Mencintai Arka Seperti Halnya Eril

Pesan Menyentuh Ridwan Kamil ke Arka: Kami akan Mencintai dan Mendidikmu seperti A Eril

Liputan6.com 2022-06-15 11:30:40
Keluarga Ridwan Kamil/Istimewa.

Selepas kepergian Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril untuk selama-lamanya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) berpesan kepada anak bungsunya, Arkana Aidan. Ia berharap Arka, begitu bocah dua tahun itu disapa, melanjutkan semangat dan kebaikan kakak tertuanya.

"Dear Arka,

Saatnya kamu meneruskan semangat A Eril,membangun dunia yang lebih baik dan lebih mulia," kata Ridwan Kamil dalam sebuah unggahan terbaru di akun Instagramnya @ridwankamil.

Hal itu disampaikan RK disertai foto kala dirinya, Arka, dan Atalia Praratya berada di atas tanah yang kelak bakal jadi Masjid Al Mumtadz. Sebuah masjid yang nantinya bakal berdiri di samping makam Eril. Masjid itu merupakan karya desain RK.

Ridwan Kamil dan Atalia pun berjanji bakal mendidik dan mencintai Arka seperti mereka berdua dulu lakukan kepada Eril.

"Kami akan mencintai dan mendidikmu, seperti kami mencintai dan mendidik A Eril," pesan RK.

Kehadiran Arka dalam keluarga pria yang akrab disapa Kang Emil itu membawa warna tersendiri. Sejak kehadiran Arka, keluarga tersebut memang tampak lebih ceria dan penuh tawa.

Arka resmi menjadi bagian dari keluarga Ridwan Kamil sekitar dua tahun lalu. Tepat di Hari Anak Nasional pada 23 Juli 2020, RK dan Atalia mengangkat bayi lelaki yatim piatu itu sebagai anak pasangan tersebut.

"Kami beri nama anak kami: Arkana Aidan Misbach. (Cahaya yang hangat dan menerangi dunia)," tulis RK dalam unggahan Instagramnya.

Arkana Aidan Misbach, anak ketiga Ridwan Kamil tampak menggemaskan (dok.instagram/@ridwankamil/https://www.instagram.com/p/COza5J-HBuR/Komarudin)

Arka Jawaban dari Penantian RK dan Atalia

Saat Arka mulai masuk dalam keluarga tersebut, keluarga orang nomor satu di Jawa Barat itu membuat sebuah pesta sederhana.

Terlihat balon-balon berbentuk huruf yang dirangkai jadi kalimat 'Welcome Baby Arka' dipasang di dinding rumah. Lalu, ada sejumlah foto Arka berpose bersama Atalia maupun Ridwan Kamil.

"Selamat datang ke rumah, baby Arka sayang....Seorang bayi yang membuat kami jatuh cinta pada pandangan pertama...," tulis Atalia dalam unggahan Instagram-nya.

Ibu dari Emmeril Khan dan Camillia Azzahra itu mengungkapkan, bayi Arka merupakan jawaban atas penantiannya selama lima tahun terakhir. Ia berharap kehadirannya bisa ikut membuka pintu surga.

"Semoga engkau jadi anak yang sehat, sholeh, berbakti, bermanfaat, selalu mendoakan almarhum kedua orangtua, mendoakan kami yang mengasuhmu," sambung Atalia.


Kerap Unggah Kebersamaan Bersama Si Bungsu

Baik Atalia maupun RK kerap mengunggah kebersamaan dengan putra bungsunya. Merekam momen perkembangan sang balita. Mulai saat Arka masih kecil, memulai MPASI, dan beragam kejadian lucu dan menggemaskan sang anak.

Keduanya juga beberapa kali memperlihatkan momen kala bermain bersama Arka. Entah itu peluk memeluk atau bermain petak umpet.

Arka bak pelipur penat dan lara keluarga Ridwan Kamil. Beberapa waktu lalu, RK mengungkapkan bahwa kehadiran Arka membantu meringkan pekerjaannya sebagai Gubernur Jawa Barat yang sudah menumpuk usai ditinggal ke luar negeri. Kehadiran batita lucu itu sekaligus menjadi penawar gundah ketika RK dan keluarga menanti penemuan jasad Eril.

"Padat merayap, namun menjadi ringan kaena ditemani sebentar oleh si bungsu, Arka," kata RK.

Infografis 5 Tips Ajarkan Anak Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Niman)

Sikap Warga Bikin Ridwan Kamil Haru

Empati dan Dukacita Terus Mengalir, Keluarga Ridwan Kamil Sampaikan Terima Kasih

Liputan6.com 2022-06-15 13:49:35
Keluarga Ridwan Kamil/Istimewa.

Juru bicara keluarga Gubernur Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman menyampaikan rasa terima kasih sebanyak-banyaknya kepada semua lapisan masyarakat yang menyampaikan empati dan dukacita kepada Ridwan Kamil dan keluarga, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Menurut Elpi, empati yang mengalir semakin membesarkan hati keluarga besar Ridwan Kamil untuk melepas kepergian almarhum Emmeril Kahn Mumtadz.

"Ungkapan simpati berbagai bentuk yang sudah kami terima sehingga membuat kami berbesar hati dan terharu," kata Elpi di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (14/6/2022).

Elpi menyampikan, ada sekitar hampir 1.200 karangan bunga duka cita yang tercatat, juga pelayat yang hadir ke makam Emmeril Kahn Mumtadz yang bernama kecil Eril, di Desa/Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung sekitar 8.000, di luar tamu VIP.


Ribuan Orang Takziah ke Rumah Dinas Gubernur

Pun dengan petakziah yang hadir untuk mendoakan almarhum Eril selama 17 hari berturut-turut sekitar ratusan bahkan ribuan yang datang.

"Ini konteksnya bukan membesar-besarkan angka, tapi mungkin kami akan kesulitan untuk menyampaikan rasa terima kasih," ungkapnya.

"Mungkin kami akan luput menyampaikan terima kasih secara personal satu per satu, kepada orang yang sudah pernah membantu menyampaikan simpati dalam berbagai bentuk, untuk itu pada kesempatan ini kami ucapkan terima kasih banyak, jazakumullah. Hanya Allah sebaik-baiknya yang bsa memberi balasan," tambahnya.

Elpi juga berterima kasih dan mengapresiasi positif kepada rekan-rekan media lewat kerja jurnalistik humanisnya. "Secara umum kami apresiasi sangat positif, kami harap situasi positif ini bisa terjaga," kata Elpi.


Terima Kasih kepada Awak Media

Elpi menilai pendekatan media yang humanis ini menjadi harapan di tengah banyak tantangan di media sosial di mana masih banyak misinformasi, disinformasi, bahkan hoaks terkait almarhum Eril.

Pihak keluarga, katanya, tidak bisa mencegah dan mengendalikan. Keluarga juga sangat menyadari peristiwa Eril yang masuk ke ruang publik menjadi konsumsi publik. Maka dari itu banyak berbagai pandangan saran, opini terhadap situasi.

"Perbedaan pandangan ini lumrah karena negara demokrasi, semua orang bisa berpendapat," terang Elpi.

Elpi mengatakan pihak keluarga mendapatkan hikmah serta pelajaran berharga, yakni keikhlasan, ketawakalan, berpikir positif, dan menyeimbangkan upaya optimal dengan doa kepada Allah swt.

"Mungkin Eril yang menjadi guru kami," ujarnya.

Selain itu pihak keluarga juga turut menyampaikan terima kasih kepada para ulama, ustaz, habib, majelis ulama, yang selalu terbuka menerima konsultasi kepada keluarga terkait peristiwa yang cukup besar yang terjadi kepada Eril. Sehingga keluarga mendapatkan panduan tentang bagaimana menyikapi peristiwa ini dari sisi akidah, syariah, dan akhlak.


Ridwan Kamil Kembali Berdinas

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jawa Barat Wahyu Mijaya menyampaikan setelah pemakaman Eril, keluarga Gubernur masih menerima ucapan dari tokoh, pejabat, bahkan dari kedutaan besar Qatar untuk Indonesia.

Menurut Wahyu, Ridwan Kamil masih akan menerima petakziah hingga Rabu (15/6/2022) dan baru mulai berdinas kembali Kamis (16/6/2022).

"Beliau (Ridwan Kamil) akan berkegiatan secara full mulai hari Kamis. Kamis agenda beliau akan kembali seperti semula," ucap Wahyu

Sementara itu untuk kegiatan takziah dan pengajian bersama akan terus dilaksanakan sampai hari Minggu (19/6/2022).

(*)

Ingin Arka Lanjutkan Perjuangan Eril

Usai Kepergian Eril, Ridwan Kamil Ingin Putra Bungsunya Lanjutkan Perjuangan Sang Kakak

Liputan6.com 2022-06-15 11:20:01
Keluarga Ridwan Kamil/Istimewa.

Ridwan Kamil, bersama sang istri, Atalia Praratya, terlihat sudah kembali beraktivitas usai sang putra sulung berada di peristirahatan terakhirnya. Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz dimakamkan di Cimaung, Jawa Barat.

Dekat pemakaman Eril, tengah dibangun sebuah masjid yang akan diberi nama Mumtadz. Bersama sang istri, Kang Emil meninjau lokasi.

Ridwan Kamil pun tak lupa membawa putra angkatnya Arka melihat pembangunan masjid. Terlihat tiang-tiang sudah terpasang.

Saat memperlihatkan bangunan itu, Gubernur Jawa Barat ini memberikan pesan khusus kepada si bungsu yang kompak mengenakan pakaian yang sama dengan ayah ibunya yaitu hitam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Meneruskan

Di kesempatan itu, Ridwan Kamil mengingatkan Arka untuk bisa mengikuti jejak Eril bila besar nanti. Hal itu diungkapkannya di akun Instagram terverifikasi miliknya, Rabu (15/6/2022).

"Dear Arka,

Saatnya kamu meneruskan semangat A Eril, membangun dunia yang lebih baik dan lebih mulia," tulisnya.


Beri Pendidikan yang Sama

Ridwan Kamil pun menuliskan janji untuk Arka, tak membedakan kasih sayang yang diberikan kepadanya seperti anak-anaknya yang lain.

"Kami akan mencintai dan mendidikmu, seperti kami mencintai dan mendidik A Eril," tambahnya.


Bangun Masjid

Di akhir kalimatnya, Ridwan Kamil pun menjelaskan kepada putra bungsunya tentang Masjid Mumtadz yang sedang dalam pembangunan.

"Bismillah, kita mulai dengan menyelesaikan Masjid Al Mumtadz ini ya Arka. Semangat @arkanaidan," tutup pria kelahiran Bandung, 4 Oktober 1971.

<p>Infografis Penemuan Jasad Eril Anak Ridwan Kamil di Bendungan Sungai Aare Swiss. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

"Ukraina Butuh Senjata Antirudal"

Akui Kewalahan Lawan Rusia, Presiden Zelensky: Ukraina Butuh Senjata Antirudal

Liputan6.com 2022-06-15 14:24:00
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memonitor wilayah Donetsk yang dilanda perang, 6 Desember 2021. (Ukrainian Presidential Press Office via AP, File)

Presiden Volodymyr Zelensky mengakui Ukraina kewalahan saat memerangi pasukan Rusia di kota timur Sievierodonetsk dan wilayah Kharkiv. Ia menyatakan, pasukan Ukraina menderita kerugian yang menyakitkan dalam perang tersebut.

Menurut Zelenskiy, Ukraina saat ini membutuhkan senjata antirudal modern, dan tidak ada alasan bagi negara-negara mitra untuk menunda pengiriman senjata karena beberapa roket Rusia berhasil menghindari pertahanan dan menjatuhkan korban.

"Pertempuran paling sengit, seperti sebelumnya, terjadi di Sievierodonetsk dan kota serta daerah-daerah terdekat lainnya. Sayangnya, kerugiannya menyakitkan," kata Volodymyr Zelensky dalam pidato yang disampaikan Selasa 14 Juni larut malam.

Ia mengatakan, pasukannya masih berusaha untuk mengevakuasi warga sipil dari Sievierodonetsk setelah Rusia menghancurkan jembatan terakhir ke kota itu, yang merupakan tahap terakhir dalam pertempuran selama berminggu-minggu di Donbas --wilayah yang ingin direbut Moskow.

"Tetapi kita harus kuat bertahan --bertahan kuat sangat penting di Donbas. Semakin banyak kerugian yang diderita musuh di sana, semakin sedikit kekuatan yang harus dimiliki untuk mengejar agresinya," ujar Zelensky.

Ukraina juga mengalami "kerugian yang menyakitkan" di Kharkiv di sebelah timur Kiev, wilayah tempat Rusia berusaha memperkuat posisinya setelah didorong mundur baru-baru ini, ungkap Zelensky.

"Pertempuran terus berlanjut di sana dan kami harus terus berjuang, berjuang keras."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Salah Satu Perang Tersulit

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan pertempuran memperebutkan kota di bagian timur, Sievierodonetsk, adalah "salah satu perang paling sulit", sambil menyoroti pentingnya kota itu di wilayah Donbas.

"Dalam banyak hal, nasib Donbas diputuskan di sini," kata Zelensky dalam pidato melalui video pada Rabu 8 Juni malam.

Pasukan Ukraina dipaksa mundur ke pinggiran Sievierodonetsk pada hari Rabu sewaktu menghadapi serangan sengit Rusia.

Beberapa hari silam, pasukan Ukraina melancarkan serangan balasan yang membuat mereka menguasai sekitar setengah wilayah kota. Tetapi gubernur Luhansk Serhiy Haidai mengatakan kepada media RBC-Ukraine bahwa Rusia mulai meratakan kota itu dengan gempuran bom dan serangan udara, sehingga tidak logis untuk bertahan di kota itu.

"Pasukan kami kini kembali menguasai hanya pinggiran kota," kata Haidai. "Tetapi pertempuran masih berlanjut, pasukan kami mempertahankan Sievierodonetsk, mustahil untuk menyatakan Rusia menguasai kota itu sepenuhnya."


Rusia Kuasai Luhansk

Ia mengakui kesulitan yang dihadapi pasukan Kyiv, dan mengatakan kepada Associated Press, "Semua yang dimiliki tentara Rusia, artileri, mortir, tank, pesawat udara -- semua itu, mereka gunakan di Sievierodo.

Haidai mengindikasikan bahwa pasukan Rusia dapat mundur ke posisi-posisi yang lebih dapat dipertahankan, seperti Lysychansk, kota di seberang Sungai Siverskyi Donets, yang terletak di dataran yang lebih tinggi. Ia sebelumnya menyatakan pasukan Kyiv akan terpaksa ditarik mundur untuk menghindari pengepungan.

Setelah berpekan-pekan memusatkan serangannya di Ukraina Timur, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu Selasa mengatakan pasukan Rusia kini menguasai 97% wilayah provinsi Luhansk.

Sievierodonetsk adalah kota besar terakhir di wilayah itu yang belum direbut dalam ofensif 3,5 bulan Moskow.

Shoigu mengatakan pasukan Rusia juga bergerak maju ke arah kota Popasna. Ia menambahkan bahwa mereka telah merebut Lyman dan Sviatohirsk serta 15 kota lainnya di kawasan.


Rusia Rebut 20 Persen Wilayah Ukraina

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan pasukan Rusia telah merebut 20 persen wilayahnya. Invasi Rusia ke Ukraina telah berlangsung sejak Februari 2022.

Dilaporkan BBC, hal itu diungkap Presiden Zelensky dalam video kepada anggota-anggota parlemen Luksemburg.

"Semua formasi-formasi militer Rusia yang siap tempur sedang terlibat di agresi ini," ujar Presiden Zelensky.

Ia menyorot serangan yang makin intensif di kota Severodonetsk di wilayah timur Donbas. Sementara, pejabat pertahanan Inggris berkata Rusia telah merebut banyak kota-kota dan terus unggul berkat konsentrasi berat artileri mereka.

Severodonetsk adalah kota Ukraina yang paling timur. Ukraina masih mencoba mempertahankan kendali di kota tersebut dari serangan Rusia dari berbagai penjuru.

Gubernur Serhiy Haidai yang memimpin Severodonetsk menyebut tentara Ukraina berusaha melakukan serangan balik dan mendapatkan tawanan. Namun, pertempuran di jalan yang sengit membuat evakuasi sulit dan sangat berbahaya.

Volodymyr Zelensky berkata tak ada perubahan drastis di wilayah Donbas, tetapi ia berkata prajurit Ukraina mencetak sejumlah "keberhasilan" di pertempuran Severodonetsk. Masih ada 15 ribu orang yang terperangkap di kota itu.

Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer. (Liputan6.com/Trieyasni)

Pilih Bali Dibanding Hawaii

Agnez Mo Sebut Bali Jauh Lebih Indah Dibanding Hawaii

Liputan6.com 2022-06-15 19:02:00
Mempelajari budaya Bali saat di sana, pesona Agnez Mo ketika mengenakan busana adat Bali mencuri perhatian saat berpose di gapura. Ia mengenakan kebaya renda warna putih yang dipadukan den

Keindahan Bali tak hanya diakui orang Indonesia, tapi juga banyak wisatawan mancanegara. Penyanyi Agnez Mo yang sudah sering ke luar negeri pun juga mengakui keindahan Pulau Dewata.

Agnez Mo menyebut Bali sebagai tempat menakjubkan dan punya pemandangan yang cantik. Ia bahkan mengatakan bahwa tidak ada yang bisa menandingi Bali di Instagram Live di akun miliknya pada 13 Juni 2022.

Dalam video berdurasi 10 menit tersebut, Agnez menjelaskan dirinya sedang berada di Bali dan ia menyukai suasana dari vila yang ia tempati. "Seriously, nothing beats, nothing beats Bali (Serius nih, tidak ada tandingnya, tidak ada yang menandingi Bali)" ucap Agnez.

Penyanyi berusia 35 tahun ini mengatakan, saat itu cuaca di Bali mendung. Namun menurutnya suasana di sana tetap cantik dan tidak berubah sama sekali.

"I mean its pretty gloomy, its not really pretty as usual but you know how Bali is, Bali is amazing (Saat ini sedang mendung, pemandangannya tidak secantik biasanya, tapi kamu tahu Bali, Bali itu selalu luar biasa)," kata Agnez.

Agnez mengatakan, ia belum pernah ke Hawaii, tapi ia sering mendapatkan cerita dari teman-temannya yang sudah pernah berkunjung ke Hawaii dan Bali. Pelantun lagu Tak Ada Logika ini menuturkan, teman-temannya mengatakan bahwa Bali jauh lebih indah dibanding Hawaii yang juga dikenal dengan beragam pantainya yang menawan.

"I haven't been to Hawai by the way, but everybody who has been to Bali and Hawaii always told me that Bali is what some nicer (Aku belum pernah ke Hawai, tapi semua orang yang sudah pernah ke Hawai dan Bali selalu bilang bahwa Bali itu lebih baik dibanding Hawai)," tuturnya.

Dalam sesi Live Instagram itu, Agnez Mo juga menyapa penggemarnya yang berasal dari berbagai wilayah seperti Bangka Belitung dan Jember.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pakai Kebaya di Pura

Ini tentu bukan kali pertama Agnez mengunjungi Bali. Pada Desember 2019, Agnez pernah mengunggah dirinya sedang berada di Bali untuk liburan akhir tahun.

Agnez menampilkan pose memukau di berbagai tempat, dari kolam renang hingga pura. Tak hanya pamer pose, beberapa foto yang diunggah Agnez pun memperlihatkan panorama Bali yang memesona.

Saat berfoto di sebuah pura, ia mengenakan kebaya renda warna putih yang dipadukan dengan jarit ungu. Tak lupa selendang ungu diikatkan di pinggangnya. Agnez juga memakai hiasan bunga khas wanita Bali yang membuat penampilannya semakin anggun. Biasa tampil dengan makeup bold, pelantun Paralyzed ini justru terlihat natural dengan makeup tipis.

Dengan latar langit biru yang terpapar awan putih plus filter remang sejuk, foto ini indah sekaligus eksotis. "Bali, Indonesia," tulis Agnez Mo.

Dalam unggahan lainnya, Agnez membagikan sebuah video yang memperlihatkan dirinya membawa sajian yang dipakai untuk beribadah bersama pendeta adat. Ia tampak antusias belajar budaya Bali.


Perubahan Wajah

Itu tergambar dalam status teksnya, "Embracing diversity in my country... learning Balinese tradition while wearing Balinese traditional attire (merangkul keragaman di negaraku, belajar tradisi Bali sembari mengenakan pakaian adat Bali)," Agnez Mo membubuhkan tagar #UnityInDiversity dan #Love. Video ini sudah ditonton jutaan kali.

Dalam foto lainnya, Agnez terlihat mengenakan kemben bermotif abstrak warna tanah. Ia tampak santai di balkon penginapan sambil menikmati pemandangan sawah yang elok ditemani minuman kelapa muda.

Penampilan Agnez memang tak pernah lepas dari perhatian warganet. Belakangan, transformasi perubahan wajah Agnez Mo yang dinilai cukup drastis membuat publik banyak berkomentar di media sosial. Tak sedikit dari mereka yang mengatakan bahwa filter foto membuat penampilan Agnez jadi sangat berbeda.

Pada salah satu unggahan April lalu di Instagram, misalnya, banyak yang mengungkap kekecewaan dan lebih suka tampilan zaman dulu Agnez. "Aku suka ini, tapi aku lebih suka kak Agnez Mo dulu yang natural cantiknya.. Tapi tetap jadi idola dari jaman SMP sampai sekarang," tulis salah seorang penggemar.


Jauh dari Sempurna

Kemudian, pada bulan kesadaran kesehatan mental sepanjang Mei setiap tahunnya, Agnez pun memamerkan potret wajahnya yang tanpa makeup.

"Tanpa filter (not even Paris - u know what im talking about!) Tanpa makeup. Hanya karena aku merasa ini adalah cara yang cocok untuk menunjukkan dukungan terhadap bulan kesadaran kesehatan mental," tulis pelantun lagu 'Matahariku' ini dalam keterangan foto yang diunggah pada 27 Mei 2022.

Agnez juga mengatakan bahwa tampilan tanpa makeup pada foto tersebut sangat jauh dari kata sempurna. Meski begitu, ia menekankan bahwa dirinya merasa bahagia, cukup, dan diberkati. "Catatan untuk diriku: Tujuannya adalah untuk selalu bisa merasa seperti ini, tanpa harus terlihat seperti ini," ujarnya.

Agnez juga mengatakan bahwa kondisi kulitnya sedang kurang bagus, pori-porinya terlihat, dan berjerawat sama seperti wanita pada umumnya. Agnez berpesan, tidak masalah meski mata kita terlihat lelah tapi kita tetap berusaha untuk tersenyum. Pasalnya, kita punya banyak hal yang patut disyukuri.

Infografis Prosedur dan Tahapan Kedatangan Wisman di Bandara Bali. (Liputan6.com/Trieyasni)

Terjerat Kasus Dugaan Pencemaran Nama Baik

Doddy Sudrajat Akan Diperiksa Terkait Kasus Dugaan Pencemaran Nama Baik yang Menjerat Tiara Marleen

Liputan6.com 2022-06-15 10:00:00
Ayah artis VA, Doddy Sudrajat menggelar jumpa pers terkait konflik dengan putrinya di kawasan Buncit, Jakarta, Jumat (25/1). Dalam kesempatan itu, Doddy Sudrajat mengaku sudah pisah dengan an

Tiara Marleen harus berurusan dengan hukum setelah dilaporkan Haji Faisal ke Polres Metro Depok atas dugaan pencemaran nama baik. Laporan tersebut merupakan buntut dari pernyataan pedangdut 32 tahun tentang menantunya Vanessa Angel yang dianggap sangat menyakitkan hatinya.

Ternyata masalah tersebut ikut menyeret nama Doddy Sudrajat selaku ayah kandung Vanessa Angel. Saat diperiksa Tiara Marleen menyebut nama Doddy Sudrajat kepada penyidik.

Kasat Reskrim Polres Depok, AKBP Yogen Heroes mengatakan, pernyataan yang keluar dari mulut Tiara Marleen tentang Vanessa Angel hamil di luar nikah ia ketahui dari Doddy Sudrajat.

"TM (Tiara Marleen) sendiri sudah mengakui bahwa itu akun TikTok miliknya, dia juga yang membuat, namun perbuatan itu didasari atas pernyataan yang dibuat oleh saudara DS (Doddy Sudrajat) ya," ucap AKBP Yogen Heroes di Polres Metro Depok, Selasa (14/6/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Diperiksa

Oleh karena itu, penyidik Polres Metro Depok akan memanggil Doddy Sudrajat untuk dimintai keterangan terkait masalah ini. Hal itu untuk memastikan apakah pernyatan Tiara Marleen benar adanya atau tidak.

"Ya mau enggak mau karena DS tersebut nanti kita akan periksa, apakah benar pernyataan itu dari DS," kata Yogen Heroes.


Jadwal Pemeriksaan

Dalam waktu dekat ini Doddy Sudrajat akan menjalani pemeriksaan sebagai saksi. Namun pihaknya tidak bisa menjelaskan secara terperinci kapan pemanggilan akan dilakukan.

"Secepatnya, mungkin minggu depan lah ya," kataYogen Heroes


Permasalahan

Diketahui Tiara Marleen melalui video singkatnya yang sempat tersebar di media sosial menyebut bahwa Vanessa Angel hamil di luar nikah. Tak hanya itu, ia akan menggugat akte kelahiran anak Gala Sky Andriansyah, anak semata Wayang Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah.

<p>Infografis Ragam Tanggapan Kenaikan Tarif Listrik untuk Orang Kaya. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Jessica Alba Jadi Direksi Yahoo

Aktris Jessica Alba Bergabung ke Dewan Direksi Yahoo

Liputan6.com 2022-06-15 10:30:10
Jessica Alba. (Foto: Instagram @jessicaalba)

Aktris Amerika Serikat pemeran Invisible Woman di'Fantastic Four' versi Tim Story, Jessica Alba, ditunjuk oleh Yahoo sebagai anggota dewan direksi perusahaan tersebut.

Dilansir Deadline, dikutip Rabu (15/6/2022), Yahoo memang diketahui memilih sekelompok pimpinan yang inklusif, demi mendukung era baru pertumbuhan dan transformasi.

Selain Alba, Bergabung juga CEO LionTree Aryeh Bourkoff, CEO Array dan Sapho Fouad ElNaggar, pendiri K5 Global Michael Kives, Katie Stanton yang pernah bekerja di Twitter dan Google, serta CEO Amerika Dallas Maverick Cynthia Marshall.

Tak cuma sebagai seorang aktris, Jessica Alba sendiri juga memiliki perusahaan yang bergerak di bidang produk konsumen bernama The Honest Co.

"Saat kita memasuki era baru Yahoo, membentuk dewan direksi yang kuat dengan pengetahuan strategis tentang beragam industri akan mendorong pertumbuhan, inovasi, dan skala yang lebih besar," kata Jim Lanzone, Chief Executive Office di Yahoo Lanzone.

Dalam pengumumannya, Lanzone mengatakan, persimpangan media, teknologi, produk, dan konten menjadi lebih relevan daripada sebelumnya. Sehingga menurutnya, dewan direksi tersebut mewakili para pemikir terbaik dalam kategori-kategori itu.

Mengutip Variety, Lanzone sendiri adalah mantan eksekutif di Tinder dan CBS, sebagai CEO.

Ia digaet oleh Yahoo setelah Verizon Media menjual Yahoo pada tahun lalu, dengan harga USD 5 miliar ke perusahaan ekuitas swasta Apollo Group, sementara Verizon tetap mempertahankan 10 persen kepemilikan saham.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Disambut Baik

Keenam anggota dewan direksi baru ini nantinya akan bergabung dengan Lanzone dan perwakilan dari Apollo dan Verizon.

Sementara itu, Chairman Yahoo Reed Rayman mengatakan, mereka sangat senang menyambut "eksekutif berkaliber tinggi" seperti ini ke dewan direksi Yahoo.

Menurutnya, hal ini menjadi bukti kepemimpinan Yahoo "dalam memberikan produk konsumen tanpa batas dan solusi media digital pada skala yang tidak tertandingi, dan peluang yang terbentang di depan."

Yahoo juga mengatakan bahwa mereka telah menjangkau hampir 900 juta orang di seluruh dunia.

Selain Yahoo Finance, beberapa jenama milik mereka termasuk AOL, Engadget, TechCrunch, Yahoo Sports, Yahoo Finance, Yahoo Fantasy, dan Yahoo Mail.


Yahoo Undur Diri dari Tiongkok

Tahun lalu, Yahoo Inc. memutuskan untuk angkat kaki dan menghentikan layanan mereka di Tiongkok, dengan alasan lingkungan operasional yang semakin menantang.

"Sebagai pengakuan atas lingkungan bisnis dan hukum yang semakin menantang di Tiongkok rangkaian layanan Yahoo tidak akan lagi bisa diakses dari daratan utama Tiongkok mulai 1 November," tulis mereka.

Dilansir AP News, Rabu (3/11/2021), perusahaan teknologi Amerika Serikat ini mengatakan mereka "tetap berkomitmen pada hak-hak pengguna kami dan internet yang bebas dan terbuka."

Mengutip The Guardian, beberapa produk yang terdampak keputusan ini adalah Aol.com dan outlet berita seperti TechCrunch.

DilaporkanWall Street Journal, pengguna aplikasi seperti Yahoo Weather juga diberitahu pada bulan Oktober lalu tentang informasi bahwa Yahoo akan menghentikan layanannya.


Yahoo Menyusul Google dkk

Yahoo menjadi perusahaan teknologi luar Tiongkok yang menyusul cabut dari negeri Tirai Bambu tersebut.

Google sudah tidak lagi beroperasi di sana. Sementara beberapa bulan lalu, Microsoft memutuskan menutup layanan LinkedIn di Tiongkok, dan akan menggantikannya dengan layanan pencari kerja biasa.

Dengan kekosongan perusahaan asal luar Tiongkok, pemerintah Tiongkok menciptakan layanan alternatif mereka dengan raksasa digitalnya sendiri.

Mesin pencari Baidu sebagian besar sudah menggantikan Yahoo dan Google di Tiongkok. Sementara WeChat dan Weibo menjadi platform media sosial terkemuka di sana.

Hengkangnya Yahoo bertepatan dengan penerapan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi Tiongkok, yang membatasi informasi apa yang bisa dikumpulkan perusahaan, serta menetapkan standar bagaimana informasi harus disimpan.

(Dio/Isk)

<p>Infografis Gejala dan Pencegahan Covid-19 Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Rukiah Massal di Lapas Banyuwangi

Rukiah Massal di Lapas Banyuwangi, Warga Binaan Menggeram seperti Harimau Lapar

Liputan6.com 2022-06-15 17:05:21
Ratusan warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Banyuwangi, ikuti Ruqyah massal (Istimewa)

Lapas Kelas IIA Banyuwangi merukiah ratusan warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Aula Sahardjo. Hasilnya, seorang WBP berinsial HB yang terjerat kasus pidana perlindungan anak kesurupan.

Pria yang dihukum 11 tahun penjara itu mengamuk dan menggeram layaknya harimau lapar saat telinganya dibacakan ayat suci Alquran.

Kalapas Banyuwangi Wahyu Indarto melalui Kasubsi Bimbingan Kemasyarakatan dan Perawatan Dhanny Dwi Suswinarko mengatakan, rukiah bertujuan untuk menetralisir aura negatif.

"Sedikitnya ada 100 WBP yang ikut dirukiah dan 15 diantaranya adalah WBP perempuan," kata Dhanny.

Dalam proses rukiah , para WBP diberi segelas air, kantong kresek dan beberapa lembar tisu. Selanjutnya praktisi rukiah melafalkan Alquran secara bersama-sama.

Mendengar lantunan ayat suci Alquran reaksi para WBP ini pun mulai bermunculan. Mulai dari muntah, pingsan hingga kesurupan.

Dhanny mengatakan salah seorang WBP berinsial HB, memberontak hebat. Ia mengamuk dan menggeram layaknya harimau.


Selama 2 Jam

Setelah melaui proses netralisasi oleh praktisi, HB dapat ditenangkan dan disadarkan serta dituntun untuk selalu beristighfar dan berdzikir.

"Proses rukiah berlangsung selama 2 jam dan berjalan lancar," tandasnya.

Diharapkan setelah rukiah ini warga binaan pemasyarakat bisa mendapatkan manfaatnya. Prosesi rukiah direncanakan akan dilakukan ke seluruh WBP di Lapas Banyuwangi.

"Insnyaallah akan kita lakukan ke seluruh WBP. Tujuanya kan baik, untuk menghilangkan aura negatif sehingga bisa menjalani masa binaan di lapas ini mereka lebih baik,"papar Dhanny.

Infografis Vaksin Merah Putih Karya Anak Bangsa Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)

Dibalik Gereja Ayam yamg Mendunia

Asal Mula Gereja Ayam yang Berawal dari Pergumulan Batin

Liputan6.com 2022-06-15 14:00:00
Odditycentral.com

Gereja Ayam berada di Desa Gombong, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah (Jateng). Desa Gombong berjarak sekitar 2 kilometer dari wisata Candi Borobudur.

Disebut Gereja Ayam karena desain bangunan gereja tersebut mirip seekor ayam lengkap dengan ekor dan kepalanya. Walaupun menurut cerita penduduk setempat, bangunan tersebut meniru bentuk seekor burung merpati.

Dikutip dari berbagi sumber, Gereja Ayam dibangun oleh Daniel Alamsyah, seorang pria kelahiran Lampung, 17 Oktober 1943. Daniel memgalami pergumulan batin hingga ia mendapatkan petunjuk mimpi untuk membangun rumah berdoa di perbukitan asing yang belum pernah ia kunjungi.

Pada tahun 1989 Daniel dan keluarganya berkunjung ke kawasan Borobudur dan bertemu dengan pemuda asli kawasan tersebut yang bernama Jito. Dari Jito, Daniel mengetahui ada sebuah bukit Dusun Gombong.

Setelah berdoa semalam suntuk, ia seperti mendapat pesan ajaib yang kemudian hari dinamakan Bukit Rhema bagi umat Kristiani berarti firman yang hidup. Satu tahun kemudian, pemilik tanah menawari lahan seluas 3.000 meter persegi di Rhema Hill.

Pada tahun 1992, rumah doa di Bukit Rhema mulai dibangun. Ia menjelaskan tempat tersebut bisa menjadi rumah ibadah bagi siapapun termasuk kepercayaan lainnya dengan berdoa sesuai dengan caranya masing-masing.

Namun sayangnya pembangunan rumah doa sempat terhenti pada tahun 2000 karena krisis moneter. Selain digunakan tempat ibadah, bangunan rumah doa tersebut sempat digunakan untuk panti rehabilitrasi bagi anak-anak kekurangan fisik serta orang ketergantungan narkoba.

Bahkan juga digunakan rehabilitasi untuk orang kurang waras dan anak muda yang memiliki masalah. Pada bagian utama bangunan tersebut ada sebuah aula yang besar tetapi belum terdapat perabotan apapun.


Beragam Jalur

Selain itu, di sana terdapat beberapa kamar yang dilengkapi dengan kamar mandi. Ada dua jalur untuk menuju ke Gereja Ayam. Jalur pertama, bila membawa kendaraan pribadi langsung ke Gereja Ayam, wisatawan bisa menuju ke Candi Borobudur. Setiba di depan Taman Candi Borobudur, wisatawan dapat menemukan papan petunjuk jalan yang menuju Bukit Rhema.

Jalur kedua, bisa dilakukan trekking dari Punthuk Setumbu yang merupakan jalur setapak berada di tengah hutan. Gereja Ayam mempunyai tujuh lantai, yang masing-masing lantainya mempunyai cerita yang berbeda-beda seperti cerita perjalanan spiritual manusia, cerita makna doa, kebaikan Tuhan, dan kearifan lokal.

Semua cerita tersebut dituangkan dalam lukisan yang saling berhubungan dan memiliki pesan moral. Pada lantai pertama, bermakna seorang manusia yang lahir suci mulai belajar mengenal dunia dari merangkang sampai berjalan.

Fungsi lantai satu ini digunakan orang dengan latar belakang apapun utuk berdoa.Di lantai kedua, artinya manusia telah dewasa bisa membedakan mana yang baik dan buruk yang di hadapi dalam kehidupan.

Selanjutnya di lantai ketiga ini menggambarkan tentang kenakalan dan pergaulan bebas termasuk remaja dan narkoba. Tak heran bila Bukit Rhema pernah mengelola rehabilitasi kenakalan remaja, narkoba dan gangguan jiwa.

Lantai keempat menggambarkan keanekaragaman, seni, dan budaya yang ada di Indonesia. Bukit Rhema juga pernah dijadikan tempat belajar bagi anak panti membatik dan mengenalkan budaya di Indonesia.

Lantai kelima bercerita tentang seorang yang jatuh lalu melihat pemandangan sekitar bukit, lalu termotivasi untuk bangkit dan memiliki keyakinan dan harapan. Lalu lantai keenam menggambarkan mulut pada bagian Bukit Rhema sebagai terbuka. Mengartikan bahwa manusia pernah mengalami masa sulit tetap akan merasakan kebahagiaan di masa-masa akan datang.


Saksikan video piilihan berikut ini:

Mereka yang Tersingkir

HEADLINE: Reshuffle Kabinet di Rabu Pahing 15 Juni 2022, Hanya Sekadar Bagi-Bagi Kursi?

Liputan6.com 2022-06-16 00:00:22
Presiden Jokowi melantik Hadi Tjahjanto dan Zulkifli Hasan sebagai menteri. Juga tiga tokoh lainnya menjadi wakil menteri, Rabu (15/6/2022). (Youtube Sekretariat Presiden)

Rabu, 15 Juni 2022 atau bertepatan dengan Rabu Pahing, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali melakukan reshuffle kabinet.

Di Istana Negara, Jokowi melantik mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan.

Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 64/P Tahun 2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri negara Kabinet Indonesia Maju periode tahun 2019-2024.

Sedangkan tiga wakil menteri yang dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24/M Tahun 2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri negara Kabinet Indonesia Maju periode tahun 2019-2024.

Tiga wakil menteri yang juga dilantik hari ini adalah politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang, John Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) dan Sekjen PBB Afriansyah Noor menjadi Wakil Menteri Ketenagakerjaan.

Isu reshuffle kabinet sejatinya telah berhembus sejak Maret 2022. Saat itu Jokowi sudah menyinggung soal reshuffle kabinet di hadapan para menterinya gara-gara beli barang impor.

Jokowi sendiri mengaku menunjuk Zulkifli Hasan menjadi Menteri Perdagangan lantaran dinilai memiliki pengalaman dan rekam jejak yang mumpuni untuk menjadi Mendag.

"Kita melihat semuanya rekam jejak pengalaman, kemudian terutama untuk skill manajerial, sekarang bukan hanya makro saja, tapi mikronya juga harus secara detil dikerjakan," jelas Jokowi usai pelantikan menteri dan wakil menteri baru di Istana Negara Jakarta, Rabu (15/6/2022).

"Saya lihat Pak Zul dengan pengalaman, track record, rekam jejak yang panjang, saya kira akan sangat bagus untuk Mendag," sambungnya.

Menurut dia, urusan pangan yang berkaitan dengan kebutuhan pokok masyarakat sangat membutuhkan pengalaman di lapangan.

"Memerlukan kerja-kerja yang terjun lapangan untuk melihat langsung persoalan yang utamanya berkaitan dengan kebutuhan pokok rakyat," ujarnya.

Selain itu, Jokowi juga mengingatkan Zulhas soal urusan ekspor. Dia menekankan kebutuhan pokok dalam negeri harus bisa terjaga.

"Kalau urusan ekspor saya kira juga jadi urusan mendag, tapi yang lebih penting urusan kebutuhan pokok di dalam negeri harus bisa kita jaga," tutur Jokowi.

Sementara, Jokowi memilih Hadi Tjahjanto sebanag menteri ATR/BPN lantaran dianggap memiliki kemampuan dalam menguasai teritori. Selain itu, Hadi merupakan sosok yang bekerja dengan sangat detail.

"Karena beliau dulu sebagai mantan Panglima menguasai teritori dan kita tahu kalau ke lapangan kerjanya sangat detil," tutur Jokowi.

Jokowi pun meminta Hadi untuk segera menyelesaikan sengketa tanah.

"Tadi malam saya sampaikan urusan yang berkaitan dengan sengketa lahan harus sebanyak-banyaknya bisa diselesaikan," kata Jokowi.

Dia juga mengingatkan Hadi untuk segera menyelesaikan urusan sertifikat tanah masyarakat. Termasuk, soal urusan lahan di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

"Urusan sertifikat harus sebanyaknya diselesaikan dan saya yakin Pak Hadi punya kemampuan untuk itu," ucapnya.

"Termasuk di dalamnya urusan lahan tanah yang berkaitan dengan IKN," sambung Jokowi.

<p>Infografis 5 Wajah & Jabatan Baru di Reshuffle Kabinet Jokowi 15 Juni 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Janji Atasi Masalah Minyak Goreng dan Sengketa Tanah

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan janji segera menyelesaikan masalah minyak goreng. Dengan pengalaman yang dimiliki, ia optimistis dapat melaksanakan tugas yang diberikan Jokowi.

"Saya Insya Allah dengan sama-sama teman-teman bisa cepat menyelesaikan, terutama minyak goreng. Ketersediaannya ada, harga terjangkau. Kalau lama-lama kan kasian rakyatnya. Itu saya kira prioritas," jelas Zulhas usai pelantikan di Istana Negara Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Zulhas juga mengaku siap bekerja sama dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dan semua pihak untuk menyelesaikan masalah minyak goreng yang sudah berlarut-larut. Dia meminta masyarakat memberikan waktu beberapa hari untuk menyelesaikannya.

"Kasihlah satu hari ini dulu yah," ucapnya.

Sementara, sebagai Menteri ATR/BPN, kata Hadi, dirinya akan fokus menyelesaikan target 126 juta sertifikat tanah milik rakyat serta sengketa tanah.

"Namun saya lihat di lapangan permasalahannya apa, apakah permasalahannya itu masih K2 atau K3 itu juga akan kita selesaikan, tentunya juga berkoordinasi dengan instansi terkait, supaya segera terealisasi untik sertifikat milik rakyat," ujar Hadi.

Selain itu, Hadi juga menargetkan menyelesaikan masalah sengketa tanah di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Inshaallah dengan sinergi nantinya saya akan bekerja sama dengan instansi terkait, dalam hal ini mensukseskan tiga masalah tersebut, Insha Allah dalam waktu dekat akan kita sampaikan target berapa hari itu akan terselesaikan," tandas Hadi.


Hanya untuk Akomodir Politik dan Balas Jasa?

Pengamat Politik Jamiluddin Ritonga menilai bahwa reshuffle kabinet saat ini hanya untuk mengakomodir kepentingan politik semata ketimbang mempertimbangkan kinerja menteri. Dia menilai menteri perdagangan sebelumnya, Sofyan Djalil memiliki kinerja yang baik namun justru diganti.

"Jadi ini sangat politis atau politik akomodir. Bukan karena marah karena kinerja buruk, kalau benar gitu harusnya banyak menetri direshuffle, terutama menteri ekonomi karena ekonomi kita terpuruk," kata Jamiluddin kepada Liputan6.com.

Sementara, kata dia, menteri yang sudah terang-terangan sibuk mengurus pilpres justru tidak direshuffle.

"Misal Airlangga Hartarto, Erick Thohir, Prabowo itu kan sudah kampanye sana sini walau terselubung. Sudah mengerahkan relawan juga. Kalau mereka dipertahankan saya sangat yakin kinerja kabinet ini akan semakin rontok," ujarnya.

Sementara dengan penunjukan mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto juga menunjukkan bahwa pemilihan menteri ini hanya berdasarkan kedekatan semata.

"Itu saya bertanya-tanya orang yang mengusai bedil (senapan) kok mengurus tanah? Ini menguatkan dugaan menteri yang baru bukan berdasar profesional tapi lebih karena kedekatan karena waktu dia sangat dekat dengan Jokowi," ujarnya.

Politik balas budi juga terlihat ketika Jokowi menunjuk Sekjen PBB Afriansyah Noor menjadi Wakil Menteri Ketenagakerjaan. Diketahui, pada Pilpres 2019, PBB menyatakan diri mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin.

"PBB kan dulu memang ikut ke Jokowi, PBB dan PSI memang belum dapat jatah, jadi Jokowi tidak mau dipersalahkan dengan pihak yang berjasa. PBB masuk memang karena resfuhfle ini hanya untuk balasan jasa," tandas Jamiluddin.

Sementara Peneliti dari Populi Center, Usep Saepul Ahyar mengatakan masyarakat perlu mempertanyakan tentang reshuffle yang dilakukan oleh Jokowi. Apakah reshuffle kabinet ini dilakukan untuk kepentingan politik saja ataukah memang untuk memperbaiki kinerja menterinya.

"Apakah ini untuk kepentingan itu atau konsolidasi 2024 atau dalam pembagian kue yang belum kebagian dalam hal ini ada yang baru masuk ke PAN. PAN belum mendapat jatah," ujar Usep kepada Liputan6.com.

Hal yang sama juga terjadi pada PBB dan PSI. Menurutnya, kedua partai tersebut belum mendapatkan jatah menteri padahal getol mendukung Jokowi.

"Saya kira terkait bagi bagi orang yang berjasa dalam mendukung jokowi selama ini yg belum kebagian dapat jatah," ujarnya.

Sementara penunjukan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/BPN ini dilakukan untuk menyelesaikan persoalan tanah. Sebab menurutnya, banyak sengketa tanah yang berhubungan dengan militer.

"Misal pertanahan sosial, obyek refrom terkait perkebunan dikuasai oleh yayasan tentara. Itu juga mungkin berhubungan dengan kepentingan itu. Itu mungkin karena kita belum tau jejak beliau urusin tanah begitu. Karena persoalan tanah termasuk pelik," kata dia.

Penjelasan Istana

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, Jokowi membutuhkan refreshing atau penyegaran dari beberapa menteri dan wakil menteri.

"Reshuffle bukan hal yang tiba-tiba dan diskusi yang panjang. Presiden memang memerlukan semacam refreshing dari beberapa menteri dan wamen," kata Pramono di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Dia menyebut saat ini merupakan momentum yang paling pas untuk melakukan reshuffle kabinet. Pramono menjelaskan bahwa Jokowi memprioritaskan urusan pangan dan energi.

"Jadi sekarang ini, persoalan utama kita energi dan pangan. Jadi memang ada menteri, ada wamen yang diperkuat," ujar dia.

Dia menyampaikan ada sejumlah pertimbangan Jokowi dalam melakukan reshuffle kabinet salah satunya, politis. Kendati begitu, Jokowi mengetahui betul sosok seperti apa yang cocok untuk mengisi jabatan di kabinet.

"Ya kalau namanya kabinet atau reshuffle pertimbangannya tentunya banyak. Terutama presiden sangat tahu siapa yang dibutuhkan saat ini. Kita sebagai pembantu presiden tugasnya membantu beliau, memberikan pandangan. Untuk apa memang yang beliau putuskan," jelas Pramono.

<p>Infografis Ragam Tanggapan Reshuffle Kabinet Jokowi 15 Juni 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>


Ekonom Kecewa

Ekonom sekaligus Direktur Celios (Center of Economic and Law Studies) Bhima Yudhistira, mengaku kecewa lantaran Menteri Perdagangan yang baru berasal dari ketua umum partai.

"Ya tentunya ada sedikit kekecewaan kalau menteri perdagangan itu berasal dari ketum parpol. Padahal menteri perdagangan adalah menteri yang paling disorot kinerjanya," kata Bhima kepada Liputan6.com, Rabu (15/6/2022).

Menurutnya, yang menjadi PR tantangan perdagangan ke depan bukan hanya soal menjaga stabilitas harga pangan di dalam negeri, tapi juga meningkatkan ekspor dan juga bagaimana perdagangan bisa dikoordinasikan dengan Kementerian sektoral lainnya.

"Tapi diisi oleh Ketum parpol Kan berasal dari profesional. Saya kira kita kasih waktu 100 hari kedepan," ujarnya.

Jika memang digantinya Mendag ini merupakan pilihan dari Presiden. Maka tinggal menunggu bukti kerja 100 hari ke depan. Apakah persoalan yang paling sederhana, yaitu soal minyak goreng secara nasional harga bisa turun dibawah harga eceran tertinggi, rantai distribusinya pun bisa dibenahi.

Kemudian, dari sisi ekspor 100 hari kedepan diharapkan dengan tekanan resesi ekonomi di Amerika Serikat dan juga fluktuasi permintaan secara global, kinerja ekspor itu diharapkan bisa lebih berkualitas.

"Bukan sekedar neraca perdagangannya gemuk Karena ekspor komoditas, tapi juga ekspor yang bernilai tambah atau ekspor barang dari produksi," ujarnya.

Namun, jika melihat rekam jejak dari Zulkifli Hasan memang relatif cukup demokratis dan selama ini juga relatif lebih terbuka terhadap masukan-masukan. Tapi yang perlu dilihat adalah 100 hari kinerja ke depan.

"Apakah Pak Zulhas ini bisa membuktikan kepada publik bahwa pos Mendag ini bukan hanya titipan politik atau titipan politis tapi juga memang diisi oleh orang yang tepat. Kita lihat 100 hari kedepan Kalau nggak ya sebaiknya mundur," tegasnya.

Sementara itu, dilantiknya mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), kata dia, mungkin Presiden membutuhkan ketegasan dalam menyelesaikan persoalan yang cukup serius seperti mafia tanah.

"Dipilih mantan Panglima TNI apa mungkin membutuhkan ketegasan ya dan beberapa persoalan yang cukup serius soal mafia tanah, soal masalah sengketa lahan dan juga PR terkait lahan di ibu kota negara termasuk juga sengketa dengan masyarakat adat. Itu mungkin dibutuhkan sosok yang lebih tegas," katanya.

Kendati begitu, tetap perlu diperhatikan terkait masalah-masalah teknis. Oleh karena itu, diharapkan Marsekal Hadi Tjahjanto bisa menggandeng pakar-pakar di bidang permasalahan agraria untuk menuntaskan PR besar Jokowi yaitu reforma agraria.

"Jadi selain mafia tanah, juga reforma agraria bukan hanya target sertifikat tanah tapi juga kualitas pengelolaan reforma agraria itu menjadi tanggung jawab dari Menteri ATR/BPN," pungkasnya.

Sementara Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) berharap Zulkifli Hasan dapat memulihkan perekonomian dalam negeri.

"Memang ini tidak bisa diselesaikan secara langsung tetapi harapan IKAPPI ada upaya perbaikan, penertiban dan konsolidasi nasional untuk kembali memulihkan ekonomi dalam negeri," tuturnya.

Dalam hal ini memperkuat program untuk keberhasilan pangan nasional.

"Tetapi kami ingin menyambut welcome to jungle kepada pak menteri, belantara hutan ini harus diperbaiki, dirapikan dan satu harapan kami berpihaklah kepada pedagang pasar tradisional, berpihaklah kepada UMKM dan perkuat perdagangan dalam negeri agar tidak tersesat di dalam hutan," pungkas Abdullah.

Sementara, Ekonom Indef Nailul Huda menilai dilantiknya Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan menggantikan posisi Muhammad Lutfi, sebagai ajang kampanye politik 2024 mendatang.

"Saya rasa pergantian kursi Menteri Perdagangan tidak lebih dari sekadar bagi-bagi kursi, bukan untuk meningkatkan kinerja Kementerian Perdagangan itu sendiri," kata Nailul.

Menurutnya, kapasitas Zulkifli Hasan atau biasa disapa Zulhas ini pun masih jauh yang diharapkan. Nailul merasa, keadaan akan seperti zaman Rachmat Gobel yang menjabat Mendag periode 2014-2015, dan Enggartiasto Lukita yang menjabat Mendag periode 2016-2019.

"Dimana beliau-beliau ini merupakan orang politik. Saya khawatir ini hanya jadi bahan partai untuk persiapan kampanye 2024," ujarnya.

Dulu Enggartiasto Lukita sangat kontroversial sekali terkait kasus-kasus impor, seperti impor cangkul. Oleh karena itu, Nailul menegaskan masyarakat harus bersiap jika kebijakan perdagangan kita tidak semakin membaik, malah mundur.

"Terlebih terkait masalah minyak goreng. Tadinya saya berharap Menteri Perdagangan berasal dari kalangan profesional non partai, tapi nampaknya Pak Jokowi memberikan jatah kursi ke partai politik," ungkapnya.

<p>Infografis Kilas Balik Deretan Reshuffle Kabinet Pemerintahan Jokowi. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>