Kancing Piyama Lepas Bukti Pelecehan Seksual?

Kancing Piyama Putri Candrawathi yang Terlepas Diduga Jadi Bukti Alami Pelecehan

Liputan6.com 2022-09-05 14:35:09
Banner Infografis Kontroversi Penangguhan Penahanan Putri Candrawathi. (Liputan6.com/Trieyasni)

Dalam rekaman CCTV rumah pribadi Ferdy Sambo, di Jalan Saguling, Jakarta Selatan, terlihat Putri Candrawathi yang memakai piyama usai pulang dari tempat penembakan Brigadir J alias Nofriansyah Yoshua Hutabarat di rumah dinas Komplek Perumahan Polri, Duren Tiga.

Terkait baju piyama tersebut, Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Edwin Partogi Pasaribu mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi bahwa ada dugaan bahwa baju tersebut memang telah disiapkan Istri Mantan Kadiv Propam, ketika hendak berangkat ke lokasi eksekusi Brigadir J.

"Iya (sudah disiapkan-red). Ya begini sajalah, pokoknya kami bahwa itu bagian dari perencanaan. Untuk konstruksi bahwa terjadi kekerasan seksual di Duren Tiga," kata Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi Pasaribu saat dihubungi merdeka.com, Senin (5/9/2022).

Bahkan, Edwin menduga dari apa yang didapat pihaknya jika terekamnya Putri Candrawathi saat pulang ke rumah Saguling dengan piyama berwarna hijau yang terbuka kancingnya, bertujuan memperkuat terjadinya pelecehan sebagaimana rencana Ferdy Sambo.

"Kan termasuk kalau dilihat piyama itu kancingnya ada yang terbuka kan. Iya masuk (ke rumah), untuk memperkuat bahwa PC korban kekerasan seksual dari almarhum J," tuturnya.

Namun demikian, ketika disinggung terkait adanya persiapan baju piyama yang disiapkan Putri ditampilkan ketika rekonstruksi, Edwin menilai jika hak itu tidak digambarkan jelas ketika proses tersebut.

"Saya, tidak memperhatikan itu. Tapi kalau dilihat dari urutan rekonstruksi itu bahkan soal, ibu PC yang kembali lagi ke rumah Saguling dari Duren Tiga itu sepertinya tidak dijadikan alat bukti oleh penyidik," kata Edwin.


Putri Candrawathi Sudah Ketahui Proses Pembunuhan Brigadir J

Sementara untuk proses eksekusi pembunuhan berencana Brigadir J, LPSK menduga jika Putri Candrawathi telah mengetahui semua itu. Usai menceritakan apa yang terjadi di Magelang terkait adanya dugaan asusila yang menimpanya.

"Iya, jadi dia sudah tahu nasibnya J seperti apa. Keberangkatan Duren Tiga dari Saguling itu kan dalam rangka menjalankan rencana," ucap dia.

"Apa yang membuat FS emosi itu informasi keterangan dari mana yang membuat FS Emosi. Siapa yang menyampaikan informasi itu ke FS," tambah dia.

Sekedar informasi jika piyama yang dikenakan Putri sempat terlihat dari rekaman CCTV, dengan raut wajah menangis Putri Candrawathi lantas masuk ke rumah di Jalan Saguling sekitar pukul 17.23 WIB.

Kejadian terekam, setelah insiden penembakan Brigadir J di rumah dinas Komplek Perumahan Polri, di Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Sebelumnya, Polri telah menetapkan istri Irjen Pol Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, sebagai tersangka dalam pembunuhan berencana Brigadir J. Penetapan tersangka seusai penyidik menemukan rekaman CCTV yang sempat dikabarkan hilang.

Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi mengatakan, setidaknya sudah ada 52 orang diperiksa oleh Timsus dalam pembunuhan berencana Brigadir J. Bahkan, polisi berhasil menemukan CCTV yang menjadi kunci penetapan Putri Candrawathi sebagai tersangka.

"Alhamdulillah CCTV yang sangat vital menggambarkan situasi sebelum, sesaat dan setelah kejadian. Kami temukan dengan sejumlah tindakan penyidik dari hasil penyelidikan tersebut. Tadi malam sampai pagi sudah dilakukan sejumlah pemeriksaan tadi disampaikan bahwa ibu PC ditetapkan tersangka," jelas Andi Rian di Mabes Polri, Jumat 19 Agustus 2022.

Putri dijerat dengan Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 juncto Pasal 56 KUHP. Pasal 340 mengatur pidana terkait pembunuhan berencana dengan ancaman pidana hukuman mati, pidana penjara seumur hidup, atau penjara 20 tahun.

Dengan ditetapkan Putri sebagai tersangka, maka total ada lima tersangka pembunuhan Brigadir J. Empat tersangka lainnya, yakni Ferdy Sambo, Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E, Bripka Ricky Rizal atau Bripka RR, dan asisten rumah tangga Sambo Kuwat Maruf.


Komnas HAM Sebut Putri Candrawati Alami Pelecehan dari Brigadir J

Sebelumnya, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) telah menyelesaikan penyelidikannya terhadap kasus pembunuhan Brigadir Yoshua atau Brigadir J. Adapun dalam laporan yang telah di serahkan ke Tim khusus (Timsus) Kepolisian telah memberikan turut dilampirkan rekomendasi.

Rekomendasi tersebut berdasarkan kesimpulan dari temuan dan analisis fakta peristiwa terkait peristiwa pembunuhan Brigadir J yang disampaikan ke Kepolisian selalu Institusi Negara yang memiliki kewenangan penegakan hukum di Indonesia.

Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara menyampaikan semua proses hukum harus pada dasarnya harus ditegakkan. Terlebih dalam pembunuhan tersebut harus merenggang nyawa Brigadir J.

Berikut isi dari rekomendasi Komnas HAM:

a. Meminta kepada Penyidik untuk menindaklanjuti temuan fakta peristiwa oleh Komnas HAM RI dalam proses penegakan hukum dan memastikan proses tersebut berjalan imparsial, bebas intervensi, transparan serta akuntabel berbasis scientific investigation;

b. Menindaklanjuti pemeriksaan dugaan kekerasan seksual terhadap Sdri. PC di Magelang dengan memperhatikan prinsip-prinsip hak asasi manusia dan kondisi kerentanan kerentanan khusus;

c. Memastikan penegakan hukumnya tidak hanya sebatas pelanggaran disiplin atau kode etik, tapi juga dugaan tindak pidana dan tidak hanya terhadap terduga pelakunya saja tapi juga semua pihak yang terlibat baik dalam kapasitas membantu maupun turut serta;

d. Meminta kepada Inspektorat Khusus untuk memeriksa dugaan pelanggaran etik setiap anggota kepolisian yang terlibat dan menjatuhkan sanksi kepada anggota kepolisian yang terbukti melakukan Obstruction Of Justice dalam penanganan dan pengungkapan peristiwa kematian Brigadir J sesuai dengan Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2022 tentang Kode Etik Profesi dan Komisi Kode Etik Kepolisian Negara Republik Indonesia.

* Sanksi Pidana dan Pemecatan kepada semua anggota kepolisian yang terbukti bertanggung jawab, memerintahkan berdasarkan kewenangannya membuat skenario, mengonsolidasikan personel kepolisian dan merusak serta menghilangkan barang bukti terkait peristiwa kematian Brigadir J.

* Sanksi Etik Berat/Kelembagaan kepada semua anggota kepolisian yang terbukti berkontribusi dan mengetahui terjadinya obstruction of justice terkait peristiwa kematian Brigadir J.

* Sanksi Etik Ringan/Kepribadian kepada semua anggota kepolisian yang menjalankan perintah atasan tanpa mengetahui adanya substansi peristiwa dan/atau obstruction of justice.

e. Menguatkan kelembagaan UPPA menjadi direktorat agar dapat menjadi lebih independen dan profesional dalam penanganan pelaporan kasus kekerasan terhadap perempuan, termasuk kekerasan seksual.

f. Mengadopsi praktik baik dalam penanganan pelaporan kasus dugaan kekerasan seksual terhadap Sdri. PC pada kasus lain perempuan berhadapan dengan hukum.

g. Meminta kepada Kapolri sebagai pemegang kekuasaan tertinggi Kepolisian Negara Republik Indonesia melakukan evaluasi menyeluruh terhadap mekanisme penanganan perkara hukum yang melibatkan pejabat utama kepolisian serta membangun standar pelibatan Lembaga pengawas eksternal kepolisian.

h. Melakukan upaya pembinaan terhadap seluruh anggota kepolisian negara Republik Indonesia agar dalam menjalankan kewenangannya untuk tetap patuh pada ketentuan Perundang-undangan yang berlaku serta memegang teguh prinsip-prinsip profesionalitas, transparansi, akuntabilitas, serta memenuhi azas keadilan dan sesuai dengan standar hak asasi manusia sebagai upaya penjaminan peristiwa yang sama tidak berulang kembali.

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

<p>Infografis Komnas HAM Kuak Dugaan Brigadir J Lakukan Kekerasan Seksual ke Putri Candrawathi. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

"Ngecek Venue Buat Prewed"

Nonton Bola di Solo Bareng Erina Gudono, Kaesang Pangarep Singgung soal Foto Prewedding

Liputan6.com 2022-09-05 13:15:38
Kaesang Pangarep. (Foto: Dok. Instagram @kaesangp)

Hubungan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono semakin dekat. Mereka kerap terlihat datang bersama di sejumlah acara belakangan ini.

Kaesang dan Erina pun terlihat tak canggung lagi menghadapi sorotan kamera. Yang terbaru, putra bungsu Presiden Jokowi ini terlihat mengajak kekasihnya menonton pertandingan derby Jateng Liga 1, antara Persis Solo dan PSIS Semarang di Stadion Manahan Solo, pada Sabtu, 3 September 2022.

Pertandingan sepak bola antara Persis Solo dan PSIS Semarang digelar sekitar pukul 16.00 WIB. Laga yang berlangsung panas itu berakhir sekitar pukul 18.00 WIB dengan skor 0-0.

Saat itu, Erina Gudono menonton di tribun VVIP dengan memakai jersey Persis Solo merah dengan nomor punggung 11 bertuliskan "Kaesang". Sementara Kaesang mengenakan kaus putih polos.

Usai pertandingan, adik Gibran Rakabuming Raka itu sempat melayani pertanyaan wartawan. Sementara Kaesang meminta Erina untuk masuk terlebih dahulu ke dalam mobil.

Saat ditanya mengenai hasil pertandingan yang berakhir imbang 0-0, Kaesang justru mengaku hanya ingin melihat Stadion Manahan Solo. Dia juga mengatakan melihat stadion untuk mengecek lokasi foto prewedding.

"Ngecek venue buat prewed," kata Kaesang seperti dilansir dari kanal YouTube 'berita surakarta' pada Minggu, 4 September 2022. Namun saat ditanya kapan akan digelar pemotretan prewedding Kaesang justru tampak tersipu malu. Ia tidak mau berbicara banyak terkait rencana pemotretan tersebut. "Nanti saja, nanti salah ngomong aku," jawabnya.


Soal Lamaran

Sebelumnya, momen kebersamaan Kaesang dan Erina sempat dibagikan Kahiyang Ayu di media sosial Instagram. Kahiyang juga menuliskan caption yang dianggap netizen sebagai kode bahwa Kaesang sudah melamar Erina.

"One step closer @kaesangp @erinagudono," tulis Kahiyang, beberapa hari lalu. Namun, saat disinggung soal lamaran tersebut, Kaesang membantahnya. Cincin yang melingkar di jari Erina pun diakui Kaesang hanyalah cincin biasa. "Ora ana (tidak ada) itu cincin biasa, nggak ada yang tunangan," ujarnya.

Saat ditanya kembali apakah akan melangsungkan pernikahan pada tahun ini bersama sang kekasih, Kaesang tidak terang-terangan menjawab. Meski begitu, ia meminta doa pada awak media terkait hubungannya dengan Erina. "Doakan saja," pungkas Kaesang seraya masuk ke dalam mobil.

Bukti kedekatan Kaesang dan Erina juga terlihat jelas saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT ke-77 RI) di halaman Istana Merdeka Jakarta, Rabu, 17 Agustus 2022. Saat itu, Kaesang mencuri perhatian karena terlihat duduk bersama dengan Erina Gudono. Keduanya tampak tersorot kamera saat santai bercengkrama dengan wajah gembira.


Pakai Baju Adat

Foto-foto keduanya banyak beredar di media sosial, salah satunya di akun Instagram @artis.indo_hits. Dalam momen spesial kali ini, Kaesang dan Erina tampil serasi mengenakan baju adat Sumatera Barat dengan warna senada, yaitu merah muda.

Kaesang memakai atasan dengan hiasan berupa payet berwarna emas di bagian leher dan pergelangan tangannya. Ia juga tampak mengenakan saluak dan kacamata hitam.

Sedangkan Erina, yang juga merupakan Putri Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 2022 ini tampak cantik mengenakan baju kurung dan songket. Ia juga mengenakan hiasan kepala emas yang memikat.

Menariknya lagi, hubungan Kaesang dan Erina pertama kali diketahui publik setelah video keduanya menonton pertandingan Persis Solo beredar di media sosial. Kaesang waktu itu kedapatan sedang berjalan akrab dengan seorang wanita usai menonton pertandingan sepak bola Persis Solo vs PSS Sleman pada 11 Juni 2022.

Mengejutkannya, wanita muda yang sedang bersama Kaesang tersebut bukanlah Nadya Arifta yang sebelumnya diketahui menjalin hubungan asmara setelah Kaesang putus dari Felicia Tissue. Dalam video singkat yang viral di media sosial termasuk TikTok, Kaesang tampak sedang merangkul wanita berambut panjang yang sedang mengenakan masker itu. Dari situ, warganet meyakini sosok wanita tersebut adalah Erina Gudono.


Ultah Anak Kahiyang

Tak lama setelah itu, Kaesang dan Erina mulai sering terlihat di beberapa acara. Keduanya hadir dalam sebuah acara pernikahan yang diabadikan pemilik akun TikTok @luckypanjiasmoro pada 4 Juli 2022.

Kaesang dan Erina tampak mesra saat hadir di acara pernikahan tersebut. Kemesraan itu diperlihatkan melalui gestur keduanya yang selalu bergandengan tangan saat melangkah.

Keduanya juga menghadiri acara ulang tahun keponakan Kaesang, Panembahan Al Nahyan, putra Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution pada 3 Agustus kemarin. Usai merayakan ulang tahun ke-4 Sedah Mirah pada 1 Agustus 2022, dua hari kemudian mereka bersuka cita merayakan ulang tahun ke-2 Panembahan. Walaupun tidak dihadiri ayah dan ibu Kahiyang, Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi, acara tetap berlangsung meriah meski terkesan sederhana.

Erina diajak bertandang ke Medan. Kaesang dan Erina diketahui sudah mulai terang-terangan menunjukkan hubungan asmara keduanya sejak pertengahan tahun ini. Dalam foto keluarga, terlihat kehadiran Erina yang ikut menghadiri acara ulang tahun keponakan pacarnya tersebut.

Infografis Rahasia Sukses Memulai Hubungan Baru. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

Putus Usai Sholat Istikharah

Al Ghazali Putus Cinta dari Alyssa Daguise Setelah Sholat Istikharah: Akhirnya Pisah, Berarti Itu yang Terbaik

Liputan6.com 2022-09-04 20:00:00
"Wah doain aja. Doain aja, kalau tanggal kapannya urusan yang di Atas. Kata siapa itu? Enggak engga. Pokoknya clue-nya nunggu Alyssa selesai sekolah aja," ungkap Al Ghazali. (Instagram/algh

Maia Estianty menyebut bahwa Al Ghazali sudah mempersiapkan sesuatu yang besar bersama dengan Alyssa Daguise.

Putra pertama Maia Estianty dari pernikahan bersama Ahmad Dhani ini berencana untuk mengikat hubungan asmara dengan Alyssa Daguise melalui prosesi tunangan atau lamaran.

"Aku kasih tahu bocorannya ya guys ya, sebenarnya Al Ghazali sudah mempersiapkan sesuatu yang besar dengan mantannya, karena hendak benar-benar serius," beber Maia Estianty melalui tayangan YouTube Maia Aleldul TV pada Sabtu (3/9/2022).

Al Ghazali diminta melakukan sholat istikharah untuk memuluskan rencana besarnya terhadap Alyssa Daguise. "Tapi akhirnya karena ini udah mau melangkah ke jenjang yang serius, maka disuruh salat istikharah," Maia Estianty menambahkan.


Dapat Jawaban

Setelah meminta petunjuk, Al Ghazali mengaku mendapat jawaban terbaik. Yaitu untuk berpisah dengan Alyssa Daguise.

"Ada jawaban lah dari Allah, akhirnya pisah. Berarti yang terbaik, ya itu udah jalannya lah, karena di dunia ini sudah ditulis semua, ya kita tinggal jalani aja. Aku pasrah aja sih, udah ikhlas," aku Al Ghazali kepada Maia Estianty.


Ultah ke-25

Sebelumnya, Al Ghazali baru saja berulang tahun yang ke-25. Namun di hari ulang tahunnya itu, Al Ghazali tak lagi didampingi oleh Alyssa Daguise yang selama beberapa tahun terakhir menjadi kekasihnya.

Ya, Al Ghazali diketahui sudah mengakhiri hubungannya dengan Alyssa Daguise. Putusnya Al Ghazali ini membuatnya harus rela menunda harapannya untuk bisa membina rumah tangga di usia 25 tahun.


Batal Menikah Muda

"Gimana ulang tahun, 25 tahun? Apa yang jadi harapan?" tanya Maia Estianty kepada sang putra.

"Yang jadi harapan dan belum tercapai, rumah, nikah. Kan tadinya 25 targetnya. Tapi kayaknya mundur," jawab Al Ghazali.

Infografis Iuran BPJS Kesehatan Peserta Mandiri Batal Naik. (Liputan6.com/Abdillah)

Bonge Jadi Model Beneran

Naik Kelas, Bonge Jadi Model di Jakarta Fashion and Food Festival 2022: Di Sini Enak Nggak Diomelin

Liputan6.com 2022-09-05 14:00:14
Bonge tampil di Jakarta Fashion & Food Festival 2022 (foto: instagram jfff_info)

Bonge, salah satu ikon Citayam Fashion Week, kini sudah menjelma menjadi model sungguhan. Dari yang hanya jadi model jalanan, kini ia mencicipi bagaimana melenggang di runway bersama model-model top Indonesia.

Ya, Bonge menjadi salah satu model untuk busana 3Second kolaborasi dengan Dana Maulana atau yang biasa dikenal sebaga Danjyo Hiyoji, untuk memamerkan hasil karyanya di acara Jakarta Fashion & Food Festival 2022 (JF3) yang diselenggarakan pada Minggu (4/9/2022) di La Piazza, Kelapa Gading.

Tentunya, ini menjadi kesempatan yang luar biasa bagi Bonge. Apalagi, ia bersanding bersama artis-artis papan atas seperti Al Ghazali, Keanu AGL, dan Erika Carlina dan lain-lain.

"Bangga banget. Seneng lah ketemu orang-orang yang udah jadi artis. Ya ada sih (bedanya) kalau di sini enggak diomelin kalau di sono (Dukuh Atas) diomelin, kan itu zebra cross," kata Bonge menceritakan perasaannya usai tampil di JF3 2022.


Sempat Ragu

Aksi Bonge berhasil mencuri perhatian penonton yang langsung bertepuk tangan riuh saat ia memasuki runway. Padahal, Bonge mengaku ia hanya berlatih sehari sebelumnya.

"Latihan sehari doang, sempet ragu karena malu kan bareng sama artis-artis," kata Bonge lagi.


Fasilitasi

Sementara itu, pemilihan Bonge sebagai salah satu model itu dilakukan 3Second untuk menunjukkan bahwa semua orang berhak dan bisa mendapatkan kesempatan yang sama.

"Untuk Bonge akan kita hadirkan di sini, ya kita pengen berikan fasilitasi untuk di runway seperti apa, semuanya bisa mau itu Citayam atau apapun bisa kita kasih wadah di sana, dari Citayam ke JF3," kata Henry Sase selaku marketing manager 3Second.


Tema

Sementara Dana Maulana mengungkapkan bahwa kolaborasinya dengan 3Second mengangkat tema 'Jalan-Jalan'. mengingat, Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki begitu banyak destinasi wisata.

"Ada kolaborasi 3Second dan Danjyo Hiyoji, ini temanya jalan-jalan dengan inspirasi bahwa Indonesia itu daerah yang luas ada pantai, kota dan gunung. Kita mau support style orang-orang setelah pandemi untuk liburan," kata Dana Maulana dalam kesempatan yang sama.

<p>Infografis Journal: Fakta Fenomena Remaja Citayam di Fashion Week Sudirman (Trie Yasni/Liputan6.com)</p>

Kesulitan Nyanyi Lagu Keisya Levronka

Krisdayanti Akui Sulitnya Nyanyikan Lagu Tak Ingin Usai Milik Keisya Levronka

Liputan6.com 2022-09-05 17:30:00
Krisdayanti. (Foto: Instagram @krisdayantilemos)

Beberapa waktu lalu, Keisya Levronka menjadi bulan-bulanan warganet di media sosial. Gara-garanya adalah Keisya yang kedapatan tak mampu menyanyikan lagunya sendiri berjudul "Tak Ingin Usai".

Dalam beberapa kesempatan, penyanyi jebolan Indonesian Idol itu tampak kesulitan dan tak bisa mencapai nada tinggi di salah satu part lagu. Lagu tersebut sepertinya memang tak mudah untuk dibawakan secara live.

Bahkan salah satu Diva Indonesia yaitu Krisdayanti juga mengakui bahwa lagu tersebut memang agak sulit. Krisdayanti membuktikannya sendiri saat dalam sebuah kesempatan ia berkaraoke menyanyikan lagu "Tak Ingin Usai".

Dalam video yang beredar di media sosial, Krisdayanti tampak sedikit ragu saat masuk ke bagian lirik "menanti kau tuk kembali".


Sempat Ragu

Meski begitu, nyatanya Krisdayanti tetap bisa mencapai nada tinggi tersebut.

"Segitu ya (nadanya)?" tanya Krisdayanti kepada beberapa orang yang hadir.


Puji Keisya Levronka

Di sela-sela menyanyikan lagu tersebut, Krisdayanti menyampaikan pujian kepada Keisya yang berkali-kali berusaha menyanyikan lagu "Tak Ingin Usai" dengan sempurna.

"Aduh maaf Keisya, tante juga terengah-engah, aduh, hebat kamu," kata Krisdayanti lagi.


Respons Warganet

Di kolom komentar, banyak warganet yang tetap memberikan pujian kepada Krisdayanti. Dari situ, tidak sedikit pula yang kemudian juga memberikan dukungan kepada Keisya Levronka si pemilik lagu.

"Terengah engah aja enggak fales, mimi mmg hebat...," tulis @me_mey28.

"Dia patut dicontoh..ga nyinyir ga sombong.. menghargai keisha," timpal @ranjanni420.

"Mimi aja yang diva memaklumi kesulitan nada nya, lah netizen yang ga tau kualitas suaranya kek gimana meni masya allah komentar nya," tambah @vhiacimiw.

Infografis: 14 Layanan Publik Komersial Yang Wajib Bayar Royalti Lagu (Liputan6.com / Abdillah)

Obama Menang Emmy Awards

Barack Obama Jadi Presiden AS Kedua Menang Emmy Awards

Liputan6.com 2022-09-05 14:57:57
Barack Obama memenangkan Emmy karena menjadi narator dokumenter Netflix. (Twitter/Netflix)

Pada acara Creative Arts Emmy Awards yang digelar Sabtu 3 September 2022, mantan presiden AS Barack Obama dan mendiang aktor Chadwick Boseman meraih kemenangan penting.

Barack Obama memenangkan penghargaan the outstanding narrator Emmy Award dalam film dokumenter Netflix, "Our Great National Parks."

Higher Ground, perusahaan produksi Barack dan Michelle Obama, membuat dokumen lima bagian tentang taman nasional dan satwa liar di seluruh dunia.

Obama adalah presiden AS kedua yang memenangkan Emmy. Sebelumnya, Dwight Eisenhower dianugerahi honorary Governors Award by the Television Academy saat dia masih menjabat pada tahun 1956.

Obama sekarang setengah jalan untuk menjadi pemenang EGOT, seseorang yang telah menerima Emmy, Grammy, Oscar dan Tony Awards. Pencapaian tersebut baru bisa diraih oleh 17 orang, termasuk Rita Moreno dan John Legend. Mantan presiden sebelumnya telah memenangkan dua Grammy untuk versi audio dari memoarnya.

Juga pada hari Sabtu, mendiang aktor Chadwick Boseman diberikan penghargaan Emmy anumerta.

Boseman memenangkan kategori pengisi suara karakter untuk perannya dalam serial animasi Disney+ "What If...?" sebagai Marvel's Star-Lord T'Challa. Bintang "Black Panther" itu meninggal pada 2020 di usia 43 tahun karena kanker.


Pernah Raih Penghargaan Nobel

Presiden Amerika Serikat Barack Obama sebelumnya pernah meraih Nobel Perdamaian.

Nobel tersebut diraih pria kelahiran 4 Agustus 1961 karena telah memberikan dunia "harapan untuk masa depan yang lebih baik" dan perjuangannya melucuti senjata nuklir. Tentu saja, keputusan memberikan penghargaan tersebut untuk seorang presiden yang kurang dari sembilan bulan masa jabatannya dan belum mencetak keberhasilan besar dalam kebijakan luar negeri, menjadi kejutan besar.

Komite Nobel Norwegia memuji pria lulusan hukum Harvard ini untuk upayanya yang luar biasa dalam memperkuat diplomasi internasional dan kerja sama antar bangsa. Presiden pertama Afrika-Amerika itu telah menyerukan perlucutan senjata dan bekerja untuk memulai kembali terhentinya proses perdamaian Timur Tengah sejak menjabat pada Januari silam.

"Sangat jarang memiliki orang yang sama seperti Obama yang berhasil menangkap perhatian dunia dan memberikan rakyatnya harapan untuk masa depan yang lebih baik," ujar komite tersebut.

Dalam pidatonya di Prague, Republik Ceko pada April lalu, Obama menyatakan: "Jadi hari ini, saya menyatakan dengan jelas dan dengan keyakinan serta komitmen Amerika untuk mencari kedamaian dan keamanan dunia tanpa senjata nuklir." Namun, ia bukan presiden Amerika pertama yang menetapkan perihal tersebut, dan diakui mungkin hal itu tidak dapat dicapai dalam masa hidupnya.

Masalah mendesak lainnya, suami dari Michelle Obama ini masih mencari terobosan pada perselisihan program nuklir Iran dan terhentinya proses perdamaian Timur Tengah. Adapun pada Kamis silam, Menteri Luar Negeri Israel Avigdor Lieberman mengatakan tidak ada kesempatan untuk kesepakatan damai selama bertahun-tahun.

Sementara kepala perundingan perdamaian Palestina, Saeb Erekat menyambut baik penghargaan yang diberikan kepada Obama. "Kami berharap dia akan mampu mencapai perdamaian di Timur Tengah dan dapat menarik kembali perbatasan 1967 dari Israel dan mendirikan negara Palestina merdeka di perbatasan 1967," ujar Erekat.

Bagaimanapun di Gaza, Palestina, pemimpin Jihad Islam, Khaled Al-Batsh mengutuk keputusan komite atas Nobel tersebut. "Obama memenangkan penghargaan perdamaian menunjukkan hadiah ini bersifat politisi, tidak diatur oleh prinsip-prinsip kredibilitas, nilai-nilai dan moral," ujar Khaled kepada Reuters.

"Mengapa Obama diberi hadiah perdamaian sementara negaranya sendiri memiliki senjata nuklir terbesar di bumi ini dan tentaranya terus menumpahkan darah orang-orang tidak bersalah di Irak dan Afghanistan?" imbuh Khaled.

Bulan lalu, Obama memimpin pertemuan bersejarah Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang dengan suara bulat menyetujui konsep resolusi AS yang memanggil negara-negara senjata nuklir untuk membongkar gudang penyimpanan senjata mereka.

Obama adalah senior ketiga Partai Demokrat AS yang memenangkan penghargaan tersebut tahun ini setelah mantan Wakil Presiden Al Gore yang menang pada 2007 bersama dengan panel iklim PBB dan Jimmy Carter pada 2002.

Hadiah makhota Swedia senilai US$1.4 juta atau sekitar 13 miliar itu akan diserahkan di Oslo, Norwegia pada 10 Desember mendatang.


Sebelum Lengser, Obama Beri Penghargaan Sederet Insan Hollywood

Sementara itu, tiap tahunnya, Presiden Amerika Serikat memberikan penghargaan berupa medali bernama Presidential Medal of Freedom. Kehormatan itu diberikan kepada insan-insan yang berkontribusi dalam berbagai bidang seperti musik, film, olahraga dll.

Pada 2016 di akhir masa dirinya menjabat, Presiden Barack Obama telah mengumumkan 21 penerima kehormatan tersebut. Terdapat nama-nama besar yang berada di deretan penerima tersebut.

Diantaranya di bidang musik terdapat Bruce Springsteen dan Diana Ross, lalu bidang perfilman ada Robert De Niro, Tom Hanks, Cicely Tyson, dan Robert Redford, serta dunia pertelevisian Hollywood terdapat Ellen DeGeneres dan kreator Saturday Night Live, Lorne Michaels.

Selain nama-nama tersebut, terdapat penerima medali dari bidang lain seperti dua atlet basket legendaris Kareem Abdul-Jabbar dan Michael Jordan di bidang olahraga, Frank Gehry di bidang arsitektur serta Bill dan Melinda Gates, seperti dikutip dari Rolling Stone.

Dalam situs Gedung Putih, Presiden Obama mengatakan "Presidential Medal of Freedom bukan sekadar penghargaan tertinggi dari negara. Ini adalah sebuah penghormatan untuk ide dari kita semua, tak peduli darimana kita berasal, yang berkesempatan mengubah negara ini menjadi lebih baik. Dari ilmuwan, dermawan, pegawai negeri sampai aktivis, atlet, dan seniman, 21 orang ini telah membantu mendorong Amerika lebih maju, Menginspirasi jutaan orang di seluruh dunia selama ini."

Presidential Medal of Freedom disebut sebagai penghargaan tertinggi yang diserahkan kepada warga sipil di Amerika Serikat. Sebelumnya para aktor, aktris dan musikus yang pernah menerimanya diantaranya Audrey Hepburn, Meryl Streep, Barbra Streisand, Bob Dylan, Frank Sinatra, Stevie Wonder dan Aretha Franklin.

Penghargaan tersebut akan diserahkan pada 22 November besok di Gedung Putih dan akan diserahkan langsung oleh Barack Obama.


Terima Penghargaan dari Obama, Joe Biden Menitikkan Air Mata

Presiden Barack Obama juga pernah membuat kejutan kepada wakil presidennya kala itu, Joe Biden, dengan memberikan pria yang telah mendampinginya selama delapan tahun itu penghargaan kehormatan sipil tertinggi negara, Presidential Medal of Freedom.

"Untuk kepercayaan Anda terhadap sesama rakyat Amerika, untuk cinta Anda kepada negara, dan untuk dedikasi seumur hidup Anda yang akan bertahan dari generasi ke generasi, saya meminta ajudan militer untuk bergabung dengan kami di atas panggung," ujar Obama dalam upacara di Gedung Putih, Kamis 12 Januari 2017 waktu setempat.

"Untuk terakhir kalinya sebagai presiden, dengan senang saya memberi penghargaan sipil tertinggi bangsa kita, Presidential Medal of Freedom," imbuh Barack Obama.

Saat mendengar mendapat penghargaan tersebut, Biden terlihat emosional dan matanya berkaca-kaca. Ia pun membalik badan dan mengusap air matanya saat mendengar pengumuman itu.

"Saya tidak pantas menerimanya, tapi saya tahu ini datang dari hati presiden," kata Biden setelah menerima penghargaan.

Sebelum memberi kejutan kepada Biden dengan memberikan penghargaan tersebut, Obama menyampaikan kata-kata yang memuji Biden, istrinya Jill, anak-anak, dan cucunya.

"Ini adalah keluarga yang membangun negara ini," kata Obama.

Seperti dikutip dari CNN, Jumat (13/1/2017), pria kelahiran 4 Agustus 1961 itu menyebut, meski dirinya dan Biden akan segera mengakhiri jabatannya, keduanya akan terikat seperti keluarga.

"Jika Anda tak dapat mengagumi Joe Biden, Anda punya masalah," ujar Obama mengutip senator Partai Republik. "Ia adalah pria baik yang Tuhan pernah ciptakan," ujar dia.

Joe Biden, yang terlihat sangat terkejut saat upacara tersebut, mengaku tak memiliki firasat atas hal itu. Ia mengatakan dirinya akan hadir untuk berkumpul dengan staf senior, first lady, dan istrinya.

<p>Infografis Wanti-Wanti Euforia Boleh Lepas Masker (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Polemik Amplop Kiai

Polemik Amplop Kiai, dan Sederet Faktor yang Buat Suharso Terjungkal dari Ketum PPP

Liputan6.com 2022-09-05 14:03:10
Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa memberikan sambutan saat Pendaftaran Partai Politik Calon Peserta Pemilu tahun 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (10/8/2022). Di

Pemberhentian Suharso Monoarfa dari jabatan ketua umum PPP merupakan kumpulan dari masalah di internal. Dari masalah elektabilitas PPP yang jeblok jelang pemilu hingga pernyataan kontroversial Suharso soal amplop kiai yang memicu kemarahan banyak pihak.

Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani mengakui, masalah pernyataan amplop kiai menjadi pemicu. Akibat pernyataan tersebut, tiga majelis PPP dua kali mendesak Suharso untuk mundur dari partai. Ketegangan antara Suharso majelis PPP mendorong digelarnya Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) yang memberhentikan Suharso dan mengukuhkan Muhammad Mardiono sebagai pelaksana tugas (Plt) ketua umum.

"Itu tidak bisa dipungkiri ada sebagai faktor pendorong bukan penentu," ujar Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/9/2022).

Akhirnya, PPP menggelar Mukernas untuk memberhentikan Suharso Monoarfa sebagai ketua umum. Dalam forum Mukernas, 30 DPW yang hadir menginginkan ada pemisahan fungsi dan tugas ketua umum. Ketua umum diminta fokus untuk konsolidasi dan tugas kepartaian. Tidak menjalankan fungsi di pemerintahan sebagai menteri.

"Jadi itu dominasi kesadaran dan keinginan agar ada diferensiasi atau pemisahan fungsi-fungsi dari fungsi kepartaian yang dibutuhkan untuk meningkatkan konsolidasi untuk memfokuskan kerja kepartaian dengan katakanlah fungsi-fungsi yang diemban pimpinan partai yang ada di pemerintahan," ujar Arsul.

Sejak lama di internal PPP menginginkan ketua umum tidak rangkap jabatan sebagai menteri. Diskusi di internal PPP sudah lama digaungkan dan Suharso juga sudah dengar.

"Kalau yang menjadi pimpinan ppp itu tidak merangkap di jajaran pemerintahan. Diskusi itu sudah lama dan pak Suharso juga sudah mengetahui," ujar Arsul.

Alasannya tidak jauh dari urusan Pemilu 2024. Arsul mengungkap elektabilitas PPP yang jeblok menjelang 2024. Dalam beberapa survei, elektabilitas PPP disalip oleh Perindo.

"Apalagi ini sebagian, yang mau saya bilang adalah ketika kemudian katakanlah kok Perindo tiba-tiba di satu dua survei itu nyelip PPP, temen-temen itu kan ini gimana," ujar Arsul.

"Bukan tidak menyalahkan Pak Suharso, kemudian jawabannya kita harus melakukan pemisahan fungsi, pokonya yang di partai itu fokus ngurus partai gitu loh," tegas anggota Komisi III DPR RI ini.


Tidak Terbelah

Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang digelar di Serang, Banten, Minggu 4 September 2022 memutuskan untuk memberhentikan Suharso Monoarfa sebagai Ketua Umum.

Mukernas juga memutuskan Muhammad Mardiono juga ditunjuk sebagai Plt Ketua Umum PPP. Ketua Penyelenggara Mukernas sekaligus Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani menyatakan forum permusyawaratan tertinggi di bawah muktamar.

"Dalam forum Mukernas itu memang ada keputusan untuk mengangkat Pak Haji Muhammad Mardiono sebagai Plt Ketum PPP. Ini apakah kemudian artinya Pak Suharso Monoarfa dipecat atau diberhentikan, jawabannya tidak," kata Arsul di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (5/9/2022).

"Jadi jangan dibayangkan PPP pecah. PPP terbelah. Insyallah tidak. Karena ini adalah hasil dari sebuah diskusi panjang di internal partai," sambung Arsul.

Arsul menyebut internal partai berlogo Kabah ini sudah lama ada diskusi dan muncul riak yang ingin agar konsolidasi partai bisa lebih dimasifkan, sehingga perlu ketua umum yang fokus tak rangkap jabatan di pemerintahan.

"Kalau yang menjadi pimpinan PPP itu tidak merangkap di jajaran pemerintahan. Diskusi itu sudah lama dan Pak Suharso juga sudah mengetahui. Kemudian sedikit ketegangan antara Pak Suharso dengan majelis-majelis. Tapi saya kira yang diputuskan tadi malam di Mukernas itu bukan, bagi saya itu titik puncak dari katakanlah riak-riak," jelasnya.

Menurut Arsul, dari 34 DPW se-Indonesia, hadir 30 DPW dan sepakat mengganti Suharso dari posisi ketua umum partai bernuasa hijau ini.

"Yang empat tidak hadir bukan karena tidak mau hadir, tapi karena enggam dapat tiket pesawat aja," ujarnya.

<p>Infografis Golkar, PAN dan PPP Bentuk Koalisi Indonesia Bersatu. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Rose BLACKPINK Gantikan Song Hye Kyo

Rose BLACKPINK Jadi Duta Global Sulwhasoo, Gantikan Posisi Song Hye Kyo

Liputan6.com 2022-09-05 14:02:00
Rose BLACKPINK didapuk menjadi wajah dari brand kecantikan Sulwhasoo. Kehadirannya menggantikan Song Hye Kyo yang sebelumnya menjalin kerja sama cukup lama dengan Amore Pacific. (Foto: Sulwh

Brand perawatan kulit Korea, Sulwhasoo telah menunjuk Rose BLACKPINK sebagai duta brand global terbaru. Penyanyi berusia 25 tahun tersebut mengungkapkan bahwa serum First Care Activating dari label kecantikan ini adalah alasan di balik kulitnya yang sempurna. Penunjukan Rose tersebut sekaligus mengakhiri peran Song Hye Kyo yang sudah menjadi wajah label itu sejak April 2018.

Dikutip dari CNA, Senin (5/9/2022), Rose BLACKPINK memuji ibunya karena pertama kali memperkenalkan brand tersebut kepadanya. Pemilik nama lengkap Park Chae-young ini sangat ingat mencium aroma khas Sulwhasoo di pipi sang ibunda.

"Merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk bersama Sulwhasoo sebagai brand global ambassador dari produk-produk yang tidak hanya digunakan oleh ibu saya tetapi juga saya sendiri sejak lama," kata Rose BLACKPINK.

Dikutip dari Koreaboo, bahkan ketika Rose tinggal di Selandia Baru dan Australia, ibundanya sangat menyukai produk Korea, dengan Sulwhasoo menjadi salah satu favoritnya. Bagi Rose, ibunya selalu menjadi pahlawan dan panutannya.

Ia tidak pernah menahan diri untuk menyatakan betapa besar cintanya pada ibunda kepada dunia. "Saya selalu berpikir dia adalah orang yang paling cantik, perempuan paling cantik di luar sana, dan saya selalu bercita-cita menjadi dia," kata Rose.

Seperti gadis kecil yang memuja ibunya, Rose menginginkan semua yang dimiliki sang ibu. Ia merupakan putri yang diam-diam mencoba gaun dan sepatu hak tinggi ibunya ketika dia masih muda, dan karena perawatan kulit penting bagi ibunya, keinginan Rose untuk menggunakan Sulwhasoo saat dia dewasa dapat dimengerti sepenuhnya.


Peran Ibunda Rose

Mungkin alasan terbesar Rose sangat mencintai Sulwhasoo adalah karena merek tersebut terkait dengan beberapa kenangan masa kecilnya yang paling berharga. Setiap kali keluarganya pergi berlibur, dia, saudara perempuannya, dan ibunya akan punya momen "girls night" dan merawat kulit.

Malam itu pasti diisi dengan pembicaraan yang mendalam dan banyak tawa, jadi wajar saja jika Sulwhasoo memunculkan emosi nostalgia dari Rose. Ketika Rose sudah cukup besar, ibunya merekomendasikan beberapa produk dari Sulwhasoo.

Sejak saat itu, dia menggunakan Sulwhasoo sebagai bagian dari rutinitas hariannya. Dengan begitu banyak kenangan yang terkait dengan Sulwhasoo, Rose menjadi duta merek global tidak lain adalah hubungan yang telah ditakdirkan.

Peran Rose sebagai "kekuatan pendorong literal dan lambang di balik popularitas global budaya pop Korea" selaras dengan merek perawatan kulit. Sebagai duta globalnya, penyanyi ini akan berperan sebagai storyteller, menampilkan berbagai aspek dari merek kecantikan Korea yang ikonik di luar produknya.


Duta Global Deretan Brand

Dalam debutnya, Rose membintangi kampanye baru merek, #SulwhasooRebloom. Adapun kampanye tersebut akan diluncurkan dalam dua bagian, menafsirkan ulang kelahiran dan semangat merek.

"Awalnya saya tidak yakin tentang seberapa baik saya bisa memainkan peran dalam pemotretan iklan untuk merek yang saya hargai sepanjang waktu. Tapi pengalaman pemotretan ini sangat menyenangkan dan menginspirasi. Saya juga ingin tahu bagaimana kisah kampanye hari ini akan terungkap di masa depan," ungkap Rose BLACKPINK.

Ini bukan pertama kalinya dukungan Rose punya ikatan yang mendalam dengan masa kecilnya. Sebagai duta global Tiffany & Co., Rose telah menyukai merek tersebut sejak masa remajanya, dan sekali lagi, ibunyalah yang menjadi sumber cintanya.

Selain itu dua brand ternama itu, Rose juga didaulat menjadi wajah global untuk rumah mode mewah Prancis, Yves Saint Laurent (YSL) pada 2020 lalu. Dilansir dari W Magazine, 1 Juli 2022, kabar ini tampak dari video campaign bernuansa hitam putih oleh fotografer David Sims.

Dalam video, Rose BLACKPINK tampil dalam balutan gaun mini dengan sentuhan renda hitam dari koleksi musim gugur 2020 creative director Anthony Vacarello. Penyanyi kelahiran Selandia Baru itu juga tampil di situs web Yves Saint Laurent. Vacarello dan YSL dikatakan telah cukup lama melirik Rose.


Muse Baru YSL Beauty

Di penghujung 2020, Rose kembali didaulat sebagai wajah baru dari YSL Beauty, menurut video teaser Vogue Korea. Dikutip dari Koreaboo, 23 Desember 2020, kerja sama eksklusif dengan rumah mode mewah tentu jadi pencapaian cukup besar, namun yang mengesankan dari kesepakatan baru Rose adalah catatan sebagai duta global pertama YSL sejak didirikan 59 tahun lalu.

Dalam beberapa jam, Rose mengumpulkan ratusan ribu views pada video kampanye Yves Saint Laurent pertamanya. Sebulan kemudian, data belanja dari iPrice Group mengungkap bahwa minat terhadap merek tersebut meningkat lebih dari seribu persen di beberapa negara Asia Tenggara setelah peluncuran kampanye Rose.

Berkaca pada kesuksesan dalam enam bulan pertama sebagai duta global, tak mengherankan jika Yves Saint Laurent ingin bekerja sama dalam lebih banyak proyek. Lini ini merupakan divisi Yves Saint Laurent yang menaungi di antaranya makeup, parfum, perawatan kulit, dan kosmetik.

Video singkat itu hanya berbagi siluet Rose. Namun, pesona salah satu member termuda BLACKPINK ini tetap tampak dalam pencahayaan minim.

Infografis Tren Perawatan di Klinik Kecantikan Tahun 2022. (Liputan6.com/Triyasni)

Lee Yoo Mi Cetak Sejarah di Emmy Awards

Bintang Squid Games Lee Yoo Mi Cetak Sejarah di Creative Arts Emmy Awards 2022

Liputan6.com 2022-09-05 13:30:00
Lee Yoo Mi. (Instagram/ leeyoum262)

Aktris kebangsaan Korea Selatan Lee Yoo Mi berhasil memenangkan penghargaan Creative Arts Emmy Awards 2022 dalam perhelatan hari kedua yang digelar di Microsoft Theater, Los Angeles, Minggu (4/9/2022) malam waktu setempat. Dia berhasil membawa pulang piala bergengsi khusus pertelevisian itu untuk nominasi Best Guest Actress in Drama Series untuk penampilannya dalam drama terkenal Netflix, Squid Game.

Dilansir dari situs resmi penghargaan ini, dalam Creative Arts Emmy Awards 2022 ia berhasil mengalahkan Hope Davis, Sanaa Lathan, dan juga Harriet Walter dari serial HBO Succession. Lee Yoo Mi juga berhasil mengalahkan Martha Kelly dalam serial remaja HBO Euphoria dan Marica Gay Harden dalam serial The Morning Show.

Sesuai namanya, nominasi Best Guest Actress in Drama Series diberikan secara khusus kepada para aktris yang berhasil memikat para penonton dalam peran tamu di serial bergenre drama. Selain untuk aktris, tentunya nominasi ini juga ada untuk para aktor. Nominasi Best Guest Actor in Drama Series dimenangkan okeh Colman Domingo sebagai Ali dalam serial HBO Euphoria.

Selain dalam serial drama, kedua nominasi ini terdapat pula di genre lain, yakni komedi. Best Guest Actress in Comedy Series dimenangkan Laurie Metcalf untuk perannya di serial Hacks, sedangkan Best Guest Actor in Comedy Series dimenangkan Nathan Lane untuk perannya di serial Only Murders in the Building.


Kkanbu

Kembali ke Lee Yoo Mi, karena kemenangan ini, ia berhasil mencetak sejarah dengan menjadi orang pertama dari Korea Selatan yang memenangkan nominasi Best Guest Actress in Drama Series. Bagi yang belum tahu, di serial mega-hit Squid Game Lee Yoo Mi tampil memukau sebagai Ji Yeoung, peserta bernomor 240 yang dekat dengan Kang Sae Byeok/peserta nomor 067 (diperankan Jung Ho Yeon).

Lee Yoo Mi berhasil menarik perhatian para penonton dengan penampilannya pada episode keenam Squid Game berjudul "Kkanbu". Episode ini di laman IMDb berhasil mendapat skor 9.2/10. Episode ini menceritakan tahap permainan keempat, di mana para peserta yang tersisa memilih partner masing-masing untuk memainkan permainan kelereng. Para peserta salah besar saat ternyata mereka tidak diminta bekerja sama dengan partner yang dipilih.


All of Us Are Dead

Selain sukses dalam peran singkatnya di Squid Game, Lee Yoo Mi juga sukses memukau para penonton di serial remaja-zombie berjudul All of Us Are Dead yang juga berada di bawah layanan Netflix. Di serial berjumlah 12 episode ini, Lee Yoo Mi berperan sebagai Lee Na Yeon, remaja wanita angkuh dan suka mengkritik teman-teman sekelasnya.

Peran Lee Yoo Mi dalam serial All of Us Are Dead yang dirilis pada Januari 2022 ini berhasil membuat para penonton naik darah. Setiap hal yang dilakukan karakternya selalu didasari rasa egois dan kebencian pada teman-temannya. Bahkan pada satu adegan, karakternya sampai melakukan hal tidak manusiawi kepada teman sekelasnya hanya agar dirinya dianggap benar. Hal ini tentu berbeda dengan peran sebelumnya di Squid Game yang dinilai tenang, baik dan mengundang kesedihan.


Squid Games

Squid Games adalah serial asal Korea Selatan yang didistribusi oleh layanan streaming Netflix karya Hwang Dong Hyuk. Serial ini dirilis pada September 2021 dan dalam sekejap menjadi sensasi. Serial yang memiliki sembilan episode ini dinilai berhasil memberikan keseruan, komedi, kengerian, dan juga sekaligus kritik terhadap kapitalisme dan sistem ekonomi.

Secara garis besar, serial ini berkisah mengenai pria bernama Seong Gi Hun (Lee Jung Jae) yang mengikuti kompetisi berbahaya bersama 455 peserta lainnya. Kompetisi ini berisikan berbagai permainan masa kecil yang digunakan sebagai babak gugur untuk mengeliminasi para peserta. Setiap kekalahan di permainan itu dapat merenggut nyawa orang. Walau begitu, para peserta tidak mundur karena hadiah uang besar yang dijanjikan bila berhasil menang.

Saat ini, Squid Games sedang dalam produksi musim keduanya. Selain itu, reality show berdasarkan kompetisi di serial ini juga sedang dibuat, lengkap dengan jumlah peserta mencapai 456 orang dan hadiah uang tunai yang ditawarkan.

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)

SPBU Swasta Lebih Murah?

HEADLINE: Pasca Kenaikan Harga BBM Subsidi, Operator Swasta Boleh Jual Lebih Murah dari Pertamina?

Liputan6.com 2022-09-06 00:00:28
Banner Infografis Naik Turun Harga BBM Subsidi Era Jokowi (Liputan6.com/Abdillah)

Usai penuh ketidakpastian, akhirnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara tiba-tiba mengumumkan kenaikan harga BBM di Istana Negara pada Sabtu siang, 3 September 2022. Tak tanggung-tanggung kebijakan harga BBM naik berlaku bagi jenis Pertalite, Solar, hingga Pertamax.

Kini, Pertalite dijual Rp 10.000 per liter dari sebelumnya Rp 7.650 per liter. Solar dibandrol Rp 6.800 per liter dari sebelumnya Rp 5.150 per liter. Sedangkan Pertamax sekarang dijual Rp 14.500 per liter dari sebelumnya Rp 12.500 per liter.

"Hari ini tanggal 3 September 2022, pukul 14.30 pemerintah memutuskan untuk menyesuaikan harga BBM bersubsidi," kata Menteri ESDM Arifin Tasrif yang kala itu duduk di sebelah Jokowi saat pengumuman.

Jauh hari sebelum pemerintah resmi mengeluarkan kebijakan harga BBM naik, Arifin Tasrif mengungkapkan alasan di balik harga BBM harus naik.

Nilai jual untuk ketiga BBM tersebut disebut masih sangat jauh dari harga keekonomian. Padahal, harga minyak dunia sendiri kini jauh lebih tinggi daripada asumsi di APBN 2022, yakni USD 63 per barel.

"Kita impor BBM karena kilang kita enggak cukup. Setiap hari kita harus impor (stok) 500 sampai 700 ribu barel, tinggal kalikan saja USD 100, itu sehari. Setahun berapa tuh? Ini devisa keluar," keluh dia, beberapa waktu lalu.

Arifin mengatakan, pemerintah bersama PT Pertamina (Persero) sudah kadung tak kuasa menahan fluktuasi harga minyak dunia.

"Nah, dengan asumsi minyak USD 100 saja ini sampai akhir tahun kita bisa keluar Rp 695 triliun. Anggaran belanja kita Rp 3000-an triliun, ini kita pakai subsidi. Ini yang dihadapi oleh pemerintah," ungkapnya.

"Ini baru kita bicara soal BBM. Pertamax (sebelumnya) Rp 12.500 itu nombok Pertamina, kurang lebih Rp 6-7 ribu. Pemerintah berusaha nahan nih, tapi sampai sejauh mana bisa ditahan? Bu Menkeu ini pening," imbuhnya.

Adapun formulasi harga BBM saat ini ditetapkan Keputusan Menteri ESDM Nomor 148 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu dan Jenis Bahan Bakar Minyak Khusus Penugasan.

Dinyatakan dalam Kepmen Nomor 148 K/12/MEM/2020 tersebut, harga dasar untuk jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu (JBT) dan jenis Bahan Bakar Minyak Khusus Penugasan (JBKP) terdiri atas biaya perolehan, biaya distribusi, dan biaya penyimpanan serta margin.

Untuk minyak Solar (Gas Oil) yang disediakan Pertamina, perhitungan nilai jualnya yakni 97,5 persen harga indeks pasar (HIP) Minyak Solar (Gas Oil) + Rp 900 per liter.

Sementara jenis Minyak Solar (Gas Oil) yang disediakan dan didistribusikan oleh PT AKR Corporindo Tbk dengan formula 97,5 persen HIP Minyak Solar (Gas Oil) + Rp 843 per liter.

Sedangkan formula harga dasar untuk Pertalite atau bensin RON 90 ditetapkan dengan formula 96 persen Harga Indeks Pasar (HIP) RON minimum 88 ditambah Rp 821 per liter.

Saat baru saja pengumuman ini disampaikan, masyarakat langsung heboh. Tampak antrean pembeli BBM di SPBU Pertamina di berbagai wilayah terjadi lonjakan. Masyarakat langsung memburu beberapa jenis BBM yang harganya segera naik saat itu. Pemerintah hanya memberikan waktu 1 jam atau hingga pukul 14.30 WIB sebelum harga baru diterapkan.

Hal menarik, sejumlah SPBU swasta seolah menerima berkah dari kebijakan harga BBM baru tersebut. Ya, banyak masyarakat yang kemudian beralih mengisi BBM dari SPBU Vivo, Shell, hingga BP AKR.

Alasannya beragam, mulai dari disparitas harga yang tidak beda jauh, hingga SPBU swasta menjual produk BBM yang lebih murah dari Pertalite Pertamina. Dia adalah SPBU Vivo.

Saat itu, SPBU Vivo masih menjual produk Revvo 89 atau BBM dengan Oktan 89 seharga Rp 8.900 per liter. Sementara harga Pertalite dibanderol Rp 10.000 per liter.

Namun ternyata, tidak sampai 2 hari, produk Revvo 89 ini langsung hilang dari peredaran. Banyak informasi yang berspekulasi adanya intervensi dari Kementerian ESDM untuk tidak lagi menjual harga BBM yang lebih murah dari Pertalite. Namun itu akhirnya dibantah. Ada yang mengatakan lenyapnya Revvo 89 dari SPBU ini karena stoknya sudah habis.

"Pantauan dari SPBU Vivo Kalimalang, Revvo 89 sudah tidak tersedia sejak pukul 07.00 WIB. Petugas SPBU menyatakan seluruh SPBU Vivo kehabisan stok Revvo 89," kata Anggie, salah satu pelanggan Vivo yang hendak mengisi BBM, saat bercerita kepada Liputan6.com, Minggu (4/9/2022).

Hal senada juga diungkapkan Telni ketika melintas di SPBU Vivo. "SPBU Vivo Sasak Ciputat juga sudah di takedown neh Revo 89 yang di Vivo. Tapi masih buka layani varian yang lain," cerita dia kepada Liputan6.com.

<p>Infografis Alasan & Solusi Harga BBM Subsidi Naik (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Tak Intervensi

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tutuka Ariadji langsung bersuara. Dia dengan menegaskan jika pemerintah tidak pernah melakukan intervensi terhadap penetapan harga Jenis Bahan Bakar Minyak Umum (JBU).

Pernyataan ini menjawab kabar yang ramai di masyarakat bahwa pemerintah mengatur harga BBM Umum yang dijual oleh Badan Usaha PT Vivo Energy Indonesia.

Dia mengatakan, Harga Jual Eceran Jenis BBM Umum (JBU) ditetapkan oleh Badan Usaha. "Dalam upaya pengendalian harga di konsumen, Pemerintah menetapkan formula Batas Atas, di mana harga BBM mengacu kepada harga acuan pasar MOPS/Argus dan biaya distribusi dengan margin Badan Usaha maksimal 10 persen," jelas dia.

Hal ini ditetapkan dalam Kepmen ESDM No 62.K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum dan/atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan.

Berdasarkan hal tersebut, Pemerintah akan menegur Badan Usaha apabila menjual BBM melebihi Batas Atas. Penetapan harga jual di SPBU saat ini merupakan kebijakan Badan Usaha yang dilaporkan ke Menteri cq. Dirjen Migas. Sehingga tidak benar Pemerintah meminta Badan Usaha untuk menaikkan harga," jelas Dirjen Migas.

Dia menyampaikan, berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM yang telah diubah terakhir kali dengan Peraturan Presiden Nomor 117 Tahun 2021, pemerintah menetapkan 3 Jenis BBM yang beredar di masyarakat.

Ketiga Jenis tersebut adalah Pertama BBM Tertentu (JBT). BBM ini mendapat subsidi dan kompensasi, yaitu minyak tanah dan solar.

Kedua adalah Bahan Bakar Minyak Khusus Penugasan (JBKP). BBM yang tidak mendapat subsidi namun mendapat kompensasi yaitu Bensin RON 90.

Ketiga adalah Bahan Bakar Minyak Umum. BBM ini luar JBT dan JBKP atau BBM umum

"Menteri ESDM menetapkan Harga Jual Eceran (HJE) Jenis BBM Tertentu dan Jenis BBM Khusus Penugasan. Sedangkan HJE Jenis BBM Umum dihitung dan ditetapkan oleh Badan Usaha," jelas Tutuka dalam keterangan tertulis, Senin (5/9/2022).

Cakupan Jualan Penyalur BBM Swasta

Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Saleh Abdurrahman mengatakan, tak ada kewajiban penyalur BBM Swasta hadir di titik-titik tertentu.

Pemerintah tak membatasi cakupan penjualan yang dilakukan badan penyalur BBM swasta seperti Shell, Vivo, dan BP-AKR. Artinya, ketiga penyalur swasta ini bisa menjual di seluruh wilayah Indonesia.

"Swasta tidak ada kewajiban, dia bisa jual di seluruh NKRI," kata dia kepada Liputan6.com, Senin (5/9/2022).

Perlu diketahui, perusahaan swasta menyalurkan jenis bahan bakar minyak umum (JBU). Sehingga penyalurannya dikembalikan kepada perusahaan penyalur.

Dengan begitu, ketentuannya berbeda dengan penyaluran BBM oleh Pertamina. Di mana termasuk juga menyalurkan Jenis BBM Tertentu (JBT) yang biasa disebut BBM Subsidi. Serta Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) seperti Pertalite. "Kalau JBT dan JBKP ini yang diatur berapa kuotanya untuk tiap-tiap kabupaten kota," ujar dia.

Ketentuan mengenai penyaluran BBM ini tertuang dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 13 Tahun 2018 tentang Kegiatan Penyaluran Bahan Bakar Minyak, Bahan Bakar Gas, dan Liquified Petroleum Gas (LPG).

Dalam beleid itu, ada dua badan usaha yang menyalurkan BBM. Yakni, Badan Usaha Pemegang Izin Usaha Niaga Minyak dan Gas Bumi yang selanjutnya disebut BU Niaga Migas adalah Badan Usaha yang telah memperoleh izin usaha untuk melakukan Kegiatan Usaha Niaga Umum BBM, Niaga BBG, dan/atau Niaga LPG sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kemudian, Badan Usaha Pemegang Izin Usaha Niaga Minyak dan Gas Bumi untuk Kegiatan Usaha Niaga Umum BBM yang selanjutnya disingkat BU-PIUNU adalah Badan Usaha yang telah memperoleh izin usaha untuk melakukan Kegiatan Usaha Niaga Umum BBM sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Demikian pula, kata Saleh, untuk penetapan harga BBM Umum dilakukan oleh badan usaha sendiri. Mengacu pada Peraturan Menteri ESDM Nomor 20 Tahun 2021 tentang Perhitungan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak.

Dalam beleid itu di tertuang harga jual eceran Jenis BBM Umum di titik serah untuk setiap liter, dihitung dan ditetapkan oleh Badan Usaha berdasarkan formula harga tertinggi yang terdiri atas harga dasar ditambah Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) dengan margin paling tinggi 10 persen dari harga dasar.

Kemudian, harga dasar sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan formula yang terdiri atas biaya perolehan, biaya distribusi, dan biaya penyimpanan, serta margin.

"Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sesuai dengan ketentuan dalam peraturan daerah provinsi setempat," tulis ayat 3 Pasal 8.

Kendati begitu, pemerintah masih bisa menetapkan harga dasar jenis BBM Umum dengan beberapa kondisi. Pertama, mempertimbangkan kesinambungan penyediaan dan pendistribusian Jenis BBM Umum.

Kedua, mempertimbangkan stabilitas harga jual eceran Jenis BBM Umum dan ketiga, mempertimbangkan ekonomi riil dan sosial masyarakat.


Kata Operator soal Penentuan Harga Jual BBM

Shell Indonesia menjelaskan proses penentuan harga jual BBM yang dijual ke konsumen. Corporate Communications Shell Indonesia Edit Wahyuningtyas menerangkan, ada sejumlah aspek yang jadi landasan Shell Indonesia penentuan harga jual BBM. Termasuk kondisi harga minyak dunia.

Shell Indonesia selalu menjadikan peraturan pemerintah sebagai salah satu acuan dalam menentukan harga BBM.

"Shell melakukan penyesuaian harga dari waktu ke waktu dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang mencakup harga produk minyak olahan berdasarkan Mean of Platts Singapore (MOPS), kondisi dan volatilitas pasar, nilai tukar mata uang asing, pajak pemerintah dan bea cukai, biaya distribusi dan biaya operasional, kinerja perusahaan serta aktivitas promosi yang sedang berjalan," paparnya kepada Liputan6.com.

Penyesuaian ini, juga mengacu para peraturan yang diterbitkan pemerintah. Artinya, sesuai dengan tarif batas atas mengenai harga BBM.

Aturan yang dimaksud adalah Peraturan Menteri ESDM Nomor 20 Tahun 2021 tentang Perhitungan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak. Shell Indonesia masuk dalam kategori badan usaha yang menjual jenis bahan bakar minyak umum.

Kendari begitu, Edit Wahyuningtyas tak mengungkap besaran keuntungan yang diperoleh oleh Shell dari penetapan harga tersebut. Ia lagi-lagi menekankan, besarannya sesuai dengan aturan yang berlaku.

Perbandingan Harga BBM Pertamina, Shell, Vivo dan BP AKR

Pemerintah menaikkan harga BBM, mulai dari Solar, Pertalite, hingga Pertamax. Penyesuaian harga BBM ini membuat selisih dengan SPBU swasta di Indonesia menjadi lebih sempit.

Jika dibandingkan dengan BBM di SPBU swasta seperti Shell, Vivo dan BP AKR, tak ada perbedaan signifikan. Ketiganya, merupakan jenis BBM paling populer saat ini.

Shell

- Shell Super dijual Rp 15.420

- Shell V-Power dijual Rp 16.130

- Shell Diesel Rp 18.310

BP AKR

- BP 90 dijual Rp 17.195 per liter.

- BP 92 dijual Rp 17.300 per liter.

- BP 95 dijual Rp 18.300 per liter.

Vivo

- Revvo 89 dengan RON 89 dijual Rp 10.900 per liter.

- Revvo 92 dijual Rp 15.400 per liter.

- Revvo 95 dijual Rp 16.100 per liter.

<p>Infografis Naik Turun Harga BBM Subsidi Era Jokowi (Liputan6.com/Abdillah)</p>


Jual Murah Strategi Marketing

Menanggapi mengenai SPBU Vivo yang menjual BBM lebih murah dari Pertamina, Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan menyebut, jika diitung sesuai dengan formulasi Kepmen ESDM nomor 62 tahun 2022, Vivo sebenarnya merugi dengan menjual RON 89 di harga tersebut.

"Katakanlah dengan ICP USD 106 per barel dan patokan kurs 14.500 per dolar AS, kita kalikan jadi 106 x 14.500 : 159 itu dapat sudah Rp. 9.749 per liter. Kalau kita menggunakan formula dari Kepmen ESDM nomor 62 tahun 2022, nantikan dikalikan lagi, ditambah lagi biaya alpha pengadaan, belum lagi PPN, PPKB, dan pastinya belum termasuk margin," papar Mamit saat dihubungi Liputan6.com.

"Kedua, kenapa harga di Vivo lebih murah? karena, menurut saya, RON yang dijual Vivo itu hanya 89. Sedangkan kalau Pertalite kan jenis RON 90. Jadi, meskipun hanya beda 1 level RON-nya, secara kualitas masih jauh lebih baik produk Pertalite," ujarnya.

Dengan demikian, Mamit menyebut, apa yang dilakukan Vivo merupakan strategi marketing dan meningkatkan portofolio perusahaan di masyarakat - ketika mereka berbondong-bondong membeli RON 89 saat harga BBM subsidi Pertalite naik.

Terbaru, terjadi perubahan pada harga BBM Vivo jenis Revvo 89 yang sempat tak bisa ditemukan di SPBU tersebut usai terjadi kenaikan harga BBM milik Pertamina.

BBM Vivo jenis Revvo 89 sempat jadi buruan masyarakat karena harganya dinilai lebih murah dari harga Pertalite.

Dari pantauan Liputan6.com di SPBU Vivo di Sawangan Depok, Senin (5/9/2022), harga bensin VIVO jenis Revvo 89 dari awalnya Rp 8.900 menjadi Rp 10.900 per liter.

Sedangkan BBM Vivo jenis Revvo 92 dijual sebesar Rp 15.400 per liter dan Revvo 95 sebesar Rp 16.100 per liter.

Mengutip penjelasan petugas SPBU tersebut yang enggan disebutkan namanya, kenaikan harga BBM Revvo sudah terjadi sejak pukul 16.00 Wib sore ini.


Di Balik Alasan Kenaikan Harga BBM

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menjelaskan perihal kondisi harga BBM yang harus naik.
Dia menilai harga jual untuk ketigaBBMtersebut sebelumnya masih sangat jauh darihargakeekonomian. Padahal,hargaminyak dunia sendiri kini jauh lebih tinggi daripada asumsi di APBN 2022, yakni USD 63 per barel.
"Kita imporBBMkarena kilang kita enggak cukup. Setiap hari kita harus impor (stok) 500 sampai 700 ribu barel, tinggal kalikan saja USD 100, itu sehari. Setahun berapa tuh? Ini devisa keluar," keluhnya saat sesi bincang bersama media di Kantor Kementerian ESDM beberapa waktu lalu.
Arifin mengatakan, pemerintah bersama PT Pertamina (Persero) sudah kadung tak kuasa menahan fluktuasihargaminyak dunia.
"Nah, dengan asumsi minyak USD 100 saja ini sampai akhir tahun kita bisa keluar Rp 695 triliun. Anggaran belanja kita Rp 3000-an triliun, ini kita pakai subsidi. Ini yang dihadapi oleh pemerintah," ungkapnya.
"Ini baru kita bicara soalBBM. Pertamax (sebelumnya) Rp 12.500 itu nombok Pertamina, kurang lebih Rp 6-7 ribu. Pemerintah berusaha nahan nih, tapi sampai sejauh mana bisa ditahan? Bu Menkeu ini pening," imbuhnya.
Adapun formulasihargaBBMsaat ini ditetapkan MUIKeputusan Menteri ESDM Nomor 148 K/12/MEM/2020 tentang FormulaHargaDasar Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu dan Jenis Bahan Bakar Minyak Khusus Penugasan.
Dinyatakan dalam Kepmen Nomor 148 K/12/MEM/2020 tersebut,hargadasar untuk jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu (JBT) dan jenis Bahan Bakar Minyak Khusus Penugasan (JBKP) terdiri atas biaya perolehan, biaya distribusi, dan biaya penyimpanan serta margin.
Untuk minyak Solar(Gas Oil) yang disediakan Pertamina, perhitungan nilai jualnya yakni97,5 persenhargaindeks pasar (HIP) Minyak Solar (Gas Oil) + Rp 900 per liter. Sementarajenis Minyak Solar (Gas Oil) yang disediakan dan didistribusikan oleh PT AKR Corporindo Tbk dengan formula 97,5 persen HIP Minyak Solar (Gas Oil) + Rp 843 per liter.
Sedangkan formulahargadasar untuk pertalite atau bensin RON 90 ditetapkan dengan formula 96 persenHargaIndeks Pasar (HIP) RON minimum 88 ditambah Rp 821 per liter.