Alasan Kak Seto Bela Anak Sambo

Reaksi Kak Seto Dituding Kurang Kerjaan Bela Anak Ferdy Sambo, Tidak Dendam dan Ingin Instrospeksi Diri

Liputan6.com 2022-08-29 16:00:00
Kak Seto. (Foto: Dok. Instagram @kaksetosahabatanak)

Kak Seto bukannya tak tahu bahwa netizen dan sejumlah pihak mengecam aksinya memberi perlindungan buat anak Ferdy Sambo. Apalagi, anak bungsu Ferdy Sambo kabarnya baru berusia 1,5 tahun.

Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi, ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat atau yang dikenal publik dengan kasus Brigadir J.

Seto Mulyadi mengusulkan agar Putri Candrawathi tak dipisahkan dari si bungsu. Ia khawatir kejiwaan bayi itu terguncang karena pisah dari ibunya. Kak Seto kemudian menggajukan dua opsi.

Kedua opsi yang dimaksud yakni pertama, Putri Candrawathi bersama bayinya di Lapas. Kedua, Nyonya Sambo ditetapkan sebagai tahanan kota dengan sejumlah pertimbangan hukum.


Pelan-Pelan Dipisahkan

"Sementara dulu, entah bayinya ikut ke Lapas. Atau sementara jadi tahanan rumah tapi tetap dekat agar tidak menghilangkan bukti, tidak mengulang perbuatan dan sebagainya. Lalu bertahap, pelan-pelan mulai dipisahkan. Intinya, seperti itu," katanya.

Masyarakat yang mendengar penjelasan Kak Seto setengah-setengah menudingnya kurang kerjaan dan berat sebelah dalam membela hak anak Indonesia. Mentang-mentang anak jenderal, Kak Seto dituding memberi kelonggaran.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Saya Harus Introspeksi

Terkait tudingan ini, ia legawa. "Siapa pun juga monggo, silakan. Mau saya anggap sebagai sahabat saya, saya sebut koreksi terhadap diri saya. Saya harus introspeksi apa yang salah dari saya," ucap Kak Seto.

Melansir dari video wawancara di kanal YouTube KH Infotainement, Minggu (28/8/2022), kreator boneka Si Komo mengaku tidak dendam malah membuka ruang untuk dialog dengan pihak-pihak yang kontra.


Tak Ada Benci

"Dan saya tidak ada benci atau dendam. Suatu saat insyaallah saya juga ingin bertemu dengan beliau-beliau," ujarnya. Diberitakan sebelumnya, Kak Seto meminta masyarakat tak mengaitkan kasus Ferdy Sambo dengan anak-anaknya.

Ia juga mengimbau publik tidak merundung anak-anak Ferdy Sambo. "Tapi yang lebih berat adalah dia (anak-anak Ferdy Sambo -red) di-bully bahwa kamu anak pembunuh dan sebagainya," tutur Kak Seto.

<p>Infografis Pesan Kak Seto Usai Kunjungi Ferdy Sambo di Mako Brimob. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Banding Ferdy Sambo Pasti Ditolak?

Pengamat Hukum Yakin Banding Ferdy Sambo Ditolak

Liputan6.com 2022-08-29 19:11:30
Mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo usai menjalani sidang kode etik di Gedung TNCC Mabes Polri, Jakarta, Jumat (26/8/2022). Irjen Ferdy Sambo resmi dipecat secara tidak hormat dari Polri.

Pakar Hukum dari Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) Suparji Ahmad mengatakan, langkah banding yang diajukan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo kemungkinan besar ditolak.

"Saya kira kecil peluangnya banding itu dikabulkan atau dengan kalimat lain bahwa banding akan sama dengan putusan sebelumnya atau akan menguatkan putusan sebelumnya atau dengan istilah lain, ya bakal ditolak permohonan bandingnya," kata Suparji kepada wartawan, Senin (29/8/2022).

Diketahui, Ferdy Sambo dipecat secara tidak hormat dalam sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) pada Jumat, 26 Agustus 2022 dini hari lalu. Sambo pun mengajukan banding atas putusan KKEP tersebut.

Suparji menyebut, sangat kecil peluang banding yang diajukan Sambo bakal diterima. Menurutnya, saat ini Sambo telah menjadi tersangka pembunuhan berencana terhadap Brigadir Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

"Kecil, dalam pandangan saya, penilaian saya, pendapat saya kecil kemungkinan melihat dengan statusnya sudah tersangka, kemudian alat bukti yang ada, terus kemudian juga berdasarkan perbuatan yang dilakukan maka kecil sekali peluangnya untuk dikabulkan bandingnya," kata dia.

Suparji mengatakan, upaya hukum banding merupakan hak Sambo setelah dipecat secara tidak hormat. Menurutnya, upaya banding tersebut harus tetap diproses sebagaimana mestinya.

"Mungkin saja yang bersangkutan punya penilaian dan keyakinan sendiri sehingga perlu ada pihak lain yang periksa," ujarnya.


Ferdy Sambo Dipecat

Sebelumnya, Komisi Kode Etik Polri (KKEP) merampungkan pemeriksaan terhadap mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo terkait dugaan pelanggaran etik kasus kematian Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat. Hasil sidang etik memutuskan Ferdy Sambo melakukan pelanggaran berat sehingga dipecat sebagai anggota Polri.

"Pemberhentian dengan tidak hormat atau pdth sebagai anggota Polri," kata Kabaintelkam Polri Komjen Ahmad Dofiri selaku pimpinan sidang saat membacakan putusan di gedung Transnational Crime Center (TNCC) Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (26/8) dini hari.

Dhofiri menyampaikan, perbuatan terperiksa termasuk perbuatan tercela. Karena itu, ditempatkan dalam tempat khusus selama 4 hari dari tanggal 8 Agustus 2022 sampai 12 Agustus 2022 di Rutan Pondok Kopi.

"Dan penempatan dalam tempat khusus tersebut telah dijalani pelanggar," ujar dia.

Atas putusan sidang, Ferdy Sambo mengajukan banding.

"Kami mengakui semua perbuatan dan menyesali semua perbuatan yang kami telah lakukan terhadap institusi Polri, namun mohon izin sesuai Pasal 69 PP (Perpol) 7 tahun 2022, izinkan kami mengajukan banding," kata Ferdy Sambo saat menanggapi putusan Sidang Kode Etik, Jumat (26/8) dini hari.

"Apapun keputusan banding, kami siap laksanakan," ucap Sambo dengan tegas.

<p>Infografis Ferdy Sambo Dipecat! (Liputan6.com/Triyasni)</p>

Ramai-Ramai Susul Ferdy Sambo

HEADLINE: Menanti Sidang Maraton 34 Polisi Pelanggar Etik, Bakal Menyusul Ferdy Sambo?

Liputan6.com 2022-08-30 00:03:16
Mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo usai menjalani sidang kode etik di Gedung TNCC Mabes Polri, Jakarta, Jumat (26/8/2022). Irjen Ferdy Sambo resmi dipecat secara tidak hormat dari Polri.

Tim Khusus (Timsus) dan Inspektorat Khusus (Itsus) Polri hingga saat ini masih bergerak secara maraton merampungkan seluruh proses baik pidana maupun pelanggaran kode etik atas kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J alias Nofryansyah Yosua Hutabarat.

Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, hingga saat ini Timsus dan Itsus belum menjadwalkan sidang etik terhadap 33 polisi yang diduga melanggar kode etik. Sebab Timsus saat ini masih melakukan pemberkasan.

"Belum (dijadwalkan) infonya masih pemberkasan nunggu dari Biro Wabprof (Pertanggungjawaban Profesi) dulu," kata Dedi kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin, (29/8/2022).

Dedi pun tak bisa memastikan apakah Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E dan Bripka Ricky Rizal atau Bripka RR yang juga menjadi tersangka pembunuhan akan dipecat dari kepolisian seperti Ferdy Sambo.

"Ya nunggu sidang KKEP saja karena fakta persidangan menjadi pertimbangan putusan hakim sidang KKEP," ujar Dedi.

Mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo sendiri resmi dipecat dari Polri. Pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) ini dijatuhkan atas pelanggaran etik penanganan kasus kematian Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat di rumah dinasnya.

Keputusan ini dibacakan dalam sidang Komisi Etik Profesi Polri (KEPP) yang digelar di Gedung Transnational Crime Center (TNCC) sejak Kamis 25 Agustus 2022 hingga Jumat (26/8/2022) dini hari.

Pengamat Kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), Bambang Rukminto mengatakan ke 34 polisi yang melakukan pelanggaran kode etik tentu harus diberi sanksi sesuai dengan derajat kesalahannya. Namun, kata dia, bagi pelanggar obstriction of justice tentu tak layak dipertahankan sebagai anggota polisi.

"Dampaknya sangat buruk bagi citra polisi bila masih mempertahankan personel yang sudah terbukti melakukan pelanggaran obstruction of justice ini karena akan muncul preseden bahwa penegakan kasus-kasus lain pun bisa saja dianggap sebagai rekayasa," kata Bambang kepada Liputan6.com.

Obstruction of justice ini, kata dia, adalah pelanggaran paling fatal bagi anggota kepolisian.

Diketahui, berdasarkan Peraturan Kepolisian Negara Nomor 7 Tahun 2022 tentang Kode Etik Profesi dan Komisi Kode Etik Kepolisian Negara Republik Indonesia disebutkan dalam pasal 17 bahwa:

Pelanggaran KEPP kategori ringan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 16 ayat (1) huruf b angka 1, dengan kriteria:

a. dilakukan karena kelalaian;

b. dilakukan tidak untuk kepentingan pribadi;dan/atau;

c. tidak berdampak terhadap keluarga, masyarakat, institusi dan/atau negara.

(2) Pelanggaran KEPP kategori sedang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 16 ayat (1) huruf b angka 2, dengan kriteria:

a. dilakukan dengan sengaja; atau

b. terdapat kepentingan pribadi dan/atau pihak lain.

Sementara pelanggaran KEPP kategori berat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 16 ayat (1) huruf b angka 3, dengan kriteria:

a. dilakukan dengan sengaja dan terdapat kepentingan pribadi dan/atau pihak lain;

b. adanya pemufakatan jahat;

c. berdampak terhadap keluarga, masyarakat, institusidan/atau negara yang menimbulkan akibat hukum

d. menjadi perhatian publik; dan/atau

e. melakukan tindak pidana dan telah mendapatkan putusan yang berkekuatan hukum tetap.

"Bila terbukti melakukan pelanggaran berat, tentu sanksinya adalah PTDH (pemecatan tidak hormat)," kata Bambang.

Bambang pun meminta agar Bharada E dan Bripka RR segera dilakukan sidang etik sehingga segera diperoleh kejelasan status mereka. Namun, Bambang menegaskan, status justice collaborator Bharada E tidak akan mempengaruhi keputusan dalam sidang kode etik profesi.

"Status JC Bharada RE tentunya terkait statusnya sebagai tersangka pelanggaran pidana. Etika Profesi Polri harusnya lebih tinggi dibanding masyarakat pada umumnya. Makanya akan menjadi ironi bila para pelanggar hukum pidana masih dipertahankan sebagai penegak hukum," tandas Bambang.

<p>Infografis Polisi Penerima Adhi Makayasa Diduga Langgar Etik di Kasus Brigadir J. (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Teguh Santoso menegaskan ada 97 anggota Polri yang telah diperiksa dalam kasus pembunuhan Brigadir J. Sementara 34 di antaranya melakukan pelanggaran kode etik berat yaitu obstriction of justice sementara lainnya hanya pelanggaran kode etik biasa.

"Nah kalau yang obstruction of justice dan pelanggaran kode etik sih harusnya dipecat, di PTDH (pemecatan dengan tidak hormat), nah jumlahnya berapa ini harus dipilah dari 97 orang itu," kata Sugeng kepada Liputan6.com.

Sementara untuk Bharada E yang saat ini menjadi justice collaborator, tidak akan meringankan sanksi kode etik profesi. Namun, hanya meringankan pidananya. "Saya rasa dia akan di PTDH juga, karena dia melakukan kekerasan walaupun diperintah," ujar Sugeng.

Sugeng yakin pemecatan anggota Polri yang melakukan pelanggaran kode etik akan menumbuhkan rasa percaya kepada Polri.

"Tapi kan persoalan ketidak kepercayaan publik kepada polisi itu sudah menahun, sudah kronis, terutama di bidang penegakan hukum reserse, jadi kalau mau memulihkan itu harus konsisten, momentum ini dijadikan sebagai kick of membenahi internal besar-besaran dan dipelihara ritmenya, kalau enggak berulang lagi," kata dia.


Penjatuhan Sanksi Harus Berdasarkan Derajat Kesalahan

Anggota Komisi III Rano Alfath mengatakan perlu dilihat dulu seberat apa pelanggaran yang dilakukan oleh 33 anggota Polri yang belum dilakukan sidang etik.

"Kan kurang fair juga kalau langsung diberhentikan. Ingat ada asas praduga tak bersalah. Bisa jadi yang terlibat obstruct itu dibohongi, sehingga mereka juga tidak tahu kebenarannya dan hanya mengikuti perintah atasan. Nah itu kan nanti yang akan diungkap di sidang etik, sejauh apa mereka terlibat dalam skenario FS itu. Hukuman yang ditentukan nanti juga harus sesuai porsinya masing-masing, sesuai dengan undang-undang," kata Rano kepada Liputan6.com.

Terkait sanksi etik, kata dia, bagi anggota yang dianggap masih layak dipertahankan sebagai anggota Polri bisa dijatuhi hukuman berupa kewajiban untuk mengikuti pelatihan ulang pembinaan profesi di Polri, dipindahtugas ke jabatan atau wilayah yang berbeda.

Rano mengatakan, jika 33 orang itu semuanya dicopot, kata dia, tidak serta merta memulihkan citra Polri. Menurutnya, yang bisa memulihkan citra Polri adalah proses peradilan yang transparan, akuntabel dan sesuai undang-undang.

"Ending dari kasus ini harus dibuat sejelas-jelasnya dan seadil-adilnya. Jika Polri bisa mewujudkan itu, masyarakat juga pasti bisa mengembalikan kepercayaannya terhadap Polri," kata dia.

Sementara untuk Bharada RE dan Bripka RR, banyak hal yang memberatkan sanksi etiknya. Sebab keduanya sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus pembunuhan.

"Banyak hal-hal yang memberatkan bagi Bharada E dan Bripka RR itu, pertama mereka sama-sama aparatur negara, kedua mereka adalah saksi mata yang seharusnya bisa mempertimbangkan untuk tidak terlibat atau bahkan memberhentikan percobaan pembunuhan itu meskipun disebut dalam keadaan terancam. Berbeda dengan 34 anggota tadi karena mereka bukan saksi kunci jadi tidak tahu kebenarannya," ujarnya.

Apalagi, kata dia, meski telah menjadi justice collaborator, belum tentu hukuman pidana Bharada E bisa dihapuskan.

"Tapi apabila kesaksiannya itu kooperatif dan dinilai sangat membantu dalam proses pengusutan kasus ini, maka bisa menjadi pertimbangan hakim untuk minimal meringankan pidana yang dijatuhkan," ujar dia.

<p>Infografis Ragam Tanggapan Menanti Sidang Maraton 34 Polisi Diduga Pelanggar Etik. (Liputan6.com/Abdillah)</p>


Berikut Daftar 34 Polisi yang Akan Disidang Etik

Berikut daftar 34 polisi yang dicopot dari jabatannya dan dimutasi ke Yanma Polri imbas tewasnya Brigadir J.

Merujuk Surat Telegram Nomor ST/1628/VIII/KEP/2022 tertanggal 4 Agustus 2022:

1. Irjen Ferdy Sambo Kadiv Propam Polri Dimutasi sebagai Pati Yanma Polri

2. Brigjen Pol Hendra Kurniawan Karopaminal Polri digeser sebagai Pati Yanma Polri.

3. Brigjen Pol Benny Ali, Karo Provos Divpropam Polri, dimutasikan sebagai Pati Yanma Polri

4. Kombes Pol Beni Setiawan Nugraha Nasution SroPaminal Divpropam Polri dimutasikan sebagai Pamen Yanma Polri.

5. Kombes Pol Agus Nur Patria, Kadena Ro Paminal Divpropam Polri dimutasikan sebagai Pamen Yanma Polri.

6. AKBP Arif Rahman Arifin wakaden B Ropaminal Propam Polri dimutasikan sebagai Pamen Yanma Polri.

7. Kompol Baikuni Wibowo PS, Kasubbag Riksa Rowatprof Propam Polri dimutasi sebagai pamen Yanma Polri

8. Kompol Cuh Putranto PS Kasubag Audit Rowatprof Oropam Polri, dimutasi menjadi pamen Yanma Polri.

9. AKBP Ridwan Nelson Subangkit, Kasat Reskrim Polres Metro Jaksel, dimutasi menjadi Pamen Yanma Polri.

10. AKP Yusa Rizal, Kanit I Satreskrim Polres Metro Jaksel juga dimutasi sebagai Pamen Yanma Polri

Merujuk Surat Telegram Nomor ST/1751/VIII/KEP/2022 tertanggal 22 Agustus 2022:

11. Kombes Murbani Budi Pitono, Kabag Renmin Divpropam Dimutasikan Sebagai Pamen Yanma Polri

12. Kombes Susanto, Kabag Gakkum Roprovost Divpropam Dimutasikan Sebagai Pamen Yanma Polri

13. Kombes Leonardo David Simatupang, Pemeriksa Utama Propam Polri Dimutasikan Sebagai Pamen Yanma

14. Kombes Budhi Herdi Susianto, Kapolres Metro Jakarta Selatan Dimutasi Sebagai Yanma Polri

15. AKBP Ari Cahya, Kanit I Subdit III Dittipidum Bareskrim Polri Dimutasi Sebagai Yanma Polri

16. AKBP Handik Zusen Kasubdit III Ditreskrimum Polda Metro Jaya Dimutasi Sebagai Yanma Polri

17. AKBP Jerry Raymond Siagian Wadirkrimum Polda Metro Jaya Dimutasi Sebagai Yanma Polri

18. AKBP H. Pujiyarto Kasubdit V Ditreskrimum Polda Metro Jaya Dimutasi Sebagai Yanma Polri

19. AKBP Raindra Ramadhan Syah Kasubdit 1 Ditreskrimum Polda Metro Jaya Dimutasi Sebagai Yanma Polri

20. Kompol Abdul Rahim Kanit II Subdit IV Ditreskrimum Polda Metro Jaya Dimutasi Sebagai Yanma Polri

21. Kompol Dermawan Kristianus Zendrato Kanit V Subdit I Ditreskrimum Polda Metro Jaya Dimutasi Sebagai Yanma Polri

22. AKP Bhayu Vhishesha Kanit II Subdit I Ditreskrimum Polda Metro Jaya Dimutasi Sebagai Pama Yanma Polri

23. AKP Irfan Widyanto Kasubnit I Subdit III Dittipidum Bareskrim Polri Dimutasi Sebagai Pama Yanma Polri

24. AKP Idham Fadilah Panit II Unit III Den A Ropaminal Divpropram Polri Dimutasi Sebagai Pama Yanma Polri

25. AKP Dyah Chandrawati Paur Subbagsumda Bagrenmin Divpropam Polri Dimutasi Sebagai Pama Yanma Polri

26. Iptu Hardista Pramana Tampubolon Panit I Unit 1 Den A Ropaminal Divpropam Polri Dimutasi Sebagai Yanma Polri

27. Iptu Januar Arifin Pamin Den A Ropaminal Divpropam Polri Dimutasi Sebagai Yanma Polri

28. Ipda Arsyad Daiva Gunawan Kasubnit I Unit I Satreskrim Polres Metro Jakarta Selatan Dimutasi Sebagai Yanma Polri

29. Bripka Ricky Rizal Wibowo BA Satlantas Polres Brebes Polda Jawa Tengah Dimutasi Sebagai BA Yanma Polri

30. Brigpol Frillyan Fitri Rosadi BA Roprovos Divpropam Polri Dimutasi Sebagai BA Yanma Polri

31. Briptu Firman Dwi Ariyanto Banum Urtu Roprovos Divpropam Polri Dimutasi Sebagai BA Yanma Polri

32. Briptu Sigid Mukti Hanggono Banit Den A Ropaminal Divpopam Polri Dimutasi Sebagai BA Yanma Polri

33. Bharada Sadam Ton 3 KI Markas Yon D Resimen I Paspelopor Korbrimbob Polri Dimutasi Sebagai TA Yanma Polri

34. Bharada Richard Eliezer Pudhihang Lumiu Anggota Ton 2 KI 1 Yon C Resimen I Paspelopor Korbrimob Polri Dimutasi Sebagai TA Yanma Polri.

Menkes Positif Covid-19

Menkes Budi Gunadi Sadikin Positif COVID-19, Langsung Isolasi Mandiri

Liputan6.com 2022-08-29 17:20:05
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/7/2022). Raker membahas infrastruktur fasilitas pelayanan ke

Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin positif COVID-19. Hasil tersebut setelah mantan Wakil BUMN ini menjalani hasil tes PCR hari ini, Senin (29/8/2022).

"Mohon doanya agar saya dapat segera pulih kembali," kata Budi melalui pernyataan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Senin, 29 Agustus 2022.

Menurut Budi Gunadi, keterbukaan terhadap status COVID-19 merupakan bentuk tanggung jawabnya sebagai pejabat publik. Hal ini agar penularan COVID-19 bisa segera diputus dan tidak semakin meluas.

"Karena siapa pun dapat tertular dan menularkan COVID-19. Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita untuk membantu memutus rantai penularannya dengan segera melakukan swab tes," ujarnya.

"Jika hasil tes-nya positif, langsung melakukan isolasi mandiri," Menkes Budi menambahkan.

Saat ini, Budi Gunadi sedang melakukan isolasi mandiri. Upaya tersebut sebagaimana tata laksana COVID-19 pada umumnya.

Menkes Budi akan melakukan isolasi mandiri sampai dinyatakan negatif COVID-19. Selama isolasi mandiri, Menkes tetap akan menjalankan aktivitas sebagaimana biasa melalui virtual.


Aktivitas Menkes 2 Hari Sebelumnya

Dua hari sebelum dinyatakan positif COVID-19 pada Sabtu (27/8/2022), Menkes Budi Gunadi Sadikin meresmikan fasilitas produksi dan peluncuran perdana alat kesehatan elektromedik Mindray produksi dalam negeri di Kawasan Industri Kendal, Jawa Tengah.

Budi Gunadi Sadikin menargetkan 60 persen produksi alat kesehatan dalam negeri gunakan komponen lokal.

"Kalau sekarang masih ada beberapa komponen dari luar negeri tidak apa-apa. Tapi kita tidak bisa melakukan ini terlalu lama. Keinginan kita sekitar 50 - 60 persen alat kesehatan dan obat-obatan dari hulu sampai ke hilir harus dikembangkan dan diproduksi di dalam negeri," katanya dalam pernyataan resminya.

Menkes menyebutkan target tersebut didasarkan pada pertimbangan bahwa alat kesehatan di Indonesia baik yang sudah jadi maupun bahan bakunya masih di dominasi impor.

Pihaknya menjabarkan di tahun 2019 - 2020 saja, transaksi alat kesehatan impor mencapai 88 persen, sementara untuk produk lokal hanya berkisar 12 persen.

Padahal, dari total 496 jenis alkes yang ditransaksikan di kurun waktu 2019-2020 tersebut, ada 152 alkes yang sebenarnya mampu diproduksi sendiri. Rendahnya penggunaan alkes produk lokal ini ditengarai keterbatasan teknologi dan implementasi regulasi penggunaan produk dalam negeri.

Infografis Syarat Pasien Covid-19 Varian Omicron Isolasi Mandiri di Rumah. (Liputan6.com/Abdillah)

Ronaldo Kecewa Gajinya Dipotong

Cristiano Ronaldo Kecewa Gajinya Dipotong 25 Persen

Liputan6.com 2022-08-29 14:30:39
Raut frustasi Cristiano Ronaldo saat Portugal ditahan 0-0 Tanjung Verde dalam partai pemasana jelang Piala Dunia 2010, Covilha. AFP PHOTO/FRANCISCO LEONG

Fans Manchester United atau MU melontarkan guyonan agar manajemen memotong gaji para pemain bila kembali gagal melaju ke Liga Champions. Namun bagi Cristiano Ronaldo, candaan seperti itu ternyata sama sekali tidak lucu.

Cristiano Ronaldo sangat menentang pemotongan gaji yang disebabkan kegagalan Manchester United atau MU melaju ke Liga Champions 2022/2023. Dia merasa sudah melakukan yang terbaik bagi Setan Merah pada musim lalu.

Ronaldo kehilangan 25 persen pendapatannya akibat kegagalan ini. Setan Merah seperti diketahui gagal ikut dalam persaingan merebut trofi si Kuping Besar setelah terlempar dari posisi empat besar di Liga Inggris.

Seperti dilansir dari Marca, Ronaldo seharusnya gaji menerima sekitar 480 ribu poundsterling per pekan. Namun akibat kegagalan tersebut, kekasih Georgina Rodriguez tersebut hanya mengantongi 360 ribu poundsterling.

Pemotongan ini sebenarnya sudah sesuai dengan klausul kontrak Ronaldo saat kembali ke Old Trafford. Hanya aja, pemain yang akrab disapa CR7 itu tetap kecewa karena dia merasa sudah berusaha semaksimal mungkin musim lalu.

Menurut laporan Mirror, Ronaldo merasa itu bukan salahnya. Apalagi dia merupakan top scorer tim dengan 18 gol di Liga Inggris 2021/2022.

Tak hanya kesal dengan pemotongan gaji. Mantan pemain Real Madrid itu juga kecewa atas kegagalan Setan Merah tampil di Liga Champions. Hal ini belakangan menjadi pemicu bagi Ronaldo untuk ngotot meninggalkan MU.


Ingin Segera Lepas Dari MU

Sejauh ini belum ada titik terang bagi masa depan MU. Satu per satu klub menolak untuk menampungnya.

Detik-detik penutupan bursa transfer, membuat sang agen, Jorge Mendes semakin sulit mencari pembeli untuk Ronaldo. Ditambah lagi, Cristiano Ronaldo juga engga menurunkan gajinya.

Sebelumnya, Jorge Mendes banyak menawarkan Ronaldo ke klub terbaik di Eropa, mulai dari Chelsea, Munchen sampai Sporting CP. Namun, mereka terus mendapat penolakan dan enggan dilepas oleh MU.

Pada Juli lalu, Mendes memberikan penawaran kepada Ronaldo kepada Chelsea. Saat itu, Chelsea kurang memberikan respon baik atas penawaran ini, karena masih berusaha mengejar Aubameyang tempo hari.

Usai bernegosiasi, ternyata Aubameyang hanya memiliki peluang kecil untuk bergabung dengan Chelsea. The Blues menyatakan, ia hanya sanggup memberi kontrak satu tahun untuk Aubameyang.


Chelsea Buka Peluang Buat Ronaldo

Dilansir melalui Independent, Mendes masih berusaha menawarkan Ronaldo ke Chelsea.

Sementara, pelatih The Blues, Thomas Tuchel masih ragu untuk memberikan kontrak kepada Ronaldo, akan tetapi tak serta-merta menutup peluang. Ia masih memikirkan keraguan itu, akankah Ronaldo bisa bergabung bersama Chelsea untuk memperkuat The Blues atau tidak.

Di sisi lain, Chelsea ternyata sedang mengejar pemain asal Crystal Palace, yakni Wilfried Zaha. Chelsea perlu cepat mengambil keputusan karena bursa transfer akan segera ditutup dalam hitungan hari.

Infografis Ronaldo VS Messi

Farel Prayoga Bisa Beli Mobil dan Rumah

Farel Prayoga Bisa Beli Mobil dan Rumah dari Menyanyi, Cita-Cita Tetap Jadi Pilot

Liputan6.com 2022-08-29 17:07:39
Didampingi Keluarganya Farel Prayoga (Jaket Hitam ) Temua Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Deddy Foury Millewa (Istimewa)

Orangtua Farel Prayoga, Joko Suyoto mengatakan, dari hasil menyanyi, anaknya sudah bisa membeli sebuah mobil dan membangun rumah.

"Sebenernya nggak nyangka sih, tapi kan namanya juga rejeki,. Bisa bertemu dan menyanyi dengan sejumlah artis terkenal," ujar Farel saat pulang dari Jakarta dan bertemu Kapolresta Banyuwangi, Senin (29/8/2022).

Namun meski sudah terkenal dan sering tampil di televisi, ternyata cita-cita Farel Prayoga bukan hanya menjadi penyanyi.

Ia memiliki cita-cita dan harapan lain ketika besar nanti. "Iya, tapi aku selain jadi penyanyi sukses, aku juga kepingin jadi pilot," kata Farel dengan polos.

Karena itulah Farel Prayogyo tetap menomorsatukan pendidikan, meski kini ia sudah menjadi penyanyi terkenal.

Menurut Farel, pendidikan merupakan hal yang penting baginya. Dan setiap hari ia mengaku masih mengikuti pelajaran sekolah, meski dilakukan lewat daring.

"Tetap belajar kok, aku setiap pagi sekolahnya daring, tetap berjalan seimbang sih," ujar Farel dengan polos.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Deddy Foury Millewa ikut memberikan semangat dan motivasi kepada Farel Prayoga untuk tetap memperhatikan pendidikan dan menjaga kesehatan.


Home Schooling

"Saat ini Farel sudah menjadi seorang bintang, namun tetap perhatikan dan prioritaskan pendidikan. Karena padatnya jadwal maka bisa memilih home shooling," ujar Kapolresta. Minggu (28/8/2022).

Kombes Pol Deddy juga mengingatkan orangtua Farel agar memperhatikan stamina dan kesehatan anaknya di tengah padatnya kegiatan dan mobilitasnya yang tinggi seperti sekarang ini. Hari ini Farel ada Jadwal ke Jember, besok pagi terbang ke Kalimantan Selatan.

"Hendaknya keluarga lebih berhati-hati lagi dan lebih selektif dengan publik jangan sampai nantinya ada celah pihak yang tidak bertanggungjawab menggoreng bahwa keluarga eksploitasi terhadap anak," pesan Kapolresta.

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion. (Liputan6.com/Triyasni)

Udara Konser Billie Eilish Dijual Rp159 Juta

Kantong Berisi Udara dari Konser Billie Eilish di Singapura Dijual Rp159 Juta

Liputan6.com 2022-08-29 17:04:59
Kantong berisi udara dari konser Billie Eilish di Singapura dijual dengan harga fantastis. (dok. Carousell @rev1on)

Penyanyi Amerika Serikat (AS), Billie Eilish, menyelesaikan rangkaian konser bertajuk "Happier than Ever, The World Tour" di Singapore National Stadium, Singapura, pada 21 Agustus 2022. Pada hari-hari setelahnya, acara tersebut disebut meninggalkan "banyak hal yang diinginkan."

Bagi beberapa penonton konser, tempat duduk mereka sangat jauh, sehingga hampir tidak bisa melihat apapun, apalagi mendapatkan foto pelantun Therefore I Am tersebut dengan bagus. Seorang peserta konser bahkan pingsan, mendorong Eilish untuk memanggil pertugas keamanan.

Kini, penonton konser dengan pengalaman kurang memuaskan punya kesempatan lain untuk "lebih dekat" dengan Eilish, melansir Mothership, Senin (29/8/2022). Pasalnya, seorang pengguna Carousell Singapura, sebuah pasar komunitas online, @rev1on, telah mendaftarkan "Billie Eilish's air" untuk dijual.

Dari foto-foto produk, "udara" itu tampaknya diambil dengan kantong plastik, jenis yang digunakan untuk menampung kopi atau teh. Untuk setiap penggemar berat atau penonton konser yang kesal, pengguna memastikan bahwa produk "akan disimpan dalam wadah kedap udara untuk mencegah kebocoran saat pengiriman."

Alat yang digunakan untuk menjamin ini adalah wadah plastik silinder. Demi membuktikan keaslian produk, pengguna bahkan menyertakan foto close-up Billie Eilish di atas panggung. Kantong udara itu bisa dibawa pulang dengan membayar uang senilai 15 ribu dolar Singapura (sekitar Rp159 juta), 50 kali lebih mahal daripada tiket berdiri prioritas CAT 1 untuk konserBillie Eilish di Negeri Singa.


Kentut Billie Eilish

Sementara beberapa orang hampir tidak bisa melihat Billie Eilish, pengguna menulis dalam deskripsi produk, "Saya berdiri di paling depan dan berhasil memasukkan udara ke dalam plastik ketika ia berteriak sekencang-kencangnya selama konser! Bagi yang ketinggalan konser, Anda bisa membeli ini!! Udara yang sangat langka!!"

Daftar barang itu diunggah pada 23 Agustus 2022. Selain itu, Mothership juga menemukan "alternatif udara dari konser Eilish yang lebih murah." "Hanya saja ditangkap dari lubang berbeda," publikasi itu mencatat.

Pengguna Carousell Singapura @chriu6 mencantumkan kentut Eilish untuk dijual seharga 25 dolar Singapura (sekitar Rp266 ribu). Produk, yang terdaftar pada 24 Agustus 2022, dilengkapi dengan deskripsi, "Saya berdiri tepat di bawahnya ketika saya mendengar 'poot' saya segera meraih botol air dasani 600 ml saya (saya telah membawanya khusus untuk ini), membuka tutupnya, dan menghirup aroma lezat dengan lembut ke dalam botol."

"Aroma perut kembung Billie Eilish terlokalisasi dalam unit penahanan portabel," ia mengklaim. Pengguna juga memperingatkan pembeli untuk menangani produk dengan hati-hati karena "sekali dibuka dianggap terjual."


Barang Lainnya

Ini bukan kali pertama barang tidak biasa dijual di Carousell Singapura. Tahun lalu, orang-orang di Carousell menjual kemasan dan saus dari set BTS Meal seharga sampai 500 dolar Singapura (Rp5,4 juta). Ini muncul di tengah fakta penggemar di Singapura mesti menunggu lebih lama karena peluncuran BTS Meal di sana ditunda akibat langkah-langkah pengetatan pencegahan COVID-19.

Seperti diketahui, menu kombo ini digambarkan terinspirasi "resep populer dari McDonald's Korea Selatan," dan hadir dengan kemasan edisi terbatas, serta saus Cajun dan Sweet Chilli yang membuatnya unik. Berbeda dengan warna merah dan kuning yang biasa digunakan McDonald's, BTS Meal hadir dalam kemasan ungu untuk kolaborasi spesial ini.

Satu penjual di situs jual-beli barang baru maupun bekas itu menawarkan satu set kemasan BTS Meal seharga 40 dolar Singapura (Rp431 ribu), dan dua set senilai 70 dolar Singapura (Rp755 ribu). Penjual ini juga mengklaim bahwa kemasannya langsung dari Korea, yang mana BTS Meal telah rilis di sana sejak 27 Mei 2021.


Penolakan pada Harga yang Memeras

Sementara, penjual lain menjual kantong kertas BTS Meal seharga 20 dolar Singapura (Rp216 ribu). Kemudian, ada juga yang menjual menjual saus Cajun dan Sweet Chili dari kombo tersebut seharga 500 dolar Singapura (Rp5,4 juta).

Menanggapi penjualan item BTS Meal, Carousell mengimbau untuk tidak mematok "harga yang memeras" dalam sebuah unggahan Instagram. Pihaknya menuliskan, "Kami mendukung BTS dan harga yang wajar. PS: menghitung mundur sampai 21 Juni juga."

Pemandangan berbeda justru terlihat di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Bungkus BTS Meal yang jadi barang buruan bagi ARMY, sebutan penggemar BTS, malah ditinggalkan dan dibuang ke kotak sampah setelah makan di tempat.

"Orang Dubai not fanboi BTS meal," tulis akun TikTok Surawongse di unggahan videonya, Juni tahun lalu. Di Dubai, pembeli memang bisa menikmati BTS Meal langsung di gerai McDonald's. Pengguna TikTok itu juga memperlihatkan bagaimana kemasan BTS Meal dibiarkan begitu saja di meja-meja gerai rantai makanan cepat saji itu setelah dimakan.

Infografis Waspada Penipuan Online Shop via Medsos. (Liputan6.com/Abdillah)

Antony Dihargai 100 Juta Euro

Dihargai 100 Juta Euro, Antony Jadi Rekrutan Termahal Kedua Setelah Paul Pogba

Liputan6.com 2022-08-29 14:31:20
Antony - Penampilan pemain muda ini terbilang sangat impresif dengan membukukan 6 gol dan 4 assist dari 15 laga yang sudah ia mainkan untuk Ajax Amsterdam. Berkat performa apiknya Antony diju

Manchester United telah menyetujui kesepakatan dengan Ajax untuk pemain sayap Brasil, Antony.

Dipahami bahwa United akan membayar biaya awal sebesar 80,75 juta (hampir 100 juta euro), dengan tambahan 4,25 juta lebih lanjut.

Pemain berusia 22 tahun itu akan tiba di Manchester untuk menyelesaikan tes medis dalam 48 jam ke depan.

Dilansir BBC, Senin (29/8/2022), Antony akan menjadi rekrutan termahal kedua bersama Manchester United bersama bek Harry Maguire - 89 juta yang dibayarkan untuk Paul Pogba tetap menjadi rekor pertamanya.

Antony mencetak 25 gol dan memberikan 22 assist dalam 82 penampilan untuk Ajax, setelah bergabung dengan tim Belanda dari Sao Paulo pada 2020 dan bermain di bawah pelatih United saat ini Erik ten Hag.

Dia melakukan debut internasional untuk Brasil pada Oktober 2021 dan sekarang memiliki dua gol dalam sembilan penampilan.

Antony, yang menyumbang tujuh gol dalam 11 penampilannya di Liga Champions untuk Ajax, juga akan menjadi pemain termahal keempat dalam sejarah Liga Inggris.

Hanya kepindahan Pogba ke United, penandatanganan Romelu Lukaku oleh Chelsea dan kesepakatan Manchester City untuk Jack Grealish akan lebih mahal.

United melakukan perjalanan ke Leicester City dalam pertandingan Liga Premier berikutnya pada hari Kamis, 1 September, tetapi Antony harus menerima izin kerja sebelum permainannya.


Rekrutan Kelima di Musim Panas

Penyerang itu akan menjadi rekrutan kelima United musim panas ini, menyusul kedatangan mantan rekan setimnya di Ajax, bek Lisandro Martinez, gelandang Casemiro dari Real Madrid, bek sayap Tyrell Malacia dari Feyenoord dan playmaker Christian Eriksen dengan status bebas transfer.

Pemain berusia 22 tahun tersebut tidak berlatih dengan rekan setimnya menjelang akhir pekan lalu. Ia menunjukkan sikap hanya ingin pergi dan bergabung dengan MU serta bereuni dengan sang mantan manager Ajax Erik Ten Hag menjelang ditutupnya jendela transfer musim panas.

"Selama masa jendela transfer,pertemuan berlanjut (MU dengan Ajax) dan saya sudah menerima proposal dari Ajax untuk memperpanjang kontrak. Saya menegaskan sekali lagi: SAYA INGIN PERGI," ujar Antony yang dilansir Fabrizio Romano saat Interview Eksklusif.


Dipengaruhi Manager

Antony Matheus Dos Santos resmi diboyong Ajax dari Sao Paulo pada 2020. Selama ia membela klub Belanda dalam dua musim terakhir menorehkan 23 gol dari 76 laga di seluruh kompetisi resmi. Pemain berusia 22 tahun itu merupakan andalan Ten Hag saat menukangi Ajax. Karena itu, wajar bila dia berharap bisa bertemu (bereuni) lagi dengan pelatih asal Belanda itu.

Saat Erik Ten Hag resmi menjadi pelatih MU untuk menggantikan Ralf Ragnick yang hanya menjadi manager sementara setelah MU memecat Ole Gunnar Solskjaer.

Disisi lain, kepergian Ten Hag dari Ajax juga banyak disesalkan oleh seluruh pemain terutama Antony. Ia membuat vidio khusus untuk sang mantan manager yang resmi hijrah serta berikan kode bahwa ia juga ingin ikut bersamanya.

"Saya ingin mendoakan yang terbaik untuk anda di klub baru. Selain itu, saya juga berterima kasih atas semua yang anda anjarkan kepada saya," ujar Antony seperti dilansir dari Metro.

"Ketahuilah bahwa saya akan mendukun anda serta jika anda membutuhkan saya," ujar pemain tersebut.


Karir Antony

Antony Matheus dos Santos (Antony) merupakan pemain asal Brazil sebagai posisi sayap. Ia juga lulusan Sao Paulo yang telah mencetak 6 gol dari 52 laga untuk klub Brazil tersebut.

Antony dipinang Ajax saat usia nya masih 20 tahun tepatnya 1 Juli 2020. Saat itu Ajax harus merogoh kocek 15 juta euro untuk memboyongnya dari Sao Paulo

Mantan penyerang Sao Paulo ini diproyeksikan untuk mengisi posisi yang yang ditinggalkan Hakim Ziyech hengkang ke Chelsea dan kini ia menjelma sebagai pemain kunci bagi klub raksasa Belanda.

Bersama Ajax, ia berhasil membawa klub nya meraih juara Liga Belanda musim 2021/2022 secara dua kali beruntun dan juga meraih KNVB musim 2020/2021

Disisi lain, Ajax dilaporkan ingin mengontrak kembali Hakim Ziyech dari Chelsea untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan oleh Antony hengkang ke MU.

Infografis 7 Tips Paling Efektif Kurangi Penyebaran Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

BTOB Ingin Bikin Video di Jakarta

Ingin Bikin Video Klip di Jakarta, Changsub BTOB: Indonesia Indah Sekali

Liputan6.com 2022-08-29 18:00:21
BTOB (Foto: Rita Ayunigtyas)

Boyband kenamaan Korea Selatan BTOB mengunjungi Jakarta, Indonesia, Jumat (26/8/2022) lalu. Mereka menyapa fansnya, Melody, dalam konser Chotha Fest yang digelar di Balai Sarbini, sehari kemudian, Sabtu (27/8/2022).

Mereka tiba pukul 21.00 WIB melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Personel BTOB pun menceritakan kesannya saat tiba di Jakarta. Saat konferensi pers, mereka mendapat pertanyaan, ingin mengambil gambar di manakah, jika berkesempatan membuat video klip di Jakarta?

"Semalam, saya menengok pemandangan dari jendela kamar hotel. Indah banget. Banyak gedung-gedung dan lampu," tutur member BTOB, Lee Changsub, Jakarta, Sabtu lalu.

Personel BTOB lainnya pun mengamini pernyataan pria yang hampir debut memakai nama Alpha itu, dengan menganggukkan kepala.

Lee Minhyuk, member yang dianggap sebagai "Omma" alias ibu dari BTOB pun menilai Jakarta cocok untuk dijadikan lokasi syuting video klip mereka.

"Akan indah kalau membuat video klip di Indonesia," kata pria yang juga memiliki nama panggung Huta itu.


Tampil Hanya Berempat

Pada gelaran Chotha Fest, BTOB tampil hanya dengan empat personelnya, yakni Seo Eunkwang, Lee Minhyuk, Lee Changsub, dan Im Hyunsik. Sementara, dua personel lainnya, Peniel Shin dan Yook Sungjae berhalangan hadir.

"Peniel sedang sakit, sedangkan Sungjae sedang sibuk syuting drama," jelas leader BTOB, Seo Eunkwang.

"Mohon dukungan untuk mereka," lanjut pria yang punya nama alias Silver Light itu.


Tentang BTOB

BTOB merupakan boyband senior asal Korea Selatan yang telah berusia lebih dari 10 tahun. BTOB debut pada 21 Maret 2012. Namanya merupakan akronim dari Born to Beat.

Album pertamanya adalah Born to Beat, sesuai dengan nama mereka. Pada saat itu BTOB beranggotakan 7 orang, yakni Seo Eunkwang, Lee Minhyuk, Lee Changsub, Im Hyunsik, Peniel, Jung Ilhoon, dan Yook Sungjae.

Mereka baru mendapat kemenangan pertamanya di acara musik setelah 3 tahun debut dengan lagu "Way Back Home".

Kesuksesan besar kemudian diraup BTOB melalui lagu "Missing You". Kala itu "The Queen" Missing You, menjadi lagu penyatu fandom di berbagai acara musik.


Kocak

Meski sangat serius di musik, BTOB terkenal sebagai boyband generasi ketiga yang kocak dan hiperaktif. Oleh karena itu, mereka mendapat julukan sebagai Beagle Idols.

Pada 2022 ini, mereka menelurkan album baru bertajuk Be Together dengan lagu andalan "The Song". Album tersebut juga sebagai penanda kembalinya BTOB dengen personel lengkap, usai para member menjalankan wajib militer. Pada tahun yang sama, mereka juga merayakan peringatan 10 tahun BTOB debut.

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)

Tak Bisa Tidur Sebelum Ucap Ikrar Talak

Angga Wijaya Tak Bisa Tidur Sebelum Ucap Ikrar Talak ke Dewi Perssik

Liputan6.com 2022-08-29 18:20:00
Angga Wijaya mengaku jauh sebelum konflik rumah tangganya bermuara ke Pengadilan Agama, komunikasinya dengan Dewi Perssik memburuk. Nomornya bahkan diblokir istri. "Karena komunikasi aku su

Angga Wijaya ditemani kuasa hukumnya kembali menyambangi Pengadilan Agama (PA) Jakarta Selatan, Senin (29/8/2022). Pria 35 tahun itu datang untuk membacakan ikrar talak, setelah rumah tangganya dengan Dewi Perssik diputus resmi bercerai.

Namun sayangnya, dalam momen ini pemilik Goyang Gergaji tak bisa hadir. Sehingga ikrar talak hanya dilakukan Angga Wijaya di depan majelis hakim.

Usia pembacaan ikrar talak, Angga Wijaya mengaku deg-degan. Apalagi ini pertama kalinya ia membacakan pernyataan bahwa rumah tangganya dengan Dewi Perssik benar-benar telah berakhir.

"Deg-degan iya, baru pertama kali," ujar Angga Wijaya di PA Jakarta Selatan.

Angga menjelasakan perasaannya campur aduk jelang pembacaan ikrar talak. Ia pun mengaku tidak bisa tidur lantaran hal ini.

"Aku enggak tidur semalaman," kata Angga Wijaya.


Haru

Tak dipungkiri Angga Wijaya, rasa haru menyelimuti hatinya lantaran rumah tangganya yang sudah lima tahun dibinanya kandas. Apalagi lima tahun bukanlah waktu yang sebentar buatnya.

"Gimana ya, ya enggak munafik ya, haru. Karena, bagaimana pun juga aku hidup sama beliau kan enggak sebentar. Lima tahun lumayanlah," ucap Angga Wijaya.


Kecewa

Angga Wijaya yakin setiap permasalahan dalam hidup manusia sudah digariskan oleh Sang Khalik. Namun tak dipungkiri olehnya rasa kecewa menyelimuti hati dan pikirannya karena perceraiaan ini.

"Kalau kecewa pasti ada ya, enggak mungkin enggak ada. Tapi kembali lagi, saya kan juga enggak mau seperti ini. Kejadian datang dengan sendirinya. Semuanya sudah diatur sepertinya, sudah ada yang mengatur, Allah," tutur Angga Wijaya.

"Kalau misalnya ditanya saya kecewa, ya kecewa, ada rasa kecewa sedikit, sedih ada," ucap Angga Wijaya.


Pernikahan dan Perceraian

Dewi Perssik resmi menikah dengan Angga Wijaya pada 10 September 2017. Di tahun kelima pernikahannya, Angga Wijaya mendaftarkan gugatan cerainya terhadap Dewi Perssik ke PA Jakarta Selatan pada 20 Juni 2022.

Gugatan cerai itu telah diterima dengan nomor No 2442/P.dt.G/2022/PA.JS. Setelah melalui proses persidangan, majelis hakim memutuskan keduanya resmi bercerai pada pada 1 Agustus 2022.

Infografis Kenaikan Tunjangan PNS Jabatan Fungsional hingga Rp 1,7 Juta. (Liputan6.com/Abdillah)