Adu Tembak di Rumah Sang Jenderal

Polri Sebut Adu Tembak Polisi di Jaksel Dipicu Pelecehan ke Istri Kadiv Propam

Liputan6.com 2022-07-11 20:37:00
Ilustrasi Penembakan Polisi (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menyampaikan bahwa peristiwa adu tembak antar personel di rumah dinas pejabat Polri kawasan Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, dipicu adanya pelecehan terhadap istri Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo.

"Peristiwa itu terjadi ketika Brigadir J memasuki kamar pribadi Kadiv Propam, di mana saat itu istri dari Kadiv Propam sedang istriahat. Kemudian Brigadir J melakukan tindakan pelecehan dan juga menodongkan menggunakan pistol ke kepala istri," tutur Ahmad di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (11/7/2022).

Menurut dia, istri Irjen Ferdy Sambo kemudian berteriak minta tolong. Aksinya tersebut membuat Brigadir J kaget dan bergegas keluar kamar.

"Mendengar teriakan ibu, Bharada E yang berada di lantai atas dari atas tangga kurang lebih 10 meter, bertanya ada apa. Namun direspon dengan tembakan oleh Brigadir J. Akibat tembakan itu, terjadi saling tembak dan mengakibatkan Brigadir J meningggal dunia," jelas dia.

Sejauh ini, diketahui Brigadir J melepaskan tujuh tembakan. Sementara Bharada E meletuskan sebanyak lima tembakan.

"Perlu kami sampaikan bahwa tindakan yang dilakukan Bharada E adalah untuk melindungi diri dan membela diri karena ancaman dari Brigadir J," Ahmad menandaskan.


Membela Diri

Sebelumnya, Ramadhan menyampaikan bahwa peristiwa penembakan antar personel yang terjadi di rumah dinas pejabat Polri kawasan Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, menewaskan Brigadir J.

Sementara Barada E disebut berupaya membela diri saat kejadian berlangsung.

"Kasus itu juga akan didalami sebab mengapa Brigadir J memasuki rumah, tentunya Barada E yang melakukan karena melakukan pembelaan terhadap serangan yang dilakukan Brigadir tersebut," tutur Ahmad di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (11/7/2022).


Sempat Menghindar

Menurut Ahmad, saat itu Brigadir J memasuki rumah dan ditegur oleh Barada E yang tengah bertugas di sana. Kemudian Brigadir J mengacungkan senjata api ke Barada E dan melepaskan tembakan ke arahnya.

"Barada E itu menghindar dan membalas tembakan tehadap Brigadir J," jelas dia.

Ahmad menyebut, bidikan Barada E lantas mengenai Brigadir J hingga mengakibatkan meninggal dunia. Kasus tersebut kini ditangani oleh Divisi Propam Polri dan Polres Jakarta Selatan.

"Barada E diamankan. Akan diproses lebih lanjut," dia menandaskan.

Kejutan dari Ariel NOAH

Ariel NOAH Berikan Kejutan Saat Hadir di Meet and Greet RRQ Hoshi

Liputan6.com 2022-07-11 11:20:00
Ariel NOAH Berikan Kejutan Saat Hadir di Meet and Greet RRQ Hoshi

Tim eSport Rex Regum Qeon, atau RRQ, beberapa waktu lalu menggelar meet and greet bersama para penggemarnya, yang biasa disebut Kingdom, bertajuk "King of 3Second - Meet & Beat". Kegiatan jumpa fans itu juga sekaligus mengukuhkan Partnership RRQ x 3Second sebagai salah satu partner baru untuk jangka waktu satu tahun ke depan.

Kerjasama yang terjalin antara RRQ dengan local brand 3Second ini menjadi sebuah gebrakan baru bagi keduanya. Andrian Pauline, atau yang biasa disapa dengan Pak AP selaku Co-Founder dan CEO RRQ, menyambut baik kolaborasi ini.

"Saya jujur ya, ketika ada kesempatan ini saya bangga. Bicara soal eksistensi, brand RRQ itu Oktober ini baru 9 tahun, 3Second itu sudah hampir 20 tahun. Jadi sungkem banget, terimakasih atas kesempatannya," kata Andrian Pauline saat menggelar jumpa fans di kawasan Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (9/7/2022).

"Jadi saya bangga banget, sama-sama local, sama-sama menuju panggung internasional itu ada rasa perjuangannya yang saya pikir sesuatu yang harus dikolaborasikan," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Local Pride

Hal yang sama juga disampaikan oleh Henry Sase selaku marketing manager 3Second. Ia menyebut bahwa RRQ dan 3Second memiliki visi yang sama untuk bisa sama-sama melangkah ke kancah internasional.

"Kami juga local pride, bersama RRQ sekarang juga kita sama-sama visi pengin go internasional. Prestasi dan reputasi RRQ sudah tidak perlu diragukan. Harapan kita untuk RRQ bisa melenggang ke panggung internasional, bahwa brand local itu tidak kalah dari kualitas dan apapun," terang Henry Sase.


Kejutan Ariel NOAH

Dalam kesempatan itu, hadir pula para roster RRQ untuk divisi game Mobile Legends. Untuk pertama kalinya mereka juga mengumumkan line up resmi untuk MPL ID Season 10 yang akan diisi oleh Albert "Alberttt" Neilsen Iskandar, Calvin "Vyn", Rivaldi "R7" Fatah, Schevenko "Skylar" David Tendean, Deden "Clay" Muhammad Nurhasan, Teguh "Psychooo" Saputra, Muhammad "Lemon" Ikhsan, sertaRiko "Violence".

Menariknya, di tengah meet and greet itu, hadir pula Ariel NOAH yang selama ini menjadi Brand Ambassador 3Second, sebagai bintang tamu. Kehadiran Ariel NOAH itu tentu langsung membuat heboh semua yang hadir di acara meet and greet tersebut.


Menyambut Baik

Ariel yang diketahui juga gemar bermain game, menyambut baik kerjasama yang terjalin antara RRQ dan 3second itu. Ia menilai bahwa sudah sepatutnya industri gaming di Indonesia mendapat dukungan dari berbagai pihak.

"Dunia game ini kalau di angkatan gue itu agak terabaikan. Apalagi yang belum online. Jadi supporting untuk di game menurut gue suatu gerakan yang bagus. Apalagi kita punya atlet-atlet yang memang sudah terbukti bisa bersaing di dunia. Jadi memang penting dan harus di-maintain sama orang-orang yg peduli. Mudah-mudahan kerjasamanya bisa berlangsung lama sih," kata Ariel NOAH.

Infografis Bisnis Game di Indonesia (Liputan6.com/Deisy Rika)

Kurban Sapi Atas Nama Vanessa-Bibi

Kurban Sapi Atas Nama Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah, Fuji Teringat Momen Idul Adha Tahun Lalu

Liputan6.com 2022-07-11 08:30:00
Fuji. (Foto: Dok. Instagram @fuji_an)

Fuji, adik mendiang Bibi Andriansyah, pada Lebaran Haji di tahun ini ikut berkurban. Ia berhasil membeli sapi kurban dengan uangnya sendiri.

Tak hanya itu saja, bahkan Fuji membeli dua ekor sekaligus. Satu ekor sapi atas nama dirinya sendiri dan Gala Sky Andriansyah, sementara satu ekor lainnya ia khususkan untuk mendiang Bibi Andriansyah dan Vanessa Angel.

Sebelum kedua sapi kurban itu disembelih pada hari ini, Fuji menyemoatkan untuk mengabadikan momen saat ia bersama dua sapi kurban miliknya itu.

"Satu buat dapebi kavanes, satu buat aku gala ," tulis Fuji pada Sabtu (9/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kangen

Momen Idul Adha ini rupanya mebuka kembali kenangan-kenangan lama bersama dengan mendiang Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah. Tahun lalu, mereka masih berkurban sapi untuk keluarga kecilnya.

"Jadi inget tahun lalu liat sapi qurbannya dapebi kavanes sama gala.. kangen deh," sambung Fuji.


Chat dari Vanessa Angel

Masih dalam unggahan itu, Fuji juga menunjukkan sebuah tangkapan layar berisi pesan WhatsApp antara dirinya dengan Vanessa Angel. Pesan yang dikirim pada Juli tahun lalu itu, Fuji mengirim beberapa potret saat ia dan Gala bermain dengan sapi kurban milik Vanessa Angel.

"Kasih makan minum ti," begitu balasan dari Vanessa Angel kala itu.


Selamat Idul Adha

Untuk mengobati kerinduan itu, di hari Idul Adha ini Fuji bersama dengan keluarganya kemudian mengunjungi makam Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah.

"Selamat hari raya idul adha," tulis Fuji singkat pada Minggu (10/7/2022)

Infografis Imbauan Penyembelihan Hewan Kurban Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)

Jadi Mualaf Bukan karena Sule

Nathalie Holscher Kenang Momen Pertama Kali Ingin Jadi Mualaf, Bukan karena Menikah dengan Sule

Liputan6.com 2022-07-11 17:00:00
Nathalie Holscher, credit: @nathalieholscher

Rumah tangga Nathalie Holscher dan Sule saat ini tengah menjadi perbincangan. Pernikahannya itu terancam kandas karena saat ini mereka tengah menjalani proses perceraian.

Di tengah masalahnya itu banyak yang menyayangkan jika memang Nathalie Holscher dan Sule benar-benar bercerai. Terlebih lagi dengan adanya anggapan bahwa Nathalie Holscher rela menjadi mualaf demi menikah dengan Sule.

Namun rupanya anggapan tersebut salah besar. Beredar sebuah video penjelasan Nathalie Holscher kepada Maia Estianty mengenai keputusannya untuk menjadi mualaf.

"Kamu mualaf itu karena memang mau nikah? Karena pernikahan berarti ya?" tanya Maia Estianty, seperti dalam video yang diunggah akun gosip @insta_julid pada Senin (11/7/2022).

"Nggak, nggak (karena akan menikah)," bantah Nathalie Holscher.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Hidayah

Ia kemudian mengatakan bahwa keinginannya untuk memeluk agama Islam itu sudah tumbuh sejak 2010 silam kala ia memerankan sebuah tokoh.

"Sebenernya aku pingin pindah ke Islam itu udah agak lama Bunda, aku tuh dapat hidayah dari dapat peran, cerita itu ada peran sebagai wanita nakal, Bun," kata Nathalie Holscher mengawali.


2010

Dalam perannya itu, Nathalie Holscher berubah menjadi wanita muslimah yang rajin salat. Sejak saat itu, ia langsung merasa nyaman.

"Terus tiba-tiba salat, pakai mukena, enggak ngerti, terus aku foto-foto, Bunda. Malamnya pas sampai rumah aku lihat, 'oh cantik ya', dari 2010 ," lanjut Nathalie Holscher.


Dengar Bisikan

Tak selesai sampai di situ, satu lagi yang membuatnya semakin kuat untuk memeluk agama Islam itu adalah ketika ia merasakan pengalaman spiritual ketika sedang tertidur. Di tengah situasi mati lampu yang gelap gulita, ia mendengar bisikan begitu jelas di telinganya yang membacakan kalimat syahadat.

"Terus udah tuh, aku tidur. Setengah tidur terus tiba-tiba cuma di kamar aku aja, itu lampu mati, AC mati tapi di kuping tuh (ada suara) 'Asyhadu an laa ilaaha illallaahu, wa asyhaduanna Muhammadar rasuulullah', terdengar makin gede suaranya di kuping, Bun. Dari situ lah, Bun," ungkap Nathalie.

Perceraian di Indonesia 2016 (liputan6.com/trie yas)

Ruben Onsu dan Sarwendah Pisah Rumah Sakit

Berobat ke Singapura, Ruben Onsu dan Sarwendah Kaget Tak Bisa Satu Rumah Sakit yang Sama

Liputan6.com 2022-07-11 13:30:00
Sebagai bentuk dukungannya terhadap anak Danada yang sedang mengidap penyakit kanker darah atau leukimia.Istri Ruben Onsu, Sarwendah beserta mamanya menjenguk anak Denada dirawat. (instagram/

Ruben Onsu dan Sarwendah saat tengah diberi ujian. Keduanya sakit dalam waktu yang hampir bersamaan. Bahkan penyakit keduanya itu membutuhkan pengobatan yang serius.

Keduanya sampai-sampai harus terbang ke Singapura untuk berobat. Ruben Onsu mengatakan bahwa ia sudah mengambil cuti panjang untuk pengobatan tersebut.

"Di minggu ketiga saya mulai cuti untuk berobat," kata Ruben Onsu dilansir dari tayangan YouTube Sambel Lalap pada Sabtu (9/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tak bisa Satu Rumah Sakit

Namun, meski keduanya sama-sama menjalani pengobatan di Singapura, nyatanya Ruben Onsu dan Sarwendah tidak bisa menjalani pengobatan di rumah sakit yang sama. Dengan kata lain, selama di Singapura mereka berada di rumah sakit yang berbeda.

"Tapi sedikit surprise juga, ternyata selama di sana saya tidak bisa satu rumah sakit. Wenda di mana, saya di mana. Karena udah dapat tanggal yang sama, ternyata memang ya sakitnya nggak sama. Jadi rumah sakitnya memang beda." kata Ruben Onsu lagi.


Tinggalkan Anak-Anak

Terlebih lagi, selama di Singapura itu Ruben Onsu dan Sarwendah harus meninggalkan anak-anaknya di Indonesia. Oleh karenanya ia berharap kondisi tersebut tak mempengaruhi proses pengobatannya selama di Singapura.

"Kita bikin mindset jangan sampe imun kita malah turun, kalau kangen langsung aja video call," tambah Ruben.


Harus Dirawat

Meski begitu, Ruben Onsu dan Sarwendah tetap harus menjalani hal tersebut demi kesehatannya.

"Karena ada salah satu dokter spesialis yang memang harus ditemui di sana. Dari pihak rumah sakit di sana juga mengharuskan untuk dirawat di sana," tutup Ruben Onsu

Infografis yang menyebut bahwa delirium merupakan gejala baru dari COVID-19, penyakit yang disebabkan Virus Corona SARS-CoV-2, tersebar di media sosial dan grup WhatsApp. (Sumber: Istimewa)

Ingin Sidang Ulang Lawan Johnny Depp

Amber Heard Ingin Sidang Ulang Lawan Johnny Depp, Tuding Ada Juri yang Tertukar

Liputan6.com 2022-07-11 10:20:00
Aktris Amber Heard menyaksikan juri tiba di ruang sidang di Fairfax County Circuit Courthouse, Fairfax, Virginia, Amerika Serikat, 23 Mei 2022. Dr Julian De Silva dari Harley Street mengataka

Amber Heard masih belum patah arang untuk melawan Johnny Depp di ranah hukum. Yang terbaru, ia menuntut adanya sidang ulang karena menuding adanya juri yang tertukar. Orang yang diserahi tugas sebagai juri, diklaim berbeda dengan yang muncul di persidangan.

Dilansir dari E! News, Senin (11/1/2022), ia mengajukan permohonan kepada hakim, untuk menyatakan bahwa kesalahan dalam persidangan kasusnya. Dokumen permohonannya diajukan pada 8 Juli lalu ke pengadilan.

Dalam dokumen yang dikirim pihak sang aktris Aquaman, disebutkan bahwa panel juri yang dikirim ke para pengacara sebelum persidangan, menyertakan satu individu yang diseut kelahiran tahun 1945. Artinya, saat persidangan digelar juri ini berusia 77 tahun.

Namun dalam informasi registrasi suara dari para juri dalam persidangan yang digelar di Virginia, orang dengan nama belakang dan alamat yang sama dengan juri berusia 77 tahun ini, ternyata mencantumkan usianya adalah 52 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Yang Datang Beda Orang

"Orang yang melaksanakan tugas juri dengan nama ini sudah jelas berusia lebih muda," begitu pernyataan di dokumen.

Ditambahkan, "Karena itu, sosok 52 tahun...yang duduk sebagai juri selama enam minggu, tak pernah mendapat panggilan bertugas sebagai juri pada 11 April."


Tuntut Adanya Sidang Lagi

Tim pengacara Amber Heard menyatakan hak sang aktris, mengenai sosok juri yang sama persis dengan yang menerima surat panggilan, sudah seharusnya dilindungi.

"Dalam kasus ini, itu tampaknya Juri No. 15 bukanlah orang yang sama seperti yang tercantum di panel juri. Oleh karena itu, proses hukum Ms. Heard tidak berjalan sebagaimana mestinya. Karena itu, seharusnya dilakukan pembatalan sidang, dan perintah untuk menggelar sidang baru diperintahkan," begitu isi dokumen ini.

Pihak Johnny Depp maupun perwakilan Pengadilan Virginia belum memberikan tanggapan atas hal ini, meski telah dihubungi pihak media.


Perjalanan Sidang

Seperti diketahui, Johnny Depp menuntut Amber Heard terkait kolom yang ditulis sang aktris di Washington Post pada 2018. Dalam esainya, Amber Heard menyatakan dirinya korban kekerasan dalam rumah tangga dan penyerangan seksual. Namun, ia tak menulis nama Johny Depp dalam tulisan itu.

Johnny Depp menggugat Amber Heard sebesar 50 juta dolar AS karena tulisannya ini, dan dibalas dengan gugatan balik oleh sang mantan istri dengan nilai dua kali lipat.

Rabu (1/6/2022), tujuh juri dengan suara bulat memutuskan bahwa Johnny Depp menang dalam tiga dari tiga klaim yang ia ajukan terhadap mantan istri. Di sisi lain, Amber Heard memenangkan satu dari tiga klaim yang diajukannya.

Johnny Depp mendapat ganti rugi sebesar US$ 15 juta. Amber Heard hanya harus membayar 10,35 juta, karena ada batasan soal ganti rugi dalam hukum yang berlaku di Negara Bagian Virginia, tempat kasus ini disidangkan. Sementara itu, Amber Heard akan mendapat ganti rugi 2 juta dolar AS.

Infografis yang menyebut bahwa delirium merupakan gejala baru dari COVID-19, penyakit yang disebabkan Virus Corona SARS-CoV-2, tersebar di media sosial dan grup WhatsApp. (Sumber: Istimewa)

Siapa Bilang Wanita Difabel Psikotik?!

JK Rowling Kecam Dokter yang Sebut Wanita Difabel Psikotik

Liputan6.com 2022-07-11 18:00:15
Penulis Harry Potter, JK Rowling. Dok: AP Photo

Penulis Harry Potter, Joanne Rowling atau J.K Rowling menyinggung pengguna twitter yang mengaku seorang dokter karena menghina hak wanita disabilitas.

J.K. Rowling mengecam sepasang dokter yang menghina wanita penyandang disabilitas, yang hanya ingin diobati oleh dokter wanita, dengan sebutan 'psikotik' dan 'menjijikan'.

Dilansir dari FoxNews, Rowling berdebat karena terpicu oleh argumen sejumlah individu di Twitter yang mengaku sebagai dokter namun malah menyebut hak perempuan sebagai psikotik.

"Sentuhan intim tanpa persetujuan adalah serangan seksual. Seorang dokter memproklamirkan diri mengatakan itu 'psikotik' bagi perempuan difabel hanya karena menegaskan perawatan intim khusus perempuan," tulis Rowling.

"Saya berdoa kalau ia sebenarnya bukanlah seorang dokter," tambahnya.

Banyak yang setuju dengan pernyataan Rowling, meskipun dengan berat hati mengakui kalau sangat masuk akal bagi wanita untuk lebih memilih dokter wanita untuk beberapa kebutuhan perawatan mereka.

Salah satu pengguna Twitter membalas Rowling, Bagaimana mungkin ada orang yang mempermasalahkan ini? Di awal kehidupan dewasa saya, saya bekerja di panti jompo. Jika wanita tua tertentu hanya ingin wanita untuk memandikan mereka atau membantu kebersihan pasca-toilet, maka kami pasti hanya akan seperti, 'Oke, Bu, silahkan pilih salah satu dari gadis-gadis itu."

Rowling telah dengan cepat menegaskan dirinya sebagai salah satu kritikus ideologi gender yang paling menonjol dalam budaya populer, meskipun ada reaksi keras dan bahkan ancaman dari para pendukung gerakan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tertarik pada isu sensitif

Rowling kini terus menggunakan platformnya yang memiliki 14,5 juta pengikut Twitter untuk menyatakan bahwa persoalan gender tidak dapat diabaikan.

Ia telah memiliki ketertarikan tentang subjek sensitif ini sejak sebelum tahun 2020, diawali dengan Rowling yang keheranan karena menurutnya perbedaan gender bukanlah suatu kebencian.

"Jika seks tidak nyata, tidak ada ketertarikan sesama jenis. Jika seks tidak nyata, realitas hidup perempuan secara global terhapus. Saya tahu dan mencintai orang-orang trans, tetapi menghapus konsep seks menghilangkan kemampuan banyak orang untuk mendiskusikan kehidupan mereka secara bermakna. Untuk mengatakan yang sebenarnya bukanlah kebencian," tweet Rowling saat itu.

Keterusterangan Rowling tentang isu-isu gender telah membuatnya menjadi pariah (orang buangan) bagi sebagian orang, dan sebagian lainnya menganggapnya sebagai pahlawan.


Soal kesetaraan gender

PBB mengumumkan tema Hari Perempuan Internasional 2022 sebagai "Kesetaraan gender hari ini untuk masa depan yang berkelanjutan".

Dilansir BBC, situs web Hari Perempuan Internasional - yang mengatakan itu dirancang untuk "menyediakan platform untuk membantu membentuk perubahan positif bagi perempuan" - telah memilih tema #BreakTheBias dan meminta orang untuk membayangkan "dunia yang bebas dari bias, stereotip, dan diskriminasi".

Hari Perempuan Internasional adalah hari libur nasional di banyak negara, termasuk Rusia, di mana penjualan bunga berlipat ganda selama tiga atau empat hari sekitar tanggal 8 Maret.

Di China, banyak wanita diberi cuti setengah hari pada 8 Maret, seperti yang disarankan oleh Dewan Negara.

Di Italia, Hari Perempuan Internasional, atau la Festa della Donna, dirayakan dengan pemberian bunga mimosa. Asal usul tradisi ini tidak jelas tetapi diyakini telah dimulai di Roma setelah Perang Dunia Kedua.

Di AS, bulan Maret adalah Bulan Sejarah Wanita. Proklamasi presiden yang dikeluarkan setiap tahun menghormati pencapaian wanita Amerika.

Tahun ini, perayaan akan terus terlihat sedikit berbeda karena pandemi virus corona dan acara virtual diperkirakan akan berlangsung di seluruh dunia, termasuk yang ini diselenggarakan oleh PBB.


Kesetaraan gender di Indonesia

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, Indonesia memiliki regulasi yang memadai dalam memberikan perlindungan dan memastikan kesetaraan gender pada perempuan, khususnya para perempuan yang bekerja. Payung hukumnya mulai dari konstitusi-konvensi PBB hingga konvensi ILO.

Ida Fauziyah menjelaskan, terdapat tiga kebijakan pemerintah dalam menciptakan dan keadilan, perlindungan serta kesetaraan gender bagi pekerja perempuan Indonesia. Antara lain kebijakan yang bersifat protektif, korektif dan non diskriminatif.

"Pertama kebijakan yang bersifat protektif, yaitu kebijakan pemerintah yang memberikan perlindungan bagi pekerja perempuan terkait fungsi reproduksinya," ungkap Ida beberapa waktu lalu.

Seperti istirahat haid, istirahat satu setengah bulan sebelum melahirkan dan satu setengah bulan sesudah melahirkan, istirahat gugur kandungan, kesempatan menyusui, dan larangan mempekerjakan perempuan yang hamil pada shift malam yang membahayakan keselamatan dan kesehatan," paparnya.

Sementara kebijakan yang bersifat korektif yakni dalam melarang perusahaan melakukan Pemutusan hubungan kerja (PHK) bagi pekerja perempuan karena alasan menikah, hamil atau melahirkan.

Selain itu, kebijakan korektif ini juga mewajibkan perusahaan untuk memberikan perlindungan bagi pekerja perempuan yang bekerja pada malam hari dan perlindungan bagi yang bekerja di luar negeri.

"Kemudian ada kebijakan yang bersifat non-diskriminatif. Kebijakan ini berupa perlindungan bagi pekerja perempuan terhadap praktek diskriminasi dan ketidakadilan gender di tempat kerja," kata Ida.

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)

Sekampung Kurban 800 Kambing

Kisah Warga Sekampung di Garut Kurban 800 Ekor Domba pada Idul Adha

Liputan6.com 2022-07-11 14:00:06
Beberapa domba Garut pejantan unggul asli nuftah Indonesia di salah satu kandang kawasan UPT Pembibitan domba Margawati, Garut, Jawa Barat. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Warga di satu Kampung Babakan Falah, Desa Karyamekar, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat kurban sebanyak 800 ekor domba yang dibagikan kepada masyarakat luas di Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

"Apresiasi sangat positif, dengan kegiatan ini masyarakat Kabupaten Garut bisa kurban, yang menitipkan kurban tidak hanya dari Garut, tapi ada dari daerah luar," kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman saat meninjau pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di Kampung Babakan Falah, Desa Karyamekar, Kecamatan Pasirwangi, Garut, Minggu.

Ia menuturkan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang melanda Garut ternyata tidak menyurutkan masyarakat untuk tidak berkurban, justru sebaliknya terlihat masih banyak.

Kabupaten Garut, kata dia, berdasarkan laporan setiap tahunnya sekitar 3 ribuan ekor sapi atau kerbau, dan enam ribuan domba atau kambing yang disembelih saat momentum Idul Adha, dan tahun 2022 diharapkan bisa lebih dari jumlah itu.

"Jadi ini adalah (bukti) animo masyarakat ternyata masih tinggi, masih bagus, dan mudah-mudahan tidak turun daripada tahun-tahun sebelumnya," katanya.

Ia berharap semakin banyaknya masyarakat yang berkurban maka akan meningkatkan nilai gizi yang akhirnya masyarakat Garut semakin sehat.


PMK Tak Surutkan Niat Warga untuk Berkurban

Terutama, kata dia, dengan melimpahnya daging kurban sebagai sumber protein bisa berkontribusi mengatasi kasus "stunting" atau gagal tumbuh pada anak karena kekurangan gizi.

"Buat masyarakat Kabupaten Garut ini adalah sumber protein, ini adalah momentum bagaimana kita memberikan solusi terkait masalah kesehatan," katanya.

Ketua panitia kurban di Kampung Babakan Falah, Aceng Cahyana mengatakan, tercatat ada 800 ekor domba dari masyarakat setempat dan juga dari para dermawan yang menitipkan hewan kurbannya.

Menurut dia adanya wabah PMK tidak menyurutkan masyarakat untuk berkurban, justru sebaliknya banyak yang berkurban.

"Ya isu PMK awalnya membuat peternak pesimis, tapi saat menjelang penyembelihan ternyata harga dan minat berkurban ternyata tinggi," katanya.


Saksikan Video Pilihan Ini:

Sri Lanka Bangkrut

Sri Lanka Bangkrut, IMF Harap Bailout Bisa Jadi Solusi

Liputan6.com 2022-07-11 16:05:49
Sejumlah perempuan menunggu di dekat pompa bensin kosong berharap untuk membeli minyak tanah untuk memasak di Kolombo, Sri Lanka, Kamis (26/5/2022). Warga Sri Lanka selama berbulan-bulan terp

The International Monetary Fund (IMF) atau Dana Moneter Internasional mengatakan pihaknya berharap dapat melanjutkan pembahasan dana talangan atau bailout usai kerusuhan di Sri Lanka mereda.

Diketahui bahwa Sri Lanka tengah dihebohkan dengan ratusan massa yang mendatangi dan menerobos barikade polisi di kantor presiden di Kolombo dalam protes besar-besaran terkait krisis ekonomi, ketersediaan pangan hingga energi di negara itu.

Krisis ekonomi, pangan dan energi di negara tersebut sudah berlarut-larut sehingga membuat Sri Lanka bangkrut.

"Kami berharap resolusi situasi saat ini dapat memungkinkan dibukakan kembali dialog kami tentang program (bailout) yang didukung IMF," kata IMF dalam sebuah pernyataan, dikutip dari US News, Senin (11/7/2022).

Inflasi Sri Lanka, dengan penduduk 22 juta telah mencapai 54,6 persen pada bulan lalu, dan bank sentral negara itu telah memperingatkan bahwa inflasi bisa meningkat menjadi 70 persen dalam beberapa bulan mendatang.

Dalam kesempatan terpisah, Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva mengatakan bahwa ia mendorong China negara Kelompok 20 lainnya untuk mempercepat pengurangan utang dimana semakin banyak negara terbebani utang besar.

"Ini adalah topik yang kita tidak bisa berpuas diri," kata Georgieva.

"Jika kepercayaan terkikis hingga ada spiral ke bawah, Anda tidak tahu di mana itu akan berakhir," kata kepala IMF dalam sebuah wawancara akhir pekan lalu menjelang pertemuan pejabat keuangan di Indonesia.

Georgieva juga mengatakan dia sudah berbicara dengan Presiden RI Joko Widodo, selama pertemuan G7 bulan lalu di Jerman dan mendesaknya untuk mendorong persatuan yang lebih besar dalam hal utang sebelum KTT G20 bulan November mendatang.

"Para pemimpin G20 tidak ingin berada dalam situasi di mana masalah itu mendominasi pembicaraan hanya karena kami tidak membuat kemajuan," ujar Georgieva.

Arus keluar modal dari pasar negara berkembang terus berlanjut dan hampir satu dari tiga negara ini sekarang memiliki suku bunga 10 persen atau lebih tinggi, ungkap Georgieva, mencatat lebih banyak negara berpenghasilan menengah, termasuk Sri Lanka dan Malawi, yang mencari bantuan dari dana tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sri Lanka Bangkrut, Gagal Bayar Utang Hingga Warga Kurangi Porsi Makanan

Pada 13 April 2022, Sri Lanka mengumumkan gagal bayar utang luar negerinya sebesar USD 51 miliar atau setara Rp 764 triliun setelah kehabisan devisa untuk mengimpor barang-barang yang sangat dibutuhkan.

Kemudian pada 9 Mei 2022, Mahinda Rajapaksa mengundurkan diri sebagai perdana menteri Sri Lanka, dan diselamatkan oleh aparat setempat setelah ribuan pengunjuk rasa menyerbu kediamannya di Kolombo. Dia digantikan oleh Ranil Wickremesinghe, seorang veteran politik yang telah menjabat beberapa periode sebagai perdana menteri.

Hingga akhirnya pada 10 Juni 2022, PBB memperingatkan bahwa Sri Lanka sedang menghadapi krisis kemanusiaan yang berat, dengan jutaan orang sudah membutuhkan bantuan.

Lebih dari tiga perempat populasi negara itu disebut mengurangi asupan makanan karena kekurangan pangan yang parah di negara itu, kata PBB.


Kehabisan Stok BBM

Kemudian pada 27 Juni 2022, Sri Lanka mengungkapkan sudah hampir kehabisan bahan bakar dan menghentikan semua penjualan bensin kecuali untuk layanan penting.

Pemerintah Sri Lanka juga menerbitkan data yang menunjukkan inflasi telah mencapai rekor tertinggi untuk bulan kesembilan berturut-turut, sehari setelah IMF meminta Sri Lanka untuk mengendalikan harga tinggi dan laju inflasi.

Pada 9 Juli 2022, Presiden Rajapaksa meninggalkan kediaman resminya di Kolombo dengan bantuan pasukan, tidak lama sebelum para demonstran menyerbu kompleks itu, dan dia dibawa ke lokasi yang dirahasiakan di lepas pantai.

Rekaman dari dalam kediaman menunjukkan pengunjuk rasa melompat ke kolam renang dan menjelajahi kamar pribadi Rajapaksa yang megah.

Kediaman Wickremesinghe juga dilaporkan dibakar oleh massa. Polisi mengatakan dia dan keluarganya tidak ada di tempat kejadian. Rajapaksa kemudian menawarkan untuk mundur pada 13 Juli, kata ketua parlemen Mahinda Abeywardana dalam sebuah pernyataan yang disiarkan televisi.

<p>Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Alat Canggih Usir Burung Emprit

Dosen di Purwokerto Ciptakan Alat Canggih Pengusir Hama Burung Emprit Berteknologi Ultrasonik

Liputan6.com 2022-07-11 16:00:07
Pemasangan alat canggih pengusir burung emprit berteknologi ultrasonik. (Foto: Liputan6.com/Istimewa)

Selama ratusan tahun, petani selalu berhadapan dengan masalah hama yang tak kunjung selesai. Salah satunya adalah hama burung.

Dalam jumlah sedikit, keberadaan burung bisa menambah suasana indah area pertanian. Namun, saat jumlahnya banyak, maka burung, terutama emprit, akan berubah jadi masalah besar.

Karena itu, Dosen Program Studi (prodi) S1 Teknik Telekomunikasi (TT) IT Telkom Purwokerto, Fikra Titan Syifa, menciptakan alat pengusir burung untuk area persawahan.

Area persawahan dipilih menjadi target karena dinilai masih memerlukan penerapan teknologi antihama. Titan menginisiasi adanya sistem otomasi sebagai jawaban atas keluhan para petani mengenai banyaknya hama, utamanya hama burung.

Ini juga sekaligus menjadi modernisasi alat pengusir burung sederhana yang selama ini digunakan yaitu hanya berupa rangkaian kaleng dan tali.

Titan, begitu sapaannya, menciptakan teknologi sistem otomasi dalam bentuk penerapan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan untuk menggunakan perangkat elektronik, seperti frekuensi akustik pada suara.

Titan memperkenalkan alat tersebut kepada warga saat melakukan pengabdian masyarakat di Desa Melung, Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas, Jawa tengah. Sekitar 21 anggota kelompok tani desa Melung mengikuti acara ini.

"Banyaknya peserta yang hadir pada kegiatan pengmas membuktikan bahwa topik tersebut dapat disambut baik oleh kelompok tani desa Melung. Mereka juga berpartisipasi secara langsung dan terlihat sungguh - sungguh dalam mengikuti pelatihan. Juga aktif bertanya terkait berbagai hal," ungkap Titan Syifa, dikutip dari keterangan tertulisnya, Minggu (10/7/2022).


Petani Bisa Rakit Sendiri

Dia menjelaskan, materi perakitan rangkaian sendiri terdiri dari teori sinyal frekuensi (infrasonik dan ultrasonik) pada corong loudspeaker alat pengusir burung dan pembacaan rangkaian skematik komponen elektronik untuk membuat alat.

Kemudian proses pemasangan dan pengaturan frekuensi dengan menggunakan IC NE555, Pemasangan catu daya menggunakan aki 12 volt, menghitung jarak titik luas area persawahan, dan Pengenalan komponen elektronika yang diigunakan.

"Hasil dari pelatihan ini nantinya selain memberikan pengetahuan peserta mengenai rangkaian elektronika, yaitu IC NE555, juga dapat mengimplementasikan rangkaian alat pengusir burung secara mandiri," ucap dia.

Dia menjelaskan, sosialisasi dan pengenalan sendiri telah dilakukan. Kemudian, uji coba dan pemasangan alat di sawah pada 5 Juli 2022, dan yang terakhir penerapan sistem otomatisasi pada 12 Juli 2022.

"Kesimpulan hari ini, para peserta dapat mengikuti materi dengan cermat. Peserta dapat mengenal berbagai komponen elektronika dan memahami konsep gelombang frekuensi sinyal akustik." jelasnya.

Titan berharap program pengmas ini dapat membantu para petani mengusir hama burung di area persawahan, sehingga kapasitas panen dapat meningkat. Ia juga ingin peserta yang datang juga bisa menyebarluaskan informasi kepada masyarakat sekitar.

"Setelah mengikuti kegiatan ini, saya harap peserta yang hadir juga dapat menyebarluaskan pengetahuan dan informasi tentang alat ini kepada masyarakat sekitarnya, kemudian melakukan pengujian di area persawahan secara langsung," ujar Titan.

Tim Rembulan


Saksikan Video Pilihan Ini:

LPG Naik, Emak-Emak Menjerit

HEADLINE: Harga LPG Nonsubsidi Naik, Apa Dampaknya?

Liputan6.com 2022-07-12 00:00:00
Pekerja melakukan pengisian ulang tabung gas 12 kg di SPBE (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji), Srengseng, Jakarta, Jumat (3/5/2019). PT Pertamina (Persero) menjamin pasokan LPG aman terke

Masyarakat kembali dihadapkan pada kenaikan harga salah satu bahan pokok, yaitu LPG nonsubsidi. PT Pertamina (Persero) memutuskan untuk menaikkan harga LPG nonsubsidi jenis Bright Gas. Kenaikan harga LPG 5,5 kilogram (kg) dan 12 kg ini berlaku mulai 10 Juli 2022.

Irto Ginting, Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga, anak usaha PT Pertamina (Persero) yang mengurusi distribusi di hilir menjelaskan, alasan kenaikan harga LPG nonsubsidi karena mengikuti perkembangan harga minyak dan gas dunia.

Pada Juni 2022, harga minyak Indonesia atau Indonesian crude price (ICP) senilai 117,62 dolar AS atau lebih tinggi 37 persen bila dibandingkan harga pada Januari 2020.

Sementara itu, harga LPG berdasarkan Contract Price Aramco (CPA) pada bulan lalu menyentuh angka 725 metrik ton atau lebih tinggi 13 persen jika dibandingkan harga rata-rata sepanjang tahun lalu.

Irto mengklaim meski ada kebijakan kenaikan harga LPG nonsubsidi, namun harga itu masih terbilang kompetitif bila dibandingkan produk sejenis yang dijual oleh sejumlah perusahaan penyalur LPG di Indonesia.

Irto Ginting melanjutkan, karena kenaikan harga Elpiji nonsubsidi ini mengikuti tren Contract Price Aramco (CPA) yang cenderung meningkat, maka ke depannya masih ada kemungkinan untuk naik lagi.

"Kita lihat di CPA bulan depan, harapannya tidak naik signifikan," ujar Irto.

Ia pun kemudian merinci kenaikan harga LPG nonsubsidi. Menurutnya, kenaikan di setiap kota dan kabupaten di masing-masing wilayah berbeda-beda.

Untuk elpiji 5,5 kg dibanderol dari harga Rp 100.000-127.000 per tabung. Sementara untuk elpiji 12 kg kisaran harganya mencapai Rp 213.000-270.000 per tabung.

Ia menghimbau konsumen untuk membelinya di agen resmi, agar tidak terjebak kenaikan harga yang tidak seharusnya. "Saran saya agar membeli ke agen resmi Pertamina," kata Irto kepada Liputan6.com, Senin (11/7/2022).

Mengenai porsi konsumsi LPG yang dijual Pertamina dengan LPG nonsubsidi, Irto menyebut pemakai elpiji 5,5 kg dan 12 kg jumlahnya sekitar 6 persen dari total keseluruhan konsumen.

"Yang 6 persen tersebut konsumennya variatif, ada rumah tangga, ada juga kelompok usaha," bebernya.

<p>Infografis Harga Elpiji Nonsubsidi Naik Rp 2.000 per Kg. (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Harga Elpiji 3 Kg Tak Bakal Naik

Irto memastikan, Pertamina tidak akan menaikkan harga LPG subsidi atau LPG 3 kg meskipun tren harga CPA terus naik.

Keputusan Pertamina untuk mempertahankan harga LPG 3 kg atau LPG gas melon tersebut untuk melindungi daya beli masyarakat di tengah tekanan ekonomi global akibat konflik Rusia dan Ukraina maupun pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai.

"Pemerintah melalui Pertamina terus menjaga daya beli masyarakat dengan menjaga ketersediaan energi dengan harga yang terjangkau, jadi Pertalite, Solar, dan LPG 3 Kg dijual dengan harga yang tetap," tegas Irto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Konsumen Menjerit

Ketua Koordinator Koperasi Warteg Nusantara (Kowantara) Mukroni mengungkapkan, dengan adanya kenaikan harga di LPG nonsubsidi, dikhawatirkan banyak konsumen beralih ke LPG subsidi alias LPG tabug melon. Sehingga, nantinya malah akan mengurangi stok LPG 3 kg di pasaran.

"Pedagang warteg masih banyak menggunakan LPG melon 3 kg, yang tidak kami harapkan ada migrasi pengguna gas 12 kg ke 3 kg gas melon, karena ada perbedaan harga yang lebar," kata dia kepada Liputan6.com.

Ia pun kemudian membandingkan harga LPG nonsubsidi dengan subsidi. Saat ini harga jual Bright Gas 5,5 kg Rp 100.000 per tabung, Bright Gas atau Elpiji 12 kg Rp 213.000 per tabung. Sementara harga isi ulang LPG 3 kg yang mendapat subsidi pemerintah masih berada di kisaran Rp 21.000 per tabung.

Melihat perbedaan harga yang cukup jauh tersebut, Mukroni khawatir akan mempengaruhi penyediaan stok LPG 3 kg di pasaran. Ia pun meminta pemerintah mampu mengontrol ketersediaan LPG 3 kg subsidi itu bagi pelaku usaha warteg.

"Kami harapkan pemerintah memantau kesediaan gas melon untuk usaha kecil termasuk warteg yang jumlah outlet atau gerai di Jabodetabek kurang lebih 50 ribu gerai. Artinya di masa daya beli belum pemerintah malah menambah beban dengan adanya kelangkaan stok gas 3 kg atau melon," paparnya.

Lebih lanjut, Mukroni juga menyoroti semakin menjamurnya pedagang warteg modern. ia menilai sejumlah warteg modern tersebut untuk beralih menggunakan tabung LPG nonsubsidi.

"Kami juga menghimbau warteg-warteg modern yang menjamur untuk beralih ke LPG 12 kilo, karena sudah masuk dalam klaster bukan kecil lagi," ujarnya.

Ia menyebut, warteg yang dikelompokkannya sebagai warteg modern itu lebih mampu dari sisi finansial. Bahkan, disebut banyak dari kalangan menengah keatas yang notabene tak hanya menggantungkan hidupnya di warteg.

"Pemiliknya juga tidak harus orang Tegal, Brebes Pantura, yang penting punya duit dan juga banyak dari kalangan menengah ke atas, beda dengan orang Pantura yg memang mengandalkan warteg sebagai mata pencaharian mereka," paparnya.

"Oleh karena itu dihimbau untuk tidak menggunakan gas subsidi seperti warteg-warteg kecil lainnya," tutup Mukroni.

<p>Infografis Ragam Tanggapan Harga Elpiji Nonsubsidi Naik Rp 2.000 per Kg. (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Harga Makanan Bakal Naik?

Sedangkan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia (Apkrindo) Eddy Sutanto tak menutup kemungkinan, LPG nonsubsidi yang makin mahal bakal mendongkrak produk barang jadi dari restoran.

Namun, ia juga tidak mau sembarangan menaikan harga makanan, seraya tetap mempertimbangkan daya beli dari pihak konsumen.

"Ya harus naik, cuma kan musti hati-hati. Takutnya kalau dinaikin, nanti bisa berkurang juga customer. Kalau terlalu mahal kan sulit juga. Jadinya serba susah lah," keluh Eddy kepada Liputan6.com, Senin (11/7/2022).

Menurut dia, harga makanan di rumah makan butuh strategi dan evaluasi yang benar-benar matang. Bukan hanya dilihat dari sisi tata niaga, tapi juga kemampuan masing-masing pengusaha restoran.

"Kalau restoran yang outletnya banyak, dia tidak bisa serta merta naikin aja. Kecuali restoran yang kecil-kecil, yang sendirian. Dia mau naikin sendiri kapan aja bisa," ungkapnya.

"Tapi kalau restoran besar yang dia mempunyai beberapa gerai, ya harus dihitung kan. Jadi enggak bisa serta merta, serba susah lah kita," ujar Eddy.


Apakah Berpengaruh ke Inflasi?

Politisi dari Partai Keadilan Sosial dan anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto tidak setuju dengan kenaikan harga elpiji nonsubsidi ini. Menurutnya, kebijakan itu sangat tidak tepat dilakukan di tengah naiknya harga bahan pokok saat ini. Sehingga diyakini akan berdampak besar dan mendorong terjadinya inflasi secara nasional.

"Ini dapat meningkatkan inflasi. Sementara daya beli masyarakat belum pulih benar dari hantaman Covid-19, tentu hal ini akan memberatkan mereka," ucap Mulyanto kepada wartawan, Senin (11/7/2022).

Mulyanto memahami tekanan atas APBN dan keuangan Pertamina atas kenaikan harga minyak dan gas (migas) dunia pada saat ini, namun besaran kenaikan harga BBM maupun dan LPG nonsubsidi harus mempertimbangkan daya beli masyarakat.

"Untuk usaha mikro dan kecil, tetap harus terbuka aksesibilitasnya untuk mendapatkan BBM dan LPG subsidi. Ini harus dijamin pemerintah," ucapnya.

<p>Infografis Cek Harga Baru Elpiji Nonsubsidi di Berbagai Provinsi. (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Tak Berpengaruh

Sedangkan pengamat energi sekaligus Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan, menilai kenaikan harga LPG nonsubsidi jenis Bright Gas yang dilakukan Pertamina merupakan langkah yang tepat.

Mamit menjelaskan, memang produk umum yang tidak mendapatkan subsidi ini merupakan aksi korporasi dalam rangka menekan kerugian akibat kenaikan harga CP Aramco. Sebagaimana kita ketahui, selain kenaikan harga minyak dunia saat ini kenaikan harga CP Aramco juga mengalami kenaikan.

"Jadi saya kira kenaikan ini merupakan langkah yang tepat bagi Pertamina untuk menyesuaikan harga LPG NPSO mereka," kata Mamit kepada Liputan6.com, Senin (11/7/2022).

Menurut Mamit, kenaikan harga LPG nonsubsidi tersebut tidak berdampak signifikan terhadap kenaikan inflasi maupun terhadap perekonomian. Lantaran, pengguna LPG NPSO lebih kecil dibanding konsumsi LPG nasional.

"Saya kira tidak berdampak signifikan mengingat saat ini konsumsi LPG NPSO hanya 6 persen dari total konsumsi LPG nasional. Jadi, 94 persen adalah pengguna LPG 3kg. LPG NPSO ini segmented sehingga tidak berpengaruh terhadap inflasi nasional. Migarasi saya kira juga tidak akan banyak," pungkasnya.


Daftar Harga LPG Nonsubsidi di Tiap Provinsi

Berikut daftar baru harga LPG nonsubsidi di masing-masing provinsi:

1. LPG Ukuran 5,5 Kg

- Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung mencapai Rp 104.000 per tabung.

- Bangka Belitung Rp 107.000 per tabung.

- DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat menjadi Rp100.000 per tabung

- Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur: Rp107.000 per tabung.

- Kalimantan Utara mencapai Rp117.000 per tabung.

- Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah sebesar Rp104.000 per tabung.

- Sulawesi Utara dan Sulawesi Tenggara sebesar Rp 107.000 per tabung.

- Maluku sebesar Rp127.000 per tabung.

2. Ukuran 12 Kg

- Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung mencapai Rp 215.000 per tabung.

- Bangka Belitung Rp 223.000 per tabung.

- DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat menjadi Rp213.000 per tabung.

- Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur: Rp223.000 per tabung.

- Kalimantan Utara mencapai Rp250.000 per tabung.

- Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah sebesar Rp215.000 per tabung.

- Sulawesi Utara dan Sulawesi Tenggara sebesar Rp223.000 per tabung.

- Maluku sebesar Rp270.000 per tabung.