Ketahuan Punya Jet Pribadi

Ketahuan Punya Jet Pribadi, Raffi Ahmad-Nagita Slavina Kompak dengan Jawaban Tak Terduga

Liputan6.com 2022-08-01 09:00:06
Nagita Slavina dan Raffi Ahmad (Youtube/Rans Entertainment)

Sultan Andara kembali bikin heboh tanah air. Ini setelah Raffi Ahmad dan Nagita Slavina diketahui memiliki jet pribadi.

Keterkejutan publik itu bermula dari obrolan Raffi Ahmad dan Ruben Onsu. Ruben, mengungkapkan bahwa Raffi Ahmad memiliki jet pribadi.

Belakangan, jet pribadi ini juga kembali ramai saat Nagita Slavina berbincang dengan Titi Kamal. Tentu saja kepemilikan jet pribadi ini semakin mengangkat nama keduanya sebagai artis sekaligus sosok entrepeneur yang berhasil.

Keduanya memang dikenal beretos kerja tinggi. Hasilnya, di usia muda, soal harta, mereka telah memiliki segalanya.

Mengutip berbagai sumber, Soal kepemilikan jet pribadi ini, baik Raffi maupun gigi memberikan alasan yang sama. Jet pribadi dibeli untuk disewakan, alias motif bisnis.

Bahkan, Nagita sendiri mengaku belum pernah menaiki jet pribadi yang dia sebut hanya berkapasitas tujuh penumpang itu.

Jet pribadi itu juga disebut dibeli dengan harga murah. Pasalnya, saat pandemi Covid-19, banyak yang menjual jet pribadi, dan Raffi membelinya.


BUMN dan PNS

Jet pribadi itu hanya salah satu dari dari deretan barang mahal yang dimiliki keluarga Raffi Ahmad. Raffi diketahui merupakan kolektor mobil-mobil mewah, dari mobil antik hingga supercar.

Pada dasarian kedua Juli 2022, Nagita Slavina juga ditunjuk menjadi CEO baru Esteh Indonesia. Perusahaan Waralaba F&B Esteh Indonesia mengumumkan bahwa Kamis, 14 Juli 2022 telah memiliki Chief Executive Officer (CEO) baru.

Menariknya, CEO baru ini adalah istri sultan Andara Raffi Ahmad, yaitu Nagita Slavina. Hal tersebut tertulis dalam postingan Instagram akun resmi Esteh Indonesiadi @esteh.indonesia.

Ditunjuknya Nagita Slavina sebagai CEO baru ini diharapkan bisa membawa perkembangan yang baik kepada perusahaan baik dari sisi kuantitas maupun kualitas.

"Nagita Slavina hadir agar Esteh Indonesia lebih baik lagi ke depannya dari segi kualitas produk, kualitas pelayanan dan akan semakin menancapkan kaki sebagai pioneer serta market leader F&B Indonesia yang akan mendunia," tulis Esteh Indonesia.

Dalam posting-an yang lain akun tersebut juga menyebutkan bahwa Esteh Indonesia telah berubah menjadi BUMN, yaitu Badan Usaha Milik Nagita. Pegawainya pun resmi jadi PNS, Pegawai Nagita Slavina.

Tim Rembulan


Saksikan Video Pilihan Ini:

Mendadak Berambut Panjang

Jeje Slebew Tampil Berambut Panjang, Bikin Gemas

Liputan6.com 2022-08-01 15:00:36
Jeje Slebew (Foto: TIkTok)

Jeje Slebew, tak hadir saat Bonge, Roy dan teman-teman lainnya melakukan fashion show dalam Kuningan Fashion Week. Meski begitu, Jeje rupanya tak kehilangan pekerjaan.

Buktinya, perempuan bernama asli Jasmine Laticia ini menjadi bintang endorsement untuk produk jiniso.id. Itu terlihat dalam sebuah video yang diunggah di aplikasi TikTok, baru-baru ini.

Bahkan, bintang Citayam Fashion Week ini memperlihatkan penampilannya yang berbeda. Begitu juga dengan gayanya.

Dengan mengenakan sweater pink lengan panjang, serta mengenakan wig rambut panjang, Jeje Slebew terlihat manis dan kekanak-kanakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Berubah

Jeje Slebew semula memiliki rambut pendek. Setelah diubah dengan memakai wig, ia sempat malu-malu tampil di depan kamera.

"Ada yang berubah tapi bukan power ranger #jiniso #jinisoentertainment #jejelinces," tulisnya sebagai keterangan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Banjir Pujian

Penampilan Jeje Slebew menuai pujian. Tak sedikit yang justru gemas melihat Jeje berambut panjang, bahkan mereka menganggap Jeje mirip artis Korea.

"Agak mrip wonyoung," tulis salah satu warganet.

"Gemes rambut panjang," tambah yang lain.

"Gemesssh bgt ,jejee," timpal lainnya.


Tak Ada

Para pentolan Citayam Fashion Week kembali memperlihatkan aksinya di hadapan publik. Namun kali ini Bonge, Roy, Kurma, dan lainnya beraksi di Kuningan City.

Sayangnya, Jeje Slebew tak ada di antara mereka. Padahal, sebelumnya Jeje lah yang kerap dimintai foto bareng dengan para pengunjung SCBD.

<p>Infografis Journal: Fakta Fenomena Remaja Citayam di Fashion Week Sudirman (Trie Yasni/Liputan6.com)</p>

Dulu Dibuang, Kini Juara Dunia

Pernah Dibuang ke Jalanan saat Masih Bayi, Adriano Kini Jadi Juara Dunia MMA

Liputan6.com 2022-07-31 22:30:32
Jagoan MMA asal Brasil Adriano Moraes (dok One Championship)

Adriano Moraes saat ini dikenal sebagai salah satu atlet Mix Martial Arts (MMA) terbaik di dunia. Pria asal Brasil itu berjaya di arena ONE Championship. Adriano menjadi orang pertama yang bisa menang KO atas legenda Demetrious Johnson.

Di balik kesuksesannya di MMA, tak banyak yang tahu Adriano harus melalui jalan begitu terjal di masa lalu. Masa kecilnya memilukan. Namun, berbagai keajaiban juga mewarnai jalan hidupnya.

Kisah hidupnya mungkin bukan cerita ideal yang banyak orang impikan. Pada April 1988, Adriano Moraes terlahir di Brasil. Alih-alih mendapat kasih sayang dari keluarga, ibu kandungnya menelantarkan dirinya di jalanan -- sebuah tempat yang berbahaya bagi siapa pun, apalagi seorang bayi. Hingga sukses seperti sekarang, Adriano tak pernah tahu siapa wanita yang telah melahirkannya.

Untungnya, Adriano kecil diselamatkan dari jalanan dan diantar ke sebuah panti asuhan. Saat berusia 3 tahun, ia diadopsi oleh Mirtes Moraes, seorang perempuan yang kini ia panggil sebagai ibu. Di rumah barunya, Adriano diasuh dan dibesarkan seperti darah dagingnya sendiri.

"Ibu berarti segalanya bagi saya. Ia adalah idola, saya melakukan segalanya baginya, dan saya akan terus melakukan yang terbaik bagi beliau. Karena ini adalah cinta," ujar Moraes tentang malaikat yang telah memberinya kehidupan baru.

Saat menginjak remaja, Moraes tumbuh menjadi anak ceria yang penuh energi. Untuk mengarahkan bakatnya, sang ibu mendaftarkan dirinya ke berbagai aktivitas seperti capoeira, judo, dan renang. Hanya saja, ia seperti tak bisa lepas dari jalanan tempatnya mengawali kehidupan dahulu.


Masa Remaja

Petarung berjuluk "Mikinho" ini banyak menghabiskan masa remajanya di jalanan hingga terlibat dalam pergaulan gangster dan perkelahian jalanan.Namun, semua pengalaman itu membawanya pada tempat yang memberinya arah dalam hidup. Ironisnya, hal itu diawali saat ia kalah dalam perkelahian jalanan. Peristiwa itu membuatnya memutuskan untuk berlatih Brazilian Jiu-Jitsu (BJJ).

Bak keajaiban, pintu dunia baru langsung terbuka bagi Moraes. Ia meninggalkan kehidupan jalanan untuk berlatih di Constrictor Team, sebuah sasana ternama di bawah bimbingan Erick Medeiros dan Ataide Junior.

Dari situ, ia mendedikasikan diri ke dalam disiplin olahraga ini dan meraih berbagai gelar BJJ beberapa tahun kemudian. Puncaknya, ia menjuarai NAGA No-Gi Pro Division pada 2014 -- sebuah turnamen bergengsi di Amerika Latin. Berselang satu tahun, ia menerima sabuk hitam yang menandai tingkatan tertinggi dalam olahraga ini.

Setelah meraih kesuksesan dalam disiplin yang disebut "the gentle art" itu, Adriano Moraes melanjutkan jejak langkah beberapa rekan satu timnya dan mencoba arena MMA.


Pilih MMA

Atlet Brasil itu menjalani debut profesionalnya dalam MMA pada 2011. Selama tiga tahun berikutnya, ia memenangi 12 dari 13 laga serta merebut gelar kejuaraan di Brasil.

Ia meraih puncak karier dengan mengalahkan Geje Eustaquio pada September 2014 untuk merebut gelar Juara Dunia ONE Flyweight perdana.

"Seni bela diri mengubah kehidupan saya menjadi lebih baik. Hal itu mengubah pemikiran saya, mengubah segalanya dalam hidup saya, dan menjadi sangat penting. Inilah usaha saya, inilah gaya hidup saya, inilah pekerjaan saya, dan seni bela diri adalah segalanya bagi saya. Saya mencintai apa yang saya lakukan," ujar Adriano Moraes.

Setelah berhasil mempertahankan gelar pada Maret 2015, "Mikinho" kehilangan sabuk dari Kairat Akhmetov -- atlet Kazakhstan yang kala itu tak terkalahkan. Saat itu, Adriano sempat terpuruk dan merasa mimpinya berakhir.

Pada awal 2016, ia pindah dari Brasil ke Florida demi berlatih di American Top Team. Dengan suasana dan staf pelatih baru, ia mampu bangkit yang ditandai oleh kemenangan atas Eugene Toquero. Ia lanjut menang submission atas Tilek Batyrov via rear-naked choke dan merebut gelar Juara Dunia Interim ONE Flyweight.

Saat itu, Akhmetov cedera dan tak dapat berlaga selama dua tahun. Keduanya pun bertemu, dan laga penyatuan gelar itu terjadi pada Agustus 2017 di ajang ONE: KINGS & CONQUERORS di Makau.

Malam itu Moraes menampilkan pertahanan takedown yang solid, grappling luar biasa, serta teknik striking kelas dunia yang lebih tajam dan bervariasi dari Akhmetov. Pria yang dulu ditelantarkan di jalanan Brasil kini berhasil merebut kembali gelar Juara Dunia ONE Flyweight sekaligus memutus rekor 23 pertandingan tak terkalahkan milik sang lawan.

"Kisah hidup saya akan memperlihatkan dan mengajarkan tiap remaja bahwa saat mereka tak tahu apa yang harus mereka lakukan ketika impian mereka hilang, Tuhan memiliki jalan bagi kalian. Tuhan memiliki sebuah kesempatan lainnya," ujar Moraes.


Bintang Besar

Sejak saat itu, Moraes selalu berhasil mempertahankan gelarnya dan menjadi salah satu juara paling dominan di ONE Championship.

Pada tahun lalu, Moraes mencetak sejarah dengan menjadi orang pertama yang menang KO atas Demetrious Johnson, salah satu petarung MMA terbaik sepanjang masa. Setelah itu, Moraes juga sukses mempertahankan sabuknya dari Yuya Wakamatsu di gelaran akbar ONE X pada bulan Maret.

Kini, Moraes akan menghadapi tantangan kedua dari Demetrious Johnson dalam laga puncak ONE Fight Night 1: Moraes vs. Johnson II yang akan disiarkan pada waktu prime time Amerika Utara dan Kanada dari Singapore Indoor Stadium, pada 27 Agustus 2022 mendatang.

Pesan Haru Buat Betrand Peto

Bikin Mewek, Ruben Onsu Beri Pesan Khusus kepada Betrand Peto dan Kedua Anak Perempuannya

Liputan6.com 2022-08-01 18:00:35
Ruben Onsu (Foto: Instagram/@ruben_onsu)

Ruben Onsu belum lama ini kembali menjalani pemeriksaan terkait penyakit Empty Sella Syndrome yang dideritanya di Singapura. Bukan tanpa alasan ia berobat di sana.

Ternyata pemilik nama lengkap Ruben Samuel Onsu harus menemui dokter spesialis, sehingga mau tak mau suami Sarwendah pun harus menjalaninya.

Sepulang dari Singapura, kakak Jordi Onsu menceritakan bagaimana ia harus menghadapi penyakit langkanya tersebut.

"Di kondisi kami yang sekarang ini harus diakui saya harus mencari, harus mengalihkan untuk tidak terus kepikiran yang akhirnya yang tadinya si obat harusnya berkembang dengan bagus, karena imun saya terus turun jadinya enggak bagus," ungkap ayah angkat Betrand Peto, di kanal YouTube Intens Investigasi, Minggu (31/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Beri Pesan Khusus

Di tengah sakitnya, Ruben Onsu memberikan pesan khusus yang bikin mewek bagi pendengarnya. Satu-satu anaknya disebutkan, dimulai dari Betrand Peto Putra Onsu.

"Untuk Onyo, Thalia, Thania, terima kasih sudah menjadi anak ayah bunda yang baik, pintar dan terima kasih sudah selalu memberikan penghiburan untuk ayah bunda," paparnya.

"Onyo, khususnya sebagai anak laki-laki harus lebih kuat ya. Jadi ayah mengajarkan banyak untuk Onyo menjadi laki-laki yang kuat. Ketika kita jatuh bangkit lagi, jatuh bangkit lagi, jatuh bangkit lagi. Selama kita mau ada usaha pasti ada jalannya," sambungnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Kebanggaan Ruben Terhadap Thalia

Sementara itu, Ruben Onsu mengungkapkan kebanggaannya kepada putri sulungnya, Thalia Putri Onsu, yang bisa menerima kehadiran kakak dan adiknya. Bahkan, ia bisa memberikan kasih sayang kepada mereka.

"Thalia Thania terima kasih. Terutama Thalia karena dulu Thalia hanya sendiri, tiba-tiba kami mengambil keputusan ada Onyo dalam kehidupan kami, dan lahir Thania, cintanya langsung terbagi tiga. Tapi Thalia sampai sekarang masih terus memberikan cintanya untuk kakak dan adiknya yang tiada henti," tambahnya.


Bikin Menangis

Ruben Onsu, memaparkan sifat Thalia Putri Onsu yang begitu sayang kepada saudara-saudaranya.

"Manja dengan kakaknya, selalu memanjakan adiknya. Itu buat saya salah satu sifat Thalia yang bisa membuat saya menangis," bebernya.

<p>Infografis Pemberian Vaksin Covid-19 Dosis 4 untuk Tenaga Kesehatan. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Cerai, Kemasi Dalaman Angga Wijaya

Resmi Bercerai, Dewi Perssik Bereskan Barang-Barang Angga Wijaya: Baju, Sepatu dan Celana Dalam

Liputan6.com 2022-08-01 16:00:00
Dewi Perssik (https://www.instagram.com/p/CgaifrUBy_7/)

Rumah tangga Dewi Perssik dan Angga Wijaya dipastikan berakhir. Pengadilan Agama (PA) Jakarta Selatan resmi mengabulkan permohonan gugatan talak cerai Angga Wijaya.

PA Jakarta Selatan mengumumkan hasil sidang putusan permohonan talak cerai Angga Wijaya terhadap pedangdut yang karib disapa Depe, melalui sidang putusan yang digelar Senin (1/8/2022).

Usai dinyatakan bercerai dari Angga Wijaya, Dewi Perssik membeberkan mengenai Angga Wijaya yang sudah hengkang dari rumahnya.

Sayangnya, kata Dewi Persik, Angga Wijaya tak membawa seluruh barang-barangnya yang kini masih berada di rumah perempuan yang pernah menikah dengan Saipul Jamil dan Aldi Taher.


Barang Angga Masih di Rumah Dewi Perssik

Menurut Dewi Perssik, masih ada sebagian dari barang-barang pribadi milik Angga Wijaya yang masih berada di kediamannya.

"Dari kemarin pihak kami sudah meminta alamat dia untuk mengirimkan barang-barang dia. Tetapi dia enggak pernah memberikan alamatnya," kata Dewi Perssik dihubungi melalui sambungan video call, seperti dilansir Kapanlagi


Ingin Dikembalikan

Angga Wijaya, kata Dewi Perssik, meninggalkan rumahnya dengan membawa barang-barang pribadinya yang dinilai berharga.

Namun Dewi Perssik ingin mengembalikan barang-barangnya yang tersisa dan tertinggal. "Tetapi dia enggak pernah memberikan alamatnya. Kami bingung mau kirim kemana," kata Dewi Perssik.


Celana Dalam

Dari sebagian barang pribadi milik Angga Wijaya, dikatakan Dewi Perssik masih tertinggal sepatu, dan juga celana dalam di rumahnya.

"Bajunya sudah kami rapikan, sepatu, dan celana dalam," Dewi Perssik membeberkan.

Perceraian di Indonesia 2016 (liputan6.com/trie yas)

Ronaldo Bikin Marah Fans MU

Cristiano Ronaldo Bikin Fans MU Marah

Liputan6.com 2022-08-01 07:00:20
Striker Manchesters United Cristiano Ronaldo dalam pertandingan persahabatan melawan Rayo Vallecano di Old Trafford, Manchester, Minggu (31/7/2022). MU dan Rayo Vallecano bermain imbang 0-

Cristiano Ronaldo akhirnya memperkuat Manchester United pada pertandingan pramusim terakhir melawan Rayo Vallecano. Laga ini dimainkan di Old Trafford, Manchester, Minggu (31/7/2022) malam WIB.

Sebelumnya, bintang asal Portugal itu absen dalam tur pramusim MU di Thailand dan Australia. Ia tidak bisa gabung dengan skuad racikan Erik ten Hag dengan alasan keluarga.

Tetapi, penampilan Ronaldo tidak efektif pada babak pertama. Dia digantikan Amad Diallo pada babak kedua yang langsung mencetak gol di menit ke-48.

Rayo Vallecano menyamakan skor sembilan menit kemudian lewat Alvaro Garca dan skor 1-1 bertahan hingga laga usai. Pertandingan ini sangat berguna bagi Ten Hag untuk memberikan menit bermain bagi para pemain sebelum pertandingan pembukaan Liga Inggris pada akhir pekan ini.

Sementara bagi Ronaldo, ini adalah laga pertamanya. Ini terjadi di tengah desas-desus tanpa henti bahwa dia ingin meninggalkan Olf Trafford untuk mencari klub yang bermain di Liga Champions.

The Manchester Evening News melaporkan jika pemenang Ballon d'Or lima kali itu terlihat meninggalkan Old Trafford sekitar menit ke-80. Dia pergi bersama rekan setimnya di Portugal Diogo Dalot.

Manchester United menolak mengomentari apakah Erik ten Hag menyetujui keduanya pergi sebelum laga berakhir. Ahli taktik asal Belanda itu tidak dimintai keterangan oleh MUTV usai pertandingan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Komitmen Ronaldo dipertanyakan

Para fans Manchester United tak terkesan dengan kepergian Cristiano Ronaldo sebelum pertandingan berakhir.Mereka marah dan mempertanyakan komitmen bintang asal Portugal itu. Berikut beberapa komentar fans MU di Twitter:

"Minggu raja (komedi) bermain. Turun minum ManU 0-0 RayoV. 46' Ronaldo diganti, 48' MU bikin gol! Raja komedi kembali ke rumah. Btw Selamat @Amaddiallo_19," tulis akun @adnaaan433.

"Pada saat inilah saya merasa ada sesuatu yang tidak beres... percakapan tidak terlihat menyenangkan... Ronaldo tampaknya tidak mengikuti instruksi, dia hanya berbicara balik pada ETH... dan kemudian dia digantikan saat istirahat turun minum ... Saya cukup yakin bukan itu rencananya," kata akun @nnoromebuka.

"Ronaldo mendengarkan sorakan hanya untuk pergi saat turun minum," kicau pemilik akun @raymder.

@MarkDHylo @markgoldbridge Orang ini sangat memalukan.. Dia membela ronaldo seolah-olah dia adalah Tuhan. Meninggalkan stadion saat turun minum tidak dapat diterima," umpat akun @TheOldBook11.

"Tidak mungkin United menjalani pra musim yang sangat bagus, tanpa sang raja. Pertandingan pertama kembali dengan raja, dia tidak melakukan apa-apa dan diganti saat turun minum 0-0. Penggantinya kemudian melanjutkan untuk mencetak gol 2 menit setelahnya. Ronaldo bukan raja lagi," sindir akun @THFCFemten.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Hasil pramusim MU

Selasa, 12 Juli 2022

Manchester United 4-0 Liverpool

Jumat,15 Juli 2022

Melbourne Victory 1-4 Manchester United

Selasa, 19 Juli 2022

Manchester United 3-1 Crystal Palace

Sabtu, 23 Juli 2022

Manchester United 2-2 Aston Villa

Sabtu, 30 Juli 2022

Atletico Madrid 1-0 Manchester United

Minggu, 31 Juli 2022

Manchester United 1-1 Rayo Vallecano

Infografis transfer MU. (Liputan6.com/Abdillah)

Mawar Merah di Ultah Ke-40 Syahrini

Syahrini Berulang Tahun ke-40, Reino Barack Persembahkan Ucapan Romantis Dipenuhi Dekorasi Mawar Merah

Liputan6.com 2022-08-01 16:30:00
Syahrini merayakan ulang tahunnya pada 1 Agustus 2022 (https://www.instagram.com/p/CgtALgnpxjw/)

Syahrini merayakan ulang tahunnya pada 1 Agustus 2022. Di hari jadinya tahun ini, pelantun lagu "Jangan Memilih Aku" dan "Semua Karena Cinta" genap berusia 40 tahun.

Penyanyi bernama lengkap Rini Fatimah Zaelani ini membagikan kebahagiaannya merayakan pertambahan usia ke-40 tahun. Ia mengunggah foto menggenggam buket bunga mawar di momen ulang tahun.

"~ Assalamuaikum August 1st 2022,MashaAllah Tabarakallah ~," tulis Syahrini sebagai status teks unggahan potret terbarunya di akun Instagram terverifikasinya, Senin, 1 Agustus 2022.

Dalam foto tersebut, Syahrini terlihat anggun mengenakan busana berwarna emas berkilauan. Tampak di belakangnya, ada dekorasi bunga mawar berwarna merah yang disiapkan oleh suaminya, Reino Barack.


Ucapan Selamat dari Reino Barack

Reino Barack tak ketinggalan memberikan kejutan di hari ulang tahun istrinya. Salah satu hadiah yang diberikan pengusaha terkenal ini kepada Syahrini adalah ucapan ulang tahun nan romantis.

"Happy birthday to the love of my life.May this be another year blessed with much love, joy, and good health.Thank you for being who you are, I love you," tulis Reino Barack dalam bahasa Inggris.


Dekorasi Mawar Merah

Kejutan lain yang diberikan Reino Barack untuk Syahrini yakni menyiapkan dekorasi dengan bunga mawar berwarna merah.

Melalui unggahan Instagram Storiesnya, Syahrini menampilkan dekorasi bunga mawar yang disiapkan Reino Barack dengan latar bertuliskan 'The Love of My Life, My Dear Wife'. Tak cuma itu, ada kue ulang tahun berhiaskan banyak kupu-kupu.


Ucapan Ulang Tahun Netizen

Bukan hanya Reino Barack yang menyampaikan ucapan selamat ulang tahun untuk Syahrini. Netizen juga ikut memberi ucapan hari jadi untuk penyanyi asal Sukabumi ini.

"Happy birthday Teteh sayang....semua yang terbaik," tulis akun @hennymyranda_

"Happy Birthday babe sehat selalu," tulis akun @mrs_yungz

"Babyyyyyy sayanggg Happy birthday happy alwaysss stay gorgeous love you," sambung akun @ravebyvera

Infografis Syahrini (Adrian Putra, Desain: Nurman Abdul Hakim/Bintang.com)

Cerita Masa Kecil Rachel Vennya

Rachel Vennya Cerita Kehidupan Masa Kecil, Keluarganya Menumpang di Rumah Kakek dan Neneknya

Liputan6.com 2022-08-01 14:00:00
Onadio Leonardo memberi penilaian khusus terhadap selebgram Rachel Vennya (https://www.instagram.com/p/CcPiJ9qFeT_/)

Rachel Vennya dikenal sebagai selebgram dengan kontroversinya. Janda dua anak ini pun menceritakan kisah masa kecilnya. Dia mengaku terlahir dari keluarga yang biasa-biasa saja, cukup tapi tidak berlebih.

"Aku lahir keluarga yang cukup tapi enggak berlebih. Bisa lah untuk sekolah dan makan. Aku kecil tuh kita enggak punya rumah nggak punya mobil, jadi benar-benar secukupnya banget," kata Rachel Vennya saat dilihat di kanal YouTube BUND Lifetainment, Minggu (31/7/2022).

Saat masih kecil, Rachel dan ibunya menumpang di rumah kakek dan neneknya, mereka hidup tiga keluarga.

"Jadi ada keluarga om aku, jadi satu rumah ada tiga keluarga gitu," imbuh Rachel.


Keras Kepala

Diakui oleh Rachel, dirinya mengaku sangat keras kepala saat kecil. " Aku juga nggak gampang nangis," ucapnya.

Mantan istri Niko Al Hakim atau Okin ini mengatakan, masa-masa SMA sangat sedih. Ia mendapatkan perundungan sampai harus pindah sekolah.

"Aku nggak ngerasain masa-masa SMA itu adalah masa indah," ucapnya.


Tudingan

Sebelumnya, Rachel menjawab tudingan netizen yang suka pesta melalui akun Instagramnya.

Rachel Vennya merasa berhak untuk bersenang-senang dengan datang ke sebuah pesta tanpa melupakan tanggung jawabnya sebagai orang tua.

Penegasan itu disampaikan Rachel kala menjawab pertanyaan dari netizennya.


Kedua Anaknya

Lewat unggahan di stories Instagram Rachel mendapat pertanyaan dari netizen saat membuka kolom komentar dalam tayangannya. Salah satu warganet menanyakan tentang sikap kedua anaknya terhadap kebiasaan Rachel.

"Biru sama Chava kira-kira bangga nggak kalau lihat buna-nya party terus?" tanya seorang netizen.

Mendapat pertanyaan ini, Rachel Vennya menjawabnya dengan menceritakan kehidupan di dalam keluarganya. Selama ini Rachel sering melihat sang ibu, Vien Tasman yang juga hobi menghadiri pesta.

Sebagai seorang anak, Rachel mengaku bahagia melihat ibunya bisa bersenang-senang.

"Mamaku sampai sekarang masih suka party kadang-kadang, dan aku bangga, sayang, cinta mati sama mamaku," ungkapnya.

Peringatkan Taiwan, China Pamer Senjata

China Kerahkan Militer dan Senjata untuk Peringatkan Taiwan Saat Rayakan 95 Tahun PLA

Liputan6.com 2022-08-01 16:07:29
Barisan prajurit Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) yang dikerahkan dalam latihan militer di Pegunungan Pamir, Kashgar, wilayah Xinjiang, barat laut China (4/1/2021). (AFP/STR)

China memperingati 95 tahun berdirinya Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) dengan mengerahkan militer dan sistem persenjataannya. Momen ini sekaligus menjadi peringatan terhadap Taiwan dan para penyokong kemerdekaan pulau itu.

Stasiun televisi resmi China, CCTV menayangkan peluru kendali hipersonik DF-17 di atas truk yang melintasi jalan raya di wilayah gurun barat laut China. Tanker udara YU-20 juga terlihat terbang mendekati Pulau Taiwan, yang hanya dipisahkan selat di sebelah tenggara daratan China.

Pesawat itu tampaknya sedang melakukan pengisian bahan bakar bagi dua pesawat tempur J-16 di udara. Ada juga helikopter Z-20 yang turut berlatih di Selat Taiwan bersama kapal serang amfibi tipe 075.

Otoritas pertahanan Taiwan mencatat 27 pesawat militer China, termasuk YU-20, memasuki wilayah udaranya sejak 28 November 2021.

Selain untuk memperingati 95 tahun PLA, pengerahan kekuatan militer China tersebut juga untuk memperingatkan Amerika Serikat tentang rencana kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Asia awal bulan ini. Sementara itu, Menteri Pertahanan Nasional China Jenderal Wei Fenghe mengatakan pihaknya akan segera merealisasikan program modernisasi militer agar PLA menjadi militer berkelas dunia.

"Sejak dibentuk oleh Partai Komunis China, PLA telah mendedikasikan dirinya untuk kemerdekaan bangsa, termasuk pula untuk kemakmuran negara," kata Wei yang juga menjabat anggota Dewan Negara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Latihan Militer di Seberang Taiwan

Selama lebih dari 95 tahun, kata dia, PLA telah memberikan dukungan yang kuat atas kedaulatan dan melindungi kepentingan China serta berkontribusi dalam stabilitas keamanan dan perdamaian dunia. "Ke depan, PLA akan memperkuat dirinya sendiri melalui reformasi dan modernisasi demi mewujudkan militer berkelas dunia sehingga bisa memenuhi tuntutan negara ini di dunia global," ujarnya.

Pernyataan Wei itu sesuai dengan arahan Presiden Xi Jinping, yang juga mengetuai Komisi Militer, bahwa modernisasi persenjataan PLA akan berlangsung hingga 2035.

Pemerintah China, sebelumnya, mengadakan latihan militer pada Sabtu 30 Juli di lepas pantai seberang Taiwan. Aksi unjuk kekuatan itu dilakukan di tengah ketegangan dengan Amerika Serikat (AS) mengenai kemungkinan rencana oleh seorang anggota kongres AS untuk mengunjungi negara demokratis itu, yang diklaim oleh Beijing sebagai bagian wilayahnya.

Kantor berita resmi Xinhua mengatakan "latihan dengan menggunakan peluru tajam" diadakan dekat Pulau Pingtan di lepas Provinsi Fujian. Media itu memperingatkan kapal-kapal untuk menghindari area itu.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Campur Tangan

Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengonfirmasi bahwa dirinya dalam waktu dekat tidak akan mengunjungi Taiwan. Presiden Xi Jinping pun memperingatkan Presiden AS Joe Biden lewat telepon pada Kamis 28 Juli untuk tidak melakukan "campur tangan" dalam urusan Beijing dengan Taiwan.

China mengatakan Taiwan tidak punya hak untuk melakukan hubungan luar negeri. Beijing memandang kunjungan para pejabat AS sebagai dorongan bagi pulau itu untuk meresmikan kemerdekaan de facto yang telah berusia puluhan tahun.

Taiwan dan China pisah pada 1949 setelah perang saudara yang berakhir dengan kemenangan komunis di daratan.

Kedua pemerintahan itu mengatakan mereka satu negara, tapi tidak sepakat soal pihak mana yang berhak memegang kepemimpinan nasional. Keduanya tak punya hubungan resmi, tapi terhubung dengan perdagangan dan investasi sebesar miliaran dolar.


Joe Biden Siap Pasang Badan

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan bahwa dia akan bersedia menggunakan kekuatan untuk membela Taiwan.

Selain itu, bersedia menggalang dukungan pada perjalanan pertamanya ke Asia sejak menjabat sebagai oposisi AS terhadap ketegasan China yang tumbuh di seluruh kawasan.

Komentar Biden tampaknya merupakan penyimpangan dari kebijakan AS yang disebut punya pandangan ambiguitas strategis pada posisinya ke pulau yang diperintah China sebagai wilayahnya.

Ketika ditanya oleh seorang reporter di Tokyo apakah Amerika Serikat akan membela Taiwan jika diserang oleh China, presiden menjawab: "Ya."

"Itulah komitmen yang kami buat. Kami setuju dengan kebijakan satu China. Kami telah menandatanganinya dan semua perjanjian yang dimaksudkan dibuat dari sana. Tetapi gagasan bahwa itu dapat diambil dengan paksa, diambil oleh kekuatan, tidak, tidak tepat."

Dia menambahkan bahwa itu adalah harapannya bahwa peristiwa seperti itu tidak akan terjadi atau dicoba.

Sementara Washington diwajibkan oleh undang-undang untuk memberi Taiwan sarana membela diri.

AS dinilai telah lama mengikuti kebijakan "ambiguitas strategis" tentang apakah akan campur tangan secara militer untuk melindungi Taiwan jika terjadi serangan China.

Biden membuat komentar serupa tentang membela Taiwan pada Oktober lalu. Saat itu, juru bicara Gedung Putih mengatakan bahwa Biden tidak mengumumkan perubahan apa pun dalam kebijakan Amerika Serikat.

Infografis Amerika Serikat dan China Terancam Perang Dingin? (Liputan6.com/Trieyasni)

Kans Partai Baru Lolos Pemilu

HEADLINE: KPU Buka Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu 2024, Kans Partai Baru Lolos?

Liputan6.com 2022-08-02 00:01:46
Pendukung partai politik melakukan pawai menuju Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI saat Pendaftaran Peserta Pemilu 2024, Jakarta, Senin (1/8/2022). Seperti diketahui, KPU RI membuka pendaf

Sejak pukul 06.30 WIB, para peserta dan jajaran kader sudah bersiap di Gedung DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (1/8/2022). Mereka akan melakukan longmarch menuju Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mendaftarkan partai berlogo banteng moncong putih menjadi calon peserta Pemilu 2024.

Dengan dikomandoi Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu, Bambang Wuriyanto, rombongan langsung bergerak berjalan kaki menuju Gedung KPU di Jalan Imam Bonjol, Jakarta, pada pukul 07.25 WIB. Sebanyak 11 orang beriringan membawa Pataka Burung Garuda-Bendera Merah Putih, dan didampingi 10 satgas pembawa bendera partai.

Belum tiba di lokasi, pukul 07.35 WIB, terlihat kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) sudah tiba lebih dulu di KPU. Rombongan PDIP tersebut baru sampai di kantor KPU pada pukul 07.55 WIB.

KPU secara resmi telah membuka pendaftaran partai politik untuk menjadi calon peserta Pemilu 2024. Pendaftaran itu akan berakhir pada 14 Agustus 2022. Pada hari pertama, sebanyak sembilan parpol telah mendaftar. Tiga di antaranya pendatang baru yang belum pernah mengikuti Pemilu sebelumnya.

Menurut Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno, semua partai politik terlihat antusias untuk mengikuti Pemilu 2024. Namun bagi partai baru atau pun yang nonparlemen, harus melalui jalan terjal dan berliku agar sukses sampai di titik tujuan.

"Jalan terjal pertama tentu mereka harus lolos verifikasi administrasi. Kedua, setelah lolos administrasi, parpol baru atau nonparlemen harus berjuang keras supaya mereka ini bisa lolos verifikasi faktual," kata dia kepada Liputan6.com, Senin (1/8/2022).

Dalam proses verifikasi faktual, Adi menjelaskan, semua data administrasi akan dikonfrontasi dan dikonfirmasi tentang keabsahannya. Seperti kepengurusan yang harus 100 persen tersebar di 34 provinsi, kepengurusan 75 persen di jumlah kabupaten kota se Indoneia, dan 50 persen kepengurusan di level kecamatan.

"Juga yang paling penting adalah wajib menyertakan 30 persen perempuan dalam struktur kepengurusannya. Hal-hal yang semacam ini sering kali membuat partai politik baru itu tidak lolos verifikasi faktual," ujar Adi.

Namun bila verifikasi administrasi dan faktual dinyatakan lolos, partai baru tersebut selanjutnya bakal menghadapi tantangan berikutnya. Yaitu harus melewati ambang batas parliamentary threshold sebesar empat persen. Hal itu sebagaimana tertera dalam Undang-Undang Pemilu Nomor 7 Tahun Tahun 2017.

"Itu yang kemudian membuat partai politik baru setiap pemilu itu tidak lolos, karena ambang batas ini berat. Bahkan partai yang pernah di Senayan, terjungkal, seperti Hanura. Itu artinya apa, ada tantangan bagi partai politik yang baru," ujar dia.

Selain itu, Adi mengimbuhkan, pamor partai baru belum cukup dikenal oleh publik secara luas. Dari hasil data yang dihimpun lembaganya, disebutkan bahwa hanya sedikit masyarakat yang mengetahui adanya partai baru.

"Dalam beberapa data yang saya punya di Parameter itu, partai-partai baru itu tidak ada yang kenal, hanya sedikit saja, nol koma nol persen. Masyarakat yang terkonfirmasi, masyarakat yang perlu ada politik baru," kata Pengamat politik dari UIN Jakarta ini.

Karena itu menurutnya, keberadaan partai baru yang menjadi sempalan parpol tertentu, tidak menjadi ancaman bagi partai lama. Karena faktor ketidaktenaran parpol anyar tersebut di tengah masyarakat.

"Partai lama menurut saya masih aman. Yang penting mereka tidak bikin blunder ya di akhir nanti. Karena kan sering kali ada dinamika yang berkembang, ada saja blunder-blunder politik yang fatal. Tapi selama kondisinya masih kondusif, landai, seperti sekarang, saya kira tidak ada persoalan, dan mereka bisa menang untuk pertarungan 2024, minimal lolos ambang batas parlemen empat persen," terang Adi.

Ia menilai sembilan partai yang telah lolos pada hasil Pemilu 2019 lalu, diprediksi akan tetap melenggang ke Senayan. Karena para parpol tersebut telah menyiapkan secara matang sejak jauh hari untuk menghadapi ajang kontestasi lima tahunan tersebut.

"Kalau kita lihat denyut nadi semua parpol sudah dimulai sejak tahun lalu. Ketika poster-poster, spanduk, dan balihon-baliho partai dan calon mereka sudah mulai dimunculkan," jelas dia.

"Itu artinya apa? Bahwa untuk menuju 2024 parpol yang lama ini tidak mau mengambil risiko main di akhir, tapi mereka main di ujung. Jauh-jauh hari mereka sudah mulai melakukan roadshow, safari, sosialiasi melalui spanduk, banner dan lain lain," Adi menambahkan.

Hal yang sama disampaikan Peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Arya Fernandes. Dia mengungkapkan, berdasarkan data trend perolehan suara partai dalam beberapa pemilu terakhir dan trend elektabilitas dalam survei, ada kecenderungan bahwa suara partai-partai itu sudah mulai stabil.

"Dan itu membuat agak susah bagi partai baru untuk bisa mendapatkan suara atau lolos parlementary Treshold (PT)," ujar dia kepada Liputan6.com, Senin (1/8/2022).

Sementara Direktur Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Khairunnisa Nur Agustiyati menilai, kendala utama bagi partai baru untuk dapat lolos menjadi peserta pemilu adalah mahalnya biaya politik yang harus dikeluarkan oleh partai tersebut.

"Persyaratannya kan bukan hanya berat tapi mahal, karena dari sisi biaya yang harus dimiliki parpol untuk bisa mengikuti pemilu 2024. Biaya itu tidak sedikit karena mereka harus punya kantor tidak hanya satu, tapi di seluruh provinsi, dan sebagainya," kata dia kepada Liputan6.com, Senin (1/8/2022).

Dia melihat dari trend dari pemilu ke pemilu, jumlah partai baru yang bisa lolos menjadi peserta pemilu peluangnya kian mengecil. Karena terbentur oleh persyaratan yang ditetapkan undang-undang terhadap parpol baru tersebut.

Terkait dengan penyelenggaraan Pemilu 2024, dia menilai secara umum sedikit berbeda dengan 2019 lalu. Namun secara kerangka hukum, desain, dan konsep penyelenggaraannya sama. Hanya yang berbeda dengan 2024, pada penyelenggaraann Pilkada yang akan dihelat pada November 2024.

"Walaupun bulannya beda, Pilkada kan November 2024, tapi pasti akan ada himpitan tahapan itu antara pemilu dan Pilkada. KPU harus punya inovasi-inovasi untuk menyederhanakan penyelenggaraannya, supaya beban tugas petugas itu tidak besar sekali seperti 2019 lalu," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

<p>Infografis KPU Buka Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Sementara itu, Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Siti Zuhro menilai partai-partai baru bisa jadi lolos dalam verifikasi administrasi dan faktual di KPU. Namun melihat dari pengalaman sebelumnya, belum ada partai baru yang berhasil sampai mengirimkan wakilnya ke Senayan. Hal tersebut menunjukkan bahwa masyarakat tidak tertarik dengan partai baru.

"Memang memilih, tapi tidak signifikan, bisa di kisaran cuman satu persen, nol koma berapa persen, maksimal dua persen. Itu kan kecil sekali, padahal swing voters dan golput masih tinggi, nggak disalurkan kepada mereka (partai baru)," kata dia kepada Liputan6.com, Senin (1/8/2022).

Ada alasan tersendiri masyarakat yang masuk kategori swing voters dan golput tersebut tidak memberikan suaranya kepada partai pendatang anyar. Menurutnya, mereka sudah kehilangan kepercayaan kepada partai politik.

"Dari pemilu ke pemilu mereka kecewa, meskipun partai dipilih tapi kan sebetulnya keterpilihan mereka tidak genuine karena partisipasi masyarakat. Mereka ini masih di tataran dimobilisasi dengan vote buying," jelasnya.

"Buktinya, swing voters tinggi, golputnya juga lumayan. menunjukkan animo masyarakat kepada partai secara umum, tidak tinggi. Dalam keadaan yang distrust itu muncul partai baru, mereka kan belum terobati oleh partai partai yang ada," dia mengimbuhkan.

Dia menjelaskan ada sejumlah persyaratan khusus bagi parpol baru bila ingin sukses dan eksis dalam kancah perpolitikan di Indonesia. Berkaca pada Partai Nasdem, Siti Zuhro memaparkan, parpol baru harus memiliki infrastruktur politik dan dana yang kuat.

"Kalau partai-partai baru memiliki itu semua, mampu melakukan pengelolaan seperti itu, prospektif dia. Tapi kalau belum mampu punya infrastruktur politiknya, lalu caleg-calegnya asal muda, sementara isi tasnya nggak ada, susah. Paloh ini punya injeksi, isi tas untuk partai mendanai," ujar dia.

"Caleg-caleg itu lumayan terbantu oleh cara partai seperti itu. Nah ini yang tidak dimiliki oleh partai-partai baru lainnya," imbuhnya.

Dia menegaskan, persaingan dalam kontestasi pemilu sangat berat bagi parpol-parpol baru. Terlebih basis pemilih yang diperebutkan berada pada ceruk yang sama, terutama pada mereka yang berbasis massa Islam.

"Kompetisinya itu sangat sangat ketat. Jadi ibarat partai berbasis Islam, kan banyak sekarang. Partai Umat, Partai Gelora, Masyumi Reborn, dia akan memperebutkan swing voters yang katanya 30-an persen. Itu kan sama saja mengharapkan pungguk merindukan bulan," kata dia.

Siti Zuhro menyoroti kondisi PPP yang dinilai harus segera melakukan pembenahan internal. Sebab jika tidak, bisa jadi partai berlambang kakbah tersebut akan mengalami nasib yang sama seperti Partai Hanura, yang tidak lolos Parlementary Treshold pada Pemilu 2019.

"Memang kayaknya berat ya kalau PPP ini tidak melakukan soliditas dan segera melakukan reformasi, kalau tidak melakukan konsolidasi internal dengan cepat, tentu caleg-calegnya akan bisa disalip. Mestinya terukur kalau partai itu solid," kata dia.


Optimisme Partai Pendatang Baru

Partai Negeri Daulat Indonesia (Pandai) besutan Farhat Abbas menjadi partai terakhir yang mendaftar sebagai peserta Pemilihan Umum (Pemilu) di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (1/8/2024).

"Hari ini kita sudah menepati waktu yang pertama, kita adalah partai ke sembilan yang telah melakukan suatu pendaftaran. Dimana akan dilanjutkan dengan verifikasi administrasi atau kelengkapan berkas," kata Ketua Umum Partai Pandai Farhat Abbas.

Farhat menjelaskan Pandai menjunjung tinggi kearifan lokal dan menjunjung 50 persen keterwakilan wanita. Pandai kata dia punya tagline Adigung, Adigong, Adiguna yang memberi kedaulatan bagi masing-masing daerah.

"Dengan jumlah pengurus 55 persen adalah pria dan wanita. Dan pada hari ini kami mendaftar. Adapun mengenai masih adanya kekurangan-kekurangan beberapa DPD maupun dan DPC kini dinyatakan 100 persen DPD provinsi yang 34 itu sudah terpenuhi," jelas dia.

Farhat berharap dalam proses ke depan, sebagai partai baru Pandai dapat dinyatakan sebagai partai peserta Pemilu 2004. Untuk Kemudian mengikuti tahap seleksi pengetahuan faktual.

"Saya tadi menyatakan kepada KPU bahwa kita ini adalah sama-sama orang baru kita baru di partai politik untuk membuat partai baru. Kami adalah orang-orang baru," kata dia.

"Dimana kita adalah bukan partai yang besar karena cukong atau karena untuk memperbesar suatu oligarki," lanjut dia

Farhat menjelaskan Pandai tumbuh dari anak-anak muda dan beberapa orang tua senior yang akan memberi warna lain dalam partai politik di Indonesia. Sejumlah kader Pandai kata Farhat terdiri dari pensiunan TNI.

"Kemudian di sini ada beberapa mantan TNI Angkatan Darat, ada Pak Rogan Napitupulu, bang Indra mereka adalah kader-kader TNI terbaik yang sudah berakhir masa jabatannya sudah pensiun," terang Farhat.

Selain pensiunan TNI, Farhat mengatakan kader Pandai sebagian besarnya juga adalah tokoh politik. Beberapa diantaranya ialah tokoh politik yang selama ini belum berhasil maju di Pemilu.

"Kemudian ada Sekjen kami namanya Pak masdar Kartanegara adalah tokoh politik yang selama ini belum berhasil maju terus. Mudah-mudahan di Pandai berhasil," ujar dia

Dia juga berharap agar partai-partai baru seperti Pandai tidak dipersulit dalam pendaftaran sebagai peserta Pemilu. Pasalnya, menurut dia partai baru punya misi baik untuk Indonesia.

Harapan kami kepada anggota KPU, seandainya dalam proses pendaftaran ini masih ada kekurangan-kekurangan beberapa teman-teman rekan partai baru yang punya misi baik buat negeri ini jangan dipersulit.

Selain itu, Farhat juga menyampaikan bahwa Pandai merupakan partai dengan lambang kepala Gajah berwarna abu-abu. Warna abu-abu dipilih karena simpel dan belum dimiliki partai lainnya.

"Harapan kami mudah-mudahan partai Pandai menjadi partai yang membentuk suatu generasi teladan. Dengan lambang gajah, kepala gajah. Kemudian warna abu-abu lebih simpel. Habis semua warna sudah diambil semua warna oleh semua partai. Hanya tinggal abu-abu yang belum dimiliki oleh partai," jelas Farhat.

Sementara itu Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta mengaku optimistis partainya siap menjadi peserta Pemilu 2024. Semua hal terkait persyaratan pendaftaran partai sudah lengkap dan diserahkan kepada KPU.

"Secara tehnis insya Allah sudah siap," kata dia kepada Liputan6.com di Gedung KPU, Jakarta, Senin (1/8/2022).

Dia mengakui banyak kendala yang dialami dalam mengelola Partai Gelora. Terlebih saat ini. Ketika Indonesia dan dunia dilanda krisis pandemi ekonomi dan pandemi Covid-19.

"Bikin partai baru di tengah pandemi dan krisis ekonomi pasti sangat berat. Apalagi di negara sebesar Indonesia. Hanya orang gila yang berani melakukan itu," kata dia.

"Tapi setiap cita-cita besar pasti menuntut pajak besar. Semua kelelahan dalam proses pendirian Partai Gelora adalah pajak besar yang pantas dibayar," Anis mengimbuhkan.

Dia pun mengaku optimistis bahwa Partai Gelora bisa lolos verififikasi oleh KPU. Bahkan upaya yang dilakukan saat ini, dinilainya sebagai bagian ikhtiar untuk menjadikan Indonesia menjadi negara yang disegani dunia.

"Langkah kecil menuju KPU adalah langkah besar menjadikan Indonesia sebagai 5 besar dunia. Itulah arah baru INDONESIA yang diperjuangkan Gelora," Anis menandaskan.

<p>Infografis Tahapan Pendaftaran hingga Pengumuman Parpol Peserta Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)</p>


Ada 47 Parpol yang Terdata di KPU

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari sebelumnya menyampaikan, pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2024 resmi dibuka. Dia mengungkapkan, hal itu telah sesuai dengan amanat Peraturan KPU (PKPU) nomor 3 dan 4 tahun 2022 tentang tahapan dan jadwal pemilu 2024.

"Pada hari ini 29 Juli 2022 itu kegiatan pendaftaran partai politik atau Parpol sudah dimulai yaitu dengan pengumuman Pendaftaran Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2024," kata Hasyim saat jumpa pers di Kantor KPU RI Jakarta, Jumat (29/7/2022).

Hasyim menambahkan, dengan pengumuman hari ini, artinya KPU sudah dapat melaksanakan mengumumkan siapa saja parpol bakal calon peserta pemilu 2024. Dia memastikan daftar parpol diungkap secara transparan dan diumumkan lewat situs KPU.

"Apa saja kegiatan selama pendaftaran parpol, verifikasi parpol dan juga penetapan parpol diumumkan melalui media sosial KPU, situs dan juga tentu papan pengumuman KPU," terang Hasyim.

Hasyim merinci, kegiatan selama pendaftaran parpol, verifikasi parpol dan juga penetapan parpol memiliki durasi selama 4 bulan atau 18 bulan sebelum hari pemungutan suara tanggal 14 Februari 2022.

"Pendaftaran dimulai tanggal 1 Agustus sampai 14 agustus, dilanjut verifikasi administrasi bagi yang lolos dan memenuhi administrasi dilanjutkan verifikasi faktual dan pada akhirnya penetapan parpol peserta Pemilu 2024 pada 14 Desember 2022," Hasyim menandasi.

Berdasarkan UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, dan keputusan Mahkamah Konstitusi Nomor 55 Tahun 2020, ada 3 kategori parpol yang harus mengikuti tahapan pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2024, yaitu:

1) Parpol peserta Pemilu 2019 yang lolos Parlemen treshold (PT)

2) Parpol peserta Pemilu 2019 yang tidak lolos PT, dan

3) Parpol baru

Kemudian, berdasarkan putusan MK tersebut, terhadap 3 partai memiliki beda perlakuan untuk tata pendaftarannya:

A) Untuk parpol kategori satu, perlakuannya adalah mendaftar dan kemudian dilakukan verifikasi administrasi.

B) Sementara untuk kategori dua dan tiga perlakuannya adalah mendaftar, verifikasi administrasi, dan yang memenuhi syarat dilanjut verifikasi faktual.

Namun demikian penetapan parpol dilakukan bersamaan pada 14 Desember 2022, termasuk parpol lokal Aceh. Hingga saat ini, KPU sudah mendata sebanyak 39 parpol nasional dan 8 partai lokal Aceh sebagai calon peserta pemilu yang akan mengikuti verifikasi.

Sementara tempat pendaftaran berlangsung di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, No.29, Jakarta Pusat. Waktu pendaftaran partai politik akan berlangsung selama 14 hari dan setiap harinya akan dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Khusus pada hari terakhir atau 14 Agustus 2022, pendaftaran akan ditutup pada pukul 24.00 WIB.

Sedangkan pada hari pertama pendaftar, Minggu (1/8/2020, KPU memastikan, sudah ada sembilan partai yang mendaftar. Kesembilan partai tersebut adalah, PDIP, PKP, PKS, Partai Reformasi, PRIMA, Perindo, NasDem, PBB, Pandai.

Jumlah itu berkurang dari daftar partai politik yang telah terkonfirmasi akan mendaftar pada hari pertama. Sebelumnya tercatat ada 17 parpol yang bakal mendaftar ke KPU, berdasarkan konfirmasi per Minggu (31/7/2022) pukul 16:00 WIB. Berikut ke-17 parpol tersebut:

1. PDIP, 1 Agustus 2022, pukul 08.00 WIB

2. Partai Keadilan dan Persatuan, 1 Agustus 2022, pukul 08.00 WIB

3. Partai Reformasi, 1 Agustus 2022, pukul 08.00 WIB

4. Partai Keadilan Sejahtera, 1 Agustus 2022, pukul 08.30 WIB

5. NasDem, 1 Agustus 2022 pukul 10.00 WIB

6. Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA), 1 Agustus 2022, pukul 10.00 WIB

7. Perindo, 1 Agustus 2022, pukul 10.00 WIB

8. Partai Bulan Bintang (PBB), 1 Agustus 2022, pukul 10.00 WIB

9.Partai Persatuan Pembangunan (PPP), 1 Agustus 2022, pukul 10.00 WIB

10. Partai Gelora, 1 Agustus 2022, pukul 11.00 WIB

11. PKB, 1 Agustus 2022

12. Partai Kebangkitan Nusantara, 2 Agustus 2022, pukul 13.00 WIB

13. Partai Garuda, 3 Agustus 2022, pukul 14.00 WIB

14. Partai Demokrat, 5 Agustus 2022, pukul 14.00 WIB

15. Partai Golkar, 10 Agustus 2022, pukul 10.00 WIB

16. Partai Solidaritas Indonesia (PSI), 10 Agustus 2022 WIB

17. Partai Buruh, 12 Agustus 2022, pukul 13.00 WIB.

<p>Infografis Ragam Komentar Saat Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)</p>