Jejak Eril dan Sepasang Sepatu

Ridwan Kamil Bagikan Kisah Jejak Eril dan Sepasang Sepatu dari Spanyol

Liputan6.com 2022-06-16 17:00:32
Eril anak Ridwan Kamil. (Foto: Dok. Instagram @nabilaishma)

Putra pertama Ridwan Kamil telah tiada. Namun kenangan akan dirinya terus ada. Jauh dari sorot kamera, diam-diam pemuda yang akrab disapa Eril itu memiliki banyak kisah yang dapat dijadikan panutan.

Memenuhi saran para ulama, Ridwan Kamil, membagikan kisah kebaikan sang putra. Harapannya, tentu agar dapat menginspirasi mereka yang berkenan menyimak.

Kali ini, yang dibagikannya adalah kisah tentang Eril dan sepasang sepatu buatan manca yang dia titip untuk dibelikan sang ayah.

Kisah ini, kata Ridwan Kamil, terjadi saat Emmeril Kahn Mumtadz masih duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA). Kala itu, mereka sekeluarga melaksanakan ibadah umrah dan kemudian melanjutkan pelesir ke Spanyol.

Ketika berada di Sevilla yang merupakan kota terbesar keempat di Spanyol, mereka sekeluarga mampir ke sebuah toko sepatu. Di toko itu, Eril mengungkap permintaan untuk dibelikan sepasang sepatu.

"Di Sevilla, kami mampir ke sebuah toko sepatu. Dan Eril bilang, 'Pap, titip beliin sepatu yang ini ya.'"

Ridwan Kamil pun memenuhi permintaan sang putra tercinta. Namun, terbersit rasa bingung di benaknya ketika mendapati ukuran sepatu yang diminta berbeda dari ukuran sepatu Eril.

Seminggu kemudian, kebingungan Ridwan Kamil pun terjawab. Sepasang sepatu yang Eril minta belikan rupanya memang bukan untuknya.

"Sepatu itu untuk jadi hadiah buat seorang satpam SMA 3 Bandung yang jadi teman baiknya," ujar Ridwan Kamil melalui unggahan di Instagram pribadi, Rabu, 15 Juni 2022.

Menurut Eril, satpam tersebut kerap bersedia dititipi sepeda, bahkan rajin mengelapnya. Untuk itulah Eril seolah ingin membalas kebaikan sang penjaga dengan menghadiahinya sepatu.

"Mungkin sudah rejeki si satpam yang Eril panggil 'Masbro', untuk pake sepatu keren buatan Spanyol," kata Ridwan Kamil menutup kisah dengan #JejakEril.


Sosok Baik Hati

Testimoni tentang kebaikan Eril tak hanya datang dari pihak keluarga. Orang-orang dekat seperti guru agama, kekasih hingga asisten rumah tangga turut membagikan kisah mengenai sifat baik pemuda itu.

Nabila Ishma misalnya. Kekasih Eril itu mengaku kerap protes karena menurutnya anak sang gubernur itu seringkali terlalu baik pada orang. Namun setelah kepergian Eril, Nabila belajar bahwa kebaikan kekasihnya semasa hidup yang membuat doa jutaan orang mengalir untuknya.

"Dulu aku sering protes karena kamu selalu terlalu baik sama orang orang. Tapi sekarang justru aku jadi belajar bahwa kebaikan kamulah yang menjadi jutaan doa yang setiap hari dilantunkan oleh orang-orang untuk kamu," tulis Nabila di akun Instagramnya.

Ustaz Adi Hidayat yang menjadi guru agama keluarga Ridwan Kamil pun bersaksi bahwa Eril pemuda baik yang senantiasa berupaya mendekatkan diri pada Allah SWT. Eril juga adalah anak yang hebat, berdedikasi dan berbakti kepada orang tua.

Eril diketahui juga bukan pribadi yang mau menggunakan previlege sebagai anak pejabat. Alih-alih tinggal di rumah dinas sang ayah dan mendapat berbagai fasilitas, Eril lebih memilih tinggal di kediaman pribadi Ridwan Kamil.


Peduli Sesama dan Pantang Menyerah

Banyaknya doa yang dilantunkan jutaan orang untuk Eril, menurut Ridwan Kamil bisa jadi karena kebaikan putranya semasa hidup.

Kakak dari Zara itu adalah sosok yang sabar dan pantang menyerah. Eril sempat bekerja sambilan saat kuliah untuk bisa membeli sesuatu yang dia inginkan.

RK mengaku, dia dan sang istri memang tidak selalu meluluskan permintaan Eril meski mereka mampu. Terbukti, pola didik RK dan Atalia Praratya menumbuhkan kemandirian pada anak lelaki mereka. Kakak dari Zara itu tumbuh menjadi sosok yang sabar dan pantang menyerah. Eril sempat bekerja sambilan saat kuliah untuk bisa membeli sesuatu yang dia inginkan.

Meski demikian, kepedulian Eril terhadap sesama tetap tinggi. Kondisi cuaca yang terkadang tak bersahabat, seperti saat hujan tak menyurutkan niatnya untuk berbagi kebaikan.


Dimakamkan di Cimaung, Jawa Barat

Eril dimakamkan pada Senin, 13 Juni 2022. Pihak keluarga telah menyiapkan makam di kampung halaman ibu Eril, Atalia Praratya, yakni di Cimaung, Jawa Barat.

Makam Eril terletak di area Islamic Center yang tengah dibangun Ridwan Kamil. Tak berapa jauh dari makam akan berdiri masjd yang diarsiteki sang ayah. Masjid itu telah ditetapkan akan diberi nama Al Mumtadz, sesuai nama belakang Eril.

Hikmah di Balik Meninggalnya Eril

Hikmah di Balik Musibah Meninggalnya Eril di Sungai Aare Swiss

Liputan6.com 2022-06-16 06:00:04
Kondisi terkini makam Eril anak Ridwan Kamil. (Foto: Dok. Instagram @ridwankamil)

Perwakilan keluarga menyatakan wafatnya putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yakni almarhum Emmeril Kahn Mumtadz atau disapa Eril, justru memberikan hikmah ilmu bagi keluarga.

Adik kandung Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman mengatakan Eril yang wafat saat hendak mencari ilmu di Swiss, justru menjadi guru bagi keluarga untuk meneladani sifat baik-nya selama hidup.

"Kami menduga Eril yang akan kami antarkan untuk menuntut ilmu dan mencari sekolah, tapi Allah SWT memberikan kesempatan kami, justru menjadikan peristiwa Eril ini menjadi sekolah kami," kata Elpi di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa.

Adapun hikmah ilmu yang didapat dari wafatnya Eril itu yakni untuk bersikap ikhlas, tawakal, berpikir positif, dan menyeimbangkan antara usaha dunia dan berpasrah kepada Allah.

"Dan juga arti penting keluarga bagaimana saling membantu dalam berbagai situasi," kata dia, dikutip Antara.


Jadi Perhatian Publik

Dia juga mengatakan pihak keluarga tak menampik bahwa peristiwa wafatnya Eril itu menjadi perhatian publik sehingga timbul berbagai opini dan saran.

"Tapi pengalaman ini mengajarkan kita agar selalu berkonsultasi, salah satunya dengan orang yang berilmu, yaitu ulama," kata Elpi.

Adapun Eril sebelumnya dikabarkan hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss, sejak akhir Juni 2022. Kemudian jenazah Eril ditemukan dan dibawa hingga tiba di Indonesia pada Sabtu (11/6).

Almarhum Eril kemudian dimakamkan di Desa Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Senin (12/6). Lokasi pemakaman Eril merupakan daerah asal ibunya yakni Atalia Praratya Kamil.


Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Ridwan Kamil Kenang Masa SMA Eril

Ridwan Kamil Kenang Masa SMA Eril di Acara Wisuda Putrinya Azzahra

Liputan6.com 2022-06-16 14:00:00
Foto Emmeril Kahn bersama Ridwan Kamil (dok. Instagram @fatih_indonesia/https://www.instagram.

Di sela-sela menghadiri acara wisuda putrinya, Camillia Laetitia Azzahra, di SMAN 3 Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (16/6/2022), Ridwan Kamil kembali menyinggung Eril.

"Saya alumni SMAN 3, masuk angkatan 1988 lulus 1990. Saya juga, sama seperti Eril, saya pengurus OSIS, saya rajin ke DKM dan saya masuk tim sepak bola," kata Ridwan Kamil, yang menghadiri acara wisuda bersama istrinya, Atalia Praratya.

Kepada para wisudawan, Kang Emil, sapaan akrabnya, menekankan pentingnya penguasaan pengetahuan mengenai perkembangan teknologi dan ekonomi digital pada masa ini.

"Ekonomi digital saat ini harus dikuasai. Dulu ponsel hanya alat komunikasi, sekarang jadi alat produksi, bisa cari kerjaan, baca koran, dan semua itu kini harus dikuasai," katanya.

Dalam acara wisuda tersebut, Ridwan Kamil juga menyampaikan bahwa masanya untuk bersedih sudah usai setelah dia melepas kepergian putranya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.

Eril meninggal dunia setelah terseret arus Sungai Aare di Kota Bern, Swiss. Jenazahnya dimakamkan di Kabupaten Bandung pada Senin (13/6/2022).

Ridwan Kamil mengatakan bahwa Eril juga alumnus SMAN 3 Bandung. Eril lulus dari sekolah itu tahun 2017.

Selain itu, Ridwan Kamil menceritakan kebiasaan Eril menggunakan sepeda ke sekolah dan menitipkan sepedanya ke Satpan sekolah, serta bagaimana kebiasaan itu membuat Eril bersahabat dengan siapa pun, bahkan Satpan sekolah.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kembali Berdinas

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil akan kembali berdinas mulai Kamis (16/6/2022). Dia akan berdinas lebih cepat dibandingkan waktu cuti yang tengah dijalani hingga 19 Juni 2022 mendatang.

Seperti diketahui, pihak Pemprov Jabar telah menyampaikan permohonan izin Gubernur Jabar ke luar negeri dengan alasan penting ke Kementerian Dalam Negeri selama 11 hari terhitung 9-19 Juni 2022.

Agar memastikan pemerintahan tetap berjalan, Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum kembali menjadi pelaksana harian gubernur Jabar sampai kembalinya Ridwan Kamil ke Tanah Air.

"Beliau akan berkegiatan secara penuh mulai Kamis. Agenda beliau akan kembali seperti semula," kata Kepala Biro Administrasi Pimpinan Provinsi Jawa Barat Wahyu Mijaya dalam konferensi pers di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (14/6/2022).

Menurut Wahyu, kegiatan Ridwan Kamil saat ini masih menyambut para petakziah. Beberapa di antaranya yakni Wakil Ketua MPR RI, Kedubes Qatar untuk Indonesia, serta Menko Perekonomian dan Menteri Perindustrian.

"Dan untuk hari ini dan besok masih dilakukan penerimaan takziah," ucap Wahyu.

Wahyu menambahkan, pengajian dan takziah masih digelar di Gedung Pakuan hingga akhir pekan ini. "Sementara untuk kegiatan takziah dan pengajian bersama sampai dengan hari Minggu," ucapnya.

Rumah Botol Ridwan Kamil

Mengulik Lagi Rumah Botol Milik Ridwan Kamil di Bandung

Liputan6.com 2022-06-16 13:02:55
Menengok Rumah Ridwan Kamil di Bandung, Ada 30 Ribu Botol dan Berkonsep Ramah Lingkungan. foto: Instagram @fatyanosa

Jika mengenal sosok Ridwan Kamil lebih luas, sebagian besar orang tahu dia bukan hanya pemimpin atau Gubernur Jawa Barat saja, tapi juga seorang arsitek andal. Beberapa desain bangunannya tak jarang mengundang decak kagum banyak orang.

Melalui firma arsitektur Urbane, karya desain Ridwan Kamil, tak hanya di Indonesia, melainkan juga tersebar hingga ke benua Asia dan Eropa. Ciri khas desain karya-karyanya adalah filosofi yang mendalam dalam setiap goresannya.

Beberapa karya lain dari Ridwan Kamil yang patut diacungi jempol seperti Masjid Ar-Irsyad, Masjid Al Jabbar, Museum Tsunami Aceh, Marina Bay Waterfront Master Plan dan Masjid Syaikh Ajlin Palestina. Museum Tsunami Aceh bisa dibilang sebagai salah satu karya Emil yang monumental. Bangunan itu menggambarkan bagaimana rakyat Aceh bersedih dan bangkit dari bencana besar yang terjadi pada 2004 lalu.

Ada juga Marina Bay Waterfront di Singapura. Tak ketinggalan sebuah rancangan kota baru dan dianggap sebagai salah satu kota masa depan, Ningbo Newtown, Tiongkok.

Sekitar 20 penghargaan terkait karya arsitektur dan tata kota diraih Ridwan Kamil. Rancangan masjid Al-Irsyad yang dipersembahkan bagi mendiang ayahnya, masuk dalam Top 5 Best Building Of The Year 2010 oleh ArchDaily dan menjadi satu dari 25 masjid terindah di dunia versi Complex Magazine.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kumpulkan Botol Bekas

Sebagai seorang arsitek, mantan Wali Kota Bandung ini juga mendesain sendiri rumahnya yang diberi nama Rumah Botol. Belakangan ini rumah botol tersebut kembali disorot publik di media sosial. Penampakan rumah itu juga dibagikan oleh sejumlah akun TikTok, salah satunya akun @nevithaapril pada 12 Juni 2022.

Menurut informasi yang dibagikan oleh warganet, rumah tersebut ditempati oleh Eril semasa hidupnya. Rumah botol yang berada di Jalan Cigadung Selatan, Bandung ini memiliki luas lahan sekitar 373 meter persegi.

Proses pembuatannya dimulai dari 2015 dan berlangsung selama dua tahun. Sesuai namanya, rumah ini dibangun dengan botol bekas dari limbah yang ada. Sebanyak 30.000 botol bekas dikumpulkan oleh Ridwan Kamil.

Proses pengumpulan botol ini menghabiskan waktu selama enam bulan. Botol-botol bekas yang menghiasi rumah pria yang akrab disapa Kang Emil ini tidak hanya ramah lingkungan tapi juga mudah dirawat. Karena terbuat dari kaca, debu yang menempel pada botol-botol tersebut cukup dibersihkan menggunakan kain basah.


Dapat Penghargaan

Tak hanya menggunakan botol, pada bagian pilar penyangga, lantai rumah, jendela, dan pintu masuk depan rumah Ridwan Kamil menggunakan kayu sebagai material utama. Rumah botol ini mengusung konsep green design dengan menggunakan sumber daya yang efisien dan efektif serta metode perancangan yang ramah lingkungan terutama dengan penggunaan botol bekas.

Kalau masuk lebih dalam, rumah ini terlihat punya banyak ruang open space dan minimalis. Tidak banyak perabot di dalam rumah ini sehingga terkesan lebih luas dan sirkulasi udara yang masuk juga cukup baik.

Melihat dari gambar saja, rumah ini terasa cocok untuk bersantai dan menikmati hari libur bersama keluarga. Kang Emil juga membangun sebuah perpustakaan di dalamnya dengan berbagai koleksi buku. Menariknya lagi, beberapa sisi bagian rumah ini pernah dianugerahi Green Design Award oleh Building Construction Indonesia (BCI).


Mengurangi Suhu Panas

Rumah ini juga dihiasi oleh tanaman hijau dan kolam dengan gemercik air sehingga suasana rumah terasa lebih asri. Kang Emil pernah mengatakan dirinya merasa tenang jika mendengar dan memegang air itu.

Ridwan Kamil juga menjelaskan jika botol dari limbah tersebut bisa digunakan untuk mengurangi suhu panas yang ada di luar. Perawatan rumah botol ini juga tidak sulit, cukup dengan mengelap atau disemprot menggunakan air biasa tiap tiga bulan sekali.

Furnitur yang melengkapi rumah ini sebagian besar terbuat dari kayu dengan warna didominasi oleh cokelat dan hitam. Rumah botol rancangan Ridwan Kamil itu sudah jarang ditempati sejak 2017 dan disewakan untuk Sabtu dan Minggu.

Kabarnya, Eril lebih sering menempati rumah tersebut selama Kang Emil tinggal di Gedung Pakuan yang merupakan rumah dinas Gubernur. Belakangan, potret rumah ini menjadi viral setelah kepergian Eril karena banyak warganet yang memvideokan potret rumah tersebut yang terlihat sepi.

Infografis Serba-serbi Rumah Ramah Lingkungan. (Liputan6.com/Triyasni)

Son Heung-min Raih Sepatu Emas

Raih Sepatu Emas, Son Heung-min Diminta Cabut dari The Lilywhites?

Liputan6.com 2022-06-16 06:30:59
Sayap kiri Tottenham Hotspur, Son Heung-min tampil tajam musim 2021/2022 dengan mengoleksi 20 gol di semua ajang sejauh ini. Jika ditotal, hingga kini ia telah mencetak 127 gol selama 7 mu

Ayah bintang Tottenham Hotspur Son Heung-min mendesak putranya untuk menjadi pemain kelas dunia. Ia juga diharapkan bisa berkiprah di salah satu klub top dunia. Kondisi itu membuat masa depan pemain asal Korea Selatan di London mulai diragukan.

Dilansir dari Mirror, sejumlah kritikus menilai Son Heung-min sejatinya telah sudah dengan pemain-pemain populer dunia. Ia sanggup menorehkan prestasti gemilang dengan berbagi Sepatu Emas Liga Inggris bersama Mohamed Salah, usai menorehkan 23 gol musim lalu.

Perannya sebagai mesin pencetak gol The Lilywhites juga berhasil membantu skuad racikan Antonio Conte finis di posisi empat klasemen akhir Liga Premier 2021/2022. Sayangnya, Son hingga kini belum memenangkan trofi utama di level klub.

Prestasi terbaiknya bersama Spurs adalah finis di peringkat dua klasemen Liga Inggris musim 2016/2017, mencapai final Liga Champions 2018/2019, serta menembus partai puncak Carabao Cup 2020/2021 sebelum ditekuk oleh Manchester City.

"Dia harus bekerja lebih keras dan membuat lebih banyak kemajuan," ujar ayah Son Heung-min, Son Woong-jung, yang juga merupakan eks pesepak bola asal Negeri Ginseng.

"Jika dia puas dengan apa yang sudah ia raih saat ini, krisis akan datang. Dia harus selalu berusaha lebih baik dan tetap (berada) dalam performa terbaik, bukankah begitu? Alih-alih senang dengan posisinya, saya selalu berharap dia bisa menjadi 10 persen lebih baik."

"Dia harus mampu memainkan peran yang solid di salah satu klub top dunia. Saat itulah dia akan menjadi pemain top dunia. Dia mencetak banyak gol tahun ini, tetapi bukan berarti dia akan mencatatkan (prestasi) yang sama tahun depan," pungkas sang ayah.


Klub Top Dunia

Mirror menilai Tottenham Hotspur belum sepenuhnya bisa dikategorikan sebagai salah satu klub top dunia. Bicara soal prestasi, The Lilywhites memang masih tertinggal dibanding trio raksasa Liga Inggris lainnya, yakni Manchester City, Liverpool, dan Chelsea.

Spurs bahkan baru kembali ke panggung Liga Champions setelah dua tahun gagal menembus kompetisi tersebut. Klub yang kini ditukangi oleh Antonio Conte itu juga baru memenangkan dua trofi Carabao Cup sejak 1991. Adapun gelar teranyarnya diraih pada 2008.

Kendati demikian, Tottenham Hotspur punya peluang untuk memantapkan dirinya sebagai tim elite Eropa. Tak hanya dilengkapi dengan fasilitas stadion apik, The Lilywhites juga kini ditangani oleh salah satu pelatih yang disegani.

Mereka pun punya sejumlah pemain menjanjikan, mulai dari Rodrigo Bentancur, Cristian Romero, Dejan Kulusevski, hingga Harry Kane. Pimpinan Tottenham Hotspur Daniel Levy telah menegaskan dirinya tak akan melepas Son Heung-min. Apalagi, sang penggawa masih memiliki tiga tahun tersisa dalam kontraknya di London.


Senang di Tottenham

Ayah Son Heung-min sejatinya tidak menyinggung soal masa depan sang anak di Tottenham Hotspur. Ia pun tak secara spesifik menyebut nama The Lilywhites dalam pernyataanya.

Di sisi lain, Son Heung-min pernah menyatakan bahwa dirinya senang berada di Tottenham Hotspur. Ia mengaku merasa terhormat karena bisa mengenakan seragam The Lilywhites selama enam tahun terakhir.

"Tidak ada keputusan. Itu mudah. Saya sangat senang berada di sini (di Tottenham Hotspur)," ujar Son usai kabar mengenai perpanjangan kontraknya tersiar di media.

"Sudah merupakan kehormatan besar (bagi saya) untuk bermain di sini selama enam tahun. Pihak klub telah menunjukkan rasa hormat yang sangat besar kepada saya, dan jelas saya sangat senang berada di sini," tambahnya lagi.


Pemain Asia Pertama

Son Heung-min memang kian moncer bersama Tottenham Hotspur. Keberhasilannya meraih sepatu emas menjadikan Son sebagi pemain Asia pertama yang mampu merebut gelar top skor di Liga Inggris hingga saat ini.

Predikat top skor yang disandang Son musim lalu juga tak lepas dari penampilan gemilangnya di laga terakhir melawan Norwich City. Kala itu, pesepak bola asal Korea Selatan mampu menetak dua gol pada menit ke-70 dan 75, sekaligus mengantar timnya menang dengan skor telak 5--0 atas tuan rumah.


Komentar Son Heung-min

"Ini penghargaan yang luar biasa. Saya sudah memimpikan hal ini sejak kecil dan saya sangat emosional. Ini (Sepatu Emas) benar-benar ada di tangan saya. Saya tidak percaya hal ini," kata Son usai menerima penghargaan sebagai top skor, seperti dilansir dari BBC.

Tidak mudah bagi Son merebut gelar tersebut. Pasalnya, ia sempat kesulitan membobol gawang Norwich City di laga terakhir. Kondisi ini pun ternyata membuat Son frustrasi.

"Pada akhirnya saya mencetak gol (di laga kontra Norwich). Saya sempat frustrasi karena melewatkan peluang emas. Saya sampaikan ini kepada teman-teman. Saya tidak menyerah dan teman-teman banyak membantu saya," ungkap Son.

Tidak Suka Disebut Pesepak Bola Seksi

Ana Markovic: Saya Tidak Suka Disebut Pesepak Bola Terseksi di Dunia

Liputan6.com 2022-06-16 09:00:09
Pemain Grasshopper Club Zurich Ana Maria Markovic atau Ana Markovic. (foto: Instagram @anamxrkovic)

Ana Markovic buka suara tentang bagaimana media meliput tentang dirinya. Sayangnya, pemberitaan tentang striker timnas Kroasia itu bukan soal kualitasnya di lapangan, melainkan berkisar seputar penampilannya.

Pesepak bola bernama lengkap Ana Maria Markovic itu kini bermain untuk Grasshopper Club Zurich di Swiss. Tapi, sebagian besar dari 580.000 pengikutnya di Instagram mengikutinya bukan lantaran prestasi sepak bola pemain berusia 22 tahun tersebut.

Salah satu surat kabar Serbia, baru-baru ini, menggambarkan Ana Markovic sebagai pesepak bola terseksi di dunia. Sebuah gelar yang menurut sang pemain reduktif.

Ana Markovic kepada media Swiss 20 Minuten mengatakan: "Saya menyukai artikel yang menyebut saya pesepak bola paling cantik karena membuat saya senang mendengar bahwa saya cantik."

"Tapi, kemudian muncul artikel surat kabar di mana saya digambarkan sebagai pesepak bola paling seksi. Saya tidak suka itu. Juga, karena keluargaku."

"Saya pikir Anda harus berhati-hati dengan apa yang Anda tulis tentang orang. Tetapi, secara keseluruhan itu tidak terlalu buruk."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Dimanfaatkan

Ana Markovic mengatakan dirinya banyak dimanfaatkan orang untuk menghasilkan uang. "Banyak orang menulis kepada saya berpura-pura menjadi manajer dan saya tahu persis apa yang mereka inginkan dari saya," katanya.

"Mereka belum pernah melihat saya bermain sepak bola dan hanya melihat luarnya saja. Saya menemukan itu, sangat disayangkan."

"Saya pikir orang-orang seperti itu harus mencari tahu lebih banyak sebelumnya dan melihat apa yang bisa saya lakukan dalam hal sepak bola," imbuh Ana Markovic.

"Banyak juga yang membuat saya merasa cantik dan itu hanya karena mereka bisa memanfaatkan saya di media sosial dan mereka ingin menghasilkan uang dengan itu."


Timnas Kroasia

Ditanya tentang panggilannya ke tim nasional Kroasia, baru-baru ini, Ana Markovic menjawab: "Dengan tim nasional itu sendiri, semuanya berjalan lancar."

"Mereka memberi saya perasaan profesional dan juga mempelajari performa sepak bola saya melalui video YouTube."

"Mereka yang bertanggung jawab di federasi Kroasia melakukan pekerjaan dengan sangat baik," pungkas Ana Markovic.

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Candi Borobudur Akan Ditutup

Usai Heboh Harga Tiket Mendadak Candi Borobudur Akan Ditutup, Ada Apa?

Liputan6.com 2022-06-16 10:00:05
Pengelola Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko menyiapkan protokol kesehatan yang ketat bagi wisatawan yang berkunjung pada masa uji coba pembukaan wisata candi tersebut mulai Rabu, 1

Candi Borobudur di Kabupaten Magelang tertutup bagi wisatawan umum saat kunjungan Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier yang dijadwalkan ke Borobudur pada Jumat (17/6), kata Wakil Sementara General Manager Unit Borobudur & Manohara, Pujo Suwarno.

Pujo di Magelang, Jawa Tengah, Rabu, mengatakan dalam rangka kunjungan tamu kenegaraan Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier tersebut Taman Wisata candi Borobudur akan ditutup pukul 07.00-12.00 WIB bagi masyarakat umum.

"Borobudur akan dibuka kembali untuk wisatawan umum pukul 12.00 WIB," kata Pujo yang juga Marketing & Sales Vice President PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) ini, dikutip Antara.

Ia menyampaikan pada hari kunjungan Presiden Jerman itu, wisatawan masih bisa berkunjung ke Candi Borobudur pada pukul 12.00-16.30 WIB.

"Karena ini kunjungan tamu kenegaraan harus begitu prosedurnya, untuk menghormati beliau," katanya.


Rencana Kunjungan Presiden Jerman di Borobudur

Pujo menuturkan rombongan Presiden Jerman berjumlah sekitar 35 orang, tetapi untuk detailnya pihaknya masih menunggu daftar dari Kedubes Jerman.

"Karena ini kunjungan setingkat RI 1 maka rombongan akan naik ke atas candi, rencana simulasinya begitu," katanya. Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier akan mengadakan kunjungan kenegaraan ke Republik Indonesia pada 15-17 Juni 2022.

Di Jakarta, Presiden Steinmeier akan disambut oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan untuk perbincangan politik. Selain itu juga akan bergabung dalam pertemuan dengan para pakar berbagai topik yang mencakup upaya Indonesia dibidang lingkungan hidup, iklim, dan energi.

Presiden Jerman kemudian akan bertolak ke Yogyakarta, mengeksplorasi warisan kebudayaan Indonesia.

Diketahui, beberapa waktu terakhir Candi Borobudur ramai menjadi perbincangan publik gara-gara rencana kenaikan harga tiket.

Sebagian menilai, harga tiket Rp750 ribu dan 100 dolar Amerika untuk wisatawan asing terlalu mahal. Belakangan, kenaikan harga tiket itu ditunda.


Saksikan Video Pilihan Ini:

Firasat Meninggal Dunia Usai Idap Tumor

Kantor Pos Paling Sepi di Dunia