Terimakasih Zelensky untuk Jokowi

Meja yang Jadi Perhatian Dunia

Jadi Cameo di Ranah 3 Warna

Ridwan Kamil Bermain di Film Ranah 3 Warna: Saya Jadi Cameo Numpang Lewat

Liputan6.com 2022-06-30 17:15:00
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Satu lagi film Indonesia yang sedang tayang di seluruh bioskop pada Kamis (30/6/2022) yaitu Ranah 3 Warna. Film ini berdasarkan novel dengan judul yang sama ciptaan Ahmad Fuadi.

Film Ranah 3 Warna dibintangi Arbani Yasiz sebagai Alif, dan Maudy Koesnaedi sebagai ibu Alif. Juga ada Amanda Rawles, Teuku Rassya dan juga Raim Laode.

Selain bintang-bintang ternama yang bermain dalam Ranah 3 Warna, ada juga Ridwan Kamil yang muncul sebagai cameo.

"Dimana saya jadi cameo numpang lewat sebagai Dubes Indonesia di Kanada (Yang wilayahnya berbahasa Perancis)," tulis Kang Emil, di akun Instagram terverifikasi miliknya, belum lama ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Membantu

Dijelaskan Ridwan Kamil bahwa ia menerima menjadi cameo dalam film ini untuk mendukung film Indonesia. Terutama yang syuting di Jawa Barat.

"Saya selalu mencoba membantu syuting film-film jika diambil di tanah Jawa Barat," lanjutnya.


Di Gedung Sate

Film Ranah 3 Warna memang mengambil lokasi syuting salah satunya di Gedung Sate, Bandung.

"Dalam hal ini mendukung kemudahan ijin dan lokasi, seperti di Gedung Sate ini, yang dijadikan sebagai scene Kedutaan Indonesia di Kanada," sambungnya.


Wajib Nonton

Ungkapan Ridwan Kamil ini menuai respons positif dari warganet, termasuk para selebritas Tanah Air. Mereka pun mewajibkan diri untuk menonton.

"Wajib nonton kang emil niih ," tulis Richard Ricardo.

"Wajib nonton ini mah ," tambah salah satu warganet.

"Film yang sangat wajib untuk di tonton dengan pelajaran, pesan-pesan serta motivasi untuk kehidupan," tambah Novia N Bachmid.

<p>Infografis Penemuan Jasad Eril Anak Ridwan Kamil di Bendungan Sungai Aare Swiss. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Mengaku Terima Suami Apa Adanya

Dewi Perssik Tegaskan Angga Wijaya Tak Punya Masalah Keuangan: Saya Terima Dia Apa Adanya dari Dulu, Duit Bisa Kita Cari Bersama-sama

Liputan6.com 2022-06-30 16:30:00
Dewi Perssik (https://www.instagram.com/p/CfX63okBWPW/)

Tak banyak yang bisa diperbuat Dewi Perssik mengenai gugatan cerai yang diajukan Angga Wijaya. Apalagi ia tak bisa memaksa orang lain untuk mencintainya, termasuk suaminya.

"Pasrah aja kita perempuan, kita ngomong kita pasti salah, kita nerima aja. Kita kan nggak bisa maksa sebuah hubungan," kata Dewi Perssik saat ditemui di kawasan Jalan Kapten Pierre Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (29/6/2022).

Dewi Perssik digugat cerai Angga Wijaya bukan karena dipicu masalah keuangan. Namun dirinya enggan menjelaskan secara pasti hal yang membuat suaminya ingin berpisah dengannya.

"Enggak mau mikirin harta, lagian bukan masalah financial. Saya menerima dia apa adanya dari dulu, duit bisa kita cari bersama-sama," imbuh Dewi Perssik menangkis isu digugat cerai karena masalah keuangan.


Isu Orang Ketiga

Isu orang ketiga sempat santer menjadi penyebab perceraian Dewi Perssik dan Angga Wijaya. Namun hal itu sempat dibantah oleh Dewi Perssik.

"Enggak ada pihak ketiga haha. Kalau dari saya nggak ada. Kalau (dari Angga) itu saya nggak tahu. Kalau saya nggak ada kan saya yang digugat," tukas Dewi Perssik.


Berusaha Tegar

Terkait masalah rumah tangga yang tengah dihadapi, Dewi Perssik mengaku merasa kehilangan sosok suami yang sudah lima tahun belakangan ini menemaninya.

Pemilik Goyang Gergaji ini berusaha tegar menjalani permasalahan rumah tangga yang kini tengah di ujung tanduk.


Hidup Terus Berjalan

"Kehilangan itu sudah pasti tapi kan kehidupan harus terus berjalan. Masih banyak orang yang butuh saya jadi diterima aja ikhlas nggak ikhlas siap enggak siap untuk diuji sama Tuhan," ujar Dewi Persik

Dewi Perssik mengungkapkan setiap manusia punya cobaan tersendiri. Oleh karenanya ia berusaha menerima semuanya dengan lapang dada. "Karena aku pernah kehilangan yang lebih berat, kehilangan orang tuaku jadi buat aku menerima aja," dia melanjutkan.

Perceraian di Indonesia 2016 (liputan6.com/trie yas)

Deddy Corbuzier Gagal Haji Tahun Ini

Alasan Deddy Corbuzier, Raffi Ahmad, dan Rizky Billar Batal Berangkat Haji Tahun Ini

Liputan6.com 2022-06-30 09:00:00
Deddy Corbuzier bersama Gus Miftah (Istimewa)

Gus Miftah sempat menyampaikan bahwa beberapa influencer Tanah Air mendapatkan undangan untuk naik Haji. Oleh karena itu, Gus Miftah berencana untuk membawa beberapa artis dengan follower terbanyak untuk ikut menunaikan ibadah haji.

Beberapa nama yang akan diboyong ke Tanah Suci di antaranya Deddy Corbuzier, Raffi Ahmad, dan Rizky Billar. Akan tetapi, Gus Miftah menyampaikan bahwa Deddy Corbuzier tak jadi menunaikan ibadah haji.

Gus Miftah menyebut alasan dari sahabatnya itu yang tak jadi berangkat haji. Kala itu Deddy rupanya memang belum berkenan karena sibuk urus pernikahan dan belum siap secara psikologis.

"Jadi kita klarifikasi ya, Mas Deddy dari awal beliau nggak berkenan karena waktu itu masih sibuk urus pernikahan dan lain-lain. Dan, secara psikologis beliau belum siap," ungkap Gus Miftah, saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Jadwal Padat

Selain Deddy Corbuzier, dua nama lain yakni Raffi Ahmad dan Rizky Billar pun juga batal pergi haji karena harus mengatur jadwal. Oleh karena itu, Gus Miftah pun tak mempermasalahkan karena ibadah haji bukan untuk orang yang mampu, melainkan untuk orang yang terpanggil.

"Kemudian, si Rizky dan Raffi. Raffi dari awal sudah bilang, pas visa turun Raffi bilang, 'Bro gue nggak bisa nih berangkat karena gue harus atur jadwal.' Demikian juga Rizky Billar, dia tanggal 12 harus syuting iklan," ujarnya.

"Terus apalagi isunya visa belum kelar semua. Makanya waktu itu, kalau saya kan gini, haji itu kan panggilan. Allah tidak memanggil orang yang mampu, tapi Allah memanggil orang yang terpanggil," lanjutnya.


Alasan Deddy Corbuzier

Sementara itu, untuk Deddy Corbuzier sendiri Gus Miftah memahami tentang sikap idealisnya karena menurutnya Deddy tak ingin ibadahnya disponsori atau dibayar orang lain. Apa lagi Gus Miftah paham bahwa sahabatnya itu adalah orang yang perfeksionis dan tak mau urusan ibadah dilakukan setengah-setengah.

"Mas Deddy itu sahabat kita yang sangat idealis, kita pernah dikasih dua undangan, salah satunya haji furoda dari salah satu travel top. Beliau bilang, 'Bro masa sih kita ibadah harus repotin orang, dibayar macam-macam.' Kalau bisa bayar sendiri. Secara agama memang kita selalu bimbing beliau kalau tahun ini kita belum bisa haji bareng please cari waktu kita umrah bareng. Kita tahu dia adalah orang yang perfeksionis, jangan sampai ibadahnya separuh-separuh," papar Gus Miftah.


Raffi Ajak Tahun Depan

Untuk Raffi Ahmad sendiri, ia merasa tak bisa memaksakan diri pergi haji tahun ini. Karena Raffi justru mengajak Gus Miftah untuk berangkat haji tahun depan bila tak ada hambatan.

"Jadi kalau Raffi, 'Bro kita jalan tahun depan. Gue yang bayarin deh sama istri.' Tahun ini nggak bisa dipaksakan. Tapi, kembali lagi haji tak bisa dipaksakan karena bagaimanapun ini panggilan Allah SWT. Kemungkinan Raffi nggak berangkat, Rizky Billar juga masih ragu. Qadarullah semua punya kesibukan masing-masing. Saya ngomong sama Ambassador kondisinya seperti itu. Kita mohon maaf," pungkasnya.

<p>Infografis Kuota Haji 2022 Indonesia (Liputan6.com/Trie Yas)</p>

Main Bareng Julia Roberts

Profil Maxime Bouttier, Aktor Indonesia yang Main Film Hollywood Bareng Julia Roberts dan George Clooney

Liputan6.com 2022-06-30 14:31:46
(Instagram/bouttier_maxime)

Nama aktor Maxime Bouttier sedang jadi bahan pembicaraan. Pasalnya, Maxime ternyata bermain di film Hollywood bertajuk Ticket to Paradise yang juga dibintangi aktris top Julia Roberts dan aktor George Clooney.

Selama sekitar setahun belakangan, mantan kekasih Prilly Latuconsina ini jarang muncul di sinetron atau film Indonesia. Rupanya, pria kelahiran Perancis ini terlibat syuting film Hollywood garapan Universal Pictures.

Pada Rabu, 29 Juni 2022, Universal merilis trailerTicket to Paradise di kanal YouTube resmi mereka. Dalam video berdurasi 2 menit 45 detik, kemunculan Maxime cukup signifikan, bukan sekadar numpang lewat.

Dalam deretan nama pemeran, Maxime Bouttier termasuk salah satu aktor pendukung. Namanya ditulis setelah nama dua pemeran utama, Julia Roberts dan George Clooney.

Dalam sinopsis singkat Ticket to Paradise, diketahui film ini bergenre romantis. Clooney dan Roberts berperan sebagai pasangan suami istri yang telah bercerai, namun terpaksa terbang bareng ke Bali karena putri mereka hendak menikah dengan pria lokal bernama Gede, yang diperankan Maxime.

Sejumlah warganet hingga rekan artis memberi selamat dan turut bangga atas prestasi Maxime. Salah satunya sang mantan pacar, Prilly. "Aaaaa congrats," tulis bintang film Danur tersebut.

Melansir laman IMDb, Ticket to Paradise bercerita tentang sepasang mantan suami istri yang bekerja sama untuk mencegah putrinya menikah dengan pria yang baru saja dikenal. Orangtua ini tidak ingin Lily mengalami kesalahan yang mereka buat, 25 tahun lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kedua Setelah Christine Hakim

Pasangan Maxime di film Ticket to Paradise adalah artis muda Kaitlyn Dever. Karakter Lily yang diperankan Kaitlyn merupakan anak dari karakter yang diperankan Julia dan George.

Berperan sebagai sepasang kekasih yang akan menikah, Maxime dan Kaitlyn menjalani banyak adegan romantis. Dalam trailer, keduanya juga terlihat berciuman.

Dilansir dari kanal Showbiz Liputan6.com, berlatar Bali, adat khas Pulau Dewata juga ditampilkan dalam Ticket to Paradise. Terlihat sosok Maxime memakai busana Bali, sesuai perannya sebagai pria lokal. Sayangnya, syuting film ini kabarnya sebagian besar dilakukan di Queensland, Australia, bukan di Bali.

Dalam trailer, terlihat Maxime beberapa kali satu frame dengan George dan Julia. Tak sabar menantikan aktingnya, Ticket to Paradise dijadwalkan rilis di bioskop Amerika Serikat pada 21 Oktober 2022.

Maxime pun menambah panjang daftar aktor maupun aktris Indonesia yang berhasil menembus Hollywood. Sebelumnya ada nama-nama seperti Christine Hakim, Iko Uwais, Yayan Ruhian dan Joe Taslim yang pernah berakting bersama aktor papan atas Amerika Serikat.

Sebelum Maxime, Christine Hakim juga pernah adu akting dengan Julia Roberts di film Eat Pray Love (2010) yang salah satu lokasi syutingnya di Bali.


Berawal dari Model

Maxime sendiri dikenal sebagai pemain film dan sinetron. Pemilik nama lengkap Maxime Andre Selam Bouttier ini lahir di Prancis pada 22 April 1993. Ia merupakan anak pertama dari dua bersaudara dari pasangan koki asal Prancis, Patrice Bouttier, dan wanita asal Bali, Siti Purwanti.

Ia memulai kariernya di dunia hiburan sebagai model dalam sebuah agensi model di Bali. Pada 2010, ia berperan dalam sinetron Arti Sahabat Musim Kedua.

Sinetron-sinetron yang pernah dibintanginya antara lain Bulan Di Atas Mentari, Segalanya Cinta, Kinrara, Terbang Bersamamu, Putri Duyung, Cakep Cakep Sakti, Vampire, Melodi, dan Bawang Merah Bawang Putih.

Maxime juga pernah bermain dalam beberapa judul FTV, seperti Petasan Cinta Meledak di Hatiku, Asinan Betawi Bikin Jatuh Cinta, 30 Hari Magang Jadi Pacar, dan Lamaran Cinta Terindah. Pria 29 tahun ini melebarkan sayapnya ke dunia perfilman. Ia pernah membintangi Kata Hati, Refrain, Matt & Mou, danKuntilanak 2.


Menyanyi dan Bermain Gitar

Maxime terakhir main sinetron dan film Indonesia pada 2019. Pada 2021, ia membintangi Vidio Original Series: Unknown. Jarang akting dalam film atau serial lokal, Maxime kini justru mendapat peran di film Hollywood.

Tak hanya di film, Maxime juga pernah mengeluarkan single kolaborasi bersama Agatha Chelsea pada 2017 berjudul Sunset yang menjadi lagu tema film Meet Me After Sunset. Selain menyanyi, ia juga hobi bermain gitar. Pria yang menguasai bahasa Inggris dan Prancis ini juga sangat suka makanan-makanan khas Indonesia seperti soto ayam dan satai ayam.

Kehidupan pribadi Maxime juga sempat mendapat banyak perhatian saat berpacaran dengan Prilly Latconsina, beberapa tahun lalu. Namun pada akhir 2019 lalu, hubungan Prilly dan Maxime telah berakhir. Kabar ini telah dibenarkan oleh Prilly.

Saat ini, hubungannya dengan Maxime tak lebih dari sekadar teman. Meski tali cintanya telah kandas, Prilly dan Maxime tetap menjaga hubungan baik. Keduanya tak ingin memutus tali silaturahmi. Hal itu terlihat saat Prilly ikut mengucapkan selamat pada Maxime saat dirilisnya trailer film Ticket to Paradise.

Infografis film dengan tema kehancuran bumi di masa depan (Triyasni/Liputan6.com)

Cameron Diaz Batal Pensiun

Cameron Diaz Batal Pensiun, Sempat Bingung Cara Mengumumkannya ke Dunia

Liputan6.com 2022-06-30 12:40:27
Cameron Diaz (Photo: Joel Ryan/Invision/AP)

Sejak beberapa tahun belakangan ini, Cameron Diaz tiarap dari dunia hiburan. Ia menyatakan mundur dari dunia akting demi mengurus keluarga kecilnya bersama Benji Madden.

Sampai akhirnya kini ia memilih kembali dalam sebuah proyek Netflix yang akan mempertemukannya kembali dengan Jamie Foxx, Back in Action.

Dilansir dari dari Variety, Kamis (30/6/2022), hal ini diumumkan sang aktor dalam unggahannya di Twitter. Ia membagikan cuplikan percakapannya dengan bintang Charlie's Angels tersebut.

"Aku merasa bersemangat. Tapi aku enggak tahu nih cara melakukannya, kalau kamu?" kata aktris 49 tahun ini. Ia mengaku sampai mondar-mandir ruangan saat melakukan panggilan telepon tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tips Batal Pensiun

Lucunya, Jamie Foxx langsung menghadirkan "bintang tamu". Yakni Tom Brady, aktor NFL kondang yang sempat menyatakan pensiun, tapi balik ke bidangnya semula 40 hari kemudian.

"Aku tadi ngobrol dengan Jamie dan dia bilang kamu butuh beberapa tips untuk batal pensiun. Aku lumayan sukses batal pensiun," kata atlet yang juga suami supermodel Gisele Bundchen tersebut.


Cuma Jamie Foxx yang Bisa

Selain rekaman audio tersebut, Jamie Foxx juga membagikan cuitan soal ini. "Cameron aku harap kamu enggak marah aku merekam ini, tapi kamu sudah enggak bisa membatalkannya," cuitnya.

Sementara Cameron Diaz membuat unggahan di Instagram Story yang berbunyi, "Jamie Foxx, cuma kamu yang bisa membuatku beraksi kembali!!! Aku enggak sabar menantinya, ini bakal hebat banget!!"


Terakhir Tahun 2014

Cameron Diaz dan Jamie Foxx sebelumnya dipertemukan dalam film drama - olahraga, Any Given Sunday pada 1999. Tahun 2014, mereka kembali terlibat bersama dalam remake Annie, dan ini adalah peran terakhir Cameron Diaz sebelum menyatakan pensiun.

<p>infografis journal 10 Film Indonesia dengan Penonton Terbanyak di Tahun 2022. (Liputan6.com/Tri Yasni).</p>

Natalie Portman Jadi Superhero

Natalie Portman Angkat Berat demi Transformasi Jadi Superhero di Thor: Love and Thunder, Chris Hemsworth Heboh

Liputan6.com 2022-06-30 18:00:00
Natalie Portman dalam premier Thor: Love and Thunder. (Jordan Strauss/Invision/AP)

Ada banyak elemen menarik dalam film Thor: Love and Thunder yang akan segera dirilis, salah satunya Natalie Portman yang bertransformasi jadi superhero. Ya, dalam film keempat sang Dewa Petir, karakter Jane Foster yang ia perankan kini menyandang sebutan The Mighty Thor dan memegang Mjolnir.

Dalam konferensi pers daring yang digelar baru-baru ini oleh Marvel Studios, aktris 41 tahun ini mengungkapkan bahwa ia sendiri sulit percaya bisa menjadi karakter superhero tersebut.

"Ini gila banget, tentu saja. Setelah melihat Chris mengenakan kostum ini selama bertahun-tahun, lalu ada versi diriku yang mengenakan gelang tangan, sepatu boots, dan segala sesuatunya, semua terasa surreal," kata dia.

Sang MC kemudian nyeletuk soal persiapan fisik yang dilakukan Natalie Portman sebelum syuting. Salah satunya soal angkat berat. Chris Hemsworth dan para bintang film ini yang lain, langsung heboh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Chris Hemsworth Heboh

"Dia yang paling hebat...Kami semua pergi ke gym. Dan dia sudah ada lebih dulu di sana setiap pagi. Kami mencoba bersaing dengannya," kata Chris dkk bersahut-sahutan, dengan penuh semangat.

Natalie Portman hanya tertawa, dan menyebut tingkah para lawan mainnya ini begitu manis. Dengan rendah hati, ia mengungkapkan rasa syukurnya bisa menghidupkan karakter seperti ini.

"Aku sangat berterima kasih, terutama atas imajinasi semua orang yang membuat artis (setinggi) lima kaki tiga inci dalam peran enam kaki masuk jajaran pemain," tuturnya.


Belajar dari Chris Hemsworth dan Tessa Thompson

Masih merendah, Natalie bahkan menyatakan ia banyak belajar dari rekan-rekannya.

"Ini adalah tantangan yang hebat...dan tahu kan, Tessa dan Chris tentu saja memiliki banyak pengalaman dalam hal ini. Jadi aku banyak belajar dari mereka," kata dia lagi.


Sinopsis Thor: Love and Thunder

Thor: Love and Thunder mengisahkan perjalanan Thor (Chris Hemsworth) dalam menemukan dirinya kembali setelah pertarungan akbar melawan Thanos. Namun upayanya ini diinterupsi kehadiran Gorr the God Butcher (Christian Bale) yang berupaya memusnahkan para dewa.

Untu melawannya, Thor meminta bantuan King Valkyrie (Tessa Thompson), Korg (Taika Waititi), dan sang mantan, Jane Foster (Natalie Portman). Yang membuat Thor kaget, kini mantan kekasihnya tersebut bisa menguasai Mjolnir dan menyandang nama The Mighty Thor.

Thor: Love and Thunder mulai tayang 8 Juli mendatang di Amerika Serikat. Sementara jaringan bioskop Tanah Air sudah mulai menayangkannya sejak dua hari sebelumnya.

Infografis film dengan tema kehancuran bumi di masa depan (Triyasni/Liputan6.com)

Salju Turun di Dieng

Penampakan Eksotis Embun Es di Dieng, Musim Salju Telah Tiba, Brrr....

Liputan6.com 2022-06-30 15:00:07
Penampakan embun es atau bun upad Dieng. (Foto: Liputan6.com/Istimewa)

Fenomena tahunan, embun es mulai muncul di Dataran Tinggi Dieng (Dieng), Jawa Tengah, seturut suhu yang turun hingga -1 derajat Celsius, Kamis pagi (30/6/2022).

Embun es dilaporkan tampak pada Kamis pagi sekitar pukul 04.30 WIB. Pada pukul 05.30 WIB, embun es masih terlihat sehingga banyak warga yang memfoto dan memvideokan.

Namun, pukul 06.30 WIB, embun es yang lazim disebut sebagai bun upas itu, mulai mencair. Foto dan video itu lantas diunggah di medsos sehingga viral. Embun es sekarang juga populer disebut salju Dieng.

"Kan tadi kan jam 05.30 WIB, itu kan masih. Matahari terbit jam 06.30 WIB, itu sudah mulai mencair," kata Fortuna Diah Setyowati, warga Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara.

Embun es yang muncul ini masih tipis dan terbatas di kompleks Candi Arjuna dan kawasan sekitarnya, seperti di Jogangan, Dieng Kulon, Banjarnegara.

Lantaran masih tipis, embun es ini tidak terlalu berbahaya untuk tanaman kentang dan lainnya. Namun, jika kembali terjadi pada hari-hari berikutnya, tanaman tetap akan mati.

"Memang itu berbahaya untuk kentang, yang baru tumbuh itu, bisa mati," ujar dia.


Berkah untuk Pengelola Wisata

Embun es yang muncul ini adalah kali kedua yang terjadi di Dieng pada 2022. Embun es pertama terjadi pada Januari 2022, setelah malamnya terjadi hujan lebat dengan suhu yang sangat dingin.

Menurut dia, kemunculan embun es sulit diprediksi. Tetapi, jika Juni hingga Agustus ini tidak banyak hujan, diperkirakan embun es akan sering muncul. Sebab, biasanya embun es memang muncul pada puncak kemarau.

"Kalau nanti tidak sering hujan ya bisa muncul sering, Mas," kata dia.

Kemunculan embun es ini rupanya menjadi berkah bagi pengelola wisata di Dieng. Begitu musim embun es, terjadi lonjakan wisata dan okupansi penginapan.

"Homestay okupansinya bisa 60-70 persen. Akhir pekan selalu penuh, Mas," Diah mengungkapkan.

Tim Rembulan


Saksikan Video Pilihan Ini:

Vaksinasi PMK Hewan Ternak Digencarkan

HEADLINE: Vaksinasi PMK Hewan Ternak Digencarkan Jelang Idul Adha, Pengendalian Wabah?

Liputan6.com 2022-07-01 00:01:57
Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kota Bogor bersiap menyuntikkan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) kepada sapi di salah satu peternakan warga di Mulya Sari, Kota Bogor,

Jelang Idul Adha, wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak bukan hanya jadi kekhawatiran peternak tapi juga masyarakat luas.

Penyebaran virus penyebab PMK ini memang cepat. Bahkan dalam jurnal disebutkan Aphtovirus famili Picornaviridae penyebab PMK ini merupakan airborne disease yang bisa menular hingga radius 10 km.

Penularan yang cepat menyebabkan 298.474 hewan ternak yang tersebar di 223 kabupaten/kota di 19 provinsi terjangkit penyakit mulut dan kuku. Masih ada 195.260 hewan ternak yang belum sembuh. Lalu ada 1.774 yang sudah mati gegara terinfeksi PMK.

Untungnya, sudah 98.837 hewan ternak yang sudah sembuh berdasarkan data dari Kementerian Pertanian, dikutip lewat laman Siaga PMK yang diakses 30 Juni 2022 pukul 17.35 WIB.

Salah satu upaya yang juga tengah diupayakan pemerintah saat ini untuk mencegah penyakit tersebut meluas adalah percepatan vaksinasi hewan ternak berkuku belah yang rentan terpapar PMK seperti sapi, kerbau, kambing, domba.

"Dengan ini diharapkan herd immunity bisa segera tercapai," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Airlangga mengatakan pemerintah bakal berusaha memenuhi 28 juta dosis vaksin sampai akhir 2022. Sebagian dari vaksin tersebut kini sudah sampai dan mulai disuntikkan ke hewan-hewan ternak.

"Sudah ada 3 juta dosis vaksin di Indonesia dengan anggaran yang sudah disiapkan, sehingga vaksin yang sudah ada harus segera disuntikkan," kata Airlangga dalam keterangan tertulis pada Rabu, 29 Juni 2022.

Vaksinasi PMK perdana sudah dilakukan pada 14 Juni 2022 di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Selanjutnya, Pemerintah akan mendorong vaksinasi dasar bagi hewan ternak yaitu 2 kali vaksinasi dengan jarak 1 bulan, serta booster vaksin setiap 6 bulan.

Beberapa wilayah lain seperti Probolinggo, Malang, Padang, dan banyak wilayah lain mulai melakukan vaksinasi pada sapi. Ternak yang sudah divaksinasi wajib dipasangi penanda di telinga hewan atau eartag (dengan pengembang sistem yakni PT PERURI).

Sejauh ini, data Kementan menunjukkan sudah 172.192 hewan ternak yang tersebar di 185 kabupaten/kota pada 19 provinsi yang divaksinasi (data diakses pada 30 Juni 2022 pukul 14.54 WIB).

Jawa Timur menjadi provinsi dengan kasus PMK yang tinggi, maka capaian vaksinasi PMK pun tinggi. Provinsi tersebut sudah menyuntikkan 85.082 dosis vaksin pada hewan ternak yang berisiko.

Kementan sendiri menargetkan 800 ribu dosis vaksin terdistribusi sebelum Idul Adha. Hingga 29 Juni 2022, sudah 651.700 dosis vaksin yang disalurkan.

"Kami mengimbau agar mempercepat vaksinasi dengan vaksin yang sudah didistribusikan ke daerah," kata Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Kementan RI Agung Suganda saat sesi diskusi Amankah Berkurban Saat Wabah Mengganas? pada Rabu, 29 Juni 2022.

Bukan cuma vaksinasi, dari sisi distribusi obat juga terus dilakukan. Seperti obat antipiretik, analgesik, vitamin, disinfektan, antibiotik sudah disebarkan ke daerah-daerah yang terjangkit wabah PMK. Distribusi obat dilakukan ke wilayah yang terkonfirmasi positif PMK.

Selain vaksinasi, Presiden Joko Widodo juga memerintahkan kepada jajarannya untuk bisa memberikan ganti rugi kepada peternak yang hewan ternaknya dimatikan paksa akibat terjangkit wabah PMK.

"Penggantian terutama terhadap hewan yang dimusnahkan atau pun dimatikan paksa, pemerintah akan menyiapkan ganti. Terutama, bagi peternak UMKM sebesar Rp10 juta rupiah per sapi," tutur Airlangga.

<p>Infografis Vaksinasi PMK Hewan Ternak Digencarkan Jelang Idul Adha. (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Pelaksanaan Vaksinasi Bakal Sasar 80 Persen Hewan Ternak Rentan

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian Nasrullah mengatakan, pihaknya menggunakan strategi vaksinasi cincin (ring vaccination), yang artinya menentukan area vaksinasi pada radius 1 km, 3 km dan 10 km di luar titik wabah.

"Strategi ini diambil dengan tujuan melindungi hewan rentan dengan nilai ekonomi tinggi dan masa hidup produksi lebih lama seperti ternak bibit dan perah. Serta untuk membatasi penyebaran dari hewan-hewan yang sering dilalulintaskan," terang Nasrullah.

Sebelum pelaksanaan vaksinasi PMK, Kementan terlebih dahulu melakukan bimbingan teknis kepada 18.407 petugas vaksinasi di 19 provinsi tertular PMK. Seperti disampaikan Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian Republik Indonesia Kuntoro Boga Andri.

Program vaksinasi ini juga melibatkan petugas pusat kesehatan hewan, dokter hewan, paramedik, inseminator, dokter hewan penyuluh, dan mahasiswa kedokteran hewan dari perguruan tinggi di wilayah pelaksanaan vaksinasi.

Setiap tim vaksinator beranggotakan 3 sampai 5 orang petugas yang terdiri dari dokter hewan sebagai ketua tim dan paramedik sebagai pelaksana vaksinasi dan pencatat data, tambah Kuntoro.

"Hewan ternak yang pernah terjangkit PMK dan sembuh untuk sementara tidak menjadi target vaksinasi darurat karena telah memiliki kekebalan alami," katanya.

"Untuk itu, pemerintah mengejar target vaksinasi untuk dilaksanakan secara cepat dan massal agar mencapai kekebalan kelompok pada minimal 80 persen populasi hewan rentan."

Sesudah hewan ternak divaksin, peternak diharapkan untuk terus menjaga dan memeliharan hewan ternak dengan baik. Seperti meningkatkan biosecurity kandang, mengurangi intensitas kunjungan dari kandang ke kandang.


Hewan Ternak yang Diprioritaskan Dapat Vaksin PMK

Saat ini baru ada 800.000 dosis vaksin PMK. Jumlah ini memang terbilang terbatas. Maka ada prioritas hewan ternak tertentu yang divaksin. Salah satunya, hewan ternak yang masa hidupnya lama.

"Vaksinasi memang pencegahan untuk hewan ternak. Ternak yang divaksin adalah ternak yang masih sehat. Untuk vaksin, kami juga sebenarnya yang prioritas dulu, karena jumlah vaksin terbatas," terang Agung.

"Sehingga diprioritaskan untuk hewan ternak dengan harga yang mahal dan tinggi. Misalnya, untuk ternak sapi perah yang masa hidupnya lama. Selanjutnya, bisa diprioritaskan untuk hewan ternak yang akan dikurbankan atau dipotong."

Vaksinasi PMK untuk hewan ternak masih di bawah 50 persen, lanjut Agung, dipengaruhi distribusi. Vaksin yang sudah terdistribusi sebanyak 651.700 dosis dengan 48,42 persen yang baru disuntikkan.

"Kenapa vaksinasi masih di bawah 50 persen? Ya, karena memang distribusinya. Kami, beberapa hari sebelumnya mendistribusikan vaksin dan segera sampai di provinsi. Dari provinsi langsung didistribusikan ke kabupaten/kota," katanya.


Pakar Sayangkan Vaksinasi PMK Tak Masif

Guru Besar Fakultas Pertanian IPB Dwi Andreas Santosa menilai program vaksinasi PMK untuk hewan ternak yang saat ini dilakukan pemerintah belum masif. Vaksin PMK yang sudah disuntikkan sebesar 172 ribu dosis masih jauh dari mencukupi jika dibanding dengan area penyebaran virus, dimana menurut data sudah bertambah menjadi 223 kabupaten/kota.

"Mengatasinya sudah sangat sulit. Dalam arti bagaimana mengatasi dengan hanya sekadar vaksinasi, enggak bisa. Untuk itu, kalau mau totally mengatasi, ya stamping out. Artinya hewan yang terkena penyakit ini dimusnahkan," ujar dia kepada Liputan6.com, Kamis (30/6/2022).

Kendati begitu, Andreas masih berharap program vaksinasi PMK bisa lebih digiatkan. Pasalnya, proses pemusnahan massal hewan ternak yang sudah terjangkit virus cenderung mustahil dilakukan.

"Kalau di negara-negara lain untuk mengatasi PMK kan mereka melakukan stamping out, jadi dimusnahkan hewan yang terkena. Di Indonesia tidak memungkinkan. Walaupun beberapa anggota DPR usul juga terkait dengan stamping out, tapi itu sulit, karena biayanya akan sangat tinggi," bebernya.

Merujuk pada data penyebaran PMK di lebih dari 200 kabupaten/kota, Andreas merasa stamping out memang tidak akan efektif lagi dilakukan.

"Lalu yang bisa dilakukan, vaksinasi sudah barang tentu. Tapi vaksinasi kita sementara kan masih terkendala dengan vaksinnya. Jadi ini yang perlu segera diatasi pemerintah agar ternak-ternak bisa divaksinasi," tuturnya.

"Sekarang ini yang paling efektif memang vaksinasi, enggak bisa yang lain," tegas Andreas.


Pengendalian PMK Mirip COVID-19

Airlangga mengatakan bahwa penanganan PMK bukan hanya masalah pencegahan tapi harus lebih luas. Hal ini mengingat hewan ternak adalah aset. Bila PMK tidak teratasi akan menjadi kerugian yang tak ternilai, khususnya bagi peternak kecil.

Maka dari itu Pemerintah membentuk Satgas Penanganan PMK atas perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Bapak Presiden sudah menyetujui struktur daripada Satgas Penanganan PMK yang nanti akan dipimpin oleh Kepala BNPB dan nanti diwakili wakilnya antara lain dari Dirjen Peternakan, Dirtjen Bangda Kemendagri, Deputi Kemenko, dan Asops Kapolri, dan Panglima TNI," kata Airlangga Hartarto saat jumpa pers di Istana Bogor, Kamis (23/6/2022).

"Struktur ini mirror dengan penanganan COVID-19."

Airlangga melanjutkan, keputusan Satgas Penanganan PMK dicapai usai rapat internal yang dipimpin Jokowi dan dirinya. Selain itu, hadir mendampingi Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Menurut Airlangga, rapat juga memutuskan penanganan PMK dilakukan dengan berbasis level mikro seperti cara mengendalikan COVID-19.

"Jadi, seperti penanganan COVID-19 di Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ini akan diberikan larangan daripada hewan hidup dalam hal ini sapi untuk bergerak," jelasnya.


PMK Tidak Menular ke Manusia tapi ...

Sejak merebaknya kabar tersebut, tak sedikit masyarakat yang merasa khawatir akan tertular oleh virus yang menyebabkan PMK. Terutama bagi mereka yang memiliki kontak erat dengan hewan ternak.

Terkait hal ini, Koordinator Substansi Zoonosis Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner Kementerian Pertanian Tjahjani Widiastuti menyampaikan PMK tidak berbahaya bagi manusia.

"Perlu kami tekankan di sini bahwa PMK ini tidak membahayakan kesehatan manusia, jadi daging dan susu tetap aman dikonsumsi," kata Tjahjani dalam seminar daring Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner dikutip Kamis (30/6/2022).

Ia menambahkan, produk hewan yang diolah dengan penanganan yang benar mampu membunuh virus dan aman untuk diedarkan.

"Penanganan yang benar dapat mendukung upaya pencegahan penyebaran PMK pada hewan dan lingkungan sekitar. Jadi, untuk kesehatan manusia, ini tidak ada pengaruhnya asal daging dan susunya ditangani dengan penanganan yang benar," kata Jani.

Selaras dengan Jani, dokter hewan sekaligus dosen Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) Institut Pertanian Bogor (IPB), Denny Widaya Lukman mengatakan PMK tidak dapat menular ke manusia. Seseorang yang bertugas untuk menyembelih hewan yang ternyata mengidap PMK namun tidak menunjukkan gejala juga bakal tidak tertular.

"Penyakit ini tidak menular ke orang. Sekali lagi, penyakit ini tidak menular ke orang. Pertanyaannya, 'Pak kalau saya menyembelih kebetulan hewannya sakit apakah saya juga akan tertular?' Tidak. Sekali lagi, tidak menular ke orang," ujar Denny dalam webinar Sosialisasi Kurban Dalam Kondisi Wabah Penyakit Mulut dan Kuku ditulis Kamis, (30/6/2022).

Dalam kasus PMK, manusia berperan untuk membawa virus PMK dari hewan yang sakit ke hewan yang sehat.

"Jadi peran manusia atau perilaku manusia ini sangat penting. Oleh sebab itu kenapa pemerintah menghimbau ataupun melarang lalu lintas hewan dari daerah yang tertular ke daerah yang bebas, karena ini akan membawa virus ke daerah yang bebas," kata Denny.


Saran Bila Hendak Potong Hewan Kurban

Pertama, Denny menghimbau pemotongan hewan kurban untuk dilakukan di Rumah Potong Hewan (RPH). Hal tersebut lantaran hewan kurban akan lebih terawasi kondisinya oleh pemerintah, dokter hewan, dan mantri hewan.

"Namun kami atau kita semua juga paham bahwa tidak semua tempat itu ada RPH, pun kalau RPH dia tidak dapat memenuhi jumlah pemotongan yang luar biasa di Idul Adha. Tapi intinya kenapa di RPH? Karena di RPH itu diawasi," kata Denny.

Selanjutnya Denny menjelaskan bahwa pemerintah dalam peraturan undang-undang juga mengizinkan pemotongan hewan kurban di luar RPH. Namun perlu adanya izin ke pemda setempat dan dinas yang menyelenggarakan fungsi Peternakan dan Kesehatan Hewan.

"Karena pemerintah berharap penyakit ini tidak menyebar lebih luas. Jadi jangan sampai tindakan kita dalam proses pemotongan hewan kurban mencemari lingkungan dan hewan di sekitar kita," ujar Denny.


Konsumsi Daging di Tengah Wabah PMK Tetap Aman Asal Matang

Denny Widaya Lukman mengungkapkan bahwa PMK bukanlah masalah kesehatan masyarakat dan bukan masalah keamanan pangan. Artinya, masyarakat konsumen daging tidak perlu panik bila mengonsumsi makanan yang matang karena virus PMK sebenarnya sangat mudah untuk dimatikan.

"Tidak perlu khawatir. Apalagi selama konsumen itu memakan makanan yang matang," ujar Denny.

Konsumen daging di Indonesia pun terbiasa untuk makan daging sapi yang matang. Biasanya daging sapi juga seringkali dimasak hingga lebih dari 30 menit.

"Kalau misalnya disate, apakah aman? Sate juga aman, karena selain dagingnya relatif kecil, kemudian pemanasan di dalam dagingnya itu melebihi suhu 75 derajat Celsius. Jadi tidak ada masalah, aman," kata Denny.

Dalam suhu di atas 75 derajat, virus PMK dapat dikatakan telah berada dalam mode inactive.

"Virus PMK itu mudah sekali dimatikan atau inaktivasi dengan pemanasan 70 derajat Celsius selama 30 menit, itu virus sudah inactive. Kalau makanan itu memiliki pH dibawah enam atau diatas sembilan, maka virus itu juga inactive," ujar Denny.

"Oleh sebab itu produk hewan yang sudah diolah dengan pemanasan seperti misalnya susu pasteurisasi, susu steril, daging kornet, sosis, kemudian burger itu pasti aman. Daging mentah pun kalau dimakan orang aman, tapi tidak aman untuk kuman-kuman yang lain. Kalau kaitannya dengan PMK sudah dibuktikan aman," tambahnya.

Menurut Denny, orang Indonesia juga patut bersyukur karena sudah terbiasa untuk mengonsumsi daging secara matang.


Fatwa MUI: Hewan Terjangkit PMK Sah Jadi Kurban dengan Beberapa Syarat

Ketua MUI Bidang Fatwa, KH Asrorun Niam Sholeh, menyampaikan, Komisi Fatwa MUI sudah melakukan kajian dengan para ahli penyakit hewan dan diskusi dengan para ulama tentang beredarnya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK), yang menyerang hewan ternak.

Hasilnya, MUI menetapkan fatwa bernomor 32 Tahun 2022 tentang hukum dan panduan pelaksanaan ibadah kurban dalam kondisi wabah PMK. Fatwa tersebut terdiri atas empat poin.

"Hewan kurban yang terjangkit PMK, pertama hukum berkurban yang terkena PMK dirinci ada 4. Yakni A, hewan yang terkena PMK dengan gejala klinis kategori ringan, seperti lepuh ringan pada celah kuku, kondisi lesu, tidak nafsu makan dan keluar air liur lebih dari biasanya, hukumnya sah dijadikan hewan qurban. Karena gejala klinisnya ringan dan tidak mempengaruhi kualitas daging," kata Asrorun saat jumpa pers daring, Selasa (31/5/2022).

Point berikutnya atau B, lanjut Asrorun, hewan yang terkena PMK dengan gejala klinis kategori berat seperti lepuh pada kuku hingga terlepas kukunya dan menyebabkan pincang sehingga tidak bisa berjalan dan menyebabkan kondisi fisik sangat kurus, maka hukumnya tidak sah menjadi hewan kurban karena termasuk kategori cacat.

"C, hewan terjangkit PMK dengan gejala klinis berat tetapi sembuh dalam rentang waktu yang dibolehkan qurban artinya dia sakit sebelum Idul Adha dan dia sembuh pada rentang masa 10 Dzulhijah sampai 13 Dzulhijah maka hewan itu sah dan boleh dijadikan hewan qurban," jelas Asrorun.

Terakhir, hewan yang terjangkit PMK dengan gejala klinis berat kemudian sembuh dari penyakit setelah lewat rentang waktu atau setelah 13 Dzulhijjah, maka hewan tersebut masuk dalam kategori shodaqoh dan bukan sebagai hewan kurban.

"Fatwa ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan, dengan ketentuan jika di kemudian hari ternyata terdapat kekeliruan, akan diperbaiki dan disempurnakan sebagaimana mestinya," tutur Asrorun.

Lelah Mental karena Di-bully

Lelah Mental karena Di-bully, Fuji Nangis 2 Jam Saat Konsultasi dengan Psikolog

Liputan6.com 2022-06-30 17:00:30
SOSOK Fuji kini tak pernah lepas dari sorotan publik, termasuk soal gaya penampilan. Terbaru, penampilan Fuji saat menghadiri pesta ulang Lucinta Luna yang mengusung tema Hollywood Black G

Sejak namanya semakin dikenal publik, Fuji tak hanya memiliki banyak penggemar, tapi juga haters alias pembenci. Adik almarhum Bibi Andriansyah ini kerap di-bully.

Untuk itu, sejak beberapa bulan lalu, Fuji telah membatasi akun media sosialnya agar tak sembarangan orang bisa mengirim pesan langsung padanya.

"Aku sudah filter komen Instagram, kayak kata-kata kasar gitu sudah aku filter," kata Fuji dikutip dari YouTube MD Entertainment, Kamis (30/6/2022).

"Jauh-jauh ya toxic people, DM juga cuma yang aku follow yang bisa DM aku," ia menyambung pernyataan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Capek

Diakui Fuji, mentalnya sempat terguncang akibat serangan komentar negatif para warganet. Dia lelah menghadapi opini buruk yang diarahkan padanya.

"Di awal sempat parah banget, aku sudah matiin DM dari Januari, capek banget bacanya, mental aku capek," tuturnya.


Menangis

Agar tenang kembali, Fuji biasanya akan menyendiri di dalam kamar. Momen itu dia gunakan untuk menangis sampai perasaannya tenang.

"Biasanya nangis semalaman, sendirian, besoknya sudah haha hihi lagi. Jadi pelampiasannya nangis, matiin lampu, kamar dikunci, nangis yang lama," jelasnya.


Ke Psikolog

Bahkan, ada kalanya dia meminta bantuan psikolog untuk menenangkan kondisi psikisnya.

"Waktu itu pernah ke psikolog, nangis di psikolog 2 jam. Ujung-ujungnya nangis juga," Fuji mengakhiri.

<p>Infografis Cara Daftar & Beli Pertalite & Solar Subsidi Pakai MyPertamina Mulai 1 Juli 2022 (Liputan6.com/Abdillah)</p>