Dalih Kekerasan Seksual, Pembuktiannya?

HEADLINE: Komnas HAM Kuak Dugaan Brigadir J Lakukan Kekerasan Seksual ke Putri Candrawathi, Pembuktiannya?

Liputan6.com 2022-09-03 00:01:09
Istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi saat menjalani rekonstruksi kasus pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo di Dure

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengungkap temuan baru terkait kasus Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat. Brigadir J diduga melakukan pelecehan seksual terhadap istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, di Magelang.

Temuan itu berdasarkan hasil penyelidikan Komnas HAM yang dipaparkan oleh Komisioner Bidang Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM, Choirul Anam.

Anam menjelaskan, dugaan kekerasan seksual yang dilakukan oleh Brigadir J terhadap Putri Candrawathi terjadi di Magelang pada 7 Juli 2022.

Pakar Psikologi Forensik, Reza Indragiri Amriel, angkat bicara mengenai temuan Komnas HAM ini. Menurutnya Komnas HAM, Komnas Perempuan dan ia punya kesamaan, yakni sama-sama berspekulasi.

"Bedanya, saya berspekulasi bahwa kejadian kekerasan seksual itu tidak ada. Sementara Komnas HAM berspekulasi bahwa peristiwa itu ada. Nah, dari situ saya pertanyakan manfaat Komnas HAM melemparkan ke publik pernyataan atau simpulan bahwa kekerasan terhadap PC itu ada," kata Reza kepada Liputan6.com. Jumat (2/9/2022).

Reza mengatakan, dugaan Komnas HAM itu tidak mungkin ditindaklanjuti sebagai kasus hukum. Sebab, Indonesia tidak mengenal posthumous trial. Mendiang Brigadir J tidak mungkin bisa membela diri atas tuduhan ini.

"Jadi mendiang Brigadir J justru terabadikan dalam stigma belaka, bahwa ia adalah orang yang sudah diduga kuat oleh Komnas HAM sebagai pelaku kekerasan seksual."

Hal yang sama, kata Reza, juga berlaku untuk Putri. Betapa pun Putri mengklaim sebagai korban kekerasan seksual, dan Komnas HAM mengamininya, tetap tidak mungkin dia menerima hak-haknya selaku korban.

"Pasalnya UU mengharuskan adanya vonis bersalah terhadap pelaku agar PC nantinya bisa mendapat restitusi dan kompensasi. Masalahnya, bagaimana mungkin ada vonis kalau persidangannya saja tidak akan ada."

Reza menilai, pernyataan Komnas HAM jelas menguntungkan Putri Candrawathi. Menurutnya, Putri sekarang punya bahan untuk menarik simpati publik.

Putri juga bisa menjadikan pernyataan Komnas HAM sebagai bahan membela diri di persidangan. Termasuk membela diri dengan harapan bebas murni.

"Dari situlah kita bisa takar dalam tragedi Duren Tiga pernyataan atau simpulan Komnas HAM punya implikasi merugikan sekaligus menyedihkan bagi mendiang Brigadir J, namun menguntungkan PC," tambahnya.


Bukan Pro Justitia

Pengacara keluarga Brigadir J, Johnson Panjaitan, mengatakan, laporan dari pihaknya merupakan Pro justitia, sementara Komnas HAM bukan.

Ia juga menegaskan laporan dari Putri Candrawathi terkait pelecehan seksual sudah dihentikan, karena tidak ada tindak pidana.

"Jadi yang jalan sekarang adalah laporan kami 340. Di dalam ini semua yang katanya Scientific Crime Investigation tidak ada pelecehan seksual, bahkan sudah di SP3. Jadi kalau tiba-tiba Komnas HAM yang tidak Pro justitia memunculkan isu, saya ngomongnya isu bukan rekomendasi, pelecehan seksual dasarnya apa?" kata Johnson kepada Liputan6.com, Jumat (2/9/2022).

"Karena yang Pro justitia itu harus jelas dan rinci, dimana TKP nya? Bagaimana caranya? Apakah sudah ada pemeriksaan? Misalnya air liur, keringat, gerakan-gerakan bagaimana? Kok ujuk-ujuk ada pelecehan seksual?"

Menurut Johnson, apa yang dikatakan Komnas HAM itu terlampau menyakiti hati ibu dari almarhum Brigadir J. "Kok Brigadir J yang sudah di kuburan masih saja diadili oleh Komnas HAM yang tanpa ada dasarnya itu."

"PC itu tersangka kasus pembunuhan berencana. Secara hukum dia boleh bohong, dia boleh ingkar dan boleh merubah BAP seperti Bharada E yang dikasih 'Panggung' oleh Komnas HAM, ingatkan? Yang dia bilang jago tembak begini begitu, itu kan ternyata tidak ada."

Johnson meminta Komnas HAM untuk tidak merusak reputasi Brigadir J. Ia menegaskan Komnas HAM hanya bikin rekomendasi, bukan Pro justitia.

"Jangan malah mengadili korban. Komnas HAM didirikan untuk membela korban, bukan polisi. Apalagi membela perempuan yang sudah menjadi tersangka pembunuhan berencana," pungkas Johnson.

<p>Infografis Komnas HAM Kuak Dugaan Brigadir J Lakukan Kekerasan Seksual ke Putri Candrawathi. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>


DPR: Harus Ada Visum Untuk Pembuktian

Anggota Komisi III, Jazilul Fawaid, angkat bicara terkait temuan Komnas HAM soal dugaan adanya kekerasan seksual di Magelang. Menurut dia, kinerja Komnas HAM diuji dalam penanganan kasus Brigadir J.

"Tentu Komnas HAM memiliki bukti-bukti apakah bukti keterangan atau saksi. Justru di sini Komnas HAM diuji, jangan sampai sudah menyampaikan ke publik, tiba-tiba tidak terus laporannya karena kurang bukti," kata Jazilul kepada Liputan6.com. Jumat (2/9/2022).

Politikus PKB itu berharap laporan Komnas HAM tidak tidak asal, ataupun berpihak. "Sekarang justru dibuktikan jangan ngomong sembarangan, apalagi Komnas HAM harus ngomong berdasarkan bukti yang ada," kata dia.

Selain itu, Jazilul menilai Polri perlu menindaklanjuti temuan Komnas HAM yang terbaru, dengan catatan ada bukti yang kuat.

"Komnas HAM melengkapi saja bukti-bukti. Peristiwa di Magelang misalnya dia punya buktinya, sampaikan pada polisi secara lengkap, kalau terjadi tindak pidana misalkan, wajib hukumnya polisi untuk menindaklanjuti untuk menyidik," sambungnya.

Saat ini, Jazilul menilai kinerja Polri sudah tepat dan di jalan yang benar dengan berusaha mengusut tuntas kasus pembunuhan Brigadir J. Namun, ia mengingatkan jangan ada lagi upaya menutup-nutupi kasus.

"Sudah on the track, tapi jangan ada yang tutup-tutupi lagi," kata dia.

Wakil Ketua MPR itu menilai, apabila benar laporan Komnas HAM bahwa Brigadir J melakukan kekerasan seksual pada PC, maka harus ada visum untuk membuktikannya.

"Harus ada (visum), karena kekerasan seksual itu apa sih bentuknya, kita kan engggak tahu. Apakah pemerkosaan? Kalau pemerkosaan, kapan diperkosanya? Disaksikan oleh siapa, terjadi apa di situ? Apakah memar? Mestinya ada visum. Istilahnya ada bukti yang menguatkan, kalau tidak ada, otomatis tidak bisa diproses," pungkasnya.

<p>Infografis Pengakuan Putri Candrawathi kepada Komnas Perempuan. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>


Investigasi Komnas HAM

Komisioner Bidang Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM, Choirul Anam, menjelaskan, dugaan kekerasan seksual yang dilakukan oleh Brigadir J terhadap Putri Candrawathi terjadi di Magelang pada 7 Juli 2022.

Saat itu, Irjen Ferdy Sambo bersama dengan Putri Candrawathi berencana merayakan ulang tahun pernikahan mereka berdua sekitar pukul 00.00 WIB.

"Adanya perayaan hari ulang tahun pernikahan saudara FS dan PC pada tanggal yang sama terdapat dugaan kekerasan seksual yang dilakukan oleh Brigadir J terhadap saudari PC di mana saudara FS pada saat yang sama tidak berada di Magelang," kata Anam di Kantor Komnas HAM, Kamis (1/9/2022).

Lebih lanjut, Anam menerangkan, Kuat Maruf alias KM dan Susi alias S mengancam Brigadir J pascakejadian pelecehan seksual. Mereka berdua juga membantu Putri Candrawathi untuk masuk ke dalam kamar.

"Ancaman ini terkonfirmasi di sini kami mendapatkan informasi yang waktu itu skuat-skuat menjadi si Kuat," ujar dia.


Pelecehan di Magelang, Kenapa Tak Langsung Dilaporkan?

Ketua Komnas Perempuan, Andy Yentriyani, meyakini dugaan peristiwa kekerasan seksual terhadap Putri Candrawathi oleh Brigadir J sesungguhnya terjadi di Magelang pada 7 Juli 2022.

"Kami menemukan bahwa ada petunjuk-petunjuk awal yang perlu ditindaklanjuti oleh pihak penyidik baik dan keterangan P dan FS mengenai peristiwa ini," kata Andy saat jumpa pers di Kantor Komnas HAM Jakarta, Kamis (1/9/20220).

Menurut Andy, berdasarkan temuan timnya, terdapat keengganan dari yang bersangkutan untuk melaporkan kasusnya sedari awal.

Terdapat sejumlah faktor yang mendukung hal itu, seperti rasa malu, menyalahkan diri sendiri, dan takut pada ancaman pelaku, serta dampak yang mungkin mempengaruhi seluruh kehidupannya dalam kasus ini.

"Posisi sebagai istri dari seorang petinggi kepolisian pada usia yang jelang 50 tahun, memiliki anak perempuan maupun laki-laki pada ancaman dan menyalahkan diri sendiri, sehingga merasa lebih baik mati. Ini disampaikan (Putri) berkali-kali," jelas Andy.

Andy menegaskan, Komnas Perempuan pun harus berpikir ulang bahwa relasi kuasa antara atasan dan bawahan saja tidak cukup untuk serta-merta menghilangkan kemungkinan terjadinya kekuasaan.

"Hal itu sangat kompleks dan dapat dipengaruhi oleh konstruksi gender, usia, juga kekuasaan lainnya," dia menutup.

<p>Infografis Kasus Dugaan Pelecehan Seksual Ditutup Bareskrim Polri, Dibuka Lagi Komnas HAM. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

5 Versi Kematian Brigadir J

Kasus Ferdy Sambo, 5 Versi Kematian Brigadir J dari Beragam Sudut

Liputan6.com 2022-09-02 10:41:25
Irjen Ferdy Sambo bersama istrinya, Putri Candrawathi, saat rekonstruksi pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J di rumah dinas Duren Tiga, Jakarta, Selasa (

Mantan Kepala Divisi Propam Polri Irjen Ferdy Sambo terlibat kasus pembunuhan Brigadir J. Kasus ini tidak cukup dengan satu versi kronologi.

Mulai dari penegak hukum, pengacara, hingga warganet turut ambil bagian dalam menyampaikan keyakinan dan pemikirannya.

Sejenak mundur ke belakang, Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J meregang nyawa di kediaman dinas Irjen Ferdy Sambo pada 8 Juli 2022. Kala itu, kematiannya baru diketahui usai pihak keluarganya di Jambi berteriak ke publik melalui media sosial bahwa putranya meninggal secara tidak wajar.

Awak media yang mendengar hal itu langsung mengonfirmasi kepada Divisi Humas Mabes Polri. Melalui Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Ahmad Ramadhan membenarkan tentang kematian Brigadir J. Lewat pembenaran itulah sengkarut yang berjalan hampir dua bulan ini berasal.

Saling silang pendapat terkait kronologis kematian Brigadir J mencuat. Mulai dari versi polisi, pengacara, hingga warganet. Berikut rangkumannya:

1. Versi Dugaan Pelecehan Seksual dan Adu Tembak

Pelecehan seksual adalah versi pertama yang publik dengar. Hal itu langsung disampaikan oleh Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Ahmad Ramadhan selang tiga hari pasca insiden.

Dia mengatakan, jika telah terjadi upaya pelecehan dari Brigadir J terhadap istri dari Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi saat berada di rumah dinas Jalan Duren Tiga Komplek Polri Jakarta Selatan. Kala itu, Brigadir J disebut menodongkan pistol ke kepala Putri sehingga membuatnya berteriak.

Teriakan itu kemudian didengar oleh Bharada RE alias Richard Eliezer. Keduanya lantas terlibat adu tembak dan menyebabkan Brigadir J tewas.

Polisi menyebut, tembakan Bharada RE kepada Brigadir J hanya sebatas tindakan membela diri karena Brigadir J yang lebih dulu menodongkan pistolnya. Kesaksian itu diperkuat oleh pernyataan Kapolres Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto.

Menurut Budhi, kehebatan Bharada RE sebagai instruktur tembak menjadi alasan mengapa tidak ada luka tembak di tubuh Bharada RE dan hanya Brigadir J yang tewas dengan lima peluru bersarang.


2. Versi Pengacara Keluarga Brigadir J

Mengamini kejanggalan kematian sang putra, keluarga Brigadir J akhirnya menunjuk seorang pengacara untuk memperkarakan temuan terkait. Seorang pengacara bernama Kamaruddin Simanjuntak, dipercaya dan membawa hal itu ke pihak Mabes Polri.

Dari keterangan keluarga dan analisisnya, Kamaruddin adalah orang pertama yang menyangsikan versi kepolisian di muka publik. Dia mengklaim, berdasarkan logika akal sehat dan nalar, tidak mungkin ada seorang bawahan berani melakukan tindakan pelecehan terhadap seorang istri atasannya yang berpangkat jenderal bintang dua.

Praduga liar pun berkembang, Kamaruddin meyakini jika ada sebuah rahasia yang diketahui Brigadir J terkait atasannya. Sehingga nyawa menjadi taruhannya.

Dia pun kembali menampik, jika adanya adu tembak menurut versi polisi adalah tidak benar. Sebab, terdapat luka yang diyakini sebagai tindak penyiksaan, selain luka tembak dari foto jasad Brigadir J yang dilihatnya.


3. Versi Mahfud Md Sebut Ada Adegan Orang Dewasa

Menko Polhukam Mahfud Md memantik dengan pernyataan bersayapnya. Menurut dia, telah terjadi adegan yang hanya boleh didengar orang dewasa sebagai motif kematian Brigadir J.

Lewat podcast Deddy Corbuzier, bahkan Menko Mahfud menyebut hal itu sangat menjijikkan.

Namun Mahfud tidak merinci pernyataanya lebih detil seperti apa hal menjijikan yang hanya boleh didengar orang dewasa tersebut.

Lebih lanjut, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini mengamini jika pengaruh Ferdy Sambo sebagai jenderal bintang dua dan eks Kepala Divisi Propam Polri sangat kuat. Oleh karena itu, pria berpangkat Irjen itu diamankan di tempat khusus di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

"Mako Brimob untuk diamankan karena di sana ada tempat khusus yang lebih steril dari pengaruh luar dan tidak sembarang orang masuk ke situ. Banyak yang terlibat di sini dan banyak orang ketakutan merembet ke kasus lain," ucap Mahfud Md.


4. Versi Deolipa Eks Pengacara Bharada RE

Deolipa Yumara sempat menjadi pengacara dari Bharada Richard Eliezer (RE). Walau hanya berlangsung singkat, Deolipa sempat memiliki kesempatan untuk menyampaikan apa yang diketahuinya soal sengkarut kasus ini.

Tanda tanya soal alasan tewasnya Brigadir J diyakininya bukan sebab tindak pelecehan seksual. Menurut dia, pernyataan pengacara keluarga Brigadir J yang menyebut adanya sebuah rahasia yang diketahui tentang Irjen FS menjadi penyebabnya.

Dalam sebuah diskusi di sebuah tv swasta nasional, Deolipa menyebut ada praduga bahwa LGBT dalam sengkarut kasus ini.


5. Versi Netizen

Memiliki ruang bebas beropini membuat pengguna sosial media ikut berkomentar soal kematian Brigadir J. Mereka ikut menyangsikan adanya kronologis adu tembak dan lebih mengamini pernyataan Menko Mahfud Md.

Mereka juga tidak yakin jika Brigadir J tewas hanya dengan luka tembak. Adanya pernyataan Kamaruddin tentang adanya penyiksaan sebelum tewas, menjadi lebih masuk akal.

Belum lagi soal adanya dugaan sebuah hal rahasia yang coba diungkap. Hal itu dinilai lebih masuk akal menjadi alasan kuat kematian Brigadir J ketimbang soal tudingan pelecehan.

Namun rahasia yang dihubungkan warganet berbeda dengan Deolipa. Warganet lebih percaya jika rahasia tersebut adalah sosok polisi cantik dan konsorsium 303.

<p>Infografis Cara Komnas HAM Ungkap Motif Pembunuhan Brigadir J (Liputan6.com/Triyasni)</p>

Cara Ferdy Sambo Cs Halangi Penyelidikan

Cara Ferdy Sambo Cs Halangi Penyelidikan dan Kaburkan Fakta Kasus Kematian Brigadir J

Liputan6.com 2022-09-02 01:28:33
Irjen Ferdy Sambo bersama istrinya, Putri Candrawathi, saat rekonstruksi pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J di rumah dinas Duren Tiga, Jakarta, Selasa (

Pihak-pihak yang terlibat dalam obstruction of justice merancang skenario guna mengaburkan fakta kasus tewasnya Brigadir J. Hal itu disampaikan Komisioner Bidang Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM, Choirul Anam saat memaparkan hasil pemantauan dan penyelidikan.

Anam menerangkan, membuat narasi yang tidak sesuai dengan peristiwa di Kompleks Polri RT 5/RW 1, Duren Tiga Jakarta Selatan.

Adapun, seolah-olah dilatarbelakangi tindakan Brigadir J yang diduga melakukan pelecehan seksual sambil menodongkan senpi ke Putri Chandrawathi serta menembak Bharada E.

"Ini narasi awal yang dimunculkan," kata Anam dalam jumpa pers di Gedung Komnas HAM, Jakarta, Kamis (1/9/2022).

Dalam hal ini, dibuat dua laporan ke Polres Jaksel atas dugaan percobaan pembunuhan ke Bharada E dan dugaan pelecehan seksual terhadap Putri Candrawathi. "Ini yang persisnya di Duren Tiga," ujar dia.

Bahkan, lanjut Anam mereka membuat video guna menyesuaikan dengan skenario. "Jadi video yang beredar dalam konstruksi peristiwa itu tidak lengkap. itu disesuaikan dengan skenario yang dibuat," ujar dia.

Tak hanya itu, mereka mengkonsolidasi saksi. Dalam konteks, ada satu menyeragamkan kesaksian para saksi baik mengenai latar belakang peristiwa, TKP, dan alibi Ferdy Sambo S di TKP.

Selain itu, menginstruksikan saksi ADC untuk mempelajari soal penggunaan kekuatan dalam tindakan kepolisian dan penggunaan senjata. Mereka turut menghapuskan atau menghilangkan sesuatu yang merugikan.

"Jadi ini kesaksian-kesaksian khususnya di awal yang diberikan itu memiliki karakter dan bentuk keseragaman karena ada konsolidasi saksi," ujar dia.


Ubah Lokasi TKP

Di sisi lain, juga mengkonsolidasi TKP, mengubah lokasi TKP, mengubah lokasi terjadinya dugaan pelecehan seksual.

"Jadi seharusnya ini terjadi d Magelang tapi ditaruh di Duren Tiga, rumdin (rumah dinas). Ini bagian mengkonsolidasi TKP," ujar dia,

Di samping itu, adanya pengrusakan atau pengambilan dan atau penghilangan CCTV atau decoder di TKP dan di sekitar TKP.

"Jadi ini untuk mengkonsolidasikan TKP. Makanya CCTV yang berada, yang paling aktual di depan rumah yang di sekuriti baru ditemukan karena memang itu sengaja untuk mengkonsolidasi TKP," ujar dia.

Anam menerangkan, Komnas HAM menemukan adanya tindakan dalam penindakan TKP yang tidak sesuai prosedur.

"Jadi kita memiliki sejumlah bukti salah satunya berupa foto yang memang dlm penanganan TKP itu tidak sesuai prosedur, orang yang tidak punya kewenangan masuk dalam TKP," ujar dia.

Anam mengatakan, pihaknya bahkan menemukan orang-orang yang tidak memiliki otoritas memasuki TKP. "Jadi sebenarnya TKP itu tidak boleh dimasuki orang-orang yang tidak punya otoritas tapi malah di situ dibiarkan," ujar dia.

Terakhir, ada upaya mengkonsolidasi wilayah rumah dinas Kadiv Propam Polri dari kehadiran media. "Ini di awal kami indikasi kan sebagai bentuk konsolidasi TKP," ujar dia.


7 Tersangka Halangi Penyelidikan

Polri menetapkan tujuh polisi sebagai tersangka obstruction of justice kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J. Salah satunya Ferdy Sambo selaku mantan Kadiv Porpam Polri.

"Info terakhir dari penyidik, malam ini tersangka obstruction of justice bertambah menjadi tujuh orang," tutur Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Kamis (1/9/2022).

Adapun para tersangka Obstruction of Justice itu adalah Irjen Ferdy Sambo (FS) selaku mantan Kadiv Propam Polri, Brigjen Pol Hendra Kurniawan (HK) selaku mantan Karopaminal Divisi Propam Polri, dan mantan Kombes Agus Nurpatria (ANP) selaku Kaden A Biropaminal Divisi Propam Polri.

Kemudian AKBP Arif Rahman Arifin (AR) selaku mantan Wakadaen B Biropaminal Divisi Propam Polri, Kompol Baiquni Wibowo (BW) selaku mantan PS Kasubbagriksa Baggaketika Rowabprof Divisi Propam Polri, Kompol Chuk Putranto (CP) selaku mantan PS Kasubbagaudit Baggaketika Rowabprof Divisi Propam Polri, dan AKP Irfan Widyanto (IW) selaku mantan Kasubnit I Subdit III Dittipidum Bareskrim Polri.

"IJP FS, BJP HK, KBP ANP, AKBP AR, KP CP, KP BW, dan AKP IW," kata Dedi.

Sebelumnya, Polri menetapkan enam polisi sebagai tersangka obstruction of justice dalam kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J. Salah satu di antaranya adalah Ferdy sambo selaku mantan Kadiv Propam Polri.

"Baik, pada saat rilis beberapa lalu sudah disampaikan ada enam yaitu saudara FS, BJP HK, KBP ANP, AKBP AR, Kompol BW, Kompol CP. Penyidik saat ini sedang melakukan pemberkasan terhadap keenam orang itu. Terhadap keenam tersangka Obstruction of Justice ini, Div Propam akan segera menyidangkan kode etik terhadap keenam org tersebut," tutur Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto di Komnas HAM, Jakarta Selatan, Kamis (1/9/2022).

<p>Infografis Irjen Ferdy Sambo Tersangka Pembunuhan Berencana Brigadir J. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Klarifikasi soal Anak Ferdy Sambo

Jefri Nichol Klarifikasi soal Menyebut Anak Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi Bikin Keributan di Kelab Malam

Liputan6.com 2022-09-02 10:00:25
Jefri Nichol (Instagram/@jefrinichol)

Putri Candrawathi, istri mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, tidak ditahan meski sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan Borgadir Joshua Hutabarat. Dan pimpinan Komisi III DPR RI juga menyetujuinya.

Hal ini menuai kritik dari banyak kalangan termasuk selebritas Tanah Air, salah satunya Melanie Subono. Melalui akun Instagram terverifikasi miliknya, Kamis (1/9/2022), ia mengunggah sebuah berita terkait Putri Candrawathi.

Tak sedikit yang memberikan komentarnya, termasuk Jefri Nichol. Ia pun langsung menceritakan peristiwa yang diketahuinya.

"Anaknya padahal udah bisa ribut di club malem, baru banget semalem," tulisnya dengan memberikan emotikon tertawa.


Minta Maaf

Namun Jefri Nichol melalui Instagram Story dan akun Twitter meminta maaf. Ia mengakui ada kesalahan dari ucapannya.

"Maaf, ternyata orang random teriak teriak sambo di depan club, bukan anaknya," ungkap bintang film Dear Nathan: Hello Salma.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Tetap Jalani Hukuman

Meski begitu, bintang web series Paradiese Garden ini berharap hukum tetap harus ditegakkan. Mengingat, ia juga pernah menjalani hukuman terkait kasus narkoba yang menjeratnya.

"But still, kalo terbukti bersalah ya hrus jalanin hukuman," sambungnya.


Bagaimana Nasib Balita Dipenjara?

Jefri Nichol merasakan adanya perbedaan perlakuan antara pejabat dengan masyarakat umum. Begitu juga dengan wanita yang menjalani hukuman bersama anaknya yang masih kecil.

"Did my time so kenapa pejabat dikasih treatment yang berbeda dari warga sipil? terus gimana nasib balita balita yang dipenjara sama ibunya?" tanyanya.

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion. (Liputan6.com/Triyasni)

Gaya Putri Diana Inspirasi Gen Z

Selera Fesyen Putri Diana yang Menginspirasi Gaya Generasi Z

Liputan6.com 2022-09-02 13:03:23
Putri Diana biasanya tidak peduli dengan segala omongan tentangnya, tapi lain ceritanya kalau omongan itu berkaitan dengan putra-putranya. (Sumber Pinterest dan LFI/Photoshot)

Meski telah meninggal seperempat abad lalu, pengaruh Putri Diana kepada dunia tetap besar. Selain cerita humanisnya saat berinteraksi dengan masyarakat terpinggirkan, selera fesyennya juga kerap jadi pembahasan, bahkan terus menginspirasi anak-anak muda generasi Z.

Sosok Lady Di seakan terus dihidupkan lewat berbagai medium, dari film Spencer, serial The Crown, hingga film dokumenter HBO Max, The Princess. Hal itu membantu mengenalkan sosok ibu dari Pangeran William dan Pangeran Harry kepada kaum yang lebih muda, seperti milenial dan bahkan Gen Z yang lahir setelah kematiannya pada 1997.

The Crown misalnya, memberi perhatian khusus dalam pembuatan kostum gaun pengantin yang dikenakan aktris Emma Corrin. Amy Roberts sang desainer kostum sampai berkonsultasi langsung dengan David dan Elizabeth Emmanuel, desainer asli gaun pengantin Putri Diana.

Ia lalu mereplikasi gaun pengantin dengan ekor sepanjang 25 kaki. Serial itu menginterpretasi tampilan sang pengantin dengan musik yang tidak menyenangkan dan sorotan media Inggris yang menakutkan hingga mengubah cara memandang publik atas busana Diana hari ini.

Mengutip laman CNN, Kamis, 1 September 2022, jangan lupakan dengan gaun hitam mini yang disebut sebagai revenge dress (gaun balas dendam) yang dikenakan Diana. Gaun rancangan Christina Stambolian itu dikenakan sang putri saat menghadiri acara makan malam di Galeri Serpentine di Taman Bunga Kensington pada 1994, tak lama setelah Pangeran Charles mengakui perselingkuhannya ke publik.

Belum lagi dengan gaun beludru biru yang dikenakan Diana ke Gedung Putih pada 1985. Desainnya disebut tak lekang oleh waktu, bahkan dikreasikan ulang untuk dikenakan oleh menantunya.

Di luar deretan busana formal, gaya streetwear Putri Diana juga memberi inspirasi. Pakaian sporty dan santai ala tahun 80an dan 90an kini kerap ditiru Gen Z. Diana sering difoto dengan mengenakan kaus gombrong, celana sepeda, sepatu kets chunky, kacamata hitam, anting-anting-anting vintage, yang dipadukan tas keluaran rumah mode mewah, saat hendak ke gym atau menghadiri pertandingan polo.


Diikuti Para Seleb

"Kesanku yang paling kuat tentang gayanya adalah bumping di Harbour Club," kenang desainer Inggris Amanda Wakeley dalam retrospektif Vogue Inggris tahun 2020 tentang gaya Diana.

"Dia mengenakan perlengkapan olahraganya dan dia mengenakan salah satu kaus kasmirku dengan manset satin di atasnya. Bagiku itu adalah citra dirinya yang sangat sempurna," sambungnya.

Dalam penyebaran fesyen 2019 yang banyak direferensikan untuk Vogue Paris, Hailey Bieber memberi penghormatan kepada tren topi berlogo, sweater universitas, dan anting-anting mutiara dan emas besar. "Semua pujian dan inspirasi untuk Princess Diana yang luar biasa cantik dan bergaya ikonik, yang telah aku cari untuk inspirasi gaya selama yang aku ingat," tulis Bieber di Instagram bersama pilihan gambar dari pemotretan.

"Terima kasih telah meninggalkan warisanfashion dan gaya yang ikonis," tambahnya.

Di Instagram, tokoh populer seperti Stephanie Yeboah, Melissa Soldera, dan Liv Phyland juga mengikuti tren dengan menciptakan kembali gaya Diana. "Kami menyukai pakaian yang mempromosikan gaya serta kenyamanan," kata Yeboah kepada CNN tentang pakaian olahraga Diana, mencatat bahwa perubahan pada pilihan fesyennya tampaknya mencerminkan rasa percaya dirinya yang semakin besar.

"Pertumbuhan kepercayaan diri yang dicerminkan oleh pakaianmu adalah sesuatu yang sangat aku sukai, menjadi orang berukuran plus dan perlahan-lahan melihat perubahan dalam pakaian saya (sendiri) setelah mendapatkan kepercayaan diri yang saya butuhkan," kata Yeboah dalam sebuah email.


Merambah Media Sosial

Di TikTok, pengguna seperti Taylor Hage telah membagikan tutorial tentang cara membuat ulang pakaian tertentu. Sebuah video terbaru dari Hage berfokus pada pakaian yang banyak direferensikan yang dikenakan oleh Diana ke Guards Polo Club di Windsor pada 1988.

"Kita semua pernah melihat penampilan Princess Diana ini," Hage memberi tahu audiensnya yang terdiri dari 1,6 juta pengikut, sebelum menawarkan interpretasinya - jeans lurus, sweter crewneck netral, blazer ("jika kamu tidak memilikinya, hematlah, pinjam satu dari ayahmu, pinjam satu dari saudara laki-lakimu, pacar, apa pun," katanya, "itu penting") dan sepatu bot Western.

Sementara, pengguna TikTok @simplesmurf membuat "Princess Diana Stan acc" yang mendedikasikan akun itu untuk sang putri. Mayoritas video mengangkat tema vintage lewat serangkaian sweter dan pakaian lain yang dikenakan atau terinspirasi oleh Diana, sambil berbagi hal baru tentang temuan akhir-akhir ini dari toko barang bekas dan penjual pakaian vintage saat mereka mengembangkan koleksi lebih lanjut.

Di tengah tumbuhnya nostalgia untuk fashion dan budaya pop 80-an, sebagian berkat acara seperti "Stranger Things" dan desain klasik dari merek mewah seperti Chanel, tidak mengherankan jika fesyen Diana telah menarik minat baru. Untuk penggemar fashion seperti @simplesmurf TikTok, yang menyebut Princess Diana sebagai "the blueprint", pakaian Princess Diana adalah bentuk sejarah fashion.

"Ikon yang luar biasa," tulis pengguna dalam sebuah unggahan baru-baru ini.

Elemen pakaian Princess Diana juga diserap oleh Tiktokers sebagai estetika "Old Money", yakni gaya aspiratif yang memadukan gaya vintage dan rapi, meniru mereka yang terlahir kaya dan memiliki hak istimewa. Diana bahkan juga dijuluki "Sloane Ranger" terbaik, istilah yang mengacu pada lingkungan Sloane Square London dan stereotip wanita kelas menengah ke atas yang biasanya tinggal di sana.


Inspirasi yang Membekas

Diana semasa hidup dikenal sebagai pendobrak gaya tradisional bangsawan Kerajaan Inggris lewat beragam gaya yang ditampilkannya. Hal tersebut khususnya selama tahun-tahun setelah perceraiannya dari Pangeran Charles, beresonasi dengan kaum muda modis yang ingin menegaskan individualitas mereka.

Berbicara kepada CNN tahun lalu, peneliti fashion Eloise Moran menjelaskan kekuatan "revenge dress" Diana, yang dikenakannya pada hari yang sama saat Pangeran Charles mengakui perselingkuhan. "Aku pikir itu adalah garis yang ditarik di mana dia memegang kendali, dan dia menunjukkan itu kepada semua orang," kata Moran. "Kamu benar-benar dapat membuat orang takut padamu - atau terintimidasi olehmu, atau menghormati kamu, atau apa pun itu - melalui pakaian."

Pakaian lain yang juga menciptakan gelombang dalam beberapa tahun terakhir adalah sweter rajut merah terang berpola domba putih dan hitam, yang dikenakan Diana ke pertandingan polo pada 1980. Diartikan secara luas sebagai pesan halus bahwa dia merasa seperti orang luar - atau "kambing hitam. Sweater itu diberi kehidupan baru ketika merek pakaian Rowing Blazers mendekati desainer aslinya, label Warm & Wonderful, untuk meluncurkan kembali karya tersebut pada 2020.

Pada saat itu, direktur kreatif Rowing Blazers Jack L. Carson mengatakan kepada CNN, bahwa penjualan mereka sangat sukses. Stok sweater yang direncanakan terjual dalam tiga bulan, nyatanya habis dibeli hanya dalam 1,5 jam, setelah item itu menjadi viral secara online. Sejak itu polanya juga muncul di handuk teh, koper, dan rompi. Sweater asli kini menjadi koleksi permanen Museum Victoria & Albert di London.

Infografis Putri Diana (Liputan6.com/Abdillah)

Ingin Roasting Presiden Jokowi

Kiky Saputri Ingin Roasting Presiden Jokowi, Sempat Diundang ke Istana Negara

Liputan6.com 2022-09-02 08:00:00
Kiky Saputri merupakan sosok komika yang ternama di dunia hiburan Tanah Air. Nggak hanya sebagai komedian, ia juga merambah dunia akting dengan terlibat di berbagai film. Kepopulerannya terse

Komika Kiky Saputri dikenal dengan aksi roastingnya selama ini. Tak tanggung-tanggung, Kiky melakukan roasting kepada para pejabat tinggi negara.

Selama Kiky Saputri telah me-roasting sederet Menteri dan tokoh politik Indonesia yang berhasil dibikin tertawa akan materi yang dibawakan. Sederet orang penting itu ialah Anies Baswedan, Erick Thohir, Susi Pudjiastuti, Sandiaga Uno, Hanif Dhakiri, dan masih banyak lagi.

Namun sepertinya Kiky Saputri tak puas hanya sampai disitu. Dirinya masih memiliki satu target orang yang mau ia roasting dalam sebuah acara. Siapakah dia?

"Kalau nggak berani roasting siapa, engga ya berani semua. Mungkin merekanya yang engga berani. Ya yang pengen banget aku roasting RI 1 (Presiden Joko Widodo)," kata Kiky Saputri dalam kanal youtube TS Media, Kamis (1/9/2022).


Undangan

Meski belum terwujud, wanita berusia 28 tahun itu mengaku sudah menerima undangan roasting dari tim Joko Widodo di Istana Negara.

"Beberapa kali sudah diundang. Cuma belum kejadian, entah bentrok atau ganti konsep," ucapnya.


Nggak Jadi

Bahkan, diakui komika kelahiran Garut, Jawa Barat, 20 Oktober 1993 itu, dirinya hampir bisa meroasting Joko Widodo dalam sebuah acara.

"Tapi nggak jadi. Karena disaat jamnya, Pak Jokowi belum hadir karena ada kunjungan kerja. Ya sudah cari materi ulang lagi dalam waktu singkat," jelasnya.


Mewujudkan

Meski belum bisa mewujudkan keinginannya meroasting Joko Widodo, Kiky Saputri tak patah arang. Ia akan terus berusaha menulis materi terbaiknya.

"Semoga suatu saat nanti bisa," pungkasnya.

Luhut Terpukau "Inggrisan"

Luhut Terpukau Melihat Bangunan Bersejarah "Inggrisan" di Banyuwangi

Liputan6.com 2022-09-02 11:00:57
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meninjau gedung inggrisan gedung peninggalan sejarah di Banyuwangi (Istimewa)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, meninjau langsung bangunan bersejarah Kantor Dagang Inggris atau yang lebih dikenal dengan Inggrisan, di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (1/9/2022).

Didampingi Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dan Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Kav Eko Julianto Ramadan, Luhut melihat desain rencana revitalisasi bangunan yang berdiri sejak awal abad ke-17 tersebut. "Wah ini bagus, keren," kata Luhut.

Saat mendampingi Luhut, Ipuk menjelaskan bahwa pemkab berniat untuk merevitalisasi bangunan tersebut sebagai bagian pelestarian cagar budaya. Bahkan, pemkab juga telah menandatangani MoU dengan Kodam V Brawijaya tentang revitalisasi aset milik TNI AD tersebut.

Luhut melihat kondisi bangunan Inggrisan. Luhut meminta nantinya apabila direvitalisasi, tidak mengubah bentuk asli bangunan.

"Nanti jangan mengubah bentuk aslinya. Pohon-pohon yang ada di sini juga jangan ditebang. Untuk prajurit yang masih ada di sini, sudah disiapkan rumah," kata Luhut.

Luhut mengatakan lebih baik gedung Inggrisan dikelola dengan baik agar bisa menghasilkan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat.

"Kalau lokasi ini kemudian direvitalisasi, menjadi destinasi yang keren, tentu bermanfaat bagi ekonomi masyarakat," tambah Luhut.

Gedung Inggrisan sendiri merupakan aset TNI AD. Pemkab Banyuwangi dan Kodam V Brawijaya telah menandangani MoU, pada 2019 lalu, untuk merevitalisasi aset milik TNI AD tersebut dikemas menjadi wisata sejarah.

Desain arsitektur revitalisasi Gedung Inggrisan juga telah jadi merupakan karya dari arsitek ternama yang dikenal piawai dalam memasukkan unsur budaya, Youri Antar.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, dalam konsep revitalisasi sama sekali tidak mengubah bangunan asli. "Sama sekali tidak mengubah bangunan aslinya, karena mengusung konsep heritage dengan lansekap zaman Belanda dulu," kata Ipuk.

Dalam desain revitalisasi tersebut nantinya terdapat gedung serbaguna, hotel, klinik, restoran dan galeri, kolam renang, dan fasilitas pendukung lainnya.


Memiliki Nilai Sejarah Tinggi

Ipuk mengatakan Inggrisan perlu direhabilitasi karena memiliki nilai sejarah yang tinggi. Banyak nilai historis yang bisa digali dari bangunan ini, dan pastinya akan sangat menarik untuk tahu sejarah di balik bangunan tersebut.

"Saat ini mulai banyak orang yang mulai tertarik dengan wisata sejarah. Mengetahui sejarah zaman dahulu ini bagi sebagian orang menjadi daya tarik wisata tersendiri, seperti di Eropa. Inggrisan nantinya dikembangkan jadi wisata sejarah," kata Ipuk.

Selain menjadi Kantor Dagang Inggris, Gedung Ingrisan juga menyimpan jejak sejarah panjang dengan Kota Broome, Australia Barat. Berdasarkan penelitian Dr. Thor Kerr dari Curtin University Perth Australia dan Irfan Wahyudi, PhD dari Universitas Airlangga, kedua kota tersebut pernah terkoneksi pada awal abad 18 dalam satu jalur kabel telegram bawah laut yang dibangun Inggris mulai dari Eropa hingga Australia.

Kabel tersebut ditarik dengan kapal selama 10 hari, dan kantor operatornya ada di Gedung Inggrisan. Bangunan tersebut memiliki kesamaan arsitektur dengan kantor gedung yang menjadi kantor operator di Broome dulu.

Ditambahkan Sekda Banyuwangi, Mujiono, untuk penghuni yang tinggal di Gedung Inggrisan, sudah disiapkan rumah pengganti di Kelurahan Sukowidi. "Sudah disiapkan rumah. Sebagian penghuni juga telah pindah ke sana," kata Mujiono

Infografis Data Pengguna Facebook Indonesia Bocor

Al Ghazali Bicara soal Pacarnya

Al Ghazali Akhirnya Bicara soal Hubungan dengan Alyssa Daguise: Kalau Putus ya Berarti Enggak Jodoh

Liputan6.com 2022-09-02 14:00:16
Potret transformasi si ganteng Al Ghazali, menggemaskan sejak kecil (Foto: Instagram @alghazali7)

Hubungan Al Ghazali dan Alyssa Daguise dikabarkan kandas. Hal ini diperkuat dengan ketidakhadiran Alyssa di perayaan ulang tahun Al ke-25 yang pada Kamis (2/9/2022).

Dalam sebuah kesempatan, Al Ghazali pun ditanya apakah hubungannya dengan Alyssa benar-benar berakhir. Sayangnya, anak sulung Ahmad Dhani ini enggan memberi jawaban gamblang.

Namun menurutnya, putus dalam hubungan asmara adalah hal yang wajar.

"Kalau misalkan putus ya berarti memang enggak jodoh, berarti memang enggak cocok. Jadi ya sudah, tidak ada penyesalan," paparnya dikutip dari YouTube Cumicumi, Jumat (2/9/2022).


Keinginan

Di usia 25 tahun, Al Ghazali memiliki resolusi yang belum terealisasi. Sebenarnya, dia sudah ingin berumah tangga.

"PR nya masih nyari rumah, nyari jodoh, kan targetnya 25 tahun nikah. Paling dua tahun lagi," tutur bintang film Dignitate tersebut.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Kriteria

Dalam kesempatan tersebut, Al Ghazali juga bicara mengenai kriteria perempuan impiannya. Dia menginginkan pendamping hidup yang saleha.

"Yang berbakti sama orangtua, saleha, aku sukanya yang di rumah. Kalau menurutku ketika kita muda, punya anak cepat, terus kita punya bisnis atau perusahaan, nanti kalau pensiun dini kan tinggal anak yang kerjain," paparnya.


Kata Maia

Sebelumnya, ibunda Al, Maia Estianty juga sempat membahas mengenai hubungan asmara putranya. Dia tak menampik bahwa Al Ghazali sedang menjomlo.

"Ya enggak apa-apa. Mungkin belum ketemu jodohnya, atau mungkin jodohnya masih disimpan, kita enggak tahu," ujar Maia Estianty di kanal YouTube Luna Maya belum lama ini.

<p>Infografis Siap-Siap Kenaikan Harga BBM Bersubsidi. (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Syahrini Masih Dilarang Nyanyi

Reino Barack Belum Izinkan Syahrini Kembali Bernyanyi, Kenapa?

Liputan6.com 2022-09-02 13:30:03
Bersama sang suami yang mengenakan kemeja dan short pants putih. Syahrini menunjang penampilannya dengan topi pantai rotan di ataa hijabnuabsan kacamata hitam besar. @princessyahrini

Setelah menikah dengan Reino Barack, Syahrini tak seaktif dulu lagi bekerja di dunia hiburan. Penyanyi berusia 40 tahun ini sibuk mengurus rumah tangganya.

Kendati demikian, wanita berhijab ini menyatakan bahwa dia tidak pensiun atau berhenti dari kariernya di industri hiburan. Pelantun "Semua Karena Cinta" ini hanya menjalani pekerjaan atas seizin suaminya.

"Enggak ada pensiun. Sekarang kan saya sebagai istri, segala sesuatunya harus seizin beliau, seizin suami, kalau hanya sekedar iklan sekarag diizinkan," papar Syahrini dikutip dari YouTube Cumicumi, Jumat (2/9/2022).

"Tapi kalau kembali ke dunia nyanyi belum ada izin sementara ini, mengingat saya kan baru menikah tiga tahun, biarkan saya menjalani pernikahan dulu," imbuhnya.


Menyita Waktu

Syahrini menjelaskan, menjalani pekerjaan sebagai penyanyi cukup menyita banyak waktu. Inilah alasan Reino Barack belum mengizinkannya kembali ke panggung.

"Nyanyi kan saya misalnya ambil job di luar kota, pasti juga sampai tengah malam," tuturnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Iklan

Jadi, untuk sementara waktu Syahrini hanya bekerja untuk iklan yang jam kerjanya cenderung lebih singkat. Kini, prioritas Syahrini bukan lagi pekerjaan, melainkan keluarga.

"Kalau iklan tuh cepat, hari itu sampai sore selesai. Jadi mengingat mempertimbangkan itu, segala sesuatu sekarang enggak bisa sendiri, sekarang sudah ada tanggung jawab keluarga," jelasnya.


Menyapa Fans

Kendati demikian, dia masih rajin menyapa para penggemarnya melalui media sosial.

"Tetap saya selalu menyapa fans, followers di Instagram, tetap bersilaturahmi seperti sekarang di media sosial. Ke depannya masih belum tahu seperti apa," ia mengakhiri.

Infografis transfer Liverpool. (Liputan6.com/Abdillah)

Artis Lea Michele Buta Huruf?

Lea Michele Gemas Bertahun-tahun Diisukan Buta Huruf, Singgung Syuting Glee

Liputan6.com 2022-09-02 10:30:23
Lea Michele. (Richard Shotwell/Invision/AP, File)

Sebuah rumor aneh lekat dengan Lea Michele selama beberapa tahun belakangan ini. Ia digosipkan tak bisa membaca, alias buta huruf. Dilansir dari People, Jumat (2/9/2022), rumor ini beredar luas selama bertahun-tahun dan jadi viral di TikTok.

Tak sedikit video semacam ini mengklaim sejumlah "bukti" untuk mendukung tuduhannya.

Gemas dengan isu yang bertahun-tahun menimpanya ini, Lea Michele langsung mengutarakan unek-uneknya saat diwawancara oleh The New York Times beberapa waktu lalu. Aktris yang sejak kecil tampil di Broadway ini bahkan sampai harus mengingatkan kembali pengalamannya membintangi enam musim Glee.

"Aku pergi (syuting) Glee setiap hari, aku tahu dialogku setiap hari. Lalu ada rumor online yang menyebut aku enggak bisa membaca atau menulis? Itu menyedihkan," kata dia.


Kalau Aku Adalah Pria...

Dengan serius, Lea Michele kemudian membawa topik gender dalam isu ini. "Aku sering berpikir kalau aku adalah seorang pria, ha-hal seperti ini tak akan pernah terjadi," tuturnya.

Ini bukan pertama kalinya Lea Michele menanggapi isu tersebut. Ia sebelumnya pernah bercuit soal ini pada 2018 lalu.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Ngakak

Kala itu, wanita 36 tahun tersebut menanggapi cuitan fans yang mengatakan Lea pasti sedang ngakak mendengar rumor ini.

"Aku suka banget MEMBACA dan ingin MENULIS balasannya kepadamu. Benar-benar ngakak karena semua ini," cuitnya kala itu.


Kontroversi Tukang Bully

Sementara itu, kini Lea Michele kembali berakting lewat pertunjukan Broadway "Funny Girl" setelah dua tahun lalu berkobar kontroversi bahwa dirinya adalah seorang bully alias perundung di lokasi syuting Glee. Dalam wawancara ini---tanpa menyebutkan isu tersebut secara spesifik---Lea mengatakan sudah sangat introspeksi diri. Ia juga mengaku ogah mengumbar prosesnya di media.

"Kini aku sudah lebih dari sekadar siap (untuk kembali ke panggung hiburan) baik secara pribadi maupun profesional," kata dia.

Infografis Hati-Hati 5 Tanda Daya Tahan Tubuh Menurun Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)