Kerajaan Bisnis Raffi Ahmad

Deretan Kerajaan Bisnis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Selain Esteh Indonesia

Liputan6.com 2022-07-17 00:00:04
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina klarifikasi soal pencatutan KTP-nya. (Sumber: Instagram/raffinagita1717)

Bisnis pasangan selebriti Raffi Ahmad dan Nagita Slavina semakin menggurita. Setelah beberapa waktu lalu mengakuisisi klub bola RANS Nusantara FC, kini orangtua Rafathar dan Rayyanza memimpin bisnis food and beverages Esteh Indonesia.

Esteh Indonesia mengumumkan Nagita sebagai Chief Executive Offcier (CEO) menggantikan Haidhar Wurjanto. Kehadiran istri Raffi Ahmad itu diharapkan membawa perubahan lebih baik.

"Nagita Slavina resmi menjabat sebagai CEO baru Esteh Indonesia. Nagita Slavina hadir agar Esteh Indonesia lebih baik lagi ke depannya dari segi kualitas produk, kualitas pelayanan dan akan semakin menancapkan kaki sebagai pioneer serta market leader F&B Indonesia yang akan mendunia," tulis akun @esteh.indonesia,dikutip Sabtu (16/7/2022).

CEO sebelumnya, Haidhar berharap Esteh Indonesia di tangan Nagita bisa semakin berjaya sesuai visinya. Yakni menciptakan pengusaha Indonesia yang berkualitas berbasis media pengembangan dan teknologi.

Pergantian kepemimpinan dari Haidhar ke tangan Nagita disambut hangat oleh manajemen dan tim Esteh Indonesia. Amanah yang cukup berat ini tentu saja harus dijalani oleh Nagita.

"Mohon support dan doanya yang terbaik dan harapan yang tinggi untuk Esteh Indonesia berkembang lebih hebat ya! Finally karyawan Esteh Indonesia SAH jadi PNS gais, Pegawai Nagita Slavina," pungkas akun @esteh.indonesia.

Seperti diketahui bahwa Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (RANS) adalah salah satu pasangan selebriti yang memiliki banyak bisnis yang dijalaninya. Selain Esteh Indonesia, yuk kita intip lagi bisnis apa saja yang dikuasai Raffi dan Nagita.


1. RANS Entertainment

RANS Entertainment merupakan bisnis Raffi dan Nagita di bidang hiburan. Penggemar pasangan selebriti ini bisa menyaksikan konten-konten tim Raffi dan Nagita di YouTube yang jumlah subscriber-nya saat ini mencapai 24 juta. Terbaru, RANS Entertainment dapat diakses melalui layanan Vidio.com.

Ada beragam acara yang disajikan oleh RANS Entertainment, di antaranya Daily VLOGof RANS, RANS Music, Diary Rafathar, RANS Cooking, hingga InspiRANSi.

Mengutip laman resminya, RANS Entertainment telah mendapatkan penghargaan. Pada tahun 2019, RANS Entertainment menjadi Kreator Konten Digital Terfavorit dari Panasonic Gobel Awards.

RANS Entertainment juga mendapat rekor dari Muri sebagai Penyelenggara Siaran Langsung Acara Keluarga Melalui Youtube dan Facebook dengan Penonton Terbanyak tahun 2020.


2. RANS Music

Selain RANS Entertainment, Raffi dan Nagita mengembangkan bisnis lain di bidang musik yang diberi nama RANS Music.

RANS Music mempersembahkan karya-karya musik dan video yang dapat dinikmati melalui YouTube. Saat ini, channel YouTube RANS Music sudah mencapai 914 ribu.

Selain YouTube, karya-karya RANS Music juga dapat dinikmati di aplikasi lain seperti Joox, Resso, hingga Spotify.


3. RA Pictures

RA Pictures adalah perusahaan produksi yang didirikan oleh Raffi Ahmad bersama Fransen Susanto pada tahun 2017. Rumah produksi ini melahirkan karya-karya film yang berkualitas.

Sejak berdirinya rumah produksi ini, RA Pictures sudah melahirkan film-film layar lebar mulai dari The Secret Suster Ngesot Urban Legend (2018), Dimsum Martabak (2018), Rumput Tetangga (2019), Roh Fasik (2019), dan Ajari Aku Islam (2019).


4. RANS Nusantara FC

Tidak hanya di bidang hiburan, Raffi dan Nagita mengembangkan bisnisnya di bidang olahraga. Ia menggandeng Rudy Salim untuk mengakuisisi klub Liga 2 Cilegon United FC.

Klub tersebut berganti menjadi RANS Cilegon FC dan berhasil menjadi runner up Liga 2 musim 2021. Klub milik Raffi-Nagita itu mendapat promosi untuk bermain di Liga 1 Indonesia musim 2022/2023.

Saat ini, klub tersebut dikenal dengan nama RANS Nusantara FC. Julukannya diberi nama Magenta Force dan The Prestige Phoenix.


5. RANS PIK Basketball

Keinginan Raffi-Nagita untuk mengembangkan talenta muda di bidang olahraga tidak berhenti di dunia sepak bola. Ia mendirikan RANS PIK Basketball klub di bola basket.

RANS PIK Basketball didirikan oleh Raffi bersama Rudy Salim dan Dito Arietdjo pada tahun 2021. Home base klub basket ini berada di RANS Prestige Sportainment PIK 2.


Bisnis Lain

Sebenarnya, Raffi dan Nagita memiliki bisnis lain di bidang kuliner. Ada Mango Bomb, Gigiet Cake, Nagitoz, Bakmi RN, dan King Kong Snack.

Di bidang fashion, pasangan selebriti ini pernah mendirikan bisnis RA Jeans. Kemudian ada RANS Living di bidang furniture.

Namun, bisnis-bisnis tersebut dikabarkan telah gulung tikar. Beberapa produk bisnis itu sudah tidak dijual lagi. Akun media sosialnya juga sudah tidak mengunggah konten-konten lagi.


Saksikan Video Pilihan Ini:

Anthony Ginting Juara Tunggal Putra

Hasil Singapore Open 2022: Taklukkan Wakil Jepang, Anthony Ginting Juara Tunggal Putra

Liputan6.com 2022-07-17 17:53:29
Tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting saat melawan andalan tuan rumah Loh Kean Yew pada semifinal Singaopre Open 2022 di Singaopre Indoor Stadium, Sabtu (16/7) malam WIB. Anthon

Anthony Sinisuka Ginting sukses merengkuh gelar juara tunggal putra Singapore Open 2022. Tunggal putra Indonesia itu menumbangkan wakil Jepang Kodai Naraoka di babak final.

Anthony Ginting memenangkan laga final dengan dua gim langsung dalam durasi 53 menit di Singapore Indoor Stadium, Minggu (17/7) sore WIB. Dia menang 23-21 dan 21-17.

Unggul dari segi ranking dan jam terbang, Anthony Ginting tampil ciamik sejak awal gimpembuka. Poin gratis banyak didapat andalan Indonesia lewat unforced errors Naraoka.

Smesmenyilang yang menjadi andalan Anthony Ginting juga efektif membuahkan poin. Hingga interval set pertama, dia memimpin 11-6.

Naraoka mulai bangkit selepas interval. Ia meraih lima angka beruntun sehingga hanya berselisih satu poin 11-12. Tren baru terputus usai pengembalian Naraoka menyangkut di net.

Momen ini coba dimanfaatkan Anthony Ginting. Tunggal putra yang bertengger di peringkat enam dunia itu balas mengoleksi tiga angka berturut-turut. Sayang, upayanya dipatahkan Naraoka yang tampil kian agresif di paruh kedua set pertama.

Ginting berupaya menciptakan peluang memasuki poin-poin kritis. Namun, Naraoka justru menyamakan kedudukan dan balik memimpin dengan 18-17.

Drama kejar-kejaran skor terjadi di penghujung game pembuka. Wakil Indonesia akhirnya berhasil menuntaskan perlawanan setelah unggul 23-21 atas Kodai Naraoka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Game Kedua

Laga sengit tersaji di awal gimkedua. Anthony Ginting dan Naraoka saling bergantian meraih poin. Kedudukan imbang 5-5 terjadi usai wakil Indonesia melakukan sejumlah unforced errors.

Ginting belum mampu menciptakan selisih jarak jelang interval. Peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo justru tertinggal 8-9. Situasi tak berubah hingga penghujung paruh pertama set kedua. Ginting berselisih satu angka dari lawannya di kedudukan 10-11.

Drama kejar-kejaran skor berlanjut setelah interval. Anthony Ginting berbalik unggul dengan 13-12. Namun, raihan itu segera terputus usai pengembalian Ginting menyangkut di net.

Wakil Indonesia berupaya mencari celah untuk mengumpulkan poin tambahan. Ginting kembali menyamakan kedudukan menjadi 16-16, setelah sempat tertinggal dua angka dari Naraoka.

Dominasi Ginting muncul di poin-poin kritis. Pebulu tangkis kelahiran 1996 itu sanggup mengoleksi empat angka beruntun. Ginting akhirnya mampu mengunci kemenangan di set kedua dengan skor akhir 21-17.


Wakil Lain

Selain Anthony Sinisuka Ginting, Indonesia juga menempatkan tiga wakil dari sektor ganda putri dan ganda putra untuk berlaga di partai puncak turnamen BWF Super 500 ini.

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti sudah lebih dulu naik ke podium tertinggi Singapore Open 2022 usai menaklukkan wakil Tiongkok Zhang Shu Xian/Zheng Yu. Apri/Fadia menang dua game langsung, 21-14 dan 21-17, dalam durasi waktu 39 menit.

Sementara itu, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto terpaksa saling sikut dengan rekan senegaranya Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin di babak final. The Babies keluar sebagai juara sektor ganda putra setelah unggul 9-21, 21-14, dan 21-16 atas seniornya.


Hasil lengkap

Berikut adalah jadwal lengkap dan hasil pertandingan penggawa Merah Putih dalam final Singapore Open 2022 yang berlangsung di Singapore Indoor Stadium, Minggu (17/7/2022).

Ganda putri:

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Zhang Shu Xian/Zheng Yu (China): 21--14, 21--17

Ganda putra:

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin: 9--21, 21--14, 21--16

Tunggal putra:

Anthony Sinisuka Ginting vs Kodai Naraoka (Jepang): 23--21, 21--17

Infografis bulu tangkis. (Liputan6.com/Abdillah)

Doddy Ngotot Hak Perwalian Gala Sky

Haji Faisal Tak Habis Pikir Doddy Sudrajat Ngotot Incar Hak Perwalian Gala Sky di Pengadilan

Liputan6.com 2022-07-17 10:00:15
Haji Faisal membeberkan sejumlah alasan mengapa ia begitu sakit hati terhadap Doddy Sudrajat. (Foto: Dok. YouTube Cumicumi)

Pengadilan Tinggi Agama Jakarta menguatkan keputusan Pengadilan Agama Jakarta Barat terkait hak perwalian Gala Sky Andriansyah untuk Haji Faisal. Keputusan ini bikin Doddy Sudrajat yang mengajukan banding gigit jari.

Kuasa hukum Faisal, Wijayono Hadi Sukrisno, menyebut putusan ini terbit pada 14 Juli 2022, bertepatan dengan hari ulang tahun Gaka Sky. Andai Doddy Sudrajat menempuh kasasi, kubu Faisal siap meladeni.

Mertua Vanessa Angel bersyukur atas putusan Pengadilan Tinggi Agama Jakarta. Namun, di lubuk hatinya, Faisal tak habis pikir mengapa Doddy Sudrajat ngotot mengincar hak perwalian Gala Sky.

"Sedikit banyaknya saya juga pernah melontarkan, kadang enggak habis pikir juga saya kenapa harus sampai (ngotot) seperti itu, karena toh sampai saat ini pertumbuhan Gala tidak terganggu," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pertumbuhan Cucu

Haji Faisal menyampaikan ini dalam konferensi pers di Jakarta Barat, Sabtu (16/7/2022). Melansir dari video jumpa pers kanal YouTube Sambal Lalap, pada hari yang sama, Faisal mengklaim cucunya baik-baik saja.

"Pertumbuhan cucu ini, kan baik-baik saja. Jadi, rasanya enggak kekurangan kasih sayang. Perhatian (kita juga enggak kurang). Jadi apa alasan dia tuh bagi saya sih enggak (terlalu) jelas," Haji Faisal menambahkan.


Tak Pernah Menutup Akses

Lebih lanjut, ayah Fuji bilang tak pernah menutup akses Doddy Sudrajat untuk bertemu cucu. Hanya, pihak seberang kerap mencuap hal-hal yang kurang pas terkait keluarga Faisal termasuk Vanessa Angel yang telah mangkat.

"Saya sih tidak pernah menutup akses tetapi dengan pihak luar, yaitu pihak sebelah, yang kadang-kadang berbicara, baik tentang diri saya, tentang anak saya, tentang cucu saya, tentang menantu saya, banyak yang kurang tepat," bebernya.


Sangat Terluka Saya

Haji Faisal terang-terangan tak sudi tatap muka dan duduk bersama orang yang melontar kata-kata tidak patut maupun fitnah terkait keluarganya juga keluarga almarhum Bibi Andriansyah. Hatinya sudah luka.

"Oh ya, sangat terluka saya," Faisal menyambung. "Karena banyak hal yang seharusnya seorang kakek melindungi cucu. Harus membela seorang cucu. Tetapi ini seakan-akan menurut saya, itu dibiarkan begitu saja," ia mengakhiri.

Infografis Cinta Sehidup Semati Vanessa Angel - Bibi Andriansyah (Liputan6.com/Triyasni)

Jessica Iskandar Tertipu Rp 9,8 M

Jessica Iskandar dan Suami Jadi Korban Penipuan, Kerugian Capai Rp 9,8 Miliar

Liputan6.com 2022-07-14 20:30:00
Aktris Jessica Iskandar (tengah) dan Vincent Verhaag saat konferensi pers terkait kasus penipuan dan penggelapan investasi mobil di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis (14/7/2022). Pasangan Jessi

Jessica Iskandar dan suaminya Vincent Verhaag menjadi korban penipuan dengan modus bisnis penyewaan mobil. Dugaan penipu dilakukan oleh rekan bisnisnya sendiri bernama Christoper Stefanus Budianto (Stefan).

Kerena penipuan tersebut, Jedar begitu sapaan akrabnya mengalami kerugian yang cukup besar. Jika ditotal jumlahnya mencapai Rp 9,853 miliar. Masalah ini telah dilapor Jedar dan suami ke Polda Metro Jaya.

"Kami sudah membuat laporan pada 15 Juni 2022 lalu dan teregistrasi LP/B/2947/VI/2022/SPKT/POLDA METRO JAYA," kata Fikri Ghani tim kuasa hukum Jessica Iskandar di kawasan Menteng, Jakarta Pusat , Kamis (14/7/2022).

Total ada 11 mobil Jessica Iskandar yang digelapkan oleh Stefan. Hingga kini Jedar dan Vincent Verhaag tidak mengetahui dimana mobilnya berada.

"Total ada 11 mobil, Alphard 5 (unit), Porsche 2 (unit), Mercedes Class S 1 (unit), Hummer 1 (unit), Land Cruiser 1 (unit), Mini Cooper 1 (unit)," ujar Vincent Verhaag.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Curiga

Awalnya bisnis berjalan lancar, lama-kelamaan Jessica Iskandar menaruh curiga setelah uang tranferan yang dijanjikan tidak masuk ke rekeningnya. Apalagi saat ditanya Stefan selalu menyuruh Jessica Iskandr rutin mengecek rekeningnya

"Awal mula saya menyadari penipuan ketika Stefan mengkonfirm uang sudah ditransfer kepada saya ternyata saya cek tidak masuk dan saya cek soal transaksi lain kepada saya dan ternyata tidak pernah masuk ke rekening saya hanya ada beberapa di awal saja saat mobil Alphard dan Mini cooper," jelas Jessica Iskandar.


Disampaikan Teman

Sampai akhirnya salah seorang teman Jessica Iskandar yang juga mengenal Stefan menyampaikan bahwa rekan bisnisnya diduga melakukan penipuan. Dari situlah Stefan mulai sulit dihubungi.

"Sampai akhirnya ada kerabat kami, saya dan Steven bernama Mery yang ngasih tahu ke saya bahwa Steven ini menipu," tutur Jessica Iskandar.


Proses Hukum

Saat ini kasus penipuan sedang diselidiki oleh polisi. Beberapa orang sudah diperiksa penyidik untuk dimintai keterangan perihal kasus ini.

"Proses pemeriksaan dan pemamanggilan saksi saksi sudah dilakukan," kata Vincent Verhaag.

"Indonesia kan negara hukum, saya serahkan aja hukumnya ke kepolisian," harap Jessica Iskandar.

<p>Infografis Kronologi Baku Tembak Anak Buah Irjen Ferdy Sambo Versi Polisi. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Bulan Madu ke Inggris

Via Vallen dan Chevra Yolandi Ingin Bulan Madu ke Manchester, Inggris

Liputan6.com 2022-07-17 15:30:16
Gaun pengantin beraliran internasional rancangan Hian Tjen menutup resepsi pernikahan Via Vallen dan Chevra hari ke-4 yang disiarkan langsung di televisi

Via Vallen dan Chevra Yolandi telah resmi menjadi pasangan suami istri, setelah melangsungkan ijab kabul pada Jumat (15/7/2022). Chevra Yolandi mempersunting pelantun "Sayang" dengan maskawin uang sebesar 1507 Euro, emas seberat 157 gram serta seperangkat alat salat.

Terkait: Via Vallen & Chevra Yolandi, Sederet Selebriti Menikah dengan Anak Band

Rencanannya setelah rangkaian pernikahan mereka selesai digelar, Via Vallen dan Chevra Yolandi baru akan melangsungkan bulan madu. Keduanya memilih untuk menghabiskan waktu bersama sebagai pengantin baru di Manchester, Inggris.

Hal itu diketahui saat Inda Bekti sebagai pembawa acara menanyakan perihal bulan madu keduanya.

"Bukannya ada rencana bulan madu ke MU, Manchester United," tanya Indra Bekti.

"Ya, lihat saja nanti," Jawab Via.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Idolakan MU

Chevra Yolandi menjelaskan memilih Manchester sebagai tepat bulan madunya. Sebab wanita yang saat ini telah menjadi istrinya sangat menyukai tim sepak bola Manchester United (MU). Ditambah idolanya telah kembali lagi menjadi punggawa MU.

"Kenapa dia (Via Vallen) milih ke Manchester, ya, karena dia suka MU (klub sepak bola Manchester United) dari dulu," ujar Chevra.

"Kebetulan Ronaldo baru pindah, tuh, dan dia nge-fans banget sama Ronaldo," tambah Chevra.


Tak Sabar

Tak dipungkiri Via Vallen, dirinya sudah tidak sabar untuk menginjakan kaki ke kota Manchester, apalagi bisa menyaksikan tim sepak bola kesayangannya bertanding.

"Ngebet pengin ke situ," sahut Via.


Liga Dimulai

Namun untuk bisa menyaksikan MU bertanding, harus menunggu Liga Inggris kembali dimulai. Dengan begitu banyak pertandingan yang bakal digelar di Negeri Ratu Elisabeth.

"Rencananya nunggu pas liga mulai, jadi biar bisa nonton banyak pertandingan," kata Via Vallen.

Infografis Ibu Hamil Sudah Bisa Dapatkan Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Niman)

Nathalie Holscher dan Pria Ganteng Keturunan Arab

Nathalie Holscher Ditawari Umrah oleh Pria Ganteng Keturunan Arab, Warganet: Semoga Jodoh ama Bunda

Liputan6.com 2022-07-17 05:00:05
Nathalie Hotcsher ditawari umrah. (Foto: Tangkapan Layar IG @nathaliehocsher)

Kisah perjalanan rumah tangga Nathalie Holscher dan komedian Sule hingga kini masih jadi sorotan, terlebih usai dia melayangkan gugatan cerai atas suaminya Sule.

Setelah melayangkan gugatan cerai, Nathalie juga kerap membagi hal-hal yang menjadi perhatian banyak orang.

Terbaru, Nathalie mengunggah video yang berdurasi kurang lebih 3 menit melalui akun Istagram yang terverifikasi miliknya Sabtu (16/07/22) yang membuat heboh publik.

Video tersebut berisi percakapan dirinya dengan seorang pria ganteng yang wajah dan perawakannya diduga keturunan dari Timur Tengah.

Dalam video itu terlihat seorang pria bertanya kepada Nathalie perihal dirinya sudah pernah haji atau umrah.

"Ente udah haji atau umrah," tanya seorang pria dalam video yang diunggahnya tersebut.

Dengan rona muka yang berbinar-binar dan manja, Nathalie menjawab bahwa dirinya belum pernah pergi umrah dan haji.

"Belum, mau banget," jawab Nathalie.

"Umrah udah," tanyanya lagi

"belum," jawab Natalie

Lantas, pria tersebut menawarinya untuk pergi umrah, "Saya umrahin mau,".

Sontak pertanyaan pria tersebut disambut dengan riuh tawa dan tangisan bahagia oleh orang yang ada disekitar Nathalie.


Bikin Gemas Netizen

Atas video yang diunggah, akhirnya menuai komentar beragam dari warganet, termasuk dari Nelly Carey, teman duetnya di video tik tok yang diunggahnya.

"ALHAMDULILLAHHHHHHHH," tulis @nellycarey

"Allhamdullilah yy Allah ikut bahagia," tulis @heni_angg_1799.

Sementara warganet yang lain menyangka kalau Nathalie kini sudah mendapatkan jodoh lagi pengganti Sule.

"Akhamdulillahdpt jodoh lagi," tulis @erna4742.

"Oh mau yg ganteng gini buat ganti sule," tulis @albro_studio.

"Semoga jodoh ama bunda," sela @ani_aniya_89.

"Smoga jodoh aamiin yaa allah.. @kasifheer dan @nathalieholscher," timpal @mallialapohan_


Sosok Pria yang Tawari Nathalie Umrah

Berdasarkan komentar dari akun Instagram @mallialapohan diketahui bahwa sosok pria tersebut adalah adalah Ustadz Kasif Heer. hal tersebut ketika akun tersebut menautkan akun Instagram @kasifheer dalam komentarnya dan ternyata akun tersebut milik Ustadz Kasif Heer.

Melansir Instagram pribadinya, ia merupakan pengusaha travel haji dan umrah bernama Safaroh Travel. Ustadz Kasif Heer adalah seorang penceramah muda keturunan Arab. saat ini usianya baru mencapai 37 tahun.

Selin itu, Ustadz Kasif Heer diketahui merupakan pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Tahfidz dan Multimedia Asy-Syabab baru yang didirikan pada tahun 2021 lalu.

Ciri khas pesantrennya yang membedakan dengan pesantren pada umumnya ialah selain muatan agama juga disisipkan pembelajaran ilmu multimedia.

Penulis: Khazim Mahrur


Saksikan Video Pilihan Ini:

Putin Larang Pembayaran Kripto

Vladimir Putin Teken Undang-Undang yang Larang Pembayaran Kripto

Liputan6.com 2022-07-17 16:30:11
Presiden Rusia Vladimir Putin. (AFP)

Presiden Rusia Vladimir Putin telah menandatangani undang-undang yang melarang penggunaan aset digital, seperti cryptocurrency (kripto) dan non-fungible token (NFT), untuk membayar barang dan jasa.

Di samping itu, sebagaimana dicatat oleh Protokol, undang-undang baru tersebut juga mewajibkan pertukaran dan penyedia kripto untuk menolak transaksi di mana transfer digital dapat diartikan sebagai bentuk pembayaran.

"Dilarang untuk mentransfer atau menerima aset keuangan digital sebagai pertimbangan untuk barang yang ditransfer, pekerjaan yang dilakukan, layanan yang diberikan, serta dengan cara lain yang memungkinkan seseorang untuk menerima pembayaran barang (karya, layanan) oleh aset keuangan digital, kecuali ditentukan lain oleh undang-undang federal," bunyi undang-undang baru tersebut, seperti dikutip dari Engadget, Minggu (17/7/2022).

Seperti yang dilaporan New York Times awal tahun ini, otoritas Amerika Serikat (AS) meyakini beberapa perusahaan Rusia yang terkena sanksi terhadap negara mereka setelah invasi ke Ukraina dapat menggunakan kripto untuk menghindari batasan tersebut.

Nilai Bitcoin bahkan melonjak selama beberapa hari setelah invasi Rusia ke Ukraina dimulai pada bulan Februari 2022.

Kala itu, Bank Sentral Rusia menyerukan larangan langsung terhadap cryptocurrency. Namun, Kementerian Keuangan Rusia menentang gagasan tersebut karena percaya teknologi kripto akan berkembang.

Dalam waktu 10 hari ke depan, undang-undang itu akan berlaku dan akan membuat pembayaran dengan kripto ilegal di Rusia. Namun, menurut Decrypt, orang Rusia masih dapat berinvestasi dalam cryptocurrency seperti Bitcoin dan mungkin terus menambangnya.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Investasi Modal Ventura di Perusahaan Kripto Merosot 26 Persen pada Semester I 2022

Di sisi lain, investasi modal ventura (VC) di perusahaan kripto turun 26 persen pada semester I 2022. Hal itu didorong sejumlah faktor mulai dari koreksi harga kripto hingga perusahaan kripto yang bermasalah.

Mengutip Coindesk, ditulis Minggu (17/7/2022), faktor yang membayangi penurunan investasi modal ventura di perusahaan kripto antara lain penurunan harga kripto, runtuhnya stablecoin terraUSD dan krisis likuiditas yang dihadapi oleh pemberi pinjaman crypto Celsius dan hedge fund Three Arrows Capital.

Investasi di perusahaan kripto mencapai USD 9,3 miliar selama semester pertama 2022 atau sekitar Rp 139,49 triliun (asumsi kurs Rp 14.999 per dolar AS). Investasi ini turun dari periode sama tahun sebelumnya USD 12,5 miliar atau sekitar Rp 187,48 triliun, berdasarkan data Crunchbase.

Namun, dari alur transaksi cenderung meningkat year over year (yoy) dari 456 transaksi menjadi 534 transaksi. Ini menunjukkan ukuran transaksi lebih kecil membantu mendorong investasi keseluruhan yang lebih rendah.

Pada kuartal II 2022, tercatat kesepakatan mencapai lebih dari USD 4,2 miliar atau sekitar Rp 62,99 triliun. Kesepakatan ini dinilai mendatar dibandingkan periode sama tahun lalu dan hanya turun USD 1 miliar pada kuartal I 2022.

Berdasarkan GlobalData, investasi modal ventura turun di beberapa industri karena pasar bearish atau menurun secara global. Kesepakatan modal ventura di Amerika Serikat turun 22 persen dari tahun ke tahun menjadi USD 123,1 miliar atau sekitar Rp 1.846 triliun pada semester I 2022.

Investasi kripto hadapi perbandingan sangat sulit karena kekuatannya tahun lalu yang mencakup rekor investasi USD 6,1 miliar atau sekitar Rp 91,49 triliun selama kuartal IV 2021.

Di sisi lain, penarikan lebih luas tidak menghentikan Andreessen Horowitz untuk meluncurkan dana kripto senilai USD 4,5 miliar atau sekitar Rp 67,49 triliun dan pecahkan rekor pada Mei 2022.


Perusahaan Kripto Celsius Ungkap Defisit saat Ajukan Kebangkrutan

Sebelumnya, Celsius Network mencatat defisit USD 1,19 miliar atau sekitar Rp 17,86 triliun (asumsi kurs Rp 15.010 per dolar AS) pada neraca dalam pengajuan pengadilan kebangkrutan pada Kamis, 14 Juli 2022, sehari setelah pemberi pinjaman cryptocurrency mengajukan bagian 11.

Celsius yang berbasis di New Jersey membekukan penarikan bulan lalu, mengutip kondisi pasar ekstrem, memotong akses ke tabungan untuk investor individu dan mengirimkan getaran melalui pasar kripto.

Dalam pengajuan di Pengadilan Kepailitan AS untuk Distrik Selatan New York pada Kamis, Celsius juga mengatakan memiliki USD 40 juta atau Rp 601 miliar dalam klaim terhadap Three Arrows Capital yang berbasis di Singapura, dana lindung nilai kripto yang mengajukan kebangkrutan awal bulan ini.

Sedangkan, pada 13 Juli, Crypto memiliki sekitar 23.000 pinjaman kepada peminjam ritel dengan total USD 411 juta atau Rp 6 triliun yang didukung oleh jaminan dengan nilai pasar USD 765,5 juta atau Rp 11 triliun dalam aset digital, tambahnya.

Pemberi pinjaman Kripto berkembang pesat selama pandemi COVID-19, menarik deposan dengan suku bunga tinggi dan akses mudah ke pinjaman yang jarang ditawarkan oleh bank tradisional.

Mereka meminjamkan token kepada sebagian besar investor institusional, menghasilkan keuntungan dari perbedaan tersebut.

Namun, model bisnis pemberi pinjaman berada di bawah pengawasan setelah aksi jual pasar crypto yang tajam didorong oleh runtuhnya token utama terra USD dan luna pada Mei.

Pemberi pinjaman kripto AS lainnya, Voyager Digital Ltd, mengajukan kebangkrutan bulan ini setelah menangguhkan penarikan dan penyetoran. Sementara itu, Vault Singapura, pemberi pinjaman yang lebih kecil, juga membekukan penarikan bulan ini.


Harga Kripto Minggu Pagi 17 Juli 2022

Sebelumnya, memasuki akhir pekan ketiga Juli 2022, harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang seragam pada perdagangan Minggu, 17 Juli 2022. Pergerakan harga pasar kripto berhasil menguat dan bertengger di zona hijau.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Minggu (17/7/2022) pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) menguat tipis 1,26 persen dalam 24 jam, tetapi melemah 2,41 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 21.192 per koin atau setara Rp 317,8 juta (asumsi kurs Rp 14.996 per dolar AS).

Ethereum (ETH) juga berhasil meroket pagi ini. Selama 24 jam terakhir, ETH naik 7,39 persen dan 9,90 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.344 per koin.

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) berhasil bertahan di zona hijau. Dalam 24 jam terakhir BNB menguat 4,27 persen dan 2,24 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 249,47 per koin.


INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)

 

Garut Darurat Bencana

32 Desa Terdampak Banjir, Garut Tetapkan Tanggap Darurat Bencana 2 Pekan

Liputan6.com 2022-07-17 05:00:03
Banjir bandang di Garut, Jawa Barat. (Foto: Liputan6.com/Jayadi Supriyadin)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat menetapkan status masa tanggap darurat bencana banjir dan longsor selama dua pekan ke depan, sejak 16 - 29 Juli 2022, mendatang.

Tercatat sekitar 14 kecamatan ikut terdampak musibah bencana banjir dan longsor. "Langsung dua minggu ya, setelah itu ada rehab rekon," ujar Wabup Garut Helmi Budiman, di Aula BPBD, Sabtu (16/7/2022).

Menurut Helmi, masa tanggap darurat bencana banjir dan longsor yang terjadi sejak Jumat malam, memperhitungkan besarnya dampak yang diakibatkan musibah itu bagi masyarakat.

Selama masa tanggap darurat berlangsung, pemda Garut bakal melakukan evakuasi, termasuk menghitung besaran biaya yang harus disiapkan pemda Garut untuk melakukan perbaikan.

"Makanya tadi untuk pengusulan juga kita pisahkan, untuk tanggap darurat berapa untuk rehab rekonnya berapa," kata dia.

Selain fokus evakuasi korban, Pemda Garut tengah menghitung secara valid data kerusakan dan kerugian bagi masyarakat, yang ditimbulkan musibah banjir bandang hingga longsor itu.

"Data dari kecamatan, yang tentu ini adalah data dari desa, RT, RW kemudian juga diverifikasi oleh BPBD," ujar dia.

Kemudian, selama masa darurat bencana berlangsung, seluruh biaya perawatan bagi para penyintas atau warga terdampak bencana bakal ditanggung pemerintah.

"Jadi kita sekarang ada pentahelix, semua terlibat di dalam penanggulangan termasuk penanggulangan bencana ini," pinta dia.


Daftar 14 Kecamatan Terdampak Banjir

Berdasarkan data BPBD Garut mencatat, sebanyak 32 desa dan kelurahan dari 14 kecamatan terdampak bencana banjir dan longsor. Rinciannya, Kecamatan Cikajang, Garut Kota, Tarogong Kidul, Bayongbong, Karangpawitan, Banyuresmi, Cilawu, Cibatu, Banjarwangi, Talegong, Pasirwangi, Tarogong Kaler, Samarang, dan Kecamatan Cigedug.

Kepala Pelaksana BPBD Jawa Barat, Dani Ramdan mengatakan saat ini wilayah perairan Indonesia khususnya Jawa Barat masih dalam kondisi la nina, dimana kondisi suhu di laut menjadi naik.

Tak ayal tidka hanya Garut, tapi beberapa daerah di Jawa Barat ikut merasakan dampak perubahan lingkungan itu.

"Dampaknya Depok, melaporkan ada terjadi banjir genangan dan kota bekasi, di Kabupaten Bekasi ada satu kecamatan, tapi memang itu rutin terjadi, tetapi ya artinya hujan cukup besar," kata dia.

Menurutnya, bencana kali sedikit kendala karena siaga darurat hidrometeorologi sudah berakhir sehingga posko bencana sudah selesai.

"Alhamdulilah di Garut tidak terjadi korban artinya evakuasi masih sesuai prosedur," ujar dia.

Benetapa kebutuhan yang cukup mendesak bagi warga terdampak bencana banjir dan longsor di Garut antara lain, obat-obatan, sembako, makanan bayi, air mineral, perlengkapan bayi, diapers bayi, diapers lansia, alat kebersihan, matras/karpet, dan selimut.


Saksikan Video Pilihan Ini:

MyPertamina Tuai Sorotan

Journal: MyPertamina Tuai Sorotan, Apa yang Harus Dibenahi?

Liputan6.com 2022-07-18 00:05:44
MyPertamina Tuai Soratan, Apa yang Harus Dibenahi? (Liputan6.com/Abdillah)

Hendri, bukan nama sebenarnya, mengaku telah melakukan uji coba pendaftaran MyPertamina agar kendaraan miliknya dapat menerima Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi dari pemerintah. Pendaftarannya dilakukan melalui aplikasi MyPertamina pada 8 Juli 2022 atau sekitar sembilan hari yang lalu.

Menurut warga Yogyakarta itu, dalam melakukan pendaftaran dan memasukkan sejumlah dokumen yang dibutuhkan tidak memakan waktu lama. Penjelasan mengenai tahapan pendaftaran juga cukup dimengerti. Hendri mengaku tidak mengalami kendala yang berarti.

"Selama prosesnya tidak ada kendala dan contoh yang diberikan juga cukup jelas, jadi arahan dan petunjuk dari aplikasinya itu cukup jelas, jadi nggak membuat saya browsing lagi atau nanya ke orang lain karena sudah cukup jelas," kata Hendri kepada Liputan6.com.

Setelah mendaftarkan jenis kendaraannya selang tujuh hari kemudian Hendri telah mendapatkan QR code untuk ditunjukkan kepada petugas SPBU saat mengisi BBM.

Namun, hal berbeda dialami Juswanda. Dia mengaku kebingungan jika mendaftarkan sendiri melalui aplikasi. Maka itu, warga Tasikmalaya ini melakukan pendaftaran di posko SPBU yang disediakan.

Seperti juga Hendri, Juswanda melakukan pendaftaran kendaraan miliknya untuk mempermudah mendapatkan BBM subsidi ke depannya.

Sebagai driver online, Juswanda mengaku keberatan jika harus membeli BBM non subsidi setiap harinya. "Tadi hanya bawa KTP, STNK sama unit mobilnya. Selebihnya dibantu sama petugas posko," kata dia kepada Liputan6.com.

Bersama Juswanda, sejumlah warga juga mendatangi posko pendaftaran di salah satu SPBU di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Posko tersebut menyediakan dua meja untuk warga yang bingung atau tidak mengerti pendaftaran melalui website ataupun aplikasi MyPertamina.

Petugas disediakan untuk membantu mendaftarkan dan pemilik kendaraan telah membawa sejumlah dokumen yang dibutuhkan. Salah satunya, meminta pemilik menunjukkan kendaraannya untuk difoto sebagai salah satu syaratnya.

<p>Infografis Journal 8 Aplikasi Milik Pemerintah yang Membantu Berikan Informasi. (Liputan6.com/Trie Yasnie).</p>

Pertamina melalui anak usaha Pertamina Patra Niaga memang akan mewajibkan konsumen BBM jenis Pertalite dan Solar melakukan pendaftaran di situs MyPertamina lebih dulu untuk bisa membeli BBM subsidi tersebut. Pendaftaran sendiri dimulai pada 1 Juli 2022.

Sejumlah kota yang melakukan ujicoba pendaftaran MyPertamina yaitu Kota Bandung, Kota Ciamis, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Padang Panjang, Kabupaten Bukittinggi, Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, Kota Banjarmasin, Kota Manado, Kabupaten Cilacap, Kota Yogyakarta, Kota Surakarta, dan Kota Semarang.


Fokus Pendataan Kendaraan Calon Penerima BBM Subsidi

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menyatakan saat ini pihaknya masih proses melakukan pendataan sebagai upaya untuk memastikan penyaluran BBM subsidi tepat sasaran.

Pendataan itu dilakukan dengan tiga proses, yakni melalui website subsiditepat.mypertamina.id, lalu melalui aplikasi MyPertamina dan ketiga yaitu pendaftaran secara fisik atau offline yang disiapkan di SPBU.

Menurut dia, antusiasme masyarakat juga cukup tinggi. Berdasarkan data tanggal 14 Juli 2022, Irto menyatakan ada 110ribu yang telah mendaftarkan diri. Untuk pengaturan subsidi pemerintah telah menetapkan sebanyak 23 juta KL untuk pertalite dan 15 juta KL solar per tahun.

"Sementara, sebagai gambaran ini baru pertengahan tahun Juni kita sudah mengalami peningkatan persentasenya sebesar 62 persen untuk pertalite, sementara untuk solar 50 persen. Kalau hitung-hitungan kasarnya, kalau dikali dua saja hingga akhir tahun, pasti sudah melebihi 100 persen," kata Irto kepada Liputan6.com.

Dia melanjutkan, "Artinya kuota itu akan over, bila kita tidak atur. Nah, kita kan tidak mau ya terjadi hal seperti Sri Lanka misalkan ya."

Dia menjelaskan, hal tersebut yang mengakibatkan adanya pengaturan subsidi BBM. Lanjut Irto, berdasarkan data dari Kementerian Keuangan 80persen subsidi BBM itu dinikmati oleh masyarakat atau 60 masyarakat terkaya. Kemudian 20persej subsidi BBM hanya dinikmati 40 persen masyarakat terbawah, miskin maupun yang rentan miskin.

Irto juga menyatakan bersama pemerintah saat ini tengah mempersiapkan revisi Perpres Nomor 192 tahun 2014. Sebab dalam aturan tersebut penerima subsidi pertalite belum ditentukan.

"Saya juga belum bisa memberikan pengumuman karena masih menunggu revisi Perpres tersebut ditandatangani gitu ya. Secara resmi bertanda tangan mengenai kriteria kendaraan yang boleh mendapatkan BBM Pertalite subsidi itu belum ada," ucap dia.

Permudah Masyarakat

Selain itu, Irto menegaskan, pihaknya saat ini terus mengupayakan untuk mempermudah masyarakat dalam pendataan. Sebab menurut dia banyak masyarakat yang mengira jika penyaluran subsidi BBM hanya diberikan kepada masyarakat yang memiliki gadget. Yakni dengan mendatangi SPBU terdekat.

"Ini tujuan untuk mempermudah. Ketika masyarakat sudah mendapatkan QR Code dan sudah dicocokan dengan data kendaraannya dan telah mendapatkan QR code-nya, kita juga telah mempermudah ketika masyarakat kemarin masih mempeributkan masalah penggunaan gadget di SPBU, QR code tersebut bisa diprint atau dilaminating lah supaya tidak luntur gitu ya. Tidak usah terlalu besar, cukup kecil saja," ujar dia.

QR code, kata dia melekat pada kendaraan bukan pemiliknya atau pengemudinya. Sebab barcode itulah yang nantinya discan oleh pihak SPBU untuk mengetahui bahwa mobil tersebut layak menerima BBM subsidi.

"Proses scan QR code menggunakan handpone dilakukan saat sebelum proses pengisian BBM pada kendaraan. Atau nanti bisa dilakukan pada saat pembayaran setelah mengisi BBM pada kendaraan. Jadi, kita memitigasi risiko itu untuk keamanan masyarakat. Saya titip pesan, bahwa sejak isu ini bergulir selama kurang lebih dua minggu, berbagai hoax itu sudah cukup banyak di masyarakat," Irto menandaskan.


Masalah di Faktor Pengunci

Direktur Eksekutif ReforMiner Institute, Komaidi Notonegoro menyatakan hal yang dilakukan Pertamina masih merupakan langkah awal untuk penyaluran tepat sasaran. Kata dia, fokus saat ini yaitu pendataan calon penerima subsidi atau penerima QR code untuk pengisian BBM di SPBU.

Komaidi menyatakan, berdasarkan APBN 2022, kuota untuk Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) telah ditetapkan sebesar 24,3 juta kilo liter. Atau angka tersebut harus mencukupi selama setahun. Sedangkan data dari pemerintah dan Pertamina menetapkan kebutuhan mencapai 28-30 juta kilo liter.

"Konteksnya, kemudian pertamina kan harus menjaga yang ada sekitar 23 juta tadi cukup sampai dengan akhir tahun. Kalau dibuka mekanismenya sampai sekarang, itu mungkin hanya akan sampai Oktober karena habis," kata Komaidi kepada Liputan6.com..

Dia menambahkan, "Jadi, konteks mengaturnya itu adalah kalau dari sisi pertamina yaitu mengupayakan bagaimana 23 juta kilo liter yang diamanatkan pemerintah kepada mereka untuk didistribusikan kemudian cukup sampai dengan akhir tahun."

Komaidi menjelaskan, ketika data yang dibutuhkan untuk penerima subsidi telah terkumpul pelaksanaan penyaluran BBM subsidi dapat terealisasi. Sedangkan saat ini semua pihak bisa mendaftarkan diri dan nantinya akan dilakukan verifikasi.

"Kalau yang sekarang ini yang menjadi masalah ada pada faktor penguncinya ini, terdapat pada siapa-siapa yang berhak, yang basisnya apa, kalau mobil yang jenis apa, masyarakatnya dengan pendapatan berapa. Saya kira itu adalah pendataan yang paling krusial untuk dilalui di dalam proses ini," ucap dia.

Saat ini, kata Komaidi, ketentuan tersebut belum diputuskan oleh pemerintah, Pertamina dan sejumlah instansi lainnya. Dia juga menyarankan jika aplikasi MyPertamina merupakan salah satu instrumen dalam pelaksanaan penyaluran BBM subsidi.

"Saya melihatnya ada sesuatu yang terlewat untuk dikomunikasikan oleh teman-teman di Pertamina. Jadi, seolah-olah hal ini untuk mengkomunikasikan programnya pertamina, yaitu my Pertamina. Padahal, MyPertamina sebelum ada program ini kan sudah ada. Aplikasi tersebut sebagai loyalty program," ujar dia.

"Perusahaan-perusahaan lain sebenarnya juga punya, seperti shell dan lain lain. Mereka memiliki program tersendiri dan hanya berbeda instrumen. Akhirnya, fasilitas adanya aplikasi tersebut digunakan sebagai salah satu instrumen untuk mendata subsidi tepat sasaran," dia menandaskan.

Diunduh 5 Juta Kali

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Minggu (17/7/2022), aplikasi tersebut kini sudah diunduh lebih dari 5 juta kali. Namun, ulasan aplikasi besutan Pertamina tersebut ternyata tidak terlalu bagus.

Hingga berita ini ditayangkan, ada sekitar 280 ribu ulasan mengenai aplikasi ini dan kebanyakan dari pengguna memberikan rating bintang 1. Akibatnya, rating aplikasi MyPertamina secara keseluruhan kini hanya 1,2.

Dari beberapa ulasan bintang 1, banyak dari mereka mengeluhkan aplikasi ini ternyata tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Salah satu yang kerap dikeluhkan masyarakat adalah aplikasi ini kerap mengalami crash.

"Sudah mendaftar. Selalu crash dan menutup sendiri ketika coba dibuka," tulis salah satu pengguna yang memberikan ulasannya di kolom review aplikasi MyPertamina.

Lalu, ada pengguna lain yang menuliskan, "Crash ketika loading untuk pertama kali". Selain itu, ada pula beberapa pengguna yang mengeluhkan tidak bisa mendaftar.

"Tidak bisa mendaftar. Masalah server katanya," tulis salah seorang pengguna di Playstore. Ada pula yang menyebut mereka tidak bisa login di aplikasi, meski sudah berhasil melakukan pendaftaran.


Banyak Hal Perlu Disoroti

Pengamat Keamanan Siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya menyatakan banyak hal yang perlu disoroti dari kebijakan penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi melalui aplikasi MyPertamina ini.

Menurut dia kebijakan tersebut terkesan buru-buru dan tidak memiliki parameter yang tidak jelas. Yakni dari kebijakan pembatasan tersebut belum dilakukan secara jelas dan terperinci. Misalnya dari jenis kendaraan, tahun keluar kendaraan, hingga model yang akan dilakukan pembatasan.

"Kendaraan pribadi itu ada yang menengah ke atas menengah ke bawah, mereka tidak bisa membatasinya, 60 liter itu kebutuhan mobil-mobil tersebut dalam sehari. Jadi itulah hal mendasar yang harus diperbaiki terlebih dahulu," kata Alfons kepada Liputan6.com..

Alfons menjelaskan, "Pemerintah juga belum mengeluarkan, mobil ini, jenis ini, tahun ini, cc-nya berapa, kendaraan ini boleh dan yang ini tidak boleh. Kalau kriteria-kriteria tersebut sudah ada, barulah tepat untuk membuat aplikasinya."

Kemudian kata dia, permasalahan selanjutnya mengenai data yang digunakan dalam pendaftaran tersebut. Seperti halnya data kependudukan yang sudah ada di Dinas Kependudukan setiap daerah. Kemudian Data kendaraan juga sudah ada di kantor Samsat.

"Sebenarnya aplikasi ini hanya perlu menggunakan Aplication Programming Interface lalu dihubungkan ke Dukcapil dan Samsat, lalu ambil saja parameter yang dibutuhkan. Setelah itu akan muncul kriteria-kriteria kendaraan yang boleh dan tidak boleh mendapatkan BBM subsidi. Sebenarnya semudah itu saja untuk mendapatkan QR code," ucap dia.

"Jadi, sebenarnya tanpa handphone pun dengan QR code itu ditempelkan saja di kendaraan dalam bentuk stiker dan itu bisa saja dilakukan, sesimpel apa? Itu dapat dilakukan sewaktu perpanjang STNK saja," sambung Alfons.

<p>Infografis Journal Subsidi BBM Untuk Pendaftaran di MyPertamina Timbulkan Masalah. (Liputan6.com/Trie Yasni).</p>

Menurut Alfons, nantinya hal tersebut tidak akan bergantung pada network dan mengantisipasi adanya antrean panjang di SPBU, network yang bermasalah, hingga faktor X lainnya yang harus dipertimbangkan.

Kemudian Alfons juga menyoroti mengenai banyaknya data atau dokumen yang diperlukan saat pendaftaran melalui aplikasi ataupun website milik Pertamina. Menurut dia hal tersebut dapat memicu adanya kebobolan data. Apalagi lanjut dia, Menteri Keuangan Sri Mulyani sempat menyatakan bila terdapat 24 ribu aplikasi di instansi pemerintah dan aplikasi tersebut mengelola 2.700 data base.

Lalu untuk pembuatan aplikasi rata-rata pembiayaan produksinya sangat mahal, bahkan sampai mencapai Rp1 miliar. Alfons mengaku pesimis jika pemerintah dapat menyediakan super apps yang dapat menampung ribuan aplikasi milik instasi pemerintah.

"Jadi, mereka mungkin membuat satu cloudser government, mungkin itu yang dimaksudkan. Nah, jadi yang perlu kita soroti adalah harusnya bukan cuma Kominfo yang bekerja, malah harusnya jika Ibu Sri sudah mengatakan yang seperti itu, harusnya yang bergerak adalah BPK, lembaga audit. 24.000 aplikasi dan Rp 24 triliun rupiah ini dipertanggungjawabkan, bagaimana? Dasar membuatnya apa? Hasilnya apa? Manfaatnya apa? Apakah benar-benar untuk melayani masyarakat dan bermanfaat, ataukah untuk menggunakan budget dan anggaran saja?" ujar dia.


Kritikan Dokumen yang Diperlukan

Selanjutnya dia juga menyoroti mengenai kemampuan aplikasi MyPertamina yang nantinya akan diunduh dan digunakan oleh jutaan masyarakat. Dan sebuah aplikasi dengan pengguna banyak membutuhkan kurva pembelajaran atau learning curve yang cukup besar.

"Kamu butuh server yang luar biasa, perlu back up-nya, perlu bandwith-nya. Bandwidth antara 1.000 orang dengan 10.000 orang itu berbeda, untuk redudansinya. Jadi, hal itu masih panjang perjalanan dan learning curvenya. Maka, saya bilang, kalau tiga bulan itu luar biasa. Satu tahun lah, kalau memang dikerjakan dengan serius," paparnya.

Alfons juga meminta pihak Pertamina dapat belajar dari aplikasi PeduliLindungi yang telah berjalan cukup baik selama dua tahun terakhir. Menurut dia, aplikasi tersebut melakukan persiapan selama 1-2 tahun dengan segala perbaikan yang cukup bagus dan akhirnya dapat dinikmati oleh masyarakat.

"Pada dasarnya, data base yang dibutuhkan sebagian besar itu sudah siap. Misalnya, data perorangan itu bisa didapatkan dari Dukcapil, lalu data kendaraan bisa didapat dari Samsat. Sebenarnya, MyPertamina ini tinggal bekerjasama dengan Dukcapil dan Dukcapil banyak bekerjasama dengan institusi lainnya," dia menandaskan.

Alur Langkah Pendafataran Bikin Bingung

Sementara itu, pakar telematika Abimanyu Wachjoewidajat angkat bicara tentang pengalaman pemakaian aplikasi MyPertamina di akun TikTok-nya @abwach. Founder dan Director di Inovassi Mitra Solusindo itu mengatakan pengguna tidak diberitahukan secara detail terkait tahapan pendaftaraan baru.

"Pengguna diminta untuk mempersiapkan dokumen dan foto kendaraan saat proses pendaftaran pengguna baru, tapi tidak dijelaskan dokumen apa saja yang diminta," kata Abimanyu.

Saat diklik tombol daftar, muncul tab pesan dimana pengguna aplikasi MyPertamina harus menyiapkan sejumlah dokumen indentitas diri dan foto mobil tampak samping, roda, nomor polisi, dan NPWP.

"Tambahan seperti foto mobil yang menampilkan bodi samping, roda, nopol, dan NPWP seharusnya disebut dari awal sebelum masuk, sehingga masyarakat tidak bolak-balik lihat persyaratan," ucapnya.

Abimanyu pun mengkritisi alur langkah pendaftaran yang terkesan membuat bingung penggunanya.

Setelah pengguna mempersiapkan semua dokumen dan foto yang diinginkan, mereka akan kembali masuk ke MyPertamina dan akan dihadapkan dengan laman pemberitahuan wilayah prioritas.

"Usai masuk, masyarakat akan dihadapkan daftar kota mana saja yang saat ini menjadi prioritas. Kenapa ini munculnya belakangan, bukan diawal?" ucapnya.

"Bila warga yang daftar tidak tinggal di area prioritas untuk apa mendaftar, kenapa laman ini tidak dimunculkan dari awal saja?" ujarnya.

<p>Infografis Journal_Fakta Uji Coba MyPertamina Untuk Penyaluran BBM Subsidi (Liputan6.com/Abdillah)</p>