Tersenyum, Pacar Pegang Nisan Makam Eril

Potret Terbaru Nabila Ishma Pegang Nisan Makam Eril Sambil Senyum, Tepati Janji Tak Menangis Lagi

Liputan6.com 2022-06-22 16:00:00
Nabila Ishma pacar Eril anak Ridwan Kamil. (Foto: Dok. Instagram @nabilaishma)

Nabila Ishma baru-baru ini berziarah ke makam pacarnya, almarhum Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang meninggal dunia di Swiss.

Eril meninggal dunia setelah terseret arus Sungai Aare, Bern, Swiss, sejak 26 Mei 2022. Hilang selama 14 hari, jenazah Eril ditemukan di Bendung Engehalde pada 8 Juni 2022 waktu setempat.

Jenazah Eril diterbangkan ke Indonesia lalu dimakamkan di Jawa Barat, Senin 13 Juni 2022. Momen Nabila Ishma dengan baju serbahitam mengobrol dengan jenazah Eril bikin hati netizen pilu.

Kepada almarhum, Nabila Ishma berjanji akan melanjutkan hidup dengan tabah dan tak lagi meneteskan air mata. Janji itu ditepatinya pekan ini, kala berziarah ke makamEril.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Aku Datang Lagi

"Hai Aa, hari ini aku datang lagi nih," tulis Nabila Ishma bersama fotonya memegangi nisan kayu di kuburan Eril. Foto ini diunggah di Instagram Stories, Rabu (22/6/2022).

Dalam foto itu, Nabila Ishma mengenakan kemeja lengan panjang hitam yang dipadu dengan celana panjang berwarna senada beraksen kotak-kotak kecil di bagian samping.


Tepati Janji

Ia mengenakan jilbab warna saliwah dan kacamata hitam. Dalam foto ini ia tersenyum. Tak lagi menangis untuk menepati janjinya dengan kekasih yang telah berpulang.

"Sekarang aku udah nepatin janji buat enggak nangis," tulis Nabila Ishma lalu menyematkan emotikon hati merah. Diberitakan sebelumnya, Nabila Ishma menyebut Eril selalu membuatnya bahagia, memberi kasih sayang tulus untuk dirinya juga keluarga.


Menguatkan Aku

"Terima kasih juga selalu menguatkan aku disaat aku ragu dengan diriku sendiri. Ril, Gaada satupun rasa sakit yang kamu tinggalkan, cuma ribuan kenangan manis yang akan selalu menjadi warna di hidup aku," tulisnya di akun Instagram pada 10 Juni 2022.

"Kamu pergi dengan cara yang sangat indah a eril. Kamu yang selalu tersenyum dan wangi, juga pulang dengan keadaan yang serupa. Aku yakin, dimanapun kamu berada sekarang pasti kamu ada di tempat yang terbaik dan kamu pasti bahagia," imbuhnya.

<p>Infografis 14 Hari Pencarian Eril di Sungai Aare Swiss. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Gempa Mematikan di Afghanistan

Gempa Afghanistan M 6,1 Dirasakan 2 Negara Tetangga, 250 Orang Dilaporkan Tewas

Liputan6.com 2022-06-22 12:43:22
Ilustrasi gempa bumi (Photo: AFP/Frederick Florin)

Gempa kuat telah menewaskan sedikitnya 250 orang dan menyebabkan banyak orang terluka di Afghanistan, kata seorang pejabat setempat kepada BBC yang dikutip Rabu (22/6/2022).

Gambar yang dibagikan di media sosial menunjukkan orang-orang di atas tandu, puing-puing, dan rumah yang hancur di Provinsi Paktika akibat gempa Afghanistan terkini itu.

Seorang pejabatmer peintah setempat mengatakan kepada BBC bahwa jumlah korban tewas akibat gempa bumi Afghanistan itu lebih dari 250 dan kemungkinan akan meningkat. Lebih dari 150 orang lainnya dilaporkan terluka.

Gempa bumi itu terjadi sekitar 44 km (27 mil) dari tenggara Kota Khost.

Getaran gempa dilaporkan terasa di lebih dari 500 km Afghanistan, Pakistan dan India, menurut Pusat Seismologi Mediterania Eropa, dikutip oleh Reuters.

Pusat Seismologi tersebut mengatakan bahwa para saksi telah melaporkan merasakan gempa di ibu kota Afghanistan, Kabul, serta ibu kota Pakistan, Islamabad.

"Sayangnya, tadi malam ada gempa bumi hebat di empat distrik di Provinsi Paktika, yang menewaskan dan melukai ratusan warga negara kami dan menghancurkan puluhan rumah," cuit juru bicara pemerintah Bilal Karimi.

"Kami mendesak semua lembaga bantuan untuk mengirim tim ke daerah itu segera untuk mencegah bencana lebih lanjut."

Gempa bumi - yang melanda pada dini hari saat banyak orang tidur - adalah gempa berkekuatan magnitudo 6,1 pada kedalaman sekitar 51 km, menurut Survei Geologi AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Gempa Afghanistan Picu 700 Rumah Warga Rusak

Sebuah gempa bumi telah mengguncang Afghanistan barat pada Senin 17 Januari 2022 waktu setempat, menewaskan lebih dari 20 orang dan menghancurkan ratusan rumah. Laman CNN menyebut jumlah korban gempa Afghanistan adalah 22 orang, sementara media lainnya 26.

Gempa berkekuatan magnitudo 5,6 mengguncang provinsi barat Badghis, berbatasan dengan Turkmenistan, pada Senin sore waktu setempat, menghancurkan rumah bata menjadi puing-puing, menurut foto yang dibagikan oleh pihak berwenang setempat.

Sebelumnya, USGS mencatat kekuatan gempa bermagnitudo 5,3.

"Sayangnya, laporan awal kami menunjukkan bahwa 22 orang, termasuk perempuan dan anak-anak, tewas dan empat lainnya terluka," kata Baz Mohammad Sarwari, direktur Informasi dan Kebudayaan pemerintah provinsi Badghis seperti dikutip dari ABC.net.au, Selasa (18/1/2022).

"Mujahidin telah mencapai beberapa daerah yang terkena dampak, tetapi Badghis adalah provinsi pegunungan, jumlah korban mungkin meningkat," katanya, menambahkan bahwa hujan lebat juga melanda daerah tersebut.

Mullah Janan Saeqe, kepala Pusat Operasi Darurat Kementerian Negara Urusan Darurat Afghanistan, membenarkan jumlah korban tewas dan mengatakan lebih dari 700 rumah rusak.

Sanullah Sabit, kepala unit perawatan di rumah sakit utama di ibu kota Badghis, mengatakan mereka telah menerima lima pasien yang terluka akibat gempa, kebanyakan dengan patah tulang dan patah tulang.

Gempa itu berada pada kedalaman 30 kilometer, menurut Pusat Seismologi Eropa-Mediterania.


Ditengah Cengkeraman Taliban

Afghanistan sudah berada dalam cengkeraman bencana kemanusiaan, diperburuk oleh pengambilalihan negara oleh Taliban pada Agustus ketika negara-negara Barat membekukan bantuan internasional dan akses ke aset yang disimpan di luar negeri.

Qadis adalah salah satu daerah yang paling parah terkena dampak kekeringan yang menghancurkan, dan hanya mendapat sedikit manfaat dari bantuan internasional dalam 20 tahun terakhir.

Negara ini sering dilanda gempa bumi, terutama di pegunungan Hindu Kush, yang terletak di dekat persimpangan lempeng tektonik Eurasia dan India.

Gempa bumi dapat menyebabkan kerusakan signifikan pada rumah dan bangunan yang dibangun dengan buruk di Afghanistan yang miskin.

Pada tahun 2015, hampir 280 orang tewas ketika gempa berkekuatan 7,5 SR yang berpusat di pegunungan melanda Asia Selatan, dengan sebagian besar kematian di Pakistan.

Dalam bencana itu, 12 gadis muda Afghanistan tewas terinjak-injak saat mereka mencoba melarikan diri dari gedung sekolah mereka yang berguncang.


Afghanistan-Pakistan Gempa, Getaran Terasa Hingga India

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,2 pernah mengguncang Afghanistan Utara dan Pakistan pada Jumat 25 Desember 2015 waktu setempat. Lindu itu terjadi 2 bulan setelah lebih dari 300 orang tewas akibat bencana alam di wilayah pegunungan yang sama -- gugusan pegunungan Hindukush di sepanjang perbatasan Pakistan-Afghanistan.

Guncangan kuat dirasakan di ibukota Afghanistan, Kabul pada pukul 11.14 waktu setempat (19.14 GMT) dan di ibu kota Pakistan, Islamabad. Membangunkan orang tidur dan membuat mereka panik berhamburan keluar dari rumah.

"Tremor terasa hingga jauh ke New Delhi, India," kata para pejabat seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (26/12/2015).

Survei Geologi AS mengatakan gempa awalnya dilaporkan berkekuatan 6,4 SR, berada di kedalaman 126,5 mil (203 km). Dengan pusat lindu 51 mil (82 km) tenggara dari Kota Feyzabad, ibukota Provinsi Afghanistan, Badakhshan.

Tak lama setelah gempa, pemerintah Khyber Pakhtunkhwa di Pakistan mengeluarkan peringatan level merah sebagai tanda bahaya. Namun tak ada informasi lebih lanjut terkait korban jiwa atau kerusakan properti.

CNN melaporkan, sedikitnya 30 orang terluka dalam gempa di Afghanistan yang berbatasan dengan Pakistan dan Tajikistan.

"Korban cedera berada di berbagai daerah seperti Peshawar, Pakistan, sekitar 200 mil dari pusat gempa," menurut Petugas Muhmand Asim Khan dan pejabat Peshawar District lainnya.

Daerah pegunungan yang menjadi pusat gempa di Distrik Ishkashim Afghanistan, dilaporkan dihuni mayoritas warga dengan rumah yang terbuat dengan lumpur dan rentan terhadap gempa bumi.

"Masyarakat yang tinggal di daerah ini terutama petani miskin," kata Khan.

Menurut US Geological Survey atai Badan Survei Geologi AS, gempa melanda sekitar 25 mil arah barat ke barat daya dari Ashkasham, Afghanistan. 175 mil timur laut dari Kabul.

Gempa tersebut diperkirakan terasa begitu kuat dan dapat menyebabkan kerusakan parah. Kendati demikian belum ada laporan terkait kerusakan atau korban jiwa. Tapi jalur komunikasi bisa melambat di wilayah pegunungan yang menjadi pusat gempa.

Banyak orang di wilayah tersebut membicarakan gempa tersebut di media sosial.

Cuaca musim dingin yang mulai terjadi, dikhawatirkan membuat setiap kerusakan pada bangunan dan rumah-rumah akan menciptakan kesulitan yang parah.

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan 7,5 pernah melanda Afghanistan utara dan Pakistan pada 26 Oktober. Gempa itu menghancurkan ribuan rumah dan menewaskan lebih dari 300 orang.

Infografis Rentetan Gempa di Cincin Api Pasifik. (Liputan6.com/Triyasni)

Suap-Suapan Mie Ramen

Quality Time, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Suap-Suapan Mie Ramen

Liputan6.com 2022-06-22 10:20:00
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina meluangkan waktunya untuk menikmati mie ramen.

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina tak pernah lupa menyempatkan waktu untuk quality time berdua. Meski disibukkan dengan aktifitas padat, keduanya mengaku membutuhkan waktu untuk bersantai.

Salah satu aktifitas yang dilakukan Raffi dan Nagita kala berduaan, adalah menjajal berbagai macam aneka kuliner. Saat menyambangi Mal Gandaria City, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (21/6/2022), pilihan mereka jatuh pada mie ramen.

Raffi dan Nagita merupakan penggila berbagai jenis sajian mie, termasuk salah satunya ramen. Keduanya memilih menu Chicken Curry Ramen yang ada di outlet mie ramen halal asal Jepang, RamenYa!.

"Gue sama Gigi termasuk yang suka makan mie ramen. Kalau ramen di Jakarta, nggak banyak tempat yang bisa kita datangin. Karena cari ramen enak di Jakarta itu susah," kata Raffi ditemani Nagita kala hendak menyantap sajian ramen.


Halal dan Enak

Ada dua pertimbangan Raffi dan Nagita saat ingin makan ramen. Ia mementingkan urusan kehalalan dan rasa gurih yang didapat saat menyantap ramen.

"Ada ramen yang terasa kurang gurih. Tapi di RamenYA! ini terasa gurih tapi nggak begitu banyak penyedapnya," Raffi menuturkan.

Senada dengan Raffi, Nagita lebih dulu memastikan ramen yang ia santap mendapat sertifikasi halal. "Di tempat yang kita datangin ini semua menunya halal. Jadi lengkap, halalnya dapat, enaknya dapat," Nagita menimpali.


Penyuka Ramen

Soal ramen, Raffi dan Nagita mengaku sebagai penggila mie asal Jepang itu. Teksturnya yang halus dan rasa gurih pada kuah dan bumbu-bumbu yang tercampur di dalam mangkuk besar, jadi magnet utama bagi keduanya menyantap ramen.

"Kalau dibilang sering, cukup sering juga kita berdua makan ramen. Tapi balik lagi, harus ramen yang benar-benar enak," kata Raffi.

Nagita menambahkan, ramen yang enak dan lezat didapat dari perpaduan bumbu yang bercampur saat pertama kali masuk ke mulut.


Suap-Suapan

Menikmati ramen hangat di dalam mangkuk besar, Raffi dan Nagita dibuat terlena. Untuk sejenak, keduanya menikmati waktu senggang yang jarang mereka dapatkan karena kesibukan bekerja.

Saking terlenanya, Raffi dan Nagita tak sadar jika keduanya diamati banyak mata yang memandang kala saling menyuapi sajian menu ramen yang mereka pilih.

"Soalnya ramennya enak dan ini menunya kita beda-beda. Jadi saling nyicip aja ramen masing-masing," kata Nagita yang terlihat sibuk melahap Donburi dan Nakedmen alias ramen goreng.

Infografis 7 Penyebab Sampah Makanan. (Liputan6.com/Triyasni)

Diperiksa Lagi Terkait Kasus DNA Pro

Diperiksa Lagi Terkait Kasus DNA Pro, Ivan Gunawan Serahkan Dokumen Tambahan

Liputan6.com 2022-06-22 18:20:00
Artis Ivan Gunawan mendatangi Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis (14/4/2022). Dia memenuhi panggilan penyidik Bareskrim Polri untuk diperiksa sebagai saksi kasus penipuan robot trading D

Presenter Ivan Gunawan kembali menjalani pemeriksaan penyidik Bareskrim Polri terkait kasus investasi bodong DNA Pro. Pemeriksaan tambahan dilakukan guna melangkapi berkas kasus yang menyeret Ivan Gunawan dan beberapa selebritis tanah air.

Tak sendiri, Igun begitu sapaan akrabnya, ditemani oleh Sandy Arifin selaku kuasa hukum saat menjalani pemeriksaan. Beberapa pertanyaan diajukan penyidik selama satu jam pemeriksaan.

Sandy Arifin mengatakan pertanyaan penyidik masih membahas seputar keterlibatan Ivan Gunawan dalam DNA Pro.

"Ada beberapa pertanyaan tambahan yang sudah dijawab, dan tadi sudah dijelaskan pada pihak penyidik. Sekedar itu saja, ada beberapa pertanyaan. Hanya memberi keterangan saja," kata Sandy kepada wartawan usai pemeriksaan, Rabu (22/6/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Dokumen Tambahan

Ivan Gunawan juga menyerahkan beberapa dokumen terkait keterlibatannya dengan kegiatan DNA Pro kepada penyidik Bareskrim Polri. Namun sayangnya, Sandy tidak menjelaskan secara detail dokumen yang dimaksud.

"Yang jelas ada menyerahkan beberapa dokumen," ucap Sandy.


Pemeriksaan Sebelumnya

Sebelumnya, Ivan Gunawan telah menjalani pemeriksaan pertama terkait DNA Pro di Bareskrim Polri pada 14 April 2022. Saat menjalani pemeriksaan, Ivan Gunawan langsung membawa koper berisi uang sebesar Rp921,7 Juta yang merupakan hasil kerjasamanya dengan DNA Pro.

Ivan Gunawan dikontrak selama tiga bulan menjadi brand ambassador DNA Pro. Selama itu, Ivan Gunawan menerima honor Rp1,090 miliar. Namun honor ini disita aparat untuk dijadikan barang bukti.

"Kontraknya 1.090.000.000 rupiah. Tapi yang dikembalikan 921.700.000 rupiah karena potong pajaknya," kata Kasubdit I Dittipideksus Kombes Yuldi Yusman.


Rela Kembalikan Uang

Ivan Gunawan mengaku rela mengembalikan uang kontrak itu dan tak peduli dengan pekerjaan yang sudah ia lakukan sebagai BA DNA Pro. Sebab, dirinya ogah menerima uang dari hasil kejahatan.

"Saya, Ivan Gunawan, as a person, sebagai public figure, saya tidak mau menerima uang dari tindakan atau hasil dari kejahatan. Jadi saya kembalikan semua nominalnya. Enggak etis kalau saya bilang nominalnya berapa, bisa tanya dengan penyidik," tegasnya.

Infografis: Deretan Bank Digital di Indonesia (Liputan6.com/Abdillah)

Fuji Siap Hadapi Kritik Pedas

Film Bukan Cinderella Trending, Fuji Siap Terima Kritik dan Komentar Pedas untuk Debut Aktingnya

Liputan6.com 2022-06-22 11:41:40
Fuji membintangi film Bukan Cinderella.

Rabu (22/6/2022), Film Bukan Cinderella trending di mesin pencarian Google. Bukan Cinderella adalah film karya sineas Ady Garin yang dibintangi Fuji dan Rafael Adwel.

Film yang dijadwalkan tayang di bioskop mulai 28 Juli 2022 ini menandai debut Fujianti Utami di dunia akting. Ia memerankan Amora, cewek SMA yang galak dan biang onar di sekolah.

Trailer dan poster resmi Bukan Cinderella diluncurkan di Plaza Senayan XXI Jakarta, Selasa (21/6/2022). Sebelum menghadiri acara ini, Fuji mengaku deg-degan sampai keluar keringat dingin.

"Ini film pertama. Ya, gugup banget sampai tadi malam masih keringat dingin buat ke acara ini, enggak tahu, aku takut sebenarnya," kata Fuji kepada Showbiz Liputan6.com, kemarin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Takut Saja

"Takut saja gitu nanti orang ngomong begini ngomong begitu. Karena film pertama kali ya, grogi banget. Jadi kepikiran semuanya," adik almarhum Bibi Andriansyah menyambung.

Fuji menyadari, belum setahun berada di dunia akting dan langsung mendapat peran utama. Porsi kemunculannya dalam Bukan Cinderella pun dominan. Beban yang disangganya tidak ringan.


Komentar Negatif

Apalagi, Bukan Cinderella diadaptasi dari cerita Wattpad yang dibaca lebih dari 11 juta kali. Belum lagi di Instagram, Fuji diikuti 11 jutaan orang. Harapan publik kepadanya meninggi. Ia mengaku siap dikritik.

"Kalau misalnya nanti ada komentar negatif atau kritikan ya sudah, jadikan itu sebagai pelajaran biar ke depan lebih bagus lagi. Namanya juga film pertama, belum ada setahun aku ada di dunia seni," Fuji menjelaskan.


Enggak Juga Sih

Belakangan ini, sejumlah netizen menagih karya Fuji mengingat jumlah followers-nya sangat banyak. Apakah Bukan Cinderella menjadi jawaban Fuji bagi netizen yang mempertanyakan karya nyatanya?

"Enggak juga sih, aku enggak ngurusin kayak begitu. Agak cueklah insyaallah," cetusnya. Fuji mengaku telah memberikan yang terbaik selama syuting. Ia berharap Bukan Cinderella disambut hangat pencinta film Indonesia.

<p>infografis journal 5 Film Horor Indonesia dengan Jumlah Penonton Terbanyak. (Liputan6.com/Tri Yasni).</p>

Ratu Elizabeth Segera Turun Takhta?

Ratu Elizabeth II Dikabarkan Panggil Pangeran Charles dan William untuk Bahas Penyerahan Kekuasaan

Liputan6.com 2022-06-22 05:02:21
Pangeran George, Pangeran Charles, Ratu Elizabeth II, dan Pangeran William berpotret bersama di Istana Buckingham. (RANALD MACKECHNIE / BUCKINGHAM PALACE / AFP)

Kabar seputar Kerajaan Inggris belakagan ini terbagi dalam dua tema besar, sebelum dan sesudah gelaran Platinum Jubilee Ratu Elizabeth II beberapa waktu lalu.Saat ini keluarga bangsawan Istana Buckingham telah kembali ke bisnis serius, termasuk rencana pengangkatan Raja Inggris selanjutanya.

Orang dalam Istana menyebut bahwa Ratu telah memanggil putranya, Pangeran Charles dan cucunya, Pangeran William ke Kastil Windsor untuk memulai proses penyerahan monarki kepada ahli waris selanjutnya.

"Sang Ratu hanya bisa menghabiskan waktu sekitar 30 menit di depan umum saat perayaan (Jubilee)," ucap seorang sumber, dilansir dari New Idea, 20 Juni 2022. Sumber itu menambahkan, hal itu terkait dengan masalah mobilitas yang Ratu Elizabeth derita saat ini.

Dan meski membaik, tapi fakta bahwa Ratu sudah berusia senja, membuat dirinya tidak bisa lagi melakukan tugas sesuai kebutuhan. "Jika Jubilee kemarin terasa seperti perpisahan besar bagi seorang perempuan yang luar biasa, itu karena jauh di lubuk hatinya, dia tahu itu. Dia menyingkir untuk putra dan cucunya, meskipun tidak secara formal," terang sumber tersebut.

Sumber orang dalam lainnya juga mengatakan kalau Pangeran Charles meminta ibunya hadir di balkon Istana Buckingham setelah acara Jubilee. Ia mencoba meyakinkan ibunya untuk melakukan perjalanan sejauh 35 km dari Windsor ke London sehingga publik bisa melihatnya lagi.

"Baik Pangeran Charles dan William sudah menghabiskan waktu bersamanya sejak Jubilee dan menjelaskan kepadanya bahwa tidak apa-apa jika dia ingin mundur," kata seorang sumber.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Melayani Sampai Akhir

"Dia telah membuat Persemakmuran bangga selama 70 tahun, dan sekarang giliran mereka untuk membuatnya bangga," sambungnya.

Di sisi lain, pakar kerajaan Phil Dampier mengatakan kepada New Idea bahwa Ratu, yang kini berusia 96 tahun, "tidak akan pernah turun takhta"."Dia menganggap sumpahnya selama penobatannya sebagai suci di hadapan Tuhan, jadi dia ingin melayani sampai akhir," katanya.

"Dia membiarkan putra dan cucunya mengambil alih sedikit demi sedikit. Dia melihat ke masa depan dan menginginkan transisi yang mulus ketika saatnya tiba dia dengan sedih meninggalkan kita," tambahnya.

Platinum Jubilee sendiri merupakan perayaan yang menandai 70 tahun masa pemerintahan Ratu Elizabeth II. Dalam pesan Jubilee-nya, Ratu Elizabeth II berterima kasih pada masyarakat Inggris Raya karena menyelenggarakan acara untuk merayakan tonggak sejarahnya sebagai pemimpin Kerajaan Inggris.


Penghormatan Emosional

"Saya merasa terus terinspirasi dengan niat baik yang ditunjukkan pada saya, dan berharap pada hari-hari mendatang akan dapat memenuhi kesempatan untuk merefleksikan semua yang telah diraih selama 70 tahun terakhir, karena kita menatap masa depan dengan percaya diri dan antusiasme," katanya, mengutip BBC.

Sebelumnya, Pangeran Charles memberikan penghormatan khusus yang emosional terhadap ibunya pada Sabtu 4 Juni dalam perayaan untuk memperingati Platinum Jubilee.

Ia memuji Ratu karena telah mempersatukan bangsa dan terus mengukir sejarah selama 70 tahun bertakhta.Charles berbicara dalam sebuah konser pop di luar Istana Buckingham.

Acara dibuka dengan video yang memperlihatkan Ratu berusia 96 tahun itu minum teh bersama Paddington Bear dan memainkan irama "We Will Rock You" di cangkir.


Banyak Kenangan Indah

Ketika gambar-gambar Ratu diperlihatkan di tembok, Charles mengatakan Jubilee telah memberi negaranya kesempatan untuk mengucapkan terima kasih, seperti dikutip dari laman VOA Indonesia, Senin (6/6/2022).

"Yang mulia, Anda telah bersama kami dalam masa-masa sulit. Dan Anda mempersatukan kami untuk merayakan momen-momen bangga, senang dan bahagia," kata Charles di hadapan sekitar 22.000 orang. Jutaan orang lainnya menonton lewat TV.

Ratu Elizabeth sendiri tidak hadir. Ia absen dalam sejumlah acara Jubilee karena "masalah mobilitas" yang telah menyebabkannya membatalkan kehadirannya baru-baru ini. Sebuah foto resmi Ratu Elizabeth II telah dirilis menjelang perayaan untuk menandai Platinum Jubilee-nya.

Potret itu dilakukan oleh Ranald Mackechnie, diambil di Victoria Vestibule di Kastil Windsor awal tahun ini, demikian dikutip dari laman BBC, Kamis (2/6/2022). Dalam pesan Jubilee-nya, Ratu Elizabeth II berterima kasih kepada orang-orang karena menyelenggarakan acara untuk merayakan tonggak sejarahnya, dengan mengatakan "banyak kenangan indah" akan tercipta. Jutaan orang bersiap-siap untuk pesta jalanan untuk menandai 70 tahun takhta selama empat hari libur akhir pekan.

Infografis Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur. (Liputan6.com/Abdillah)

Tak Tahu Kenapa Digugat Cerai

Dewi Perssik Tak Tahu Alasan Angga Wijaya Menceraikannya

Liputan6.com 2022-06-22 18:00:31
Dewi Perssik dan Angga Wijaya (Sumber: Instagram/anggawijaya88)

Rumah tangga Dewi Perssik kembali dihantam badai perceraian, suami yang telah lima tahun menikahinya, Angga Wijaya, mengajukan permohonan talak cerai ke pengadilan.

Selama menjalani biduk rumah tangga dengan suaminya, sang pedangdut merasa telah melakukan tugasnya dengan baik sebagai seorang istri. Tapi keputusan Angga untuk pisah tampaknya tak bisa lagi dinegosiasi.

"Perceraian itu halal tapi kan dibenci oleh Allah. Makanya selama ini aku sudah sabar 5 tahun kita menjalani rumah tangga," tutur pemilik Goyang Gergaji di acara Pagi Pagi Ambyar, Rabu (22/6/2022).

Mau tidak mau, Dewi Perssik harus belajar ikhlas menerima kenyataan pahit untuk kesekian kalinya.

"Aku sudah memberikan apa yang dia mau, yang terbaik. Tapi kalau pada kenyataannya apa yang aku beri dia tidak mau menerima ya mau apa," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Penyebab

Saat ditanya apa masalah apa yang dihadapi hingga harus diselesaikan dengan perceraian, Dewi Perssik mengaku tak tahu. Dia tak mengerti apa alasan Angga menceraikannya.

"Dia yang tahu, saya enggak tahu. Karena aku merasa sudah melakukan yang terbaik untuk rumah tangga ini," jelasnya dengan nada bicara yang sangat tenang.


Menerima

Dewi Perssik mencoba untuk menghargai segala keputusan Angga Wijaya, sekali pun itu adalah perceraian.

"Keputusan apa pun itu yang terbaik, sebagai seorang istri aku hanya bisa menerima dengan ikhlas," ujarnya.


Pernikahan dan Perceraian

Angga Wijaya sudah melayangkan permohonan talak cerai ke Pengadilan Agama (PA) Jakarta Selatan. Dia mendaftarkan perceraiannya pada Senin (20/6/2022).

Diketahui Angga Wijaya dan Dewi Perssik menikah pada 10 September 2017. Selama lima tahun membina rumah tangga keduanya belum juga dikaruniai momongan.

<p>Infografis Gejala dan Pencegahan Covid-19 Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Harusnya Malaysia Klaim Riau?

HEADLINE: Mahathir Mohamad Singgung Malaysia Harusnya Klaim Singapura dan Riau, Ada Apa?

Liputan6.com 2022-06-23 00:00:17
Banner Infografis Mahathir Mohamad Singgung Malaysia Harusnya Klaim Singapura dan Riau. (Liputan6.com/Abdillah)

Sosok Mahathir Mohamad tengah jadi pergunjingan netizen di Singapura dan Indonesia. Bukan karena kehadirannya baru-baru ini atas undangan Rakernas NasDem di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat 17 Juni 2022, tapi asal mulanya adalah perkara klaim wilayah di Singapura dan kepulauan Riau di Indonesia.

Kala itu, Minggu 19 Juni, Mahathir Mohamad dipercaya untuk berpidato di sebuah acara yang diselenggarakan oleh beberapa organisasi non-pemerintah di bawah bendera Kongres Survival Melayu di Selangor, Malaysia.

Dalam pidato pembukaannya yang disiarkan langsung di media sosial, Mahathir mengatakan bahwa apa yang dikenal sebagai Tanah Melayu dulu sangat luas, membentang dari Tanah Genting Kra di Thailand selatan sampai ke Kepulauan Riau, dan Singapura, tetapi sekarang terbatas di Semenanjung Malaya.

"Saya bertanya-tanya apakah Semenanjung Malaya akan menjadi milik orang lain di masa depan," katanya.

Pada momen tersebut, Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad juga mengatakan bahwa Singapura pernah dimiliki oleh Johor dan negara bagian Johor harus menuntut agar Singapura dikembalikan ke asalnya, yaitu Malaysia.

"Namun, tidak ada tuntutan apapun dari Singapura. Sebaliknya, kami menunjukkan apresiasi kami kepada kepemimpinan negara baru bernama Singapura ini," ujar Mahathir Mohamad saat berpidato.

Mantan perdana menteri berusia 96 tahun itu lantas mengatakan pemerintah Malaysia menganggap lebih berharga bahwa mereka memenangkan kendali atas Pulau Sipadan dan Ligitan di lepas Kalimantan melawan Indonesia di Mahkamah Internasional (ICJ), demikian seperti dikutip dari straitstimes, Selasa 21 Juni.

"Seharusnya kita tidak hanya menuntut agar Pedra Branca, atau Pulau Batu Puteh, dikembalikan kepada kita, kita juga harus menuntut Singapura dan Kepulauan Riau, karena mereka adalah Tanah Melayu," tambahnya yang disambut tepuk tangan meriah dari para hadirin.

Ia juga mengatakan, Malaysia saat ini bukan milik bumiputera, karena banyak orang Melayu yang tetap miskin dan cenderung menjual tanahnya.

Mendesak pendengarnya untuk belajar dari masa lalu, dia berkata: "Jika kami menemukan kami salah, kami harus memperbaiki kesalahan ini sehingga tanah kami tetap tanah Melayu."

ICJ pada tahun 2002 memutuskan bahwa Sipadan dan Ligitan milik Malaysia dan bukan milik Indonesia.

Pada tahun 2008, ICJ memutuskan bahwa Pedra Branca milik Singapura, sementara kedaulatan atas Middle Rocks di dekatnya diberikan kepada Malaysia.

Pada 2017, Malaysia mengajukan permohonan kepada ICJ untuk merevisi putusan ini. Tetapi pada Mei 2018, setelah Mahathir menjadi perdana menteri lagi, Malaysia mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan proses tersebut.

<p>Infografis Mahathir Mohamad Singgung Malaysia Harusnya Klaim Singapura dan Riau. (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Netizen Indonesia dan Singapura Geram

Mengetahui pernyataan tersebut, netizen Indonesia dan Singapura pun geram. Tak sedikit yang meninggalkan jejak ketidaksukaannya di akun Instagram @chedetofficial, melalui komentar pada unggahan kedatangan Mahathir Mohamad ke Indonesia atas undangan Ketua Umum Partai Nasional Demokrasi (Nasdem).

"Ganyang," tulis akun @tioooekas pada postingan Instagram dua hari lalu itu.

Netizen lainnya juga mengungkapkan protesnya namun dengan komentar lebih bijak di akun @tomm.shon: Singapore is Singapore and will always be. Riau Islands are part of Indonesia and will always be. Speak good and right or remain silent.

(Singapura adalah Singapura dan akan selalu begitu. Kepulauan Riau adalah bagian dari Indonesia dan akan selalu begitu. Berbicaralah yang baik dan benar atau tetap diam.)

Komentar protes dengan nada serupa juga dilontarkan@stsanto: With all due respect sir, Singapore is not part of Malaysia. You can do whatever you think is good for you to get your political gain back, however please respect other nations. Rest assured Singaporeans cannot be bullied easily, it's a little red dot but it earns the global respect for a reason. It's pity that you would end your political career like this.

(Dengan segala hormat pak, Singapura bukan bagian dari Malaysia. Anda dapat melakukan apa pun yang menurut Anda baik untuk mendapatkan kembali keuntungan politik Anda, namun tolong hormati negara lain. Yakinlah bahwa orang Singapura tidak dapat diintimidasi dengan mudah, ini adalah titik merah kecil tetapi mendapatkan rasa hormat global karena suatu alasan. Sangat disayangkan bahwa Anda akan mengakhiri karir politik Anda seperti ini.)

Sedangkan seorang netizen @iftikharham terlihat geram dengan menyebut "aki-aki bau tanah". Dalam KBBI, aki adalah sebutan untuk kakek.

Lalu akun @samsul_arifin45 mempertanyakan perihal klaim Mahathir Mohamad. "Apakah ini provokasi ngajak perang dari. pihak sana", tulisnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Respons Indonesia

Pemerintah Indonesia kemudian merespons pernyataan kontroversial mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad soal Kepulauan Riau (Kepri). Mahathir dalam sebuah pidato menyatakan bahwa Malaysia seharusnya mengklaim Kepri sebagai bagian dari wilayahnya.

"Perlu dikonfirmasi apakah pernyataan Mahathir Mohamad merupakan posisi resmi Pemerintah Malaysia? Kalau tidak, maka pernyataan tersebut hanyalah pandangan pribadi," kata Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP) Jaleswari Pramodawardhani dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Rabu (22/6/2022).

Dia menegaskan, secara obyektif untuk menentukan pemegang kedaulatan atas suatu wilayah, hukum kebiasaan internasional maupun berbagai preseden putusan pengadilan internasional telah memberikan standar kendali efektif yang harus dipenuhi oleh suatu pemerintah terhadap wilayah yang diklaim berada dalam kendalinya.

"Hingga detik ini, satu-satunya entitas yang memiliki kendali atas wilayah Provinsi Riau adalah Pemerintah Republik Indonesia," ujar Jaleswari.

Hal tersebut, kata dia, bisa dilihat dari adanya administrasi pemerintahan Indonesia di Provinsi Kepulauan Riau yang dilakukan lewat proses demokratis, kapasitas menerapkan hukum nasional, pencatatan kependudukan, kemampuan penegakan hukum, dan unsur-unsur lain yang hanya bisa diterapkan oleh entitas pemerintah yang sah.

Saat dikonfirmasi perihal isu tersebut, pihak KBRI Kuala Lumpur mengatakan "kami merujuk pernyataan dari Kemlu Pusat ya."

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) kemudian menyatakan rasa kecewa atas retorika mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad terkait Kepulauan Riau. Mahathir yang notabene merupakan seorang politikus senior dinilai harus lebih bijak dalam menyampaikan pandangan.

Retorika Mahathir Mohamad dianggap tidak memiliki dasar hukum, serta dikhawatirkan menganggu persatuan antara kedua negara di tengah kondisi global seperti sekarang.

"Indonesia tidak melihat dasar hukum dan alasan pernyataan Tun Mahathir. Ditengah situasi dunia yang sedang menghadapi banyak tantangan, seorang politisi senior seharusnya tidak menyampaikan statement yang tidak berdasar (baseless) yang dapat menggerus persahabatan," ucap juru bicara Kemlu RI Teuku Faizasyah kepada Liputan6.com.

"Wilayah NKRI ditentukan berdasarkan prinsip dan ketentuan hukum internasional yang berlaku," jelas Faiza. "Perlu ditekankan bahwa Kepulauan Riau adalah wilayah NKRI dan sampai kapanpun akan menjadi wilayah NKRI."

Ucapan mantan PM Malaysia itu mengemuka ketika Menteri Luar Negeri Retno Marsudi baru-baru ini membahas pentingnya kepercayaan antara negara saat ia berdialog di India. Menlu Retno menyebut butuh "vaksin" untuk melawan "virus" ketidakpercayaan tersebut.

"Untuk menangani dan mencegah virus ini menular secara cepat, di dalam Delhi Dialogue saya juga mengumpakam diperlukannya vaksin yang disebut Vaccine Strategic Trust atau Vaksin Penambah Rasa Saling Percaya," ujar Menlu Retno.

Menlu Retno Marsudi menjelaskan bahwa vaksin itu mengandung prinsip inklusivitas dan kerja sama konkret, namun masih banyak negara yang ragu-ragu dalam memakai vaksin tersebut. Ia pun meminta agar negara-negara memilih vaksin kepercayaan tersebut agar kawasan Indo-Pasifik dapat menjadi lebih sejahtera.

<p>Infografis Alasan Mahathir Mohamad Sebut Malaysia Harusnya Klaim Singapura dan Riau. (Liputan6.com/Abdillah)</p>


Batas Negara Sudah Final

Anggota Komisi I DPR RI, TB Hasanuddin menegaskan bahwa batas negara Indonesia dan Malaysia sudah final.

"Menurut hemat saya, pernyataan itu tidak tepat dan tak bijak. Batas antara Singapura, Kepulauan Riau (Indonesia), dan Malayasia saat ini sudah final dan tak perlu dipermasalahkan lagi," ujar TB Hasanuddin saat dihubungi Liputan6.com lewat pesan singkat hari Rabu.

Hasanuddin menyesalkan pernyataan kontroversial tersebut yang justru keluar dari mulut politikus senior Malaysia.

"Indonesia juga tak pernah mempermasalahkan dan mengungkit-ungkit wilayah Malaysia yang dulu menjadi bagian dari wilayah Majapahit," kata dia.

Lebih lanjut, politikus senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini meminta semua pihak tetap tenang menyikapi pernyataan Mahathir Mohamad tersebut.

"Kita tak boleh terpancing oleh pendapat yang dapat memancing ketegangan di wilayah ini," ujar TB Hasanuddin menandaskan.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Sekjen PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa jika hanya melihat sejarah, maka Pahang juga seharusnya bisa diklaim oleh Indonesia.

"Klaim itu harus melihat perspektifnya, kalau melihat perspektifnya historis, Pahang itu zaman Gajah Mada masuk ke Majapahit, kalau dilihat perspektif historisnya," kata Hasto saat ditemui di Sekolah Partai PDIP, Rabu (22/6/2022).

Hasto lantas meminta Malaysia menghormati kedaulatan Indonesia.

"Dalam kondisi bangsa-bangsa sudah merdeka, sebaiknya kita menghormati kedaulatan setiap negara, karena itu juga yang dilakukan oleh Indonesia," tegas Hasto.

Terkait hal ini, Sejarawan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Asvi Warman Adam mengatakan bahwa Kepulauan Riau sejak masa kolonial sudah termasuk dalam wilayah Hindia Belanda. Dengan begitu, maka Kepulauan Riau termasuk dalam wilayah Indonesia.

"Kepulauan Riau adalah bagian dari Hindia Belanda. Nah kita ini Indonesia mewariskan atau melanjutkan apa yang ada di wilayah Hindia Belanda. Sehingga kita mengatakan Papua Barat, Irian Barat bagian Indonesia karena bagian Hindia Belanda. Sementara Timor Timur bukan bagian dari Hindia Belanda," ujar Asvi saat dihubungi Liputan6.com.

Jika merujuk pada masa Majapahit, Asvi menyebut Malaysia justru masuk dalam wilayah kekuasaan kerajaan yang berpusat di Mojokerto, Jawa Timur tersebut. Namun klaim wilayah pada masa kerajaan tidak diakui.

"Yang diakui adalah apa yang terjadi pada masa kolonial, itu pembagian-pembagian wilayah yang terjadi waktu itu," tutur Asvi.

Karena itu, menurut dia, Indonesia tidak perlu menanggapi berlebihan terhadap pernyataan kontroversial yang dilontarkan Mahathir Mohamad. Pernyataan tersebut dinilai hanya sebagai wacana sejarah yang tidak berpengaruh apapun secara hukum.

"Mungkin Maharthir berusaha mengungkapkan kejayaan kerajaan-kerajaan masa lalu di Malaysia. Bahwa pada masa lampau Johor itu mempunyai pengaruh terhadap Singapura," kata Asvi.

"Pernyataan seperti itu enggak menganggu, menurut saya. Seperti wacana sejarah yang menceritakan ada kerajaan dulu mempunyai wilayah atau pengaruh yang sangat luas. Jadi cerita tentang kejayaan Johor masa lalu. Sama seperti kita bisa bercerita kejayaan Majapahit pada masa lampau, tapi kita tidak melakukan klaim terhadap Malaysia," ujar Asvi menandaskan.


Respons Singapura

Ketua Parlemen Singapura Tan Chuan-Jin menanggapi bahwa ia bangga jadi orang Singapura.

Melalui Instagram, Tan Chuan-Jin menampilkan screenshot dari ucapan Mahathir Mohamad yang diberitakan oleh media massa. Awalnya, ia menyayangkan ada orang-orang Singapura yang menyanjung Malaysia berdasarkan pengalaman anekdotal mereka dan seakan menjatuhkan negara sendiri.

"Kita tentunya tidak sempurna dan bisa menjadi lebih baik dan akan meningkatkan diri. Tetapi saya bangga menjadi orang Singapura dan tidak menghabiskan waktu saya menjatuhkan negara dan warga saya sendiri," ujar Tan Chuan-Jin.

Sementara, warga Singapura di kolom komentar mengingatkan bahwa dulu pemerintah Malaysia sendiri yang melepas Singapura. Ada juga netizen yang menyorot Malaysia menginginkan Singapura ketika negara itu sudah maju seperti sekarang.

Dulu, Perdana Menteri Pertama Malaysia Tunku Abdul Rahman mengakui sendiri bahwa melepas Singapura adalah idenya. Tunku Abdul Rahma berpendapat perbedaan pemerintahan di Singapura dan Malaysia sudah terlalu banyak, sehingga lebih baik Singapura lepas dari federasi.

Perpisahan Malaysia dan Singapura dinilai bisa meningkatkan hubungan damai antara kedua negara. Singapura lantas merdeka pada 9 Agustus 1965 dengan Lee Kuan Yew sebagai pemimpin.

Sementara itu, pihak Kedutaan Malaysia di Indonesia mengomentari hal tersebut dengan mengembalikan kepada sosok yang karib disapa Dr. M itu.

"Everyone is entitled to his own opinion (sebagai individu, Tun Mahathir berhak untuk mengeluarkan pendapat)," ujar Adlan selaku Kuasa Usaha Sementara Kedubes Malaysia di Indonesia.

"Namun kenyataan beliau tidak mencerminkan pendirian Pemerintah Malaysia," pungkas Adlan.

<p>Infografis Kilas Balik Sengketa Sipadan-Ligitan & Pedra Branca. (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Ibu Kota Baru Pakai Kereta Gantung

Tiru Jepang, Transportasi Antar Kantor di IKN Nusantara Pakai Kereta Gantung

Liputan6.com 2022-06-22 17:15:39
Titik Nol IKN Nusantara yang kini disulap menjadi lebih cantik. (foto: Abdul Jalil)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, mengatakan rencananya Pemerintah Indonesia akan menerapkan transportasi kereta gantung di Ibu Kota Negara (IKN) sebagai alat transportasi antar kantor.

Dalam kunjungannya ke Jepang selama 2 hari, yang berlangsung 21-22 Juni 2022, Menhub juga meninjau kawasan Shiba, Tokyo, Jepang. Di tempat tersebut terdapat kereta gantung. Disana Kereta gantung digunakan sebagai alat transportasi di tempat wisata.

"Insyallah akan inisiasi saya dapat perintah dari Bapak presiden dan Bappenas untuk mempelajari, kita tahu bahwa IKN membutuhkan suatu pergerakan yang unik, kita akan menggunakan kereta gantung menjadi alat transportasi kantor ke kantor dan kita akan lakukan di tempat wisata seperti di Bali," kata Menhub dalam konferensi pers, virtual terkait Kunjungan Kerja Menhub ke Jepang, Rabu (22/6/2022).

Menhub menyebut, pemandangan yang dilihat menggunakan kereta gantung sangatlah indah di Jepang. Menhub juga memuji pengelolaan yang dilakukan Pemerintah Jepang terkait kereta gantung.

"Pemandangannya sangat Indah dikelola secara baik oleh Jepang, tentu saja teknologinya bukan dari Jepang saja tapi juga dari negara lain," kata Menhub Budi.

Lebih lanjut, dalam kunjungannya ke Jepang, untuk IKN Menhub juga membahas kemungkinan-kemungkinan rencana penerapan transportasi kereta api, dan kapal. Karena memang dua hal ini menjadi domain dari Kementerian Perhubungan.

"Oleh karenanya saya tadi pagi meninjau Shiba untuk meninjau kemungkinan alat transportasi berbasis listrik tentu sangat environment friendly," ujar Menhub.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pembangunan Ibu Kota Baru

Seorang siswa mencari lokasi calon ibu kota baru pada peta saat kegiatan belajar bertema wawasan Nusantara di SDN Menteng 02, Jakarta, Selasa (27/8/2019). Kegiatan belajar wawasan Nusantara itu memberitahukan lokasi pemindahan ibu kota RI dari Jakarta ke Kalimantan Timur.(merdeka.com/Imam Buhori)

Sebelumnya Pemerintah menyatakan tengah merancang pembangunan ibu kota baru yang direncanakan berada pada lahan seluas 256.142 Hektare (Ha) di Kalimantan Timur. Pengembangan kawasan ini pun nantinya akan mengusung konsep forest city yang ramah lingkungan.

Ibu kota negara juga nanti akan memanfaatkan energi baru terbarukan atau EBT seperti energi air, angin, atau matahari. Sebab, dalam konsep mengenai green city yang sustainable, efisiensi mengenai konservasi energi memang harus bisa dipastikan.

Selain itu, nantinya juga akan dilengkapi sistem bangunan yang green desain, serta circular water management system yang akan memanfaatkan air secara optimal.

Selain itu, Ibu Kota baru juga nanti akan mengusung pola mobilitas juga harus berorientasi pada transportasi publik.


Menteri PUPR Butuh Rp 5 Triliun Bangun Ibu Kota Negara Baru di 2022

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengaku telah menyurati Menteri Keuangan terkait kebutuhan anggaran pembangunan Ibu Kota Negara baru tahun anggaran 2022-2024 sebanyak Rp 43,73 triliun, yang ditujukan untuk pembangunan prasarana dasar IKN.

"Kami sudah menyurati Menteri Keuangan kebutuhan IKN, karena dalam penyusunan (APBN) 2022 ini tidak termasuk IKN. Kebutuhan semua antara 2022-2024 sebesar Rp 43,73 triliun," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR RI di Jakarta, Kamis (9/6/2022).

Prasarana dasar yang dimaksud diantaranya, pembangunan jalan tol, jalan nasional, kantor presiden, kantor Wakil Presiden, kantor Kementerian Koordinator, Kementerian Sekretariat Negara, drainase-drainase. Artinya, anggaran yang diajukan Kementerian PUPR memang khusus untuk prasarana dasar IKN saja.

Untuk tahun 2022, Kementerian PUPR membutuhkan anggaran sebesar Rp 5,07 triliun untuk pembangunan prasarana dasar IKN. Namun, kemungkinan anggaran yang diminta tersebut diperkirakan hanya menyerap Rp 4,3 triliun saja.

"Usulan kami pada April kemarin untuk 2022 sebesar Rp 5 triliun (tepatnya Rp 5,07 triliun), tapi sekarang sudah ada beberapa yang sudah lelang waskita karya, dan akan ada beberapa yang lelang Juni ini, maka kemungkinan tidak akan menyerap Rp 5 triliun tapi sekitar Rp 4,3 triliunan, tapi keseluruhan sampai tahun 2024 Rp 43,73 triliun. Ini disiapkan DIPA-nya," jelas Menteri Basuki.

Adapun dikutip dari paparan Menteri PUPR, dari surat usulan kebutuhan anggaran pembangunan IKN TA 2022-2024 sebesar Rp 43,73 triliun ini, rinciannya untuk Ditjen Sumber daya air sebesar Rp 3,25 triliun, Ditjen Bina Marga sebesar Rp 17,11 triliun, Ditjen Cipta Karya Rp 22,25 triliun, dan Ditjen Perumahan sebesar Rp 1,12 triliun.


Kebutuhan 2022

Sementara, kebutuhan anggaran pelaksanaan pembangunan infrastruktur tahun 2022 sebesar Rp 5 triliun, rinciannya Ditjen Sumber daya air sebesar Rp 0,49 triliun, Ditjen Bina Marga sebesar Rp 1,74 triliun, Ditjen Cipta Karya Rp 2,36 triliun, dan Ditjen Perumahan sebesar Rp 0,48 triliun.

"Berkenaan dengan hal tersebut di atas, mohon kiranya kebutuhan anggaran sebesar Rp 5,07 triliun dapat dialokasikan dalam DIPA Kementerian PUPR Tahun Anggaran 2022," tulis Surat Menteri PUPR kepada Menteri Keuangan.

Sebelumnya, Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono mengatakan, Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan mulai dibangun pada semester kedua 2022.

Kini, Badan Otorita Ibu Kota Nusantara tengah merapikan semua perencanaan dan persiapan pelaksanaan pembangunan di lapangan. Dia menuturkan hal-hal yang akan dibangun pada awal pembangunan IKN. Pertama adalah jalan-jalan untuk akses logistik. Kedua adalah pembangunan tanah.

Infografis Swasta Kuasai Lahan di Ibu Kota Baru. (Liputan6.com/Abdillah)

Patung Jenderal Sudirman Dicorat Coret

Patung Jenderal Sudirman Dicoret-coret, Polisi Buru Pelaku

Liputan6.com 2022-06-22 10:22:16
Foto udara memperlihatkan patung pahlawan nasional Jenderal Sudirman di tengah jalan yang biasanya ramai di Jakarta pada 1 Mei 2022, setelah orang-orang kembali ke kampung halaman untuk me

Aksi vandalisme terhadap patung Jenderal Sudirman yang ada di Jalan Jenderal Sudirman, Setibudi, Jakarta Selatan (Jaksel) ini menjadi perhatian serius aparat kepolisian.

Pemandangan patung Jenderal Sudirman usai dicoret-coret oleh tangan-tangan orang tak bertanggung jawab ini sempat diabadikan oleh seorang netizen. Foto vandalisme itu pun dibagikan ke akun media sosial.

Seperti terlihat, bahwa pelaku mencoret-coret bagian bawah keramik dengan gambar grafiti. Namun, kini coretan tersebut telah dibersihkan oleh petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) DKI Jakarta.

Terkait hal ini, Kapolsek Metro Setiabudi, Kompol Agung Permana menyatakan, pihaknya telah membentuk tim untuk mencari pelaku vandalisme di Patung Jendral Sudirman tersebut.

"(Pelakunya) masih kami lidik," kata Agung saat dihubungi, Rabu (22/6/2022).

Selain itu, anggota juga diminta untuk menggencarkan patroli di sekitar lokasi. Hal ini untuk mengantisipasi supaya kejadian vandalisme serupa tak terulang kembali di kemudian hari.

"Kita lakukan upaya preventif ke depan anggota patroli sekitaran supaya tidak terulang," ujar dia.

Sementara itu, Agung melaporkan Patung Jenderal Sudirman saat ini sudah terlihat seperti sediakala. Tim PPSU kecamatan telah membersihkan bekas coretan.

"Sudah bersih (dari coretan) patungnya," ujar dia


Vandalisme Tugu Sepatu

Sebelumnya, Tugu Sepatu yang merupakan salah satu ikon baru di Jakarta ternodai vandalisme oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku prihatin dengan adanya aksi tersebut. Riza menyebut Pemprov DKI tak pernah melarang adanya kreativitas anak-anak muda. Namun, harus tahu tempat.

"Tentu kami prihatin kreativitas itu baik dan penting kami berikan kesempatan seluas-luasnya bagi generasi muda khususnya untuk meningkatkan kreativitas. Namun demikian, harus tahu tempatnya," kata Riza di Jakarta, Minggu (19/9/2021).

Dia pun tak akan tinggal diam.

"Ya tentu nanti aparat akan mengusut tuntas siapa yang melakukannya," ucap Riza.

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membangun tugu sepatu di pinggir Jalan Sudirman. Instalasi sepatu raksasa itu berada persis di dekat Stasiun Sudirman BNI City, Jakarta Pusat.

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menjelaskan bahwa tugu sepatu tersebut dibangun hasil kolaborasi sejumlah pihak, termasuk BUMD DKI, PT Jakarta Tourisindo.

"Kita ingin mempercantik Kota Jakarta, di antaranya dengan tugu sepatu. Itu hasil kolaborasi. Itu tanyakan sama Jaktour ya detailnya," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis, 16 September 2021.