Detik-Detik Brigadir J Ditodong Pistol

Detik-Detik Brigadir J Menunduk dan Memohon di Depan Todongan Pistol Bharada E

Liputan6.com 2022-08-30 16:44:42
Bharada E menodongkan pistol ke arah Brigadir J. Adegan ini terlihat saat rekonstruksi di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo di Duren Tiga, Jakarta Selatan. (Sumber foto: Youtube Polri TV)

Proses rekonstruksi kasus pembunuhan berencana Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat sedang berlangsung di rumah dinas Ferdy Sambo, Kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2022) sore.

Berdasarkan pantauan via akun Youtube Polri TV, terlihat detik-detik Brigadir J dieksekusi di dalam rumah dinas Ferdy Sambo. Dalam rekonstruksi ini memperlihatkan tersangka Bharada E alias Richard Eliezer Pudihang Lumiu menodongkan pistol ke arah Brigadir J.

Momen tersebut terjadi di ruang tengah rumah dinas Ferdy Sambo, tepatnya di dekat meja makan dan tangga menuju lantai dua.

Tampak Brigadir J menunduk dan mengangkat kedua tangannya, seraya memohon ke arah Bharada E agar tidak menembaknya.

Untuk diketahui, sebelum momen ini terjadi, sejumlah adegan telah memperlihatkan bagaimana adanya arahan yang disampaikan oleh Irjen FS alias Ferdy Sambo terjadi di tempat yang sama kepada Bharada E.

Saat arahan itu berlangsung, terpantau Brigadir J yang sedang berada di halaman belakang rumah dinas dipanggil oleh tersangka lain, yakni Kuat Ma'ruf dan Bripka RR alias Ricky Rizal. Mereka memanggil Brigadir J untuk diminta masuk ke ruang tengah.

Namun tak disangka, di ruang tengah sudah berada Bharada E yang siap menghabisi nyawanya atas perintah Ferdy Sambo. Meski begitu, dalam adegan ini, Ferdy Sambo tidak nampak berada di ruang tengah, tempat terjadinya perkara.


Ambil Pistol Usai Bertemu Sambo

Sebelumnya diberitakan, dalam salah satu adegan, tersangka Bharada E alias Richard Eliezer Pudihang Lumiu terlihat mengambil pistol dari dalam dashbord sebuah mobil Innova Hitam. Adegan ini berlangsung di rumah pribadi Ferdy Sambo di Jalan Saguling, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Pantauan Liputan6.com melalui Channel Youtube Polri TV, sebelum adegan mengambil pistol, terlihat Bharada E sempat menemui Irjen FS alias Ferdy Sambo dan Bripka RR alias Ricky Rizal.

Pistol tersebut langsung dimasukkan Bharada E ke dalam sebuah tas hitam. Tas tersebut kemudian diambil dan dibawa keluar dari dalam mobil.

Kuat dugaan, pistol tersebut yang nantinya digunakan Bharada E menembak Brigadir J atau di rumah dinas Ferdy Sambo di Kompleks Perumahan Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan atau hanya berjarak sekitar 300 meter dari rumah pribadinya.

Untuk diketahui, rekonstruksi hari ini memperagakan total 78 reka adegan dari tiga lokasi berbeda. Lokasi pertama yakni di rumah Magelang sebanyak 16 adegan, meliputi peristiwa pada tanggal 4, 7 dan 8 Juli 2022.

Lokasi kedua di rumah pribadi Jalan Saguling sebanyak 35 adegan, meliputi peristiwa pada tanggal 8 Juli dan pascapembunuhan Brigadir J. Lokasi ketiga yakni di rumah dinas Kompleks Polri Duren Tiga sebanyak 27 adegan (peristiwa pembunuhan Brigadir Yosua).

Rekonstruksi juga melibatkan total 5 tersangka antara lain Bharada E alias Richard Eliezer Pudihang Lumiu, Bripka RR alias Ricky Rizal, Kuat Maruf alias KM, Irjen Ferdy Sambo alias FS, dan Putri Candrawathi alias PC.

<p>Infografis Irjen Ferdy Sambo Tersangka Pembunuhan Berencana Brigadir J. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Penampakan Sambo Peluk Istri

Penampakan Ferdy Sambo Peluk Istrinya Putri Chandrawathi saat Rekonstruksi

Liputan6.com 2022-08-30 13:01:33
Saat dilakukannya proses reka adegan, Sambo yang mengenakan baju tahanan tampak memeluk istrinya Putri Chandrawathi yang mengenakan baju putih. Momen tersebut terjadi di salah satu ruangan r

Mantan Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo mengikuti rekonstruksi pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat, Selasa (30/8). Selama proses rekonstruksi pembunuhan Brigadirj Yoshua, terdapat satu momen yang terjadi antara Ferdy Sambo dengan istrinya Putri Chandrawathi.

Saat dilakukannya proses reka adegan, Sambo yang mengenakan baju tahanan tampak memeluk istrinya Putri Chandrawathi yang mengenakan baju putih.

Momen tersebut terjadi di salah satu ruangan rumah milik rumah Sambo. Kala itu Sambo sedang dilakukan komunikasi dengan istrinya

Namun dalam komunikasi tersebut Putri hanya menundukan kepalanya saja tanpa menatap sang suami. Di sisi lain Sambo juga tidak terlalu memperhatikan Putri, dirinya hanya mendengarkan keterangan dari penyidik saja.

Tidak lama kemudian, Sambo tiba - tiba memeluk sang istri dengan eratnya. Namun tidak dikethui apakah adegan pelukan tersebut murni dari sambo atau bagian dari adegan yang dimainkan saja.

Sesuai adegan pelukan yang berlangsung sebentar, Putri langsung meninggalkan sambo dengan wajah murungnya.

Sebagai informasi, rekonstruksi pembunuhan Brigadir J dimulai pukul 10.00 WIB. Rekonstruksi diawali dari peristiwa di Magelang hingga Jakarta.

Rekonstruksi di 3 Lokasi

Rekonstruksi pembunuhan Brigadir J dilakukan di tiga lokasi. Pertama, rumah pribadi Ferdy Sambo di Saguling III, Duren Tiga, Jakarta Selatan. Di lokasi ini Ferdy Sambo merencanakan pembunuhan Brigadir J.

Lokasi kedua yakni di rumah dinas Ferdy Sambo yang terletak di Duren Tiga. Di rumah ini, Brigadir J ditembak hingga tewas. Jarak antara rumah dinas dan pribadi Ferdy Sambo hanya sekitar 300 meter.

Sementara lokasi rekonstruksi ketiga di aula samping rumah pribadi Sambo. Dalam rekonstruksi ini, hadir tim jaksa penuntut umum, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).


Kronologi Kejadian

Penembakan Brigadir JBrigadir J tewas di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, pada 8 Juli 2022. Polisi awalnya menyebutkan Brigadir J tewas akibat baku tembak dengan Bharada E atau Richard Eliezer Pudhiang Lumiu. Belakangan, polisi meralat pernyataan tersebut.

Polisi mengatakan, Brigadir J justru tewas akibat ditembak Bharada E. Penembakan ini atas perintah dari Irjen Ferdy Sambo. Diduga, Irjen Ferdy Sambo juga ikut menembak Brigadir J sebanyak dua kali.

Dalam kasus pembunuhan ini, polisi menetapkan lima orang sebagai tersangka. Mereka adalah Irjen Ferdy Sambo, Bharada E, Brigadir RR atau Ricky Rizal, KM atau Kuat Ma'ruf, dan istri Ferdy Sambo Putri Candrawathi.

Dari lima tersangka, empat di antaranya disangkakan dengan pasal pembunuhan berencana, yakni Pasal 340 subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 dan 56 KUHP. Empat tersangka ini ialah Irjen Ferdy Sambp, Putri Candrawathi, Brigadir RR, dan KM. Sedangkan Bharada E dikenakan Pasal 338 KUHP Juncto pasal 55 dan Pasal 56 KUHP.

Reporter: Rahmat Baihaqi/Merdeka.com

Adegan Brigadir J di Samping Putri Candrawati

Ada Adegan Brigadir J Duduk di Samping Putri Candrawati Saat Tertidur di Kasur

Liputan6.com 2022-08-30 12:04:27
Brigadir J duduk di lantai dan di sampingnya ada istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi yang dalam posisi tidur di kasur (Foto: Tangakpan Layar Rekonstruksi/Nanda Perdana Putra)

Dalam rekonstruksi kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J, ditampilkan adanya reka adegan Brigadir J yang duduk di lantai. Sementara di sampingnya ada istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi yang dalam posisi tidur di kasur.

Situasi tersebut diduga seolah-olah tengah berada dalam sebuah kamar. Setelahnya, dalam adegan 14 tampak Putri Candrawathi tengah melakukan panggilan telepon dalam posisi tidur menggunakan ponsel.

Adegan kemudian beralih ke perbincangan antara tersangka Bripka Ricky Rizal dan Putri Candrawathi. Hingga kemudian ada pula adegan tersangka Ricky Rizal yang menyerahkan senjata laras panjang di luar rumah kepada Bharada Richard Eliezer alias Bharada E.

Berdasarkan reka adegan, tidak hanya peran pengganti Brigadir J saja yang memeragakan duduk di lantai samping kasut Putri Candrawathi, namun juga Bripka Ricky Rizal dan Kuwat Ma'ruf.

Polri menyatakan, rekonstruksi kasus pembunuhan berencana Brigadir J digelar di tiga tempat. Totalnya, ada 78 adegan reka ulang yang akan dilakukan.

"Rekonstruksi hari ini akan meliputi 78 adegan," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di rumah pribadi Ferdy Sambo, di Jalan Saguling III, Duren Tiga Barat, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2022).

Dedi menjelaskan, di rumah di Magelang ada 16 adegan untuk peristiwa pada 4, 7, dan 8 Juli 2022. Kemudian di rumah pribadi Ferdy Sambo di Saguling ada 35 adegan. Meliputi peristiwa tanggal 8 dan pasca pembunuhan Brigadir J.

"Di rumah kompleks dinas Duren Tiga ada 27 adegan terkait peristiwa pembunuhan Brigadir J," kata Dedi.

Dedi meminta semua pihak bersabar mengenai rekonstruksi pembunuhan Brigadir J ini.

"Dan kita akan menyiapkan dua layar untuk bisa diliput teman teman media bagaimana jalannya rekonstruksi di TKP Saguling maupun di TKP di Duren Tiga," tandas Dedi.

Polri menggelar agenda rekonstruksi pembunuhan Brigadir J hari ini, Selasa (30/8/2022). Timsus akan menghadirkan lima tersangka dengan empat di antaranya mengenakan rompi tahanan.

Mereka adalah Ferdy Sambo, Bharada Richard Eliezer alias Bharada E, Bripka Ricky Rizal, dan Kuwat Ma'ruf, yang keempatnya

"Empat tersangka berstatus tahanan akan menggunakan baju tahanan," tutur Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi kepada wartawan, Senin 29 Agustus 2022.

Adapun untuk istri Ferdy Sambo yakni Putri Candrawathi, dia tidak mengenakan rompi lantaran belum berstatus sebagai tahanan.


78 Adegan di Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir J

Polri menyatakan, ada 78 adegan dalam rekonstruksi kasus pembunuhan berencana Brigadir J.

"Rekonstruksi hari ini akan meliputi 78 adegan," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di rumah pribadi Ferdy Sambo, di Jalan Saguling III, Duren Tiga Barat, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa 30 Agustus 2022.

Dedi menjelaskan, di rumah di Magelang setidaknya ada 16 adegan untuk peristiwa pada 4, 7, dan 8 Juli 2022. Kemudian di rumah pribadi Ferdy Sambo di Jalan Saguling ada 35 adegan. Meliput peristiwa tanggal 8 dan pasca pembunuhan Brigadir J.

"Di rumah kompleks dinas Duren Tiga ada 27 adegan terkait peristiwa pembunuhan Brigadir J," kata Dedi.

Dedi meminta semua pihak bersabar mengenai rekonstruksi pembunuhan Brigadir J ini. Polri akan bekerja dengan transparan.

"Dan kita akan menyiapkan dua layar untuk bisa diliput teman teman media bagaimana jalannya rekonstruksi di TKP Saguling maupun di TKP di Duren Tiga," tandas Dedi.

Timsus akan menghadirkan lima tersangka dengan empat di antaranya mengenakan rompi tahanan.

Mereka adalah Ferdy Sambo, Bharada Richard Eliezer alias Bharada E, Bripka Ricky Rizal alias Brigador RR, dan Kuwat Ma'ruf, yang keempatnya

"Empat tersangka berstatus tahanan akan menggunakan baju tahanan," tutur Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi kepada wartawan, Senin 29 Agustus 2022.

Adapun untuk istri Ferdy Sambo yakni Putri Candrawathi, dia tidak mengenakan rompi lantaran belum berstatus sebagai tahanan di kasus pembunuhan Brigadir J.


Kapolri Pastikan Rekonstruksi Berjalan Transparan

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memastikan pelaksanaan rekonstruksi kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J di Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan akan berjalan secara transparan. Adapun Timsus Polri telah menjadwalkan agenda tersebut pada Selasa, 30 Agustus 2022.

"Semuanya transparan tidak ada yang kita tutupi. Kita proses sesuai dengan fakta dan itu janji kita," tutur Kapolri Listyo di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu 28 Agustus 2022.

Listyo enggan merinci terkait mekanisme pelaksanaan rekonstruksi tersebut. Yang pasti, kelima tersangka yakni Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Bharada Richard Eliezer alias Bharada E, Bripka Ricky Rizal, dan Kuwat Ma'ruf akan turut dihadirkan dalam proses rekonstruksi.

"Itu teknis ya itu, biar diserahkan ke penyidik. Yang penting saya doakan kalau kita semua tetap seperti komitmen kita," kata Listyo.

<p>Infografis Ferdy Sambo Dipecat! (Liputan6.com/Triyasni)</p>

Lift Pribadi di Rumah Ferdy Sambo

Mewahnya Rumah Pribadi Ferdy Sambo, Ada Lift hingga Ruang Koleksi Tas

Liputan6.com 2022-08-30 13:34:40
Salah satu lokasi di kediaman Ferdy Sambo yang menjadi lokasi penyimpanan tas mewah Putri Candrawathi. (Istimewa)

Rumah pribadi Irjen Ferdy Sambo di Jalan Saguling, Kompleks Polri Duren Tiga menjadi salah satu lokasi reka adegan kematian Brigadir J atau Brigadir Yoshua Harahap.

Pantauan Liputan6.com via TV Polri, terlihat rumah terdiri dari tiga tingkat. Demi menjangkau tiap tingkatnya, rumah tersebut difasilitasi sebuah lift untuk memudahkan penghuninya naik turun di tiap lantai.

Hal itu terlihat di beberapa adegan rekonstruksi yang menggunakan lift.

Selain itu, terlihat sebuah ruang besar dengan sofa panjang berwarna putih dan tv dengan ukuran besar bermodel home theater.

Tidak hanya itu, saat beranjak ke ruang lainnya, terlihat sebuah lemari galeri yang tampak berisi jajaran koleksi tas yang diyakini milik Putri Candrawathi.

Sebelumnya, Polri menyatakan, rekonstruksi kasus pembunuhan berencana Brigadir J digelar di tiga tempat. Totalnya, ada 78 adegan reka ulang yang akan dilakukan.

"Rekonstruksi hari ini akan meliputi 78 adegan," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di rumah pribadi Ferdy Sambo, di Jalan Saguling III, Duren Tiga Barat, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2022).

Dedi menjelaskan, di rumah di Magelang ada 16 adegan untuk peristiwa pada 4, 7, dan 8 Juli 2022. Kemudian di rumah pribadi Ferdy Sambo di Saguling ada 35 adegan. Meliputi peristiwa tanggal 8 dan pasca pembunuhan Brigadir J.

"Di rumah kompleks dinas Duren Tiga ada 27 adegan terkait peristiwa pembunuhan Brigadir J," kata Dedi.

Dedi meminta semua pihak bersabar mengenai rekonstruksi pembunuhan Brigadir J ini.

"Dan kita akan menyiapkan dua layar untuk bisa diliput teman teman media bagaimana jalannya rekonstruksi di TKP Saguling maupun di TKP di Duren Tiga," tandas Dedi.


Hadirkan 5 Tersangka

Polri menggelar agenda rekonstruksi pembunuhan Brigadir J hari ini, Selasa (30/8/2022). Timsus akan menghadirkan lima tersangka dengan empat di antaranya mengenakan rompi tahanan.

Mereka adalah Ferdy Sambo, Bharada Richard Eliezer alias Bharada E, Bripka Ricky Rizal, dan Kuwat Ma'ruf, yang keempatnya

"Empat tersangka berstatus tahanan akan menggunakan baju tahanan," tutur Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi kepada wartawan, Senin 29 Agustus 2022.

Adapun untuk istri Ferdy Sambo yakni Putri Candrawathi, dia tidak mengenakan rompi lantaran belum berstatus sebagai tahanan.

<p>Infografis Dugaan Peran Putri Candrawathi Istri Ferdy Sambo dalam Kasus Pembunuhan Berencana Brigadir J. (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Taylor Swift Bikin Fans Geger

Taylor Swift Bikin Fans Geger, Umumkan Album Baru di Panggung MTV VMA 2022

Liputan6.com 2022-08-30 14:20:00
Taylor Swift di di MTV VMA 2022. (Evan Agostini/Invision/AP)

Oktober sepertinya akan menjadi bulan yang harus ditunggu oleh para pecinta musik di seluruh dunia. Taylor Swift akan merilis album baru pada 21 Oktober 2022. Pengumuman ini ia sampaikan saat memenangkan nominasi Video of The Year dalam acara MTVVMA 2022 Senin lalu (29/08/2022).

Taylor Swift berhasil memenangkan nominasi Video of The Year dengan videonya "All Too Well" (10 Minute Version) (Taylor's Version) yang dia tulis dan sutradarai sendiri. Dalam nominasi ini, ia berhasil mengalahkan beberapa penyanyi terkenal lainnya seperti Doja Cat "Woman", Drake ft. Future, Young Thug "Way 2 Sexy", Ed Sheeran "Shivers", Harry Styles "As It Was", Lil Nas X ft. Jack Harlow "Industry Baby" dan Olivia Rodrigo "Brutal".

Saat menerima penghargaannya ini, selain ditemani oleh sinematographer dan produser video musiknya, ia juga ditemani oleh Dylan O'Brian. Dalam pidato kemenangannya, Taylor Swift mengucapkan terima kasih kepada Sadie Sink, Dylan O'Brien, dan juga para kru di balik pembuatan video musik "All Too Well" (10 Minute Version) (Taylor's Version) itu. Di saat yang bersamaan dia juga mengapresiasi bahwa pada tahun ini ada 4 sutradara wanita yang dinominasikan.

Setelah itu Taylor Swift pun berterima kasih kepada para penggemarnya. Dia mengaku video musiknya itu tidak akan terwujud bila bukan karena para penggemarnya. "Kami tidak akan mungkin dapat membuat film pendek (video musik) ini bila bukan karena kalian, para penggemar," ucapnya.


Pengumuman Album Baru

Sesaat sebelum menyudahi pidatonya, Taylor Swift mengumumkan bahwa album barunya akan dirilis pada 21 Oktober. "Menurutku ini akan menjadi momen yang menyenangkan untuk memberitahu kalian semua bahwa album terbaru ku akan keluar (dirilis) pada 21 Oktober. Aku akan memberitahu (informasi) lainnya saat tengah malam."

Sesuai janjinya ini, melalui akun-akun media sosialnya, Taylor Swift membeberkan informasi album terbarunya. Album ini akan berjudul Midnights atau yang diartikan sebagai tengah malam. Dia merilis cover album beserta foto dirinya "bergadang" bertuliskan deskripsi dari arti pemilihan judul itu. Judul itu merujuk pada 13 lagu baru yang terdapat pada album ini, yang semuanya ditulis pada tengah malam.


Sepak Terjang Album Taylor Swift

Dengan pemberitahuan ini, Midnights akan menjadi album Taylor Swift kedua belas. Sepanjang kariernya, Taylor Swift telah mengeluarkan album Taylor Swift (2006), Fearless (2008), Speak Now (2010), Red (2012), 1989 (2014), Reputation (2017), Lover (2019), Folklore (2020), Evermore (2020), dan versi re-recording Fearless dan Red (Taylor's Version) yang dirilis pada 2021.

Dari kesebelas album itu, tercatat bahwa Taylor Swift telah berhasil menjual sebanyak 114 juta copy. Dia menjadi satu-satunya artis yang memiliki album dengan penjualan tertinggi selama lima kali, yakni dengan album Fearless, 1989, Reputation, Lover, dan Folklore. Selain itu Taylor Swift juga menjadi penyanyi wanita dengan jumlah posisi pertama mingguan terbanyak di Billboard 200.

Tercatat dia telah menguasai minggu Billboard 200 sebanyak 55 kali.


Grammy Awards

Selain kesuksesan secara komersial, album-album Taylor Swift juga sukses di mata para kritikus. Bahkan dalam penghargaan musik tertinggi di dunia, yakni Grammy Award, Taylor Swift telah mengumpulkan total 42 nominasi sepanjang kariernya. Dari 42 nominasi itu, ia berhasil membawa pulang 11 piala Grammy dengan tiga di antaranya adalah untuk nominasi Album of The Year.

Taylor Swift menjadi satu-satunya penyanyi wanita yang memenangkan nominasi Album of the Year 3 kali, yakni dengan Fearless (2008), 1989 (2014), dan Folklore (2020). Apakah nanti album terbarunya Midnights ini akan kembali membuat Taylor Swift memenangkan nominasi Album of The Year tentu menjadi hal menarik untuk ditunggu.

Infografis Pro dan Kontra RUU Permusikan. (Liputan6.com/Triyasni)

Mengaku Mundur tapi Pakai Gelar Bangsawan

Meghan Markle Mengaku Bahagia Mundur dari Kerajaan Inggris, Publik Tak Terima Gelar Bangsawan Terus Dipakai

Liputan6.com 2022-08-30 11:12:02
Meghan Markle sendiri kini sudah meninggalkan kehidupannya sebagai aktris dan memilih untuk menjadi istri Pangeran Harry. (JANE BARLOW POOL AFP)

Meghan Markle kembali meluncurkan serangan pada anggota Kerajaan Inggris dengan pengakuan terbarunya. Ia mengaku 'bahagia' meninggalkan mereka karena sebelumnya kehilangan kontrol atas akun media sosial kesayangannya.

Perempuan berusia 41 tahun itu mengungkap perasaannya itu dalam wawancara sebagai sampul majalah The Cut yang berbasis di New York. Ia mengklaim bahwa ia dan suaminya, Pangeran Harry, tidak pernah memiliki peluang di Inggris karena mereka 'mengganggu dinamika hirarki.'

Meghan juga mengakui bahwa, mulai dari keputusan mereka mundur dari jajaran anggota senior kerajaan hingga menuntut ayahnya secara hukum, telah menghancurkan hubungan keluarga mereka.

"Harry mengatakan kepada saya, 'Saya kehilangan ayah saya dalam proses ini.' Mereka tidak harus sama (merasakannya), seperti saya merasakannya, tapi itu adalah keputusannya," kata Meghan dalam majalah yang diterbitkan Senin, 29 Agustus 2022, dikutip dari laman Page Six, Selasa (30/8/2022).

Dengan hubungan keluarga yang dikorbankan, Meghan mengatakan pada pewawancaranya, Allison Davis, bahwa ia sangat bersemangat untuk bicara tentang rahasia terbarunya. "Saya telah kembali ... ke Instagram," katanya sembari terus mengeluhkan kehidupan singkatnya sebagai bangsawan yang salah satunya harus mengorbankan eksistensinya di dunia maya.

Meghan saat itu hanya memiliki satu akun media sosial @KensingtonRoyal, yang harus dibagi bersama kakak iparnya, Pangeran William dan Kate Middleton. Ia pun tak memiliki kontrol atas akun tersebut.

"Itu penyesuaian yang besar, sebuah penyesuaian besar dari sesuatu yang otonom menuju kehidupan berbeda," ucapnya seraya mengeluhkan kehilangan tiga juta pengikut yang telah dikumpulkannya selama bertahun-tahun.


Keluhan Meghan

Keluhan Meghan masih bersambung. Menurutnya, alih-alih mengunggah fotonya sendiri, foto-foto itu dibagikan pada para pengamat kerajaan di seluhuh dunia melalui pers. "Ada struktur yang jika ingin merilis foto anak Anda sebagai anggota keluarga, Anda haru terlebih dulu memberikannya pada Royal Rota," ucapnya menanggapi media kerajaan Inggris.

"Mengapa saya harus memberikannya (foto-foto) kepada orang-orang yang memanggil anak-anak saya dengan sebutan N**** sebelum saya membagikannya pada orang-orang yang mencintai anak-anak saya?" sambung Meghan lagi.

Komentarnya itu tidak merinci apakah dia menuduh pers, publik, atau pengurus kerajaan membuat hinaan rasis tersebut. The Cut hanya menekankan bahwa Meghan 'masih bingung' karenanya.

"Beri tahu saya bagaimana itu masuk akal dan kemudian saya akan memainkan permainan itu," katanya.

Meghan juga menyalahkan pengawasan ketat sebagai pemicu benih-benih 'Megxit,' dengan mengatakan hal itu berakar dari rencana untuk menghapus 'kedok kepentingan publik' karena mereka hidup didanai para pembayar pajak. Menurut Meghan, bila mereka meninggalkan negara itu dan menghasilkan uang sendiri, suara sumbang tentang mereka mungkin akan berhenti.

"Semuanya itu terjadi hanya karena kami kecewa dengan dinamika hirarki. Jadi, kami pun berpikir, 'Okay, baik. Ayo keluar dari sini. (Kami) bahagia kok,'" ucapnya.


Jubilee Ratu Elizabeth

Mantan bintang serial Suits itu mengaku awalnya menganggap kariernya di televisi akan memudahkannya menjalani hidup di kerajaan. "Saya adalah seorang aktris," katanya. "Seluruh pekerjaan saya adalah, 'Beri tahu saya di mana harus berdiri. Katakan apa yang harus saya katakan. Katakan pada saya bagaimana mengatakannya. Beri tahu saya apa yang harus saya kenakan, dan saya akan melakukannya.'"

Tapi, ia akhirnya menyadari bahwa itu tak semudah bayangannya. Karena itu, film-film yang menggambarkan kehidupan nyata seperti The Prince and Me pada 2004 yang diperankan oleh aktris Julia Stiles akan sangat membantunya.

"Itu akan menjadi tutorial yang sangat penting sebelum semua ini terjadi," kata Meghan.

Terlepas dari klaim kata N****, Meghan meyakini konflik antara dia dan keluarga kerajaan sebenarnya bukan karena rasisme, tapi semata karena dia orang Amerika. Hubungannya yang masih dingin dengan keluarga kerajaan kembali dirasakan saat kembali ke Inggris pada musim panas tahun ini.

Saat itu, ibu dua anak itu hanya ingin merayakan Platinum Jubilee Ratu Elizabeth II, tapi reaksi mereka 'nyata' dan 'pahit.' "Seharusnya tidak seperti ini," ucap Meghan.


Publik Muak

Setelah keluar dari tugas kerajaan, Meghan mengaku masih menyadari bahwa orang-orang melihatnya sebagai putri. Karena itu, ia mengaku tetap harus berhati-hati, terutama setelah wawancaranya dengan Oprah.

"Saya sadar akan fakta bahwa ada gadis kecil yang saya temui dan mereka seperti, 'Ya Tuhan, ini adalah putri di kehidupan nyata,'" kata Meghan.

Ia menampik pernikahannya dengan Harry adalah salah satu ambisinya yang terwujud. Menurut Meghan, ada hal lebih besar dari sekadar menikah dengan pangeran.

"Saya hanya melihat semuanya dan berpikir, Anda memiliki kekuatan di dalam diri Anda untuk menciptakan kehidupan lebih besar daripada dongeng mana pun yang pernah Anda baca. Saya tidak bermaksud bahwa dalam hal 'Anda bisa menikahi seorang pangeran suatu hari nanti.' Maksud saya, Anda dapat menemukan cinta. Anda dapat menemukan kebahagiaan. Anda bisa menghadapi apa yang terasa seperti rintangan terbesar dan kemudian Anda bisa menemukan kebahagiaan lagi," ucap Meghan.

Namun, tidak semua orang sependapat dengan Meghan. Warganet memprotes tingkah Meghan yang dinilai kontradiktif dengan ucapannya.

"Aku pikir dia ingin kehidupan yang lebih tertutup? Pilih jalanmu Meg," tulis seorang warganet.

"Dia Kardashian yang merasa 'bangsawan tapi bukan bangsawan,'" imbuh yang lain.

"Tidak ada yang melihatnya sebagai seorang putri! Itu semuanya hanya ada di kepalanya," kata warganet berbeda.

Infografis Geger Wawancara Meghan Markle dan Pangeran Harry. (Liputan6.com/Trieyasni)

Syukuran Rumah Baru Seharga Rp 20 M

Verrell Bramasta Syukuran Rumah Baru, Harganya Mencapai Rp 20 Miliar

Liputan6.com 2022-08-30 10:00:00
7 Potret Open House Rumah Baru Verrell Bramasta, Didampingi Natasha Wilona (Sumber: Instagram/bramastavrl)

Verrel Bramasta mengadakan acara syukuran sekaligus open house atas rumah barunya yang telah selesai direnovasi di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (27/8/2022).

Hunian 4 tingkat miliknya ini didesign dengan gaya modern minimalis. Di dalam rumah ini juga dilengkapi dengan lift, ruangan karaoke, ruang games dan studio. Tak tanggung tanggung, Verrell melengkapi rooftopnya dengan ruang billiard.

Total keseluruhan renovasi rumah ini mencapai puluhan miliar, dilansir dari kanal Youtube miliknya, VRL Bramasta.

Awalnya luas tanah kediaman Verrell ini hampir 600 m dan bangunan nya 200 m. Setelah direnovasi bangunan nya menjadi seluas 1200 m. Tidak heran, Lucinta Luna berdecak kagum saat menyambangi kediaman Verrell ini. "Rumahnya gede banget, rumah sultan ini mah, sultan Jagakarsa," ungkapnya dalam kanal Youtube Verrel yakni VRL Bramasta.

Pasalnya rumah ini bukan hunian yang baru dibeli Verrell. Verrell sudah membeli rumah yang ia renovasi ini sejak usianya 19 tahun. Satu tahun yang lalu, yaitu 2021, Verrell berniat untuk menjual rumah yang membuatnya viral di twitter beberapa waktu lalu.

Namun kendati demikian, Verrell merasa rumah ini memiliki nilai sentimentalnya tersendiri. Akhirnya ia memilih untuk merenovasi rumah yang akan ia tempati sekarang ini.


Rangkaian Acara Syukuran dan Open House

Verrell mengadakan syukuran di rumah baru ini dengan mengundang anak yatim piatu, keluarga, dan turut serta diramaikan oleh teman teman artisnya seperti Bryan Domani, Rizky Nazar dan kekasihnya Syifa Hadju, Enrique, Febby Rastanti, Livy Renata, Lucinta Luna, Brisia Jodi dan teman sejawat lainnya.

Momen syukuran atas hunian barunya ini, ia bagikan dalam kanal Youtube miliknya yakni VRL Bramasta.

Pada kesempatan ini, Verrell mengajak teman teman untuk karaoke, house tour, dan merayakan ulang tahun sang adik yakni Athalla Naufal, pasalnya belum lama ini sang adik berulang tahun yang ke 23 tahun.

Menariknya acara ini dihadiri oleh sang mantan kekasih yakni Natasha Willona, Ia mengaku sangat senang atas pencapaian Verrel. "Senang bisa liat Verrell bisa se sukses sekarang bisa bikin semuanya dengan usaha sendiri kerja keras sendiri," ujar Natasha.


Dibanjiri Doa dan Dukungan

Doa dan dukungan teman teman yang hadir, menambah kehangatan acara Open House dan Syukuran di kediaman baru Verrell.

"Semoga kedepannya makin sukses makin berjaya," ujar Lucinta Luna.

"Keren banget ini salah satu pencapaian terbesar, diumur segitu udah punya rumah, sukses dan nyaman di rumah barunya," ujar Brisia Jodie.

"Semoga Verrell ke depannya jauh lebih baik, dan semoga cepat dapat jodoh," pungkas sang oma dalam kanal Youtube sang cucu.


Ucap Rasa Syukur

Verrell bersyukur atas semua pencapaiannya saat ini. Di usianya yang masih 25 tahun, impiannya satu persatu terwujud atas izin Allah, doa dan dukungan orang tua.

"Aku bersyukur banget, Allah baik banget sama aku, dan di detik ini aku harus banyak berbagi dan membantu orang di luar sana," ucap Verrell.

"Harus benar-benar ingat, sholat, sedekah, ingat berbagi sama adik-adik, itu yang akan membuat Verrell selamat dunia akhirat," pungkas sang mama menutup doa dan syukur.

<p>Infografis Wacana Tiket Terusan Taman Nasional Komodo Senilai Rp 3,75 Juta. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Farel Prayoga Dijemput Jet Pribadi

Farel Prayoga Dijemput Jet Pribadi untuk Manggung di Kalimantan

Liputan6.com 2022-08-30 17:11:48
Terekam kamera nampak Farel Prayoga naik pesawat Jet Pribadi untuk memenuhi undangan mangung di Kalimantan. (Istimewa)

Farel Prayoga (12) telah menjelma menjadi penyanyi cilik tenar dan selebritis dadakan. Baru - baru ini beredar video Farel Prayoga menaiki pesawat jet pribadi saat akan manggung.

Dalam video itu penyanyi cilik asal Banyuwangi, tersebut melambaikan tangan. Di atas tangga pesawat, Farel Prayoga ditemani seorang pria mengenakan masker berambut cepak mengenakan sweater.

Sebelum itu, Farel Prayoga terlihat berada di Bandara Banyuwangi yang terletak di Desa/Kecamatan Blimbingsari.

Meskipun telah menjadi penyanyi terkenal, sikap anak - anak desa masih ditunjukkan Farel Prayoga. Putra Siti Mujayanah dan Joko Suyono tersebut terlihat mainan koper.

Seperti umumnya anak - anak desa yang lugu, Farel Prayoga tampak menaiki koper pakaian yang hendak dia bawa terbang naik pesawat jet tersebut.

Farel juga tak memakai sepatu. Ia hanya mengenakan sandal jepit dan celana panjang yang di bagian lututnya robek-robek.

"Mantap," kata Farel di Bandara Internasional Banyuwangi dalam video itu.


Manggung

Saat bertemu dengan Kapolresta Banyuwangi Kombes Deddy Foury Millewa, Minggu 28 Agustus 2022, sempat terungkap jika Farel Prayoga akan manggung di Kalimantan Selatan. Karena itu penyanyi cilik itu tersebut diminta menjaga kesehatan.

"Saat ini Farel sudah menjadi seorang bintang, namun tetap perhatikan dan prioritaskan pendidikan. Karena padatnya jadwal maka bisa memilih home schooling," pesan Kombes Deddy Foury Millewa.

Infografis Cara Cek Tiket & Jadwal Vaksinasi Booster Covid-19 Gratis (Liputan6.com/Abdillah)

Harga Kalung Lisa BLACKPINK Rp1 M

Harga Kalung Lisa BLACKPINK di MTV VMA 2022 Ternyata Tembus Rp1 Miliar Lebih

Liputan6.com 2022-08-30 17:02:35
Lisa Blackpink menang di MTV VMA 2022 sebagai penyanyi solo. [Foto: Charles Sykes/Invision/AP)

Penampilan Lisa BLACKPINK di MTV Video Music Awards 2022 (VMA 2022) menjadi sorotan. Bukan hanya karena meraih penghargaan, tapi juga karena perhiasan yang dikenakannya.

Pasalnya, Lisa tampil memikat dengan menggunakan kalung seharga lebih dari Rp1 miliar. Dalam acara yang berlangsung di Prudential Center, New Jersey, Senin (29/8/2022) pagi waktu Indonesia ini, Lisa berhasil menyabet penghargaan pribadi. Ia sukses memenangkan kategori Best K-Pop lewat album solonya, Lalisa. Hal ini tentu membanggakan tidak hanya baginya namun juga member BLACKPINK lain.

BLACKPINK sendiri berhasil menang di kategori Best Metaverse Perfomance di MTV VMA 2022. Mereka menjadi girlband Korea Selatan pertama yang meraih salah satu piala dari acara bergengsi itu.

Saat menerima penghargaan di acara bergensi itu, Lisa BLACKPINK tampil cantik dengan rambut panjang yang hitam dan baju serba hitam. Sekilas, penampilan serba hitam ini memang tampak biasa bagi Lisa maupun personel BLACKPINK lainnya. Namun yang jadi banyak sorotan adalah harga outfit dan kalung yang dikenakan Lisa.

Dikutip dari akun Instagranm @lisastyle.id dan akun Twitter @LaliceUpdates, Lisa mengenakan outfit rancangan Celine yang dibuat khusus untuk penyanyi asal Thailand tersebut. Lisa sendiri merupakan brand ambassador dari Celine dan Bvlgari.

Celine membuatkan two set outfit yang terdiri dari Sweetheart Strapless Top yang dipadukan dengan celana panjang hitam yang memiliki train hitam di belakangnya. Lisa juga memakai aksesori dari Bvlgari.


Gelang dan Kalung Bvlgari

Lisa mengenakan dua buah gelang dari Bvlgari dari seri yang sama hanya berbeda warna. Untuk gelang emas dari Bvlgari harganya bisa mencapai Rp459 jutaan. Sementara unntuk gelang silver harganya bisa mencapai Rp499 jutaan.

Selain dua buah gelang, Lisa juga mengenakan kalung super mahal dari Bvlgari. Kalung tersebut adalah Serpenti Necklace dengan batu pertama di bagian rantai dan pendant kecil.

Kalung emas rantai panjang ini diperkirakan harganya mencapai Rp1 miliar lebih. Sebagai pelengkap penampilannya, Lisa mengenakan heels dari Celine dari koleksi Sharp Sandals. Heels dengan tali sederhana ini harganya mencapai sekitar Rp10 jutaan.

Busana dominan hitam ini semakin mempercantik penampilannya. Warna yang dipilih senada dengan rambutnya yang kini kembali dicat hitam. Penampilan menawan saat ia menghadiri acara ini pun menuai pujian dari warganet.

Tak sedikit pula yang merasa terkejut dengan harga outfit maupun aksesori yang dikenakan. "Tampiilan Lisa di tiap momen tak pernah meleset, selalu menawan dan cantik," komentar seorang warganet.


Serasi di Karpet Merah

Tak hanya Lisa, penampilan personel BLACKPINK lainnya juga menyita perhatian di MTV VMA 2022. Mereka melangkah di karpet merah acara penganugerahan untuk insan musik itu dengan berbalut busana serba hitam.

Empat personel BLACKPINK menyatukan label fesyen yang masing-masing mereka wakili, yakni Celine, Dior, Chanel, dan Yves Saint Laurent, dalam kesempatan itu. Gaya mereka serasi, dengan tetap ada ciri individual yang ditampilkan.

Mengutip Elle dan Harper's Bazaar, Senin (29/8/2022), Jisoo tampil bak lady lewat gaun maxi klasik bertali spageti keluaran rumah mode Dior. Gaun itu menampilkan bustier renda dan rok hitam di balik kain bermotif bunga berwarna senada. Rambutnya hanya dikuncir simpel dengan menyisakan poni panjang di depan. Wajah Dior itu memadukannya dengan sepatu hak berujung runcing.

Kesan berbeda ditampilkan Jennie lewat busana monokrom berpotongan berani, mengingatkan pada gaya penari perut. Ia mengombinasikan atasan halter crop dengan rok maxi berbentuk V di bagian pinggang. Penampilannya disempurnakan dengan sepatu pump warna senada.

Terakhir, Rose, satu-satunya personel yang mengecat pirang rambutnya, terlihat berkelas dengan gaun hitam mini berlengan panjang, kerah turtleneck, dan detail kerutan di sekitar pinggang. Duta YSL ini juga melengkapi penampilan dengan sepatu pump hitam dan perhiasan dari Tiffany & Co.


Lagu dan Album Baru

Tahun ini menjadi momen pertama BLACKPINK hadir sebagai penampil di ajang MTV VMA. Mereka beraksi sepanggung dengan musisi top lainnya seperti Jack Harlow, Lizzo, Mneskin, Anitta, J Balvin, Marshmello x Khalid, dan Panic! At The Disco.

Mereka tampil membawakan lagu prarilis yang dirilis pada 19 Agustus lalu, "Pink Venom." Tak cuma Blink yang menikmati aksi panggung kuartet ini. Di lokasi penyelenggaraan VMA, Taylor Swift juga begitu menghayati baris lirik yang dinyanyikan.

Hal ini terlihat dalam rekaman kamera yang secara khusus menyorot hadirin. Reaksi sang pelantun "Back to December" menyaksikan penampilan BLACKPINK bahkan jadi viral di Twitter. Dalam sejumlah unggahan yang dibagikan di media sosial, Taylor tampak asyik betul menikmati lagu yang berkumandang.

Selain lagu baru, BLACKPINK kepada Rolling Stone beberapa waktu lalu, sempat membocorkan proses perilisan album baru mereka, Born Pink, yang akan beredar pada 16 September 2022. Jisoo, dikutip dari AllKpop, mengatakan bahwa semua member terlibat aktif dalam pembuatan album tersebut.

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion. (Liputan6.com/Triyasni)

Pengalihan Subsidi BBM Tepat Sasaran?

HEADLINE: Kucuran Tambahan Bansos Rp 24,17 Triliun, Pengalihan Subsidi BBM Tepat Sasaran?

Liputan6.com 2022-08-31 00:00:00
Banner Infografis Kucuran Tambahan Bansos Rp 24,17 Triliun untuk Pengalihan Subsidi BBM. (Liputan6.com/Trieyasni)

Negara-negara di dunia termasuk Indonesia tengah dipusingkan dengan kenaikan harga komoditas, salah satunya minyak mentah. Di Indonesia, kondisi ini membuat anggaran subsidi energi yang harus digelontorkan pemerintah pun membengkak.

Seperti dikatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi), sepanjang tahun ini, pemerintah telah mengalokasikan subsidi dengan jumlah cukup besar untuk BBM, LPG, dan listrik, mencapai sebesar Rp 502 triliun.

Jika hal ini tidak segera teratasi, bahkan bukan tidak mungkin subsidi energi tersebut bisa mencapai di atas Rp 600 triliun, andai kuota Pertalite yang ditetapkan sebanyak 23 ribu KL akhirnya jebol.

Akibatnya, pemerintah kini dihadapkan pada opsi dilematis antara mengambil kebijakan harga BBM naik atau membiarkan anggaran subsidi tetap membengkak.

Di tengah kabar kenaikan harga BBM yang masih belum dipastikan, pemerintah mengumumkan akan adanya gelontoran tiga bantuan sosial atau bansos yang diberikan kepada masyarakat dalam waktu dekat.

Kehadiran bansos ini bertujuan untuk melindungi daya beli masyarakat dari tekanan kenaikan harga global dan juga mengurangi angka kemiskinan di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan langsung Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati usai Rapat Terbatas (Ratas) di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (29/8/2022).

Secara total, pemerintah akan menyalurkan bansos tambahan senilai Rp 24,17 triliun. Tambahan anggaran ini diberikan untuk merespon kenaikan harga-harga yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir.

"Pemerintah akan memberikan bansos tambahan sebagai pengalihan subsidi BBM sebesar Rp 24,17 triliun," kata Sri Mulyani.

Ada 3 jenis tambahan bansos yang akan sebar pemerintah. Pertama, yaitu BLT yang akan diberikan kepada 20,65 juta keluarga penerima manfaat.

Bantuan ini akan dibayarkan 2 kali oleh Kementerian Sosial senilai Rp 300 ribu dimulai minggu ini dan Rp 300 ribu kedua diberikan menjelang Desember. BLT ini akan didistribusikan melalui kantor Pos Indonesia di seluruh Indonesia.

Kedua, bansos berupa BLT subsidi gaji atau biasa dikenal dengan bantuan subsidi upah (BSU) kepada 16 juta pekerja dengan gaji maksimum Rp3,5 juta per bulan.

Masing-masing pekerja akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 600 ribu dan dibayarkan sekali oleh Kementerian Ketenagakerjaan.

"Nanti Ibu Menaker akan segera menerbitkan juknis (petunjuk teknis)-nya sehingga langsung bisa dilakukan pembayaran kepada para pekerja tersebut," kata Sri Mulyani.

Ketiga, Presiden Jokowi juga meminta pemerintah daerah agar menggunakan 2 persen Dana Transfer Umum (DTU) untuk membantu sektor transpotasi seperti angkutan umum, ojek, bahkan nelayan, serta memberikan perlinsos tambahan.

Program bansos tersebut bisa diberikan melalui organisasi angkutan daerah (organda) seperti yang pernah dilakukan beberapa sebelumnya. Bisa juga berupa bantuan langsung tunai (BLT) kepada pengemudi ojek.

Secara keseluruhan, total anggaran yang dialokasikan untuk ketiga bantalan sosial tersebut adalah sebesar Rp 24,17 triliun, terdiri dari Rp 12,4 triliun untuk BLT, Rp 9,6 triliun untuk subsidi upah, dan Rp 2,17 triliun DTU untuk bantuan sektor transportasi dan perlinsos tambahan. Rencananya bansos tersebut akan mulai dieksekusi mulai pekan depan.

"Semoga berbagai bantalan sosial ini akan melindungi daya beli masyarakat dari tekanan kenaikan harga global dan juga mengurangi angka kemiskinan di Indonesia," ungkap Sri.

Seakan melengkapi penyataan Sri Mulyani, Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo, menilai tambahan bansos merupakan kabar baik bagi masyarakat Indonesia. Hal ini menambah optimisme untuk memperkuat perekonomian Indonesia ke depannya.

"Kabar baik baik buat kita semuanya, Menteri Keuangan mengumumkan tambahan atau penguatan bantuan sosial. Jadi alih-alih dikurangi bansos ditambah dan diperkuat. Subsidi Ro 502 triliun tetap diberikan, bansos diperkuat kita tambah Rp 24,17 triliun," kata Yustinus, dikutip dari twitternya @prastow.

Dia menegaskan, hal ini membuktikan wujud pemerintah mendukung melindungi masyarakat tanpa henti."Dan jangan khawatir buat para tukang ojek, para supir, nelayan yang tidak mendapat skema BLT dan BSU, Pemda akan memberi dukungan melalui alokasi transfer daerah sebesar Rp 2,17 triliun," ujarnya.

<p>Infografis Kucuran Tambahan Bansos Rp 24,17 Triliun untuk Pengalihan Subsidi BBM. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Direstui Pengusaha

Gelontoran bansos yang akan disebar pemerintah pun mendapatkan dukungan pengusaha. Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) memandang langkah pemerintah menambah Rp 24,17 triliun penting untuk menjaga daya beli masyarakat. Ini berkaitan dengan rencana kenaikan BBM Subsidi jenis Solar dan Pertalite.

"Ya, ini sangat dibutuhkan, terutama kita lihat kalau pemerintah sekarang sedang evaluasi penarikan subsidi dan lain-lain. Jadi mereka juga mempersiapkan, karena bansos ini sangat dibutuhkan untuk dengan kondisi saat ini, kita harus tingkatkan daya beli, karena kuncinya itu," kata Wakil Ketua Umum Apindo Shinta Widjaya Kamdani saat ditemui di Rakerkonas Apindo.

Saat ini kondisi daya beli masyarakat cukup menarik. Pasalnya, pada kuartal II 2022, terjadi peningkatan aktivitas ekonomi pasca Covid-19.

"Karena post covid sudah mulai tuh kencang tapi kita gak bisa, kita harus hati-hati (menjaga daya beli masyarakat)," ujar dia.

Di sisi yang sama, kebijakan mengenai subsidi BBM yang akan diambil pemerintah perlu juga jadi perhatian. Khususnya dampak turunan seperti inflasi kedepannya.

"Kenaikan bahan pangan yang tinggi ini akan turun kan (consumer spending/daya beli), makanya harus di boost dengan insentif tadi, kalau adanya dengan bansos saya sepakat bahwa itu sangat dibutuhkan," ungkapnya.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani menilai sudah saatnya pemerintah mengevaluasi subsidi yang selama ini dikucurkan untuk BBM. Salah satunya dengan cara melakukan penyesuaian terhadap harga BBM saat ini.

Namun demikian, pemerintah juga perlu memperhatikan dampaknya kepada masyarakat, khususnya kepada daya beli.

Hariyadi memandang masyarakat yang rentan terhadap perubahan hara BBM Subsidi harus diperhatikan. Apalagi, terkait dampaknya terhadap daya beli yang terancam menurun.

"Tapi kalau subsidi itu untuk memang masyarakat yang sebenarnya memang kelompok dia yang mampu yang dia tidak terlalu terpengaruh seharusnya harus dipisah, sehingga pemberian subsidi itu bisa lebih tepat sasaran dan bisa lebih efektif. Itu pertama menurut pandangan kami itu," terangnya.

<p>Infografis 3 Bansos untuk Hadapi Harga BBM Naik. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>


Anggaran Tak Cukup

Ekonom sekaligus Pengamat Pasar Modal dari Universitas Indonesia (UI) Budi Frensidy menyebut, tambahan anggaran bansos senilai Rp 24,17 triliun untuk kompensasi rencana kenaikan harga BBM subsidi tidak cukup melindungi daya beli masyarakat.

Sebab, tingkat kemiskinan di Indonesia masih relatif tinggi akibat dari pandemi Covid-19. Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, tingkat kemiskinan di Indonesia per Maret 2022 mencapai 9,54 persen, atau sekitar 26,16 juta orang.

"Saya fikir angka kemiskinan kita masih tinggi, (berkisar) di angka 10 persen. Bansos Rp 24 triliun kalau memungkinkan harus di tambah," katanya.

Pun, saat ini masyarakat tengah dibebani atas kenaikan harga pangan imbas ketegangan geopolitik dunia. Dalam bahan paparannya, komoditas pangan seperti gandum, kedelai, dan kelapa sawit yang harganya masing-masing sempat naik 200 persen.

Untuk itu, dia menilai tambahan anggaran bansos sebesar Rp 24,17 triliun belum mampu melindungi daya beli masyarakat untuk menjaga tren pemulihan ekonomi nasional

"Jadi, kalau bicara mencukupi dalam (situasi) emergency rasanya susah ya," tandasnya.

Meski demikian Budi mendukung upaya pemerintah untuk mengalihkan subsidi yang selama ini diberikan untuk BBM menjadi subsidi langsung kepada masyarakat yang masuk kategori membutuhkan.

Saat ini, skema subsidi energi yang diberikan pemerintah tidak tepat sasaran, sehingga menimbulkan ketidakadilan. Hal ini tercermin dari pengguna Pertalite yang mayoritas dinikmati oleh kelompok ekonomi mampu.

"Kalau sekarang (subsidi energi) tidak fair, yang menikmati, yang punya mobil. Pokoknya separuh lebih yang membeli Pertalite," ujarnya.

Sebaliknya, subsidi BLT dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh penerima manfaat. Sehingga, dapat menggerakkan perekonomian nasional secara lebih optimal. "Jadi, paling baik langsung ke penerimanya kelompok (ekonomi) bawah," ungkapnya.

Meski begitu, dia menekankan pengawasan terhadap penerima subsidi BLT termasuk menyulitkan. Untuk itu, pemerintah diminta lebih cermat dalam menyalurkan BLT agar tepat sasaran.

"Karena memang secara ekonomi subsidi langsung itu baik," tutupnya.

Batasi Penjualan BBM Subsidi

Pengamat dari Energy Watch, Mamit Setiawan. Dia menilai selama ini subsidi BBM saat ini kontrapoduktif karena justru memperlebar jurang kesenjangan sosial antara masyarakat mampu dan tidak mampu.

Subdisi BBM yang tidak tepat sasaran harus segera diubah agar yang menikmati subsidi adalah mereka yang memang membutuhkan.

Mamit Setiawan menilai harus segera dilakukan reformasi subsidi BBM. Tidak lagi subsidi BBM, tetapi subsidi orang sehingga tepat sasaran dan tidak membebani APBN.

"Data masyarakat kecil sudah ada, tinggal diupgrade data sehingga masyarakat yang butuh akan mendapatkan subsidi, sekarang kan banyak yang menikmati subsidi BBM ada mobil-mobil mewah" jelas Mamit Setiawan.

Mamit Setiawan menilai kebijakan bansos saja belum cukup. Menurutnya, pemerintah juga perlu menugaskan PT Pertamina (Persero) untuk membatasi penjualan BBM subsidi.

Selain itu, ia juga menghimbau agar pemerintah rutin menggelar operasi pasar guna menjaga keterjangkauan harga barang yang pastinya bakal terkena imbas harga BBM naik.

"Pembatasan. Saya kira ini yang bisa dilakukan. Selain itu, jangka panjang untuk menjaga stabilitas ekonomi perlu kiranya pemerintah ke depan mengadakan operasi pasar untuk barang-barang yang tinggi nilai jualnya," tegas Mamit kepada Liputan6.com.

Dia menambahkan, pemerintah dinilainya telah bergerak cepat menyalurkan bansos tanpa harus menaikan harga BBM terlebih dahulu.

"Strategi yang cukup bagus dalam rangka membantu masyarakat terdampak terutama kelompok rentan, yang notabene mereka tidak punya mobil dan motor juga tidak semua (punya)," tandasnya.

<p>Infografis Ragam Tanggapan Kucuran Tambahan Bansos Rp 24,17 Triliun. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>


Tak Ampuh Redam Inflasi

Ekonom Institute for Development of Economic and Finance (Indef) Abra Talattov menilai, putusan pemerintah untuk memberikan bansos Rp 24,17 triliun tidak akan mampu meredam gejolak inflasi.

"Bansos ini dia tidak akan bisa meredam kenaikan tingkat inflasi, tetapi bansos ini bisa membantu mengurangi tekanan yang dihadapi kelompok masyarakat rentan," ujar Abra kepada Liputan6.com.

Namun demikian, ia sepakat bahwa kebijakan penyaluran bansos itu setidaknya bakal menjaga daya konsumsi masyarakat ketika harga BBM subsidi semisal Pertalite dan Solar jadi naik.

"Karena kan ketika inflasi harga bahan pokok naik, harga barang-barang lain naik, mereka pasti pendapatannya tergerus. Oleh karena itu perlu ada bantuan sosial tadi, semata-mata untuk bisa menjaga agar tingkat kemiskinan tidak akan tergerus drastis," ungkapnya.

"Tapi inflasi itu tidak terpengaruh. Bansos itu tidak akan mengurangi tingkat inflasi, hanya melindungi masyarakat supaya tidak terjun bebas ke jurang kemiskinan dan ketimpangan," tegas Abra.

Menurut pandangannya, penebalan uang bansos bagi kelompok menengah bawah saat ini memang diperlukan, di samping melakukan realokasi anggaran untuk menambah subsidi BBM.

"Sehingga dengan adanya penebalan bantuan sosial dan masyarakat yang memang dianggap rentan terhadap dampak inflasi kenaikan harga BBM, daya belinya bisa dijaga, dilindungi," kata dia.

Hal lain yang bisa dilakukan pemerintah, ia menyarankan untuk mengintegrasikan dan mengkonsolidasikan APBN untuk fokus di dalam belanja bantuan sosial.

"Supaya bisa mengurangi risiko meningkatnya tingkat kemiskinan, meningkatnya tingkat ketimpangan akibat dampak jangka pendek kenaikan harga BBM," pungkas Abra.

Buruh Menolak

Sedangkan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menilai besaran subsidi upah yang akan diberikan untuk pekerja dengan upah maksimal Rp 3,5 juta per bulan dinilai tidak tepat.

Sebab, yang akan terdampak jika harga BBM mengalami kenaikan tak hanya pekerja pada golongan tersebut.

Terlebih lagi, pekerja yang bergaji Rp 3,5 juta ke bawah adalah pekerja informal. Kalau ada yang formal itu di pelosok dan bukan daerah industri.

Sementara pekerja di kota industri justru sangat terasa dampaknya, karena upah yang diterima sudah habis buat transportasi, sewa rumah, makan, dan yang lain. Dia tidak mendapat subsidi.

"Oleh karena itu, Partai Buruh dan KSPI mendesak agar upah dinaikkan 10-13 persen tanpa harus ada kenaikan BBM. Hal ini melihat inflasi dan pertumbuhan ekonomi. Itulah yang akan disuarakan oleh Partai Buruh dan organisasi serikat buruh dalam aksi tanggal 6 September di DPR RI dan serentak di seluruh provinsi," tukasnya.


Proses Pencairan

Terlepas dari pro dan kontra, saat ini pemerintah terus mempersiapkan proses dan mekanisme pencairan ketiga jenis bansos tersebut.

Khusus untuk subsidi gaji, Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan Dita Indah Sari mengatakan bahwa saat ini sedang dalam tahap persiapan administrasi dan teknis.

"Kita sedang mempersiapkan administrasi dan teknis penyalurannya (BSU)," kata Dita saat dihubungi Liputan6.com.

"Secepatnya. Mestinya tidak (dalam) waktu lama," ujarnya, saat ditanya terkait waktu yang dibutuhkan untuk penyaluran BSU.

Dita menyampaikan, petunjuk teknis (juknis) untuk BSU masih dalam pembahasan oleh Dirjen PHI-JSK Kemenaker. Hal itu dilakukan untuk menyesuaikan kebutuhan penyaluran Subsidi Upah atau subsidi gaji pada tahun ini.

"Sebenarnya secara prinsip (juknis) ini sama, namun tentunya kita berusaha mencari proses mana yang lebih cepat, juga agar (BSU) ini bisa segera diterima masyarakat," bebernya.

Tak Pangkas Anggaran Subsidi BBM

Meski menggelontorkan hingga Rp 24,17 triliun untuk bansos, Kementerian Keuangan memastikan alokasi dana tersebut tidak akan memotong anggaran untuk subsidi BBM, yang totalnya sudah mencapai Rp 502,4 triliun.

"Kalau anggaran saya pastikan itu (diambil dari) anggaran bansos, bukan anggaran subsidi BBM," kata Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatawarta.

Isa menyampaikan, alokasi dana bansos tersebut merupakan upaya pemerintah untuk menjaga daya beli masyarakat di tengah ketidakpastian ekonomi saat ini.

"Harga-harga sudah naik. Jadi di sinilah perhatian pemerintah membiarkan rakyatnya bertahan sendiri. Pemerintah harus beri support," ungkap dia.

Adapun data penerima bansos Rp 24,17 triliun ini salah satunya didapat dari peserta program keluarga harapan (PKH).

"Para penerima adalah yang ada di PKH per hari ini. Jadi mirip BLT minyak goreng, tapi diberikannya ditambahkan kepada penerima sembako PKH," terang Isa.


Bansos di AS

Tak hanya di Indonesia, Amerika Serikat yang tengah dihadapi kenaikan inflasi juga mengeluarkan dana untuk bansos di berbagai negara bagian.

Dilansir dari laman CBS News, bansos berupa uang tunai ini disalurkan hingga ke 21 negara bagian, untuk membantu mengimbangi inflasi yang masih tinggi.

Bansos ini diharapkan dapat membantu rumah tangga yang menghadapi kenaikan harga pangan, BBM, hingga biaya sewa.

Berikut adalah sederet negara bagian AS yang menyediakan program bansos dalam upaya meringankan beban inflasi :

Alaska

Alaska mengumumkan bulan lalu bahwa warga di negara bagian itu dapat memanfaatkan bantuan uang tunai senilai USD 3.200 per orang, termasuk transfer sebesar USD 650 untuk mengimbangi tingginya biaya BBM.

Dana bansos ini dijadwalkan cair pada 20 September mendatang.

California

Kantor gubernur California mengumumkan pada akhir Juni 2022 bahwa negara bagian itu mempersiapkan USD 9,5 Miliar dalam Pengembalian Pajak untuk membantu mengatasi inflasi.

Anggaran dalam dana bantuan pengembalian pajak ini sebesar USD 1.050 untuk 23 juta warga California dalam menghadapi kenaikan harga.

Colorado

Menurut pengumuman Departemen Pendapatan Colorado, warga negara bagian berusia 18 tahun ke atas sepanjang tahun 2021 akan diberikan tax rebate ( pengembalian pajak) sebesar USD 750 per indidividu dan USD 1.500 untuk pelapor bersama pada 30 September mendatang.

Connecticut

Connecticut menawarkan USD 300.000 hingga USD 350.000 keluarga berpenghasilan rendah dan menengah yang memenuhi syarat untuk satu kali tax rebate.

Program bernama Child Tax Rebate ini menawarkan pemotongan pajak sebesar USD 250 untuk membantu biaya hidup anak dalam keluarga, dan bakal cair pada akhir Agustus 2022.

Delaware

Departemen Keuangan Delaware mengatakan bahwa pihaknya menyediakan dana bantuan sebesar USD 300 selama musim panas ini untuk mengimbangi tingginya harga pangan dan BBM.

Florida

Pejabat Florida mengatakan sekitar 59.000 keluarga yang memenuhi syarat akan mendapatkan dana bantuan sebesar USD 450 untuk setiap anak pada 1 Juli 2022.

Georgia

Georgia mengirimkan pengembalian dana hingga USD 500 ke pembayar pajak yang mengajukan pengembalian mereka pada batas waktu 18 April karena surplus pendapatan negara, menurut departemen pendapatan negara bagian itu.

Hawaii

Di Hawaii, otoritas negara bagian itu mengumumkan akan memberikan dana bantuan pada warganya sebanyak USD 300 pada akhir Agustus 2022, dengan jumlah pengembalian uang berdasarkan pendapatan, status pengajuan pajak, menurut Departemen Perpajakan Hawaii.

Idaho

Masyarakat yang tinggal di Idaho pada tahun 2020 dan 2021 diberikan potongan pajak hingga USD 75 atau 12 persen dari pajak negara bagian 2020 mereka, menurut Komisi Pajak Negara Bagian Idaho.


Di Negara Bagian Lain

Illinois

Rencana bantuan keluarga di negara bagian Illinois termasuk menangguhkan pajak penjualan 1 persen untuk pangan hingga Juni mendatang, secara singkat memotong pajak penjualan untuk belanja kembali ke sekolah dan membekukan pajak bahan bakar motor negara bagian selama enam bulan.

Indiana

Penduduk Indiana yang mengajukan pengembalian pajak 2020 dan 2021 akan mendapatkan total USD 325 melalui setoran langsung atau cek.

Maine

Pelapor pajak tunggal di Maine berpenghasilan dibawah USD 100.000 atau 150.000 diberikan dana bantuan senilai USD 850, menurut badan layanan pendapatan negara bagian itu.

Maryland

Maryland menawarkan dana bantuan hingga USD 2.000 untuk membantu rumah tangga berpenghasilan rendah dengan tagihan air, dengan model first-come, first-served.

Massachusetts

Negara bagian Massachusetts kemungkinan akan mengeluarkan dana sebesar USD 2,5 miliar dalam surplus uang tunai, pengembalian dana yang setara dengan 7 persen dari pembayaran pajak penghasilan negara bagian 2021 mereka.

Minnesota

Sekitar 667.000 pekerja garis depan di negara bagian Minnesota bisa mendapatkan bonus senilai USD 750 dalam beberapa pekan mendatang berkat undang-undang terkait penyisihan USD 500 juta bagi mereka yang tetap bekerja selama pandemi.

New Jersey

Sekitar 800.000 warga lansia yang memenuhi syarat difasilitasi dana bantuan sebesar USD 500 di bawah anggaran New Jersey yang disetujui pada bulan Juni 2022.

Negara bagian ini juga memberikan bantuan kepada 1,1 juta pemilik rumah dan 900.000 penyewa, meskipun rinciannya masih dalam proses.

New Mexico

Di negara bagian New Mexico, pembayar pajak yang berpenghasilan kurang dari USD 75.000 per tahun bisa mendapatkan USD 750 dalam gabungan potongan harga negara bagian untuk membantu mengatasi kenaikan harga gas, pangan dan pengeluaran rumah tangga lainnya.