Selamat Jalan Rima Melati

Aktris Senior Rima Melati Meninggal Dunia

Liputan6.com 2022-06-23 16:03:07
Foto profil Rima Melati (Andy Masela/bintang.com)

Duka kembali menyelimuti dunia perfilman, aktris senior Rima Melati. Istri mendiang Frans Tumbuan mengembuskan napas terakhirnya Kamis (23/6/2022) di RSPAD Jakarta.

Kabar sedih ini diumumkan langsung oleh Marisa Tumbuan, menantu Rima Melati melalui pesan singkatnya.

"Telah berpulang dengan tenang ke pangkuan Tuhan Yang Maha Esa, Ibu RIMA MELATI, ibunda/mertua terkasih dari Aditya Bimasakti dan Marisa Tumbuan, pada hari ini Kamis 23 Juni 2022 pada pukul 15.14 WIB di RSPAD Jakarta Pusat," begitu isi pesannya.

Pemilik nama asli Marjolien Tambajong ini meninggal dunia di usia 84 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Minta Doa

Pihak keluarga meminta doanya kepada orang-orang yang mengenal Rima Melati.

"Mohon doanya dan mohon dimaafkan semua kesalahan kesalahan beliau. Tuhan memberkati kita semua. Aamiin," tambahnya.


Dirawat

Sebelum meninggal dunia, bintang film Kabut Sutra Ungu sempat menjalani perawatan intensif di RSPAD Jakarta.

Dan kini, Rima Melati berada di rumah duka RSPAD ruang Kamboja. Namun belum diketahui pasti waktu pemakamannya.


Kanker Payudara

Pada 1989, Rima Melati didiagnosis mengidap kanker payudara stadium 3B. Ia pun menjalani perawatan selama 1,5 tahun di Belanda karena ahli bedah Indonesia tidak dapat melakukan mastektomi parsial, dikutip Wikipedia.

Rima Melati tidak kembali bermain film sampai 1994, ketika dia muncul di Sesal. Dan saat wawancara 2012 silam, wanita keturunan Belanda dan Minahasa ini mengaku tak berniat kembali ke film atau televisi.

Ia memilih menjadi perancang busana, dan telah mengkampanyekan kesadaran kanker payudara melalui Yayasan Kesehatan Payudara Jakarta.

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)

Cak Imin-Yenny Wahid Saling Senggol

Penjelasan Kedua Kubu soal Memanasnya Cak Imin dan Yenny Wahid

Liputan6.com 2022-06-23 15:10:33
Direktur Wahid Foundation Zannuba Arifah Chafsoh, akrab disapa Yenny Wahid. (Foto: Benedikta Miranti T.V)

Hubungan Ketua Umum (Ketum) PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dengan anak Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Zannuba Ariffah Chafsoh alias Yenny Wahid kembali memanas.

Terkait hal tersebut, juru bicara Yenny Wahid, Imron Rosyadi Hamid menjelaskan, penjelasaan Yenny adalah terkait Pilpres 2024.

Selain itu, mengingatkan bahwa keluar Gus Dur tak di dalam gerbong Cak Imin.

"Pernyataan Mbak Yenny tentang PKB Muhaimin dan PKB Gus Dur merupakan upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat, terutama berkait pilpres 2024 bahwa Keluarga Gus Dur hingga saat ini tidak dalam gerbong Muhaimin," kata dia dalam keterangannya, Kamis (23/6/2022).

Menurut Imron, Cak Imin dan PKB mengeksploitasi nama besar Gus Dur. Padahal, Cak Imin pernah mengkudeta Gus Dur dan merebut kursi kepemimpinan PKB dari pamannya sendiri.

"Selama ini PKB Muhaimin Iskandar tetap mengeksploitasi nama ataupun gambar Gus Dur meskipun Gus Dur adalah paman yang dia lawan secara hukum di pengadilan," jelas dia.

Imron mengingatkan, PKB pernah mengalami penurunan suara signifikan pada Pemilu 2009. Salah bila Cak Imin bilang PKB tidak terpengaruh gerakan Yenny.

Suara PKB saat ini yaitu sebesar 9,69 persen tidak bisa melebihi persentase perolehan PKB pada Pemilu 1999 yang mencapai 1999.

"Membandingkan angka perolehan 13,57 juta suara di Tahun 2019 dengan 13,2 juta suara di dua dekade sebelumnya (1999) menjadi tidak relevan dan manipulatif karena variabel kenaikan jumlah penduduk Indonesia seolah-olah tidak diperhitungkan," kata Imron.

Ia pun menanggapi sindiran Cak Imin terhadap Yenny yang dianggap gagal mendirikan partai. Kata Imron, kegagalan itu bukan hanya urusan teknis verifikasi. Tetapi ada upaya penggagalan dari beberapa pihak.

"Saya Yakin Cak Imin tidak akan mampu buat partai karena PKB saat ini berhasil didirikan Tahun 1998 dengan menggunakan jaringan NU di bawah Kepemimpinan Gus Dur," tegas Imron.


Penjelasan PKB

Sementara, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid, Muhaimin meluruskan dan memberikan penegasan kepada konstituen serta kader PKB. Dan mengingatkan agar semua mengerti posisi masing-masing.

"Apa yang disampaikan Gus Muhaimin itu upaya meluruskan sekaligus penegasan kepada konstituen, kader dan pengurus PKB agar mengerti posisi masing-masing," kata dia kepada merdeka.com, Kamis (23/6/2022).

Jazilul meminta Yenny tidak ikut campur urusan internal PKB. "Urus saja apa yang menjadi urusannya, jangan campur aduk," imbuhnya.


Disebut Membuat PKS Solid

Gus Muhaimin juga berhasil membuat PKB solid. Jazilul menegaskan, pihaknya akan melawan memecah belah soliditas PKB.

"Gus Muhaimin berhasil membuat PKB solid dan kompak. Kita lawan siapapun yang ingin memecah belah soliditas PKB," ujar wakil ketua MPR RI ini.

Namun, Jazilul menegaskan tidak ada masalah antara Gus Muhaimin dengan keluarga Gus Dur.

"Gak ada masalah, itu urusan masing masing," katanya.

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

Kota dengan Polusi Terburuk di Dunia

Jakarta Masuk Daftar Kota dengan Polusi Terburuk di Dunia, Begini Efek Jangka Panjangnya

Liputan6.com 2022-06-23 18:00:00
Deretan gedung bertingkat tersamar kabut polusi udara di Jakarta, Selasa (20/4/2021). Berdasarkan data "World Air Quality Index" pada Selasa (20/4) pukul 10.00 WIB tingkat polusi udara di Jak

Kemarin pada Rabu, 22 Juni 2022, kota Jakarta baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke 495 tahun. Bertepatan dengan hari tersebut, Jakarta justru mendapatkan kado dari IQAir, sebuah perusahaan teknologi yang bergerak dibidang kualitas udara.

Kado tersebut berupa pernyataan bahwa Jakarta menjadi kota dengan polusi udara tertinggi di dunia pada HUT-nya tersebut.

Mengutip laman IQAir pada Kamis, (23/6/2022), data terbaru hingga pukul 11:58 WIB menunjukkan bahwa Jakarta masih masuk dalam tiga besar sebagai kota dengan polusi udara tertinggi.

Hanya saja posisinya turun menjadi peringkat tiga hari ini. Dikalahkan oleh Dubai, Uni Emirat Arab dan Riyadh, Arab Saudi.

Jakarta memiliki AQI US sebesar 143 yang berarti masuk dalam kategori 'Tidak Sehat' menurut IQAir. Persoalan polusi udara sudah cukup lama dipermasalahkan oleh berbagai pihak.

Tak heran, hal tersebut lantaran polusi udara tak hanya soal debu, asap, dan kawan-kawannya. Polusi udara sendiri memiliki efek jangka panjang pada kesehatan lho.

Lalu, apa sajakah efek jangka panjang untuk kesehatan dari polusi udara? Berikut diantaranya.

Mengutip laman Medical News Today, efek dari polusi udara dapat menyebabkan seseorang kesulitan bernapas ringan hingga persoalan kardiovaskular yang parah, termasuk penyakit jantung, stroke, hingga kanker paru.

Gas dan partikel berbahaya ditimbulkan dari berbagai macam jenis polusi udara. Seperti asap knalpot kendaraan, asap tembakau (rokok), atau asap dari pembakaran batu bara.

Lalu, apa sajakah efek jangka panjang untuk kesehatan dari polusi udara? Berikut diantaranya.


Sederet Efek Jangka Panjang Polusi Udara

1. Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK)

Paparan partikel dari polutan dapat menyebabkan PPOK. Hal tersebut didukung oleh pendapat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyebutkan bahwa polusi udara menyebabkan 43 persen kasus PPOK di seluruh dunia.

PPOK merupakan penyakit yang menyebabkan kesulitan bernapas, seperti emfisema dan bronkitis kronis. Penyakit ini menyumbat saluran udara dan membuat seseorang kesulitan untuk bernafas.

2. Kanker paru

Menurut WHO, polusi udara menyebabkan 26 persen dari semua kasus dan kematian yang ada dari kanker paru.

Hal tersebut lantaran partikel yang ada dalam polutan, yang mana ukurannya sangat kecil memungkinkan mereka masuk dan mencapai saluran pernapasan bagian bawah.

3. Penyakit kardiovaskular

Polusi udara dapat memicu stroke dan serangan jantung. Fakta tersebut tertuang dalam studi yang dipublikasikan dalam National Library of Medicine. Para peneliti menemukan bahwa tinggal di daerah dengan tingkat polusi udara yang tinggi dapat meningkatkan risiko kematian akibat stroke.

Global Burden of Disease Study juga ikut memperkirakan bahwa polusi udara ikut bertanggung jawab atas 19 persen kematian kardiovaskular pada tahun 2015. 21 persen kematian akibat stroke dan 24 persen kematian akibat penyakit jantung juga disebabkan oleh polusi udara sebagai biang keroknya.


Ikut Berdampak pada Janin

Efek jangka panjang polusi udara tak berhenti pada PPOK, kanker paru, dan penyakit kardiovaskular. Namun juga ikut berdampak pada kondisi janin yang dikandung oleh seorang ibu.

Menurut penelitian dalam International Journal of Environmental Research and Public Health, paparan udara yang tercemar dapat membuat wanita hamil lebih mungkin untuk mengalami persalinan prematur.

Para peneliti menemukan bahwa kemungkinan kelahiran prematur berkurang dengan penurunan paparan.

Lebih lanjut menurut International Agency for Research on Cancer, polusi udara di luar ruangan adalah karsinogen, yang mana dapat menyebabkan kanker.

Hal tersebut disebabkan oleh udara yang tercemar mengandung partikel dan bahan kimia terpisah, yang masing-masing memiliki efek berbeda pada kesehatan.

Sedangkan dari sisi efek jangka pendek, paparan polusi udara dapat menyebabkan infeksi pernapasan, penurunan fungsi paru, kerusakan pada mata dan saluran pernapasan, serta mengiritasi kulit.

Terpapar polusi udara juga dapat memperburuk gejala asma yang dialami oleh seseorang.


Hal yang Bisa Dilakukan

Efek kesehatan dari polusi udara memang bisa begitu serius karena faktanya menurut WHO, sepertiga kematian yang ada akibat stroke, kanker paru, dan penyakit jantung memang disebabkan oleh polusi udara.

Apalagi ternyata, efek paparan polusi udara juga memiliki efek yang setara dengan merokok, dan jauh lebih tinggi daripada efek makan terlalu banyak garam.

WHO mengungkapkan bahwa polusi udara sulit untuk dihindari, tidak peduli seberapa kaya area tempat tinggal Anda. Hal tersebut lantaran polusi udara memang ada di sekitar kita.

"Biaya sebenarnya dari perubahan iklim akan terasa di rumah sakit dan paru-paru kita. Beban kesehatan dari sumber energi yang mencemari lingkungan sekarang begitu tinggi," ujar Direktur Kesehatan Masyarakat, Lingkungan, dan Determinan Sosial WHO, Dr Maria Neira dalam laman resmi WHO.

"Sehingga beralih pada pilihan yang lebih bersih dan berkelanjutan untuk pasokan energi, transportasi, dan sistem pangan merupakan cara yang paling efektif," tambahnya.

Infografis Jangan Sembarangan Pakai Masker Dobel (Liputan6.com/Triyasni)

Panggil Papi-Mami di Depan Makam

Gala Sky Tak Henti Panggil Mami - Papi di Makam Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah, Bikin Warganet Terenyuh

Liputan6.com 2022-06-23 13:00:00
Kedua keluarga mendiang sempat sama-sama ajukan hak asuh Gala. (Sumber: Instagram/vanessaangelofficial)

Fuji kembali mengajak keponakannya, Gala Sky, untuk berziarah ke makam Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah di TPU Taman Malaka, Jakarta, Jakarta Selatan.

Dalam kesempatan ini, Fuji membimbing anak balita itu untuk menabur bunga di makam orangtuanya. Namun ada hal yang paling menarik perhatian warganet dari momen ini.

Gala Sky tak henti-hentinya memanggil sang papi sambil menatap ke arah foto sang ayang yang memang sejak awal telah diletakkan di atas makam.

"Papi... Papi... Papi," kata Gala Sky Andriansyah berulang kali. Melihat ini, Fuji membimbing Gala untuk mendoakan papinya.

"Papi Gala di surga ya, amin ya, Papi Gala di surga amin," kata Fuji lalu menuntun Gala Sky megusap kedua wajahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Mendoakan Vanessa

Selanjutnya, gantian Gala Sky menabur bungan di atas makam Vanessa Angel. Dan Gala melakukan hal yang sama, memanggil maminya berulang kali.

"Mami... Mami.. Mami," kata cucu Haji Faisal tersebut.

"Mami, Gala kangen, masuk surga ya Allah, amiiin," kata Fuji yang kembali membimbing sang keponakan untuk mendoakan ibu tercintanya.


Viral

Momen Gala Sky ziarah ke makam orangtuanya ini viral di TikTok, seperti yang diunggah oleh akun @ystory_. Baru 15 jam setelah diunggah, video tersebut telah ditonton lebih dari 10 juta kali.

Warganet kembali bersedih melihat Gala Sky yang terus menerus memanggil ayah dan ibunya.


Respons

"Sedihnya hatiku lihat gala mangil mami papi. sehat selalu gala jadi anak yg sholeh doain mami papi," kata salah satu warganet.

"Gala kayaknya udah ngerti kalo mami sama papinya udah ngga ada," tambah yang lainnya.

Produksi gula selalu kurang, impor berdatangan, dan pabrik lokal tutup? (liputan6.com/Trie yas)

Ultah, Tenggelam dalam Hadiah

Lee Min Ho Ultah ke-35, Tenggelam dalam Lautan Hadiah dari Penggemar

Liputan6.com 2022-06-23 12:30:00
Lee Min Ho Ultah ke-35. (Instagram/ actorleeminho)

Selamat ulang tahun, Lee Min Ho! Ya, aktor kondang Korea Selatan ini memasuki usia 35 tahun pada Rabu (22/6/2022). Menyambut hari spesial ini, sang bintang The Heirs membagikan sejumlah foto-foto terbaru di akun Instagram pribadinya

Dalam foto pertama, ia berpose bersama kue ultahnya dengan balon "Happy Birthday" yang menempel di dinding. Kue ultahnya terlihat imut dengan hiasan dinosaurus, hiasan selamat ultah, dan lilin warna pelangi di tengah.

Dengan nama besar Lee Min Ho, tentu saja banyak penggemar yang ingin ikut merayakan bersama sang bintang. Salah satu jalannya, dengan mengirim kado ke kantor agensi.

Foto bingkisan dari penggemar ini juga dibagikan sang bintang Pachinko di unggahan terpisah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kado yang Menggunung

Dalam foto ini, terlihat bahwa kado yang diterimanya begitu penuh dalam satu ruangan. Bahkan dalam satu foto, badan Lee Min Ho terlihat imut jika dibandingkan dengan tumpukan bingkisan, kue, buket bunga, hingga balon yang memenuhi ruangan.

"Thx minoz im so happy today go to space," tulisnya dalam caption foto ini.


Levelnya Beda

Unggahan Lee Min Ho ini langsung disambut meriah penggemar. Tak cuma di kolom komentar di Instagram, tapi juga di platform Twitter. Tak sedikit yang mengomentari banyaknya kado yang diterima Lee Min Ho.

"Kado ultah Lee Min Ho dari penggemar tiap tahun levelnya memang beda," kata seorang pengguna Twitter. "Lihat jumlah kadonya, Minho layak mendapatkan semua cinta ini," ujar yang lain.


Happy Birthday, Tan!

Tentu saja ia juga menerima banyak ucapan selamat ultah dari warganet. Menariknya, ada sejumlah pesohor Indonesia yang ikut serta memeriahkan. "Semoga suka ya bang, yg di pojokan tuh," kata influencer Tanah Air Raden Rauf.

Asmirandah juga ikut berkomentar. "Happy birthday tan #eh," tulis istri Jonas Rivanno ini, memanggil Lee Min Ho dengan nama karakternya di The Heirs.

Happy Birthday, Lee Min Ho!

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)

Tunggu Aksi Ronaldinho di Malang

Catat, Ronaldinho Bakal Bermain di Malang 26 Juni 2022

Liputan6.com 2022-06-22 20:59:36
Ronaldinho (Bandana) - Mantan bintang Barcelona ini kerap menggunakan bandana saat berlaga di lapangan hijau. Asesoris tersebut digunakan agar tidak menggangu penglihatan karena rambut yang p

Mantan bintang sepak bola kelas dunia Ronaldinho dijadwalkan hadir untuk mengikuti turnamen segitiga di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (26/6/2022).

Media Officer Arema FC Sudarmaji mengatakan, Ronaldinho bakal memperkuat Rans Nusantara FC dalam laga trofeo dan pertandingan melawan Arema FC serta Persik Kediri.

"Ini menjadi kehormatan bagi Arema FC karena ditunjuk sebagai tuan rumah pertandingan menghadirkan bintang kelas dunia," kata Sudarmaji dilansir Antara.

Sudarmaji menjelaskan, pertandingan trofeo ini akan menjadi kesempatan bagi suporter Singo Edan untuk menyaksikan langsung aksi Ronaldinho.

Di sisi lain, lanjutnya, pertandingan itu akan menjadi tantangan besar bagi Aremania untuk menyuguhkan aksi yang atraktif di Stadion Kanjuruhan.

"Bagi Aremania ini merupakan kesempatan yang langka untuk bisa menyaksikan bintang dunia bermain di kandang sendiri," kata Sudarmaji.

Berdasarkan informasi yang dia terima, mantan bintang Barcelona dan AC Milan itu juga ingin merasakan dan melihat aksi Aremania dalam mendukung tim kebanggan warga Malang Raya itu. "Kabarnya Ronaldinho juga penasaran dengan aksi Aremania," katanya.

Sudarmaji menambahkan, format trofeo akan menyajikan tiga pertandingan. Pertama, Persik melawan Rans Nusantara FC, kemudian Persik melawan Arema FC, dan ketiga Arema FC melawan Rans Nusantara FC.

Pertandingan ini akan digelar Minggu malam mulai pukul 20.30 WIB. Tiket pertandingan dijual dengan harga sama seperti Piala Presiden 2022, yakni Rp50 ribu untuk kelas ekonomi, VIP Rp150 ribu dan VVIP Rp250 ribu.

Selain bertanding, Ronaldinho juga akan terlibat dalam coaching clinic dan temu penggemar untuk memotivasi anak-anak dan keluarga agar bermain sepak bola.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sejak Maret

Kabar kedatangan Ronaldinho ke Tanah Air sudah diketahui sejak akhir Maret lalu. Pada perayaan hari jadi satu tahun RANS Entertainment, Raffi Ahmad selaku pemilik Rans Nusantara FC menyatakan keinginan mendatangkan sosok asal Brasil tersebut.

Ronaldinho mengaku gembira bisa datang dan membela klub yang kala itu masih bernama Rans Cilegon FC. "Halo Indonesia, saya Ronaldinho. Akan segera bergabung dengan klub Rudy Salim dan Raffi. Sampai bertemu di Rans FC," ucap Ronaldinho.

Pada kesempatan tersebut, Raffi menyampaikan Ronaldinho akan bermain saat Rans Nusantara FC menggelar turnamen mini pada pramusim.


Pemain Berprestasi

Ronaldinho pensiun pada 2015 setelah tiga tahun tidak aktif. Fluminense menjadi klub terakhir yang diperkuatnya.

Saat masih bermain, Ronaldinho meraih berbagai gelar bergengsi mulai dari Liga Champions, La Liga, Serie A, hingga Piala Dunia. Ia juga pernah mendapat Ballon d'Or pada 2005.

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Klaim Tak Pernah Ajak Investasi Kripto

Dokter Pribadi Maradona Diperkarakan

Dokter Pribadi Diego Maradona Resmi Diseret ke Pengadilan, Diduga Sebabkan Kematian Sang Atlet

Liputan6.com 2022-06-23 11:00:37
Diego Maradona. Gelandang Argentina yang wafat di usia 60 tahun pada 25 November 2020 ini mengoleksi 21 Caps dalam 4 edisi Piala Dunia (1982, 1986, 1990, 1994). Menorehkan 8 gol dan 8 assist,

Delapan personel medis yang merawat pemain sepak bola legendaris Diego Maradona akan dibawa ke meja hijau. Personel itu termasuk dokter, psikolog, psikiater, dan perawat.

Mereka semua diduga bertanggung jawab atas kematian Maradona pada 2020 lalu. Atlet legendaris itu meninggal pada November 2020 karena serangan jantung, usianya 60 tahun.

Dilaporkan BBC, Kamis (23/6/2022), mereka semua akan disidang atas dugaan homisida (menyebabkan kematian manusia) karena lalai sehingga terjadi kematian.

Hakim berkata para panel medis telah meneukan adanya "defisiensi dan hal yang tidak reguler" dalam perawatan Maradona. Tahun lalu, panel yang terdiri atas 20 ahli berkata bahwa tim medis Maradona bekerja dengan "tidak patut, defisien, dan teledor".

Panel juga menyimpulkan bahwa Maradona bisa memiliki peluang selamat yang lebih baik dengan perawatan yang mumpuni di fasilitas medis.

Ancaman penjara bisa mencapai 25 tahun. Namun, hakim belum menentukan tanggal pengadilan.

Dokter Sempat Menangis

Mario Baudry, pengacara dari salah satu putra Maradona, berkata kepada Reuters bahwa situasi Maradona tidak berdaya ketika kematian. Ia pun meyakini ada homisida yang terjadi.

Kasus pidana yang sedang bergulir ini berasal dari komplain dua anak perempuan Maradona. Mereka khawatir terkait kondisi perawatan ayah mereka setelah operasi otak.

Pada 2020, dokter Leopoldo Luque yang merupakan dokter pribadi Maradona sempat menangis ketika melakukan konferensi pers. Ia berkata telah melakukan segalanya demi Maradona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Usai Kematian Maradona

Berbagai kontroversi dan tudingan muncul usai Maradona tutup usia. Tahun lalu mantan istrinya, Claudia Villafane, membuat pengakuan mengejutkan di hadapan media.

Villafane menikah dengan Maradona pada tahun 1989. Rumah tangga mereka tidak bertahan lama. Pada tahun 2003 mereka resmi bercerai. Meski sempat mengajukan gugatan hukum terkait masalah finansial, Villafane mengklaim bila hubungannya dengan si pemilik Gol Tangan Tuhan terjalin baik.

Seperti dilansir dari Marca, belum lama ini, Villafane tampil dalam program berita di salah satu stasiun televisi di negaranya. Dalam acara itu, dia dipertemukan dengan Mauricio D'Alessandro, perwakilan mantan pengacara Maradona, Matias Morla. Oleh pihak keluarga, Moria dianggap sebagai pihak yang paling bertanggung jawab atas kematian Maradona akibat penyakit jantung pada 25 November 2020.

"Dia ingin membuat saya seperti tokoh jahat seperti di film-film dan saya tidak seperti itu, dia [D'Alessandro] tahu itu," kata Villafane. "Dia membela orang yang telah menculik Diego (Maradona). Saya tidak tahan mendengar apa yang dikatakannya," beber Villafane menambahkan.

"Saya memang pernah marah kepada (Maradona) dan menggugatnya, tapi setelah itu dia bertemu saya dan memeluk dan berdansa denganku, tapi tidak ada yang tahu itu," Villafane menambahkan.


Banyak yang Mengaku Sebagai Anak, Jenazah Maradona Dilarang Dikremasi

Kematian legenda sepak bola Argentina, Diego Maradona, menyisakan banyak pertanyaan termasuk jumlah keturunannya. Kejaksaan sampai melarang jenazah si pemilik Gol Tangan Tuhan itu dikremasi gara-gara banyak pihak yang mengaku sebagai anaknya dan menuntut untuk dilakukan tes DNA.

Diego Maradona meninggal dunia pada 25 November lalu. Mantan pemain Napoli dan Boca Junior itu wafat di usia 60 tahun akibat serangan jantung saat sedang tidur di rumahnya, Buenos Aires.

Seperti diketahui, semasa hidupnya Maradona hanya mengakui lima orang anak. Sementara enam lainnya yang menuntut pengakuan ditolak oleh pemain kelahiran 30 Oktober 1960 itu.

Setelah Maradona meninggal dunia, lebih banyak lagi yang mengaku sebagai anaknya.

Mereka kemudian menuntut dilakukan tes DNA melalui penggalian kembali makam Maradona untuk membuktikan hubungan mereka dengan El Diego. Permintaan ini kemudian ditanggapi pejabat berwenang di Argentina dengan melarang proses kremasi terhadap jenazah Diego Maradona.

Semasa hidupnya, Diego Maradona hanya tercatat sekali menikah. Seperti dilansir dari Express.co.uk, istri pertama dan istri sah satu-satunya Maradona adalah Claudia Villafane.

Setelah bertunangan cukup lama, keduanya resmi menikah pada 7 November 1984 lalu.

Pernikahan berlangsung di Buenos Aires, Argentina. Keduanya menikah selama 20 tahun sebelum akhirnya memutuskan bercerai pada tahun 2004. Meski berpisah, hubungan mereka tetap baik.

Dari pernikahan Maradona dan Villafane memiliki dua putri, yakni Dalma Nerea (lahir April 1987) dan Gianinna Dinorah (lahir May 1989). Maradona juga memiliki keturunan dari wanita-wanita lainnya.


Ribuan Fans Sambut Jenazah di Istana Presiden Argentina

Dilansir CNN, jenazah Diego Maradona sempat dibawa ke istana kepresidenan Argentina, Casa Rosada, untuk dilihat masyarakat pada November 2020.

Gerbang Casa Rosada dibuka untuk publik pada Kamis 27 November pukul 06.00 pagi

AP News melaporkan rombongan masyarakat mendatangi Casa Rosada untuk memberikan pengormatan terakhir pada Diego Maradona. Acara publik ini dihentikan menjelang pukul 18.00 sore atas permintaan keluarga karena Maradona akan dikuburkan.

Iring-iringan peti jenazah Diego Maradona juga menjadi tontonan masyarakat. Mereka semua berbaris di jalanan untuk melihat mantan pematin tim nasional Argentina ini.

Diego Maradona akan dikubur di pemakaman pribadi di Bella Vista yang berlokasi di perbatasan Buenos Aires. Ia akan dikubur dekat makam orang tuanya.

Polisi sempat kewalahan untuk menghalau fans yang ingin melihat peti mati Diego Maradona. Berdasarkan foto yang beredar di AP, aparat kepolisian membungkuk beberapa fans Diego Maradona.

Pihak keluarga Diego Maradona akhirnya menghentikan acara.

"Diego tidak meninggal, Diego hidup dalam diri rakyat," ujar penggemarnya saat peti mati Diego Maradona dibawa ke pemakaman.

Ratusan fans sempat memblokir jalan menuju pemakaman sebelum peti mati Diego Maradona tiba. Polisi pun harus membuka jalan agar peti mati Diego Maradona bisa lewat.

Berita Infografis - Diego Maradona dalam Angka (Bola.com/Adreanus Titus)

Kakek 90 Tahun Nikahi Gadis 20 Tahun

Cerai dari Istrinya, Kakek 90 Tahun Ini Nikahi Mantan Ipar yang Berusia 20 Tahun

Liputan6.com 2022-06-23 13:10:49
Kakek ini nikahi mantan kakak iparnya yang berusia 20 tahun. (Sumber: Facebook/Fatmalha Fatta)

Pasangan yang menikah dengan jarak usia cukup jauh saat ini sudah bukan fenomena yang asing lagi. Banyak orang yang menikah meski jarak usianya cukup jauh dan tetap langgeng dan harmonis.

Namun berbeda dengan pernikahan kakek berusia 90 tahun ini. Pernikahan kakek ini mendadak viral di media sosial usai momen sakral itu dibagikan lewat Facebook. Pasalnya sang kakek menikah dengan wanita yang jarak usianya cukup jauh.

Kakek berusia 90 tahun itu menikahi wanita yang diektahui berusia 20 tahun. Uniknya lagi, sosok wanita yang jadi pengantin tersebut adalah mantan iparnya. Bahkan pernikahan yang digelar cukup meriah itu juga dihadiri mantan istrinya. Wanita itu mengantarkan sendiri kakaknya yang kini menjadi istri mantan suaminya.

Sontak momen itu pun jadi perbincangan. Terlebih lagi foto-foto selama pernikahan kakek dan gadis 20 tahunan itu juga turut diposting di laman Facebook tersebut.


Kakek 90 Tahun Nikahi Wanita Muda

Melansir dari akun Facebook Fatmalha Fatta oleh Liputan6.com, Kamis (23/6/2022) mengunggah momen sebuah pernikahan. Acara itu adalah pernikahan seorang kakek berusia 90 tahun di Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara.

Sang kakek diketahui menikahi mantan kakak iparnya yang usianya 20 tahunan. Pernikahan kakek itu berlangsung di Desa Puumbolo, Kecamatan Wawo, Kolaka Utara pada Selasa (14/6/2022) lalu.

"Alhamdulillah sahhh. Anak muda gulung tikar. Kakek 90thn lebih dengan gadis 20thn," tulis akun tersebut sebagai keterangan video.


Turut Dihadiri Mantan Istri

Di acara sakral itu pula mantan istri sang kakek turut hadir. Ia datang menemani kakaknya yang akan menikah dengan mantan suaminya tersebut. Ia bahkan terlihat sesekali memperbaiki letak gaun pengantin kakaknya.

"Ini mantan istri, ini lagi jadi istri, kakak lagi jadi istri," ujar perekam video sambil menyorot wajah kakak beradik tersebut secara bergantian.

Viral di dunia maya, kabar pernikahan kakek itu dibenarkan oleh Arqam selaku Kepala Desa Puumbolo, Kecamatan Wawo. Ia menjelaskan jika sang kakek menikahi istrinya yang berusia 28 tahun itu dengan mahar seperangkat alat sholat dan uang tunai Rp5 juta.

Berhaji, Lansia Kembar Berdoa Dapat Jodoh

Kisah Si Kembar Lansia Mariano-Mariana, Pergi Haji Berharap Dapat Jodoh di Tanah Suci

Liputan6.com 2022-06-23 09:04:50
Mariano Dalimunthe dan Mariana Dalimunthe (Foto: dokumentasi Media Center Haji (MCH))

Jemaah calon haji dari kloter 10 embarkasi Medan, Sumatera Utara (KNO) merupakan saudara kembar. Mereka adalah Mariano Dalimunthe dan Mariana Dalimunthe.

Kedua saudara kembar lanjut usia ini tiba di King Abdulaziz International Airport (KAIA), Jeddah, Arab Saudi, pada Selasa 21 Juni 2022, pukul 14.10 Waktu Arab Saudi (WAS) menggunakan pesawat maskapai Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 3110.

Kedua saudara kembar berusia 60 tahun yang selalu bersama ini mengaku mendaftar sebagai jemaah calon haji pada 2011.

"Saya mendaftar sejak 11 tahun lalu, 2011, baru sekarang bisa berangkat," ujar Mariano, seperti dikutip dari Media Center Haji (MCH) 2022 di Plaza D3.

Keduanya mengaku menabung Rp 200 ribu per minggu hingga akhirnya terkumpul dan bisa disetor sebagai biaya naik haji. Uang tersebut berasal dari upah menderes atau menyadap karet. Mariano dan Mariana sehari-hari bekerja sebagai petani perkebunan karet di Desa Sipaho.

Mereka mengaku belum menikah. Oleh karenanya, salah satu doa yang dipanjatkan warga asal Desa Sipaho, Kecamatan Halongonan, Kabupaten Padang Lawas Utara, Sumatra Utara di Tanah Suci adalah mendapat jodoh.

"Kan kami belum menikah. Doa kami dari kampung, jika betul kami berangkat ke Tanah Suci. Semoga ketika pulang dari Tanah Suci, ada jodoh buat saya. Saya mau kawin. Pertama doa minta jodoh, kedua minta rezeki," ujar Mariano diamini oleh Mariana, adiknya.

Mariana dan Mariano merupakan jamaah calon haji Kloter 10 yang merupakan Kloter terakhir Embarkasi Medan asal Kabupaten Padang Lawas Utara. Kloter 10 ini gabungan Calhaj asal Tapanuli Selatan (Tapsel), Aceh, dan Medan.