Gaya Bonge di Citayam Fashion Week

Journal: Citayam Fashion Week, Cara Eksis Remaja Tanggung di Belantara Ibu Kota

Liputan6.com 2022-07-11 00:05:34
Citayam Fashion Week, Cara Eksis Remaja Tanggung di Belantara Ibu Kota (Liputan6.com/Abdillah)

Siang itu cuaca di Kota Tangerang, Banten cukup panas. Beda halnya yang dirasakan Haifdz saat nongkrong di Taman MRT Dukuh Atas, Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat.

Di rumahnya, remaja berusia 17 tahun itu sedang bersiap diri memilah outfit atau pakaian yang akan dikenakannya untuk bertemu dengan temannya di akhir pekan. Menurutnya, berpenampilan menarik dan bagus merupakan hal yang harus dilakukannya sebelum berangkat menuju Ibu Kota.

Saat dijumpai Liputan6.com, Apis panggilan akrab Haifdz, sedang menata rambut pirangnya sedemikian rupa agar tampak rapi. Ritual menggunakan skincare wajah pun tak lupa dilakukannya.

Dengan mengenakan kaus hitam polos lengan panjang, celana kotak-kotak, tas pinggang, dan sepatu putih Apis bersiap untuk berangkat. Khusus untuk penampilannya saja, remaja lulusan SD tersebut harus merogoh uang sebesar Rp 1 juta. Beberapa potong baju dan perlengkapan lainnya sudah dikumpulkannya.

"Saya ngeliat temen-temen di sini (Sudirman) bajunya pada keren-keren gitu, saya jadi kepengen," kata Apis kepada Liputan6.com.

Apis seringkali menyisikan uang hasil kerjanya untuk membeli beberapa pakaian yang diinginkannya. Sejumlah pekerjaan serabutan dilakukannya. Mulai dari tukang angkut barang hingga tukang parkir.

"Saya kerja jadi tukang angkut barang dari kontainer-kontainer gede China. Itu saya kumpulin gajinya bisa Rp 1 juta kalau lagi ada kontainer. Tapi udah dua minggu ini lagi enggak ada sih," sambungnya.

Setelan pakaian yang dikenakan Apis seringkali hasil berbelanja dari sejumlah mal di Jakarta. Harganya pun bervariasi. Mulai dari Rp 55 ribu untuk tas, Rp 100 ribu untuk kaus, dan celana mencapai Rp 250 ribu. Apis selalu merasa cocok dengan outfit pilihannya.

Untuk kegiatan nongkrong, biasanya dia berangkat siang hari dari rumahnya menuju Stasiun Sudirman. Jarak rumahnya ke Stasiun Poris kurang lebih 5 kilometer dan ditempuhnya dengan berjalan kaki. Bukan tanpa alasan, Apis ingin sekaligus berolahraga.

Bahkan secara tidak langsung dia menghemat ongkos untuk sekali perjalanan. Perjalanan yang ditempuh sekitar kurang dari 2 jam. Untuk perjalanan dengan kereta listrik (KRL) commuter line memakan waktu 1 jam dengan tarif pulang pergi sebesar Rp 20ribu.

"Semenjak nongkrong dan kenal temen-temen juga, aku jadi lebih PD (percaya diri). Dulu aku pertama kali ke sini sendiri, lama-lama diajak kenalan dan akhirnya banyak temen. Setelah nongkrong aku ngerasa jadi pinter gaya (fashion)," Apis menandaskan.

<p>Infografis 7 Lokasi Keren untuk Foto Narsis di Jakarta (Liputan6.com/Trie Yasni)</p>

Selain Apis, ada Alex dan Irgi yang harus melalui perjalanan sekitar satu jam untuk mendatangi Kawasan Taman MRT Dukuh Atas, lokasi yang belakangan disebut sebagai Citayam Fashion Week. Keduanya merupakan remaja berusia 15 tahun yang ingin mencari hiburan di luar kota dengan akses mudah dan murah. Biasanya Alex dan Irgi memilih pakaian yang dianggapnya menarik sebelum datang.

Kemudian mereka berangkat dari rumah dan bertemu di Stasiun Citayam menuju Stasiun Sudirman. Ongkos yang dikeluarkan untuk pulang pergi menggunakan kereta listrik (KRL) tak sampai Rp 10 ribu.

Sedangkan lokasi yang mereka tuju tak jauh dari Stasiun Sudirman. Atau hanya berjarak sekitar 200 meter. Biasanya Alex dan Irgi pukul 16.00 WIB sampai jelang tengah malam.

"Saya ke sini buat foto-foto aja, bisa buat foto produk yang saya jual. Atau juga kalau ada yang minta saya shooting wawancara gitu saya juga bisa," kata Irgi kepada Liputan6.com.


Alasan Cari Teman hingga Pacar

Irgi mengaku tak pernah membawa uang saku lebih dari Rp 30 ribu. Terpenting cukup untuk ongkos dan makan saja.

Selain untuk foto-foto, dia mengaku nongkrong di Sudirman untuk mencari teman, pacar, dan ketenaran seperti beberapa anak lainnya. "Kita juga di sini ada niatan nyari cewek. Kriteria saya itu yang penting setia, tulus dah pokoknya," ucap siswa kelas 3 SMP itu sambil tertawa.

Kebiasaan nongkrong setiap sore di Taman MRT Dukuh Atas juga dilakukan Febri. Biasanya setiap pukul 15.00 WIB dia datang dengan berjalan kaki dari rumahnya di kawasan Karet, Jakarta Pusat. Menurut Febri, jaraknya tak terlalu jauh jika melalui jalan pintas.

Saat Febri datang beberapa orang memanggilnya. Dia memang cukup terkenal di kalangan anak-anak tongkrongan. Remaja berusia 16 tahun itu mengaku beberapa cowok seringkali mengajaknya berkenalan bahkan berpacaran.

Kadang kala mereka saling bertukar akun media sosial hingga nomor telepon. "Saya suka ke sini karena enak aja, banyak cowok-cowok ganteng. Di sini juga banyak kenalan. Itu cowok-cowok di depan gengnya Roy itu temen saya juga," kata Febri kepada Liputan6.com.

Dia mengaku pakaian yang dikenakannya seringkali berbeda dengan di rumah. Febri ingin menunjukkan sisi kerennya kepada orang-orang yang ditemuinya. Beberapa kali dia belanja ke pasar untuk membeli pakaian baru untuk dikenakannya saat nongkrong.

Meskipun tak terlalu mahal, Febri mengaku sering terinspirasi dari gaya berpakaian orang di media sosial dan orang-orang yang berlalu-lalang di kawasan Sudirman.

"Saya tiap hari ke sini, kegiatannya ya ngobrol, main-main. Saya kalau ke sini ngerasa harus pakai baju keren, kadang ada yang minta foto dari fotografer saya juga suka foto-foto sih," Febri menjelaskan.

Alasan lain juga disampaikan oleh Aulia remaja asal Kota Bekasi, Jawa Barat. Dia bersama kedua temannya memang baru pertama datang ke Taman MRT Dukuh Atas. Sambil malu-malu mereka memperhatikan beberapa orang yang seringkali dilihatnya di media sosial.

Siswa kelas 3 SMP ini mengaku kedatangannya ingin bertemu dengan Jeje, Bonge, dan Roy remaja yang sedang viral di media sosial. Selain ingin bertemu dengan mereka, Aulia berencana menambah pertemanan.

"Malu mau ajak kenalan dan foto mereka. Tapi jauh-jauh ke sini ya mau nambah teman aja. Soalnya tahu sini dari Tiktok," ujar Aulia kepada Liputan6.com.


Budaya Kota Jadi Rujukan Jati Diri

Kawasan Taman MRT Dukuh Atas, Jakarta Pusat belakangan ini memang jadi ramai dan dipadati para remaja dari pinggiran kota dan penyangga. Mulai dari Bogor, Citayam Depok, Bekasi, hingga Tangerang. Bahkan lokasi tersebut saat ini dikenal sebagai Citayam Fashion Week.

Pantauan Liputan6.com, setiap menjelang sore hingga tengah malam para remaja mulai berdatangan di kawasan yang tidak jauh dari Stasiun Sudirman tersebut. Mereka mengenakan berbagai outfit atau pakaian yang berbeda-beda.

Mulai dari hoodie dan celana ukuran besar atau kedodoran, lalu kaus crop dengan cardigan, rok mini ataupun span, hingga berbagai gaya rambut yang mencolok karena warnanya. Kegiatan itupun menjadi bahan perbincangan di media sosial.

Pengamat sosial dari Universitas Indonesia Devie Rahmawati menilai kegiatan tersebut merupakan fenomena yang alamiah. Sebab namanya remaja sedang proses dalam pencarian identitas diri.

"Kemudian mereka juga merupakan kelompok individu yang mencari kebebasan dan kemerdekaan dan memiliki kecenderungan untuk tampil berbeda dengan budaya/aturan/adat istiadat yang biasanya terjadi," kata Devie kepada Liputan6.com.

Dia menjelaskan sejak dulu para remaja atau anak-anak muda selalu mencari rujukan dalam pembentukan jati diri. Dalam era digital seperti saat ini dan pendemi Covid-19 rujukannya yakni dari ruang digital atau media sosial. Sedangkan kata Devie, media sosial saat ini didominasi dengan konten atau budaya perkotaan.

Karena hal itu, dia mengaku tak heran ketika Jakarta menjadi kiblat pencarian identitas diri para remaja. Dalam konteks dunia digital, Devie menilai kehebatan dan kebenaran seringkali diwakili dengan sesuatu hal yang viral.

"Namanya ruang digital itu menghadirkan yang disebut dengan supermarket budaya. Akan tetapi, lagi-lagi supermarket budaya itu didominasi oleh budaya-budaya kota. Sehingga kemudian dari zaman dahulu ada kecenderungan anak dan remaja akan meniru hal-hal yang sifatnya metrosentik, karena itu dianggap menjadi sesuatu yang paling hebat dan paling benar," papar dia.

Kemudian kata Devie, hal-hal yang tersebut yang pada akhirnya dilakukan atau dipraktikkan oleh para remaja dari kota penyangga. Keadaan itu juga didukung dengan semakin melonggarnya aturan mengenai pandemi Covid-19 hingga akses transportasi.

Misalnya dari kereta listrik (KRL) commuter line hingga Transjakarta. Devie juga menyatakan setiap remaja akan berusaha menerjemahkan apa yang mereka bayangkan atau tontonan dari media sosial.

"Mereka menggunakan gaya mereka, terjemahan mereka tentang kota, tapi lagi-lagi settingnya kan ada di kota, sehingga kemudian mereka kembali tenar lagi, akhirnya mereka juga bisa mewarnai budaya di ruang digital yang biasanya didominasi oleh anak-anak kota. Tapi saat ini anak-anak pinggiran yang kemudian beraksi dengan latar belakang kota juga memiliki kesempatan untuk hits," ujarnya.

Berdasarkan temuan di lapangan, Devie menyatakan berkumpulnya remaja di Taman MRT Dukuh Atas menjadi rujukan baru untuk menirukan gaya mereka. Yaitu untuk remaja di luar ataupun di Jakarta. Hal tersebut dikarenakan faktor ketenaran yang didapatkan oleh beberapa orang akibat viral.


Media Sosial sebagai Rujukan

Sedangkan untuk persoalan sampah di sekitaran lokasi, Devie menyebut hal tersebut merupakan tugas bersama. Mulai dari para orang dewasa dan Pemprov DKI Jakarta. Papan pengumuman dan pengawasan diperlukan di sekitar wilayah.

Menurut dia, dengan struktur atau sistem yang kuat akan membangun kultur yang bagus dalam pembuangannya sampah di tempatnya.

"Karenanya kita perlu bantu adik-adik ini untuk bisa belajar bahwa ada yang bener, bahwa berkumpul nongkrong itu boleh tapi sampahnya tolong dibuang pada tempatnya," sambung dia.

Devie menegaskan selama sebuah peradaban masih ada anak muda, potensi untuk pencarian jati diri dan menjadikan kota sebagai basis mereka aman terus terjadi. "Mungkin nanti tempatnya akan berbeda, gayanya akan berbeda. Akan tetapi, polanya akan menjadi pola yang berulang dan itu akan terus terjadi," jelas Devie.

Pusat Riset Masyarakat dan Budaya (PMB)-BRIN Henny Warsilah Widodo menyatakan Jakarta tumbuh sebagai kota dengan segala kemudahannya. Mulai dari transportasi modern, komunikasi dengan adanya WIFI gratis, hingga pemandangan kota metropolitan yang menjadi daya tarik tersendiri untuk para warga kota pinggiran.

Magnet Jakarta tak hanya untuk masyarakat Indonesia, namun juga mancanagera. Misalnya dengan adanya penyelenggaraan sejumlah acara.

"Maka menjadi wajar jika kelompok orang muda dari daerah sub-urban datang dan menjadikan daerah sekitar Stasiun Sudirman tempat tongkrongan/hangout yang asyik tanpa biaya berarti," kata Henny kepada Liputan6.com.

<p>Infografis Journal: Fenomena Remaja di Citayam Fashion Week, Cari Kebebasan? (Trie Yasni/Liputan6.com</p>

Henny menyatakan Jakarta sebagai smart city memiliki tujuan untuk menjadi kota yang ramah untuk semua orang, adanya pemerataan pembangunan, dengan tetap memelihara rasa kebersamaan, dan mendorong urbanitas.

Lanjut dia, pertumbuhan penduduk di wilayah kota penyangga sangat tinggi. Ada kemungkinan pula orang tua saat ini merupakan mereka yang dulunya tinggal di Ibu Kota dan akhirnya menetap di kota pinggiran.

"Cerita para orang tua tentang kemegahan Jakarta menjadi faktor pendorong urbanisasi ulang alik bagi anak-anak muda ini," ucap dia.

Karena hal itu, dengan adanya mudahnya teknologi digital dan tingginya penggunaan media sosial saat ini berdampak pada penasaran yang sangat tinggi dari generasi muda. "Maka fenomena nongkrong bareng bisa menjadi content menarik bagi mereka," Henny menandaskan.


Citayam Fashion Week Bentuk Ekspresi Anak Muda

Berkumpulnya para remaja di kawasan Taman MRT Dukuh Atas atau yang berlokasi 100 meter dari Stasiun Sudirman tentunya mendapat respons pro dan kontra oleh warganet. Lokasi yang biasa disebut Citayam Fashion Week itu memang sempat viral di sejumlah media sosial. Gaya pakaian hingga persoalan sampah makanan seringkali mendapatkan sorotan.

Psikolog Anak dan Keluarga Astrid WEN menilai berkumpulnya para remaja di Citayam Fashion Week merupakan bentuk mengekspresikan diri. Salah satu bentuknya yaitu dari cara berpakaian atau penampilan. Hal tersebut sejalan dengan karakteristik atau naluri para remaja.

"Jadi ini menjadi ajang untuk mereka bisa mengekspresikan, siapa mereka. Lalu alasan yang kuat juga yang mendasari adalah keinginan untuk berkomunitas, jadi keinginan untuk mencari teman berkenalan atau lirik-lirik gitu, mencari mungkin gebetan," kata Astrid kepada Liputan6.com.

Menurut Astrid, para remaja itu ingin menunjukan kebebasan berekspresinya sendiri di waktu luangnya di tempat perkumpulan. Dia menilai kegiatan tersebut menjadi langkah yang positif.

"Ketika teman-teman remaja punya satu tempat di mana bisa berkumpul bersama saling berkenalan gitu ya bisa dilihat banyak orang. Dan kalau kita masyarakat mau menjaga atau kita mau memperhatikan kita boleh misalnya memang memberikan ada penjagaan petugas keamanan yang juga ramah dengan remaja kemudian juga diatur pendisiplinan," papar dia.

Pendisiplinan yang dimaksud Astrid yakni untuk antisipasi upaya tindak kriminal ataupun vandalisme. Lokasi berkumpulnya para remaja diyakini dapat meningkatkan perkembangan kreativitas yang ada.

Selain itu dia juga menyatakan menjalin pertemanan yang luas untuk remaja dapat mempermudah mereka mengenal bermacam-macam karakter.

"Itu akan memperkaya diri kita dan kita akan jadi tahu nantinya siapa sih saya, paling senang mengekspresikan diri dengan cara seperti apa dan saya sebenarnya cocoknya sama teman-teman yang seperti apa. Jadi harus perbanyak berteman dulu kemudian bagian mengekspresikan dirinya ini pelan-pelan gitu," ujar dia.


Apresiasi Penggunaan Produk Lokal

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan angkat bicara mengenai fenomena munculnya remaja yang banyak mendatangi kawasan Taman MRT Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Bahkan warganet seringkali mengenal fenomena tersebut dengan mengganti singkatan SCBD atau kawasan pusat bisnis menjadi Sudirman, Citayam, Bojonggede, dan Depok.

Anies menjelaskan kawasan Dukuh Atas dibangun sebagai ruang ketiga yang ditujukan untuk mensetarakan dan mempersatukan semua warga. Sebab dulunya kawasan di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat sangat susah untuk dinikmati oleh orang luar wilayah tersebut.

Yaitu mereka yang bekerja dengan menggunakan kendaraan pribadi. "Tidak ada yang berjalan kaki antar gedung, ada pertemuan antar gedung enggak ada yang jalan kaki," kata Anies seperti yang dikutip pada akun Instagram @aniesbaswedan.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyatakan trotoar yang saat ini tersedia di Sudirman dapat digunakan oleh semua pihak, termasuk warga kota penyangga. Hal terpenting warga dapat menjaga kebersihan ketika memanfaatkan fasilitas yang ada.

"Silakan semua boleh datang menikmati ruang-ruang publik di Jakarta dengan cara dan ekspresinya masing-masing. Yang penting jaga kebersihan dan ketertiban. Selamat menikmati ruang ketiga di Jakarta," Anies menandaskan.

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku tidak mempermasalahkan mengenai aktivitas yang dilakukan oleh para remaja di kawasan dekat Stasiun Sudirman, Jakarta Pusat. Riza bahkan memuji penampilan para remaja itu yang dinilai mencintai produk-produk dalam negeri.

"Enggak ada masalah, saya lihat juga di medsos outfit, sepatu mereka juga keren-keren, produk lokal lagi," kata Riza seperti dikutip dalam akun Instagram @arizapatria.

Selain itu politikus Gerindra itu mengapresiasi mengenai kegiatan yang seringkali disebut warganet sebagai Citayam Fashion Week. Kegiatan itu kata dia merupakan salah satu bentuk kreativitas anak-anak muda.

Riza hanya berpesan kepada mereka untuk selalu menjaga ketertiban dan kebersihan serta tidak merokok. "Petugas kami sempat menanyakan banyak dari mereka menjawab cuma jalan jalan. Emang ini lagi liburan, healing kata mereka. Mari kita jaga kota Jakarta yang kita cintai ini," jelas Riza.

(Nurul Fajri Kusumastuti)

<p>Infografis Journal: Fakta Fenomena Remaja Citayam di Fashion Week Sudirman (Trie Yasni/Liputan6.com)</p>

Presiden Sri Lanka Kabur?

Beredar Video Viral Diduga Presiden Sri Lanka Kabur Naik Kapal, Sudah Tinggalkan Negara?

Liputan6.com 2022-07-10 17:36:20
Beredar rekaman video Presiden Sri Lanka Rajapaksa meninggalkan negara dengan kapal angkatan laut.(Sumber Gambar: Screengrab/ @TACHYONJANEESHA)

Di tengah protes nasional yang menyerukan pengunduran diri Presiden Sri Lanka, muncul video yang beredar luas menunjukkan koper-koper diduga milik sang pemimpin sedang dimuat di kapal Angkatan Laut.

Ini terjadi setelah Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa meninggalkan kediamannya sebelumnya.

Mengutip laporan Indiatvnews, Minggu (10/7/2022), video tersebut memperlihatkan tiga orang memuat beberapa koper ke Kapal Angkatan Laut Sri Lanka (SLNS), Gajabahu, dengan tergesa-gesa. Media lokal mengklaim bahwa koper-koper itu milik Rajapaksa.

Sebelumnya, situs Hindustan Times menyebut bahwa seorang juru bicara pemerintah, Mohana Samaranayake, mengatakan dia tidak memiliki informasi tentang keberadaan Rajapaksa.

Beredar pula video yang diposting di media sosial menunjukkan pengunjuk rasa menyerbu kediaman presiden, meneriakkan "Harus pulang," memanggil presiden dengan nama panggilannya. Puluhan orang terlihat melompat ke kolam renang, berseliweran di sekitar rumah dan menonton televisi. Di luar gedung, barikade digulingkan dan bendera hitam dikibarkan di tiang.

Beberapa jam kemudian sebuah video viral dibagikan secara luas, yang menurut beberapa laporan, momen presiden Sri Lanka di atas kapal.

Sebuah video klip yang beredar di media sosial ini serupa dengan yang dimuat Indiatvnews, memperlihatkan tiga pria membawa koper dan berlari untuk memuatnya di kapal SLNS Gajabahu. Menyebut Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa dilaporkan melarikan diri dari rumahnya Sabtu sore setelah massa - meneriakkan slogan 'Gota, pulang' - menyerbu kompleks gedung kepresidenan.

Saat malam tiba, sebuah pernyataan diumumkan kepada publik bahwa dia akan mengundurkan diri pada 13 Juli. Ini beberapa jam setelah PM Sri Lanka Ranil Wickremesinghe mengatakan dia akan mundur.

"Rekaman media sosial yang tampaknya difilmkan di pelabuhan #Colombo menunjukkan barang bawaan dimuat ke kapal #SriLanka @srilanka_navy SLNS GAJABAHU, meningkatkan kekhawatiran VVIP atau keluarga meninggalkan negara itu. Sebuah suara di latar belakang dapat terdengar di Sinhala yang mengatakan 'Gota akan pergi'," tulis sebuah tweet.

Hindustan Times sejauh ini belum dapat memverifikasi video ini secara independen.

Sementara itu, beberapa penyiar swasta juga menunjukkan konvoi kendaraan milik presiden di bandara internasional utama Sri Lanka, tetapi tidak dapat dikonfirmasi apakah dia telah meninggalkan pulau itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Demonstran Serbu Istana Presiden Sri Lanka

Media sosial dibanjiri video dan foto para demonstran yang berjalan memasuki istana Presiden Rajapaksa, memasuki seluruh ruangan rumah bahkan melompat ke kolam renang.

Laporan India Today menyebut bahkan para pengunjuk rasa terlihat berolahraga di gym kepresidenan, dan melahap makanan di dapur presiden.

Mengutip AFP, demonstran lain dilaporkan terlihat tertawa dan bersantai di kamar tidur yang megah di kediaman itu. Salah satunya mengeluarkan apa yang dia klaim sebagai underwear alias celana dalam Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa.

Puluhan ribu demonstran berada di jalan-jalan ibu kota Sri Lanka, Kolombo hari Sabtu, menuntut pengunduran diri presiden setelah krisis keuangan selama berbulan-bulan yang melumpuhkan ketahanan pangan dan bahan bakar negara pulau itu.

Para demonstran yang marah melintasi pagar dan menerobos masuk ke istana Rajapaksa, sebuah bangunan era kolonial yang menghadap ke laut, menunjukkan visual yang belum pernah terjadi sebelumnya dari negara pulau berpenduduk 22 juta jiwa itu. Polisi awalnya berusaha untuk menggagalkan protes dengan jam malam, tetapi kemudian mencabutnya karena pengacara dan politikus oposisi mengecamnya sebagai ilegal.

Negara kepulauan itu telah menderita selama berbulan-bulan kekurangan makanan dan bahan bakar, pemadaman listrik yang lama dan inflasi yang tinggi setelah kehabisan mata uang asing untuk mengimpor barang-barang vital.


Ada yang Terkena Luka Tembak

Setidaknya 21 orang, termasuk dua polisi terluka dan dirawat di rumah sakit dalam protes yang sedang berlangsung, kata sumber rumah sakit kepada Reuters.

Rekaman video dari saluran berita TV lokal NewsFirst menunjukkan beberapa pengunjuk rasa, yang memegang bendera dan helm Sri Lanka, masuk ke kediaman presiden, kata sebuah laporan Reuters.

Seorang juru bicara rumah sakit utama Kolombo mengatakan tiga orang dirawat karena luka tembak, bersama dengan 36 lainnya menderita kesulitan bernapas setelah terperangkap dalam rentetan gas air mata.


Demonstran Serbu Istana Presiden Sri Lanka, Massa yang Marah Juga Bakar Rumah PM

Sabtu 9 Juli 2022 menjadi hari paling kacau di negara Sri Lanka dalam beberapa bulan kekacauan politik dan krisis ekonomi yang mendera.

Presiden dan perdana menteri Sri Lanka akhirnya setuju untuk mengundurkan diri tak lama setelahnya pada hari Sabtu, ketika pengunjuk rasa menyerbu rumah kedua pejabat dan membakar salah satu bangunan dalam kemarahan atas krisis ekonomi negara yang parah.

Awalnya Perdana Menteri (PM) Sri Lanka Ranil Wickremesinghe mengadakan pertemuan dengan para pemimpin politik dan mengatakan dia bersedia mundur untuk membuka jalan bagi pemerintah persatuan. Tapi itu gagal menenangkan pengunjuk rasa, yang akhirnya menyerbu kediaman pribadi perdana menteri dan membakarnya setelah malam tiba.

Para pengunjuk rasa berbaris menuju kediaman resmi PM Sri Lanka Ranil Wickremesinghe, mendorong polisi untuk menggunakan gas air mata dan meriam air terhadap mereka.

Menurut laporan lokal, wartawan diserang oleh pasukan keamanan Wickremesinghe.

Setelah laporan tentang wartawan yang diserang muncul ke permukaan, massa berbaris menuju kediaman Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe dan membakarnya. Polisi kemudian menembakkan gas air mata ke arah massa yang berbaris ke rumah Ranil Wickeremesinghe.

Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe mengatakan dia akan meninggalkan jabatannya begitu pemerintahan baru terbentuk, dan beberapa jam kemudian ketua parlemen, Mahinda Yapa Abeywardena, mengumumkan Presiden Gotabaya Rajapaksa akan mundur pada Rabu 13 Juli.

<p>Infografis Wanti-Wanti Euforia Boleh Lepas Masker (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Kurban Sapi Seberat 1,3 Ton

Raffi Ahmad Ikut Potong Sapi saat Idul Adha 1443 H, Disambut Kehebohan Warga

Liputan6.com 2022-07-10 17:00:00
Raffi Ahmad dan sapi Ontoseno yang dikurbankan pada hari raya Idul Adha 1443 H. (Instagram @raffinagita1717)

Raffi Ahmad turut serta dalam meramaikan Hari Raya Idul Adha 1443 H yang jatuh pada hari ini, Minggu (10/7/2022). Sebagai seorang selebriti yang dikenal memiliki banyak penghasilan, tentu saja Raffi Ahmad berkurban banyak sapi. Salah satunya adalah Sapi Ontoseno yang diketahui ia dapat dari Yogyakarta.

Raffi Ahmad pun sempat memamerkan sapi seberat 1,3 ton itu di media sosialnya, Sabtu (9/7/2022). "Sapi Ahmad - OntoSeno ," tulisnya singkat dalam keterangan sebuah foto dirinya menunggangi sapi berukuran besar itu.

Melalui Instagram Stories, Raffi Ahmad memperlihatkan rangkaian kegiatannya selama Idul Adha 1443 H. Termasuk dengan ikut serta berkurban di area Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Di area kediamannya di Andara, diketahui terdapat 15 ekor sapi yang disembelih.

Begitu memeriksa sapi yang terletak di Lebak Bulus Raffi Ahmad mengaku ikut menyembelih sapi yang beratnya sekitar 1,3 ton alias sapi Ontoseno yang dipamerkannya di unggahan potret. Kunjungan Raffi Ahmad bersama istri dan anak ini pun mendapat sorotan warga sekitar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sampai Ganti Baju

Dalam video singkatnya di Instagram Stories, Raffi mengganti bajunya dengan kaus hitam. Ia mengaku mengenakan baju tersebut karena akan ikut menyembelih.

"Mantap! Saya mau potong yang gede, sudah ganti baju. Mau potong sendiri yang 1,3 ton bisa enggak? Bisa, top mantap, bisalah," ujar Raffi Ahmad sebelum sapi raksasanya itu disembelih.

Namun saat memperlihatkan momen penyembelihan, Raffi terlihat seperti tak tega dengan wajah memelas sambil menjauh dari sapi tersebut.


Keramaian Warga

Setelah dari sana, Raffi yang datang bersama Nagita Slavina, Rafathar, dan bayi Rayyanza, bertolak ke rumah neneknya, Mami Popon, yang juga ibu dari ibunda Raffi, Amy Qanita.

Namun menjelang masuk ke dalam mobil Raffi memperlihatkan momen warga yang ramai-ramai berkumpul di depan area parkir mobil Raffi dan keluarga sambil dibatasi pagar.

"Halo semuanya, maaf lahir batin, ya. Sehat-sehat ya. Maaf lahir batin. Mantap, sehat-sehat," ujar Raffi Ahmad kepada warga.


Setelah Berkegiatan

"Kita ke rumah nenek Popon ya? Habis potong, penuh darah semua. Harus mandi dulu nih di rumah Lebak Bulus. Mantap," ujar Raffi Ahmad setelah di dalam mobil bersama anaknya yang kedua.

Setiba di rumah sang nenek, Raffi dan keluarga pun berlama-lama menikmati momen santai sambil makan siang sekaligus beristirahat. Sang nenek pun terlihat sehat meskipun tampak berbaring di atas tempat tidur.

Infografis Waspada Titik Lengah Saat Idul Adha (Liputan6.com/Niman)

Sang Juara Malaysia Masters dari Papua

Hasil Malaysia Masters 2022: Kalahkan Ng Ka Long Angus, Chico Aura Dwi Wardoyo Raih Gelar Juara Tunggal Putra

Liputan6.com 2022-07-10 14:36:27
Tunggal putra Indonesia Chico Aura Dwi Wardoyo akan menghadapi Ng Ka Long Angus dalam final tunggal putra Malaysia Masters 2022. Pertandingan ini akan berlangsung di Axiata Arena, Kuala Lu

Tunggal putra bulu tangkis Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo keluar sebagai juara sektor tunggal putra Malaysia Masters 2022. Hasil ini diraih usai Chico mengalahkan wakil Hongkong, Ng Ka Long Angus, di babak final.

Tampil di Axiata Arena, Kuala Lumpur pada Minggu (10/7/2022), tunggal putra Tanah Air harus melakoni pertarungan straight game 22--20 dan 21--15 dalam durasi waktu 45 menit.

Chico di atas kertas sejatinya masih tertinggal dibanding Ng Ka Long Angus. Pebulu tangkis asal Hong Kong itu merupakan pemain senior yang berstatus sebagai unggulan kedelapan dalam turnamen level BWF Super 500 ini.

Rekor pertemuan juga tak memihak pada penggawa Merah Putih. Dari total dua perjumpaan terakhir Chico dengan Ng Ka Long Angus, seluruhnya dimenangkan oleh tunggal putra penghuni peringkat 13 dunia tersebut.

Kendati demikian, Chico mampu tampil bersaing kala menghadapi lawannya. Ia tak ragu meladeni rally-rally panjang yang diperlihatkan Ng Ka Long Angus sejak awal game pembuka. Chico mampu memimpin dengan 8--4 di awal permainan.

Akan tetapi, angin segar mulai bertiup bagi kubu Ng Ka Long Angus jelang interval. Ia sempat mencoba memperkecil ketertinggalan, sebelum momentum kembali diputus oleh Chico. Wakil Indonesia unggul sementara 11--8 di interval set pertama.

Ng Ka Long Angus menyamakan kedudukan menjadi 11--11 selepas jeda. Kedua pemain pun mulai terlibat drama kejar-kejaran skor. Angka kembar masih terus tercipta hingga poin-poin kritis. Chico baru berhasil mengunci kemenangan di kedudukan 22--20.


Game Kedua

Awal game kedua berjalan cukup alot. Kedua pemain sering kali hanya berselisih satu angka. Chico dan Ng Ka Long Angus terus mencoba mengejar perolehan skor satu sama lain. Tunggal putra bulu tangkis Indonesia pun hanya unggul satu poin di interval game kedua.

Chico melesat dengan 15--10 pascajeda. Unforced errors yang dilakukan Ng Ka Long Angus menambah perolehan poin bagi wakil Indonesia. Momentum sempat terputus ketika pengembalian Chico menyangkut di net. Namun, pebulu tangkis berusia 24 tahun itu kembali mendapat tambahan dua angka beruntun, sehingga kedudukan menjadi 17--11.

Perolehan angka wakil Indonesia makin tak terbendung. Chico Aura Dwi Wardoyo mendapat kesempatan match point di kedudukan 20--12. Situasi kembali menegangkan usai Ng Ka Long Angus meraih tiga poin berturut-turut. Chico akhirnya sukses menuntkaskan perlawanan Ng Ka Long Angus dengan skor akhir 21--15.


Babak Sebelumnya

Perjuangan Chico di Malaysia Masters 2022 memang patut diapresiasi. Ia selalu melakoni pertarungan berat tiga set sebelum memastikan langkah ke partai puncak.

Di babak pertama, Chico harus bersua dengan wakil Hong Kong lain, Lee Cheuk Yiu. Tunggal putra asal Indonesia meraih kemenangan lewat drama rubber game 21--16, 17--21, dan 21--19.

Skenario serupa terjadi kala Chico melakoni pertandingan babak kedua. Pemain kelahiran 1998 ini baru berhasil merebut tiket menuju fase delapan besar, usai bermain tiga set dengan Kantaphon Wangcharoen.

Di perempat final, Chico mau tak mau harus melawan senior sekaligus rekan senegaranya, Anthony Sinisuka Ginting. Kalah 11--21 di game pertama, Chico mampu unggul 21--16 dan 21--17 di dua set berikutnya.

Laga semifinal pun menjadi salah satu pertandingan paling menguras energi bagi Chico. Berhadapan dengan wakil Tiongkok Lu Guang Zu, tunggal putra peringkat 45 dunia menang tipis dengan skor akhir 20--22, 23--21, dan 21--19.


Wakil Lain

Selain Chico Aura Dwi Wardoyo, Indonesia masih memiliki tiga wakil lain yang bertarung di babak final Malaysia Masters 2022.

Ganda campuran muda Tanah Air Rinov Rivaldy dan Pitha Haningtyas Mentari dijadwalkan bersua dengan unggulan kedua asal Tiongkok, Zheng Si Wei dan Huang Ya Qiong.

Sementara itu, di sektor ganda putra, Indonesia telah memastikan satu gelar juara dan satu runner-up lantaran dua wakilnya--Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan--bertemu di partai puncak.

Heboh Hutan Ganja 10 Ha di Cianjur

Temuan 10 Hektare Ladang Ganja di Gunung Karuhun, Petugas Gabungan Sisir Hutan Lindung

Liputan6.com 2022-07-10 13:00:03
Personel kepolisian memusnahkan ladang ganja di kawasan hutan Montasik, Aceh Besar, Aceh, Rabu (6/3/2019). Tanaman ganja yang ditemukan di ladang tidak bertuan itu diperkirakan telah berusia

Polres Cianjur menetapkan enam orang tersangka pemilik ladang ganja dengan luas lebih dari 10 hektare di Gunung Karuhun, Kecamatan Campaka. Namun, sampai saat ini mereka masih dalam pengejaran petugas.

Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan di Cianjur, Jawa Barat, Sabtu, mengatakan setelah menelusuri kepemilikan ladang ganda di lahan milik Perhutani itu, ternyata tidak hanya satu orang. Polisi mendapatkan sejumlah nama lain yang diduga kuat pemilik tanaman ilegal tersebut di sejumlah titik.

"Kami sudah menyebar anggota untuk mengejar para tersangka. Identitas keenam orang itu sudah kami kantongi dan segera kami tangkap," katanya.

Penyisiran di sepanjang lahan Perhutani di Kecamatan Campaka seluas 1.700 hektare masih dilakukan petugas gabungan untuk memastikan tidak ada lagi tanaman ganja yang tumbuh di kawasan hutan lindung.


Operasi Pembersihan

"Beberapa hari sebelumnya, petugas menemukan puluhan batang ganja di sisi lain Gunung Karuhun, diduga pelaku yang menanam sama dengan ladang yang lebih dulu ditemukan. Kami pastikan operasi gabungan akan dilakukan hingga semua bagian hutan lindung dinyatakan bersih dari tanaman ganja," katanya.

Polres Cianjur sebelumnya temukan ladang ganja seluas 10 hektare lebih di kawasan hutan lindung milik Perhutani tepatnya di Desa Cimenteng, Kecamatan Campaka.

ari lokasi ini petugas mengamankan 400 batang ganja yang diperkirakan sudah berusia 2 bulan lebih.

Sebelumnya petugas mendapatkan laporan dari masyarakat yang pertama kali menemukan ladang ganja di pinggir jurang yang cukup curam.

Setelah dilakukan penyisiran petugas gabungan menemukan titik ladang lain yang totalnya lebih dari 10 hektare.


Saksikan Video Pilihan Ini:

Prilly Malas Pacaran

Masih Betah Menjomblo, Prilly Latuconsina: Aku Malas Aja, Jangan Sampai Pacaran Lagi karena Akan Ganggu Pekerjaan

Liputan6.com 2022-07-10 10:00:00
Bergaun hitam, intip penampilan Prilly Latuconsina bergaun hitam yang cantik dan memukau. (Instagram/prillylatuconsina96).

Prilly Latuconsina masih betah menjadi jomblo setelah putus dari Maxime Bouttier pada 2019 lalu. Pemilik klub sepak bola Persikota Tangerang itu belum terlihat dekat dengan siapapun dan masih sibuk dengan pekerjaan sekaligus bisnis yang dijalani.

Bintang film Danur mengatakan, saat ini dirinya belum terpikirkan untuk menjalin komitmen dengan lawan jenis. Ia masih menikmati kesendiriannya yang tengah disibukan oleh segudang pekerjaan dan bisnis.

Prilly Latuconsina juga tak mau karena berpacaran malah mengganggu pekerjaannya yang saat ini sedang ditekuni.

"Aku malas. Jangan sampai pacaran lagi karena akan ganggu pekerjaan," kata Prilly saat ditemui di Jakarta Pusat belum lama ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bagi Waktu

Masalah pembagian waktu antara pekerjaan dan kekasih juga sangat dipikirkan oleh Prilly Latuconsina. Ia tak mau gara-gara berpacaran pekerjaannya jadi terbengkalai dan dirinya sibuk dengan sang kekasih saja.

"Kedua, susah bagi waktu. Karena aku tahu kalau punya pasangan pasti bucin dan memprioritaskan pasangan itu. Nanti keteteran semua. Jadi, sekarang fokus kerja dulu karena waktunya enggak ada," kata Prilly.


Nyaman

Kini Prilly mengaku nyaman dengan apa yang sedang dikerjakan dan tak terpikirkan masalah asmara. Apalagi hingga akhir tahun 2022 jadwal pekerjaannya sudah sangat padat

"Tahun ini jadwal aku full banget, ya itu salah satu pengorbanan yang aku lakukan untuk seluruh pekerjaan aku," ujar Prilly Latuconsina.


Asmara

Seperti diketahu,i Prilly latuconsina pernah menjalin asmara selama 3 tahun dengan Maxime Bouttier. Bahkan keduanya pernah bermain film bersama berjudul Matt & Mou yang tayang pada 2019.

Namun sayangnya, asmara keduanya kandas. Kendati demikian, Prilly masih berhubungan baik dengan Maxime.

<p>Infografis Karier Politik dan Riwayat Kesehatan Shinzo Abe hingga Meninggal Dunia Usai Ditembak. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Batal Beli Twiter

Karyawan Twitter Diminta Tak Unggah Cuitan Soal Batalnya Pembelian oleh Elon Musk

Liputan6.com 2022-07-10 11:00:02
Elon Musk. (Joe Raedle/Getty Images/AFP)

Elon Musk lagi-lagi bikin heboh setelah diberitakan batal membeli raksasa media sosial Twiter, yang awalnya akan diakuisisi dengan nilai USD 44 miliar.

Kejadian ini pun ikut berdampak pada para pekerja Twitter, yang dilaporkan oleh The Verge, dilarang untuk mengunggah cuitan atau komentar, terkait perjanjian merger tersebut.

Mengutip The Verge, Minggu (10/7/2022), permintaan ini disampaikan oleh Sean Edgett, penasihat umum Twitter, ke karyawan pada Jumat pekan ini. Dalam catatan itu, perusahaan menyatakan bahwa merger ini adalah masalah hukum yang sedang berlangsung.

Tercatat juga, Dewan Direksi sudah berkomitmen untuk menutup transaksi pada harga dan persyaratan yang disepakati dengan Elon Musk, dan berencana mengambil tindakan hukum untuk menegakkan kesepakatan merger.

"Mengingat bahwa ini adalah masalah hukum yang sedang berlangsung, Anda harus menahan diri dari Tweeting, Slacking, atau berbagi komentar apa pun tentang perjanjian merger," tulis memo tersebut.

"Kami akan terus berbagi informasi jika kami mampu, tetapi ketahuilah bahwa kita akan sangat terbatas pada apa yang dapat kita bagikan untuk sementara waktu," tambah memo itu.

Diketahui, setelah kabar pembatalan akuisisi Twitter oleh Elon Musk pada hari Jumat waktu setempat, beberapa karyawan dengan cepat membuat cuitan terkait situasi tersebut.

Satu cuitan mengatakan mereka telah "secara sepihak membatalkan hipotek saya" dan senang tidak perlu membayarnya lagi. Ini mengacu pada fakta ketidak jelasan apakah Musk secara hukum bisa mengatakan tidak dan pergi.

Cuitan lain merujuk pada batalnya perjalanan karyawan Twitter ke Disney, yang disebut sebagai pemotongan biaya setelah kesepakatan Musk diumumkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Elon Musk Tak Jadi Akuisisi Twitter

Sebelumnya, Elon Musk mengumumkan dirinya batal membeli Twitter seharga USD 44 miliar atau sekitar Rp 659 triliun. CEO Tesla itu menyebutkan, Twitter telah membuat pernyataan yang menyesatkan atas jumlah bot spam di platform jejaring sosial tersebut.

"Terkadang Twitter mengabaikan permintaan Musk, terkadang menolaknya karena alasan yang tampaknya tidak dapat dibenarkan," tulis pengacara Musk, Mike Ringler, sebagaimana dikutip dari NPR, Sabtu (9/7/2022).

Dia menambahkan, "Twitter juga terkadang mengklaim telah mematuhi permintaan Musk, sambil memberikan informasi yang tidak lengkap atau tidak dapat digunakan oleh Elon Musk dan timnya."

Sejumlah pahak hukum mengatakan, hal ini tidak menjadi alasan yang cukup untuk membatalkan kesepakatan senilai USD 44 miliar dimana Musk akan dikenai denda yang besar.

Menanggapi surat resmi Elon Musk, ketua dewan Twitter mengatakan pihaknya berencana untuk menuntut bos Tesla dan SpaceX tersebut.

"Dewan Twitter berkomitmen untuk menutup transaksi pada harga dan persyaratan yang disepakati dengan Mr. Musk," kata Bret Taylor dalam tweet.

Dia menjelaskan, "Kami berencana untuk mengambil tindakan hukum untuk menegakkan perjanjian merger, dan yakin akan menang di Pengadilan Kanser Delaware."

Kabar Elon Musk batal beli Twitter ini sendiri merupakan puncak dari spekulasi berbulan-bulan, dimana bos Tesla itu bersikap acuh atas rencana tersebut.

Awal pekan ini, pembelian Twitter oleh Musk juga dilaporkan berada dalam "bahaya serius" karena negosiasi berlarut-larut. Sekarang, akuisisi telah dibatalkan seluruhnya.


Alasan Elon Musk Belum Selesaikan Pembelian Twitter

Sebelum pengumuman pembatalan, Elon Musk juga sempat mengungkapkan alasan dirinya belum secara resmi menyelesaikan proses akusisi Twitter sejak bulan April lalu.

Dalam salah satu sesi acara Bloomberg baru-baru ini, Elon mengakui ada beberapa isu atau masalah yang harus Twitter selesaikan sebelum dibeli. Adapun masalah tersebut antara lain:

1. Akun Palsu atau Bot

Elon beberapa kali secara gamblang mengungkap kekhwatirannya tentang jumlah akun palsu dan bot di Twitter. Diketahui, manipulasi platform media sosial dengan akun palsu dan bot bukanlah hal baru.

Meski begitu, Elon ingin Twitter memberikan informasi lebih detail tentang berapa banyak penggunannya yang asli.

Sebelumnya, Twitter mengklaim jumlah akun palsu dan bot yang ada di platform angkanya kurang dari 5 persen dari jumlah pengguna aktif hariannya.

Dari pengalaman dirinya sebagai pengguna Twitter, Elon Musk meragukan angka yang diklaim oleh Twitter. "Kami masih menunggu resolusi tentang masalah itu, dan itu masalah yang sangat signifikan di Twitter," dikutip dari CNBC, Rabu (22/6/2022).


Pembiayaan dan Pemegang Saham

2. Kendala Pembiayaan

Alasan lainnya adalah tentang porsi utang yang diperlukan Elon Musk untuk membeli Twitter.

Pada Mei 2022, Elon berkomitmen untuk membayar USD 33,5 miliar secara tunai. Dia juga telah menerima komitmen pembiayaan ekuitas dari co-founder Oracle, Larry Ellison, dan perusahaan kripto Binance.

Diketahui, keduanya bersedia menggelotorkan uang sebesar USD 7,1 miliar. Elon menyebutkan, sisa dana akan datang dalam bentuk pinjaman bank.

Meskipun menjadi orang terkaya di dunia, sebagian besar kekayaan Elon Musk terikat pada saham Tesla. Dia telah menjual dan menjanjikan miliaran saham Tesla sebagai jaminan untuk pinjaman.

3. Persetujuan Para Pemegang Saham

Kendala terakhir bagi Musk untuk menyelesaikan proses akuisisi adalah persetujuan dari pemegang saham Twitter. Investor diharapkan untuk memberikan suara pada kesepakatan pada akhir Juli atau awal Agustus.

"Akankah bagian utang terpenuhi? Dan kemudian apakah pemegang saham akan memberikan suara mendukung?" kata Musk, Selasa.

Apakah Musk akan mendapatkan dukungan yang cukup untuk pembelian masih belum jelas. Bulan lalu, beberapa pemegang saham Twitter menggugat Musk dan perusahaan itu sendiri atas penanganan proses yang kacau.

(Dio/Ysl)

Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym. (Liputan6.com/Abdillah)

Efek Negatif Gara-Gara Diet Ekstrem

Kim Kardashian Tak Bisa Gerakkan Tangan Akibat Diet Ekstrem demi Pakai Gaun Marilyn Monroe

Liputan6.com 2022-07-10 10:01:05
Kim Kardashian kenakan gaun yang pernah dikenakan Marilyn Monroe pada Met Gala 1962 (dok.Instagram/@metgalaofficial/https://www.

Momen Met Gala 2022 sudah berlalu, tetapi cerita di balik itu masih berlanjut. Adalah Kim Kardashian yang membocorkan gangguan kesehatan yang dialaminya akibat menjalani diet ekstrem demi bisa muat mengenakan gaun Marilyn Monroe.

Pendiri label SKIMS itu mengatakan kepada Allure, di mana ia menjadi wajah sampul majalah edisi Agustus 2022, bahwa ia harus menjalani diet ketat selama tiga minggu. Kim mengganti menu makanan berbasis nabati yang biasa disantapnya dengan daging sebagai menu utama.

Aksinya untuk memuluskan rencana mengenakan gaun 'Selamat Ulang Tahun, Pak Presiden' itu membuatnya mengalami ruam psoriasis yang "sangat menyakitkan". "Psoriasis menyerang tubuhku dan aku menderita psoriatic arthritis, hingga tidak bisa menggerakkan tangan," katanya.

Kondisi itu memaksanya pergi ke ahli rematologi dan ia diberikan steroid. "Saya panik. Saya menghentikan konsumsi daging lagi, dan gejalanya mereda," ia melanjutkan.

Kim mengungkapkan persiapan untuk Met Gala pada Mei 2022 itu berjalan sejak beberapa bulan sebelumnya. Ia sempat menjalani diet ketat dengan tidak mengonsumsi karbohidrat dan gula dalam tiga minggu agar bisa tampil prima di malam penting itu.

"Saya mencobanya dan itu tidak cocok untuk saya. Saya berkata, 'Beri saya tiga minggu.' Saya harus kehilangan 16 pon hari ini," kata Kardashian kepada koresponden Vogue La La Anthony di karpet merah.

"Itu adalah sebuah tantangan. Itu seperti peran (film). Saya bertekad untuk menyesuaikannya. Saya tidak makan karbohidrat atau gula selama sekitar tiga minggu. Kami mengadakan pesta pizza dan donat di hotel (setelah Met Gala)," dia mengaku.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Didampingi Nutrisionis

Bintang reality show itu menanggapi kritikan yang dialamatkan kepadanya karena menjalani diet ketat. Ia menampik bahwa yang dilakukannya membuatnya kelaparan dan sangat tidak sehat.

"Jika saya kelaparan dan melakukannya dengan sangat tidak sehat, saya akan mengatakan bahwa, tentu saja, itu bukan pesan yang baik."

"Tapi saya punya ahli gizi, saya punya pelatih. Saya tidak pernah minum lebih banyak air dalam hidup saya. Saya tidak melihat kritik untuk orang lain ketika mereka kehilangan berat badan untuk peran - mereka [dianggap] jenius untuk keahlian mereka," dia melanjutkan.

Kardashian, yang baru-baru ini meluncurkan lini perawatan kulitnya, SKKN, juga membahas perasaannya tentang kecantikan dan proses penuaan. Ia mengatakan kepada majalah itu bahwa meskipun dia berdamai dengan penampilannya, "Saya akan tetap melakukan apa saja untuk terlihat dan merasa awet muda."

"Saya benar-benar peduli untuk terlihat baik," tambahnya. "Saya mungkin peduli lebih dari 90 persen orang di planet ini. Tidak mudah ketika Anda seorang ibu dan Anda lelah di penghujung hari atau Anda di sekolah, dan saya semua di atas."


Klaim Kim

Dikutip dari Page Six, Kim juga mengungkapkan soal tindakan estetik yang dilakukan pada wajahnya. Ia mengaku menyuntikkan "sedikit botoks" antara alisnya, tetapi "tidak dengan filler".

"Saya tidak pernah melakukan ekstensi bulu mata. Saya tidak pernah melakukan apa-apa," klaimnya. "Aku tidak pernah mengisi pipiku. Aku tidak pernah menyuntikkan filler pada bibirku." Meski begitu, publik bisa melihat perubahan bentuk wajah Kim yang signifikan antara saat ini dengan saat ia baru merintis karir sebagai bintang reality show Keeping Up With The Kardashian.

Ia juga mengungkapkan pernah menjadi penggemar perawatan kulit. Ibu empat anak ini mengatakan bahwa dia bisa melakukan perawatan laser pada kulitnya "larut malam" setelah anak-anaknya tidur.

"Saya berdamai dengan ketidaksempurnaan dan saya tidak seperti itu sebelumnya," ujar Kim.

"Saya benci tangan saya--keriput dan kotor. Tapi saya telah menjalani hidup dan saya telah mengganti begitu banyak popok dengan tangan ini dan saya telah meringkuk bayi saya dengan tangan ini, jadi saya baik-baik saja dengan mereka. [Menjadi lebih tua] tidak berarti bahwa saya tidak akan berusaha untuk kesempurnaan, tetapi Anda sampai pada titik di mana Anda seperti, 'Oke, kesehatan saya lebih penting daripada apa pun.'"


Polemik Baju Marilyn Monroe

Pada Senin, 13 Juni 2022, Pop Culture mengunggah foto gaun secara berdampingan, diduga sebelum dan sesudah Kim mengenakannya. Salah satu jepretan menunjukkan tanda-tanda kain meregang dan kristal yang hilang, terutama di sekitar penutup belakang gaun termahal di dunia itu.

Namun, pihak Museum Ripley's Believe It or Not! membantah spekulasi itu dengan menegaskan bahwa Kim mengembalikan gaun secara utuh.

"Dari bagian bawah tangga Met, di mana Kim mulai mengenakan gaun Marilyn Monroe, (sampai) ke bagian atas di mana itu dikembalikan, gaun tersebut dalam kondisi yang sama," kata Wakil Presiden Penerbitan dan Lisensi Ripley, Amanda Joiner, yang tetap mengawasi gaun selama transportasi dari Orlando, Florida, ke New York untuk Met.

Pihak museum juga mencatat bahwa perempuan berusia 41 tahun itu tidak membayar Ripley untuk memakainya. Kim malah berdonasi ke dua badan amal di wilayah Orlando yang lebih besar atas nama perusahaan.

"Ripley akan terus memamerkan gaun itu, dalam kondisi apa adanya, di Ripley's Believe It or Not! Hollywood hingga Musim Gugur 2022," perusahaan menyimpulkan. Menyegel pesan mereka dengan pengiriman terakhir, Ripley menyertakan foto terbaru Kim yang mengunjungi gaun itu sekali lagi setelah mengembalikannya.

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion. (Liputan6.com/Triyasni)

Kini Punya Banyak Anabul

Cerita Ariel Tatum yang Kini Punya Banyak Anak Kucing, Dulu Tak Suka

Liputan6.com 2022-07-10 18:30:08
Ariel Tatum (Foto: Instagram/@arieltatum)

Kucing, menjadi hewan peliharaan yang lucu dan tentunya tak sedikit selebritas Tanah Air memilikinya, namun tidak bagi Ariel Tatum. Bintang film Selesai ini justru tak menyukai binatang berbulu ini.

Namun, siapa sangka sekarang wanita bernama lengkap Ariel Dewinta Ayu Sekarini justru memiliki empat anak kucing di rumahnya.

Melalui akun Instagram terverifikasi miliknya, Kamis (7/7/2022), pelantun "Karena Aku Telah Denganmu" bersama Ari Lasso ini menceritakan bagaimana ia bisa tertarik memelihara hewan berkaki empat ini.

"Kebencian gw terhadap kucing mendadak sirna tepat satu tahun lalu, ketika ada seekor ibu kucing liar melahirkan di depan pintu rumah gw," tulis cucu Murry Koes Plus dengan memperlihatkan video kucing-kucing miliknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Merasa Dikutuk

Perubahan yang dialaminya, Ariel Tatum merasa mendapat kutukan baik. Sehingga ia bisa dekat dengan kucing.

"Bener-bener gatau apa yang terjadi, siapa yang kutuk gw, but now I am quite possibly the craziest cat lady you'll ever meet in your life," lanjutnya.


Sedih

Sehingga Ariel Tatum bisa merasakan kesedihan melihat anak-anak kucing liar di jalanan.

"Cinta gw terhadap anak-anak kucing gw membuat gw sedih setiap kali ngeliat kucing-kucing di jalanan yang ga bisa merasakan apa yang Polka, Isabella, Emillia dan Bengal punya sejak lahir," sambungnya.


Ajak Berdonasi

Saking cintanya dengan kucing-kucingnya, Ariel Tatum baru saja merayakan ulang tahun pertama mereka. Di hari bahagia keempat kucing tersebut, pesinetron Cinta yang Sama ini mengajak berdonasi.

"Itu kenapa, di hari ulang tahun mereka yang pertama ini, kalian ga perlu kasih mereka kado apa-apa, cukup doakan kesehatan dan kebahagiaan untuk mereka, serta bantu berdonasi untuk kucing-kucing di luar sana agar bisa mendapatkan makanan yang bernutrisi, akses untuk mendapatkan vaksinasi dan juga sterilisasi," paparnya.

Infografis Jepang Peringatkan Potensi Teror di Asia Tenggara. (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Sisa Umur dengan Air Liur

Air Liur Bisa Dijadikan Sampel untuk Mengetahui Sisa Umur Manusia

Liputan6.com 2022-07-10 07:00:03
Ilustrasi sisa umur manusia. Dok: Nathan Dumlao/Unsplash

Sebuah tes canggih memiliki kemampuan untuk memberi tahu seseorang tentang usia biologisnya hanya dengan menggunakan sampel air liur.

Metode baru ini diklaim diklaim secara akurat memperkirakan jumlah tahun yang tersisa dalam hidup seseorang. Demikian sebagaimana dikutip dari The Sun, Minggu (10/7/2022).

'Mengukur usia' dalam istilah ini tidak memperhitungkan kondisi sel atau kesehatan tubuh seseorang secara keseluruhan. Perusahaan teknologi kesehatan bernama Elysium Health menyebut telah menemukan cara menghitung umur dengan tes "usia biologis".

Tes itu dikatakan bisa menghasilkan wawasan yang lebih akurat tentang berapa banyak waktu yang tersisa bagi seseorang untuk hidup.

Dijelaskan bahwa sebuah tes dilakukan dengan cara mengukur "telomer" sel pasien, yang mana merupakan tutup untaian DNA yang dapat dibuang atau terpotong ketika sel bereplikasi.

Seiring bertambahnya usia, panjang telomer memendek, sehingga menyebabkan tanda-tanda penuaan dan kerentanan terhadap penyakit.

Dalam hal ini Elysium Health menawarkan tes usia biologis dengan biaya USD 499 atau sekitar Rp 7,5 juta, menguji lebih dari 100.000 "pola metilasi" dalam DNA pelanggannya.

Hasilnya adalah pandangan ke dalam "jam epigenetik" seseorang--usia mereka berdasarkan analisis biokimia DNA-nya.

Rangkaian tes itu tidak bertujuan untuk membalikkan efek penuaan, tetapi hasilnya dapat mengubah perspektif seseorang tentang masa depan mereka.

Seorang anak dari pelanggan Elysium yang diuji mengatakan kepada The Guardian, tes tersebut sangat melegakan baginya, karena bisa memberinya harapan baru tentang perencanaan hidup.

"Mengetahui seberapa cepat dia benar-benar menua, itu memberinya rasa baru tentang dirinya dan bagaimana dia harus hidup dalam dekade mendatang," kata Elysium.

Artikel yang sama mengutip salah satu akademisi di balik metode alternatif pengukuran usia yang menyebut bahwa usia biologis adalah prediktor risiko morbiditas yang lebih baik daripada usia kronologis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Studi: Kemampuan Penciuman Manusia Makin Pudar Seiring Bertambah Usia

Di sisi lain, indera penciuman manusia secara bertahap akan memudar, menurut sebuah penelitian yang menemukan bahwa orang membawa versi berbeda dari dua reseptor aroma.

Reseptor penciuman mendeteksi bahan kimia di udara yang masuk ke hidung kita, tetapi reseptor penciuman sangat bervariasi dari satu orang ke orang lain.

Setiap dua orang, rata-rata, akan memiliki perbedaan fungsional di lebih dari 30 persen gen reseptor bau mereka, sebuah studi mengungkapkannya pada tahun 2013.

Temuan ini menjelaskan mengapa beberapa orang mungkin menemukan bau yang menyengat atau menyenangkan yang bahkan tidak dapat dideteksi oleh orang berikutnya, demikian dikutip dari laman sciencealert, Sabtu (5/2/2022).

Dalam studi, Bingjie Li dari Institut Nutrisi dan Kesehatan Shanghai dan rekannya meminta 1.000 orang Tionghoa Han dan 364 orang yang berbeda etnis dari New York untuk mencium 10 aroma, termasuk dua aroma yang sering dirasakan orang secara berbeda atau tidak sama sekali.

Apa yang mereka temukan mendukung hipotesis lama bahwa indera penciuman manusia menurun seiring waktu karena perubahan gen yang mengkode reseptor penciuman kita.

Namun, tidak semua orang setuju dengan hipotesis itu.

Peserta menilai intensitas bau pada skala 100 poin, dan para peneliti melihat variasi genetik dalam gen penciuman mereka, berharap menemukan perubahan yang terkait dengan bagaimana orang merasakan aroma.

"Membandingkan variabilitas persepsi ini dengan variabilitas genetik memungkinkan kita untuk mengidentifikasi peran reseptor bau tunggal," tulis Li dan rekannya.


Perkuat Temuan

Tim mengidentifikasi dua reseptor bau baru: satu yang merasakan Galaxolide - bau bersih, manis dan bubuk yang digunakan dalam banyak wewangian.

Dan satu lagi yang mendeteksi bahan kimia yang disebut 3M2H, satu dari sekitar 120 senyawa yang membentuk bau badan manusia.

Penasaran, Li dan rekannya memeriksa dua perubahan genetik yang baru ditemukan ini, dan 27 mutasi terkait bau lainnya yang diketahui, membandingkan usia seseorang dengan setiap mutasi yang masuk ke dalam genom kita dan apakah perubahan itu dianggap membuat reseptor penciuman manusia kurang atau lebih sensitif terhadap bau.

"Merangkum semua variasi genetik yang diterbitkan yang berhubungan dengan persepsi bau, kami menemukan bahwa individu dengan versi leluhur reseptor cenderung menilai bau lebih intens," tulis para penulis, menambahkan bahwa bukti ini menunjukkan indera penciuman manusia telah memudar seiring bertambah usia.


Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)