Marshanda Menghilang di Los Angeles?

Marshanda Diduga Menghilang di Los Angeles, Sahabat Minta Tolong Presiden Jokowi dan Joe Biden

Liputan6.com 2022-06-27 18:00:00
Potret transformasi gaya rambut Marshanda. (Sumber: Instagram/marshanda99)

Marshanda yang sedang berada di Amerika Serikat dikabarkan menghilang. Marshanda diduga menghilang saat berada di Los Angeles. Kabar ini pun disampaikan langsung oleh sahabatnya, Sheila Salsabila di instagram pribadinya, Senin (27/6/2022)..

Melalui unggahan Instagram Story, Sheila Salsabila mengabarkan bahwa Marshanda sudah menghilang selama dua hari. Dan saat ini, dia bersama teman-temannya yang berada di Amerika masih terus berusaha mencari di mana keberadaan Marshanda.

"Dicari day 2," tulis Sheila Salsabila di instagram story-nya, Senin (27/6/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sedang Dalam Fase Manic

Diakui oleh Sheila, sahabatnya itu yang mengidap bipolar, kini sedang memasuki fase manic. Fase manik sendiri adalah gejala dari gangguan bipolar. Dalam kondisi ini, orang yang memiliki gangguan bipolar dapat kehilangan kontrol diri mereka.

"Warga Indonesia hilang untuk pertama kalinya di Los Angeles, California, US. Dia dalam episode manic. (Keadaan mental yang berubah - gangguan bipolar)," lanjut Sheila.


Minta Bantuan

Sheila juga meminta bantuan kepada beberapa orang, seperti Presiden Jokowi, Deddy Corbuzier, dan juga Denny Sumargo untuk setidaknya bisa menyebarkan dan membantu pencarian Marshanda.

"Mohon bantuannya Pak Jokowi. Kemarin dia sebut nama Bapak dan Joe Biden," ujar Sheila.


Obrolan Terakhir

Tak sampai di situ saja, Sheila kemudian mengunggah beberapa potongan video obrolan terakhir dengan Marshanda sebelum menghilang. Dalam potongan video tersebut, Sheila pun bertanya apa yang sedang dikatakan oleh Marshanda.

"Ini video terakhir kita kemarin. Ada yang ngerti Caca ngomong apa? 'Time is dying?" sambungnya.

Sampai berita ini ditulis, belum ada kabar lebih lanjut mengenai Marshanda.

<p>Marshanda Dua Hari Hilang di Amerika, Teman Mohon Bantuan Pencarian</p>

Dicakar Emak-Emak Sampai Berdarah

Ridwan Kamil Dicakar Emak-Emak Sampai Berdarah: Boleh Salaman tapi Please Jangan KDRT

Liputan6.com 2022-06-27 10:30:00
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan sambutan di acara wisuda SMAN 3 Bandung, Kamis (16/6/2022). (Foto: Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Ridwan Kamil mendapat luka kecil saat menghadiri sebuah acara. Sang Gubernur Jawa Barat tercakar saat beramah-tamah dengan ibu-ibu.

Suami Atalia Praratya ini menceritakannya lewat akun Instagram pribadinya. Tampaknya, kejadian seperti ini memang sering dia alami.

"DAN TERJADI LAGI... Dicakar ibu-ibu yang minta selfie sambil salaman dengan kuku-kuku lentik ala wolverine," kata Ridwan Kamil.

Bersama keterangan itu, dia menyertakan video yang memperlihatkan jari manisnya yang mengalami luka hingga berdarah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pelaku

Ridwan Kamil pun mengatakan, kali ini pelakukanya adalah emak-emak Sumedang dalam acara penutupan MTQ ke-37 tahun 2022.

Ridwan Kamil sendiri sebenarnya bukan tipe orang yang keberatan beramah tamah dengan warga dalam berbagai acara. Dia senang melakukannya.


Jangan KDRT

Namun begitu, Ridwan Kamil mengimbau masyarakat tetap tenang agar kecelakaan kecil seperti ini tidak terus menerus terjadi.

"Ibu-ibu yang budiman, boleh selfie dan salaman tapi plis ini mah, jangan ada KDRT (Kekerasan Dalam Ramah Tamah) diantara kita, Hatur Nuhun," tutupnya.


Respons

Seperti biasa, warganet merasa terhibur dengan gaya penuturan Ridwan Kamil di media sosialnya.

"Lain kali pake sarung tangan kiper pak biar aman ama satu lagi pake deker wwk," kata salah satu warganet.

"Terbiasa nyakar suaminya mereun si ibu mah pak," kata warganet yang lain.

"STOP kekerasan terhadap pria! jangan biarkan kami punah," tambah yang lainnya.

<p>Infografis Wanti-Wanti Euforia Boleh Lepas Masker (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Kader PDIP Korupsi, Get Out

Megawati: Kader PDIP Korupsi, Get Out, Jangan Merusak Partai

Liputan6.com 2022-06-27 13:56:30
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyampaikan pidato saat pembukaan Rakernas I dan HUT ke-47 PDIP di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Jumat (10/1/2020). Rakernas ini bertajuk 'Solid

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri bakal tegas terhadap kader yang terlibat dalam tindak pidana korupsi. Megawati mengancam kader yang terlibat korupsi segera meninggalkan partai.

Hal itu disampaikan Megawati lewat video yang ditampilkan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam agenda Politik Cerdas Berintegritas (PCB) Terpadu di Gedung KPK, Jakarta, Senin (27/6/2022).

"Betapa malunya kalian itu, seumur hidup di sini tercoreng, anak-istri, kalian enggak kasihan? Enggak kasihan ya, sama keturunan? Saya bilang jangan korupsi, masih saja ada korupsi, get out! Keluar kamu daripada merusak partai kita," ujar Megawati.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyebut partai berlambang banteng itu sejak lama menanamkan pendidikan antikorupsi para kader. Dia menyebut kaderisasi kepemimpinan PDIP dilakukan untuk melahirkan negarawan dengan standar moral dan etika yang tinggi.

"Karenanya setiap calon pengurus partai, kepala daerah, dan anggota legislatif wajib mengikuti psikotes dan sekolah partai," kata dia.

Dia menyebut, PDIP sudah membangun sistem integritas dengan menyusun peraturan yang wajib dikerjakan oleh para kader. Salah satunya dengan melaporkan setiap kekayaan partai kepada ketua umum.

"Di antaranya kewajiban pimpinan partai melaporkan kekayaan partai kepada ketua umum. Transparansi dan akuntabilitas keuangan partai dilakukan melalui rekening gotong royong yang diaudit oleh akuntan publik," kata Hasto.


Tak Akan Dicalonkan Jika Pernah Terlibat Korupsi

Selain itu, PDIP mengklaim tak akan mencalonkan kader menjadi pejabat negara jika pernah terlibat tindak pidana korupsi.

"Proses seleksi ketat penugasan kader partai sehingga mereka yang berstatus tersangka korupsi tidak bisa dicalonkan sebagai calon kepala daerah, wakil kepala daerah, dan anggota legislatif," kata Hasto.

Dia menyebut, PDIP juga membuat dewan kehormatan partai guna meningkatkan kedisiplinan kader.

"Seperangkat aturan tentang etika, kepatuhan terhadap norma dasar, dan tata nilai partai telah dibentuk dan dijalankan. Salah satunya psikotest online dan info profil kader dalam sistem online," kata dia.

Infografis Kader PDIP Tidak Loyal dan Sentilan Megawati. (Liputan6.com/Trieyasni)

Kini Jadi Komisaris OASA

Cinta Laura Kini Jadi Komisaris OASA

Liputan6.com 2022-06-27 18:14:19
Menu Makanan Sehat Cinta Laura,. foto: Instagram @claurakiehl

PT Protech Mitra Perkasa Tbk (OASA) atau yang berganti nama menjadi PT Maharaksa Biru Energi Tbk merombak jajaran pengurusnya dengan mengangkat Hariyadi BS Sukamdani sebagai komisaris utama dan artis Cinta Laura Kiehl sebagai komisaris.

Hal tersebut telah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) OASA pada 27 Juni 2022.

"Kami baru saja mendapatkan persetujuan pengangkatan dua komisaris baru, yang pertama Komisaris Utama Hariyadi Sukamdani, yang kedua kita mengajak Cinta bergabung sebagai Komisaris," kata Direktur Utama PT Maharaksa Biru Energi Tbk, Bobby Gafur Utama dalam konferensi pers virtual, Senin (27/6/2022).

Hariyadi BS Sukamdani merupakan pengusaha Indonesia yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) sejak 2014. Karier Hariyadi Sukamdani sebagai pengusaha dimulai sejak 1992 ketika ia menjadi Presiden Direktur PT. Sahid Detolin Textile.

Selain itu, ia juga menempati posisi tinggi di sejumlah perusahaan di Indonesia seperti PT Spinindo Bina Persada dan PT. Jumalindo Aksara Grafika pada 2006 serta sempat menjadi komisaris PT Jamsostek pada 2007-2012.

Selain aktif sebagai pengusaha, ia juga pernah terlibat dalam kepengurusan sejumlah organisasi seperti Ketua Harian Yayasan HIPMI Jaya, Ketua Dewan Kehormatan HIPMI, Ketua Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Apindo bidang Jaminan Sosial dan Pengupahan, Ketua BPP Asosiasi Pertekstilan Indonesia Bidang Perdagangan dalam Negeri, Sekretaris Komite Pemulihan Ekonomi Nasional (KPEN) Kamar Dagan dan Industri Indonesia (KADIN) serta Wakil Ketua Umum KADIN Bidang Kebijakan Publik, Perpajakan dan Sistem Fiskal.

"Surprise, kami juga menempatkan artis dan selebriti ternama Cinta Laura sebagai salah seorang Komisaris di Perseroan," kata Bobby.

Menurut dia, urusan lingkungan, energi baru terbarukan dan bahkan urusan sampah dan limbah, menuntut kepedulian segala lapisan masyarakat, termasuk kaum millennial, kalangan artis dan selebritas.

Cinta Laura merupakan salah seorang artis ternama lulusan Universitas Columbia, New York, Amerika Serikat. Cinta Laura belum lama ini diundang untuk berpidato di Gedung MPR-RI. Ia hadir sebagai satu-satunya perwakilan perempuan generasi muda dalam rangka peringatan Hari Pancasila pada awal Juni lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Cinta Laura Peduli Lingkungan

Sementara itu, tak banyak yang tahu Cinta Laura sesungguhnya merupakan sosok selebritas yang sangat peduli terhadap lingkungan. Melalui gerakan #ActofLove #AoLKiehlers, Cinta Laura menyebarkan kesadaran untuk menerapkan gaya hidup yang ramah terhadap bumi.

Bersama gerakan ini, Cinta Laura juga mengenalkan konsep-konsep ekonomi hijau, di antaranya circular economy, yakni mendaur ulang produk untuk meminimalisir sampah.

Selain itu, Cinta juga mengenalkan konsep conscious living atau gaya hidup mengkonsumsi produk dengan penuh kesadaran. Lewat gerakan #ActofLove #AoLKiehlers, Cinta Laura ingin masyarakat dapat berpartisipasi dalam gerakan ramah lingkungan ini.

"Karena itu, saya sangat happy ketika saya mendapat kesempatan ikut bergabung di PT Maharaksa Biru Energi Tbk. Sangat sesuai dengan passion saya," katanya.


OASA Kucurkan Rp 732,17 Miliar Bangun Industri Bio Propylene Glycol

Sebelumnya, PT Protech Mitra Perkasa Tbk (OASA) tengah mematangkan rencana pembangunan pabrik Bio Propylene Glycol (Bio PG) pertama di Indonesia.

Bio Pg merupakan bahan kimia organik yang secara luas digunakan di banyak sektor industri, antara lain farmasi, makanan, kosmetik, dan industri kimia.

Presiden Direktur PT Protech Mitra Perkasa Tbk, Bobby Gafur Umar mengatakan, pembangunan pabrik Bio PG pertama di Indonesia itu menelan investasi USD 50 juta atau sekitar Rp 732,17 miliar (kurs Rp 14.643 per USD).

"Sejak masuk menjadi pengendali utama di OASA, saya memang sudah komit untuk membawa Perseroan menjadi salah satu pemain utama yang harus unggul di bidang energi terbarukan. Sekarang kami sudah memulainya secara serius," kata Bobby, Senin (23/5/2022).

Pabrik Bio PG akan mulai dibangun pada 2023 di Pulau Jawa. Pabrik akan mampu menghasilkan sekitar 30 ribu ton Bip PG per tahun. Bip PG akan dipasarkan di dalam negeri maupun luar negeri atau ekspor dengan Sojitz sebagai salah satu mitra distributor.

"Sojitz akan menjadi salah satu mitra kita, terutama sebagai distributor, karena mereka sudah punya pengalaman dan jaringan yang sangat luas dalam memasarkan produk-produk semacam ini. Mereka juga sudah siap untuk menjadi off taker nya," kata Bobby.


Masuk Lini Industri Kimia

Sojitz telah menyatakan kesanggupannya sebagai pemasok glyserin mentah dan refined glyserin (glyserin yang telah dimurnikan).

Di sisi lain, langkah PT Protech Mitra Perkasa Tbk masuk ke lini industri kimia ini sejalan dengan komitmen Perseroan untuk mulai serius ikut menghidupkan industri hijau. Menurutnya, Indonesia selama ini masih mengimpor fossil-based propylene glycol.

"Ini sebenarnya adalah salah satu produk bahan kimia strategis dan penting bagi banyak produk aneka industri kosmetika, makanan serta farmasi. Selama ini Indonesia sepenuhnya mengimpor karena belum ada yang memproduksi di dalam negeri, Padahal Indonesia memiliki potensi sangat besar sebagai produsen bio propylene glycol," ujarnya.

Bahan utama dari pembuatan Bio PG pada pabrik ini adalah gliserol. Gliserol sendiri sangat mudah didapatkan, karena merupakan produk samping industri biodiesel.

Ruben Onsu-Sarwendah Saling Menguatkan

Sama-Sama Lagi Sakit, Begini Cara Ruben Onsu dan Sarwendah Saling Menguatkan

Liputan6.com 2022-06-27 14:00:00
Sarwendah dan Ruben Onsu (https://www.instagram.com/p/CcckhJQPT_A/)

Pasangan Ruben Onsu dan Sarwendah diketahui sedang mengalami sakit. Ruben Onsu sempat menjalani perawatan di rumah sakit hingga harus menjalani transfusi darah.

Sementara Sarwendah sempat mengidap penyakit langka yang menyerang batang otaknya. Kondisi ini memaksa keduanya sama-sama menjalani pengobatan demi mendapatkan kembali kualitas hidup sehat seperti semula.

"Pokoknya doain lah aku sama ayah, semuanya sehat gitu, sekarang tuh masih masa pengobatan lah istilahnya," kata Sarwendah membahas soal kondisi kesehatan dirinya dan sang suami, Ruben Onsu, seperti dikutip dari tayangan Kiss Pagi di saluran YouTube Indosiar, Senin, 27 Juni 2022.

Saat ini, kata Sarwendah, ia bersama Ruben Onsu fokus menjalani aktifitas seperti biasa sembari menjalani pengobatan terhadap penyakit yang menyerang tubuh mereka masing-masing.


Saling Menguatkan

Sarwendah meyakini dirinya bersama Ruben Onsu bisa melewati penyakit yang kini tengah menyerang tubuh masing-masing.

Selain menjalani pengobatan, kata Sarwendah, ia dan bapak tiga anak itu bersama-sama saling memberikan dukungan dan menguatkan diri masing-masing.

"Kita berdua lagi menguatkan diri masing-masing, menguatkan satu sama lain juga," beri tahu Sarwendah.


Ketakutan

Dalam sebuah wawancara di program talkshow televisi, Ruben Onsu sempat menjelaskan rasa takut yang menyerangnya mengetahui dirinya dan Sarwendah sama-sama terserang penyakit.

Kondisi ini membuat Ruben Onsu sangat bersedih. Dia memikirkan ketiga buah hatinya yang masih membutuhkan perhatian penuh dari orangtua.

"Saya bilang sama istri saya kalau ketakutan saya yang ini sama dengan ketakutan dia kemarin. Anak-anak masih kecil-kecil. Itu yang menjadi ketakutan kita berdua, kekhawatiran kita berdua," tutur Ruben Onsu dalam acara Brownis, Kamis (16/6/2022).


Tindakan Medis

Ruben Onsu dan Sarwendah berpikir siapa yang harus lebih dulu mendapat tindakan medis. Apakah dirinya, atau sang istri.

"Saya bilang sama dia, yang mau tindakan saya dulu atau kamu dulu. Jadi saya meminta dia untuk fokus ke dia dulu, karena anak-anak lebih perlu dia," ujarnya.

Menurut Ruben Onsu, istrinya merasa sangat takut saat menjalani pengobatan. "Kemarin kita sudah ke salah satu rumah sakit yang ada di Karawaci, terus dia takut karena beberapa pasien yang datang mungkin usianya jauh lebih tua dari dia," ujarnya.

Infografis yang menyebut bahwa delirium merupakan gejala baru dari COVID-19, penyakit yang disebabkan Virus Corona SARS-CoV-2, tersebar di media sosial dan grup WhatsApp. (Sumber: Istimewa)

Ibu yang Butuh Ganja Medis

Dukungan Luna Maya Buat Ibu yang Butuh Ganja Medis, Putrinya Berjuang Lawan Penyakit Cerebral Palsy

Liputan6.com 2022-06-27 12:00:00
Luna Maya. (Foto: Dok. Instagram @lunamaya)

Lewat Instagram Stories dan sebuah utas di akun Twitter terverifikasinya, Andien berbagi cerita soal bertemu ibu yang membawa papan dengan tulisan: Tolong, Anakku Butuh Ganja Medis.

Penasaran, pelantun "Pulang" dan "Bernyanyi Untukmu" mendekati ibu berhijab biru dongker itu saat Car Free Day di Jakarta, Minggu (26/6/2022). Melihat Andien mendekat, tangis ibu yang kemudian diketahui bernama Santi pecah.

Putrinya yang bernama Pika mengidap Cerebral Palsy, yakni penyakit yang menyebabkan gangguan pada otot, gerak, dan koordinasi tubuh. Mendengar ini, Andien yang juga seorang ibu seketika teringat putranya, Kawa. Kisah pilu ini didengar Luna Maya.

Sebagai sesama perempuan hatinya terenyuh. Lewat akun Instagram terverifikasinya, bintang film Suzzanna: Bernapas Dalam Kubur melayangkan simpati mendalam dan dukungan untuk Santi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sedih Sekali Rasanya

Di Instagram Stories, Luna Maya mengunggah ulang foto Andien kala bertemu Santi. Dalam unggahan itu, Andien mencuit, "Bumped into this lady with this poster, begitu Aku deketin beliau langsung nangis."

Bersama unggahan ini, Luna Maya buka suara. "Lihat story Andien Aisyah sedih sekali rasanya. Ganja enggak selalu identik untuk buat kita mabuk," tulis sang aktris pada Minggu (26/6/2022).


Perihal Ganja

"Tapi manfaat ganja banyak sekali untuk pengobatan. Semoga kita bisa ambil sisi baiknya dan menyelamatkan banyak orang," bintang sinetron Nada Cinta menyambung.

Setelahnya, Luna Maya mengunggah ulang momen Andien berinteraksi dengan Santi dan Pika. Di situ, pemilik album Bisikan Hati membayangkan andai Pika tidak tinggal di Indonesia, nasibnya mungkin beda.


Namanya Pika

"Anak ini namanya Pika. Pengidap cerebral palsy yang katanya sebenarnya paling efektif terapi pakai CBD oil. Not a coincidence. If only mereka enggak tinggal di Indonesia, anak-anak seperti ini pasti bisa lebih banyak tertolong hu hu," ujarnya.

Dalam utas yang dibuat di Twitter kemarin, Andien memperlihatkan dukungannya untuk Santi. "Intinya dalam hal ini aku kesian dan empati sama Ibu tadi," Andien mencuit pada hari yang sama.

"Tadi beliau sempat cerita Pika itu tadinya anak yang ceria dan suka sepedahan (aku jd inget Kawa).. Dan aku kebayang sih, seorang Ibu pasti akan melalukan whatever it takes untuk kembali melihat senyum di wajah anaknya," ia mengakhiri.

Infografis 6 Cara Dukung Anak dengan Long Covid-19 Kembali ke Sekolah. (Liputan6.com/Abdillah)

Girang Dapat Tanda Tangan Ronaldinho

Gading Marten Girang Dapat Tanda Tangan Ronaldinho: Yang Ini Harus!

Liputan6.com 2022-06-27 10:30:36
Gading Marten Girang Dapat Tanda Tangan Ronaldinho. (instagram.com/gadiiing)

Pecinta sepak bola Indonesia kedatangan seorang legenda hidup, Ronaldinho. Salah seorang legenda Brazil yang pernah memperkuat tim AC Milan itu datang ke Indonesia untuk membela tim RANS Nusantara FC dalam pertandingan Trofeo melawan Arema FC dan Persik Kediri pada Minggu (26/6/2022).

Tentunya kedatangan Ronaldinho itu disambut bahagia oleh para penggemarnya di Indonesia. Tak terkecuali juga dari kalangan artis seperti Gading Marten.

Terlebih lagi, Gading Marten diketahui adalah seorang Milanisti (julukan penggemar AC Milan). Ia pun tak mau menyianyiakan kesempatan langka itu untuk bertemu langsung dan mendapatkan tanda tangan sang legenda.

Momen itu kemudian diabadikan dalam unggahan di Instagram pribadinya pada Minggu (26/6/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sah

Dalam unggahannya, Gading Marten memamerkan tengah berpose dengan Ronldinho sambil menunjukkan sebuah jersey AC Milan bertuliskan nama Ronaldinho yang sudah ditandatangani oleh sang legenda.

"SAH di legalisir!! The legend him self @ronaldinho #forzamilan #djajati," tulis Gading Marten.


Rezeki Anak Saleh

Dalam slide kedua di unggahan itu, tampak Gading Marten begitu kegirangan saat berkesempatan mendapat tanda tangan tersebut. Sementara Raffi Ahmad menyebut momen ini adalah rezeki anak saleh untuk Gading Marten.

"Wess papa Gading dapet loh (tanda tangan Ronaldinho), emang rejekinya anak soleh, Siwon (juga) dapet," kata Raffi Ahmad.

"Ini harus, pak. Yang ini harus! Forza Milan," seru Gading Marten.


Upaya Bangkitkan Sepak Bola Indonesia

Seperti diberitakan sebelumnya, kedatangan Ronaldinho juga sekaligus untuk memperkenalkan peluncuran jersey RANS Nusantara FC. Raffi Ahmad resmi memperkenalkan Ronaldinho sebagai bagian dari RANS Nusantara FC untuk turnamen mini jelang gelaran Liga 1 musim 2022/2023.

Selain itu, kedatangan Ronaldinho juga menjadi salah satu upaya membangkitkan euforia sepak bola Indonesia. Apalagi Indonesia dan dunia sempat mengalami pandemi Covid-19.

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Seramnya Festival Banteng Corraleja

4 Orang Tewas di Festival Banteng Corraleja Kolombia

Liputan6.com 2022-06-27 12:00:08
Ilustrasi banteng (iStock)

Setidaknya empat orang tewas akibat insiden di acara banteng di Tolima, Kolombia. Pada acara tradisional itu, stand pengunjung bertingkat tiga roboh dan melukai banyak pengunjung lain.

Dilaporkan BBC, Senin (27/6/2022), acara corraleja itu merupakan acara yang mengajak warga untuk masuk ke arena untuk memprovokasi banteng. Kepanikan pun pecah karena banyak warga yang berusaha melarikan diri.

Acara ini mirip-mirip seperti yang biasa dilakukan di Spanyol. Namun, Presiden Terpilih Kolombia Gustavo Petro agar acara seperti ini ditiadakan.

"Saya meminta para wali kota agar tidak mengizinkan acara yang melibatkan kematian masyarakat atau binatang," ujarnya.

Petro turut mengingatkan bahwa ini bukan pertama kalinya ada kematian terkait corraleja. Ia pun akan terus melanjutkan untuk mencekal acara ini.

Pada insiden terkini, Gubernur Tolima Jose Ricardo Orozco mengungkap bahwa korban tewas adalah dua perempuan, seorang anak, dan seorang laki-laki. Ada setidaknya 30 orang yang mengalami luka serius. Ada potensi angka kematian naik.

Banteng di acara juga sempat kabur dari stadium, sehingga memicu panik di daerah setempat.

Serudukan dari banteng bisa menimbulkan luka tusukan tanduk, dan bisa memicu kematian.

Media Kolombia El Tiempo menyebut rumah sakit dan ambulans lokal sampai kewalahan untuk menangani orang-orang yang terluka.

"Kami butuh dukungan dari ambulans dan rumah sakit tetangga, banyak orang yang masih belum terawat," ujar konselor di pemerintah lokal, Ivan Ferney Rojas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Insiden di Spanyol

Seorang pria Spanyol berusia 55 tahun tewas kehabisan darah setelah ditanduk di kakinya oleh banteng selama festival tahunan di mana hewan-hewan itu dilepaskan ke jalan-jalan, kata pihak berwenang setempat.

Balai kota Onda, di provinsi Castellon, Spanyol timur, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka akan mengundurkan hari terakhir lari banteng pada Minggu, setelah seekor banteng menanduk orang pada Sabtu sore selama festival tahunan, seperti dikutip dari Nine News, Senin (1/11/2021).

Situs berita lokal Levantemengatakan bahwa pria itu dibawa ke rumah sakit terdekat, tetapi dokter tidak dapat menyelamatkannya.

Ini adalah kematian pertama yang diketahui selama adu banteng sejak festival kembali digelar di banyak kota di Spanyol, sebelumnya ditiadakan akibat pandemi.

Meskipun festival ini dapat memakan korban jiwa dan adanya oposisi dari kelompok hak-hak binatang, balap banteng atau sapi tetap menjadi tradisi populer.

Dua orang lainnya terluka dalam adu banteng serupa di kota lain, Levante melaporkan.

Acara paling terkenal secara internasional adalah festival San Fermn Pamplona, yang diadakan setiap tahun sebelum pandemi dan mengadakan delapan balapan pada hari berturut-turut melalui jalan-jalan sempit berbatu di kota utara. Edisi berikutnya diharapkan pada Juli 2022, setelah jeda dua tahun.


Waspada Varian COVID-19

Beralih ke pandemi COVID-19, sejak awal Juni, kurva kasus harian COVID-19 di Indonesia perlahan mengalami kenaikan. Hal tersebut diakibatkan oleh masuknya subvarian Omicron terbaru yakni BA.4 dan BA.5.

Kenaikan kasus konfirmasi harian tersebut juga telah melewati angka dua ribu dalam satu hari, tepatnya 2.068 tambahan kasus pada Jumat, 24 Juni 2022.

Namun jika berpaku pada landasan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Indonesia sebenarnya masih masuk dalam kategori negara dengan pandemi COVID-19 yang terkendali.

"Kenaikan kasus konfirmasi harian sudah mencapai 2.000an kasus per hari. Batas atas Level 1 WHO adalah 7,800 kasus per hari," ujar Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin seperti dikutip melalui keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, Minggu (26/6).

Budi menjelaskan, reproduction rate nasional di Indonesia juga masih terkendali yakni dibawah satu persen. Begitupun dengan positivity rate secara nasional yang masih terkendali meskipun terpantau mengalami kenaikan.

Saat ini, positivity rate secara keseluruhan di Indonesia masih berada dibawah lima persen yakni 3,61 persen. Hanya terdapat dua provinsi dengan positivity rate di atas lima persen yakni Jakarta dan Banten.

Berdasarkan data terakhir pada Sabtu, 25 Juni 2022, Bed Occupation Rate (BOR) rumah sakit serta jumlah pasien yang dirawat akibat COVID-19 juga telah mengalami kenaikan.

"Jumlah orang yang dirawat hari ini adalah 1.562, naik dari hari sebelumnya (1.512)," kata Budi.

Sebelumnya, Omicron BA.4 dan BA.5 pertama kali terdeteksi pada satu WNI dan tiga WNA di Bali. Sejauh ini, sudah terdeteksi 143 pasien di Indonesia dengan dua subvarian Omicron tersebut.


Prediksi BA.4 dan BA.5 di Indonesia

Seperti diketahui, varian BA.4 dan BA.5 pertama kali diamati di Afrika Selatan. Munculnya varian tersebut juga menyebabkan terjadinya kenaikan kasus COVID-19 di negara-negara lainnya.

Berdasarkan data dari Afrika Selatan sendiri, puncak kasus BA.4 dan BA.5 ada pada kisaran 30 persen dari puncak Omicron varian sebelumnya. Di Indonesia, puncak Omicron ada pada angka 58 ribu kasus. Sehingga estimasi puncak varian BA.4 dan BA.5 di Indonesia adalah 17.400 kasus.

"Dengan puncak fatality di kisaran 10 persen dari puncak Omicron (sebelumnya)," kata Budi.

Sedangkan, puncak kasus juga akan terjadi pada 30 hari sejak pertama kali varian BA.4 dan BA.5 ditemukan bila mengacu pada kondisi Afrika Selatan. Maka bila mengikuti pola tersebut, puncak kasus di Indonesia akan tercapai pada minggu kedua dan ketiga bulan Juli 2022 di Indonesia.

Omicron juga saat ini menjadi varian yang dominan di Indonesia dengan 10.100 kasus (transmisi lokal 7.082 dan PPLN 2.425) secara keseluruhan hingga Sabtu, 25 Juni 2022.

<p>Infografis Gejala dan Pencegahan Covid-19 Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Kota Terbaik Dunia buat Kerja Daring

Kansas City Jadi Kota Terbaik di Dunia buat Kerja Jarak Jauh

Liputan6.com 2022-06-27 18:00:59
Ilustrasi dedikasi dan kerja keras (Gambar oleh Firmbee dari Pixabay)

Kota Kansas City, di negara bagian Missouri, Amerika Serikat, dinobatkan sebagai kota terbaik di dunia untuk bekerja jarak jauh](4993409 "") sambil berlibur tanpa harus menggunakan terlalu banyak waktu.

Peringkatan Kansas City sebagai kota terbaik untuk bekerja jarak jauh sambil wisata ini dirilis oleh perusahaan maskapai asal Islandia, Icelandair.

Dilansir dari CNBC International, Senin (27/6/2022) Kansas City dikenal dengan tradisi barbekyu, panggung jazz, dan memiliki lebih banyak situs air mancur daripada Kota Roma di Italia.

Kansas City juga merupakan rumah bagi atraksi termasuk Museum Seni Nelson-Atkins, Stadion Kauffman, Worlds of Fun, dan pusat kota yang ramai.

Selain atraksi turis, peringkat Icelandair mempertimbangkan metrik yang menggambarkan kualitas hidup setiap kota, seperti biaya hidup, keselamatan, akses perawatan kesehatan, serta kemudahan akses untuk bekerja di sana (kecepatan internet, jam kerja rata-rata, waktu perjalanan).

Tak hanya itu, peringkat Icelandair juga mempertimbangkan faktor lingkungan, seperti indeks iklim, polusi suara dan cahaya, kualitas udara serta data dari laporan PBB yakni World Happiness Report.

Berikut adalah 10 kota terbaik di dunia untuk bekerja sambil berlibur, menurut Icelandair :

1. Kansas City, Amerika Serikat

2. Wina, Austria

3. Wellington, Selandia Baru

4. Kopenhagen, Denmark

5. Edinburgh, Inggris

6. Victoria, Kanada

7. Perth, Australia

8. Frankfurt, Jerman

9. Brisbane, Australia

10. Helsinki, Finlandia


New York dan Los Angeles Tak Masuk Daftar, Ini Alasannya

Drektur atau pemasaran global di Icelandair, yakni Gisli S. Brynjolfsson, mengatakan bahwa wisatawan mungkin terkejut menemukan kota-kota besar yang khas seperti New York atau Los Angeles tidak termasuk dalam daftar kota terbaik untuk bekerja sambil berlibur.

Menurutnya, hal itu dikarenakan kedua kota ini "tidak selalu yang terbaik ketika Anda ingin mengambil langkah menjauh dari hiruk pikuk hari kerja yang biasa"

KepadaCNBC Make It, Brynjolfsson mengatakan bahwa slow travel menjadi tren yang berkembang yang menekankan koneksi, baik itu dengan orang-orang lokal, bisnis, budaya, makanan, dan meninggalkan tempat dalam kondisi yang dapat dijelajahi oleh pelancong di masa depan juga.

Slow travel sangat menarik bagi pelancong yang merencanakan liburan sambil bekerja, yang lebih cenderung bepergian sendiri dan menghabiskan waktu lebih lama di tempat tujuan.

"Ini tentang menjadi sadar, tidak membakar diri sendiri dan meluangkan waktu untuk mengenal tempat-tempat di sekitar Anda," ujar Brynjolfsson.


Mencari Keseimbangan

Sementara pekerjaan jarak jauh mempermudah aktivitas liburan sambil bekerja, banyak pelancong yang kembali dari "istirahat" ini lebih lelah daripada ketika mereka pergi.

Sekitar 61 persen masyarakat Amerika yang mengambil liburan sambil kerja tahun lalu tidak menganggap aktivitas ini sebagai sebagai liburan "sejati", menurut studi Deprivasi Liburan terbaru Expedia terhadap 14.500 orang dewasa yang bekerja di 16 negara.

Terlebih lagi, 72 persen orang yang bekerja selama liburan melaporkan mereka merasa lebih lelah dari sebelumnya.

Karena itu, laporan Icelandair merekomendasikan para pelancong menemukan keseimbangan dengan terhubung dengan alam, tetap aktif, dan lebih perhatian pada diri sendiri saat berlibur.

Cara Baru Beli Minyak Goreng Curah

HEADLINE: Pembelian Minyak Goreng Curah Wajib Pakai PeduliLindungi, Pengawasannya?

Liputan6.com 2022-06-28 00:00:00
Banner Infografis Pembelian Minyak Goreng Curah Wajib Pakai PeduliLindungi. (Liputan6.com/Abdillah)

Bongkar pasang kebijakan minyak goreng masih terus bergulir. Setelah sebelumnya heboh kebijakan larangan ekspor CPO dan minyak goreng hingga akhirnya dibuka kembali, kali ini pemerintah menerapkan aturan pembelian minyak goreng curah dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Tak lama usai kebijakan diumumkan ke publik, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pun langsung memberikan penjelasan secara lengkap mengenai kebijakan pembelian minyak goreng curah dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi ini.

Kewajiban penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk jual beli minyak goreng curah diawali dengan masa sosialisasi selama 2 pekan. Sosialisasi tersebut dimulai pada Senin, 27 Juni 2022.

Usai masa sosialisasi selesai, seluruh penjualan dan pembelian yang disebut Minyak Goreng Curah Rakyat (MCGR) akan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Sementara masyarakat yang belum memiliki PeduliLindungi masih bisa membeli dengan menunjukkan NIK.

"Sosialisasi dan masa transisi ini telah kita mulai dari hari ini dan seterusnya selama 2 minggu ke depan. Nantinya setelah masa sosialisasi dan transisi selama dua minggu selesai, barulah seluruh penjualan dan pembelian MGCR akan menggunakan aplikasi PeduliLindungi," tegas Menko Luhut.

Pembelian minyak goreng di tingkat konsumen akan dibatasi maksimal 10 kg untuk satu NIK per hari. Masyarakat dijamin bisa memperolehnya dengan harga eceran tertinggi, yakni Rp 14.000 per liter atau Rp 15.500 per kg.

Minyak goreng curah rakyat dengan harga tersebut bisa diperoleh di penjual/pengecer yang terdaftar resmi dalam program Simirah 2.0. Serta melalui Pelaku Usaha Jasa Logistik dan Eceran (PUJLE) yakni Warung Pangan dan Gurih.

Terkait mekanisme pembelian, masyarakat dapat mengakses segala informasi terkait sosialisasi penjualan dan pembelian MGCR melalui kanal resmi media sosial instagram @minyakita.id dan juga website linktr.ee/minyakita.

Latar Belakang Kebijakan

Luhut mengatakan, masalah mahal dan langkanya minyak goreng yang mulai memuncak pada bulan puasa tahun ini sangat menyulitkan masyarakat secara luas termasuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Permasalahan minyak goreng di Indonesia ini tidak terlepas dari persoalan yang sedang terjadi di dunia yang memicu kenaikan harga komoditas.

"Sejak diutus oleh Bapak Presiden (Joko Widodo) untuk menangani permasalahan minyak goreng khusus wilayah Jawa dan Bali, saya beserta kementerian dan lembaga terkait langsung melakukan berbagai evaluasi dan kajian untuk mengendalikan harga minyak goreng ini," jelas dia.

Pemerintah juga secara resmi mengubah kebijakan soal minyak goreng curah dari yang semula berbasis subsidi menjadi pemenuhan kebutuhan pasar domestik atau Domestic Market Obligation (DMO) dan kewajiban harga domestik atau Domestic Price Obligation (DPO).

Langkah ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan minyak goreng di dalam negeri pada harga yang terjangkau.

Dengan adanya kebijakan ini diharapkan masyarakat tidak perlu panik dan khawatir pasokan domestik akan langka atau harga melonjak tinggi.

Penggunaan PeduliLindungi menjadi alat pemantau dan pengawasan di lapangan untuk memitigasi penyelewengan yang menyebabkan terjadinya kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng.

Nantinya setelah masa sosialisasi selesai semua penjualan dan pembelian minyak goreng curah akan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

"Sementara masyarakat yang belum memiliki aplikasi PeduliLindungi tidak perlu merasa khawatir karena mereka masih bisa membeli dengan menunjukkan NIK untuk bisa mendapatkan minyak goreng curah sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET)," sambung Luhut.

Dalam hitungan pemerintah, jumlah pembatsan pembelian minyak goreng sudah bisa mencukupi kebutuhan rumah tangga termasuk juga UMKM.

"Saya ingin distribusi bisa dipastikan hingga ke level terbawah. Jangan sampai ada daerah yang tidak mendapatkan minyak goreng curah rakyat di bawah kebutuhan," kata luhut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

<p>Infografis Beli Minyak Goreng Curah Wajib Pakai PeduliLindungi. (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Mekanisme Pembelian dan Pengawasan

Menko Luhut juga ingin agar selama dua minggu masa sosialisasi dan transisi berjalan, di mana masyarakat mulai mencoba sistem baru pembelian dengan PeduliLindungi.

Luhut memastikan jika pemerintah akan terus memantau sistem pembelian minyak goreng ini. "Nantinya kita akan lihat bagaimana sistem ini berjalan melalui evaluasi dan monitoring yang kita adakan rutin. Kita juga akan mendengarkan banyak masukan dari pengecer dan pembelipada masa sosialisasi ini demi mempermudah akses bagi keduanya," ujar dia.

Evaluasi dan monitoring ini dilakukan dalam Tim Task Force yang dibentuk bersama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Ekon), Kementerian Perdagangan(Kemendag), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), dan Kementerian Komunikasi danInformatika (Kemenkominfo).

Tim ini bertugas untuk menyediakan berbagai saluran informasi terkait pertanyaan ataupun keluhan yang muncul dari masyarakat terkait pembelian MGCR.

Tim ini juga akan langsung terjun ke lapangan untuk melihat teknis dari proses jual - beli MGCR di masyarakat dari produsen ke konsumen.

"Untuk seluruh penjual atau pengecer yang sudah terdaftar di SIMIRAH 2.0 atau PUJLE sudah bisa kita tetapkan HET. Jadi, tidak ada lagi yang bisa main-main soal harga ini," tegas Luhut.

Adapun cara membeli minyak goreng curah melalui https://linktr.ee/minyakita. Pembeli dapat datang ke toko pengecer yang telah terdaftar di SIMIRAH 2.0 dan PUJLE, kemudian scanQR Code yang ada di pengecer menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Jika hasil scan berwarna hijau, maka pembeli bisa membeli MGCR. Jika hasil scan berwarna merah, maka pembeli sudah mencapai batas ketetapan maksimal harian untuk membeli MGCR sejumlah 10 Kilogram untuk 1 NIK dalam sehari.

Terintegrasi

Pemasaran minyak goreng secara digital ini nantinya akan terintegrasi dengan aplikasi Warung Pangan. Direktur Komersial Holding Pangan ID FOOD Ardiansyah Chaniago menyatakan, pengecer ataupun pedagang yang telah bermitra dengan Warung Pangan akan dilengkapi QR Code aplikasi PeduliLindungi.

"Sehingga pembeli yang datang ke warung pangan dapat scan QR Code tersebut dengan mudah," ujar dia.

Transaksi minyak goreng melalui aplikasi digital Warung Pangan (WP) saat ini telah terdistribusi hingga 287.490 liter melalui mitra-mitra WP. Itu teregistrasi sebanyak 4.014 Warung di 16 provinsi, 77 kota, 476 kecamatan, 923 kelurahan.

Pasokan minyak goreng terus didistribusikan melalui beberapa skema. Pertama skema makro secara reguler melalui pendistribusian ke pasar-pasar tradisional.

Skema lainnya, pendistribusian melalui platform digital Warung Pangan dalam mendistribusikan minyak goreng rakyat.

Transaksi minyak goreng melalui aplikasi Warung Pangan yang sejak launching awal Mei lalu terus mengalami perkembangan.

Sinergi aplikasi ini terus dikoordinasikan dengan Kementerian Perdagangan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, dan stakeholders terkait lainnya.

<p>Infografis Cara Beli Minyak Goreng Curah Pakai Aplikasi PeduliLindungi. (Liputan6.com/Abdillah)</p>


Efektivitas Diragukan

Kebijakan jual beli minyak goreng curah menggunakan aplikasi PeduliLindungi belum bisa membuat pedagang bernapas lega menyikapi masalah tata kelola minyak goreng.

Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) memandang pemerintah tak konsisten dalam menangani masalah minyak goreng menyusul penerapan wajib PeduliLindungi untuk pembelian minyak goreng curah ini.

"Sejak awal diterapkannya KTP untuk beli minyak goreng, KK kemudian pakta integritas ditambah lagi sekarang PeduliLindungi, justru ini memperlihatkan ada ketidak konsistenan pemerintah dalam menerapkan kebijakan," kata Sekretaris Jenderal Ikappi Reynaldi Sarijowan kepada Liputan6.com.

Ia menyimpulkan kebijakan yang sebelumnya diterapkan pemerintah tak efektif. Selanjutnya, penerapan kebijakan baru ini belum bisa dipastikan tanpa masalah.

"Artinya kebijakan baru-baru ini yang dibuat PeduliLindungi, berarti sebelumnya gak berjalan dengan baik, tidak efektif, ditambah lagi harus menggunakan internet untuk menghidupkan PeduliLindungi untuk mendapatkan minyak goreng, kan tidak begitu," terang dia.

Reynaldi menuturkan minyak goreng merupakan kebutuhan pokok masyarakat. Maka, pemerintah sepatutnya tak perlu mempersulit masyarakat untuk mendapatkannya.

"Minyak goreng atau kebutuhan bahan pokok ini menjadi hak masyarakat kita untuk mendapatkan, tapi kalau dipersulit dengan cara-cara harus melakukan scan, ini justru menambah persoalan baru di lapangan," ujarnya.

Dengan adanya syarat terbaru ini tak menjamin masyarakat mampu untuk memenuhinya. "Saya kira masyarakat yang datang ke pasar belum tentu bawa KTP belum tentu juga membawa gawai, kan gitu. Kalau KTP okelah masih bisa diimplementasi walau tak efektif juga, tapi PeduliLindungi ini kan harus ada internet juga, kalau gak bisa gak ada internetnya nggak nyala, gak bisa beli minyak goreng," paparnya.

Sosialisasi Masif

Dia meminta pemerintah untuk melakukan sosialisasi secara masif terlebih dahulu. Dengan menjangkau seluruh pasar tradisional di wilayah Indonesia.

"Maka kami mendorong pemerintah untuk mengkaji kembali, sosialisasi dulu yang masif edukasi dulu seluruh masyaakat secara masif di seluruh pasar teadisional di Indonesia, baru kita terapkan policy," katanya.

"Ini kebalik pemerintah, kebijakan dulu, baru nanti dipikirkan gimananya di lapangan. Sayang kan, seharusnya kita seluruh stakeholder diundang dari hulu ke hilir, di jalur tengah ada distributor, kita bicara enaknya gimana," tambah dia.

Jika tujuannya untuk mengawasi alur distribusi dari produsen ke distributor, dia mengapresiasi. Namun, jika pedagang dan pembeli yang perlu melakukan scan barcode PeduliLindungi, ditegaskan hal itu hanya menambah beban.

Dia menilai pemerintah butuh mengkaji kebijakan tersebut secara menyeluruh. Termasuk mengantisipasi potensi masalah yang terjadi.

"Dan pemerintah gak mengkaji itu harusnya pemerintah mengkaji, kalau ada permasalahan atau trouble di aplikasi tersebut ada hang atau server kita kan gak bisa ukur itu, gak ada ukuran jelas," kata dia.

<p>Infografis Ragam Tanggapan Beli Minyak Goreng Curah Pakai PeduliLindungi. (Liputan6.com/Abdillah)</p>


Tak Tepat Sasaran

Berbicara dari sisi konsumen, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) juga meragukan penggunaan PeduliLindungi untuk membeli minyak goreng curah akan membuat bahan pangan ini akan mudah didapatkan masyarakat.

Muncul potensi masalah dalam penerapan pembelian minyak goreng curah rakyat (MGCR) dengan syarat Peduli Lindungi.

Pengurus Harian YLKI Agus Suyatno memandang ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan dan dikritisi menyikapi rencana ini. Pertama, mengenai sasaran dari minyak goreng curah bersubsidi.

"Sasaran subsidi minyak goreng curah ini perorangan atau keluarga, ini harus jelas, Peduli Lindungi kan sifatnya personal, berarti dalam satu keluarga itu kan bisa lebih dari 1," katanya saat dihubungi Liputan6.com.

Semisal ada 4 orang dalam satu keluarga tersebut, dan keempatnya bisa membeli MGCR sesuai syarat. Namun, tujuan distribusi juga akan jadi masalah lain.

"Akan terjadi masalah dalam distribusi yang tepat sasaran, bisa aja satu orang secara personal membeli itu, tapi di sisi lain tidak semua masyarakat bawah itu memiliki smartphone," katanya.

"Ini jadi masalah juga, karena mereka beli minyak goreng itu bukan kelompok masyarakat mampu, alih-alih beli smartphone mereka lebih mendahulukan kebutuhan pokok," terangnya.

Potensi masalah selanjutnya, sasaran MGCR, secara geografis tak hanya di perkotaan, tapi juga pedesaan. Terkait data yang menunjukkan jumlah kepemilikan aplikasi atau smartphone di satu keluarga. Setelah itu, baru ditentukan skema yang tepat untuk penyalurannya.

"Ini menimbulkan potensi istilahnya diakali oleh orang-orang atau oknum yang tak bertanggung jawab. Kalau misal ada kelompok yang tak miliki smartphone itu bisa ada oknum yang kemudian mengambilkan dengan akses PeduliLindungi yang dia miliki dengan catatan harganya beda. Ini jadi permasalahan juga," paparnya.

Dari sisi sosialisasi, Agus menilai waktu 2 pekan untuk sosialisasi tata cara pembelian minyak goreng curah rakyat ini memerlukan kerja ekstra.Waktu 2 pekan masih terhitung singkat. Apalagi melihat sasaran minyak goreng curah yang sebagian besar masyarakat kelas bawah.

"Indonesia ini luas, apakah bisa jamin dengan sosialisasi dua minggu bisa cakup dan cover seluruh masyarakat dari sabang sampai merauke?," katanya kepada Liputan6.com.

Kemudian, dia menyoroti alternatif lain pembelian tanpa aplikasi PeduliLindungi. Alasannya, belum semua lapisan masyarakat telah memiliki akses PeduliLindungi.

Senada, Direktur Eksekutif Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira juga meragukan efektivitas pembelian minyak goreng curah dengan aplikasi PeduliLindungi ini. Sebab, pembelian minyak goreng bagi kalangan masyarakat menengah ke bawah ini harusnya dipermudah.

Kemudahan mendapatkan minyak goreng curah adalah hak masyarakat. Maka, tak perlu ditambah dengan syarat PeduliLindungi atau NIK.

"Pembelian minyak goreng sebaiknya dibuat lebih mudah, tidak perlu pakai aplikasi dan menunjukkan KTP. Hak memperoleh minyak goreng yang murah adalah hak masyarakat, karena pembatasan ini berarti pemerintah tidak mampu mengatur minyak goreng secara menyeluruh," ujarnya kepada Liputan6.com.

Bhima juga menyebut hal yang dibutuhkan masyarakat adalah harga eceran yang mampu dijangkau. Serta mampu mencakup seluruh wilayah di Indonesia.

"Buat apa ada program Minyak goreng rakyat, karena yang dibutuhkan HET untuk seluruh minyak goreng curah dari sabang sampai merauke. Kalau hanya di beberapa titik, tidak akan menjawab mahalnya harga migor," tegas dia.

Ia khawatir nantinya yang terjadi hanya adanya migrasi dari konsumen yang bukan target program ini. Sehingga, penyaluran menjadi tak tepat sasaran sesuai tujuan.

"Pedagang juga susah ya kalau melayani konsumen, harus menjelaskan cara membeli lewat aplikasi atau menunjukkan KTP," ujarnya.

Pemerintah sebaiknya memanfaatkan data yang telah terkumpul. Misalnya mengacu pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). "Sinkronisasi data tidak perlu pakai Peduli Lindungi, cukup gunakan data yang sudah ada," tambah Bhima.

Kecakapan sasaran masyarakat juga jadi kekhawatiran Bhima. Dengan syarat PeduliLindungi, disebut malah akan memberikan kesulitan bagi masyarakat kelas menengah ke bawah.

"Sasaran migor juga dipertanyakan, karena masyarakat miskin membeli migor harus punya handphone yang ada internetnya jelas mempersulit akses pemenuhan kebutuhan dasar. Khawatir kebijakan ini justru dinikmati kelas menengah karena lebih memahami teknologi," tukasnya.

Inovasi

Namun, pendapat berbeda disampaikan Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad. Dia menilai kewajiban penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk membeli minyak goreng curah adalah sebuah inovasi.

Kebijakan itu harus dijalankan dahulu untuk melihat keefektifannya. "Jadi itu kan inovasi yang dipakai oleh pemerintah yang memang mesti dicoba dulu baru kita lihat efektif atau tidak efektif," ujar Sufmi Dasco di Kompleks Parlemen.

Politikus Gerindra itu menyebut kebijakan itu harus dihargai dan dicoba lebih dulu, sebab bertujuan mengurai permasalahan minyak.

"Kita hargai inovasi yang ada tersebut, satu terobosan untuk kemudian mencoba memecahkan persoalan minyak goreng ini," ucapnya.

Meski demikian, ia meminta Komisi VI DPR untuk mengawasi kebijakan penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk membeli minyak goreng curah tersebut.


Janji Beri Kemudahan

Meski masih diragukan, namun pemerintah memastikan jika pembelian minyak goreng curah dengan PeduliLindungi akan semakin memudahkan masyarakat mendapatkan bahan pangan tersebut.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menegaskan syarat pembelian minyak goreng curah dengan PeduliLindungi diperuntukan bagi konsumen ritel. Artinya, bukan untuk konsumen yang akan menjual kembali.

Bagi pembeli minyak goreng curah untuk dijual kembali, sebaiknya daftar ke Warung Pangan untuk bisa menjadi agen penyalur.

"Ya ritel dong, kalau dia mau jualan ngapain, langsung daftar aja jadi agen minyak goreng kan, ngapain repot-repot kayak main kucing-kucingan, ngapain," kata dia.

Sesuai mekanisme yang ada, calon pedagang nantinya bisa mendaftarkan usahanya. Kemudian bisa membeli minyak goreng curah seharga Rp 12.600 per liter. Dengan begitu, bisa memperbanyak titik agen pengecer MGCR.

Skala 10 liter dalam setiap pembelian perhari ditujukan bagi pelaku usaha UMKM. Bukan untuk konsumen yang akan menjual kembali.

"Ini kan yang beli 10 liter itu kan tadi yang gorengan pisang, UMKM yang masak karena dia perlunya kan banyak 5-6 liter, tapi kalau yang ibu-ibu mau jualan boleh, tinggal pasang aja warung pangan," kata dia.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional ini juga menyebut syarat penggunaan Peduli Lindungi untuk membawa kemudahan memberi masyarakat. Sementara, bagi yang tak memiliki aplikasi, bisa menggunakan NIK KTP.

"Seperti ini aja, kalau pake aplikasi kan handphonya tinggal gini (diperlihatkan ke petugas). Kalo mudah silakan, kalo gak punya PeduliLindungi tapi adanya fotokipi KTP ya pake itu, jangan susah-susah cari yang mudah aja," kata dia.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan menyebut tujuan penyaluran yang tepat sasaran. Penggunaan PeduliLindungi disebut untuk memudahkan konsumen.

"Jadi gini pada prinsipnya semua sudah terdaftar KTP ini lebih diarahkan untuk tepat sasaran, karena dari pengalaman kemarin kita nggak atur pakai KTP itu yang membeli itu dan ada pembatasan kan, nah kemarin nggak ada pembatasan hilang di jalan," katanya.

Dengan syarat ini, diharapkan mampu mengurangi bocornya distribusi minyak goreng curah. Ini mengacu pada sistem penyaluran yang sebelumnya diterapkan.

"Jadi sekarang kita pastikan tujuan nya adalah para pedagang mendapatkan barang, kalau kemarin kan pedagang ngga dapat barang, barangnya ilang di jalan, karena memang tidak dibatasi pembeliannya, satu tangki bisa belok kemana mana," kata dia.

Melalui sistem ini, dia ingin memastikan data KTP pedagang masuk ke sistem. Sehingga, sasaran penyalurannya bisa terdata.

Selanjutnya, pembeli nantinya tak memborong di luar kuota yang ditetapkan. Maka, penambahan batasan pembelian diharapkan mampu mengakomodir seluruh kebutuhan masyarakat.

"Ini kita pastikan distributor minimal KTP pedagang nya, jadi nyampai ke pedagang, dr pedagang kalau bisa tidak diborong juga, walaupun kan sekarang pedagang 2 liter, sekarang kita naik jadi maksimum 10 Kg per KTP per orang," terang dia.

Oke menyampaikan batas pembelian ini diterapkan bagi konsumen secara umum. Sebelumnya, penyaluran minyak goreng ke pedagang yang dibatasi sebesar 200 liter.

"Bebas, nanti diadain terus, kalau kemarin kan ada pembatasan 200 liter ke pedagang, sekarang bebas, terus silahkan bahkan ke konsumen 10 kilogram," kata dia.

"Ini menunjukkan kita sudah bisa memasok dgn baik untuk wilayah tertentu, nanti ada wilayah tertentu ada fokus kita sendiri," tambah dia.