Erina Gudono, Pacar Baru Kaesang

Kaesang Pangarep Gandeng Erina Gudono ke Undangan Pesta Pernikahan Dibahas Netizen: Kawal Sampai Halal

Liputan6.com 2022-07-06 14:00:43
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono kembali tampil mesra di hadapan publik (https://www.tiktok.com/@luckypanjiasmoro/video/7116445760371166491?is_copy_url=1&is_from_webapp=v1&q=luckypanjiasmoro

Putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep, memperlihatkan kemesraannya bersama sang kekasih, Erina Gudono, ke hadapan publik.

Kali ini, Kaesang Pangarep danErina Gudono hadir dalam sebuah undangan pesta pernikahan. Kaesang yang mengenakan batik berwarna merah tampak serasi bersama Erina yang mengenakan gaun berwarna putih.

Kehadiran keduanya dalam acara pernikahan tersebut diabadikan pemilik akun TikTok @luckypanjiasmoro pada 4 Juni 2022. Kaesang dan Erina tampak mesra saat hadir di acara pernikahan tersebut.

Kemesraan itu diperlihatkan melalui gestur keduanya yang selalu bergandengan tangan saat melangkah. Genggaman tangan Kaesang begitu kuat mencengkeram tangan Erina dari awal kedatangan, bersalaman dengan mempelai dan melayani permintaan foto para tamu undangan.


Gandengan Tangan

Video Kaesang dan Erina bergandengan tangan menghadiri pesta pernikahan tersebut kini ramai jadi sorotan publik. Dalam video itu keduanya saling menunjukkan kemesraan.

"Mas Kaesang dan Ayang," tulis akun @luckypanjiasmoro sebagai status teks unggahan video TikToknya yang viral dibahas netizen.


Tak Lagi Malu-Malu

Mulai go public, keduanya tak malu-malu lagi jalan berdua. Kaesang dan Erina tampak serasi saat menghadiri acara pernikahan tersebut.

Dalam video yang viral itu, Kaesang dan Erina tampak jalan bareng dan sudah tak malu-malu menampilkan kebersamaan mereka. Keduanya juga tampak berfoto bersama pengantin dan beberapa tamu undangan.


Reaksi Netizen

Netizen ikut mengomentari video kemesraan Kaesang dan Erina yang viral di TikTok. Melalui kolom komentar unggahan video itu, netizen memberi ucapan selamat hingga mendoakan keduanya berjodoh.

"Kata orang jawa kalau muka mirip itu jodoh loo,,,, kawal sampai halal Aamiin," tulis akun @Mboh.

"Semoga Berjodoh ya Mas @Kae Sang Pangarep ," tulis akun @ BundaR_Tomasoa.

Banner Infografis Bedanya Kartu Nikah dengan Buku Nikah. (Liputan6.com/Triyasni)

Efek Skandal ACT

PPATK Blokir 60 Rekening Terkait Donasi ACT

Liputan6.com 2022-07-06 15:02:46
Food Bus ACT, Dapur Berjalan Bintang 5 (ACT)

Pusat Pelaporan dan Analisis Tansaksi Keuangan (PPATK) memblokir sebanyak 60 rekening terkait dengan aliran dana umat atau donasi Aksi Cepat Tanggap (ACT). Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala PPATK Ivan Yustiavandana.

"PPATK menghentikan sementara transaksi atas 60 rekening atas nama entitas yayasan tadi di 30 penyedia jasa keuangan," tutur Ivan di Kantor PPATK, Jakarta, Rabu (6/7/2022).

Menurut Ivan, pihaknya memang sudah cukup lama melakukan kajian berdasarkan database PPATK terkait aliran dana ACT. Hasilnya, memang terlihat aliran dana masuk dan keluar dengan perputaran nilai Rp 1 triliun per tahunnya.

"PPATK juga mendalami bagaimana struktur kepemilikan yayasan, bagaimana pengelolaan pendanaan, dan sebagainya. Memang PPATK melihat entitas yang lagi kita bicarakan ini memang berkaitan dengan kegiatan usaha yang dimiliki oleh pendirinya, ada beberapa PT di situ," jelas dia.

Menurut Ivan, yayasan lain yang terafiliasi dengan ACT tidak hanya terkait dengan donasi bantuan hingga zakat, namun juga ada perusahaan, dan lainnya yang bersinggungan dengan investasi.

"Dan di bagian bawah ada yayasan terkait ACT. Ada transaksi yang kita lihat dilakukan secara masif, namun entitas terkait si pengurus tadi. Jadi kami menduga transaksi dari bisnis ke bisnis dan dikelola. Jadi ada keuntungan," kata Ivan menandaskan.

Sementara itu, Penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri masih menyelidiki terkait hasil penelusuran Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) terkait dengan lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT).


Polisi Selidiki ACT

Diketahui, Organisasi filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT) tengah jadi perbincangan publik. Publik menyoroti besarnya gaji pejabat, biaya operasional hingga dugaan penyalahgunaan dana kemanusiaan.

Direktur Tipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian mengatakan, penyelidikan itu dilakukan untuk menggali sejumlah fakta atas kasus tersebut.

"Sampai saat ini masih penyelidikan, penyidik masih berupaya menggali fakta-fakta apakah ada unsur pidana atau tidak," kata Andi Rian saat dihubungi, Rabu (6/7/2022).

Selain itu, jenderal bintang satu ini menjelaskan, kasus ini dilakukan penyelidikan oleh aparat kepolisian karena memang ternyata sudah dilaporkan ke Bareskrim Polri.

"Pelapor PT Hydro, melakukan kerja sama dengan ACT, namun tidak berjalan," ujarnya.

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) juga ikut turun tangan. Direktur BNPT, Brigjen Ahmad Nurwakhid, menyatakan data hasil penelusuran PPATK terkait aliran dana mencurigakan organisasi kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) merupakan data intelijen.

Nurwakhid menjelaskan data tersebut masih memerlukan kajian dan pendalaman. Sehingga, saat ini ACT belum masuk dalam Daftar Terduga Terorisme atau Organisasi Terorisme (DTTOT) .


BNPT Dalami Temuan PPATK soal Aliran Dana ACT

"Pada prinsipnya data yang disampaikan PPATK kepada BNPT dan Densus 88 tentang kasus ACT merupakan data intelijen terkait transaksi yang mencurigakan sehingga memerlukan kajian dan pendamalam lebih lanjut untuk memastikan keterkaitan dengan pendanaan terorisme," kata Nurwakhid kepada Liputan6.com, Rabu (6/7/2022).

Nurwakhid menyampaikan dalam hal ini BNPT dan Densus 88 bekerja berdasarkan pada UU Nomor 5 Tahun 2018 tentang tindak pidana terorisme. Menurut dia, karena ACT belum masuk DTTOT dibutukan pendalaman dan koordinasi dengan stakeholder terkait dalam menentukan konstruksi hukumnya.

Namun, Nurwakhid menegaskan jika aliran dana yang mencurigakan terbukti ditemukan maka akan dilakukan tindakan hukum kepada ACT. Namun, jika tidak maka proses hukum akan dijalankan oleh penegak hukum terkait.

"Jika aktifitas aliran dana yang mencurigakan tersebut terbukti mengarah pada pendanaan terorisme tentu akan dilakukan upaya hukum oleh Densus 88 Anti Teror Polri. Jikalau tidak, maka dikoordinasikan aparat penegak hukum terkait tindak pidana lainnya," jelas Nurwakhid.


Gaji Fantastis Petinggi ACT

Sementara itu, Mantan Presiden Aksi Cepat Tanggap (ACT) Ahyudin menanggapi berbagai pemberitaan seputar penyelewengan donasi umat hingga gaji tinggi pejabat saat dirinya masih masih aktif di ACT.

Ahyudin menegaskan, untuk sumber dana remunerasi atau gaji yang diterima merupakan akumulasi dari banyak lembaga, bukan hanya ACT.

"Total remunerasi atau gaji yang diterima merupakan akumulatif dari banyak lembaga. ACT hanyalah salah satu dari sekian banyak lembaga yang pernah saya pimpin," tutur Ahyudin kepada wartawan, Rabu (6/7/2022).

Menurut Ahyudin, selain ACT pun ada lembaga lainya sebagai sumber gaji semua SDM, yakni Global Wakaf, Global Zakat, Global Qurban, MRI, Disaster management isntitute of Indonesia (DMII). Kemudian di bawah Global Wakaf juga masih banyak program atau lembaga produktif lainnya seperti lumbung ternak wakaf, lumbung beras wakaf, lumbung air wakaf, dan lainnya.

"Semua lembaga-lembaga tersebut dibawahi oleh satu holding berlegal perkumpulan, yaitu Global Islamic Fhilanthropy (GIP) di mana saya menjadi presidennya. Semua leader lembaga adalah tim leader inti di GIP yakni Presiden, Senior Vice Presiden, Vice Presiden, Dir Eksekutif dan Direktur," jelas dia.

Ahyudin menyebut, sumber dana GIP berasal dari semua lembaga yang dibawahi, termasuk dirinya sebagai Presiden GIP. Dia sendiri mengaku sebagai ketua dewan pembina yayasan dari semua lembaga yang dibawahi oleh GIP.

Sementara untuk leader GIP lainya yakni para Senior Vice Presiden, Vice Presiden, hingga Board of Directors adalah tim pengurus di legal yayasan lainnya. GIP menjadi holding dari semua lembaga dan sudah berlangsung sejak dilahirkan yakni sekitar tahun 2013.

"Remunerasi profesional bagi semua SDM lembaga mulai dijalankan setelah pencapaian penerimaan dana atau dominan donasi secara akumulatif mencapai Rp500 miliar lebih per tahun, yaitu sejak tahun 2018 hingga 2021," kata Ahyudin.

Dia pun turut memberikan sekilas gambaran tentang akumulasi jumlah dana atau donasi yang diterima semua yayasan, dalam hal ini ACT, Global Wakaf, Global Qurban, hingga Global Zakat dibawah GIP.

Hal itu sebagai bagian dari alasan mengapa lembaga memberikan gaji relatif besar.

"Dalam kurun waktu 5 tahun sejak 2017-2021 total dana atau donasi terhimpun mencapai hampir Rp3 Triliun dalam bentuk uang tunai dan sebagian dalam bentuk aset dan natura yang diterima oleh semua yayasan di bawah GIP. Total akumulasi donasi selama 17 tahun sejak 2005 hingga 2021 sekitaran Rp4 triliun lebih. Global Qurban misalnya, memperoleh amanah pekban lebih dari 100 ribu ekor setara kambing dalam 5 tahun terlahir mulai 2017-2021," ujarnya.

Mengaku Jadi Korban KDRT

Ngaku Jadi Korban KDRT, Nikita Mirzani Bongkar Pesan Suara Sajad Ukra yang Diduga Menghina Polisi Indonesia

Liputan6.com 2022-07-06 13:00:00
Nikita Mirzani memperlihatkan pesan makian dari Sajad Ukra. (Foto: Dok. YouTube Crazy Nikmir Real)

Nikita Mirzani buka kartu bahwa belakangan kerap diteror bekas suaminya, Sajad Ukra lewat pesan WhatsApp. Isinya caci maki dan kata-kata kasar. Ibu tiga anak ini tak tinggal diam.

Dalam pengakuannya, Nikita Mirzani menyebut Sajad Ukra telah menikahi Medina Moesa. Ia menyebut Medina Moesa membuat akun untuk para pembenci atau haters di Instagram.

"Apalagi si Sajad Ukra terlebih lagi sama bininya yang ternyata bininya membuat akun haters. Itu yang the winner-winner itu. Kenapa gue bisa bilang begitu karena dia waktu itu lupa kalau dia live di akun The Winner," katanya.

Pengakuan berikutnya tak kalah mengejutkan. Nikita Mirzani menguak salah satu alasan menggugat cerai Sajad Ukra pada 2015 yakni mengalami kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Jadi Korban KDRT

"Karena gue waktu menikah dengan dia pun sering sekali mengalami KDRT sampai akhirnya gue memutuskan untuk gue ceraikan saja laki-laki bot** teng** itu," ungkap Nikita Mirzani.

Dalam video pengakuan di kanal YouTube Crazy Nikmir Real, Selasa (5/7/2022), bintang film Nenek Gayung dan Comic 8 memperdengarkan sejumlah voice note atau pesan suara Sajad Ukra.


Hina Polisi Indonesia?

"Ini ada beberapa voice note-nya dia yang menghina negara Republik Indonesia, negara saya tercinta. Dan dia bilang bahwa aparatur negara di Indonesia itu, bapak polisi bisa dibayar. Asalkan dia bayar, dia bisa taruh gue ke penjara. Ini dia voice note-nya," cetusnya.

Untuk kenyamanan bersama, isi lengkap pesan suara yang diduga menghina Indonesia tidak kami tampilkan dalam artikel ini. Garis besar pesan suara disampaikan Nikita Mirzani dalam video tersebut.


Hina Almarhum Orangtua

"Jadi dia bilang: what I have to do I just call the police, and your country is so corrupt. Dia bilang negara lo tuh negara korup, gue tuh bisa bayar polisi buat taruh lo di dalam penjara. Itu yang dia bilang," Nikita Mirzani menyambung.

Tak henti sampai di situ, menurut Nikita Mirzani, Sajad Ukra juga mengirim pesan suara berisi hinaan untuk keluarganya termasuk ayah ibu sang aktris yang telah meninggal dunia.

"Lalu banyak sekali voice note yang dia kirimkan ke saya, menghina keluarga saya, merendahkan ibu bapak saya yang sudah meninggal, merendahkan kakak saya, merendahkan keluarga saya, om tante saya," tutupnya.

Hingga artikel ini disusun belum ada tanggapan resmi dari pihak Sajad Ukra.

Infografis Kejahatan Siber (Liputan6.com/Abdillah)

Calon Pengganti Ronaldo

Cristiano Ronaldo Cabut dari MU, Berikut Deretan Penggantinya

Liputan6.com 2022-07-06 07:00:14
Ekspresi bintang Manchester United (MU), Cristiano Ronaldo, pada pertandingan Liga Inggris 2021/2022 melawan Chelsea, di Stadion Old Trafford, Jumat (29/4/2022) dini hari WIB. (Lindsey Par

Cristiano Ronaldo menjadi bahan pembicaraan di berbagai media awal Juli 2022. Dia dikabarkan sudah memutuskan ingin pindah klub.

Bintang asal Portugal tersebut sudah memberitahu Manchester United untuk menerima tawaran yang masuk buat dirinya di busa transfer musim panas ini.

Kepergian Ronaldo dari Old Trafford untuk kali kedua tampaknya hampir pasti terjadi. Pasalnya, sang pemain dikabarkan menolak ikut dalam tur pramusim Setan Merah ke Thailand dan Australia.

Pemain berusia 37 tahun itu jengkel dengan kurangnya ambisi yang ditunjukkan MU di bursa transfer. Pemenang Ballon d'Or lima kali itu ingin pindah ke klub, di mana bisa memenangkan trofi.

Musim lalu, MU finis keenam di Liga Inggris dan tidak lolos ke Liga Champions musim depan. Hal itu menjadi alasan lain bagi Ronaldo untuk meninggalkan MU.

Meski sudah memasuki masa senja kariernya, dia masih bertekad untuk terus bermain, berprestasi, dan mengangkat trofi. Tentu itu sulit sekali jika masih menetap di Old Trafford. Apalagi Setan Merah masih paceklik gelar dalam beberapa tahun terakhir.

Jika pemain berjuluk CR7 itu pindah, siapakah penggantinya? Banyak nama yang dihubungkan dengan MU jika Ronaldo pergi. Bahkan, di antaranya menjadi alat barter untuk klub masing.

Siapa saja? Berikut deretan pemain yang kemungkinan akan menggantikan Ronaldo jika memang akan pergi dari Old Trafford musim depan seperti yang dirangkum oleh tim Liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Paulo Dybala (Free Agent)

Nama pertama adalah Paulo Dybala. Setelah Cristiano Ronaldo menyatakan ingin pergi, manajemen Manchester United menghubungi agen mantan pemain Juventus itu, Jorge Antun.

Dengan masih berstatus tanpa klub, Dybala menjadi nama yang paling santer akan didaratkan ke Old Trafford musim ini. Walaupun sempat dikabarkan akan menuju Inter Milan musim depan.

Namun, hingga kini belum ada kesepakatan tertulis terkait kepindahan Dybala ke I Nerazzurri.Hal ini bisa dimanfaatkan Setan Merah untuk mendapatkan jasa pemain asal Argentina tersebut.

Selama bermain bersama Juventus, Dybala sudah mencetak 115 gol dari 293 laga. Dengan kehadiran Dybala, komposisi MU semakin lengkap karena sebelumnya ada Marcus Rashford hingga Sancho di lini depan.

Tak hanya Inter, MU harus berkompetisi dengan klub Liga Inggris lainnya, Tottenham Hotspur untuk mendapatkan tanda tangan Dybala musim depan.


Antony (Ajax Amsterdam)

Winger Ajax Amsterdam, Antony, masuk dalam radar transfer Manchester United sebagai pengganti dari Cristiano Ronaldo.

Antony adalah pemain yang santer dikabarkan bakal merapat ke Old Trafford untuk mengikuti jejak Erik ten Hag. Pada musim 2021-2022, Antony tampil dalam 41 pertandingan dan mencetak 13 gol serta mengantarkan Ajax mendapatkan trofi Eredivisie.

Meski posisinya sebagai winger kanan, Antony bisa menjalani peran yang berganti-ganti di lini depan seperti dua pemain United Anthony Martial atau Marcus Rashford.

Terlebih lagi, faktor Ten Hag bakal memudahkan adaptasi Antony di Man United dan bisa menjadi andalan baru di lini serang. MU sudah melemparkan tawaran resmi yang masih belum disetujui oleh sang pemilik, Ajax.


Robert Lewandowski (Bayern Muenchen)

Peliknya transfer antara Bayern Muenchen dan Barcelona untuk mewujudkan kepindahan Robert Lewandowski membuat banyak pihak mulai berspekulasi kepindahan ini tak akan terjadi.

Tiga tawaran Barcelona sudah ditolak raksasa Bundesliga tersebut. Muenchen menginginkan tawaran minimal 50 juta euro atau sekitar Rp 708 miliar untuk Lewandowski.

Sementara itu, tawaran terakhir yang diajukan Barcelona adalah 40 juta euro atau sekitar Rp 624 miliar. Hal ini bisa dimanfaatkan Manchester United untuk bisa membajak Lewandowski, tetapi keputusan tersebut juga bergantung kepada keinginan sang pemain.

Bahkan, beberapa media di Jerman dan Inggris memberitakan kalau Muenchen dan MU akan bertukar pemain, hal yang menjadi win-win solution bagi kedua pemain tersebut.


Victor Osimhen (Napoli)

Seperti yang dilansir dari Daily Mail, Napoli adalah salah satu klub yang berminat besar untuk mendatangkan Ronaldo. Napoli bisa menukarnya dengan pemain andalannya, Victor Osimhen.

Pemain berusia 23 tahun itu tidak sepenuhnya tampil pada musim 2021/2022 karena cedera dan itu berdampak buruk pada perebutan gelar Napoli musim lalu. Tapi, dalam 32 penampilan di semua kompetisi, dia masih bisa mencetak 18 gol dan memberikan 6 assist.

Setan Merah bisa mencapai kesepakatan pertukaran untuk Osimhen dengan Ronaldo menuju ke Naples.

Sementara itu, Napoli berharap bisa tampil menjadi pesaing di Liga Champions musim ini. Dengan demikian, mengontrak Ronaldo adalah prospek menarik melihat dia adalah rajanya Liga Champions.


Neymar (Paris Saint Germain)

Paris Saint-Germain secara mengejutkan mengungkapkan siap menjual Neymar Jr musim panas ini dengan harga yang tepat. Neymar bergabung dengan PSG dari Barcelona pada musim panas 2017 dengan kesepakatan rekor dunia senilai 197 juta pounds atau sekitar Rp 3,5 triliun.

Hal dikarenakan PSG sudah muak dengan performa yang terus menurun dari mantan pemain Santos itu. Agen Neymar dilaporkan telah menghubungi Setan Merah mengenai kemungkinan kepindahan musim panas ini.

Namun, karena dikontrak PSG hingga 2027, dia kemungkinan akan menghabiskan banyak uang untuk Setan Merah. Itu bisa menjadi penandatanganan sensasional karena Neymar pasti bisa bermain beberapa musim lagi di level tertinggi.

United memang belum mempertimbangkan kepindahan Neymar. Tapi, itu bisa berubah jika Ronaldo meninggalkan klub musim panas ini. Belum lagi media Prancis juga sudah memberitakan kalau PSG bersedia tukar guling antara Neymar dan Ronaldo.

Jika hal ini, terjadi kemungkinan menjadi berita transfer terbesar musim ini.

Infografis transfer MU. (Liputan6.com/Abdillah)

Mayang Gagal Tes Kedokteran

Penyebab Mayang Adik Vanessa Angel Tak Lulus Tes Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Moestopo

Liputan6.com 2022-07-06 18:00:00
Mayang Lucyana (Liputan6.com/Aditia Saputra)

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) memastikan Mayang adik Vanessa Angel tak berhasil lulus tes masuk.

Rektor Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Prof. Dr. Paiman Raharjo, mengatakan hasil ujian yang dilakukan adik mendiang Vanessa Angel ini tak memenuhi standar. Dengan begitu, putri Doddy Sudrajat ini dinyatakan tak diterima di Fakultas Kedokteran Gigi.

"Memang dari hasil tes, Mbak Mayang belum memenuhi nilai standar yang ditetapkan Fakultas Kedokteran Gigi," kata Paiman Raharjo dilansir dari tayangan YouTube Official Nit Not.

FKG Universitas Moestopo, dikatakan dia, memiliki standar nilai untuk menerima calon mahasiswa baru yang bakal menempuh studi pendidikan sebagai dokter gigi. Namun sayangnya, perempuan bernama lengkap Mayang Lucyana ini tak memenuhi standar.


Hasil Seleksi Panitia

"Intinya beliau telah mengikuti tes, cuma berdasarkan dari seleksi panitia itu belum memenuhi standar nilai yang diterapkan FKG," kata Paiman Raharjo.

Proses seleksi, Paiman Raharjo mengatakan, calon mahasiswa FKG di universitas yang dipimpinnya, dikenal ketat. Mayang rupanya tak sanggup menembus proses seleksi tersebut saat menghadapi ujian masuk.

"Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama merupakan universitas unggul, ternama. Karena keunggulan itu, segala persyaratan seleksi mahasiswa sangat ketat. Terkait Mbak Mayang memang betul, tercatat sebagai calon mahasiswa FKG," dia menjelaskan.


Ikut Tes Ulang

Dijelaskan dia, Mayang masih berkesempatan untuk bisa masuk FKG Universitas Moestopo dengan kembali mengikuti tes penerimaan mahasiswa baru di gelombang selanjutnya.

Berbekal pengalaman tes yang pertama, peluang Mayang seharusnya bisa lebih besar dengan cara mempelajari materi-materi uji di gelombang pertama.

"Saat ini kan belum memenuhi standar nilai tapi Mbak Mayang diberikan kesempatan untuk tes gelombang berikutnya pada tanggal 30 Juli. Kalau mau FKG, ikut tes lagi," ungkapnya.


Bisa Memilih Fakultas Lain

Namun jika tidak ingin mengikuti tes lagi, kata Paiman Raharjo, Mayang disarankan untuk memilih fakultas lain dengan standar nilai yang bia mencukupi dengan hasil ujian Mayang.

"Kalau tidak jadi ke FKG, bisa ini diterima alternatifnya Fakultas Komunikasi, Ekonomi dan Bisnis, dan juga Fakultas Sosial dan Ilmu Politik," dia menyarankan.

"Artinya, karena ini belum memenuhi standar nilai dia bisa belajar lagi, bisa ikut tes lagi," Paiman Raharjo memungkasi.

Ujian Nasional tahun ini menggunakan metode berbasis komputer, atau biasa disebut CBT (Computer Based Test). Lalu, bagaimanakah teknisnya?

Cita Citata Pamit dari Instagram

Cita Citata Mendadak Pamit dari Instagram: See You Again

Liputan6.com 2022-07-06 15:00:17
Cita Citata. (Foto: Instagram @cita_citata)

Cita Citata mengumumkan hal yang mengejutkan. Ia mendadak pamit dan menyatakan mundur dari segala aktivitasnya di media sosial.

Hal itu diumumkan melalui unggahan di Instagram-nya pada Selasa (5/7/2022). Dalam unggahan itu, Cita Citata mengunggah potret berisikan sebuah kalimat berlatar hitam.

Pelantun lagu "Goyang Dumang" itu menuliskan kalimat singkat, "Time to Take a Break".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sementara

Menyertai unggahannya, Cita Citata mengisyaratkan bahwa ia mundur dari media sosial itu hanya sementara. Suatu saat ia akan kembali aktif di Instagram.

"Istirahat sebentar dari social media. See u again #mediasocialdetox," tulis Cita Citata.


Alasan

Belum diketahui alasan Cita Citata memilih untuk mundur dari media sosial. Sejak unggahan itu, belum terlihat ada aktivitas lain dari Cita Citata baik dalam feed-nya maupun di Instagram Story.


Komentar

Namun tidak sedikit yang mengaitkan hal ini dengan kasus perceraian Didi Mahardika dan Rosmanizar. Diketahui, beberapa waktu lalu Cita Citata sempat digosipkan memiliki hubungan dengan Didi Mahardika.

"CIEE KETAR KETIR !! EHH SENENG DONG YA BERHASIL RUSAK RUMAH TANGGA ORANG !! PADAHAL DEKETINNYA SAAT MEREKA MASIH BERUMAH TANGGA ," tulis @nicknicv.

"takut kebongkar ya krna istri sah udh terang2an bilang pisah sma tuh laki?? wkwkwkwk," timpal @tomysaragih__.

Perceraian di Indonesia 2016 (liputan6.com/trie yas)

Blackpink Akhirnya Comeback

Blackpink Akhirnya Siap Comeback Agustus 2022, Hampir 2 Tahun Tak Rilis Lagu Baru

Liputan6.com 2022-07-06 14:30:00
Blackpink. (Instagram/ roses_are_rosie)

Blink, siap-siap mengumandangkan kembali slogan Blackpink in Your Area! Jennie dkk. telah dikonfirmasi akan kembali ke jagat K-Pop pada Agustus mendatang!

Kabar yang sudah lama dinanti-nanti ini, telah dikonfirmasi pihak agensi, YG Entertainment. Dilansir dari Soompi, Rabu (6/7/2022), kuartet ini dipastikan sudah menyelesaikan tahap akhir album barunya.

Bulan ini, mereka akan menggelar syuting video klip, dan pada Agustus mendatang grup K-Pop tersebut siap comeback dengan materi baru. "Banyak lagu khas Blackpink telah selesai, yang digodok dengan usaha keras dalam waktu lama," begitu pernyataan pihak agensi.

Tak cuma itu, mereka juga menjanjikan hal lain: tur dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tur Dunia Terbesar untuk Girl Group

"Untuk memperluas hubungan emosional Blackpink dengan penggemar di seluruh dunia, mereka akan mengadakan tur dunia berskala terbesar dalam sejarah girl group K-pop hingga akhir tahun, bersamaan dengan comeback mereka," kata pihak YG.

Tak cuma itu disampaikan pula bahwa Blackpink siap mengeksekusi sejumlah proyek besar lain dalam skala serupa.


Melanjutkan The Album

Comeback Blackpink ini menandakan kembalinya Lisa dkk. setelah hampir dua tahun ke jagat K-Pop. Mereka kali terakhir merilis studio album perdana, The Album pada Oktober 2020.

Kabar Blackpink tengah bersiap comeback sebenarnya sudah diungkap media sejak April lalu. Kala itu disebutkan bahwa mereka konon akan merilis lagu baru, paling cepat pada Juni 2022.


Bocoran dari Jennie

Jennie juga telah memberikan "teaser" mengenai kemungkinan Blackpink comeback sejak Februari 2022. Ia mengungkapkannya ketika menjadi bintang tamu dalam tayangan YouTube besutan Na Young Suk, The Game Caterers 2.

"Blackpink sedang bersiap untuk segera comeback. Aku tidak tahu apakah boleh mengatakannya, tetapi karena aku di sini sendirian hari ini, aku akan mengatakan apa yang kumau. Tolong semangati kami," kata Jennie kala itu.

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)

CV Lamaran Kerja Bill Gates 48 Tahun Lalu

Bill Gates Pamer CV Lamaran Kerja 48 Tahun Lalu, Apa Isinya?

Liputan6.com 2022-07-06 18:00:12
Pendiri perusahaan raksasa Microsoft, Bill Gates (AFP PHOTO/SAUL LOEB)

Salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates, baru-baru ini mengungkapkan resume atau curriculum vitae (CV) yang biasanya digunakan oleh orang-orang untuk melamar kerja.

"Apakah Anda lulusan baru atau dropout kuliah, saya yakin resume Anda terlihat lebih baik daripada punya saya 48 tahun yang lalu," kata Bill Gates dalam unggahannya melalui akun LinkedIn-nya, dikutip Rabu (6/7/2022).

Dalam CV-nya, terlihat bahwa tinggi dari pria yang bernama asli William H. Gates tersebut, saat itu adalah 5 kaki 10 inci (sekitar 1,78 meter) dengan berat 130 pon (sekitar 59 kilogram).

Di situ, dituliskan bahwa dia adalah mahasiswa baru di Harvard dan mencantumkan gaji sebesar USD 12 ribu. Meskipun begitu, Bill Gates juga menuliskan bahwa gaji yang diinginkannya "terbuka." Selain itu, Gates juga tidak membatasi lokasi kerjanya.

<p>CV Bill Gates 48 tahun yang lalu (LinkedIn Bill Gates)</p>

Adapun, beberapa mata kuliah yang diambil seperti operating systems structure, data base management, compiler construction, dan computer graphics. "Siswa kehormatan dan mendapatkan A untuk semua di atas," tulis Bill Gates dalam CV tersebut.

Dalam resume itu, Gates juga mencantumkan bahwa dirinya sudah bekerja sama dengan Paul G. Allen, yang merupakan teman masa kecil Gates dan juga co-founder Microsoft.

Mengutip CNET, Gates dan Allen memulai Microsoft di Albuquerque, New Mexico pada tahun 1975, sebelum memindahkan perusahaan ke lokasinya sekarang di Redmond, Washington.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Mulai Menulis Program Perangkat Lunak Saat Muda

Bill Gates sendiri sudah memulai menulis program perangkat lunak sejak dirinya masih muda yaitu di kelas delapan, seperti mengutip Bisnis Liputan6.com.

Dia dan teman sekelasnya yang menjadi rekan bisnis Paul Allen merancang sistem penjadwalan kelas otomatis untuk sekolahnya.

Pada 1993, Gates mengungkapkan bahwa pengalaman belajar termasuk kegagalan dalam menulis kode komputer pada usia yang begitu muda, memberinya kesempatan mencoba sesuatu yang "dikuasai atau diminatinya."

Namun, kepada Smithsonian Institution, saat itu Gates mengatakan bahwa hal tersebut kemungkinan besar tidak akan pernah berhasil dapat dilakukan dalam pengaturan kelas.

:Eksplorasi diri pada usia itu sangat bagus karena Anda mengembangkan rasa percaya diri dan identitas, 'Hei, saya tahu ini dengan cukup baik. Saya tahu ini lebih baik daripada para guru ... Mungkin saya cukup pandai dalam hal ini,'' kata Gates.

"Jika program Anda salah, maka Anda memperbaikinya dan mencobanya lagi. Ini adalah lingkaran umpan balik," ujarnya.

Hingga akhirnya bersama-sama Gates dan Allen meluncurkan Microsoft pada tahun 1975. Gates adalah CEO perusahaan hingga tahun 2000.


Bill Gates Sebut NFT Hanya Didasari Greater Fool Theory

Sebelumnya, Bill Gates kembali menyatakan kritiknya, sekaligus ketidak tertarikannya terhadap NFT. Ia bahkan menyebutnya "100 persen didasari 'greater fool theory' atau teori orang yang lebih bodoh."

The greater fool theory sendiri merupakan konsep finansial di mana aset yang terlalu mahal, dapat menghasilkan uang selama Anda menemukan orang yang lebih bodoh untuk kemudian menjual kepadanya.

Dalam dialog yang digelar TechCrunch, Gates mengatakan dia lebih suka berinvestasi di aset dengan hasil yang nyata, misalnya seperti pertanian atau pabrik.

"Atau perusahaan tempat mereka membuat produk," kata Gates, dikutip dariThe Verge, Kamis (16/6/2022). Ia juga menegaskan tidak memegang posisi apapun dalam mata uang kripto atau NFT.

"Saya tidak terlibat dalam hal itu. Tidak panjang atau pendek dalam hal-hal itu," imbuhnya. Gates menambahkan, dirinya juga curiga terhadap aset-aset yang dirancang untuk menghindari perpajakan atau segala jenis peraturan pemerintah.

"Jelas, gambar digital monyet yang mahal akan sangat memperbarui dunia," kata Bill Gates bergurau sembari merujuk pada proyek populer NFT, Bored Ape Yacht Club.


Bill Gates Kritik Kripto

Ini bukan pertama kalinya Gates mengungkapkan skeptisismenya terhadap mata uang kripto. Dalam wawancara di 2021, ia juga mengkhawatirkan bahaya terhadap investor yang membeli Bitcoin.

Terutama, nilai mata uang kripto menurutnya sangat fluktuatif dan dapat merosot berdasarkan cuitan dari investor terkemuka seperti Elon Musk.

"Saya pikir orang-orang terjerumus ke dalam maniak ini yang mungkin tidak memiliki banyak uang untuk dibelanjakan," kata salah satu pendiri Microsoft itu pada tahun 2021.

"Pikiran umum saya adalah jika Anda memiliki lebih sedikit uang daripada Elon, Anda mungkin harus berhati-hati," ujar Gates mewanti-wanti.

Kemudian pada bulan Mei lalu, di sesi Reddit AMA (Ask Me Anything), Gates juga menjelaskan mengapa dirinya tidak memiliki Bitcoin atau mata uang kripto lainnya.

"Saya tidak memiliki apapun. Saya suka berinvestasi dalam hal-hal yang memiliki hasil yang berharga," Jawab Gates dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (26/5/2022).

"Nilai perusahaan didasarkan pada bagaimana mereka membuat produk hebat. Nilai kripto hanyalah apa yang diputuskan oleh orang lain oleh orang lain sehingga tidak menambah masyarakat seperti investasi lainnya," lanjut Gates.

(Dio/Isk)

Infografis Cek Fakta: Deretan Hoaks Seputar Bill Gates dan Vaksin Covid-19 (Liputan6.com/Trie Yasni)

Takut Disuruh Pakai Dalaman Seksi

Christian Bale Gundah Gulana Sebelum Bintangi Thor: Love and Thunder, Takut Disuruh Pakai Dalaman Seksi

Liputan6.com 2022-07-06 17:20:00
Christian Bale dalam premier Thor: Love and Thunder. (Jordan Strauss/Invision/AP)

Sebelum bergabung dalam proyek Thor: Love and Thunder, ada satu hal penting yang dilakukan oleh Christian Bale. Ia mencari tahu soal Gorr The God Butcher alias Sang Pembantai Dewa, karakter supervillain yang ia perankan di film solo Thor keempat ini.

Mendengar nama Gorr yang mengerikan ini, Christian Bale langsung punya bayangan soal sosoknya. Tapi begitu melihat penampakan Gorr versi komik Marvel, ia langsung deg-degan.

"Aku semacam berpikir, 'Aku mengerti apa yang dilakukannya, kan ada di namanya'. Tapi aku lalu membuat kesalahan, dengan meng-Googling-nya. Dan, oh tidak! [Di komik] dia selalu pakai G-string," kata Christian Bale dalam wawancara bersama Total Film, yang dipublikasikan baru-baru ini.

Bagi bintang American Psycho tersebut, ia tak cocok menghadapi tantangan seperti ini. "Aku mikir, 'Mereka salah orang nih!," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ditenangkan Taika

Saking risaunya, ia kemudian mengadukan rasa gundahnya ini kepada sang sutradara, Taika Waititi. Untungnya, Taika memastikan Gorr versinya tak akan mengenakan G-String.

"Taika langsung menampik anggapan soal lari-lari pakai pakaian itu," kata dia.

Lucunya, ia masih tetap menyimpan prasangka kepada Taika Waititi. "Aku selalu mikir dia bisa melakukannya dengan blue screen. Dia bisa memasangkan apa pun sesukanya," kata dia.


Otot Gorr

Bukan sekali ini saja Gorr versi komik bikin Christian Bale was-was. Dalam wawancara lain, Christian Bale mengungkap bahwa karakter ini aslinya memiliki fisik yang berotot.

Urusan mengubah fisik sebenarnya bukan hal baru bagi aktor yang dikenal kerap bertransformasi secara total untuk peran-peran yang ia mainkan. Masalahnya, jeda waktu yang ia miliki dari peran di film sebelumnya hanya beberapa hari saja. Ditambah lagi, tubuhnya sedang kurus gara-gara perannya sebelum ini.

"Kami melihat karakter komiknya dan dia sangat berotot. Dan aku bilang, 'Ini enggak mungkin'," kata dia. Akhirnya, dalam peran Gorr ini ia lebih menekankan soal kekuatan supernatural yang dimiliki sosok tersebut.


Thor: Love and Thunder

Thor: Love and Thunder mengisahkan perjalanan Thor (Chris Hemsworth) dalam menemukan dirinya kembali setelah pertarungan akbar melawan Thanos. Namun upayanya ini diinterupsi kehadiran Gorr the God Butcher (Christian Bale) yang berupaya memusnahkan para dewa.

Untu melawannya, Thor meminta bantuan King Valkyrie (Tessa Thompson), Korg (Taika Waititi), dan sang mantan, Jane Foster (Natalie Portman). Yang membuat Thor kaget, kini mantan kekasihnya tersebut bisa menguasai Mjolnir dan menyandang nama The Mighty Thor.

Thor: Love and Thunder mulai tayang 8 Juli mendatang di Amerika Serikat. Sementara jaringan bioskop Tanah Air sudah mulai menayangkannya sejak dua hari sebelumnya.

<p>Infografis Aturan di Bioskop PPKM Level 1 Jawa-Bali (Liputan6.com/Triyasni)</p>

Kasus ACT Berujung Penyidikan?

HEADLINE: Pencabutan Izin Pengumpulan Uang dan Bantuan ACT, Dugaan Penyelewengan Berujung Penyidikan?

Liputan6.com 2022-07-07 00:01:58
Petugas penggali makam jenazah pasien Covid-19 menerima bantuan pangan dari ACT Palu, Minggu (22/8/2021). (Foto: ACT Palu).

Organisasi filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT) jadi perbincangan publik. Besarnya gaji pejabat, biaya operasional hingga dugaan penyalahgunaan dana kemanusiaan membuat lembaga kemanusiaan itu jadi sorotan.

Dirtipidum Bareskrim Polri, Brigjen Andi Rian, mengakui ACT telah dilaporkan ke Bareskrim sejak tahun lalu. Penyelidikan pun tengah dilakukan untuk menggali sejumlah fakta atas kasus tersebut.

"Sedang dalam penyelidikan untuk memfaktakan unsur pidana," kata Brigjen Andi Rian kepada Liputan6.com, Rabu (6/7/2022).

"Dugaan Penipuan atau Keterangan Palsu dalam Akta Otentik (378 atau 266 KUHP). Sudah ada beberapa pihak yang diklarifikasi," tambahnya.

Kementerian Sosial (Kemensos) juga telah mencabut ijin Penyelenggaraan Pengumpulan Uang dan Barang (PUB) kepada ACT Tahun 2022.

Pencabutan ijin PUB sebagaimana tertuang dalam Keputusan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 133/HUK/2022 tanggal 5 Juli 2022 tentang Pencabutan Izin Penyelenggaraan Pengumpulan Sumbangan Kepada Yayasan Aksi Cepat Tanggap di Jakarta Selatan yang ditandatangani oleh Menteri Sosial Ad Interim, Muhadjir Effendi, Selasa (5/7/2022).

Adapun alasan pencabutan tersebut karena adanya dugaan pelanggaran peraturan yang dilakukan oleh pihak ACT. Dengan begitu ACT untuk saat ini tidak bisa melakukan pengumpulan dana donasi.

"Jadi alasan kita mencabut dengan pertimbangan karena adanya indikasi pelanggaran terhadap Peraturan Menteri Sosial," kata Muhadjir dalam keterangannya, Rabu (6/7/2022).

"Sampai nanti menunggu hasil pemeriksaan dari Inspektorat Jenderal baru akan ada ketentuan sanksi lebih lanjut," tambah Muhadjir.

Salah satu dugaan pelanggaran yang dilakukan ACT yakni berdasarkan ketentuan Pasal 6 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1980 tentang Pelaksanaan Pengumpulan Sumbangan berbunyi "Pembiayaan usaha pengumpulan sumbangan sebanyak-banyaknya 10% (sepuluh persen) dari hasil pengumpulan sumbangan yang bersangkutan".

"Sedangkan dari hasil klarifikasi, Presiden ACT lbnu Khajar mengatakan bahwa menggunakan rata-rata 13,7% dari dana hasil pengumpulan uang atau barang dari masyarakat sebagai dana operasional yayasan. Angka 13,7% tersebut tidak sesuai dengan ketentuan batasan maksimal 10%," kata dia.

Sementara itu, dia menambahkan bahwa dari awal PUB Bencana seluruhnya disalurkan kepada masyarakat tanpa ada biaya operasional dari dana yang terkumpul.

Lebih lanjut, Muhadjir mengatakan, langkah ini merupakan bentuk responsif dari pemerintah terhadap hal-hal yang sudah meresahkan masyarakat. Termasuk dengan kejadian dugaan pelanggaran yang dilakukan ACT.

Di sisi lain, Kemensos juga bakal menyisir izin yang telah diberikan kepada yayasan lain dan untuk memberikan efek jera agar tidak terulang kembali.


Dugaan Aliran Dana ke Terorisme

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengindikasikan adanya transaksi yang dilakukan oleh ACT yang diduga berkaitan dengan aktivitas terorisme.

Kepala PPATK, Ivan Yustiavandana, mengatakan, hasil pemeriksaan yang dilakukan pihaknya telah diserahkan ke sejumlah lembaga aparat penegak hukum seperti Detasemen Khusus (Densus) 88 dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

"Transaksi mengindikasikan demikian (untuk kegiatan terorisme). Namun, perlu pendalaman oleh penegak hukum terkait," kata Ivan saat dihubungi, Selasa (5/7/2022).

Ivan menyebut, berdasarkan temuan pihaknya terkait dengan transaksi, dana masyarakat yang masuk ke ACT diduga digunakan untuk kepentingan pribadi, bahkan ada dugaan digunakan untuk aktivitas terlarang.

Walaupun perihal temuan itu, PPATK masih masih melakukan proses analisis. "Proses masih kami lakukan hasilnya segera akan kami serahkan kembali ke aparat penegak hukum," ucapnya.

Diduga Terafiliasi Al Qaeda

PPATK menemukan adanya aliran dana dari anggota ACT ke pihak yang diduga terafiliasi dengan kelompok paramiliter jihad Al Qaeda.

"Transaksi yang dilakukan itu bisa langsung atau tidak langsung transaksi itu. Dan beberapa nama yang PPATK kaji berdasarkan hasil koordinasi dan kajian dari data yang PPATK miliki, itu ada yang terkait dengan pihak yang ini patut diduga yang bersangkutan pernah ditangkap menjadi salah satu dari 19 orang yang ditangkap oleh kepolisian di Turki karena terkait dengan Al Qaeda, penerimanya ya," tutur Ivan.

Meski begitu, Ivan menyatakan pihaknya masih melakukan pendalaman lebih lanjut atas temuan tersebut.

"Tapi ini masih dalam kajian lebih lanjut apakah ini memang ditujukan untuk aktivitas lain atau ini secara kebetulan. Selain itu ada yang secara tidak langsung terkait dengan aktivitas-aktivitas yang memang patut diduga melanggar peraturan perundang-undangan," jelas dia.

Adapun para anggota ACT yang melakukan transaksi keuangan secara individu ke pihak-pihak di luar negeri sendiri berasal dari berbagai kalangan dan jabatan.

"Ada adminnya, ada staf akuntan, ada karyawan. Negara-negara tadi sudah saya sampaikan ada Turki, Kazakhstan, Bosnia, Albania, dan India. Ada juga ke Banglades, Nepal, Pakistan," ujar Ivan menandaskan.

Blokir 60 Rekening ACT

PPATK juga telah memblokir sebanyak 60 rekening terkait aliran dana umat atau donasi ACT.

"PPATK menghentikan sementara transaksi atas 60 rekening atas nama entitas yayasan tadi di 30 penyedia jasa keuangan," tutur Ivan.

Menurut Ivan, pihaknya memang sudah cukup lama melakukan kajian berdasarkan database PPATK terkait aliran dana ACT. Hasilnya, terlihat aliran dana masuk dan keluar dengan perputaran nilai Rp1 triliun per tahunnya.

"PPATK juga mendalami bagaimana struktur kepemilikan yayasan, bagaimana pengelolaan pendanaan, dan sebagainya. Memang PPATK melihat entitas yang lagi kita bicarakan ini memang berkaitan dengan kegiatan usaha yang dimiliki oleh pendirinya, ada beberapa PT di situ," jelas dia.

Menurut Ivan, yayasan lain yang terafiliasi dengan ACT tidak hanya terkait dengan donasi bantuan hingga zakat, namun juga ada perusahaan, dan lainnya yang bersinggungan dengan investasi.

"Dan di bagian bawah ada yayasan terkait ACT. Ada transaksi yang kita lihat dilakukan secara masif, namun entitas terkait si pengurus tadi. Jadi kami menduga transaksi dari bisnis ke bisnis dan dikelola. Jadi ada keuntungan," kata Ivan menambahkan.

<p>Infografis Pencabutan Izin Pengumpulan Uang dan Bantuan ACT. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>


BNPT Dalami Temuan PPATK

Direktur Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Brigjen Ahmad Nurwakhid, menyatakan data hasil penelusuran PPATK terkait aliran dana mencurigakan ACT merupakan data intelijen.

Nurwakhid menjelaskan, data tersebut masih memerlukan kajian dan pendalaman. Sehingga, saat ini ACT belum masuk dalam Daftar Terduga Terorisme atau Organisasi Terorisme (DTTOT) .

"Pada prinsipnya data yang disampaikan PPATK kepada BNPT dan Densus 88 tentang kasus ACT merupakan data intelijen terkait transaksi yang mencurigakan sehingga memerlukan kajian dan pendamalam lebih lanjut untuk memastikan keterkaitan dengan pendanaan terorisme," kata Nurwakhid kepada Liputan6.com, Rabu (6/7/2022).

Nurwakhid menyampaikan dalam hal ini BNPT dan Densus 88 bekerja berdasarkan pada UU Nomor 5 Tahun 2018 tentang tindak pidana terorisme. Menurut dia, karena ACT belum masuk DTTOT dibutukan pendalaman dan koordinasi dengan stakeholder terkait dalam menentukan konstruksi hukumnya.

Namun, Nurwakhid menegaskan jika aliran dana yang mencurigakan terbukti ditemukan maka akan dilakukan tindakan hukum kepada ACT. Namun, jika tidak maka proses hukum akan dijalankan oleh penegak hukum terkait.

"Jika aktifitas aliran dana yang mencurigakan tersebut terbukti mengarah pada pendanaan terorisme tentu akan dilakukan upaya hukum oleh Densus 88 Anti Teror Polri. Jikalau tidak, maka dikoordinasikan aparat penegak hukum terkait tindak pidana lainnya," jelas Nurwakhid.

Hati-Hati

Nurwakhid mengajak seluruh masyarakat untuk lebih berhati-hati jika ingin berdonasi. Dia menyarankan agar masyarakat menyalurkan donasi pada lembaga resmi dan kredibel seperti yang direkomendasikan oleh pemerintah.

"Termasuk dalam penggalangan dana kemanusiaan untuk luar negeri, masyarakat juga mesti hati-hati dengan menyalurkan pada lembaga resmi atau melalui kementerian luar negeri agar tidak disalahgunakan untuk kepentingan pendanaan terorisme," kata dia.

Nurwakhid menyampaikan bahwa dalam konstruksi hukum untuk menentukan individu dan lembaga bisa dikenakan pasal tindak pidana jika memenuhi salah satu dari lima indikator. Antara lain yaitu pelaku langsung, yang menyuruh melakukan, ikut serta melakukan, membantu untuk melakukan, dan mendanai.

Nurwakhid mengutarakan himbauan untuk berhati-hati dalam penyaluran dana ini juga berlaku bagi perusahaan BUMN dan swasta. Pihak penyalur, kata dia, dapat melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan BNPT.

"Karena itulah, himbauan kehati-hatian juga berlaku kepada perusahaan BUMN atau swasta agar dalam penyaluran dana CSR untuk berhati- hati dengan melakukan koordinasi dan konsultasi dengan BNPT," kata Nurwakhid.

"Hal ini penting agar penyaluran dana untuk kepentingan kemanusiaan yang dilakukan individu ataupun lembaga tepat sasaran dan terhindar dari kategori ikut dalam mendanai tindak pidana terorisme," lanjut dia.

Ditelusuri Densus 88

Kepala Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti-Teror Polri, Irjen Marthinus Hukom, mengatakan pihaknya masih terus mendalami temuan PPATK.

"Kami dalam kasus ini melakukan pendalaman lanjutan dari laporan analisa transaksi keuangan PPATK, dan karena ini sudah menjadi pertanyaan publik kepada Polri dalam hal ini Densus 88. Kami harus mencari jawaban dari pertanyaan publik tersebut dengan menelusuri kembali semua transaksi yang terjadi," kata Irjen Marthinus Hukom kepada Liputan6.com, Rabu (6/7/2022).

Marthinus menjelaskan, dari beberapa transaksi diketahui ACT menerima dana dari luar negeri dan juga mengirim dana ke luar negeri.

"Itulah yang sedang kami telusuri, dan butuh waktu untuk itu, karena sebagian entitas yang bertransaksi dengan ACT berada di luar negeri, sehingga butuh waktu untuk menjawab dan memastikan siapa-siapa saja dari mereka yang bertransaksi dengan ACT," ia menambahkan.

<p>Infografis Ragam Tanggapan Dugaan Penyelewengan Donasi Aksi Cepat Tanggap. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>


Presiden ACT Kaget Izin Dicabut

Presiden ACT, Ibnu Khajar, mengaku sangat kaget atas keluarnya keputusan pemerintah dengan Nomor 133/HUK/2022 tentang Pencabutan Izin Penyelenggaraan Pengumpulan Sumbangan.

"Kami perlu menyampaikan kepada masyarakat bahwa kami sangat kaget dengan keputusan ini," kata Ibnu Khajar di kantor ACT, Jakarta, Rabu (6/7/2022).

Ibnu mengatakan, pihaknya pada Selasa 5 Juli 2022 kemarin telah memenuhi panggilan dari Kemensos. Dalam proses pemanggilan tersebut, Ibnu mengaku semuanya telah dijelaskan secara rinci.

Ibnu mengatakan bahwa dari hasil pertemuan tersebut adanya rencana kedatangan tim Kemensos untuk melakukan pengawasan pada Kamis 7 Juli 2022 besok. Hal itu sebagai sikap kooperatif dari ACT untuk menyiapkan terkait yang dibutuhkan oleh kementerian yang dikepalai oleh Tri Rismaharini tersebut.

"Artinya kami telah menunjukkan sikap kooperatif. Kami juga sudah menyiapkan apa saja yang diminta oleh pihak Kemensos, terkait dengan pengelolaan keuangan," beber dia.

Bakal Surati Kemensos

ACT juga berencana mengirimkan surat permohonan penerbitan pembatalan pencabutan izin Penyelenggaraan Pengumpulan Uang dan Barang (PUB) ke Kementerian Sosial (Kemensos).

"Sangat mungkin dari pihak kami ACT mengirimkan surat permohonan pencabutan kepada Kemensos untuk pembatalan izin PU kepada yayasan ACT," kata Ibnu Khajar.

Menurut dia, surat tersebut akan dikirimkan pada Kamis 7 Juli 2022 besok. ACT juga akan melampirkan beberapa perbaikan-perbaikan yang telah dijalankan sebagaimana hasil pertemuan dengan Kemensos pada Selasa 5 Juli 2022 kemarin.

"Kami sangat yakin pihak Kemensos memudahkan surat izin pembatalan PUB yang terbit hari ini," ujar Ibnu Khajar.

Ibnu menyampaikan izin PUB memang secara rutin diperpanjang setiap tiga bulan. Pada proses perpanjangan izin itu, ACT akan melaporkan sejumlah hasil kerja kepada Kemensos.

"Jadi sebenarnya, masa ini (sekarang) masih masa peralihan kami masih masa peralihan yang sebelumnya kami ngasih laporan untuk perpanjangan berikutnya. Jadi nanti yang surat ini kami kirim surat kepada kemensos," tutur Ibnu Khajar.

Setelah mengirimkan surat permohonan, lanjut dia, ACT akan menyerahkan sepenuhkan ke Kemensos selaku pihak yang menaungi lembaga filantropi ini.

Ibnu Khajar yakin apabila nantinya Kemensos akan kembali memperbolehkan ACT untuk menampung dana seperti sedia kala. Dengan dicabutnya izin PUB terhadap lembaga tersebut.

"Komitmen kami untuk memperbaiki sehingga dari pihak Kemensos melihat kesungguhan kami ya. Mengikuti aturan taat, dan kami siap untuk dibina semoga dengan cara ini surat kami bisa mendapatkan respon positif," kata dia.

Tetap Salurkan Bantuan Pakai Dana Tunai yang Tersisa

Ibnu Khajar memastikan, pihaknya tetap menyalurkan hasil donasi yang terkumpul sebagaimana program yang telah dicanangkan.

Donasi yang bakal disalurkan nantinya memakai dana yang tersimpan secara tunai. Dana tersebut, berada di luar rekening-rekening yang telah diblokir PPATK.

"Semoga walaupun nanti beberapa diblokir dan ada yang masih mungkin ada sebagian donasi kan cash ya, kami akan fokus yang bisa kami cairkan saja dulu. Rekening-rekening yang sudah ada di kami atau dana cash yang sudah kami dan bisa dicairkan," kata Ibnu.

Langkah itu diambil karena dana tersebut merupakan hasil pengumpulan yang dilakukan ACT dalam setiap kegiatan. Menurut dia, hasil dana terkumpul merupakan amanah yang harus disalurkan.

"Karena ini amanah, harus kami sampaikan. Kami nggak pingin cacat amanah dalam menyalurkan amanah-amanah dari masyarakat," ujar Ibnu.

Sementara untuk jumlah dana yang telah diblokir PPATK, pihaknya belum mengetahui rinciannya.

"Kami belum cek kepada tim keuangan kami, rekening mana saja yang diblokir pasca pembersihan, rekening mana saja dan berapa banyak yang sudah diblokir," ucap Ibnu.

<p>Infografis Sorotan Dugaan Penyelewengan Donasi Aksi Cepat Tanggap. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>