Keluarga Menduga Brigadir Yoshua Dibunuh

Kuasa Hukum Duga Brigadir Yoshua Tewas Dianiaya Beberapa Orang

Liputan6.com 2022-07-18 17:05:43
Ilustrasi Kasus. (Freepik/Rawpixel.com)

Kuasa Hukum Keluarga Brigadir Yoshua, Kamarudin Simanjuntak resmi melaporkan kasus dugaan pembunuhan berencana dalam insiden adu tembak anak buah Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo.

Salah satu yang diangkat adalah terkait dugaan adanya penganiayaan terhadap almarhum oleh beberapa orang sebelum tewas.

"Adapun yang jadi pelapor adalah kuasa hukum daripada keluarga almarhum, dengan terlapor dalam lidik. Karena kita nggak mau buat laporan sebagai terlapor adalah Bharada E, karena menurut perhitungan kami berdasarkan fakta-fakta hampir tidak mungkin yang bersangkutan melakukan ini, atau setidak-tidaknya menurut perkiraan kami, ada terdiri dari beberapa orang," tutur Kamarudin di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (18/7/2022).

"Bukan hanya satu orang, bisa lebih dua atau tiga orang, karena ada yang berperan mengenakan pistol, berperan memukul, ada yang berperan melukai dengan senjata tajam, bahkan mungkin dengan sangkur, atau dengan laras panjang," sambung dia.

Menurut Kamarudin, dengan banyaknya luka, yang diderita Yoshua yang sebelumnya disebut sebagai Brigadir J, maka pihaknya sangat yakin kasus tersebut merupakan tindak pidana pembunuhan berencana.

"Kenapa pembunuhan berencana, karena begini, penjelasan dari Karo Penmas Polri adalah tembak menembak atau satu orang dengan menembak tujuh peluru yang menembakinya adalah sniper tapi tidak kena, tetapi yang tembak balik yang dari Bharada E tembakannya lima kali yang menghasilkan tujuh lubang, ini ajaib. Harus diperiksa ini senjata apa ini," jelas Kamaruddin.


Tak Logis

Selain itu, lanjut Kamaruddin, Polri tidak menjelaskan dengan masuk akal terkait luka sayatan hingga luka memar yang ada di tubuh Brigadir Yoshua. Kemudian, ada luka diduga hasil pukulan senjata api laras panjang yang ditemukan di rahang, bahkan pundaknya tidak lagi kokoh, berbeda dengan yang sebelah kiri.

"Engselnya sudah berpindah, sudah tidak kokoh lagi, beda dengan yang sebelah kiri. Engselnya sudah berpindah, giginya sudah berantakan. Kemudian di berbagai tempat ada sayatan-sayatan termasuk di bibir, hidung, mata dua sayatan, dan di belakang telinga sejengkal, kemudian di tangan, jari, sampai kaki. Kami belum tahu bagimana di dalam celana dalamnya. Kami enggak tahu ada sayatan atau tidak, atau sudah hilang, kami nggak paham. Jadi, demikian juga organ-organ lainnya, maka kami meminta divisum et repertum ulang dan autopsi ulang untuk mengetahui sebab-sebab kematian daripada almarhum ini," Kamarudin menandaskan.


Ponsel Brigadir J Tak Ditemukan

Sebelumnya, dalam pelaporan mengenai kasus dugaan pembunuhan berencana tersebut, Pada kesempatan itu, diangkat pula soal hilangnya ponsel milik mendiang Brigadir Yoshua.

"Yang kita laporkan itu ada tiga handphone atau empat itu belum ditemukan, kemudian peretasan itu ada menyadap handphone orangtua almarhum, ayah ibunya berikut dengan kakak adiknya," tutur kuasa hukum keluarga Brigadir Yoshua, Kamarudin Simanjuntak, di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (18/7/2022).

Diketahui, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) sudah menemui keluarga almarhum Brigadir Yoshua atau J di Jambi, dalam rangka mengumpulkan berbagai informasi dan keterangan terkait kasus adu tembak anak buah Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo.


Dapat Banyak Info

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam menyampaikan, pihaknya telah mendapatkan banyak informasi, keterangan, serta dokumentasi yang terkait dengan kasus meninggalnya Brigadir J atau Yoshua.

"Komnas HAM sejak kemarin berada di Jambi ketemu sama pihak keluarga. Nah kami diberikan banyak keterangan, kami diberikan banyak foto, kami diberikan banyak video, dan yang paling penting dalam konteks itu adalah kami diberikan konteks. Kami ucapkan terima kasih kepada pihak keluarga yang telah menerima Komnas HAM, terus memberikan keterangan, memberikan berbagai hal yang kami sebutkan," tutur Anam dalam video yang diterima Liputan6.com, Minggu (17/7/2022).

"Apa yang didapatkan Komnas HAM dalam proses ini, tentu saja Komnas HAM dapat lebih banyak dari apa yang beredar di publik, khususnya soal foto dan soal video," sambungnya.

<p>Infografis Pembentukan Tim Khusus Usut Baku Tembak Anak Buah Irjen Ferdy Sambo. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

H. Faisal Siap Damai dengan Syarat

H. Faisal Siap Damai dengan Doddy Sudrajat Setelah Sekian Lama Berseteru, Tapi Ada Syaratnya

Liputan6.com 2022-07-18 16:00:34
Vanessa Angel - H. Faisal (Foto: Instagram/@h_faisal_69)

Perseteruan antara H. Faisal dan Doddy Sudrajat belum juga menemui titik terang. Namun di luar itu, H. Faisal sejatinya sudah membuka pintu damai kepada Doddy Sudrajat.

Ia tak mau masalah ini terus berlarut-larut. Apalagi, semakin lama Gala Sky Andriansyah, putra semata wayang mendiang Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah, akan semakin tumbuh dan mulai memahami apa yang terjadi.

Oleh karenanya, pihak H. Faisal mau saja mengakhiri masalah ini dengan Doddy Sudrajat.

"Bagi saya dan keluarga saya, dari jauh-jauh hari sudah saya sampaikan bahwa kami selalu buka pintu perdamaian," kata H. Faisal dilansir dari tayangan YouTube Sambel Lalap pada Senin (18/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Klarifikasi kepada Publik

Namun sebelum berdamai, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh Doddy Sudrajat. Salah satunya adalah melakukan klarifikasi secara terbuka kepada publik atas apa yang selama ini ia sampaikan. Salah satunya adalah mengenai Gala Sky yang pernah disebutnya sebagai anak di luar pernikahan.

"Tetapi semua yang dilempar ke publik, omongan-omongan, itu harus diklarifikasi, artinya harus ada pertanggung jawaban. Tentu harus ada juga kalau salah minta maaf," kata H. Faisal.


Tegas

Dengan tegas, H. Faisal menyatakan bahwa ia tak bisa berdamai dengan Doddy Sudrajat sebelum syarat itu dipenuhi.

"Kalau belum ada klarifikasi, belum ada penjelasan, saya belum bisa duduk bersama dan ngobrol bersama," sambungnya.


Mediasi Tak Berhasil

Sementara itu, kuasa hukum H. Faisal yaitu Sandy Arifin juga menyampaikan bahwa pihaknya sudah beberapa kali mengupayakan perdamaian tersebut. Namun hingga kini Doddy Sudrajat juga tak menunjukkan itikad baik.

"Karena kan dari awal proses pengadilan beberapa kali diupayakan mediasi, tidak berhasil. Di luar juga kita tetap mencoba, tapi pada kenyataannya tetap ada berita-berita yang tidak baik," kata Sandy Arifin.

"Saya garis bawahi, saya siap berdamai, yang penting klarifikasi lah semua ucapan, klarifikasi perkataan itu. Kalau benar katakan benar, kalau salah minta maaf, kalau sudah jelas duduk permasalahannya seperti itu, semua itu clear," timpal H. Faisal seraya menutup.

Infografis Cinta Sehidup Semati Vanessa Angel - Bibi Andriansyah (Liputan6.com/Triyasni)

Medina Zein Tersangka, Ibunda Mengaku Bangkrut

Ibunda Medina Zein Ngaku Jatuh Miskin Setelah Putrinya Jadi Tersangka

Liputan6.com 2022-07-18 15:00:32
Medina Zein kenakan rompi tahanan (sumber YouTube Intens Investigasi)

Selebgram sekaligus pengusaha Medina Zein ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan selama 20 hari setelah dilaporkan oleh dua korbannya, yakni Uci Flowdea dan Marrisya Icha.

Nyonya Lukman Azhari dijerat Undang-Undang ITE terkait dugaan pencemaran nama baik dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun penjara. Selama ditahan, ia tak diperlakukan istimewa.

Kini, ibunda Medina Zein, Tien Wartini, tampil di muka publik meminta maaf atas polah putrinya yang jadi calon pesakitan. Ia mengaku jatuh miskin setelah Medina Zeintersangka.

"Jujur ibu mau dikatakan miskin ya miskin gitu. Dengan kondisi saat ini dan bagaimana juga kondisi di rumahnya sudah terbayang. Sedih, kasihan," kata Tien Wartini kepada jurnalis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Semoga Bisa Menolong Medin

Melansir dari video interviu di kanal YouTube Cumicumi, Senin (18/7/2022), yang bisa dilakukan Tien Wartini saat ini, hanya berdoa agar Yang Mahakuasa menolong Medina Zein dari jerat hukum.

"Semoga bisa menolong Medin. Segelintir Medin yang orang-orang juga sudah pada tahu bagaimana kondisinya di saat seperti kejadian dan sekarang. Semoga Allah bisa menunjukkan jalan bagi kami dan keluarga kami. Itu saja," ujarnya.


Ibu Merasa Sedih

Tien Wartini mengaku tak habis pikir dengan kelakuan Medina Zein belakangan ini. Menurutnya, sejak kecil, Medina Zein dididik agama dengan baik. Namun tampaknya, alur hidup membuatnya berubah.

"Ibu merasa sedih, merasa... untuk menerima hal itu juga ibu perlu waktu. Kedua, bingung gitu. Kenapa ibu sudah berusaha mendidik dia dari kecil, ke pesantren juga dia sudah alami. Sekolah khsuus agama juga dia alami," Tien Wartini membeberkan.


Allah Menakdirkan Lain

Tien Wartini lantas menilai kepribadian anaknya sejak terkenal di medsos maupun industri hiburan Tanah Air. Emosi Medina Zein dianggap gampang meledak. Karakternya cenderung arogan. Kini, pil pahit ditelannya.

"Tapi Allah menakdirkan lain, dia harus mendapat pembelajaran yang menurut ibu, pahit. Dia emosian, arogan. Bicaranya juga ada yang ibu juga banyak yang enggak setuju. Main Instagram. Ya, ini buahnya, Yang harus dia pertanggungjawabkan," tutupnya.

Infografis Artis Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba (Liputan6.com/Abdillah)

"Banyak Pria Takut Mendekatinya"

Amanda Manopo Sebut Banyak Pria Takut Mendekatinya, Kenapa?

Liputan6.com 2022-07-18 10:40:19
Amanda Manopo (Instagram/amandamanopo)

Sejak putus dari Billy Syahputra, Amanda Manopo diketahui masih melajang. Dia sempat dikabarkan pacaran dengan Mischa Chandrawinata namun ternyata itu cuma gosip. Keduanya hanya rekan kerja.

Sebenarnya, bintang sinetron Ikatan Cinta ini memiliki keinginan untuk menikah muda. Namun kini dia tak lagi memiliki target.

"Targetnya (menikah muda) sudah lewat nih, jadi nggak mau ditargetin lagi, jalani aja," ungkap Amanda Manopo dikutip dari Dream, Minggu (17/7/2022).

"Namanya jodoh nggak ke mana kan, kalau ketemu besok gimana tuh?" ia menyambung pernyataan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Yang Mendekati?

Saat ditanya apakah dia sedang menjalin hubungan dekat dengan seorang pria saat ini, menurutnya tidak. Kata Amanda, tak banyak lelaki yang mendekatinya.

"Kalau ditanya banyak apa nggak (yang ngedeketin), sebenarnya nggak. Banyak yang takut mungkin," ungkapnya.


Spekulasi

Amanda Manopo pun berspekulasi mengapa tak banyak pria yang mendekati dirinya. Menurutnya ada berbagai alasan.

"Karena gini, mungkin sekarang saya ada di posisi menjadi artis sinetron, banyak orang mengandrungi. Terus mungkin pendapatan yang saya dapati," ujarnya.


Takut

Dia juga menduga mungkin banyak lelaki yang berpikir sudah banyak pria yang mendekati dirinya. Akhirnya, mereka menyerah lebih dulu sebelum mencoba.

"Terus mungkin mereka takut karena mikirnya saya cakep nih jadi banyak yang ngedeketin. Jadi mereka tidak mau membuka jalur," tuturnya.

Infografis Siap-Siap Sertifikat Tanah Elektronik. (Liputan6.com/Trieyasni)

Nikah Usai CLBK 20 Tahun

Ben Affleck dan Jennifer Lopez Menikah, Sama-Sama Mengenakan Busana Lama

Liputan6.com 2022-07-18 14:40:12
Ben Affleck - Jennifer Lopez. (Joel C Ryan/Invision/AP)

Mata publik dunia kini sedang tertuju pada pasangan artis top Hollywood Ben Affleck dan Jennifer Lopez. Keduanya telah resmi menikah di Las Vegas, Amerika Serikat, pada Sabtu (16/7/2022) lalu.

Pengumuman pernikahan disampaikan Jennifer Lopez melalui sebuah unggahan newsletter On The JLo pada 17 Juli 2022. Menurut penyanyi wanita yang akrab disapa J.Lo itu, pernikahannya dengan Ben Affleck berjalan sesuai impian mereka.

Bahkan menariknya, J.Lo dan Ben Affleck sempat mengantre untuk bisa mendaftarkan pernikahan bersama empat pasangan lainnya. Suasana romantis pun terkesan unik lantaran melibatkan mobil Cadillac merah muda yang sempat digunakan oleh Elvis Presley.

"Kami melakukannya. Cinta itu indah. Cindah itu baik. Dan ternyata cinta itu sabar. Dua puluh tahun bersabar," tulis Jennifer Lopez menungkapkan kisah pernikahannya dalam newsletter, melansir Page Six, Senin (18/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Suasana Pendaftaran Pernikahan

Berbaur dengan warga biasa, Jennifer Lopez seolah mengungkapkan bahwa ia dan Ben Affleck sangat menikmat proses pendaftaran pernikahan sambil mengamati para pasangan selain mereka.

"Di belakang kami, dua lelaki saling berpegangan tangan. Di depan kami, pasangan muda yang mengemudi tiga jam dari Victorville, di ulang tahun kedua putri mereka," tulis J.Lo.

"Semua dari kami menginginkan hal yang sama, dunia mengenali kami sebagai pasangan dan menyatakan cinta kami kepada dunia lewat simbol kuno dan hampir universal dari sebuah pernikahan. Kami baru sampai di kapel pernikahan putih kecil pada tengah malam," lanjutnya.


Gaun yang Sudah Lama Dibeli

Setelah menceritakan pengalaman berfoto di Cadillac merah mudanya Elvis Presley, Jennifer Lopez pun membeberkan hal menarik di balik gaun pengantin yang ia pilih untuk dikenakan selama proses bertukar janji suci dan cincin kawin.

"Aku sudah punya dress ini selama bertahun-tahun aku menyimpannya, selalu menyimpannya, dan sekarang aku menggunakannya di hari pernikahanku," cerita Jennifer Lopez.

Diketahui, gaun tersebut pernah dikenakan J.Lo dalam dua film lawas pada saat ia diharuskan berbusana pengantin, yaitu The Wedding Planner (2001) dan Monster in Law (2005). Bisa dianggap, gaun tersebut sudah berusia lebih dari dua dekade.

Tak hanya gaun lamanya, J.Lo juga mengenakan gaun lain yang menampakkan kemolekkan tubuhnya karya Zuhair Murad. Hampir sama seperti sang pujaan hati, Ben Affleck saat itu mengenakan tuksedo yang juga sudah lama disimpan olehnya.


Kisah Cinta Ben Affleck - J.Lo

Kisah asmara Jennifer Lopez terjalin pertama kali pada 2001. Ia dan Ben kemudian sepakat untuk bertunangan setahun berikutnya, dengan cincin berlian merah Harry Winston 6,10 karat yang bernilai sekitar 2,5 juta dolar AS.

Namun, hubungan romantis mereka tak pernah sampai ke pernikahan. Ben dan Jennifer putus, lalu menjalani kehidupan berbeda. Jennifer sempat menikah dengan Marc Anthony pada 2004 hingga 2011. Mereka memiliki sepasang anak kembar bersama.

Sementara, Ben menikah dengan Jennifer Garner pada 2005 dan menghasilkan tiga anak. Pernikahan Ben dan Garner berakhir pada 2018 setelah Ben mengaku ia tak bahagia.

Jennifer sempat bertunangan dengan pebisnis Alex Rodriguez sebelum akhirnya bersatu dengan Ben Affleck. Sutradara film Argo itu akhirnya melamar kembali Jen dengan cincin berlian alami 8,5 karat yang diapit oleh duo berlian putih berbentuk trapesium.

Infografis Bedanya Kartu Nikah dengan Buku Nikah. (Liputan6.com/Triyasni)

"Pak Jokowi Pilih Kasih"

Beri Selamat ke Juara Singapore Open 2022, Chico Aura: Pak Jokowi Pilih Kasih

Liputan6.com 2022-07-18 13:48:15
Tunggal putra Indonesia Chico Aura Dwi Wardoyo berhasil merebut gelar Malaysia Masters 2022, Minggu (10/7/2022). Ini merupakan gelar pertama Chico di turnamen level BWF World Tour Super 500.

Apresiasi Presiden Joko Widodo atau Jokowi kepada para pemenang Singapore Open 2022 berbuah protes dari atlet bulutangkis Indonesia Chico AuraDwi Wardoyo.

Menurut dia, ucapan selamat Jokowi pilih kasih, sebab saat dirinya menjuarai Malaysia Masters 2022, tidak ada ucapan senada yang disematkan melalui akun sosial pribadi sang kepala negara.

"Pak Jokowi pilih kasih," tulis Chico dengan emoji sedih dalam kolom komentar sosial media Jokowi, seperti dilihat Liputan6.com, Senin (18/7/2022).

Diketahui, dalam ajang Malaysia Masters 2022, tidak hanya Chico Aura yang menjadi juara. Pasangan ganda pria, Fajar Alfian/M Rian Ardianto juga menjadi pemenang dalam ajang Malaysia Masters 2022.

Diberitakan sebelumnya, Jokowi mengapresiasi kemenangan Indonesia dalam ajang pertandingan Badminton Singapore Open 2022. Diketahui, Indonesia berhasil menyabet tiga gelar juara dalam bermacam sektor.

"Setelah ganda putra dan ganda putri, sore ini Anthony Sinisuka Ginting meraih gelar juara tunggal putra menumbangkan Kodai Naraoka dari Jepang," tulis Jokowi lewat akun Twitternya, Minggu 17 Juli 2022.

"Selamat kepada Anthony Ginting dan seluruh wakil Indonesia," bangga Jokowi.

Jokowi menambahkan, gelar juara Singapore Open 2022 di sektor ganda putra sudah dipastikan milik Indonesia. Sebab, empat pasangan Indonesia menguasai partai semifinal.

"Dari empat pasangan itu, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin berhasil keluar sebagai juara. Selamat kepada Leo dan Daniel," bangga Jokowi lagi.

Terakhir, kepada pasangan bulutangkis ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Ucapan itu disematkan, usai keduanya berhasil merebut gelar juara dari ajang Singapore Open 2022.

"Mereka menekuk pasangan Tiongkok, Zhang Shu Xian/Zheng Yu, yang juga mereka kalahkan di final Malaysia Open 2022 lalu. Selamat kepada Apriyani/Fadia," presiden memungkasi.


Chico Juara Malaysia Open 2022

Diketahui, Chico Aura Dwi Wardoyo merebut gelar juara Malaysia Masters 2022. Ini merupakan gelar perdana pebulu tangkis tunggal putra Indonesia itu di turnamen level BWF World Tour Super 500.

Chico memenangkan titel juara usai mengalahkan Ng Ka Long Angus dari Hong Kong pada laga final Malaysia Masters. Dia menang 22-20 dan 21-15 dalam waktu 45 menit di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Minggu 10 Juli 2022.

Selain meraih gelar perdananya, Chico juga mencetak sejarah dengan menjadi pebulu tangkis Papua pertama yang juara pada turnamen badminton internasional. Dia pun mempersembahkan gelar ini untuk semua pihak yang sudah mendukungnya.

"Gelar ini mau saya persembahkan untuk orang tua, mama, papa, kakak dan adik. Semua keluarga. PBSI juga pastinya," kata Chico usai pertandingan.

"Terima kasih untuk coach Irwansyah, Koh Jonatan (Christie), Aa Ginting (Anthony Sinisuka), Mas Vito (Shesar Hiren), dan semua tim tunggal putra."

Infografis Prestasi Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis BWF

Film Bisa Jadi Jaminan Utang ke Bank

Jokowi Teken PP Ekraf, Film dan Lagu Bisa jadi Jaminan Utang ke Bank

Liputan6.com 2022-07-18 15:15:43
Ilustrasi./Copyright unsplash.com/rawpixel

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meneken Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2022 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2019 tentang Ekonomi Kreatif.

Dalam aturan tersebut, produk kekayaan intelektual seperti film dan lagu bisa dijadikan jaminan utang ke lembaga keuangan bank maupun nonbank.

Hal tersebut tertuang dalam ayat (1) Pasal 4 yang berbunyi, "Pemerintah memfasilitasi skema pembiayaan berbasis kekayaan intelektual melalui lembaga keuangan bank dan lembaga keuangan nonbank bagi pelaku ekonomi kreatif".

"Fasilitas skema pembiayaan berbasis kekayaan intelektual bagi pelaku ekonomi kreatif dilakukan melalui: a. pemanfaatn kekayaan intelektual yang bernilai ekonomi; dan b. penilaian kekayaan intelektual," dikutip dari salinan PP tersebut, Senin (18/7/2022).

Kemudian juga di Ayat (1) Pasal 9 yang berbunyi "Dalam pelaksanaan Skema Pembiayaan Berbasis Kekayaan Intelektual, lembaga keuangan bank dan lembaga keuangan nonbank menggunakan Kekayaan Intelektual sebagai objek jaminana utang".

Selanjutnya Pasal 10 yang berbunyi "Kekayaan Intektual yang dapat dijadikan sebagai objek jaminan utang beruba: a. Kekayaan Intelektual yang telah tercatat atau terdaftar di kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang hukum; dan b. Kekayaan Intelektual yang sudah dikelola baik secara sendiri dan/atau dialihkan haknya kepada pihak lain".

Sebagaimana diketahui ekonomi kreatif di Indonesia terdiri dari 17 subsektor yaitu pengembang permainan, desain interior, arsitektur, musik, seni rupa, fesyen, dan desain produk.

Kemudian juga, kuliner, film animasi dan video, desain komunikasi visual, fotografi, televisi dan radio, kriya periklanan, seni pertunjukan, penerbitan, dan aplikasi.

Dengan adanya kepastian hukum dalam PP Nomor 24 Tahun 2022 ini, maka karya-karya ekonomi kreatif tersebut bisa dijadikan sebagai jaminan utang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sandiaga Uno Berharap Pelaku Ekonomi Kreatif Bisa Bantu Pemerintah Beri Solusi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, pemerintah terus berusaha melakukan pemulihan disektornya imbas pandemi Covid-19.

Dia pun menegaskan, hal tersebut tak bisa dilakukan pemerintah sendiri. Perlu peran yang lain untuk saling membantu.

Karena itu, dia pun berusaha menampung beragam aspirasi, mulai keluh kesah hingga harapan para pelaku Parekraf. Adapun ini disampaikannya saat meninjau Kelana Nusantara di Semarang, Jawa Tengah.

"Mulai dari informasi yang sangat simpel, seperti informasi tentang event-event yang sudah dan akan dirancang Kota Semarang sampai terhadap kegiatan kolaborasi yang ingin kita hadirkan dalam beberapa tahun ke depan," kata Sandiaga menjelaskan contoh masukan yang diterima, seperti dalam keterangannya, Minggu (17/7/2022).

Dia juga menegaskan, pemerintan sejauh ini sudah berusaha untuk membangkitkannya dan meningkatkan perekonomian di tengah badai pandemi Covid-19.

"Pengalaman saya sebagai seorang chief economy officer merasa bahwa kita harus bergandengan tangan dan pemerintahan Pak Jokowi selama beberapa tahun ini Alhamdulillah sudah mencapai kemajuan luar biasa," ungkap Sandiagaa.

"Tapi masih banyak teman-teman kita yang belum mendapatkan penghasilan, pekerjaan dan juga dengan adanya ancaman inflasi, harga-harga yang semakin meningkat kita harus mampu untuk menghadirkan sesuatu solusi yang konkret-yang bisa dirasakan masyarakat," sambungnya.


Ada Peluang

Fenomena keberadaan anak-anak Sudirman Citayam Bojonggede Depok (SCBD) di kawasan Dukuh Atas, Tanah Abang, Jakarta Pusat menjadi bukti besarnya peluang usaha dalam sektor ekonomi kreatif.

Kegiatan anak-anak yang berubah menjadi ajang peragaan busana yang dikenal dengan nama Fashion Show SCBD itu katanya menggerakkan ekonomi.

Sejurus dengan hal tersebut, menurut Sandiaga ajang Fashion Show dapat digelar di Kota Lama Semarang. Dengan begitu, para pelaku ekonomi kreatif dari kota lain, seperti Wonosobo, Grobogan, Tegal atau lainnya bisa bergabung dalam satu pagelaran.

"Sudah disampaikan dan kami akan mendukung, karena kami yakin kalau Paris punya fashion week, kalau New York punya fashion week, Semarang ini suatu kota kebanggaan yang mempunyai ikonik yang kita miliki, yang harus juga mempunyai fashion week yang mengakomodasi para pelaku ekonomi kreatif, khususnya bidang fesyen di seluruh wilayah Indonesia," kata Politikus Gerindra ini.

Infografis jejak seni grafiti di Indonesia (Liputan6.com/Abdillah)

Kerusakan Hutan Jadi Pemicu Banjir Bandang

HEADLINE: Banjir Bandang Kembali Terjang Garut, Kerusakan Hutan Jadi Pemicu?

Liputan6.com 2022-07-19 00:00:00
Warga membersihkan lumpur sisa dari banjir bandang Garut di kawasan Cimacan, Desa Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul, Sabtu (16/7/2022). Pemda Garut, Jawa Barat menyatakan status darurat b

Hujan sejatinya berkah, tetapi kerusakan alam membuatnya menjadi musibah. Jumat sore (15/7/2022), hujan deras mengguyur Garut dan beberapa wilayah lain di Jabar dan Jabodetabek. Hujan deras yang tak kunjung berhenti membuat Sungai Cimanuk dan anak sungainya meluap. Selang beberapa jam, air mulai masuk ke permukiman warga di Garut Kota. Tinggi air kala itu mencapai antara 50 sentimeter hingga 4 meter pada Jumat malam.

"Sungai meluap, ratusan rumah di Kelurahan Ciwalen banjir, air satu sampai tiga meter," kata Dadan, seorang warga kepada Liputan6.com, Jumat malam.

Dadan lantas mengatakan, ratusan rumah di Kelurahan Ciwalen yang terendam banjir beradai di RW 7, 9, 10, 11, dan 12. Bahkan, ketinggian banjir di kawasan padat penduduk Ciwalen terutama dekat rel kereta api Ciwalen mencapai 4 meter.

"Untuk sementara penduduk ditampung di madrasah Bumi Al-Quran Ciwalen, kemudian di masjid Al-Faoz, gang Haji Tosin," katanya.

Banjir tak hanya menggenangi permukiman warga di Ciwalen, daerah lainnya di Garut, antara lain Sumbersari, Copong, Jalan Bratayuda, Regol, Dayeuhandap, Muara Sanding, Kecamatan Garut Kota, Padarek, dan Bayongbong juga ikut terendam.

Volume air yang terus meninggi membuat Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Satria Budi was-was, dia mengingatkan warga yang tinggal di bantaran Sungai Cimanuk dan anak sungainya untuk waspada dan diminta mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Banjir juga sempat membuat layanan kereta api dari Stasiun Garut Kota dihentikan sementara waktu. Kereta Api Garut Cibatu ke arah Garut dihentikan karena rel tergenang air dan tak bisa dilalui. Sementara di wilayah Tarogong Kidul, Angga Wisesa (38), seorang warga Desa Jayaraga mengatakan, air sudah menggenangi ruas jalan utama pada pukul 22.00 WIB, yang menyebabkan jalur lalu lintas di kawasan Sanding, Jalan Raya Bayongbong-Garut macet total.

"Air sungai Cipeujeuh masuk dan menggenangi jalan raya," katanya.

Listrik kemudian mati, UPJ PLN Garut Kota terpaksa melakukan pemadaman aliran listrik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Pemadaman listrik membuat sebagian wilayah Garut malam itu gelap gulita di tengah banjir.

Pemerintah daerah (Pemda) Garut, Jawa Barat, langsung menetapkan status darurat banjir, setelah 8 kecamatan di wilayah tersebut terendam banjir. "Kita nyatakan dalam keadaan darurat dan kita lakukan langkah kongkret, sekarang ini BPBD juga Satpol PP, Damkar, TNI-Polri sudah berada di lapangan melakukan evakuasi terhadap korban banjir ini," ujar Bupati Garut Rudy Gunawan, Sabtu pagi (16/7/2022).

Rudy mengatakan, hujan deras yang turun sejak Jumat sore menyebabkan seluruh anak sungai penyangga sungai utama Cimanuk Garut meluap dan menggenani permukiman warga. Delapan kecamatan yang terdampak banjir antara lain Cikajang, Bayongbong, Cilawu, Garut Kota, Tarogong Kidul, Banyuresmi, Karangpawitan, dan Cibatu.

"Alhamdulillah tidak ada korban meninggal dunia, tapi kita terus melakukan langkah-langkah penyelamatan," kata Rudy.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Banjir Merusak Fasilitas Vital

Di tengah ancaman hujan yang masih tinggi, Bupati Rudy meminta seluruh warga Garut terutama yang berada di sepanjang Sungai Cimanuk untuk waspada dan mengungsi ke tempat yang lebih aman. Arahan bupati langsung ditindaklanjuti petugas di lapangan, Pemkab Garut memastikan tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan instansi terkait lainnya telah bergerak menanggulangi daerah yang terdampak banjir.

"Saya sudah kontak BPBD akan segera turun ke lapangan dan seluruh masyarakat, terutama adalah selamatkan jiwa," katanya.

Petugas yang turun di lapangan sudah berupaya membantu evakuasi masyarakat untuk menghindari dampak buruk dari bencana tersebut. Dirinya mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti arahan dari petugas.

Rudy mengatakan, terjangan banjir yang menggenangi sebagian wilayah Garut Kota dan beberapa daerah penyangga kabupaten, menyebabkan fasilitas air bersih yang berasal dari sumber mata air mengalami kerusakan parah.

"Segera pulihkan dan saya minta dinas teknis bersama TNI-Polri di-back up untuk melakukan pembersihan evakuasi," katanya.

Data terbaru menyebutkan, fasilitas jembatan pipa air bersih yang berada di Nangewer terputus, kemudian pompa produksi air bersih yang berada di sumber mata air Cipulus tidak beroperasi tersendat material banjir.

Akibatnya, pasokan air bersih untuk wilayah Garut Kota dan wilayah Tarogong Kidul dan Tarogong Kaler sebagai daerah penyangga perkotaan Garut terhambat.

Banjir yang melanda Garut juga menyebabkan jembatan utama di daerah Copong Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat, mengalami retak-retak. Retakan itu disebabkan pondasi jembatan terus tergerus arus banjir.

Kepala Unit Kecelakaan (Kanit Laka) Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Garut, Ipda Priyo Sambodo mengatakan, jembatan Copong penghubung jalur Garut-Tasikmalaya via jalur Sudirman itu mengalami kerusakan parah.

"Saat ini Jembatan Copong belum bisa digunakan karena terjadi retakan," katanya, Sabtu (16/7/2022).

Retakan yang terjadi di jembatan, ujar dia, dikhawatirkan semakin parah dengan hadirnya kendaraan yang melintas.

"Saat ini tengah diupayakan evakuasi oleh Dinas PUPR provinsi dan kami mengimbau agar tidak menggunakan jalur Sudirman," katanya. Sebagai antisipasi Polres Garut melakukan rekayasa lalu lintas demi mengurai kemacetan di beberapa titik.


BNPB: 20 Desa Terendam, 9 Rumah Rusak Berat

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, terdapat 20 desa yang tersebar di delapan kecamatan di Garut yang terendam banjir. Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, banjir Garut disebabkan hujan lebat yang terjadi sejak Jumat (15/7/2022).

Abdul menyampaikan, berdasarkan laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB, sebanyak 142 KK atau 451 jiwa terdampak banjir dengan Tinggi Muka Air berkisar antara 10 hingga 70 sentimeter. Sedikitnya, 109 KK mengungsi di RSUD dr Slamet, Sementara warga lainnya memilih mengungsi di rumah kerabat.

"Sedikitnya 9 unit rumah rusak berat, 295 rumah terendam, dan 4 unit fasilitas umum terdampak. Selain itu, Pondok Pesantren Riadul Atfal yang berada di Desa Mekarsari juga terendam," jelas Abdul dikutip dari siaran persnya, Sabtu (16/7/2022).

Adapun 20 desa yang terdampak banjir Garut adalah Desa Cibodas di Kecamatan Cikajang, Desa Peminggir, Desa Kota Kulon, Desa Ciwalen, Desa Muara Sanding, dan Desa Sukamantri di Kecamatan Garut Kota.

Sementara di Kecamatan Tarogong Kidul terdapat 5 desa yang terendam yaitu Desa Sukakarya, Desa Haurpanggung, Desa Sukajaya, Desa Jayawaras, dan Desa Jayaraga.

Kemudian, Desa Panembong dan Desa Mulyasari di Kecamatan Bayongbong, Desa Suci, Desa Suci Kaler, Desa Lengkong Jaya, dan Desa Sindanglaya di Kecamatan Karangpawitan, Desa Sukarati di Kecamatan Banyuresmi, Desa Ngamplang di Kecamatan Cilawu, dan Desa Mekarsari di Kecamatan Cibatu.

Abdul menuturkan, BPBD Kabupaten Garut bersama instansi terkait lainnya langsung mengevakuasi warga ke dataran yang lebih tinggi dan dinilai aman. Selain itu, tim juga terus mendata jumlah warga terdampak dan kerugian yang dialami akibat banjir.

"Hingga siaran pers ini diterbitkan, pendataan terhadap jumlah warga terdampak, pengungsi, dan kerugian masih dilakukan oleh tim gabungan," tutur dia.

Prakiraan cuaca di wilayah Provinsi Jawa Barat diprediksi berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat serta angin kencang hingga tiga hari ke depan. Beberapa wilayah di Provinsi Jawa Barat juga dilaporkan terjadi hujan lebat hingga menyebabkan banjir seperti di Kota Depok, Kabupaten Bogor, dan Kota Bekasi.

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengeluarkan peringatan dini menghadapi potensi ancaman bencana banjir dan longsor. BPBD setempat diimbau untuk meningkatkan koordinasi dengan dinas terkait, melakukan monitoring secara berkala, serta meningkatkan kegiatan sosialisasi dan edukasi peringatan dini bencana.

"Pemerintah daerah bersama warga juga diharapkan secara rutin dapat membersihkan saluran air, normalisasi sungai, serta melakukan perbaikan dan penguatan tanggul," pungkas Abdul.

Menjadi langganan banjir Garut, warga Kampung Dayeuhandap bahkan diminta pemda untuk pindah ke tempat yang lebih aman. "Kami meminta kepada masyarakat, khususnya yang ada di sepanjang sungai ini, daerah yang dianggap berbahaya, mohon kesadarannya agar pindah ke tempat yang lebih aman," kata Plh Gubernur Jabar Uu.

Ia menyampaikan terkait usulan dipindahkan itu sudah ditanyakan langsung kepada masyarakat, hasilnya ada yang menerima, ada juga yang menolak, alasannya karena tanah pribadi.

"Saya sudah bertanya ke masyarakat, ada yang mau, ada yang menolak, karena itu tanah pribadi. Namun diminta pindah bukan berarti tanahnya akan diambil oleh pemerintah, akan tetapi demi keselamatan," katanya.

Uu dalam kunjungannya menyerahkan bantuan untuk penanggulangan bencana banjir dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat sebesar Rp198.650.550, kemudian CSR BJB senilai Rp100 juta, selanjutnya bantuan suplai sembako, lauk pauk, air minum, tambahan gizi, kebutuhan anak-anak, selimut, dan alat kebersihan dari BPBD Jabar.

Terkait jembatan penghubung kampung yang terputus akibat banjir, kata Uu, juga akan menjadi prioritas untuk segera diperbaiki agar masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa.

"Sebenarnya pemerintah sudah ada program untuk merevitalisasi sungai ini. Namun dikarenakan adanya jembatan yang hancur, tidak menutup kemungkinan anggaran yang ada akan dialokasikan untuk perbaikan jembatan tersebut," katanya.


Biang Kerok Banjir

Banjir bandang Garut kemarin membawa ingatan kembali pada kenangan buruk tragedi September 2016, kala itu banjir bandang parah menerjang Garut, bahkan disebut yang paling terparah sepanjang sejarah keberadaan daerah tersebut. Saat itu 33 orang dilaporkan meninggal dunia, 20 orang lainnya hilang tersapu banjir bandang. Tak hanya itu, tercatat 6.300 orang mengungsi dan ribuan rumah rusak terhempas material lumpur yang dibawa banjir.

Saat itu curah hujan yang terjadi di hulu dan bagian tengah bagian Daerah Aliran Sungai (DAS) Cimanuk tergolong esktrem. Tapi bukan itu penyebab tunggalnya. Banyak yang menganggap, alih fungsi lahan dari hutan menjadi perkebunan dan hunian yang marak di hulu sungai menyebabkan 'run off' semakin besar.

Hal inilah yang menjadi faktor signifikan terjadinya banjir bandang di Garut 2016. Belum lagi morfologi Sungai Cimanuk yang berkelok dan bercabang, membuat efek risiko bencana menjadi lebih tinggi.

Lalu, apakah banjir yang terjadi hari ini adalah bukti bahwa perambahan hutan di hulu Sungai Cimanuk masih terjadi? atau ini hanya karena faktor tunggal: hujan ekstrem semata?

Plh Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyebutkan telah mendapatkan informasi adanya pembabatan hutan di hulu sungai sehingga menjadi salah satu terjadinya bencana banjir di Kabupaten Garut.

"Menurut informasi yang kami terima, ada pembabatan hutan (di daerah hulu). Hutan produktif harus rasional sehingga pada saat hujan datang tidak berdampak seperti ini," kata Uu Ruzhanul Ulum saat meninjau daerah terdampak banjir di Garut Kota, Kabupaten Garut, Minggu (17/7/2022).

UU menuturkan langkah penanganan banjir harus dilakukan melalui edukasi masyarakat di wilayah hulu sungai, terlebih adanya laporan bahwa banjir dampak dari alih fungsi lahan di hulu sungai. Ia menegaskan sama pentingnya dilakukan penegakan hukum berupa sanksi terhadap para perusak lingkungan baik perorangan maupun korporasi.

Sementara itu, pengamat lingkungan Universitas Indonesia (UI) Tarsoen Waryono, membenarkan bahwa hulu Sungai Cimanuk sudah lama rusak akibat alih fungsi lahan yang tak sesuai.

"Itu memang benar bahwa di hulunya mengalami kerusakan, mengalami degradasi tapi pemerintah dalam hal ini Perum Perhutani membiarkan. Karena persis di hulunya itu banyak dibuka untuk pertanian seperti kentang, sayur, dan sebagainya," kata dia kepadaLiputan6.com, Senin (18/7/2022).

"Dan itu yang menyebabkan bahwa hujan yang ekstrem itu membawa tanah dan erosi. Sehingga kalau itu erosi besar hujan semakin besar dan lama, terjadinya banjir bandang atau paling tidak material tanah itu dibawa oleh aliran air," sambungnya.

Dia menegaskan, tak masalah jika memang digunakan pertanian. Tetapi harus proposional.

"Berapa yang harus ditanami, berapa yang harus dihijaukan untuk peresapan air," jelas Tarsoen.

Dia berharap, Perum Perhutani dan Pemerintah Daerah Jawa Barat bisa duduk bersama mengatasi penghijauan kembali di hulunya. "Jadi Perum Perhutani harus melakukan antisipasi kemungkinap erosi dan banjir bandang itu terjadi, karena di hulunya persis sekali sama sekali gundul," kata Tarsoen.


Tanggapan Walhi Jabar

Terkait adanya dugaan pembabatan hutan di hulu Sungai Cimanuk sebagai penyebab banjir Garut, Direktur eksekutif Walhi Jabar Meiki W Paendong saat dihubungiLiputan6.com, Senin sore (18/7/2022) mengatakan, Pemda perlu membuka data soal seberapa luas lahan yang dibabat dan dimana, sehingga tidak terkesan hanya melempar isu sepintas saja lalu dilupakan. Meiki mendorong Pemda melakukan langkah konkret, jika memang benar-benar ditemukan ada unsur perusakan lingkungan yang menyebabkan banjir.

"Jangan juga hanya menyalahkan intensitas hujan yang tinggi, intensitas hujan yang tinggi dalam waktu berhari-hari itu bukti nyata adanya perubahan iklim. Masyarakat kan menganggapnya jadi kok alam yang disalahkan. Padahal bukan alam, sebenarnya ya aktivitas manusia sendiri juga yang menyebabkan pemanasan global dan berujung perubahan iklim," katanya.

Meiki mengatakan, untuk kasus banjir Garut kemarin, pihaknya belum bisa memastikan apa penyebab yang memicu air sungai meluap dan melimpas ke permukiman warga. "Kami belum berani mengatakan bahwa di sana ada alih fungsi lahan sebagai penyebab air sungai meluap. Namun yang pasti sungai tak mampu menampung air hujan sehingga meluap. Kami sedang menginvestigasi," katanya.

Namun berkaca dari peristiwa kelam banjir bandang Garut 2016, Meiki mengatakan, seharusnya pemerintah daerah memetik pelajaran berharga dari peristiwa yang sudah terjadi. Menurut hasil investigasi Polda waktu itu (2016), kata Meiki, penyebab banjir bandang adanya dugaan kegiatan usaha yang banyak mengalihfungsikan lahan di hulu Sungai Cimanuk. Namun demikian, selang beberapa tahun usai kejadian itu tidak ada tindakan pencegahan agar kejadian serupa tidak terjadi lagi.

"Harusnya ada tindakan, misalnya upaya yang sifatnya vegetasi atau penghijauan, atau misalnya si pelaku usaha ini tidak boleh melakukan lagi kegiatan besar di situ. Dan tempatnya harus dikembali ke fungsi awal lewat pendekatan vegetasi. Sekarang kan harusnya melihatnya ke situ," katanya

Jika misal pemda dan pihak berwenang sudah melakukan tindakan vegetasi di kawasan Mandalagiri hulu Sungai Cimanuk, yang diduga terjadi perambahan hutan, lalu masih banjir kembali terulang, maka perlu diyakini bahwa banjir memang karena faktor hujan yang ekstrem, selain juga adanya sedimentasi Sungai Cimanuk bertahun-tahun, dan ditambah banyaknya permukiman yang berada di kanan kiri sungai.

"Banjir hari ini menjadi bukti dari perencanaan 10-20 tahun sebelumnya yang tidak memperhatikan faktor lingkungan. Membiarkan misalnya, kawasan permukinan berada di kanan kiri sungai, yang sebenarnya sungai memiliki daya rusak. Di saat dia meluap dia akan limpas," katanya.

Meiki mewakili Walhi Jabar berharap, pada akhirnya pemerintah harus melakukan adaptasi dan mitigasi, agar kejadian serupa tidak terus terulang di kemudian hari. Bentuk adaptasi yang dimaksud adalah dengan menerapkan mitigasi itu sendiri. Yaitu dengan mau tidak mau manusia harus beradaptasi dengan alam, merencanakan praktik-praktik pengurangan risiko bencana, misal dengan menempatkan sistem peringatan dini di hulu sungai. Tentu dengan beragam pendekatan, mulai dari pendekatan teknologi, kelembagaan, dan membentuk komunitas-komunitas yang nantinya bekerja melakukan pemantauan.

"Tapi yang terpenting, perubahan iklim harus menjadi isu yang perlu diangkat," katanya.

<p>Infografis Banjir Besar Kembali Terjang Garut. (Liputan6.com/Abdillah)</p><p>Infografis Dugaan Penyebab Banjir Besar di Garut. (Liputan6.com/Abdillah)</p><p>Infografis Ragam Tanggapan Banjir Besar Kembali Terjang Garut. (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Tragedi Kecelakaan Truk di Cibubur

Kecelakaan Maut Truk Pertamina di Cibubur, Polisi: 8 Orang Meninggal Dunia

Liputan6.com 2022-07-18 18:18:00
Ilustrasi Foto Kecelakaan Mobil (iStockphoto)

Polisi menyebut kecelakaan beruntut yang melibatkan truk tangki PT. Pertamina di Jalan Alternatif Cibubur, Bekasi, Jawa Barat memakan korban meninggal.

Sejauh ini diketahui delapan orang meregang nyawa akibat kecelakaan maut tersebut.

"Info sementara ada delapan (meninggal)," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan, Senin (18/7/2022).

Dia belum bersedia merinci kecelakaan maut tersebut. Dia menyebut pihak Polda Metro Jaya tengah mendatangi lokasi kejadian.

"Saat ini Dirlantas PMJ sedang mengecek menuju TKP," kata dia.

Kecelakaan beruntun terjadi di Jalan Alternatif Cibubur, Senin 18/7/2022. Kecelakaan melibatkan truck Pertamina dengan sejumlah mobil dan motor.

Diketahui, dalam beberapa video yang beredar terlihat truck tangki milik PT. Pertamina menabrak sejumlah motor dan mobil. Dalam video juga memperlihatkan adanya korban yang tergeletak di pinggir jalan.

Bahkan, ada korban yang terlihat masih berada di bawah truk tangki tersebut. Masih belum diketahui detail kejadian tersebut.


Berimbas pada Kemacetan Panjang

Namun Kepala Induk Patroli Jalan Raya Tol Jagorawi, Ajun Komisaris Budi membenarkan adanya kecelakaan ini.

Menurut Budi Tapi, kecelakaan tersebut bukan pihaknya yang menangani karena bukan masuk wilayah hukumnya.

Dirinya cuma membenarkan banyak korban ditabrak. "Mobil tangki nabrak motor banyak, banyak korban," kata Budi.

Imbas kecelakaan beruntun yang melibatkan truk tangki milik PT. Pertamina di Jalan Alternatif Cibubur berimbas pada kemacetan panjang di Exit Gerbang Tol Jatikarya.

"Mungkin ke Tol berimbasnya karena macet. Gerbang Tol Jatikarya," ucap dia.

INFOGRAFIS: Deretan Kecelakaan Pesawat di Indonesia dalam 5 Tahun Terakhir (Liputan6.com / Abdillah)