Baim Wong Minta Maaf

Baim Wong Minta Maaf Sudah Membuat Resah Citayam Fashion Week

Liputan6.com 2022-07-25 13:30:00
Baim Wong (Foto: Instagram/@baimwong)

Baim Wong menjadi salah satu artis yang tergerak untuk mematenkan Citayam Fashion Week ke HAKI. Tentu saja hal itu menuai pro dan kontra.

Suami Paula Verhoeven dianggap mencari keuntungan dari kalangan menengah ke bawah. Tak hanya itu, Ridwan Kamil pun memberikan nasihat agar Baim Wong mencabut pendaftaran di HAKI.

Meski begitu, pemilik nama lengkap Muhammad Ibrahim menegaskan bahwa semua yang dilakukannya bukan untuk dirinya sendiri maupun keluarga.

"Semua itu saya lakuin bukan untuk kepentingan pribadi ..

Tujuan besarnya leboh untuk kalian,

Lebih untuk Indonesia," tulisnya di feed Instagram terverifikasi miliknya, Senin (25/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Peduli Negara

Ditambahkan Baim Wong bahwa semuanya bentuk kepedulian dan kecintaannya terhadap negara sendiri.

"Saya peduli dengan negara saya .Sebisa mungkin saya melakukan yg menurut saya bisa saya lakukan..

Kalua kalian mempunyai rasa yg sama,

Mungkin kalian melakukan Hal yg sama dengan saya," lanjutnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Lebih Maju

Baim Wong mengungkapkan pemikirannya tentang Indonesia. Ia ingin negaranya bisa lebih maju dari negara lainnya.

"Selalu berpikir bagaimana MENJADIKAN INDONESIA lebih maju ..

Ga pernah mau terima kalau Indonesia kalah sama luar negeri..

Selalu berfikiran,Indonesia pasti bisa lebih hebat," sambungnya.


Minta Maaf

Setelah mengeluarkan semua hasratnya terhadap Citayam Fashion Week, Baim Wong pun meminta maaf.

"Tetapi Maap kalau jadi meresahkan kalian..

Insyaallah tujuan kita sama..

Semua untuk kalian..

Selalu Sayang Kalian Semua," ia mengakhiri dengan memberikan emotikon hati berwarna merah serta bendera merah putih.

<p>Infografis Journal Fakta Fenomena Remaja Citayam Fashion Week di Sudirman. (Liputan6.com/Trie Yasni)</p>

Temuan Penting Kematian Brigadir J

Ridwan Kamil Nasihati Baim Wong

Tegas, Ridwan Kamil Minta Baim Wong Cabut Pendaftaran HAKI Citayem Fashion Week

Liputan6.com 2022-07-25 12:30:15
Baim Wong kerap memanfaatkan waktu senggang dengan main gim, untuk usir jenuh. (Foto: Instagram @baimwong)

Baim Wong dan Paula Verhoeven mendaftarkan HAKI Citayem Fashion Week ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual atau PDKI. Hal ini pun menuai pro dan kontra.

Bahkan, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pun angkat bicara mengenai keputusan Baim Wong. Dengan kalimat yang santun, Ridwan Kamil memberi nasihat.

"Tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial. Fenomena #CitayamFashionWeek itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuhkembangnya harus natural dan organik pula," kata Ridwan Kamil dikutip dari Instagramnya, Senin (25/7/2022).

"Sekalinya diformalkan dan dimewahkan, apalagi oleh orang luar, malah akan hilang tujuan dan maksudnya. Dan biasanya gerakannya malah akan mati muda," ia menyambung pernyataan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Apa Adanya

Ridwan Kamil ingin Citayem Fashion Week berjalan apa adanya. Tanpa dialihkan ke tempat khusus seperti Sarinah, bukan untuk dijadikan konten Podcast, bukan juga dibuat menginternasional.

"Biarkan tetap Slebew bukan Haute Couture. Ada kalanya mereka hanya butuh ruang ekspresi. Dan tidak perlu negara turut campur terlalu jauh. Tidak perlu pula individu2 di luar komunitasnya ikut-ikutan mengatur-ngatur," tuturnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Bukan Inisiatif yang Ini

Menurut Ridwan Kamil, jika Citayem Fashion Week ingin diorganisir dengan lebih baik, maka komunitasnyalah yang lebih berhak mengurus, bukan Baim Wong.

"Anda dan istri sudah hebat punya kerja2 luar biasa. Lanjutkan. Tapi bukan untuk inisiatif yang ini," ungkapnya.


Minta Dicabut

Terakhir, dia minta pendaftaran HAKI dicabut. "Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja. Terima kasih jika bisa memahaminya," tutup Ridwan Kamil.

Warganet pun setuju dengan imbauan sang gubernur. "Setujuu Pak, gak semunya soal uang dan ga semuanya harus diuangkan," kata warganet di kolom komentar.

"Kreatifitas dan kebahagiaan Wong Cilik diakusisi Baim Wong," tambah yang lainnya.

<p>Infografis Journal: Fakta Fenomena Remaja Citayam di Fashion Week Sudirman (Trie Yasni/Liputan6.com)</p>

Jeje-Bonge Jadi Model Video Klip

Gaya Ikon Citayam Fashion Week Jeje dan Bonge Saat Jadi Model Video Klip Keljo

Liputan6.com 2022-07-25 16:03:00
Gaya Ikon Citayam Fashion Week Jeje dan Bonge Saat Jadi Model Klip Keljo. foto: Youtube 'Kelvin Joshua'

Citayam Fashion Week masih hangat dibicarakan banyak pihak dan menjadi topik utama di media sosial. Ajang yang awalnya untuk seru-seruan bagi anak-anak muda yang ingin eksis ini ternyata mulai membesar, termasuk melambungkan nama Jeje dan Bonge.

Keduanya bahkan baru-baru ini didapuk jadi model video klip. Penyanyi dan penulis lagu, Keljo alias Kelvin Joshua merilis single sekaligus video musik terbarunya berjudul Jangan Katakan Cinta pada Sabtu, 22 Juli 2022.

Keljo menggandeng dua ikon fenomena Citayam Fashion Week, yaitu Jeje dan Bonge untuk menjadi model video klip Jangan Katakan Cinta. Video klip tersebut sudah diunggah di kanal Youtube 'Keljo' pada 22 Juli 2022 dan sampai berita ini ditulis sudah ditonton lebih dari 193 ribu kali.

Di awal klip yang disutradarai sendiri oleh Keljo tersebut, Jeje terlihat sedang diwawancara tentang rasa cinta kepada kekasihnya, Roy. Dalam waktu yang bersamaan, tidak jauh dari tempat Jeje, Bonge terlihat turun dari mobilnya.

Pandangan Jeje pun dengan cepat berpindah ke Bonge. Jeje pun kemudian menghampiri Bonge dan keduanya menghabiskan waktu bersama, sebelum akhirnya Jeje mengungkapkan rasa cintanya kepada Bonge yang kemudian disambut dengan respons tak terduga.

Jeje dan Bonge terlihat mengenakan outfit bergaya street style seperti biasa mereka tampilkan di Stasiun Dukuh Atas BNI City, Sudirman, Jakarta Pusat. Jeje memakai crop top putih dan celana panjang cokelat muda.

Ia melengkapi penampilannya dengan tas punggung kecil warna abu-abu dan sneakers hitam. Sedangkan Bonge tampil dengan jaket hitam motif kotak-kotak, kaus putih, dan celana panjang gombrong wana hitam. Bonge melengkapi penampilannya dengan topi, kacamata hitam serta sneakers warna hitam putih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Membuka Pintu Baru

Keduanya juga beberapa kali berganti outfit dalam klip tersebut. Sebagian besar lokasi syutignya juga dilakukan di kawasan Stasiun Dukuh Atas atau sering disebut SCBD (Sudirman, Citayam, Bojong Gede, Depok).

Kehadiran Jeje dan Bonge dalam video klip single terbarunya ini sangat istimewa bagi Keljo. Keljo sendiri berharap video klip ini bisa membuka pintu-pintu baru untuk keduanya.

"Big Thanks to @bonge_real @911jelicascalling yg BAGUS BANGET ACTING NYAA!! semoga kalian makin sukses dan dari JKC bisa buka kesempatan2 baru buat kalian yaaa!" tulis Keljo dalam unggahan di akun Instagramnya pada 22 Juli 2022.

Jangan Katakan Cinta merupakan single pamungkas dari konsep trilogi dari Keljo. Sebelumnya ada lagu Sesal Terlambat yang dirilis pada Oktober 2021 dan Sirna dirilis pada Maret 2022. Jangan Katakan Cinta diciptakan oleh Keljo dan gitaris bandnya Yoshua Perwirana.

Yang bikin penasaran, di akhir video klip terlihat Keljo sedang mendekati Jeje yang membelakangi kamera. Setelah itu video berakhir dengan tulisan 'To Be Continued (bersambung)'. Bisa jadi bakal ada kelanjutan dari klip tersebut dengan lagu lainnya dan kembali menampilkan ikon Citayam Fashion Week sebagai modelnya.


Mendaftarkan merek Citayam Fashion Week

Fenomena Citayam Fashion Week kembali jadi sorotan karena pasangan Baim Wong dan Paula Verhoeven mendaftarkan Citayam Fashion Week ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual. Bukan hanya mereka, ada pula pihak lain yang mendaftarkan merek tersebut.

Dikutip dari laman resmi Pangkalan Data Kekayaan Intelektual, Senin (25/7/2022), ada dua pihak yang mendaftarkan mereka Citayam Fashion Week ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual. Pertama, perusahaan milik Baim Wong dan Paula Verhoeven, yakni PT. Tiger Wong Entertainment pada 20 Juli 2022 dengan nomor permohonan JID2022052181.

Pihak kedua yang mendaftarkan merek Citayam Fashion Week ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual adalah Indigo Aditya Nugroho pada 21 Juli 2022 dengan nomor permohonan JID2022052496. Masing-masing pendaftar mencantumkan deskripsi jenis barang atau jasa yang berbeda.

Terkait kisruh pendaftaran merek Citayam Fashion Week, Baim Wong buka suara melalui unggahan di akun Instagram pribadi pada Senin (25/7/2022). Ia pun menyertakan pesan "Selalu Sayang Kalian Semua Jangan Lelah Untuk Berbagi #CFW milik kalian."

"Citayam Fashion Week ini bukan milik saya. ini milik mereka semua, ini milik Indonesia. Saya hanyalah orang yg punya visi MENJADIKAN Citayam fashion week sbg AJANG untuk membuat trend ini menjadi wadah yg legal, dan ga musiman. Dan yg paling penting, bisa memajukan fashion Indonesia di masa dunia," tulisnya.


Alasan Baim Wong

Baim Wong dalam unggahannya juga menjelaskan alasannya tergerak untuk mendaftarkan merek Citayam Fashion Week. Ia menyebut semua karena istrinya, Paula Verhoeven yang mengerti dunia fashion.

"Berawal semua ini karena istri saya. Karena dia mengerti dunia fashion, dan dia melihat Citayam fashion week ini adalah gerakan dimana org2 sudah mempedulikan fashion. Dan ternyata di Indonesia, fashion itu ga harus mahal, dan mereka bangga memakainya. Kebanggaan itu adalah achivement yg penting, dan itu harus dibudidayakan," tambah Baim.

Koordinator Humas Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham Irma Mariana menjelaskan permohonan merek Citayam Fashion Week yang diajukan Baim Wong masih dalam tahapan formalitas. Untuk mendapatkan merek itu, prosesnya masih sangat panjang.

"Saat ini masih dalam tahapan yang harus dilewati banyak. Jadi belum tentu juga merek ini akan diberikan. Kalau merek diberikan juga tergantung dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh pemeriksaan DJKI," kata Irma saat dihubungi Merdeka, Minggu, 24 Juli 2022.

Irma menambahkan, jika tahapan formalitas sudah lengkap verifikasi administrasinya, baru masuk pada tahap publikasi. "Tahapan publikasi ini akan melihat apakah ada keberatan dari pihak lain terkait dengan pengajuan merek ini, jika tidak ada keberatan dari pihak lain baru masuk ke tahap pemeriksaan," lanjutnya.

<p>Infografis Journal Fakta Fenomena Remaja Citayam Fashion Week di Sudirman. (Liputan6.com/Trie Yasni)</p>

Mayangsari di Citayem Fashion Week

Mayangsari Melenggang di Zebra Cross Citayem Fashion Week: Uww Slebew

Liputan6.com 2022-07-25 16:00:00
Mayangsari diketahui ikut meramaikan Citayem Fashion Week yang sedang viral disorot masyarakat (https://www.instagram.com/p/CgZKf5cPYEJ/)

Mayangsari dibuat terpesona dengan gaya remaja Citayem yang sukses memperkenalkan Citayem Fashion Week. Kini, DKI Jakarta memiliki daya tarik lain akibat kreatifitas anak-anak muda yang meramaikan kawasan Jalan Jenderal Sudirman.

Secara khusus, istri Bambang Trihatmodjo ini memuji sejumlah nama yang dianggap terlibat dalam viralnya Citayem Fashion Week. Ia menyebut dua nama yang jadi ikon Citayem Fashion Week, yakni Jeje dan Bonge.

"Jeje & Bonge kamu keren #citayemfashionweek," tulis Mayangsari sebagai status teks unggahan video singkatnya di akun Instagram terverifikasinya, Minggu, 24 Juli 2022.

Mayangsari mengunggah video singkat soal kunjungannya ke lokasi paling populer di seantero Ibu Kota saat ini, yakni kawasan Jalan Dukuh Atas, tempat digelarnya aksi Citayem Fashion Week oleh sejumlah anak muda kreatif.


Ikut Euforia Citayem Fashion Week

Pelantun lagu "Tiada Lagi" ikut menikmati euforia Citayem Fashion Week yang menggema di seantero Ibu Kota dan jagat maya.

Mayangsari kemudian mendatangi lokasi digelarnya Citayem Fashion Week dan bergabung dengan kerumunan anak-anak muda yang tampil mengekspresikan cara berpakaian mereka.

"Waktu kemarin ikut trend Citayem Fashion Week uww Slebew ," tulis Mayangsari dengan bahasa khas Citayem Fashion Week yang dipopulerkan oleh Jeje.


Melenggang Bak Model

Bersama geng sosialitanya, Mayangsari tampak melenggang bak model di zebra cross yang biasa dijadikan runway untuk Citayem Fashion Week itu.

Mengenakan dress berwarna cokelat dengan sentuhan motif polkadot, Mayangsari terlihat antusias saat memimpin geng sosialitanya melenggang di zebra cross Citayem Fashion Week.

Ia juga ramah melayani permintaan foto dan sapaan orang-orang yang mengenalnya di lokasi yang sedang trend dan viral di Jakarta.


Apresiasi Bonge dan Jeje

Viralnya Citayem Fashion Week memang tak lepas dari peran beberapa tokoh anak muda asal Citayem seperti Jeje, Bonge, Roy dan Kurma.

Mayangsari pun tak segan memberikan pujian kepada mereka yang bisa membuat trend Citayem Fashion Week ini begitu fenomenal.

<p>Infografis Journal: Fakta Fenomena Remaja Citayam di Fashion Week Sudirman (Trie Yasni/Liputan6.com)</p>

Foto yang Bikin Trauma Kate Moss

Kate Moss Trauma Ingat Momen Foto Telanjang Dada Pertama, Sampai Minum Obat Keras

Liputan6.com 2022-07-25 17:05:00
Kate Moss. (AFP/JEAN CHRISTOPHE MAGNENET)

Supermodel Kate Moss mengungkapkan pengakuan mengejutkan mengenai dirinya saat remaja berkarier di dunia model. Ia mengingat kembali pengalaman pilu menjadi sasaran predator seksual kala itu.

Dikutip dari Daily Mail, Minggu, 24 Juli 2022, perempuan berusia 48 tahun ini ingat dirinya menangis karena fotografer yang menyuruhnya untuk berfoto telanjang dada. Pada usia 15 tahun, ia terpaksa melarikan diri pada satu sesi saat diminta untuk mencopot pakaian dalam yang ia kenakan.

"Saya memiliki pengalaman yang mengerikan untuk katalog bra," katanya kepada program BBC Radio 4. "Saya baru berusia 15 tahun dan dia berkata, 'Lepaskan atasan Anda', dan saya melepas atasan saya. Dan saat itu saya sangat malu dengan tubuh saya."

"Dan dia berkata, 'Lepaskan bra-mu', dan saya bisa merasakan ada sesuatu yang salah jadi saya mengambil barang-barang saya dan saya kabur. Saya pikir itu mempertajam insting saya," tambah Moss.

Moss saat remaja menandatangani kontrak dengan agensi model Storm pada 1988. Pada usia 14 tahun, ia bepergian ke London tanpa pendamping dan menyelesaikan hingga delapan tugas pemodelan sehari.

Selama acara radio, dia berbicara tentang pemotretan pada 1990 yang membuatnya terkenal. Namun, Kate Moss mengakui bahwa mengingat kembali memori tersebut terasa tetap 'menyakitkan'.

Mendiang fotografer Corinne Day, yang sering bekerja dengan Moss, memotret serangkaian foto untuk majalah The Face di pantai di Camber Sands, East Sussex. Kala itu, Kate Moss berusia 16 tahun.

"Soal hidung mengerut yang ada di sampulnya, ia akan berkata, 'Mendengus seperti babi' untuk mendapatkan gambar itu. Saya seperti, "Saya tidak ingin mendengus seperti babi", dan dia akan berkata, 'Mendengus seperti babi, saat itulah terlihat bagus'," tutur Kate Moss soal pemotretan itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pengalaman Pahit

Moss mengingat bagaimana dia 'banyak menangis' selama pemotretan karena dia tidak nyaman 'telanjang'. "Saya tidak ingin melepas atasan saya," katanya.

"Saya benar-benar sadar diri tentang tubuh saya dan dia akan berkata, 'Jika Anda tidak melepas atasan Anda, saya tidak akan book Anda untuk Elle', dan saya akan menangis. Itu menyakitkan karena dia adalah sahabat saya dan saya sangat mencintainya, tetapi dia adalah orang yang sangat sulit untuk diajak bekerja sama," ungkap Moss.

Ia menambahkan, "Tapi ... gambarnya luar biasa sehingga dia mendapatkan apa yang dia inginkan dan saya menderita untuk mereka, tetapi pada akhirnya mereka memberi saya dunia yang baik, sungguh. Mereka memang mengubah karier saya."

Moss juga ingat syuting kampanye pakaian dalam untuk Calvin Klein pada 1992 dengan aktor Hollywood Mark Wahlberg, yang dikenal pada saat itu sebagai Marky Mark. Itu adalah kampanye iklan besar pertamanya, tetapi gadis 17 tahun itu harus menggunakan Valium untuk meredakan kecemasannya, yang disebabkan kemungkinan akibat telanjang dada.

Ditanya oleh presenter Lauren Laverne apakah dia merasa menjadi objek selama kampanye, Moss menjawab, "Ya sepenuhnya, dan rentan dan takut. Saya pikir mereka mempermainkan kerentanan saya, dan saya cukup muda dan polos, jadi Calvin menyukainya."

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Masa Lalu Kelam

Moss muncul dari tantangan awal ini untuk menjadi salah satu tokoh paling ikonis dan kuat dalam mode internasional, yang memiliki lingkaran dalam yang mencakup beberapa selebritas terbesar dunia. Kesuksesan juga dibarengi dengan ketika berada di momen terendah.

Moss berbicara terus terang tentang perjuangannya dengan minuman dan obat-obatan yang hampir menghancurkan kariernya. Ia ingat masa mudanya yang liar tumbuh di Croydon, London Selatan, ketika dia pertama kali mulai kehilangan kendali pada usia 13 tahun setelah orangtuanya berpisah.

"Saya mulai merokok ganja dan bergaul dengan orang-orang yang jauh lebih tua dari saya, banyak anak laki-laki yang lebih tua yang merawat dan dan melindungi saya," katanya.

"Mereka akan membawa saya ke London dengan kereta api. Saya akan berganti dari seragam sekolah saya menjadi pakaian dan pergi ke Fred (sebuah bar di Soho). Saya bahkan tidak suka rasa alkohol. Saya akan minum Long Island Ice Teas karena tidak ada rasa alkoholnya, tapi tentu saja itu minuman yang kuat," tambahnya.


Skandal

Kate Moss juga merenungkan skandal narkoba yang mengancam akan menghancurkan kariernya pada 2005. Moss untuk sementara kehilangan beberapa kontrak yang menguntungkan ketika sebuah surat kabar nasional menerbitkan foto-foto yang menunjukkan dia menggunakan kokain.

Kariernya berlanjut ketika polisi memutuskan tidak ada cukup bukti untuk mengambil tindakan. "Saya merasa sakit dan sangat marah karena semua orang yang saya kenal menggunakan narkoba sehingga mereka fokus pada saya dan mencoba membawa putri saya pergi, saya pikir itu benar-benar munafik," katanya.

Ia juga menolak gagasan bahwa dia dan Corinne Day sengaja menciptakan tampilan yang sangat kontroversial yang dijuluki 'heroin chic' ketika mereka berkolaborasi lagi dalam pemotretan di rumah model untuk Vogue pada 1993. "Saya pikir saya adalah kambing hitam untuk banyak masalah orang," katanya.

"Saya tidak pernah anoreksia, saya tidak pernah. Saya tidak pernah menggunakan heroin. Saya kurus karena saya tidak diberi makan saat syuting atau pertunjukan dan saya selalu kurus. Itu adalah pemotretan mode. Itu dipotret di flat saya dan itulah bagaimana saya bisa hidup pada saat itu. Dan saya pikir itu mengejutkan karena saya tidak menggairahkan dan saya hanya seorang gadis normal. Saya bukan model tinggi dan glamor dan itu mengejutkan mereka," tambahnya.

Berikut model-model dunia dengan penghasilan tertinggi (liputan6.com/deisy)

Elon Musk Pebinor?

Dugaan Kasus Pebinor: Elon Musk Dituduh Rebut Istri Sergey Brin

Liputan6.com 2022-07-25 15:32:56
Elon Musk berjalan dari pusat peradilan di Wilmington, Delaware, Amerika Serikat, Senin (12/7/2021). Pemegang saham menuduh Elon Musk memperkaya dirinya serta keluarganya dengan kesepakatan y

Bos Tesla Elon Musk dituduh selingkuh dengan istri sah dari Sergey Brin, co-founder Google. Cinta terlarang itu berujung pada perceraian Sergey Brin dan istrinya bernama Nicole Shanahan.

Ironisnya, Elon Musk dan Sergey Brin sebetulnya ada hubungan bisnis. Sebelum kaya raya seperti sekarang, Elon Musk sempat kesulitan akibat resesi 2008.

Dilaporkan New York Post, Senin (25/7/2022), Sergey Brin pernah memberikan dana bantuan sebesar US$ 500 ribu kepada Elon Musk ketika resesi. Dana itu diberikan untuk membantu Tesla dalam hal produksi.

Elon Musk telah menolak tuduhan merebut bini orang, tetapi Sergey Brin telah mantap mengajukan perceraian kepada Nicole yang ia nikahi pada 2018. Brin juga meminta agar investasi-investasinya di aset Elon Musk agar dijual.

Berdasarkan data Forbes, kekayaan Elon Musk adalah US$ 253,4 miliar (Rp 3.797 triliun). Sementara, Sergey Brin memiliki US$ 89,9 miliar (Rp 1.347 triliun).

Sergey Brin memang sudah melepas possinya sebagia presiden dari Alphabet, induk dari Google, namun ia tetap anggota direksi. Saat ini, ia disebut fokus mendanai proyek kapal udara berteknologi tinggi.

Elon Musk telah membantah tuduhan selingkuh tersebut dan menyebutnya: "total bs".

Saat ini, Elon Musk sedang lajang usai berpisah dari musisi Kanada bernama Grimes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sosok Sergey Brin

Nama Sergey Brin tengah jadi sorotan media dan publik. Pasalnya, Nicole Shanahan, istri dari salah satu pendiri Google ini diklaim terlibat perselingkuhan dengan bos SpaceX, Elon Musk.

Kabarnya, skandal ini membuat hubungan pertemanan antara Elon Musk dan Sergey Brin retak. Meski begitu, Musk melalui cuitan di Twitter, sudah membantah isu ini.

Bos Tesla itu dengan tegas mengatakan, pemberitaan tersebut adalah kebohongan besar. Selain itu, ia dan Sergey baru saja berada dalam sebuah pesta.

"Sergey dan saya adalah teman dan kami bersama dalam pesta tadi malam," kata Elon Musk. "Saya hanya ketemu Nicole dua kali dalam tiga tahun, dua-duanya di tengah banyak orang. Tak ada yang romantis."

Tweet Musk itu sendiri menjadi sebuah respon dari cuitan yang berisi artikel tentang isu perselingkuhan Elon Musk dengan istri Sergey Brin, yang ditulis oleh WSJ.

Musk juga kemudian setuju atas sebuah tweet yang berisi cuitannya, tentang datangnya serangan politik yang bertubi-tubi atas dirinya.

"Ya, serangan pembunuhan karakter sudah mencapai level baru tahun ini, tapi artikel ini tidak ada apa-apanya," ujar CEO SpaceX tersebut seraya menambahkan, dia tidak punya waktu untuk mengurus hal-hal semacam itu.

"Tidak satu pun dari orang-orang kunci yang terlibat dalam dugaan pelanggaran ini diwawancara," Musk melanjutkan cuitannya.

Sebagai pendiri Google, nama Sergey Brin tentu tidak asing di dunia industri teknologi. Pria kelahiran Moskow, Rusia, 21 Agustus 1973 ini, sama-sama mendirikan mesin pencari terbesar di dunia bersama Larry Page.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Mendirikan Google Bersama Larry Page

Mengutip Britannica, Brin dan keluarganya pindah ke Amerika Serikat di 1979. Setelah menerima gelar ilmu komputer dan matematika di University of Maryland pada 1993, ia lalu masuk program pascasarjana di Stanford University.

Di sana, dia bertemu Page. Keduanya sama-sama tertarik dengan gagasan untuk meningkatkan kemampuan mengekstraksi makna dari kumpulan data, yang terkumpul di internet.

Di kamar asrama Page, mereka lalu mulai bekerja untuk merancang jenis teknologi pencarian baru, yang memanfaatkan kemampuan peringkat pengguna Web itu sendiri, dengan melacak "tautan pendukung" setiap situs.

Brin menerima gelar master pada tahun 1995, tetapi ia cuti dari program doktor Stanford untuk terus bekerja di mesin pencarinya.

Di pertengahan 1998, Brin dan Page mulai menerima pembiayaan dari luar dan sukses mengumpulkan sekitar USD 1 juta dari investor, serta dari keluarga dan teman-teman mereka.

Singkat cerita, Google pun mulai berjalan dan pada tahun 2004, Google Inc. secara resmi melakukan initial public offering (IPO) yang menghasilkan lebih dari USD 3,8 miliar dolar untuk Brin.

Di April 2011, Brin melepaskan tugasnya sebagai President of Technology untuk menjadi Director of Special Projects. Pada re-organisasi tahun 2015, perusahaan induk Google, Alphabet dibentuk, dengan Brin sebagai presidennya.

Bulan Desember 2019, Sergey Brin meninggalkan jabatannya di Alphabet. Namun, ia masih terus menjabat sebagai dewan direksi.


Dua Kali Menikah

Di luar urusan Google, Sergey Brin menikah dengan Anne Wojcicki pada tahun 2007, namun bercerai di 2015. Dia lalu menikah dengan Nicole Shanahan, namun memutuskan bercerai pada tahun 2021 lalu.

Bersama Anne, Brin memiliki dua orang anak. Sementara dengan Nicole, Brin memiliki seorang putri yang lahir pada tahun 2018 lalu.

Bloomberg Billionaires Index, hingga artikel ini ditulis, memasukkan Brin di nomor delapan orang terkaya di dunia, di bawah Larry Page dengan kekayaan USD 94,6 triliun.

Sementara Elon Musk, yang kabarnya menjadi penyebab keretakan hubungan Brin dengan Shanahan, masih bertengger di peringkat pertama orang terkaya di dunia.

Mengutip The Verge, seperti Elon Musk, Brin juga dikabarkan sempat tersandung beberapa kasus.

Ia pernah dijuluki sebagai "playboy Google" karena keterlibatan seksualnya dengan karyawan, di mana manajer SDM Heather Cairns menyebut perilakunya sebagai "klaim pelecehan seksual yang menunggu untuk terjadi."

Infografis 7 Tips Aman Belanja di Pasar Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Pagar JIS Roboh Saat Launching

Pagar JIS Roboh, Anies: Jadi Bahan untuk Evaluasi

Liputan6.com 2022-07-25 14:44:27
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Dirut Jakpro Dwi Wahyu Daryoto melihat gambar Jakarta International Stadium di Jakarta, Kamis (14/3). Stadion ini nantinya bakal digunakan sebagai

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merespons insiden pagar pembatas tribun Jakarta International Stadium (JIS) yang roboh saat grand launching pada Minggu 24 Juli 2022. Kata dia, adanya pagar yang roboh tersebut karena semangat dari suporter Persija yakni The Jakmania yang ingin meyaksikan tim kesayangannya berlaga.

Anies pun berpesan kepada para suporter sepak bola agar menjadi teladan pada setiap pertandingan. Sehingga jangan sampai berbuat hal-hal yang tidak diinginkan.

"Semalam memang ada pagar yang rubuh, namun tidak mengganggu acara. Mungkin karena semangat dan kerinduan The Jakmania yang tak terbendung lagi setelah bertahun-tahun, akhirnya bisa kembali mendukung Persija di kandangnya sendiri," ujar Anies melalui akun instagram @aniesbaswedan, Senin (25/7/2022).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu juga berpesan, JIS bukan hanya sebatas bangunan megah tanpa memperhatikan ketertiban dan kenyamanan fasilitas yang disediakan. JIS, kata Anies dibangun oleh Pemprov DKI Jakarta sebagai wujud tempat yang dapat menyatukan segala golongan warga Jakarta.

Anies pun menegaskan bahwa insiden ambruknya pagar pembatas tribun merupakan pelajaran berharga bagi Pemprov DKI, Jakmania, Persija, dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

"Pertandingan kemarin jadi bahan berharga untuk evaluasi kita semua, Jakpro, Jakmania, Pemprov DKI, dan Persija. Mari jaga stadion kita, jaga kebanggaan tempat ini, dan tunjukkan kepada semua bahwa stadion ini bukan sekadar bangunan mahakarya, tapi suporternya teladan juga bagi semua," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, pagar pembatasan penonton tribun utara ambruk. Kejadian ini terjadi sekitar pukul 17.40 WIB.

Pantauan Merdeka.com kondisi pagar pembatas mulai mengalami tanda-tanda akan ambruk lantaran bentuk pagar sudah terlihat menjorok ke arah selatan.

Sebelum pagar ambruk, sejumlah penonton terlihat duduk di pagar tersebut untuk memasang spanduk curva nord Persija. Dari kejadian tersebut satu orang ditandu oleh petugas medis.


Anies: Saya Serahkan JIS kepada The Jak Mania, Warga Jakarta dan Bangsa Indonesia

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menghelat Grand Launching Jakarta International Stadium (JIS) pada Minggu 24 Juli 2022 malam. Acara tersebut dihadiri oleh para The Jakmania yang memenuhi tribun untuk menyaksikan pertandingan persahabatan antara Persija Jakarta melawan Chonburi FC dari Thailand.

Dalam sambutannya, Anies menyebut bahwa malam hari ini adalah malam yang ditunggu sejak lama dan sesuai apa yang dijanjikan Anies, yakni Persija memiliki stadion sebagai homebase mereka.

"Akhirnya hari yang ditunggu itu, yang dinanti bertahun-tahun malam ini mencapai ujungnya. Alhamdulillah malam ini kita sama-sama hadir menuntaskan fase perjuangan. Di tempat ini telah lama dicanangkan, dijanjikan, dan hari ini janji itu dibayar tunai," terangnya.

Anies menyerahkan JIS pada The Jakmania untuk benar-benar dijaga, sebab JIS bukan hanya stadion melainkan juga rumah bagi warga Jakarta.

"Hari ini saya menyerahkan JIS kepada the Jakmania, kepada warga Jakarta, dan kepada bangsa Indonesia. Jagalah tempat ini dengan sebaik-baiknya, ini adalah rumah kita dan mempersatukan kita semua," kata Anies.

Anies juga mendedikasikan JIS bukan hanya untuk para The Jakmania, tapi Jakarta, serta Indonesia. Maka dari itu Anies mengapresiasi dukungan dari The Jak Mania, Jakpro, dan jajaran Pemprov DKI serta Pemerintah Pusat dalam terwujudnya JIS sebagai stadion berkelas internasional.


Anies Singgung Masa Jabatan yang Segera Berakhir di Grand Launching JIS

Jakarta International Stadium pada Minggu 24 Juli 2022 dipenuhi lautan pendukung klub Persija. Para Jakmania hadir untuk menghadiri grand launching JIS sekaligus mendukung tim Macan Kemayoran dalam laga persahabatan melawan Chonburi FC dari Thailand.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam sambutannya menyerahkan JIS pada The Jakmania dan juga Indonesia.

"Hari ini saya menyerahkan JIS kepada The jakmania, kepada warga Jakarta dan kepada Indonesia," kata Anies dalam sambutannya.

Mantan Mendikbud itu lantas menyinggung masa jabatannya yang akan berakhir dalam tiga bulan atau Oktober 2022, ia menyebut nanti akan mampir ke JIS bukan lagi sebagai gubernur, melainkan sebagai The Jakmania.

"Ini adalah bulan bulan terakhir penuntasan 5 tahun tugas saya di Jakarta. 3 bulan lagi saya akan tuntas di Jakarta, sesudah itu saya akan datang kembali ke tempat ini tidak lagi sebagai Gubernur tapi sebagai The Jak mania," ungkap Anies, disambut riuh tepuk tangan Jakmania.

Anies berpesan agar fasilitas di JIS dijaga sebab merupakan rumah bagi Persija dan The Jakmania.

"Jagalah tempat ini dengan sebaik-baiknya, ini adalah rumah kita," kata dia.

"Jaga stadion kebanggaan kita. Stadion ini bukan hanya bangunan yang megah tapi supporternya supporter teladan," sambung Anies.

Sebelumnya, Anies menyebut dengan berdirinya JIS, maka salah satu janji kampanyenya sudah ditunaikan.

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

Infografis Jurus Gubernur Anies Baswedan Hadapi Banjir Jakarta. (Liputan6.com/Trieyasni)

Waspada Cacar Monyet

HEADLINE: WHO Tetapkan Cacar Monyet Sebagai Darurat Kesehatan Global, Antisipasi Indonesia?

Liputan6.com 2022-07-26 00:00:09
Ilustrasi penyakit cacar monyet atau monkeypox. Credits: pixabay.com by TheDigitalArtist

Wabah cacar monyet telah ditetapkan sebagai Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) atau darurat kesehatan global. Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengumumkan penetapan PHEIC terhadap monkeypox pada Sabtu, 23 Juli 2022, di Jenewa, Swiss.

"Saya telah memutuskan bahwa wabah cacar monyet global merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional," kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus mengutip mengutip keterangan WHO ditulis Senin, (25/7/2022).

WHO pun menyebut monkeypox cenderung terkonsentrasi di kelompok pria yang berhubungan seksual dengan pria atau sering disebut gay.

"Untuk saat ini wabah ini terkonsentrasi di antara pria yang berhubungan seks dengan pria, terutama mereka yang memiliki banyak pasangan seksual. Artinya, ini adalah wabah yang bisa dihentikan dengan strategi yang tepat di kelompok yang tepat," Tedros menambahkan.

Penetapan cacar monyet dalam kategori darurat kesehatan global telah memalui berbagai pertimbangan sejak sebulan lalu.

Tedros mengatakan, sebulan yang lalu, dia mengadakan Komite Darurat di bawah Peraturan Kesehatan Internasional untuk menilai apakah wabah cacar monyet multi-negara mewakili darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.

Pada pertemuan itu, berbagai pandangan yang berbeda diungkapkan, komite memutuskan dengan konsensus bahwa wabah monkeypox tidak mewakili keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.

Pada saat itu, 3.040 kasus cacar monyet telah dilaporkan ke WHO, dari 47 negara.

Namun, sejak saat itu, wabah terus berkembang dan sekarang ada lebih dari 16 ribu kasus yang dilaporkan dari 75 negara serta ada lima kematian.

"Mengingat wabah yang berkembang, saya mengumpulkan komite pada hari Kamis pekan ini untuk meninjau data terbaru dan memberi saya saran yang sesuai. Saya berterima kasih kepada komite atas pertimbangannya yang cermat terhadap bukti, dan masalah," kata Tedros.

Pada kesempatan ini, komite tidak dapat mencapai konsensus apakah wabah monkeypox tersebut merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.


5 Pertimbangan WHO

Di bawah Peraturan Kesehatan Internasional, Tedros diminta untuk mempertimbangkan lima elemen dalam memutuskan apakah suatu wabah merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.

Pertama, informasi yang diberikan oleh negara -- yang dalam hal ini menunjukkan bahwa virus ini telah menyebar dengan cepat ke banyak negara yang belum pernah melihatnya.

Kedua, tiga kriteria untuk menyatakan kedaruratan kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional, telah terpenuhi.

Ketiga, saran dari Komite Darurat, yang belum mencapai konsensus.

Keempat, prinsip-prinsip ilmiah, bukti dan informasi relevan lainnya -- yang saat ini tidak cukup dan meninggalkan banyak hal yang tidak diketahui.

Dan kelima, risiko terhadap kesehatan manusia, penyebaran internasional, dan potensi gangguan lalu lintas internasional.

Penilaian WHO menyatakan risiko cacar monyet adalah moderat secara global dan di semua wilayah, kecuali di kawasan Eropa di mana dinilai risikonya tinggi.

Segera setelah dinyatakan sebagai darurat kesehatan global, Direktur Regional WHO untuk Asia Tenggara Poonam Khetrapal Singh meminta negara-negara di kawasan tersebut memperkuat sistem pengawasan terhadap penyakit monkeypox.

"Cacar monyet telah menyebar dengan cepat ke banyak negara yang belum pernah mengalami kejadian sebelumnya," ujar Khetrapal Singh melalui keterangan tertulis, Senin, 25 Juli 2022.

Dia pun mengatakan upaya antisipasi bisa difokuskan pada populasi yang berisiko karena umumnya temuan kasus terjadi saat hubungan seks sesama jenis pada kaum pria.

Dari belasan ribu kasus yang telah dilaporkan, ada empat kasus monkeypox yang ditemukan di wilayah kerja WHO Regional Asia Tenggara, yakni dari India tiga kasus dan satu kasus di Thailand.

Khetrapal Singh mengatakan, pada kasus yang terjadi di India dialami warga setempat yang kembali dari Timur Tengah. Sedangkan, pada kasus di Thailand dialami oleh pelaku perjalanan internasional yang tinggal di negara setempat.

"Terpenting, upaya dan tindakan yang dilakukan terfokus harus sensitif, tanpa stigma atau diskriminasi," ujar Khetrapal Singh.

Diketahui, satu kasus di Thailand memiliki 19 kontak erat yang perlu menjalani pemeriksaan. Pasien yang merupakan pelaku perjalanan internasional itu sebelumnya tak mengindahkan saran petugas medis Thailand yang memintanya untuk isolasi mandiri. Alih-alih berdiam di kondominiumnya, pasien melakukan perjalalanan ke Kamboja. Pria itu kini dirawat di Phnom Penh.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Meski Belum Ditemukan Kasus, RI Perlu Waspada

Hingga saat ini Indonesia masih aman dari cacar monyet. Kementerian Kesehatan mengatakan bahwa belum ada kasus monkeypox yang ditemukan di Indonesia.

"Belum ada kasus, baik konfirmasi, probable maupun suspek," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, dokter Maxi Rein Rondonuwu dalam pesan tertulis pada Senin, 25 Juli 2022.

Meski belum dilaporkan di Indonesia, monkeypox tetap berisiko masuk dan menyebar pula di Tanah Air.

Pakar dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Zubairi Djoerban mengatakan bahwa Indonesia perlu siap siaga terkait cacar monyet ini.

"Sangat penting untuk mengonsolidasikan strategi mitigasi di berbagai tingkatan," kata Zubairi memberi saran, tak lama setelah WHO menetapkan cacar monyet sebagai darurat kesehatan global.

Hal ini penting dilakukan mengingat saat ini tercatat sudah 16 ribu kasus monkeypox menyebar di 75 negara. Maka Indonesia perlu melakukan kewaspadaan seperti kata pria yang juga dokter spesialis penyakit dalam konsultan itu.

Cacar monyet adalah penyakit menular yang penularan lewat kontak sangat dekat. Maka dari itu untuk mencegah infeksi, hindari kontak dari kulit ke kulit pada orang yang kena cacar monyet seperti pesan Zubairi.

Selain itu, ia juga berpesan untuk mencegah penularan monkeypox dengan melakukan hal berikut pada orang yang terinfeksi:

- Jangan sentuh korengnya

- Jangan cium, peluk dan berhubungan seks dengannya

- Jangan sentuh tempat tidur, handuk dan pakaiannya

- Jangan berbagi peralatan makan dan minum.

"Plus, sering-sering mencuci tangan dengan sabun," tulis Zubairi dalam akun Twitter pribadinya @ProfesorZubairi.


RI Antisipasi Cacar Monyet

Memang belum ada temuan kasus di RI tapi Maxi menyampaikan bahwa Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah melakukan upaya antisipasi.

"Kemenkes sejak muncul monkeypox di beberapa negara sudah melakukan surveilans aktif di semua pintu masuk negara terutama di bandara dan pelabuhan laut," kata Maxi.

Deteksi dini di bandara dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) terutama Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) dari negara yang sudah ada kasus cacar monyetnya.

Petugas melakukan cek suhu, memeriksa gejala-gejala monkeypox terutama pada kulit kemerahan atau ruam, bintik-bintik merah, vesikel atau pustula yang gampang dilihat di bagian muka juga di telapak tangan.

"Juga pada komunitas saat ini sesuai data kasus yang paling banyak di dunia pada kelompok gay maka kami akan melakukan surveilans ketat pada kelompok ini bekerja sama dengan beberapa organisasi atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)."

Maxi menambahkan, Kemenkes juga sudah menyiapkan laboratorium pemeriksaan di semua provinsi.

"Kami juga sudah menyiapkan laboratorium pemeriksa di semua provinsi."

Meski belum ada kasus, Maxi juga mengimbau masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan terutama cuci tangan dan hindari kontak dengan orang yang memiliki gejala-gejala monkeypox.

"Segera melapor ke petugas kesehatan apabila memiliki gejala-gejala awal monkeypox terutama panas, kelainan pada kulit, bintik-bintik merah, vesikel berisi cairan atau nanah dan yang paling khas kalau ada pembengkakan kelenjar getah bening pada leher dan selangkangan."


Vaksin Cacar Monyet

Komisi Eropa telah memberi izin pada perusahaan bioteknologi Denmark Bavarian Nordic untuk memasarkan vaksin buatan mereka, Senin, 25 Juli 2022. Vaksin yang diklaim dapat memberi perlindungan terhadap virus penyebab cacar monyet itu diberi nama Imvanex.

Izin tersebut atas rekomendasi European Medicines Agency (EMA) pada pekan lalu.

"Ketersediaan vaksin yang disetujui dapat secara signifikan meningkatkan kesiapan negara-negara untuk memerangi penyakit-penyakit yang muncul, tetapi hanya melalui investasi dan perencanaan terstruktur untuk kesiapan biologis," ujar Kepala Eksekutif Bavarian Nordic, Paul Chaplin, dilansir Antara.

Vaksin buatan Bavarian Nordic selama ini hanya disetujui untuk penanganan cacar biasa di Uni Eropa. Kini vaksin tersebut telah mendapat persetujuan untuk digunakan sebagai pencegahan penyakit cacar monyet di Amerika Serikat dan Kanada.

Selama berlangsungnya wabah cacar monyet, Bavarian Nordic telah memasuk vaksin ke beberapa negara Uni Eropa untuk 'penggunaan di luar label (indikasi)'.

Lampu hijau yang kini dikantongi berarti Bavarian Nordic dapat memasarkan vaksinnya di 27 negara Uni Eropa serta Islandia, Liechtenstein, dan Norwegia.