Pergi Haji Atas Nama Eril

Ridwan Kamil Pamit, Pimpin Jemaah dan Berangkat Haji Atas Nama Eril

Liputan6.com 2022-07-03 18:00:04
Foto Emmeril Kahn bersama Ridwan Kamil (dok. Instagram @fatih_indonesia/https://www.instagram.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil "berpamitan" melalui media sosial Instagram pribadinya @ridwankamil. Esok, Senin, 4 Juli 2022, orang nomor satu di Jabar itu akan bertolak ke Tanah Suci, memimpin 17 ribu jemaah dari wilayahnya menunaikan ibadah haji.

Dalam kesempatan tersebut, pria yang akrab disapa Kang Emil itu juga bermaksud berhaji atas nama putra pertamanya yang baru saja berpulang.

"Sekalian di momen ini, saya akan berhaji atas nama almarhum Emmeril Kahn Mumtadz," tulisnya di akun Instagram, Minggu, 3 Juli sore.

Untuk itu, Minggu pagi, Emil beserta istri, Atalia Praratya menyempatkan diri ziarah, pamit dan berdoa di makam Eril.

Dia pun memohon doa dari para pengikutnya di media sosial agar diberi kelancaran dalam menjalankan tugas.

"Mohon doanya dari semua agar diberi kelancaran dan seluruh jemaah haji Jawa Barat dan Indonesia lancar dan sehat selamat kembali ke Tanah Air sebagai Haji mabrur dan Hajjah mabrurah. Aamiin."

Dalam potongan video yang diunggah Emil, tampak dia dan Atalia pun mengunjungi lokasi masjid Al-Mumtadz yang tengah dibangunnya. Tampak tiang-tiang pancang masjid telah berdiri.

Seperti telah diucapkannya beberapa waktu selepas pemakaman Eril, Ridwan Kamil dan keluarga berupaya melanjutkan semangat menebar kebaikan sang putra. Pada kesempatan ini pun Emil membuka peluang bagi masyarakat yang hendak menitipkan doa untuk menuliskannya di kolom komentar akun Instagramnya.

"SIAPA yang mau menitipkan doa , silakan tulis di kolom komen. Jika Allah SWT izinkan dan beri kemudahan saya akan bantu doakan di Padang Arafah dan depan Kabah."


Banjir Titipan Doa

Belum lagi satu jam postingan terbaru Emil diunggah, telah banyak pengikutnya yang menitipkan doa dan mendapat lebih dari 25 ribu likes.

Doa-doa yang dititipkan warganet pada Emil diantaranya memohon dimudahkan bertemu jodoh atau pendamping hidup, dimampukan berkunjung ke Tanah Suci untuk berhaji bersama keluarga, lunas hutang, lolos tes kerja, mendapat keturunan soleh/solehah, dan ada pula yang menitipkan doa kesembuhan bagi anggota keluarga yang tengah sakit.

Warganet yang menitipkan doa tak hanya berasal dari Jawa Barat, melainkan juga daerah lain di Indonesia, seperti dari Aceh.

Tak sedikit yang turut mendoakan agar Ridwan Kamil beserta keluarga diberi kelancaran beribadah di Tanah Suci.


Undangan Arab Saudi

Keberangkatan Ridwan Kamil dan keluarga ke Tanah Suci atas undangan dari pihak Arab Saudi. Kabar tersebut disampaikan ibunda Eril, Atalia Praratya. Atalia menyampaikan kabar bahwa ia dan suaminya mendapat undangan dari pihak Arab Saudi untuk menjalankan ibadah haji tahun ini.

Air mata langsung membasahi pipi Atalia Praratya saat menyampaikan hal itu ketika menggelar pengajian untuk mendoakan mendiang Eril. Hal itu diketahui lewat video singkat unggahan akun TikTok @mrs.sosii.

"Allah Mahakuasa atas segalanya, Allah Maha berkehendak, Allah Mahabaik, Kang Emil dan saya Alhamdulillah tahun ini Insya Allah mohon didoakan kami diundang untuk melakukan Ibadah Haji dari pemerintah Arab Saudi," tutur Atalia Praratya dalam video tersebut.

Tak hanya Atalia Praratya dan Ridwan Kamil, adik Eril, Camillia Laetitia Azzahra (Zahra) yang selamat dari derasnya arus Sungai Aare, Swis ikut diundang dalam melaksanakan ibadah haji tahun Ini

"Dan ternyata juga bapak dan ibu, aliran amal jariyah Eril mengantarkan adiknya pun untuk berangkat naik haji," ungkapnya.


Tak Menduga

Tak pernah dibayangkan olehnya bahwa putrinya bisa melaksanakan ibadah haji di usianya yang masih remaja. Semua itu tak luput dari kebaikan dan amal kakaknya yang membuat Sang Khalik memberikan keberkahan buatnya.

"Anak usia 17 tahun, tidak sepeser pun dia mengeluarkan uang dan tidak pernah berpikir untuk menjadi seorang hajjah di usia yang sangat kecil. Mungkin karena amal jariyah dari kakaknya, Insya Allah," lanjut Atalia.

Ucap syukur tak henti-hentinya dipanjatkan Atalia atas apa yang ia terima. Ia mengaku senang dan bangga bisa menjadi ibu dari Eril, meski harus merelakan kepergian putranya ke pangkuan Sang Khalik.

Jeje, Idola 'Citayam Fashion Week'

Jeje Jadi Idola Baru Lewat Fenomena Citayam Fashion Week di Stasiun Kereta Bandara Sudirman

Liputan6.com 2022-07-03 14:02:53
Jeje bersama Fuji, Jadi Idola Baru Lewat Fenomenan Citayam Fashion Week di Stasiun Kereta Bandara Sudirman. foto: Youtube 'Fuji an'

Stasiun BNI City atau sering disebut Stasiun Kereta Bandara yang berada di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, kini mulai identik dengan remaja atau ABG dari daerah Citayam dan Bojonggede. Adapun pemuda-pemudi dari kedua daerah tersebut kerap nongkrong di Stasiun BNI City dengan gaya berpakaian mereka yang nyentrik dan menarik.

Fenomena remaja dan anak muda yang kerap berkumpul di daerah Stasiun Kereta Bandara Sudirman BNI City, itu kini menjadi sorotan warganet. Mereka yang berasal dari daerah Jakarta dan sekitarnya ini kerap berkumpul dengan gaya busana yang mencuri perhatian.

Berkat penampilan mereka yang khas yaitui terdiri atas pakaian bernada monokrom dan tak jarang menggunakan merek distro lokal menjadikan para remaja Citayam dan Bojonggede ini fenomena sosial yang unik.

Hal itu pun memuncul sebuah istilah 'Citayam Fashion Week' yang dipopulerkan oleh sosok kreator konten TikTok, radita.pradana. Dalam unggahan di akun TikTok milik Radita, terlihat sejumalh remaja tanggung saling pamer outfit kekinian mereka.

Menyadur judul dari Paris Fashion Week, Radita menangkap penampakan gaya berpakaian pemuda-pemudi dari kedua daerah tersebut bak sebuah acara busana.

Disebut 'Citayem Fashion Week', karena kebanyakan muda-mudi yang datang berasal dari daerah Citayam serta sekitaran Bogor dan Depok, Jawa Barat. Sementara itu, istilah fashion week dipilih karena muda-mudi yang berkumpul tampak memamerkan outfit terbaik mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pro dan Kontra

Fashion street di sekitar Stasiun Kereta Bandara Sudirman juga memunculkan fenomena Bonge Cs, yakni komunitas anak remaja hingga dewasa awal asal Bojong Gede, Bogor yang 'menguasai' Jalan Sudirman.

Hanya saja, banyaknya muda mudi yang berkumpul di sini dan memamerkan outfit terbaik versi mereka menimbulkan pro dan kontra di kalangan warganet. Aksi pemuda-pemudi penuh gaya tersebut menuai beragam komentar dari warganet.

Ada yang kontra dan mencibir terutama karena masalah kebersihan seperti buang sampah sembarangan. Tapi tak sedikit juga yang memuji dan melayangkan apresiasi atas gaya berpakaian serba nyentrik dari pemuda-pemudi tersebut.

Mereka salut atas kegiatan adu gaya para ABG tersebut lantaran menjadi kegiatan positif ketimbang bikin onar seperti tawuran antar pemuda. Seorang warganet bahkan menyandingkan gaya mereka dengan busana harajuku yang populer di Jepang.

"Bagus kalau bakalan jadi ruang ekspresi anak muda seperti halnya di Harajuku atau di Shanghai. Mungkin dari sini juga awal mula tren fashion exhibition ala-ala Harajuku bisa bisa berkembang di Indonesia," komentar seorang warganet.


Tak Canggung Berpose

Hal ini membuat beberapa beberapa dari mereka menjasi idola baru di TikTok. Salah satunya ialah Jeje, yang langsung terkenal di media sosial. Selain gayanya yang nyentrik, paras cantiknya juga membuatnya banyak penggemar.

Bahkan, tak sedikit yang mengatakan jika gadis berusia 16 tahun ini mirip dengan Fuji. Baru-baru ini, Jeje diundang oleh adik mendiang Bibi Ardiansyah ini untuk membuat konten bareng.

Keduanya bercerita mengenai berbagai hal, termasuk kehidupan pribadi gadis bernama asli Jasmin Laticia tersebut. Jeje sempat mengungkap jika ketenarannya berawal dari beberapa fotografer yang sempat memintanya untuk memotret dirinya saat sedang berada di sekitaran Stasiun BNI City., Dukuh Atas.

Dalan sebuah unggahan di Instagram, Jeje terlihat berfoto mengenakan tanktop kotak-kotak dan ripped jeans di trotoar sekitaran Stasiun BNI City, Dukuh Atas. Ia tampak tak canggung berpose dengan berbagai gaya berbeda di depan kamera.

Dalam foto lainnya, Jeje terlihat cantik bergaya kasual dengan atasan bergaris hitam putih dan celana hitam. Gayanya juga cukup luwes dan tampak tak kaku bergaya di depan kamera.


Bertemu Fuji

Kepopuleran Jeje membuatnya bisa bertemu dengan Fuji secara langsung. Dalam video yang diunggah Fuji di kanal Youtube miliknya, Jeje datang ke rumah Thoriq Halilintar.

Saat melihat Jeje, Fuji tampak kaget karena ia merasa Jeje sangatlah mirip dengan dirinya. Hingga beberapa saat, Fuji tampak masih sangat kaget dengan Jeje yang ada di hadapannya. Ia terus memandang Jeje dari ujung kaki hingga kepala. Ia bahkan merasa insecure karena Jeje bagaikan dirinya versi hidung mancung.

Mereka pun mengobrol santai sambil memakai make up berdua. Dari obrolan itu, diketahui jika Jeje ternyata adalah keturunan Belanda dari ayahnya, sementara ibunya berasal dari Jawa Barat.

Jeje diketahui berhenti sekolah saat tengah duduk di bangku kelas 3 SMP, saat usianya 15 tahun. Karena ada masalah pribadi, Jeje pun memutuskan untuk keluar dari rumah. Jeje diajak oleh temannya untuk bepergian dan sering nongkrong di area sekitaran Stasiun BNI City.

Saat sering nongkrong di kawasan tersebut, tiba-tiba ada seorang fotografer yang menghampirinya. Meminta Jeje untuk menjadi modelnya. Dari sanalah ia mulai dihubungi oleh banyak fotografer lain dan diberi bayaran setiap sesinya.

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion. (Liputan6.com/Triyasni)

Iwan Fals Buka Warung

Iwan Fals Wujudkan Buah Pemikirannya dengan Membuka Warung Om Iwan untuk Dukung Hasil Petani Lokal

Liputan6.com 2022-07-03 10:20:23
Iwan Fals Wujudkan Buah Pemikirannya dengan Membuka Warung Om Iwan untuk Dukung Hasil Petani Lokal. (ist)

Iwan Fals mewujudkan hasil dari buah pemikirannya dan keluarga yang memiliki mimpi untuk mengembangkan suatu konsep usaha yang dapat membuka lapangan pekerjaan bagi khalayak luas serta mendukung hasil petani lokal lewat Warung Om Iwan (WOI). WOI hadir dengan mengusung konsep makanan dan minuman yang mengedepankan selera Indonesia.

Diharapkan, Warung Om Iwan bisa menjadi wadah kreatif yang juga membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. Warung Om Iwan (WOI) hadir dengan visi dan misi yang jelas.

Sebagai salah satu pendiri, Dio Santoso juga menyambut tujuan tersebut, "membawa berkah untuk semua pihak, dari hulu sampai hilir serta membuka lapangan kerja yang baru sekaligus memajukan ekonomi UMKM," ujarnya melalui keterangan resmi yang diterima Liputan6.com baru-baru ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Harapan

Penyuguhan menu-menu tradisional Warung Om Iwan menjadi sebuah pusat dari segala sesuatu yang lokal, rendah hati dan hangat.

"Dengan menyajikan makanan dan minuman yang inovatif untuk di nikmati masyarakat luas, semoga WARUNG OM IWAN (WOI) bisa go- international", tambah Dio Santoso yang juga ikut turun tangan menyusun menu khas Indonesia di setiap gerainya.


4 Gerai

Saat ini Warung Om Iwan (WOI) telah mendirikan 4 gerai di Jakarta yaitu, PGC Cililitan, Pondok Cabe, Tanah Abang dan TangCity Mall serta dapat melayani pesanan online via Gojek, Grab, Shopeefood dan Traveloka Eats.

Budaya kumpul yang menjadi pusat perputaran informasi politik atau sekadar berbicara tentang kehidupan, senantiasa semakin asyik jika diiringi dengan kudapan lokal yang tersaji seperti tahu isi, pisang goreng, risol, cireng dan bakwan hingga menu nasi bungkus dengan pilihan ayam, paru dan telur serta berbagai pilihan kopi dengan aroma khas.


Syukuran

PT. YANG PENTING ASYIK, kemudian menggelar acara syukuran sebagai bentuk permulaan dari perjalanan WARUNG OM IWAN (WOI) pada Rabu, 29 Juni 2022 bertempat di kediaman Iwan Fals. WARUNG OM IWAN (WOI) juga ingin turut serta mencapai penggemar Iwan Fals hingga ke seluruh pelosok Indonesia dengan membuka kesempatan untuk menjadi mitra WARUNG OM IWAN (WOI).

Konsep waralaba yang sarat akan keakraban dan kehangatan serta mengusung Cikal Bakal Kebersamaan ini, memberikan ruang luas bagi Anda yang ingin turut serta bergabung bersama WARUNG OM IWAN (WOI) dengan membuka gerai atau franchise. Diharapkan dengan hadirnya WARUNG OM IWAN (WOI) dapat menciptakan suatu wadah yang memberi manfaat bagi seluruh pihak yang terlibat

Infografis Bisnis Game di Indonesia (Liputan6.com/Deisy Rika)

Berjaya di Malaysia Open 2022

Hasil Malaysia Open 2022: Luar Biasa, Apri/Fadia Rebut Gelar Juara

Liputan6.com 2022-07-03 14:31:47
Ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti lolos ke final Malaysia Open 2022. (foto: PBSI)

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti meraih gelar juara Malaysia Open 2022. Ganda putri Indonesia itu mengalahkan Zhang Shu Xian/Zheng Yu dari China.

Berlaga di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Minggu (3/7) siang WIB, Apri/Fadia mengalahkan Zhang/Zheng melalui rubber game, Pasangan yang baru diduetkan tahun ini memenangkan partai final Malaysia Open dengan 21-18, 12-21, dan 21-19 selama 1 jam 11 menit.

Ini merupakan turnamen bulu tangkis level BWF World Tour Super 750 yang dimenangkan Apri/Fadia. Pasangan ini sebelumnya meraih medali emas SEA Games 2021 Vietnam dan menjadi finalis Indonesia Masters 2022.

Sejak awal gim pertama, laga Apri/Fadia kontra Zhang/Zheng sudah berlangsung ketat. Kedua pasangan saling adu smes, drive, serta permainan di depan net.

Apri/Fadia yang sempat unggul 9-6 berbalik tertinggal 10-11 dari Zhang/Zheng. Usai interval, finalis Indonesia Masters 2022 ini kembali tampil menekan dan terus memimpin perolehan poin, mulai dari 13-11 hingga 18-15.

Zhang/Zheng sempat memperkecil skor menjadi 17-18. Namun, Apri/Fadia kembali fokus dan bermain tenang. Hingga akhirnya pengembalian servis dari Fadia tidak bisa dikembalikan Zhang/Zheng.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Gim kedua dan ketiga

Pertandingan ketat kembali terjadi di gim kedua. Apri/Fadia dan Zhang/Zheng saling kejar-mengejar perolehan poin. Di interval, pasangan China itu unggul tipis 11-10.

Usai interval, Apri/Fadia tampil tertekan dan perolehan Zhang/Zheng pun melesat untuk unggul 11-15. Ganda putri Indonesia itu sangat sulit untuk dapat lepas dari tekanan hingga akhirnya menyerah di gim kedua 12-21.

Apri/Fadia mengawali gim ketiga atau penentuan dengan baik, unggul 4-1. Namun, Zhang/Zheng meraih enam poin beruntun untuk berbalik unggul 6-4.

Pertandingan pun berlangsung seru dan ketat. Setelah adu drive dan smes, Apri/Fadia unggul 11-10 di interval.

Usai pindah tempat, Zhang/Zheng terus memberi perlawanan ketat sehingga skor menjadi imbang 14-14. Tidak ingin kecolongan, Apri/Fadia mencoba kembali tenang dan fokus.

Meski terus kembali memimpin, perolehan poin Apri/Fadia terus ditempel ketat Zhang/Zheng. Hingga akhirnya smes Apri dinyatakan masuk dan pasangan Indonesia itu menang 21-19.


Ganda putra

Indonesia berpeluang untuk menambah gelar juara di Malaysia Open 2022 melalui nomor ganda putra. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan menghadapi unggulan dua asal Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Sejauh ini, kedua pasangan sudah empat kali bertemu dengan skor 2-2. Pada pertemuan terakhir di Thailand Open, 22 Mei lalu, Fajar/Rian harus mengakui keunggulan Takuro/Yugo.

Ketika itu pasangan Indonesia peringkat enam dunia ini harus mundur saat tertinggal 4-13 pada gim pertama. Ini disebabkan Fajar mengalami cedera.

Infografis bulu tangkis. (Liputan6.com/Abdillah)

Mengaku Pernah Kehabisan Kuota Hape

Disebut Keluarga Sultan, Nagita Slavina Ngaku Pernah Kehabisan Kuota Handphone

Liputan6.com 2022-07-02 20:00:44
Harga cardigan simple Nagita Slavina bikin netizen syok. (Instagram/raffinagita1717).

Nagita Slavina, disebut-sebut sebagai sultan Andara. Meski begitu, istri Raffi Ahmad ini tetap saja seperti manusia pada umumnya.

Memiliki rumah mewah di Andara Depok, tak membuat ibunda Rafathar dan Rayyanza ini lepas dari hal-hal yang juga kerap dilakukan oleh orang lain.

Salah satunya saat pemilik nama lengkap Nagita Slavina Mariana Tengker ini berada di luar rumah, ia kehabisan kuota handphone.

Hal itu terungkap kala anak Rieta Amalia ini mengikuti kuis Pernah Gak Pernah yang diunggah di Rans Entertainmet dan juga Instagram terverifikasi miliknya, Sabtu (2/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kehabisan Sampo

Bukan itu saja, Nagita Slavina juga pernah kehabisan sampo dan botolnya diisi air dan dipakai untuk keramas.

"Pernah ngga sampo udah abis diairin?" tanya seseorang yang tak terlihat wajahnya.

"Sering," jawab Nagita Slavina tersenyum.

Siapa sangka, Nagita juga pernah loh mandi menggunakan gayung berbentuk hati. Jadi enggak selalu pakai shower.


Pakai Baju yang Sama

Nagita Slavina dikenal sebagai wanita yang memiliki pakaian dan aksesoris dengan harga selangit. Namun, ia juga bukan wanita yang hanya memakainya sekali saja. Dan ia tak malu mengakuinya.

"Pernah ngga pake baju yang sama ke event yang berbeda?" tanyanya lagi.

"Sering," timpalnya.


Hangatkan Makanan

Nagita Slavina diketahui tidak pernah memilih makanan untuk disantap. Mulai yang harganya murah hingga mahal pernah dicobanya.

Dan ibu dua anak ini tidak pernah menyia-nyiakan makanan yang ada di rumah. Ia kerap menghangatkan makanan tersebut dikeesokan harinya. Nagita Slavina bukan saja pernah melakukan hal itu, tapi sering.

Infografis Macam-Macam Bahasa Cinta. (Liputan6.com/Triyasni)

Usia 73 Tahun Bak Princess

Vera Wang Rayakan Ultah Ke-73 Bak Princess, Padukan Gaun Plus Celana Pendek dan Tiara

Liputan6.com 2022-07-03 14:30:00
Vera Wang merayakan ulang tahunnya yang ke-73. (dok. Instagram @verawang/https://www.instagram.com/p/CfZ4StGLh6D/)

Bagi Vera Wang, umur tampaknya hanya sekadar angka. Buktinya ada dalam pesta ultah ke-73 desainer gaun pengantin kondang tersebut, yang jatuh baru-baru ini.

Dari rekaman video dan foto-foto acara pesta ultahnya diunggah Vera Wang di Instagram pada Rabu (30/6/2022) lalu, wanita yang awet muda ini terlihat segar dengan gaun pink yang ia kenakan. Belahan gaun ini terlihat tinggi hingga ke perut, dan ia memadukannya dengan celana pendek warna senada.

Ini bukan satu-satunya pakaian yang ia kenakan malam itu. Di unggahan lain, desainer gaun pernikahan Ariana Grande ini terlihat mengenakan tube top dan rok mini sequin.

Penampilannya makin kinclong dengan tiara di kepalanya, sementara rambutnya diberi highlight pink muda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kue Tar Metalik dan Karaoke

Di sejumlah unggahan lain, Vera Wang terlihat asyik berpesta. Ia berpose dengan kue tar dengan lapisan gula metalik yang dihiasi kembang mawar pink. Dalam salah satu video, ia terlihat dengan semangat berkaraoke dengan kawan-kawannya.

Tak lupa, ia juga mempromosikan minuman beralkohol miliknya.

"Celebrating my Bday with CAKES and KARAOKE...... and my new ROS PROSECCO!!!!!!#VeraWangParty," tulisnya di caption.


Rutin Olahraga

Dari tahun ke tahun, pesta ultah Vera Wang memang selalu menarik perhatian warganet. Terutama karena gaya dan penampilan Vera Wang yang selalu terlihat awet muda.

Tak sedikit yang bertanya-tanya seperti apa gaya hidup yang dilakoninya sehingga bisa terlihat selalu muda.

Dalam sebuah wawancara dengan Harper's Bazaar, Vera Wang mengungkap ia rutin berolahraga ringan seperti berjalan di treadmill, latihan angkat beban, dan bersepeda.


Tak Hobi

Khusus soal angkat beban, Vera Wang memastikan untuk menjaga intensitasnya tetap ringan. "Tidak banyak, hanya dua dan tiga pon. Saya butuh total lima menit," tuturnya.

Namun dalam wawancara lain dengan InStyle, Vera Wang menekankan ia bukan orang yang maniak olahraga. "(Saya) bukan orang yang suka berolahraga," ucapnya.

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion. (Liputan6.com/Triyasni)

Misteri Pemberi Beasiswa ke Mayang

Mayang Ngaku Dapat Beasiswa Fakultas Kedokteran, Doddy Sudrajat Malah Tuding Salah Pemberitaan

Liputan6.com 2022-07-03 12:00:00
Doddy Sudrajat dan Mayang

Heboh kabar Mayang anak Doddy Sudrajat dapat beasiswa di Fakultas Kedokteran Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) akhirnya menemukan titik terang pekan ini.

Pihak Universitas Moestopo mengklarifikasi seraya menyebut kabar memberi beasiswa buat Mayang tidak benar. Walhasil, adik Vanessa Angel jadi bulan-bulanan warganet +62. Ia diduga halu alias berhalusinasi.

Doddy Sudrajat tak tinggal diam saat putrinya dirundung netizen karena diduga ngaku-ngaku dapat beasiswa. Dalam klarifikasinya, ia malah menuding insiden ini sebagai salah pemberitaan.

"Klarifikasinya, jadi sebenarnya salah pemberitaan. Salah pemberitaan dan salah besar banget. Memang tidak ada beasiswa dari kampus Moestopo. Siapa yang memberikan beasiswa ke Mayang? Tidak ada," kata Doddy Sudrajat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tak Mau Dipublikasikan

"Yang ada adalah ada seseorang yang memberikan beasiswa ke Mayang untuk masuk di Fakultas Kedokteran Moestopo. Nah, orang tersebut tidak mau dieksploitasi, tidak mau dipublikasikan," ia menyambung.

Melansir dari video wawancara di kanal YouTube Cumicumi, Minggu (3/7/2022), Doddy Sudrajat menyebut sang pemberi beasiswa tak mau diungkap identitasnya untuk menghindari kesan pansos alias panjat sosial.


Ada Seseorang

"Pokoknya ada seseorang yang memberikan beasiswa untuk Mayang secara pribadi untuk sekolah di Fakultas Kedokteran Moestopo. Sampai selesai. Jadi bukan Moestopo memberikan beasiswa. Salah. Pemberitaannya itu enggak benar," urai Doddy Sudrajat.

Besan Haji Faisal juga menolak menyebut nilai beasiswa yang didapat Mayang. Ia mengaku tak tersinggung saat Mayang disebut mendapat beasiswa di kampus swasta ternama.


Enggak Tersinggung

"Enggak (tersinggung). Justru ini ada klarifikasi. Makanya kemarin sih ketawa saja. Enggak ada tersinggung enggak ada apa, sama Mayang ketawa saja karena memang bukan pernyataan itu," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, beredar video pengakuan Mayang kegirangan mendapat beasiswa. "Ya, deg-degan juga sebenarnya. Enggak nyangka bakal diterima. Tapi bersyukur juga sudah diterima di FKG," Mayang menjelaskan.

"Nanti tanggal 2 ujian masuk," ujarnya kepada awak media seraya menambahkan, "Aku dapat beasiswanya di situ. Jadi harus benar-benar makanya, kuliahnya harus fokus."

Infografis Kecelakaan Maut Vanessa Angel - Bibi Andriansyah (Liputan6.com/Triyasni)

Lindsay Lohan Menikah

Lindsay Lohan Umumkan Pernikahan dengan Bader Shammas: Aku Wanita Paling Beruntung di Dunia

Liputan6.com 2022-07-03 11:30:42
Lindsay Lohan dan Bader Shammas. (Instagram/ lindsaylohan)

Kabar bahagia datang dari Lindsay Lohan. Tepat pada hari ultahnya ke-36 yang jatuh Sabtu (2/7/2022) kemarin, bintang Mean Girls ini mengabarkan bahwa ia telah menikah.

Ia membagikan sebuah foto yang memperlihatkannya bersandar di bahu sang suami, Bader Shammas. Keduanya terlihat tersenyum semringah ke arah kamera.

"Aku adalah wanita paling beruntung di dunia," tulisnya dalam caption, yang dilengkapi emotikon kue, hati, dan wajah penuh cinta.

Aktris The Parent Trap ini menambahkan, "Kamu menemukanku sekaligus tahu bahwa aku ingin menemukan kebahagiaan dan karunia pada waktu yang sama."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Suamiku

Selanjutnya, ia menyebut pria tersebut telah menjadi suaminya. "Saya terkejut bahwa kamu adalah suami saya. Hidupku dan segalanya. setiap wanita harus merasakan hal seperti ini setiap hari " tambahnya.

E! News kemudian mengonfirmasi unggahan ini kepada perwakilan Lindsay Lohan, yang kemudian membenarkan bahwa sang aktris telah menikah.


Di Dubai

Bader sendiri adalah pria yang memiliki ibu yang berasal dari Lebanon, sementara ayahnya dari Kuwait. Ia menetap di Dubai, tempat tinggal Lindsay Lohan selama beberapa tahun terakhir.

Dari profil di LinkedIn miliknya, Bader Shammas adalah asisten wakil presiden di Credit Suisse, yang dulunya kuliah di University of South Florida jurusan teknik mesin, dan kemudian menjadi mahasiswa keuangan di University of Tampa.


Tunangan Tahun Lalu

November tahun lalu, Lindsay Lohan mengabarkan pertunangannya dengan Bader. Ia mengunggah sejumlah foto yang memperlihatkan cincin berlian melingkar di jari manisnya.

"My love. My life. My family. My future. (Cintaku. Hidupku. Keluarga. Masa Depanku) @bader.shammas #love," tulisnya di caption.

Infografis Gaun Pernikahan Raisa

Wasit Wanita Pencetak Sejarah

Berkenalan dengan Tiga Wasit Wanita Pencetak Sejarah di Piala Dunia 2022

Liputan6.com 2022-07-03 09:00:11
Sebagai ofisial keempat dipercayakan kepada Stephanie Frappart, wasit asal Prancis yang menjadi wasit wanita pertama yang menjadi pengadil dalam Piala Super Eropa dan partai Liga Champions. (

Tiga wasit wanita telah ditunjuk oleh FIFA untuk memimpin pertandingan putaran final Piala Dunia 2022 Qatar 21 November - 18 Desember

FIFA telah merilis daftar 36 wasit yang akan diberi kepercayaan untuk memimpin total 64 pertandingan Piala Dunia dari 32 tim nantinya.

32 wasit ini akan didampingi 64 asisten wasit dan juga 24 ofisial video pertandingan yang akan bertanggung jawab di ruang kontrol VAR (video assistant referee).

Menariknya, FIFA memasukan tiga nama wasit wanita dan tiga asissten wasit wanita di Piala Dunia 2022 Qatar.

Ketiga wasit tersebut adalah, Stphanie Frappart dari Prancis; Salima Mukansanga dari Rwanda dan Yoshimi Yamashita dari Jepang.

Mereka akan menjadi wanita pertama yang memiliki kesempatan untuk memimpin pertandingan Piala Dunia pria dalam 92 tahun sejarah kompetisi tersebut.

Adapun ketiga asisten wasit wanita yang ditunjuk FIFA adalah Neuza Back dari Brasil, Karen Daz Medina dari Meksiko dan Kathryn Nesbitt dari Amerika Serikat.

Pierluigi Collina, mantan wasit terkenal Italia yang sekarang menjabat sebagai ketua komite wasit FIFA, mengatakan bahwa penunjukkan sang pengadil lapangan di Piala Dunia berdasarkan kualitas.

"Kualitaslah yang penting bagi kami dan bukan gender. Saya berharap di masa depan, pemilihan ofisial pertandingan elit putri untuk kompetisi penting pria akan dianggap sebagai sesuatu yang normal dan tidak lagi sensasional," kata Colina, dilansir Telegraph.

"Mereka pantas berada di Piala Dunia FIFA karena mereka terus-menerus tampil di level yang sangat tinggi, dan itulah faktor penting bagi kami," ucapnya.


Stephanie Frappart

Stephanie Frappart telah berulang kali membuat sejarah dalam sepak bola pria. Sebelumnya dia menjadi wanita pertama yang memimpin pertandingan besar Eropa pria yakni Piala Super antara Chelsea melawan Liverpool pada 2019.

Dia juga membuat terobosan baru sebagai wanita pertama yang memimpin pertandingan Liga Champions pria di tahun berikutnya.

Dia memimpin laga Juventus di kontra Dynamo Kiev, dan pada tahun 2021 dia menjadi wasit wanita pertama untuk kualifikasi Piala Dunia pria saat dia memimpin pertandingan Belanda vs. Latvia.


Salima Mukansanga

Salima Mukansanga dari Rwanda juga telah mencatatkan namanya dalam sejarah sepak bola Afrika, setelah menjadi wanita pertama yang memimpin pertandingan Piala Afrika awal tahun ini.

Dia melakukannya bersama tim ofisial yang semuanya perempuan, untuk pertandingan antara Guinea dan Zimbabwe, di mana pemain Liverpool Naby Keita mencetak gol individu yang menakjubkan dalam pertandingan yang menghasilkan enam kartu kuning tersebut.

Mukansanga, yang juga memimpin pertandingan di Olimpiade dan Piala Dunia Wanita, menjadi salah satu dari empat wanita yang ditunjuk sebagai ofisial turnamen AFCON tahun ini.


Yoshimi Yamashita

Yoshimi Yamashita dari Jepang sebelumnya menjadi sorotan ketika dia menjadi wanita pertama yang memimpin laga Liga Champions Asia pria.

Dia memimpin laga ketika Melbourne City bertemu Jeonnam Dragons dari Korea Selatan bulan lalu. Dia juga memimpin dua pertandingan di Piala Dunia Wanita 2019 di Prancis.


Penerapan Teknologi Offside

FIFA telah menyetuji untuk menerapkan teknologi offside semi-otomatis untuk Piala Dunia 2022 Qatar 21 November-18 Desember ini.

Fungsinya teknologi ini akan mengurangi jumlah waktu yang diperlukan untuk menentukan offside dengan akurat di setiap pertandingan Piala Dunia 2022.

Saat ini 70 detik adalah waktu rata-rata yang diperlukan lewat Video Assistant Referee [VAR]. Dan dengan adanya teknologi baru ini waktu bisa diringkat menjadi 25 detik.

Menariknya, Animasi 3D dari situasi offside akan ditampilkan di layar lebar stadion yang memungkinkan suporter melihatnya.

Nantinya, sebanyak 12 kamera ditempatkan di bawah atap stadion akan melacak 29 bagian tubuh setiap pemain. Sementara sensor akan ditempatkan di bola Adidas World Cup dan merekam data 500 kali per detik.

Teknologi kemudian akan memberi tahu para petugas. Delapan orang akan berada di ruang VAR setiap pertandingan di Piala Dunia Qatar untuk turnamen tersebut.

Setelah diketahui hasilnya, VAR akan meneruskannya ke wasit. Wasit kemudian bisa mengeceknya lagi lewat layar di pinggir lapangan, untuk membuat keputusan final soal offside atau tidaknya seorang pemain.

Trafik kunjungan e-commerce saat Piala Dunia 2018 (Infografis: Shopback)

Di Ambang Krisis Pangan

Journal: Ancaman Krisis Pangan Global Nyata, Bagaimana Antisipasi Indonesia?

Liputan6.com 2022-07-04 00:05:55
Ancaman Krisis Pangan Global Nyata, Bagaimana Antisipasi Indonesia? (Liputan6.com/Abdillah)

Titin Yanie belakangan mengaku harus mengeluarkan uang belanja sayuran minimal dua kali lipat daripada sebelumnya, untuk sekali ke pasar. Dia pun mengeluhkan harga pangan yang tidak kunjung normal.

Bagi ibu rumah tangga seperti Titin, kondisi ini tentu saja memberatkan. Sebab, dia tidak dapat mengurangi bumbu dapur saat memasak sayuran untuk keluarga.

"Biasanya beli cabai Rp 10 ribu cukup untuk masak, sekarang harus Rp 25 ribu itu juga cuma dapat seperempat kilo aja. Telur biasanya beli sekilo ini paling setengah kilo dulu, bawa uang Rp 100 ribu enggak cukup buat stok seminggu," kata Titin kepada Liputan6.com.

Keresahan yang sama dialami Neneng Sari yang memilih untuk mengurangi jumlah pembelian cabai untuk sementara waktu. Sebab, kenaikan harga cabai saat ini dinilai amat memberatkan.

"Dulu masih bisa beli sekilo simpen di kulkas, pas harga normalnya Rp 5.000 sampai Rp 50.000 perkilogram. Sekarang, enggak lagi. Beli di warung aja 5.000 sekali masak. Jadi yang Rp 125.000 itu bisa dibagi bagi buat beli kebutuhan lain," bebernya.

Harga pangan yang tak kunjung normal tidak hanya meresahkan para ibu rumah tangga. Bagi pedagang warung tegal atau warteg, seperti Jali, kondisi ini juga memberatkan.

Jali pun terpaksa sedikit mengurangi jumlah lauk yang diberikan kepada pembeli. Sebab, dia memilih tetap mempertahankan rasa meskipun harga beberapa bahan pangan mengalami kenaikan.

"Kalau ngurangin bumbu pelanggan takutnya kabur, mending ngurangin dikit tapi rasanya enggak berubah. Paling sambelnya enggak bisa nyediain banyak kaya biasanya," kata Jali kepada Liputan6.com.

<p>INFOGRAFIS JOURNAL_Lonjakan Harga Pangan di DKI Jakarta (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Harga Tak Kunjung Normal

Sejumlah komoditas pangan di pasaran memang mengalami kenaikan dari beberapa pekan lalu. Mulai dari cabai, telur, hingga bawang merah. Seorang penjual di Pasar Cakung, Jakarta Timur pun mengaku seringkali menerima keluhan para pembeli karena harga pangan yang tak kunjung normal.

Kata penjual tersebut, saat ini untuk harga cabai rawit merah dari tengkulak telah mencapai harga Rp 95 ribu sampai Rp 100 ribu per kilo. Untuk bawang merah telah menyentuh harga Rp 80 ribu per kilogram. Nantinya harga yang dijual kepada pembeli akan mengalami peningkatan. Kenaikan itu diyakini terjadi usai Hari Raya Idul Fitri 2022.

"Malah pas lebaran belum naik, saya jadi bingung jualannya gimana, soalnya harga pada naik jadi bingung ngambil untungnya gimana. Saya nyari untung buat bawang ini sedikit paling. Cabai, sayur, gitu gitu kerasa banget mahalnya," kata salah seorang pedagang sayur di Pasar Cakung kepada Liputan6.com. Dia pun berharap harga pangan segera normal kembali.

Saat Liputan6.com menyambangi pasar pada Minggu (3/7/2022) harga cabai yang ditawarkan berkisar Rp 100 ribu sampai Rp 120 ribu per kilogram. Kemudian untuk harga telur menyentuh kisaran angka Rp 28.000 per kilogram.

Hal yang sama juga disampaikan oleh pedagang warung kelontong Aziz. Dia menyatakan harga telur di warungnya belum mengalami harga sejak beberapa pekan terakhir. Harga dari tengkulak satu kilogram telur yang diterima Aziz yaitu Rp 25 ribu.

"Ini saya jual 1/4 kilo Rp 8 ribu, 1/2 itu Rp 15 ribu, dan sekilonya itu Rp 28 ribu. Sekarang enggak turun-turun harga telor. Ya kalau dulu normalnya sekilo Rp 22 ribu," kata Aziz kepada Liputan6.com.


Kenaikan Harga Pangan yang Tak Wajar

Kenaikan harga pangan yang saat ini terjadi merupakan salah satu indikator dari potensi krisis pangan. Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) Hermanto Siregar menyebut kenaikan harga komoditas di Indonesia seringkali terjadi setiap tahunnya. Namun menurut dia, kenaikan yang terjadi saat ini termasuk hal yang luar biasa.

"Ambil contoh misalnya harga telur, mengapa mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan? Karena pakan ayam ini harganya mahal. Kenapa pakannya mahal? Karena jagung mahal, kenapa jagung mahal? Karena memang pasar global mengalami demand yang cukup tinggi untuk jagung," papar Hermanto kepada Liputan6.com.

Dia menambahkan, "Seperti Tiongkok impornya terhadap jagung tinggi. Sehingga untuk mengantisipasi hal seperti itu, orang kemudian mencari komoditas pangan tersebut, sehingga harganya tinggi."

Hermanto memperkirakan harga produk turunan dari gandum akan mengalami peningkatan dari harga saat ini akibat penurunan produksi dari negara asalnya. Indonesia saat ini mengandalkan impor gandum dari Ukraina dan Rusia. Dia juga menyatakan nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia.

Karena hal itu, dia menyatakan Indonesia memungkinkan untuk terus melakukan penanaman sejumlah makanan pokok lainnya. Misalnya untuk padi, dalam setahun dapat melakukan dua sampe tiga kali panen.

"Walaupun terjadi krisis, benar-benar terasa oleh masyarakat kita ya tidak dalam waktu satu tahun, dalam waktu satu tahun tersebut kita masih aman, walaupun terjadi kenaikan harga. Tapi, itu dengan catatan bahwa kita menanam panganan tersebut sekarang. Kalau kita baru menanam nanti ketika terjadi masalah, ya itu akan terlambat," ucap dia.

"Akan tetapi, dengan adanya produksi pangan, walaupun misalnya kurang atau tidak sebanyak yang biasanya, negara kita masih relatif oke. Dengan catatan harga masih bisa kita jaga. Kuncinya adalah menjaga, mulai dari distribusi pangannya perlu kita perhatikan," sambung dia.

Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Mohammad Faisal menyebut pemerintah harus melakukan sejumlah langkah antisipasi terjadinya krisis pangan. Kata dia, krisis pangan tak hanya terjadi akibat terjadinya perang antara Rusia dan Ukraina.

Namun konflik kedua negera tersebut memicu adanya kenaikan komoditas pangan. Terutama gandum sebagai pangan yang diproduksi oleh kedua negara tersebut. Sedangkan Indonesia merupakan negara importir terbesar gandum.

"Jadi, saya melihat krisis pangan ini pertama, definisi dan sorotan krisis pangan adalah komoditas-komoditas pangan dalam kelompok serealia, jadi seperti gandum, beras, jagung, dan biji-bijian dan lain yang utamanya ya. Walaupun nanti kita lihat serealia yang lain seperti gula dan lain-lain," kata kata Faisal kepada Liputan6.com.


Pemerintah Diminta Tingkatkan Produktivitas Pangan Dalam Negeri

Faisal menyebut, untuk komoditas seperti halnya jagung hingga beras diprediksi akan lebih stabil. Sebab beras produsennya lebih banyak pada negara-negara tropis, misalnya Vietnam dan Thailand. Namun Faisal menilai produktivitas beras di Indonesia mengalami penurunan dan memicu kekhawatiran.

Hal tersebut berdasarkan hasil panen raya beras pada semester awal tahun 2022 yang hanya mencapai 1 juta ton atau di bawah batas minimal 2 juta ton.

"Keadaan pangan (beras di Indonesia) relatif kurang menggembirakan ya, jika kita melihat kondisi yang saya ceritakan tadi. Tadi kita lihat satu persatu kan. Pertama beras yang menjadi kebutuhan pangan utama kita, setelah panen raya ini," ucap dia.

Faisal menyatakan perubahan iklim di dua tahun terakhir menjadi salah satu pemicunya. Kendati begitu untuk mengantisipasi adanya krisis pangan di Indonesia dia menyatakan pemerintah harus melakukan sejumlah strategi. Misalnya meningkatkan dan mengoptimalkan produktivitas untuk makanan pokok, seperti beras. Sebab sejumlah negara telah melakukan pembatasan ekspor.

"Jadi ada proteksi daripada supply pangan mereka, dan kita perlu memprioritaskan produksi pangan dalam negeri. Jadi, harus meningkatkan resiliensi terutama untuk staple food kita di beras,"

Kata dia, pemerintah dapat mempelajari sejumlah kelemahan-kelemahan yang seringkali terjadi dalam meningkatkan produksi di dalam negeri. Salah satunya yaitu dengan memberikan insentif untuk para petani. Yakni harga yang dapat memberikan motivasi petani untuk terus melakukan aktivitas produksi.

"Hal ini yang agak kurang (diperhatikan) selama ini, yaitu pendekatan dari sisi produsen nya, karena yang disoroti selalu dari sisi konsumen diberikan harga yang terjangkau, tapi melupakan bahwa produsen perlu diperhatikan. Karena jika harga jual terlalu rendah mereka jadi tidak ingin berproduksi," papar dia.

Lanjut dia, dengan produksi yang terus menurun nantinya dapat memberikan efek ketergantungan dengan melakukan impor besar-besaran. Meksipun data ini, kata Faisal Indonesia sudah bergantung pada impor bahan pangan.

Ketergantungan impor dapat memberikan risiko yang tinggi setelah adanya konflik atau perang. "Untuk bahan pangan yang susah untuk kita swasembada karena masalah iklim dan cuaca seperti gandum yang mau tidak mau kita memang perlu mendorong lebih kuat lagi diversifikasi negara asal impor gandum kita. Jadi, tidak bergantung pada 1 atau 2 negara saja," ujarnya.

Pengalihan impor kepada negara lain, kata Faisal sebagai langkah pengalokasian yang lebih menguntungkan. "Saya rasa langkah terakhir kemarin, yaitu Pak Jokowi ke Rusia dan Ukraina menyentuh permasalahan ini. Jadi, permasalahan krisis pangan terutama dalam kaitannya supply gandum, dimana kita merupakan importir terbesar," Faisal menandaskan.


Ancaman Krisis Pangan itu Nyata

Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) telah memperingatkan potensi krisis pangan dunia dengan melonjaknya harga kebutuhan pokok yang dipicu konflik Rusia-Ukraina. Laporan FAO perang Ukraina-Rusia akan mendorong 47 juta orang di seluruh dunia masuk ke jurang akibat krisis pangan.

Rusia dan Ukraina merupakan negara eksportir untuk komoditas pangan lainnya, seperti jagung, dan minyak nabati. Lalu kedua negara tersebut merupakan pengekspor hampir 30 persen gandum dalam perdagangan internasional pada 2021. Kemudian, Rusia merupakan pengekspor pupuk dunia.

Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) Hermanto Siregar menyatakan ancaman krisis pangan merupakan suatu hal yang nyata. Namun saat ini hal tersebut belum sangat terasa di Indonesia. Hermanto menyebut itu disebabkan karena Indonesia merupakan negara dengan produsen pangan yang cukup signifikan.

Kendati begitu, dia menikah indikasi atau gejala mengenai ancaman krisis pangan sudah terlihat. Yakni dengan adanya konflik antara Ukraina dan Rusia. Sebab Indonesia merupakan negara pengimpor gandum dari kedua negara tersebut.

"Berawal dari adanya perang antara Rusia dan Ukraina yang mana kedua negara tersebut adalah produsen utama pangananserealia, khususnya gandum dan beberapa pangan yang lain. Karena di sana sedangdalam kondisi perang, maka supplai pangan menjadi terganggu dan harga naik," kata Hermanto kepada Liputan6.com.

Menurut dia, kenaikan suatu komoditas akan berdampak dengan lainnya. Potensi kedua yang telah terasa adanya perubahan iklim yang semakin panas. Hal itu berdampak atau mengurangi produktivitas usaha para petani.

Misalnya tanaman pangan yang diproduksi menjadi terganggu. Faktor selanjutnya yaitu akibat pandemi Covid-19 yang mengakibatkan kenaikan harga pangan. Hermanto menyatakan inflasi juga telah terjadi di sejumlah negara.

"Indonesia memiliki suatu keberkahan karenakita berada di daerah khatulistiwa. Produksi pangan kita walaupun ada terpengaruhtetapi masih cukup banyak (produksinya). Akan tetapi kita tidak boleh lengah, kalau bisa ditingkatkan lagi bahkan, untuk mengantisipasi krisis pangan yang terjadi," ucapnya.

Karena hal itu dia meminta agar pemerintah dapat mempersiapkan sejumlah skenario atau mitigasi terburuk bila terjadi krisis pangan mulai dari tingkat berat, sedang, hingga ringan. Hermanto menyatakan ketika terjadi harga tinggi akan meningkatkan inflasi di Indonesia.

Langkah Antisipasi Krisis Pangan di Rumah

Sebab pangan merupakan komponen penting di dalam inflasi. Selanjutnya ketika terjadi inflasi akan berdampak pada penurunan daya beli masyarakat, kemudian berdampak pada meningkatnya jumlah kemiskinan di masyarakat.

Hermanto juga menyarankan agar masyarakat diperkotaan dapat memanfaatkan lahan sisa untuk bercocok tanam dengan hidroponik, urban farming, ataupun beternak. "Pada dasarnya adalah untuk menjaga ketahanan pangan kita dan juga mempunyai dampak ekonomi. Karena berbagai tanaman tersebut kalau tidak untuk kebutuhan sendiri dapat dijual. Jadi esensinya sekali lagi adalah bagaimana kita mendorong produksi pangan," paparnya.

Selain itu, dia juga meminta agar pemerintah daerah dapat mengoptimalkan lahan-lahan pertanian yang ada untuk meningkatkan produktivitas. Kemudian subsidi juga diperlukan untuk antisipasi krisis. Misalnya subsidi benih hingga pupuk yang tercukupi.

"Pemerintah ada badan pangan nasional, ada Bulog yang mana mereka bisa serap. Dengan cara memberikan APBN yang cukup, sehingga harga dapat tetap stabil. Bahkan di samping itu kita bisa ekspor, kalau memang surplus pangan tersebut terjadi, kita bisa menolong juga negara-negara lain. Jadi, tidak ada salahnya mengusahakan surplus yang signifikan itu," sambung Hermanto.


Peningkatan Jumlah Kemiskinan Salah Satu Dampak dari Krisis Pangan

Indeks Harga Pangan PBB menyatakan harga pangan seperti halnya sereal, minyak sayur, susu, daging, dan gula mengalami pelonjakan sebanyak 13 persen pada Maret akibat konflik Ukraina dan Rusia. Peningkatan tersebut menyusul rekor pada bulan sebelumnya atau Februari 2022. Lalu minyak nabati melonjak 23 persen, sereal naik 17 persen, hingga gula naik 7 persen.

Saat ini, Ukraina telah menghentikan ekspor gandumnya akibat konflik dengan Rusia yang belum ada titik tengah. Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) dan Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) mengatakan hal tersebut akan berdampak pada tingginya harga gandum secara global pada musim 2022/2023.

Selain itu sejumlah negara juga melakukan pembatasan ekspor gandum, misalnya India. Akibatnya harga gandum dunia melonjak tajam hingga menyentuh angka US$1.247,9/bushel per 17 Mei 2022 atau meningkat sebanyak 75,7 persen jika dibandingkan dengan harga pada akhir tahun lalu.

Lonjakan harga pangan mendorong inflasi harga konsumen Inggris menembus ke level tertinggi dalam 40 tahun, mencapai 9,1 persen pada bulan Mei 2022. Angka tersebut menjadi tingkat tertinggi dari negara-negara G7 dan menggarisbawahi parahnya krisis biaya hidup di Inggris.

Selain itu angka inflasi tersebut lebih tinggi daripada Amerika Serikat, Prancis, Jerman dan Italia. Awalnya pada April 2022, inflasi di Inggris 9 persen.

Direktur Center of Economics and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira menilai krisis pangan saat ini cukup serius untuk dilakukan antisipasi. Sebab sejumlah negara telah melakukan pengamanan pasokan pangannya. Lalu beberapa negara tersebut juga melakukan pembatasan ekspor ke negara lainnya.

Peristiwa tersebut kata dia berdampak pada harga pangan yang melonjak tinggi di pasaran. Bahkan kenaikan harga pangan dianggap Bhima terlalu liar.

"Hal tersebut akhirnya akan membuat harga pangan justru semakin liar. Kemudian konflik Ukraina dan Rusia yang masih belum tahu kapan selesainya, ini akan membuat berbagai distrupsi rantai pasok akan terjadi," kata Bhima kepada Liputan6.com.

Selanjutnya kata Bhima, pemasukan biaya pertanian juga mengalami peningkatan secara drastis. Misalnya yaitu harga pupuk yang mengalami kenaikan sampai 180 persen untuk skala internasional. Hal tersebut menurut Bhima juga akan memberikan sejumlah dampak kepada masyarakat.

"Yaitu mendorong banyaknya rumah tangga yang jatuh di bawah garis kemiskinan, karena inflasi pangan sangat sensitif, khususnya pada kelompok masyarakat yang paling bawah. Semua faktor tersebut dari krisis pangan yang begitu nyata, harus segera direspon oleh beberapa kebijakan," lanjut dia.

Kebijakan tersebut misalnya menambah dan memastikan alokasi subsidi pupuk kepada masyarakat ataupun sentra-sentra pertanian. Kemudian meningkatkan produktivitas lahan yang ada. Termasuk dalam pembukaan lahan baru.

Selanjutnya kata dia, dapat dilakukan dengan upaya meningkatkan hasil pertanian dalam pengelolaan lahan yang tersedia. Bhima juga meminta agar pemerintah dapat melakukan lobi kepada negara-negara yang menjadi tempat bergantung impor pangan.

"Agar tidak dilakukan pembatasan yang merugikan posisi Indonesia, karena setiap proteksi dagang tersebut akan membuat inflasi pangan akan jauh lebih tinggi. Itu yang kemudian perlu disadari oleh pemerintah dan jaring pengaman sosial untuk mencegah terjadinya kemiskinan karena harga pangan yang naik," ucapnya.

<p>INFOGRAFIS JOURNAL_Konflik Ukraina dan Rusia Ancam Krisis Pangan di Indonesia? (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Bhima menyebut, potensi krisis pangan telah dirasakan oleh masyarakat menengah ke bawah terlebih yaitu para produsen di industri makanan dan minuman. Kemudian para pelaku UMKM pun mengalami kenaikan biaya produksi dari mulai tepung gandum atau tepung terigu hingga minyak goreng.

Penyesuaian-penyesuaian harga di tingkat konsumen pun otomatis diberlakukan. Peningkatan itupun terjadi secara bervariasi, mulai dari 5-7 persen.

"Kemudian dari sisi produsen pangan, sebenarnya tidak benar bahwa adanya kenaikan harga pangan itu akan menguntungkan posisi petani ataupun posisi peternak, karena yang terjadi di sisi petani dan peternak, yaitu satu harga pupuk dan harga pakan ternak itu mengalami kenaikan yang cukup signifikan, sehingga margin dari peternak dan petani sebenarnya sangat tipis. Jadi, mereka belum tentu menikmati kenaikan harga, karena sebabnya kenaikan harga lebih dari cost atau biaya produksi yang lain," papar Bhima.

Lanjut dia, rantai distribusi merupakan elemen yang perlu diperhatikan untuk antisipasi kenaikan harga akibat krisis pangan. Sebab akan ada banyak spekulan, distributor yang bermain untuk menguasai pasar. "Jadi, semakin panjang rantai distribusi semakin petani dan peternak tidak menikmati hasil dari kenaikan harga di level konsumen," Bhima menandaskan.


Langkah Pemerintah Antisipasi Krisis Global

Sementara itu beberapa waktu lalu Kementrian Pertanian (Kementan) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian Nasional (Musrenbangtannas) pada Rabu (29/6/2022). Kegiatan tersebut untuk membahas sejumlah permasalahan atau ancaman krisis pangan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meminta agar ada perencanaan pembangunan pertanian yang inovatif dan adaptif pada 2023. Yakni yang mampu beradaptasi dan memitigasi seluruh tantangan pertanian.

"Tantangan pertanian tidak seperti kemarin. Segala sesuatu di depan mata jadi berbahaya saat kita anggap semua remeh-remeh saja," kata Syahrul yang dikutip dalam YouTube Tani TV Indonesia.

Dia melanjutkan, "Krisis pangan dunia di depan mata, bukan di depan mata tapi sudah terjadi. Banyak negara yang sekarang tidak bisa bayar hutang banyak negara dari Covid yang ada mereka jadi sangat miskin, pengangguran di mana-mana, banyak negara."

Lanjut dia, saat ini produksi pangan di berbagai negara menurun dan berdampak pada kenaikan harga di dalam negeri. "Untuk itu, komoditi yang kebutuhannya masih diimpor harus ganti dari substitusi komoditi lain seperti gandum diganti dengan sorgum atau singkong," dia menjelaskan.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementan Kasdi Subagyono menyatakan terdapat tiga strategi yang akan dilakukan untuk pembangunan pertanian dalam menghadapi krisis global saat ini.

"Jadi satu meningkatan kapasitas produksi, nomor dua adalah meningkatkan produksi substitusi impor dari 12 pokok pangan kita masih ada empat yang berafiliasi impor. Kedelai, bawang putih, kemudian daging sapi kemudian gula konsumsi itu yang masih," kata Kasdi.

Strategi selanjutnya yaitu memanfaatkan peluang krisis global untuk meningkatkan kuantitas pangan dan kualitasnya agar dapat menguasai pasar ekspor. Saat ini kata Kasdi pihaknya terus mengupayakan agar empat bahan pangan impor dapat terkecukupi dari dalam negeri.

"Kalau seperti padi jagung itu reguler terus artinya swasembada nya kita maintenance. Bahkan padi seperti yang disampaikan oleh Pak Presiden bahwa kita tidak impor lagi selama tiga tahun," jelas dia.

<p>INFOGRAFIS JOURNAL_ Ancaman Krisis Pangan Sudah Didepan Mata? (Liputan6.com/Abdillah)</p>