Farel Prayoga Bikin Jokowi Joget

Profil Singkat Farel Prayoga Bawakan Lagu 'Ojo Dibandingke', Bikin Pecah 'Dangdutan' di Istana

Liputan6.com 2022-08-17 15:06:34
Farel Prayoga bernyanyi di hadapan Presiden Jokowi beserta para menteri dengan mengenakan beskap berwarna hitam dan celana panjang. (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Lagu 'Ojo Dibandingke' adalah lagu yang tengah viral baik di berbagai media sosial, salah satunya TikTok. Lagu ini diciptakan oleh Abah Lala dan dipopulerkan oleh Denny Caknan bahkan keduanya melakukan kolaborasi bersama.

Tidak hanya dipopulerkan oleh Denny Caknan, lagu ini juga kembali viral di media sosial TikTok terutama usai di-cover oleh penyanyi Filla Talia featuring Farel Prayoga.

Farel Prayoga sendiri menjadi bocah cilik yang diundang untuk bernyanyi pada upacara Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Istana Negara, Jakarta. Ia juga membawakan lagu viral 'Ojo Dibandingke' sambil menyebutkan nama Presiden Jokowi dalam bait lagunya.

"Di hati ini cuman ada Pak Jokowi," ucap Farel sambil bernyanyi.

Para tamu undangan pun juga merayakan serta menarikan lagu tersebut karena suasananya terlihat sangat menyenangkan. Alunan lagunya yang khas dengan Indonesia, membuat para tamu menari bahkan Ibu Negara Iriana Jokowi juga ikut menari.

Momen menarik terjadi ketika para tamu turut menghampiri Farel sambil menari bersama bahkan di sana terlihat ada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto turut menari bersama dengan tamu lainnya.

Pecahnya suasana pada saat itu bahkan membuat Farel Prayoga disuruh untuk menyanyikan lagunya sekali lagi.

Farel Prayoga adalah penyanyi cilik yang lahir di Banyuwangi, 8 Agustus 2010. Ia merupakan anak ketiga dari empat bersaudara dan kini berusia 12 tahun. Informasi mengenai Farel sendiri masih belum banyak terekspos karena Farel termasuk baru terkenal akhir-akhir ini.

Pada usianya yang masih muda, Farel memang terlihat mempunyai bakat dalam dunia tarik suara, tidak hanya itu, ia juga terlihat sudah menguasai bagaimana untuk tampil di panggung. Tanpa canggung, dia tampil bernyanyi di hadapan Presiden seorang diri.

Penulis: Natasa K

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Reza Rahadian Joget Bareng Sri Mulyani

Momen Reza Rahadian Gandeng Sri Mulyani Joget Bareng di Istana Negara

Liputan6.com 2022-08-17 17:30:00
[Foto: via TikTok]

Di hadapan Joko Widodo, penyanyi cilik Farel Prayoga menyanyikan lagu "Ojo Dibandingke" dalam peringatan HUT RI ke-77 di Istana Negara, Rabu (17/8/2022) pagi.

Dalam momen ini, para pejabat negara yang menjadi tamu undangan ikut berjoget seiring dengan alunan lagu. Salah satu yang menarik adalah, momen keakraban Reza Rahadian dengan Sri Mulyani.

Dalam potongan video yang tersebar di media sosial, aktor kawakan itu menggandeng sang Menteri Keuangan, mengantarnya untuk berjoget bareng tamu undangan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tak Ikut

Namun setelah mengantar Sri Mulyani, bintang film Twivortiare itu ternyata bergerak mundur. Dia tak ikut joget bersama yang lainnya.

Momen ini pun viral dan menjadi sorotan para warganet. Mereka dapat ikut merasakan keseruan HUT RI ke-77 di Istana Negara.


Respons

"Ya allah kompak ny , sehat semuanya disana dan seluruh warga indonesia dimanapun," kata salah satu warganet.

"Baru kali ini,menteri,jenderal mau joget bareng, Pak Jokowi hebat,the best," tambah warganet lainnya.


Pengisi Acara

Sementara itu, Vidi Aldiano serta Lyodra juga didaulat menjadi pengisi acara peringatan HUT RI ke-77 di Istana Negara pada Rabu (17/8/2022) pagi.

Sementara penyanyi Naura Ayu akan mengisi acara di sore hari saat upacara penurunan bendera.

Infografis HUT ke-75 RI, Pandemi dan Momentum Kebangkitan Bangsa. (Liputan6.com/Trieyasni)

Irene Odelia Pembawa Baki Bendera Pusaka

Profil Irene Odelia Astono, Paskibraka Pembawa Baki Kirab Bendera Pusaka 2022

Liputan6.com 2022-08-17 08:34:50
Profil Paskibraka Nasional 2021, Irene Odelia Astono yang Ditugaskan Sebagai Pembawa Baki Bendera Merah Putih pada Kirab Bendera Pusaka 2022 dari Monas ke Istana Negara di Perayaan HUT ke-77

Kirab Bendera Pusaka kembali dilaksanakan seiring dengan diizinkannya upacara HUT ke-77 Republik Indonesia di Istana Negara pada 17 Agustus 2022.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kirab Bendera Pusaka kali ini pun melibatkan mantan Paskibraka Nasional tahun lalu. Pada pelaksanaan upacara pengibaran pagi hari ini, yang bertugas adalah Irene Odelia Astono dan Qyara Maharani Putri.

Qyara Maharani Putri adalah Paskibraka Nasional 2021 wakil Jawa Barat yang dipercaya sebagai Pembawa Baki saat upacara penurunan Sang Merah Putih.

Sedangkan Irene Odelia Astono merupakan wakil Kalimantan Barat yang pada tahun lalu berada di posisi Baki Cadangan pada Upacara Pengibaran Sang Saka.

Pada Kirab Bendera Pusaka tahun ini, giliran Irene Odelia Astono yang dipercaya sebagai Pembawa Baki Bendera Merah Putih dari Monas ke Istana Negara.

Sementara Qyara, dipercaya sebagai pembawa teks proklamasi. Irene dan Qyara akan diangkut menggunakan kereta kencana.

Hal ini disampaikan Irene Odelia Astono kepada Diary Paskibraka Liputan6.com melalui pesan singkat, Selasa malam, 16 Agustus 2022.

"Irene bawa bendera, Kak. Qyara Proklamasi," katanya.

Irene mengaku tak menyangka bakal kembali bertugas. Sebab, yang Irene tahu selama ini, yang akan bertugas kembali di Kirab Bendera Pusaka hanya dua orang Pembawa Baki saja.

Dia, mengatakan, pemberitahuan ini diumumkan sebelum seluruh Paskibraka Nasional 2022 menjalani Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) di Cibubur.

Diklat Paskibraka Nasional 2022 dilaksanakan 10 hari lebih cepat. Bila biasanya di tanggal 25 Juli, tahun ini seluruh peserta Diklat sudah masuk asrama pada 15 Juli.


Didapuk Sebagai Pembawa Baki Bendera Merah Putih

Selain dipanggil kembali untuk bertugas sebagai petugas Kirab 2022, hal lain yang bikin Irene kaget adalah saat dirinya didapuk untuk membawa bendera merah putih.

"Rasanya deg-degan banget, Kak. Dan juga katanya itu baki beratnya lima kilogram, Kak," kata Irene.

Oleh sebab itu, sebelum berangkat ke Jakarta pada 13 Agustus 2022, Irene menyiapkan fisiknya dengan latihan dan olahraga rutin.

"Aku latihan terus angkat beban pakai kardus isi air botol gitu, Kak," ujarnya.


Profil Irene Odelia Astono

Nama Lengkap : Irene Odelia Astono

Nama panggilan : Irene / Odel

TTL : Singkawang, 29 Januari 2006

Umur : 16 tahun

Hobi : Dance, Nyanyi, dan Melukis

Asal Sekolah : SMA Santo Ignasius Singkawang

Agama : Kristen Protestan

Nama Orang Tua :

Ayah : Askim Astono, S. E, M. A

Ibu : Lili Angriyani, S. E


Profil Qyara Maharani Putri

Tahun lalu, gadis kelahiran 18 Desember 2004 dipercaya sebagai Pembawa Baki pada Upacara Penurunan Bendera Merah Putih.

Meski mewakili Jawa Barat, Qyara Maharani Putri adalah kelahiran DKI Jakarta.

Pembawa Baki Qyara Maharani Putri merupakan anak pasangan Syofyano dan Rosanty yang memiliki hobi berenang dan bercita-cita menjadi seorang pramugari.

Saat ini, Qyara tercatat sebagai siswi SMA Negeri 1 Garut.

Bharada E Dijamin Aman

LPSK Jamin Keselamatan Bharada E di Rutan Bareskrim

Liputan6.com 2022-08-16 20:09:44
Bharada RE atau Richard Eliezer (dua dari kiri) penuhi panggilan Komnas HAM. (Dok. Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) bekerjasama dengan Bareskrim menjamin keselamatan hingga kesehatan Bharada Richard Eliezer (Bharada E) di Rumah Tahanan (Rutan) Bareskrim, usai dirinya diterima sebagai Justice Collaborator (JC).

"Kami berkolaborasi dengan Bareskrim untuk melakukam pengamanan, memastikan Bharada E aman, selamat, dan keterangannya bisa dipertahankan sampai dengan dipersidangan," ucap Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi di kantor LPSK, Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (16/8/2022).

Justice Collaborator yang diajukan oleh Bharada E adalah saksi pelaku yang bekerjasama dengan penyidik untuk mengusut kasus kematian Brigadir Yosua Hutabarat.

Lebih lanjut, meskipun Bharada E tidak ditempatkan di safe house mengingat statusnya sebagai tahanan polisi. LPSK bersama Bareskrim Polri pastikan tidak akan terjadi penyiksaan hingga keributan antar tahanan.

"Kita akan memastikan bahwa keamanannya di rutan, kita memastikan supaya tidak terjadi penyiksaan, jangan ada keributan antar tahanan, supaya tidak sakit, tidak keracunan," tutur Edwin.

"Kami mengkordinasikan hal ini dengan Bareskrim dan mereka juga cukup terbuka untuk LPSK bisa terlibat dalam perlindungan terhadap Bharada E," tutupnya.


Tersangka

Mengingat kembali, Bharada E ditetapkan sebagai tersangka kasus pembunuhan Brigadir Yosua di rumah dinas Ferdy Sambo di kompleks Polri, Duren Tiga, Pancoran. Atas kasusnya ia terjerat pasal 338 tentang pembunuhan Juncto 56, 56 KUHP.

Lalu, Bharada E mengajukan diri untuk menjadi Justice Collaborator ke LPSK. Permohonan tersebut pun diterima lantaran Bharada e bukan pelaku utama dan hanya diperintahkan untuk membunuh.


Bisa Bercanda dan Tertawa

Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Edwin Partogi Pasaribu menggambarkan bahwa kondisi tersangka kasus pembunuhan Brigadir J, Richard Eliezer atau Bharada E saat ini dalam kondisi baik.

"Kondisi E secara fisik sehat, bisa sampaikan keterangan dengan baik," ucap Edwin kepada wartawan, di Jakarta, Senin (15/8/2022).

Edwin mengatakan bahwa kondisi Bharada E bahwa telah bisa tertawa dan mau bercanda ketika ditemui staf LPSK. Hal itu menggambarkan kondisi bahwa yang bersangkutan sudah aman.

"Tidak tertekan ketika dipancing bercanda bisa ketawa artinya E tidak dalam kondisi mengkhawatirkan, aman," kata Edwin.

Bahkan, Edwin mengatakan jika keberadaan Bharada E di Rutan Bareskrim Polri, Jakarta telah mendapatkan keamanan yang ketat demi menjaga keselamatannya.

"Pengamanan di tahanan Bareskrim juga cukup maksimum," ungkap dia.

Sumber: Rahmat Baihaqi/Merdeka.com

<p>Infografis Pengakuan Baru Bharada E dan Pengajuan Justice Collaborator. (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Istri Ferdy Sambo Tersangka?

Istri Ferdy Sambo Berpotensi Jadi Tersangka di Kasus Pembunuhan Brigadir J

Liputan6.com 2022-08-16 16:40:40
Peserta aksi dari berbagai elemen masyarakat sipil menggelar aksi solidaritas untuk mengenang Brigadir Novriansyah Joshua Hutabarat alias Brigadir J di kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM), Jak

Pengacara Almarahum Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak mendesak Polri dapat menetapkan status tersangka terjadap istri dari mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi sebagai tersangka.

Pasalnya, Putri Candrawathi selalu bungkam saat hendak dimintai keterangan baik oleh Polri dan LPSK. Sehingga, Kamaruddin menilai hal itu termasuk dalam konteks Obstruction of Jusctice atau usaha penghalang-halangan penyidikan.

"Saya bilang kesabaran kita sebagai penasihat hukum sudah selesai, sampai jam 24.00 tadi malam. Maka kita minta supaya orang-orang yang terus menggali kebohongan itu segara tersangka, demi kepastian hukum dan keadilan, salah satu diantara itu Bu Putri," kata Kamaruddin di Mabes Polri Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Kamaruddin percaya, Putri Candrawathi adalah sosok yang awalnya baik. Namun karena pengaruh buruk lingkungan maka dia menjadi buruk.

"Hati dan pikirannya dipengaruhi oleh yang buruk sehingga dia terus berperan di dalam kepura-puraan, terguncang, depresi dan lain sebagainya," jelas dia.

Kamaruddin mengaku, sangat ingin bertemu dengan Putri untuk mendapatkan kebenaran terkait tewasnya sang klien. Namun, sikap Putri yang dinilai menghindar dianggap sebagai rekayasa yang mengaburkan keadilan.

"Saya kepengen bertemu sama ibu Putri agar dia tidak mau terus berpura dan obstruction of justice, persekongkolan jahat atau permufakatan jahat, menyebar kebohongam atau hoaks di tengah masyarakat. Ini demi kepastian hukum, jadi saya minta ibu Putri segera ditetapkan tersangka," Kamaruddin menandasi.


Ada Peran 'Si Cantik' di Kasus Ferdy Sambo

Pengacara keluarga almarhum Brigadir Yoshua alias Nofriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak kembali 'berkicau' terkait hadirnya sosok yang disebut 'si cantik' dalam insiden yang menewaskan kliennya di Kompleks Duren Tiga Jakarta.

Kamaruddin mengklaim, tidak ada aksi pelecehan yang terjadi di Magelang antara Brigadir J dengan Putri Candrawathi atau istri dari Eks Kadiv Propam IrjenFerdy Sambo. Menurut dia, perkara yang sebenarnya terjadi di Magelang adalah cekcok antara Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

"Di Magelang itu hanya ada ulang tahun perkawinan ke-22 dan di ulang tahun perkawinan itu memang terjadi pertengkaran antara si bapak dan si ibu. Sehingga si bapak pergi meninggalkan ulang tahun perkawinan itu," kata Kamaruddin di Mabes Polri Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Kamaruddin mengaku tidak tahu mengapa kedua pasangan suami-istri itu bertengkar. Namun, saat ditanya perihal klaim Ferdy Sambo bahwa ada peristiwa di Magelang yang membuatnya emosi, Kamaruddin menduga bahwa kliennya dituding Sambo telah memberikan informasi kepada Putri Candrawathi perihal 'si cantik'.

"Tidak ada (pelecehan di Magelang), cuma diduga almarhum ini dituduh memberi informasi tentang kenapa si bapak tidak pulang ke rumah. Lalu dicariin oleh si ibu, diduga almarhum itu memberikan informasi tentang keberadaan si cantik dan lainnya itu," urai Kamaruddin.

Kamaruddin yakin, pernyataan Sambo tentang pelecehan terhadap istrinya hanyalah karangan. Sebab dari rekaman CCTV dan informasi yang diterimanya, hubungan antara almarhum Brigadir J dan Putri saat kembali ke Jakarta masih berjalan biasa saja.

"Balik ke Jakarta juga normal. Jadi, terkait dengan tuduhan Ferdy Sambo yang menyatakan ada sesuatu di Magelang, justru dialah yang ada sesuatu dengan ibu dan dialah yang ada sesuatu dengan si cantik," Kamaruddin menandasi.


Skenario Jahat Ferdy Sambo

Skenario pembunuhan berencana terhadap Brigadir J alias Nofriansyah Yoshua Hutabarat terbongkar. Satu per satu aktor di balik pencabut nyawa Brigadir J terungkap. Didalangi mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo. Jenderal polisi bintang dua tersebut menjadi tersangka anyar pembunuhan Brigadir J.

Penetapan Ferdy Sambo sebagai tersangka setelah tim khusus (timsus) Polri melakukan pemeriksaan maraton sejak kasus kematian Brigadir J mencuat ke publik pertengahan 11 Juli 2022 lalu.

Dalam keterangan awal polisi disebutkan bahwa kematian Brigadir J akibat baku tembak dengan Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E, salah satu ajudan Ferdy Sambo. Baku tembak dipicu dugaan pelecehan dialami istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, oleh Brigadir J. Insiden itu terjadi di rumah dinas Ferdy Sambo kawasan Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan 8 Juli 2022 lalu.

Dari hasil penyelidikan dilakukan Timsus Polri dipastikan tidak ada peristiwa baku tembak antara Brigadir J dan Bharada E. Fakta yang terungkap adanya rekayasa dilakukan Ferdy Sambo.

Mantan Kadiv Propam itu yang menskenariokan peristiwa seolah terjadi tembak menembak di rumah dinasnya. Selain itu, Ferdy Sambo juga memerintahkan Bharada E menembak Brigadir J. Penembakan menggunakan senjata Brigadir RR alias Ricky Rizal.

Bharada E berperan mengeksekusi Brigadir J sesuai perintah Ferdy Sambo. Sedangkan Brigadir RR turut membantu dan menyaksikan penembakan Brigadir J.

Kedua ajudan Ferdy Sambo itu sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka kematian Brigadir J. Bharada E ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan Brigadir J dan dijerat pasal 338 KUHP junto 55 dan 56.

Sementara Brigadir RR, dipersangkakan Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP tentang pembunuhan berencana. Keduanya saat ini ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Bareskrim Polri, Jakarta Selatan.

<p>Infografis Penghentian Kasus Dugaan Pelecehan Istri Irjen Ferdy Sambo. (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Thariq Halilintar Lamar Fuji?

Unggah Foto Kasih Cincin, Thariq Halilintar Resmi Lamar Fuji?

Liputan6.com 2022-08-17 11:50:00
(c) Instagram/fuji_an

Pasangan muda Thariq Halilintar dan Fujianti Utami Putri alias Fuji telah menjalin hubungan sekitar lima bulan. Selama masa berpacaran, mereka nggak segan menunjukkan keromantisan dalam berbagai kesempatan.

Bahkan, potret kebersamaan mereka selalu diperlihatkan melalui akun media sosial masing-masing, baik milik Thariq maupun Fuji. Nah, baru-baru ini, Thariq dan Fuji kembali pamer kemesraan kepada publik lewat akun media sosial mereka.

Melalui akun Instagram pribadinya, @thariqhalilintar, ia mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan dirinya memberikan sebuah kotak kecil, yang bentuknya mirip dengan kotak cincin, kepada Fuji.

Foto itu diunggah adik Atta Halilintar tersebut dengan caption yang berbunyi, "Bucin forever with you " pada Rabu (17/8).

<p>Postingan Instagram Thariq Halilintar. (Foto: Instagram/Thariqhalilintar)</p>

Kemesraan pasangan ini semakin menjadi-jadi ketika Fuji terlihat menuliskan komentar pada postingan milik Thariq, yang bertuliskan "Gak sabar! .

<p>Komentar Fuji di postingan Instagram Thariq. (Foto: Instagram/Thariqhalilintar)</p>

Hanya dalam waktu singkat, postingan tersebut sontak membuat reaksi warganet heboh melebihi unggahan Thariq biasanya. Para fans dan pengikut setianya pun langsung membanjiri kolom komentar. Nggak sedikit warganet yang menanyakan maksud postingan yang ditulis oleh Thariq.

Fans dan para pengikut setianya yang meninggalkan komentar di unggahan tersebut dibuat bertanya tanya. Benarkah Thariq Halilintar memberikan Fuji sebuah cincin dan sudah melamar kekasihnya tersebut? Mungkinkah foto itu menjadi tanda bahwa hubungan keduanya akan naik ke jenjang yang lebih serius?

<p>Komentar warganet di postingan Instagram Thariq. (Foto: Instagram/Thariqhalilintar)</p>

Kisah asmara Thariq dan Fuji memang selalu berhasil mencuri perhatian publik. Gimana nggak? Pasangan yang telah menjalin kasih sejak Januari 2022 ini kerap kali tampil bersama dan selalu menunjukkan keromantisan mereka dalam berbagai kesempatan, nggak terkecuali melalui media sosial masing-masing.

Sebelumnya, pasangan ini sempat merayakan hari jadi mereka yang telah genap berusia 6 bulan pada 29 Juli 2022 lalu. Di hari spesial itu, Thariq mendapat sebuah hadiah istimewa dari Fuji berupa sebuah parfum dari merek ternama. Hal tersebut diketahui dari unggahan Thariq di IG Story miliknya.

Di saat yang sama, Fuji juga memberikan ucapan spesial untuk Thariq melalui akun Instagram pribadinya. Ia mengunggah tangkapan layar atau screenshot percakapan awal pdkt-nya dengan Thariq hingga foto-foto kebersamaan mereka selama berpacaran.

Berbagai interaksi romantis pasangan yang dijuluki "Thofu" itulah yang membuat netizen menobatkan mereka sebagai couple goals. Lantas, apakah postingan yang baru diunggah Thariq hari ini mengisyaratkan bahwa dirinya sudah melamar Fuji dan siap melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius?

Sayangnya, baik Thariq dan Fuji belum memberikan komentar apapun terkait kehebohan yang muncul akibat postingan itu. Hingga kini, warganet pun masih terus dibuat penasaran mengenai maksud dari unggahan Thariq.

(*)

Bendera Pusaka Diarak Kereta Kencana

HUT ke-77 RI, Bendera Pusaka Diarak Kereta Kencana dari Monas ke Istana

Liputan6.com 2022-08-17 09:51:08
Rangkaian kirab mengiringi perjalanan duplikat bendera pusaka yang tersimpan di Monas menuju Istana Merdeka yang diarak dengan kereta kencana Ki Jaga Raksa. (Foto: SCTV)

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia menjadi perayaan yang meriah. Hal itu ditandai dengan proses pengibaran Sang Saka Merah Putih di Istana Negara, pada 17 Agustus diawali dengan kirab duplikat bendera pusaka dari kawasan Monumen Nasional (Monas).

Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Rabu (17/8/2022), rangkaian kirab ini mengiringi perjalanan duplikat bendera pusaka yang tersimpan di Monas menuju Istana Merdeka yang diarak dengan kereta kencana Ki Jaga Raksa.

Selain itu, dengan menonjolkan semangat kebinekaan, seluruh peserta kirab akan mengenakan busana adat dari beragam daerah di Indonesia. Sebanyak 170 pasukan gabungan TNI dan Polri mengikuti kegiatan ini.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kirab duplikat bendera pusaka kali ini pun melibatkan mantan Paskibraka Nasional tahun lalu. Pada pelaksanaan upacara pengibaran pagi hari ini, yang bertugas adalah Irene Odelia Astono dan Qyara Maharani Putri.

Qyara Maharani Putri adalah Paskibraka Nasional 2021 wakil Jawa Barat yang dipercaya sebagai Pembawa Baki saat upacara penurunan Sang Merah Putih.

Sedangkan, Irene Odelia Astono merupakan wakil Kalimantan Barat yang pada tahun lalu berada di posisi Baki Cadangan pada Upacara Pengibaran Sang Saka.

Kepala Sekretariat Presiden Heru B Hartono menjelaskan, kirab bendera pusaka itu merupakan rangkaian peringatan detik-detik Proklamasi yang dapat dinikmati masyarakat umum.

"Ada rangkaian membawa bendera Pusaka dari Monas menuju Istana, nanti juga ditambahkan beberapa masyarakat. Kegiatan ini akan dikoordinir Pak Kepala Staf Garnizun Tetap I/Ibu kota. Semoga bisa menjadi tambahan untuk memeriahkan acara ini," ujarnya dalam keterangan pers Bulan Kemerdekaan 2022 yang disaksikan secara virtual, Senin (1/8/2022).

Kegiatan kirab bendera Merah Putih yang biasanya ditunggu masyarakat ini, sebelumnya tertunda selama dua tahun karena pandemi Covid-19.

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Berencana Bangun Kota di Mars

Elon Musk Mau Bangun Kota di Mars dalam 20 Tahun ke Depan

Liputan6.com 2022-08-17 07:00:22
Elon Musk. (Britta Pedersen / POOL / AFP)

Sudah jadi rahasia umum kalau Elon Musk adalah orang yang ambisius. Elon Musk memiliki banyak mimpi untuk menjadikan dunia lebih baik. Salah satunya adalah ambisi membangun koloni di Mars.

Mengingat saat ini tujuan SpaceX adalah membuat perjalanan manusia ke luar angkasa jadi lebih murah, bukan tidak mungkin kalau Elon Musk bakal mewujudkan impiannya.

Pria yang batal mengakusisi Twitter tersebut, belum lama ini berbagi pemikirannya tentang proyek ini. Sebelumnya bercerita tentang rencana Elon Musk, belum lama Tesla Owners Silicon Valley membagikan status di Twitter.

Akun tersebut membagikan foto tentang progress SpaceX dalam 20 tahunnya. Para responden pun membagikan apa yang ingin mereka capai di masa depan.

Mengutip Gizchina, Rabu (17/8/2022), dalam unggahan tersebut Elon Musk yang ikut disebut akunnya merespons, "Saya berharap ada kota mandiri di Mars dalam 20 tahun!"

Sekadar informasi, saat ini Mars diakui sebagai planet berharga bagi manusia. Planet ini merupakan yang paling dekat dengan Bumi, karena ukuran dan pola aktivitasnya yang juga mirip Bumi.

Beberapa ilmuwan memperkirakan, selain daerah kutub, Mars akan memiliki jejak air mencair. Jika manusia ingin memasuki alam semesta yang lebih dalam, Mars akan menjadi stasiun transit yang sangat baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pastikan Generasi Manusia Bisa Lihat Mars

Namun, bisakah manusia membangun kota di Mars dalam 20 tahun? 20 tahun memang hampir seperempat dari kehidupan manusia, namun bagi alam semesta, waktu dua puluh tahun adalah waktu yang singkat.

Bulan lalu, Elon Musk mengatakan bahwa generasi kita akan melihat manusia di Mars dalam masa hidup mereka. Selain itu, Elon Musk juga mengatakan pada pertengahan Juli lalu bahwa dia akan menciptakan peradaban mandiri di Mars.

"20 hingga 30 tahun dari pendaratan manusia pertama jika pertumbuhan tingkat peluncuran (ke antariksa) eksponensial," kata Elon Musk.

Elon Musk juga membagikan foto yang memperlihatkan pembangunan di Mars. Kini, pria yang juga bos di Tesla itu tengah mempromosikan platform kendaraan luncur generasi berikutnya dari Starship.

Pada 9 Agustus 2022, peluncur Starship Booster B7 melakukan pengapian statis di Boca Chica Starship Base di Texas dan berhasil.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Dipuji Super Jenius Oleh Jokowi

Sebelumnya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi markas SpaceX di Boca Chica, Amerika Serikat, dan menemui sang CEO Elon Musk.

Dalam kesempatan tersebut, seperti dikutip dari akun YouTube resmi Sekretariat Presiden, dikutip Senin (16//5/2022), Jokowi memuji bos Tesla itu dan menyebutnya sebagai "super genius."

"Saya rasa ini tidak hanya berkaitan dengan Tesla tetapi tadi juga ditunjukkan proyek besarnya mengenai SpaceX, artinya urusan teknologi saya kira memang Elon 'super genius,'" kata Jokowi.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Elon Musk mengatakan bahwa Indonesia memiliki potensi yang besar dan masa depan yang cerah.

"Saya rasa kami akan melihat baik-baik dari Tesla dan SpaceX untuk mencoba beberapa kemitraan di Indonesia," kata pria yang beberapa waktu lalu bikin heboh usai mengumumkan bakal mencaplok media sosial Twitter itu.

Selain itu, Musk juga sempat menyebutkan, Indonesia akan memiliki populasi yang besar, dan mengatakan hal ini dibutuhkan di masa depan.

"Indonesia punya potensi di banyak level, dan saya rasa bagus Indonesia punya populasi yang besar dan terus berkembang dan ini sangat bagus, karena kita butuh banyak orang untuk masa depan," ujarnya.

"Dan juga Mars, Anda tahu di Mars belum ada orang jadi membutuhkan orang-orang dari kita. Sukarelawan. Kami pikir itu berlandaskan sukarela," kata CEO Tesla berseloroh lalu tertawa.

(Tin/Isk)

Infografis Awas Kecolongan 10 Titik Lengah Rawan Covid-19 (Liputan6.com/Niman)

Terpilih Jadi Portrait Anak Bangsa

Lukman Sardi Masuk Daftar 77 Portrait Anak Bangsa, Kirim Pesan ke Generasi Muda Hingga Insan Film

Liputan6.com 2022-08-17 06:00:00
Lukman Sardi

Lukman Sardi masuk dalam daftar 77 Portrait Anak Bangsa 2022. Fotonya mejeng dalam pameran yang digelar mulai 15 Agustus sampai 18 September 2022 di Plaza Indonesia Jakarta.

Putra Idris Sardi ini bingung saat tahu namanya masuk dalam daftar lalu menjalani sesi pemotretan bareng fotografer kondang Raja Siregar. Lukman Sardi semringah kala diminta berfoto bareng potretnya sendiri pekan ini.

Setelah menghadiri konferensi pers Pameran 77 Portrait Anak Bangsa bersama Oppo di Jakarta, pekan ini, bintang film Laskar Pelangi mengaku bangga diapresiasi namun juga terbeban dalam konteks positif.

"Sekaligus ini menjadi beban yang bagus di mana saya ke depan harus tetap menjadi atau melakukan yang terbaik. Ini juga menjadi ucapan atau statement bagi Indonesia," kata Lukman Sardi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Perihal Nama Belakang

"Sampai nama belakang gue, Sardi, menjadi nama yang cukup dikenal di Indonesia. Kalau bukan karena Indonesia siapa gue? Jadi ini bentuk terima kasih gue kepada Indonesia," urainya kepada Showbiz Liputan6.com.

Lukman Sardi lantas menyemangati generasi muda untuk lebih giat berkarya mengingat di era digital, banyak platform dan wabah yang memfasilitasi ide kreatif mereka. "Saya selalu berupaya untuk mengingatkan: Please, selalu jaga Indonesia lo," Lukman Sardi menyambung.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Senang dan Tak Menyangka

Sebagai insan seni, ia bangga film Indonesia mulai bangkit. Terbukti jumlah penonton KKN Di Desa Penari tembus 9,2 jutaaan dan Pengabdi Setan 2: Communion meneror lebih dari 5 juta penonton. Namun sebuah pesan penting disampaikannya.

"Saya senang dan tak menyangka begitu pandemi Covid-19 melandai, film Indonesia bakal struggle enggak, ya? Dulu sebelum pandemi kita dapat 52 juta penonton setahun. Memang film Indonesia sudah jadi kecintaan masyarakat lalu terpotong pandemi," ulasnya.

Ini membuktikan kesetiaan masyarakat terhadap film Indonesia. Dalam kesempatan itu, Lukman Sardi menyorot 5 dari 7 film Indonesia yang mengumpulkan lebih dari sejuta penonton bergenre horor.


Horor Dekat dengan Masyarakat

"Buat gue ya sudah memang horor itu dekat dengan masyarakat Indonesia. Saya hanya mengingatkan teman-teman filmmaker. Bagus kita punya penonton banyak tapi harus diingat juga bahwa masyarakat Indonesia bukan hanya pencinta horor," pungkasnya.

Di sisi lain, Chief Marketing Officer Oppo Indonesia, Patrick Owen, menyatakan pameran seni 77 Portrait Anak Bangsa 2022 dilandasi keyakinan bahwa cerita unik dari para anak bangsa dapat membangkitkan semangat terus berkarya dan bebas mengekspresikan diri tanpa batas.

"Selain tokoh-tokoh inspiratif, pameran ini menunjukkan bahwa smartphone dengan teknologi dan inovasinya bisa menjadi bagian dari karya seni yang mumpuni. Oppo berharap dapat terus menjadi mitra strategis bagi anak bangsa di industri kreatif Indonesia," tutup Patrick.

Jumlah produksi film Indonesia, berapa banyak? (Liputan6.com/Trie yas)

Merah Putih Berkibar di Bawah Laut

Detik-Detik Pengibaran Merah Putih di Bawah Laut Pulau Pahawang

Liputan6.com 2022-08-17 15:31:17
Upacara pengibaran bendera di bawah laut dilaksanakan di Pulau Pahawang, yang dipimpin langsung Komandan Brigade Infanteri (Danbrigif) 4 Marinir/BS, Kolonel Marinir Harry Indarto.

TNI AL mengerahkan pasukan selam handal untuk mengibarkan bendera merah putih di 77 lokasi bawah laut, yang tersebar di seluruh Indonesia pada hari puncak peringatan HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/2022).

Di wilayah Lampung, upacara pengibaran bendera di bawah laut dilaksanakan di Pulau Pahawang, yang dipimpin langsung Komandan Brigade Infanteri (Danbrigif) 4 Marinir/BS, Kolonel Marinir Harry Indarto.

Dalam pelaksanaannya, pengibaran bendera merah putih di bawah laut ini setidaknya melibatkan 50 personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri dan anggota klub selam Lampung.

Harry menjelaskan untuk petugas dan peserta upacara ada dari Polairud Polda Lampung, Kodim 0410/KBL, Brimob, Club Selam Corona, Lampung Scuba, Lampung Dive Club.

Menurutnya, pengibaran bendera juga diikuti oleh masyarakat sekitar Pulau Pahawang yang melaksanakan upacara diatas permukaan laut menggunakan kapal dan perahu karet.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi bersama seluruh elemen masyarakat demi kejayaan maritim Indonesia," ujar Harry, seusai memimpin pengibaran bendera. Hal tersebut sesuai dengan tema kemerdekaan RI ke 77 yakni Indonesia Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat.

Harry juga mengatakan, prajurit Jalasena Samudera TNI AL adalah prajurit petarung yang siap menjaga keutuhan dan kedaulatan. Dari dasar samudera hingga permukaan laut Nusantara, demi kejayaan dan kemakmuran bangsa Indonesia.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Lautan Indonesia yang Luas

Dengan momen pengibaran bendera di bawah laut, lanjutnya bertujuan untuk menunjukkan betapa luasnya laut Nusantara dengan berjuta kekayaan di dalamnya.

"Kekayaan itu harus tetap terjaga keutuhannya dari Sabang sampai Merauke dan Miangas sampai Pulau Rote," kata Danbrigif.

Harry menambahkan, pusat pengibaran merah putih di bawah laut ini dilaksanakan di Pulau Putri, Kepulauan Seribu yang dipimpin oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono.

Berdasarkan data Dinas Penerangan TNI AL (Dispenal) sebanyak 886 penyelam dari Prajurit TNI AL, TNI, POLRI, Pemerintah Daerah, organisasi masyarakat, klub selam, dan masyarakat turut berpatisipasi dalam pengibaran bendera bawah air ini, sekaligus untuk memecahkan rekor MURI.