"Alhamdulillah ya Allah..."

Jasad Eril Ditemukan, Ridwan Kamil: Alhamdulillah ya Allah, Engkau Telah Kabulkan Doa Kami

Liputan6.com 2022-06-09 21:15:28
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memantau pencarian anak sulungnya di Sungai Aare Kota Bern, Swiss. (Sumber Foto: Kemenlu RI)

Jenazah anak Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril sudah ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss pada Rabu 8 Juni 2022 pagi.

Melalui akun instagram resminya, Ridwan Kamil mengabarkan bahwa jenazah Eril akan tiba di Tanah Air pada Minggu (12/6/2022) dan akan dimakamkan pada Senin (13/6/2022).

"Allahu Akbar! Alhamdulillah Ya Allah SWT, engkau telah mengabulkan permohonan doa kami. Jenazah ananda Emmeril Kahn Mumtadz sudah ditemukan. Jenazah Eril Insya Allah akan kembali ke Tanah Air di hari Minggu dan dimakamkan di hari Senin," tulis RK, Kamis (9/6/2022).

RK menyampaikan terima kasih atas bantuan KBRI, Pemerintah Bern dan masyarakat Indonesia atas doa untuk Eril.

"Terima kasih kepada KBRI Swiss dan Kepolisian/ Pemerintab Kota Bern atas kerja kerasnya Jazakallah kepada semua pihak yang turut membantu dalam pencarian dan kepada yang ikhlas mendoakan Eril, semoga Allah SWT membalas berlipat kebaikan dan keikhlasan anda semua. Sungguh Tuhanku, kami tenang sekarang. Engkau maha pengasih, Maha Penyayang dan Maha Pengabul doa kami," tulis RK

Sebelumnya, Duta Besar RI untuk Swiss dan Liechtenstein, Muliaman Hadad menyampaikan bahwa kepolisian Bern telah bertemu KBRI untuk menyampaikan informasi awal tentang ditemukannya jenazah Eril.

Menurut dia, kepolisian kemudian melakukan identifikasi melalui pencocokan DNA terhadap jenazah tersebut. Hasilnya, jenazah itu dikonfirmasi sebagai Eril.

"Forensik kepolisian melakukan identifikasi dan penelusuran DNA, untuk memastikan bahwa jenazah yang ditemukan tersebut benar, adalah ananda Eril. Kamis siang pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi bahwa jenazah yang ditemukan kemarin ananda Emmeril Kahn Mumtadz," kata dia.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


KBRI Siap Fasilitasi Kepulangan Jasad Eril

KBRI siap memfasilitasi kepulangan jenazah anak Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril dari Swiss menuju ke Indonesia. Eril ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss pada Rabu 8 Juni 2022 pagi.

"KBRI Bern akan terus mendampingi keluarga dan proses repatriasi Ananda Eril ke Tanah Air. KBRI juga akan melakukan pengawalan dalam proses repatriasi hingga ananda Eril tiba di Indonesia," kata Duta Besar RI untuk Swiss dan Liechtenstein, Muliaman Hadad, dalam konferensi pers, Kamis (9/6/2022).

Muliaman Hadad menerangkan, KBRI Bern memastikan penghormatan Eril sebagai muslim terpenuhi sesuai syariat Islam. Muliaman Hadad juga memastikan, Direktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia, Kementerian Luar Negeri akan memfasilitasi kedatangan di Bandara Soekarno-Hatta.

"Kami mohon doa dan dukungan teman teman-sekalian agar seluruh proses persiapan kepulangan ananda Eril ke Indonesia dapat berjalan dengan lancar," ujar dia.

Pencarian Berakhir di Bendungan Engehalde

Pencarian Eril Anak Ridwan Kamil Berakhir di Bendungan Engehalde

Liputan6.com 2022-06-10 06:22:20
Warga mendatangi Gedung Pakuan, Kota Bandung, tempat berlangsungnya takziah untuk Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, Sabtu (4/5/2022). (Foto: Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Setelah dinyatakan hilang di Sungai Aare Swiss pada 26 Mei 2022 dan dinyatakan meninggal dunia, jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, anak Gubernur Jabar Ridwan Kamil, akhirnya ditemukan, Rabu (8/6/2022) waktu setempat.

Menurut kepolisian setempat, Jasad Eril ditemukan di Bendungan Engehalde. Bendungan tersebut berlokasi di Jalan Stauwehrsteg, Wehrweg, 3014 Bern, Swiss, atau sekitar 5 kilometer dari tempat Eril dinyatakan hilang.

Bendungan Engehalde yang saat ini sudah berusia sekitar 113 tahun itu merupakan bendungan yang dibangun untuk pembangkit listrik di kota federal Swiss Bern. Saluran air tersebut masuk ke bendungan Engehalde di Vorderen Engehalde, lalu dialirkan di bawah Semenanjung Engehalde.

Menurut situs rowing.ch, Bendungan Engehalde dibangun saat Perang Dunia dan resmi berdiri pada 1 November 1909.

Usai jasad Eril ditemukan, tim forensik kepolisian langsung melakukan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan bahwa jasad yang ditemukan tersebut adalah jasad Eril.

Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad, pada konferensi pers yang digelar secara virtual, Kamis malam waktu Indonesia (9/6/2022) mengatakan, pada Kamis, 9 Juni siang waktu Swiss, pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi hasil tes DNA bahwa jasad yang ditemukan kemarin adalah benar Ananda Eril.

Sesuai prosedur hukum yang berlaku di Swiss, pihak kepolisian menyampaikan berbagai berkas yang diperlukan ke Pengadilan Kanton Bern sebagai pihak yang berwenang untuk memutuskan serah terima jasad Eril dari pihak kepolisian kepada pihak keluarga.

Pada hari yang sama, pihak pengadilan telah memberikan kewenangan bagi keluarga di Bern untuk menerima jasad Eril.

Muliaman menegaskan, KBRI akan memastikan penghormatan terhadap hak-hak Eril sebagai Muslim terpenuhi sesuai dengan syariat Islam sebelum jenazahnya dipulangkan ke Indonesia.

"Kami mohon doa dan dukungan teman-teman media sekalian agar seluruh proses kepulangan ananda Eril ke Indonesia dapat berjalan dengan lancar" katanya.

Setiba di Jakarta nanti Direktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia Kementerian Luar Negeri akan memfasilitasi kedatangan rombongan di Bandara Soekarno Hatta.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ucapan Terima Kasih Keluarga

Sementara itu adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman menyampaikan, pihak keluarga akan menerima jasad Eril dan akan menyempurnakannya sebagaimana syariat Islam.

Eril akan dimandikan, dikafani, disalatkan dan dikuburkan dengan cara Islam. Keluarga akan menerima almarhum Eril untuk kemudian kami akan menyempurnakan hak Eril selaku muslim.

"Untuk waktu, kami belum bisa memastikan pasti kapan akan tiba di Indonesia tapi pada dasarnya kami akan lakukan secepatnya sejauh yang memungkinkan tergantung kondisi situasi sumberdaya yang mendukung," katanya.

Elpi juga mengatakan bahwa pihak keluarga berharap jasad Eril bisa tiba di Indonesia pada hari Sabtu (11/6) dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proses pencarian.

Mulai dari pihak kepolisian Bern, kepolisian maritim Bern, Pemerintah Kota Bern, pemerintahan federal Swiss, juga KBRI di Bern.

"Kami merasa tidak sendirian dan negara hadir melindungi warganya dimana pun," ujar Elpi.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat sendiri teah berinisiatif kembali menyampaikan permohonan izin gubernur ke luar negeri dengan alasan penting ke Kementerian Dalam Negeri selama 11 hari selama 9 - 19 Juni 2022.

Pengajuan izin tersebut setelah mendapat kabar dari Swiss ada perkembangan signifikan dari polisi Swiss yang terus mencari jasad anak sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz, yang hilang di Sungai Aare, Bern.

"Alhamdulillah izin sudah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri mulai tanggal 9 hingga 19 Juni 2022," kata Kepala Biro Adpim Jabar Wahyu Mijaya.

Untuk memastikan pemerintahan tetap berjalan, kata Wahyu, Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum kembali akan menjadi pelaksana harian Gubernur Jabar sampai kembalinya Ridwan Kamil ke Tanah Air.

Sementara Gubernur Ridwan Kamil sendiri sudah berangkat ke Swiss, Kamis (9/6).

Pihak keluarga yang sudah ada di Swiss, mengawal pencarian meminta Gubernur Ridwan Kamil segera datang ke Swiss. "Insya Allah jika sudah ada perkembangan lebih lanjut, (KBRI) akan memberikan berbagai informasi terkait yang ada di sana," katanya.

Wahyu meminta dukungan doa dari seluruh lapisan masyarakat untuk yang terbaik bagi Eril. Wahyu juga berterima kasih kepada awak media yang terus memberitakan kabar baik mengenai Emmeril Kahn Mumtadz dengan prinsip jurnalisme empatik.

"Kami berharap dukungan doa dari seluruh lapisan masyarakat, dan terima kasih atas kebaikannya sehingga proses pencarian ananda Eril ini mudah-mudahan rekan-rekan (media) nanti mendapatkan informasi-informasi terbaru dan semuanya diberikan kebaikan," kata Wahyu.


Rencana Pemakaman

Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil menuturkan jenazah putra sulungnya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril akan tiba di Indonesia pada Minggu (12/6/2022) dan rencananya akan dimakamkan pada Senin (13/6/2022).

Rencana pemakaman tersebut disampaikan oleh Ridwan Kamil melalui unggahan di akun Instagram @ridwankamil, Kamis malam.

"Alhamdulillah Ya Allah SWT, Engkau telah mengabulkan permohonan doa kami. Jenazah ananda Emmeril Khan Mumtadz sudah ditemukan. Jenazah Insya Allah kembali ke tanah air di hari Minggu dan dimakamkan di hari Senin," tulis dia.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) sendiri hingga saat ini belum bisa memastikan titik lokasi pemakaman putra sulung Gubernur Ridwan Kamil, yakni Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril di Indonesia.

Wahyu mengatakan Pemprov Jabar masih berkoordinasi dengan keluarga besar Gubernur Ridwan Kamil, terkait pemakaman Eril.

Selain itu, lanjut Wahyu, Pemprov Jabar juga terus berkoordinasi dengan KBRI terkait rencana pemulangan jenazah Eril ke Indonesia.

Wahyu menuturkan terkait rumah duka untuk menyambut kepulangan jenazah Eril hingga saat ini belum diputuskan.

"Informasi baru didapat barusan. Apakah rumah duka akan di sini atau rumah pribadi beliau. Nanti akan diinfokan. Sementara tidak mengagendakan demikian, kemungkinan menjemput hanya di bandara saja tidak ke Swiss," kata dia.

Tenang Usai Jenazah Eril Ditemukan

Ridwan Kamil Merasa Tenang Jenazah Eril Sudah Ditemukan

Liputan6.com 2022-06-09 21:36:37
Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril anak Ridwan Kamil (https://www.instagram.com/p/CeTPgqZl2cK/)

Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz anak sulung Ridwan Kamil yang sempat hilang terseret arus Sungai Aare, Swis, akhirnya ditemukan. Jasad Eril begitu panggilan akrabnya ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern pada Rabu 8 Juni 2022 pagi.

Rasa syukur dituliskan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil atas ditemukannya sang putra. Doanya dan seluruh rakyat Indonesia untuk Eril akhirnya dijawab oleh Sang Khalik.

"Allahu Akbar! Alhamdulillah ya Allah SWT, Engkau telah mengabulkan permohonan doa kami," tulis Ridwan Kamil dalam unggahannya Kamis (9/6/2022).

"Jenazah Ananda Emmeril Kahn Mumtadz sudah di temukan," sambungnya.

Rencannya jenazah Eril akan diterbangkan dari Swis ke Tanah Air pada 12 Juni 2022. Sehari setelahnya barulah jenazah Eril akan dikebumikan.

"Jenazah Eril Insya Allah akan kembali ke tamnah air di hari Minggu dan dimakamkan di Hari Senin," tulisnya lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Terima Kasih

Ucapan terima kasih dituliskan Ridwan Kamil buat KBRI Swis dan pemerintah Kota Bern yang ikut membantu pencarian Eril sampai janazahnya ditemukan. Tak hanya itu, ia juga berterima kasih kepada orang-orang yang telah mendoakan putranya.

"Jazakallah kepada semua pihak yang turut membantu dalam pencarian dan kepada yang ikhlas mendoakan eril semoga Allah SWT membalas berlipat kebaikan dan keikhlasan anda semua," tulisnya.


Tenang

Tenang begitu perasaan Ridwan Kamil setelah mengetahui Eril ditemukan. Ia bersyukur Sang Khalik memberikan yang terbaik dari doa-doa yang dipanjatkannya untuk anak sulungnya.

"Sungguh Tuhanku, kami tenang sekarang. Engkau sungguh Maha Pengasih, Maha Penyanyang dan Maha Pengabul doa kami," tutupnya.


Doa Selebritis

Ucap syukur dituliskan beberapa selebritis tanah air dan juga warganet yang mengomentari unggahan RIdwan Kamil. Ucapan duka juga dituliskan atas meninggalnya Eril.

"Sending you love and light pak @ridwankamil and family! Rest easy Eril! ," tulis Difa Barus.

"rest in peace and welcome home, boy," tulis Reza Arap

"Allahu Akbar .. Laa Hawla wa Laa Quwwata Illa Billah ," tulis Diera Bachir

<p>Golkar mencabut dukungannya untuk Ridwan Kamil di Pilgub Jabar 2018</p>

Ditemukan 5 Km dari Lokasi Tenggelam

Jasad Eril Anak Ridwan Kamil Ditemukan Sekitar 5 Kilometer dari Lokasi Tenggelam

Liputan6.com 2022-06-09 20:40:00
Foto Emmeril Kahn bersama Ridwan Kamil (dok. Instagram @qaka.attamimi/https://www.instagram.com/p/BxYlmighvGI/Devita)

Proses pencarian jasad Emmeril Khan Mumtadz atau Eril, anak Ridwan Kamil, akhirnya menemukan titik terang. Kepolisian Bern berhasil menemukan tubuh tak bernyawa di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss, Rabu, 8 Juni 2022.

Berdasarkan pemeriksaan forensik yang dilakukan, dipastikan bahwa korban tewas adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang hilang di Sungi Aare sejak Kamis, 26 Mei 2022. "Pria berusia 22 tahun itu berenang di sungai dan mengalami kondisi darurat. Dia tenggelam akibat kecelakaan tersebut," tulis pernyataan tersebut.

Jasad putra Gubernur Jawa Barat itu ditemukan sekitar pukul 06.50 pagi, waktu setempat. Lokasi penemuan jasad dari tempat hilangnya di Sungai Aare itu cukup jauh. Dikutip dari merdeka.com, jaraknya mencapai 5,1 kilometer bila diukur dari Googlemaps.

Dalam sebuah cuitan di Twitter, pemilik akun @prada.people memperlihatkan rute penemuan jasad Eril yang membutuhkan sekitar 16 menit bila naik mobil. "Innalillahi.. eril udah ketemu.. dari titik awal renang di Schnausteg ketemunya di bendungan engehalde.. jauh banget," cuitnya.

Mendengar kabar tersebut, Emil segera mengajukan cuti selama 11 hari. Ia bermaksud menjemput langsung jenazah putra sulungnya yang berniat melanjutkan pendidikan di Swiss.

Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Setda Provinsi Jawa Barat mengungkapkan Gubernur Jabar Ridwan Kamil telah mengajukan cuti ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Kepala Biro Adpim Setda Provinsi Jabar Wahyu Mijaya mengatakan, izin cuti Gubernur Jabar berlaku mulai 9 Juni hingga 19 Juni 2022.

"Terkait izin Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah berinisiatif kembali untuk menyampaikan permohonan izin ke luar negeri dengan alasan penting dan Alhamdulillah sudah mendapatkan persetujuan dari Kemendagri mulai dari 9-19 Juni 2022," tutur Wahyu dalam konferensi pers di Gedung Pakuan, Kota Bandung, dikutip dari kanal Regional Liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sudah Berangkat

Ridwan Kamil telah bertolak ke Swiss pada Kamis pagi. Pria yang akrab disapa Emil itu pergi bersama asistennya. "Sementara itu, Pak Gubernur sudah berangkat ke Swiss hari ini atas permintaan dari keluarga yang sudah terlebih dulu ada di sana," turur Wahyu.

Sebelumnya, Kepolisian Bern memastikan bahwa pencarian Eril, yang hilang di Sungai Aare, terus berlanjut. Hingga Selasa, 7 Juni 2022, pencarian telah mencakup sekitar 30 kilometer wilayah sungai Aare.

Metode pencarian setiap hari disesuaikan dengan kondisi Sungai Aare yang selalu berubah sesuai perkembangan cuaca. Perubahan metode ini juga selalu memperhatikan aspek keselamatan seluruh petugas yang terlibat pada misi pencarian, dikutip dari KBRI Bern.

Sejak Eril hilang, tindakan pencarian intensif telah dilakukan oleh berbagai pihak di Bern. Tim layanan darurat pencarian orang hilang dari darat dan air dikerahkan menggunakan berbagai sarana. Mereka telah menggunakan lain, drone, perahu, penyelam, dan anjing polisi juga digunakan.

"Polisi Maritim Bern juga memastikan bahwa berbagai komunitas di sepanjang bantaran sungai Aare telah terinformasikan dengan baik, untuk memperluas keterlibatan unsur masyarakat dalam upaya pencarian, seperti Klub Pendayung, Klub Pemancing, dan komunitas berkebun," kata KBRI Bern, 31 Mei 2022.


Permintaan Keluarga

Fokus pencarian pada 2 Juni 2022 adalah di area Marzili hingga pintu air Engehalde, serta patroli di area antara Schwellenmaetelli hingga Wohlensee. Upaya pencarian intensif akan terus dilanjutkan pada Jumat, 3 Juni 2022, dengan tambahan dukungan anjing pelacak.

Ridwan Kamil beserta Atalia masih memeriksa langsung beberapa titik-titik potensial di sepanjang bantaran Sungai Aare. Rute yang ditempuh mereka termasuk rute darat dan sebagian wilayah sungai yang aman dijelajahi manusia.

Pemantauan upaya pencarian, koordinasi dengan KBRI Bern, dan komunikasi dengan otoritas Swiss terus dilanjutkan oleh paman Eril, Elpi Nazmuzaman beserta wakil keluarga yang telah tiba di Bern pada Rabu, 1 Juni 2022. Keluarga pun melepas Eril dengan menyatakan meninggal dunia.

Ridwan Kamil terlihat melantunkan azan di tepi Sungai Bern sebelum ia memimpin shalat gaib untuk jasad Eril yang saat Kamis, 2 Juni 2022, belum ditemukan. "Lantunan Azan seorang ayah, semoga sampai, didengar oleh sang anak seperti dulu ketika dilahirkan," begitu bunyi keterangan yang menyertai video berdurasi empat detik itu.


Limpahan Kasih Sayang

Pesan penuh cinta yang mampu membuat banyak mata orang berkaca-kaca saat mengikuti perkembangan pencarian Eril. "Ril... mamah pulang dulu ke Indonesia, ya..,"tulis Atalia menyapa putranya itu."Mamah titipkan kamu dalam penjagaan dan perlindungan terbaik dari pemilikmu yang sebenarnya, Allah swt, dimana pun kamu berada...,"sambung Atalia.

Atalia melanjutkan bahwa Eril tidak akan kedinginan, kelaparan, atau kekurangan apapun. Ia berharap Eril akan mendapatkan limpahan kasih sayang, karunia, dan kebahagiaan yang tak pernah putus.

"Disini, di sungai Aare yang luar biasa indah dan cantik ini, mamah lepaskan kamu, untuk kita bertemu lagi cepat atau lambat,"kata Atalia.

Atalia mengutip pernyataan Wali Kota Bern, "The city of Bern will forever be deeply connected to us..." "Doa terbaik mamah dalam setiap helaan nafas, Atalia, Aare river, juni 2022."

<p>Golkar mencabut dukungannya untuk Ridwan Kamil di Pilgub Jabar 2018</p>

Identifikasi Lewat DNA

Jenazah Eril Anak Ridwan Kamil Diidentifikasi Lewat DNA

Liputan6.com 2022-06-09 20:46:03
putra Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz alias Eril. (Foto: Dok. Instagram @emmerilkahn)

Jenazah anak Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril ditemukan pada Rabu 8 Juni 2022 pagi. Jenazahnya ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss.

Penemuan anak Ridwan Kamil itu berawal dari informasi tentang ditemukannya jenazah seorang pria. Jenazah itu diduga sebagai WNI yang hilang karena kecelakaan di Sungai Aare.

Kepolisian kemudian melakukan identifikasi dengan pencocokkan DNA.

"Forensik kepolisian melakukan identifikasi dan penelusuran DNA, untuk memastikan bahwa jenazah yang ditemukan tersebut benar, adalah ananda Eril. Kamis siang pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi bahwa jenazah yang ditemukan kemarin ananda Emmeril Kahn Mumtadz," kata Duta Besar RI untuk Swiss dan Liechtenstein, Muliaman Hadad, dalam konferensi pers, Kamis (9/6/2022).

Menurut dia, hal itu disampaikan oleh kepolisian melalui rilisnya pada pukul 13.45 waktu Swiss.

"Selanjutnya sesuai prosedur hukum yang berlaku di Swiss, pihak kepolisian menyampaikan berbagai berkas yang diperlukan ke pengadilan kantor Bern sebagai pihak yang berwenang memutuskan serah terima jenazah Eril dari pihak kepolisian kepada keluarga," tutur Hadad.

"Sekitar 2 jam lalu pihak pengadilan telah memberikan kewenangan bagi keluarga yang saat ini berada di bern untuk menerima jasad anada Eril," lanjut dia.


Ditemukan Rabu Pagi

Hadad menuturkan, jenazah Eril ditemukan pukul 06.50 waktu Swiss atau pukul 11.50 WIB.

Sebelumnya, Kantor Kejaksaan Negeri Bern-Mittelland menginformasikan tentang penemuan jenazah di Bendungan Engehalde di Bern. Jenazah itu diduga WNI yang mengalami kecelakaan di Sungai Aare pada 26 Mei 2022.

"Pada Rabu pagi, seorang pria tak bernyawa diselamatkan dari Aare di bendungan Engehalde di Bern. Almarhum merupakan WNI yang mengalami kecelakaan di kawasan Aare pada 26 Mei 2022. Pada hari Rabu, 8 Juni 2022, sesaat sebelum 06:50, polisi wilayah Bern dilaporkan bahwa seorang pria tak bernyawa tergeletak di air di Bendungan Engehalde di Bern. Spesialis dari polisi maritim dari polisi Cantonal Bern dapat menemukan mayat di cekungan limpahan bendung dan kemudian menyelamatkannya. Hanya bisa dipastikan bahwa pria itu sudah meninggal," tulis Police.be.ch.


Ridwan Kamil Bertolak ke Swiss

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah pergi ke Swiss pada Kamis (9/6/2022) pagi tadi. Emil, sapaannya, kembali izin cuti 9-19 Juni 2022 untuk mengetahui perkembangan proses pencarian putra sulungnya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang tenggelam di Sungai Aare, pada Kamis (26/5/2022) lalu.

"Sementara Pak Gubernur sendiri sudah berangkat ke Swiss per hari ini atas permintaan dari keluarga yang sudah terlebih dulu ada di sana," kata Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jabar Wahyu Mijaya dalam jumpa pers di Gedung Pakuan, Kamis (9/6/2022).

Wahyu menjelaskan, izin cuti Ridwan Kamil itu telah disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Emil pun sudah mendapatkan persetujuan untuk cuti dari pihak Kemendagri.

"Terkait dengan izin gubernur, pemerintah provinsi Jawa barat sudah berinisiatif kembali untuk menyampaikan permohonan izin keluar negeri dengan alasan penting. Dan Alhamdulillah itu sudah mendapatkan persetujuan dari kementerian dalam negeri mulai tanggal 9 sampai dengan 19 Juni 2022," tuturnya.


Seandainya Bisa Bertukar Tempat

Masih ada sejumlah pengakuan yang memilukan hati masyarakat Indonesia yang tertuang dalam catatan bertajuk "Kapan Kita Pulang" yang ditulis Ridwan Kamil mengenang putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril.

Hilang di sungai Aare, Bern, Swiss, pada Kamis (26/5/2022), keluarga Ridwan Kamil mengumumkan kepada publik bahwa Eril meninggal dunia. Meski begitu, kepolisian Bern, Swiss, tetap melanjutkan pencarian.

Ridwan Kamil mengakui, tak mudah beradaptasi dengan situasi ini mengingat tak ada orangtua yang siap kehilangan anak. Suami Atalia Praratya sampai berandai-andai bisa bertukar posisi dengan putranya.

"Seandainya kami bias bertukar tempat. Seandainya. Pastilah itu yang setiap orangtua akan lakukan," tulis Ridwan Kamil dalam video yang diunggah di akun Twitter terverifikasinya, Minggu (5/6/2022) malam.

"Namun logika manusia tidak sama dengan ketetapan takdir. Dan jika terdengar cucuran tangis ibunya setiap malam dan raungan tak bersuara ayahnya, itu semata karena hati kami hancur berkeping-keping," imbuhnya.

Yang dilakukan Ridwan Kamil dan sang istri, Atalia Praratya, adalah menebalkan iman sembari belajar ikhlas menjalani takdir Sang Khalik. Terkait lokasi anak meninggal dunia, ia tak masalah.

KBRI Swiss Kawal Jenazah Eril

KBRI Swiss Kawal Pemulangan Jenazah Eril ke Indonesia

Liputan6.com 2022-06-10 00:00:00
Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril anak Ridwan Kamil. (Foto: Dok. Instagram @ataliapr)

KBRI Swiss memastikan akan mengawal proses pemulangan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai ditemukan kepolisian setempat.

Duta Besar RI Untuk Swiss Muliaman Hadad mengatakan, akan membantu proses pemulangan jenazah Eril hingga tiba di Indonesia.

"KBRI juga akan melakukan pengawalan dalam proses repatriasi hingga ananda Eril tiba di Indonesia," kata Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad dalam konferensi pers secara daring, Kamis (9/2022) malam.

Jasad Eril ditemukan oleh Kepolisian Bern di bendungan Engehalde pada Rabu pagi (8/6) pukul 06.50 waktu setempat. Setelah dilakukan pemeriksaan DNA oleh tim forensik setempat, jasad Eril kemudian diserahkan kepada pihak keluarga pada Kamis siang waktu Swiss.

Muliaman mengatakan KBRI Swiss memastikan penghormatan terhadap hak-hak Eril sebagai Muslim terpenuhi sesuai dengan syariat Islam sebelum jenazahnya dipulangkan ke Indonesia.

"Kami mohon doa dan dukungan agar seluruh proses kepulangan Ananda Eril ke Indonesia dapat berjalan dengan lancar," ujar Muliaman.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Kedatangan Jenazah Eril

Setiba di Jakarta nanti, Direktorat Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri akan memfasilitasi proses kedatangan jenazah Eril dan keluarganya di Bandara Soekarno-Hatta.

Eril dinyatakan hilang saat berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss, pada Kamis, 26 Mei 2022.

Menurut pernyataan Polisi Bern, pemuda 22 tahun itu mengalami situasi darurat saat berenang di sungai tersebut.

Eril Dimakamkan Senin

Ridwan Kamil: Eril Akan Dimakamkan pada Senin

Liputan6.com 2022-06-09 22:23:17
Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi bertakziah langsung ke Gedung Pakuan, Kota Bandung.

Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil menuturkan jenazah putra sulungnya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril akan tiba di Indonesia pada Minggu (12/6) dan rencananya akan dimakamkan pada Senin (13/6).

Rencana pemakaman tersebut disampaikan oleh Ridwan Kamil melalui unggahan di akun instagram @ridwankamil, Kamis malam.

"Alhamdulillah Ya Allah SWT, Engkau telah mengabulkan permohonan doa kami. Jenazah ananda Emmeril Khan Mumtadz sudah ditemukan. Jenazah Insya Allah kembali ke Tanah Air di hari Minggu dan dimakamkan di hari Senin," tulis dia, dikutip Antara.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat belum bisa memastikan titik lokasi pemakaman Eril.

"Lokasi pemakaman ditentukan keluarga, kami belum bisa memastikan titik lokasinya," kata Kepala Biro Administrasi Pimpinan Pemprov Jabar, Wahyu Mijaya, di Gedung Negara Pakuan Kota Bandung, Kamis malam.


Rencana Penjemputan Jenazah Eril

Wahyu mengatakan Pemprov Jabar masih berkoordinasi dengan keluarga besar Gubernur Ridwan Kamil terkait pemakaman Eril.

Selain itu, lanjut Wahyu, Pemprov Jabar juga terus berkoordinasi dengan KBRI terkait rencana pemulangan jenazah Eril ke Indonesia.

"Rencana penjemputan berkoordinasi dengan pihak KBRI. Hari Sabtu atau Minggu almarhum sudah di Jakarta dan akan ke Bandung. Kami secara terus menerus bicara dengan pihak keluarga," kata dia.

Wahyu menuturkan terkait rumah duka untuk menyambut kepulangan jenazah Eril hingga saat ini belum diputuskan.

"Informasi baru didapat barusan. Apakah rumah duka akan di sini atau rumah pribadi beliau. Nanti akan diinfokan. Sementara tidak mengagendakan demikian, kemungkinan menjemput hanya di bandara saja tidak ke Swiss," kata dia.


Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Bandung, Kota Tempat Peristirahatan Terakhir

Jenazah Eril Anak Ridwan Kamil Rencananya Akan Dimakamkan di Bandung

Liputan6.com 2022-06-09 20:58:53
Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril anak Ridwan Kamil. (Foto: Dok. Instagram @ataliapr)

Pihak keluarga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan menyemayamkan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Bandung. Pemerintah Provinsi Jabar memperkirakan jenazah Eril, putra sulung Ridwan Kamil kemungkinan akan tiba di Indonesia pada hari Sabtu atau Minggu nanti.

"Lokasi pemakaman nanti itu akan dikuburkan oleh keluarga. Jadi kami belum bisa menyampaikan titik lokasi pastinya dan Insya Allah nanti akan kami sampaikan," kata Kepala Biro Adpim Setda Provinsi Jabar Wahyu Mijaya di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (9/6/2022).

Terkait rumah duka, ada dua kemungkinan lokasi yang dipakai. "Karena ini informasinya baru didapat oleh kita apakah nanti rumah duka ini akan di sini atau di rumah pribadi beliau, nah ini yang nanti kita lihat kemungkinannya dan pasti akan kita kabari," ujar Wahyu.

Wahyu juga memastikan pihak keluarga akan menjemput jenazah Eril di Bandara Soekarno-Hatta pada akhir pekan ini.

"Sementara ini kita tidak mengagendakan tapi kita lihat kita komunikasikan kemungkinan menjemputnya ke bandara saja tidak ke Swiss," tuturnya. Diberitakan sebelumnya, pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bern di Swiss menyatakan bahwa jenazah Emmeril Khan Mumtadz akan segera dipulangkan ke Tanah Air.

"Untuk selanjutnya KBRI Bern akan mendampingi pihak keluarga untuk proses pengurusan repatriasi. KBRI juga akan mengawali repatriasi hingga ananda Eril tiba di Indonesia, ujar Duta Besar Indonesia untuk Swiss Muliaman Hadad, dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (9/6/2022) malam waktu Indonesia.

"Kami memohon doa dan dukungan teman-teman media sekalian. Agar seluruh proses kepulangan saudara Eril berjalan dengan lancar."

"Setiba di Jakarta nanti Direktoral Perlindungan WNI Kemlu RI akan memfasilitasi kedatangan rombongan di bandara Soekarno-Hatta."

Sebelumnya, Kepolisian Swiss dalam pernyataan resminya menyatakan bahwa anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ditemukan di bendungan Engehalde di Bern.

"Orang hilang diselamatkan tak bernyawa dari Aare pada Rabu (8/6) pagi, seorang pria tak bernyawa diselamatkan dari Aare di bendungan Engehalde di Bern," demikian dikutip dari laman police.be.ch, Kamis (9/6/2022)

Cinta pada Air Mengantar Eril Pulang

Kenang Eril, Atalia Praratya: Kecintaan pada Air Mengantarkannya Pulang

Liputan6.com 2022-06-09 12:05:42
Unggahan Atalia Praratya soal Eril. (Foto: Dok. Instagram @ataliapr)

Suasana duka atas kepergian Emmeril Kahn Mumtadz atau yang akrab disapa Eril masih menyelimuti keluarga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Hampir seminggu berlalu sejak keluarga menyatakan Eril meninggal dunia, istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya mengungkapkan fakta terbaru soal kecintaan putranya itu pada air.

Hal tersebut tercermin melalui unggahan terbaru Atalia pada akun Instagram pribadinya. Dirinya mengunggah video Eril saat tengah berada di alam bebas dengan nuansa air.

"Eril dan kecintaannya pada air... yang mengantarkannya 'pulang'..." tulis Atalia melalui akun @ataliapr dikutip Health Liputan6.com pada Kamis, (9/6/2022).

Dalam video ini, terlihat beberapa cuplikan saat pria 23 tahun itu tengah mengunjungi berbagai tempat, seperti pantai dan air terjun. Salah satu cuplikannya memperlihatkan kenangan saat Atalia dan Eril tengah bermain parasailing di tengah pantai.

Seperti diketahui, Eril hilang terbawa arus di Sungai Aare, Bern, Swiss pada Kamis, 26 Mei 2022 lalu. Eril mengalami kesulitan untuk naik ke daratan sebelum akhirnya terbawa oleh arus yang cukup kencang.

Dalam konferensi pers beberapa waktu lalu, paman dari Eril yang menjadi perwakilan keluarga untuk menyampaikan keterangan, Elpi Nazmuzzaman pun sempat mengungkapkan kebiasaan Eril bermain dengan air.

Elpi mengungkapkan bahwa Eril memang cukup mahir untuk berenang. Putra sulung Ridwan Kamil tersebut bahkan memiliki sertifikat diving dan dianggap mampu untuk menilai dan mengukur arus di dalam air.

"Kalau dari sisi kesiapan, Eril ini termasuk pemuda yang rajin olahraga dan beliau bisa berenang. Beliau juga punya sertifikat diving, jadi punya kemampuan untuk menilai dan mengukur arus," ujar Elpi dalam konferensi pers di Gedung Pakuan, Bandung pada Sabtu, 28 Mei 2022 lalu.


Memastikan Titik Aman

Elpi juga mengungkapkan bahwa Eril merupakan sosok yang bertanggung jawab. Hal ini juga dapat tercermin lewat upayanya menentukan titik aman di Sungai Aare sebelum benar-benar turun untuk berenang.

Eril diketahui telah menghindari beberapa tempat yang menurutnya tidaklah aman untuk dirinya, sang adik, dan rekannya yang saat itu ikut untuk berenang.

"Beliau memastikan siapa yang layak turun dan tidak turun. Jadi Eril mengatur yang boleh turun hanya maksimal tiga orang karena melihat kesiapan," kata Elpi.

"Kami yakin rasa tanggung jawab beliau sebagai orang yang teladan. Beliau mengambil posisi paling belakang karena ingin memastikan semua pada posisi yang safety," Elpi menjelaskan.

Hal tersebutlah yang membuat Epil merasa bahwa secara fisik dan mental Eril sebenarnya sudah siap untuk berenang di Sungai Aare. Mengingat persiapan pun sudah dilakukan sebelum benar-benar turun ke sungai tersebut.

"Secara fisik, mental siap. Secara lokasi sudah dipastikan safety. Tapi mungkin ada sesuatu hal yang diluar dugaan manusia," ujar Elpi.


Sempat Teriak Minta Tolong

Berdasarkan kronologi yang disampaikan, Eril kesulitan untuk naik ke darat sebelum akhirnya terseret arus yang kencang di sungai tersebut. Posisinya berada paling belakang pada saat kejadian berlangsung.

"Pada saat kejadian, Eril memastikan dua sudah sampai. Ada kejadian yang tidak terduga, terbawa hanyut. Eril berteriak help," ujar Elpi.

"Keluarga yang ada di pinggir segera berlari mencari. Teriakan help ini terdengar oleh warga yang ada di pinggir sungai dan (mereka) menelepon polisi," Elpi menuturkan.

Sehingga ketika bertemu dengan polisi yang ada di tempat, polisi sudah mengetahui insiden yang terjadi pada Eril. Kesigapan polisi tersebut pun diapresiasi oleh pihak keluarga Eril yang berada di tempat.

Elpi juga menyebutkan bahwa Eril merupakan pribadi yang teladan dan bertanggung jawab. Mengingat ada beberapa hal pula yang dilakukan oleh Eril sebelum berenang di Sungai Aare.

"Eril dalam pandangan kami adalah keponakan yang teladan untuk sepupu-sepupunya, bertanggung jawab --- Perasaan kami saat ini tentunya relatif cemas dan khawatir," kata Elpi.


Pencarian Masih Terus Dilakukan

Upaya pencarian Eril hingga kini masih akan terus dilakukan dan telah melibatkan banyak pihak. Seperti tim SAR, polisi, polisi maritim, dan pemadam kebakaran.

Pencarian tersebut didukung oleh pemerintah kantor Bern dan masih akan terus berlangsung secara intensif. Mereka memastikan bahwa pencarian Eril masih akan terus dilanjutkan.

Bahkan pencarian Eril ikut melibatkan warga setempat. Berdasarkan keterangan pers pada Selasa (7/6/2022), pihak Kepolisian Bern mengungkapkan bahwa pencarian Eril telah mencakup sekitar 30 kilometer wilayah Sungai Aare.

Metode pencarian tersebut disesuaikan dengan kondisi Sungai Aare yang mengalami perubahan setiap harinya sesuai perkembangan cuaca. Serta ikut memperhatikan aspek keselamatan bagi seluruh petugas yang terlibat.

KBRI Bern juga mengungkapkan bahwa perkembangan dalam pencarian Eril akan diinformasikan secara berkala apabila terdapat informasi penting dari otoritas setempat.

Kepolisian Bern sebelumnya mengungkapkan bahwa pihaknya telah melibatkan berbagai komunitas yang ada di sepanjang bantaran Sungai Aare.

Hal tersebut guna memperluas keterlibatan unsur masyarakat dalam upaya pencarian Eril. Komunitas tersebut seperti klub pendayung, klub pemancing, dan komunitas berkebun.

<p>Infografis 4 Vaksin Covid-19 Sudah Bersertifikat Halal. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Pesan Eril Semasa Hidup untuk Kaum Muda

Pesan Menyentuh Eril Anak Ridwan Kamil untuk Kaum Muda, Catat Ya!

Liputan6.com 2022-06-09 10:00:05
Anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril hingga saat ini belum ditemukan usai dinyatakan hilang pada Kamis 26 Mei 2022 terbawa arus Sungai Aare di Swiss. (Instagram @ataliapr)

Jauh sebelum anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) hilang di sungai Aare, Swiss, dia sempat memberikan pesan menyentuh untuk kaum muda. Pesan tersebut disampaikan Eril saat diwawancarai seorang Youtuber pada 2021.

Dalam kesempatan itu, Eril mengatakan bahwa pandemi Covid-19 bukan menjadi alasan untuk kaum muda tak produktif. Menurut dia, banyak aktivitas produktif yang dapat dilakukan meskipun secara virtual dengan memanfaatkan teknologi digital.

"Jadi sebenarnya pandemi ini gak bisa jadi alasan untuk gak produktif sebenarnya, karena untuk produktif itu sendiri banyak banget ya walaupun gak secara offline sekarang dengan digital banyak banget," katanya dikutip dari YouTube Mjestex Channel, Rabu (8/6/2022).

Eril mencontohkan, ada beberapa kaum muda yang memanfaatkan kondisi pandemi Covid-19 dengan mengikuti kelas online, mengikuti kegiatan sosial, hingga meningkatkan hobinya.

"Yang kulihat walaupun pandemi tapi masa muda itu kan akan berakhir pada saatnya. Saat kita nanti lulus dan saat menghadapi dunia kerja dan berkeluarga, kan itu sudah waktunya kita gak bisa lagi untuk produktif seperti anak muda sekarang," tuturnya.


Waktu Muda Tak Akan Kembali

Putra sulung Ridwan Kamil ini menekankan bahwa harus memanfaatkan waktu dengan aktivitas yang produktif di masa muda. Sebab, waktu muda tidak akan kembali,

"Makanya kaya gini kita harus produktif aja supaya masa muda ini bisa dilewati dan banyak hal bermanfaat dalam hidup," pungkasnya.

Mendengar pesan dari Eril, warganet ramai memberikan reaksi di kolom komentar video YouTube. Dari pesan yang disampaikan, warganet menilai Eril adalah sosok anak muda hebat.

"Benar-benar talented dan hebat ini anak. Semoga masih hidup dan bisa menggantikan kepemimpinan ayahnya di masa depan, harapan," tulis warganet dengan nama Fazza Al-Harnain.

"Masya Allah, pak RK dan ibu cinta sosok ortu teladan, sampai a Eril pun sama, pribadi yg pintar, rendah hati, sederhana, beriman. Al Fatihah buat a Aril," tulis Ratna Kurniasari.


Saksikan Video Pilihan Ini: