Salam dari Tiger Water Alias Cimaung

Kondisi Terkini Makam Eril Anak Ridwan Kamil di Tigerwater Cimaung Permai, Asri Berkalang Bunga Putih

Liputan6.com 2022-06-14 09:30:00
Kondisi terkini makam Eril anak Ridwan Kamil. (Foto: Dok. Instagram @ridwankamil)

Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril dimakamkan daerah Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (13/6/2022). Beberapa jam setelah pemakaman, Ridwan Kamil memperlihatkan kondisi terkini makam putranya.

Lewat sebuah video, suami Atalia Praratya memperlihatkan situasi makam Eril yang disebutnya berada di kawasan Tigerwater. Dua nisan kayu yang mengapit makam anak Ridwan Kamil bertabur kembang putih.

Tanah di sekitarnya tertutup bebatuan dan dilingkungi berbagai tanaman hias lalu sawah dan gunung. Dalam rekaman video, makam Eril "dipayungi" langit biru yang tersaput awan putih.

Ridwan Kamil menyebut makam putranya berada di sisi sungai. Di salah satu sudut makam, tampak spanduk sketsa masjid berikut pengumuman bahwa akan dibangun Masjid Al Mumtadz.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Beautiful Tigerwater

"Greetings from beautiful Tigerwater yang indah permai," tulis Ridwan Kamil sembari mengunggah video kondisi terkini makam Eril, yang diunggah pada Selasa (14/6/2022) pagi.

Setelahnya, bintang film Dilan 1990 dan Yowis Ben 2 mempersilakan warga berziarah ke makam Eril. Namun, ada batasan waktu untuk ketertiban dan kenyamanan bersama.


Yang Ingin Ziarah

"Dear warga tercinta, jika ingin mendoakan sambil berziarah, waktunya adalah jam 08.00-17.00," beri tahunya. Sejumlah selebritas membanjiri unggahan makam Eril dengan doa. "Semoga ini tanda 'tempat baru'-nya disana dipenuhi keindahan Amin," cuit Arie Untung di kolom komentar.

"MashaAllah pak indah sekali," Nena Febrina menyahut. "Rabbana ma khalaqta haza baila, sub-anaka fa qina 'azaban-nar," Sarah Vi, mendoakan.

Uniknya, netizen malah bingung dengan lokasi Tigerwater. "Sempet ngelag tigerwater itu apa. Ooo cimaung gan," cetus @ms.****.


Masjid Al Mumtadz

Diberitakan sebelumnya, Sabtu (11/6/2022), Ridwan Kamil membocorkan soal makam Eril di medsos. "Dear Eril. Rumah akhirmu berada di sebelah masjid. Masjid yang bertempat di kampung ibumu. Masjid yang didesain dan sedang dibangun ayahmu," tulis Ridwan Kamil.

Di era pemakaman sang putra sulung, nantinya dibangun masjid. "Dan yang terpenting, Masjid ini dinamai seperti namamu. Masjid Al Mumtadz. Yang artinya terbaik. Terbaik adalah caramu menjalani hidup di dunia fana ini," ia membeberkan.

<p>Infografis Ragam Tanggapan Penemuan Jasad Eril di Bendungan Sungai Aare Swiss. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Minta Waktu untuk Berduka

Masih Berduka, Ridwan Kamil Minta Waktu untuk Adaptasi

Liputan6.com 2022-06-14 11:00:00
Keluarga Ridwan Kamil/Istimewa.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap semua pihak dapat menjaga privasi keluarganya yang kini masih dalam keadaan berduka. Ia sendiri sudah mengajukan cuti sebagai Gubernur Jabar sampai Minggu (19/6/2022).

"Izinkan kami untuk menyesuaikan diri terhadap situasi duka yang sedang kami alami, nanti ada waktunya saya bicara lebih panjang lebar," kata dia di Islamic Center, Cimaung, Kabupaten Bandung, Senin (13/6/2022).

Putra sulung Ridwan Kamil Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril sejak dinyatakan hilang pada 26 Mei 2022, di Sungai Aare, Bern, Swiss. Eril diketemukan sudah meninggal dunia pada 8 Juni 2022.

Selama 14 hari tersebut, Ridwan Kamil dan keluarga dibantu KBRI Bern berupaya keras dan terus fokus pada pencarian Eril.

"Mohon maaf selama 14 hari kemarin ada hal-hal yang kurang berkenan dan tidak nyaman, semata-mata kami berusaha berikhtiar sebaik-baiknya sambil berdoa," ujar Ridwan.

Pemakaman jenazah Eril sendiri dilangsungkan di area Islamic Center milik keluarga besar Ridwan Kamil di Cimaung, Kabupaten Bandung. Jenazah tiba di permakaman pukul 10.55 WIB, diiringi lantunan selawat.

Sang ayah, Ridwan Kamil dan ibunda, Atalia Praratya Kamil, serta adiknya, Camillia Laetitia Azzahra dan keluarga besar turut mengiringi perjalanan Eril menuju peristirahatan terakhirnya.

"Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun telah berpulang seorang hamba Allah yang dititipkan menjadi putra kami. Eril telah selesai tugas di dunianya dengan paripurna tidak kurang tidak lebih," kata Ridwan Kamil.

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sudah Ikhlas

Selaku orangtua, Ridwan Kamil mengaku sudah sangat ikhlas melepas kepergian sang putra tercinta. Ia meyakini almarhum Eril saat ini dalam kondisi tenang dan bahagia.

"Eril pasti sangat bahagia dan tenang. Kami orangtuanya sudah sangat ikhlas dan mengucapkan syukur alhamdulillah ditempatkan di tempat dan proses yang baik," katanya.

Emil juga memohon dibukakan pintu maaf kepada pihak-pihak yang semasa hidup Eril ada ucapan atau tindakan yang kurang berkenan. Bila ada urusan Eril dengan pihak lain yang belum selesai, ia meminta untuk segera mendatangi pihak keluarga guna diselesaikan.

"Kami mohon dibukakan pintu maaf jika selama hidupnya ada ucapan dan tindakan Eril yang kurang berkenan. Jika ada hal dunia seperti urusan janji atau piutang yang belum selesai kami mohon hubungi kami keluarganya," tuturnya.


Sampaikan Terima Kasih ke Jokowi

Tak lupa dalam kesempatan tersebut, Emil juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dan doa yang dipanjatkan oleh berjuta-juta orang.

"Saya saksikan berjuta-juta doa dipanjatkan, kedatangan kami ke sini pun diiringi dukungan dan doa dari masyarakat," ucapnya.

Ungkapan rasa terima kasih juga ditujukan kepada Presiden RI Joko Widodo, Wapres Ma'ruf Amin, dan para Menteri, khususnya Kementerian Luar Negeri yang sudah banyak membantu mulai dari proses pencarian, hingga pemulangan jenazah Eril ke Tanah Air.

"Kami ucapkan terima kasih, khususnya kepada Bapak Presiden Joko Widodo yang sudah sangat membantu, Pak Wapres, para Menteri, khususnya Menteri Luar Negeri melalui KBRI Swiss yang sangat luar biasa menemani kami," tuturnya.

Hidup Eril Singkat tapi Penuh Manfaat

Ridwan Kamil Sebut Hidup Eril Singkat Tapi Penuh Manfaat

Liputan6.com 2022-06-14 06:45:53
Momen Ridwan Kamil dan Atalia Praratya tabur bunga di pusara Eril. (Sumber: KapanLagi/Budy Santoso)

Ridwan Kamil berusaha ikhlas melepas kepergian putra kesayangnya, Emmeril Kahn Mumtadz, saat prosesi pemakaman yang berlangsung di Desa Geger Beas, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung pada Senin (13/6/2022).

Sebagai ayah, Ridwan Kamil masih ingat betul bagaimana Eril sapaan akrab putranya lahir hingga tumbuh besar. Sampai akhirnya di usia 23 tahun, kekasih Nabila Ishma meninggal dunia akibat terseret arus Sungai Aare, Swis.

Meski kebersamaannya dengan Eril harus terhenti, namun banyak hikmah yang didapat Ridwan Kamil. Meski secara kasat mata hidup putranya sangat singkat, tapi penuh cinta dan manfaat.

"Tentang hidup Eril yang secara kasat mata sangat singkat, tapi setelah dicermati ternyata kehidupan sangat padat penuh manfaat," ungkap Ridwan Kami usai pemakaman Eril.

"23 tahun belum cukup untuk menghasilkan karya-karya besar, namun terbukti memadai untuk menjadi manusia dicintai dengan akbar," kata dia lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kualitas Hidup

Lanjut Ridwan Kamil, ternyata hidup bukan masalah lama atau sebentar. Tapi bagaimana kehidupan ini bisa bermanfaat bagi orang banyak, dan bisa terus menebarkan kebaikan kepada orang yang membutuhkan.

"Kami belajar tentang hidup yang tidak semata terdiri atas lamanya hari, namun tiap hela napas yang dipakai berbuat baik walau kecil dalam sehari-hari," jelas Ridwan Kamil


Siapkan Hati

Tak dipungkiri Ridwan Kamil kehilangan orang terkasih bukanlah perkara mudah. Namun ia sadar takdir Allah adalah yang terbaik, karena sudah mencukupkan seluruh amal-amal anaknya untuk menutupi kemungkinan kekhilafannya.

"Mungkin akan berat tapi sebenarnya kami sudah menyiapkan hati kalau kami tidak akan pernah melihat jasadnya untuk terakhir kali," Emil bercerita.

Ia menyadari, bahwa di mana pun napas diembuskan terakhir kali, anaknya tetap berada di bumi milik Sang Pencipta. "Bukankah tiap sejengkal tanah adalah milik Allah, yang menentukan tempat datang dan pulang," kata dia.


Doa

Ridwan Kamil bersyukur bahwa banyak yang mendoakan putranya. Itu berharap Sang Penguasa Langit menyambut baik Eril yang diringi banyak doa tak hanya dari keluarga namun juga seluruh negeri,

"Luncuran doa yang dipanjatkan dari penjuru negeri adalah limpahan pertanda yang lebih dari cukup kepada kami, barangkali mungkin, bila Allah yang menghendaki agar kepulangannya disambut baik oleh langit dan bumi," kata Ridwan Kamil.

<p>Infografis Penemuan Jasad Eril Anak Ridwan Kamil di Bendungan Sungai Aare Swiss. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Peci Hitam Ridwan Kamil Jadi Saksi Bisu

Peci Hitam Temani Ridwan Kamil dari Pencarian hingga Pemakaman Eril

Liputan6.com 2022-06-14 14:02:00
Ridwan Kamil di pemakaman anaknya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. (YouTube/ Liputan6)

Peci hitam seperti jadi teman setia Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil selama proses pencarian Emmeril Khan Mumtadz atau Eril hingga pemakaman Eril di Cimaung, Bandung, Jawa Barat, Senin, 13 Juni 2022. Dalam berbagai kesempatan, peci hitam tampak selalu bertengger di atas kepala lelaki yang akrab disapa Kang Emil itu.

Ke mana pun Kang Emil pergi, ia tak lupa membawa peci hitam tersebut bahkan hingga ke luar negeri. Itu bisa dilihat dari potret yang diunggah KBBRI Bern, Swiss.

Saat ia melaksanakan salat gaib untuk Eril di tepi Sungai Aare di Bern, ia tampak memakai benda tersebut. Dibanding memakai topi, peci hitam terlihat lebih sering dipakai untuk menutupi kepalanya.

Kang Emil juga punya pendapat tersendiri tentang peci hitam. Jauh sebelum ia menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat, peci sudah jadi aksesori yang paling akrab ia gunakan.

Hal tersebut terlihat dalam sebuah cuitannya di Twitter beberapa waktu lalu. Ia mengutip perkataan Bung Karno soal peci hitam.

"Tiap jumat para lelaki PNS Bdg memakai Peci hitam. Spt kata Bung Karno, Peci hitam adl simbol lelaki Indonesia," cuit Ridwan Kamil pada 7 Februari 2014.

Peci telah dipakai Ridwan Kamil sejak menjadi Wali Kota Bandung. Karena kebiasaannya itu, ia diidentikkan dengan wali kota berpeci. Hingga menjabat Gubernur Jawa Barat, ia tetap konsisten memakai peci hitam, baik saat acara formal maupun nonformal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Teman Saat Bertugas

Peci hitam juga jadi teman Ridwan Kamil saat bertugas sebagai Gubernur Jawa Barat. Tak jarang ia terlihat memakai benda tersebut, tak terkecuali saat menerima tamu dari dalam dan luar negeri.

Dalam sebuah unggahannya pada 22 Maret 2021 lalu, Kang Emil bahkan mengenakan peci hitam dan sarung. Hal itu ia lakukan saat menerima Duta Besar Denmark, Finlandia, dan Kanada.

"TIAP TANGGAL 22 adalah hari penghormatan untuk santri dan pesantren, jadi hari ini saya bersarung dan berpeci saat menerima para Duta Besar tersebut. Para PNS wajib memakai baju santri," tulis Kang Emil di akun Instagram pribadinya.

Ia disebut jadi salah satu pelanggan peci M. Iming atau Mas Iming. Peci tersebut mempunyai sebuah toko di Kota Bandung dan berdiri sejak 1981 lalu dan dikenal sebagai toko peci legendaris.


Sejarah Peci Hitam

Menurut Prita Yulianti dalam skripsinya di Jurusan Sejarah Universitas Negeri Malang menyebutkan peci hitam bukan sekedar penutup kepala umat Islam Indonesia, lebih dari itu, penutup kepala ini pernah menjadi alat pemersatu dan identitas bangsa pada masa kolonial Belanda. Peci ini digunakan Sukarno pada rapat Jong Java 1921.

Padahal masa itu terjadi perdebatan budaya, di mana kaum pergerakan masih mempermasalahkan tentang kebudayaan Jawa dan kebudayaan Eropa. Sementara peci merupakan sintesis keduanya.

Peci dipilih Sukarno karena benda mungil ini merupakan perwakilan budaya akar rumput serta keegaliterannya yang tidak berbau SARA. Sehingga pemakainya akan merasa memiliki Indonesia yang berarti penolakan terhadap politik segregasi kolonial.

Dihimpun dari beberapa sumber, peci atau songkok diperkenalkan pedagang Arab yang juga menyebarkan Islam di Nusantara. Peci sudah dikenal sejak abad ke-13.


Identitas Nasional

Meski orang-orang Arab disebut sebagai penyebar peci di Melayu, tapi mereka meninggalkan penggunaan peci. Hal itu yang membuat peci ada di Indonesia dan terus berkembang.

Bahkan, peci jadi identitas nasional sehingga siapa pun berhak untuk memakai lambang identitas Indonesia. Hal itu yang digagas oleh Sukarno.

Menurut Sukarno saat itu bahwa kita memerlukan sebuah simbol dari kepribadian Indonesia. Peci yang memiliki sifat khas ini, mirip yang dipakai oleh para buruh bangsa Melayu, adalah asli milik rakyat kita.

"Menurutku, marilah kita tegakkan kepala kita dengan memakai peci ini sebagai lambang Indonesia Merdeka." Itulah awal mula Sukarno mempopulerkan pemakaian peci," kata Sukarno dalam buku karya Cindy Adams, Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia.

Dari situ peci jadi salah satu identitas nasional hingga saat ini. Peci banyak dikenakan orang, baik dalam acara resmi kenegaraan maupun acara lainnya, seperti dipakai Ridwan Kamil saat salat gaib dan pemakaman Eril.

<p>Infografis Penemuan Jasad Eril Anak Ridwan Kamil di Bendungan Sungai Aare Swiss. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Peluk Peti Jenazah Sampai Tertidur

Ditinggal Eril, Zara Putri Ridwan Kamil Peluk Peti Jenazah Sampai Ketiduran

Liputan6.com 2022-06-14 15:30:00
Zara, putri Ridwan Kamil (Foto: Instagram/@camilliazr)

Kesedihan atas meninggalnya Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril bukan saja dirasakan Ridwan Kamil maupun Atalia Praratya sebagai orangtuanya. Namun, sang adik yang begitu dekat pun ikut kehilangan.

Bahkan, saat mengantar Eril ke peristirahatan terakhirnya Camillia Laetitia Azzahra atau kerap disapa Zara ini tak mau berjauhan dari sang kakak.

Dalam foto yang diunggah di akun Instagram miliknya, Selasa (14/6/2022), terlihat Zara sampai memeluk peti jenazah sang kakak.

Dalam keterangan yang ditulisnya, Zara menjelaskan bahwa ini merupakan pelukan terakhir untuk Eril.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Anugerah Terindah

Selama puluhan tahun hidup bersama, dan menjadi bagian dari kehidupan Eril, Zara begitu bahagia.

"Being your sister is the best gift that Allah has given methank you my brother (Menjadi saudara perempuanmu adalah anugerah terindah yang Allah berikan untukku Terima kasih saudaraku)," tulisnya.


Tak Hanya Sebagai Saudara

Hubungan Zara dengan Eril, tak sebatas sebagai saudara kandung saja. Tapi lebih dari itu, Zara pun mengungkapkannya.

"Thank you my best friend

Thank you my partner

Thank you my mentor

Thank you a eril (Terima kasih teman baikku, terima kasih pasanganku, terima kasih guruku)," lanjutnya.


Sampai Jumpa Lagi

Di akhir kalimat, Zara pun mendoakan Eril yang meninggal dunia di Sungai Aare, Bern, Swiss. Ia tenggelam selama 14 hari.

"May you rest in love and see you soon (Semoga kamu beristirahat dalam cinta dan sampai jumpa lagi," tutupnya dengan memberikan emotikon hati berwarna putih.


Tertidur

Atalia Praratya, ikut mengunggah foto putrinya yang memeluk peti jenazah sang kakak dalam mobil ikut terenyuh.

"Hati ibu mana yang kuat melihat anak gadisnya merindukan kakaknya..," tambahnya.

"Saya melihat sendiri zara memeluk aa disepanjang perjalanan menuju ke pemakaman, sampai ia tertidur..

Ya Allah kuatkan lah teteh zara...," sambungnya.

<p>Infografis Penemuan Jasad Eril Anak Ridwan Kamil di Bendungan Sungai Aare Swiss. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Aturan Ziarah ke Makam Eril

Warga Terus Berdatangan ke Makam Eril, Begini Aturan dan Jadwalnya

Liputan6.com 2022-06-14 13:00:00
Proses pemakaman Eril/Istimewa.

Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), putra sulung Gubernur Jabar Ridwan Kamil, telah dikebumikan di permakaman keluarga di Desa/Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Senin (13/6/2022). Ribuan warga berbondong-bondong menziarahi makam Eril seusai prosesi pemakaman.

Salah seorang warga sekitar Darya (39) menuturkan bahwa warga sudah menunggu momen tersebut sejak beberapa hari terakhir.

"Setelah dipastikan bahwa pemakaman Eril dilaksanakan, sejak kemarin banyak warga yang datang ke sini untuk sekadar melihat tempat sekitar," ujarnya.

Bahkan menurut penuturan Darya, yang datang ziarah bukan warga sekitar tetapi ada yang datang dari luar. "Bahkan ada yang datang dari Jawa Tengah," ucapnya.

Menurut Darya, almarhum Eril memang dikenal warga setempat sebagai pemuda baik, sering menolong, dan tidak suka pamer.

"Kakek neneknya dari Ibu kan asli orang sini. Jadi kalau lagi liburan sekolah dia suka jalan di sini ke Gunung Puntang sambil bagi-bagi sedekah ke warga yang ditemui," tuturnya.

Darya berharap tempat itu menjadi berkah dengan adanya pemakaman Eril, karena di dekat makam juga tengah dibangun masjid besar dengan arsitektur berbeda dari masjid pada umumnya.

"Ini akan jadi tempat wisata religi dengan dibangunnya masjid ini oleh Pak Emil. Karena bentuk masjidnya unik," ujarnya.

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Daftar Aturan dan Jadwal

Untuk diketahui, keluarga Ridwan Kamil mempersilakan masyarakat melakukan ziarah kubur ke makam Eril atau Emmeril Kahn Mumtadz. Akan tetapi, masyarakat yang hendak melakukan ziarah kubur ke makam Eril akan diatur sedemikian rupa.

Selain baru diperbolehkan melakukan ziarah kubur setelah seluruh prosesi atau pemakaman Eril selesai dilakukan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Atalia Praratya sang ibunda Eril memberikan beberapa imbauan kepada masyarakat. Yang pertama, Atalia Praratya mengimbau masyarakat yang ingin berziarah untuk hadir di hari-hari setelah pemakaman.

"Untuk menghindari kemacetan dan ziarah yang lebih nyaman, kami mengimbau agar para penziarah datang di hari-hari berikutnya (Selasa 14/6/2022 - Minggu 19/6/2022 pukul 08.00-17.00)," pinta Atalia Praratya.

Tak hanya itu, untuk tamu yang bertakziah secara langsung di lokasi pemakaman, Atalia Praratya meminta untuk tidak mendokumentasikannya secara pribadi.

"Setiap tamu yang akan bertakziah diimbau untuk melapor ke petugas keamanan. Untuk tidak melakukan dokumentasi pribadi momen takziah dan pemakaman demi kelancaran acara. Kami mohon simpati dan empatinya," begitu yang tertulis dalam pengumuman yang diunggah Atalia.

Untuk teknis kedatangan di lokasi pemakaman, Atalia Praratya meminta para tamu untuk efektif dalam menggunakan kendaraan guna menghindari kemacetan di sekitar lokasi pemakaman.

"Efektif dalam penggunaan kendaraan agar tidak menimbulkan kemacetan. Bagi masyarakat yang hendak ziarah, bisa dilaksanakan setelah proses pemakaman selesai," tambahnya.

Pamer Batik ke LV dan Dior

Cerita Gibran Usai Kenalkan Batik Solo ke Petinggi Louis Vuitton dan Dior, Siap-Siap Ekspor!

Liputan6.com 2022-06-14 10:00:10
Calon Wali Kota Solo di Pilkada 2020 Gibran Rakabuming Raka Mengunjungi Museum Batik Danarhadi. (Foto:Fajar Abrori/Liputan6.com).

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengenalkan batik Solo ke merek ternama asal Prancis Louis Vuitton.

"Yang jelas mereka juga punya jaringan mal," katanya di Solo, Jawa Tengah, Senin.

Gibran yang baru saja menyelesaikan perjalanan dinas di Prancis selama satu minggu mengatakan sudah bertemu dengan petinggi Louis Vuitton dan mengenalkan produk batik.

Pada kesempatan itu, ia bertemu dan berdiskusi langsung dengan Secretaire General LVMH Marc Antoine Jamet. Marc Antoine Jamet adalah sekretaris jenderal perusahaan multinasional yang menaungi merek produk premium seperti Louis Vuitton, Dior, Fendi, dan Bvlgari.

"Nanti sambil jalan kerja samanya, yang jelas banyak desainer yang berkenan untuk ekspor batik dari kita," katanya, dikutip Antara.


Respons Warga Paris

Ia mengatakan pada perjalanan dinasnya yakni menyelenggarakan pameran UMKM yang bekerja sama dengan KBRI di Prancis dan perusahaan Shopee ini bukan hanya produk asli Solo yang dibawa, tetapi juga beberapa produk unggulan dari sejumlah daerah di Indonesia.

Ia membawa beberapa produk dari Bandung, Yogyakarta, dan Bali.

"Selain batik ada handycraft, rotan, kerajinan kulit, dan pernak-pernik lainnya. Sebagian produknya sudah pernah dilihat Pak Sandi (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno) saat berkunjung ke Solo beberapa waktu lalu," katanya.

Sementara itu, diakuinya, sejauh ini respons warga Paris baik WNI maupun masyarakat setempat, dan turis dari berbagai negara yang kebetulan sedang berwisata di Paris sangat baik.

"Bagus, ramai, banyak yang bisa diadopsi untuk Kota Solo. Nanti sambil jalan saja," kata Gibran.


Saksikan Video Pilihan Ini:

Tiket Borobudur Rp 750 Ribu Batal!

Jokowi Batalkan Kenaikan Tiket Candi Borobudur Rp 750 Ribu

Liputan6.com 2022-06-14 14:00:13
Candi Borobudur, credit: @unsplash Steffen

Polemik mengenai harga tiket Candi Borobudur akhirnya berakhir. Hal ini setelah Presiden Jokowi memutuskan untuk membatalkan kenaikan harga tiket Rp 750 ribu tersebut.

Usai menghadiri Rapat Terbatas tentang Pariwisata di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan tiket masuk Candi Borobudur untuk umum tetap dikenakan sebesar Rp50.000 per orang.

"Intinya tidak ada kenaikan tarif, tetap Rp50.000. Anak-anak pelajar SMA ke bawah tetap Rp5.000," kata Basuki saat ditemui awak media di kawasan Istana Kepresidenan dikutip dari Antara, Selasa (14/6/2022).

Basuki menjelaskan Pemerintah hanya akan membatasi kuota masuk, yakni 1.200 orang per hari dengan mewajibkan pengunjung untuk mendaftar secara daring (online) terlebih dahulu.

Selain itu, lanjut dia, pengunjung juga harus didampingi oleh pemandu wisata yang sudah terdaftar, serta mengenakan alas kaki yang sudah disediakan.

"Tidak boleh pakai sepatu biasa karena itu mengikis batuan, jadi memang disediakan alas kaki untuk naik ke atas Candi Borobudur," kata Basuki.


Tujuan Pembatasan Kuota

Pemerintah menilai kebijakan membatasi kuota pengunjung dilakukan untuk konservasi terhadap candi terbesar bagi umat Buddha tersebut.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga pernah mencontohkan cara pelestarian terhadap bangunan objek pariwisata Borobudur ini dengan Mesir yang juga melarang pengunjung untuk naik sampai ke Piramida.

"Seperti Mesir tadi contohnya sudah dilarang sama sekali tidak boleh naik ke piramida. Pak Menko sudah pelajari juga, termasuk Machu Picchu," kata Basuki.


Sandiaga Uno Bantah Pemerintah Komersialisasi Candi Borobudur

Pemerintah memutuskan untuk menunda kenaikan harga tiket untuk naik ke stupa Candi Borobudur. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan kenaikan tiket masuk tersebut bertujuan untuk menjaga kelestarian dan menjaga konservasi Candi Borobudur sebagai cagar budaya.

Dia pun membantah jika kenaikan tarif tiket wisata Candi Borobudur sebagai upaya komersialisasi.

"Kita perlu bergandengan tangan dan jangan saling caci maki apalagi ada anggapan ini untuk komersialisasi. Justru kita fokusnya untuk menjaga Candi Borobudur yang sangat kita cintai ini," kata Sandiaga dalam konferensi pers di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta, Senin (13/6/2022).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini menjelaskan rencana kenaikan tarif bukanlah harga tiket masuk Candi Borobudur. Melainkan tiket untuk bisa masuk ke area stupa. Rencana tersebut juga akan dikaji dan dibahas bersama dengan para pihak yang berkepentingan.

"Kami akan kaji bersama dengan pengelola taman wisata, balai konservasi. Pentahelix dengan pelaku UMKM dan termasuk tokoh agama dan tokoh masyarakat di sekitar," kata dia.

Pengkajian tersebut diharapkan bisa menghasilkan keputusan bersama yang bisa menjaga kelestarian dan kelangsungan hidup masyarakat di sekitar. Termasuk bagi masyarakat yang memiliki usaha di sekitar Candi Borobudur sebagai salah satu destinasi pariwisata prioritas pemerintah.

"Kami tidak ingin tidak berempati dengan masyarakat yang membutuhkan tambahan penghasilan," kata Sandiaga Uno.


Ada yang Baru

Sebagai gantinya, pemerintah saat ini telah menciptakan pola kegiatan baru yang bisa dinikmati para pelancong Candi Borobudur. Salah satunya dengan menikmati museum 3 Dimensi yang memberikan pengalaman para wisatawan naik ke stupa candi dengan menggunakan teknologi.

"Museum 3D ini memberikan kesempatan buat naik ke stupa candi tapi sambil duduk di pelataran dan membaca relief dari candi yang penuh dengan kearifan lokal," kata dia.

Pengembangan teknologi ini kata dia sebagai upaya pemerintah menjaga dan memastikan kelestarian Candi Borobudur. "Pemerintah akan memastikan segala daya dan upaya untuk menjaga kelestarian Candi Borobudur," pungkasnya.

<p>Infografis Heboh Harga Tiket Naik Stupa Candi Borobudur untuk Wisatawan Lokal. (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Lady Gaga Main di Film Joker

Lady Gaga Digaet Jadi Harley Quinn di Sekuel Film Joker Bareng Joaquin Phoenix

Liputan6.com 2022-06-14 16:40:00
Lady Gaga di karpet merah Grammy Awards 2022. (dok. Jordan Strauss/Invision/AP)

Beberapa waktu lalu, Warner Bros mengumumkan lampu hijau untuk sekuel film Joker. Kini, beredar kabar bahwa Lady Gaga digaet untuk memerankan salah satu karakter ikonis yang jadi rekannya, Harley Quinn.

Dilansir dari Variety, Selasa (14/6/2022), bintang A Star Is Born ini sedang berada dalam tahap diskusi awal untuk terlibat dalam film bertajuk Joker: Folie Deux tersebut. Namun perlu diingat, jagat sinema dalam Joker ini berbeda dengan DC Universe yang melibatkan Margot Robbie sebagai tokoh ini, diwartakan The Hollywood Reporter.

Kabar ini jelas menarik perhatian penggemar. Tak cuma soal kemungkinan keterlibatan sang Mother Monster, tapi juga soal kemunculan Harley Quinn.

Awalnya, spekulasi soal ini kehadiran Harley Quinn pertama kali datang dari Instagram sutradara film ini, Todd Phillips, pada 7 Juni lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Folie Deux

Kala itu, Todd Phillips mengunggah sampul naskah sekuel Joker. Kata "Folie Deux" yang tercantum di dalamnya, diyakini sebagai petunjuk mengenai karakter Harley Quinn.

Pasalnya, istilah ini merujuk kepada gangguan delusi bersama. Dan satu-satunya "teman" Joker di dunia nyata selain Batman, adalah Harley Quinn.


Sentuhan Musikal

Tak banyak detail yang beredar terkait sekuel Joker ini. Salah satu kabar tentang film ini yang beredar adalah bahwa film ini akan memiliki sentuhan musikal.

Tak diketahui juga apakah nantinya Lady Gaga akan terlibat dalam pembuatan musik di film ini. Sebelumnya, sang diva pernah bekerja sama dengan Todd Phillips yang bertindak sebagai produser A Star Is Born.


Sejak 2019

Kabar soal penggarapan Joker 2 sudah disampaikan sejak 2019 lalu. Kala itu, The Hollywood Reporter memberitakan Todd Phillips kembali menulis sekuel Joker.

Joker jilid pertama sendiri menjadi blockbuster dunia hingga meraup lebih dari US$1 miliar. Tak sampai di situ, Joker juga mendapatkan 12 nominasi Piala Oscar dan Joaquin Phoenix memenangkan kategori aktor terbaik serta Hildur Gunadttir menang di scoring orisinal terbaik.

Infografis film dengan tema kehancuran bumi di masa depan (Triyasni/Liputan6.com)

Tarif Listrik untuk Orang Kaya Naik

HEADLINE: Tarif Listrik Orang Kaya Dinaikkan, Manjur Pangkas Beban Negara?

Liputan6.com 2022-06-15 00:00:00
Petugas memeriksa meteran listrik di Rumah Susun Benhil, Jakarta, Kamis (28/11/2019). Pemerintah akan melakukan penyesuaian tarif listrik untuk golongan Rumah Tangga Mampu (RTM) 900 VA pada 1

Pemerintah akhirnya memutuskan untuk menaikkan tarif listrik setelah melakukan penundaan sekian lama. Kali ini, tarif listrik yang dinaikkan adalah bagi pelanggan dengan daya 3.500 Volt Ampere (VA) ke atas yang diklaim merupakan pelanggan kaya.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana menjelaskan, kenaikan tarif listrik ini untuk pelanggan rumah tangga dan pemerintah.

Sementara untuk pelanggan rumah tangga dengan daya di bawah 3.500 VA, bisnis dan industri, tidak mengalami perubahan tarif.

"Kenaikan tarif listrik berlaku per 1 Juli 2022 jadi sekarang masih berlaku tarif lama," jelas Rida dalam konferensi pers pada Senin 13 Juni 2022.

Kenaikan tarif listrik ini sebenarnya bukan mendadak. Beberapa menteri sudah memberikan sinyal bahwa tarif listrik naik untuk golongan pelanggan mampu bakal naik. Sebelumnya Menteri ESDM Arifin Tasrif pada tengah Mei 2022 sudah mengisyaratkan tarif listrik bakal naik khusus pelanggan 3.000 VA ke atas.

Hal yang sama juga diungkap oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Rapat Kerja dengan Badan Anggaran DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, pada 19 Mei 2022. Sri Mulyani menjelaskan, kebijakan ini dilakukan dalam upaya berbagi beban pemerintah dengan masyarakat kelompok mampu. Sehingga beban kenaikan harga listrik tidak hanya untuk pemerintah.

Rida Mulyana menjelaskan, tarif listrik naik mengacu pada kondisi makro ekonomi seperti nilai tukar rupiah, harga minyak Indonesia atau Indonesian Crude Price (ICP), inflasi dan harga batu bara.

Telah terjadi kenaikan beberapa indikator tersebut sejak tahun lalu yang kemudian mempengaruhi kenaikan harga listrik. Oleh karena itu, pemerintah harus menaikkan tarif listrik.

Dari berbagai komponen, faktor yang paling berpengaruh adalah ICP yang masih di kisaran USD 100 per barel, sementara dalam APBN 2022 hanya dipatok di angka USD 63 per barel. Selisih kurang lebih USD 40 per barel tersebut yang harus ditanggung oleh pemerintah.

<p>Infografis Besaran Tarif Listrik Naik untuk Orang Kaya. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Penghematan APBN

Penyesuaian tenaga listrik atau Tariff Adjustment di kuartal III 2022 ini akan menghemat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 3,09 triliun.

Angka ini setara dengan 4,7 persen dari total dana kompensasi pemerintah yang harus dibayarkan kepada PT PLN (Persero) sebagai penyalur listrik.

"Kita juga hitung kira-kira burden yang bisa berkurang terhadap APBN kurang lebih Rp 3,1 triliun," sambung Rida.

Penerapan kebijakan penyesuaian tarif listrik tersebut akan menyumbang inflasi sebesar 0,019 persen. Hal ini berdasarkan kajian yang dilakukan oleh Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan.

"Sudah dihitung BKF Kementerian Keuangan dampaknya terhadap inflasi hanya 0,019 persen. Jadi, ya hampir tidak terasa. Penyesuaian tarif masih berkontribusi dalam menjaga daya beli masyarakat," jelasnya.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, selama ini bantuan listrik dari pemerintah diberikan untuk semua golongan tarif pelanggan, dalam bentuk subsidi maupun kompensasi.

Penyesuaian tarif ini dilakukan guna mewujudkan tarif listrik yang berkeadilan di mana kompensasi diberikan kepada masyarakat yang berhak, sementara masyarakat mampu membayar tarif listrik sesuai keekonomian.

"Penerapan kompensasi dikembalikan pada filosofi bantuan pemerintah, yaitu ditujukan bagi keluarga tidak mampu. Ini bukan kenaikan tarif. Ini adalah adjustment, di mana bantuan atau kompensasi harus diterima oleh keluarga yang memang berhak menerimanya," kata Darmawan.

Dia mengungkapkan, sejak tahun 2017, tidak pernah ada kenaikan tarif listrik untuk seluruh golongan tarif pelanggan.

Untuk menjaga tidak ada kenaikan tarif listrik, pemerintah telah menggelontorkan subsidi listrik sebesar Rp 243,3 triliun dan kompensasi sebesar Rp 94,17 triliun sejak tahun 2017 hingga 2021.


Besaran Kenaikan

Darmawan Prasodjo memastikan, kenaikan tarif listrik yang akan diberlakukan per 1 Juli 2022 hanya akan menyasar kelompok rumah tangga di atas 3.500 VA dan pemerintahan.

Kenaikan tarif listrik 3.500 VA ke atas ini merupakan penyesuaian terhadap penyaluran subsidi listrik. Ia mengklaim kini penyalurannya lebih terarah dari sebelumnya.

Faktor lainnya, adanya kenaikan harga minyak global yang turut mempengaruhi biaya pokok produksi listrik. Serta, mempertimbangkan beban di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dengan adanya kenaikan ini beban APBN jadi lebih ringan.

"Kalau ada bantuan dari pemerintah harus tepat sasaran yaitu yang berhak menerima bantuan tersebut. Ada porsi kompensasi yang diterima kurang tepat sasaran oleh yang ekonomi tingkat atas, yakni ekonomi mampu dengan daya teepasang 3.500-5.500 VA dan 6.600 VA ke atas," katanya.

Adapun, golongan rumah tangga yang dimaksud adalah dengan kode R2 dam R3. Serta, pemerintah dengan kode P1, P2, dan P3. Selain golongan ini, tarif listrik tidak mengalami kenaikan.

Rinciannya, dengan adanya penyesuaian tarif, pelanggan rumah tangga R2 berdaya 3.500 VA hingga 5.500 VA (1,7 juta pelanggan) dan R3 dengan daya 6.600 VA ke atas (316 ribu pelanggan) tarifnya disesuaikan dari Rp 1.444,7 per kilowatthour (kWh) menjadi Rp 1.699,53 per kWh.

Sedangkan pelanggan pemerintah P1 dengan daya 6.600 VA hingga 200 kilovolt ampere (kVA) dan P3 tarifnya disesuaikan dari Rp 1.444,7 kWh menjadi Rp 1.699,53 per kWh. Sementara pelanggan pemerintah P2 dengan daya di atas 200 kVA tarifnya disesuaikan dari Rp 1.114,74 kWh menjadi Rp 1.522,88 kWh.

"Dengan daya di bawah 3.500 VA keluarga ekonomi yang membutuhkan sekitar 74,2 juta pelanggan tidak mengalami perubahan (tarif listrik) dan tetap terus mendapatkan dukungan bantuan dari pemerintah dalam rangka menjaga daya belu dan mengendalikan laju inflasi," kata Darmo, sapaan akrabnya.

Lebih lanjut, Darmo menuturkan penyesuaian tarif ini juga hanya berdampak pada sekitar 2,5 persen dari total pelanggan PLN. Atau berjumlah 2,09 juta pelanggan dari total pelanggan PLN yang mencapai 83,1 juta.

Penyesuaian tarif juga berlaku kepada golongan pemerintah yang berjumlah 373 ribu pelanggan atau 0,5 persen. Pada golongan ini, disebut tak berdampak pada daya beli masyarakat.

"Kami tekankan kembali bagaimana tarif listrik untuk industri dan bisnis tidak ada perubahan, bagi tarif industri dan bisnis dalam skala daya apapun yang terpasang. Agar ekonomi nasional yamh ditopang bisnis industri tetap terus berjalan dengan sangat kokoh," terangnya.

Secara teknis, bagi pelanggan pascabayar perubahan tarif listrik ini akan diperhitungkan mulai rekening listrik bulan Agustus 2022.

Sedangkan bagi pelanggan listrik prabayar, penyesuaian diberlakukan saat melakukan transaksi pembelian token listrik mulai 1 Juli 2022.

Bisa Minta Turun Daya

Darmawan menambahkan, pelanggan PLN bisa melakukan perubahan daya terpasang jika keberatan dengan kenaikan tarif listrik. Namun penurunan daya tersebut ada syaratnya yaitu jangan sampai menimbulkan dampak teknis kedepannya. Artinya, penurunan daya yang dilakukan oleh pelanggan tidak menimbulkan masalah baru, misalnya tidak tahannya beban daya.

"Pindah daya silakan, karena itu hak masyarakat untuk menentukan daya yang terpasang, menyesuaikan dengan melakukan adjustment dengan konsumsi listrik ke masyarakat tersebut," kata dia.

Darmawan menyebut penyesuaian kembali harga ini telah mempertimbangkan kemampuan golongan masyarakat tersebut. Di kelompok ekonomi mapan ini, Darmawan menilai tiap rumah atau bahkan kamarnya telah memiliki pendingin udara atau AC.

Dengan begitu, jika memutuskan untuk turun daya, ia mengingatkan untuk mempertimbangkan beban listrik tersebut. Sehingga bisa menyesuaikan dengan daya yang diambil.

"Jangan sampai pindah daya dipaksakan dan jadi masalah teknis sendiri," katanya.

<p>Infografis Tarif Listrik untuk Orang Kaya Naik. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>


Keputusan Tepat

Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira menilai jika dilihat dari kenaikan indeks keyakinan konsumen, memang para kelompok pengeluaran teratas yang relatif lebih siap menghadapi kenaikan biaya termasuk tarif listrik. Sehingga kenaikan tarif listrik pelanggan rumah tangga 3.500 VA ini tidak akan berdampak besar pada daya beli dan pemulihan ekonomi.

"Dampaknya ke inflasi juga relatif kecil ya dengan adanya kenaikan tarif listrik untuk kelompok menengah ke atas ini," kata Bhima.

Bhima pun menilai, dengan menjaga tarif listrik para pelanggan menengah ke bawah atau kelompok 450 VA sampai 2.200 VA merupakan langkah yang tepat diambil pemerintah. Sebab, jika kelompok ini terdampak maka akan berpengaruh besar pada inflasi dan daya beli.

"Untuk menahan tarif listrik untuk kelompok rumah tanggah menengah ke bawah ini sudah tepat sekali. Hal ini perlu dilakukan untuk bisa menjaga daya beli masyarakat dan menjaga pemulihan ekonomi pasca pandemi," tambah Bhima.

Bhima mencatat, meski yang mengalami kenaikan tarif listrik adalah kelompok 3.500 VA ke atas yang jumlahnya sebesar 2,5 persen dari total pelanggan PLN. Tetapi tetap ada validasi data survei dari PLN dan pemerintah, sehingga kelompok industri skala kecil dan home industri tidak terdampak tarif listrik naik ini.

"Bisa melalui kenaikan tarif yang dilakukan secara bertahap dan dibuat preferensi tarif ke rumah kontrakan dan usaha industri skala kecil sehingga tidak berdampak ke para pekerja dan omzet," ujar Bhima.

Wakil Ketua Komisi VII DPR Eddy Soeparno mendukung keputusan pemerintah ini. Eddy menyampaikan, kebijakan kenaikan tarif listrik tersebut diperlukan untuk mengurangi beban pemerintah terkait program subsidi energi dan kompensasi energi sebesar Rp 350 triliun. Menyusul, kenaikan harga sejumlah komoditas energi dunia akibat konflik Rusia dan Ukraina.

"Saya kira kebijakan itu patut untuk dilaksanakan pemerintah. Bagaimana juga subsidi listrik atau energi sudah begitu tinggi, pemerintah sudah tidak mungkin menanggung semuanya itu," ujarnya Eddy.

Eddy menambahkan, kebijakan penyesuaian tarif listrik tersebut hanya ditujukan kepada kelompok ekonomi mampu. Dalam hal ini pelanggan Rumah Tangga berdaya mulai 3.500 VA ke atas.

"Para pelanggan 3.500 VA ke atas itu kalangan mampu yang sudah bisa untuk membayarkan tarif listrik yang disesuaikan. Mereka tidak perlu di subsidi secara penuh," tutupnya.


Perhatikan UMKM

Pengamat energi sekaligus Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan mengatakan, langkah pemerintah ini sangat tepat di saat harga minyak mentah Indonesia (Indonesia Crude Price/ICP) sangat tinggi, inflasi naik dan kurs mata uang rupiah melemah.

"Jika tidak ini akan menekan keuangan negara dan juga PLN. Melalui penyesuaian pelanggan R3 dan R4 serta pemerintah, maka bisa di hemat Rp 3 triliun karena berkurangnya kompensasi yang dibayarkan," ujarnya Pengamat energi sekaligus Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan, kepada Liputan6.com.

Di sisi lain, Mamit menegaskan, bagi masyarakat juga tidak berdampak signifikan karena pelanggan listrik 3.500 VA ke atas hanya 2,5 persen dari total pelanggan PLN secara keseluruhan.

Apalagi mereka ini golongan masyarakat kelas menengah ke atas maka kenaikan ini tidak akan terlalu berdampak terhadap keuangan mereka.

"Perlu diingat juga, dengan demikian ke depan jika variabel pembentukan harga mengalami penurunan maka pemerintah sudah seharusnya menurunkan tarif setelah dilakukan evaluasi setiap 3 bulan," jelasnya.

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) tidak mempermasalahkan Pemerintah menaikkan tarif listrik bagi pelanggan rumah tangga 3.500 volt ampere (VA) ke atas.

Lantaran, tarif listrik 3.500 VA lebih banyak digunakan oleh konsumen menengah ke atas, sehingga potensi gejolak ekonomi kecil.

Hal itu disampaikan Staf Bidang Pengaduan dan Hukum Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Rio Priambodo, kepada Liputan6.com.

Di sisi lain, YLKI memiliki catatan untuk Pemerintah, yaitu Pemerintah harus bisa memetakan segmentasi pengguna listrik 3.500 VA antara pribadi atau UMKM.

"Bagi pelanggan 3.500 VA dari UMKM, harus ada treatment khusus dari pemerintah. Baik subsidi maupun potongan harga yang wajar agar kenaikan tarif listrik tidak membuat ongkos produksi naik," kata Rio.

Selain itu, YLKI juga berpesan agar kenaikan harga listrik harus diimbangi oleh pelayanan yang sesuai. Agar konsumen mendapat benefit sesuai apa yang dibayarkan.

<p>Infografis Ragam Tanggapan Kenaikan Tarif Listrik untuk Orang Kaya. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>


Buruh Menolak

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menegaskan sikapnya menolak kenaikan tarif listrik bagi golongan 3.500 VA ke atas. Ia mengaku kalangan buruh juga ada yang mengambil daya sebesar itu.

Iqbal menyebut kenaikan tarif listrik akan membebani keuangan masyarakat. Terlepas dari masyarakat itu golongan atas atau golongan basah.

"Listrik itu jadi kebutuhan primer, kelas menengah atau tidak tetap butuh listrik. Dengan demikian setiap upah baik kelas menengah atau bukan pasti akan dialokasikan untuk biaya listrik," katanya kepada Liputan6.com, Selasa (14/6/2022).

"Kami tetap menolak kenaikan walaupun argumentasinya untuk pengguna kelas atas atau apapun, dan buruh juga ada pelanggan di 3.500 VA, berat dong dia. Dengan demikian kenaikan (tarif listrik) akan berimbas kemana-mana, bukan bicara kelas," paparnya.

Argumentasinya ini berdasar pada kebijakan pemerintah melalui PP Nomor 36 Tahun 2021. Ia menyebut, dengan ketentuan itu, berarti upah masyarakat tidak bertambah dalam kurun waktu tiga tahun.

Artinya, dengan upah yang tetap, sementara masyarakat dihadapkan dengan beban kenaikan tarif listrik. Maka, ia menyimpulkan itu bisa menjadi beban tambahan bagi masyarakat.

"Daya beli buruh itu turun 30 persen, ditengah upah yang tidak naik masa listrik dinaikkan, kayak kompeni dong, apa-apa kalau kekurangan biaya, naik pajak, listrik kan substitusi dari pajak," katanya.

"Partai Buruh menolak kenaikan listrik dengan argumentasi apapun. Toh kalau pakai di atas itu pasti biayanya akan naik karena beban listriknya besar," tambahnya.