Motif Pembunuhan Dirahasiakan, Kenapa?

Rahasiakan Motif Pembunuhan Brigadir J, Polisi Ingin Jaga Perasaan Ferdy Sambo

Liputan6.com 2022-08-11 16:43:15
Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo (kanan) bersama Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi memberikan keterangan dalam konferensi pers, di Mabes Polri, Jakarta, R

Bareskrim Polri telah menetapkan Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka terkait pembunuhan terhadap Brigadir J alias Nofriansyah Yoshua Hutabarat. Selain itu, ada tiga tersangka lain, yakni Bripka Ricky Rizal alias RR, Richard Eliezer alias Bharada E dan Kuwat Maruf alias KM.

Namun, untuk motif terkait kasus tersebut hingga kini belum diungkapkan ke publik. Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, harus menjaga perasaan dua pihak, yakni Ferdy Sambo dan keluarga Brigadir J. Sehingga alasan itu membuat Bareskrim Polri belum bisa mengungkap motif pembunuhan terhadap Brigadir J.

"Baik rekan-rekan, Pak Kabareskrim sudah menyampaikan untuk motif ini Pak Kabareskrim menyampaikan harus menjaga perasaan dua pihak, baik pihak dari Brigadir Yosua maupun pihaknya dari saudara Ferdy Sambo," kata Dedi kepada wartawan, Kamis (11/8/2022).

Sehingga, untuk motif kasus tewasnya Brigadir J tersebut nantinya biar dibuka pada saat persidangan kasus ini digelar. Apalagi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md mengatakan, motif pembunuhan terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J sangatlah sensitif.

"Dan Pak Menko Polhukam sudah menyampaikan juga. Karena ini masalah sensitif, nanti akan dibuka di persidangan. Di persidangan silahkan, kalau dikonsumsi ke publik nanti timbul image yang berbeda-beda," ujarnya.

"Karena ini materi penyidikan dan semuanya nanti akan diuji di persidangan, Insya Allah nanti akan disampaikan di persidangan," ungkapnya.


Mahfud Md: Motif Pembunuhan Brigadir J Sangat Sensitif

Polisi telah menetapkan mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J atau Nofriansyah Yoshua Hutabarat. Namun begitu, polisi belum bisa mengungkap motif pembunuhan tersebut.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menduga motif Ferdy Sambo membunuh Brigadir J sensitif. Menurut dia, motif pembunuhan terhadap Brigadir J mungkin hanya bisa didengar oleh orang-orang dewasa.

"Soal motif kita tunggu karena mungkin sensitif hanya boleh didengar oleh orang dewasa," kata Mahfud dalam konferensi pers, Selasa 9 Agustus 2022.

Dia menuturkan bahwa polisi akan melakukan konstruksi untuk mengetahui penyebab Ferdy Sambo membunuh Brigadir J. Mahfud menyebut yang terpenting saat ini, Polri sudah berhasil membuka kasus ini secara terang.

"Biar nanti dikonstruksi polisi apa motifnya, kan sudah banyak di tengah masyarakat," ujar Mahfud Md.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit mengumumkan tersangka baru terkait penyidikan kematian Brigadir J. Irjen Ferdy Sambo ditetapkan tersangka pembunuhan.

"Ditemukan perkembangan baru, bahwa tidak ditemukan fakta peristiwa tembak-menembak seperti yang dilaporkan," kata Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Tim khusus menemukan bahwa peristiwa yang terjadi adalah peristiwa penembakan terhadap saudara J, yang dilakukan saudara RE atas perintah Saudara FS," kata Listyo.

Listyo mengatakan, agar seolah-oleh terjadi tembak-menembak, Ferdy Sambo melakukan penembakan ke dinding berkali-kali untuk membuat kesan seolah terjadi tembak- menembak.


Skenario Jahat Ferdy Sambo

Skenario pembunuhan berencana terhadap Brigadir J alias Nofriansyah Yoshua Hutabarat terbongkar. Satu per satu aktor di balik pencabut nyawa Brigadir J terungkap. Didalangi mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo. Jenderal polisi bintang dua tersebut menjadi tersangka anyar pembunuhan Brigadir J.

Penetapan Ferdy Sambo sebagai tersangka setelah tim khusus (timsus) Polri melakukan pemeriksaan maraton sejak kasus kematian Brigadir J mencuat ke publik pertengahan 11 Juli 2022 lalu.

Dalam keterangan awal polisi disebutkan bahwa kematian Brigadir J akibat baku tembak dengan Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E, salah satu ajudan Ferdy Sambo. Baku tembak dipicu dugaan pelecehan dialami istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, oleh Brigadir J. Insiden itu terjadi di rumah dinas Ferdy Sambo kawasan Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan 8 Juli 2022 lalu.

Dari hasil penyelidikan dilakukan Timsus Polri dipastikan tidak ada peristiwa baku tembak antara Brigadir J dan Bharada E. Fakta yang terungkap adanya rekayasa dilakukan Ferdy Sambo.

Mantan Kadiv Propam itu yang menskenariokan peristiwa seolah terjadi tembak menembak di rumah dinasnya. Selain itu, Ferdy Sambo juga memerintahkan Bharada E menembak Brigadir J. Penembakan menggunakan senjata Brigadir RR.

Bharada E berperan mengeksekusi Brigadir J sesuai perintah Ferdy Sambo. Sedangkan Brigadir RR turut membantu dan menyaksikan penembakan Brigadir J.

Kedua ajudan Ferdy Sambo itu sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka kematian Brigadir J. Bharada E ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan Brigadir J dan dijerat pasal 338 KUHP junto 55 dan 56.

Sementara Brigadir RR, dipersangkakan Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP tentang pembunuhan berencana. Keduanya saat ini ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Bareskrim Polri, Jakarta Selatan.

<p>Infografis Menguak Misteri Motif Pembunuhan Brigadir J (Liputan6.com/Triyasni)</p>

Istri Sambo Menangis di Kamar

Istri Ferdy Sambo Menangis di Kamar Saat Penggeledahan

Liputan6.com 2022-08-11 10:23:42
Pasukan Brimob lengkap dengan senjata laras panjang dan kendaraan taktis mendatangi kediaman pribadi Irjen Ferdy Sambo. Selain itu, petugas dari Provost Polri pun masuk ke rumah Ferdy dan

Ketua Rukun Tetangga (RT) menyebutkan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi menangis di kamar saat rumah pribadi mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Nomor 29 tersebut digeledah tim penyelidik kepolisian.

"Iya dia menangis terus di kamar, susah kita berkomunikasi," kata Ketua RT 07 RW 02 Jalan Saguling, Kompleks Pertambangan, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, Yosef, seperti dilansir Antara.

Yosef mengatakan dirinya diminta ikut hadir dalam proses penggeledahan bersama tim penyelidikan pada Selasa kemarin (9/8), keadaan Putri terlihat baik-baik saja, namun pengacara menyebutnya menangis terus di dalam kamar.

Disebutkan ketika memasuki rumah, Yosef melihat ada beberapa orang yakni pengacara, polisi wanita (Polwan), dan Bareskrim ikut dalam proses penggeledahan selama sembilan jam.

Ada juga kedua anak Ferdy Sambo dan Putri yakni seorang anak perempuan dan anak lelakinya paling kecil berumur 1,5 tahun bersama pengasuhnya juga berada di dalam rumah.

Keluarga Ferdy Sambo tinggal di rumah tersebut kurang lebih setahun sehingga belum terlalu mengenal kawasan Jalan Saguling, kata Yosef.


Tak Bisa Komunikasi

Selain itu, Yosef mengaku tak bisa berkomunikasi dengan Putri lantaran hanya mengikuti tim penyelidik.

Ia juga mengatakan seluruh ruangan telah digeledah selama sembilan jam dari 15.00 WIB sampai 01.00 WIB.

Yosef menyebutkan barang yang diambil tim penyidik kepolisian yakni sebuah kotak dan catatan yang lengkap.

"Ada satu kotak itu dibawa ada catatannya semua lengkap. Kita juga ikutin sampai akhir, lengkap," tuturnya.


Penggeledahan

Diketahui selain rumah pribadi Ferdy Sambo di Jalan Saguling III tersebut, Timsus Polri juga melakukan penggeledahan di Komplek Polri Duren Tiga nomor 58 dan Jalan Bangka.

<p>Infografis Saat Ferdy Sambo Mendekam di Mako Brimob. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Gelap Mata Karena Dendam

Kuasa Hukum Sebut Motif Ferdy Sambo Bunuh Brigadir J Adalah Dendam

Liputan6.com 2022-08-10 19:21:02
Massa aksi yang tergabung dalam Tim Advokat Penegak Hukum dan Keadilan (Tampak) menunjukkan poster bergambar Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J saat aksi 1000 lilin atas kematiannya di

Kuasa hukum keluarga Brigadir Yoshua Hutabarat atau Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak, mengaku sudah mengetahui motif pembunuhan terhadap kliennya. Dia mengatakan motif pembunuhan yang didalangi mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo adalah dendam.

"Sudah tahu, dendam itu. Iya betul (dendam)," ujar Kamaruddin saat dikonfirmasi, Rabu (10/8/2022).

Meski mengaku sudah tahu, dia tetap mendesak Polri mengungkapnya kepada masyarakat demi keterbukaan informasi publik.

"Betul (Polri harus membuka motif pembunuhan Brigadir J). Kalau semua saya yang buka, nanti apa kerja penyidik, kan, gitu," kata Kamaruddin.

Meski demikian, dia mengaku keluarga Brigadir J mengapresiasi keputusan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang menetapkan Ferdy Sambo sebagai tersangka pembunuhan berencana terhadap Brigadir J.

"Tanggapan saya, ya, kita mengapresiasi Kapolri dan jajarannya yang telah berani menetapkan tersangka, tangan kanannya Kapolri, kan gitu," kata dia.

Polri menetapkan empat tersangka kasus penembakan Brigadir J. Mereka adalah, Irjen Ferdy Sambo, Bharada E, asisten rumah tangga sekaligus sopir Ferdy Sambo Kuat Ma'ruf alias KM, dan Bripka Ricky Rizal.

Dalam kasus ini, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan tak ada peristiwa tembak menembak antara Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E dengan Nofriyansah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J di kediaman Irjen Ferdy Sambo.

Menurut Sigit, peristiwa yang terjadi di rumah dinas mantan Kadiv Propam Polri adalah penembakan.


Pembunuhan Berencana

"Tidak ditemukan fakta peristiwa tembak menembak seperti yang dilaporkan. Tim khusus menemukan bahwa peristiwa yang terjadi adalah peristiwa penembakan terhadap saudara J yang menyebabkan saudara J meninggal dunia," ujar Sigit dalam jumpa pers di Bareskrim Polri, Selasa (9/8/2022).

Menurut Sigit, penembakan dilakukan oleh Bharada E atas perintah Ferdy Sambo. Atas hal ini, Ferdy Sambo sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Sambo dijerat Pasal 340 subsider Pasal 338 jo Pasal 55, Pasal 56 KUHP dengan ancaman maksimal hukuman mati atau penjara seumur hidup atau selama-lamanya 20 tahun penjara.

"(Penembakan) yang dilakukan saudara E atas perintah FS (Ferdy Sambo)," kata Sigit.


Susun Skenario

Menurut Sigit, usai kejadian penembakan tersebut, Ferdy Sambo sengaja mengambil senjata milik Brigadir J dan menembakkan ke beberapa arah agar terlihat seperti peristiwa tembak-menembak.

"Untuk membuat seolah terjadi tembak-menembak, saudara FS melakukan penembakan dengan senjata J ke dinding agar seolah terlihat tembak-menembak," kata Sigit.

Sigit menyebut, pengungkapan kasus ini juga didasari atas keinginan Bharada E yang mengajukan diri sebagai justice collaborator (JC) atau saksi pelaku yang bekerja sama dengan penegak hukum.

"Suadara E telah mengajukan diri sebagai JC dan saat ini itu juga yang membuat peristiwa ini semakin terang," kata dia.


Peran Tersangka

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto menuturkan keempat tersangka itu adalah Bharada RE alias Bharada E, Bripka RR, KM dan Ferdy Sambo.

"Bareskrim Polri telah menetapkan 4 orang tersangka, yakni Bharada RE, Brika RR, tersangka KM, dan Irjen Pol FS," ujar Agus dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (9/8/2022).

Dia pun membeberkan peran masing-masing tersangka. Bharada E merupakan orang yang melakukan penembakan terhadap Brigadir J.

"RR membantu dan menyaksikan penembakan korban. KM turut membantu dan menyaksikan penembakan terhadap korban. Irjen Pol FS menyuruh melakukan dan menskenario peristiwa seolah-olah terjadi tembak-menembak," tutur Agus.

<p>Infografis Irjen Ferdy Sambo Tersangka Pembunuhan Berencana Brigadir J. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Luna Maya Akui Pernah Selingkuh

Luna Maya Akui Pernah Selingkuh, Langsung Kapok Gara-Gara Hal Ini

Liputan6.com 2022-08-11 12:30:23
Memiliki segudang kesibukan, Luna Maya tetap terlihat bugar dan awet muda. Ini rahasianya! (Instagram/lunamaya).

Luna Maya, Reza Rahadian dan Marissa Anita berbincang soal perselingkuhan di kanal YouTube Pandji Pragiwaksono. Dalam kesempatan ini, untuk pertama kalinya Luna membuat pengakuan.

Model berusia 38 tahun ini mengungkap bahwa dia pernah berselingkuh di masa lalu. Setelah melakukan tindakan tersebut, dia amat menyesal.

Namun Luna Maya tidak menceritakan secara detail kapan dan saat menjalani hubungan dengan siapa dia berselingkuh.

"Ya gue juga pernah selingkuh, tapi itu sudah lama banget dan gue, karena kejadian itu gue janji sama diri sendiri, aduh gue enggak mau lagi deh selingkuh," ujarnya dalam video yang diunggah belum lama ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Alasan Kapok

Luna Maya pun membeberkan alasan kapok berselingkuh. Dia tak suka kesalahannya dijadikan senjata oleh pasangannya.

"Karena gue enggak suka punya perasaan bersalah, gue enggak suka. Apalagi orang tuh kayak punya kuncian, misalnya pasangan gue, 'Oh lu pernah selingkuh' itu gue enggak mau," paparnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Lebih Baik Diselingkuhi

Bintang film Suzzanna: Bernapas dalam Kubur ini beranggapan, lebih baik menjadi pihak yang diselingkuhi daripada berselingkuh.

"Gue mau, gue ada di posisi yang... enggak apa-apa lo selingkuhin gue, ini kuncian gue nih," kata Luna Maya.


Reza Setuju

Ucapan Luna Maya pun dibenarkan oleh Reza Rahadian. Baginya, tak nyaman untuk tetap menjalani hubungan setelah salah satunya ketahuan berselingkuh.

"Soalnya setelah itu terjadi, terus kalau hubungannya tetap berjalan, wah gila setiap ada masalah itu akan jadi kuncian untuk ngehajar terus," ujarnya.

<p>Infografis Jurus Kim Jong-un Kendalikan Ledakan Kasus Covid-19 di Korut. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Fuji Bawa Gala ke Makam Vanessa dan Bibi

Selalu Ungkap Kerinduan, Ini 6 Momen Fuji Bawa Gala ke Makam Vanessa dan Bibi

Liputan6.com 2022-08-11 12:55:12
Selalu Ungkap Kerinduan, Ini 6 Momen Fuji Bawa Gala Ziarah ke Makam Vanessa dan Bibi (YT Fuji An IG/fuji_an)

Kehidupan selebritas Tanah Air sangat menarik untuk diikuti. Termasuk kehidupan dari adik ipar mendiang Vanessa Angel, Fujianti Utami Putri atau akrab disapa Fuji. Fuji baru-baru ini mengunggah foto sedang bersama Gala untuk ziarah ke makam kedua kakaknya, Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah.

Fuji mengungkapkan rasa rindu mendalam ke kedua kakaknya tersebut. 9 bulan meninggalnya Vanessa dan Bibi masih menyisakan duka mendalam bagi Fuji. Meski begitu, Fuji tetap harus tegar dan berusaha sebaik mungkin menjadi orang tua pengganti bagi sosok Gala Sky.

"9 bulan berlalu, we miss you dapebi kavanes, alfatihah," tulis Fuji di akun IG @fuji_an, Rabu (10/8/2022).

Kekasih Thariq Halilintar ini memang sering berziarah ke makam Vanessa dan Bibi. Setiap ziarahnya, Fuji turut serta membawa Gala untuk melihat tempat peristirahatan kedua orang tuanya. Momen Fuji pangku Gala saat di makam pun berhasil bikin haru.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @fuji_an dan YouTube Fuji An, momen Fuji bawa Gala ziarah ke makam Vanessa dan Bibi, Kamis (11/8/2022).


1. Kemarin Rabu (10/8/2022), Vanessa Angel menemani Gala Sky ziarah ke makam kedua orang tuanya.

 


2. Sebelum itu, Fuji memang sering membawa Gala ziarah ke makam Vanessa dan Bibi. Momen Ziarah yang dilakukan Fuji dan Gala selalu penuh haru.

 


3. Beberapa momen Gala memanggil mami papi saat melihat foto kedua orangnya yang ada di nisan.

 


4. Fuji selalu telaten untuk memberi bunga ke makam kedua kakaknya. Fuji juga mengajari Gala untuk nyekar.

 


5. Tak hanya berdua, Fuji dan Gala juga ditemani oleh keluarga Haji Faisal dan Thariq Halilintar.

 


6. Kehilangan sosok Vanessa dan Bibi sangat terasa bagi keluarga Haji Faisal. Kini mereka sudah ikhlas dan selalu mendoakan Vanessa dan Bibi agar tenang di alam sana.

 

Blak-Blakan soal Isu Selingkuh

Sule Blak-Blakan soal Isu Selingkuh dari Nathalie Holscher

Liputan6.com 2022-08-11 09:00:00
Sule. (Foto: Dok. Instagram @ferdinan_sule)

Sule diisukan menjalin asmara terlarang dengan perempuan bernama Riesca Rose. Nama itu ramai dibahas usai Nathalie Holscher menampilkan rekaman suara yang menjadi bukti Sule main api dengan Riesca Rose.

Namun Sule membantah hal tersebut. Ia mengklaim tak pernah mengundang orang ketiga masuk dalam rumah tangganya. Hingga akhirnya bercerai dari Nathalie Holscher, Sule meyakini hal itu terjadi bukan karena perselingkuhan.

Fakta ini dibeberkan kuasa hukum Sule, Bahyuni Zaili, yang mengaku sempat mengonfirmasi kebenaran isu Sule selingkuh secara langsung kepada komedian bernama asli Entis Sutisna.

"Saya sudah pernah menanyakan dan beliau menerangkan tidak ada hal-hal seperti itu," tutur Bahyuni dikutip dari kanal YouTube Intens Investigasi, Rabu (10/8/2022).


Percaya dengan Sule

Bahyuni mencoba untuk sepenuhnya percaya dengan pengakuan kliennya yang tak berselingkuh dari Nathalie Holscher selama menikah.

Hal itu diperkuat dengan materi di persidangan cerai yang dilayangkan Nathalie Holscher. Menurut Bahyuni, tak ada soal isu selingkuh dibahas di ruang sidang.

"Kami dalam persidangan ini tidak pernah ada mengungkap hal itu," Bahyuni menguraikan.


Pria dan Suami yang Baik

Bahyuni menyebut bahwa Sule merupakan tipikal pria dan suami yang baik. Ia memilih tak percaya dengan isu yang berkembang di media sosial dan masyarakat, ihwal kliennya selingkuh dengan perempuan lain.

"Saya yakin benar bahwa Kang Sule itu orangnya baik dan tidak akan melakukan hal seperti itu," kata Bahyuni.


Setop Bahas Sule Selingkuh

Bahyuni meminta agar masyarakat tak terpengaruh dengan isu Sule selingkuh dari Nathalie Holscher. Apalagi, ia menghargai pengakuan Sule yang menangkis berbagai tudingan penyebab rumah tangganya bubar karena orang ketiga.

"Saya tegaskan bahwa tidak ada isu-isu seperti itu," Bahyuni menyudahi.

Perceraian di Indonesia 2016 (liputan6.com/trie yas)

Mertua Vanessa Jadi Caleg, Aji Mumpung?

Haji Faisal Mertua Mendiang Vanessa Angel Maju Jadi Caleg

Liputan6.com 2022-08-10 20:33:16
Haji Faisal, mertua mendiang Vanessa Angel maju jadi caleg dari Partai Amanat Nasional (https://www.instagram.com/stories/opah_faisal/2901425427235262424/)

Kepopuleran Haji Faisal sukses membuat partai politik meliriknya sebagai calon anggota legislatif alias caleg. Mertua mendiang Vanessa Angel ini diketahui bergabung dengan Partai Amanat Nasional atau PAN.

PAN diam-diam meminang Haji Faisal untuk ikut meramaikan bursa calon legislatif di Pemilu 2024. Semakin dikenalnya Haji Faisal di kalangan masyarakat, membuat PAN optimis bisa mendulang suara signifikan dari kepopuleran Haji Faisal.

Melalui akun Instagram terverifikasinya, Haji Faisal memperlihatkan dirinya resmi bergabung dengan partai biru tersebut. "Berbekal dari keyakinan dan kepercaya,an, bahwa apa pun terjadi di dunia ini," tulis Haji Faisal sebagai status teks video singkat yang diunggahnya, Rabu, 10 Agustus 2022.

Dalam video itu, tampak Haji Faisal berada satu meja dengan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan. Di belakang mereka, tampak sejumlah perempuan berhijab dan istri Haji Faisal melantunkan lagu "Alhamdulillah" yang dipopulerkan Opick dan Amanda.


Garis dan Ketetapan Tuhan

Haji Faisal melanjutkan, bisa menjadi bagian dari keluarga besar PAN dianggapnya sebagai takdir yang sudah digariskan oleh Tuhan.

Ia berharap, keputusannya bergabung dengan partai yang juga memiliki banyak kader dan anggota dari kalangan artis dan seniman, bisa membawa perubahan ke arah yang positif.

"Sudah menjadi garis dan ketetapan yang maha kuasa, semoga yang kuasa membimbing kita semua ketempat yang terbaik Aamiin," tulis Haji Faisal.


Belum Tahu Posisi

Saat ini, Haji Faisal hanya mengikuti arahan dari PAN yang menempatkannya dalam barisan caleg yang bakal berlaga di Pemilu 2024.

Hanya saja, kata kakek Gala Sky Andriansyah, ia belum mengetahui soal posisi pencalegannya nanti.

"Saya ditawari untuk nyaleg. Tapi belum tahu apakah untuk DPR atau DPRD. Dapil juga belum ditentukan. Kemungkinan Dapil saya Jakarta Barat," kata Haji Faisal saat ditemui di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (10/8/2022), seperti dilansir Kapanlagi


Siap Berpolitik

Menurut Haji Faisal, dirinya sudah merasa siap untuk maju ke panggung politik. "Rasanya dengan latar belakang saya, dulu orang tua saya kan di partai politik," kata Haji Faisal.

"Saya juga sambil dagang mengikuti perkembangan politik di negara kita. Sekarang ada kesempatan, enggak ada salahnya untuk merealisasikan," Haji Faisal menambahkan.

Infografis Caleg Populer Bukan Jaminan Lolos ke Senayan. (Liputan6.com/Abdillah)

Cerita Masa Lalu Kurma Citayam

Kurma Citayam Nangis Ceritakan Ayahnya yang Sudah Tak Nafkahi Dirinya dan Adik Setelah Bercerai

Liputan6.com 2022-08-11 14:30:12
Bikin pangling, begini gaya Kurma 'Citayam' usai di-make over. (Sumber: TikTok/kutipanx)

Kurma Citayam, salah satu ikon dari Citayam Fashion Week, kian hari kian populer. Ia beberapa kali diundang ke konten-konten YouTube para artis.

Yang terbaru, Kurma hadir di konten Boy William. Dalam kesempatan itu, Boy banyak menanyakan mengenai kehidupan pribadi Kurma.

Dari situ, diketahui bahwa si pemilik nama asli Siti Doyah itu merupakan korban broken home karena kedua orangtuanya bercerai.

"Ibu membantu membersih rumah tangga (ART), papa udah cerai, nikah sama orang Batak," kata Kurma di video yang diunggah pada Rabu (10/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Nangis

Sambil meneteskan air mata, Kurma sebut ayahnya sudah tak lagi bertanggung jawab menafkahi dirinya dan adik. Bahkan ia sudah tidak lagi menjalin komunikasi dengan sang ayah.

"Enggak tahu (kabar ayah), kan jarang ketemu. Udah aku hapus nomornya. Udah nyakitin orangtua terus, enggak mau tanggung jawab. Susu enggak beliin, jadinya aku mulu yang beli," kata Kurma lagi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Pesan

Lewat konten itu, Kurma kemudian menitipkan pesan untuk sang ayah. Ia meminta agar ayahnya itu bisa kembali seperti dulu lagi.

"Tolong bapak balik lagi gitu kayak dulu, kasian mama enggak ada yang bantuin juga," jelas Kurma.


Tak Pernah Tanya Kabar

Sekalipun bertemu, Kurma menyebut ayahnya tak pernah berhenti untuk sekadar mampir dan melihat kondisi anak-anaknya.

"Enggak pernah (nanya kabar), malah senang-senang sama bininya yang baru. Malah diem aja, orang mah lewat, malah nyelonong aja enggak mau berhenti ke rumah lah," tutup Kurma.

<p>Infografis Journal: Fakta Fenomena Remaja Citayam di Fashion Week Sudirman (Trie Yasni/Liputan6.com)</p>

Dilarikan ke RS Saat Ultah

Mohon Doa, Agus Harimurti Yudhoyono Dilarikan ke Rumah Sakit di Hari Ulang Tahunnya

Liputan6.com 2022-08-11 11:30:05
[Foto: Instagram/ agusyudhoyono]

Suami Annisa Pohan, Agus Harimurti Yudhoyono, berulang tahun ke-44 yang jatuh pada Rabu (10/9/2022). Ultah kali ini dirayakan dalam kondisi yang berbeda dari tahun sebelumnya.

Di hari spesialnya, anak sulung mantan presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono ini harus menjalani perawatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, karena menderita demam berdarah.

"Alhamdulillah, hari ini 10 Agustus 2022, saya masih diberikan usia oleh Allah SWT untuk mensyukuri hari lahir saya yang ke-44. Meskipun kondisinya tahun ini agak sedikit berbeda," tulis AHY di Instagram.

Bersama keterangan itu, dia menyertakan foto saat dikunjungi oleh keluarganya di rumah sakit. Dia juga masih merayakan ultah dengan sederhana bersama istri dan anaknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bersyukur

Meski kondisinya sedang tidak sehat, AHY tetap bersyukur karena dikelilingi oleh keluarga yang selalu memberi perhatian.

"Saya diberikan perhatian yang luar biasa dari keluarga, perawatan terbaik dari para dokter dan suster di RSPAD, dan didampingi orang-orang tercinta dalam menjalani perawatan ini," tuturnya.


Doa

Agus Yudhoyono juga memiliki harapan baik di usianya yang baru. Dia berharap bisa terus memberi manfaat bagi orang-orang di sekelilingnya.

"Lebih istiqomah dan tawadhu dalam memberikan manfaat bagi banyak orang, memperjuangkan harapan masyarakat dan senantiasa mengabdi bagi bangsa negara yang saya cintai," ujarnya.


Kesembuhan

Tak lupa, dia memohon doa dari masyarakat untuk kesembuhannya.

"Mohon kiranya doa dari teman-teman sekalian agar saya bisa lekas sembuh dan kembali beraktivitas seperti sedia kala," ia mengakhiri.

Infografis Geger Isu Dongkel AHY dari Kursi Ketum Demokrat. (Liputan6.com/Trieyasni)

Perempuan Pendamping Ariel NOAH

Luna Maya Ungkap Ariel NOAH Datang Bersama Wanita ke Ultah BCL, Siapa Dia?

Liputan6.com 2022-08-11 09:30:11
Ariel NOAH. (Deki Prayoga/Fimela.com)

Luna Maya dan Nathalie Holscher kolaborasi di YouTube memainkan beberapa games. Pihak yang menang bisa bertanya soal apa saja kepada yang kalah.

Dalam kesempatan itu, mantan istri Sule tersebut bertanya soal momen pertemuan Luna Maya dengan sang mantan, Ariel NOAH, di pesta ultah Bunga Citra Lestari beberapa bulan yang lalu.

"Kemarin pas di ulang tahun kan ketemuan sama mantan," tanhya ibunda Adzam Andriansyah Sutisna tersebut dalam video yang diunggah pada Selasa (9/8/2022).

"Ulang tahun siapa? Ulang tahun BCL? Ya Allah, basi banget," jawab Luna Maya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Balikan?

Nathalie Holscher penasaran bagaimana perasaan Luna Maya saat bertemu sang mantan. Apakah ada kemungkinan keduanya kembali jadi kekasih.

"Ada nggak sih Kakak, kayak pengin balikan gitu?" tanya wanita berhijab tersebut.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Datang Sama Cewek

Jawaban Luna Maya ternyata di luar dugaan. Kala itu, sang mantan ternyata tak datang seorang diri ke pesta ulang tahun BCL.

"Ohh. Dia datengnya sama cewek," ungkap Luna Maia dengan santai.


Ogah Balikan

Sementara itu, beberapa waktu lalu Luna Maya sempat ditanya oleh Boy William tentang kemungkinan balikan dengan Ariel NOAH. Dengan lugas, Luna Maya memastikan dirinya bakal menolak ajakan balikan tersebut.

<p>Infografis Melihat Cakupan Vaksin Covid-19 Dosis 3 di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>