Tjahjo Kumolo dalam Kenangan

Tjahjo Kumolo dalam Kenangan: Sosok yang Tenang, Sabar dan Murah Senyum

Liputan6.com 2022-07-01 17:00:04
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menghadiri pelantikan Presiden dan Wapres 2019 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Jokowi-Ma'ruf Amin resmi dilantik sebagai Pr

Kabar duka datang di hari pertama Juli 2022. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia sekitar pukul 11.10 WIB.

"Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah meninggal dunia Menteri PANRB Tjahjo Kumolo," tulis akun Twitter Kementerian PANRB.

Sebelum meninggal, Tjahjo menjalani perawatan intensif di RS Abdi Waluyo Jakarta Pusat. Sekitar dua minggu Tjahjo dirawat di rumah sakit tersebut karena infeksi hingga ke paru seperti disampaikan putri sulungnya, Rahajeng Widyaswari.

"Dua minggu lebih," kata Rahajeng di RS Abdi Waluyo, pada Jumat, 1 Juli 2022 siang.

Duka mendalam dirasakan banyak orang di sekitarnya, termasuk Ketua DPR Puan Maharani yang juga bergabung dalam partai politik yang sama, PDI Perjuangan.

Dia pun menyebut Tjahjo merupakan sosok yang sudah dikenal sejak kecil. Bagi Puan, Tjahjo yang ia panggil Om merupakan sosok politikus yang memberi teladan dan pelajaran bagi para junior.

"Sungguh ketenangan dan kematangan berpolitik Om Tjahjo sangat terlihat ketika kami, yang saat itu berada di luar pemerintahan, harus mengambil keputusan-keputusan penting," kata Puan dalam keterangan tertulisnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani pun turut berduka. Sri Mulyani merasa kehilangan sosok teman yang sungguh tulus mengabdi untuk negeri dan mencintai negeri secara penuh.

"Terima kasih Pak Tjahjo atas pertemanan yang sangat baik dan atas pengabdian yang tak ternilai," tutur Sri Mulyani

"Semoga Allah SWT memberikan tempat terbaik di akhirat sebagai balasannya. Semoga seluruh keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan kekuatan dalam menghadapi cobaan ini.Al Fatihah untuk almarhum,"tulis Sri Mulyani di akun Instagramnya.

Tjahjo yang Murah Senyum

Rekan Tjahjo di PDI Perjuangan, Eriko Sotarduga mengenang Tjahjo sebagai sosok yang sederhana, selalu tersenyum dengan senyum khasnya. Tjahjo juga mengajarkan kesabaran, perjuangan, dan percaya bahwa segala hal akan indah pada waktunya.

"Saya selalu belajar kepada beliau mengenai kehidupan bahwa dengan senyuman yang khas itu mengajarkan kita untuk selalu sabar, berjuang, dan percayalah semua akan indah pada waktunya. Itu yang saya banyak belajar dari beliau," kata Eriko kepada wartawan saat mengunjungi Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta, Jumat, 1 Juli 2022 mengutip Antara.


Jokowi: Tjahjo Berpulang di Puncak Pengabdiannya kepada Negara

Presiden JokoWidodo (Jokowi) menyampaikan duka cita mendalam atas kepergian salah satu menterinya ini.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, atas nama pemerintah, negara, dan rakyat Indonesia, saya menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya. Semoga segala amal ibadah almarhum diterima oleh Allah SWT, dan segenap keluarga yang ditinggalkan kiranya kuat dan tabah," tulis Jokowi, seperti dikutip dari akun Instagramnya.

Di mata Jokowi, almarhum adalah seorang sosok panutan. Tjahjo memiliki karakter sebagai pemuda dan politisi yang mengabdi untuk negara dan menutup akhir hayatnya saat menjabat amanah negara sebagai Menteri.

"Almarhum seorang tokoh pemuda, politisi, dan berpulang di puncak pengabdiannya kepada negara sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi," tutur Jokowi yang saat ini masih berdinas di luar negeri.


Tjahjo Dirawat karena Infeksi hingga ke Paru

Sebelum meninggal dunia, Tjahjo memang sudah sakit. Pria kelahiran Surakarta 1 Desember 1957 ini mesti menjalani perawatan di rumah sakit karena mengalami infeksi hingga ke paru.

Hal ini diungkapkan oleh putri Tjahjo Kumolo, Rahajeng Widyaswari pada Minggu, 26 Juni 2022.

"Ada infeksi yang menyebar sampai ke paru-parunya," ujar Rahajeng.


Keluarga: Mohon Maaf Kalau Bapak Ada Salah

Rahajeng juga menyampaikan permintaan maaf bila selama hidup ayahnya melakukan kesalahan.

"Saya anak pertama, mohon maaf apabila bapak ada salah selama ini," ujar Rahajeng di RS Abdi Waluyo.

Tjahjo akan disemayamkan di rumah dinas di Widya Chandra IV No. 22. Selanjutnya, Tjahjo akan disalatkan di kantor Kementerian PAN-RB.

Kemudian, Tjahjo akan semayamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Infografis: Pro Kontra Legalisasi Ganja Untuk Obat Medis (Liputan6.com / Abdillah)

Rusia Butuh Jokowi

Rusia Dinilai Butuh Jokowi Sebagai Alasan untuk Hentikan Perang dengan Ukraina

Liputan6.com 2022-07-01 18:05:59
Kunjungan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) ke Rusia bertemu Vladimir Putin. (Kremlin)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah merampungkan kunjungan ke negara yang saat ini bertikai, Ukraina dan Rusia. Jokowi membawa misi perdamaian saat bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kiev dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow.

Menurut Guru Besar Hukum Internasional UI Hikmahanto Juwana, Zelensky dan Putin tampak antusias atas kehadiran Jokowi. Hal itu karena dua negara tersebut sudah lelah dalam perang.

Dan bagi Rusia, lanjutnya, mereka butuh Presiden Jokowi agar mereka memiliki alasan untuk menghentikan serangan. "Rusia tidak ingin mengulangi kebodohan AS yang keluar secara tiba-tiba dari Afghanistan."

Hikmahanto mengatakan, diplomasi Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia diharapkan dapat menghasilkan gencatan senjata, utamanya pengakhiran serangan oleh Rusia. "Perjalanan Presiden sangat positif dan mudah-mudahan menghasilkan genjatan senjata, utamanya pengakhiran serangan oleh Rusia," ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Ia menilai, kunjungan Jokowi sangat berpotensi menghadirkan gencatan senjata dengan gambaran besar akan terjadi krisis pangan di negara-negara berkembang, karena perang berdampak pada rantai pasokan gandum dan pupuk.

"Ini yang Bapak Presiden sampaikan dalam pertemuan G7, pertemuan dengan Presiden Zelensky dan Presiden Putin," kata Hikmahanto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Esensi Kunjungan Jokowi di Ukraina dan Rusia

Pertemuan Jokowi dengan Zelensky dan Putin, sambung dia, terlepas dari alasan pihak-pihak yang terlibat dalam perang termasuk AS dan sekutunya, esensinya ingin menyampaikan bahwa perang akan membawa penderitaan pada rakyat banyak di negara berkembang dan karenanya perang harus dihentikan.

Tentu gencatan senjata tidak akan dirasakan langsung tetapi perlahan-lahan intensitas serangan akan berkurang. "Nanti kita akan lihat Ukraina bisa lakukan ekspor gandum dan Rusia juga bisa ekspor pupuk ke negara-negara berkembang," imbuh Hikmahanto Juwana.

Sebelumnya Presiden RI Joko Widodo menyatakan siap menjadi jembatan komunikasi antara Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Presiden Rusia Vladimir Putin agar kedua pihak mencapai perdamaian. Presiden Jokowi mengatakan meskipun situasi saat ini masih sangat sulit, upaya penyelesaian damai penting untuk terus dikedepankan dan ruang-ruang dialog diupayakan dapat terus dibuka.

Dalam pertemuan kedua pemimpin itu, Jokowi juga menekankan isu perdamaian dan kemanusiaan selalu menjadi prioritas politik luar negeri Indonesia. UUD 1945 mengamanatkan bahwa Indonesia selalu berusaha berkontribusi bagi terciptanya perdamaian dunia.

"Dalam konteks inilah, saya melakukan kunjungan ke Kiev dan Moskow," kata Jokowi.


Jokowi Sampaikan Pesan Zelensky ke Putin

Presiden Indonesia Joko Widodo mengatakan di Moskow bahwa ia telah menyampaikan pesan dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky kepada pemimpin Rusia Vladimir Putin. Putin menjamu Widodo setelah lebih dari empat bulan dalam serangan Moskow di Ukraina, ketika Rusia berusaha untuk berporos ke Asia dan Afrika menyusul timbulnya sanksi Barat yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Indonesia memegang jabatan presiden bergilir G20 tahun ini dan sedang bersiap untuk menjadi tuan rumah pertemuan puncak di Bali pada bulan November, demikian dikutip dari laman South China Morning Post, Jumat (1/7/2022).

"Saya menyampaikan pesan Presiden Zelensky kepada Presiden Putin," kata Jokowi setelah berbicara dengan kepala Kremlin dalam komentar yang diterjemahkan ke dalam bahasa Rusia.

Jokowi mengatakan kesiapannya untuk membantu memulai komunikasi antara kedua pemimpin. Dia tidak memberikan perincian lebih lanjut, dan tidak ada pihak yang mengatakan apa yang ada dalam catatan itu.


Komitmen Jokowi Soal Kenaikan Harga Pangan

Jokowi mengatakan, dia berkomitmen untuk mengatasi kenaikan harga dan kekurangan pangan dan energi sejak invasi Rusia.

"Semua upaya harus dilakukan untuk memastikan Ukraina dapat melanjutkan ekspor makanan," katanya di Kiev, menggarisbawahi perlunya jaminan keamanan untuk pengiriman makanan Ukraina, terutama melalui laut.

Jakarta berada di bawah tekanan Barat untuk mengecualikan Putin dari pertemuan G20 setelah mengumumkan pada bulan April bahwa dia telah diundang.

Zelensky dari Ukraina mengatakan kepada Widodo pada hari Rabu bahwa ia akan menghadiri KTT G20 mendatang di Bali tergantung pada siapa lagi yang hadir.

Putin pada hari Kamis memuji pembicaraannya dengan Widodo sebagai "produktif".

"Saya yakin bahwa kesepakatan yang dicapai hari ini akan semakin memperkuat kemitraan Rusia-Indonesia," tambah Putin.

<p>Infografis Rencana Kunjungan Jokowi ke Ukraina-Rusia di Tengah Konflik (Liputan6.com/Triyasni)</p>

Haji Faisal Tolak Ajakan Damai

Haji Faisal Buyarkan Harapan Tiara Marleen untuk Berdamai: Kita Lanjut ke Pengadilan

Liputan6.com 2022-07-01 13:00:00
Haji Faisal, mertua Vanessa Angel dan ayah Bibi Andriansyah (https://www.instagram.com/p/Cc64ndJpPwp/)

Haji Faisal dan Tiara Marleen sepakat bertemu di Satreskrim Polres Metro Depok pada Jumat, 1 Juli 2022. Keduanya dipertemukan penyidik untuk melakukan mediasi.

Tiara Marleen saat ini berstatus tersangka atas dugaan kasus pencemaran nama baik. Tiara Marleen, melalui laporan Haji Faisal, dijerat Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik. Pelantun lagu "Atur Aja Bos" mengupayakan jalan damai.

Usai bertemu dengan ayah mendiang Bibi Andriansyah dan mertua Vanessa Angel ini, Tiara Marleen tersangka tampak menangis dan berlinang air mata. Rupanya, Haji Faisal tetap pada keputusannya untuk memperkarakan Tiara Marleen ke jalur hukum.

"Pak Haji tetap pada prinsipnya. Setelah musyawarah bersama keluarga, kita sepakat untuk melanjutkan perkara ini ke pengadilan," tegas Sandy Arifin, kuasa hukum Haji Faisal, usai menemani kliennya menjalani pertemuan dengan Tiara Marleen.


Sudah Terlalu

Sandy Arifin membeberkan penolakan Haji Faisal berdamai dengan Tiara Marleen melalui tayangan wawancara di saluran YouTube KH Infotainment yang tayang 1 Juli 2022.

Pengakuan Sandy Arifin dibenarkan langsung oleh Haji Faisal. Menurut dia, ada hal-hal yang tidak bisa dimaafkan dari perbuatan Tiara Marleen.

"Kita merasakan apa yang disampaikan (Tiara Marleen) selama ini sudah terlalu menurut saya," Haji Faisal menimpali.


Tak Hiraukan Upaya Damai

Karena itu, Haji Faisal bersikukuh untuk memperkarakan Tiara Marleen ke jalur hukum dengan menolak berbagai upaya perdamaian melalui jalur musyawarah.

"Makanya kita tidak menghiraukan apa yang dia tawarkan, yang ditawarkan itu saya tidak menghiraukannya," kata Haji Faisal.

"Dia sempat minta maaf ke kita, dan saya sendiri belum jawab," Haji Faisal menerangkan tawaran Tiara Marleen yakni mengajak berdamai.


Ucapan Tiara Marleen

Seperti diberitakan sebelumnya, Haji Faisal naik pitam kala penyanyi Tiara Marleen menuding almarhumah Vanessa Angel hamil di luar nikah. Tudingan ini bermuara ke meja hijau lewat dugaan pencemaran nama baik.

Tiara Marleen kemudian ditetapkan sebagai tersangka atas laporan Haji Faisal itu. Saat ini, Tiara Marleen masih dikenai sanksi wajib lapor dan mengupayakan berdamai dengan Haji Faisal.

Infografis: Deretan kasus kekerasan seksual di dunia pendidikan Tahun 2011 (Liputan6.com/Abdillah)

Ronaldo Hengkang dari MU?

Cristiano Ronaldo Dirumorkan Hengkang dari MU, Apa Kata Bruno Fernandes?

Liputan6.com 2022-07-01 10:00:21
Usai turun minum, MU meningkatkan agresifitas permainan. Hasilnya, Cristiano Ronaldo sukses memecah keriuhan publik Old Trafford di menit ke-51. CR7 berhasil memanfaatkan umpan Scott McTomina

Cristiano Ronaldo semakin gencar dikaitkan dengan kemungkinan hengkang dari Manchester United atau MU. Man Utd sendiri membantah kemungkinan itu karena masih membutuhkan sang superstar.

Sederet klub dikaitkan dengan Ronaldo. Mereka adalah Roma, Chelsea, Juventus dan Sporting Lisbon meski baru sekadar rumor.

Sebagai rekan di klub dan timnas Portugal, Bruno Fernandes tentu berharap Ronaldo bertahan di Manchester United. Penyebab CR7 ingin hengkang karena masih belum jelasnya transfer MU hingga sekarang.

Di sisi lain, Ronaldo juga kerap dikritik dan diragukan kemampuannya beradaptasi dengan gaya main Erik Ten Hag di Man Utd nanti. Fernandes meyakini Ronaldo tak akan pergi karena tak pernah memberi sinyal itu.

Fernandes meyakini, Ronaldo akan muncul dalam pramusim MU. Itu dimulai pekan depan sebelum melakoni beberapa tur ke Asia dan beberapa negara lainnya.


Liburan

Fernandes mengatakan saat ini dia dan Ronaldo fokus liburan. Dia tak yakin Ronaldo bakal pergi meninggalkan MU.

"Yang saya inginkan Ronaldo akan ada di tempat latihan dengan saya pada Senin. Dia salah satu pemain yang akan gabung lebih terlambat karena main dengan timnas. Saya tak berharap lebih dari itu," katanya.

"Sejauh yang saya tahu, tak ada hal lebih dari itu. Semua orang tahu masa depan mereka. Saya tak yakin MU mau kehilangan bintang seperti Ronaldo."


Main di Sporting?

Fernandes juga ditanyai soal kemungkinan Ronaldo pulang ke Sporting Lisbon. Apa katanya soal ini?

"Saya tak tahu tapi ini tentu luar biasa buat fans Sporting. Semua di sana pasti ingin itu terjadi, tapi itu tergantung apa yang diinginkan Ronaldo," ujarnya.

Infografis transfer MU. (Liputan6.com/Abdillah)

Emosi Jiwa Dituding Cewek Matre

Dewi Perssik Emosi Jiwa Dituding Cewek Matre: Aku Enggak Usah Cari Kerja, Duit yang Mencari Aku

Liputan6.com 2022-07-01 13:30:00
Dewi Perssik. (Foto: Dok. Instagram @dewiperssik9)

Menggelinding bak bola salju, isu Dewi Perssik ditalak cerai Angga Wijaya memanas. Beragam spekulasi dan rumor mewarnai drama perceraian si Goyang Gergaji beberapa hari terakhir.

Ada yang menyebut Angga Wijaya diusir dari rumah mewah sang artis. Isu lain menyebut bintang film Kutunggu Jandamu terlalu matre alias mata duitan. Dua kabar ini dibantah Dewi Perssik.

Ia berupaya menahan hati ketika dikonfirmasi awak media soal rumor cewek matre. Pelantun "Hikayat Cintaku" menyebut kabar Dewi Perssik cerai tak ada sangkut pautnya dengan krisis finansial.

"Kalau karena ekonomi enggak akan mungkin dong, bojo-bojoku (suami-suamiku sebelumnya) semuanya memang orang kaya semua? Ha ha ha!" kata Dewi Perssik lalu ngakak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Dewi Perssik Matre?

Melansir dari video wawancara di kanal YouTube Intens Investigasi, Kamis (30/6/2022), Dewi Perssik mengklaim saat ini tak mengalami masalah finansial. Pekerjaan mengalir lancar.

"Enggak Mbak, Dewi Perssik enggak ada cerita Dewi Perssik matre. Gimana sih Mas, aku sudah kerja lo buat kamu sayang?" pedangdut bernama asli Dewi Murya Agung itu meluruskan.


Tak Usah Cari Kerja

"Aku enggak usah cari kerja alhamdulillah Mbak, duit yang cari aku. Alhamdulillah, terima kasih ya Allah. Jadi justru harusnya bersyukur bersamaku," ungkap Dewi Perssik.

Dalam kesempatan itu, bintang sinetron Mimpi Manis menyerahkan sepenuhnya nasib rumah tangga kepada Angga Wijaya maupun majelis hakim Pengadilan Agama Jakarta Selatan.


Dicerai? Enggak Apa-apa

"Kalau aku dicerai ya enggak apa-apa. Kalau mau kembali ya enggak apa-apa," ujarnya. Diberitakan sebelumnya, Dewi Perssik mengirim doa untuk Angga Wijaya.

"Aku juga berdoa untuk Aa, semoga... Aa sukses, bahagia, kita pernah bersama. Saya pengin seperti saudara saja, jangan ada permusuhan, saling support satu dengan yang lain," urai Dewi Perssik.

Perceraian di Indonesia 2016 (liputan6.com/trie yas)

Taeyong NCT Ultah ke-27

Taeyong NCT Ulang Tahun ke-27, Pamer Kue Unik

Liputan6.com 2022-07-01 16:03:28
Taeyong NCT. (dok. Instagram @taeoxo_nct/https://www.instagram.com/p/CfWpsLjJaF0/)

Taeyong NCT tengah berulang tahun ke-27, dan para penggemar tidak melewatkan momen ini untuk sekali lagi merayakan eksistensinya. Pemilik nama lengkap Lee Tae Yong ini telah dihujani ucapan selamat ulang di jagat maya.

Ia pun berbagi selebrasi hari kelahirannya melalui sebuah unggahan di akun Instagram pribadi hari ini, Jumat (1/7/2022). Berbusana serba hitam, ditambah bucket hatberwarna serasi, leaderNCT ini menyiapkan "kue ulang tahun unik."

Alih-alih membeli "kue" konvensional, Taeyong justru mengeluarkan satu porsi burger dari sebuah restoran yang telah menarik banyak perhatian food blogger di Seoul, Korea Selatan. Sebagai pengganti lilin, ia menancapkan satu potong kentang di bunbagian atas burger tersebut.

Tidak ketinggalan, ia juga menambahkan olesan saus di atas kentang, yang seolah tampak seperti api. Setelah dinyanyikan lagu Selamat Ulang Tahundalam bahasa korea, yang sepertinya oleh personel lain NCT, Taeyong tampak memakan kentang tersebut. "Terima kasih," ucapnya singkat dalam bahasa Korea.

Unggahan ini, seperti yang lainnya, langsung dibanjiri komentar penggemar. Sebagian besar tentu mengucapkan selamat dan memberi doa-doa baik untuk Taeyong. "HBDDD AYANGIEEEE LEADER THE BEST," tulis salah satunya, sementara yang lain berkomentar, "Happy birthday bubu."

Beberapa bulan lalu, Taeyong sudah lebih dulu memberi kejutan manis pada penggemar dengan membuat kanal YouTube sekaligus merilis video musik terbaru bertajuk Lonely. Tidak hanya bernyanyi, ia juga turut menulis lirik lagu tersebut dan melibatkan Suran sebagai rekan kolaborasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Visual Taeyong dalam Bentuk Berbeda

Sebelumnya, visual Taeyong NCT dalam bentuk sarung bantal juga sempat menghebohkah jagat maya. Ini bermula dari unggahan akun TikTok @milowdrama, beberapa waktu lalu.

Dalam tangkapan layar aplikasi belanja onlineyang diunggahnya, gambar Taeyong memenuhi sebagian sarung bantal. Dalam gambar itu, Taeyong sedang memejamkan matanya seolah-olah sedang tidur menyamping.

Saat sarung bantal itu datang, ia langsung memasangnya dan mencoba tidur di atas bantal berbalut sarung bergambar Taeyong. Tanpa disangka, gambar di sarung bantal itu nyaris mirip dengan aslinya. Wanita berhijab ini lalu selfie bersama bantal yang dimaksud.

Ia seolah-olah sedang berbaring di samping Taeyong yang tidur menyamping di sebelahnya, padahal hanya berupa gambar. "Lucu banget hahahaha kesellll," tulisnya dalam keterangan video.

Saat memeragakan untuk tidur di bantalnya, wanita ini tampak tidak bisa menahan tawanya karena seolah-olah ada Taeyong sedang tidur di sebelahnya. Melihat video itu, warganet lantas menuliskan beragam komentar.


Penari Multi Talenta

Salah satunya menulis, "Takut halunya enggak berhenti-berhenti, jadi enggak tidur." Sementara yang lain berkomentar, "Serasa bobo bareng ya bund meskipun hanya kepalanya aja tanpa badan." "Bangun-bangun lihat masa depan," timpal warganet lainnya.

Taeyong sendiri adalah penyanyi, rapper, dan penari multi talenta. Ia juga seorang koreografer, komposer, dan penulis lagu.

Tahun lalu, pria kelahiran 1 Juli 1995 ini juga jadi salah satu juri di acara survivalgarapan Mnet, Street Women Fighter. Acara yang terdiri dari beberapa dance crew perempuan ini dipandu Kang Daniel dan ditayangkan mulai 26 Agustus 2021.

Taeyong juga sempat viral setelah ia dan unit rap khusus artis SM Entertainment menampilkan ZOOdi SMTOWN LIVE 2022: SMCU EXPRESS@KWANGYA, konser onlinegratis pada 1 Januari 2022. Di momen ini, Taeyong kembali membuktikan kemahirannya sebagai koreografer, lapor Koreaboo.

"Saya yakin kalian mungkin sudah tahu ini. ZOOadalah lagu yang direkam untuk album SMTOWN, tapi saya pikir itu sedikit sia-sia,(karena) sepertinya tidak ada kesempatan untuk menampilkannya di atas panggung, tapi memasukkannya ke dalam album saja sepertinya begitu boros," tuturnya.

Ia menambahkan, "Meski saat itu sangat sibuk, dan saya tidak berpengalaman, saya berkata saya akan mencoba membuat pertunjukan panggung untuk itu, dan itulah bagaimana saya membuat gerakan (tarian) untuk penampilan ZOO."


Ibunya NCT

Taeyong dikenal sebagai "ibu" dari NCT. Sebagai leader, ia memang memiliki tanggung jawab, tapi itu dilakukan melampaui tugas formal. Ia memasak, membersihkan asrama, dan memastikan para personelnya baik-baik saja, terlebih jika ada yang terlanjur terluka, rangkum kanal Citizen Liputan6.com.

Selama segmen vlog dan liburan, Taeyong terlihat sering berlarian untuk menjaga personel NCT dengan segala cara. Ia dikenal sebagai penggila kebersihan dan memiliki mysophobia (takut kuman) ringan, sehingga selalu terlihat membersihkan diri atau menikmati waktu bersih-bersih.

Taeyong memiliki kepribadian yang dingin di atas panggung. Sebagai rapper dan main dancer, ia cenderung memiliki penampilan seperti itu, tapi kepribadiannya di luar panggung benar-benar kontras: lembut dan manis.

Meski dengan cermat menjaga para personel NCT, Taeyong cenderung melupakan barang-barangnya sendiri sepanjang waktu. Ia senang menggambar dan membuat karya seni pada pakaiannya sebagai pernyataan gaya. Tidak heran bahwa ia dianggap sebagai personel yang fashionable dalam grup.

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion. (Liputan6.com/Triyasni)

Tipu Rp 59,8 T, Jadi Buronan FBI

Pecahkan Rekor Sendiri di Swiss

Atlet Panjat Tebing Kiromal Katibin Pecahkan Rekor Sendiri di Kejuaraan Dunia di Swiss

Liputan6.com 2022-07-01 17:31:36
Kiromal Katibin, atlet panjat tebing kebanggaan Indonesia kembali memecahkan rekor dunia nomor Men's Speed/dok.International Federation of Sport Climbing

Prestasi membanggakan diraih Kiromal Katibin. Atlet panjat tebing kebanggaan Indonesia ini kembali memecahkan rekor dunia nomor Men's Speed pada babak kualifikasi International Federation of Sport Climbing (IFSC) World Cup di Villars, Swiss.

Katibin memecahkan rekornya sendiri. Sebelumnya, dia mencatat rekor dunia Men's Speed di World Cup IFSC di Salt Lake City, Amerika Serikat pada 28 Mei 2022 lalu, dengan catatan waktu 5,1 detik.

Dikutip dari rilis International Federation of Sport Climbing (IFSC), Kamis 30 Juni 2022, sebenarnya itu bukan rekor dunia pertama yang berhasil dipecahkan Katibin. Pada 28 Mei tahun lalu di Salt Lake City juga, dia memecahkan rekor dunia dengan catatan 5,25 detik.

Kemudian pada 6 Mei 2022 saat berlaga di World Cup Seoul, Korea Selatan, Katibin juga pecahkan rekor dunia dengan 5,17 detik.

Saat berlaga di Swiss, Katibin memecahkan rekor atas namanya sendiri saat melawan Man-hei Chung dari Hongkong. Atlet asal Jawa Tengah itu, meraih waktu 5,09 detik.


Belum Puas

Masih belum puas, Katibin kembali berhasil memperbaiki rekornya menjadi 5,04 detik saat adu kecepatan dengan atlet Amerika Serikat.

Kini, Katibin menempati posisi teratas di tabel kualifikasi diikuti tiga atlet asal Cina, Cao Long pada posisi kedua dengan 5,21 detik, Long Jianguo dengan 5,22 detik pada posisi ketiga dan Wu Peng yang ada di peringkat keempat dengan 5,32 detik.

Pada 10 besar tabel, ada juga atlet Indonesia lainnya seperti Veddriq Leonardo, yang menempati peringkat ke delapan dengan 5,37 detik. Diikuti M.Fajri Alfian, peringkat kesembilan dengan catatan waktu 5,43 detik dan Rahmad Adi Mulyono di peringkat 10 dengan 5,45 detik.

Ketua Umum FPTI Yenny Wahid berterima kasih dan bangga terhadap capaian yang diraih atlet Indonesia.

Menurut Yenny, apa yang diraih Kiromal Katibin adalah bentuk prestasi luar biasa yang dilakukan atlet panjat tebing Indonesia di kancah internasional.

"Dari raihan tersebut, kami (FPTI) yakin atlet Indonesia bisa berbuat banyak dan mengaharumkan nama bangsa di kancah dunia," ujar Yenny, Jumat (1/7/2022).


Luar Biasa

Menanggapi prestasi membanggakan tersebut, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman menyampaikan selamat pada Katibin. "Prestasi Kiromal Katibin sangat luar biasa, kembali memecahkan rekor dunia," katanya.

"Dalam satu hari Katibin mampu pecahkan dua kali rekor dunia atas nama dirinya sendiri dengan menorehkan waktu di bawah 5,1 detik, dan totalnya ia sudah 3 kali dalam satu tahun memecahkan rekor dunia," sambungnya.

"Selaku Ketua Umum KONI Pusat dan mewakili masyarakat olahraga prestasi Indonesia, saya mengucapkan rasa kebanggaan, apresiasi setinggi-tingginya dan selamat kepada Kiromal Katibin, pelatih dan tentunya Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) yang dipimpin oleh Ibu Zannuba Arifah Chafsoh (Yenny Wahid)," lanjutnya Marciano Norman.


Termotivasi

Ketum KONI Pusat pun berharap agar atlet lainnya, khususnya dari cabor panjat tebing turut termotivasi dengan Katibin sehingga kelak, Indonesia memiliki beberapa juara dunia panjat tebing.

Pada nomor putri, dua wakil Indonesia masuk lima besar kualifikasi atas nama Made Rita Kusuma Dewi dengan 6,97 detik dan Sallsabillah dengan 7,05 detik. Diharapkan atlet putri ada yang berprestasi dunia juga seperti Aries Susanti yang sempat pecahkan rekor dunia dengan 6,995 detik.

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia

HEADLINE: Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia, Misi Perdamaian Sukses?

Liputan6.com 2022-07-02 00:02:03
Banner Infografis Rencana Kunjungan Jokowi ke Ukraina-Rusia di Tengah Konflik dan Pengamanan Ekstra Ketat (Liputan6.com/Triyasni)

Membawa misi perdamaian, Presiden Jokowi menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kiev dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow. Dengan pengawalan ketat, Jokowi megunjungi dua negara bertikai itu melalui Polandia.

Saat pertemuan di Kiev pada Rabu 29 Juni, Jokowi menawarkan untuk menyampaikan pesan dari Zelensky kepada Putin untuk mencoba meningkatkan harapan perdamaian. "Saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera."

Jokowi juga menyampaikan kepeduliannya terhadap dampak perang bagi kemanusiaan. Dengan kemampuan yang ada, rakyat dan pemerintah Indonesia berusaha memberikan kontribusi bantuan termasuk obat-obatan dan komitmen rekonstruksi rumah sakit di sekitar Keiv, Ukraina.

"Penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina, termasuk melalui pelabuhan laut. Saya mendukung upaya PBB dalam hal ini," ucap Jokowi.

Volodymyr Zelensky pun mengucapkan terima kasih kepada Jokowi yang telah datang ke Ukraina, dan mencatat bahwa ini adalah kunjungan pertama Presiden Indonesia ke Ukraina dalam sejarah hubungan diplomatik.

"Dan ini, omong-omong, adalah kunjungan pertama pemimpin negara Asia ke Kiev sejak awal perang Rusia skala penuh. Kami sangat menghargainya dan berterima kasih kepada Anda," kata Zelensky saat pidato pernyataan pers bersama dengan Jokowi.

Menurut Zelensky, pertemuan dengan Jokowi merupakan langkah penguatan koalisi negara-negara anti-perang global yang dapat memulihkan dan menjamin stabilitas dunia.

Usai dari Kiev, Jokowi langsung bertolak ke Moskow menemui Putin. Ia mengakui, walaupun situasi antara Rusia dan Ukraina saat ini masih sangat sulit namun penyelesaian damai penting untuk terus di kedepankan dan juga ruang-ruang dialog terus bisa dibuka.

"Saya telah menyampaikan pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Putin, dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara kedua pemimpin tersebut," kata Jokowi dalam konferensi pers bersama dengan Vladimir Putin pada Kamis 30 Juni.

Menurut Jokowi, isu perdamaian dan kemanusiaan selalu menjadi prioritas politik luar negeri Indonesia. "Konstitusi Indonesia mengamanatkan agar Indonesia selalu berusaha berkontribusi bagi terciptanya perdamaian dunia. Dalam konteks inilah, saya melakukan kunjungan ke Kiev dan ke Moskow."

Usai melakukan pertemuan, Putin mengaku senang atas kunjungan Jokowi ke negaranya. "Kami sangat senang menyambut Presiden Republik Indonesia di Kremlin. Ini adalah kunjungan pertama Jokowi ke Moskow sebagai Presiden. Kami senang Anda ada di sini," ungkap Putin.

"Izinkan saya menekankan bahwa Indonesia adalah salah satu mitra utama kami di Asia-Pasifik. Hubungan Rusia-Indonesia bersifat konstruktif dan saling menguntungkan dan terus berkembang atas dasar tradisi persahabatan dan bantuan timbal balik yang telah berlangsung lama."

"Mari saya ingatkan bahwa negara kita membantu Indonesia membangun kenegaraan dan memperkuat posisi republik muda di kancah internasional," Putin memungkasi

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengucap syukur atas sukses dan kelancaran perjalanan Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia. "Alhamdulillah, perjalanan mendampingi presiden Jokowi dan ibu negara ke Kiev, Ukraina (29/6) berjalan lancar dan selamat," tulis Retno Marsudi dalam akun Instagramnya.

Setelah selesai membawa misi perdamaian ke kedua negara yang tengah berkonflik, Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Iriana Jokowi tiba di Bandar Udara Internasional Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab (PEA) Jumat (1/7/2022) sekitar pukul 02.15 waktu setempat.

<p>Infografis Ragam Tanggapan Kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Pengamat Hubungan Internasional Anton Aliabbas menilai misi yang dibawa Presiden Jokowi sebenarnya tak lepas dari agenda Presidensi G-20 yang akan digelar di Bali pada November 2022 mendatang. Sebagai pemegang Presidensi G-20, ancaman walkout negara lain atau ketidakhadiran Rusia saat gelaran G-20 dapat berpengaruh terhadap kredibilitas Indonesia maupun keputusan yang akan dihasilkan.

"Jadi kunjungan (misi perdamaian) ini juga tidak bisa dilepaskan dari upaya melancarkan perhelatan G-20," kata Kepala Center for Intermestic and Diplomatic Engagement (CIDE) ini.

Selain itu, lanjut Anton, Jokowi juga ingin meninggalkan warisan yang baik dalam sejarah kepresidenan Indonesia. Jokowi ingin menorehkan sejarah sebagai pemimpin bangsa yang ikut andil dalam mendamaikan konflik antar negara.

Menurut Anton, selama 5 tahun periode awal pemerintahan, Jokowi lebih banyak menghabiskan kepemimpinannya dalam penguatan diplomasi bilateral. Akan tetapi, pola tersebut dikembangkan pada periode kedua dengan meningkatkan aktivitas pelaksanaan politik luar negeri dalam forum multilateral.

"Kunjungan ke Ukraina dan Rusia ini merupakan bentuk nyata dari pelaksanaan amanat pembukaan UUD 1945 yakni ikut serta dalam menjaga perdamaian dunia," jelas dia.

Anton meyakini, Jokowi tentu sadar jika langkah yang dilakukannya dengan mendatangi Kyiv dan bertemu Presiden Ukraina Zelensky cukup berisiko. Sebab, perang masih berlangsung dan belum ada tanda-tanda akan berhenti. Apalagi, Rusia masih aktif melakukan serangan ke sejumlah tempat.

"Jadi apa yang dilakukan Jokowi mendatangi dua negara bertikai tentu saja merupakan rangkaian dari upaya untuk menengahi konflik tersebut. Sikap imparsialitas yang ditunjukkan Jokowi dengan aktif menemui dua pemimpin bertikai memang dibutuhkan oleh pihak yang menawari diri sebagai potensial mediator," beber Anton.

Meski misi perdamaian Jokowi sudah selesai, namun menurut Anton, sebenarnya saat ini bukan momentum yang tepat untuk mendorong adanya perundingan damai. Hal itu dikarenakan, Rusia dan Ukraina belum berada pada posisi hurting stalemate atau titik lelah eskalasi konflik bersenjata.

"Di sisi lain, ripe moment atau masa yang 'matang' untuk memaksa kedua belah pihak duduk di meja perundingan juga belum terbentuk. Meski demikian, peluang untuk terjadinya perundingan damai tetap dapat terjadi," urai Anton.

Salah satunya adalah melalui pendekatan yang intensif kepada para pihak bertikai untuk mau duduk berunding.

"Jokowi punya kans untuk memainkan peranan itu. Tinggal sejauh mana kesiapan dan keseriusan Indonesia untuk menawarkan diri sebagai mediator perundingan damai," Anton menutup.

Menurut Guru Besar Hukum Internasional UI Hikmahanto Juwana, Zelensky dan Putin tampak antusias atas kehadiran Jokowi. Hal itu karena dua negara tersebut sudah lelah dalam perang.

Dan bagi Rusia, lanjutnya, mereka butuh Presiden Jokowi agar mereka memiliki alasan untuk menghentikan serangan. "Rusia tidak ingin mengulangi kebodohan AS yang keluar secara tiba-tiba dari Afghanistan."

Hikmahanto mengatakan, diplomasi Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia diharapkan dapat menghasilkan gencatan senjata, utamanya pengakhiran serangan oleh Rusia. "Perjalanan Presiden sangat positif dan mudah-mudahan menghasilkan genjatan senjata, utamanya pengakhiran serangan oleh Rusia," ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Ia menilai, kunjungan Jokowi sangat berpotensi menghadirkan gencatan senjata dengan gambaran besar akan terjadi krisis pangan di negara-negara berkembang, karena perang berdampak pada rantai pasokan gandum dan pupuk.

"Ini yang Bapak Presiden sampaikan dalam pertemuan G7, pertemuan dengan Presiden Zelensky dan Presiden Putin," kata Hikmahanto.

Pertemuan Jokowi dengan Zelensky dan Putin, sambung dia, terlepas dari alasan pihak-pihak yang terlibat dalam perang termasuk AS dan sekutunya, esensinya ingin menyampaikan bahwa perang akan membawa penderitaan pada rakyat banyak di negara berkembang dan karenanya perang harus dihentikan.

Tentu gencatan senjata tidak akan dirasakan langsung tetapi perlahan-lahan intensitas serangan akan berkurang. "Nanti kita akan lihat Ukraina bisa lakukan ekspor gandum dan Rusia juga bisa ekspor pupuk ke negara-negara berkembang," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Misi Perdamaian Jokowi Sukses?

Keuksesan misi perdamaian yang dibawa Presiden RI Joko Widodo ke Ukraina dan Rusia menuai perdebatan. Menurut Pengamat hubungan international sekaligus pendiri Synergy Policies, Dinna Prapto Raharja, misi Jokowi sukses saat dilihat dari bagaimana Presiden Jokowi diterima oleh Volodymyr Zelensky dan Vladimir Putin.

"Ya, sukses dilihat dari penerimaan dari Zelensky dan Vladimir Putin yang aman, sangat positif dan penuh gesture hormat pada Presiden Jokowi, kata Dinna saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (1/7/2022).

"Pesan damai tersampaikan, permintaan Indonesia soal pangan dan energi diterima. Kemungkinan besar kecuali ada dinamika lain dari G7, Ukraina dan Rusia akan hadir di G20 summit."

Dinna turut menyebut bahwa tugas Indonesia setelah pertemuan dengan pemimpin Ukraina dan Rusia adalah upaya untuk menciptkan kembali perdamaian dengan negara-negara di kawasan.

"Joko Widodo merapatkan barisan pendukung perdamaian dan multilateral approach to war di kawasan dan di tingkat global, termasuk dengan negara-negara nonblok."

Dalam pernyataan pers-nya usai bertemu dengan Zelensky maupun Putin, Jokowi tidak menyebutkan permintaan soal gencatan senjata. Apakah gencatan senjata masih dari kata jauh?

Dinna Prapto Raharja menjawab bahwa tidak disebutnya pada media bukan berarti tidak diangkat.

"Dalam situasi saat ini, penuh ketegangan dan ketidakpastian, Presiden Joko Widodo kemungkinan besar menghindar dari megaphone diplomacy (diplomasi yang mengungkap segala detil ke media demi menekan negara-negara lain) agar hasilnya lebih positif dan dialog damai dibuka dahulu."

"Lagipula sumber masalahnya bukan Rusia vs Ukraina, ada masalah NATO, EU, US-NATO juga."

Sementara itu, Dosen HI dan Kajian Eropa Timur dari Universitas Airlangga, Radityo Dharmaputra menilai kesuksean kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia bisa dilihat dari dua sisi.

"Ada aspek suksesnya, tapi juga ada aspek gagalnya. Suksesnya terkait aktivisme Indonesia dan pelaksanaan politik luar negeri bebas-aktif. Selama ini kan hanya "bebas-nya" saja yang didorong, tapi sekarang juga telah mencoba berkontribusi aktif," ujar Radityo yang saat ini sedang menjadi peneliti doktoral di University of Tartu, Estonia saat dihubungi Liputan6.com.

"Juga bagus untuk image pak Jokowi secara domestik maupun di antara negara-negara berkembang, karena sudah membawa isu pangan."

"Gagalnya lebih karena harapan yang terlalu tinggi dari masyarakat dan dari narasi pemerintah kita sendiri sebagai 'juru damai.' Belum ada arah pada perdamaian. Malah, ada banyak miskom yang terjadi kalau Indonesia mau memainkan peran sebagai juru damai."

Radityo memberi contoh misalnya, ucapan pak Jokowi soal dia membawa pesan dari Zelensky itu dikritik Jubir Zelensky, yang mengatakan bahwa semua pernyataan Zelensky akan disampaikan secara publik.

"Bahkan, ucapan Jokowi soal Putin yang memberi jaminan soal pangan dan pupuk itu juga tidak ada di pernyataan resmi Putin."

Terpisah, Ketua Foreign Policy of Indonesia Dino Patti Djalal menyatakan, kalau ukurannya adalah misi perdamaian, maka harus jujur diakui kunjungan ke Ukraina dan Rusia ini belum mencapai terobosan.

"Mengapa? karena nampaknya dari pembicaraan Presiden Jokowi dengan Presiden Zelensky dan Presiden Putin hanya presiden Zelensky yang menyambut baik dan merespons misi perdamaian ini ya. Dalam arti Presiden Zelensky menyampaikan pesan kepada Presiden Putin melalui Presiden Jokowi, dan juga menyatakan menghargai posisi dan sikap dan upaya Presiden Jokowi," kata Dino kepada Liputan6.com.

Tetapi sewaktu di Moskow, sambungnya, Presiden Putin dalam Konferensi pers sama sekali tidak menyebut mengenai misi perdamaian dan yang dirujuk hanya adalah mengenai hubungan ekonomi Indonesia Rusia dan juga mengenai ekspor gandum Ukraina. "Jadi tidak sama sekali merujuk pada misi perdamaian Presiden Jokowi."

"Sementara itu presiden Putin terus melanjutkan aksi militer dan perang di Ukraina. Jadi dari segi misi perdamaian saya tidak melihat adanya terobosan, karena kalau misi perdamaian itu berarti konsep perdamaian diterima oleh kedua pihak, baik Ukraina maupun Rusia," ungkap Dino.

Ia menilai, yang responsif dalam misi Jokowi hanya Ukraina, sementara Putin sama sekali tidak merespons gagasan atau upaya perdamaian dari Indonesia ini. "Jadi itu realitanya itu faktanya, tentu kita tidak perlu kecil hati karena sekjen PBB pun juga macet, tidak ada terobosan yang signifikan dan juga Presiden Turki Erdogan pun yang melakukan upaya fasilitasi atau mediasi antara Rusia dan Ukraina dan juga belum mencapai terobosan."

Menurut Dino, kalau memang Pemerintah Indonesia serius dan misi perdamaian mau berlanjut terus maka harus ada langkah-langkah berikutnya. Karena proses perdamaian di manapun di dunia ini memerlukan sikap yang konsisten dan persisten yang gigih.

"Tidak ada perdamaian yang tercapai hanya dalam satu kunjungan atau dalam satu hari dua hari ya. Upaya Indonesia mendamaikan konflik di Kamboja misalnya memakan waktu bertahun-tahun yang dengan kegigihan yang luar biasa gitu," ujarnya.

"Menurut saya tetap perlu ditunjuk suatu special envoy yang bisa fokus melakukan follow up terhadap hal-hal yang digarap oleh kunjungan ke Rusia dan Ukraina dan juga melakukan komunikasi dengan pihak-pihak lain di dunia internasional yang ikut terlibat dalam hal ini," Dino memungkasi.

<p>Infografis Hasil Pertemuan Jokowi dengan Volodymyr Zelenskyy di Kiev. (Liputan6.com/Trieyasni)}</p>


Pertemuan Jokowi dengan Volodymyr Zelensky

Rampung sudah kunjungan Jokowi ke Ukraina pada Rabu 29 Juni 2022. Presiden Republik Indonesia itu kini tengah menuju Rusia untuk misi menjembatani perdamaian antar kedua negara yang tengah berperang tersebut.

Berikut ini rangkuman fakta kunjungan Jokowi ke Ukraina, mengutip sejumlah sumber pada Kamis (30/6/2022):

1. Berangkat dari Polandia ke Ukraina dengan Kereta

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi dan Ibu Negara Iriana beserta delegasi tiba di Bandar Udara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia sekitar pukul 11.50 waktu setempat.

Cuaca cerah menyambut kedatangan Jokowi dan rombongan di kota Rzeszow yang berjarak sekitar 80 kilometer dari perbatasan Ukraina.

Tampak di tangga pesawat, Jokowi dan Ibu Iriana disambut Wakil Gubernur Provinsi Rzeszow, Rodoslaw Wiatr, Duta Besar RI untuk Polandia Anita Luhulima, dan Atase Pertahanan RI Kolonel Adi Triadi beserta istri.

Dari Bandara, Jokowi dan rombongan kemudian akan menuju hotel tempat transit. Selanjutnya, dia akan menggunakan kereta api, Kereta Luar Biasa (KLB), untuk mencapai ibu kota Ukraina, Kiev pada Selasa 28 Juni malam.

2. Tempuh Perjalanan Sekitar 12 Jam

Jokowi ke Ukraina menggunakan Kereta Luar Biasa (KLB) dari Polandia, berangkat pada Selasa 28 Juni malam waktu setempat dan tiba pada Rabu 29 Juni pagi setelah menempuh perjalanan sekitar 12 jam.

3. Awali Kunjungan di Irpin

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana beserta rombongan terbatas tiba di Kiev, Ukraina, pada pukul 08.50 waktu setempat. Sejam kemudian, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana melakukan kunjungan di Kota Irpin, sekitar 30 kilometer dari Kiev.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengawali kunjungan di Ukraina dengan meninjau Kompleks Apartemen Lipku di Kota Irpin, Rabu 29 Juni. Dia melihat puing-puing bangunan apartemen yang rusak akibat perang.

Jokowi tampak didampingi didampingi oleh Wali Kota Irpin Alexander Grigorovich Markushin. Jokowi mengaku prihatin banyak rumah-rumah serta infrastruktur yang rusak akibat perang.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana saat meninjau Kota Irpin yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

"Saya didampingi oleh Wali Kota Irpin dan Deputi Wali Kota Irpin melihat kerusakan yang terjadi di Kota Irpin akibat perang dan sangat menyedihkan sekali banyak rumah-rumah yang rusak kemudian juga infrastruktur yang rusak," kata Jokowi usai peninjauan dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Rabu (29/6/2022).

Dia ingin agar perang bisa segera dihentikan. Jokowi juga berharap tidak ada lagi kota-kota di Ukraina yang rusak akibat perang.

"Kita harapkan tidak ada lagi kota-kota yang rusak di Ukraina akibat perang," ujar Presiden Jokowi.

4. Serahkan Bantuan Kemanusisaan

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengunjungi Kota Kiev, Ukraina, Rabu 29 Juni. Dalam kunjungan ini, Iriana menyerahkan bantuan kemanusiaan berupa obat-obatan kepada Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kota Kiev.

Adapun bantuan diserahkan secara simbolis. Hal tersebut dilakukan saat Jokowi dan Iriana mengunjungi rumah sakit yang berada di pusat kota Kiev tersebut usai meninjau Apartemen Lipky di Kota Irpin.

"Tadi saya sama Bapak Jokowi sedikit membantu untuk rumah sakit yang korban dari peperangan," kata Iriana usai menyerahkan bantuan sebagaimana dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Rabu.

Saat ditanya bagaimana kesan mendampingi Jokowi dalam kunjungannya ke Ukraina, Iriana mengatakan harapannya agar perang segera berakhir.

"Dengan bismillah saya mendampingi Bapak, moga-moga peperangan ini segera berakhir karena sangat merinding saya melihat," ujarnya.

Pemerintah Indonesia juga memberikan bantuan melalui Palang Merah Ukraina. Selain itu, Indonesia berkomitmen membantu rekonstruksi rumah sakit yang rusak akibat perang.

5. Disambut Presiden Ukraina di Istana

Presiden Jokowi akhirnya bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky, Kiev, Rabu 29 Juni pukul 15.00 waktu setempat. Jokowi disambut langsung oleh Presiden Zelensky di pintu masuk Istana.

6. Sesi Foto dan Pertemuan Tete-a-Tete

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, setelah penyambutan, kedua pemimpin negara tersebut masuk ke dalam Istana untuk melakukan sesi foto bersama. Jokowi dan Presiden Zelensky kemudian melakukan pertemuan tete-a-tete.

7. Tawarkan Titipkan Pesan

Presiden Indonesia Jokowi pada Rabu 29 Juni menawarkan untuk menyampaikan pesan dari Presiden Ukraina Volodymr Zelensky kepada pemimpin Rusia Vladimir Putin untuk mencoba meningkatkan harapan perdamaian.

Tidak segera jelas bagaimana Zelensky menanggapi tawaran yang dibuat oleh Jokowi selama pembicaraan di Kiev atau apakah pemimpin Ukraina itu memiliki pesan yang ingin dia sampaikan kepada Putin, seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu (30/6/2022).

8. Disorot Media Asing

Kunjungan Presiden Jokowi ke Ukraina dan pertemuannya dengan Presiden Volodymyr Zelenskyy pun menjadi sorotan media asing.

Salah satunya media Reuters mengangkat isu ini dalam artikelnya yang berjudul: "Indonesian president offers to take message from Ukraine's leader to Putin."

"Presiden Indonesia Joko Widodo menawarkan pada hari Rabu untuk menyampaikan pesan dari Presiden Ukraina Volodymr Zelenskiy kepada pemimpin Rusia Vladimir Putin untuk mencoba meningkatkan harapan perdamaian.


Hasil Pertemuan Jokowi dengan Vladimir Putin

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kini menjadi pemimpin negara Asia pertama yang mengunjungi Ukraina dan Rusia di tengah konflik. Lawatannya untuk bertemu Volodymyr Zelensky pada 29 Juni rampung, pertemuan dengan Vladimir Putin pada 30 Juni 2022 pun tak terkendala.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengucap syukur atas sukses dan kelancaran perjalanan Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia.

Sejumlah hal dibahas dalam kunjungan Jokowi ke Rusia dengan misi menjembatani perdamaian antara Rusia dan Ukraina yang tengah berperang tersebut.

Berikut ini rangkuman enam hasil kunjungan Jokowi ke Rusia,mengutip sejumlah sumber, Jumat (1/7/2022):

1. Isu Perdamaian dan Kemanusiaan Jadi Prioritas

Sejumlah hal dibahas dalam kunjungan Jokowi ke Rusia dengan misi menjembatani perdamaian antara Rusia dan Ukraina yang tengah berperang tersebut.

"Yang pertama, bahwa isu perdamaian dan kemanusiaan selalu menjadi prioritas politik luar negeri Indonesia. Konstitusi Indonesia mengamanatkan agar Indonesia selalu berusaha berkontribusi bagi terciptanya perdamaian dunia. Dalam konteks inilah, saya melakukan kunjungan ke Kiev dan ke Moskow," jelas Jokowi dalam konferensi pers bersama dengan Vladimir Putin pada hari Kamis.

2. Terus Mengupayakan Ruang Dialog untuk Damai Rusia-Ukraina

Yang kedua, sambung Jokowi, sebagaimana yang saya sampaikan di Kiev, walaupun situasi saat ini masih sangat sulit namun saya tetap menyampaikan bahwa penyelesaian damai penting untuk terus di kedepankan dan juga ruang-ruang dialog terus bisa dibuka.

"Saya telah menyampaikan pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Putin, dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara kedua pemimpin tersebut."

3. Putin Jamin Pasokan Pangan dan Pupuk dari Rusia dan Ukraina

"Yang ketiga, saya tadi banyak berdiskusi dan menekankan bahwa pangan dan pupuk adalah masalah kemanusiaan, merupakan kepentingan masyarakat dunia, dan ratusan juta orang terdampak dengan terganggunya rantai pasok pangan dan pupuk terutama di negara-negara berkembang," ucap Jokowi.

"Saya sangat menghargai Presiden Putin yang tadi menyampaikan bahwa memberikan jaminan keamanan untuk pasokan pangan dan pupuk baik dari Rusia maupun dari Ukraina. Ini sebuah berita yang baik."

4. Dukung PBB Reintegrasi Komodito Pangan dan Pupuk

Kemudian yang keempat, Jokowi menyatakan dukungan langkah PBB untuk reintegrasi komoditi pangan dan pupuk Rusia dan Ukraina.

"Demi kemanusiaan, saya juga mendukung upaya PBB untuk reintegrasi komoditi pangan dan pupuk Rusia dan komoditi pangan Ukraina untuk masuk lagi dalam rantai pasok dunia. Dan khusus untuk jalur ekspor produk pangan Ukraina, terutama melalui jalur laut, tadi sekali lagi Presiden Putin sudah memberikan jaminannya," jelas Jokowi.

5. Investasi Perdagangan dan Turisme

Selain itu, Jokowi juga mengatakan telah membahas sejumlah investasi dengan Putin.

"Dan yang kelima, tadi kami berdiskusi panjang mengenai kerja sama antara Rusia dan Indonesia baik di bidang investasi, di bidang perdagangan, maupun di bidang turisme, yang akan kita tindaklanjuti dengan membentuk tim agar bisa membahasnya secara detail."

6. Menyangkut Kehidupan Ratusan Juta Orang, IndonesiaTegaskan Ingin Perang Rusia Ukraina Segera Selesai

Pada penutup, Jokowi pun menyampaikan bahwa Indonesia tidak memiliki kepentingan apapun, kecuali ingin melihat perang dapat segera selesai dan rantai pasok pangan, pupuk, energi dapat segera diperbaiki karena ini menyangkut kehidupan ratusan juta orang bahkan miliaran manusia.

"Saya mengajak seluruh pemimpin dunia untuk bekerja sama kembali menghidupkan semangat multilateralisme, semangat damai, dan semangat kerja sama. Hanya dengan spirit itulah perdamaian dapat dicapai," pungkas Jokowi.

<p>Infografis Hasil Pertemuan Jokowi dengan Vladimir Putin di Kremlin. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>