Misi Jokowi ke Rusia dan Ukraina

Bertemu Presiden Rusia dan Ukraina, Jokowi Bawa Misi Setop Perang

Liputan6.com 2022-06-26 15:00:52
Presiden Jokowi menggelar pertemuan terbatas dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. (Liputan6.com/Silvanus Alvin)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan kunjungan kerja ke empat negara yakni Jerman, Ukraina, Rusia dan Uni Emirat Arab (UEA). Jokowi terbang dari Jakarta pada Minggu (26/6/2022) ini.

Dalam rangkaian kunjungan kerja ini Presiden Jokowi akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Pertemuan tersebut akan dilakukan setelah menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Jerman.

Jokowi akan terbang lebih dulu ke Ukraina menemui Presiden Zelensky. "Saya akan mengunjungi Ukraina, bertemu Presiden Zelensky," tulis Jokowi dalam cuitannya di akun twitternya, @jokowi, dikutip di Jakarta, Minggu (26/6/2022).

Setelah bertemu dengan Zelensky, Jokowi akan terbang ke Rusia untuk menemui Presiden Vladimir Putin. "Lalu ke Rusia menemui Presiden Vladimir Putin," tulisnya.

Pada dua pertemuan terpisah itu, Jokowi membawa satu misi yang sama. Meminta kedua negara untuk menghentikan perang yang dimulai pada akhir Februari 2022. Sebab, perang yang terjadi telah menyebabkan berbagai dampak yang dirasakan hampir di semua negara.

"Saya mengusung misi: mengajak kedua pemimpin untuk membuka dialog dan menghentikan perang," kata Jokowi.

Perang antara Rusia dan Ukraina telah mengganggu momentum pemulihan ekonomi dunia setelah pandemi mereda. Gangguan rantai pasok yang terjadi akibat pemulihan ekonomi yang tidak merata di setiap negara membuat harga-harga komoditas naik.

Kondisi tersebut kemudian diperparah dengan dampak perang Rusia dan Ukraina. Dua negara penyuplai energi utama bagi negara-negara di dunia, khususnya Eropa.

Secara khusus Rusia pun menjadi negara eksportir pupuk dunia. Tidak kurang 20 persen kebutuhan pupuk dunia berasal dari Rusia. Tak pelak kondisi tersebut membuat harga pangan dan energi melonjak.

Setelah menunaikan misinya, Jokowi akan terbang lagi ke Uni Emirat Arab (UEA). Dalam pertemuan tersebut, Jokowi akan melanjutkan pembahasan terkait kerja sama Indonesia-UEA.

"Setelah itu saya ke Persatuan Emirat Arab untuk melanjutkan kembali pembahasan kerjasama ekonomi dan investasi antar kedua negara," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Agenda Jokowi ke Rusia dan Ukraina Curi Perhatian Media Asing, Sorot Upaya Damai

Agenda Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) ke Ukraina dan Rusia tengah jadi sorotan. Tak hanya di Indonesia, tapi juga sejumlah negara asing.

Media dari negeri tetangga, Malaysia, Singapura hingga Amerika turut memberitakan lawatan Jokowi yang kabarnya akan dilakukan pada 30 Juni 2022.

Situs berita Negeri Jiran, The New Straits Times, memuat berita rencana kunjungan Presiden Indonesia ke Rusia dan Ukraina melalui artikel bertajuk "Jokowi's meeting with Ukraine and Russian leaders on humanitarian grounds". Menyorot aksi tersebut sebagai langkah Indonesia untuk mewujudkan perdamaian global.

"Kunjungan Presiden Joko Widodo yang dijadwalkan untuk bertemu dengan para pemimpin Ukraina dan Rusia minggu depan, memberikan harapan bagi upaya Indonesia untuk mencapai perdamaian global," tulis media tersebut pada Jumat (24/6/2022).

Bergeser ke Singapura, media The Straits Times membuat artikel serupa dengan judul "Indonesian President Joko Widodo to visit Ukraine and Russia amid ongoing war". Menggambarkan bahwa kunjungan Jokowi dilakukan dalam "situasi yang tidak normal", mengutip Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

Media Asia lainnya, dari Jepang, Mainichi, menyebut bahwa Jokowi bakal menjadi pemimpin Asia pertama yang mengunjungi kedua negara sejak Rusia memulai invasi ke Ukraina pada akhir Februari, mengutip Menlu Retno. Pemberitaan tersebut tertuang dalam tulisan "Indonesian president to visit Russia, Ukraine to meet leaders".


Sorotan Media Australia, Inggris hingga Amerika

Sementara itu, media Negeri Kanguru, Canberra Times, menjuduli tulisannya dengan "G20 chair to seek Ukraine-Russia peace".

"Presiden Indonesia dan Ketua G20 Joko Widodo akan mengunjungi rekannya di Ukraina dan Rusia minggu depan dan mendesak untuk resolusi damai atas konflik mereka," tulis media Australia itu mengutip Menlu Retno.

Situs berita Inggris, Reuters, menuliskan nada yang sama terkait upaya perdamaian bagi Rusia dan Ukraina oleh Indonesia melalui "G20 president Indonesia seeks to ease crisis with Ukraine, Russia visits".

"Presiden Indonesia dan Ketua G20 Joko Widodo akan bertemu dengan para pemimpin Ukraina dan Rusia minggu depan untuk mengadvokasi perdamaian dan mencoba membantu meringankan krisis pangan global," tulis Reuters mengutip Menlu Retno.

Situs berita Prancis, AFP juga menangkap perihal serupa. "Presiden Indonesia dan Ketua G20 Joko Widodo akan mengunjungi para pemimpin Ukraina dan Rusia bulan ini untuk membahas dampak ekonomi dan kemanusiaan dari invasi Moskow," tulis media tersebut dalam artikel "Indonesian president to visit Kyiv, Moscow this month: minister".

Situs berita Amerika, Bloomberg, dalam "Jokowi to Visit Ukraine, Russia to Discuss Food Crisis" pun mengangkat hal sama yakni perihal mendorong perdamaian dan membahas krisis pangan global yang sebagian disebabkan oleh invasi Rusia ke Ukraina.

Dalam artikel "Indonesia Confirms President Jokowi's Trip to Russia, Ukraine", situs berita AS The Diplomat mengulas bahwa pemimpin Indonesia akan mengunjungi dua negara yang bertikai "dalam semangat perdamaian."


Paspampres Pastikan Beri Pengamanan Ekstra

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan akan bertolak ke Moskow, Rusia dan Kiev, Ukraina. Kunjungan dilakukan di tengah situasi perang antara Rusia dan Ukraina.

Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Mayjen TNI Tri Budi Utomo memastikan pihaknya akan memberikan pengamanan ekstra ketat terhadap Presiden Jokowi dan rombongan Istana yang bertolak ke Rusia.

Dia mengatakan, pasukan yang diterjunkan telah menjalani serangkaian latihan dalam berbagai situasi teknis di lapangan.

"Pertama dari internal kita sendiri kita sudah mulai dari beberapa minggu lalu kita sudah mulai latihan sampai hari ini sudah selesai. Kita latihan terkait dengan bagaimana kira-kira kegiatan ataupun kejadian apa yang harus kita antisipasi, kita sudah latihan," kata Tri kepada awak media saat dikonfirmasi, Kamis (23/6/2022).

Tri mencontohkan penyelamatan yang dilatih oleh timnya seperti saat berada di dalam kereta api. Dia menyatakan, anggotanya sudah melakukan penjagaan untuk operasi penyelamatan di stasiun.

"Seperti di jalan seperti apa, meng-escape beliau itu kita sudah latihan, itu dari teknisnya," ucapnya.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

<p>Infografis Rencana Kunjungan Jokowi ke Ukraina-Rusia di Tengah Konflik (Liputan6.com/Triyasni)</p>

Dibongkar, Jenazah Korban Covid Masih Utuh

390 Makam Dibongkar Imbas Pembangunan Tol KLBM, Jenazah Covid Masih Utuh

Liputan6.com 2022-06-26 15:00:00
Proses pembongkaran makam di Gresik karena pembangunan Tol KLBM (Liputan6.com/Istimewa)

Sedikitnya 390 makam warga di Desa Lebanisuko, Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik terpaksa harus dibongkar untuk dipindahkan. Bagaimana tidak, makam-makam itu terkena imbas proyek pembangunan jalan tol Krian, Legundi, Bunder dan Manyar (KLBM).

Karena jumlahnya yang cukup banyak, pembongkaran makam itu pun dilakukan secara bertahap. Bahkan alat berat seperti ekskavator harus diturunkan untuk mempermudah proses pembongkaran makam.

Kepala Desa Lebanisuko, Mustofa membenarkan ihwal pembongkaran makam-makam itu. Pihak keluarga pun hanya bisa pasrah lantaran tak punya pilihan lain selain menerima.

"Mau tidak mau makam harus dipindah," tuturnya, Minggu (26/06/2022).

Mustofa menambahkan bahwa makan tersebut dipindahkan ke lokasi yang berjarak sekitar 600 meter dari lokasi semula. Para keluarga juga paham bahwa hal tersebut dilakukan demi kepentingan umum yakni pembangunan tol KLBM.

"Meski dipindah warga tidak usah kuatir karena disediakan tempat baru dan hanya berjarak 600 meter," imbuhnya.

Seperti diketahui proyek pembangunan jalan tol KLBM terus dikebut. Langkah ini dilakukan untuk mempercepat koneksi transpotasi serta mempercepat transpotasi logistik di Pulau Jawa dan sekitarnya.


Penggali Kubur Mundur hingga Jenazah Korban Covid-19 masih Utuh

Dari ratusan makam yang dibongkar tersebut, 10 makam di antaranya adalah makam warga yang meninggal karena Covid-19. Anehnya setalah makammnya dibongkar, jenazahnya masih utuh meski telah meninggal dunia 1 hingga 2 tahun yang lalu.

"Informasi dari penggali kubur ada yang mayatnya masih utuh. Sepertinya korban Covid karena mayatnya di dalam peti dan terbungkus plastik," terang Solihin.

Mustofa menyebutkan bahwa saat ini ada 26 penggali kubur yang disiapkan untuk secara bertahap merelokasi kuburan yang ada di wilayahnya tersebut. Jumlah itu pun telah berkurang, dimana sebelumnya ada 35 penggali kubur yang mendaftarkan diri namun 9 lainnya diketahui mengundurkan diri.

"Yang daftar itu ada 35, tapi sekarang sisa 26 karena 9 sudah mengundurkan diri. Alasannya ada yang takut liat mayat, ada juga yang tidak berani bongkar makam," dia memungkasi.

Simak juga video pilihan berikut ini:

Ronaldinho Ketagihan Pangsit Goreng

Raffi Ahmad Bagikan Momen Ronaldinho Ketagihan Makan Pangsit Goreng

Liputan6.com 2022-06-26 17:00:00
Raffi Ahmad membagikan momen kala Ronaldinho mencicipi pangsit goreng (https://www.instagram.com/p/CfQM99CrJtB/)

Kedatangan pesepakbola legendaris asal Brasil, Ronaldinhoke Indonesia, disambut antusias oleh Raffi Ahmad. Suami Nagita Slavina ini diketahui berperan mendatangkan Ronaldinho ke Tanah Air.

Selama berada di Indonesia, Ronaldinho menjalani sejumlah aktifitas. Diantaranya, menjadi bintang tamu utama dalam peluncuran jersey Rans Nusantara FC untuk menghadapi Liga 1 2022/2023 bersama kedua pemilik klub Raffi Ahmad dan Rudy Salim.

Sang legenda hidup asal Brasil yang terkenal dengan gocekan samba akan pamer aksi bermain sepakbola dalam 'Trofeo Ronaldinho' yang akan tayang pada hari Minggu, 26 Juni 2022 pukul 19.30 WIB LIVE dari Stadion Kanjuruhan Malang.

Trofeo merupakan sebuah mini turnamen yang melibatkan tiga klub atau turnamen segitiga yang akan saling berhadapan dalam satu periode waktu. 'Trofeo Ronaldinho' akan mempertemukan tiga klub Liga 1, yakni: Arema FC, Rans Nusantara FC, dan Persik Kediri.


Makan Pangsit Goreng

Jelang pertandingan, Ronaldinho masih sempat berjalan-jalan bersama Raffi Ahmad. Ia juga mencicipi sajian kuliner khas Indonesia.

Seperti dibagikan Raffi Ahmad di akun Instagramnya pada Minggu, 26 Juni 2022. Bapak dua anak itu menampilkan Ronaldinho yang sedang mencicipi pangsit goreng, hidangan khas makanan Indonesia.

Rupanya, Ronaldinho menyukai makanan yang biasa disantap untuk menemani makan mie ayam. "Pangsit Ngeunah The Legend Like Pangsit Goreng ," tulis Raffi Ahmad sebagai status teks unggahan video Ronaldinho mencicipi pangsit goreng.


Bangkitkan Euforia Sepakbola Indonesia

Diakui oleh Raffi Ahmad, kedatangan Ronaldinho juga menjadi salah satu upaya membangkitkan euforia sepak bola Indonesia. Apalagi Indonesia dan dunia sempat mengalami pandemi Covid-19.

"Ini adalah bentuk upaya untuk bagaimana supaya lebih bangkit lagi dan lebih bergairah lagi sepak bola di Indonesia," ujar Raffi Ahmad di kawasan Sudirman, Jakarta, Jumat (24/6/2022).

Selain dengan kedatangan Ronaldinho juga diharapkan Raffi Ahmad bisa menarik minat bintang sepak bola internasional untuk bermain di liga profesional Tanah Air. Sebelumnya, Mesut Ozil juga sempat datang ke Indonesia.


Demi Menarik Perhatian Pesepakbola Mancanegara

"Mudah-mudahan dengan kehadiran dia, membuat lebih percaya lagi orang-orang di luar sana, dari negara-negara di luar negeri dan bintang-bintang dunia bahwa sepak bola Indonesia terus berkembang dan lebih maju lagi," kata Raffi Ahmad.

Beberapa pesepakbola luar negeri juga diketahui ditransfer untuk bermain di klub Liga 1 Indonesia. Mereka antara lain dua punggawa tim nasional Republik Ceko Ondrej Kudela dan Michael Krmencik yang bermain untuk Persija Jakarta.

"Mudah-mudahan nantinya akan ada lagi. Sekarang juga sudah banyak juga pemain, berapa pemain bintang yang namanya cukup besar main di liga kita. Mudah-mudahan akan banyak bintang yang lebih percaya lagi untuk bisa menjadikan Indonesia tempat mereka bernaung," ujar suami Nagita Slavina ini.

Berita Infografis - Diego Maradona dalam Angka (Bola.com/Adreanus Titus)

Menangis Saat Ingat Masa Lalu

Angelina Sondakh Menangis Bertemu Kembali dengan Nurul Qomar, Mengenang Masa Lalu Saat Masih di DPR

Liputan6.com 2022-06-26 14:30:00
Angelina Sondakh saat bertemu dengan Nurul Qomar

Artis cantik Angelina Sondakh dinyatakan bebas setelah menjalani masa hukumannya selama 10 tahun di balik jeruji besi. Kebebasan Angie awal tahun 2022 ini pun disambut dengan penuh bahagia oleh keluarga tercinta. Sudah kembali beraktivitas lagi.

Sedangkan, belum lama ini Angie terlihat mengundang komedian Nurul Qomar yang dulunya pernah sama-sama menjadi rekan di dunia hiburan bahkan anggota DPR RI. Pada momen pertemuan tersebut, keduanya terlihat tak kuasa menahan tangis. Dengan berlinang air mata, Angie dan Nurul Qomar saling tegur sapa menanyakan kabar satu sama lain.

"Pak Haji gimana kabarnya sudah sehat?" kata Angelina Sondakh.

Momen pertemuan Angie dan pelawak Nurul Qomar ini pun terlihat diselimuti rasa haru. Apalagi diketahui kalau Nurul Qomar sesekali menjenguk Angelina Sondakh ketika masih berada di penjara. Angie bahkan mengungkapkan jika Qomar tahu banyak cerita tentang dirinya.

Melihat situasi ini, sejumlah netizen menduga bahwa isak tangis keduanya mengisyaratkan sesuatu. Di mana netizen menduga bahwa ada pesan yang disembunyikan keduanya. Selain itu beberapa warganet juga menyebut jika tangisan tersebut seperti tangisan seseorang yang pernah terzalimi.


Kenang Awal Berkarir

Bertemu lagi setelah sekian lama, Angelina Sondakh juga kembali mengenang masa-masa awal karirnya bersama Nurul Qomar saat menjadi politikus. Pasalnya dulu, Angelina Sondakh selalu duduk sebelahan dengan Qomar. Sampai keduanya sama-sama masuk Komisi 10 DPR RI dan selalu duduk berdekatan.

Karenanya kedekatan keduanya sebagai rekan semakin erat terjalin. Pada momen ini pula Nurul Qomar juga menunjukkan potret kenangan masa lalu ketika dirinya dan Angie masih sama-sama berkarir di kancah politik.

"Mengingat pertemuan saya dengan Pak Haji waktu itu belum kenal Mas Adjie ya pak. Saya masih ingat ketika kita harus berkampanye di satu daerah pelosok gitu Pak Haji ya naik helikopter. Terus Pak Haji itu yang juga selalu pas aku duduknya terpisah, Pak Haji yang yaudah duduk sini aja eh ternyata sebelahnya Mas Adjie. Karena tahun-tahun itu kan kita sering banget berjalan bertiga, saya Pak Haji, almarhum selalu dapat jadwalnya kemana-mana bertiga," ungkap Angie.


Selalu Bareng Bertiga

Angelina Sondakh mengungkapkan bahwa dulunya ia bersama pelawak Nurul Qomar dan mendiang suaminya selalu bareng menjalani pekerjaan politik mereka. Tidak hanya di dalam kota, karena ketiganya juga sering menjalani pekerjaan yang sama di luar pulau Jawa. Di sinilah awal mula kedekatan Angelina Sondakh dan Adjie Massaid kala itu mulai muncul.

"Dulunya bertiga terus kayak trio kwek-kwek sampai ke Palu, Manado. Tapi waktu pulangnya aku selalu berdua sama Mas Adjie dan aku kalo ajak Pak Haji Qomar selalu 'Dah duluan aja gitu' dan waktu itu supir aku nggak bisa jemput di airport sampai akhirnya aku numpang sama Mas Adjie. Ternyata sudah dikondisikan, eh jadian juga di mobil begitu Pak Haji sesungguhnya pulang dari kita keliling," kata Angelina Sondakh.


Jadi Mak Comblang

Membawa sejumlah foto kenangan saat berkarir di kancah politik bersama mendiang suami, Angelina Sondakh juga kembali mengingat masa-masa kisah cintanya dulu. Apalagi Nurul Qomar ternyata menjadi mak comblang ia dan mendiang Adjie Massaid hingga jenjang pernikahan.

Qomar bahkan masih ingat salah satu lagu yang mewakili kisah cinta Adjie Massaid dan Angelina Sondakh. Ternyata lagu tersebut pula menjadi lagu istimewa ketika Adjie menembak Angie yang bermula sejak ketiganya dari Pacitan.

"Dari sejak Pacitan itu kemudian saya mengingat satu lagu 'cinta yang tulus di dalam hatiku telah bersemi karenamu.' (Sembari menyanyikan lagu Cinta Yang Tulus dari Gito Rollies)," ujar Nurul Qomar.


Kenang Masa-Masa Bersama

Bukan hanya di dunia politik, ternyata Angelina Sondakh dan Nurul Qomar juga sering terlibat dalam pekerjaan bareng di dunia hiburan. Keduanya bahkan beberapa kali terlibat menjadi rekan dalam satu judul film hingga acara televisi. Tidak heran jika pelawak Nurul Qomar cukup tahu banyak mengenai perjalanan karir Angelina Sondakh baik di kancah politik ataupun dunia hiburan.

"Jadi MC iya, tukang orasi iya, kemana-mana iya. Terlalu banyak kenangan yang telah aku ukir bersama Pak Haji dan Mas Adjie. Bahkan cerita cintaku, ku rasa Pak Haji juga tahu. Bagaimana Mas Adjie itu sering curhat ke Pak Haji juga," ungkap Angie.


Beri Pesan

Selain mengenang masa-masa dulu, Angelina Sondakh juga menceritakan bagaimana perasaan dan pengalamannya saat ia menghadapi persoalan cukup berat kala itu. Bahkan Angie mengungkapkan sempat merasa putus asa, ingin menyerah dan sedikit trauma ketika mendengar kata politik.

Meski begitu ia menerima segala sesuatu dengan ikhlas dan kembali bangkit memulai hidup baru yang lebih baik. Sementara itu, Qomar kemudian memberikan pesan penyemangat dan nasihat untuk Angie yang disebutnya sebagai seorang wonder woman.

"Kemuliaan dalam hidup sesungguhnya adalah ketika kita bangkit. Kesuksesan kita tidak diukur seberapa banyak uang yang kita miliki tapi seberapa banyak orang yang sudah kita ringankan bebannya," kata Nurul Qomar.

<p>Angelina Sondakh Putuskan Ngamen di Stasiun MRT Demi Menyambung Hidup</p>

Kedipan Jahat Ronaldo

Kedipan Jahat Cristiano Ronaldo dan Gol Pertama di Piala Dunia

Liputan6.com 2022-06-26 06:00:40
Cristiano Ronaldo saat mengikuti sesi latihan timnas Portugal jelang Kualifikasi Piala Dunia 2006 melawan Lichtenstein di Aveiro, Portugal, 7 Oktober 2005. (AFP/Nicolas Asfouri)

Cristiano Ronaldo akan tampil untuk yang kelima kali di Piala Dunia 2022. Sebelumnya, megabintang Manchester United itu menjalani debut di Piala Dunia 2006 dan tak tergantikan di Piala Dunia 2010, 2014, dan 2018.

Ronaldo berhasil membawa Portugal lolos ke Piala Dunia 2022 secara dramatis. Selecao das Quinas mengalahkan Makedonia Utara di final Play-off Jalur C zona Eropa

Piala Dunia pertama Ronaldo tentu saja tak terlupakan, paling tidak karena perannya dalam menyingkirkan Inggris di babak 8 besar.

Insiden menarik terjadi saat Wayne Rooney diusir dari lapangan. Hal itu diawali ketika Rooney sengaja menginjak selangkangan Ricardo Carvalho. Seluruh pemain Portugal, termasuk Ronaldo kemudian mengerubungi wasit.

Ekspresi Ronaldo saat itu begitu emosional untuk memprovokasi wasit, dia menunjuk-nunjuk Carvalho yang kesakitan.

Tidak terima dengan perlakuan Ronaldo, Rooney langsung menarik lengan rekan satu klubnya tersebut. Setelah beberapa menit, Elizondo kemudian membawa Rooney menepi ke tempat yang lengang untuk memberikan kartu merah.

Kamera televisi kemudian menangkap momen saat Ronaldo melirik sambil mengedipkan mata ke arah bangku cadangan Portugal. Ekspresi ini kemudian dianggap media-media Inggris sebagai perayaan.

Pertandingan kemudian dilanjutkan. Meski unggul jumlah pemain, Ronaldo cs gagal meraih kemenangan di waktu normal. Skor 0-0 bertahan hingga pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti.

Portugal kemudian memenangkan pertandingan 3-1 Ronaldo menjadi penentu kemenangan.


Gol Debut Ronaldo

Ronaldo tampil di Piala Dunia 2006 saat usianya 21 tahun. Portugal berada di Grup D bersama Meksiko, Angola dan Iran.

Ronaldo langsung dimainkan di laga perdana lawan Angola. Namun CR7 tak berhasil mencetak gol. Di laga kedua kontra Iran, barulah Ronaldo pecah telur.

Ronaldo mencetak gol pada menit ke-80. Dia diberi kesempatan mengeksekusi penalti, meski ada sejumlah pemain senior, seperti Luis Figo.

Dia tak menyia-nyiakan kesempatan dan menuntaskannya dengan kaki kanan. Gol itu adalah satu-satunya yang diciptakan di turnamen tersebut. Namun gol itu kelak menjadi tonggak sejarah bagi Ronaldo.


Sejajar dengan Pele

Setelah Piala Dunia 2010, menjadi era baru Ronaldo di timnas Portugal. Dia mulai menjadi ujung tombak setelah para pemain senior macam Luis Figo pensiun.

Ronaldo pun ikut serta di Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan dan Piala Dunia 2014 di Brasil.

Namun dalam dua kesempatan itu, Ronaldo tak bisa berbuat banyak. Ia hanya bisa mencetak total dua gol. Satu ke gawang Korea Utara dan satu ke gawang Ghana.

Meski begitu, peran Ronaldo belum tergantikan di Timnas Portugal. Dia kemudian memimpin rekan-rekannya di Piala Dunia 2018 di Rusia.

Di ajang kali ini, Ronaldo meledak. Ia berhasil mengemas empat gol. Satu ke gawang Maroko. Tiga lainnya ia lesakkan sekaligus ke gawang Spanyol.

Ronaldo akhirnya berhasil mencatatkan prestasi istimewa. Ia masuk jajaran pemain yang mampu mencetak gol di empat edisi Piala Dunia. Namanya selevel dengan Uwe Seeler, Pele, dan Miroslav Klose.


Belum Mau Pensiun

Piala Dunia 2022 disebut-sebut bakal menjadi yang teakhir untuk Ronaldo. Mengingat usianya kini sudah 37 tahun.

Ronaldo akan berusia 41 tahun di Piala Dunia 2006. Angka yang terbilang gaek untuk pesepakbola profesional di level tertinggi.

Akan tetapi, Ronaldo menangkis prediksi itu. Dia menekankan bahwa dia akan terus bermain sepak bola selama dia merasa dalam kondisi yang baik untuk tampil di lapangan.

"Saya yang bertanggung jawab, titik penuh," kata Ronaldo.

"Banyak orang menanyakan pertanyaan ini. Sayalah yang akan menentukan masa depan saya. Jika saya merasa ingin bermain lebih banyak, saya bermain dan jika saya tidak ingin bermain, saya tidak bermain," lanjutnya


Cari Jalan Tinggalkan MU

Di sisi lain, Ronado saat ini sedang mempertimbangkan untuk meninggalkan Old Trafford sebelum akhir bursa transfer musim panas.

La Repubblica melaporkan, pemenang lima Ballon d'Or itu tidak merasa terlibat dalam proyek Ten Hag di Old Trafford. Selain itu, absennya Setan Merah di Liga Champions 2022-23 diduga juga menjadi masalah besar bagi Ronaldo yang sangat ingin mengangkat trofi setidaknya sekali lagi sebelum akhir kariernya.

Agen Ronaldo, Jorge Mendes, dikabarkan sudah mencari klub baru yang potensial buat kliennya tersebut. Roma kabarnya 'bermimpi'untuk membawanya kembali ke Italia musim panas ini.

Infografis Jurus Ketum PSSI Persiapkan Piala Dunia U-20 2021. (Liputan6.com/Triyasni)

Suami Jang Nara Bukan Selebritis

Jang Nara Menikah Hari Ini dengan Pacar Non Seleb

Liputan6.com 2022-06-26 16:30:00
Jang Nara. (Instagram/ nara0318)

Hari yang dinanti Jang Nara dan calon suaminya akhirnya tiba. Aktris berusia 41 tahun ini menikah dengan kekasih dari jajaran non selebritas pada hari ini, Minggu (26/6/2022).

Dikutip dari Allkpop, pernikahan Jang Nara dilangsungkan pada Minggu pukul 6 sore waktu setempat. Momen spesial ini digelar di Seocho-gu, Seoul.

Diketahui sebelumnya, Jang Nara menikah dengan kekasih yang berusia 6 tahun lebih muda darinya setelah dua tahun menikah. Jang Nara sendiri kini berusia 41 tahun.

Diberitakan sebelumnya, calon suami jang Nara juga merupakan pelaku seni. Keduanya bertemu di lokasi syuting drama produksi SBS, VIP, pada 2019 lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tertutup

Sementara itu, pasangan ini akan mengadakan pernikahan tertutup tanpa kehadiran media. Para penggemar tentunya sangat merespons positif kabar pernikahan Jang Nara.

"Happy Wedding Day!!! Best wishes to the both of you!" kata salah satu penggemar di Twitter.

"So happy for her. My crush for her since her first series My love patzzi till now... always wishing the best for her. bless you love & happiness," tambah yang lainnya.


Sosok Calon Suami

Diberitakan sebelumnya, Jang Nara menyebutkan bahwa calon suaminya adalah pria yang sangat baik dan tulus, serta membuatnya bahagia. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada penggemar yang selama ini telah mendukungnya.

"Begitu banyak waktu berlalu sejak saat itu. Saya dengan tulus berterima kasih karena telah memeluk saya, mendukung saya, dan selalu memandang saya dengan baik untuk waktu yang lama," kata Jang Nara.


Peringatan

Sebelumnya, agensi Jang Nara, Rawon Culture, sempat memberi peringatan keras bagi pihak-pihak yang menyebar identitas calon suami Jang Nara yang berasal dari kalangan non selebritas.

"Seperti yang diminta secara pribadi oleh Jang Nara, karena calon pengantin prianya bukanlah seorang selebritas, kami meminta Anda untuk menahan diri dari spekulasi yang tidak berdasar dan menyebarkan informasi pribadi tentang calon pengantin prianya," begitu pernyataan pihak sang agensi, belum lama ini.

Infografis Rahasia Sukses Memulai Hubungan Baru. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

Kisah Dalang Cilik Zahria dari Lombok

Cerita Dalang Cilik Zahria Bertemu Sandiaga Uno, Diberi Bantuan Speaker Portable

Liputan6.com 2022-06-26 15:30:00
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bertemu dengan dalang cilik Zahria di Desa Wisata Buwun Sejati.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berkesempatan datang mengunjungi Desa Wisata Buwun Sejati, Sabtu (25/6/2022). Desa yang terletak di Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, tersebut menjadi peserta Tunas Kampung Berseri Astra (KBA).

Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid dan jajaran menyambut kedatangan Sandiaga Uno diiringi pertunjukan kesenian Baleganjur. Tampak masyarakat dan anak-anak sekolah yang membawa bendera merah-putih riuh menyapa seraya mengibarkan bendera merah putih.

Perjalanan menuju Desa Wisata Buwun Sejati dari kota Mataram ditempuh selama 30 menit melalui jalur darat atau selama 60 menit jika dari Bandara Internasional Lombok. Berbagai Potensi alam dan kebudayaan menjadikan desa ini masuk ke dalam salah satu dari 33 desa wisata di Kabupaten Lombok Barat.

Selain itu, keberagaman penduduk dari etnis dan budaya berbeda juga membuat desa ini semakin kental dengan nilai-nilai toleransi yang menambah keharmonisan. Penduduk desa yang terdiri dari umat Muslim dan Hindu bisa hidup berdampingan dengan damai dan penuh persaudaraan.


Ciptakan Peluang Kerja

"Saya berbahagia karena dua dari 50 desa wisata terbaik, dua tahun berturut ini dari Lombok Barat. Saya ucapkan selamat kepada Desa Wisata Buwun Sejati," kata Sandiaga Uno di lokasi acara.

"Semoga ini adalah jawaban kita, solusi kita untuk menciptakan peluang masyarakat untuk bangkit, penghasilan masyarakat meningkat. Sebanyak 1,1 juta lapangan kerja baru tahun ini akan kami ciptakan di pariwisata dan ekonomi kreatif. Sampai tahun 2024 InsyaAllah 4 juta lapangan kerja baru tercipta," beber Sandiaga Uno disambut riuh tepuk tangan masyarakat.

Menurut Sandiaga Uno, itu merupakan hasil program kolaborasi Kemenparekraf dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 bersama Astra yang pembinaan dan pengembangannya berlangsung selama setahun ke depan.


Dalang Cilik Zahria

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga Uno mengapresiasi para pelaku usaha kecil menengah (UMKM) yang memiliki produk-produk berkualitas. Selain itu, dia juga menyapa dalang cilik Zahria yang mengalami kendala dalam berkarya karena perangkat pendukung belum memadai.

"Tadi adik Zahria terharu rupanya. Sekarang, jangan terharu adik Zahria. Sekarang sudah ada speaker portable yang baru dan tidak perlu pakai kabel lagi karena sudah pakai bluetooth," ujar Sandiaga Uno seraya menyerahkan hadiah tersebut kepada Zahria.

Hadiah itu, Sandiaga Uno melanjutkan, sebagai bentuk dukungan Kemenparekraf dalam pengembangan seni dan budaya lokal.


Sektor Seni dan Budaya

Untuk diketahui, di sektor seni dan budaya, Desa Buwun Sejati dikenal dengan keberagamannya. Perpaduan budaya Sasak dan ajaran agama Hindu menjadi harmonisasi budaya yang indah. Di antaranya, Sanggar Jatisware yang merupakan satu-satunya sanggar seni yang mengajarkan anak-anak sejak dini menjadi dalang profesional.

Ada pula Kesenian Baleganjur. Itu adalah salah satu ensamble gamelan Bali. Kemudian Rindik yang merupakan salah satu alat musik tradisional Bali dan telah menjadi ciri khas budaya Bali dan dikembangkan oleh masyarakat Hindu desa Buwun Sejati.

Desa tersebut juga memiliki kekayaan kuliner hingga kriya yang dapat menjadi oleh-oleh bagi para wisatawan. Seperti, Sate Bulayak, Gula Semut, Madu Trigona, Kopi Aik Nyet, kain tenun khas Desa Buwun Sejati, Dulang Kayu, dan anyaman Ketak.

Infografis: 4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan atau Berkelanjutan

Air Kejujuran di Sumur Keramat

Cerita Air Kejujuran di Sumur Keramat Tuban

Liputan6.com 2022-06-26 07:00:00
Di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, tepatnya di Desa Bejagung, Kecamatan Semanding, terdapat sebuah peninggalan sumur tua yang dianggap keramat oleh warga setempat. (Liputan6.com/Ahmad Adirin)

Di Kabupaten Tuban, Jawa Timur terdapat sebuah peninggalan sumur tua yang dianggap keramat oleh warga setempat.

Sumur kramat tersebut tepatnya di Desa Bejagung, Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban.

Warga setempat pun setiap dua tahun sekali, membersihkan dasar sumur keramat itu. Namun, pembersihan ini hanya boleh dilakukan keturunan dari Mbah Pamor, yakni orang yang merupakan penggali sumur itu.

Giling (kail) dari batang kayu yang diperkirakan usianya sudah puluhan tahun lamanya di sumur keramat Bejagung, menjadi magnet bagi para pengunjung saat mengambil airnya.

Sumur keramat Bejagung diperkirakan sudak ada sejak 1841 Masehi. Banyak yang meyakini bahwa ada kelebihan tersendiri ketika menggunakan airnya.

Air sumur tersebut biasanya dipakai untuk pengambilan sumpah, bahkan dipakai warga untuk pengambilan sumpah pocong, terkait tuduhan seseorang untuk mengetahui jawaban atas kebenaran.

Air tersebut biasa dijuluki air kejujuran lantaran menjadi media untuk menyelesaikan masalah fitnah dari orang lain.

Para pengunjung yang datang biasanya membawa air untuk dibawa pulang, bahkan bisa antre jika pengunjung ramai. Hal tersebut, kata dia, digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pengobatan.

Untuk mendapatkan air itu, butuh sebuah perjuangan karena peralatan yang dipakai masih bersifat tradisonal atau dengan cara menimba.

Hanya disediakan alat katrol yang terbuat dari kayu dengan tali untuk menarik ember yang berisi air ke atas.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Mitos Sumur Keramat

Abdurrochim salah seorang warga setempat mengungkapkan, setiap malam Jumat Wage dan Kamis Pon selalu ramai para pengunjung.

Kepentingannya pun bermacam-macam, seperti agar bisa lepas dari kesialan, mendapat selamat, dan mendapatkan keberkahan rezeki, serta beberapa kepentingan yang lainnya.

"Kamis Pon dan Jumat Wage banyak peziarah yang datang," katanya.

Sebelum acara bersih sumur tua tersebut dilakukan, sebelumnya ada prosesi manganan sebanyak enam kali, dan ditutup acara yang terakhir yaitu bersih sumur.

"Ada juga acara barikan yang digelar di Pendopo kantor desa," katanya.

Selain itu, siangnya setiap hari, sekitar pukul 13.00 WIB, warga setempat berkumpul, melakukan manganan yang berupa dawet dan nasi tumpeng. Dua hal tersebut merupakan syarat mengikat kehidupan.

Pengganti Onky Alexander di Catatan Si Boy

Pengumuman, Angga Yunanda Jadi Boy dalam Remake Film Catatan Si Boy Karya Hanung Bramantyo

Liputan6.com 2022-06-25 18:00:00
Angga Yunanda.

Kabar heboh datang dari industri film Tanah Air. Catatan Si Boy akan dibuat ulang oleh MD Pictures, MVP Pictures, dan Dapur Film dengan Angga Yunanda sebagai pemeran utama, yakni Boy.

Ini diumumkan produser Manoj Punjabi di Jakarta, Jumat (24/6/2022). Syifa Hadju dipercaya memerankan Nuke sementara karakter Vera yang ikonis jatuh ke tangan Alyssa Daguise.

Remake film Catatan Si Boy akan disutradarai Hanung Bramantyo. Syuting dimulai pada semester kedua 2022. Untuk menghidupkan Boy yang lekat dengan Onky Alexander, Angga Yunanda menempuh banyak persiapan.

Bintang film Dua Garis Biru harus melatih fisik termasuk mendalami seni bela diri dan kursus menyetir mengingat ada adegan balap mobil seperti versi klasik Catatan Si Boy tahun 1988.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Mei 2022

"Kalau bela diri yang dilakukan oleh Boy sebenarnya mirip dengan Catatan Si Boy terdahulu. Olahraganya boxing, kickboxing. Aku melakukan workshop untuk fighting dan boxing lebih dari sebulan," katanya.

"Dari Mei 2022, mulai proses untuk menjadi karakter Boy. Lalu, driving test juga karena lumayan menantang di adegan balapan. Ada reading yang cukup lama kami jalani," Angga Yunanda menyambung.


Top 3

Banyak yang terperenyak kala Angga Yunanda terpilih sebagai Boy. Manoj Punjabi mengaku Angga Yunanda bukan satu-satunya kandidat untuk memerankan Boy yang kaya, tampan, dan rajin salat.

"Kalau boleh saya jujur, Angga Yunanda ada di top 3 pilihan saya. Bukan karena skedul atau Angga terkenal. Kami memilih dia karena merasa ya sudah, dia memang Boy. Dia bisa jadi Boy," urai Manoj Punjabi.


65 Persen

Kepada Showbiz Liputan6.com, Manoj Punjabi sempat mempertanyakan apakah Angga Yunanda bisa berantem dengan meyakinkan di depan kamera dan melakukan transformnasi fisik demi Boy. "Saat terpilih, dia excited dan serius berlatih sebulan lebih," beri tahunya.

Angga Yunanda tertantang sekaligus optimistis bisa menjadi Boy. Ia merasa punya kemiripan dengan tokoh legendaris ini. "Aku merasa mirip 65 persen mungkin?" cetus bintang sinetron Mermaid In Love.

<p>infografis journal 5 Film Horor Indonesia dengan Jumlah Penonton Terbanyak. (Liputan6.com/Tri Yasni).</p>

Legenda Lele Putih di Candi Penataran

Legenda Lele Putih Penghuni Kolam di Candi Penataran

Liputan6.com 2022-06-26 05:00:00
Candi Penataran, Blitar (sumber: iStockphoto)

Candi Penataran merupakan salah satu candi termegah di Provinsi Jawa Timur. Candi yang berada di sebelah timur Kota Blitar ini memiliki luas lahan yang sangat besar.

Candi Penataran atau Candi Palah ini merupakan tempat wisata religi yang dibangun pada masa Kerajaan Kediri. Candi Penataran Blitar terdapat beberapa komplek-komplek yang digunakan untuk pemujaan.

Diperkirakan Candi Penataran ini dibangun oleh Raja Srengga yang merupakan raja dari Kerajaan Kediri kurang lebih pada 1200 Masehi.

Pembangunan candi tersebut saat itu belum sepenuhnya rampung. Maka pembangunan dilanjutkan pada masa pemerintahan Wikramawardhana Kerajaan Majapahit pada 1415 Masehi.

Pada masa itu, candi merupakan tempat pemujaan karena dari sejumlah sumber mengatakan jika pemujaan itu dilakukan di komplek-komplek yang terdapat di Candi Penataran.

Perlu diketahui, di Candi Penataran terdapat sebuah batu rendah yang digunakan sebagai meja dan hingga sekarang lokasi itu menjadi tempat menyimpan sesajen oleh masyarakat yang berkunjung ke candi tersebut untuk bersembahyang.

Saksikam video pilihan berikut ini


Legenda Lele Putih

Dari beberapa cerita yang beredar dimana di Candi Panataran terdapat sebuah kolam yang tidak begitu besar. Didalam kolam tersebut dipercaya oleh kalangan masyarakat terdapat beberapa ekor ikan lele yang bukan sembarangan ikan lele.

Melainkan ikan lele berwarna putih yang dipercaya pembawa keberkahan bagi siapa yang melihatnya. Kebiasaan pengunjung sering melakukan ritual melemparkan koin ke dalam kolam tersebut.

Konon, bila koin yang dilemparkan mengenai ikan lele putih, maka permintaan kita dapat terkabulkan.

Entah mitos itu muncul sejak kapan, namun bagi beberapa kalangan masyarakat sangat mempercayai mitos tersebut tak jarang banyak pengunjung yang kerap melemparkan uang koin ke dalam kolam tersebut.