Mengapa Puan Tak Menangis Saat BBM Naik

Buruh Sindir Puan Maharani: Dulu Harga BBM Naik Nangis-Nangis

Liputan6.com 2022-09-06 14:24:03
Massa buruh menggeruduk Gedung DPR-MPR RI, Jakarta, dalam rangka unjuk rasa menolak kebijakan kenaikan harga BBM. (Dok. Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)

Massa buruh menggeruduk Gedung DPR-MPR RI, Jakarta, dalam rangka unjuk rasa menolak kebijakan kenaikan harga BBM. Dalam kesempatan itu, pengujuk rasa turut menyindir sikap Ketua DPR Puan Maharani di masa lalu.

"Dulu ketika di zaman SBY (Presiden Susilo Bambang Yudhoyono) semua kadernya PDIP wabilkhussus Puan Maharani yang sekarang Ketua DPR itu kan nangis-nangis ada kenaikan BBM. Nangis-nangis gitu seolah-olah berpihak kepada rakyat," tutur orator aksi, Gunarto di Gedung DPR RI, Jakarta Selatan, Selasa (6/9/2022).

Gunarto mempertanyakan sikap Puan Maharani kini atas kenaikan harga BBM usai menjabat sebagai Ketua DPR. Terlebih, peningkatannya pun terbilang sangat tinggi, seperti pertalite yang menyentuh hingga 30 persen.

"Apakah dia juga nangis terhadap kenaikan BBM yang sekarang?," jelasnya.

Malahan, kata Gunarto, tidak ada pernyataan Puan yang berpihak pada rakyat usai kenaikan harga BBM.

"Dia nggak ada tanggapan keberpihakannya terhadap rakyat. Hari ini kita cari, hari ini kita pengen minta statement-nya, apa statement-nya dia terhadap kenaikan BBM ini kepada rakyat, apakah akan nangis-nangis lagi atau gimana," Gunarto menandaskan.


Ajak Netizen Serukan Penolakan Kenaikan BBM

Sebelumnya, Partai Buruh menyerukan seluruh rakyat Indonesia bersatu melawan kebijakan pemerintah terkait kenaikan harga BBM.

Hal itu disampaikan Presiden Partai Buruh, Said Iqbal saat menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR, Jakarta Pusat hari ini, Selasa (6/9/2022).

"Kami minta kawan-kawan media kolaborasi media kemudian ditambah netizen melalui kesempatan ini saya menyerukan kepada seluruh netizen kita lawan kebijakan pemerintah ini," kata dia.

Said Iqbal menyakini perlawanan akan berbuah manis. Said mencontohkan pada saat terbitnya aturan Menteri Tenaga Kerja mengenai pencairan jaminan hari tua (JHT).

"JHT kita bisa menang, saya termasuk orang yang percaya bahwa presiden Jokowi kalau rakyat bergerak, dia akan mendengar. Kasus JHT itu menjelaskan bahwa beliau mendengar. Tapi kalau kita diam, maka kita akan mengalami pemiskinan secara struktural," ujar dia.

<p>Infografis Naik Turun Harga BBM Subsidi Era Jokowi (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Dendam, Polisi Tembak Polisi

Terjadi Lagi, Polisi Tembak Polisi di Lampung Tengah Dipicu Dendam

Liputan6.com 2022-09-05 15:01:56
Ilustrasi Penembakan (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Seorang anggota polisi berinisial Aipda RS selaku Ka SPKT Polsek Way Pengubuan Polres Lampung Tengah menembak mati petugas Bhabinkamtibmas Putra Lempuyang Polsek Way Pengubuan Polres Lampung Tengah atas nama Aipda AK (41).

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad menyampaikan, peristiwa itu terjadi pada Minggu, 4 September 2022 sekitar pukul 21.15 WIB di rumah Aipda AK.

"Motif sementara yang kami dapatkan dari keterangan tersangka hingga tega melakukan penembakan terhadap korban, diduga karena pelaku dendam terhadap korban," tutur Pandra kepada wartawan, Senin (5/9/2022).

"Karena korban selalu membuka aib atau keburukan tersangka kepada kawan-kawannya dan terdapat kabar di grup Whatsapp bahwa istri dari pelaku belum membayar uang arisan online. Motif pastinya nanti kita tunggu hasil pendalaman dari penyidik," sambung Pandra.

Peristiwa polisi tembak polisi, berawal saat saksi atas nama Mahmuda sedang bersama anaknya Dian Pratiwi yang menjahit baju di rumah. Tiba-tiba terdengar suara letusan dari kediaman Aipda AK.

"Selanjutnya saksi mendengar suara anak 'tolong-tolong' dari rumah saudara AK, lalu saksi keluar rumah melihat ada sepeda motor yang tidak saksi ketahui jenisnya dan berapa orang yang mengendarai ke arah jalan ke dalam atau arah barat," jelas Pandra.


Dibawa ke Rumah Sakit

Kemudian, saksi atas nama Wayan Sueden yang tengah beribadah turut mendengar mendengar suara letusan dan teriakan minta tolong dari kediaman Aipda AK. Dia pun menghampiri dan bermaksud menolong korban yang sudah dalam posisi duduk di lantai bersandar di kursi.

"Lalu bersama istri korban, selanjutnya membawa korban ke Rumah Sakit Harapan Bunda mengendarai kendaraan korban jenis Toyota Yaris warna hitam, namun sesampainya di Rumah Sakit Harapan Bunda korban sudah tidak dapat tertolong," kata Pandra.


Pelaku Dipecat

Petugas gabungan pun langsung mengejar pelaku penembakan tersebut dan didapati identitas pelaku adalah Aipda RS. Masuk pukul 23.45 WIB, petugas melakukan pendalaman kasus dan pelaku mengakui perbuatannya.

"Korban ini mempunyai istri bernama saudari EM dan dua orang anak perempuan yang berumur 14 tahun dan 10 tahun. Diketahui Korban tinggal di Kelurahan Bandar Jaya Barat, Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tangah," Pandra menandaskan.

Atas perbuatan, pelaku dikenakan Pasal 338 KUHP terkait pembunuhan dengan ancaman hukuman penjara maksimal 15 tahun. Selain itu, dia juga akan menjalani Sidang Komisi Kode Etik Polri (KEPP) dengan sanksi Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH).

<p>Infografis Menanti Sidang Maraton 34 Polisi Diduga Pelanggar Etik, Bakal Menyusul Ferdy Sambo? (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Uji Kebohongan Sambo dan Putri

Polri Akan Periksa Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi Pakai Lie Detector

Liputan6.com 2022-09-06 10:40:09
Putri Candrawathi memasangkan masker kepada suaminya, Irjen Ferdy Sambo, saat rekonstruksi pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J di rumah dinas Duren Tiga,

Polri menjadwalkan pemeriksaan terhadap tersangka Putri Candrawathi dan saksi atas nama Susi terkait kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J, Selasa (6/9/2022) hari ini. Timsus akan menggunakan alat pendeteksi kebohongan atau lie detector dalam pemeriksaan tersebut, termasuk terhadap Ferdy Sambo dan tersangka lainnya.

"Namanya uji polygraph," tutur Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Pol Andi Rian Djajadi, Jakarta, Selasa (6/9/2022).

Menurut dia, pemeriksaan terhadap Putri dan Susi menggunakan lie detector dilaksanakan di Puslabfor Sentul. Adapun untuk Ferdy Sambo dijadwalkan pemeriksaan pada Rabu, 7 September 2022.

"Rencananya seperti itu," kata Andi.

Tim Khusus (Timsus) Polri mendalami dugaan keterlibatan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Panca Putra, dan Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Nico Afinta dalam kasus Ferdy Sambo.

Diketahui, mantan Kadiv Propam Polri ini telah ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan berencana Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat. Ferdy Sambo juga menjadi tersangka obstruction of justice atau upaya menghalangi pengusutan kasus kematian Yosua.

"Ya dari Timus sudah mendapat informasi tersebut. Tentunya juga dari Timsus nanti akan mendalami apabila memang ada keterkaitan terkait masalah kasus FS," tutur Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (5/9/2022).

Dedi belum membahas lebih jauh terkait pendalaman informasi yang diterima Timsus Polri tersebut. Sejauh ini, Polri masih fokus menuntaskan berkas lima tersangka kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J.

"Tapi yang jelas untuk tim sidik saat ini fokus terkait menyangkut masalah penuntasan lima berkas perkara yang sudah di P19 oleh JPU," kata Dedi.


7 Tersangka Obstruction of Justice

Untuk diketahui, Polri telah menetapkan tujuh anggotanya sebagai tersangka obstruction of justice terkait penanganan kasus kematian Brigadir J. Para perwira Polri ini dianggap menghalangi proses pengusutan kasus pembunuhan Yosua.

Para tersangka yakni Irjen Ferdy Sambo alias FS (mantan Kadiv Propam Polri), Brigjen Pol Hendra Kurniawan alias HK (mantan Karopaminal Divisi Propam Polri), dan Kombes Agus Nurpatria alias ANP (mantan Kaden A Biropaminal Divisi Propam Polri).

Kemudian AKBP Arif Rahman Arifin alias AR (mantan Wakadaen B Biropaminal Divisi Propam Polri), Kompol Baiquni Wibowo alias BW (mantan PS Kasubbagriksa Baggaketika Rowabprof Divisi Propam Polri), Kompol Chuk Putranto alias CP (mantan PS Kasubbagaudit Baggaketika Rowabprof Divisi Propam Polri), dan AKP Irfan Widyanto alias IW (mantan Kasubnit I Subdit III Dittipidum Bareskrim Polri).

Sementara itu, Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Ahmad Taufan Damanik angkat bicara terkait pernyataannya dalam sebuah video beredar di media sosial yang menyebut Ferdy Sambo bukan orang sembarangan dan bos mafia.

Menurut dia, keterangan dalam video itu direkam tanpa persetujuan darinya usai mengisi diskusi bersama para penyandang disabilitas tentang jalan keluar regulasi daerah.

"Sebelum pulang, obrol santai dengan teman-teman. Tanpa persetujuan ada yang merekam dan memposting. Itu kan tidak etis," kata Taufan saat dihubungi, Senin (5/9/2022).


Kecewa

Taufan merasa kecewa dengan apa yang dilakukan pihak yang merekam statementnya tersebut. Lantaran, tanpa seizin dan itu terjadi ketika melakukan obrolan bukan wawancara.

"Anyway, saya kecewa karena kok jurnalis bekerja seperti itu. Tapi sudah lah, apalagi sudah menjadi konsumsi publik," kata dia.

Adapun terkait pernyataan terkait Ferdy Sambo bos mafia, Taufan menjelaskan bahwa hal itu merujuk pada kemampuan Sambo mengendalikan puluhan polisi untuk melakukan rekayasa obstruction of justice.

"Dia mampu mengendalikan puluhan polisi bahkan yang di luar kendalinya (Reskrim) serta melakukan rekayasa obstruction of justice, kan luar biasa itu," ujarnya.

"Kata mafia kurang tepat kalau di publik, itu kan istilah obrolan informal sesama teman. Sayangnya direkam dan di posting," tambah dia.

Walaupun kata bos mafia diakui tidak tepat diungkap ke publik, namun dalam beberapa kesempatan Taufan menegaskan apa yang dilakukan Ferdy Sambo dalam tindakan obstruction of justice selayaknya tumor dalam Polri.

"Saya menggambarkan kelompok ini seperti tumor yang menggerogoti institusi Polri dan penegakan hukum. Makanya Kapolri harus berani ambil tindakan tegas membuang semua elemen tumornya," sebutnya.


Bukan Orang Sembarangan?

Sebelumnya beredar, di media sosial seperti dalam akun instagram @majeliskopi08. Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik sempat mengingatkan bahwa Ferdy Sambo bukan orang sembarangan.

"Sambo bukan orang sebarangan puluhan tahun jadi reserse bukan enggak tau dia cara, sebagai bos mafia dia tahu caranya keluar," kata Taufan dalam videonya.

"Orang waktu saya tanyain segala macam ada saatnya dia nangis ada saatnya dia senyum. Seperti kira kira bahasa isyarat nya elu enggak tahu siapa gue," tambah dia.

Bahkan, Taufan mengaku jika Sambo ketika ditemuinya saat proses rekonstruksi terlihat santai dan seperti tidak ada beban, bahkan sempat menyapanya.

"Senyum dia direkonstruksi, nyantai aja jalan dengan gagah hei pak. Dia kan sering ke Komnas HAM pas ada kasus, hei pak apa kabar," ucap Taufan.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan akan mendalami mendalami isu adanya Kekaisaran Sambo di tubuh Polri.


Konsorsium 303

Bukan hanya itu saja, dia juga memastikan akan memeriksa yang berkaitan dengan judi online Konsorsium 303.

"Terkait masalah chat-chat yang memunculkan apakah betul Kaisar Sambo dan gengnya, terkait masalah Konsorsium, demikian juga dengan chat yang lain, saat ini kami sedang melakukan pendalaman. Jadi Propam saya minta untuk melakukan pendalaman," kata Listyo saat Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi III DPR RI di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (24/8/2022).

Dia sedikit mengangkat terkait upaya pemberantasan judi, yakni dalam setahun pada periode Januari sampai dengan Agustus 2022, Polri sudah mengungkap sebanyak 641 kasus terkait judi online dan 1.408 judi konvensional.

"Kurang lebih ada 3.296 tersangka," jelas Listyo.

Sementara untuk Agustus 2022, ada 286 kasus judi online dan 453 judi konvensional dengan 1.298 tersangka.

"Namun, karena memang kemudian ini menjadi perhatian nasional, saya sudah perintahkan kepada seluruh pimpinan wilayah Kapolres, Kapolda, Direktur, bahkan pejabat Mabes, saya minta tidak ada lagi yang namanya judi, apakah itu judi online, apakah judi darat, yang masih nanti kemudian ada kegiatan," kata Listyo.

<p>Infografis Dugaan Peran Putri Candrawathi Istri Ferdy Sambo dalam Kasus Pembunuhan Berencana Brigadir J. (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Hasil Lie Detector, Bharada E Jujur

Hasil Lie Detector Bharada E, Bripka RR, dan Kuat Ma'ruf, Polri: No Deception Indicated alias Jujur

Liputan6.com 2022-09-06 17:25:57
Ajudan Irjen Pol Ferdy Sambo, Bhayangkara Dua Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E (baju hitam) berjalan keluar usai pemeriksaan di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Selasa (26/7/2022). Bh

Polri telah melakukan pemeriksaan menggunakan alat pendeteksi kebohongan alias lie detector terhadap tersangka Bharada Richard Eliezer alias Bharada E, Bripka Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf yang terjerat kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J. Hasilnya, ketiganya disebut jujur.

"Barusan saya dapat hasil sementara uji polygraph terhadap RE, RR dan KM, hasilnya 'No Deception Indicated' alias jujur," tutur Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi saat dikonfirmasi, Selasa (6/9/2022).

Menurut Andi, penggunaan lie detector menjadi salah satu pertimbangan penyidik dalam memperkuat temuan fakta dalam kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J.

"Uji polygraph sekali lagi saya jelaskan bertujuan untuk memperkaya alat bukti petunjuk," jelas dia.

Polri menjadwalkan pemeriksaan terhadap tersangka Putri Candrawathi dan saksi atas nama Susi terkait kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J, Selasa (6/9/2022) hari ini. Timsus akan menggunakan alat pendeteksi kebohongan atau lie detector dalam pemeriksaan tersebut, termasuk terhadap Ferdy Sambo dan tersangka lainnya.

"Namanya uji polygraph," tutur Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Pol Andi Rian Djajadi, Jakarta, Selasa (6/9/2022).

Menurut dia, pemeriksaan terhadap Putri dan Susi menggunakan lie detector dilaksanakan di Puslabfor Sentul. Adapun untuk Ferdy Sambo dijadwalkan pemeriksaan pada Rabu, 7 September 2022.

"Rencananya seperti itu," kata Andi.

Tim Khusus (Timsus) Polri mendalami dugaan keterlibatan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Panca Putra, dan Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Nico Afinta dalam kasus Ferdy Sambo.


Ditetapkan Sebagai Tersangka Obstruction of Justice

Diketahui, mantan Kadiv Propam Polri ini telah ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan berencana Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat. Ferdy Sambo juga menjadi tersangka obstruction of justice atau upaya menghalangi pengusutan kasus kematian Yosua.

"Ya dari Timus sudah mendapat informasi tersebut. Tentunya juga dari Timsus nanti akan mendalami apabila memang ada keterkaitan terkait masalah kasus FS," tutur Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin 5 September 2022.

Dedi belum membahas lebih jauh terkait pendalaman informasi yang diterima Timsus Polri tersebut. Sejauh ini, Polri masih fokus menuntaskan berkas lima tersangka kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J.

"Tapi yang jelas untuk tim sidik saat ini fokus terkait menyangkut masalah penuntasan lima berkas perkara yang sudah di P19 oleh JPU," kata Dedi.


7 Tersangka Obstruction of Justice

Untuk diketahui, Polri telah menetapkan tujuh anggotanya sebagai tersangka obstruction of justice terkait penanganan kasus kematian Brigadir J. Para perwira Polri ini dianggap menghalangi proses pengusutan kasus pembunuhan Yosua.

Para tersangka yakni Irjen Ferdy Sambo alias FS (mantan Kadiv Propam Polri), Brigjen Pol Hendra Kurniawan alias HK (mantan Karopaminal Divisi Propam Polri), dan Kombes Agus Nurpatria alias ANP (mantan Kaden A Biropaminal Divisi Propam Polri).

Kemudian AKBP Arif Rahman Arifin alias AR (mantan Wakadaen B Biropaminal Divisi Propam Polri), Kompol Baiquni Wibowo alias BW (mantan PS Kasubbagriksa Baggaketika Rowabprof Divisi Propam Polri), Kompol Chuk Putranto alias CP (mantan PS Kasubbagaudit Baggaketika Rowabprof Divisi Propam Polri), dan AKP Irfan Widyanto alias IW (mantan Kasubnit I Subdit III Dittipidum Bareskrim Polri).

Sementara itu, Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Ahmad Taufan Damanik angkat bicara terkait pernyataannya dalam sebuah video beredar di media sosial yang menyebut Ferdy Sambo bukan orang sembarangan dan bos mafia.

Menurut dia, keterangan dalam video itu direkam tanpa persetujuan darinya usai mengisi diskusi bersama para penyandang disabilitas tentang jalan keluar regulasi daerah.

"Sebelum pulang, obrol santai dengan teman-teman. Tanpa persetujuan ada yang merekam dan memposting. Itu kan tidak etis," kata Taufan saat dihubungi, Senin 5 September 2022.

Taufan merasa kecewa dengan apa yang dilakukan pihak yang merekam statementnya tersebut. Lantaran, tanpa seizin dan itu terjadi ketika melakukan obrolan bukan wawancara.

"Anyway, saya kecewa karena kok jurnalis bekerja seperti itu. Tapi sudah lah, apalagi sudah menjadi konsumsi publik," kata dia.


Singgung Soal Kemampuan Ferdy Sambo

Adapun terkait pernyataan terkait Ferdy Sambo bos mafia, Taufan menjelaskan bahwa hal itu merujuk pada kemampuan Sambo mengendalikan puluhan polisi untuk melakukan rekayasa obstruction of justice.

"Dia mampu mengendalikan puluhan polisi bahkan yang di luar kendalinya (Reskrim) serta melakukan rekayasa obstruction of justice, kan luar biasa itu," ujarnya.

"Kata mafia kurang tepat kalau di publik, itu kan istilah obrolan informal sesama teman. Sayangnya direkam dan di posting," tambah dia.

Walaupun kata bos mafia diakui tidak tepat diungkap ke publik, namun dalam beberapa kesempatan Taufan menegaskan apa yang dilakukan Ferdy Sambo dalam tindakan obstruction of justice selayaknya tumor dalam Polri.

"Saya menggambarkan kelompok ini seperti tumor yang menggerogoti institusi Polri dan penegakan hukum. Makanya Kapolri harus berani ambil tindakan tegas membuang semua elemen tumornya," sebutnya.

<p>Infografis Menanti Sidang Maraton 34 Polisi Diduga Pelanggar Etik, Bakal Menyusul Ferdy Sambo? (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Kado Mobil Limited Edition untuk Bunda Iffet

Bunda Iffet Ultah, Raffi Ahmad Berikan Kado Mobil Limited Edition

Liputan6.com 2022-09-06 16:30:00
Foto Raffi Ahmad terlihat santai dan senang [Foto: Instagram.com/raffinagita1717]

Raffi Ahmad memberikan kejutan di hari ulang tahun Bunda Iffet. Ia hadir tanpa memberitahu lebih dulu kepada ibu Bimbim Slank.

Tentu saja, kehadiran suami Nagita Slavina ini disambut bahagia oleh Bunda Iffet. Di saat bersamaan, Bunda pun meminta kado kepada Raffi.

"Mau kado apa? Sekarang request aja Bunda. Hari ini langsung aku beli. Mau kado apa dari aku? Janji. Aku dari Bandung kelar syuting, enggak sempet beli kado," terang ayah dari Rafathar dan Rayyanza yang disambut pelukan dari Bunda Iffet.

"Mau yang bekas aja," ucap Bunda Iffet malu-malu menyebutkan keinginannya tersebut. Atas saran anak, Bunda Iffet pun membisikan hadiah yang diinginkannya tersebut.


Dicarikan

Mendengar keinginan Bunda Iffet, Raffi Ahmad dengan mantap menyanggupi permintaan wanita yang baru saja memasuki usia 85 tahun ini.

"Ok. Sekarang bunda pilih langsung. Pokoknya satu dua hari sampe. Bener, aku beliin kado dari aku," ujar Raffi Ahmad, terlihat di kanal YouTube Slank Suka2x, Senin (5/9/2022).

"Duh makin sayang aja. Salam buat Gigi, makanan enak," timpal Bunda Iffet sambil mengelus pipi Raffi.


Mobil Limited Edition

Rupanya Bunda Iffet meminta sebuah mobil Calya berwarna oranye. Dan ternyata ini satu-satunya di Indonesia, dan langsung dibawa dari Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Satu-satunya bu, stok nasional. Pesenan khusus warna ini. Kan minta cepet kan," ungkap seorang pria yang membawa mobil tersebut.


Dibelikan Baru

Saat Bunda Iffet melihat mobil pemberian Raffi Ahmad kaget. Lantaran mobil tersebut masih baru.

"Kok yang bagus amat dibeliin. Orang minta yang bekas, beliin baru," tutur Bunda.

Bunda pun langsung menelepon Raffi Ahmad. "Raffi, kan bunda mintanya yang bekas. Jauh-jauh amat belinya, Ya Allah Raffi seneng banget."

<p>Infografis Naik Turun Harga BBM Subsidi Era Jokowi (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Aura Kasih Cari Suami, Bukan Pacar

Aura Kasih Buka Hati Cari Calon Suami, Mau Langsung Nikah dan Tak Ingin Pacaran

Liputan6.com 2022-09-06 09:00:00
Tanpa ditemani sang anak, Aura Kasih belum lama ini tampak menikmati waktu sendiri liburan ke Dubai. Intip potret penampilannya yang mencuri perhatian. (Instagram/aurakasih).

Setelah bercerai dengan Eryck Amaral setahun lalu, Aura Kasih masih betah sendiri. Namun begitu, dirinya tidak menutup hati untuk para pria menjadi pasangan hidupnya.

Diakui oleh pemilik nama Shahiyani Febri Wiraatmadja ini, dirinya memang membuka hati untuk ayah anaknya. Kini dia terus berdoa agar mendapat jodoh yang cocok.

"AKu tuh simpel. Ya sudah, doanya cuma semoga dapat calon suami yang diridhoi sama Tuhan. Udah itu aja," kata Aura Kasih kepada wartawan di kawasan Jakarta Selatan, baru-baru ini.


Tidak Menutup Hati

Mantan kekasih mendiang Glenn Fredly ini mengaku tidak pernah menutup hati usai bercerai. Dia mengaku hingga kini masih sendiri karena belum menemukan laki-laki yang pas.

"Kalau buka hati, ya buka hati, ya pasti. Enggak mau kita juga ya begini. Tapi ya bukan prioritas banget," ujarnya.


Membesarkan Putri

Baginya, yang terpenting saat ini bisa membesarkan putrinya dengan baik. Untuk mencari pasangan, itu bukan prioritas utama.

"Sekarang prioritas aku itu anak, terus ya bagaimana kita melalui hari-hari dengan bahagia. Ya yang penting kan sehat. Jadi prioritasnya belum ke percintaan dulu," ujarnya.


Tak Mau Pacaran

Kalaupun suatu hari nanti bisa menemukan lelaki yang cocok, Aura Kasih tak ingin berlama-lama berpacaran.

"Karena kan aku kalau ketemu orang aku langsung pengin nikah. Jadi pacar-pacaran udah bukan umurku ya. Terus juga kan aku nyari suami buat ibadah, udah gitu aja," tuturnya.

Meghan Disindir 'Bangsawan Palsu'

Meghan Markle Berpidato Perdana di Inggris Sejak Mundur dari Kerajaan, Dihujat Pendemo Sebagai Bangsawan Palsu

Liputan6.com 2022-09-06 07:03:18
Meghan Markle berpidato di upacara pembukaan One Young World di Manchester, Inggris, Senin malam, 5 September 2022. (dok. Oli SCARFF / AFP)

Meghan Markle kembali ke kampung halaman suaminya, Pangeran Harry, untuk menghadiri upacara pembukaan pertemuan komunitas pemuda, One Young World, di Manchester, Inggris, pada Senin malam, 5 September 2022. Untuk pidato pertamanya di Inggris sejak mundur sebagai anggota kerajaan itu, Meghan memilih setelan merah dari Valentino.

Dikutip dari laman The Sun, Selasa (6/9/2022), Duchess of Sussex itu mengenakan blus scarlet dari Valentino senilai 1.100 pound sterling dan memadankannya dengan celana pipa lebar senilai 1.200 pound sterling. Harganya jika ditotal berharga hampir Rp40 juta.

Ibu dua anak itu melengkapi penampilannya dengan sepatu berujung runcing berwarna merah terang dari brand Aquazzura. Menurut Hello Magazine, Meghan merias wajahnya dengan teknik andalannya, yakni hanya sapuan tipis, seolah tak mengenakan makeup. Sebagai sentuhan akhir, ia mencepol rambutnya dengan rapi.

Harry juga turut mendampingi penampilan Meghan di depan publik. Ia mengenakan setelan jas berwarna gelap yang dipadukan dengan kemeja kerah putih, dan dasi biru gelap.

Pada pagi hari, pasangan itu terlihat meninggalkan kediaman sementara mereka di Windsor. Meghan mengenakan atasan lengan pendek yang diperkirakan merupakan busana polo berbahan kasmir sutra dari brand Brandon Maxwell senilai 735 pound sterling dan sepatu suede. Mereka dikabarkan tiba di Inggris sejak Sabtu, 3 September 2022, untuk menghadiri acara tersebut.

Meghan membuka pidato dengan mengatakan 'senang bisa kembali ke Inggris'. Ini merupakan kunjungan keduanya ke negara Britania Raya setelah ia muncul di acara Jubilee Ratu Elizabeth II pada Juni 2022.


Bicara tentang Dirinya

Panitia acara menyebutkan acara yang dihadiri Meghan dan Harry bertemakan isu upaya kesetaraan gender. Meghan banyak menyinggung dirinya sendiri selama pidato tersebut.

"Beberapa tahun lalu pada 2014, aku pertama kali diundang sebagai konselor untuk One Young World. Dalam banyak hal, aku mungkin sama seperti kalian. Aku muda dan ambisius," ucap dia.

Mantan bintang The Suit itu mengenang saat ia makan malam di acara tersebut. Ia mengaku sempat tidak percaya bahwa ia bisa duduk bersama sejumlah pemimpin dunia, pahlawan kemanusiaan, perdana menteri, dan aktivis yang dikagumi dan dihormatinya sejak lama.

"Aku diundang untuk aktif mencari peluang. Aku sangat kewalahan dengan pengalaman ini. Aku sampai menyimpan tempat kertas yang berisi namaku sebagai bukti aku pernah di situ. Bukti bahwa aku berhak di sana. Kenyataannya, aku tidak yakin apakah aku berhak. Aku sangat gugup," ucapnya.

"Tapi, One Young World melihat itu di diriku, seperti aku melihat itu pada kalian, masa kini dan masa depan," ia menambahkan.


Duduk Manis

Tak lupa, di hadapan sekitar 2000 peserta, ia juga menyinggung kehidupannya setelah menikah dan sekarang menjadi ibu. Meghan juga menyebut soal pekerjaan penting yang tak bisa ditunda.

"Rangkullah momen sekarang untuk menciptakan hari esok yang lebih baik," ujarnya. Sementara sang istri berpidato, Harry hadir hanya untuk duduk manis mendengarkan. Ia juga sempat terlihat berbincara pada Meghan dengan gestur mesra di depan hadirin.

Sementara, pidato Meghan di hadapan publik di Inggris dinilai tak memuaskan pemimpin Majalah Majesty, Ingrid Seward. Ia mengatakan tidak bisa memvisualisasikan atau memahami bagaimana 2.000 pemuda memahami sepatah kata pun dari yang dibicarakan Meghan

"Itu tidak masuk akal. Itu semua tentang dia dan menghubungkan semuanya dengan dirinya sendiri. Saya tidak berpikir dia tahu apa yang dia bicarakan. Itu hanya 'aku, aku, aku' dan memuji dirinya sendiri," ucap Seward.

Di luar tempat acara, sekelompok warga memprotes kehadiran Harry dan Meghan. Mereka disoraki dan diejek saat diantarkan dari hotel tempat mereka beristirahat ke lokasi pertemuan di Bridgewater Hall di Manchester.


Bangsawan Palsu

Para pemrotes membawa spanduk yang salah satunya bertuliskan 'Bangsawan Palsu'. Seorang demonstran menyebut pidato Meghan aneh karena seluruhnya hanya berbicara tentang dirinya sendiri.

"Kami menyaksikannya dan tidak mengerti apa kaitannya dengan amal ini," ucapnya.

Beberapa menuduhnya telah menjual kebohongan dan terus menyerang keluarga kerajaan. "Ini semua tentang jualannya. Yang dia lakukan hanyalah menyerang keluarga kerajaan dan dia hanya mencari uang."

Pasangan Sussex itu diketahui naik kereta api dari Euston London ke Manchester, kemarin sore. Kepolisian Greater Manchester mengatakan fasilitas keamanan pasangan itu akan dibayar secara pribadi, dengan sejumlah petugas berjaga di malam itu.

Sebelumnya, Meghan sempat menyerang Kerajaan Inggris dengan pengakuan terbaru saat tampil di sampul majalah The Cut. Ia mengaku 'bahagia' meninggalkan mereka karena sebelumnya kehilangan kontrol atas akun media sosial kesayangannya.

Meghan juga mengakui bahwa, mulai dari keputusan mereka mundur dari jajaran anggota senior kerajaan hingga menuntut ayahnya secara hukum, telah menghancurkan hubungan keluarga mereka.

"Harry mengatakan kepada saya, 'Saya kehilangan ayah saya dalam proses ini.' Mereka (Harry) tidak harus sama (merasakannya), seperti saya merasakannya, tapi itu adalah keputusannya," kata Meghan dalam majalah yang diterbitkan Senin, 29 Agustus 2022, dikutip dari laman Page Six, Selasa, 30 Agustus 2022.

Infografis Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur. (Liputan6.com/Abdillah)

Elon Musk, 100 Roket di 2023

Elon Musk Targetkan SpaceX Luncurkan 100 Roket di 2023

Liputan6.com 2022-09-06 17:00:25
roket, credit: Unsplash Spacex OHOU

SpaceX menyatakan rencana perusahaannya yang akan menyelesaikan misi 100 peluncuran di 2023. Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh Elon Musk selaku CEO SpaceX melalui interaksinya di Twitter bersama Eric Berger.

"Ya, menargetkan hingga 100 penerbangan tahun depan," tulis Elon Musk dalam Twitter-nya.

Pada 2022, perusahaan sudah membuat catatan rekor dan akan terus membuat rekor untuk tahun ke depannya.

Perusahaan melakukan sekitar 15 sampai 20 peluncuran roket tiap tahunnya dari 2017 hingga 2019, setelah mengalami stagnansi selama beberapa tahun.

Setelah itu, jumlah angka peluncuran meningkat dua kali lipat pada 2019 sampai 2020 ketika Starlink memasuki tahap konstruksi. Tahun 2020 menjadi waktu percobaan yang sukses menunjukkan perusahaan bisa mengirim roket Falcon 9 setiap dua minggu.

Tahun tersebut, perusahaan bentukan Elon Musk itu memecahkan rekor yang di 2018 yang dengan catatan 21 peluncuran dengan berhasil melakukan pengiriman roket sebanyak 26 kali.

Peluncuran roket di 2021 tercatat melampaui rekor sebelumnya untuk setengah tahun pertama, SpaceX berhasil melakukan peluncuran sebanyak 20 satelit. Angka ini terhitung 50 persen dari rekor di satu tahun penuh sebelumnya, sebagaimana dikutip dari Gizchina, Selasa (6/9/2022).

Pada setengah tahun kedua, perusahaan mengirim 11 roket dan melengkapi catatan 6 peluncuran dalam 4 minggu sebelum akhir tahun. Rekor tahun tersebut membuktikan SpaceX mampu melakukan peluncuran hingga 78 kali dalam satu tahunnya.

Rencana SpaceX untuk Membuat Rekor Baru di 2023

SpaceX perlu menemukan cara untuk melakukan delapan peluncuran setiap bulannya, jika mereka ingin mencapai target 100 peluncuran Falcon di 2023. Hal ini merupakan peningkatan 33 persen dari status saat ini.

Sejauh ini, perusahaan berhasil melakukan misi pengiriman 27 Falcon 9 di setengah tahun pertama dan hampir memecahkan rekor dari tahun sebelumnya dengan angka 31 peluncuran.

Jika kelajuannya stabil, perusahaan akan mencatat banyak rekor baru tahun ini. Pada setengah tahun kedua, mereka berhasil mengirimkan 6 roket pada Juli dan Agustus.

Namun, hal ini disebut kebetulan. Jika perusahaan dapat menjaga laju target dan kembali meluncurkan 6 roket Falcon 9 di September, hal ini bisa disebut sebagai standar target yang baru.


Elon Musk Akan Panggil Mantan CEO Twitter Jack Dorsey

<p>Elon Musk. (Joe Raedle/Getty Images/AFP)</p>

Di sisi lain, persidangan antara Twitter vs Elon Musk yang akan digelar pada 17 Oktober 2022 di Delaware Court of Chancery semakin panas.

Kali ini, nama mantan CEO Twitter Jack Dorsey terseret ke dalam persidangan rencana Elon Musk membatalkan kesepakatannya membeli Twitter senilai USD 44 miliar secara sepihak.

Adapun tim hukum bos Tesla dan SpaceX itu mengajukan surat panggilan pengadilan untuk Jack Dorsey sebagai bukti dalam persidangan, sebagaimana dikutip dari The Verge, Selasa (23/8/2022).

Informasi, Jack Dorsey secara resmi mengundukan diri sebagai CEO Twitter untuk kedua kalinya pada November lalu, dan menyerahkan kendali perusahaan kepada Parag Agrawal.

Setelah cabut dari Twitter, Jack disebut-sebut "memanas-manasi" atau mendorong Elon Musk untuk membeli Twitter via chat pribadi.

Dorsey sendiri sempat menunjukkan dukungannya untuk Musk di masa lalu, dan sempat men-tweet dia yakin CEO Tesla itu adalah "solusi tunggal" yang dapat dipercaya untuk mengoperasikan perusahaan yang dia dirikan.

Pekan lalu, tim hukum Elon Musk sempat memanggil Kayvon Beykpour, mantan kepala produk konsumen Twitter, dan Bruce Flack, mantan pemimpin pendapatan dan produk.

Diketahui, kedua sosok tersebut digulingkan oleh Agrawal pada Mei tahun ini bertepatan saat gejolak Elon Musk beli Twitter.


Cuitan Elon Musk Beli Manchester United Hanya Bercanda

Elon Musk, founder Tesla dan SpaceX. Sumber: Business Insider

Lebih lanjut, kicauan Elon Musk kembali menghebohkan warganet. Kali ini, bos Tesla itu mengunggah sebuah kicauan yang mengagetkan, karena ia sempat menuliskan ingin membeli klub Manchester United.

Cuitan itu ia unggah setelah sebelumnya sempat berkomentar mengenai dukungannya terhadap Partai Republik dan Partai Demokrat. Ia menuliskan, dirinya mendukung separuh kiri Partai Republik dan separuh kanan Republik Demokrat.

Setelah cuitan itu, ia menyebut dirinya membeli klub Setan Merah. "Juga, saya membeli Manchester United sama-sama," tulis Elon seperti dikutip dari akun Twitternya @elonmusk.

Sontak kicauan itu pun langsung menarik perhatian warganet. Beberapa di antaranya pun menanyakan langsung kepada Elon mengenai kicauannya di Twitter.

Menjawab pertanyaan itu, Elon langsung menjelaskan kicauan tersebut hanya guyonan. Ia menyatakan tidak membeli tim olahraga mana pun.

"Tidak, ini hanya lelucon lama di Twitter. Saya tidak membeli tim olahraga mana pun," tulis Elon. Sebelum ia menjelaskan maksud tweet tersebut, kicauan tersebut memang sempat membuat heboh.


Elon Musk Duga Twitter Banyak Bot dan Akun Palsu

<p>Setelah menguasai sebagian saham, bos Tesla dan SpaceX Elon Musk ingin mengakuisisi seluruh saham Twitter. (Instagram/elonrmuskk).</p>

Di sisi lain, Elon Musk sendiri sejauh ini masih berada di tengah konflik dengan Twitter, setelah dirinya menyatakan tak jadi membeli media sosial tersebut, karena masalah banyaknya bot dan akun palsu.

Perseteruan antara Elon Musk dan Twitter semakin memanas. Setelah menuduh perusahaan platform media sosial itu melakukan penipuan, Bos Tesla tersebut menantang CEO Twitter untuk debat terbuka.

Disebutkan, Elon Musk menantang Parag Agrawal untuk debat terbuka terkait persentase bot di platform media sosial tersebut.

Demonstran Teriak Nama Sambo

Nama Sambo Disebut-sebut Saat Demo Tolak Kenaikan Harga BBM di DPR

Liputan6.com 2022-09-06 14:45:07
Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) hari ini Selasa (6/9/2022), mulai meramaikan di depan gedung DPR RI sejak pukul 10.15 WIB. (Foto:Liputan6/Ave Martevalenia)

Kasus pembunuhan Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat menyita perhatian publik tak terkecuali kalangan buruh. Nama Irjen Ferdy Sambo disebut-sebut oleh peserta unjuk rasa yang menyampaikan aspirasi menolak kenaikan harga BBM di depan gerbang Gedung DPR RI, Selasa (6/9/2022).

Saat itu, seorang orator dari atas mobil komando menginstruksikan untuk menutup ruas Jalan Gatot Subroto tepat di depan gerbang utama DPR/MPR. Ia mengaku bersedia memimpin langsung penutupan jalan asalkan banyak peserta unjuk rasa yang mendukung.

Orator mengatakan, ia tak takut ditangkap. Sebab, aparat kepolisian selama ini bekerja untuk masyarakat. "Polisi itu bekerja buat kita, untuk rakyat," ujar orator di lokasi, Selasa (6/9/2022).

Namun, secara tiba-tiba beberapa peserta menimpali dengan nama Irjen Ferdy Sambo. "Sambo!," sahut peserta aksi.

Seketika, orator heran saat massa menggaungkan nama Ferdy Sambo secara serentak.

"Buat Sambo? Kagak, bukan," tanya sang orator.

Sang orator demo harga BBM naik kemudian menegaskan polisi bekerja untuk melindungi rakyat.

"Polisi itu bekerja buat kita melindungi kita mencegah segala sesuatu. Jadi kita pasti dilindungi negara," ujar dia.

Dia lantas menerikan 'BBM Turun, Upah Naik. Hidup Buruh!'. "Hidup!," teriak massa.


BBM Naik, Buruh Desak DPR Bentuk Panja dan Pansus

Partai Buruh mendesak DPR membentuk panitia khusus (pansus) dan panitia kerja (panja) terkait kenaikan harga BBM.

Menurut Presiden Partai Buruh, Said Iqbal kebijakan pemerintah soal BBM perlu ditinjau ulang.

"Memang kita menginginkan aksi di DPR ini, DPR membentuk panja dan pansus BBM. Pintu masuknya gampang," ucap dia di Gedung DPR/MPR hari ini, Selasa (6/9/2022).

Said membandingkan antara Pertamina dengan perusahaan sektor hilir minyak dan gas bumi lainnya seperti PT Vivo Energy Indonesia.

"Kenapa Vivo bisa 8.900, kenapa pertalite Rp 10 ribu, kenapa Malaysia dengan Ron lebih bagus bisa Rp 7 ribuan," ujar dia.

Said mengaku telah berkoordinasi dengan perwakilan Vivo. Menurutnya, kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM tujuan untuk mencari keuntungan di tengah penderitaan rakyat.

"Vivo menjelaskan ke kita itunggan-itungan pertamina itu cari untung di atas penderitwna rakyat. Kenapa Vivo bisa walaupun ron-nya lebih rendah. Kalau gitu kita bikin premium," ujar dia.

Karena itu, Said menunggu sekali peran DPR. Menurut dia, anggota DPR tidak perlu lagi mengundang perwakilan buruh untuk berdialog.

"Tidak perlu kita masuk ke dalam. Mereka keluar, menyatakan sikap, bentuk panja atau pansus," ujar dia.


Ajak Masyarakat Bersatu, Partai Buruh Minta Netizen Serukan Penolakan Kenaikan BBM

Partai Buruh menyerukan seluruh rakyat Indonesia bersatu melawan kebijakan pemerintah terkait kenaikan harga BBM.

Hal itu disampaikan Presiden Partai Buruh, Said Iqbal saat menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR, Jakarta Pusat hari ini, Selasa (6/9/2022).

"Kami minta kawan-kawan media kolaborasi media kemudian ditambah netizen melalui kesempatan ini saya menyerukan kepada seluruh netizen kita lawan kebijakan pemerintah ini," kata dia.

Said Iqbal menyakini perlawanan akan berbuah manis. Said mencontohkan pada saat terbitnya aturan Menteri Tenaga Kerja mengenai pencairan jaminan hari tua (JHT).

"JHT kita bisa menang, saya termasuk orang yang percaya bahwa Presiden Jokowi, kalau rakyat bergerak, dia akan mendengar. Kasus JHT itu menjelaskan bahwa beliau mendengar. Tapi kalau kita diam, maka kita akan mengalami pemiskinan secara struktural," ujar dia.

Said Iqbal menyebut, kenaikan BBMtak lepas dari masukan para elit yang tidak pernah merasakan hidup miskin. Mereka memberikan itu karena kecerdasan dan kepintaran, tapi tidak punya hati kepada rakyatnya.

"Yang kita lawan adalah masukan-masukan yang diberikan kepada Presiden Jokowi," ujar dia.

Karena itu, Rakyat harus meyakinkan Presiden Jokowi bahwa keputusan menaikan harga BBM tidak tepat dan menyengsarakan rakyat.

"Jurnalis, netizen, gunakan kekuatan jari-jari untuk kita lawan. Menteri-menteri yang hanya pro terhadap orang kelompoknya saja. Kami di jalanan serikat buruh, petani, nelayan, forum guru honor, turun sampai kapan? Sampai Desember 2022," ujar dia.

<p>Infografis Alasan & Solusi Harga BBM Subsidi Naik (Liputan6.com/Abdillah)</p>

BBM Naik Berujung Demo, Ada Efeknya?

HEADLINE: Gelombang Demonstrasi Tolak Kenaikan Harga BBM, Respons dan Dampaknya?

Liputan6.com 2022-09-07 00:09:18
Massa buruh menggelar unjuk rasa di depan Kompleks Gedung DPR/MPR, Jakarta, Selasa (17/11/2020). Buruh kembali menggelar aksi lanjutan menuntut pemerintah dan DPR untuk mencabut Omnibus Law U

Rusaman resah. Sebabnya, kebijakan pemerintah yang menaikan harga produk Bahan Bakar Minyak (BBM) penugasan, subsidi, hingga non subsidi, Sabtu (3/9/2022) mulai pukul 14.30 WIB, tentunya berdampak pada kebutuhan harian. Di sisi lain, gajinya sebagai buruh pabrik tak kunjung naik sehingga membebani keuangannya. Tentunya buruh asal Cilegon ini harus berpikir kuat untuk menutup kebutuhan hariannya.

"Yang saya rasain kan gaji enggak naik, cuma BBM udah naik duluan. Nah jadi enggak sesuai porsi dengan kinerja saya kan gitu. Kerja saya belum, naik gajinya, tapi BBM sudah naik. Ya sedikit ini, resah gitu. Karenakan gaji kita belum naik, BBM sudah naik", ungkap Rusaman saat ditemui tim Liputan6.com di depan Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (6/9/2022), usai aksi demonstrasi.

Dia berharap DPR RI dapat mendengarkan aspirasi dia dan para buruh yang berdemonstrasi hari ini. "Ya mudah-mudahan dengan adanya ini, yang dewan di dalam itu bisa mendengar aspirasi kita dari rakyat buruh ini, yang begitu kecil gajinya", kata Rusaman.

Harapan terkadang tidak berakhir menyenangkan. Sama halnya jika aspirasi dari para buruh hari ini tidak didengarkan DPR RI.

Rusaman mengatakan jika aspirasi tidak didengarkan anggota DPR RI, kaum buruh akan terus melakukan demonstrasi di depan Gedung DPR RI sampai aspirasi mereka didengar.

"Ya ke depannya kita akan berusaha mengingatkan para dewan-dewan di dalem mudah-mudahan mendengar. Dan terus-terusan gitu kita unjuk rasa disini," jelas Rusman.

Meski demikian, Rusman mengatakan belum ada cara lain yang dipersiapkan selain melakukan unjuk rasa. Untuk sampai kapan, Rusman juga tidak tahu karena masih menunggu arahan dari ketua PUK.

"Kalau cara lain ya masih dipikirkan lagi karena belum ada untuk saat ini. Ya tergantung pimpinan dari PUK, kita hanya anggota mengikuti aja, kan gitu" kata Rusman.

Potensi PHK

Menurut Ekonom Indef, Nailul Huda, adanya demo tersebut bisa berpotensi menimbulkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang diprediksi mencapai 30 ribu pekerja, lantaran naiknya biaya operasional karena BBM naik.

"Permintaan masyarakat turun, biaya naik. PHK akan terjadi. Hitungan saya bisa menimbulkan PHK sampai 30 ribu pekerja," kata Nailul Huda kepada Liputan6.com, Selasa (6/9/2022).

Disisi lain, ekonom menilai adanya demo ini menunjukkan bahwa kebijakan pemerintah tidak didukung oleh elemen masyarakat seperti pekerja.

"Dengan adanya protes dengan skala besar bisa membuat dunia usaha tidak percaya dengan kebijakan yang diambil oleh pemerintah. Ini bisa berbahaya ke ekonomi terutama ke persoalan investasi," ujarnya.

Senada, Kepala Pusat Makro Ekonomi dan Keuangan Indef/Ekonom Rizal Taufikurahman, dampak kenaikan BBM subsidi itu, juga berpengaruh terhadap meningkat biaya operasional akibat biaya input produksi naik.

"Dunia usaha akan terdampak dengan meningkat biaya operasional akibat biaya input produksi naik. Hal ini disebabkan dorongan oleh biaya transportasi dan biaya logistik. Output produksinya akan menurun," ujar Rizal.

Rizal juga memprediksi, jika biaya operasional dunia usaha meningkat maka berpotensi menimbulkan PHK terhadap buruh.

"(Iya berpotensi PHK), apabila biaya operasional (opex) lebih tinggi dari Capex-nya," pungkas Rizal.

<p>Infografis Tuntutan dan Alasan Buruh Tolak Kenaikan Harga BBM. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Tolak BLT

Kelompok buruh resah karena harga BBM naik. Padahal selama tiga tahun upah buruh tidak ada kenaikan. Buruh juga menolak bantuan langsung tunai (BLT) BBM dan Bantuan Subsidi Upah (BSU) bagi kelompok pekerja dengan upah Rp 3,5 juta per bulan. Ini dipandang tak tepat sasaran melihat kondisi di lapangan.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengungkap, kenaikan harga BBM akan memukul daya beli buruh hingga 50 persen. Ini akibat dampak dari pandemi Covid-19 yang belum pulih sepenuhnya serta tak adanya kenaikan upah buruh.

"Bahkan kalau kita lihat (data) BPS, nilai upah buruh bangunan dan petani juga turun nilai riil upahnya. Ditambah lagi dengan BBM kenaikan 30 persen mengakibatkan inflasi sampai 6,5-8 persen, itu Litbangnya Partai Buruh dan KSPI ya. Di beberapa pengamat ekonomi juga memprediksi demikian," tuturnya dalam Liputan6 Update, ditulis Selasa (6/9/2022).

Di samping itu, ia memprediksi biaya sewa kontrakan pun akan meningkat sekitar Rp 50.000-100.000. Alasannya, biaya sehari-hari pemilik kontrakan pun alami peningkatan, guna menopang nya, biaya kontrakan menjadi tumpuan.

"Itu tahun engga pemerintah yang kayak gitu, pasti Menteri Keuangan enggak ngerti, karena orang kaya dia itu," ujarnya.

"Oleh karena itu dampak yang paling kerasa itu daya beli (turun) sampai 50 persen. Upah enggak naik loh. 2023 menaker sudah menyatakan akan kembali menggunakan menyesuaikan dengan PP 36/2021. Artinya ini para buruh para pekerja gak naik upahnya. BBM naik, barang-barang naik, pukul daya belinya," Said Iqbal membeberkan.

Dampak lainnya, menurut Presiden Partai Buruh ini, kenaikan harga BBM subsidi meningkatkan ancaman pemutusan hubungan kerja (PHK). Ini kembali sebagai imbas dari kenaikan ongkos yang dikeluarkan oleh buruh, maupun perusahaan.

Misalnya, biaya logistik yang meningkat, bjaya ongkos transportasi yang meningkat, ongkos bus karyawan yang juga ikut meningkat. Kondisi ini memperparah sejumlah sektor yang belum pulih akibat pandemi Covid-19.

"Memang betul dia sudah menggunakan harga solar untuk produksi, harga keekonomiannya, diluarnya, bis karyawan, kemudian tunjangan transportasi, ada juga logistik kan naik semua, akhirnya apa? PHK untuk melakukan efisiensi. Itu ancaman loh, itu paham gak itu sampai kesitu," terangnya.

<p>Infografis Ragam Tanggapan Gelombang Demo Tolak Kenaikan Harga BBM. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>


Sikap Oposisi

Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi PKS Nurhasan Zaidi mengungkapkan bahwa tidak pernah ada kesepakatan antara pemerintah dengan komisi VII DPR soal kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Baik dalam pembahasan soal kenaikan BBM dalam rapat kerja (raker) atau rapat dengar pendapat (RDP).

Hal itu, dia sampaikan usai fraksinya walkout (WO) saat Sidang Paripurna DPR RI hari ini, Selasa (6/9/2022).

"Jadi begini saya jelaskan. Ini terlalu banyak alasan BBM untuk tidak naik. Kami komisi VII tidak pernah ada kesepakatan persoalan kenaikan BBM," kata Nurhasan di DPR, saat diwawancarai di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (6/9/2022).

Dia juga menyebut imbas kenaikan harga BBM menimbulkan banyak aksi masyarakat. Seperti hari ini, banyak massa yang menggelar aksi demo di depan DPR RI.

Menurutnya gelombang aksi demontrasi juga berlangsung tak hanya di DPR, melainkan di kota-kota besar di seluruh daerah.

"Sekarang gelombang demonstrasi dari seluruh kota kab provinsi untuk menolak kenaikan BBM. Jelas? Saya pikir ini tidak ada perdebatan untuk tidak naiknya BBM," ucap dia.

Sebelumnya ribuan buruh yang terdiri dari berbagai aliansi memadati kawasan depan gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, sejak pagi, Selasa (6/9/2022).

Kehadiran mereka untuk menyuarakan penolakan terhadap kebijakan pemerintah menaikan harga BBM bersubsidi.

Demo juga dihadiri Presiden Partai Buruh Said Iqbal. Dia mengatakan pihaknya menolak kebijakan pemerintah yang menaikkan harga BBM bersubsidi di tengah harga minyak dunia yang turun.

Iqbal memastikan, buruh akan terus melakukan perlawanan sampai pemerintah bersama DPR duduk bersama mengembalikan harga BBM, khususnya yang bersubsidi seperti Pertalite, Solar, dan Premium.

"Harga minyak di dunia dari hari ke hari semakin menurun bahkan kemarin harganya mencapai 89 dolar per barel. Harga yang dijadikan pertimbangan harga BBM adalah 100 dolar per barel, sungguh aneh sikap pemerintah ini," imbuhnya.


Perayaan Ultah di Tengah Pekik Demonstran

Hingga demo berakhir, pimpinan DPR nampak tidak menemui para pendemo. DPR nampak menjalankan aktivitas seperti biasa yakni menjalankan rapat komisi hingga sidang paripurna.

Pada pukul 13.30, Ketua DPR Puan Maharani memimpin sidang paripurna peringatan HUT ke-77 DPR. Dalam rapat paripurna juga beragendakan pengambilan keputusan RUU tentang pertanggungjawaban APBN TA 2021.

Pada awal sidang, Puan menyampaikan laporan kinerja DPR Tahun Sidang 2021-2022 dan dilanjutkan menyerahkan buku laporan kinerja DPR ke seluruh ketua fraksi dan kemudian pembacaan doa.

Setelah itu, Puan menutup agenda Rapat Paripurna Khusus, namun sebelum ditutup, pembawa acara memberi ucapan selamat ulang untuk Puan.

"Semoga panjang umur, sehat, dan sukses selalu, serta dalam lindungan Allah SWT. Amin ya rabbal alamin,"kata pembawa acara.

Kemudian para anggota DPR diminta berdiri dan menyanyikan lagu selamat ulang tahun untuk Puan.

"Mari kita nyanyikan bersama lagu ulang untuk Ketua DPR," ujar pembawa acara, diikuti pemutaran lagu Selamat Ulang Tahun dari Band Jamrud.

Usai rapat paripurna, Puan menyatakan pimpinan DPR masih melihat situasi sebelum memutuskan akan menemui pendemo atu tidak. Namun, ia menyebut DPR akan mendengar aspirasi para pendemo.

"Sampai saat ini kami akan lihat dulu. Namun, dari pernyataan atau aspirasi yang disampaikan Kami akan apa namanya mengakomodir aspirasi tersebut dan nanti akan kami sampaikan melalui komisi-komisi untuk dibicarakan dengan pemerintah," kata Puan.

Puan juga memastikan DPR akan mengawal kenaikan harga BBM. Ia juga memastikan akan menyampaikan aspirasi kepada pemerintah.