Selawat Dan Tangis Warga Sambut Eril

Lantunan Selawat dan Isak Tangis Warga Sambut Kedatangan Jenazah Eril

Liputan6.com 2022-06-13 01:00:06
Jenazah Almarhum Emmeril Kahn Mumtadz tiba di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Minggu (12/6/2022). (Foto: Biro Adpim Jabar).

Lantunan selawat dan isak tangis warga yang menyaksikan langsung kedatangan jenazah putra sulung Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil, yakni Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Gedung Negara Pakuan Kota Bandung, Minggu malam.

Iring-iringan rombongan mobil yang membawa jenazah yang membawa jenazah Eril tiba di Rumah Dinas Gubernur Jawa Barat pada Minggu sekitar pukul 19.48 WIB (sebelumnya disebutkan pukul 19.14 WIB).

Dilaporkan Antara, sejumlah warga yang mayoritas ibu-ibu ini menangis saat menyaksikan mobil jenazah yang membawa Eril tiba di Pendopo Gedung Pakuan, Kota Bandung.

Lantunan selawat dan tangis semakin terdengar saat mereka menyaksikan peti jenazah Eril dikeluarkan dari mobil ambulans oleh beberapa orang untuk dibawa masuk ke Gedung Negara Pakuan.

Warga tersebut menyaksikan kedatangan jenazah dari sebuah layar televisi berukuran lebih dari 80 inchi yang disediakan oleh Pemprov Jabar di salah satu sudut Gedung Pakuan.


Saksikan Video Pilihan Ini:

Memimpin Salat Jenazah untuk Anaknya

Ridwan Kamil Pimpin Salat Jenazah untuk Eril di Gedung Pakuan

Liputan6.com 2022-06-12 21:15:00
Ridwan Kamil Pimpin Salat Jenazah untuk Eril di Gedung Pakuan. (vidio.com/SCTV)

Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz, putra Ridwan Kamil, telah tiba di Gedung Pakuan, rumah dinas dari Ridwan Kamil pada Minggu (12/6/2022) sekitar pukul 20.00 WIB. Diketahui, Gedung Pakuan memang dijadikan sebagai rumah duka untuk menyemayamkan jenazah Eril sebelum dimakamkan pada esok hari di Islamic Center, Cimaung.

Setelah disemayamkan, Ridwan Kamil memimpin langsung salat jenazah gelombang pertama yang dikhususkan untuk keluarga besar dan juga para koleganya. Tampak sebelum mengimami salat, Ridwan Kamil yang mengenakan setelan bernuansa hitam itu menyampaikan sepatah dua patah kata kepada para jamaah salat di depan peti jenazah sang putra.

Setelahnya, Ridwan Kamil dan para jamaah salat jenazah menggelar doa bersama untuk Eril. Hingga saat ini, lokasi Gedung Pakuan masih terus didatangi oleh masyarakat yang ingin bertakziah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Dibuka untuk Masyarakat

Ridwan Kamil dan keluarganya memang membuka pintu seluas-luasnya kepada masyarakat yang ingin bertakziah atau melakukan salat jenazah untuk Eril. Masyarakat luas boleh datang dan bertakziah mulai Minggu pukul 23.00 WIB hingga 08.00 WIB esok hari.


Mengimbau

Terkait pemakaman esok hari, Atalia Praratya selaku ibunda mendiang Eril mengimbau kepada masyarakat untuk berziarah di hari setelah Eril dimakamkan. Ia meminta masyarakat untuk menyaksikan prosesi pemakaman lewat media TV atau radio dan YouTube.

"Untuk menghindari kemacetan dan ziarah yang lebih nyaman, kami menghimbau agar para penziarah datang di hari-hari berikutnya (selasa 14.06.22 sd ahad 19.06.22 pukul 08.00-17.00) dan menyaksikan prosesi pemakaman di media televisi, radio atau live streaming youtube," pinta Atalia melalui unggahan di Instagram pribadinya.


Doa

Menutup unggahannya, ia meminta doa dari masyarakat agar segala proses pemakaman sang putra berjalan dengan lancar.

"Mohon doa agar diberi kelancaran dalam setiap prosesnya.. Hatur nuhun," tutupnya.

<p>Infografis Ragam Tanggapan Penemuan Jasad Eril di Bendungan Sungai Aare Swiss. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Doa Sepanjang Jalan ke Pemakaman

Pelajar 51 Sekolah Bakal Lantunkan Doa di Sepanjang Jalur Pemakaman Eril Anak Ridwan kamil

Liputan6.com 2022-06-12 20:57:41
Jenazah anak Ridwan Kamil Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril saat tiba di Gedung Pakuan, Bandung. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dedi Supandi mengatakan, pelajar dari 51 sekolah akan melantunkan doa di sepanjang rute yang akan dilalui oleh jenazah anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril menuju pemakaman di Cimaung, Kabupaten Bandung, pada Senin 13 Juni 2022.

Ke-51 sekolah itu terdiri dari SMA, SMK maupun SLB yang berada di Kota Bandung, Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung.

"Jadi ada aspirasi dari komunitas pelajar maupun organisasi. Mereka akan memberikan penghormatan, mendoakan dan salawat kepada jenazah ananda Eril di sepanjang rute perjalanan menuju makam," kata Dedi dalam keterangan tertulis, Minggu (12/6/2022).

Dedi mempersilakan apabila ada siswa dan siswi yang akan menyambut dan memberikan penghormatan untuk jenazah Eril menuju pemakaman. Terutama untuk pelajar di sekolah yang masuk dalam rute iring-iringan pengantar jenazah Eril.

"Saya mempersilakan kepada siswa dan siswi. Karena ananda Eril ini kan putra dari pemimpin kita di Jabar," ucapnya.

Meski begitu, Dedi berharap agar siswa dan siswi dapat tertib ketika menyambut jenazah Emmeril Kahn Mumtadz.

"Mungkin ada yang akan membawa bunga, silakan. Tapi mohon yang tertib, saat berdiri di sepanjang jalan rute yang dilalui oleh jenazah," katanya.


Pantas Jadi Panutan

Menurut Dedi, almarhum Eril pantas menjadi panutan bagi siswa dan siswi baik dari segi akademik maupun pribadinya. Karena itu, pula yang menjadi alasan dari siswa maupun siswi mengajukan aspirasi untuk menyambut jenazah diperjalanan sebagai penghormatan terakhir.

"Karena kita tahu, pribadi ananda Eril ini sangat menjaga dan peduli kepada orang sekitarnya. Sebelum mengalami musibah di Sungai Aare pun almarhum memastikan keluarganya untuk safety," tutur dia.

Diketahui, jenazah Eril rencananya akan diberangkatkan dari Gedung Pakuan menuju Cimaung Kabupaten Bandung. Adapun rute yang akan dilawati, yaitu mulai Jalan Wastukencana menuju Tol Pasteur kemudian masuk Tol Seroja dan langsung ke Cimaung, Kabupaten Bandung.

Adapun yang akan terlibat di wilayah Kota Bandung dan Kota Cimahi terdiri dari 17 sekolah. Siswa dan siswi dari 17 sekolah tersebut, di antaranya akan melantukna doa untuk Eril di sekitar Gedung Pakuan-Jalan Kebon Kawung- Jalan Pasirkaliki sampai pintu Tol Pasteur.

<p>Infografis 14 Hari Pencarian Eril di Sungai Aare Swiss. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Momen Terakhir Ridwan Kamil Memotret Eril

Foto Eril yang Terakhir Diambil Ridwan Kamil, bak Duplikat Sang Ayah

Liputan6.com 2022-06-12 11:11:00
Potret terakhir Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril yang diabadikan Ridwan Kamil (https://www.instagram.com/p/CersP0bFK4F/)

Unggahan terbaru Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menampilkan potret putranya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. Foto Eril yang tampak sangat mirip dengan ayahnya tersebut disertai keterangan filosifi hidupnya diiringi dengan lagu Forever Young oleh Alphaville.

"Siapa ingin menjadi bunga indah di surga diiringi berjuta doa, maka taburlah berjuta benih kebaikan selama di dunia" Emmeril Kahn Mumtadz," demikian bunyi filosofi Eril di akun Instagram Ridwan Kamil, Minggu (12/6/2022).

Dalam foto itu, Eril terlihat mengenakan kaus putih yang dibalut dengan jas warna biru muda. Sembari tersenyum manis, anak sulung Ridwan Kamil tersebut juga tampak memakai kacamata hitam.

Ada makna menyentuh di balik potret Eril tersebut. Ridwan Kamil berbagi sepenggal kisah di balik filosofi dan potret Eril itu.

"Filosofi Hidup Eril : "berjuta doa akan dipanjatkan dari berjuta kebaikan yang ditaburkan" Dan ini foto terganteng, foto terakhir yang saya jepret pribadi," tulis Kang Emil, begitu ia akrab disapa.

Ridwan Kamil melanjutkan, saat ini ia tengah bersama jenazah anak Ridwan Kamil yang sekiranya tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Minggu (12/6/2022) pukul 16.00 WIB untuk selanjutnya berangkat ke Bandung. Ia juga mempersilakan kepada yang berkenan jika ingin Takziah antara pukul 22.00 di Minggu malam hingga 08.00 Senin pagi di Gedung Pakuan.

"Jam 09.00 akan diberangkatkan ke pemakaman keluarga di Cimaung, Banjaran Kab Bandung. Doakan, Insya Allah lancar semua urusan perjalanan pulang ini. Aamiin," tutup Ridwan Kamil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tempat Peristirahatan Terakhir Eril

Pada Sabtu, 11 Juni 2022, Ridwan Kamil membagikan unggahan terkait tempat peristirahatan terakhir Eril. "Dear Eril, Saatnya kamu pulang ke negeri yang menguntai jutaan doa. Ke negeri para Wali yang salah satunya adalah leluhurmu," tulisnya.

Ridwan Kamil melanjutkan, "Dear Eril, Sudah aku siapkan sebuah tempat yang istimewa. Sudah aku desainkan sebuah rumah akhirmu yang indah.Di sebelah sungai kecil, dengan pemandangan gunung dan pesawahan yang hijau permai."

Ia juga menjelaskan bahwa rumah akhir putranya berada di sebelah masjid yang bertempat di kampung sang ibunda. "Masjid yang didesain dan sedang dibangun ayahmu. Dan yang terpenting, Masjid ini dinamai seperti namamu," tulis Ridwan Kamil.

"Masjid Al Mumtadz. Yang artinya "terbaik". "Terbaik" adalah caramu menjalani hidup di dunia fana ini. Tidak sia-sia kami pilihkan nama penuh doa itu untukmu. Eril, today is Saturday. It is a good day to go home," tutup Ridwan Kamil.


Sosok Penemu Jasad Eril

Sebelumnya, Ridwan Kamil juga membagikan unggahan perempuan yang menemukan jasad Eril di Sungai Aare. Ia adalah Geraldine Beldi, seorang guru SD yang saat itu sedang berjalan pagi menuju tempatnya mengajar.

"Ia langsung menelpon polisi dan akhirnya jenazah Eril bisa diangkat dan diselamatkan dengan baik. "Mohon Carikan ibu guru itu," itu arahan saya ke tim di Bern. "Saya berkewajiban menghaturkan terima kasih, sebelum pulang ke tanah air"" tulis Ridwan Kamil.

Ia melanjutkan, setelah menunggu Geraldine selesai mengajar, pukul 11 Ridwan Kamil bertemu dan mengucapkan terima kasih. ""Kami warga Kota Bern, tahu semua tentang berita Eril. Dan saya pun punya 2 anak. Jadi saya tiap jalan kaki, selalu melihat ke arah sungai Aare. Dan ternyata saya yang menemukannya. Turut berduka cita ya Pak."

"Ibu Geraldine kalo ingin berlibur ke Indonesia, tolong kabari saya ya. Nanti semuanya saya yg urus sebagai rasa terima kasih kami," tutup Ridwan Kamil.


Eril Hilang

Eril dikabarkan hilang saat berenang bersama adik dan temannya di Sungai Aare, Bern, Swiss, Kamis, 26 Mei 2022. Tim SAR dan kepolisian Swiss lalu bergerak mencari putra pertama Gubernur Jawa Barat itu.

Kepolisian dan tim SAR memperluas wilayah pencarian pada Jumat, 27 Mei 2022, mulai pukul 9.00 waktu Swiss, sampai waktu selesai. Namun, proses pencarian Eril di sungai sepanjang 288 kilometer itu mengalir di tiga sisi Kota Bern, tak membuahkan hasil.

Pencarian Eril tengah terkendala cuaca. Sebab, air di sungai saat ini tengah keruh akibat lelehan salju pegunungan. Pencarian tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Polisi Maritim Bern.

Lewat unggahannya pada 9 Juni 2022, Kang Emil menginformasikan jenazah Eril ditemukan. Jenazah akan tiba ke tanah air pada Minggu, 12 Juni 2022, dan akan dimakamkan pada Senin, 13 Juni 2022, di pemakaman keluarga di Cimaung, Kabupaten Bandung.

<p>Infografis Penemuan Jasad Eril Anak Ridwan Kamil di Bendungan Sungai Aare Swiss. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Makna Filosofi Hidup Eril

Ridwan Kamil Ungkap Filosofi Hidup Eril, Maknanya Sangat Dalam

Liputan6.com 2022-06-12 10:00:06
Foto Emmeril Kahn bersama Ridwan Kamil (dok. Instagram @fatih_indonesia/https://www.instagram.

Unggahan Instagram Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akhir-akhir ini berkaitan dengan sosok anak sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) yang meninggal karena tenggelam di sungai Aare, Swiss. Kali ini Ridwan Kamil mengungkap filosofi hidup Eril dalam Instagram pribadinya.

"Filosofi Hidup Eril : 'berjuta doa akan dipanjatkan dari berjuta kebaikan yang ditaburkan'," tulisnya dikutip Minggu (12/6/2022).

Dalam postingan yang sama, Ridwan Kamil mengutip pernyataan Eril yang disertai gambar anak sulungnya hasil jepretan terakhirnya.

"Siapa ingin menjadi bunga indah di surga diiringi berjuta doa, maka taburlah berjuta benih kebaikan selama di dunia," demikian kutipan tersebut yang di bawahnya tertulis nama Emmeril Kahn Mumtadz.


Warga Boleh Takziah

Saat ini Ridwan Kamil dan jenazah Eril sedang di perjalanan menuju Tanah Air. Dijadwalkan akan tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Minggu (12/6/2022) sore.

"Saat ini saya sedang membersamai Jenazah Eril yang Insya Allah akan tiba jam 16.00 hari Minggu ini di Bandara Soekarno Hatta untuk selanjutnya berangkat ke Bandung," kata Emil, sapaan akrabnya.

Setiba di Gedung Pakuan, Bandung nanti, ayahanda Eril mempersilakan warga yang ingin bertakziah pada pukul 22.00 hingga 08.00 WIB Senin pagi.

"Jam 09.00 akan diberangkatkan ke pemakaman keluarga di Cimaung, Banjaran Kab. Bandung. Doakan, Insya Allah lancar semua urusan perjalanan pulang ini. Aamiin," tulis Emil mengakhiri.


Saksikan Video Pilihan Ini:

Ridwan Kamil Membungkuk: Terimakasih

Kala Ridwan Kamil dan Istri Membungkuk Mengucap Terima Kasih Sebelum Antar Eril Pulang

Liputan6.com 2022-06-12 18:20:44
Ridwan Kamil bersama istri dan kedua anaknya mendaki kawah Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur (Dok.Instagram/@ridwankamil/https://www.instagram.com/p/B6m3AVlgiC8/Komarudin)

Prosesi penyerahan jenazah anak Ridwan Kamil Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril telah selesai dilakukan dari pihak Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) ke pihak keluarga.

Jenazah Eril pun langsung dimasukkan ke ambulans untuk dibawa melalui jalur darat ke Bandung, Jawa Barat. Ridwan Kamil bersama istri, Atalia Praratya ikut dalam mobil jenazah Eril.

Sebelum masuk ke mobil jenazah, Ridwan Kamil bersama istri Atalia menyempatkan diri menemui masyarakat dan awak media yang hadir di sekitar lokasi Cargo Jenazah Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten.

Baik Ridwan Kamil maupun Atalia terlihat membungkuk di hadapan masyarakat dan awak media seperti menyampaikan rasa terima kasih.

Usai membungkuk dan mengucapkan terima kasih, Ridwan Kamil bersama Atalia bergegas menuju mobil jenazah untuk langsung berangkat ke Bandung.

Sebelumnya, jenazah anak Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz atau Eril telah tiba di Indonesia usai diterbangkan dari Kota Bern, Swiss pada Sabtu 11 Juni 2022 waktu setempat.

Sang ayah, Ridwan Kamil, bersama keluarga tiba sekitar pukul 15.30, Minggu (12/6/2022) di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten.

Seperti diketahui, Eril ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss pada Rabu 8 Juni 2022 pagi setelah dinyatakan hilang terbawa arus di Sungai Aare, Kamis 26 Mei 2022.

Ridwan Kamil pun saat ini sudah terlihat berada di Cargo Jenazah Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten. Dengan mengenakan celana dan jas hitam, Ridwan Kamil sempat membungkuk seperti menyampaikan rasa terima kasih.

Ridwan Kamil juga melambaikan tangan kepada awak media yang hadir di lokasi, namun tidak memberikan pernyataan apapun.


Proses Serah terima Jenazah

Setelah itu, Ridwan Kamil langsung masuk ke dalam Cargo Jenazah Bandara Soekarno-Hatta untuk selanjutnya melakukan prosesi penyerahan jenazah Eril.

Prosesi serah terima jenazah dari pihak Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) ke pihak keluarga yang berlangsung selama kurang lebih 30 sampai 45 menit.

Usai sudah diterima keluarga, jenazah Eril bersama keluarga langsung berangkat ke Bandung, Jawa Barat. Jenazah Eril langsung dibawa ke Gedung Pakuan, Bandung untuk disalatkan oleh pihak keluarga.

Setelahnya sekitar pukul 23.00 WIB, masyarakat diizinkan melakukan prosesi salat jenazah untuk Eril.

Sebelumnya, istri Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Atalia Praratya atau ibunda Eril tiba di Kargo Jenazah Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Minggu (12/6/2022).

Sesaat tiba di Terminal Kargo Jenazah, Atalia dan rombongan keluarga lainnya, langsung menumpang bus yang disiapkan PT Angkasa Pura II, untuk menjemput jenazah sang putra, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Terminal 3.

Saat tiba, Atalia Praratya mengenakan pakaian dan kerudung serba hitam. Dia tak mengeluarkan perkataan apapun, dan langsung naik ke atas bus.


Langsung Disalatkan

Keluarga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan jenazah Emmeril Khan Mumtadz atau Eril akan langsung disalatkan setibanya di Rumah Pakuan, Bandung, nanti malam. Ridwan Kamil sendiri yang akan mengimami salat jenazah putra sulungnya itu.

"Setibanya di Bandung, yang akan dilakukan pertama, Pak Ridwan Kamil memimpin keluarga besar mensalatkan Eril," ungkap kakak kandung Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman, di Kargo Jenazah Bandara Soetta, Minggu (12/6/2022).

Lalu, selepas salat jenazah, maka warga atau publik yang ingin juga mendoakan, akan diberikan kesempatan mulai pukul 23.00 WIB, hingga keesokan harinya, Senin 13 Juni 2022, sekitar pukul 08.00.

Sebab, pada Senin sekitar pukul 09.00, rombongan akan bertolak ke pemakaman di Cimaung Kabupaten Bandung. Tepatnya di lahan Islamic Center, milik keluarga besar.

"Pada saat pemakaman ini, situasi lokasi pemakaman akan ada pengaturan. Sehingga diharapkan kepada keluarga dan tokoh yang akan hadir sudah dapat ada di lokasi pukul 10.00, sehingga prosesi pemakaman dapat dilaksanakan pukul 11.00 dan berakhir pada siang hari," tutur Erwin.

Setelah itu, lahan atau area pemakaman akan dibuka aksesnya untuk warga lainnya yang belum melaksanakan ziarah makam, untuk mendoakan almarhum Eril, anak Ridwan kamil.

Saat ini, mobil jenazah yang akan membawa jenazah Eril dari Bandara Soekarno Hatta ke Bandung, sudah parkir di halaman terminal Kargo Jenazah. Begitu juga dengan poto besar wajah Eril, juga sudah disiapkan keluarga di dalam Kargo Jenazah.

Karangan Bunga Sambut Kedatangan Eril

Karangan Bunga Hiasi Kargo Jenazah Bandara Soetta Jelang Kedatangan Jenazah Eril

Liputan6.com 2022-06-12 13:45:17
Suasana di Kargo Jenazah atau human remains transit lounge di Terminal Bandara Internasional Soekarno Hatta sudah dipenuhi oleh karangan bunga belasungkawa atas meninggalnya Emmeril Kahn M

Suasana di Kargo Jenazah atau human remains transit lounge di Terminal Bandara Internasional Soekarno Hatta sudah dipenuhi oleh karangan bunga belasungkawa atas meninggalnya Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), Minggu (12/6/2022).

Terpantau, ada lima karangan bunga belasungkawa yang mayoritas berasal dari PT Angkasa Pura dan anak grupnya. Sementara di halaman kargo jenazah, dipasang tenda putih untuk tempat awak media dan pelayat lainnya.

Petugas kargo dan petugas Kepolisian sudah bersiaga di sekitar kargo jenazah. Ada sekitar dua mobil pribadi yang parkir di lokasi kargo, kemudian sejumlah orang memakai baju hitam, masuk ke dalam.

Salah seorang petugas menuturkan, bila mereka adalah keluarga almarhum yang ingin menerima jenazah Eril hingga ke Bandung Jawa Barat.

Rencananya, serah terima jenazah akan dilakukan oleh Kementerian Luar Negeri dari Swiss kepada keluarga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Jenazah Eril pun sudah dibawa dengan menumpang pesawat Qatar dengan nomor penerbangan QR 956, bersama dalam rombongan sang ayah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Jenazah Eril sendiri rencana akan dimakamkan pada Senin, 13 Juni 2022 di Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.


Tiba Sore

Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril akan tiba di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) pada sore hari ini. Dari Soetta, nantinya jenazah Eril akan langsung diberangkatkan ke Bandung, Jawa Barat.

"Saat ini saya sedang membersamai jenazah Eril yang Insya Allah akan tiba jam 16.00 hari Minggu ini di Bandara Soekarno Hatta untuk selanjutnya diberangkatkan ke Bandung," ujar Ridwan Kamil dalam akun Instagramnya @ridwankamil dikutip Liputan6.com, Minggu (12/6/2022).

Ridwan Kamil mempersilakan masyarakat untuk takziah pada hari ini mulai pukul 22.00 WIB hingga Senin, 13 Juni 2022 pukul 08.00 WIB di Gedung Pakuan.

"Jam 09.00 akan diberangkatkan ke makam keluarga di Cimaung, Banjaran, Kab. Bandung," kata Ridwan Kamil.


Dibawa ke Indonesia

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membawa jasad sang anak, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang tenggelam di Sungai Aare, Swiss ke Indonesia.

Ridwan Kamil seolah mengajak langsung Eril kembali ke Tanah Air untuk berterimakasih kepada masyarakat Indonesia yang telah mendoakannya.

"Hai Eril, saatnya kamu pulang ke tanah air, untuk menghaturkan terima kasih kepada jutaan yang mendoakanmu," ujar Ridwan Kamil dalam akun Instagramnya @ridwankamil dikutip Liputan6.com, Jumat (10/6/2022).

<p>Infografis Penemuan Jasad Eril Anak Ridwan Kamil di Bendungan Sungai Aare Swiss. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Nama Eril Diabadikan untuk Masjid

Wujud Masjid Al Mumtadz Diungkap Ridwan Kamil, Di Sampingnya Ada Tempat Peristirahatan Terakhir Eril

Liputan6.com 2022-06-12 13:00:00
Desain makam Eril (Sumber: Instagram/ridwankamil)

Ridwan Kamil berencana untuk memakamkan mendiang putranya, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, berdampingan dengan masjid bernama Al Mumtadz.

Masjid Al Mumtadz, merupakan hasil karya Gubernur Jawa Barat ini dengan menggunakan nama putra sulungnya. Dalam unggahannya di Instagram, Ridwan Kamil membeberkan alasannya memberikan nama masjid Al Mumtadz.

"Masjid Al Mumtadz. Yang artinya terbaik. Terbaik adalah caramu menjalani hidup di dunia fana ini. Tidak sia-sia kami pilihkan nama penuh doa itu untukmu. Eril, today is Saturday. It is a good day to go home," tulis Ridwan Kamil di akun Instagramnya, Sabtu, 11 Juni 2022.

Dalam unggahan tersebut, Ridwan Kamil menampilkan sketsa gambar tentang peti jenazah, desain pemakaman, hingga desain sebuah masjid.


Rumah Akhir

Dalam tulisannya di Instagram, Ridwan Kamil membeberkan alasan memakamkan Eril disamping Masjid Al Mumtadz.

Masjid itu, Ridwan Kamil menjelaskan, berada di daerah kampung halaman istrinya, Atalia Praratya.

"Dear Eril. Rumah akhirmu berada di sebelah masjid. Masjid yang bertempat di kampung ibumu. Masjid yang didesain dan sedang dibangun ayahmu. Dan yang terpenting, Masjid ini dinamai seperti namamu," tulis Ridwan Kamil.


Dalam Perjalanan dari Swiss ke Indonesia

Sementara itu, jenazah Emmeril Kahn Mumtadz, putra Ridwan Kamil, saat ini masih dalam perjalanan ke Indonesia dari Swiss. Menurut jadwal, jenazah akan tiba di Indonesia pada Minggu (12/6/2022) sore.

Atalia Praratya, ibunda Eril, menyampaikan informasi penting terkait kedatangan jenazah Eril hingga prosesi pemakaman. Jenazah Eril akan disemayamkan dan di Gedung Negara Pakuan, Bandung, sebelum dimakamkan di Islamic Center, Cimaung, pada Senin (13/6/2022).

Hal itu diumumkan Atalia Praratya melalui unggahan di Instagram pribadinya. "Bismillah... Berikut INFORMASI rencana kedatangan, pelaksanaan sholat jenazah dan pemakaman ananda Emmeril Kahn Mumtadz," tulisnya.


Pemakaman

Selanjutnya, jenazah akan disalatkan di tempat yang sama pada keesokan harinya sebelum diberangkatkan ke makam.

"DISEMAYAMKAN dan DISHOLATKAN di gedung negara pakuan Ahad 12.06.22 pukul 22.00 wib --- senin 13.06.22 pukul 08.00 wib," sambung Atalia.

"DIMAKAMKAN di lokasi pembangunan Islamic center, Cimaung Banjaran, senin pukul 11 wib. (Gerbang ditutup pukul 10.00)," tambahnya.

Selain itu, Atalia Praratya juga mengimbau kepada masyarakat untuk berziarah di hari setelah Eril dimakamkan. Ia meminta masyarakat untuk menyaksikan prosesi pemakaman lewat media TV, radio atau YouTube.

"Untuk menghindari kemacetan dan ziarah yang lebih nyaman, kami menghimbau agar para penziarah datang di hari-hari berikutnya (selasa 14.06.22 sd ahad 19.06.22 pukul 08.00-17.00) dan menyaksikan prosesi pemakaman di media televisi, radio atau live streaming youtube," pinta Atalia.

Infografis Prosesi Pemakaman Pangeran Philip. (Liputan6.com/Trieyasni)

Detik-Detik Jenazah Eril Tiba di Bandara

Suasana Detik-Detik Kedatangan Jenazah Eril Anak Ridwan Kamil

Liputan6.com 2022-06-12 16:01:46
Suasana Kargo Jenazah atau human remains transit lounge di Terminal Bandara Internasional Soekarno Hatta jelang penjemputan jenazah anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. (Liputan

Sirene patwal dan ambulans meraung menuju Kargo Jenazah atau human remains transit lounge di Terminal Bandara Internasional Soekarno Hatta untuk menjemput jenazah anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.

Ridwan Kamil dan kakaknya, datang pukul 15.56 WIB mengenakan baju dan peci serba hitam.

Pantauan Liputan6.com, begitu keluar dari mobil, Ridwal Kamil, langsung menyapa media dengan menelangkupkan kedua tangannya ke dada.

Tak lama, istri Ridwan Kamil dan putrinya, juga datang. Pukul 15.38 WIB, keluarga diizinkan masuk ke Kargo Jenazah.

Jenazah Eril diangkut dengan mobil hitam yang dilengkapi karangan bunga putih di bagian depannya.

Keluarga Ridwan Kamil menegaskan tak ada perlakuan khusus dalam serah terima jenazah Eril.


Dipenuhi Karangan Bunga

Kargo Jenazah sudah dipenuhi oleh karangan bunga belasungkawa atas meninggalnya Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), Minggu (12/6/2022).

Terpantau, ada lima karangan bunga belasungkawa yang mayoritas berasal dari PT Angkasa Pura dan anak grupnya. Sementara di halaman kargo jenazah, dipasang tenda putih untuk tempat awak media dan pelayat lainnya.

Petugas kargo dan petugas Kepolisian sudah bersiaga di sekitar kargo jenazah. Ada sekitar dua mobil pribadi yang parkir di lokasi kargo, kemudian sejumlah orang memakai baju hitam, masuk ke dalam.

Salah seorang petugas menuturkan, bila mereka adalah keluarga almarhum yang ingin menerima jenazah Eril hingga ke Bandung Jawa Barat.

Rencananya, serah terima jenazah akan dilakukan oleh Kementerian Luar Negeri dari Swiss kepada keluarga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Jenazah Eril pun sudah dibawa dengan menumpang pesawat Qatar dengan nomor penerbangan QR 956, bersama dalam rombongan sang ayah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Jenazah Eril sendiri rencana akan dimakamkan pada Senin, 13 Juni 2022 di Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

<p>Infografis Penemuan Jasad Eril Anak Ridwan Kamil di Bendungan Sungai Aare Swiss. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Persib Beri Penghormatan Terakhir

Persib Akan Berikan Penghormatan Terakhir Untuk Eril Sang Bobotoh

Liputan6.com 2022-06-12 15:48:43
Emmeril Kahn Mumtadz

Persib Bandung ikut berduka atas wafatnya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra sulung Ridwan Kamil. Sebagai bentuk penghormatan sebagai Bobotoh, pada pertandingan kontra Bali United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), panitia pelaksana pertandingan akan melaksanakan prosesi mengheningkan cipta.

Perlu diketahui, laga Persib vs Bali United bakal menjadi pertandingan perdana babak penyisihan Grup C turnamen pramusim Piala Presiden 2022. Pada saat laga tersebut dimainkan, dalam situasi lain juga ada kedatangan jenazah Eril ke Gedung Pakuan Bandung.

Adapun kick off laga Persib vs Bali United akan dimulai pada pukul 20.30 WIB di Stadion GBLA, Minggu (12/6/2022).

Media Officer Persib Jatnika Sadili mengungkapkan, momen mengheningkan cipta tersebut sebagai bentuk ungkapan belasungkawa dan doa bagi Eril yang merupakan putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Eril semasa hidupnya juga seorang Bobotoh sejati.

"Rencananya memang begitu (mengheningkan cipta) sebagai ungkapan duka cita," kata Jatnika di Bandung, Minggu (12/6/2022).

Jatnika menuturkan, Persib merasa kehilangan salah satu Bobotoh. Karena itu, ungkapan duka juga sempat dilakukan Persib pada pertandingan persahabatan kontra Tanjong Pagar di Stadion Citra Mas, Batam, Minggu (5/6/2022) lalu.

"Karena Eril juga adalah Bobotoh. Sebelumnya kami juga lakukan di Batam saat lawan tim asal Singapura, Tanjong Pagar," ujarnya.


Disalatkan di Pakuan

Sebelumnya, keluarga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan jenazah Emmeril Khan Mumtadz atau Eril akan langsung disalatkan setibanya di Rumah Pakuan, Bandung, nanti malam. Ridwan Kamil sendiri yang akan mengimami salat jenazah putra sulungnya itu.

"Setibanya di Bandung, yang akan dilakukan pertama, Pak Ridwan Kamil memimpin keluarga besar mensalatkan Eril," ungkap kakak kandung Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman, di Kargo Jenazah Bandara Soetta, Minggu (12/6/2022).


Pulang ke Indonesia

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membawa jasad sang anak, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang tenggelam di Sungai Aare, Swiss ke Indonesia.

Ridwan Kamil seolah mengajak langsung Eril kembali ke Tanah Air untuk berterimakasih kepada masyarakat Indonesia yang telah mendoakannya.

"Hai Eril, saatnya kamu pulang ke tanah air, untuk menghaturkan terima kasih kepada jutaan yang mendoakanmu," ujar Ridwan Kamil dalam akun Instagramnya @ridwankamil dikutip Liputan6.com, Jumat (10/6/2022).

<p>Infografis Penemuan Jasad Eril Anak Ridwan Kamil di Bendungan Sungai Aare Swiss. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>