Fuji Dicaci Terkenal karena Aji Mumpung

Tanggapan Haji Faisal soal Netizen Protes Fuji yang Terkenal karena Aji Mumpung

Liputan6.com 2022-07-04 18:00:00
Haji Faisal, mertua Vanessa Angel dan ayah Bibi Andriansyah (https://www.instagram.com/p/Cc64ndJpPwp/)

Sosok Fujianti Utami Putri atau lebih dikenal Fuji An semakin dikenal di dunia hiburan Tanah Air. Adik mendiang Bibi Andriansyah ini kerap menjadi sorotan karena merawat Gala Sky di awal kecelakaan yang menimpa Vanessa Angel.

Aksi Fuji pun banyak menuai pujian dari warganet. Akan tetapi tak sedikit juga yang mencibir karena menganggap gadis berusia 19 tahun ini sedang aji mumpung.

Tak sedikit juga yang mengatakan Fuji jadi terkenal dengan jalur musibah yang menimpa kedua orangtua Gala Sky.

Sebagai ayah Fuji, Haji Faisal pun memberikan tanggapannya. Ia menilai semua yang terjadi memang sudah jalan dan ketentuan dari Sang Khalik.

"Ya itu kan, makanya saya bilang, Tuhan itu mempunyai cara tersendiri untuk katakanlah memunculkan seseorang, mengarahkan seseorang. Sama seperti, pintu Surga juga enggak satu, ada banyak sekali amal dan ibadah untuk cara membukanya, amal dan ibadah," ungkap Haji Faisal saat ditemui di kediamannya kawasan Srengseng, Jakarta Barat, baru-baru ini.


Protes

Haji Faisal juga meminta netizen yang tak suka dengan Fuji untuk tidak protes. Pasalnya, apabila tetap protes, maka bisa dilakukan ke Sang Pencipta.

"Seperti itu jugalah, pintu untuk menjadikan seseorang itu sukses juga banyak disediakan oleh Tuhan. Itu adalah kuasa Tuhan. Kita tidak bisa membantah itu, memprotes itu. Siapa yang memprotes itu? Sama aja dia memprotes kepada Tuhan. Memang Tuhan itu menetapkan garis ketentuannya. Kita mau ngomong apa?" lanjutnya.


Makin Dewasa

Haji Faisal pun menilai makin kemari, Fuji pun makin dewasa dalam menghadapi pro dan kontra tentang dirinya.

Menurut Haji Faisal, Fuji hanya perlu membiasakan diri sebagai tokoh publik yang setiap kegiatannya sering disorot awak media.

"Alhamdulillah Fuji sekarang semakin dewasa, makin paham dan memahami. Tentu dia sudah belajar, menghadapi kondisi dan situasi yang akan dihadapi. Apalagi dia masuk ke dunia di mana dia menjadi tontonan dan sorotan masyarakat. Mudah-mudahan dia bisa dan biasa," ujarnya.


Koreksi Diri

Selain itu, Haji Faisal pun berpesan kepada masyarakat agar bisa mengoreksi diri sebelum mengoreksi orang lain.

Menurutnya Fuji yang hingga saat ini terus meniti karir di dunia entertainment tak pernah menyakiti dan menyinggung hati orang lain baik sengaja ataupun tidak.

"Jadi saya berharap masyarakat bisa juga koreksi diri. Bahwa ketetapan itu harusnya bertanya kepada Tuhannya. Karena Memang begitu ketentuannya. Karena selama delapan bulan dia ada di posisi sekarang, dia tidak menyakiti, menyinggung orang lain. Alhamdulillah tidak ada orang yang dia hinakan dan kecilkan. Dan bagi saya, itu prestasi yang luar biasa," pungkasnya.

Jumlah produksi film Indonesia, berapa banyak? (Liputan6.com/Trie yas)

Bu Susi Deklarasi Maju Jadi Capres

Susi Pudjiastuti Dideklarasikan Maju Jadi Capres 2024

Liputan6.com 2022-07-03 21:44:54
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat acara diskusi "Ngopi Bareng Presiden PKS" di DPP PKS, Jakarta, Senin (20/1/2020). Diskusi ini mengangkat tema "Sengketa Natuna dan

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mendapatkan dukungan maju sebagai calon presiden atau Capres 2024.

Adapun itu disuarakan oleh Komunitas Pendukung Ibu Susi (Kopi Susi) mendeklarasikan dukungan di Graha Ardhya Garini, Jakarta, Minggu (3/7/2022).

"Pada hari ini izinkan kami mendeklarasikan keberadaan komunitas kami. Dengan ini mendeklarasikan komunitas Kopi Susi ini sebagai langkah konkrit kami dalam mengenalkan sosok Ibu Susi sebagai salah satu alternatif calon pemimpin di masa depan," bunyi deklarasi yang dibacakan Amri, perwakilan Kopi Susi.

Sementara itu, Susi yang hadir menyebut deklarasi Kopi Susi merupakan gerakan moral, bukan gerakan politik.

Sebabnya, Kopi Susi lahir bukan dari partai politik sehingga tidak memiliki kekuatan untuk mendorongnya maju di Pemilu 2024.

"Ini gerakan moral, bukan gerakan politik. Harus rasional dong, realistis dong. Kan tidak mungkin partai dunia maya, tidak punya threshold, tidak punya apa-apa dalam dunia nyata, mau nyalonin presiden. Ya enggak mungkin dong," ujar Susi.

Ia merasa sulit untuk maju di Pilpres 2024. Sebab tidak punya partai politik dan bukan orang partai. Kecuali ada partai yang berminat mendorongnya maju untuk bertarung di Pilpres 2024.

"Nah saya tidak punya KTA partai apapun. Partai ikan saya punya," tutur Susi.


Belum Ada yang Meminangnya

Menurutnya belum ada partai politik yang berminat mendukungnya.

Hanya saja, Susi mengaku biasa saja bila banyak bertemu pimpinan partai politik.

"Enggak juga. Kalau ketum partai ngobrol sama saya ya biasa, kan mereka juga kawan. Tapi tidak ada yang tawar-tawar. Saya pikir mungkin karakter saya juga terlalu gimana kan," kata Susi.


Terbentuk dari Media Sosial

Ketua Panitia deklarasi Kopi Susi, Virawati menjelaskan, komunitas ini terbentuk dari media sosial. Dimulai dari @PartaiSocmed di Twitter yang jenuh karena polarisasi di masyarakat dan oligarki.

Orang-orang yang satu pandangan ini akhirnya berkumpul membentuk komunitas Kopi Susi ini.

Alasan Susi yang didorong karena bos Susi Air ini juga menolak oligarki dan polarisasi. Kopi Susi akan memperkenalkan Susi sebagai salah satu calon alternatif.

"Oligarki dia enggak suka, polarisasi dia enggak demen. Kita penginnya seperti itu, berniat memajukan Ibu Susi sebagai calon presiden," kata Virawati.

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

Menpan RB Pengganti Tjahjo Kumolo

Mahfud Sebut Jokowi Sudah Kantongi Pengganti Tjahjo Kumolo sebagai Menpan RB

Liputan6.com 2022-07-04 12:21:39
Menkopolhukam Mahfud MD menanggapi video viral Pendeta Saifuddin Ibrahim yang meminta Menag menghapus 300 ayatdalam Al-Qur'an. (Liputan6.com/ Kemenkopolhukam)

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengantongi nama pengganti Tjahjo Kumolo sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

"Pak Jokowi pasti sudah tahu dan sudah ada di kantong beliau," kata Mahfud Md di Jakarta, Senin, (4/7/2022).

Mahfud menduga Jokowi akan segera mengumumkan pengganti Tjahjo Kumolo usai masa berkabung.

"Mungkin hanya menunggu lewatnya waktu bela sungkawa," kata Mahfud.

Mahfud pun enggan berandai-andai siapa yang dinilai cocok sebagai pengganti Tjahjo Kumolo. Jokowi, kata dia, memiliki penilaian sendiri untuk memilih menterinya.

"Oleh sebab itu saya tak punya preferensi penilaian apa pun dan siapa pun untuk menjadi pengganti Pak Tjahjo Kumolo," katanya.

Sebelumnya, DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk menunjuk Menpan RB yang baru. PDIP belum memikirkan pengganti Tjahjo Kumolo itu karena masih suasana berduka.

"Jadi kita masih dalam suasana duka, tentu saja kita sadari memaklumi bahwa itu adalah kewenangan dari Pak Jokowi," kata Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat ditemui saat diskusi publik 'Bung Karno: Arsitek Kemerdekaan Bangsa-Bangsa' di kantor DPP PDIP, Jakarta, Minggu (3/7/2022).

"Tapi marilah kita berdoa agar Pak Tjahjo itu diberikan tempat terbaik di sisi Tuhan," sambungnya.


Tak Harus dari PDIP

PDIP juga tidak memaksa kursi Menpan RB kembali diisi oleh kader partai banteng. Djarot menyebut, pengisian kursi menteri menjadi kewenangan sepenuhnya Presiden Jokowi.

"Jadi kita serahkan sepenuhnya. Kita kerja samanya bukan kerja sama secara pragmatis ya. Kita mendukung Pak Jokowi itu betul-betul mendukung yang total," kata Djarot.

PDIP juga tidak meminta-minta jatah menteri kepada Jokowi. Diharapkan siapapun yang menjadi menteri betul-betul bisa bekerja mewujudkan visi misi presiden.

"Dan PDI Perjuangan, pak Jokowi itu juga kader PDI Perjuangan, tapi kita tidak pernah meminta jatah ini jatah itu. Serahkan sepenuhnya pada pak Jokowi untuk kebaikan negeri ini. Supaya mereka ini para pembantu presiden betul-betul bisa bekerja keras untuk mewujudkan visi misi pak Jokowi dan memwariskan kondisi yang baik bagi termasuk di kementerian PAN-RB," tegas Djarot.

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka

Undangan Haji dari Raja Arab Saudi

Wapres Ma'ruf Amin Dapat Undangan Haji dari Raja Arab Saudi

Liputan6.com 2022-07-04 16:58:29
Wakil Presiden Ma'ruf Amin di acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-91, di Jakarta Concert Hall, Senin (28/10) malam.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan menunaikan ibadah haji ke Arab Saudi. Jubir Wapres Masduki Baidlowi menyatakan, Ma'ruf akan bertolak ke Arab Saudi pada Selasa, (4/7/2022) besok.

"Berangkat besok jam 9, tiba di Madinah kira-kira pukul 02.30 waktu setempat," kata Masduki pada Liputan6.com, Senin (4/7/2022).

Masduki mengatakan, Ma'ruf Amin berangkat atas undangan khusus dari Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saudi yang disampaikan oleh Kedubes Arab Saudi.

"Atas undangan Raja Arab Saudi, jadi berangkat sebagai tamu kerajaan," kata dia.

Ma'ruf Amin berangkat bersama Ibu Wury dan juga tim melekat. Rencananya wapres akan kembali dan tiba ke Indonesia pada 13 Juli 2022. "Dengan tim melekat, tanggal 13 sampai Indonesia," kata dia.

Selain itu, Masduki memastikan keberangkatan Ma'ruf tidak akan mempengaruhi kuota haji di Indonesia. Sebab, Ma'ruf adalah undangan khusus Raja.

"Enggak ada hubungan dengan kuota haji yang ada di Indonesia, kuota nasional tidak terganggu," pungkas dia.


240 Kloter Jemaah Calon Haji Indonesia Sudah Tiba di Makkah

Dua kloter terakhir jemaah calon haji Indonesia tiba di Arab Saudi pada Minggu (3/7/2022). Dengan demikian, sudah ada 240 kloter yang sudah tiba di Kota Makkah.

"Alhamdulillah, kita bersyukur kehadirat Allah, 240 kloter sudah tiba di Kota Makkah, dengan ini seluruh kloter sudah tiba dengan jumlah jemaah 92.668 jemaah dan petugas," ujar Kepala Daker Kerja Makkah Mukhammad Khanif di Makkah, Minggu.

Dua kloter dari Embarkasi Jakarta -- Bekasi (JKS) dan Embarkasi Solo (SOC) menjadi kloter yang terakhir tiba di Kota Makkah pada Minggu 3 Juli. Jemaah dari SOC tiba di Hotel Kiswah 401 dan 402, Jarwal, Makkah sekitar pukul 15.30 WIB. Kedatangan jemaah SOC 43 ini menandai berakhirnya kedatangan jemaah reguler.

"Ke depan kita akan terus berikan pelayanan terkait akomodasi, konsumsi, dan transportasi jemaah haji. Untuk nanti perjalanan puncak ke Arafah kita berharap jemaah haji dapat menyiapkan diri untuk menjaga kebugaran tubuh untuk laksanakan puncak haji," kata dia.

Khanif mengatakan, bagi jemaah yang baru tiba di Makkah akan melaksanakan umrah wajib yang nanti akan difasilitasai transportasi bus shalawat. Operasional bus shalawat terakhir pada besok.

"Jadi besok terakhir layanan bus salawat, kemudian kita akan menunggu perjalanan atau pemberangkatan ke Arafah. Dalam masa menunggu ini kita berharap para jemaah haji menyiapkan diri untuk menjaga kesehatan badan, untuk laksanakan puncak ibadah haji," kata dia.

Proses Cerai Jalan Terus

Mediasi Gagal, Proses Cerai Dewi Perssik dan Angga Wijaya Berlanjut

Liputan6.com 2022-07-04 16:30:18
6 Potret Dewi Perssik Hadir di Sidang Cerai dengan Angga Wijaya, Mengaku Tak Gugup (Sumber: Kapanlagi.com)

Sidang cerai perdana antara Dewi Perssik dan Angga Wijaya digelar di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Senin (4/7/20922). Sidang beragendakan mediasi.

Dewi Perssik dan Angga Wijaya masing-masing hadir didampingi kuasa hukum. Sayangnya, mediasi yang mereka tempuh tak membuahkan hasil, alias gagal.

Dengan begitu, maka sidang perceraian akan dilanjut ke tahap berikutnya. "Tadi gagal, jadi tetap pada keputusan pertama untuk melanjutkan gugatannya," kata Angga Wijaya dikutip dari YouTube MOP Channel.

Kendati demikian, Angga senang karena bisa bertatap muka lagi dengan istrinya setelah lebih dari sebulan tak berjumpa.

"Jujur saya senang bertemu beliau karena saya penginnya baik-baik saja, walaupun kita enggak bersama lagi, maunya kayak saudara saja," ia menerangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


5 Tahun

Meski keputusan cerai sudah bulat, namun rasa sedih tetaplah ada. Dia tak menyangka keutuhan rumah tangganya tengah berada di ujung tanduk.

"Enggak ada keluarga yang mau berpisah ya, maunya baik-baik saja. 5 tahun bukan waktu yang sebentar untuk rumah tangga, banyak suka citanya dan harus berakhir sekarang," ujarnya.


Sedih

Jadi, perasaan Angga Wijaya terasa campur aduk saat bertatap muka kembali dengan Dewi Perssik di persidangan.

"Sedih jujur dalam hati, saya bertemu beliau yang seharusnya kita bersama-sama sekarang saya harus berpisah," ungkap suami sekaligus manajer Dewi Perssik itu.


Alasan

Saat ditanya apa alasan yang melandasi keputusannya untuk bercerai, Angga Wijaya enggan menjabarkan. Baginya, itu adalah urusan pribadi yang tak harus diketahui publik.

"Ada beberapa alasan yang enggak bisa saya share, itu bisa jadi alasan saya pribadi dan keputusan itu saya ambil bukan sehari dua hari. Mudah-mudahan semua keputusannya yang terbaik," tutupnya.

<p>Infografis Vaksinasi PMK Hewan Ternak Digencarkan Jelang Idul Adha. (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Hujan Ikan di San Fransisco

Fenomena Hujan Ikan Terjadi di San Fransisco AS, Begini Penjelasan Ahli

Liputan6.com 2022-07-03 21:00:52
Viral Fenomena Langka Hujan Ikan yang Menghebohkan (Sumber: CNN)

Saat itu hujan ikan terjadi di San Francisco, dan penduduk setempat menemukan ikan teri di tempat-tempat yang tidak biasa di sekitar Bay Area, termasuk trotoar, jalan masuk, atap, dan halte bus.

Dilansir laman Live Science, Minggu (3/7/2022), para ahli percaya bahwa curah hujan yang mencurigakan adalah hasil dari lonjakan populasi ikan teri pesisir.

Awal bulan ini, Laboratorium Geokimia dan Ekologi Ikan Otolith di Departemen Biologi Margasatwa, Ikan dan Konservasi di University of California, Davis memberi tahu masyarakat setempat tentang acara "pemijahan ikan teri" yang terjadi di bagian bawah Teluk San Francisco, menandai episode tersebut sebagai "bulanan tertinggi kedua total yang pernah kita lihat."

Para ahli percaya bahwa burung laut mengambil keuntungan dari karunia ini, dan burung-burung tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan rasa malu karena kekayaan.

Akibatnya, mereka menjatuhkan ikan dari langit dan mereka menikmatinya dengan cuma-cuma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Fenomena Hujan Ikan

Berita tersebut dengan cepat menyebar di media sosial, dengan penduduk setempat mengunjungi Reddit untuk memperingatkan orang lain agar merunduk jika mereka pergi ke luar.

Mereka pun menyamakan fenomena tersebut dengan serial film "Sharknado".

Laporan tentang dampak aroma amis telah dicatat di seluruh Bay Area, termasuk di lingkungan Outer Richmond dan Castro di San Francisco.

Seorang penduduk setempat mengatakan kepada SF Gate bahwa mereka "mendengar suara menderu di belakang saya dan mendengar suara percikan besar".

<p>Infografis Gejala dan Pencegahan Covid-19 Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Eks PSK Jadi Ratu Bajak Laut

Mengenal Zheng Yi Sao, Eks PSK Menjelma jadi Ratu Bajak Laut Dunia

Liputan6.com 2022-07-04 13:11:08
Ching Shih. (Wikimedia/Public Domain)

Jika Anda beranggapan bahwa bajak laut paling kejam di dunia adalah Long John Silver atau Swashbuckling Blackbeard, maka itu bukanlah jawaban yang sebenarnya.

Sosok bajak laut paling kejam di dunia bukan seorang laki-laki, melainkan perempuan. Dalam video animasi yang diunggah oleh BBC, wanita yang dimaksud adalah Zheng Yi Sao.

Zheng Yi Sao adalah adalah mantan pekerja seksual komersil yang menjelma menjadi Ratu Bajak Laut, demikian dikutip dari laman BBC, Senin (4/7/2022).

Nama aslinya adalah Ching Shih. Ia lahir sekitar tahun 1775, tanggal kelahirannya tak dianggap penting. Tak ada yang mengira perempuan itu bakal jadi orang besar.

Tak jelas bagaimana masa lalunya, sejarah hanya mencatat, pada usia 26 tahun, Ching Shih menjadi pekerja seks komersial (PSK) di sebuah rumah bordil terapung di Kanton.

Di sana lah ia beradu pandang dengan Zheng Yi, bajak laut yang relatif sukses, menguasai armada kapal kecil yang dikenal sebagai 'Red Flag Fleet' -- armada bendera merah.

Dari sinilah, ia dikenal tak lagi dengan nama asli, melainkan Zheng Yi Sao, atau istri dari Zheng Yi.

Kisah penyatuan keduanya masih simpang siur. Sejumlah sejarawan menyebut, Zheng Yi menyerang rumah bordil dan menjadikan Ching Shih sebagai 'barang jarahan'. Lainnya berpendapat, pria itu jatuh hati dan melamar pujaan hatinya itu.

Konon, Ching Shih bersedia dengan syarat, ia akan mendapatkan bagian jarahan ikut mengelola kelompok bajak laut tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Keduanya Menikah

Entah apa yang terjadi sesungguhnya, yang jelas setelah menikah, Ching Shih ikut memimpin armada perompak bersama suaminya.

Dalam 6 tahun kemudian armada mereka membesar, dari 200 kapal menjadi 600 bahtera. Mereka juga menjalin koalisi dengan bajak laut Wu Shi'er.

Pada 1807 jumlah kapal mereka membengkak, hingga mencapai 1.700 buah. Namun, malang bagi Zheng Yi, pada 16 November 1807, kapalnya terjebak topan dahsyat. Ia tamat di tengah lautan ganas di Vietnam.

Setelah suaminya meninggal, Ching Shih mengambil alih tongkat komando. Ia mengangkat Chang Pao, pemuda 21 tahun yang cerdas, pemberani, dan jago bela diri. Sekaligus menjadikan anak angkatnya itu sebagai kekasih.

Sementara Chang Pao memimpin armada, Ching Shih fokus dalam bisnis, merancang strategi militer, dan membesarkan kelompoknya. Pada puncaknya, 'Red Flag Fleet' terdiri atas 1.800 kapal, besar dan kecil, 70 ribu hingga 80 ribu bajak laut -- dengan sekitar 17 ribu bajak laut pria langsung di bawah kendali perempuan itu.


Area Kekuasaan

Sisanya adalah kelompok bajak laut lain yang bekerja di bawahnya, para perompak perempuan dan anak-anak, mata-mata, dan para petani yang bersedia membantu, dengan cara menyediakan makanan, misalnya.

Kekuasaan Ching Shih meliputi wilayah Provinsi Guangdong, memiliki jaringan mata-mata di seluruh wilayah kekuasaan Dinasti Qin. Kemudian, ia mendominasi Laut China Selatan.

Tak hanya menjarah dan memeras, ia mendirikan aturan main dan pajak.

Untuk menjamin para berandalan tetap dalam kendalinya, Ching Shih membentuk sistem yang ketat, yang diberlakukan di tengah armada Red Flag Fleet. Ini salah satunya:

"Jika kau tak mengikuti aturan, atau jika aku berpikir bahwa kau membangkang, niscaya kepalamu akan dipenggal, badanmu akan dilempar ke lautan. Tanpa terkecuali," demikian aturan yang diterapkan, seperti dikutip dari situs Today I Found Out.

Ia tak kenal ampun. Fokusnya adalah mendapatkan keuntungan. Siapa melawan perintahnya, harus mati.

Tak hanya merajalela di lautan, Ching Shih mengarahkan perahu-perahu ke sepanjang sungai, merampok kota-kota di pinggiran.


'Mengalahkan' Kaisar

Kelakuannya membuat Kaisar Jiaqing murka dan mengirimkan tentara. Alih-alih lari, pasukan Ching Shih memilih menghadapi para serdadu kerajaan. Dan menang.

Para perompak bahkan merampas 63 kapal besar dan memberikan pilihan pada para tentara kerajaan: mati atau bergabung. Sampai-sampai, panglima armada kekaisaran yang dikirim untuk menumpas bajak laut, Kwo Lang memilih bunuh diri daripada ditangkap oleh Ching Shih.

Namun, serangan tak lantas berhenti. Pemerintahan Dinasti Qing meminta bantuan angkatan laut Inggris, Portugis, juga Belanda. Pasukan gabungan tersebut menyerang bertubi-tubi selama 2 tahun. Tak begitu sukses. Bahkan, takluk.

Ching Shih lebih banyak keluar sebagai pemenang. Kaisar pun memilih cara lain untuk menghentikan pertumpahan darah. Dengan memberi amnesti alias pengampunan.

Dengan perkecualian 376 bajak laut -- 126 dieksekusi mati dan 250 lainnya dihukum, para perompak boleh memiliki kapal dan harta jarahan. Bahkan dapat kesempatan jadi tentara.

Panglima bajak laut Chang Pao -- yang belakangan jadi suami Ching Shih -- bahkan menjadi komandan 20 kapal angkatan laut Dinasti Qing.

Ching Shih juga menegosiasikan haknya atas kekayaan dan bahkan mendapat gelar 'Lady by Imperial Decree' -- yang memungkinkannya mendapatkan perlindungan setara kaum bangsawan.

Pada usia 35 tahun, ia pensiun, membuka rumah judi dan bordil di Guangzhou, Kanton yang ia jalankan hingga meninggal dunia pada usia 69 tahun.

Tak diragukan lagi, Ching Shih adalah salah satu bajak laut paling sukses sepanjang sejarah. Tak seperti perompak terkenal lain, ia berhasil lolos dari eksekusi bahkan menjadi 'warga kehormatan'.

"Ratu bajak laut itu itu memiliki 1 anak, membuka rumah bordil besar, dan hidup nyaman hingga meninggal pada usia 69 tahun. Sebagai bangsawan," demikian ditulis situs Huffington Post.

"Namanya terlupakan dalam sejarah. Namun, warisannya masih ada hingga saat ini. Dalam bentuk bajak laut yang masih bergentayangan di Laut China Selatan.

Di sisi lain, ia membuktikan bajak laut perempuan bukan sekedar mitos.

Ilustrasi gelombang laut (Sumber: Pixabay)

Horor di Balapan F1 GP Inggris

Drama F1 GP Inggris, Kecelakaan Horor Zhao Guanyu hingga Kegagalan Max Verstappen

Liputan6.com 2022-07-04 16:00:10
Pembalap Red Bull Sergio Perez mengemudikan mobilnya saat balapan F1 GP Inggris 2022 di Sirkuit Silverstone, Silverstone, Inggris, 3 Juli 2022. F1 GP Inggris 2022 dimenangkan oleh Carlos Sain

Balapan Formula 1 (F1) GP Inggris 2022 di Sirkuit Silverston, Senin (3/7/2022) dini hari WIB, menjadi perhatian publik karena menghadirkan banyak drama.

Dalam seri tersebut, Carlos Sainz Jr dari Ferrari keluar sebagai pemenang. Dia menjadi juara usai meninggalkan Sergio Perez (Red Bull Racing) dan Lewis Hamilton (Mercedes) yang berada posisi kedua dan ketiga.

Sainz berhasil membukukan kemenangan pertama setelah melakoni 150 balapan di F1. Pembalap berusia 27 tahun itu mengawali balapan dari posisi pole position dan sukses mengatasi gempuran Perez yang memulai balapan dari posisi 17.

Perez akhirnya finis di urutan kedua, tertinggal 3,7 detik di belakang Sainz. Bagi Hamilton di posisi ke-3, ini merupakan kali ke-13 pembalap Mercedes itu naik podium di GP Inggris, terbanyak di antara pembalap lain.

Mengandalkan ban yang lebih segar di akhir balapan, Hamilton sukses melewati Charles Leclerc yang finis di urutan kelima, di depan Fernando Alonso dan pembalap McLaren Lando Norris.

Juara dunia dan pemuncak klasemen pembalap Max Verstappen finis di urutan ketujuh setelah mobilnya terkena pecahan dan mengalami ban bocor. Serta ada kejadian kecelakaan horror dari pembalap muda dari Alfa Romeo asal China, Zhou Guanyu.

Meski gagal naik podium, Verstappen tetap memuncaki klasemen pembalap dengan raihan 181 poin unggul dari Perez yang mengantongi 147 poin, Leclerc 138, dan Sainz 127.

Namun, selain keberhasilan dari Sainz juara, ada beberapa momen menarik dari balapan GP Inggris tadi malam. Apa saja itu? Berikut ini yang telah dirangkum Liputan6.com


Mobil Zhou Guanyu Hampir Terlempar ke Bangku Penonton

GP Inggris diwarnai kecelakaan hebat yang melibatkan Zhou Guanyu. Kejadian itu, terjadi selepas start di tikungan pertama, mobil Zhou dan George Russell (Mercedes) bersenggolan.

Mobil dari Zhou terpental hebat hingga keluar lintasan, bahkan hampir terlempar ke bangku penonton sebelum dihentikan pagar pembatas.

Beruntung Zhou, seperti yang dikutip dari laman resmi F1 dan Alfa Romeo, selamat dan tidak mengalami cedera parah. Bahkan, pebalap berusia 23 tahun itu sempat melakukan swafoto dan memberikan konfirmasi di Twitter pribadi kalau dia baik-baik saja.

Russell yang terlibat dalam kecelakaan langsung berinsiatif melihat kondisi dari Zhou setelah insiden itu terjadi. Dalam tayangan ulang, Russell tampak langsung keluar dari mobil dan berlari menuju mobil Zhou terbalik untuk memastikan kondisinya.

FIA menyatakan bahwa Zhou dan Albon langsung dibawa ke medical center. FIA juga menyatakan bahwa Zhou dalam kondisi sadar dan mampu berbicara.

Setelah kejadian tersebut Zhou kemudian diterbangkan ke Rumah Sakit Coventy dengan helikopter untuk pemeriksaan lanjutan.


Anak Legenda Balap Michael Schumacher Dapat Poin Perdana di Formula 1

Mick Schumacher yang merupakan putra pembalap legendaris Michael Schumacher berbahagia dalam balapan Formula 1, GP Inggris. Pasalnya dia berhasil mendapatkan poin pertamanya selama berkarier di F1.

"Saya sangat senang karena berhasil mendapatkan poin belum lagi kami bisa unggul dari Aston Martin dalam klasemen konstruktor pebalap musim ini. Ini sangat hebat," ujar Schumacher.

Memperkuat Haas, Schumacher menempati urutan ke-8 dalam GP F1 Inggris. Poin ini membuat Schumacher seakan lega karena selalu mendapatkan perhatian sangat tinggi karena memikul nama sang ayah yang merupakan juara dunia tujuh kali tersebut.

Berbeda dari sang anak, Michael hanya membutuhkan dua balapan untuk mencetak poin pertama dalam GP Italia 1991 bersama Benetton. Sementara Schumacher embutuhkan waktu hingga 31 balapan.


Kena Serpihan Karbon, Mobil Verstappen Gagal Juara

Pemimpin klasemen sementara Max Verstappen sempat tampil cepat di Formula 1 GP Inggris, bahkan di awal balapan sempat menguasai posisi terdepan.

Namun, sialnya mobil pembalap asal Belanda itu harus mengalami kerusakan karena terkena serpihan kendaraan rival usai kecelakaan.

Verstappen sempat masuk ke pit stop, tapi sayang kerusakan pada bagian bawah mobil tidak dapat diperbaiki. Hal ini membuat mobilnya melambat dan harus tercecer di posisi ke-7 hingga garis finish.

"Saya merasa memiliki kecepatan yang sangat bagus dan dapat mengimbangi Sainz. Tapi saya melakukan sedikit kesalahan karena merasa seperti menabrak serpihan karbon di tikungan 5. Saya tidak dapat menghindar sehingga melewatinya dan membuat merusak bagian bawah mobil," ujar Verstappen dalam resmi F1 sesuai balapan seperti yang dikutip Liputan6 Senin (4/7/2022).

Kendati finis di luar podium, Verstappen masih mampu mempertahankan posisinya di puncak klasemen.


Hasil lengkap Formula 1 GP Inggris

1. Carlos Sainz (Scuderia Ferrari) 52 Laps

2. Sergio Perez (Oracle Bull Racing) + 3.779s

3. Lewis Hamilton (Mercedes AMG Petronas Formula One Team) + 6.225s

4. Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) + 8.546s

5. Fernando Alonso (BWT Alpine F1 Team) + 9.571s

6. Lando Norris (McLaren F1 Team) + 11.943s

7. Max Verstappen (Oracle Red Bull Racing) + 18.777s

8. Mick Schumacher (Haas F1 Team) + 18.995s

9. Sebastian Vettel (Aston Martin Aramco Cognizant Formula One Team) + 22.356s

10. Kevin Magnussen (Haas F1 Team) + 24.590s

11. Lance Stroll (Aston Martin Aramco Cognizant Formula One Team) + 26.147s

12. Nicholas Latifi (Williams Racing) + 32.511s

13. Daniel Ricciardo (McLaren F1 Team) + 32.817s

14. Yuki Tsunoda (Scuderia AlphaTauri) + 40.910s.

<p>Infografis Jakarta Gelar Balapan Formula E 2022 di Ancol. (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Teror Anjing, 177 Warga Jadi Korban

Teror Anjing Gila di Bulukumba, 177 Warga Jadi Korban

Liputan6.com 2022-07-04 17:00:00
Ilustrasi Anjing/https://unsplash.com/Pedro Sanz

Warga di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan diresahkan dengan teror anjing gila beberapa bulan terakhir. Berdasarkan data, sedikitnya sudah 177 warga yang telah menjadi korban gigitan anjing gila sejak Januari hingga Mei 2022.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bulukumba Thaiyeb Maningkasi mennyebutkan terbaru ada 4 warga yang kembali menjadi korban gigitan anjing gila. Tiga di antaranya merupakan warga Kecamatan Ujungbulu, sedangkan satu korban lainnya merupakan warga Palangisan, Desa Balleangin, Kecamatan Ujungloe.

"Total dari Januari hingga Mei itu ada 177 warga yang menjadi korban," kata Thaiyeb dalam keterangannya, Senin (4/7/2022).

Dia menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk menangani fenomena tersebut. Salah satunya adalah dengan menangkap anjing-anjing yang telah meresahkan warga tersebut. Anjing-anjing yang ditangkap itu pun telah diperiksa kesehatannya dan terbukti positif rabies.

"Dari tiga sampel anjing yang diambil, dua di antaranya positif rabies," kata Thaiyeb.

Selain itu, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bulukumba, melalui bidang peternakan intens melakukan vaksinasi rabies. Sementara pengobatan untuk warga yang menjadi korban dilakukan oleh Dinas Kesehatan.

"Untuk proses vaksinasinya, kita (Dinas Pertanian) yang lakukan. Tapi pengobatannya ada pada Dinas Kesehatan," terang Thaiyeb Maningkasi.

Thaiyeb menambahkan, untuk pencegahan selain vaksinasi rabies, dapat dilakukan dengan langkah eliminasi dan sterilisasi betina. Hanya saja, untuk sterilisasi betina sangat jarang dilakukan.

"Eliminasi itu dengan bentuk racun rabies. Tapi racun ini sudah tak diproduksi lagi. Kalaupun ada harganya Rp80 juta per kilogram. Kalau sterilisasi itu sama dengan dikebiri," tuturnya.


Serang Siapa Saja

Sementara itu, Dokter Hewan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, drh Mizwar Amansyah menjelaskan bahwa anjing gila itu menyerang siapa saja yang dilihatnya terutama saat hari mulai gelap, hal itu dikarenakan karena anjing gila itu sensintif. Parahnya bagian tubuh manusia yang diserang umumnya adalah bagian tubuh atas.

"Makanya anjing gila akan menggigit di waktu gelap seperti magrib-subuh, akan langsung melompati apapun yang ada di depannya. Bagian yang biasa digigit adalah bagian atas (dari atas pusat sampai kepala)," terang Mizwar.

Untuk pertolongan pertama, lanjutnya, segera bersihkan bagian yang tergigit dengan sabun dan air yang mengalir. Kemudian segera ke Pusat Kesehatan Masyarakat untuk mendapatkan Vaksin Anti Rabies (VAR).

"Kalau yang menggigit adalah anjing rabies (gila), maka kemungkinan virus ini akan cepat menuju ke target organ yaitu otak. Kalau sudah sampai di otak maka kematian bisa terjadi, makanya pertolongan harus segera dilakukan," katanya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

Omicron Belum Tamat