Mobil Ronaldo Hantam Tembok

Mobil Mewah Cristiano Ronaldo Hantam Tembok Perumahan

Liputan6.com 2022-06-21 17:00:06
Mobil baru Cristiano Ronaldo, Bugatti Veyron

Liburan Cristiano Ronaldo dan keluarga terganggu oleh kabar mengenai kecelakaan yang menimpa salah satu mobil mewahnya, Bugatti Veyron. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, tapi kejadian itu membuat mobil seharga 1,7 juta pound sterling tersebut mengalami kerusakan yang sangat parah.

Seperti dilansir dari Latintimes, Cristiano Ronaldo dan keluarganya tengah menikmati liburan di Majorca saat insiden terjadi. Bersama kekasihnya, Georgina Rodriguez dan kelima anaknya, pemain Manchester United atau MU tersebut diketahui menghabiskan waktu di kawasan pegunungan Tramuntana.

Kecelakaan terjadi pada Senin (20/6/2022) waktu setempat. Insiden bermula saat pengemudi mobil, yang belakangan diketahui bukan Ronaldo kehilangan kendali. Mobil bertenaga 900 horsepower itu kemudian meluncur dan menabrak tembok perumahan Sa Coma, Bunyola, Palma de Majorca.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Hanya saja, mobil Bugatti milik Ronaldo mengalami kerusakan yang cukup parah di bagian depan. Petugas kepolisian setempat dibantu Garda Sipil segera hadir di lokasi kejadian. Penyelidikan awal tidak menemukan keterlibatan mobil lain dalam insiden itu.

Saksi yang berada di lokasi kejadian mengatakan, pengemudi juga tidak mengalami luka serius.

"Mobil menabrak dinding tetapi hanya ada kerusakan material tanpa ada yang terluka dan pengemudi menerima tanggung jawab penuh atas apa yang terjadi," ujar salah sumber terpercaya The Sun.

"Informasi tentang siapa yang berada di belakang kemudi dan apa yang terdaftar di database kepolisian, dapat diakses pengadilan atau petugas jika ada penyelidikan lebih lanjut yang perlu dilakukan. Tetapi ini lebih merupakan kasus informasi yang perlu didaftarkan sehingga pemilik properti yang rusak dapat mengajukan klaim kompensasi dan menggunakan laporan polisi sebagai cadangan jika ada perselisihan di kemudian hari tentang bagaimana kerusakan telah terjadi," ujar sumber itu.


DikemudikanPengawal Pribadi

Ronaldo diketahui tidak berada di balik kemudi saat kecelakaan terjadi. Koran berpengaruh di daerah Majorca, Cronica Balear menyebut kalau pengemudi mobil adalah salah seorang pengawal pribadinya.

Tidak disebutkan siapa nama bodyguard malang tersebut. Apalagi, setelah kejadian dia segera turun dari mobil dan meninggalkan lokasi kejadian. Sedangkan staf dan pegawai Ronaldo lainnya tetap berada di lokasi untuk menerima kehadiran polisi yang datang untuk menyelidiki peristiwa itu

Hingga saat ini, identitas mengenai pengemudi belum juga terungkap. Hanya saja, diketahui Ronaldo dan keluarganya selama ini dikawal oleh bodyguard kembar asal Portugal jebolan pasukan khusus yang pernah bertugas di Afghanistan. Mereka diketahui bernama Sergio dan Jorge Ramalheiro. Selain Ronaldo mereka juga menjadi pengawal orang-orang penting seperti politisi hingga hakim.


Hobi Mobil Mewah

Cristiano Ronaldo sendiri memang dikenal sebagai kolektor mobil mewah. Garasinya, dihuni mobil berbagai merek seperti Ferrari F12 TdF, Bugatti Chiron, hingga Rolls Royce Cullinan.

Salah satu koleksi termahal Ronaldo adalah La Voiture Noire. Menurut Bussines Insider, mobil langka dengan kecepatan maksimal 260 mph ini mencapai harga USD 12,5 juta atau Rp 178,4 Miliar.

Tidak lama setelah membawa Juventus menjuarai Serie A untuk kali kedelapan, mega bintang lapangan hijau, Cristiano Ronaldo, juga kedapatan menambah koleksi mobil mewahnya. Pemain yang didatangkan dari Real Madrid tersebut membeli super car McLaren Senna.

Seperti dilansir AS, harganya di atas sekitar 1 juta euro atau setara dengan Rp 15 Miliar. McLaren Senna punya keunikan tersendiri dan hanya diproduksi sebanyak 500 unit saja.

Sesuai namanya, model terbaru ini sengaja diluncurkan untuk menghormati mendiang pembalap F1 legendaris asal Brasil, Ayrton Senna yang tewas saat balapan tahun 1994.


Deretan Mobil Mewah Lainnya

Selain membeli sendiri, mobil-mobil koleksi pribadi Ronaldo juga berasal dari sang kekasih Georgina. Saat masih di Juventus, Ronaldo pernah mendapat hadiah berupa mobil Mercedes kelas Benz G-Class.

Menurut kabar, varian mewah dari mobil tersebut adalah Mercy G-Class AMG G63 yang harganya tidak kurang dari Rp7 miliar. Seperti Ronaldo, Mercedes G-Class AMG G63 itu juga punya performa ciamik. Varian mewah produksi perusahaan Jerman itu dibekali mesin berkapaistas 4.0L V8 Biturbo dengan tenaga 577p atau setara dengan lebih dari 1.000 tenaga kuda. (Selengkapnya simak di sini)

Say Goodbye to @Awkarin

Awkarin Tinggalkan 7,9 Juta Followers di Instagram: Say Goodbye to Awkarin, Say Hello to Karin Novilda

Liputan6.com 2022-06-21 11:00:00
(Instagram/Awkarin)

Selebgram Awkarin mengumumkan keputusan yang cukup menggemparkan. Pemilik nama asli Karin Novilda itu memutuskan untuk meninggalkan akun @awkarin yang membesarkan namanya itu.

Sebagai informasi, akun Instagram Awkarin itu saat ini sudah memiliki followers hampir 8 juta. Awkarin menyatakan bahwa dirinya siap dengan segala konsekuensinya dengan menutup akun tersebut.

"Sudah 11 tahun sejak aku pertama kali mendaftar ke platform ini. Bagi mereka yang telah mengikuti perjalananku, kamu mungkin bertanya, 'Siapakah Awkarin tanpa Instagram?'" tulis Awkarin mengawali unggahannya dalam bahasa Inggris.

"Ini tahun 2022 dan aku kehilangan akun Instagram-ku sendiri. Sebagian besar dari dari kalian mungkin akan berpikir bahwa aku telah mencapai titik terendah, tetapi aku selalu siap untuk skenario terburuk," lanjut pemilik nama Karin Novilda itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bagian Besar dalam Hidupnya

Awkarin mengakui bahwa akun @awkarin telah menjadi bagian yang memberi dampak besar bagi kehidupannya. Namun pada kenyataannya, apa yang tampak dari unggahan-unggahannya di Instagram itu bahkan tidak separuh dari siapa Awkarin sebenarnya.

"Aku telah melalui begitu banyak dalam hidupku dan setiap orang dari kalian memiliki kursi barisan depan menyaksikan semuanya terjadi. Baik saat-saat bahagia dan sedih, dengan cara kalian adalah bagian darinya, dan aku sangat diberkati," ungkapnya.


Tak Semata tentang Angka

Selain itu, Awkarin juga menyadari bahwa hidup tidak hanya semata-mata tentang angka atau "engagement" dalam dunia digital. Tetapi lebih dari itu, yaitu tentang bagaimana dirinya bisa berpengaruh bagi orang-orang di dunia nyata.

"Kehilangan akun media sosial seharusnya tidak berarti akhir dunia bagi siapa pun," lanjut Awkarin.


Goodbye Awkarin, Hello Karin Novilda

Melalui unggahan itu pula, ia resmi memutuskan tak lagi menggunakan Instagram dengan akun Awkarin, tetapi ia tetap menyelesaikan tanggung jawabnya untuk semua pekerjaan yang masih melibatkan akun @awkarin. Setelahnya, ia mengumumkan bahwa dirinya ingin dikenal sebagai Karin Novilda, bukan lagi Awkarin.

"Say goodbye to Awkarin, and say hello to Karin Novilda. Aku tidak akan lagi menggunakan akun ini sebagai akun pribadiku dan tidak akan lagi menerima promosi berbayar dan pertanyaan bisnis melalui akun ini. Tapi setiap kontrak dan kesepakatan kerja yang telah dibuat dengan akun ini akan dilakukan seperti yang kami tandatangani," tulis Awkarin.

"Thank you for being here with me from the start, you guys are the best. With love, Karin Novilda. @narinkovilda," tutupnya.

Infografis Facebook, Instagram & WhatsApp Tumbang. (Liputan6.com/Triyasni)

Hidup Baru dengan Semangat Eril

7 Hari Usai Pemakaman Anak, Ridwan Kamil Mulai Hidup Baru dengan Semangat Eril

Liputan6.com 2022-06-21 13:00:15
Kondisi terkini makam Eril anak Ridwan Kamil. (Foto: Dok. Instagram @ridwankamil)

Sudah sepekan lalu Emmeril Kahn Mumtadz, anak pertama Ridwan Kamil (RK), dimakamkan, tepatnya pada Senin, 13 Juni 2022. RK pun mengatakan bahwa sudah memulai hidup baru dengan semangat buah hati pertamanya itu yang karib disapa Eril.

"Minggu ini kami memulai kembali hidup baru dengan semangat ananda Eril yang akan menyertai setiap langkah dan napas kami," kata RK dalam unggahan terbaru di Instagram @ridwankamil pada Selasa, 21 Juni 2022.

Ia juga mengatakan resmi menutup rangkaian kegiatan doa bersama untuk sang anak.

"Setelah 7 hari sejak Eril dimakamkan, dengan ini kami secara resmi menutup rangkaian kegiatan doa bersama dan takziah publik untuk almarhum ananda Eril," katanya.

Atas nama keluarga, RK mengucapkan terima kasih ke seluruh pihak mulai dari yang membantu dari pencariaan saat Eril hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss hingga ke pemakaman yang ada di Cimaung, Kabupaten Bandung. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mengirimkan ucapan bela sungkawa dan bunga duka cita atas kepergian Eril untuk selama-lamanya.

Gubernur Jawa Barat ini pun berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendoakan dan menyelenggakran shalat gaib dan shalat jenazah.

"Semoga Allah membalas semua kebaikan bapak ibu dan saudara semuanya dengan ganjaran berlipat," kata ayah tiga anak ini.

"Sekali lagi beribut hatur nuhun kami haturkan," tutup RK.


Kerap Berbagi Kisah Eril

Sepeninggal Eril, RK kerap berbagi kisah hidup anaknya yang meninggal saat terbawa arus Sungai Aare. RK menceritakan buah cintanya dengan Atalia Praratya itu. Mulai dari Eril yang membelikan sepatu untuk satpam, mengecat tembok hingga soal kucing kesayangan.

Salah satunya soal kebiasan RK yang sudah melibatkan anak-anaknya terjun bersosialisasi sejak kecil. Seperti saat Eril dan Zara mengecat. Saat itu, Eril kecil berujar ke sang ayah agar dirinya dan sang adik melakukan tugas untuk mengecat tembok.

"Aku ama Zara jadi tukang yang mewarnai tembok ya, Pap," kata Eril seperti dituliskan RK di akun Instagramnya.

RK mengatakan di usia sembilan dan empat tahun adalah kali pertama kedua anaknya aktif berpartisipasi dalam program bedah kampung dan renovasi rumah-rumah tidak layak huni.

"Mereka kebagian tugas jadi tukang cat rumah warga yang mereka kerjakan dengan gembira dan tuntas," kata RK.

RK juga mengatakan bahwa ia dan istri, Atalia Praratya, memang selalu mengajak serta anak mereka untuk kerja bakti sambil bermain. Kegiatan tersebut ternyata berdampak pada berkembangnya sosok anak-anaknya menjadi pribadi yang baik hati.

"Pertemuan dan interaksi dengan realita kehidupan ini kami duga turut mewarnai rasa kasih dan kemanusiaan dalam perjalanan pribadi Eril," tulis RK diakhiri dengan tanda pagar #jejakeril.


RK ke Orangtua Lain: Gunakan Waktu Berkualitas Bersama Anak

Saat kelulusan dari SMA anak keduanya, Zara, pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut memberikan pesan pada para orangtua murid yang hadir. Ia berpesan agar para orangtua memanfaatkan waktu berkualitas bersama sang anak.

"Sediakan waktu berkualitas buat anak-anak kita. Jangan sampai memori seperti ini kelewat. Cari ide-ide kreatif yang kecil-kecil, yang membahagiakan," ujar Ridwan Kamil saat pidato dalam wisuda kelulusan Zara yang videonya diunggah melalui akun Instagram pribadinya @ridwankamil.

"Kemarin banyak orangtua baru rajin nge-WA ke anak-anaknya setelah melihat cerita Eril. Ada seorang ibu menteri terbang ke Inggris hanya untuk memeluk anaknya dan jalan-jalan, curhat seharian mendengar cerita Eril," tambahnya.

Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa hendaknya jangan menunggu hingga ada suatu hal yang terjadi kemudian baru meluangkan waktu berkualitas dengan anak.

Menurut Ridwan Kamil, orangtua bisa meluangkan waktu untuk anak dengan cara yang sederhana. Seperti makan-makan atau berfoto bersama.

"Apakah dengan makan-makan, foto-foto, cari momen sederhana supaya ingat mereka bangga punya orangtua yang selalu hadir di setiap momen istimewa anak-anaknya," ujar Ridwan Kamil.


Warganet Belajar Ilmu Parenting dari RK

Unggahan manis nan hangat dan terkadang diselipi kisah lucu yang dibagikan Ridwan Kamil mengenal cara dia mengenang sang anak maupun berbagi tips parenting lainnya mendapat sambutan baik dari wargante.

Banyak yang mengungkapkan rasa terima kasih karena RK berkenan berbagi cara mendidik anak-anaknya.

"Menunggu cerita rahasia parenting Kang Emil dan Bu Cinta lainnya," tulis @jeeluvina.

"Parenting Kang Emil sama Bu Atalia sangat menginspirasi karena sejatinya setiap manusia mempunyai visi misinya di dunia, Masya Allah," tulis bidan yang juga pelatih yoga pre-postnatal, Jamilatus Sa'diyah.

Infografis 5 Tips Ajarkan Anak Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Niman)

Warganet Puji David Beckham

Warganet Puji Kebaikan David Beckham Bantu Staf di Outlet Sepatu Singapura

Liputan6.com 2022-06-21 18:00:56
Mimpi David Beckham membentuk klub sepak bola di Amerika Serikat akhirnya terwujud. Kini David Beckham resmi menjabat sebagai Presiden Inter Miami FC. (Foto: AP/Marcio Jose Sanchez)

Terkenal sebagai bintang sepak bola, pengusaha, ayah selebriti, atau duta merek internasional, tetapi tampaknya David Beckham tidak membiarkan semua ketenaran itu membuatnya besar kepala.

Dilansir dari CNA, belum lama ini, Beckham berada di Singapura pada 17 Juni untuk Adidas Singapore's We Got This Talk Show 2.0, sebuah acara eksklusif yang membuatnya berbagi dengan sekitar 200 peserta bagaimana ia mengatasi peluang untuk mencapai prestasinya. Namun teman panelisnya memergokinya sedang membantu staf.

DJ Jade Rasif, 28 tahun, berbagi pemikirannya tentang sesama panelis dalam sebuah posting Instagram pada 18 Juni, mengungkapkan betapa Becham telah meninggalkan kesan yang mendalam padanya.

"Ketika tiba waktunya untuk membersihkan panggung, David melihat staf mengangkat kursi untuk membersihkan panggung. Saya perhatikan ia (Beckham) meninggalkan barisan, dan ketika saya berbalik, saya menyadari Beckham tengah membantu staf memindahkan perabotan."

"Ia bahkan bersedia mengambil foto dengan setiap orang di ruangan itu, dan berjabat tangan. Setelah tampil, ia berjalan di luar pusat toko untuk menyambut para penggemar yang menunggu di luar dan berterima kasih atas dukungan mereka," tulis Rasif yang ia posting di Instagramnya.

Meskipun Adidas Singapura telah mengeluarkan imbauan kepada publik untuk mencegah mereka berkerumun di Brand Center di Orchard, tempat acara eksklusif berlangsung, banyak penggemar dilaporkan bermunculan untuk melihat sekilas sang selebriti.

Rasif menambahkan dalam posting Instagram-nya bahwa Beckham bahkan mencarinya untuk mengobrol sebelum pergi untuk jadwal berikutnya hari itu. Rasiff sampai mengkategorikannya sebagai contoh 'Work hard, stay humble' (Kerja keras, tapi tetap rendah hati)

.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Klinik bola 90 menit

Sebelumnya hari ini, dalam kerja sama dengan Sport Singapore (SportSG), adidas menyelenggarakan klinik sepak bola untuk 100 calon pesepakbola muda berusia antara empat hingga 16 tahun dari ActiveSG Football Academy (AFA).

Klinik berdurasi 90 menit ini berfokus pada pengembangan keterampilan motorik dasar untuk 40 anak prasekolah, latihan sepak bola dan pertandingan pendek untuk 60 anak di bawah 12 tahun dan atlet dengan berbagai kemampuan yang hidup dengan cerebral palsy.

Tiffany Cheah, Brand Communications Manager adidas Singapore mengatakan, "Dalam membuat konsep acara untuk publik, kami memutuskan format "talk show" karena kami ingin menciptakan platform untuk memotivasi dan menginspirasi publik melalui berbagi cerita dan tip pribadi. dalam mengatasi peluang -- terutama dalam situasi yang tampaknya mustahil.

Edisi 2.0 menyatukan suara global dan lokal untuk menjelaskan topik-topik utama, seperti menavigasi tekanan hidup dan menyeimbangkan ambisi dengan kesehatan mental, melalui lensa kesehatan dan olahraga."


Bermain Lego untuk mengatasi OCD

Pada 2014, David Beckham berbincang dengan The Sunday Times dan mengungkapkan kecintaannya dan anak-anaknya terhadap permainan Lego.

"Hal besar terakhir yang saya buat adalah Tower Bridge. Itu menakjubkan. Saya pikir Lego terkadang membantu menenangkan saya," katanya kala itu.

Padahal Set Lego Tower Bridge memiliki lebih dari 4.000 buah. Setelah selesai, tingginya 17 inci, panjang 40 inci, dan lebar 10 inci. Mantan pemain sepak bola itu membandingkan hasratnya untuk membangun Lego dengan memasak, bahkan mendeskripsikannya sebagai terapinya.

Vokalnya David Beckham tentang OCD (gangguan obsesif-kompulsif)-nya kala itu menarik banyak perhatian, termasuk psikolog Jon Sutton yang mengakui kalau membangun set Lego dapat membantu menenangkan penderita OCD.

"Lego adalah tentang membuat keteraturan dari kekacauan. Anda mengeluarkan set dari kotak, mengosongkannya ke lantai, dan mulai dengan kekacauan ini yang kemudian harus Anda bangun dengan hati-hati sepotong demi sepotong. "

Infografis Jakarta Bangkit di HUT Ke-494 DKI (Liputan6.com/Abdillah)

Ayu Ting Ting Idamkan Keluarga Utuh

Ultah ke-30, Ayu Ting Ting Nangis Mengidamkan Keluarga yang Utuh

Liputan6.com 2022-06-21 17:00:00
Ayu Ting Ting (Sumber: Instagram/ayutingting92)

Ayu Ting Ting merayakan ulang tahun yang ke-30 yang jatuh pada senin (20/6/2022). Di momen spesial ini, Ayu mendapat kejutan dari keluarga juga sahabat dekat.

Dalama acara Brownis, Ayu Ting Ting pun menyampaikan harapannya di usia yang baru. Dia berharap dapat segera bertemu dengan jodohnya.

Dia ingin ada seorang pria yang menjaga keluarga kecilnya. Pelantun lagu "Sambalado" ini menuturkan harapannya sambil menangis.

"Pengin gitu punya keluarga yang benar-benar utuh, bisa jagain Bilqis, jagain saya, pokoknya ada waktunya aku sama Bilqis tuh pengin bahagia," kata pemilik nama asli Ayu Rosmalina itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Harapan

Bila nanti memiliki pendamping hidup, Ayu Ting Ting berharap asumsi buruk orang-orang terhadap dirinya dapat sepenuhnya hilang.

"Sekarang bahagia alhamdulillah cuma pengin aja punya keluarga, biar enggak ada yang berisik aneh-aneh lagi atau apa lah. Selama ini kan mungkin banyak orang yang kayak (dekat ini salah, dekat itu salah)," tuturnya.


Takut

Menurut Ayu Ting Ting, statusnya sebagai seorang single parent membuat beberapa pihak tak leluasa berteman dengannya.

"Kadang ada yang takut juga main sama aku karena mungkin posisi aku kan masih sendiri. Jadi pengin punya sesuatu yang bisa sayangan kita, karena Bilqis kan sudah besar juga," ujar Ayu.


Pesta Ultah

Sementara itu, ada yang menarik dari perayaan ultah Ayu. Di momen itu hadir Jordi Onsu. Hal ini pun membuat banyak orang bertanya-tanya.

Tak sedikit yang berspekulasi bahwa keduanya sedang dekat. Ayu Ting Ting tak menampik hal ini.

"Maksudnya saling dekat saja bukan berarti pacaran dan lain-lain kan," tutur Ayu Ting Ting, ditemui di kawasan Jalan Kapten Pierre Tendean, Jakarta Selatan, Senin (20/6/2022).

Infografis 4 Cara Tampil Menawan Saat Foto Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Kejutan Megawati di Ultah Jokowi

Megawati Beri Kejutan dan Tumpeng Ultah ke Jokowi

Liputan6.com 2022-06-21 12:10:33
Saat menghadiri acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP, Jokowi mendapat kejutan oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berulang tahun ke-61 tepat hari ini, Selasa 21 Juni 2022. Ucapan dan doa mengalir dari pejabat hingga masyarakat untuk Jokowi. Saat menghadiri acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP, Jokowi mendapat kejutan oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Diiringi musik Selamat Ulang Tahun yang dinyanyikan Politikus PDIP Krisdayanti, PDIP membawakan dua tumpeng untuk Jokowi.

Megawati nampak bertepuk tangan sambil ikut bernyanyi selamat ulang tahun, Jokowi nampak tersenyum dari balik masker nya.

Jokowi lantas memotong dan memberikan potongan pertama tumpeng untuk Megawati. Selanjutnya Mega memotong tumpeng kedua dan memberikan kepada Jokowi.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (PDIP) dijadwalkan memberi sambutan di kegiatan tersebut.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menjelaskan bahwa Rakernas PDIP kali ini mengusung tema "Desa Kuat, Indonesia Maju dan Berdaulat". Dengan sub tema "Desa Taman Sari Kemajuan Nusantara".

Hasto menjelaskan, Indonesia memiliki kepentingan yang besar untuk memastikan pembangunan desa. Bahwa pembangunan Indonesia ke depan, dimulai dari desa.


Jokowi Ultah, Ganjar Doakan Agar Kuat Memimpin Negeri

Presiden Joko Widodo (Jokowi) genap berusia 61 tahun pada hari ini, Selasa 21 Juni 2022. Pantauan dari media sosial, untaian ucapan selamat mengalir dengan doa-doa terbaik untuk sang kepala negara. Salah satunya dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Selamat ulang tahun yang ke 61. Ada banyak sekali doa dari warga bangsa yang mengharapkan bapak selalu sehat mendoakan bapak selalu kuat untuk memimpin negeri ini, sehat selalu," kata Ganjar melalui sosial medianya, seperti dikutip Liputan6.com, Selasa (21/6/2022).

Selain dari Ganjar, ucapan senada juga datang dari tokoh nasional lainnya seperi Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla. Dia mendoakan agar Jokowi terus diberi petunjuk dari Yang Maha Esa untuk selalu diberi kekuatan memimpin NKRI.

"Selamat Ulang Tahun yang ke 61, Bpk Ir. H. Joko Widodo (@jokowi ). Semoga sehat selalu dan panjang umur serta senantiasa diberi kekuatan dan petunjuk dalam memimpin bangsa kita. Aamiin YRA," tutur Jusuf Kalla yang juga ditulis melalui akun Instagramnya.

Meski mendapat ucapan dan harapan di hari ulang tahunnya, Jokowi sendiri belum menuliskan apa pun terkait hari ulang tahunnya di media sosial.

Sebagai informasi pada agenda kepresidenannya hari ini, Jokowi dijadwalkan hadir untuk membuka Rapat Kerja Nasional PDI Perjuangan di Kantor Sekolah Partai PDI Perjuangan Jakarta pada pukul 10 WIB.

Tom Cruise Mendadak K-Pop

Tom Cruise Mendadak Berpose Ala Artis K-Pop Saat Mengunjungi Korea Selatan

Liputan6.com 2022-06-21 09:30:00
Aktor Amerika Tom Cruise melambaikan tangan saat tiba untuk mempromosikan film terbarunya 'Top Gun: Maverick' di Bandara Gimpo di Seoul, Korea Selatan, Jumat (17/6/2022). Film Top Gun: Mav

Tom Cruise belum lama ini mengunjungi Korea Selatan dalam rangka hadir di acara karpet merah perilisan film terbarunya, Top Gun: Maverick yang baru akan tayang di Negeri Ginseng tersebut pada 22 Juni mendatang. Menariknya, aktor 59 tahun ini tampak antusias untuk mengikuti pose ala artis-artis K-Pop.

Terlihat di sejumlah video yang diunggah di media sosial dan situs berbagi video, Tom Cruise dengan bersemangat memberikan simbol finger heart alias hati jari. Tak sebentar, ia memperagakannya cukup lama di hadapan para penggemar maupun wartawan yang hadir.

Tak sendirian, Tom Cruise juga ditemani oleh para aktor Top Gun: Maverick lainnya, yakni Milles Teller Glen Powell, Jay Ellis, serta Greg Tarzan Davis. Bahkan produser film ini, Jerry Bruckheimer, juga turut serta bersama para rombongan aktor tersebut.

Selain hadir menikmati kemeriahan red carpet, Tom Cruise dan para aktor Top Gun: Maverick lainnya juga mendapat oleh-oleh dari penyelenggara acara setempat. Bukan jaket pilot, mereka mendapatkan hanbok dengan motif Jubah Naga para raja era dinasti Korea yang juga disebut dengan Gonryongpo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Merasa Takjub

Tak sampai di situ, Tom Cruise dan rekan-rekannya pun langsung memakai hanbok tersebut hingga terlihat seperti karakter-karakter drakor bertema kerajaan.

Pujian pun terlontar dari mulut Tom Cruise selama penyerahan Gonryongpo yang dibuat ala jaket bomber itu.

"Menakjubkan sekali, sangat cantik!" ceplos Tom Cruise, melansir dari Allkpop, Senin (20/6/2022).


Warna yang Berbeda-beda

Menariknya, Tom Cruise dan para artis lain mendapatkan warna hanbok yang berbeda-beda. Sebagai bintang utama dan senior Tom Cruise mendapatkan hanbok biru.

Sementara para bintang muda mendapatkan warna putih. Lalu ada juga yang tampak mengenakan warna merah.


Merasa Bintang Baru K-Pop

Setelah mereka semua mengenakan hanbok, para aktor Top Gun: Maverick ini langsung diminta untuk berpose seperti artis K-Pop. Miles Teller pun berkelakar bahwa mereka adalah grup boy band baru.

"Kami adalah band K-Pop baru!" celetuk Miles.

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)

Persiapan Terkilat Mewakili Indonesia

Wakili Indonesia di Miss Supranational 2022, Adinda Cresheilla Jalani Persiapan Terkilat Sepanjang Sejarah

Liputan6.com 2022-06-20 19:02:09
Puteri Indonesia Pariwisata 2022 Adinda Cresheilla menunjukkan kostum nasional yang akan dibawanya ke ajang Miss Supranational 2022. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Belum genap sebulan menjabat Puteri Indonesia Pariwisata 2022, Adinda Cresheilla akan segera terbang ke Nowy Scz, Malopolska, Polandia. Ia mewakili Indonesia di ajang Miss Supranational 2022.

Dinda, akrab disapa, akan terbang ke Polandia pada Sabtu, 25 Juni 2022. Di sana, perempuan asal Kota Malang itu bakal menjalani proses karantina selama tiga minggu dengan malam final berlangsung pada 15 Juli 2022.

Padahal, alumnus Universitas Indonesia jurusan Ilmu Komunikasi itu baru terpilih sebagai Runner Up II Puteri Indonesia 2022 pada 27 Mei 2022. Praktis, ia hanya memiliki waktu sekitar tiga minggu untuk mempersiapkan diri. Anggota Dewan Penasehat Yayasan Putri Indonesia, Putri Kuswisnuwardhani bahkan menyebut Dinda menjadi wakil Indonesia yang dikirim dengan persiapan terkilat.

"Ada rasa khawatir juga karena untuk pertama kalinya, wakil Indonesia tidak sampai sebulan, kita berangkatkan...Kita persiapkan Dinda dengan cara kilat," ujar Putri di sela jumpa pers di Jakarta, Senin (20/6/2022).

Putri mengatakan meski semua serba cepat, pembekalan untuk Dinda dilakukan semaksimal mungkin, seperti latihan jalan di catwalk, berbicara di depan umum, hingga berdandan. Sejumlah seniornya, termasuk Miss Supranational Indonesia 2020 Jihane Almira Chedid, ikut membantu.

"Mereka (Top 3 Puteri Indonesia 2022) cukup piawai berkomunikasi (dalam bahasa Inggris) secara umum. Tapi, masih ada PR speech yang akan dibawakan di Miss Supranational. Juga, fisik dan mental dipersiapkan dalam tiga minggu ini," sambung Putri.

Sementara, Dinda mengaku bersyukur didampingi tim yang solid dari Yayasan Puteri Indonesia. Selain pelatihan fisik dan mental, ia juga harus mengirimkan materi video untuk diputar di kontes kecantikan tersebut.

"Harus siap. Actually, itu sebuah challenge. Tapi, aku excited, apalagi this competition once in a lifetime," ia berkata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kostum Nasional

Untuk ajang Miss Supranational 2022, Dinda akan membawa kostum nasional bertema 'The Exquisite of Indonesia Flower' rancangan Naranaia. Kostum tersebut terinspirasi dari keindahan puspa negara di Indonesia, yakni bunga melati sebagai puspa bangsa, bunga anggrek bulan sebagai puspa pesona, dan bunga padma alias Rafflesia arnoldii yang menjadi puspa langka.

"Kita ingin masyarakat dunia mengenal kekayaan Indonesia," ujar Putri.

Mengingat persiapan yang sangat mepet, Putri bahkan mengaku baru pertama kali melihat kostum nasional pada saat jumpa pers. Itu bukan kebiasaannya selama ini mengingat busana yang akan dipakai kontestan mewakili nama Indonesia.

"Tanpa saya melihat gambarnya, foto-fotonya sebelumnya. Biasanya tidak saya loloskan begitu saja karena ini kan bawa nama negara," ia mengatakan.

Diketahui kostum nasional itu didesain dan diproduksi selama seminggu. Desainer kostum hanya mengirimkan satu desain dan langsung disetujui oleh YPI. Bobot kostum itu diperkirakan mencapai 20--25 kilogram.

"Ini paling enggak berat di antara kostum-kostum nasional lain yang pernah dibuat," kata Putri.


Senang tapi Deg-degan

Dinda mengaku meski persiapannya singkat untuk mengikuti kontes kecantikan tersebut, ia berjanji akan menampilkan yang terbaik. Strateginya adalah menunjukkan kepercayaan diri yang tinggi dan sikap optimistis.

"This isn't easy journey, Bapak, Ibu. But, I always promise to do my best, to be willing, and will be winning over my fear," kata gadis kelahiran 29 Januari 1998 itu.

Ia akan menunjukkan wajah perempuan Indonesia yang ramah dan positif selama kompetisi berlangsung. Ia juga mengaku kompetisi itu menantangnya untuk menunjukkan sisi terbaiknya.

"Kompetisi ini bukan kompetisi melawan semua orang, tetapi diriku sendiri," ujarnya dalam bahasa Inggris.

Terkait kostum nasional, ia mengaku sangat menyukainya. Menurutnya, pink merupakan warna favoritnya yang lain setelah biru. Ia pun mengaku tak kesulitan memakai kostum tersebut meski banyak detail yang harus diperhatikan.

"Pakainya dari celana, baju, mahkota, baru sayap," ucap dia.

Selain itu, Intan Avantie dipercaya untuk mendesain kebaya untuk dikenakan Dinda dalam ajang tersebut. Kebaya warna merah marun dengan detail selendang yang dijahit di bahu kiri itu memperlihatkan sisi anggun dan feminin perempuan Indonesia.


Prestasi Wakil Indonesia

Pada tahun sebelumnya, Indonesia diwakili Jihane Almira Chedid di ajang Miss Supranational 2021. Saat itu, aktris tersebut berhasil menyabet Best National Costume dengan busana yang bertajuk The Dashing of Equus Caballus. Jihane juga menyabet Juara Favorit hasil pemilihan para fans. Ia pun menjadi juara Supra Chat Grup 4.

Busana nasional itu terinspirasi dari kuda gagah berani dari Nusa Tenggara Timur, Equus caballus, yang memiliki kekuatan dan kecepatan balap yang mengagumkan dibandingkan jenis kuda Indonesia lainnya. Busana nasional rancangan desainer Eggie Jasmin itu berkolaborasi dengan LeViCo Butik Tenun NTT. Busana didominasi warna emas yang berpadu dengan warna hitam.

Busana national costume itu berpotongan kebaya yang ditaburi 10.000 batu berlian rhinestones yang dipadukan dengan kain brokat dan payet berwarna emas. Pada bagian bawah kebaya terdapat hiasan rumbai yang terbuat dari rangkaian mutiara berwarna putih dan crystal drop yang memberikan kesan mewah.

Sementara, hiasan kepala dan sepatu juga dihiasi warna emas. Hiasan kepala kuda itu dihiasi batu dengan dominasi warna putih dan emas. Moncong dan telinga kuda berwarna hitam sehingga memberikan kesan tangguh dan maskulin.

Infografis Tren Perawatan di Klinik Kecantikan Tahun 2022. (Liputan6.com/Triyasni)

Eks Pemain Timnas Jadi Satpam Klub Striptis

Jadi Satpam Klub Striptis, Mantan Penyerang Timnas Indonesia Jhonny van Beukering: Saya Pindah dari Surga ke Neraka

Liputan6.com 2022-06-21 18:15:01
Jhonny van Beukering, kesulitan dapat klub karena kerap tersandung kasus disiplin. (Bola.com/Gelderlander)

Masih ingat dengan Jhonny van Beukering? Mantan penyerang Timnas Indonesia itu saat ini sedang mengalami nasib yang miris.

Jhonny van Beukering kini bekerja sebagai satpam alias penjaga keamanan di salah satuklub striptis. Tak ada pilihan lain, itu dilakukannya demi menghidupi pacar serta ketiga anaknya yang masih kecil.

Karena dari sepak bola, sudah tak ada lagi yang bisa ia harap. Sejak 2019 lalu, eks Pelita Jaya itu memutuskan pensiun.

Kesulitan ekonomi dialami van Beukering usai gantung sepatiu. Bahkan ia sampai harus menjual dua rumahnya dan sementara tinggal di kediaman ibunya.

Demi bertahan hidup van Beukering memanfaatkan setiap kesempatan. Mulai dari melatih klub sepak bola amatir, mengajar di klinik mental, hingga penjaga klub striptis.

"Saya pindah dari surga ke neraka. Orang-orang tidak tahu seberapa kelamnya hidup saya. Saya telah kehilangan segalanya, benar-benar segalanya," kata Van Beukering kepada Algemeen Dagblad (AG) dikutip dari Voetbal Zone

"Kami harus tinggal bersama keluarga dengan uang lima puluh euro [setara Rp778 ribu] selama seminggu," ucapnya.

Bagi Van Beukering, menjadi penjaga pintu klub striptis sangat menyenangkan. Bahkan, dia berkelakar bahwa klub striptis adalah klub terbaik dalam kariernya.

"Pekerjaan sebagai penjaga pintu di klub striptis sangat menyenangkan. Bisa melihat dada wanita berjam-jam. Siapa yang tidak menginginkannya. Sejauh ini, ini adalah klub terbaik dalam karier saya," ucapnya.


Pesan untuk Pemain Muda

Dengan kesulitan yang ia hadapi sat ini, Van Beukering pun menitipkan pesan kepada pemain muda. Ia mengatakan agar bisa menjaga kariernya dengan baik demi keberlangsungan hidup di masa depan.

Menurutnya, pemain muda harus memikirkan dengan matang ketika ada tawaran dari klub baru.

"Biarlah ini menjadi peringatan bagi pesepakbola lain yang berencana untuk memulai petualangan asing di negara yang istimewa. Pikirkan tentang uang Anda, ketahui apa yang Anda hadapi, jangan kaget," tegasnya.


Bersinar di Liga Belanda

Van Beukering sebenarnya punya karier yang tak buruk amat di Liga Belanda. Dia pernah memperkuat klub-klub Elite Eredivisie dan Eerste Divisie Belanda.

Di antaranya Vitesse, Go Ahead Eagles, Feyenoord. Secara keseluruhan ia tampil 173 kali. Ia juga pernah dua kali menjadi juara di liga kasta kedua Belanda.

Setelah itu, Van Beukering hijrah ke Indonesia dan bergabung dengan Pelita Jaya 4 Maret 2011 dengan durasi tiga musim. Ia kemudian resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) pada 10 Oktober 2011.


Balik ke Belanda

Setelah dari Pelita Jaya, ia kembali lagi ke klub Belanda, FC Dordecht. Tapi, performa ganasnya tak kembali lantaran kerap dibekap cedera.

FC Dordecht menjadi klub terakhir Van Beukering. Dia kemudian memutuskan pensiun di usia 28 tahun dan sempat melanjutkan kiprahnya dengan menjadi pelatih klub amatir setempat.


Era Djohar Arifin

Van Beukering menjadi WNI dan masuk anggota skuad Piala AFF 2012 kala PSSI era Djohar Arifin. Jalan pintas diambil PSSI lantaran dilanda dualisme sehingga tidak bisa memanggil semua pemain terbaiknya.

Sayangnya, Van Beukering tak memberikan dampak positif untuk Timnas indonesia. Dia cuma bermain sekali di Piala AFF dan Indonesia tersingkir di fase grup.

Infografis Shin Tae-yong Pelatih Baru Timnas Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

Negara-Negara yang Ekonominya Nyaris Ambruk

HEADLINE: Bank Dunia Pangkas Ramalan Pertumbuhan Ekonomi Banyak Negara, Antisipasi Indonesia?

Liputan6.com 2022-06-22 00:00:11
Ilustrasi Rusia (Photo by Kyle Glenn on Unsplash)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan hal yang cukup mengejutkan. Mengutip laporan Bank Dunia dan IMF, kepala negara bilang kondisi perekonomian negara-negara di dunia sedang tidak baik-baik saja.

"Bank Dunia, IMF menyampaikan akan ada kurang lebih 60 negara yang akan ambruk perekonomiannya, yang 40 diperkirakan pasti," kata dia di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Ancaman resesi mulai mengintai pertumbuhan ekonomi sejumlah negara di dunia memang terus didengungkan beberapa pihak.

Banyak faktor yang mempengaruhi, mulai dari dampak perang Rusia-Ukraina, melonjaknya inflasi global, hingga kenaikan suku bunga The Fed.

Bahkan, Bank Dunia dalam laporan terbarunya pada Juni 2022 memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi global, dan memperingatkan banyak negara jika ekonominya akan terkoreksi.

Dilansir dari laman worldbank.org, Rabu (22/6/2022) laporan terbaru Bank Dunia bertajuk Global Economic Prospects memproyeksikan ekonomi global hanya akan tumbuh 2,9 persen tahun ini, lebih kecil dari 5,7 persen pada 2021. Angka tersebut 1,2 poin persentase lebih rendah dari perkiraan pada Januari 2022.

Pertumbuhan ekonomi global diperkirakan akan berada di sekitar level 3 persen pada tahun 2023 hingga 2024 mendatang.

Laporan Global Economic Prospects Bank Dunia per Juni 2022 mencatat prediksi yang cukup baik untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia, yaitu sebesar 5,1 persen - lebih tinggi dibandingkan 3,7 persen tahun lalu.

Meski, pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih rendah dari prediksi Bank Dunia sebelumnya sebesar 0,1 persen. Sementara pertumbuhan ekonomi pada 2023 sebesar 5,3 persen dan 2024 sebesar 5,3 persen.

Pemulihan ekonomi Indonesia pada tahun ini didukung harga ekspor komoditas yang lebih tinggi dan konsumsi domestik.

Sementara itu, ada sejumlah negara di Eropa, Asia, Amerika Latin hingga Timur Tengah yang diprediksi akan mengalami penurunan atau kontraksi ekonomi.

Di kawasan Eropa dan Asia Tengah, Rusia diperkirakan akan kontraksi hingga -8,9 persen, Ukraina -45,1 persen, Moldova -0,4 persen, dan Kirgistan -2 persen.

Adapun Belarus, yang diproyeksikan bakal kontraksi -6,5 persen tahun 2022 dan hanya akan tumbuh 1,5 persen di tahun berikutnya.

Penurunan di Rusia juga diramal masih akan terjadi hingga 2023 mendatang sebesar -2 persen, dan tumbuh hanya 2,2 persen di tahun selanjutnya. Sementara Ukraina, 2,1 persen di 2023, namun membaik di 2024 menjadi 5,8 persen.

Secara luas, ekonomi di kawasan Eropa Timur diperkirakan akan melihat kontraksi sebesar -30,6 persen tahun 2022 ini.

Berlanjut di kawasan Asia Selatan, di mana Sri Lanka diperkirakan akan mengalami kontraksi ekonomi 7,8 persen, dan masih akan menurun -3,7 persen di 2023 mendatang.

Selanjutnya ada Maladewa dan Pakistan yang juga diprediksi akan melihat perlambatan ekonomi - masing - masing hanya 7,6 persen dan 4 persen.

Angka tersebut termasuk berbanding jauh, karena ekonomi Maladewa diprediksi tumbuh 31 persen tahun lalu.

Target Pertumbuhan Ekonomi Indonesia versi Pemerintah

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, optimis tahun depan pemulihan ekonomi akan terus berjalan. Hal itu disampaikan dalam Rapat Kerja dengan Komisi XI DPR RI, di Gedung DPR, Rabu (8/6/2022).

"Kita tetap optimis bahwa tahun 2023 momentum pemulihan ekonomi akan tetap bisa berjalan. Namun di sisi lain kita juga melihat adanya munculnya risiko baru," kata Menkeu.

Kisaran angka pertumbuhan ekonomi 2023 sebesar 5,3 persen hingga 5,9 persen yang telah ditetapkan akan menjadi bekal Pemerintah dalam menyusun RAPBN 2023.

"Kami menerima tadi range yang sudah ditetapkan dan ini akan menjadi bekal kami untuk menetapkan titik nanti pada saat menyusun RAPBN 2023," ujarnya.

Dalam rapat kerja tersebut, Menkeu menyampaikan kepada jajaran Komisi XI DPR RI, bahwa hasil dari pertemuannya dalam forum Islamic Development Bank memang membahas mengenai risiko global yang dirasakan, dan menjadi bahan pembahasan dalam Governor's Roundtable.

"Di mana kita membahas mengenai munculnya resiko terutama dari sisi kenaikan inflasi karena harga-harga energi dan pangan, yang akan menyebabkan pengetatan dari moneter," ujarnya.

Bendahara negara ini menyampaikan, dalam Governor's Roundtable dibahas mengenai seberapa cepat dan seberapa ketat kebijakan moneter untuk menangani inflasi, yang akan berdampak pada pelemahan dari sisi produksi.

Maka, hal ini akan terus menjadi bahan pembahasan pada level makro policy di semua forum baik forum ekonomi dan keuangan, termasuk pihaknya juga akan membahas dalam pertemuan G20 mendatang.

<p>Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Berbagai Ancaman ke Indonesia

Ekonom sekaligus Direktur Celios (Center of Economic and Law Studies) Bhima Yudhistira, menilai rencana kenaikan tingkat suku bunga acuan Amerika Serikat atau Fed rate yang eksesif bahkan bisa 3 sampai 4 kali kenaikannya di Tahun 2022 ini, bisa memicu terjadinya Resesi ekonomi.

"Karena terjadi kenaikan biaya bunga atau cost of fund bagi pelaku usaha khususnya pelaku usaha yang memiliki rasio utang yang cukup tinggi mereka akan kesulitan membayar pinjaman," kata Bhima kepada Liputan6.com.

Sementara tidak semua permintaan mengalami kenaikan atau belum semua permintaan mengalami kenaikan kembali kepada pra pandemi.

Jadi, ada disrupsi rantai pasok, sebelumnya juga sudah terjadi konflik di Ukraina membuat harga pangan naik, harga energi naik, dan akhirnya menjadi beban bagi pemulihan ekonomi dihampir seluruh negara.

Menurut Bhima, kenaikan suku bunga AS yang berlebihan juga akan memicu larinya modal asing secara masif terutama kembali ke aset-aset yang dinilai aman. Sehingga mereka akan mengurangi investasi di negara-negara berkembang atau negara emerging market.

"Nah, situasi ini bisa berdampak pemulihan ekonomi Indonesia yang ditargetkan tumbuh 5 persen bisa terkoreksi bahkan bisa kembali minus. Kita harus mempersiapkan dari gelombang adanya instabilitas moneter secara global," ujarnya.

Antisipasi Bank Indonesia

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti mencatat, setidaknya ada tiga tantangan besar yang berpotensi menghambat pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2022. Pertama, normalisasi kebijakan moneter oleh negara maju.

Kedua, masih terdapat dampak luka memar (scarring effect) akibat pandemi Covid-19 di sektor rill. Dan ketiga berlanjutnya ketegangan politik antara Rusia dan Ukraina.

"Secara global dampaknya terhadap tekanan inflasi begitu kuat, dan ini harus diwaspadai (Indonesia)," jelas Destry.

Untuk itu, Bank Indonesia terus berupaya menjaga momentum pemulihan melalui penguatan sinergi kebijakan nasional. Termasuk didalamnya kebijakan makroprudensial akomodatif.

Selain itu, bank sentral menekankan pentingnya kebijakan otoritas terkait yang well calibrated, well planned, and well communicated.

Hal ini untuk menjawab berbagai tantangan yang masih akan mewarnai pemulihan ekonomi global dan domestik ke depan.

Lebih lanjut, Bank Indonesia berkomitmen melanjutkan bauran kebijakan yang mendukung pemulihan ekonomi nasional, diantaranya melalui kebijakan makroprudensial yang akomodatif dan inovatif bersinergi dengan kebijakan KSSK.

Salah satunya sinergi dalam membangun ekonomi yang inklusif melalui pembiayaan dan gerakan penggunaan produk dalam negeri.


Harapan Pengusaha

Kelompok pengusaha menilai, sektor perdagangan Indonesia relatif masih aman dari bayang-bayang ramalan Bank Dunia (World Bank) soal pelemahan pertumbuhan ekonomi global.

Dengan syarat, Bank Indonesia (BI) masih tetap setia menahan suku bunga acuan di level 3,50 persen. Sehingga rate kredit untuk modal kerja masih belum naik.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perdagangan Benny Soetrisno menilai, pertumbuhan ekonomi nasional tentunya bakal ikut terjadi perlambatan bila bank sentral mulai kembali menaikan BI7DRR dan rate kreditnya.

"Sepanjang bunga pinjaman enggak naik, tentu belum melambat. Karena ekonomi dalam negeri cukup besar. Tapi begitu inflasi naik, bunga pasti naik. Kalau bunga naik pasti ada perlambatan," ungkapnya kepada Liputan6.com.

Benny lantas menyoroti langkah bank sentral Amerika Serikat, The Fed yang sudah melakukan normalisasi kebijakan moneter. Menurutnya, peningkatan suku bunga The Fed memang membuat banyak uang berlari ke Negeri Paman Sam.

"Memang kalau mau nahan kita harus naikin bunga. Tapi kalau naikin bunga ya akibatnya ekonomi melambat," imbuh dia.

Menurut dia, aktivitas ekspor/impor di pasar domestik sejauh ini relatif masih aman dari gejolak ekonomi di tingkat global. Situasi kondusif ini masih bisa ditahan selama Bank Indonesia tidak buru-buru menaikan BI-7 Day Reverse Repo Rate.

Pasalnya, pemerintah dalam waktu dekat bakal menaikan tarif listrik. Di sisi lain, harga minyak mentah dunia juga masih bergejolak akibat perang Rusia vs Ukraina. Kondisi ini tentunya bakal turut berimbas pada aktivitas ekspor/impor.

Diyakini Tetap Baik

Anggota Komisi XI DPR RI Kamrussamad memandang pertumbuhan ekonomi indonesia akan tetap berlangsung positif dengan angka tinggi. Ini berarti tak terdampak besar dari pelemahan pertumbuhan ekonomi global.

"Saya melihat pertumbuhan ekonomi kita tetap bisa optimis di angka 5 persen," kata dia saat dihubungai Liputan6.com.

Kendati begitu, ia menyampaikan ada syarat yang harus dipenuhi oleh pemerintah. Caranya dengan memfokuskan kegiatan ekonomi di dalam negeri.

"Syaratnya adalah fokus ke dalam negeri. Pemerintah harus menjaga permintaan domestik yang cukup besar," katanya.

Misalnya, dengan memanfaatkan permintaan dalam negeri. Politisi Partai Gerindra ini pun membandingkan dengan potensi permintaan dengan jumlah 270 juta penduduk.

"Terlebih perekonomian dalam negeri lebih banyak disupport oleh konsumsi dan investasi yang berasal dari domestik," ujarnya.

"Dengan jumlah penduduk lebih dari 270 juta orang, nomor 4 besar dunia, Indonesia mempunyai local domestic demand yang sangat besar dalam sebuah ekosistem bisnis," tambah dia.

Di sisi lain, adanya hilirisasi berbagai bahan mentah juga bisa jadi fokus utama. Tujuannya, agar bisa menibgkatkan nilai tambah dari produk tersebut. Dampaknya, lagi-lagi terhadap pertumbuhan ekonomi.


Indonesia Tak Akan Resesi

Soal pemangkasan sejumlah pertumbuhan ekonomi berbagai negara ini nampaknya harus ditanggapi secara positif, seperti yang dilakukan pengusaha.

Kelompok pengusaha menilai, kegiatan ekspor Indonesia untuk saat ini masih terbilang aman dari ancaman resesi global ditengah prediksi Bank Dunia soal pertumbuhan ekonomi dunia tahun ini yang tergerus ke angka 2,9 persen.

Meski di sisi lain, konflik Rusia vs Ukraina yang jadi salah satu indikator utama resesi global juga dikhawatirkan bakal mendongkrak harga BBM. Pasalnya, pasar domestik kini masih banyak bergantung terhadap impor BBM, termasuk dari kedua negara tersebut.

Ketua Umum Bidang Keuangan dan Perbankan Badan Pengurus Pusat HIPMI, Anggawira, tak memungkiri jika kemerosotan ekonomi dunia pastinya bakal berdampak langsung terhadap perdagangan di pasar global yang sudah saling terkoneksi.

"Apalagi kalau negara besar seperti Rusia, Ukraina yang punya resource khususnya di bidang pangan dan energi menyebabkan juga keseimbangan global terhadap harga komoditas tertentu menjadi berubah. Karena pastinya suplai berkurang, harga melonjak," ujarnya kepada Liputan6.com.

Anggawira juga mencemaskan kebijakan normalisasi moneter yang dilakukan bank sentral Amerika Serikat, The Fed. Kenaikan suku bunganya dinilai bakal membuat aliran uang kembali lagi berputar di Negeri Paman Sam.

"Tapi kalau saya lihat lagi dari fundamental ekonomi Indonesia, sampai saat ini sih masih cukup baik. Beberapa ekspor komoditas masih bisa menjadi penopang," ungkapnya.

Fakta-Fakta Ekonomi Indonesia

Kuatnya fundamental ekonomi Indonesia dalam menghadapi gejolak ekonomi global ini juga dipastikan oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

"Apakah indonesia masuk resesi? mari kita lihat faktanya dan angka angkanya. Ekonomi indonesia kuartal ini tumbuh 5 persen bahkan diatasnya sedikit. Perkiraan BI kisarannya 4,5 hingga 5,3 persen tahun ini," kata Gubernur Bank Indonesia, Selasa (24/5/2022).

Perry memastikan, pertumbuhan ekonomi Indonesia positif. Meski demikian, dia tidak menampik ada kenaikan inflasi dalam beberapa waktu terakhir. Kenaikan inflasi bahkan diperkirakan bisa naik di atas 4 persen hingga akhir tahun.

"Memang ada kenaikan inflasi sedikit lebih tinggi dari 4 persen. Namun bisa ditangani, kenapa, karna adanya bantuan dari pemerintah, kemudian peran TPID, dan kebijakan moneter," katanya.

"Ekonomi kita tumbuh, vaksinasi terus dilakukan, mari kita tingkatkan prokes. Sehingga Alhamdulillah ekonomi kita terus membaik. Harga-harga memang naik, namun komitmen pemerintah sangat tinggi menjaga stabilitas harga," tandasnya.

Dari berbagai fakta tersebut, Perry menyimpulkan perekonomian Indonesia sangat kuat jika dibandingkan negara negara yang masuk zona resesi.


Cara Indonesia Hadapi Tantangan Global

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, menyampaikan koordinasi yang kuat sangat diperlukan untuk menjawab berbagai tantangan global.

Dia menjelaskan, menurut PBB, saat ini dunia tengah dihadapkan pada tantangan global yang disebut dengan The Perfect Storm, yang terdiri dari tantangan Covid-19, Conflict, Climate Change, Commodity Prices, dan Cost of Living.

Sementara, Bank Dunia memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global tahun 2022 menjadi 2,9 persen dari sebelumnya 4,4 persen sebagai imbas konflik geopolitik dunia. Berbagai faktor tersebut menimbulkan ketidakpastian global.

"Respons cepat dari seluruh pihak dibutuhkan untuk dapat mempertahankan momentum pemulihan ekonomi nasional. Momentum Presidensi G20 Indonesia di tahun 2022 juga akan kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk mendorong pemulihan dan transformasi ekonomi," kata Menko Airlangga, dikutip dari keterangan resminya, Selasa (21/6/2022).

Di tengah ketidakpastian global yang terjadi, indikator sektor eksternal Indonesia masih menunjukkan ketahanan yang solid.

Hal ini tercermin dari tren surplus neraca perdagangan selama 25 bulan berturut-turut, serta rasio utang luar negeri Indonesia terhadap produk domestik bruto (PDB) berada pada level yang aman.

Kondisi ekonomi yang membaik ini akan membantu menjaga kepercayaan publik dan investor, pada akhirnya dapat mendorong kegiatan perekonomian nasional.

Untuk menjaga stabilitas ekonomi, Pemerintah terus melanjutkan program Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN). Untuk PEN, Pemerintah tetap memberi perhatian yang serius terhadap sektor UMKM.

Sebab, pengembangan UMKM merupakan prasyarat utama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia karena pada setiap periode krisis, UMKM dapat menyumbang 61 persen terhadap PDB nasional.

Lebih lanjut, Menko Airlangga menjelaskan, peningkatan akses pembiayaan juga menjadi salah satu strategi pengembangan UMKM, yaitu dengan program pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Pembangunan infrastruktur juga merupakan komponen yang vital dalam mendorong pemulihan ekonomi. Oleh karena itu, Pemerintah tetap melanjutkan Program Proyek Strategis Nasional (PSN) pada tahun 2022.