Pesulap Merah Bongkar Ilmu Santet

Awal Mula Pesulap Merah Bongkar Ilmu Kedukunan, dari Santet hingga Pelet

Liputan6.com 2022-08-03 17:01:00
Sosok Pesulap Merah mendadak jadi sorotan warganet TikTok. (Sumber: Instagram/marcelradhival1)

Marcel Radhival atau yang dikenal dengan Pesulap Merah baru-baru ini sukses menyedot perhatian publik. Pria berusia 26 tahun tersebut sempat viral di jagat maya setelah membongkar ilmu sulap Gus Samsudin.

Namun jauh sebelum itu, Marcel Radhival tahun lalu sempat membongkar terkait ilmu kedukunan. Pesulap ini menganggap bahwa ilmu yang dipraktekan dukun hanya bohong belaka.

"Kalau kita ngaku ini sulap dianggap bohong, sulap itu mainan anak-anak, padahal kalau kita lihat dukun-dukun jual jimat juga mainan anak-anak, bohongan," kata Marcel dikutip dari channel YouTube TonightShowNet, Rabu (3/8/2022).

Ia mengaku tak jarang mendapat ancaman karena membongkar ilmu kedukunan. "'Kalau misalnya besok lu masih bongkar rahasia dukun, perut lu isinya paku semua'" ungkapnya memeragakan kembali ancaman yang didapatkan.

"Gue tambahin 'ya udah ditunggu kalau bisa pakunya sekilo biar gue bisa jual'" balasnya atas ancaman tersebut.

Awalnya, Marcel mulai menguak ilmu kedukunan karena sempat booming sebuah acara bakat televisi Indonesia yang menandingkan kemampuan para pesulap sekitar 2009 lalu. Namun ia menyebut bahwa acara ini dan sulap mulai meredup pada 2012.

"Itu banyak teman-teman pesulap gue pindah ke perdukunan. Akhirnya gue cari tahu jangan-jangan dunia perdukunan beneran pakai jin, ada enggak sih? Gue pelajari semua tentang perdukunan dari mulai santet, pelet," terang Marcel Radhival. "Sampai saat ini pembuktian santet yang kiriman ada benda di dalam tubuh enggak ada pembuktiannya sampai saat ini."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Alat-Alat Dukun

Pesulap Merah juga membawa beberapa 'alat-alat' yang biasa digunakan dalam praktik dukun. Pertama adalah kantupadang macan yang disebut-sebut menurut kepercayaan sebagian orang dapat membuat seseorang berlari cepat.

"Zaman dulu dipakai sebelum ada kendaraan katanya pakai ini buat keluar kota. Ini di toko alat dukun banyak dijual, ini yang palsunya dan terbuat dari kulit kambing," ujarnya.

Marcel menambahkan, "Jadi memang alat-alat dukun zaman sekarang kebanyakan yang palsu, karena yang asli pun enggak ada efek apa-apa."

Alat kedua adalah tasbih yang dikatakan Marcel biasanya digunakan dukun-dukun berkedok agama. "Dukun-dukun sekarang kalau ngaku dukun enggak ada yang percaya, makanya mereka ngakunya berkedok agama biar dianggapnya ilmu baik," lanjutnya.

Ia pun mempraktikkan tasbih ini biasanya dicelupkan ke air hangat dan air akan berubah warna menjadi merah. Biasanya, dukun seakan-akan akan doa dan mencelupkan tasbih tersebut.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Bicara soal Pelet

"Ini terbuat dari kayu secang, yang biasa dipakai bir pletok dan kalau dipakai lama-lama habis (warnanya). Kayu secang ada khasiat kesehatannya sendiri. Ini diminum sama pasien dibilangnya air doa," ungkap Pesulap Merah.

Marcel menjelaskan melalui hal yang ia kuak ini, ia pada prinsipnya ingin menolong orang yang ingin ditolong. "Kalau emang lo lebih nyaman ditipu ya terserah lo," katanya.

Selain itu, alat dukun ketiga yang dibawanya adalah semar mesem. Ia menyampaikan bahwa semar mesem menjadi yang paling terkenal di Indonesia, bahkan sampai dibuatkan lagu.

"Semar mesem mitosnya bisa buat pelet, membuat lawan jenis tertarik," tambah Marcel. "Sebenarnya ini merchandise untuk penggemarnya semar."

Semar, dikatakan Marcel, dikenal sebagai raja jin di dalam cerita wayang. "Dengan badannya yang terlihat gendut, tapi dia dikenalnya di cerita wayangnya itu kalau turun ke Bumi disukai banyak wanita," kata. Pesulap Merah ini mengungkapkan bahwa sebenarnya pelet itu digunakan oleh mereka yang kurang percaya diri.


Semar Mesem

"Yang tadinya malu, dikasih ini (semar mesem) sama dukunnya jadi pede, setiap manusia punya believe system atau sistem kepercayaan bisa mengubah kenyataan, cara berpikir akan mengubah tindakan, tindakan akan mengubah kebiasaan, kebiasaan akan mengubah karakter, karakter akan mengubah kenyataan," terang Pesulap Merah

Di toko alat dukun, disebutnya, semar mesem dijual sekitar Rp10 ribu--Rp30 ribu. Selain itu, ada pula alat wesi kuning yang dipercaya dapat membuat kebal.

Marcel bahkan memeragakan 'menggunting' lengannya dengan gunting. Namun, tak tampak bekas luka setelah ia melakukannya.

Ia pun membocorkan alasan di balik hal itu bisa terjadi dan trik menggunakannya. "Gunting tajam kalau atas dan bawahnya kena," terangnya.

Sementara, melalui akun TikTok rannoentertainment, Pesulap Merah menunjukkan aslinya. Ia tampak menanggalkan celana, jas merah, sampai rambut palsu merah yang kerap ia kenalkan ketika tampil.

"wajah asli pesulap merah yang bikin para dukun ketar ketir," demikian bunyi keterangan Pesulap Merah dalam unggahan tersebut.

Infografis 12 Cara Sehat Hadapi Stres Era Pandemi Covid-19 (Liputan6.com/Niman)

Siwon Positif Covid-19

Siwon Super Junior Positif Covid-19 Lagi, Batal Ikut Konser di Manila

Liputan6.com 2022-08-03 14:30:45
Siwon Super Junior merupakan salah satu idola yang punya wajah tampan dan baik hati. Beberapa personel Super Junior mengatakan jika Siwon merupakan sosok yang religius. Ia pernah menjadi suka

Super Junior sedang menjalani rangkaian tur konser dunia yang bertajuk Super Show 9. Di tengah aktivitas ini, Siwon dinyatakan positif Covid-19 untuk kedua kalinya.

Kabar tak menyenangkan ini diumumkan oleh pihak Label SJ selaku manajemen yang menaungi pelantun lagu "Mamacita" tersebut. Siwon dinyatakan positif pada Rabu (3/8/2022) pagi ini.

"Halo. Ini Label SJ. Kami ingin memberi tahu kalian tentang informasi COVID-19 Siwon Super Junior," kata pihak agensi dikutip dari Allkpop.

"Siwon melakukan tes PCR untuk mempersiapkan jadwal tur luar negerinya, dan dia dinyatakan positif pada pagi tadi," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Absen dari Konser

Akibatnya, Siwon tak bisa berpartisipasi dalam Super Show 9 di Manila, Filipina, akhir pekan ini karena harus isolasi mandiri.

"Kami ingin meminta pengertian Anda tentang fakta bahwa Siwon tidak dapat berpartisipasi dalam pertunjukan Super Junior World Tour - super Show 9: Road in Manila," jelasnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Memantau

Pihak manajemen akan selalu memantau perkembangan kondisi Siwon sampai dia dinyatakan benar-benar pulih.

"Kami akan mendukung pemulihan cepat Siwon dengan mempertimbangkan kesehatan dan keselamatan artis sebagai prioritas utama kami," tutup Label SJ.


Respons

Nama Siwon seketika masuk trending topic di Twitter, para penggemar berharap sang idola segera pulih.

"Saya doakan semoga cepat sembuh Mr. Choi Tuhan selalu menyertai, gunakan waktu ini untuk istirahat," kata salah satu penggemar.

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)

Klaim Mobil Rp 3 M Dibantah Eks Suami

Dewi Perssik Ngaku Beri Kado Mobil Mewah Rp 3 Miliar, Angga Wijaya: Enggak Ada

Liputan6.com 2022-08-03 10:30:30
Dewi Perssik. (Foto: Dok. Instagram @dewiperssik9)

Dinyatakan resmi cerai oleh majelis hakim Pengadilan Agama Jakarta Selatan per 1 Agustus 2022 tak lantas membuat konflik Dewi Perssik dan Angga Wijaya berakhir baik-baik.

Baru-baru ini, bintang sinetron Mimpi Manis mengungkit sejumlah bukti transfer uang muka manggung yang mencurigakan atas nama Budianto bernilai puluhan hingga seratus jutaan.

Diduga Angga Wijaya terlibat dalam transfer uang muka ini. Setelahnya, Dewi Perssik mengungkit kado mobil mewah buat suaminya kala itu. Angga Wijaya pun mengklarifikasi mobil mewah dan harta gana-gini.

Kepada awak media, ia menyebut tak ada harta gana-gini dalam sidang talak cerai. Angga Wijaya mengaku semua harta kepunyaan bintang film Tali Pocong Perawan dan Tiren.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Perihal Harta Gana-gini

"Enggak ada harta gana-gini, semua yang Eneng (Dewi Perssik) punya. Itu punya dia," katanya, kami lansir dari video klarifikasi di kanal YouTube KH Infotainment, Selasa (2/8/2022).

Terkait mobil mewah yang diklaim pihak seberang, Angga Wijaya menepis. Selebgram dengan 600 ribuan pengikut itu mengaku tak pernah dapat kado mobil mewah dari Dewi Perssik.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Alhamdulillah Aku Terima

"Enggak ada. Kalau misalnya Eneng memberi sesuatu yang alhamdulillah aku terima. Cuma kalau misalnya kendaraan, kayaknya enggak ada," Angga Wijaya menerangkan.

Diberitakan sebelumnya, di depan jurnalis, Dewi Perssik mengklaim memberi kado mewah seharga tiga miliar rupiah untuk merayakan ulang tahun Angga Wijaya, Oktober 2021.


Ulang Tahun Oktober

"Dia kan ulang tahun bulan Oktober, jadi aku sengaja beli mobil itu untuk ulang tahun dia. Masih dipitain lo mobilnya," ujar pelantun "Hikayat Cintaku" di Jakarta, Selasa (2/8/2022).

"Kalau enggak salah tiga miliaran rupiah, (mobil mewah) itu buat dia. Enam bulan lalu lo aku pesan. Tapi kok kejadiannya sekarang sudah cerai," Dewi Perssik menyesalkan.

Perceraian di Indonesia 2016 (liputan6.com/trie yas)

Maia Estianty: Al Ghazali Jomlo

Maia Estianty Benarkan Al Ghazali sedang Jomlo

Liputan6.com 2022-08-03 09:00:00
Al Ghazali (Tangkapan Layar Instagram/alghazali7)

Dahulu sempat berembus isu bahwa Al Ghazali akan segera menikahi kekasih yang telah bertahun-tahun dipacarinya, Alyssa Daguise.

Namun belakangan tersiar gosip bahwa hubungan keduanya kembali kandas di tengah jalan. Namun baik Al maupun Alyssa tak pernah buka suara mengenai kabar ini.

Sampai kemudian Luna Maya memberi bocoran kepada publik saat membuat konten video bersama ibunda Al Ghazali Maia Estianty. Kala itu, mereka sedang bicara mengenai nikah muda.

"Tapi Al jomlo nih" kata bintang film Suzzanna: Bernapas dalam Kubur sambil tersenyum di kanal YouTube-nya, Senin (1/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tak Membantah

Mendengar pernyataan itu, Maia Estianty tak membantah. Sebagai orangtua, dia juga berlapang dada melihat hubungan Al dengan Alyssa yang tak berhasil.

"Ya enggak apa-apa. Mungkin belum ketemu jodohnya, atau mungkin jodohnya masih disimpan, kita enggak tahu," ujar Maia Estianty.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Restu?

Lebih lanjut, Maia Estianty memberi lampu hijau bila Dul Jaelani ingin menikah muda. Dia tak akan melarang selama sang anak telah menemukan wanita yang tepat.

"Enggak Apa-apa, sini anaknya (Tissa Biani) bawa ke aku. Restu oke, tinggal restu Tuhan yang belum," paparnya.


Nikah Muda

Sama dengan Dul, Maia Estianty mengizinkan jika Al Ghazali dan El Rumi juga ingin menikah muda. "Silahkan saja karena kan orangtuanya juga menikah muda," tutupnya.

Infografis Angin Segar Diskon Pajak dan DP 0 Persen Kendaraan Baru. (Liputan6.com/Trieyasni)

Niat Bangun Bandara Pribadi

Miliarder Elon Musk Dikabarkan Ingin Bangun Bandara Pribadi di Texas AS, Buat Apa?

Liputan6.com 2022-08-03 18:00:34
Elon Musk. (AP Photo/Susan Walsh, File)

Setelah batal membeli Twitter, kabar mengejutkan kembali datang dari orang terkaya di dunia, Elon Musk.

Dilansir dari New York Post, Rabu (3/8/2022) miliarder CEO Tesla tersebut dikabarkan berencana membangun bandara pribadi di dekat Bastrop, Texas, yang kira-kira berjarak 20 mil di sebelah timur pabrik baru Tesla dan kantor pusat global di Austin, menurut laporan Austonia.

Sementara itu, laporan San Antonio Express News menyebut, pejabat daerah di Bastrop mengatakan mereka tidak mengetahui rencana pembangunan bandara Elon Musk.

"Belum ada komunikasi formal dengan daerah mengenai bandara ini," kata Adena Lewis, direktur pariwisata dan pengembangan ekonomi di Bastrop, kepada surat kabar tersebut.

Namun, bandara pribadi akan dibutuhkan bagi Elon Musk yang sering bepergian ke Bandara Eksekutif Austin untuk mengawasi pabrik baru Tesla, situs pengujian SpaceX, dan perusahaan terowongannya, Boring Company, yang semuanya berlokasi di Austin.

Sebagai informasi, pada akhir tahun 2021, Elon Musk secara resmi memindahkan kantor pusat Tesla dari Palo Alto, California ke Austin, dengan alasan tingginya biaya hidup di Golden State.

Menurut data yang dikutip dari Forbes, Elon Musk mengantongi kekayaan bersih sebesar USD 253 miliar atau sekitar Rp 3.789 triliun (kurs 14.978 per dolar AS) di tahun 2022.


LSM Surati Elon Musk, Desak Setop Minat Investasi Nikel di Indonesia

Puluhan lembaga swadaya masyarakat (LSM) mengirimkan surat terbuka kepada orang terkaya di dunia Elon Musk, mendesak CEO Tesla tersebut untuk tidak berinvestasi di industri nikel Indonesia karena masalah lingkungan.

Surat itu datang menyusul pertemuan Presiden RI Joko Widodo dengan sang miliarder di Texas pada Mei 2022 terkait potensi investasi di Tanah Air.

Dilansir dari Channel News Asia, Selasa (26/7/2022) Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) dan Friends of the Earth United States menjadi salah satu LSM yang terlibat dalam surat terbuka ini.

Dikatakan salam surat tersebut, bahwa kerusakan lingkungan akibat dari total luas hutan yang dikonversi menjadi pertambangan nikel, menyebabkan peningkatan deforestasi dan ancaman pencemaran air di sungai, danau, dan pantai.

Para LSM ini merekomendasikan penghentian setiap rencana investasi langsung di industri nikel di Indonesia dan menghentikan sumber dan produksinya di setiap lini bisnis Tesla.

Pihak Tesla sejauh ini belum menanggapi permintaan komentar terkait surat terbuka dari LSM tersebut.

Sebagai informasi, Indonesia dikenal memiliki cadangan nikel terbesar di dunia dan Jokowi juga berencana mengembangkan industri kendaraan listrik berbasis nikel di dalam negeri.

Indonesia pun sempat menjadi sorotan ketika melarang ekspor bijih nikel yang belum diolah mulai tahun 2020 untuk menjamin pasokan bagi investor.

Namun, para pemerhati lingkungan khawatir bahwa proses tersebut akan melibatkan pembuangan limbah pertambangan ke laut.

Sementara itu, nikel, yang digunakan untuk meningkatkan penyimpanan baterai, diperkirakan akan mengalami lonjakan permintaan selama beberapa tahun mendatang karena pemerintah, perusahaan, dan konsumen berusaha untuk mengurangi asap berbahaya yang dikeluarkan oleh kendaraan berbahan bakar fosil.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Jumlah miliarder dunia di setiap benua (liputan6,com/Deisy)

IKN Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036?

Jokowi Ingin IKN Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036

Liputan6.com 2022-08-03 14:48:31
Presiden Jokowi meninjau pembangunan dasar yang sudah dimulai di Ibu Kota Nusantara (IKN) didampingi para menteri dan Ketua DPR Puan Maharani. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi ingin Olimpiade 2036 dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur. Adapun Indonesia saat ini memang membidik status tuan rumah Olimpiade 2036.

Hal ini disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (3/8/2022). Hadir pula Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan.

"Sekaligus beliau (Presiden) beberapa waktu yang lalu sudah memberikan arahan kepada saya untuk kita _bidding_ menjadi tuan rumah Olimpiade 2036, tetapi proposal itu sudah mencantumkan pelaksanaannya ada di IKN," kata Zainudin dilihat di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu.

Jokowi juga akan membangun pusat pelatihan sepak bola atau training center di IKN, seiring perkembangan sepak bola Indonesia yang semakin membaik. Hal ini juga berkaitan dengan rencana pengajuan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2036.

"Semua fasilitas-fasilita olahraga, baik (fasilitas) utama maupun (fasilitas) pendukung akan kita bangun di IKN. secara lengkap," jelas Zainudin.


Bidik Tuan Rumah

Sebelumnya, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) membidik status tuan rumah Olimpiade 2036 setelah gagal menjadi penyelenggara pesta olahraga empat tahunan tersebut untuk edisi 2032.

Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari mengaku kegagalan itu tak lantas membuat pihaknya mundur, dan akan kembali membawa Indonesia maju dalam bidding tuan rumah Olimpiade 2036.

"Ibarat peribahasa genggam bara api, biar menjadi arang. Artinya, lakukan segala sesuatu dengan kesabaran. Penetapan (Brisbane) tidak membuat kami mundur (menjadi tuan rumah Olimpiade)," kata pria yang akrab disapa Okto itu dalam keterangan tertulisnya, Rabu.

Indonesia harus mengubur mimpi menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 setelah Brisbane, Australia resmi terpilih menjadi tuan rumah berdasarkan hasil pemungutan suara dalam Rapat Umum Sesi Komite Olimpiade Internasional (IOC) ke-138 di Tokyo.


Format Baru

Proses bidding tuan rumah Olimpiade 2032 menggunakan format baru. Negara yang berminat menjadi penyelenggara pesta olahraga terakbar empat tahunan di dunia itu harus melewati beberapa tahap, yakni interested party, continuous dialogue, targeted dialogue, kemudian menjadi preferred host.

"Indonesia statusnya continuous dialogue, dan hanya satu targeted dialogue saja yang dipilih oleh future host commission, yaitu Brisbane. Kami tidak akan mundur dan ingin tetap berjuang menjadi tuan rumah Olimpiade dengan menjadi satu-satunya targeted dialogue untuk Olimpiade 2036," terang Okto.

Infografis Konsep Future Smart Forest City di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)

Vidi Aldiano di Lamaran Kevin-Valencia

Vidi Aldiano Muncul Saat Kevin Sanjaya Melamar Valencia Tanoesoedibjo, Dicap Punya Teman di Mana-Mana

Liputan6.com 2022-08-03 16:30:00
Vidi Aldiano
Vidi Aldiano

Nama Vidi Aldiano kini sering terdengar di berbagai momen romantis nan penting bagi sejumlah selebriti atau tokoh publik. Mulai dari Putri Tanjung hingga Maudy Ayunda. Terbaru, Vidi memperlihatkan momen saat bersama atlet Kevin Sanjaya dan kekasihnya, Valencia Tanoesoedibjo.

Momen yang diperlihatkan Vidi Aldiano adalah ketika Kevin Sanjaya sedang melamar Valencia Tanoesoedibjo. Tentunya, hal ini menyita perhatian publik lantaran Vidi ternyata selama ini bersahabat dengan kedua figur publik yang sangat dikenal di Tanah Air itu.

Eksistensi Vidi Aldiano di momen penting Kevin Sanjaya ini membuat namanya sempat menjadi trending di media sosial. Namun lucunya, Vidi yang menyadari namanya kala itu sedang banyak dibicarakan, tak tahu apa penyebabnya.

Akhirnya, ia membuka sebuah Instagram Stories yang menyolek nama akunnya. Dari situlah Vidi menyadari bahwa keakrabannya dengan banyak tokoh publik atau selebriti muda, membuat beberapa pihak menyanjung sosoknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Awal Kebingungan Vidi

"Somehow, my name is currently trending on Twitter. Ada apa sobat online?" tanya Vidi Aldiano melalui Instagram Stories @vidialdiano yang masih bisa diakses per Rabu (3/8/2022).

Barulah setelah itu Vidi mencari tahu sampai ia membuka satu unggahan yang menyolek namanya. Namun begitu, ia tetap berusaha untuk rendah hati dengan reaksi santai.

"Vidi ini kayak yang dari setiap populasi jenis manusia, diambil satu sampelnya buat dijadiin temen. Like, he;s literally everywhere (Seperti, dia sungguh ada di mana-mana)," tulis pengguna akun @paradissaic.

"Intinya gara-gara ini," tulis Vidi Aldiano menimpali kalimat di atas.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Lamaran Kevin ke Valencia

Kevin Sanjaya melamar kekasihnya, Valencia Tanoesoedibjo, di lapangan utama Jakarta Internasional Stadium (JIS) pada hari ulang tahunnya yang ke-27, Selasa (2/8/2022). Keduanya sempat berjalan di lane yang kanan kirinya sudah dihiasi bunga putih.

Valencia Tanoesoedibjo tentu sangat tidak menyangka akan mendapat kejutan seperti ini, sebab yang sedang ulang tahun adalah sang kekasih. Bukan dirinya.

"Mikir mau surprisin orang ulang tahun kenapa malah jadi yang disurprisin ya," tulis Valencia di Instagram Stories.


Kebahagiaan untuk Sang Teman

Vidi Aldiano yang rupanya hadir di hari Kevin melamar Valencia, mengungkapkan kebahagiaannya di media sosial lantaran sang sahabat sukses melakukan di hari istimewanya.

"Hari ulang tahun yang menjadi surprise proposal juga!! Im so SO happy for you two, @kevin_sanjaya & @valenciatanoe!" tulis Vidi melalui akun Instagram @vidialdiano.

"Salah satu proposal yang paling extra sih by far!! Udah nyimpen rahasia ini for a couple of weeks, dan tereksekusi dengan lancar hari ini. Ngikutin perjalanan mereka berdua sejak awal sampai ke titik ini, cuma bisa berdoa kebahagiaan dan kedamaian selalu menyertai kalian berdua. God bless you two beautiful souls! AAAAAAAAA MASIH TERLALU HAPPY----!!" Vidi menyampaikan.

Infografis Bedanya Kartu Nikah dengan Buku Nikah. (Liputan6.com/Triyasni)

China-Taiwan Memanas Karena Pelosi

21 Pesawat Tempur China Masuk Zona Pertahanan Taiwan Saat Nancy Pelosi Datang

Liputan6.com 2022-08-03 15:23:05
Jet tempur siluman J-20 milik Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAAF) tampil pada China Airshow 2018 di Guangdong, Selasa (6/11). Pameran yang dilakukan dua tahun sekali ini be

21 pesawat tempur China terbang ke zona pertahanan udara Taiwan pada Selasa 3 Agustus 2021, hari Ketua DPR Nancy Pelosi tiba di Taipei, menurut Kementerian Pertahanan Taiwan.

Mengutip Business Insider, Rabu (3/8/2022), pesawat militer China, People's Liberation Army Air Force/PLA (Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat) - yang mencakup sepuluh pesawat tempur J-16 yang lebih baru, delapan jet tempur J-11, satu pesawat peringatan dini dan kontrol udara KJ-500, satu pesawat perang elektronik Y-9, dan satu Y-8 pesawat angkut - memasuki zona identifikasi pertahanan udara Taiwan.

Shenyang J-16 adalah pesawat tempur generasi keempat yang seperti pada jet tempur Sukhoi-30 Rusia. Pesawat tempur kembar-tandem ini membawa meriam 30 mm, 12 rudal udara-ke-udara, roket dan bom yang dipandu satelit, serta rudal anti-kapal dan anti-radiasi.

Seorang analis militer yang berbasis di China sebelumnya mengatakan kepada South China Morning Post bahwa jet itu "pasti terutama dikembangkan untuk menyerang Taiwan."

Pesawat terbang melalui sudut barat daya ADIZ (Air Defense Identification Zone (ADIZ), menurut peta jalur penerbangan yang diposting di Twitter oleh Kementerian Pertahanan Taiwan. Pada hari Senin, empat J-16 terbang di sepanjang garis yang membelah Selat Taiwan.

Kementerian pertahanan Taiwan mengatakan bahwa pesawat patroli ditugaskan untuk merespons, peringatan radio dikeluarkan, dan sistem pertahanan udara dan rudal memantau situasi.

Masuknya pesawat-pesawat tempur ke ADIZ terjadi pada hari yang sama Pelosi mengunjungi Taiwan untuk kunjungan bersejarah. Dia adalah pejabat tertinggi AS yang mengunjungi pulau demokrasi berpemerintahan sendiri itu dalam 25 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Aksi China

Sebelum kunjungan Nancy Pelosi, China, yang telah lama mengklaim Taiwan sebagai bagian tak terpisahkan dari wilayah China, berulang kali memperingatkan akan mengambil beberapa bentuk tindakan militer jika dia mengunjungi pulau itu, dengan mengatakan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) "tidak akan tinggal diam."

Setelah kedatangan Pelosi Selasa malam, China mengumumkan bahwa PLA akan mengadakan "operasi militer yang ditargetkan" di sekitar Taiwan sebagai tanggapan.

Sementara itu, militer China akan mengadakan latihan tembakan langsung di enam daerah sekitar Taiwan dari 4 hingga 7 Agustus, menurut Kantor Berita Xinhua yang dikelola pemerintah dan Global Times yang berafiliasi dengan negara.

Media China mengindikasikan bahwa latihan, yang dimulai Selasa malam, tidak hanya akan melibatkan latihan udara dan laut, tetapi juga penembakan rudal konvensional dan artileri jarak jauh.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Buntut Nancy Pelosi ke Taiwan, China Panggil Dubes AS untuk Beijing dan Protes

Sementara itu, buntut perjalanan Ketua DPR Nancy Pelosi ke Taiwan, China memanggil duta besar AS untuk Beijing.

Kementerian Luar Negeri China, Rabu (3/8/2022) pagi waktu setempat (Selasa malam GMT), mengajukan protes kepada Duta Besar AS Nicholas Burns atas kunjungan mendadak Nancy Pelosi ke Taiwan yang disebut Beijing sebagai "provinsi yang memisahkan diri."

"Sifat kunjungan Pelosi sangat kejam dan konsekuensinya sangat serius," kata Wakil Menteri Luar Negeri China Xie Feng kepada Burns seperti dikutip dari Anadolu Agency.

"AS harus membayar harga untuk kesalahannya sendiri. China akan mengambil tindakan balasan yang diperlukan dan tegas dan kami bersungguh-sungguh dengan apa yang kami katakan," diplomat China itu mengatakan kepada duta besar AS.

Menyebut perjalanan Pelosi sebagai "langkah tidak bermoral," Xie mengatakan kepada Burns bahwa AS seharusnya "mencegahnya (Pelosi) dari melawan tren sejarah tetapi malah memanjakannya dan berkolusi dengannya yang memperburuk ketegangan di Selat Taiwan dan secara serius merusak China- ikatan AS."

"Pihak China tidak akan tinggal diam," kata Xie kepada Burns, dengan mengatakan kunjungan itu adalah "provokasi serius dan pelanggaran prinsip satu China," harian China Global Times melaporkan.

Terlepas dari serangkaian peringatan, termasuk aksi militer, Ketua DPR AS Nancy Pelosi terbang ke Taiwan dari Malaysia pada hari Selasa.

Pelosi diterima oleh Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu saat mendarat di Bandara Songshan Taipei sekitar pukul 22.44. waktu setempat (14.44GMT). Dua hotel telah dipesan untuk menjadi tuan rumah delegasi yang menyertai anggota parlemen dan pejabat AS.

Infografis Klaim China Vs Indonesia Terkait Laut China Selatan. (Liputan6.com/Trieyasni)

Potensi Bahaya Sampah Antariksa

HEADLINE: Geger Sampah Antariksa Jatuh di Kalimantan, Potensi Bahaya Masa Depan?

Liputan6.com 2022-08-04 00:07:07
Objek sampah antariksa yang ditemukan di Sanggau, Kalimantan Barat. Dok: Peneliti Senior BRIN, Thomas Djamaludin

Jelang tengah malam, langit di Indonesia tampak tidak seperti biasanya. Benda-benda bersinar terang, mirip UFO, bahkan seperti hujan meteor, terlihat melintasi langit di wilayah Sumatera bagian selatan dan Kalimantan Barat.

Media sosial pun geger. Benda asing di langit itu terekam kamera dan viral. Dalam sejumlah video yang beredar, perekam dan sejumlah rekannya tak paham dengan fenomena tersebut. Mereka hanya bisa merekam dan takjub, namun juga khawatir.

Belakangan, Badan Riset dan Informasi Nasional (BRIN) mengonfirmasi bahwa benda yang jatuh dari langit itu bukan UFO, melainkan sampah antariksa CZ5B atau roket Long March 5B milik China yang meluncur dari ruang angkasa.

Benda itu jatuh tidak terkendali memasuki atmosfer Bumi, melintasi wilayah Sumatera bagian selatan dan Kalimantan Barat. Sampah antariksa dari roket China ini sudah jatuh di lautan.

"Alhamdulillah, bekas roket peluncuran RRT CZ5B berbobot sekitar 20 ton berukuran 30 meter telah terkonfirmasi atmospheric re-entry di Samudera Hindia tadi malam, 30 Juli 2022, pk 23.45 WIB," ungkap Peneliti Senior BRIN, Thomas Djamaludin.

Seorang warga Desa Pengadang, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, mengaku merasakan getaran di rumahnya. Diduga getaran tersebut berasal dari serpihan sampah antariksa bekas roket China yang jatuh di lahan perkebunan warga.

Pengakuan warga juga dibenarkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau Siron. Dirinya mengatakan, warga Desa Pengadang sempat merasakan getaran pada kaca jendela dan rumahnya, diduga saat sampah antariksaa itu jatuh. Hal itu dirasakan warga saat tengah malam, dan pada saat bersamaan, warga juga mendengar suara dentuman keras dari langit.

<p>Infografis Sampah Antariksa dan Potensi Bahaya Masa Depan. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Menurut Thomas, sampah Antariksa tersebut tidak berbahaya bagi biota laut di Samudera Hindia.

Peneliti Bidang Astronomi/Astrofisika, Pusat Riset Antariksa BRIN, Rhorom Priyatikanto menambahkan, puing roket China itu tak mengandung unsur radioaktif, "sehingga tidak berbahaya (tidak ada radiasi) yang berdampak buruk bagi masyarakat sekitar," katanya kepada Liputan6.com, Rabu (3/8/2022).

Sementara itu, Aerospace Corporation, sebuah pusat penelitian nirlaba yang didanai pemerintah di dekat Los Angeles, menyatakan insiden itu ceroboh. China dianggap membiarkan seluruh tahap inti utama roket - yang berbobot 22,5 ton - kembali ke Bumi namun tidak dapat dikendalikan.

"Semua negara harus mengikuti praktik terbaik yang telah ada dan melakukan bagian mereka untuk membagikan jenis informasi ini sebelumnya untuk memungkinkan prediksi yang andal tentang potensi risiko dampak puing-puing," kata administrator NASA Bill Nelson.

"Sangat penting untuk mematuhi penggunaan ruang yang bertanggung jawab dan untuk memastikan keselamatan orang-orang di Bumi."

Dilansir BBC, Selasa (2/7/2022), NASA meminta badan antariksa China merancang roket agar hancur menjadi potongan-potongan kecil saat masuk kembali ke Bumi, sesuai norma internasional yang berlaku.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Antisipasi Sampah Antariksa Membahayakan Bumi

China saat ini sedang menyelesaikan pembangunan stasiun luar angkasa yang dikenal sebagai Tiangong, dengan meluncurkan sejumlah roket. Roket yang baru-baru ini diluncurkan ke Tiangong, tidak memiliki kemampuan untuk masuk kembali ke Bumi secara terkendali.

Peluncuran terakhir dilakukan pada Minggu lalu, ketika roket Long March 5 membawa modul lab ke stasiun Tiangong. Pemerintah China mengatakan bahwa masuknya kembali pecahan roket ke Bumi hanya menimbulkan sedikit risiko bagi siapa pun di darat karena kemungkinan besar akan jatuh di lautan.

Sebelum mendarat, tubuh roket kosong berada di orbit elips di sekitar Bumi di mana ia diseret ke arah masuk kembali yang tidak terkendali.

Konfigurasi roket Long March 5 yang sama telah diluncurkan dua kali sebelumnya, pada Mei 2020 dan Mei 2021. Pada kedua kesempatan itu, puing-puing dari "tahap inti" roket dibuang kembali ke Bumi, jatuh Pantai Gading dan Samudra Hindia. Pendaratan ini mengikuti prototipe yang jatuh ke Samudra Pasifik pada 2018.

Tak satu pun dari insiden ini yang menyebabkan cedera tetapi menuai kritik dari berbagai badan antariksa.

Menurut Rhorom Priyatikanto ada dua langkah antisipasi yang perlu dilakukan agar sampah antariksa dari roket itu tidak berbahaya bagi penduduk Bumi.

"Pertama, mendukung best practice dalam peluncuran satelit/wahana antariksa. Salah satunya dengan menjatuhkan sampah antariksa secara terkendali. Hal ini kami lakukan dalam forum internasional terkait," kata Rhorom.

Kedua, sambung Rhorom, memantau benda jatuh antariksa yang punya risiko tinggi. Ia menyebut Roket Long March 5B adalah satu di antaranya.

"Salah satu pemantauan yang kami lakukan adalah melalui Situs Pemantauan Realtime Benda Jatuh Antariksa Buatan di orbit.brin.go.id. Selain pemantauan, tidak banyak yang bisa dilakukan," ucapnya.

Peringatan dini, menurutnya bisa saja diberikan secara berimbang, mengingat waktu dan lokasi benda jatuh antariksa amat tidak tentu--perkiraan lokasi jatuh bisa membentang hingga 1000-an kilometer.

"Maka otoritas dipandang belum perlu memberikan peringatan dini langsung kepada masyarakat. Pada kasus ekstrem, kami perlu memberikan peringatan pada otoritas penerbangan," ujar Rhorom.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

<p>Infografis Geger Sampah Antariksa Jatuh di Sanggau Kalbar. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>


Mengenal Sampah Antariksa

Sampah antariksa bisa didefinisikan sebagai objek yang sengaja ditinggalkan di orbit Bumi atau pun hasil dari tubrukan dua objek ketika ada misi luar angkasa.

Saking banyaknya jumlah dan beragam bentuk ukuran sampah antariksa yang mengorbit di atas Bumi, setiap penerbangan ke luar angkasa saat ini hingga masa mendatang semakin berbahaya di setiap misinya.

Adapun sampah antariksa ini mulai menumpuk di orbit setelah manusia memulai percobaan untuk terbang ke luar angkasa, dan mulai mengirim satelit ke orbit pada akhir 1950-an.

Alih-alih kembali ke Bumi, kebanyakan satelit yang sudah mati atau rusak sengaja ditinggal di luar angkasa sehingga berpotensi memicu tabrakan dengan meteor atau puing-puing buatan manusia lainnya.

Sampah antariksa sendiri tidak terbang begitu saja ke luar angkasa setelah ditabrak. Mereka akan terjebak di orbit terdekat karena gravitasi, atau turun ke Bumi.

The National Oceanic and Atmospheric Administration's (NESDIS) dan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) mencatat, rata-rata 200 hingga 400 objek sampah antariksa memasuki atmosfer Bumi setiap tahun.

NESDIS melaporkan, dari jutaan keping puing ruang angkasa yang diperkirakan mengorbit planet ini, sekitar 30.000 di antaranya lebih besar dari bola softball dan hanya sekitar 1.000 yang merupakan pesawat ruang angkasa.

Data lebih dari 50 tahun menunjukkan, rata-rata satu bagian puing jatuh kembali ke Bumi setiap hari, meskipun tidak ada korban meninggal dunia yang dikonfirmasi atau cedera serius dari orang-orang yang terkena puing-puing ruang angkasa.

Tergantung dari tempat sampah antariksa tersebut jatuh, puing-puing ini dapat menyebabkan kerusakan pada Bumi dan membahayakan jiwa manusia yang berada di sekitarnya.


7 Objek Sampah Antariksa yang Pernah Jatuh di Indonesia

LAPAN mengembangkan Sistem Pemantau Benda Jatuh Antariksa untuk mengidentifikasi objek yang jatuh di wilayah Indonesia.

Dengan memanfaatkan data sampah antariksa dari Space-Track dan perangkat lunak analisis orbit, dapat diidentifikasi objek yang yang jatuh di wilayah Indonesia berdasarkan lokasi dan waktu kejadiannya.

Berikut ini dokumentasi objek-objek yang jatuh dan dilaporkan kepada LAPAN, sebagaimana dikutip dari blog pribadi Thomas Djamaludin.

1. Sampah Antariksa Jatuh di Gorontalo, Tahun 1981

Tabung bahan bakar roket jatuh di Gorontalo pada 16 Maret 1981. Berdasarkan waktu dan lokasi titik jatuhnya, dapat diidentifikasi bahwa objek tersebut adalah bagian roket SL-8 milik Uni Sovyet/Rusia dengan nomor katalog 11610.

Roket itu digunakan untuk meluncurkan satelit Interkosmos 20 pada 1 November 1979.

2. Sampah Antariksa Jatuh di Lampung, Tahun 1988

Tabung bahan bakar bekas roket jatuh di lampung pada 16 April 1988. Analisis orbit sampah antariksa yang melintas Lampung pada hari kejadian, menyimpulkan benda jatuh tersebut adalah bagian roket SL-4 milik Uni Sovyet/Rusia dengan nomor katalog 19042.

Roket tersebut digunakan untuk meluncurkan satelit Cosmos 1938 pada 11 April 1988.

3. Sampah Antariksa Jatuh di Bengkulu, Tahun 2003

Ada laporan benda jatuh di Bengkulu pada 13 Oktober 2003. Hasil analisis orbit sampah antariksa menyimpulkan bahwa objek tersebut adalah pecahan roket CZ-3 milik RRT dengan nomor katalog 23416.

Roket tersebut digunakan untuk meluncurkan satelit DFH-3 1 pada 29 November 1994.

4. Sampah Antariksa Jatuh di Madura, Tahun 2016

Beberapa objek antariksa jatuh di perairan Madura pada 26 September 2016. Dari analisis orbitnya, objek-objek tersebut diidentifikasi sebagai bagian roket Falcon 9 dengan nomor katalog 41730 milik Space X Amerika Serikat.

Roket itu digunakan untuk meluncurkan satelit JCSAT 16 pada 14 Agustus 2016.

5. Sampah Antariksa Jatuh di Sumatera Barat, Tahun 2017

Ada dua objek antariksa jatuh di dua lokasi berbeda di Sumatera Barat, pada 18 Juli 2017. Dari analisis orbitnya diidentifikasi kedua objek tersebut berasal dari pecahan roket CZ-3A dengan nomor katalog 31116 milik RRT.

Roket digunakan untuk meluncurkan satelit Beidou M1 pada 13 April 2017.

6. Sampah Antariksa Jatuh di Kalimantan Tengah, Tahun 2021

Sebuah objek berlogo CNSA (Chinese National Space Administration) ditemukan warga pada 4 Januari 2021. Awalnya objek tersebut diduga bagian roket RRT yang melintas wilayah tersebut saat jatuh awal Januari.

Namun, setelah gambar lengkap diperoleh dan didukung konfirmasi dari CNSA, disimpulkan bahwa objek tersebut adalah payload fairing (pelindung muatan satelit) roket Long March/CZ-8 milik RRT.

7. Sampah Antariksa Ditemukan di Kalimantan Barat, Tahun 2022

Menurut informasi dari space-track.com, sampah CZ-5B sudah jatuh pada 30 Juli 2022 pukul 23.45 WIB di samudera Hindia.

Pada 30 Juli 2022 dikabarkan sampah antariksa berkode CZ-5B milik RRT bakal segera jatuh. CZ-5B adalah bekas roket peluncur modul stasiun antariksa RRT yang diluncurkan pada 24 Juli 2022.

Malam itu Tim Pusat Riset Antariksa BRIN terus memantau lintasan akhir orbit CZ-5B yang melalui langit Indonesia. Akhirnya diperoleh konfirmasi dari USSPACECOM di situs space-track.com bahwa objek telah jatuh di samudera Hindia pada pukul 23.45 WIB.

Itu artinya, ketinggiannya sudah mencapai atmosfer padat (ketinggian sekitar 120 km) yang menyebabkan objek turun cepat atau jatuh.

<p>Infografis Ragam Tanggapan Jatuhnya Sampah Antariksa dari Roket China. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Jendi Borong 3 Emas di ASEAN Para Games 2022

Menang Lagi, Jendi Panggabean Borong 3 Emas di ASEAN Para Games 2022

Liputan6.com 2022-08-03 15:15:42
Jendi Panggabean perenang Indonesia saat beraksi pada kualifikasi cabang renang nomor 100 meter gaya bebas putra klasifikasi S9 Asian Para Games 2018 di Stadion Akuatik, Gelora Bung Karno Jak

Atlet para renang andalan Indonesia, Jendi Panggabean kembali menambah koleksi medali emasnya di ajang ASEAN Para Games 2022. Setelah merebut dua keping emas dari nomor perorangan, Jendi menambah koleksinya saat tampil pada nomor estafet 4x100 meter gaya ganti putra 34 point.

Pada perlombaan yang berlangsung di Kolam Renang Stadion Jatidiri, Semarang, Rabu (3/8/2022), Jendi berama tiga atlet para renang Indonesia lainnya, Guntur, Rino Saputra, Zaki Sulkarnain berhasil finis pertama dengan catatan waktu 04:44.920. Sementara medali perak berhasil direbut wakil Vietman yang finis kedua, diikuti wakil Thailand yang menempati urutan ketiga sekaligus merebut perunggu.

Bagi Jendi, ini merupakan medali emas ketiga yang berhasil dipersembahkannya pada ASEAN Para Games 2022. Sebelumnya di lokasi yang sama, Jendi telah lebih dulu merebut dua emas dari nomor perorangan, yakni 100 meter gaya punggung putra S9 dan 100 meter gaya kupu-kupu putra S9.

(Ikuti berita selengkapnya Jendi rebut dua emas dari nomor perorangan pada tautan ini).

Di nomor beregu lainnya, atlat-atlet para renang Indonesia, Sapia Rumbaru, Nor Aimah, Mutiara Cantik Harsanto, dan Ina Prihati Nur Islami juga menambah pundi-pundi medali Indonesia dengan sekeping perak. Itu setelah mereka finis kedua di nomor estafet 4x100 M gaya ganti 34 point dengan catatan waktu 06:17.020. Sedangkan medali emas berhasil direbut Thailand dengan catatan waktu 05:55.770.


Hasil Lainnya

Sementara itu, atlet para renang putri Indonesia, Syuci Indriani gagal merebut emas di nomor 100 meter gaya bebas kategori S14. Dia finis di urutan kedua dengan catatan waktu 01:04.170.

Torehan ini sebenarnya melewati catatan waktu terbaiknya di ASEAN Para Games Malaysia 2017, yakni 1 menit 5,15 detik. Hanya saja Syuci harus puas dengan medali perak setelah kalah dari wakil Thailand, Nattharinee Khajhonmatha, yang berhasil finis di urutan pertama.

Khajhonmatha hanya 1,8 detik di depan Syuci. Sementara medali perunggu akhirnya jatuh ke tangan atlet para renang Singapura, Danielle Yan Ting Moi dengan catatan waktu 01:07.490.

Pada hari sebelumnya, Syuci telah merebut emas dari nomor 50 meter gaya kupu-kupu S14.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Indonesia Memimpin Klasemen Medali

Sementara itu, Indonesia sejauh ini masih memimpin klasemen perolehan medali ASEAN Paragames 2022. Tuan rumah perkasa di urutan teratas dengan koleksi 61 emas, 47 perak, dan 31 perunggu.

Sedangkan posisi kedua ditempati oleh Thailand dengan 38 emas, 37 perak, dan 29 perunggu. Untuk tempat ketiga dihuni oleh Vietnam dengan koleksi 22 emas, 22 perak, dan 16 perunggu.


Diikuti 11 Negara

ASEAN Paragames 2022 berlangsung di Solo, mulai 30 Juli lalu. Kejuaraan ini diikuti 11 negara Asia Tenggara, yakni Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam.

Ada 14 cabang olahraga yang dipertandingan pada ASEAN Paragames 2022. Mulai dari catur, para panahan, para-athletics, boccia, para powerlifting, para-swimming, tenis kursi roda, bola basket kursi roda, goalball, CP football, hingga sitting volleyball.

Sementara venue yang digunakan tersebar di kota Solo, Karanganyar, Sukoharjo, hingga Semarang.

<p>Infografis Grup H Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)</p>