Akur! 2 Janda Adjie Massaid Bertemu

Momen Langka Angelina Sondakh Ketemu Reza Artamevia: Enggak Berhenti Cium-ciuman, Kangen Banget

Liputan6.com 2022-07-15 15:00:00
Angelina Sondakh dan Reza Artamevia akhirnya berjumpa. (Foto: Dok. YouTube Keema Entertainment)

Momen langka terjadi. Angelina Sondakh akhirnya bertemu Reza Artamevia setelah sekian lama. Beredar kabar, keduanya belum bertemu sejak istri almarhum Adjie Massaid itu bebas dari penjara terkait kasus korupsi Wisma Hambalang.

Pertemuan ini terjadi di sebuah rumah di Jakarta yang dijadikan tempat latihan bagi pelantun "Pertama" dan "Satu yang Tak Bisa Lepas." Reza Artamevia akan manggung pada 17 Juli 2022 di sebuah acara.

Kali pertama tatap muka, Angelina Sondakh histeris lalu menghambur ke pelukan Reza Artamevia. Mereka berpeluk erat. Air muka keduanya tampak berseri tatkala saling melepas kangen.

"Aduh, peluknya mau lama-lama soalnya janjiannya lama. Jadi peluknya harus lama," seru Angelina Sondakh, kami lansir dari video konten di kanal YouTube Keema Entertainment, Kamis (14/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Senang Banget

"Alhamdulillah, senang banget," sahut Reza Artamevia yang tampil kasual berbalut kerudung putih polos. Penampilan pemilik album Keajaiban dan Keabadian disanjung Angelina Sondakh.

"Gimana Teh, cantik banget lo ya Teteh aku ini. Aduh, kangen kangen kangen!" cetus ibunda Keeanu Massaid seraya memberi tahu, "Sekarang aku mau lihat Teteh aku nyanyi."


Sekarang Ketemuan

Keduanya lantas menuju ruang tengah. Sebelum duduk di sofa, Angelina Sondakh mengabarkan bahwa janji temu dengan Reza Artamevia dibuat sejak lama. Meski terpisah, silaturahmi keduanya selalu hangat.

"Subahanallah ya. Jadi kita WA-WA-an, ketemuan gitu kan. Ketemuan lewat udara akhirnya sekarang ketemuan lewat (tatap muka)," Angelina Sondakh membeberkan.


Kangen Banget!

Keduanya lantas duduk di sofa. Sejurus kemudian Puteri Indonesia 2001 minta izin lepas masker. Melihat wajah Angelina Sondakh, giliran Reza Artamevia yang histeris lalu berujar, "Aduh tambah cantik, kan, cium lagi!" Usai cipika-cipiki, keduanya mengobrol santai.

"Pokoknya kita enggak berhenti cium-ciuman gitu kan, kangen banget. Sudah lama banget (enggak ketemu) ya Allah. Jadi aku kan, enggak mau ganggu Teteh karena aku lihat Teteh tuh tampil di mana-mana. Wah manajernya hebat deh," pungkas Angelina Sondakh.

Infografis Perjalanan Kasus Hukum Angelina Sondakh hingga Pembebasan. (Liputan6.com/Abdillah)

Seruan Autopsi Ulang Brigadir Yoshua

Muncul Seruan Autopsi Ulang Brigadir Yoshua, Ini Respons Komnas HAM

Liputan6.com 2022-07-15 11:47:43
Rumah Dinas Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo di Kompleks Polri RT 5/RW 1, Duren Tiga Jakarta Selatan, yang menjadi lokasi adu tembak polisi. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Desakan agar dilakukan autopsi ulang Brigadir J atau Yoshua, polisi yang tewas di kediaman kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo muncul dari sejumlah pihak.

Terkait, desakan itu, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) yang membentuk tim untuk mengusut kasus tersebut mengatakan kemungkinan melakukan autopsi ulang mungkin dilakukan jika hal itu dapat membuka fakta.

"Semua hal yang dibutuhkan untuk mengungkap terangnya peristiwa, pasti kami akan melakukan jadi semua hal ya mulai dari permintaan keterangan, pemeriksaan TKP, dan semua hal yang dibutuhkan untuk mengungkap peristiwa ini dan menjadikan peristiwa ini terang benderang," kata Komisioner Komnas HAM Mohammad Choirul Anam, saat dihubungi, Jumat (15/7/2022).

Perihal kapan akan dilakukan proses tersebut, Anam menjelaskan, tergantung pada temuan fakta-fakta dan keterangan. Hal itu penting, sehingga metode dan akuntabilitas jelas dan terjaga.

Namun, ia menegaskan apapun proses yang diperlukan dan membuat peristiwa Brigadir J terungkap pasti akan dilakulan oleh Komnas HAM.

"Semua yang dibutuhkan untuk mengungkap peristiwa ini, mengungkap keterangan maupun pengambilan barang bukti, mau cek lokasi, mau memanggil ahli kalau itu dibutuhkan untuk mengungkap peristiwa dan untuk menguji informasi, untuk menguji keterangan agar kita menemukan fakta yang terang benderang kami akan lakukan," imbuh Anam.

Tim Khusus (Timsus) bentukan Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo telah bergerak melakukan langkah awal pengusutan kasus dugaan pelecehan berujung baku tembak polisi dengan polisi yang menewaskan Brigadir J.


Kapolri Bentuk Tim Khusus

Irwasum Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto yang ditunjuk sebagai Ketua Tim Khusus, mengatakan bahwa pihaknya sampai saat ini telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di rumah dinas Irjen Pol Ferdy Sambo di Perumahan Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

"Pertama melaksanakan pendalaman olah TKP," kata Agung saat jumpa pers Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 13 Juli 2022.

Selain melakukan olah TKP, Agung juga mengatakan bahwa pihaknya juga sedang mendalami hasil autopsi dan memeriksa saksi-saksi yang terlibat dalam peristiwa berdarah itu.

"Pendalaman hasil autopsi dan pendalaman saksi-saksi," ujarnya.

Via Vallen Resmi Menikah

Sah, Via Vallen dan Chevra Yolandi Resmi Menjadi Pasangan Suami Istri

Liputan6.com 2022-07-15 09:08:51
Via Vallen - Chevra Yolandi (Foto: Indosiar)

Prosesi akad nikah Via Vallen dan Chevra Yolandi yang digelar di Hotel JW Marriot Surabaya telah selesai dilakukan, Jumat (15/7/2022). Ijab kabul pun berjalan lancar.

Personel Papinka band tak perlu melakukan latihan saat mengucapkan ijab kabul. Hanya dalam satu tarikan napas mengucap ijab kabul, yang langsung disahkan oleh para saksi.

Maulidia Octavia yang menyaksikan dari dalam ruangan tak kuasa menahan air matanya. Ia menangis bahagia.

Usai akad nikah selesai, pelantun "Sayang" ini baru dikeluarkan dari ruangan. Via Vallen didampingi oleh kedua budenya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tersenyum

Bukan hanya Via Vallen yang selalu tersenyum selama berjalan menuju sang suami. Tapi juga Chevra tak bisa menutupi kebahagiaannya.

Setelah bertemu, Via langsung mencium tangan Chevra Yolandi. Keduanya pun berjalan bersama menuju meja ijab kabul.


2 Menteri

Momen sakral ini berjalan hikmat. Dan spesialnya dalam pernikahan Via Vallen dan Chevra Yolandi disaksikan oleh dua menteri yang masih bertugas, yaitu Erick Tohir dan juga menteri Perumahan Rakyat Indonesia, Basuki Hadimuljono.


Maskawin

Usai menjalani ijab kabul, Chevra Yolandi menyerahkan maskawin berupa 1507 Euro, emas seberat 157 gram serta seperangkat alat salat, yang dibayar tunai kepada Via Vallen.

Pasangan ini resmi menjadi suami istri tepat pada pukul 8.40 WIB, disiarkan langsung oleh Indosiar.

Infografis: 5 NFT termahal di Dunia (Liputan6.com / Abdillah)

Kerap Mangkir Diperiksa

Nikita Mirzani Kerap Mangkir Diperiksa, Kasusnya Tetap Berjalan

Liputan6.com 2022-07-15 11:00:24
Aktris sensasional Nikita Mirzani akhirnya bebas dari Rumah Tahanan Wanita Pondok Bambu, Jakarta, Senin (30/3/2015). (Liputan6.com/Panji Diksana)

Polisi menyatakan Nikita Mirzani selalu mangkir saat dipanggil untuk dimintai keterangan. Penyidik telah mengirimkan surat pemanggilan pada Senin, 20 Juni 2022 untuk dimintai keterangan pada Jumat, 24 Juni 2022. Namun, Nikita tidak bisa hadir dan meminta pemeriksaan dilakukan pada Rabu, 6 Juli 2022.

Meski kerap mangkir dan lama diam, kepolisian memastikan perkara yang menyeret artis yang kerap dipanggil Nyai itu tetap berjalan.

"Penyidik telah mengirimkan surat panggilan terhadap NM sebagai tersangka dugaan tindak pidana ITE dan pencemaran nama baik sesuai Pasal 45 dan Pasal 51 UU ITE dan Pasal 311 KUHP, namun ada permohonan penjadwalan pemeriksaan NM pada Rabu, 6 Juli, namun NM tidak juga hadir di depan penyidik," kata Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Shinto Silitonga, di kantornya, Kamis (14/07/2022).

Pria berkacamata itu menerangkan, penyidik Polresta Serang Kota berusaha menempuh restorative justice (RJ) kepada Dito Mahendra selaku pelapor dan Nikita Mirzani sebagai terlapor. Kala itu, Jumat, 24 Juni 2022, hanya pengacara Dito Mahendra yang datang. Namun, pihak Nikita Mirzani tidak ada yang datang.

Kabid Humas menerangkan, upaya RJ sesuai Surat Edaran Kapolri nomor 2 tanggal 19 Februari 2021, tentang kasadaran beretika untuk wujudkan ruang digital Indonesia yang bersih, sehat, dan produktif. Namun, upaya restorative justice tidak bisa dilakukan karena pihak Nikita Mirzani tidak mendatangi Mapolresta Serang Kota.

"Mekanisme restorative justice belum dapat dijalankan, karena penyidik kesulitan untuk mempertemukan NM dengan pihak pelapor meskipun pernah difasilitasi. Namun, NM kembali mangkir dan tidak mau menghadiri pertemuan yang telah dijadwalkan, sedangkan pelapor sendiri hadir dalam agenda pertemuan tersebut," terangnya.


Berkas Tersangka Nikita Mirzani di Tangan Kejari Serang

Polisi membenarkan penyidik Satreskrim Polresta Serang Kota telah mengirim berkas tersangka atas nama Nikita Mirzani ke Kejari Serang pada Selasa, 12 Juli 2022.

Penyidik Satreskrim Polresta Serang Kota tengah menunggu hasil evaluasi dari Jaksa Penuntut Umum yang telah ditunjuk oleh Kejari Serang. Kombes Pol Shinto Silitonga berjanji, penanganan kasus akan berjalan profesional dan transparan.

"Penyidik Satreskrim Polresta Serang Kota tetap bertindak profesional dan proporsional, dalam penanganan perkara ini dan akan menuntaskan penyelesaian perkara hingga memberikan kepastian hukum kepada para pihak," jelasnya.

Simak video pilihan berikut ini:

Doddy Menangis Gagal Bertemu Gala Sky

Doddy Sudrajat Nangis Tak Bisa Bertemu Gala Sky Andriansyah di Hari Ulang Tahunnya

Liputan6.com 2022-07-15 10:40:00
Doddy Sudrajat dan Mayang membawakan kado ulang tahun untuk Gala Sky (https://www.instagram.com/stories/dodysoedrajat_1/2882120753824860631/)

Putra semata wayang mendiang Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah, Gala Sky Andriansyah, Kamis (14/7/2022) berulang tahun yang ke-2. Di hari ulang tahunnya itu, keluarga menggelar acara pesta perayaan ulang tahun yang sangat mewah.

Acara ulang tahun itu dihadiri oleh keluarga, para sahabat, dan sederet rekan artis lain. Sayangnya, di tengah kemeriahan itu tak tampak kehadiran ayah mendiang Vanessa Angel, Doddy Sudrajat, dan adik Vanessa, Mayang.

Rupanya, kedua nama tersebut tak diundang ke acara ulang tahun tersebut. Meski begitu, keduanya tetap mendatangi kediaman Gala Sky Andriansyah yang tentu saja tidak ada seorang pun di rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Merayakan

Di sana, Doddy Sudrajat dan Mayang merayakan kecil-kecilan acara ulang tahun Gala Sky Andriansyah dengan membawa kue ulang tahun dan beberapa kado.

"Belum bisa ketemu Gala tapi in shaa Allah nanti ketemu. Selamat ulang tahun," kata Doddy Sudrajat dilansir dari unggahan @lambegosiip.


Nangis

Doddy Sudrajat menunjukkan rasa kecewanya karena tak bisa bertemu dengan sang cucu. Namun ia memberikan doa terbaik untuk Gala Sky Andriansyah, berharap suatu saat bisa bertemu secara langsung.

"Hari spesial kamu tahun lalu, kamu ketemu deddy sama aunty tapi tahun ini daddy nggak bisa ketemu kamu. Tapi doa daddy selalu menyertai kesuksesan Gala," ujar Doddy dengan suara bergetar menahan tangis.


Drama

Sayangnya, pemandangan tersebut justru menuai respons negatif dari warganet. Tidak sedikit yang menyebut Doddy Sudrajat drama hanya demi mendapat iba masyarakat.

"Mantap sih drama nya seakan2 dia terzolimi wkwkkwkw," tulis @wlim12_.

"Woh...woh...hebat drama nangis nya, nga cape hidupmu drama terus," timpal @tzuko725.

"nagisss muluu nihh bikin drama kasihan," tambah @sida_9192.

(Liputan6.com / Abdillah)

Gigi Jadi CEO Baru BUMN

Esteh Indonesia Jadi BUMN, CEO Barunya Nagita Slavina

Liputan6.com 2022-07-15 13:15:35
Nagita Slavina resmi menjabat sebagai CEO baru Esteh Indonesia. (Tangkapan layar akun instagram @esteh.indonesia).

Perusahaan Waralaba F&B Esteh Indonesia mengumumkan bahwa Kamis, 14 Juli 2022 telah memiliki Chief Executive Officer (CEO) baru. Menariknya, CEO baru ini adalah istri sultan Andara Raffi Ahmad, yaitu Nagita Slavina.

Hal tersebut tertulis dalam postingan Instagram akun resmi Esteh Indonesia di @esteh.indonesia.

"Nagita Slavina resmi menjabat sebagai CEO baru Esteh Indonesia," tulis posting-an tersebut seperti dikutip pada Jumat (15/7/2022).

Ditunjuknya Nagita Slavina sebagai CEO baru ini diharapkan bisa membawa perkembangan yang baik kepada perusahaan baik dari sisi kuantitas maupun kualitas.

"Nagita Slavina hadir agar Esteh Indonesia lebih baik lagi ke depannya dari segi kualitas produk, kualitas pelayanan dan akan semakin menancapkan kaki sebagai pioneer serta market leader F&B Indonesia yang akan mendunia," tulis Esteh Indonesia.

Dalam posting-an yang lain akun tersebut juga menyebutkan bahwa Esteh Indonesia telah berubah menjadi BUMN, yaitu Badan Usaha Milik Nagita.

"Yes! Esteh Indonesia jadi BUMN (Badan Usaha Milik Nagita)

Euphoria CEO baru Esteh Indonesia yaitu Ibu Nagita Slavina yang sebelumnya dinaungi oleh Bapak Haidhar Wurjanto ini disambut dengan happy oleh para manajemen dan seluruh tim.

Mohon support dan doanya yang terbaik dan harapan yang tinggi untuk Esteh Indonesia berkembang lebih hebat ya! Finally karyawan Esteh Indonesia SAH jadi PNS gais, Pegawai Nagita Slavina."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ucapan Selamat

Dalam posting-an yang lain. CEO sebelumnya, yaitu Haidhar Wurjanto, memberikan selamat kepada Nagita Slavina.

"Bismillah, semoga @esteh.indonesia semakin berjaya dengan visinya, "menciptakan pengusaha Indonesia yang berkualitas berbasis media pengembangan dan teknologi"

Esteh Indonesia memiliki visi untuk menjadi market leader perusahaan waralaba F&B yang menghasilkan pengusaha Indonesia berkualitas melalui media pengembangan dan pembelajaran berbasis teknologi.

Saat ini perusahaan sudah memiliki 504 mitra yang mereka sebut dengan Kebun.


Tajir Melintir, Nagita Slavina Tetap Mandi Pakai Sampo Dioplos Air

Sebelumnya, penampilan dan gaya hidup Nagita Slavina selalu menjadi sorotan. Dikenal sebagai keluarga sultan, istri Raffi Ahmad kerap tampil dengan barang mewah yang harganya mencapai jutaan hingga miliaran rupiah.

Namun, ternyata Nagita Slavina pernah merasakan hal yang biasa dilakukan oleh masyarakat pada umumnya. Hal itu diungkapkan wanita 34 tahun dalam video singkat di akun Instagram Rans Entertaimen bertemakan "Pernah Nggak ya."

"Pernah enggak mandi pake gayung love," kata penanya, dikutip Minggu (3/4/2022)

"Pernah," jawab Nagita.

Setelah itu, Nagita Slavina ditanya apakah pernah lupa membawa barang belanjaannya yang telah ia beli. Ternyata hal itu juga pernah dirasakan olehnya.

"Pernah enggak beli barang, sudah bayar, tapi lupa bawa barangnya?" tanya

"Pernah," jawabnya.


Sampo

Tidak hanya itu, ternyata Nagita Slavina pernah menggunakan sampo sebagai sabun. Saat sampo miliknya habis, rupanya Nagita Slavina pernah mengisinya dengan air layaknya orang banyak.

"Pernah enggak sampo dipake buat sabun," ucap penanya.

"Enggak sengaja pernah," jawab Nagita.

"Pernah enggak sampo udah abis diairin," lanjut penanya.

"Sering," ungkap Nagita.


Cengtri

Cengtri atau naik motor berbonceng tiga ternyata pernah dilakukan oleh Nagita Slavina. Meskipun awalnya dirinya bingung dengan pertanyaan tersebut.

"Pernah nggak cengtri naik motor?" tanya tim Rans Entertainment yang membuat Nagita Slavina berpikir.

"Hah? Pernah sama Rafathar tapi keliling kompleks saja karena itu berbahaya," tegas Nagita Slavina.

Infografis Nasib Dunia Usaha Diterpa Corona (Liputan6.com/Triyasni)

Ultah, Dapat Hadiah Mobil Mewah

Ulang Tahun, Ussy Sulistiawaty Dapat Hadiah Mobil Mewah dari Andhika Pratama

Liputan6.com 2022-07-15 15:39:46
Wajah Ussy Sulistiawaty yang masih kencang serta badannya yang terlihat singset membuatnya terlihat seperti seorang ABG. (FOTO: instagram.com/ussypratama/)

Ussy Sulistiawaty baru saja merayakan hari ulang tahunnya yang ke- 41 pada Rabu (13/7/2022) kemarin. Di hari bahagianya itu, Ussy mendapatkan hadiah spesial dari sang suami, Andhika Pratama. Andhika memberikan hadiah sebuah mobil Mercedes-Benz E-Class untuk sang istri tercinta.

Momen ketika Andhika memberikan surprise berupa hadiah mobil mewah tersebut pun diunggah dalam video di akun Youtube Ussy Andhika Official. Dalam video tersebut Ussy terlihat sangat kaget namun juga bahagia. Meski sebelumnya Ussy meminta untuk dibelikan mobil yang berharga tak begitu mahal.

"Aku beberapa bulan lalu sempet sensitif, karena aku pengen beli mobil gubrak banruk dong buat ke pasar gitu, buat ke mana-mana. Cuma kok dia (Andhika) diem aja, biasanya kan kalo aku minta apa-apa langsung dibeliin," ungkap Ussy.

Ussy pun langsung mencoba menyalakan mobil barunya yang berwarna putih itu.

"Udahlah aku ga bisa ngomong apa-apa," kata Ussy tak bisa membendung rasa bahagianya.

Ussy pun mengucapkan terima kasih kepada sang suami dan anak-anaknya, dia pun mendoakan agar sang suami diberikan rezeki yang berlimpah oleh Allah SWT.

"Semoga rezekinya berlimpah ruah Andhika Pratama," ucap Ussy kepada sang suami.

Melihat momen kejutan tersebut, tak sedikit warganet yang mengaku turut bahagia namun juga iri. Tak jarang pula warganet yang memberikan ucapan selamat ulang tahun serta doa untuk ibu lima anak itu.

"Ya Allah nonton ini sambil senyum-senyum sendiri dan netesin air mata terharu..mba Ussy selalu dilimpahkan kebahagiaan dan sehat selalu," tulis salah satu warganet.

"Ya Allah so sweet banget , berkah semuanya kak ussy dan keluarga , kok aku nangis yaa, saat oma meluk mas andhika," kata warganet lain.

"Terharu lho nonton nya,,,, selamat kak ussy, moga panjang umur, sehat selalu, berlimpah kebahagiaan selalu dari suami, anak, org tua & keluarga. Aamiin," timpal yang lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com0811 9787 670hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Gelar Pesta dengan Tema Anak Sekolah

Untuk memeriahkan ulang tahunnya, Ussy Sulistiawaty menggelar pesta ulang tahunnya dengan konsep yang unik. Perayaan tersebut bertema anak sekolahan sehingga para tamu undangan tampak kompak memakai seragam SMA.

Tak mau kalah dengan para tamu undangan yang hadir, keluarga Ussy dan Andhika pun tampil kompak dengan seragam SD hingga SMA. Paras satu keluarga ini membius warganet yang melihatnya. Apalagi kelima anak pasangan selebriti ini. Mereka tampil memesona dengan penampilan yang menggemaskan.

Bertempat di sebuah hotel mewah, pelantun lagu 'Klik' itu mengudang ratusan temannya untuk berpesta bersama. Di antara tamu undangan yang hadir, banyak teman dari kalangan selebriti yang penampilannya mencuri perhatian publik.

Mulai dari Pasha Ungu, Yuni Shara, Tya Ariestya hingga Titi Kamal. Uniknya, pada ulang tahun Ussy kali ini, ia meminta tamu undangan untuk memakai dresscode anak SMA. Venue juga ditata seperti sekolah lengkap dengan bangku dan meja bak di dalam kelas. Menjadikan suasana pesta seperti reuni SMA.


Komentar Warganet

Melalui akun Instagram terverifikasinya, Ussy Sulistiawaty membagikan momen hari spesialnya. Sontak saja warganet Tanah Air memberikan beragam komentar tentang potret-potret pesta ulang tahun istri Andhika Pratama ini.

Seorang warganet menyebut Ussy Sulistiawaty dan teman-temannya lucu serta bikin gemes saat memakai seragam SMA. Ada juga yang iri dengan potret romantis Ussy Sulistiawaty bersama Andhika Pratama.

"Lucu2 gemesin dech, hbday mm 5 anak," komentar akun @wildandiel.

"Ah, iri boleh gak sich. Iri sweetnya, iri romantisnya, iri perhatiannya, iri semuanya," kata akun @rachelpuriethree.

Warganet lain menilai, Ussy Sulistiawaty ketika menggunakan seragam SMA terlihat tetap cantik dan awet muda, meskipun sudah memiliki anak.

"Teh usi, walaupun udah punya anak banyak Tetap Cantik dan awet muda.masih pantas pake baju SMA, keren banget," kata akun @bibayhappy.

"Masyaallah ka Ussy cantik awet muda bgt," komentar akun @tanti1181.

Tidak sedikit warganet lain yang memberi ucapan selamat ulang tahun kepada Ussy Sulistiawaty. Doa-doa terbaik pun mereka tuliskan di kolom komentar.

"Ah, iri boleh gak sich. Iri sweetnya, iri romantisnya, iri perhatiannya, iri semuanya," kata akun @rachelpuriethree.

Ayah Elon Musk Hamili Putri Tiri

Ayah Elon Musk Punya Anak Kedua dengan Putri Tirinya

Liputan6.com 2022-07-15 13:01:00
Errol Musk, ayah dari miliarder teknologi Elon Musk yang menghabiskan masa kecilnya di era apartheid Afrika Selatan, berpose di rumahnya di Langebaan, Afrika Selatan pada 26 Mei 2022. (GIA

Kabar mengejutkan datang dari ayah Elon Musk, Errol Musk. Pria berusia 76 tahun tersebut mengakui bahwa ia menjadi ayah dari anak hasil hubunganya dengan putri tirinya yang bernama Jana Bezuidenhout.

Dikutip dari Page Six, Jumat (15/7/2022), Errol Musk dan Jana menyambut kelahiran bayi perempuan itu pada 2019 lalu. Namun, ia mengonfirmasi kabar itu pada Rabu, 13 Juli kepada The Sun, "Satu-satunya tujuan kita berada di Bumi adalah untuk bereproduksi."

Errol Musk dan Jana sebelumnya telah memiliki anak laki-laki berusia 5 tahun. Putra tersebut dinamai Elliot Rush dan lahir pada 2017 lalu.

Errol dengan jelas berbagi keinginan tulus putranya yang paling terkenal untuk menghasilkan keturunan. Pengakuannya datang hanya seminggu setelah terungkap Elon menjadi ayah dari dua anak dengan seorang eksekutif di perusahaan artificial intelligence miliknya Neuralink, beberapa minggu sebelum anak keduanya dengan mantan pacar Grimes lahir.

Errol mengakui kehamilan Jana "tidak direncanakan". Ia juga mengatakan kepada The Sun bahwa mereka tidak lagi hidup bersama, dengan alasan perbedaan usia 41 tahun.

"Ini tidak praktis. Dia berusia 35 tahun," kata Errol. "Akhirnya jika saya masih ada, dia mungkin akan kembali bersama saya."

Ayah Elon Musk ini menambahkan, "Pria mana pun yang menikahi perempuan (yang lebih muda), bahkan jika Anda merasa sangat bersemangat, itu akan menyenangkan untuk sementara waktu, tetapi ada celah besar dan celah itu akan terlihat dengan sendirinya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pohon Keluarga Musk

Pohon keluarga Musk rumit dan kian hari semakin bertambah. Errol memiliki tujuh anak, sedangkan Elon Musk punya 10 anak.

Errol yang merupakan seorang insinyur kaya Afrika Selatan menikah dengan model Maye Haldeman Musk pada 1970. Mereka dikaruniai tiga buah hati, yakni Elon, Kimbal dan Tosca.

Pasangan itu berpisah pada 1979 silam, sebelum Errol menikahi Heide Bezuidenhout, seorang janda muda yang telah memiliki dua anak, termasuk Jana. Errol dan Heide memiliki dua anak kandung, tetapi dia juga membantu membesarkan Jana, yang baru berusia 4 tahun ketika dia menjadi ayah tirinya.

Errol dan Heide akhirnya bercerai setelah 18 tahun menikah. Tetapi, keluarga Musk kemudian terkejut ketika Jana mengandung bayi Errol pada 2017. Hal itu menyebabkan perselisihan pahit antara Errol dan Elon, dan CEO Tesla itu marah karena ayahnya telah menghamili saudara tirinya. Anak-anak Errol yang lain juga "terkejut" dan tidak nyaman dengan kehamilan yang mengejutkan itu.

"Mereka masih tidak menyukainya," Errol mengakui dalam wawancara barunya dengan The Sun. "Mereka masih merasa sedikit menyeramkan tentang itu, karena dia adalah saudara perempuan mereka. Saudara tiri mereka."


Tak Suka

Elon Musk belum secara terbuka mengomentari penerimaan bayi terbaru ayahnya. Pasangan ini masih terasing, dengan Elon menggambarkan ayahnya sebagai "manusia yang mengerikan" dalam sebuah wawancara dengan Rolling Stone.

Putra Errol dan Jana lahir pada 2017, bernama Elliot Rush dan dijuluki "Rushi." Errol belum mengungkapkan nama putri mereka, yang lahir pada 2019. Terlepas dari kenyataan bahwa mereka bukan lagi pasangan, Errol mengatakan Jana dan dua anak mereka yang masih kecil telah datang untuk tinggal di rumahnya di Pretoria, Afrika Selatan.

"Mereka menghabiskan beberapa hari di sini sekitar enam bulan yang lalu. Dan anak-anak mulai membuat saya kesal," katanya terus terang. "Lalu saya merindukan mereka begitu mereka pergi."

Errol mengakui bahwa dia tidak meminta Jana tes paternitas untuk memastikan dia adalah ayah dari anak mereka yang sekarang berusia 3 tahun. "Saya belum memeriksa DNA-nya. Tapi dia terlihat seperti putri-putri saya yang lain. Jadi itu cukup jelas, kau tahu," katanya.

Namun, pengusaha kaya itu menyatakan bahwa ada perempuan lain yang mengklaim bahwa dia juga menjadi ayah dari anak-anak mereka. "Saya memiliki sekitar enam orang, perempuan yang mengklaim bahwa anak mereka adalah anak saya sekarang. Jelas mereka oportunis," katanya.

"(Tapi) ada periode di Johannesburg di era 80-an ketika saya berkencan dengan perempuan yang berbeda setiap malam. Saya punya banyak teman kencan. Jadi sangat mungkin salah satu dari mereka benar-benar kembali dan berkata, 'Ini anakmu.' Itu mungkin," ungkapnya.


Anak-Anak Elon Musk

Errol mengatakan dia tidak mengesampingkan kemungkinan memiliki lebih banyak anak di masa depan. "Jika saya bisa memiliki anak lagi, saya akan melakukannya. Saya tidak bisa melihat alasan untuk tidak melakukannya," tambah Errol.

Errol (secara resmi) memiliki lebih sedikit anak daripada putranya yang paling terkenal, Elon yang kini menjadi ayah dari 10 anak. CEO Tesla mengonfirmasi minggu lalu bahwa ia memiliki anak kembar dengan Shivon Zilis, seorang eksekutif berusia 36 tahun di perusahaan chip otaknya Neuralink.

"Melakukan yang terbaik untuk membantu krisis kekurangan populasi," cuit Musk pada Kamis lalu. "Angka kelahiran yang runtuh adalah bahaya terbesar yang dihadapi peradaban sejauh ini."

Si kembar -yang namanya belum diungkapkan- lahir hanya beberapa minggu sebelum Musk menyambut anak keduanya, Exa Dark Siderl, dengan bintang pop Kanada Grimes. Musk dan Grimes juga memiliki putra berusia 2 tahun X A-Xii.

Elon pertama kali menjadi ayah pada 2002, menyambut seorang putra bernama Nevada dengan istrinya saat itu Justine Wilson. Tragisnya, bayi laki-laki itu meninggal hanya 10 minggu kemudian karena sindrom kematian bayi mendadak, atau SIDS. Elon dan Justine kemudian memiliki lima anak lagi, kembar Vivian dan Griffin dan kembar tiga Kai, Saxon dan Damian, sebelum perceraian mereka pada 2008.

Infografis 6 Cara Dukung Anak dengan Long Covid-19 Kembali ke Sekolah. (Liputan6.com/Abdillah)

Indonesia Dukung Anti Pencucian Uang

HEADLINE: Tekad Indonesia Jadi Anggota Tetap FATF untuk Anti Pencucian Uang, Apa Untungnya?

Liputan6.com 2022-07-16 00:00:00
Indonesia tengah berupaya untuk bergabung menjadi anggota penuh Financial Action Task Force (FATF) atau organisasi anti pencucian uang tingkat global. (Dok PPATK)

Indonesia siap menyambut kedatangan tim assessor Mutual Evaluation Review (MER) dari organisasi anti pencucian uang dunia. Tim ini akan memberikan penilaian kepada Indonesia terkait rencana untuk menjadi anggota tetap Financial Action Task Force (FATF) atau organisasi dari negara-negara anti mencucian uang.

Saat ini, Indonesia masih berstatus sebagai pengamat (observer), meski organisasi anti pencucian uang FATF sudah berdiri sejak 1989. Indonesia juga merupakan satu-satunya negara anggota G20 yang belum menjadi anggota FATF.

Sejak 2016 Indonesia telah berupaya untuk menjadi anggota tetap FATF. Pada Juni 2018, Indonesia baru mendapatkan status sebagai negara observer FATF.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, sangat penting bagi Indonesia untuk menjadi anggota penuh FATF.

"Komitmen kami untuk memerangi aliran keuangan gelap lainnya telah dimanifestasikan dengan baik. Dan hari ini kami sedang dalam proses menjadi anggota penuh Financial Action Task Force atau FATF," katanya dalam konferensi pers di Bali International Convention Center (BICC), pada Kamis 14 Juli 2022.

Menurut Sri Mulyani, banyak manfaat jika Indonesia telah menjadi anggota tetap FATF. Setelah bergabung, sangat memungkinkan antar negara untuk bertukar informasi dan data untuk mencegah tindak pidana pencucian uang (TPPU) dan tindak pidana pendanaan terorisme (TPPT).

Dengan menjadi anggota penuh FATF, Menkeu menambahkan, Indonesia bisa mempersempit ruang untuk terjadinya penggelapan pajak.

"Dalam hal ini, kita semua sepakat bahwa kita perlu melakukan lebih banyak lagi, termasuk beberapa yurisdiksi atau non yurisdiksi lain untuk bergabung dalam transparansi pajak dan juga pertukaran informasi atau AEOI (Automatic Exchange of Information)," katanya.

Dengan menjadi anggota penuh FATF, berarti Indonesia mengambil peran penting dalam melawan penggelapan pajak. Serta, mendorong upaya transparansi pajak global.

"Semakin lengkap yurisdiksi yang tercakup dalam inisiatif ini, maka celah tersebut (penggelapan panak) semakin sempit dan tereliminasi. Kami juga memahami bahwa transparansi pajak global yang inklusif akan memungkinkan pertukaran informasi menjadi lebih efektif dalam mengatasi penghindaran pajak dan aliran keuangan gelap," kata dia.

<p>Infografis Apa Untungnya Indonesia Jadi Anggota Tetap FATF? (Liputan6.com/Triyasni)</p>

Citra Indonesia di MataDunia

Koordinator Kelompok Substansi Hubungan Masyarakat Pusat Pelaporan Transaksi Keuangan (PPATK) Natsir Kongah mengatakan, posisi sebagai anggota penuh FATF akan sangat menguntungkan Indonesia.

Selain bisa langsung terlibat dalam kebijakan yang dikeluarkan Satgas Aksi Keuangan untuk Pencucian Uang Dunia tersebut, Indonesia akan membuka koneksi sekaligus mendapat citra baru di mata dunia.

"Sangat menguntungkan dong, karena kita ikut mewarnai kebijakan-kebijakan yang diambil oleh FATF. Selama ini kan kita tidak ikut, tidak menentukan kebijakan-kebijakan yang ada," kata Natsir kepada Liputan6.com.

"Hal lainnya kita dinilai baik di mata dunia internasional," ujar dia.

Natsir menceritakan, Indonesia saat sedang menjalani proses evaluasi. Asesor sudah datang untuk melihat perkembangan dari rekomendasi yang sudah dikeluarkan oleh FATF, untuk dinilai sejauh mana Indonesia telah menjalankan dan melaksanakan segala ketentuan yang dipersyaratkan.

"Nanti sampai tanggal 14 Agustus, asesor dari Finansial Action Task Force on Money Laundering melakukan evaluasi terhadap kepatuhan kita, atas rekomendasi yang dikeluarkan oleh FATF," imbuh dia.

Pasca mendapatkan evaluasi, asesor kelak akan mempertimbangkan, apakah Indonesia pantas untuk direkomendasikan ke jenjang FATF untuk bisa mendapat status sebagai anggota penuh di kelembagaan.

"Kira-kira awal tahun depan, nanti ada sidang FATF yang dilakukan untuk menentukan diterima atau tidaknya. Tapi kita berharap untuk Indonesia diterima lah, karena persiapan yang sudah dilakukan Indonesia itu cukup baik," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Dikunjungi Perwakilan 9 Negara

Natsir Kongah melanjutkan, Indonesia akan menerima kunjungan dari tim assessor MER yang terdiri dari perwakilan 9 negara. Penilaian yang akan diberikan adalah kepatuhan Indonesia dalam menerapkan ketentuan anti pencucian uang dan pendanaan terorisme di pihak pelapor, regulator dan penegak hukum.

Pihak pelapor antara lain bank dan lembaga jasa keuangan lainnhya. Sedangkan pihak regulator antara lain OJK, BI, BAPEPTI. untuk pihak penegak hukum antara lain Kejaksaan, KPK, BNN, BNPT, Densus 88.

"Hasil penilaian mereka menentukan, kita diterima atau tidak menjadi anggota FATF," kata Natsir.

Ia menjelaskan, proses ini sempat enam kali tertunda dan bulan ini akhirnya pelaksanaan on-site visit MER Indonesia dapat dipastikan akan dilaksanakan yang akan berlangsung 14 Juli sampai dengan 4 Agustus 2022 di Jakarta.

Rangkaian persiapan telah dilakukan mulai dari komitmen level tinggi oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) dan Menteri serta Kepala Lembaga anggota Komite TPPU untuk mensukseskan MER FATF.

Selain itu juga konsolidasi juru bicara dari Kementerian dan Lembaga terkait, Capacity building bagi Pihak Pelapor, Pembangunan Aplikasi Satgas Statistik penanganan TPPU dan TPPT serta Mock Up Interview Mutual Evaluation untuk memberikan simulasi secara spesifik kepada Kementerian dan Lembaga terkait pelaksanaan on-site visit.

Berikut ini kriteria menjadi anggota penuh FATF:

1. Mendapat Rating Compliant (C) / Largery Compliant (LC) palings edikit atas 33 rekomendasi dari 4 rekomendasi FATF.

2. Mendapat Rating C/LC pada Rekomendasi 3 (Kriminalisasi TPPU), Rekomendasi 5 (Kriminalisasi TPPT), Rekomendasi 10 (Customer Due diligence), Rekomendasi 11 (Record Keeping) dan Rekomendasi 20 (LTKM).

3. Mendalat Rating High/Substantial Level paling sedikit pada 5 Innmediate Outcomes dari 11 Immediate Outcomes.

4. Hanya memiliki Rating Low Level pada laing banyak 3 Immediate Outcomes dari 11 Immediate Outcomes.


Momen Tepat Sebelum Pemilu

Direktur Eksekutif Center of Economy and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengungkap, proses menjadi anggota penuh FATF membutuhkan waktu panjang dan usaha keras.

"Ratifikasi aturan di level legislatif hingga kementerian lembaga yang butuh waktu. Tapi itu wajar asalkan ada komitmen dari presiden dan menteri keuangan dan menkopolhukam untuk mendorong berbagai ratifikasi aturan FATF," kata dia kepada Liputan6.com, Kamis (14/7/2022).

Dari sisi proses menuju anggota penuh, ia memandang saat ini adalah waktu yang tepat. Pasalnya, momennya mendekati dengan pemilihan umum (pemilu) yang dinilai rawan terhadap tindak pidana pencucian uang (TPPU).

"Justru momentum nya mendekati pemilu 2024 dimana money politic dan pencucian uang diperkirakan cukup marak maka keanggotaan tetap Indonesia di FATF harus direalisasikan segera," ujarnya.

Terpisah, Ekonom Institute for Development of Economic and Finance (Indef) Nailul Huda melihat peluang indonesia dalam menangani TPPU akan semakin lengkap. Artinya, Indonesia bisa turut serta dalam pembahasan standar penanganan kasus.

"Terlebih di era digital ini yang saya rasa masuknya Indonesia ke FATF akan memberikan insight baru bagi K/L terkait di dalam negeri," katanya.

Di sektor bisnis, perusahaan dalam negeri juga dosebut akan lebuh dipercaya oleh perusahaan global. Ini dinilai akan membawa dampak positif yang lebih baik.

"Selain itu, perusahaan dalam negeri juga bisa lebih diterima oleh perusahaan global yang memang sudah menetapkan standar tertentu bagi kerjasama antar instansi/perusahaan," ujarnya.

<p>Infografis Kenapa Indonesia Perlu Jadi Anggota Tetap FATF? (Liputan6.com/Triyasni)</p>

Ikut Standar Global

Lebih lanjut, Huda memandang Indonesia perlu segera menerapkan stardar internasional dalam menangani TPPU. Ini bisa dicapai dengan jadi anggota penuh di FATF.

"Dengan menjadi anggota penuh FATF, saya harapkan instrumen APU-PPT (Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme) dalam negeri semakin mengikuti standar global," katanya.

Ia merujuk pada laporan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) soal transaksi mencurigakam selama 2021. Ia melihat datanya meningkat cukup tajam dari sebelumnya.

"Artinya adalah semakin banyak dugaan tindakan pencucian uang dan pendanaan terorisme di Indonesia. Di tengah pandemi, banyak laporan keuangan mencurigakan yang muncul dari pihak swasta ataupu pemerintah. Ini menjadi alarm bagi rezim Anti Pencucuian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU-PPT)," tuturnya.


Makin Dipercaya Investor

Direktur Eksekutif Celios Bhima Yudhistira melanjutkan, dengan menjadi FATF maka Indonesia bisa lebih dipercaya investor. Meski, ia mengakui Indonesia cukup tertinggal dalam keanggotaan penuh FATF ini. Ia mengatakan, India, Argentina, dan Brazil yang telah lebih dulu bergabung secara penuh, masing-masing pada tahun 2010 dan 2000.

"Manfaat bergabung di FATF adalah Indonesia bisa lebih dipercaya oleh investor maupun pelaku usaha karena seluruh transaksi lintas batas diawasi secara ketat," katanya kepada Liputan6.com.

Ia mengungkap, sebelumnya investor atau pelaku uaaha memiliki kekhawatiran. Utamanya terkait pencucian uang, pendanaan terorisme, dan transaksi narkotika antar negara.

"Itu bisa semakin merebak khususnya di era keuangan digital. Kalau dulu terang-terangan menggunakan bank atau cash untuk transfer pendanaan ilegal, sekarang ada kripto aset," katanya.

"Pemerintah dituntut agar melakukan pembaruan dalam penanggulangan pendanaan ilegal," tambahnya.

<p>Infografis Apa Itu FATF? (Liputan6.com/Triyasni)</p>

Lebih lanjut, Bhima mengungkap, dengan Indonesia bergabung jadi anggota penuh FATF, bisa menjadi angin segar. Artinya, FATF bisa menjadi upaya pengaman dari tindak pidana ilegal tersebut.

"Dengan FATF, ada safeguard atau aturan yang bisa di implementasikan untuk pengawasan transaksi keuangan sehingga Indonesia bisa mencegah adanya penyimpangan," ujarnya.

Ini juga disebut sejalan dengan esensi dari Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP).

"Kerjasama secara internasional dalam kerangka FATF juga sejalan dengan materi UU HPP terkait pertukaran data antar negara untuk keperluan pajak," tukasnya.


Didukung DPR

Anggota Komisi XI DPR Kamrussamad, menilai sangat penting jika Indonesia bergabung menjadi anggota tetap FATF.

"Bergabungnya Indonesia menjadi anggota tetap FATF sangat penting," kata Kamrussamad kepada Liputan6.com, Jumat (15/7/2022).

Sebab, menurutnya, saat ini Indonesia satu-satunya negara anggota G20 yang belum menjadi anggota tetap Financial Action Task Force (FATF).

"Jadi, selain untuk menyamakan level Indonesia dengan anggota G20 lainnya, status tersebut sangat penting bagi Indonesia agar Indonesia bisa berpartisipasi dalam proses pembuatan kebijakan strategis yang bisa menentukan sistem keuangan internasional," ujarnya.

Ia mengatakan, penilaian utama dari asesmen sebagai anggota FATF dilihat dari kepatuhan Indonesia dalam menerapkan ketentuan anti pencucian uang. Untuk itu, butuh koordinasi tidak hanya di level pemerintah pusat, tapi juga kelembagaan negara lain dan dukungan dari negara-negara anggota FATF.