BTS Boleh Konser Saat Wajib Militer

Menhan Korea Selatan: BTS Masih Bisa Konser Meski Wajib Militer

Liputan6.com 2022-08-02 10:33:59
BTS. (Twitter/ bts_bighit)

Semua pria Korea Selatan berusia antara 18-28 tahun diwajibkan untuk bertugas di militer negara setidaknya selama 18 bulan, tapi bintang K-Pop dapat menunda dinas militer mereka.

Pemerintah Korea Selatan pada tahun 2018 meloloskan revisi Undang-Undang Dinas Militer (yang beberapa disebut sebagai BTS Law atau UU BTS) yang memungkinkan penundaan dinas militer hingga usia 30 tahun dalam keadaan tertentu.

Namun demikian, anggota BTS Jin berusia 30 tahun pada bulan Desember dan harus direkrut tahun depan berdasarkan peraturan saat ini, menyebabkan penggemar khawatir tentang masa depan grup yang dinaunginya.

Menteri Pertahanan Korea Selatan Lee Jong-sup, baru-baru ini mengatakan selama sesi parlemen untuk mengizinkan BTS untuk terus tampil bahkan saat bertugas wajib militer. Jadi, mereka tetap melayani kepentingan nasional tanpa mempengaruhi jumlah personel yang berkurang.

"BTS mungkin masih bisa tampil di luar negeri saat bertugas di militer Korea Selatan," kata Lee Jong-sup seperti dikutip dari Billboard, Selasa (2/7/2022).

"Bahkan jika mereka bergabung dengan militer, akan ada cara untuk memberi mereka kesempatan berlatih dan tampil bersama jika ada jadwal konser di luar negeri," jelasnya, menurut laporan Reuters. "Karena banyak orang sangat menghargai [artis yang mengabdi] di militer, itu dapat membantu meningkatkan popularitas mereka lebih banyak lagi."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Atlet dan Musikus Klasik Pengecualian Tak Wajib Militer

Sementara Korea Selatan mengizinkan beberapa atlet elite dan musisi klasik untuk menghindari wajib militer, saat ini tidak ada pengecualian serupa untuk artis K-pop.

Revisi Undang-Undang Dinas Militer 2018 memungkinkan artis K-pop untuk mengajukan penundaan jika mereka telah menerima medali pemerintah untuk meningkatkan pengaruh budaya Korea Selatan di seluruh dunia.

Ketujuh anggota BTS memenuhi syarat setelah dianugerahi penghargaan Hwagwan orders of cultural merit dari pemerintah pada tahun 2018 dalam Korean Popular Culture & Arts Awards.

BTS juga telah tampil di Perserikatan Bangsa-Bangsa dan, pada bulan Mei, di Gedung Putih di mana mereka berbicara menentang rasisme dan kekerasan anti-Asia.

Isu wajib militer memang kerap diperdebatkan di Korea Selatan. Upaya para entertainer seperti Steve Yoo dan MC Mong untuk menghindari wajib militer telah merusak karier mereka.

Para anggota BTS telah mengatakan bahwa mereka bersedia untuk ikut wajib militer. Selain gangguan itu, prospek yang mengancam bagi grup tersebut adalah keputusan band baru-baru ini untuk istirahat dan mengejar proyek solo.

Beberapa politikus Korea Selatan mulai melihat bintang K-pop lebih dari sekadar selebritas biasa. Pada bulan Mei, pada sidang Majelis Nasional, Lee Ki-sik, komisaris Administrasi Tenaga Kerja Militer, mengatakan, "Mungkin perlu untuk mempertimbangkan kembali sistem sambil mempertimbangkan pertanyaan tentang keadilan dan opini publik."

Parlemen Korea Selatan sekarang juga sedang memperdebatkan RUU yang akan mempersingkat dinas militer untuk bintang K-pop menjadi tiga minggu dari sekitar dua tahun.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


5 Alasan Tak Perlu Takut Hadapi Wajib Militer Menurut BTS

Sudah menjadi hal yang lumrah bagi pria Korea untuk menjalani wajib militer. Kewajiban ini pun berlaku penuh tanpa pandang kasta, profesi maupun latar belakang perekonomian. Apabila sudah berusia 28 tahun, maka harus memenuhinya.

Namun ada pengecualian untuk yang mereka yang bisa terbebas dari wajib militer di Korea Selatan. Satu di antaranya adalah atlet pemenang medali emas di ajang Olimpiade atau Asian Games. Namun, hingga tahun 2020 belum ada ketentuan pembebasan wajib militer bagi idol K-Pop berprestasi yang membanggakan negara di kancah dunia.

Sampai pada akhir 2020, Korea Selatan mengumumkan adanya 'BTS Law'. Lewat aturan baru tersebut, idol K-Pop pria yang menerima bintang kehormatan dari pemerintah atas kontribusi mereka di kancah domestik maupun global, bisa mengajukan penundaan wajib militer hingga maksimal berusia 30 tahun.

Mengenai adanya hal tersebut, BTS pun meresponnya dengan santai dalam interview khusus bersama Majalah Rolling Stone baru-baru ini.

Selengkapnya klik di sini...


Member BTS Diprediksi Bakal Wamil Berbarengan pada 2022

Semenjak beberapa waktu belakangan, wacana mengenai wajib militer para anggota BTS kerap kali diperbincangkan. Yang terbaru, J-Hope dkk diperkirakan akan masuk wamil secara berbarengan.

Dilansir dari Soompi, Rabu (21/4/2021), hal ini diungkap dalam laporan investigatif dari Leading Investment & Securites mengenai HYBE.

"Diprediksi bahwa para anggota BTS akan masuk wamil secara bersamaan sebelum pertengahan 2022," begitu isi pernyataan dari analis riset Yoo Sung Man soal bintang K-Pop ini.Dilanjutkan, "Mempertimbangkan efek dari konten yang akan diproduksi sebelum mereka berangkat wamil, periode non-aktif yang sesungguhnya adalah sekitar setahun."

Seperti diketahui, periode wamil prajurit aktif berdurasi satu tahun enam bulan.

Selengkapnya di sini...

Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea

Bonge Dikejar Utang

Bonge Artis Citayam Fashion Week Dikejar Utang karena Akun Instagramnya Hilang

Liputan6.com 2022-08-02 10:30:00
Foto: Bonge di Citayam Fashion Week. Hak Cipta: KapanLagi.com/Bambang E Ros/glk

Citayem Fashion Week membawa keberkahan tersendiri buat Bonge, pria asal Cilebut, Kabupaten Bogor. Bersama anak-anak SCBD (atau yang dikenal dengan Sudirman-Citayam-Bojong Gede-Depok), Bonge berhasil mempopulerkan Citayam Fashion Week dan mencuri perhatian publik.

Tak sedikit uang yang didapatkan pemilik nama asli Eka Satria Saputra berkat fenomena itu, lantaran banyaknya endorsement yang masuk melalui akun media sosial Instagram miliknya. Setiap kali ada produk yang melakukan endorsement, pria 17 tahun itu mendapatkan uang sebesar Rp300 ribu.

Namun, kini Bonge harus menanggung utang lantaran akun Instagram miliknya hilang. Sebab, pihak yang melakukan endorsement meminta agar uang mereka kembali.

"Iya nih kak, Bonge lagi pusing. Banyak banget yang nagih uang ke Bonge. Kalau ceritain kayak gini, kepingin nangis bawaannya, enggak kuat banget. Bonge sedih," kata Bonge dikutip dari kanal YouTube CCTV, Senin (1/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Instagramnya Hilang

Dijelaskan Bonge, bahwa belum sempat ia mem-posting barang endorsement yang masuk kepadanya, ternyata akun Instagramnya hilang. Hal itu membuat ia bingung lantaran ditagih pengembalian uang yang sudah masuk kepadanya.

"Jadi kemarin juga banyak endorse-an terus sama Bonge. Belum Bonge posting soalnya akun Instagram Bonge hilang," sambung Bonge.


Digunakan untuk Orangtua

Uang hasil endorsement, diungkapkan Bonge, sudah diberikan kepada orangtuanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Apalagi, Bonge adalah tulang punggung keluarga yang harus memenuhi segala kebutuhan anggota keluarganya.

"Soalnya, duitnya sudah Bonge kasih ke mama buat beli beras sama uang sekolah adik. Bonge jadi tulang punggung keluarga," ujarnya.


Buat Akun Baru

Kini, Bonge kembali membuat akun Instagram. Namun, follower-nya tak sebanyak yang sebelumnya. Ia berharap akunnya tak lagi hilang dan dirinya tidak lagi menemui masalah seperti ini.

Infografis Temuan Dugaan Bagi-Bagi Kaveling Lahan IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)

Sri Mulyani Tantang Chairul Tanjung

Subsidi Bengkak, APBN Tak Kuat

HEADLINE: APBN Tak Kuat Tahan Subsidi BBM Membengkak, Jokowi Harus Bagaimana?

Liputan6.com 2022-08-03 00:00:45
Banner Infografis Subsidi BBM Bengkak hingga Rp 502 Triliun, Jokowi Harus Bagaimana? (Liputan6.com/Trieyasni)

Subsidi Membengkak. Pemerintah mulai was-was dengan angka subsidi yang sudah digelontorkan untuk kebutuhan masyarakat.

Bagaimana tidak, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan jika anggaran subsidi BBM saja yang seharusnya Rp 170 triliun, sudah membengkak hingga Rp 502 triliun. Naiknya berlipat-lipat.

Dikatakan Jokowi, negara manapun di dunia tidak akan kuat menanggung beban subsidi sebesar itu. Padahal, angka subsidi ini bisa saja tambah bengkak, tergantung dari banyak faktor, mulai dari harga komoditas dunia hingga nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

Meski demikian, Jokowi lebih memilih memandang itu semua sebagai rasa syukur, bahwa pemerintah yang dipimpinnya masih kuat menahan bengkaknya anggaran subsidi, mulai dari subsidi BBM hingga listrik. "Tapi Alhamdulilah kita sampai saat ini masih kuat. Ini yang perlu kita syukuri," sambungnya.

Lagi Jokowi mencontohkan harga BBM di Indonesia yang masih lebih rendah dari negara lain. Harga bensin di negara lain mencapai Rp 31.000 sampai Rp 32.000 per liter. Sedangkan, harga Pertalite di Indonesia Rp 7.650 per liter.

"Kita patut bersyukur, Alhamdulilah kalau bensin di negara lain harganya sudah Rp 31.000, Rp 32.000. Di Indonesia Pertalilte masih harganya Rp7.650," ucapnya.

Jokowi menuturkan bahwa dunia saat ini sedang dalam kondisi yang tak baik-baik saja. Setelah dihantam pandemi Covid-19 hampir 2,5 tahun, dunia kini dihadapi dengan munculnya perang Rusia-Ukraina yang menyebabkan krisis.

"Muncul sesuatu yang dadakan yang tidak kita perkirakan sebelumnya. Sakitnya belum sembuh, muncul yang namanya perang di Ukraina sehingga semuanya menjadi bertubi-tubi, menyulitkan hampir semua negara. Semua negara berada dalam posisi yang sangat sulit," jelas Jokowi.

Menurut dia, negara-negara di Asia, Afrika, dan Eropa yang menjadikan gandum sebagai makanan harian, saat ini berada dalam posisi yang sulit. Pasalnya, 77 juta ton gandum dari Ukraina tidak bisa keluar atau di ekspor akibat perang.

Peringatan IMF ke Indonesia

Permasalahan subsidi ini nampaknya juga menjadi perhatian internasional, seperti salah satunya Dana Moneter Internasional (IMF).

Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva, meminta Pemerintah RI agar lebih tepat sasaran dalam menggelontorkan program subsidi. Sehingga penyalurannya tidak bocor ke orang-orang kaya yang tak berhak menerima.

Georgieva menilai itu penting dilakukan Indonesia, agar program subsidi tepat sasaran bisa menopang pertumbuhan ekonomi di masa sulit.

Dia tak ingin semua orang bisa sembarang menikmati subsidi, semisal dalam membeli BBM jenis Pertalite atau LPG 3 kg.

"Sangat penting bagi kebijakan fiskal Indonesia untuk tetap fokus dalam memberikan bantuan dengan sasaran yang tepat. Bukan dengan memberikan subsidi kepada semua orang, termasuk yang kaya, tetapi fokus kepada mereka yang sangat membutuhkan," tegasnya.

Catatan itu diberikannya, lantaran pemerintah terlalu besar membelanjakan anggaran untuk program subsidi. Imbasnya, hal tersebut justru bakal makin mendorong inflasi.

<p>Infografis Subsidi BBM Bengkak hingga Rp 502 Triliun, Jokowi Harus Bagaimana? (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

APBN Dinilai Masih Mampu

Pandangan optimisme masih dilontarkan anggota dewan. DPR memandang keuangan negara melalui APBN masih mampu menjadi penopang beban subsidi energi. Meski, diketahui angkanya mencapai sekitar Rp 502 triliun.

Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun memandang APBN masih mampu memberikan subsidi. Kendati, dengan harga minyak dunia yang sedang tinggi, pemerintah dalam kondisi sulit untuk menyalurkan subsidi dan kompensasi ke Pertamina dan PLN.

"Saat ini penerimaan negara masih cukup memadai untuk memberikan penguatan terhadap subsidi karena pertama ada SKB dengan BI sebesar Rp 224 triliun untuk APBN 2022 dan kemudian ada windfall penerimaan dari PNBP dan penerimaan pajak karena kenaikan harga komoditas dan kinerja ekspor kita yang sangat bagus," katanya kepada Liputan6.com.

Sehingga Misbakhun memandang penerimaan dari PNBP dan pajak dari harga komoditas masih bisa menopang kinerja penerimaan negara. Kemudian, juga bisa menutup defisit dan kinerja belanja pemerintah untuk tetap mempertahankan pertumbuhan ekonomi dan belanja modal pemerintah.

"Baik itu untuk membiayai infrastruktur, membiaya belanja rutin dan belanja modal serta lainnya," kata dia.

Terpisah, Anggota Komisi XI DPR RI Kamrussamad melontarkan hal senada. Menurutnya, APBN memang didesain untuk menjadi shock absorber.

"Tujuannya adalah mengendalikan inflasi, menjaga daya beli rakyat, dan menjaga momentum pemulihan. Sebab kalau tidak demikian, guncangannya akan sangat keras bagi masyarakat. Daya beli akan melemah. Padahal, konsumsi domestik menjadi salah satu penopang pertumbuhan ekonomi kita," paparnya.

Artinya, beban subsidi terhadap APBN bukan menjadi suatu masalah. Dengan begitu, arus uang negara ini digunakan untuk sektor prioritas.

"Seharusnya tidak ada masalah jika APBN digunakan tepat kebijakan sesuai prioritas. Tidak diganggu-ganggu dengan pengeluaran lain yang datangnya tiba-tiba. Apalagi di kuartal I kemarin APBN kita mengalami surplus," kata dia.

"Semestinya APBN kita masih cukup kuat menopang subsidi energi hingga akhir tahun," tambahnya.

Stabilitas Sistem Keuangan Terjaga

Di kesempatan terpisah, Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo senada mengungkapkan jika APBN masih mampu memenuhi anggaran subsidi BBM dan listrik.

"(Ketahanan APBN) Seperti kemarin disampaikan KSSK, kita cukup punya daya tahan untuk itu," kata Yustinus kepada Liputan6.com.

Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) menyatakan, stabilitas sistem keuangan Indonesia masih terjaga hingga Juni 2022 di tengah perekonomian global yang meningkat.

Hal tersebut berdasarkan hasil rapat koordinasi di kuartal II-2022 yang sudah dilakukan oleh KSSK, yang terdiri dari Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, dan Lembaga Penjamin Simpanan.

Anak buah Menteri Keuangan ini menegaskan, subsidi BBM dan listrik masih menjadi bantalan ekonomi untuk mencegah terjadinya inflasi yang tinggi.

"Iya (subsidi masih jadi bantalan), karena kondisinya masih pemulihan ekonomi ya, apalagi masyarakat yang paling terdampak harus dilindungi yang daya beli tidak cukup tak mampu, itu komitmen," ujarnya.

Ketika ditanya lebih lanjut terkait rencana penambahan subsidi, Yustinus mengatakan pihaknya masih menunggu langkah dari Kementerian ESDM, Pertamina, dan PLN. Sebab, dibutuhkan perhitungan yang matang sebelum Pemerintah menggelontorkan tambahan subsidi.

"Itu nanti nunggu bagaimana ESDM, Pertamina, PLN menghitung ya. Dan kita mintakan dari Banggar jika ada perubahan," ujarnya.


Sudah Diprediksi

Direktur Eksekutif Reforminer Institute Komaidi Notonegoro menilai prediksi habisnya kuota BBM subsidi, terutama Pertalite wajar terjadi. Ini mengingat konsumsi Pertalite meningkat tahun ini seiring hilangnya Premium dari pasaran.

Berdasarkan kalkulasi yang dilakukan Reforminer Institute, kebutuhan normal Premium adalah kisaran 28-30 juta kiloliter (kl), dengan asumsi sebelum ada program penghapusan Premium, konsumsi Pertalite sudah 22 juta kl. Sementara konsumsi Premium status terakhir sekitar 6-8 juta kl.

"Jadi wajar kalau 23 juta kl maksimal hanya sampai Agustus atau September 2022 karena itu menjadi penting agar ada pengaturan tepat sasaran," kata Komaidi.

Kepala Ekonom Bank Permata, Josua Pardede menilai salah satu solusi mengantisipasi habisnya kuota BBM subsidi dengan melakukan pengaturan penyaluran BBM subsidi secara tepat sasaran sehingga dapat menghindari terjadinya kelangkaan.

"Upaya Pertamina untuk menggunakan aplikasi digital jadi jalan untuk menyeleksi siapa-siapa saja yang berhak menerima BBM subsidi. Tinggal implementasi penggunaan aplikasi tersebut yang kini harus bisa disiapkan dan dieksekusi dengan baik," kata dia, melansir Antara.

Menurutnya, akselerasi penerapan aplikasi bagi masyarakat dapat mengatasi hal ini, karena aplikasi dapat secara tepat mengatur jumlah konsumsi bagi masing-masing konsumen.

"Tidak seperti kuota yang cenderung masyarakat mampu dapat membeli Pertalite lebih banyak karena memiliki daya beli yang lebih besar," ungkap Josua.

Direktur Konservasi Energi Kementerian ESDM Luh Nyoman Puspa Dewi mengatakan efisiensi energi adalah cara paling murah untuk menghadapi krisis energi yang membuat nilai keekonomian energi sangat tinggi.

"Banyak negara sudah melakukan efisiensi energi. Ini adalah satu langkah yang paling tidak dapat kita lakukan tanpa biaya," kata Dewi.

Pada Juni 2022 Kementerian ESDM menyatakan harga energi dunia masih tinggi dipicu konflik geopolitik Rusia-Ukraina yang membuat minyak mentah Indonesia atau ICP menyentuh angka USD 104,22 per barel, elpiji harga Aramco senilai USD 750 per barel, batu bara acuan menembus harga USD 323,9 per ton.

Harga energi yang tinggi terutama minyak mentah tersebut membuat nilai keekonomian bensin Rp 18.000 per liter dan nilai keekonomian solar Rp 19.000 per liter.

Dewi menuturkan Indonesia masih bergantung terhadap impor BBM akibat penurunan produksi dan peningkatan konsumsi BBM, sehingga beberapa daerah di Indonesia mengalami krisis BBM.

"Konsumsi yang cukup tinggi di sektor transportasi mengakibatkan adanya (krisis BBM) di beberapa lokasi..., kemudian nilai keekonomian BBM yang tinggi membuat kita sangat sulit apabila tetap menerapkan subsidi," ujarnya.

Dikatakan jika Kementerian ESDM terus berupaya meningkatkan pemanfaatan energi baru terbarukan sekaligus tetap menjaga keseimbangan dari Trilemma Energi guna membangun energi berkelanjutan.

Penerapan Trilemma Energi dilakukan dengan cara penambahan kapasitas pembangkit, distribusi yang adil, harga listrik terjangkau, dan dapat diterima masyarakat secara andal, berkualitas dan ramah lingkungan.

Dwi menjelaskan Trilema Energi terdiri dari tiga komponen yang saling berhubungan dan terikat. Pertama adalah kesetaraan energi yang harus mempertimbangkan keterjangkauan dan ketersediaan,

"Tersedia di sini artinya mandiri, kita sendiri mengelola sumber energi tersebut dan tidak tergantung dengan pihak manapun dan dikurangi ketergantungannya," jelas Dwi.

Kedua, komponen keamanan energi yang mengandung aspek aman dan dapat diandalkan. Komponen ini mengupayakan penyediaan energi yang memperhatikan rantai pasok yang ada di dalam negeri dan luar negeri, serta menyediakan infrastruktur yang ada untuk pelayanannya. Komponen ketiga adalah keberlanjutan lingkungan yang bersifat hijau dan bersih.

Kementerian ESDM menyiapkan pembangunan infrastruktur berbasis energi baru terbarukan dengan menggunakan sumber energi rendah karbon, salah satunya melalui peningkatan efisiensi energi dari sisi penawaran maupun permintaan.

<p>Infografis Subsidi Harga BBM hingga Tarif Listrik Bakal Dihapus? (Liputan6.com/Trieyasni)</p>


Pemerintah Harus Apa?

PT Pertamina (Persero) berencana melakukan pembatasan pembelian produk BBM subsidi seperti Pertalite. Namun, perusahaan pelat merah tersebut masih menunggu pemerintah yang kini tengah merevisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menargetkan, revisi Perpres 191/2014 untuk membatasi pembelian Pertalite bisa diterapkan per Agustus 2022 ini.

Namun realitanya, pembelian Pertalite dan produk subsidi lainnya di SPBU Pertamina saat ini masih bisa dikonsumsi secara bebas.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menyatakan, pihaknya saat ini menanggung beban subsidi BBM yang terlampau membengkak. Oleh karenanya, ia ingin kebijakan pembatasan pembelian Pertalite bisa segera diterapkan.

"Subsidi BBM yang nantinya akan sangat besar, ini akan menjadi beban bagi Pemerintah. Oleh karena itu harus segera dilakukan pengaturan penggunaan BBM Bersubsidi," tuturnya kepada Liputan6.com, Selasa (2/8/2022).

Kendati begitu, Pertamina masih harus bersabar menunggu aturan baru dari Perpres 191/2014. "Ini kita tunggu revisi Perpresnya," ujar Irto.

Saran dari Buruh ke Pemerintah

Bengkaknya anggaran subsidi ini juga menjadi perhatian kalangan buruh. Kelompok buruh memandang penghematan anggaran subsidi perlu lebih dulu dilakukan pejabat negara. Menyusul, angka subsidi energi mencapai Rp 502 triliun.

Presiden Asosiasi Serikat Pekerja (Aspek) Indonesia Mirah Sumirat menyampaikan pejabat eksekutif, legislatif, dan yudikatif menikmati banyak uang negara. Alhasil, APBN menjadi boros.

Mirah memandang, di sektor energi saja, untuk BBM dan konsumsi listrik, pejabat sedikitnya menikmati subsidi dari pemerintah. Maka, hal itu perlu lebih dulu dibatasi atau disetop.

"Penghematan harus dimulai dari fasilitas-fasilitas apapun yang dirasakan pejabat ekskutif legislatif dan yudikatif, mereka gak boleh diberikan fasilitas gratis. saya kita mereka harus rasakan itu," katanya kepada Liputan6.com, Selasa (2/8/2022).

Jika keuangan negara masih menopang fasilitas itu, Mirah memandang APBN malah akan lebih kesulitan. Artinya, semakit berat dalam menopang subsidi.

"Jangan rakyat terus yang dipaksankan, rakyat itu sudah susah, upahnya murah, kemudian usaha juga sekarang sangat susah, usaha bisa tapi banyak yang gak beli," ujarnya.

Terkait alokasi subsidi, seperti listrik, ia menyebut kelompok buruh jarang mendapatkan subsidi. Alasannya, banyak yang menggunakan listrik prabayar.

Transisi Energi

Tingginya angka subsidi disebut jadi momentum transisi ke energi bersih. Tingginya angka subsidi dipengaruhi oleh konsumsi BBM subsidi yang juga dinilai berlebihan. Malah ditakutkan akan habis lebih dahulu sebelum tutup tahun 2022.

Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Anggawira memandang ini jadi momentum transisi ke energi hijau. Sehingga, diharapkan mampu menekan beban APBN atas subsidi energi fosil.

"Harus dibatasi itu penggunaan pertalite terutama untuk konsumsi-konsumsi kendaraan yang sifatnya pribadi, itu harus dibatasi dan memang harus segera mendorog transisi energi penggunaan mobil listrik dan sebagainya," kata dia kepada Liputan6.com, dikutip Rabu (2/8/2022).

"Karena memang peneggunaan BBM untuk sektor publik juga masih banyak jumlahnya," tambah dia.

Ketua Umum Asosiasi Pemasok Batubara Indonesia (Aspebindo) ini juga melihat transisi energi tak sebatas di sektor hilir. Tapi, perlu diikuti dengan komitmen peralihan di sektor hulu, seperti halnya pembangkit listrik.

Saat ini, sekitar 70 persen pembangkit listrik di dalam negeri menggunakan bahan baku fosil. Meski, telah ada wacana untuk beralih ke energi baru terbarukan (EBT).

"Penggunaan PLN untuk keperluan pembangkit-pembangkit kalau bisa memang ada pemanfaatan daripada gas, kita kan kaya akan sumber daya gas, nah ini untuk transisi energi ini sebaiknya diarahkan kesana," bebernya.

Melalui langkah itu, harapannya, konsumsi BBM fosil termasuk subsidi akan berkurang. Imbasnya, subsidi energi yang menggunakan uang negara pun bisa berkurang.


Bagaimana Kebijakan Subsidi di Negara Lain?

Ternyata, memang tidak hanya Indonesia yang berstatus sebagai negara berkembang yang begitu mengandalkan subsidi demi menjaga daya beli masyarakat. Negara-negara di Eropa, mereka mempunya strategi masing-masing dalam menghdapi krisis energi dunia.

Italia

Italia, yang memutuskan untuk mengurangi ketergantungannya pada pasokan gas dari Rusia, telah menjanjikan subsidi bahan bakar senilai 14 miliar euro.

Negara itu juga berencana untuk memberikan bonus dana 200 euro kepada para oekerja yang berpenghasilan kurang lebih 35.000 euro setahun, dan menawarkan kredit pajak 20 persen untuk perusahaan padat energi yang melihat harga naik lebih dari 30 persen.

Di sisi lain, Italia telah mengumumkan niatnya untuk mengenakan pajak kepada perusahaan-perusahaan yang mengambil keuntungan dari harga energi yang lebih tinggi.

Spanyol

Seperti Italia, Spanyol juga memutuskan untuk mengenakan pajak kepada perusahaan energi yang mendapat keuntungan dari kenaikan harga energi dan menggunakan uang yang terkumpul untuk membantu warganya membayar tagihan.

Madrid telah memotong pajak pertambahan nilai (PPN) atas tagihan energi dari 21 persen menjadi 10 persen, sementara juga memotong pajak listrik dari 7 persen menjadi 0,5 persen.

Negara itu saat ini juga memberlakukan batasan harga gas selama satu tahun, yang disepakati oleh Komisi Eropa, yang memastikan harga tetap lebih rendah dari rata-rata 50 euro per megawatt-jam.

Perancis

Perancis juga menawarkan pembayaran satu kali kepada warganya untuk membantu menghadapi masa-masa sulit, meskipun hanya dengan dana bantuan senilai 100 euro - lebih rendah daripada di Inggris dan Italia.

Tetapi Perancis telah meningkatkan dukungan sumbernya, dengan mendesak penyedia energi milik negara EDF untuk membatasi kenaikan harga grosir listrik menjadi 4 persen selama setahun.

Langkah ini diperkirakan menelan biaya 8,4 miliar euro.

Pajak domestik negara atas konsumsi listrik final (TICFE) juga telah dibatasi dari 22,50 euro per megawatt per jam menjadi hanya 1 euro per megawatt per jam untuk rumah tangga, dan 0,50 eurp untuk bisnis.

Pemerintah Perancis menargetkan langkah ini untuk membatasi kenaikan harga listrik hingga 4 persen, dibandingkan dengan perkiraan 45 persen.

Jerman

Jerman, yang baru-baru ini berjuang untuk mengekang ketergantungannya pada gas Rusia, telah menyetujui dua paket bantuan dengan senilai 30 miliar euro untuk membantu warganya dengan kenaikan harga energi tahun ini.

Pemerintah Jerman akan menawarkan tarif tetap harga energi satu kali sebesar 300 euro kepada semua pembayar pajak, yang ditransfer kepada mereka melalui slip gaji.

Keluarga yang menerima tunjangan anak juga akan mendapatkan tambahan 100 euro per anak, sementara warga yang menerima tunjangan akan menerima pembayaran satu kali 200 euro.

Mereka yang mendapat bantuan perumahan juga akan mendapatkan top-up senilai 270 euro untuk orang-orang yang mendapat bantuan perumahan.

Negara ini juga menawarkan tiket angkutan umum bersubsidi.

Menurut data dari portal perbandingan harga Check24, sekitar 4,2 juta rumah tangga di Jerman pasti akan melihat tagihan listrik mereka naik rata-rata 63,7 persen tahun ini, sementara 3,6 juta akan menghadapi tagihan gas 62,3 persen lebih tinggi dari tahun lalu.

Bosan Jadi Sultan

Bosan Jadi Sultan Andara, Justru Ini yang Dilakukan Raffi Ahmad Biar Makin Tajir

Liputan6.com 2022-08-02 17:45:52
Raffi Ahmad. (Foto: Instagram @raffinagita1717)

Saat ini, Raffi Ahmad adalah salah satu artis terkaya di Indonesia. Dia memiliki lebih dari delapan kavling di kawasan Jakarta Selatan, memiliki beragam bisnis, mulai dari kuliner, kecantikan dan perawatan tubuh, hingga lini bisnis entertainment.

Belum lagi sederet mobil mewah yang terparkir di halaman rumahnya. Bahkan Raffi diketahui telah membeli mobil baru mini cooper seharga miliaran rupiah untuk hanya pergi ke minimarket! Wow banget, kan?

Baru-baru ini, presenter yang biasa dijuluki 'Sultan Andara' kembali menjadi sorotan warganet. Kali ini, Raffi mengatakan bahwa dirinya sudah bosan menjadi seorang sultan. Kata-kata Raffi yang membuat geger dunia maya itu disampaikannya melalui postingan terbaru di akun Instagram @raffinagita1717.

Ya, kekayaan Raffi Ahmad memang ditaksir mencapai lebih dari Rp1 triliun. Angka fantastis tersebut sudah termasuk rumah di kawasan elit, mobil klasik, mobil sporty, dan mobil-mobil mewah lain yang dikoleksinya.

Jumlah pundi-pundi kekayaan Raffi itu sebenarnya nggak mengherankan. Suami Nagita Slavina itu nggak hanya sukses di dunia hiburan televisi saja. Artis papan atas ini juga memiliki gurita bisnis di bawah naungan RANS Entertainment, mulai dari bisnis kuliner, pakaian, kosmetik, e-sport, klub basket, hingga klub sepak bola.

Dengan harta melimpah, maka ungkapan Raffi yang merasa bosan menjadi sultan tentu mengejutkan netizen di media sosial, bukan? Bagi sebagian warganet, ayah dua orang ini seharusnya nggak akan bosan dengan kekayaan yang ia miliki.

Maka, nggak heran bila para pengikut setianya pun bertanya-tanya, apa maksud postingan yang diunggah Raffi? Apakah Raffi Ahmad benar-benar bosan dijuluki sebagai sultan? Akankah ada hal lain yang hendak dilakukan oleh presenter sekaligus selebritas tersebut?

Komentar netizen soal Raffi Ahmad yang sebut bosan jadi sultan/Instagram @raffinagita1717.

Nah pertanyaannya sekarang, apakah Raffi benar-benar bosan menjadi seorang sultan? Apakah ia sedang mempertimbangkan untuk meninggalkan dinasti kesultanannya itu? Ataukah ia berambisi untuk menjadi seseorang yang lebih dari sekadar sultan?

Seolah nggak ingin membuat warganet dan penggemarnya bertanya-tanya, akhirnya Raffi mengumumkan sebuah kabar bahagia yang sudah ditunggu-tunggunya. Hal itu diungkapkan Raffi melalui unggahan di akun Instagramnya. Ya, Raffi mengungkapkan cara untuk menjadi sultan bukan sembarang sultan lewat caption yang ditulisnya. Apakah itu?

"Rasa bosanku akhirnya terjawab, ternyata bisa jadi sultan yang gak biasa-biasa aja!! INI DIA SULTAN BUKAN SEMBARANG SULTAN... SULTAN SHOPEE VIDEO!! SEKARANG KALIAN BISA JUGA JADI SULTAN YANG LUAR BIASA! SULTAN SHOPEE VIDEO 10 MILIAR!!," tulis Raffi dalam postingan terbarunya.

Klatifikasi Raffi Ahmad bosan jadi sultan/Instagram @raffinagita1717.

Oh ya, nggak lupa, Raffi juga mengajak masyarakat luas untuk dapat merasakan jadi Sultan seperti dirinya.

"Caranya gampang banget loh. Cukup nonton, post video, dan ajak teman untuk ikutan sekarang di Shopee Video. Dapatkan total hadiah 10 MILIAR! Gabung programnya sekarang, siapa aja bisa jadi Sultan!!! Tunggu apa lagi? Cus download Shopee dan cek keseruannya sekarang! @shopee_id #ShopeeVideo #SultanShopeeVideo."

Ternyata, mudah sekali ya cara untuk menjadi sultan bukan sembarang sultan seperti Raffi Ahmad? Tunggu apa lagi? Kini, siapa saja bisa mengikuti jejak Raffi Ahmad menjadi sultan, termasuk kamu!

(*)

Sule: Semua Salahku

Jatuh Sakit, Sule Minta Publik Berhenti Hujat Putri Delina: Semua Salahku

Liputan6.com 2022-08-02 12:00:00
Sule dan Nathalie Holscher. (Foto: Instagram @ferdinan_sule)

Di tengah kasus perceraian, Sule rupanya jatuh sakit. Keadaan ini membuat ayah Rizky Febian itu harus istirahat di rumahnya sampai kondisi membaik.

Sambil berbaring, dia berpesan kepada netizen Indonesia yang sering menghujat anak keduanya, Putri Delina. Sule mengatakan, Putri bukan penyebab dia dan Nathalie Holscher bercerai.

"Aku mau kasih tahu juga, buat kawan-kawan yang masih menghujat Putri, please ya setop, please berhenti," kata sule dalam Vlog di akun YouTube Sule Family pada Senin (1/8/2022).

"Kasihan Putri, karena semua permasalahan ini bukan karena Putri. Itu yang kalian harus catat. Kasihan anak-anak enggak tahu apa-apa. Kita baik-baik saja tanpa ada yang harus menjatuhkan siapa pun," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Privasi

Komedian terkenal ini enggan membocorkan akar masalah dalam keluarganya kepada publik, sebab itu hal yang sangat privasi.

"Kalau ada yang bertanya apa dong masalahnya, cukup aku, dia (Nathalie) yang tahu. Enggak perlu kita kasih tahu. Ngalir saja saya mah, enggak apa-apa," ujarnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Tak Sepenuhnya Salah Putri

Menurutnya, masalah rumah tangga yang di hadapinya saat ini tak semuanya berasal dari kesalahan Putri Delina. Ada faktor-faktor lain yang melatarbelakangi.

"Untuk yang hujat Putri tolong disetoplah. Bukan seluruhnya salah Putri. Kalau pun ada kesalahan, dia sudah minta maaf," bintang film Hong Kong Kasarung menyambung.


Menyalahkan Diri

Ketimbang menyalahkan pihak lain, Sule memilih menyalahkan diri sendiri. "Yang jelas, semua salahku. Kalau ada yang hujat, jangan hujat Nathalie, jangan hujat Putri. Aku dengan senang hati menerima semuanya," ia mengakhiri.

<p>Infografis Deretan Kepala Daerah Terkena OTT KPK. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Usai Cerai, Umbar Aib Eks Suami

Resmi Cerai, Dewi Perssik Umbar Aib Angga Wijaya

Liputan6.com 2022-08-02 09:30:00
Dewi Perssik (Foto: Instagram/@dewiperssik9)

Palu sudah diketok majelis hakim Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Ini menandai Dewi Perssik dan Angga Wijaya resmi bercerai. Keduanya tak lagi menjadi pasangan suami istri sejak Senin (1/8/2022).

Baru sehari menjadi janda, wanita yang akrab disapa DePe ini mengumbar aib mantan suaminya di akun Instagram pribadinya, Selasa (2/8/2022).

Wanita bernama lengkap Dewi Murya Agung ini mengunggah video yang memperlihatkan transaksi atas nama Budianto.

"Oke kalau gitu kita akan telusuri siapa si budianto ini. Karena 20 tahun sy berkarir, saya gak pernah memberikan no rek transfer selain atas nama DEWI MURYA AGUNG.Biar lawyer saya yang akan menangani ini. @sandyarifinsh ya teman2. Harap berhati2 yang mengatasnamakan management saya dan memalsukan ttd saya," tulis mantan istri Saipul Jamil, sebagai keterangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sudahi Menyunat

Dewi Perssik juga mengingatkan Angga Wijaya untuk berhenti mengambil uang dari hasil jerih payahnya manggung.

"Sudah cukup sunatnya yaaa... ini hanya sebagian saja. Harta itu bukan segalanya makanya sy sabar selama 5 thn bertahan dan sy diamkan. Tidak dinafkahipun saya trima dg sabar. disabar2in... gak diceraikan sm gw, yang selalu bilang gak digaji... di diamkan aku pikir akan sadar dan brubah... ternyata makin parah. Ini mungkin maunya km," tambahnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Tobat

Sebelumnya, Angga Wijaya diingatkan Dewi Perssik agar bertobat dan melakukan hal yang kurang baik.

"Sudah sudah... jangan pencitraan sok sedih terus... dipodcast2 orang, jadi bintang tamu sana sini , nanti kebuka semua...bingung ntar cari giginya karena gak bisa nyengir... . Taubat aja biar barokah hidupnya zheyeng....," sambungnya.


Cari Duit yang Halal

Wanita kelahiran Jember, 16 Desember 1985 menasihati mantan suaminya untuk mencari uang yang halal agar hidupnya berkah.

"Cari duit yang halal, jgn suka nyunat yang bukan miliknya. Jgn bangga dipuja2 padahal tuti... tukang tipu muslihat . Alhamdulillah kebuka satu persatu dan Allah begitu sangat sayang terhadapku... trimakasih ya Allah... alhamdulillah....MERDEKA ," bebernya.

<p>Infografis Wanti-Wanti Euforia Boleh Lepas Masker (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Menangis Karena Istri Batal Hamil

Ferry Irawan Menangis Saat Mengetahui Venna Melinda Tak Jadi Hamil

Liputan6.com 2022-08-02 12:20:51
Venna Melinda dan Ferry Irawan. (Foto: Dok. Instagram @vennamelindareal)

Venna Melinda beberapa waktu lalu membawa kabar bahagia yang cukup menghebohkan. Di usianya yang sudah 50 tahun, Venna Melinda mengumumkan bahwa dirinya hamil.

Venna Melinda dan Ferry Irawan pun menceritakan bahagiamana kabar kehamilan itu bermula. Venna mengatakan bahwa pada awalnya, ada seseorang yang mengatakan bahwa Venna Melinda tengah hamil.

Orang tersebut disebut-sebut memiliki indera keenam. Akhirnya karena penasaran, Venna Melinda dan Ferry Irawan itu akhirnya melakukan test pack.

"Awalnya kami itu lagi di bank ada yang bilang, 'ibu kayaknya isi'. Terus pulang dari sana dia (Ferry) langsung 'ayo coba tes, ayo kita beli testpack'. Kata orang-orang tuh ibunya punya sixth sense. Aku kemakan lah aku sama omongan itu, akhirnya tes," ucap Venna Melinda saat menjadi bintang tamu dalam sebuah acara talkshow di salah satu stasiun tv swasta baru-baru ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pesimis

Venna Melinda sendiri sudah meragukan kalau dirinya benar-benar hamil. Pasalnya, usianya saat ini sudah memasuki fase menopause. Sangat kecil kemungkinannya untuk bisa hamil lagi.

"Aku tuh sebetulnya sudah 50 tahun, jadi sudah menopause kan, aku udah bilang , Bi (panggilan ke Ferry) kalau punya anak itu hanya keajaiban," ujar Venna Melinda.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Ada Harapan

Namun harapan Ferry Irawan tetap tumbuh karena mengacu kepada pemeriksaan dokter beberapa waktu sebelumnya yang mengatakan bahwa rahim Venna Melinda dan sel telurnya masih bagus.

"Karena waktu itu kata dokter dia kan (rahim dan telur) masih bagus," ujar Ferry Irawan.

"Karena dia memang pengin banget punya anak kan," timpal Venna Melinda.


Kecewa

Sayangnya, keinginan Ferry Irawan itu masih belum dapat terpenuhi karena pada saat kembali melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan, rupanya Venna Melinda tidak hamil. Saat mengetahui itu, Ferry Irawan merasa kecewa hingga menangis.

"Malamnya kami ke dokter, pas USG kata dokter, 'kok enggak ada kehamilan pak'. Nangis lagi dia (Ferry Irawan)," ujar Venna Melinda.

Infografis Ibu Hamil Sudah Bisa Dapatkan Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Niman)

Tak Mandi Selama 22 Tahun

Pria Ini Tak Mandi Selama 22 Tahun, Ternyata Ini Alasannya

Liputan6.com 2022-08-02 12:03:56
foto: Youtube ETV Bharat

Seorang pria berusia 62 tahun dari Bihar, India, telah mendapatkan banyak perhatian di negara asalnya setelah terungkap bahwa dia tidak mandi selama lebih dari dua dekade.

Dharamdev Ram terkenal di kampung halamannya di Baikunthpur. Semua orang tahu bahwa dia tidak mandi dalam 22 tahun, tetapi tidak ada yang mengejeknya karena itu, sebaliknya, dia sangat menghormati keputusannya.

Itu karena pria tersebut bersumpah untuk menghindari mandi sampai kekerasan terhadap perempuan, sengketa tanah antar laki-laki, dan pembunuhan hewan tak berdosa berhenti. Itu belum terjadi, jadi Dharamdev terus menegakkan sumpahnya.

"Pada tahun 1975, saya bekerja di sebuah pabrik di Jagdal, Bengal, dan menikah pada tahun 1978 dan menjalani kehidupan normal," kata Dharamdev Ram baru-baru ini kepada ETV Bharat.

"Tetapi pada tahun 1987, saya tiba-tiba menyadari bahwa sengketa tanah, pembunuhan hewan, dan kekejaman terhadap perempuan mulai meningkat. Jadi, untuk mencari jawaban, saya mendekati seorang 'guru' yang menjadikan saya sebagai muridnya dan mengilhami saya untuk mengikuti jalan bhakti. Sejak itu, saya menuju jalan bhakti dan mulai bermeditasi untuk Dewa Rama."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com0811 9787 670hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Siap untuk menepati sumpah yang dia buat 22 tahun lalu

Pada tahun 2000, ketika dia bersumpah untuk tidak mandi sampai kesalahan yang disebutkan di atas berhenti, Ram juga berhenti dari pekerjaannya di pabrik tempat dia bekerja, tetapi dengan cepat kembali karena tekanan dari keluarganya sendiri. Namun, ketika tersebar tentang janjinya yang tidak biasa, dia dipecat, dan dia tetap menganggur sejak itu.

Istri Ram, Maya Devi, meninggal pada tahun 2003, tetapi bahkan saat itu, dia menolak untuk mandi. Bertahun-tahun kemudian, salah satu putranya meninggal, tetapi dia tidak melanggar sumpahnya, dan dia terus melakukannya, meskipun putranya yang lain meninggal tahun ini.

Bahkan jika itu mungkin berarti tidak pernah mandi sampai hari kematiannya, dia siap untuk menepati sumpah yang dia buat 22 tahun lalu, kecuali jika tujuan mulianya tercapai.

Upaya Dharamdev Ram yang tidak biasa untuk mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan hewan, serta sengketa tanah menjadi viral di India baru-baru ini, memicu penyelidikan jurnalistik.

Wartawan melakukan perjalanan ke Baikunthpur, di distrik Gopalganj Bihar untuk mewawancarai Ram dan sejumlah penduduk setempat, yang semuanya membenarkan bahwa dia tidak mandi selama lebih dari dua dekade.

Jika Anda berpikir 22 tahun tanpa mandi adalah waktu yang lama, Anda mungkin belum pernah mendengar tentang pria terkotor di dunia, pria Iran berusia 87 tahun yang tidak mandi selama 67 tahun. Seperti dia, Dharamdev Ram tampaknya dalam keadaan sehat, meski kebersihannya yang buruk, setidaknya menurut standar modern.


6 Manfaat Kesehatan yang Didapat Tubuh Jika Rutin Mandi

Mandi menjadi rutinitas wajib yang dilakukan setiap individu. Biasanya individu memilih mandi di pagi hari untuk memulai aktivitas hariannya. Meski segelintir individu tidak punya waktu atau keinginan untuk menjadikannya kebiasaan rutin, mandi memiliki manfaat kesehatan. Tubuh kita terdiri dari 60% air, dan wajar saja jika menghabiskan waktu di kamar mandi memiliki manfaat bagi tubuh.

Sangat disarankan untuk menghabiskan waktu mandi Anda 2-3 kali per minggu. Namun, jika Anda memiliki kondisi kulit atau alergi, konsultasikan dengan doktermu terlebih dahulu sebelum melakukan perubahan pada kebiasaanmu. Untuk itu, ketahui manfaat menakjubkan bagi tubuh jika rutin mandi, seperti melansir dari Bright Side, Selasa (28/6/2022).

1. Membuatmu tetap bugar

Mandi air dingin bisa membantu meningkatkan penurunan berat badan. Menurut klaim ini, sel lemak cokelat menghasilkan panas dengan membakar lemak saat mereka terkena kondisi dingin, seperti saat mandi.

2. Menurunkan gula darah

Mandi bisa menurunkan gula darah, terkadang lebih baik daripada olahraga. Meskipun ini bukan anjuran untuk tidak berolahraga, sebuah penelitian menunjukkan bahwa ketika individu mandi air panas alih-alih berolahraga, kadar gula darah puncak mereka setelah makan kira-kira 10% lebih rendah.

Meskipun reaksi gula darah total untuk kedua aktivitas itu serupa, perlu disebutkan bahwa itu memiliki efek yang cukup besar pada kadar gula darah setelah makan.

3. Bisa meringankan sinus yang kering atau tersumbat

Jika Anda lelah bangun dengan hidung tersumbat dan sakit kepala setiap pagi, pertimbangkan untuk mandi air panas untuk meredakan sinusmu. Ini cukup banyak bekerja seperti pelembab udara atau bernapas di atas semangkuk air panas. Uap bisa membantu membersihkan saluran hidung dan tenggorokan, yang memungkinkan Anda bernapas lebih baik dan tidak merasa sesak.

4. Bisa meredakan kecemasan

Jika Anda mengalami hari yang buruk, salah satu solusi terbaik adalah mandi busa dengan santai untuk waktu yang lama. Jika itu tidak memungkinkan, mandi air panas cepat bisa dilakukan.

Selain memberikan kulit bersih yang lembut, mandi air panas bisa mengurangi kecemasan dan stres akibat pelepasan oksitosin. Hormon ini diketahui terkait dengan efek anti-stres.

5. Mengendurkan otot kaku

Terapi di rumah yang sederhana dan efektif untuk pemulihan otot adalah bersantai di dalam baik mandi air panas. Peneliti mengatakan bahwa dengan mandi bisa mengurangi ketegangan otot di seluruh tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. Ini menghasilkan otot yang lebih lentur dan rentang gerak yang lebih luas.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat olahraga tentu sudah banyak diketahui, tapi manfaat mandi belum banyak yang tahu. Tapi ketika Anda menggabungkan keduanya, Anda bisa mendapatkan tingkat daya tahan dan kesehatan yang sama sekali baru.

Menurut sebuah penelitian, mandi air dingin sebelum berolahraga bisa meningkatkan daya tahan dan kemampuan tubuhmu untuk berolahraga pada tingkat intensitas yang lebih tinggi untuk waktu yang lama.

Infografis Manfaat Mandi Air Dingin dan Panas. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

Surat Wasiat Kopda Muslimin

Kopda Muslimin Tulis Surat Wasiat untuk Anak, Ditemukan di Saku Celananya

Liputan6.com 2022-08-02 13:37:06
Kopda Muslimin. Dok: Kodam IV Diponegoro

Meninggalnya Kopda Muslimin, otak penembakan istrinya sendiri, Rina Wulandari (34), masih meninggalkan misteri. Misteri itu terkait secarik surat wasiat untuk anak yang pernah ditulis Kopda Muslimin sebelum mengakhiri hidupnya.

Wadan Pomdam IV Diponegoro Letkol CPM Muhammad Choirun, Senin (1/8/2022) menyebut, pihaknya menemukan secarik surat wasiat di saku celana Kopda Muslimin saat evakuasi dari rumah orangtuanya di Kendali ke RS Bhayangkara.

"Di situ tertulis untuk anaknya, jadi kemudian ini kami serahkan ke keluarga," katanya.

Surat itu diterima oleh ibu mertua Muslimin atau ibu kandung RW yang merupakan korban penembakan. Surat yang ditemukan berupa secarik kertas dari buku tulis berisi tulisan tangan. Saat penyerahan, surat dimasukkan dalam stopmap kuning.

Choirun mengatakan, pihak TNI tidak bisa membeberkan isi dari surat wasiat Kopda Muslimin tersebut karena sifatnya privasi dan suratnya juga sudah diserahkan ke pihak keluarga.

"Kami tidak tahu (isi surat itu), karena namanya wasiat pasti sifatnya privasi dan pribadi," katanya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Perkara Gugur

Sementara itu, pakar hukum pidana Abdul Fickar Hadjar menyebut, dengan meninggalnya Kopda Muslimin sebagai otak pelaku penembakan istrinya, Rina Wulandari, di depan rumahnya di Jalan Cemara III, Semarang, Jawa Tengah, Senin (18/7/2022), maka perkara tersebut seharusnya gugur.

Diketahui Kopda Muslimin ditemukan meninggal sekitar pukul 07.00 WIB oleh ayahnya, Mustaqim, di dalam kamar. "Ya penuntutan mestinya gugur dengan meninggalnya tersangka," kata Fickar.

Namun, terhadap lima tersangka lainnya yang telah tertangkap, Fickar menyebut proses hukum dapat dilanjutkan dan mereka tetap bisa dituntut sebagai percobaan pembunuhan. "Karena mereka eksekutor yang melaksanakan perintah dan motifnya uang," tambahnya.

Sebelumnya, kepolisian telah menangkap kelima pelaku, masing-masing S alias Babi yang merupakan eksekutor penembakan, P sebagai pengendara sepeda motor Kawasaki Ninja, kemudian S dan AS alias Gondrong berperan sebagai pengawas saat aksi penembakan dilakukan serta satu orang yang berperan sebagai penyedia senjata api.

Kopda Muslimin ditemukan meninggal dunia di rumah orang tuanya di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Kamis. Berdasarkan autopsi Kopda Muslimin disebut meninggal dunia akibat keracunan.