser, merencanakan album baru, hingga yang paling anyar adalah bikin akun TikTok.

Dilansir dari E! News, Rabu (8/6/2022), akun medsos ini aktif nyaris seminggu setelah bintang The Rum Diary ini menang melawan sang mantan istri. Dalam unggahan pertamanya yang dibagikan pada 7 Juni kemarin, ia mengungkap rasa terima kasih kepada orang-orang yang mendukungnya.

"Teruntuk semua pendukungku yang paling kuhargai, setia, dan begitu teguh," tulisnya di awal unggahan.

Mantan kekasih Vanessa Paradis ini menyisipkan video saat ia berada dalam mobil yang bergerak dan menyapa pendukungnya dari jendela, serta saat ia tampil dengan gitarnya di atas panggung.

"Kita sudah bersama-sama, melihat semuanya. Kita telah berjalan di jalan yang sama. Kita melakukan hal yang benar secara bersama, semua ini karena Anda peduli. Dan sekarang, kita semua akan bergerak maju bersama," ia menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Jutaan Pengikut

"Anda sekalian, adalah bosku, dan sekali lagi saya merasa kecil karena tidak ada caralain untuk berterima kasih, selain dengan mengucapkan terima kasih. Jadi, terima kasih. Cinta & hormatku, JD," begitu penutup caption Johnny Depp.

Dalam waktu singkat, unggahan ini mengumpulkan 3,7 juta likes dan nyaris 200 ribu komentar. Sementara akun milik Johnny Depp sendiri, @johnnydepp, telah memiliki 6,5 juta pengikut.


Amber Heard Tak Terima

Keberadaan akun TikTok ini ternyata membuat pihak Amber Heard tak terima. Lewat juru bicaranya, ia menyerang langkah sang mantan membuat akun medsos ini, terutama pernyataan Johnny Depp soal keinginan untuk move on.

"Sementara Johnny Depp 'bergerak maju' seperti yang ia katakan, hak-hak perempuan bergerak mundur," kata juru bicara Heard.

Ditambahkan, "Pesan yang terkandung dalam vonis kepada korban KDRT adalah...takutlah untuk maju dan angkat bicara."


Perjalanan Kasus

Seperti diketahui, Johnny Depp menuntut Amber Heard terkait kolom yang ditulis sang aktris di Washington Post pada 2018. Dalam esainya, Amber Heard menyatakan dirinya korban kekerasan dalam rumah tangga dan penyerangan seksual. Namun, ia tak menulis nama Johny Depp dalam tulisan itu.

Johnny Depp menggugat Amber Heard sebesar 50 juta dolar AS karena tulisannya ini, dan dibalas dengan gugatan balik oleh sang mantan istri dengan nilai dua kali lipat.

Rabu (1/6/2022), tujuh juri dengan suara bulat memutuskan bahwa Johnny Depp menang dalam tiga dari tiga klaim yang ia ajukan terhadap mantan istri. Di sisi lain, Amber Heard memenangkan satu dari tiga klaim yang diajukannya.

Johnny Depp mendapat ganti rugi sebesar US$ 15 juta. Amber Heard hanya harus membayar 10,35 juta, karena ada batasan soal ganti rugi dalam hukum yang berlaku di Negara Bagian Virginia, tempat kasus ini disidangkan. Sementara itu, Amber Heard akan mendapat ganti rugi 2 juta dolar AS.

Infografis Donald Trump Vs TikTok. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rahasia Wajah Putih Merona KD

Krisdayanti Ungkap Rahasia Memiliki Wajah Putih Merona dan Bebas Kerutan

Liputan6.com 2022-06-08 15:40:00
Krisdayanti beberapa kali mengunggah foto saat memakai batik di akun Instagramnya. Meski dengan makeup dan tatanan rambut sederhana, penampilan Krisdayanti kerap banjir pujian dari netizen. (

Sebagai publik figur yang juga wakil rakyat di DPR RI, Krisdayanti membutuhkan penampilan paripurna saat bertemu banyak orang yang bersinggungan dengan aktifitasnya.

Karena itu, ibunda Aurel Hermansyah ini tak pernah membiarkan penampilannya, terutama bagian wajah, terganggu dengan aneka ragam masalah seperti kulit kusam, banyak kerutan hingga tak sedap dipandang banyak orang.

Agar wajahnya tetap sehat dan segar, diva pop Indonesia ini selalu memantau tren perawatan wajah yang bermanfaat untuk membuat penampilannya semakin menarik. Salah satu yang saat ini sedang dijalankannya, yakni menggunakan treatment mochi skin.

Baru-baru ini, Krisdayanti meluangkan waktunya untuk menjajal perawatan wajah dengan treatment mochi. "Aku mencoba mochi infuse, mochi lift sampai mochi flek," kata Krisdayanti melalui tayangan wawancara Silet.


Anestesi

Dalam tayangan video tersebut, wajah Krisdayanti terlihat ditangani oleh dr Tan Yuanita dari Klinik Dermapro Jakarta saat melakukan treatment mochi skin.

Mula-mula, dokter melakukan sejumlah hal pada wajah istri Raul Lemos ini. Salah satunya, anestesi atau penyuntikan di area wajah.

"Kalau (lagi) pake anestesi ini kan sekitar 30 menit, jadi dokter bisa manfaatin waktunya buat mochi infuse," kata Krisdayanti


Mochi Lift

Dokter Tan Yuanita menjelaskan, ia memberikan treatment Mochi Skin kepada Krisdayanti dengan lebih dulu melakukan Mochi Infuse.

Selanjutnya, kata dia, pelantun lagu "Mahadaya Cinta" dan "Pilihlah Aku" diberikan treatment tambahan berupa Mochi Lift.

"Mochi Lift bisa langsung keliatan dalam lima menit, hasilnya bisa langsung lifting dan bertahan 3 sampai 6 bulan," dokter Tan Yuanita menjelaskan.


Manfaat Mochi Skin

Dokter Tan Yuanita menjelaskan manfaat dari perawatan wajah dengan treatment Mochi Skin yang dilakukan oleh Krisdayanti.

"Karena Mimi kan orangnya sibuk, jadi butuh perawatan yang instant. Mochi bisa bikin kulit kenyal, lembut, sehat tapi tidak berminyak, dan tahan terhadap iritasi," kata dia.

Perbedaan treatment Mochi Skin dengan DNA Salmon, dia melanjutkan, yang sempat tren di beberapa tahun terakhir, adalah pada tingkatan glow factor-nya.

"Di mana kulit wajah hasil dari treatment mochi akan lebih cerah merona dan tidak mengkilap berlebihan, sehingga nampak lebih natural dan sehat," kata dokter Tan Yuanita.

Infografis Tren Perawatan di Klinik Kecantikan Tahun 2022. (Liputan6.com/Triyasni)

Kuning Ala Anne Hathaway Vs Lisa BLACKPINK

Adu Gaya Anne Hathaway dan Lisa BLACKPINK dalam Busana Serba Kuning

Liputan6.com 2022-06-07 17:02:51
Adu Gaya Anne Hathaway dan Lisa BLACKPINK dalam Busana Serba Kuning. foto: Instagram @blackpinkblinkindo

Lisa BLACKPINK dan Anne Hathaway tampil bersama di acara peluncuran koleksi perhiasan mewah yang diselenggarakan oleh brand ternama Bvlgari, yang diadakan di Paris, Prancis. Bertajuk 'Eden the Garden of Wonders', uniknya entah disengaja atau tidak, baik Lisa dan Anne kompak tampil mencolok dengan outfit serba kuning.

Melansir W Magazine, Selasa 7 Juni 2022, Lisa nampak mengenakan set dress dari merek Pinkong, salah satu brand fashion dari Korea Selatan. Sebagai brand ambassador, Lisa BLACKPINK menghadiri Eden The Garden of Wonders Event sebuah kampanye yang diadakan oleh Jean Christophe Babin sebagai CEO Bvlgari.

Acara ini diadakan brand asal Italia tersebut di taman Wonders High Jewelry, Senin, 6 Juli 2022 waktu setempat untuk mengungkapkan koleksi terbaru mereka. Lisa BLACKPINK tampil dalam balutan gaun kuning yang memukau dari atasan crop tube hingga skirt panjangnya dari label Korea Selatan, Pinkong.

Ia pun tampil berbeda dengan rambut pirang pendeknya yang ditata tanpa poni khasnya. Hal itu membuat para penggemar terkagum-kagum dengan penampilan Lisa. Tampilannya pun semakin berkelas dengan jam tangan silver Bvlgari dan lehernya diperindah dengan kalung silver hijaunya yang serasi dengan antingnya.

Banyak penggemar yang membagikan berbagai video pendek dan foto Lisa serta membagikan keseruan mereka setelah melihat perjumpaan Lisa dengan Anne Hathaway. Ia tak kalah glamor dengan mengenakan busana dari Valentino, yang merupakan koleksi terbaru musim semi 2022.

Anne memadukan celana pendek dengan atasan kemeja dress panjang yang menjuntai hingga ke lantai. Sama seperti Lisa, pemeran Princess Diaries itu juga mengenakan perhiasan Bvlgari di lehernya, yang menambah kesan glamor pada penampilannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kesan Glamor

Selain Anne Hathaway, Lisa juga berkesempatan berpose dengan aktris Bollywood yang kini berkarier di Amerika Serikat, Priyanka Chopra. Istri dari Nick Jonas itu berbagi selfie yang diambil dengan Lisa dan Anne di Instagramnya.

Chopra tak memakai gaun berwarna kuning. Wanita asal India yang juga salah satu brand ambassador Bulgari ini tampil dalam balutan gaun Rasario berwarna oranye berkilau dengan lengan panjang dan belahan dada rendah. Priyanka melengkapi penampilannya dengan kalung Serpenti, yang menambah kesan glamor.

Selain mereka bertiga, sebenarnya ada brand ambassador Bvlgari lainnya yaitu Zendaya. Namun, aktris Hollywood itu berhalangan hadir karena masih menjalani syuting film terbarunya.

Belum lama ini, penampilan Anne Hathaway juga mengundang banyak pujian saat berjalan di karpet merah Festival Film Cannes 2022 untuk pemutaran perdana film barunya Armageddon Time, Kamis, 19 Mei 2022, waktu setempat. Ini sekaligus menandai pertama kalinya ia menghadiri event film bergengsi tersebut.


Tampil Elegan

Aktris Princess Diaries ini pun tampil habis-habisan untuk debut Cannes-nya, menurut Page Six, Sabtu (21/5/2022). Hathaway mengenakan gaun putih tanpa tali dari Armani Priv yang dihiasi manik-manik, dipangkas dengan panel tipis, dan diakhiri selendang off-the-shoulder yang berlipat ganda sebagai aksen dramatis.

Gayanya dilengkapi slingback heels perak oleh Santoni dan kalung "Mediterranean Reverie" Bvlgari nan unik yang menampilkan safir berukuran besar: 107,15 karat. "Anda menyewa (stylist) Erin Walsh dan Anda mempercayainya," kata bintang itu pada People tentang ansambelnya yang elegan.

Ia menyambung, "Anda tahu, saya belum pernah ke Cannes, dan saya telah menonton mode festival film selama beberapa dekade sekarang. Saya telah memperhatikan hal-hal tertentu yang pasti serasi."

"Anda tidak akan pernah salah dengan sedikit kilau. Anda tidak akan pernah salah dengan sesuatu yang terlihat chic dan glamor, tapi terasa sangat, sangat nyaman. Dan saya perhatikan bahwa banyak aktris favorit saya memiliki pengalaman langsung mengenakan pakaian serba putih. Jadi itulah yang saya lakukan," tutur aktris 39 tahun tersebut.

Anne Hathaway bergabung di karpet merah bersama suaminya Adam Shulman, yang mengenakan setelan Armani. Juga, lawan mainnya di Armageddon Time, Jeremy Strong, yang tampak menawan dalam tuksedo biru tua dan hitam.


Gaya Vintage

Secara keseluruhan, Anne Hathaway telah jadi berita utama minggu ini untuk gaya rampingnya saat berada di Prancis. Pada Jumat, 20 Mei 2022, ia kembali memukau dengan busana Gucci pada acara panggilan foto untuk film Armageddon Times, yang ditampilkan di festival tersebut.

Walsh mengonfirmasi di Instagram bahwa Hathaway adalah "gadis Gucci" dalam gaun mini bergaya tahun 60-an ini. Siluet bergaya mod gaun itu tidak terlalu condong ke kostum dengan tambahan bra kerucut ala Madonna yang terkenal dengan tampilan Jean Paul Gaultier dari awal 90-an.

Bagian atas bustier biru kobalt cocok dengan aksen mengilap berwarna serupa pada gaun, catat Glamour. Ia pun memberi kemewahan modern pada gaya vintage ini dengan mengenakan gaya rambut sarang lebah karya penata rambut dan direktur kreatif Virtue Labs, Adir Abergel.

Penata rias Florrie White memberi Hathaway pulasan memerah dengan memperkuat kecantikan alaminya dengan pipi kemerahan dan lipstik merah muda. Untuk melengkapi ansambel, Anne Hathaway mengenakan kacamata mata kucing dan perhiasan Bulgari, tampak seperti ia keluar dari episode Mad Men melalui video musik Madonna.

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion. (Liputan6.com/Triyasni)

Tak Sudi Disamakan dengan Kiwil

Kalina Ocktaranny Beri Jawaban Telak Saat Disamakan dengan Kiwil

Liputan6.com 2022-06-07 12:30:00
(Muhammad Akrom/KapanLagi)

Kalina Ocktaranny berang dengan komentar warganet. Peristiwa tak menyenangkan itu terjadi saat Kalina mengunggah video kekasihnya, Ricky Miraza, di akun Instagram pribadinya dengan keterangan memberikan ucapan selamat ulang tahun.

"Tua itu pasti. Dewasa itu pilihan. Selamat ulang tahun cowok nyebelin @rickywmiraza," tulis Kalina, pada 5 Juni 2022.

Awalnya, unggahan Kalina dipenuhi kebahagian karena sejumlah rekan selebritas dan warganet ikut memberikan ucapan ulang tahun untuk kekasih hatinya itu. "Happy bday @rickywmiraza all the best ya #gemini," tulis Alvin Adam.

Namun, ketika membaca komentar-komentar lain, Kalina mulai geregetan. Dari sekian banyak komentar warganet, terselip seorang yang menyindir unggahan Kalina. Warganet itu awalnya menilai Kalina seperti Elly Sugigi karena sering bergonta-ganti pasangan.

Namun, yang membuat Kalina geregetan saat seorang warganet menyamakan dirinya dengan Kiwil. Pasalnya, Kiwil sempat beberapa kali bercerai. "11-12 sama Mpok Elly. Kiwil versi cewek," kata akun tersebut.

Komentar warganet ini membuat Kalina meradang. Ibu satu anak ini pun menulis balasan yang cukup telak. Bukan mencela, Kalina justru berharap warganet tersebut jadi lebih cantik. "Semoga jarimu secantik wajahmu ke depannya," balas Kalina.

Kalina Oktaranny menikah dengan Deddy Corbuzier pada 25 Februari 2005. Namun, mereka bercerai pada 31 Januari 2013. Dari pernikahan itu, keduanya dikaruniai seorang putra, Azkanio Nikolas Corbuzier.

Setelah berpisah dengan Deddy, Kalina menikah dengan pemain FTV, Muhammad Hendrayanto, pada 2017. Hubungan keduanya tidak berlangsung lama dan memutuskan bercerai pada 19 April 2018.

Kalina kembali merajut bahtera rumah tangga dengan Insank Nasruddin. Suami ketiganya itu diketahui berprofesi sebagai pengacara. Mereka menikah pada 16 Maret 2020, tapi Juni 2020, mereka dikabarkan telah bercerai. Kalina kemudian menikah lagi dengan Vicky Prasetyo pada 13 Maret 2021. Namun, mereka kemudian dikabarkan bercerai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Komentar Kalina

Sementara itu, Kalina menanggapi kabar bahw Azka Corbuzier bakal menjadi mualaf. Ia mengaskan dukungannya terhadap apa pun keputusan dari putranya tersebut. Namun sebagai orangtua, tutur Kalina, dirinya berharap agar keyakinan yang dianut putranya tidaklah dibuat main-main.

"Sebagai seorang ibu yang melahirkan pastinya menginginkan anak saya memeluk agama Islam seperti saya," kata Kalina di kanal YouTube STARPRO Indonesia, Senin, 6 Juni 2022.

Untuk saat ini, Kalina hanya berharap keputusan Azka untuk memeluk Islam dilakukan atas kemauan sendiri bukan paksaan dari pihak mana pun. "Tapi saya pribadi saya tipe orang yang tidak mau memaksakan anak saya yang harus memeluk agama yang saya yakini karena saya percaya agama itu hak pribadi," imbuhnya


Sangat Bersyukur

Mantan istri Vicky Prasetyo ini juga sangat bersyukur jika nantinya Azka benar-benar memutuskan mualaf. "Sujud syukur banget saya," kata Kalina.

Sebelumnya, perempuan berusia 41 tahun ini mengaku sudah pernah menyinggung soal kabar keinginan pindah keyakinan dengan anaknya tersebut. Namun dari pengakuannya, Azka mengaku saat ini belum mengambil keputusan soal keyakinan yang akan dipilihnya.

"Azka bilang, 'Belum mama.' Jadi kalau nantinya iya, pasti sebagai ibu aku bakal nangis banget, nangis bahagia," kata Kalina seraya memastikan akan tetap mendukung Azka jika pilihannya tetap memeluk keyakinannya saat ini.


Heran

Mantan istri Deddy Corbuzier ini mengaku heran, kenapa banyak orang mengurusi kehidupannya, apalagi soal pasangan. "Orang mau melihat kesannya aku begini, terburu-buru ngambil keputusan, aku sekarang jalan sama laki-laki jauh lebih muda cuma mau begini begitu," tuturnya. "Aduh kayanya orang tuh kenapa sih ngurusin hidup gue."

Lebih lanjut, wanita kelahiran 1980 itu menyebut jika hubungannya dengan sang kekasih saat ini bukan hanya tentang urusan ranjang. Tak asal bicara, saat ini Kalina mengaku jika hubungannya juga untuk kehidupan di masa depan.

"Lu kan enggak tahu apa yang gue lakukan sama dia, maaf ya. We're not only talking about sex. Kita ngomongin juga masa depan, kehidupan, diskusi banyak hal," ucap ibunda Azka Corbuzier itu. "(Sama Ricky) itu benar-benar nyambung."

Perceraian di Indonesia 2016 (liputan6.com/trie yas)

Usia 19 Tahun Lulus Kedokteran

Baru Berusia 19, Rein Vidya Banafsha Jadi Wisudawan Termuda Fakultas Kedokteran Unpad

Liputan6.com 2022-06-08 14:00:02
Baru Berusia 19 Rein Vidya Banafsha Berhasil Jadi Wisudawan Termuda Fakultas Kedokteran Unpad. Foto: tangkapan layar Instagram @reinvidya.

Pengguna Twitter baru-baru ini dihebohkan dengan kelulusan mahasiswi termuda di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Rein Vidya Banafsha.

Rein pada 2018 tercatat sebagai mahasiswi baru termuda Universitas Padjadjaran atau Unpad yang diterima di Fakultas Kedokteran.

Kini, Rein mendapatkan predikat sebagai wisudawan termuda dengan usia 19 tahun 4 bulan pada Upacara Wisuda Gelombang III Tahun Akademik 2021/2022, Selasa (7/6/2022).

"Perasaannya senang banget jadi wisudawan termuda, (mudah-mudahan) bisa menginspirasi orang," ujar Rein mengutip laman resmi Unpad Rabu (8/6/2022).

Rein Vidya Banafsha lulus dari FK Unpad pada Februari 2022 lalu. Ia berhasil menyelesaikan studi Sarjana dalam waktu 3,5 tahun. Ia pun berkesempatan mengikuti wisuda secara luring dari Graha Sanusi Hardjadinata, Unpad di Dipatiukur, Bandung.

Sebelumnya, Rein berhasil diterima di FK Unpad melalui jalur SBMPTN. Perempuan asal Tasikmalaya, Jawa Barat ini mantap memilih program studi Kedokteran Unpad di pilihan pertama.

Harapannya tercapai, ia pun diterima menjadi mahasiswa Unpad pada usia yang masih sangat muda yakni 15 tahun 10 bulan. Sejak duduk di bangku SMP, Rein sudah mengikuti kelas percepatan.

Diketahui, Rein menyelesaikan studi di SMPN 5 Tasikmalaya dalam waktu dua tahun. Masuk ke SMAN 1 Tasikmalaya, Rein juga mengikuti kelas percepatan dan kembali lulus dalam dua tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tantangan Semasa Kuliah

Diterima di FK Unpad dengan usia yang cukup belia, Rein sempat berpikir bahwa kuliah di Kedokteran sangat berat. Namun, secara perlahan, ia mencoba menikmati masa-masa kuliahnya.

"Lumayan susah belajar di FK, tetapi kalau dinikmati prosesnya akan bisa melewati itu semua," imbuhnya.

Kondisi pandemi COVID-19 sempat memaksa Rein dan mahasiswa Unpad lainnya untuk melakukan pembelajaran jarak jauh secara daring.

Ada perbedaan signifikan antara kuliah tatap muka dengan kuliah daring. Menurut Rein, tantangan terbesarnya ketika harus melakukan praktikum.

"Praktik online jadi lebih kurang (menangkapnya), karena lebih menempel kalau offline," jelasnya.

Tantangan lainnya adalah harus rajin mengatur waktu dan mengerjakan tugas secara mandiri.

"Kalau dulu waktu offline, biasa ketika ada tugas bisa mengerjakan bareng-bareng bersama teman. Kalau online jadi tantangan tersendiri," kata Rein Vidya Banafsha.

Meski demikian, Rein berhasil melewati masa studi Sarjananya dengan baik. Selanjutnya, ia akan menempuh Pendidikan Profesi Kedokteran untuk mendapatkan gelar dokternya.


Komentar Warganet

Perempuan berdarah Sunda ini pun mantap untuk melanjutkan studinya ke pendidikan Spesialis.

"Terima kasih Unpad sudah berjasa dan memberikan yang terbaik bagi anak-anak harapan bangsa. Semoga Unpad bisa makin maju dan terjaga nama baiknya," kata Rein.

Cerita tentang Rein yang berhasil menjadi wisudawan termuda dari FK Unpad menarik perhatian warganet. Banyak yang mengaku kagum pada gadis tersebut.

"Keren banget MasyaAllah," ujar pengguna Twitter.

"Keren banget, semoga anakku juga seperti itu," tulis pengguna lainnya.

"Gils aku 19 tahun masih jadi maba (mahasiswa baru)."

"Aaa keren banget, kalau aku 19 tahun kayaknya masih menjamet."

"19 tahun bukannya jualan risol kepanitiaan malah wisuda."

"Bagus, pinter banget. Tapi kasian sodara sama tetangganya yang seumuran."

"Untuk tetangga dan semua mahasiswa di atas 20 tahun, selamat Anda memasuki perasaan penuh tekanan."

"Keren banget, untungnya bukan tetanggaku."

"Jangan minder ya adik-adik sekalian, udah enggak zaman sekarang lomba lulus paling muda, kematangan emosional itu butuh waktu dan udah banyak kok jurnalnya lulus muda not equal to sukses duluan. So, take your time, yang penting kalian punya determinasi yang bagus, ok," kata pengguna lain dengan nada menghibur.


Mahasiswa Termuda

Sebelum menjadi lulusan termuda, Rein juga menjadi mahasiswa Universitas Padjadjaran tahun akademik 2018/2019 termuda di antara rekan-rekan seangkatannya.

Saat diterima jadi mahasiswi Unpad, ia baru berusia 15 tahun 10 bulan. Saat pelaksanaan registrasi administratif di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Selasa (7/8), Rein mengungkapkan, sejak duduk di bangku SMP, ia sudah mengikuti kelas percepatan.

Saat itu ia mengatakan "Terbayang banget bakal susah belajar Kedokteran, bakal banyak waktu yang harus dikorbankan. Tetapi, InsyaAllah siap," ujar Rein.

Saat ditanya mengapa memilih Kedokteran Unpad, Rein mengungkapkan bahwa kuliah di Kedokteran Unpad bebas dari biaya. Ia mengaku siap mengabdi sebagai dokter di wilayah mana saja, baik di Jawa Barat maupun di luar Jawa Barat.

Selain siap mengikuti aktivitas akademik, putri pasangan Pian Sopyan Nurochman dan Nenden Diana ini ingin aktif di kegiatan organisasi dan kemahasiswaan.

Salah satu organisasi kemahasiswaan yang tertarik untuk diikutinya adalah Asian Medical Student Association (AMSA) di FK Unpad.

Rein yang memiliki hobi menggambar dan bernyanyi ini juga memiliki keinginan untuk bergabung dengan unit paduan suara di Unpad.

"Prioritas utama adalah pendidikan, tetapi saya memiliki kesempatan untuk bebas berorganisasi, dan enggak akan saya lewatkan," gadis kelahiran Tasikmalaya, 3 Oktober 2002 ini.

Infografis mahasiswa Surabaya peretas website

Gempar, Pria Gresik Nikahi Kambing

Buntut Panjang Pria Gresik Nikahi Kambing Betina yang Bikin Heboh

Liputan6.com 2022-06-08 13:00:00
Proses pernikahan pria gresik dengan kambing betina (Liputan6.com/Istimewa)

Baru-baru ini, seorang pria menikahi kambing betina di Pesanggrahan Keramat Ki Ageng, Desa Jogodalu, Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik, pada Minggu (5/6/2022). Belakangan foto dan video prosesi pernikahan tersebut pun viral di berbagai platform media sosial.

Pengantin pria tersebut adalah Syaiful Arif (44). Warga Desa Klampok, Kecamatan Benjeng itu mengaku menikahi kambing betina itu lantaran mendapat wangsit bahwa kaming itu adalah titisan anak dari Sri Kinasih dan diberi nama Sri Rahayu bin Bejo.

"Viral ! Video Pria asal Gresik Menikahi Seekor Domba, Alasannya Dapat Wangsit," tulis akun yang mengunggah video tersebut di salah satu platfor media sosial yang dikutip Liputan6.com, Rabu (8/6/2022).

Ironisnya, sejumlah tokoh masyarakat ternyata terlibat dalam prosesi pernikahan tersebut. Beberapa di antaranya adalah dua politisi Partai Nasdem Gresik yakni Nur Hudi Didin Arianto dan Muhammad Nasir.

Keterlibatan Nur Hudi Didin Arianto dalam pernikahan tak lazim itu adalah sebagai orang yang menyediakan tempat prosesi pernikahan Syaiful Arif dan kambing betina berbulu putih tersebut.

Sementaran keterlibatan Muhammad Nasir sejauh ini belum diketahui perannya. Namun yang pasti dalam video yang beredar, Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Gresik itu hadir dalam prosesi pernikahan dengan mengenakan baju adat dan blankon berwarna cokelat.

Mirisnya, Nasir saat ini merupakan Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Gresik yang nantinya ditugaskan oleh Ketua DPRD Gresik Moch Abdul Qodir, untuk memeriksa anggota dewan yang terlibat dalam kasus manusia menikah dengan kambing. Dengan demikian Nasir nanti akan memeriksa dirinya sendiri.

"Ya, kita hormati permintaan Pak Ketua DPRD (Much Abdul Qodir) tersebut. Namun, saya selaku Ketua BK, karena ini lembaga, saya tak bisa tindaklanjuti perintah secara lisan. Karena itu, kami menunggu surat resmi dari Ketua DPRD," ucap Nasir pada wartawan, Rabu (8/6/2022).


Tanggapan Muhammadiyah dan PCNU Gresik

Sementara itu, Sekretaris PCNU Gresik, Moh. Syifa'ul Fuad dengan tegas menyatakan bahwa pernikahan antara manusia dengan seekor kambing itu merupakan bentuk penyimpangan perilaku yang harus diluruskan kembali. Meski begitu, pria yang akrab disapa Gus Syifa' itu menjelaskan bahwa PCNU dalam hal kejadian ini bersikap dan bertindak lebih mengedepankan kepentingan edukatif kepada masyarakat, khususnya pelaku penyimpangan tersebut.

"Kalau kejadian itu untuk kepentingan konten medsos, saya minta secepatnya dihapus. Tetapi, kalau video yang sudah viral itu orientasinya mengandung ajaran sebuah faham, maka pihak berwenang dalam hal ini Kemenag harus cepat turun tangan dan melakukan pembinaan," kata Gus Syifa'.

Dia mengaku khawatir dengan reaksi masyarakat di lapangan jika instansi yang berwenang tidak segera bertindak. Sebab, respon masyarakat beragam yang jika tidak secepatnya diantisipasi justru menimbulkan masalah baru dikemudian hari.

"Selain itu, saya minta pimpinan DPRD Gresik juga harus serius mendalami kasus ini. Sebab, di dalamnya juga ada anggota dewan yang jelas-jelas memfasilitasi pernikahan aneh itu," sebutnya.

Senada dengan PCNU, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Gresik, Mohammad In'am menegaskan, perilaku pernikahan antara seorang pria dengan kambing betina itu benar-benar di luar akal sehat. Selain sebagai bentuk penyimpangan, jika dibiarkan kasus itu berpotensi merusak ajaran agama yang benar yang diketahui sangat menjunjung akal sehat.

"Karena itu, selain agar pelakunya cepat bertaubat, pihak berwenang dalam hal ini Kemenag harus cepat turun tangan. Saya khawatir kalau tidak secepatnya ditangani, reaksi masyarakat di lapangan justru berpotensi membikin suasana lebih keruh. Lha wong sing ayu-ayu jik akeh, kok milih wedhus (Wanita yang cantik-cantik masih banyak, kok memilih kambing). Ini kan penyimpangan jelas menyesatkan," jelas In'am.

Simak juga video pilihan berikuti ini:

Singa Berpotongan Rambut Bowl Cut

Singa Penghuni Kebun Binatang China Berpotongan Rambut Bowl Cut

Liputan6.com 2022-06-08 05:02:00
Seekor singa di Kebun Binatang Guangzhou, China jadi viral baru-baru ini karena gaya rambut yang aneh. (dok. Little Red Book/)

Seekor singa di Kebun Binatang Guangzhou, China, baru-baru ini jadi pusat perhatian karena gaya rambutnya yang agak retro. Ini bermula saat seorang pengunjung mengunggah foto singa di halaman Little Red Book miliknya, yang telah jadi viral sejak 28 Mei 2022.

Sementara singa biasanya terlihat agung dengan surainya yang megah, raja hutan ini tampaknya memiliki potongan rambut berlapis sebagai gantinya. Tidak sedikit warganet yang mirip dengan seorang anak yang dipaksa menerima potongan rambut bowl cut, melansir Says, Selasa (31/5/2022).

Beberapa warganet menyebutkan bahwa mereka telah mengunjungi kebun binatang seminggu sebelumnya dan singa tidak terlihat seperti itu. Yang lain berkomentar, untuk mencapai efek itu, perlu mencuci, memotong, dan mengeringkan surai atau rambut pada tengkuk singa.

Pengunggah foto tersebut berspekulasi bahwa "potongan rambut yang buruk" dilakukan oleh penjaga kebun binatang, tapi ternyata tidak demikian. Seorang juru bicara dari kebun binatang menjawab, lapor Mothership, mereka tidak melakukan apapun pada surai singa, dan itu terjadi secara alami.

Pihaknya menambahkan bahwa itu mungkin karena kelembapan tinggi atau cara singa merawat dirinya sendiri. Ini, lebih lanjut dijelaskan, mirip dengan bagaimana kucing merawat dirinya sendiri dengan menjilati cakarnya sebelum menyikat surainya. Akibatnya, penampilan surai singa terkadang mengalami perubahan kecil, tambahnya.

Faktanya, ini bukan kali pertama penampilan hewan di kebun binatang China menarik perhatian publik. Sebelum singa "berpotongan rambut bowl cut" sudah ada monyet memakai makeup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Dipaksa Pakai Makeup

Awal Maret 2022, sebuah kebun binatang swasta di Taizhou, Jiangsu, tenggara China, jadi bulan-bulanan warganet. Pasalnya, beberapa karyawan mereka memanfaatkan monyet untuk berjualan makeup.

Aksi itu ketahuan setelah mereka mencoba menjual kosmetik lewat layanan live streaming. Tampak di sana bahwa monyet-monyet itu dipaksa mencoba riasan wajah yang ditawarkan.

Menurut SCMP, warganet kemudian melaporkan tindakan eksploitasi hewan itu ke otoritas manajemen informasi onlinesetempat, demikian dilaporkan portal berita The Paper. Beberapa video menunjukkan petugas kebun binatang perempuan mengaplikasikan makeup di sekitar mata monyet.

"Saya paham bahwa produser video itu ingin menarik penggemar dengan memberi monyet-monyet itu perawatan spesial, tapi itu tidak sejakan dengan nilai kami. Mereka semestinya tidak fokus untuk menarik penonton tanpa mempertimbangkan dampak sosialnya," kata salah seorang pembocor rahasia.

Otoritas setempat akhirnya memerintahkan pihak kebun binatang untuk menghapus video itu di internet. Mereka juga dilarang menggunakan monyet demi kepentingan live streaming.


Kandang Singa Tanpa Singa

Kemudian tahun lalu, sebuah kebun binatang di Xichang, China jadi viral setelah seorang pengunjung melihat pemandangan yang tidak biasa di dalam kandang singa Afrika. Seorang pengunjung bernama Tang membagikan video yang menunjukkan tanda yang terlihat di luar kandang singa.

Namun, di klip yang dimaksud, Tang menunjukkan hewan sebenarnya yang terlihat di dalam kandang: seekor anjing Golden Retriever yang sedikit bingung. Setelah video itu viral di media sosial Tiongkok, Kebun Binatang Yuanjiashan menjelaskan bahwa itu adalah kesalahan.

Menurut SCMP, seorang karyawan memberi tahu Tang bahwa singa itu dipindahkan ke lokasi lain dan mereka tidak menurunkan tanda itu. Tang, bagaimanapun, mencatat bahwa tidak ada singa yang terlihat di tempat lain di kebun binatang.

Di sisi lain, media pemerintah China, Global Times melaporkan bahwa anjing yang tampak hilang itu sebenarnya milik pemilik kebun binatang. Kebun binatang pun telah meminta maaf dan mengatakan bahwa sekarang ada singa.


Dilempar Batu

Beberapa tahun sebelumnya, perbuatan tidak terpuji justru dilakukan pengunjung kebun binatang. Seekor kanguru betina di kebun binatang yang terletak di Fuzhou, Provinsi Fujian, China, tewas setelah dilempari batu oleh pengunjung karena hewan itu "tidak cukup aktif."

Berita kematian marsupial berusia 12 tahun itu muncul lebih dari sebulan setelahnya, The New York Times mengungkapkan. Penjaga kebun binatang menemukan hewan itu dengan kaki terluka setelah setidaknya satu pengunjung melemparkan batu untuk membuatnya melompat.

Hasil otopsi dilaporkan menunjukkan bahwa kanguru mati karena ginjal yang pecah, setelah dokter hewan merawat kaki yang terluka tanpa mengetahui bahwa hewan itu mengalami pendarahan internal. "Beberapa orang dewasa melihat kanguru tidur dan mengambil batu untuk dilemparkan ke mereka," kata seorang penjaga kebun binatang kepada Haibattered melalui Metropolis News, seperti dilansir Stuff NZ.

Karyawan mencoba untuk mencegah kerumunan, kata pekerja itu, tapi "setelah kami membersihkan area pajangan batu, mereka pergi untuk menemukannya di tempat lain." Beberapa hari kemudian di kebun binatang yang sama, seekor kanguru jantan berusia lima tahun terluka setelah seorang pengunjung diduga melemparkan sebagian batu bata ke dalam kandang.

Hewan itu selamat dan diperkirakan pulih sepenuhnya. Setelah kedua insiden tersebut, penjaga kebun binatang memindahkan semua benda yang dapat dibuang pengunjung ke kandang hewan.

"Kami telah membersihkan semua batu dari area habitat, dan mereka hanya mencarinya di tempat lain, itu menjijikkan!" ia berkata

Infografis Cuaca Ekstrem Ancam 17 Wilayah Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)

Sinyal Covid-19 Pergi?

HEADLINE: Hampir Seluruh Daerah di Indonesia PPKM Level 1, Pandemi COVID-19 Kian Terkendali?

Liputan6.com 2022-06-09 00:01:08
Pengunjung mengenakan masker saat libur Maulid Nabi di M Bloc Space, Jakarta, Rabu (20/10/2021). Setelah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jakarta turun menjadi

Teluk Bintuni, Papua Barat menjadi satu-satunya wilayah di Indonesia yang masuk dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2. Sementara itu, 385 kabupaten kota lain yang berada di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara dan Papua masuk dalam level 1 PPKM.

Kondisi kasus COVID-19 di Jawa Bali juga terkendali. Sebanyak 128 kabupaten/kota berada di PPKM Level 1, termasuk wilayah aglomerasi Jabodetabek. Sedangkan di luar Jawa Bali berarti ada 385 kabupaten kota di level 1.

Ketentuan level PPKM serta aturan di dalamnya diteken oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 29 Tahun 2022 untuk pengaturan PPKM Jawa Bali dan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 30 Tahun 2022 untuk pengaturan PPKM di Luar Jawa Bali. Kedua instruksi itu akan berlaku mulai tanggal 7 Juni 2022 hingga tanggal 4 Juli 2022.

Melihat hanya satu kabupaten saja yang masih berstatuts PPKM Level 2 yakni Teluk Bintuni hal ini merupakan sebuah capaian yang baik setelah pandemi COVID-19 melanda selama 2 tahun. Hal ini menjadi tanda kondisi dalam negeri semakin membaik seperti disampaikan Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Dirjen Bina Adwil) Kemendagri, Safrizal.

"Kita patut bersyukur setelah lebih dari 2 tahun berjibaku dengan penanggulangan COVID-19, di perpanjangan Inmendagri kali ini kita lihat kondisinya semakin membaik," kata Safrizal dalam keterangan persnya yang diterima Liputan6.com.

Safrizal menjelaskan, bahwa assessment pemerintah daerah dalam perpanjangan PPKM kali ini dilakukan dengan menggunakan indikator transmisi komunitas pada Indikator Penyesuaian Upaya Kesehatan Masyarakat dan Pembatasan Sosial dalam Penanggulangan Pandemi COVID-19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan.

Daerah yang telah ditetapkan berada di level 1 artinya kegiatan masyarakat bisa dikatakan dapat beroperasi normal dengan kapasitas maksimal 100 persen di berbagai sektor.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito meminta kepada seluruh pimpinan daerah untuk segera menyesuaikan kebijakan levelling PPKM terbaru.

"Mohon untuk pemerintah daerah dapat segera menyesuaikan kebijakan tersebut di daerahnya masing-masing. Hasil asesmen kabupaten/kota (perpanjangan PPKM) akan berlaku satu bulan ke depan, sampai tanggal 4 Juli 2022," lanjutnya.

<p>Infografis Hore! Sebulan PPKM Level 1 (Liputan6.com/Triyasni)</p>

WFO dan Ngemal 100 Persen pada PPKM Level 1

Dengan Inmendagri terbaru, suatu wilayah dengan PPKM Level 1 maka kantor pemerintah dan swasta sudah bisa melakukan work from office (WFO) 100 persen. Namun, pada pelaksanaannya masih bersyarat yakni:

1. Menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat

2. Pengaturan waktu kerja secara bergantian

3. Pemberlakukan WFO disesuaikan dengan pengaturan dari masing-masing Pemerintah Daerah

Selain itu berikut beberapa aturan di tempat aktivitas lain yang masuk dalam PPKM Level 1:

  • Rumah Makan atau Restoran

Lalu, kegiatan makan dan minum di rumah makan atau restoran dan kafe pada wilayah PPKM Level 1 juga sudah bisa 100 persen. Namun, jam operasional dibatasi hingga pukul 22.00 waktu setempat. Namun, untuk restoran yang hanya melayani pesanantar/dibawa pulang dapat beroperasi selama 24(dua puluh empat) jam.

  • Mal

Lalu, dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 29 Tahun 2022 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 1 Corona Virus Disease 2019 Di Wilayah Jawa dan Bali juga tertulis bahwa mal boleh dibuka dengan kapasitas 100 persen hingga pukul 22.00 waktu setempat.

"Kegiatan pada pusat perbelanjaan/mall/pusat perdagangan dibuka dengan kapasitas maksimal 100 persen sampai dengan Pukul 22.00 waktu setempat," tertulis dalam salah satu poin terkait aktivitas dalam mal.

Pengunjung serta pegawai saat masuk harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Hanya pengunjung dengan kategori hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan.

Anak usia di bawah 12 tahun wajib didampingi orang tua, khusus anak usia 6 (enam) tahun sampai dengan 12 (dua belas) tahun wajib menunjukkan bukti vaksinasi minimal dosis pertama.

  • Bioskop

Aktivitas menonton di bioskop juga sudah bisa 100 persen. Disebutkan, bioskop boleh menampung 100 persen pengunjung dengan syarat kategori hijau dalam aplikasi PeduliLindungi. Kecuali, pengunjung tersebut tidak bisa divaksin COVID-19 karena kondisi kesehatan.

  • Transportasi Umum

Penggunaan transportasi umum (kendaraan umum, angkutan masal, taksi (konvensional dan online) dan kendaraan sewa/rental) diberlakukan dengan pengaturan kapasitas maksimal 100 persendengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Seperti bisa dilihat dari aturan-aturan di atas, meski sudah masuk dalam PPKM Level 1 prokes ketat harus dilakukan. Termasuk masyarakat paham kapan menggunakan masker guna mencegah penularan COVID-19.

"Namun saya tetap dan selalu mengimbau walaupun relaksasi kebijakan penggunakan masker telah dikeluarkan, masyarakat tetap harus waspada terhadap potensi-potensi yang dapat menyebabkan penularan COVID-19," wanti Safrizal.

<p>Infografis Aturan di Bioskop PPKM Level 1 Jawa-Bali (Liputan6.com/Triyasni)</p>


PPKM Level 1 Bukan Tanda COVID-19 Terkendali

Ucapan syukur tentu dipanjatkan ketika nyaris semua kabupaten kota di Indonesia masuk dalam PPKM Level 1. Namun, itu bukan berarti indikator kasus infeksi akibat virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 sudah turun seperti disampaikan ahli epidemiologi Dicky Budiman.

"Tentu kita syukuri, kita apresiasi, karena ini adalah bentuk dari efektifnya sinergi antar lembaga, pemerintah, dan masyarakat. Berarti program pengendalian pandemi yang kita lakukan sudah tepat sasaran untuk konteks Indonesia," ujar Dicky.

Menghadapi pandemi COVID-19, Dicky mengatakan bahwa Indonesia harus sabar. PPKM Level 1 di mayoritas wilayah di Tanah Air bukan satu-satunya indikator bahwa kasus infeksi sudah turun.

"Kalau bicara terkendali, kita harus sabar. Karena terkendali itu bukan hanya melihat indikator kasus infeksi yang menurun atau tidak terdeteksi, bukan hanya melihat dari sisi kematian atau keparahan atau angka reproduksi dan test positivity rate saja."

"Tapi bagaimana tren penurunan dan indikator yang ada saat ini bisa bertahan. Hingga berapa lama tren ini bisa bertahan," kata peneliti di Griffith University Australia ini kepada Health Liputan6.com melalui pesan suara, Rabu (8/6/2022).


Indikator Kasus COVID-19 Terkendali

Dicky menerangkan ada ukuran waktu yang bisa menunjukkan bahwa tren penurunan ini memang benar-benar menuju pada situasi COVID-19 terkendali. Paling cepat bisa mengatakan terkendali jika semua tren dan indikator bertahan selama tiga bulan tapi paling bagus enam bulan.

"Kita punya ukuran, paling cepat kita bisa mengatakan bahwa ini benar terkendali jika semua tren dan indikator bertahan selama tiga bulan berturut-turut, tidak naik turun. Ini perlu disertai deteksi dini, tes, dan telusur yang memadai."

Deteksi dini, tes, dan telusur masih menjadi kelemahan di Indonesia. Maka dari itu, validitas situasi terkendali masih perlu ditunggu dengan tetap mempertahankan apa yang dicapai saat ini.

"Jadi apa sudah terkendali? Ya belum. Karena pengalaman pandemi sebelumnya kita harus tunggu situasi bertahan tiga bulan atau paling bagus 6 bulan."

"Kita tunggu sampai Agustus lah, kalau Agustus situasinya sama seperti ini, saya kira kita punya kepercayaan diri bahwa pandemi akan terkendali. Dari saat ini sampai Agustus kita harus berupaya menjaga bahkan meningkatkan cakupan level PPKM."

Mengingat situasi belum bisa disebut terkendali, maka Dicky tetap mengimbau masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan sesuai aturan. Meski PPKM Level 1 di hampir seluruh Indonesia saat ini bukanlah tanda bahwa masyarakat boleh melepas masker di manapun.

"Apakah ini berarti boleh melepas masker di manapun? Tetap yang namanya situasi pandemi yang belum dicabut WHO mengisyaratkan bahwa kita ini masih dalam situasi yang rawan, baik secara global maupun nasional."

"Karena apa yang terjadi di dunia bagian barat, timur, atau negara bagian lain (yang COVID-nya masih tinggi) itu tidaklah bisa kita abaikan karena bisa berdampak pada kita."

Sedangkan, kebijakan lepas masker di ruang terbuka merupakan bentuk transisi dari asalnya mandatori dari pemerintah kini bergeser menjadi kewajiban individu. Artinya, ini perlu disertai literasi persepsi risiko. Sehingga masing-masing individu diharapkan memiliki kemampuan mandiri untuk menilai risiko kapan, di mana, dan di depan siapa bisa melepas masker.

"Artinya, pelonggaran itu harus disertai dengan tanggung jawab masing-masing, termasuk kesiapan dari infrastruktur untuk mengurangi risiko terjadinya penularan."


Satgas COVID-19 IDI Sebut RI Sudah Masuk Endemi COVID-19

Melihat kondisi COVID-19 yang terkendali Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menilai Indonesia sudah masuk fase endemi. Sementara itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menanggapi pernyataan tersebut.

"Ikuti saja pengumuman resmi pemerintah," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Mohammad Syahril, pada Rabu (8/6/2022).

Syahril menegaskan keputusan yang disampaikan pemerintah sudah mendapatkan masukan dari semua pihak terkait.

Ketua Satgas PB IDI Prof Zubairi Djoerban sebelumnya meyakini Indonesia sudah masuk fase endemi. Hal itu terlihat dari sejumlah indikator yang menunjukkan grafik membaik.

"Apakah Indonesia sudah masuk tahap endemi? Saya akan jawab iya. Kenapa? karena positivity rate-nya stabil di bawah 3 persen. Keterisian tempat tidur rumah sakit dan angka kematian juga rendah sekali," kata pria yang karib disapa Prof Beri itu yang dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (8/6/2022).

Sebelumnya Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia Dante Saksono Harbuwono menyampaikan, Indonesia saat ini dalam fase pandemi COVID-19 terkendali. Indonesia belum masuk fase endemi dan sedang tahap transisi endemi.

"Kita belum masuk fase endemi, tapi pandemi COVID-19 terkendali," ujar Dante usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi IX DPR RI di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin, 23 Mei 2022.

Di hadapan anggota Komisi IX DPR RI, Dante juga mengatakan, ada sejumlah tahap yang harus dipersiapkan tatkala Indonesia masuk ke tahap endemi. Tahapan tersebut bukan langsung dari pandemi menjadi endemi.

"Apakah kita bisa masuk fase endemi? Ada beberapa tahap yang harus dilewati, dari mulai pandemi, deseralasi, terkendali, eliminasi dan eradikasi," kata Dante.

"Kami tidak bisa bilang sudah masuk dalam fase endemi tapi pandemi yang terkendali."


Tetap Harus Dipantau hingga Sebulan ke Depan

Menurut Syahril, perpanjangan PPKM di seluruh daerah di Indonesia hingga sebulan ke depan tetap terus dipantau oleh Pemerintah. Evaluasi akan dilakukan untuk melihat apakah PPKM dapat berlanjut atau dicabut.

"Selama masa perpanjangan ini, ada waktu buat kita lihat prosesnya (hasil pengendalian), lalu nanti kan evaluasi ya, apakah akan terus PPKM lagi atau memang dicabut," ujarnya.

"Tapi itu tetap ya atas hasil pembicaraan semua pihak bersama-sama (kementerian/lembaga dan stakeholder), bagaimana PPKM ke depannya nanti."

Di tengah perkembangan PPKM yang membaik, masyarakat harus turut serta mempertahankan pengendalian COVID-19. Penerapan perilaku hidup bersih dan sehat dapat tetap dilakukan dan tidak boleh lengah.

Walaupun kasus COVID-19 terkendali, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum mencabut status 'pandemi' COVID-19 global.

"Bagi masyarakat harus bersyukur. PPKM ini bagian dari kita dalam upaya mempertahankan pengendalian COVID-19. Jadi, jangan lengah juga. Kita harus hati-hati karena di seluruh dunia masih pandemi belum selesai," pesan Syahril.

"Adanya kondisi yang terkendali ya syukur Alhamdulillah, setelah Lebaran kemarin, (kasus COVID-19) kita terkendali. Penurunan kasus, angka kematian, dan tempat tidur turun."