Ancaman yang Bikin Brigadir J Menangis

Temuan Jejak Digital Ancaman Pembunuhan yang Membuat Brigadir J Menangis Ketakutan

Liputan6.com 2022-07-24 02:12:00
Kamarudin Simanjuntak, Pengacara Keluarga Almarhum Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat, menemukan bukti baru terkait dugaan pembunuhan berencana yang menewaskan kliennya.

Pengacara Keluarga Brigadir Polisi Nopriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak mengakui pihaknya telah menemukan jejak elektronik dugaan pembunuhan terencana terhadap Yoshua.

"Satu hal yang perlu diinformasikan adalah kami sudah menemukan jejak digital dugaan pembunuhan berencana, artinya ada rekaman elektronik," kata Kamaruddin Simanjutak kepada media di Jambi, Sabtu, usai mendatangi Mapolda Jambi untuk mendampingi pihak keluarga memenuhi panggilan penyidik.

Dia mengatakan bahwa pada rekaman elektronik tersebut terlihat almarhum Brigadir Yoshua mengalami ketakutan pada Juni 2022 hingga menangis.

"Itu rekaman elektronik teknisnya akan kami ungkap nanti," katanya, dikutip Antara.

Selanjutnya, dia menyebutkan dugaan ancaman pembunuhan itu terus berlanjut kemudian ancaman itu masih berlangsung hingga satu hari menjelang kejadian.

"Namun salah satu yang saya pastikan, itu pengancamannya di Magelang (Jawa Tengah). Untuk TKP tidak tertutup kemungkinan bisa terjadi di Magelang atau antara Magelang-Jakarta atau di rumah Ferdy Sambo," terangnya.


2 Ponsel Brigadir J

Sementara itu, terkait penemuan dua handphone milik Brigadir Yoshua yang ditemukan di rumah dinas, Kamaruddin mengatakan pihaknya belum melakukan pengecekan terkait kebenaran kepemilikan handphone tersebut.

"Saya belum periksa apakah itu handphonenya atau yang lain karena harus kita periksa terlebih dahulu," kata Kamaruddin Simanjuntak.

Usai mendampingi pihak keluarga di Mapolda Jambi, Kamaruddin bersama timnya menuju rumah duka dan ke makam Brigadir Polisi Yoshua di daerah Sungai Bahar Unit 1 Kabupaten Muaro Jambi untuk melihat kelayakan lokasi autopsi ulang di sana.


Saksikan Video Pilihan Ini:

Misteri Pembunuhan Kian Terkuak

Journal: Tabir Tewasnya Brigadir J Perlahan Terkuak, Bagaimana Kelanjutannya?

Liputan6.com 2022-07-25 00:05:56
Journal_Tabir Tewasnya Brigadir J Perlahan Terkuak, Bagaimana Kelanjutannya? (Liputan6.com/Abdillah)

Jerit dan isak tangis Samuel Hutabarat dan Rosti Simanjuntak pecah ketika melihat peti jenazah anaknya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J yang diterbangkan dari Jakarta ke rumahnya di Desa Suka Makmur, Kecamatan Sungai Bahar, Kabupaten Muaro Jambi.

Pasangan suami istri itu langsung berlari menghampiri peti jenazah berwarna putih yang telah disemayamkan di ruang tamu rumah mereka.

Ruangan yang tak terlalu besar itu dipenuhi keluarga dan sejumlah perwakilan polisi yang mengantarkan jenazah. Samuel yang saat itu mengenakan kaus warna merah berteriak meminta peti jenazah untuk dibuka dan menyaksikan secara langsung anaknya sebelum dimakamkan.

Teriakan histeris sang istri memecah suasana malam itu, Sabtu 9 Juli 2022. Rosti memukul-mukul dan memeluk peti jenazah anaknya. Sambil menangis, beberapa kali dia terus menyebutkan sejumlah ketegaran anaknya sesama hidup. Di matanya, sang anak yang bertugas sebagai sebagai sopir istri Irjen Ferdy Sambo adalah sosok yang tak pernah mengeluh.

Sehari sebelumnya, Brigadir J berkabar kepada keluarganya, bahwa dia tengah berada di Magelang, Jawa Tengah bersama keluarga Irjen Pol Ferdy Sambo.

Rapalan ketegaran dan perjuangan sang anak pun diucapkan beberapa kali sambil menangis. Sementara Samuel memilih duduk berdiam sambil melihat nanar peti jenazah di depannya.

"Inilah anakku yang sangat menderita dari kecil sampai besar, menderita juga pergi akhirnya, akhir hayatnya harus menderita juga," ucap Rosti.

Berulang kali dia meminta kepada pihak Kepolisian yang datang untuk membuka peti jenazah di depannya. Dia ingin melihat kondisi anak yang dilahirkan dan dibesarkannya.

Saat serah terima jenazah itu, Samuel menyampaikan kepada petugas Kepolisian yang datang bahwa belum mengetahui secara jelas kronologi yang dialami anaknya secara detail. Dia hanya menerima kabar anaknya meninggal pada Jumat, 8 Juli 2022.

"Jadi di kampung, kami mendengar, tapi apa sebab musababnya kami tidak tahu. Tolong jelaskan sama kami dan masyarakat semua apa sebab musababnya dan setelah itu tolong ini peti jenazah dibuka," pintanya kepada pihak Kepolisian di lokasi.

Saat itu dia juga memilih untuk tidak menandatangani surat serah terima jenazah sebelum melihat secara langsung sosok di balik peti jenazah yang diantarkan ke rumahnya. Sedangkan adik dan ibu Brigadir J saling berpelukan untuk saling menenangkan satu sama lain.

Polisi perwakilan dari Polda Jambi yang mengantarkan jenazah hanya menekankan bahwa autopsi telah dilakukan terhadap jenazah Brigadir J beberapa jam sebelum diterbangkan dari Jakarta menuju Jambi. Pihak perwakilan tersebut juga menyatakan, jika keluarga masih merasa kurang yakin dengan hasil autopsi diperbolehkan untuk datang ke Jakarta.

Namun, berbagai penjelasan dari pihak Polisi tidak dihiraukan Samuel. Dia dan keluarganya bersikukuh meminta untuk membuka peti jenazah. Setelah adu argumen pihak keluarga pun diperbolehkan membuka peti jenazah tanpa ada perekaman.

Dinyatakan Tewas Adu Tembak

Brigadir J dinyatakan tewas setelah adu tembak dengan anggota polisi di kediaman Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, Jumat 8 Juli 2022. Dia disebutkan meninggal setelah terkena timah panas yang ditembakkan oleh Bharada E atau Richard Eliezer Pudihang Lumiu.

Namun, peristiwa tersebut baru disampaikan ke publik setelah tiga hari usai peristiwa terjadi, yakni Senin (11/7/2022). Selang sehari, pada Selasa (12/7/2022) Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Budhi Herdi Susianto mengungkapkan sejumlah hal mengenai peristiwa tersebut.

Budhi menyebut, Bharada E merupakan penembak nomor wahid di Resimen Pelopor berdasarkan keterangan itu diperoleh dari komandannya. Kedua anggota Polri itu saling tembak menggunakan senjata berbeda. Brigadir J menggunakan senjata HS 16 dengan magazen boks 16 butir peluru. Sementara Bharada E menggunakan senjata Glock 17 dengan magazen box 17 butir.

Saat peristiwa terjadi Brigadir J disebutkan memuntahkan tujuh peluru. Namun, tak ada satupun yang mengenai Bharada E. Bekas tembakan hanya terlihat pada tembok dekat tangga.

Sedangkan, Bharada E melepaskan 5 peluru ke arah Brigadir J. Budhi mengungkapkan berdasar hasil autopsi sementara yang dirilis RS Polri.

Dipaparkan, Brigadir J mengalami luka di jari kelingking, jari manis, lengan serta dada. Kemudian satu proyektil bersarang di dada hingga luka sayatan akibat proyektil.


Berbagai Kejanggalan dan Penonaktifan Irjen Ferdy Sambo

Setelah pembukaan peti jenazah tersebut sejumlah kejanggalan dan fakta baru mulai terkuak. Seperti adanya luka seperti terkena senjata tajam yang ada pada tubuh Brigadir J. Deretan temuan baru pada jenazah Brigadir J langsung dilaporkan ke Bareskrim Polri pada Senin, 18 Juli 2022 oleh tim pengacara keluarga.

Pengacara keluarga Brigadir J, Kamarudin Simanjuntak menduga adanya motif pembunuhan berencana dalam kasus adu tembak dua polisi di rumah Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo di Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Aduan tersebut tertuang dengan Laporan Polisi Nomor: LP/B/0386/VII/2022/SPKT/ Bareskrim Polri tanggal 18 Juli 2022.

Kamarudin menyatakan, ada dua lokasi yang diduga menjadi titik keberadaan Brigadir J sebelum akhirnya tewas dalam rangkaian insiden adu tembak. Hal itu didasarkan pada rekam jejak komunikasi bersama keluarga. Komunikasi terkahir terjadi dengan lokasi Brigadir J di Magelang, Jawa Tengah dan orang tua berada di Balige, Sumatera Utara.

Kata dia, setelah pukul 10.00 WIB Brigadir J meminta izin akan mengawal Irjen Pol Ferdy Sambo menuju Jakarta dengan asumsi perjalanan selama tujuh jam. Selama perjalanan tersebut Brigadir berusia 28 tersebut tidak berkomunikasi dengan keluarga.

"Jadi tidak etis seorang ajudan mengawal pimpinan masih WA dan telepon-telepon. Tujuh jam jangan diganggu dulu. Nah, setelah lewat tujuh jam, yaitu jam 17.00 WIB, orang tuanya atau keluarganya yang sedang berada di sana, di Sumatera Utara, mencoba menelepon, tidak bisa, di WhatsApp ternyata sudah terblokir," ucap Kamarudin.

Kondisi tersebut pun membuat keluarga khususnya orang tua beserta kakak adik Brigadir J mulai gelisah. Terlebih, disusul terjadi pemblokiran dan diduga adanya upaya peretasan ponsel. Ponsel milik keluarga tak dapat digunakan selama sepekan setelah peristiwa terjadi.

"Artinya ini ada dugaan pembunuhan terencana, sehingga bagaimana caranya handphone itu bisa dikuasai password-nya, berarti sebelum dibunuh, ada dulu dugaan pemaksaan untuk membuka password handphone," ujar dia.

Kamarudin juga membeberkan isi jejak elektronik terkait tewasnya polisi muda asal Jambi itu. Salah satu isi jejak elektronik itu Brigadir J sempat mendapat ancaman pembunuhan.

Berdasarkan jejak elektronik yang dibeberkan Kamarudin, Brigadir J mendapatkan ancaman pembunuhan sejak bulan Juni tahun 2022. Kamarudin mengatakan ancaman itu terus mengarah kepada Brigadir J. Bahkan saking dibayangi ketakutan Brigadir J sempat menangis.

"Sudah ada rekaman elektronik. Almarhum saking takutnya ia sampai menangis. Bayangkan dia seorang anggota Brimob tapi sampai menangis, berarti ada sesuatu kan," kata Kamarudin.

Kamarudin juga sempat meminta agar Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan DPR RI memberikan atensi ke Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, untuk menonaktifkan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo.

Tak berselang lama, pada hari yang sama, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menonaktifkan Irjen Ferdy Sambo dari jabatannya sebagai Kadiv Propam Polri.

"Kita melihat ada spekulasi-spekulasi yang muncul tentunya ini akan berdampak terhadap proses penyidikan yang kita lakukan. Oleh karena itu, malam hari ini kita putuskan untuk Irjen Ferdy Sambo sementara jabatannya dinonaktifkan dan kemudian jabatan tersebut saya serahkan ke Pak Wakapolri," ujar Listyo di Mabes Polri, Senin (18/7/2022).

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Dorongan Permintaan Klarifikasi dan Rencana Ekshumasi

Selang dua hari kemudian, pihak pengacara kembali mendatangi Bareskrim Mabes Polri guna membawa bukti barunya. Menurut foto yang dipamerkan kepada awak media, terdapat luka jeratan di leher almarhum yang diyakini sebagai tindakan pembunuhan berencana.

"Kami menemukan ada luka lilitan luka di leher, seperti ada dijerat dari belakang jadi kami yakin ini (pembunuhan) berencana dan tidak mungkin satu orang karena ada yang menggunakan pistol dan menggunakan senjata tajam, sekiranya ini satu lawan satu tidak mungkin ada luka itu (jeratan di leher)," papar Kamarudin, Rabu (20/7/2022).

Kemudian pihak keluarga juga meminta agar dilakukan ekshumasi untuk melakukan autopsi ulang terhadap jenazah Brigadir J. Sebab keluarga mendapatkan temuan berbeda dengan penjelasan Karopenmas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan yang mengatakan penyebab kematian kliennya hanyalah luka tembak.

Ekshumasi merupakan penggalian kembali jenazah yang dikuburkan untuk dilakukan identifikasi jenazah hingga memastikan penyebab kematian yang sebelumnya diragukan.

"Karena temuan fakta kami bukan tembak menembak tapi seperti kawat dan ada luka robek di kepala bibir dan bawah mata dan kemudian di jari-jari, jadi itu bukan akibat peluru," dia melanjutkan.

Pengacara keluarga tersebut juga menyatakan permintaan agar Polri menonaktifkan Karo Paminal Brigjen Pol Hendra dan Kapolres Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto.

Malamnya, Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyatakan kedua nama tersebut dicopot dari jabatannya.

<p>INFOGRAFIS JOURNAL_Pengungkapan Kasus Brigadir J Diminta Transparan (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) meminta agar Polri dapat menyampaikan pelbagai temuan kasus dugaan pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J secara berkala kepada publik.

Sebab hingga saat ini masyarakat masih menganggap banyak kejanggalan dari kronologi kematian ajudan istri Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo tersebut.

Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto menyatakan hal yang dapat disampaikan yakni bukan yang dapat memengaruhi proses penyidikan polisi. Atau hal-hal yang memang pantas untuk disampaikan saat ini.

"Kami sendiri menyarankan agar secara bertahap disampaikan ke publik. hasil klarifikasi, hasil pendalaman itu, mana hal-hal yang memang tidak mengganggu proses penyidikan diharapkan disampaikan secara bertahap ke publik," kata Benny di Bareskrim Mabes Polri, Rabu (20/7/2022).

Dia menyatakan, sejumlah keraguan publik saat ini masih didalami oleh tim khusus bentukkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Yakni mengenai CCTV hingga rekaman.

"Jadi apa yang menjadi pertanyaan publik itu soal cctv, decoder, dan lain-lain itu menjadi fokus pendalaman timsus," ucapnya.

Benny menyatakan pihaknya telah bertemu dengan pihak keluarga Brigadir J di Jambi secara runut. Mulai dari berita kematian, kedatangan jenazah, terima jenazah, hingga proses pemakaman. Bahkan pihaknya juga menghadiri pemakaman Brigadir J.


Pendalaman dari Komnas HAM

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) akan menggelar ekshumasi terhadap jenazah Brigadir J pada Rabu (27/7/2022). Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) berencana menemui dokter forensik Polri yang melakukan autopsi terhadap jenazah Brigadir J atau Yoshua. Hal itu lantaran ada sejumlah temuan penting terkait luka di tubuh almarhum.

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam menyampaikan, pihaknya telah melakukan pendalaman bersama para ahli terkait luka-luka dan penyebabnya, konstrain waktu, karakter luka, dan lain sebagainya, yang ada di tubuh Brigadir Yoshua pada Kamis, 21 Juli 2022.

"Bahan-bahan yang kami gunakan adalah semua bahan yang kami peroleh, termasuk di dalamnya foto-foto dari pihak keluarga. Dalam diskusi itu memakan waktu cukup lama karena memang kita detail melihat luka, ini luka tembakan, ini luka akibat sayatan, atau kah ini akibat yang lain. Semua ruang diskusi itu kita buka kemarin," tutur Anam, Jumat (22/7/2022).

Anam menyebut, pihaknya bersama para dokter ahli forensik mendiskusikan konstrain waktu terjadinya luka. Bagi Komnas HAM, memiliki catatan soal ruang dan waktu peristiwa menjadi salah satu poin penting dalam pengungkapan kredibilitas hasil autopsi.

"Hasilnya adalah catatan-catatan penting yang kami dapatkan oleh tim di kami, yang itu nanti akan kami gunakan untuk salah satu bahan utama bertemu dengan dokter forensik yang melakukan autopsi terhadap Brigadir J, ini yang akan kami lakukan minggu depan," dia menjelaskan.

Namun begitu, lanjut Anam, Komnas HAM belum dapat menyimpulkan bahwa luka yang ada di tubuh Brigadir Yoshua diakibatkan oleh penyiksaan atau pun akibat lainnya. Sebab, dalam konteks HAM segala prosesnya masih berlangsung dengan tahapan yang belum lengkap.

"Dan kira-kira luka itu diakibatkan oleh apa, itu sudah kami punya catatan yang lumayan dalam. Sebenarnya kami sudah punya duluan ya, terus kami diskusikan dengan ahli yang ahli dokter-dokter forensik yang kami undang, dan ini independen dan biasa berkomunikasi dengan komnas HAM ya,"ujarnya.

Dia menambahkan, "Jadi kami sudah punya itu, jadi kalau ditanya kesimpulannya apa, kami belum bisa simpulkan. Tapi kami punya catatan signifikan terhadap posisi tubuh luka-luka yang ada di jenazah Brigadir J itu."


Transparansi Kasus

Kriminolog dari Universitas Indonesia (UI) Artur Josias menilai temuan tersebut bukanlah kasus baru atau tiba-tiba muncul. Namun, adanya keterkaitan dengan kasus sebelumnya.

"Menurut saya perlu ada semacam bagaimana (melihat) keterkaitan hubungan, agar kasusnya ini tidak seolah-olah kasus yang berbeda. Ini kan sebagai bagian dari transparansi kasus yang selama ini dipertanyakan oleh masyarakat pada umumnya. Jadi, dibutuhkan profesionalitas juga ya dari pihak kepolisian dalam hal ini," kata Josias kepada Liputan6.com.

Dia mengharapkan tim khusus bentukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dapat segera menyampaikan temuan dari kasus kematian Brigadir J. Sebab transparansi temuan yang ada menjadi tantangan utama pihak kepolisian.

"Jadi, dalam transparansi itukan otomatis ada yang disebut profesionalitas dari pihak kepolisian untuk mengungkap kasus ini dan di dalamnya ada yang disebut dengan kebenaran secara scientific pengungkapannya. Jadi, menurut saya itu suatu bagian yang saling mendukung jika kita bicara transparasi, profesionalitas, dan pembuktian secara akademik," papar dia.

Penemuan CCTV dan Prarekonstruksi

Misteri kematian Brigadir J yang dinilai tak wajar oleh pihak keluarga saat ini masih ditangani oleh pihak Kepolisian. Sebelumnya disebutkan jika saat kejadian kamera CCTV di dalam rumah Kadiv Propam dalam kondisi mati.

Namun setelah 10 hari usai kejadian, Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo menyatakan tim khusus bentukan Kapolri untuk pengusutan kasus Brigadir J telah mengamankan sejumlah rekaman CCTV.

Menurut Dedi, CCTV saat ini sedang dipelajari oleh Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri. CCTV yang disita merupakan yang berada di sepanjang jalur sekitar Kompleks Polri, Duren Tiga, Pancoran Jakarta Selatan dan sepanjang jalan yang dilintasi oleh keluarga Irjen Ferdy Sambo dan Brigadir J dari Magelang.

"Ini sudah diketemukan oleh penyidik," ujar Dedi.

Penemuan kamera tersembunyi atau CCTV di sekitar rumah Irjen Ferdy Sambo menjadi babak baru pengusutan tewasnya Brigadir J. Selain itu sejumlah prarekonstruksi dilakukan.

Misalnya prarekontruksi digelar di rumah Dinas Irjen Pol Ferdy Sambo pada Sabtu (23/7/2022) dan di gedung Balai Pertemuan Polda Metro Jaya (BPMJ), Jumat (22/7/2022).

Sementara itu, Kuasa hukum keluarga mendiang Brigadir J, Kamarudin Simanjuntak menyatakan pihaknya telah menemukan bukti-bukti baru mengenai peristiwa yang terjadi pada 8 Juli 2022 tersebut. Salah satu buktinya adalah jejak elektronik berupa ancaman pembunuhan kepada Brigadir J.

Ancaman itu menurut Kamarudin telah berlangsung sejak Juni 2022. Beberapa kali Brigadir J diyakini menangis kepada seseorang yang dipercayainya.

"Lalu kemudian pada berikutnya masih diancam. Terakhir tanggal 7 Juli 2022 dia curhat lagi kepada orang yang dipercaya bahwa dia akan dihabisi apabila berani naik, tapi tidak mengerti naik kemana. Nah, posisi waktu itu di Magelang, kalau yang pertama nangis-nangis itu di Jakarta," ucap Kamarudin kepada Liputan6.com.

"Jadi, artinya sudah ada dulu ancaman pembunuhan baru dibunuh, itu sebabnya saya katakan ada pembunuhan berencana ya. Alm Brigadir J curhat kepada orang kepercayaan melalui telepon dan video call, ada chatingan," dia menandaskan.

<p>INFOGRAFIS JOURNAL_ Fakta Terbaru Kasus Kematian Brigadir J (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Pesan untuk Para Musuh

Pesan Nikita Mirzani untuk Para Musuh: Kalian Jangan Senang Dulu Kalau Gue Ditahan 24 Jam

Liputan6.com 2022-07-24 13:00:00
Nikita Mirzani tabayun dan berdamai dengan ustaz Dasad Latief. (Foto: Dok. Instagram @nikitamirzanimawardi_172)

Polres Serang Kota akhirnya mengizinkan Nikita Mirzani pulang. Seperti diketahui, Nikita Mirzani ditangkap pada Kamis (21/7/2022), ditahan selama 24 jam, dan dicecar sejumlah pertanyaan oleh penyidik.

Bintang film Nenek Gayung lalu buka suara soal dampak penangkapan di Senayan City Jakarta tempo hari. Anak bungsunya, Arkana Mawardi menangis dan tak mau dipisahkan dari ibunya.

Nikita Mirzani berususan dengan polisi setelah berkonflik dengan Dito Mahendra, kekasih Nindy Ayunda. Ia dibidik dengan dugaan pencemaran nama baik dan pelanggaran Undang-undang ITE.

Melansir dari video di kanal YouTube Crazy Nikmir Real, Sabtu (23/7/2022), Nikita Mirzani menyebut anaknya trauma akibat sejumlah insiden. Dari rumahnya digeruduk polisi jam 3 pagi hingga penangkapan di Senayan City.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Perihal Traumatik

"Justru itu akan jadi suatu traumatik parah yang akan timbul, membekas di otaknya anak-anak gue. Apalagi anak-anak gue ini bukan anak-anak yang bodoh. Semua anak-anak gue tuh anak-anak yang smart, mereka pasti akan merekam segala sesuatu yang terjadi," katanya.

"Sampai Azka tuh kalau ada keramaian, dia langsung menghindar, menyepi karena dia takut akan terjadi lagi hal-hal seperti sebelumnya," Nikita Mirzani membeberkan.


Jangan Senang-senang Dulu

Ia lega bisa kumpul lagi bareng anak. Ditahan selama 24 jam tak membuat bintang sinetron Sang Diva jera. Bahkan, Nikita Mirzani terang-terangan mengirim pesan kepada pihak lawan.

"Makanya aku tuh selalu bilang sama para musuh aku. Kalian tuh jangan senang-senang dulu. Jangan senang-senang terlebih dahulu gitu, tunggulah gue ditahan tiga hari atau seminggu," cetusnya.


Kalau Sudah 3 Hari

"Nah, kalau sudah tiga hari ini sudah lain cerita. Tapi kalau masih 1 kali 24 jam, itu masih ada kemungkinan untuk gue tuh masih bisa pulang. Nah sekarang gue sudah pulang," tutur Nikita Mirzani.

Dalam video itu, ia berterima kasih kepada Fitri Salhuteru yang selalu ada di masa-masa susah. Nikita Mirzani juga berterima kasih kepada manajer dan sejumlah sahabat yang memberi dukungan pasca-penangkapan.

INFOGRAFIS: Deretan Artis yang Tersandung Kasus Video Asusila (Liputan6.com / Abdillah)

Kiky Saputri di Citayam Fashion Week

Kiky Saputri Tuai Pujian Usai Tampil Berhijab di Citayam Fashion Week

Liputan6.com 2022-07-24 12:33:49
Kiky Saputri Tuai Pujian Usai Tampil Berhijab di Citayam Fashion Week (Tangkapan Layar Instagram/kikysaputrii)

Fenomena Citayam Fashion Week tengah hangat jadi sorotan dan perbincangan. Mulai dari pesohor Tanah Air bahkan tokoh publik turut ambil bagian beraksi di kawasan dekat Stasiun MRT Dukuh Atas, Jakarta, tempat remaja-remaja berbusana nyentrik.

Salah satu di antaranya adalah komika Kiky Saputri yang juga ikut melaju di zebra cross yang dijadikan 'catwalk' remaja SCBD (Sudirman, Citayam, Bojonggede, dan Depok). Tak sendiri, ia juga berlenggak-lenggok bak model bersama Zaskia Sungkar.

Penampilan Kiky Saputri yang kala itu berbalut hijab menjadi perhatian. Perempuan berusia 28 tahun ini tampak mengenakan hijab bernuansa beige dan atasan berlengan panjang dengan detail tali dan kerah warna hitam.

Gaya tersebut dipadu dengan rok lipit warna cokelat muda, sepatu hak tinggi, dan sling bag Balenciaga. Untuk melengkapi tampilannya, Kiky juga mengenakan makeup ditambah pulasan lipstik warna merah.

Momen tersebut dibagikan Kiky melalui unggahan video singkat di akun Instagram pribadinya. Video dibuka dengan swafotonya tengah berada di mobil lalu dilanjutkan berakhir di zebra cross bersama Zaskia Sungkar.

"Selesai belajar ngaji langsung melaju ke "Citayem Fashion Week" bertemu sobat-sobat SCBD bersama bestie fillahku @zaskiasungkar15 Outfit kece ini dipersembahkan oleh @zaskiasungkarjakarta," tulis Kiky Saputri soal penampilannya di area yang juga disebut Citayem Fashion Week itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tuai Pujian

Gaya Kiky Saputri yang berhijab di Citayam Fashion Week sukses mencuri perhatian di jagat maya. Tak sedikit yang memuji penampilannya tersebut, termasuk Zaskia Sungkar.

"ampunnn cantik bgt sis , masyaAllah Tabarakallah " tulis Zaskia Sungkar di kolom komentar.

Selain itu, warganet juga turut memeuhi kolom komentar dengan pujian. "MasyaAllah syantiknya kiki pakai hijab," tulis seorang warganet. "MasyaAllah cantiknya," lanjut lainnya.

"Duhai auranya cantik banget pake hijab," tambah warganet lain. "Masyaallah cantik bnget lu ky," puji lainnya. "MasyaaAllah tabarakkalah, mba @kikysaputrii cantiknya bikin adem, semoga istiqomah mba," lanjut warganet.

Sebelumnya, Kiki Saputri juga mengunggah potretnya bersama Zaskia Sungkar dalam balutan tampilan berhijab tersebut. "Assalamualaikum dari Ukhti dan Ughtea," tulis Kiky dalam unggahan 23 Juli 2022.

"Perkenalkan kami dari "DUO KK" Kia Sungkar dan Kiky Sungkan. Ditunggu yaa... Apanya yg ditunggu?Apaaaaa keeeeek... Astagfirullah.. maaf becindiiii..." tulis Kiky Saputri di kolom keterangan dengan nada bercanda.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bahkan tak mau ketinggakan ikut eksis di Citayam Fashion Week. Ridwan Kamil ikut mengunggah video singkat saat berada di Dukuh Atas.

Kang Emil, demikian ia akrab disapa memperlihatkan penampilannya yang mendapat banyak pujian. Awalnya, Ridwan Kamil terlihat mengenakan batik dan berpeci, lalu ia berganti kostum dengan mengenakan jas dan topi.

"Mau rapat di Jakarta, disuruh ganti kostum kalo lewat SCBD sekarang. #citayamfashionweek. Sehabis menerima award pake batik, tetiba harus rapat di kawasan SCBD dan terpaksalah diminta ikutan #citayamfashionweek bersama para model dunia yang tergabung dalam agency modelpadahalojol.inc," tulisnya dalan unggahan di Instagram pada Rabu, 20 Juli 2022.

Kang Emil tampil modis dengan mengenakan jas warna cokelat dan celana panjang bahan dengan warna senada dan memakai kaus putih sebagai inner. Ia melengkapi penampilannya dengan topi dan kacamata hitam sneakers putih sambil menenteng tas punggung berbahan kulit warna cokelat tua.


Anies Baswedan

Dikutip dari News Liputan6.com, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyambut Duta Besar Uni Eropa H.E. Vincent Piket, dan Vice President European Investment Bank Kris Peeters serta jajarannya. Ia juga mengajak para pimpinan investasi asal Eropa itu catwalk ala Citayam Fashion Week di zebra cross Dukuh Atas.

"Di sela-sela kunjungan tadi, sempat mencobacatwalkala teman-teman SCBD di Dukuh Atas," tulis Anies melalui akun resmi Instagramnya pada Selasa, 19 Juli 2022.

Anies bersama para tamu pimpinan investasi Eropa terlihat catwalk menyeberangi zebra cross Dukuh Atas dengan setelan jas rapi. Mereka berjalan tegap sembari tersenyum lebar.

Anies menyatakan dirinya dan jajaran pimpinan investasi Eropa itu tak sekeren remaja-remaja 'SCBD' yang belakangan viral dengan gaya nyentrik mereka di Dukuh Atas. Ia berkelakar tidak akan lagi mencoba catwalk di Dukuh Atas dan akan jadi penonton saja.

"Kesimpulannya kami semua tidak ada yang sekeren mereka, belum pantas naikcatwalk. Lain kali kami jadi penonton dan pengagum saja," lanjut Anies.

<p>Infografis Journal Fakta Fenomena Remaja Citayam Fashion Week di Sudirman. (Liputan6.com/Trie Yasni)</p>

Aksi Barbar Rusia di Odesa

Presiden Ukraina Sebut Serangan Misil Rusia di Odesa sebagai Aksi Barbar

Liputan6.com 2022-07-24 21:01:01
Balok beton dengan karung pasir menutupi jalan di Odesa, Ukraina selatan, dengan latar belakang berdiri Katedral Preobrazhensky, pada 22 Maret 2022. Perang Rusia yang tak henti-hentinya di Uk

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menuduh Rusia melakukan "barbarisme" setelah serangan rudal di pelabuhan Odesa.

Kesepakatan penting untuk melanjutkan ekspor biji-bijian Ukraina - yang ditandatangani beberapa jam sebelum serangan - sekarang tergantung pada keseimbangan.

Moskow belum mengomentari serangan itu dan Kyiv mengatakan persiapan masih berlangsung untuk melanjutkan ekspor biji-bijian meskipun ada pelanggaran yang jelas, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (24/7/2022).

Tetapi pada hari Sabtu Presiden Zelensky mengatakan itu menggambarkan bagaimana Moskow tidak dapat dipercaya untuk tetap berpegang pada kesepakatan.

Dia bersumpah untuk melakukan segala yang mungkin untuk memperoleh sistem pertahanan udara yang mampu menembak jatuh rudal semacam itu di masa depan.

Ukraina adalah pengekspor biji-bijian utama, tetapi karena perang, sekitar 20 juta ton biji-bijian terperangkap di pelabuhannya, tidak dapat pergi karena pasukan Rusia. Hal ini telah menyebabkan kekurangan makanan dan kenaikan harga di seluruh Afrika, yang biasanya bergantung pada Ukraina dan Rusia untuk gandum.

Di bawah kesepakatan hari Jumat, Rusia setuju untuk tidak menargetkan pelabuhan sementara pengiriman biji-bijian sedang dalam perjalanan.

Tetapi hanya beberapa jam setelah perjanjian itu ditandatangani, dua rudal Kalibr menghantam pelabuhan Odesa, menurut pusat komando selatan militer Ukraina. Dua rudal lainnya ditembak jatuh oleh sistem pertahanan udara, tambahnya.

Serangan itu tidak menyebabkan kerusakan signifikan pada pelabuhan, demikian ungkap pusat komando itu.

Serangan itu telah dikutuk secara luas. Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menuduh Rusia memperburuk krisis pangan global, dan mengatakan serangan itu menimbulkan "keraguan serius" pada kredibilitas komitmen Rusia terhadap pakta tersebut.

"Rusia harus menghentikan agresinya dan sepenuhnya menerapkan kesepakatan biji-bijian yang telah disepakatinya," katanya pada hari Sabtu.

Kremlin sejauh ini tidak memberikan komentar publik tentang serangan itu, namun pemerintah Turki, yang menjadi perantara kesepakatan itu, mengatakan para pejabat Rusia telah membantah bertanggung jawab.

"Dalam kontak kami dengan Rusia, Rusia memberi tahu kami bahwa mereka sama sekali tidak ada hubungannya dengan serangan ini dan bahwa mereka sedang memeriksa masalah ini dengan sangat cermat dan terperinci," kata Menteri Pertahanan Hulusai Akar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Rusia: Ukraina Tidak Akan Bisa Menang

Dalam perkembangan lain, Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban mengatakan Ukraina tidak bisa menang melawan Rusia.

Berbicara pada konferensi internasional kaum konservatif, dia mengatakan perang hanya dapat diakhiri dengan pembicaraan damai antara Washington dan Moskow.

"Diperlukan strategi baru, yang harus fokus pada negosiasi damai daripada mencoba memenangkan perang," kata Orban, yang pandangannya tentang konflik sering bertentangan dengan pandangan para pemimpin Uni Eropa lainnya.

Pada Hari Jumat, pejabat dari Kyiv dan Moskow menandatangani kesepakatan untuk memungkinkan jutaan ton biji-bijian yang terperangkap di Ukraina untuk diekspor.

Perjanjian itu dipuji sebagai "mercusuar harapan" oleh PBB setelah berbulan-bulan berperang.

Kesepakatan itu - yang membutuhkan waktu dua bulan untuk dicapai - akan berlangsung selama 120 hari, dengan pusat koordinasi dan pemantauan akan didirikan di Istanbul, yang dikelola oleh pejabat PBB, Turki, Rusia, dan Ukraina. Ini dapat diperbarui jika kedua belah pihak setuju.


Respons Uni Eropa

Kepala urusan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan serangan terhadap Odesa telah menunjukkan "pengabaian total" Rusia terhadap hukum internasional.

"Menyerang target yang penting untuk ekspor biji-bijian sehari setelah penandatanganan perjanjian Istanbul sangat tercela," cuitnya, seraya menambahkan bahwa UE "mengutuk keras" serangan itu.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dengan tegas mengutuk serangan itu, dengan mengatakan bahwa implementasi penuh dari kesepakatan biji-bijian sangat penting.

Paul Adams dari BBC di Kyiv mengatakan sangat menggoda untuk melihat serangan terhadap Odesa sebagai upaya untuk merusak kesepakatan biji-bijian.

Tetapi koresponden kami mengatakan itu tampaknya bertentangan dengan pernyataan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu bahwa tanggung jawab Rusia jelas ditetapkan.

Dalam pertempuran terbaru di lapangan, pejabat pertahanan Inggris mengatakan pasukan Rusia di wilayah Kherson berisiko terputus dari jalur pasokan mereka oleh pasukan Ukraina.

Pasukan Ukraina telah menggunakan sistem rudal baru yang dipasok AS untuk menargetkan Jembatan Antonovsky di Kherson.

Jika jembatan itu dihancurkan, jalur pasokan Rusia akan sangat membentang.

<p>Infografis Rencana Kunjungan Jokowi ke Ukraina-Rusia di Tengah Konflik (Liputan6.com/Triyasni)</p>

Mengaku Sering Di-Bully karena Berhijab

Eltasya Natasha Curhat Sering Di-Bully Karena Berhijab, Balas Lewat Karya

Liputan6.com 2022-07-24 12:30:11
Eltasya Natasha, penyanyi muda yang pernah dipuji Alan Walker di ajang PUBG MOBILE x ALAN WALKER Cover Song Contest. (IST)

Penyanyi muda Eltasya Natasha, ikut bergabung dalam gerakan Indonesia Serasi. Gerakan ini adalah sebuah kampanye yang digagas oleh para pesohor di Tanah Air, yang bertujuan untuk menciptakan persatuan, perdamaian, toleransi Antar perbedaan agama dan keragaman budaya.

Eltasya Natasha merasa gerakan ini perlu digaungkan di tengah banyaknya konflik, permusuhan, dan kebencian di antara sesama warga negara dan anak bangsa karena perbedaan pandangan politik, agama, budaya, ras dan suku.

Apalagi, Eltasya Natasha juga mengalami sendiri bagaimana ia diperlakukan berbeda hanya karena penampilannya yang berhijab. Di industri musik, tempatnya berkarier, Tasya --sapaannya-- mengaku sering mendapat perlakuan kurang menyenangkan.

"Semenjak di dunia bermusik banyak yang Tasya laluin, kayak bullying, dan itu sangat mempengaruhi Tasya untuk berkarya di dunia entertainment sampai sekarang," kata Eltasya Natasha saat melakukan sharing session dengan Indonesia Serasi pada Jumat (22/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Perlakuan

Lebih lanjut, bahkan Tasya pernah diminta untuk melepaskan hijabnya saat mengikuti salah satu ajang pencarian bakat menyanyi. Padahal, menurutnya hal itu tidak ada pengaruhnya sama sekali dengan suaranya.

"Salah satunya aku ikut ajang pencarian bakat, banyak yang tanya kenapa berhijab, (disarankan) 'kayaknya lebih cocok gak usah berhijab deh', padahal itu sama sekali gak ada pengaruhnya sama Tasya berkarya," lanjut Eltasya Natasha.


Buktikan

Saat ini, terbukti bahwa dengan berhijab pun, ia masih bisa berkarya bahkan hingga menembus kancah internasional dengan memenangkan kompetisi cover lagu On My Way yang diselenggarakan Alan Walker bersama PUBG Mobile di 2019. Saat itu, Alan Walker dan PUBG Mobile yang memasuki musim ke-6 memang berkolaborasi lewat kehadiran lagu On My Way dalam permainan.

"Ternyata diikuti sama banyak negara, tiba-tiba alhamdulillah bisa kepilih jadi pemenang nomor 1 di dunia dan ketemu langsung sama Alan Walker," kenang Tasya.

"Aku sempat berpikir, itu kan kental budaya luar ya, sementara aku berhijab, aku mikir apa aku bisa ya. Ternyata aku kepilih dan membuktikan bahwa itu nggak jadi masalah, hijab bukan jadi penghalang, bahkan mereka sangat mengapresiasi kita," sambungnya.


Sampai Hati

Tak hanya itu saja, saat ini Eltasya Natasha semakin membuktikan eksistensinya di dunia musik dengan merilis beberapa karya. Yang terbaru adalah single berjudul "Sampai Hati". Cinta masih menjadi tema besar yang diusung dalam lagu terbaru yang ditulis oleh IndahAnastasya ini.

"Sampai Hati" mengangkat kisah tentang dua sejoli yang telah bertahun menjalin hubungan dan komitmen. Namun belakangan, si cewek merasa jika ada yang berubah dari sikap kekasihnya. Perasaan si cowok seperti telah terkikis dan sudah tak lagi mencintai si cewek seperti dulu lagi.

Infografis Ciri-Ciri Orang Miliki Gangguan Kesehatan Mental. (Liputan6.com/Triyasni)

Ronaldo Siap Potong Gaji

Sudah Tak Mau Main di MU, Ronaldo Siap Potong Gaji Demi Gabung Atletico Madrid?

Liputan6.com 2022-07-24 11:00:31
Cristiano Ronaldo tampak kecewa saat MU menjamu Norwich City dalam lanjutan Liga Inggris 2021/2022 di Old Trafford, Sabtu (16/4/2022) malam WIB. (AP Photo/Jon Super)

Cristiano Ronaldo masih mengusahakan berbagai cara untuk tinggalkan Manchester United atau MU. Seperti dilansir Marca, Ronaldo siap potong gaji asal gabung dengan klub yang main di Liga Champions.

Satu-satunya harapan yang masih terbuka yaitu ke Atletico Madrid. Klub sekota Madrid ini tak benar-benar menolak Ronaldo.

Namun klub besutan Diego Simeone keberatan dengan mahalnya ongkos dan gaji untuk Ronaldo. Saat ini, Ronaldo digaji 31 juta euro per tahun di MU.

Inilah yang menjadi alasan Atletico Madrid berat untuk merekrutnya. Negoisasi harus dilakukan karena saat ini Ronaldo lah yang membutuhkan klub.

Apakah Ronaldo bersedia digaji di bawah standar dan menyesuaikan kebijakan di Atletico Madrid? Marca menulis, Ronaldo harus rela membuat konsesi dengan Atletico agar bisa bergabung.


Posisi MU

Saat ini, MU masih dalam posisi ogah melepas Ronaldo. Setidaknya manajer Erik Ten Hag masih terus membantah kemungkinan Ronaldo tinggalkan MU.

Di satu sisi, Ronaldo belum juga gabung dengan latihan pramusim MU. Ini makin memperuncing dan memperlama opera sabun antara Man Utd dengan Ronaldo.

"Situasinya masih sama seperti minggu lalu. Mungkin khawatir bukan kata yang tepat. Saya fokus dengan pemain yang ada di sini, yang tampil bagus dan fit, saya akan fokus saja dengan itu," ujar Ten Hag.


Tak Sabar

Ten Hag di sisi lain tak sabar untuk segera melatih Ronaldo. Maklum, dia butuh tahu kekuatan lini serang yang saat ini mengandalkan Jadon Sancho, Anthony Martial dan Marcus Rashford.

Media di Inggris memberitakan Ten Hag dan MU bisa saja mengultimatum Ronaldo agar kembali. Soalnya Liga Inggris semakin dekat sedang sang mega bintang belum juga hadir.

"Saya tak bisa menunggu apakah Ronaldo datang, tapi kalau dia datang, kami akan padukan dia dengan tim," kata Ten Hag.


Ditukar atau Dipinjam?

Megabintang Manchester United, Cristiano Ronaldo memang dikabarkan menjadi incaran dari Atletico Madrid. Melihat hal ini, Setan Merah mencoba membuat kesepakatan dengan Atletico untuk bertukar pemain dan ditambah fresh money.

Seperti yang dikutip dari Express, Sabtu (23/7/2022), MU menginginkan pemain Atletico, Joao Felix sebagai alat tukar dengan Ronaldo dengan ditambahkan fresh money.

Walaupun sebenarnya MU dan sang manajer, Erik Ten Hag ingin mempertahankan Ronaldo untuk musim depan. Tapi agak beresiko jika mempertahankan pemain bintang yang sebenernya sudah tidak bahagia berada di Old Trafford musim depan.

Dengan Atletico sudah terang-terangan ingin mendapatkan Ronaldo, pemain yang sebelumnya bermain di rival mereka, Real Madrid. Los Rojiblancos julukan Atletico sadar dengan mendapatkan Ronaldo dapat membantu mereka untuk bersaing di La Liga Spanyol dan Liga Champions musim depan.


Ditolak Munchen

Agen Ronaldo, Jorge Mendes, kabarnya juga sudah bergerilya menawarkan kliennya. Salah satunya kepada Munchen. Apakah Munchen bakal benar-benar merekrut Ronaldo?

CEO Munchen Oliver Kahn langsung memberikan tanggapan. Pria Jerman itu menegaskan tak tertarik merekrut Ronaldo walaupun ditinggal Lewandowski.

"Saya suka Cristiano Ronaldo, pemain fantastis tetapi setiap klub memiliki filosofi dan saya tidak yakin apakah itu akan menjadi sinyal yang tepat untuk Bayern dan Bundesliga jika kami merekrutnya sekarang. Langkah seperti itu belum tentu sesuai dengan ide kami," ujar Kahn.

Kriteria Jodoh Natasha Wilona

Natasha Wilona Beberkan Kriteria Pria yang Tanpa Basa-basi Bakal Langsung Diajaknya Menikah

Liputan6.com 2022-07-24 07:00:00
Natasha Wilona. (Foto: Instagram @natashawilona12)

Natasha Wilona tengah menjalani kesibukannya berakting di sejumlah sinetron maupun web series. Tentunya, perjuangan sang aktris menjadi inspirasi tersendiri bagi banyak orang terutama para penggemarnya di seluruh penjuru Tanah Air.

Mencari pendapatan tambahan, Natasha Wilona tetap mencari cara untuk memiliki penghasilan lain. Salah satunya adalah dengan berbisnis di dunia fashion. Lantaran hal itu, Wilo pun terpikir rencananya jika suatu hari menikah.

Dalam sebuah bincang-bincang di acara TS Talks, Natasha Wilona menyampaikan niatnya untuk mengurangi aktivitas di dunia hiburan setelah menikah. Sang aktris juga membeberkan kriteria pria idamannya yang tepat.

"Pastinya kalau aku di entertainment bagian dari passion aku, tapi mungkin kalau sudah menikah akan berkurang sedikit demi sedikit. Tapi aku tetap ada di dunia entertainment, tapi aku enggak tahu apakah akan syuting series atau mungkin cuma film sesekali," ujar Wilona melansir kanal YouTube TS Media, belum lama ini.


Jangka Panjang

Natasha Wilona juga menegaskan bahwa berbisnis adalah bagian dari caranya untuk bisa bertahan hidup di masa depan. Hal ini juga sebenarnya sudah dilakukan oleh banyak artis yang sekarang memiliki penghasilan besar di luar dunia hiburan.

"Bisnis memang aku membuat itu untuk planning masa depan aku. Bagi aku, itu buat nanti ke depannya. Aku berpikir buat jangka panjangnya," sambung Natasha Wilona.

Ditanya mengenai usia yang tepat untuk menikah, Natasha Wilona langsung membeberkan kriteria dasar pasangan yang tepat untuknya, yakni selalu mendukung dan sayang dengannya.


Kriteria Dasar Pasangan

Bahkan seandainya pria tersebut muncul di depan matanya, tanpa basa-basi, Wilo akan langsung mengajaknya untuk menikah.

"Aku enggak ada umurnya sih cuma kalau ketemu yang pas tiba-tiba Tuhan mengirimkan, pas dan aku merasa cocok," kata Natasha Wilona.

"Dan dia benar-benar supportive juga sama aku, sayang sama aku, ya sudahlah enggak usah lama-lama pacaran... Langsung," sambungnya.

Infografis Bedanya Kartu Nikah dengan Buku Nikah. (Liputan6.com/Triyasni)

Penampakan Wewe Gombel di Resepsi

Viral Penampakan Hantu Wewe Gombel di Acara Pernikahan, Berambut Panjang dan Muka Seram

Liputan6.com 2022-07-24 03:00:04
Viral Tamu Tak Diundang di Pernikahan, Seram Bak Hantu 'Wewe Gombel' (Sumber: TikTok/@chi_cadell)

Baru-baru ini jagat maya heboh dengan video sosok bak hantu wewe gombel di acara pernikahan. Video yang diunggah oleh akun TikTok @chi_cadell itu viral. Hingga tulisan ini ditayangkan, video sudah ditonton lebih dari 1,7 juta kali.

"Kg Ngerti lgi konsepnya apaan izin_mbanya dan mas'e yang pesta wkwk," tulis akun pengunggah seperti dilihat Sabtu (23/7/2022).

"Ehh rame juga yh dikira kaga fyp,makasih semuanya,dan izin juga Sm yang pesta yah diupload dan izin juga nih sama yg simba'nya yg jadi apa nih yah," tulis dia ketika video tersebut telah viral.

Video yang berdurasi 22 detik itu memperlihatkan sosok bak hantu wewe gombel yang datang ke acara pernikahan. Sosok itu berambut dan berkuku panjang.

Mukanya yang seram bisa membuat orang-orang ketakutan ketika melihatnya. Ditambah lagi dengan baju jubah serba putih, dari kejauhan orang-orang menganggapnya ini hantu beneran.

Sosok bak hantu wewe gombel itu datang ke acara pernikahan pada malam hari. Ia berjalan perlahan menuju pelaminan.

Orang-orang di sekitar hanya menonton saja tanpa terlihat ketakutan. Sebab, sosok hantu itu hanyalah hiburan untuk kedua mempelai yang sudah sah menikah.


Reaksi Warganet

Adanya sosok bak hantu wewe gombel di acara pernikahan itu justru bikin warganet takut dan mual. Reaksi-reaksi warganet dicurahkan melalui kolom komentar di akun TikTok pengunggah.

"Gue mending tidur daripada trauma se umur hidup," tulis akun @deafirli.

"Auto trauma kondangan," kata akun @hrmiaouu.

"Dateng ga doyan makan, pulang ga berani sendiri," timpal akun @abstrak_0.

"Kalo saya disitu pasti sudah ngirap-ngirap," komentar akun @mbakmari00.


Saksikan Video Pilihan Ini:

Saingan Citayam Fashion Week

Uniknya Peragaan Busana di Jember, 'Catwalk' di Tengah Kebun Tembakau

Liputan6.com 2022-07-24 18:00:00
Peragaan busana di tengah kebun tembakau di Jember. (Liputan6.com/ ist)

Fashion show di alam terbuka digelar di perkebunan tembakau Kabupaten Jember Jawa Timur. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara Festival Jember Kota Cerutu Indonesia (JKCI) ke-4.

Pemilihan kebun tembakau sebagai arena peragaan busana, tak lain untuk menunjukkan tembakau Jember yang sudah mendunia.

"Ini adalah kolaborasi Wastrabatik dalam fesyen modern karya saya Emran Nawawi yang diperagakan oleh Raka-Raki Jawa Timur yang ditampilkan di tengah hamparan kebun tembakau Jember," ungkap perancang busana, Emran Nawawi, Sabtu (23/7/2022).

Adapun jenis busana yang ditampilkan bercorak daun tembakau dengan warna-warni yang segar dan model kekinian.

Peragaan busana di tengah kebun tembakau ini selain untuk memeriahkan festival JKCI ke 4 tahun 2022 ini, juga untuk mengggerakkan perekonomian Kabupaten Jember melalui kunjungan wisatawan dari berbagai negara.

Para pengunjung yang datang, selain dapat melihat indahnya busana, juga dapat mengetahui secara langsung bahan dasar cerutu Jember yakni daun tembakau langsung dari kebunnya.

"Luar biasa ini fashion show di tengah kebun tembakau dan pertama kalinya di dunia terlaksana di Jember dan ada dutabesar dari 11 negara juga yang datang," kata Bupati Jember, Hendy Siswanto.

Ia menyebut tembakau adalah komoditas unggulan Jember, melalui even ini para petani tembakau semakin meningkat perekonomiannya.