Dianggap Menjual Kesedihan Orang Miskin

Tanggapan Baim Wong dan Paula Verhoeven soal Kontennya yang Dianggap Menjual Kesedihan Kaum Kelas Bawah

Liputan6.com 2022-09-07 16:30:00
Baim Wong mengatakan, Paula Verhoeven dirawat di rumah sakit akibat demam berdarah. (Foto: Instagram @paula_verhoeven)

Baim Wong beberapa waktu belakangan tengah menjadi bahan pembicaraan warganet. Gara-garanya adalah konten-konten yang dibuat Baim Wong di YouTube-nya.

Banyak yang menganggap bahwa Baim Wong kerap membuat konten YouTube dari masyarakat kelas bawah hanya karena ingin mencari keuntungan. Salah satu yang cukup ramai dibicarakan adalah ketika ia mendatangi korban kebakaran di kawasan Simprug, Jakarta Selatan.

Saat menjadi bintang tamu di salah satu acara talk show, Baim Wong dan Paula Verhoeven diminta tanggapannya mengenai hal ini. Ia memilih tidak mau banyak menanggapi komentar miring dari warganet.

"Saya itu kalau mikirin apa kata orang nggak akan pernah maju ya," kata Baim Wong, dilansir dari tayangan YouTube TransTV Official pada Senin (5/9/2022).


Tak Sesempurna Itu

Begitupun saat Baim Wong menerima banyak pujian dari warganet soal kebaikannya yang sering berbagi. Ia lebih memposisikan diri sebagai orang yang senang melihat orang lain senang.

"Saya nggak pernah bilang saya baik, membantu orang, tiap ada yang bilang baik 'Im, gue seneng deh lu suka berbagi', saya nggak pernah suka dibilang itu, kita nggak sesempurna itu. Saya senang aja melihat orang senang," kata Baim Wong lagi.


Sedih

Sementara Paula Verhoeven mengaku bahwa ia sempat merasa sedih. Terlebih lagi, ketika warganet juga mengomentari hal-hal yang sudah masuk ke ranah kehidupan pribadi Baim Wong dan Paula.

"Pastinya kalau buat aku terutama lebih sedih ya, karena aku kan bukan dari dunia artis kan. Memang awal aku baru bareng sama Baim itu juga sesuatu yang mengagetkan, kehidupan pribadi kita jadi semua orang tahu. Aku lumayan syok dengan komentar-komentar orang," kata Paula Verhoeven.


Dukung Suami

Sebagai seorang istri, Paula Verhoeven tentunya lebih tahu apa yang sebenarnya terjadi dan bagaimana sosok suaminya itu. Oleh karenanya, ia tidak terlalu memikirkan anggapan negatif warganet.

"Sedih udah pasti, cuman yang tahu diri kita cuman aku dan Baim Wong, jadi buat aku apapun komentar orang, karena aku tahu suami aku seperti apa jadi aku selalu support aja. Aku baca, penasaran. tapi bukan tipikal yang meratapi aduh kok gini sih, nggak," kata Paula Verhoeven.

Banner Infografis Geger Akun Penyebar Hoaks di YouTube. (Liputan6.com/Trieyasni)

Semedi Saat Para Menteri Minta Lockdown

Cerita Jokowi Sempat Semedi Saat 80 Persen Menteri Minta Lockdown Akibat Pandemi

Liputan6.com 2022-09-07 11:02:51
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan keterangan seusai bertemu CEO Bukalapak Achmad Zaky di Istana Merdeka, Sabtu (16/2). Dihadapan awak media, Jokowi menegaskan mendukung penuh anak-anak

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan 80 persen anggota Kabinet Indonesia Maju meminta lockdown atau karantina wilayah sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19. Jokowi pun saat itu sempat melakukan semedi.

Terlebih, kata dia, 80 persen masyarakat juga mendesak pemerintah untuk melakukan lockdown. Selain itu, hampir 70 negara saat itu menerapkan lockdown.

"Di kabinet sendiri 80 persen minta lockdown, survei rakyat minta 80 persen lockdwon, tapi saat itu saya semedi!" kata Jokowi dalam acara Sarasehan 100 Ekonom Indonesia di Mega Kuningan Jakarta, Rabu (7/9/2022).

Dia pun memutuskan untuk tidak menerapkan kebijakan lockdown di Indonesia sebagai strategi mencegah meluasnya penularan Covid-19. Jokowi pun menilai keputusannya tersebut sangat tepat.

"Saya endapkan betul apa bener harus melakukan itu, dan jawabannya saya jawab, tidak usah lockdown," ujarnya.

Jokowi menyebut apabila kebijakan lockdown dapat berdampak terhadap perekonomian, sosial, dan politik di Indonesia. Menurut dia, kebijakan lockdown akan membuat perekonomian Indonesia menjadi minus 17 persen.

"Dan ternyata betul kalau lockdown mungkin kita bisa minus 17 persen," jelas Jokowi.


Pilih PSBB

Sebelumnya, Jokowi pernah menyampaikan Indonesia beruntung sejak awal memilih menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), bukan karantina wilayah atau lockdown dalam menangani pandemi virus corona (Covid-19).

Dengan kebijakan PSBB, masyarakat masih bisa beraktivitas di luar rumah meski terbatas.

"Kita beruntung sejak awal memilih kebijakan PSBB bukan lockdown atau karantina wilayah," kata Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Kamis (7/5/2020).


Bisa Beraktivitas Tapi Dibatasi

"Artinya, dengan PSBB masyarakat masih bisa beraktivitas, tetapi memang dibatasi. Masyarakat juga harus sadar membatasi diri, tidak boleh berkumpul dalam skala besar," sambung dia.

<p>Infografis Naik Turun Harga BBM Subsidi Era Jokowi (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Koruptor Ramai-Ramai Bebas Bersyarat

HEADLINE: Deretan Bekas Pejabat Koruptor Bebas Bersyarat Berjemaah, Ada Apa?

Liputan6.com 2022-09-08 00:02:10
Ratu Atut diperiksa sebagai saksi terkait dugaan korupsi dengan pemerasan proyek pengadaan alat-alat kesehatan (Alkes) di lingkungan Dinas Kesehatan Pemprov Banten dengan tersangka Tubagus Ch

Sebanyak 23 narapidana kasus korupsi bebas dari penjara pada Selasa 6 September 2022 kemarin. Para koruptor itu menghirup udara bebas setelah menerima program pembebasan bersyarat (PB) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

"Adapun narapidana tindak pidana korupsi yang telah diterbitkan SK PB-nya dan langsung dikeluarkan pada tanggal 6 September 2022," ujar Kabag Humas dan Protokol Ditjenpas Kemenkumham Rika Apriyanti dalam keterangannya, Rabu (7/9/2022).

Rika menyatakan, sepanjang Januari 2022 hingga September 2022, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas) Kemenkumham telah menerbitkan 58.054 SK PB/CB/CMB Narapidana semua kasus tindak pidana di seluruh Indonesia.

"Pada September 2022 terdapat sebanyak 1.368 orang narapidana semua kasus tindak pidana dari seluruh Indonesia yang mendapat pembebasan bersyarat, termasuk 23 koruptor," kata dia.

Tidak Transparan

Kriminolog Universitas Indonesia, Prof. Mustofa, menilai pemberian remisi yang bermuara pada pembebasan bersyarat tidak transparan dan cenderung bias.

"Karena sering kali ukurannya apa, berjasa? Berjasa itu kan ukuran-ukurannya tidak terukur, karena pernah ada napi korupsi karena dia uangnya banyak membiayai kegiatan dalam lapas, kemudian dianggap berjasa, dan memperoleh fasilitas khusus, kamar khusus yang kemudian menjadi skandal," kata Mustofa kepada Liputan6.com, Rabu (7/9/2022).

Pria lulusan University of Melbourne itu mengakui pembebasan bersyarat adalah hak untuk semua napi, cuma memang pernah dibuat pembebasan bersyarat yang membatasi remisi yang kemudian bermuara pada pembebasan bersyarat terhadap narapidana teroris, korupsi, dan lainnya.

"Tapi itu kan PP, kedudukannya di bawah UU. UU tidak pernah menyatakan bahwa narapidana tertentu tidak boleh memperoleh remisi maupun pembebasan bersyarat, jadi ukurannya kan harus UU bukan PP, nanti malah menjungkirbalikkan hirarki peraturan perundangan, karena PP kedudukannya di bawah UU."

Mustofa mengatakan, di beberapa negara memang dibuat UU tentang hukuman yang di dalamnya dimuat soal narapidana tertentu tidak berhak atas remisi, amnesti dan pembebasan bersyarat.

"Nah di kita, di UU itu tidak ada," ucapnya.


Dampak PP 99 Dicabut

Direktur Pusat Studi Konstitusi (Pusako) Universitas Andalas, Feri Amsari, mengatakan bahwa sejak MA membatalkan PP 99/2012, maka upaya menjerakan para koruptor terasa hilang.

Padahal, kata dia, sanksi berat kepada koruptor itu penting karena berkaitan dengan upaya mencegah terulangnya tindak pidana korupsi, bahkan mencegah orang yang berniat melakukan korupsi, sehingga mereka mengurungkan niatnya.

"Jadi tidak benar juga cerita pemerintah soal keinginan melakukan pencegahan pemberantasan korupsi jadi lebih maksimal. Toh itu kontradiktif dengan diringankannya hukuman para koruptor," kata Feri kepada Liputan6.com, Rabu (7/9/2022).

Ia menilai, terasa sekali ada upaya untuk kompromi dengan berbagai tingkah laku koruptif dan itu bisa dilihat dari diberlakukan remisi bagi koruptor.

Feri mengatakan, di periode pertama Presiden Jokowi juga pernah ada upaya mengubah PP 99. Tetapi diurungkan oleh Kemenkumham karena desakan dari masyarakat sipil.

"Sekarang tidak ada lagi relasi dengan kepentingan publik karena sudah periode kedua, maka dijalankan upaya-upaya untuk meringankan para politisi yang korup dengan pemberian remisi besar-besaran ini," tambahnya.

Lukai Nurani Masyarakat

Anggota Komisi III, Santoso, menyayangkan bebas bersyarat para koruptor yang semula adalah pejabat negara.

"Karena statusnya baik sebagai aparatur negara/jabatan publik lainnya, tapi malah melakukan pelanggaran korupsi dengan menyalahgunakan jabatannya," kata Santoso kepada Liputan6.com, Rabu (7/9/2022).

Ia menilai, pemotongan hukuman Jaksa Pinangki juga telah melukai hati nurani masyarakat. "Putusan bertentangan dengan nurani masyarakat adalah terhadap terdakwa Pinangki," kata dia.

Menurut Santoso, negara dan masyarakat harus memberi ruang terbatas agar koruptor tidak mudah memasuki jabatan publik.

"Negara ini tidak akan menjadi lebih baik jika para pelaku kejahatan yang tergolong besar dan merugikan rakyat banyak sudah sepantasnya diberi batasan jabatan oleh para penentu kebijakan/penguasa, parpol. Karakter bangsa ini adalah bangsa pemaaf, namun sampai kapan sifat pemaaf ini terus diberikan pada para koruptor," pungkasnya.

<p>Infografis Narapidana Koruptor Eks Pejabat Bebas Bersyarat Berjemaah. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>


Cederai Semangat Antikorupsi

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri menjelaskan, pembinaan para pelaku korupsi pasca putusan pengadilan memang menjadi kewenangan dan kebijakan Kemenkumham.

Namun, korupsi di Indonesia yang telah diklasifikasikan sebagai extraordinary crime, sepatutnya juga ditangani dengan cara-cara yang ekstra. Termasuk pelaksanaan pembinaan di LP sebagai bagian yang tak terpisahkan dari proses penegakan hukum itu sendiri.

Ali menjelaskan, penegakkan hukum kasus korupsi dimaksudkan untuk memberikan efek jera bagi para pelakunya, agar tidak kembali melakukannya di masa mendatang. Sekaligus pembelajaran bagi publik agar tidak melakukan tindak pidana serupa.

"Sehingga dalam rangkaian penegakkan hukum ini sepatutnya tidak ada perlakuan-perlakuan khusus yang justru akan mencederai semangat penegakan hukum tindak pidana korupsi," kata Ali Fikri kepada Liputan6.com, Rabu (7/9/2022).

KPK melalui kewenangan tugas penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan TPK memiliki kebijakan untuk memberikan efek jera bagi para pelaku korupsi. Baik melalui pidana pokok penjara badan maupun pidana tambahan seperti pencabutan hak politik ataupun merampas asetnya untuk memulihkan kerugian negara.

"Tercatat hingga Agustus 2022 ini KPK telah melakukan perampasan aset atau asset recovery sebesar Rp 303,89 miliar. Asset recovery tersebut berasal dari denda, uang pengganti, rampasan, penetapan status penggunaan (PSP) putusan inkracht TPK."

Untuk itu, guna memaksimalkan asset recovery dalam penegakkan hukum TPK, KPK juga terus mendorong pengesahan RUU Perampasan Aset.

"Agar pemberantasan korupsi tidak hanya untuk memberikan efek jera bagi para pelakunya, tapi juga memberikan sumbangsih penerimaan ke kas negara sebagai salah satu pembiayaan pembangunan nasional," ucap Ali Fikri.

Bakal Perberat Tuntutan

KPK menyatakan bakal memperberat tuntutan yang dilayangkan terhadap terdakwa kasus korupsi ke depannya. Keputusan ini diambil buntut dari banyaknya narapidana kasus korupsi alias koruptor yang menerima program pembebasan bersyarat (PB).

"Mungkin ke depan kalau misalnya ada terdakwa korupsi yang tidak kooperatif dan lain-lain misalnya, dalam tuntutan mungkin akan kita tambahkan, kalau itu pejabat publik, yaitu tadi mencabut hak dipilih dan mencabut supaya terdakwa tidak mendapatkan haknya selaku terpidana. Itu bisa dicabut," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, Rabu (7/9/2022).

Menurut Alex, yang memiliki kewenangan dalam memberikan hak pembebasan bersyarat memang bukan KPK. Namun, tim jaksa KPK bisa menuntut agar hakim mencabut hak para koruptor sebagai narapidana.

"Prinsipnya pembebasan bersyarat dan remisi itu hak (narapidana). Bisa enggak hak itu dicabut? Bisa. Siapa yang mencabut? Hakim. Atas apa? Atas tuntutan dari JPU (jaksa penuntut umum)," kata Alex.

Alex mengatakan, regulasi dalam PB bersyarat kali ini berbeda dengan sebelumnya. Jika sebelumnya KPK dilibatkan sebelum memberikan PB kepada koruptor, namun kini tidak lantaran putusan Mahkamah Agung (MA).

"Dulu kalau tahanan itu perkaranya dari KPK, itu dari rutan minta rekomendasi KPK. Sekarang dibatalkan itu PP oleh Mahkamah Agung (MA)," ucap Alex.

<p>Infografis Ragam Tanggapan Napi Eks Pejabat Ramai-Ramai Bebas Bersyarat. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>


Apa itu Bebas Bersyarat?

Pengertian bebas bersyarat dapat diketahui berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor 7 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 3 Tahun 2018 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat.

Bebas bersyarat adalah program pembinaan untuk mengintegrasikan narapidana dan anak ke dalam kehidupan masyarakat setelah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Apa arti bebas bersyarat itu termuat dalam Pasal 1 Ayat 5.

Syarat Pembebasan Bersyarat

Persyaratan bebas bersyarat dikutip dari Peraturan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia adalah sebagai berikut:

- Narapidana harus telah menjalani paling sedikit 2/3 (dua per tiga) masa pidana, dengan ketentuan 2/3 (dua per tiga) tersebut paling singkat 9 (sembilan) bulan

- Berkelakuan baik selama menjalani masa pidana paling sedikit 9 (sembilan) bulan terakhir dihitung sebelum tanggal 2/3 (dua pertiga) masa pidana

- Telah mengikuti program pembinaan dengan baik, tekun dan bersemangat

- Masyarakat dapat menerima program kegiatan pembinaan narapidana

- Bagi Anak Negara: Pembebasan Bersyarat dapat diberikan setelah menjalani pembinaan paling sedikit 1 (satu) tahun.

Dalam Pasal 83 Ayat 1 juga disebutkan bahwa pembebasan bersyarat dapat diberikan kepada narapidana dengan syarat telah melengkapi beberapa dokumen. Berikut dokumennya:

1. Salinan kutipan putusan hakim dan berita acara pelaksanaan putusan pengadilan

2. Laporan perkembangan pembinaan sesuai dengan sistem penilaian pembinaan narapidana yang ditandatangani oleh Kepala Lapas

3. Laporan penelitian kemasyarakatan yang dibuat oleh Pembimbing Kemasyarakatan yang diketahui oleh Kepala Lapas

4. Surat pemberitahuan ke kejaksaan negeri tentang rencana pengusulan pemberian Pembebasan Bersyarat terhadap narapidana pemasyarakatan yang bersangkutan

5. Salinan register F dari Kepala Lapas

6. Salinan daftar perubahan dari Kepala Lapas

7. Surat pernyataan dari narapidana tidak akan melakukan perbuatan melanggar hukum

8. Surat jaminan kesanggupan dari pihak keluarga, wali, Lembaga Sosial, instansi pemerintah, instansi swasta, atau yayasan yang diketahui oleh lurah, kepala desa, atau nama lain yang menyatakan bahwa:- Narapidana tidak akan melarikan diri dan/atau tidak melakukan perbuatan melanggar hukum- Membantu dalam membimbing dan mengawasi narapidana selama mengikuti program Pembebasan Bersyarat.

<p>Infografis Kasus 10 Napi Koruptor Eks Pejabat. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>


Daftar 23 Napi Korupsi yang dapat Pembebasan Bersyarat:

Lapas Kelas IIA Tangerang:

1. Ratu Atut Choisiyah binti almarhum Tubagus Hasan Shochib

2. Desi Aryani bin Abdul Halim

3. Pinangki Sirna Malasari

4. Mirawati binti H Johan Basri

Lapas Kelas I Sukamiskin:

1. Syahrul Raja Sampurnajaya bin H Ahmad Muchlisin

2. Setyabudi Tejocahyono

3. Sugiharto bin Isran Tirto Atmojo

4. Andri Tristianto Sutrisna bin Endang Sutrisno

5. Budi Susanto bin Lo Tio Song

6. Danis Hatmaji bin Budianto

7. Patrialis Akbar bin Ali Akbar

8. Edy Nasution bin Abdul Rasyid Nasution

9. Irvan Rivano Muchtar bin Cecep Muchtar Soleh

10. Ojang Sohandi bin Ukna Sopandi

11. Tubagus Cepy Septhiady bin TB E Yasep Akbar

12. Zumi Zola Zulkifli

13. Andi Taufan Tiro bin Andi Badarudin

14. Arif Budiraharja bin Suwarja Herdiana

15. Supendi bin Rasdin

16. Suryadharma Ali bin HM Ali Said

17. Tubagus Chaeri Wardana Chasan bin Chasan

18. Anang Sugiana Sudihardjo

19. Amir Mirza Hutagalung bin HBM Parulian

Istri RK Calon Wali Kota Bandung

Atalia Istri Ridwan Kamil Ramaikan Bursa Calon Walkot Bandung dengan Elektabilitas Tinggi

Liputan6.com 2022-09-07 14:54:41
Atalia Praratya. (Foto: Dok. Instagram @ataliapr)

Nama istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Atalia Praratya, masuk dalam sosok kandidat calon Wali Kota Bandung dalam Pemilihan Wali Kota Bandung 2024 versi lembaga survei Indonesia Political Research and Consultant (IPRC).

Dalam survei tersebut, nama Atalia Praratya bersanding dengan calon lain seperti Raffi Ahmad dan petahana Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

Menurut simulasi terbuka kandidat Calon Wali Kota Bandung versi IPRC, presentase elektabilitas Atalia Kamil ada di paling atas dengan perolehan 18,8%, diikuti Yana Mulyana 18,0%, disusul M Farhan 5,0%, Budi Dalton 2,9%, dan Raffi Ahmad 2,2%.

Sementara itu, Elpi Nazmuzzaman sebanyak 2,2%, Nurul Arifin 1,7%, Edwin Sendjaya 1,1%. Sedangkan, nama-nama lainnya seperti Siti Muntamah istri almarhum Oded M Danial, Sekda Kota Bandung Ema Sumarna dan Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan memiliki angka berada di bawah satu persen.

Adapun survei dilaksanakan pada periode 20-30 Juli 2022 dan dirilis oleh Indonesian Politics Research and Consulting (IPRC) di Kota Bandung, pada Jumat (2/9/2022) lalu.

Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling terhadap 1.002 responden di 30 kecamatan di Kota Bandung dengan margin error kurang lebih 3,2 persen.

"Kami menanyakan secara terbuka lebih jauh siapa kira-kira tokoh yang akan dipilih jika pilwakot hari ini. Menarik yang pertama dipilih masyarakat Kota Bandung Atalia Praratya 18,8 persen, Yana Mulyana 18 persen, M Farhan 5 persen, Budi Dalton 2,9 persen, Raffi Ahmad 2,2 persen," kata Direktur Operasional dan Data Strategis IPRC Idil Akbar dalam pemaparan hasil survei belum lama ini.

Selain itu, pihaknya juga menanyakan kepada responden terkait nama-nama yang akan dipilih jika Pilwalkot Bandung digelar saat ini dengan pertanyaan semi terbuka. Nama Yana Mulyana berada di urutan pertama dengan angka 21,8%, Atalia Praratya 20,9%, M Farhan 4,8%, Elpi Nazmuzzaman 3,4%, Budi Dalton 3,3% dan Nurul Arifin 2,2%.

"Secara kompetitif dua nama ini (Yana Mulyana dan Atalia Praratya) paling tinggi elektabilitas," ucapnya.

Pihaknya pun mengerucutkan pertanyaan yang sama dengan lima nama yang maju sebagai calon Wali Kota Bandung. Yana Mulyana masih berada di urutan pertama 30,8 persen dan Atalia Praratya 28,5 persen.

"Terlihat jelas bahwa secara de facto terlihat ada dua nama kompetitif, yaitu Yana Mulyana dan Atalia Praratya," ujarnya.


Kaget

Merespons hasil survei tersebut, Atalia tak mau menanggapi terlalu jauh. Ia mengaku baru mengetahui bahwa namanya menjadi unggulan di hasil survei IPRC.

"Tentu yang pertama kaget dulu dan mengucapkan terima kasih. Menurut saya ini sebuah penghargaan kepercayaan dari masyarakat, dan hal yang luar biasa," kata Atalia.

Atalia mengaku tak mau gegabah menanggapi hasil survei itu. Ia akan berkoordinasi dan berdiskusi dengan pihak keluarga terkait hasik survei itu.

"Kalau terkait dengan lainnya, saya masih belum bisa berpikir lebih jauh. Terutama karena saya seorang istri, seorang ibu, saya juga harus diskusikan," ucapnya.

Kendati masuk bursa calon Pilwakot 2024, Atalia mengaku tak pernah sedikit pun terlintas untuk masuk ke dalam survei kandidat pimpinan daerah.

Dalam setiap aktivitasnya, Atalia yang bersentuhan langsung dengan masyarakat semata-mata hanya kegemarannya untuk bergerak dalam kegiatan sosial.

"Saya enggak pernah berpikir apa yang saya lakukan ada kaitannya dengan jabatan apapun, posisi apapun. Jadi, saya mah ya senang aja, kayak panggilan jiwa jadi saya sih bergerak saja, melakukan banyak hal yang penting manfaatnya terasa oleh masyarakat," tuturnya.


Tanggapan Ridwan Kamil

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil tidak mengetahui secara pasti lembaga yang menyurvei istrinya itu. Namun iia akan tetap mempertimbangkan hasil survei dan mendiskusikan hal ini lebih lanjut bersama Atalia.

"Saya tidak hafal siapa yang menyurvei. Kedua, kami ini kan dalam dunia demokrasi objek survei. Menolak juga susah, mengatur juga enggak bisa, jadi kalau disurvei ada ya Alhamdulillah," kata Emil.

Deolipa Vs Kapolri, Siapa Menang?

Sidang Gugatan Eks Pengacara Bharada E Deolipa Lawan Kapolri Digelar Hari Ini

Liputan6.com 2022-09-07 07:30:47
Mantan pengacara Bharada E, Deolipa Yumara saat memberikan keterangan terkait pemecatan terhadap dirinya di Perumahan Bella Cassa, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. (Liputan6.com/Dicky Agun

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) akan menggelar sidang perdana gugatan perdata yang dilayangkan mantan pengacara Richard Eliezer alias Bharada E, Deolipa Yumara dan M Burhanuddin pada hari ini Rabu (7/9/2022).

"Sementara belum ada perubahan, (jadwal sidang) Rabu 7 September 2022," kata Kepala Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Haruno saat dikonfirmasi.

Dalam gugatan yang terdaftar dengan nomor perkara 753/Pdt.G/2022/ PN.JKT.SEL, tertulis dua penggugat atas nama Deolipa Yumara dan Muh Burhanudin. Keduanya melawan pihak tergugat yakni Richard Eliezer Pudihang Lumiu, Ronny Berty Talapessy, dan Kapolri cq Kabareskrim Polri.

Sebelumnya, mantan pengacara Bharada Richard Eliezer atau Bharada E, Deolipa Yumara dan M Burhanuddin telah mendatangi Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Senin (15/8/2022) dalam rangka melayangkan gugatan secara perdata.

"Hari ini kami sudah memasukkan, gugatan perbuatan melawan hukum, dari Pengacara Merah Putih," kata Deolipa di PN Jakarta Selatan.

Deolipa mengatakan gugatan itu berkaitan dengan pencabutan surat kuasa pendampingan hukum terhadap Bharada E dalam kasus penembakan yang menewaskan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Dalam gugatan ini, tercatat ada tiga pihak tergugat. Mereka adalah Bharada Richard alias E, Ronny Talapessy selaku kuasa hukum Bharada E saat ini, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo serta Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto.

"Intinya alasan kami menggugat adanya suatu dugaan penandatanganan surat kuasa baru, penandatangan pencabutan kuasa di bawah tekanan yang pertama," sebutnya.


Gugat Biaya Rp 15 Miliar

Faktor selanjutnya, kata Deolipa, surat pencabutan kuasa tersebut cacat formil. Kemudian, tidak ada alasan pembenaran atau dugaan pengosongan tanda tangan atau ada dugaan tanda tangan palsu.

"Tuntutan kami adalah intinya sih kami minta tetap saja kami sebagai pengacaranya yaitu mengabulkan gugatan penggugat untuk seluruhnya," kata dia.

Atas gugatan itu, Deolipa berharap nantinya hakim menyatakan surat pencabutan surat kuasa tertanggal 10 Agustus 2022 atas nama Richard Eliezer Pudihang Lumiu selaku tergugat I bisa dibatalkan demi hukum. Dan tergugat III sebagai itikad jahat dan melawan hukum.

Bahkan, Deolipa juga menggugat ketiga pihak tergugat untuk membayar uang sebesar Rp 15 miliar. Nilai tersebut guna membayar upah Deolipa dan Burhanuddin sebagai pengacara sebelumnya.

"Menghukum tergugat I, tergugat II dan tergugat III secara tanggung renteng untuk membayar biaya fee pengacara kepada para penggugat sebesar Rp15 miliar," sebutnya.

Reporter: Bachtiarudin Alam

Merdeka.com

<p>Infografis Pengakuan Baru Bharada E dan Pengajuan Justice Collaborator. (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Konser Rakyat Dewa 19

Dewa 19 Akan Menggelar Konser Rakyat Dalam Rangka 30 Tahun Berkarya di JIS

Liputan6.com 2022-09-07 15:00:00
Press Conferece konser 30 tahun Dewa19 berkarya

Grup band Dewa 19 sudah akan memasuki usia 30 tahun. Untuk merayakannya, Ahmad Dhani dan kawan-kawan akan menggelar konser .

Suami Mulan Jameela ini mengungkap bahwa konser 30 tahun berkarya Dewa 19 akan dihelat di Jakarta International Stadium (JIS) pada 12 November 2022. Kali ini, konser Dewa 19 akan dibuat untuk rakyat.

"Baladewa dan Baladewi patut berbangga karena Dewa 19 menjadi band Indonesia pertama yang mendapatkan show tunggal di Jakarta International Stadium," ungkap ayah Dul Jaelani, saat dijumpai di bilangan SCBD, Jakarta Selatan, Selasa (6/9/2022).

Bekerja sama dengan Jakarta Propertindo, Red Line Kreasindo dan Dewa 19 Restography, konser ini dibuat dengan harga yang cukup murah.


Ajang Reuni RCM

Konser yang mengusung tema "Dewa Restography" ini turut mengundang juga mantan vokalis Dewa 19, Ari Lasso dan Once Mekel. Acara ini juga menjadi ajang reuni bagi Republik Cinta Management (RCM).

"Nanti akan dihadirkan Mulan Jamela, Lucky Laki, The Virgin, Dewi Dewi. Tidak menutup Kemungkinan kalau Duo Maia mau ikut baguskan? Doakan saja supaya semua itu bisa terjadi," ungkap Ahmad Dhani.

Ahmad Dhani juga menjanjikan akan ada penampilan spesial yang belum pernah dibawakan di kota-kota sebelumnya.

"Kali ini ada empat vokalis dan empat drummer. Jadi, konser ini bakal lebih banyak tokoh-tokohnya di samping juga ini semacam reunian RCM (Republik Cinta Management)," ungkap mantan suami Maia Estianty.


Kilas Balik Dewa19

Sudah dipastikan untuk konser nanti, Dewa 19 akan membawakan lebih dari 30 lagu. Dan itu akan menjadi kilas balik Dewa 19.

"Sudah dipastikan wawan Juniarso akan membawakan lagu "Tidak Sedang Bercinta Lagi". Karena itu lagu yang kita bikin demonya, jadi memang semacam kilas balik sejarah lah, refleksi selama 30 tahun, napak tilas selama 30 tahun. Om Aksan pasti main lagu "Kirana", sesuai dengan album lagu-lagu mereka," tambahnya.

Ahmad Dhani memaparkan konser rakyat seperti yang akan digelar ini akan membuat semua kalangan Baladewa dan Baladewi bisa menikmati musiknya. Dan harga tiket juga dibandrol dengan yang termahal hanya Rp 450 ribu dan paling murah Rp 150 ribu.

"Kalau bisa dibilang, Baladewa dan Baladewi ini bisa dibagi dalam kelas A,B, C dan D. Selama ini hanya kelas A dan B saja yang bisa menikmati musik Dewa 19, maka dari itu dimulai dari JIS ini kita berharap yang C dan D juga bisa menikmati dan memang kita harus bekerja sama dengan Pemda dan Pemprov yang terkait, agar acara bisa terlaksana," ungkap Ahmad Dhani.


Persiapan JIS

Widi Amanasto, selaku Direktur Utama PT Jakarta Propertindo, menyebutkan sudah berdiskusi dengan Redline selaku promotor dan dari pihak Dewa 19, siap menampung puluhan ribu Baladewa dan Baladewi di Stadium JIS.

"Termasuk di ruangan FOP (field of play) ya pagar pemain itu akan kita tutup, sehingga di festival itu para penonton atau para Baladewa bisa menonton dari dekat panggung, kita siapkan juga. Sehingga bisa puluhan ribu insyaallah bisa lah. Mendekati kepada maksimum kapasitas penonton," ungkapnya di tempat yang sama.

Tak hanya bicara kapasitas stadium, ia juga akan menyediakan lahan parkir alternatif dan perhatikan security selama konser berlangsung.

<p>Infografis Elektabilitas Tokoh Kandidat Capres Versi 4 Lembaga Survei. (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Titik Jatuh Pesawat TNI AL Ditemukan

Titik Jatuh Pesawat TNI AL G-36 Bonanza Ditemukan

Liputan6.com 2022-09-07 17:17:59
Ilustrasi Kecelakaan Pesawat (Liputan6.com/Johan Fatzry)

Tim evakuasi TNI Angkatan Laut (AL) berhasil mengidentifikasi titik lokasi jatuhnya pesawat G-36 Bonanza T-2503. Tim evakuasi masih melakukan proses pencarian di perairan Barat Surabaya, Jawa Timur.

"Sampai sore ini perkembangan di lapangan telah menemukan titik pesawat itu yang diduga kerangka pesawat," ujar Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Laut Laksamana Muda Dwika Setiawan di Mabesal, Jakarta, Rabu (7/9/2022).

Dwika mengatakan, tim masih melakukan penyelaman ke dasar laut. Namun sampai saat ini bangkai pesawat belum ditemukan.

"Adapun kemungkinan penyebab kecelakaan masih kita dalami karena kita akan turunkan tim investigasi setelah pesawat ditemukan kemudian kita angkat (ke daratan)," kata dia.

Kecelakaan pesawat udara milik TNI AL terjadi saat tengah latihan. Pesawat jenis G-36 Bonanza T-2503 itu jatuh di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS).

"Pesawat mengalami kecelakaan saat Konvoi KRI melaksanakan latihan Anti Serangan Udara (Air Defense Exercise), dalam hal ini Bonanza berperan sebagai penyerang," dikutip dari keterangan tertulis Dinas Penerangan Koarmada II, dikutip Liputan6.com, Rabu (7/9/2022).


Penyebab Jatuhnya Pesawat Belum Diketahui

Menurut TNI AL, pihaknya masih belum mengetahui sebab jatuhnya pesawat T-2503 tersebut.

"Masih belum diketahui," tulis Koarmada II.

Saat ini, TNI Angkatan Laut mengerahkan 13 KRI, 1 KAL,1 Tim Kopaska, dan 1 Tim Penyelam dan dipimpin langsung Pangkoarmada II dan Komandan Guspurla Koarmada II.

Infografis Misteri Pesawat MH370, Jatuh di Hutan Kamboja? (Liputan6.com/Triyasni)

Bu Risma Marah-Marah Lagi

Menteri Risma Marah-Marah Lagi di Lokasi Pengungsi Banjir Sigi, Apa Pemicunya?

Liputan6.com 2022-09-07 14:47:25
Menteri Sosial, Tri Rismaharini bersama pejabat Pemkab Sigi saat meninjau lokasi banjir di Desa Pakuli Utara, Kabupaten Sigi, Rabu (7/9/2022). (Foto: Heri Susanto/ Liputan6.com).

Momen Tri Rismaharini memarahi petugas Tagana dan PKH Dinas Sosial itu terjadi sesaat setelah menteri sosial itu tiba di lokasi pengungsian korban banjir di Desa Pakuli Utara, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi, Rabu (7/9/2022).

Saat berada di dapur umum, mantan Wali Kota Surabaya itu langsung mengumpulkan para petugas PKH dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) setempat. Dia marah setelah menyaksikan para pengungsi sedang memasak tanpa dibantu petugas sosial.

Kemarahannya juga lantaran melihat beberapa petugas hanya sibuk merekam video di lokasi.

"Kalau bencana begini kalian bantu di sini bersama korban di dapur umum. Jangan kalian malah jalan-jalan. Mereka sudah susah. Copot itu rompi kalau memang tidak mau kerja. Malu saya," ketus Risma di hadapan para Tagana dan PKH di Desa Pakuli Utara, Rabu (7/9/2022).

Risma meminta petugas sosial memastikan kembali kebutuhan para pengungsi yang belum terpenuhi dengan intens menemani para korban.

Jumlah pengungsi akibat banjir di Desa Pakuli Utara, Kecamatan Gumbasa yang terjadi Selasa (6/9/2022) tercatat sebanyak 662 jiwa atau 182 KK.

Banjir itu juga merusak sawah-sawah warga dan Jembatan Gumbasa. Akibatnya akses ke Desa itu tidak bisa dilalui dengan kendaraan.


Simak video pilihan berikut ini:

PM Inggris Dukung Ukraina Lawan Rusia

PM Inggris Liz Truss Telepon Zelensky, Janji Dukung Ukraina Lawan Rusia

Liputan6.com 2022-09-07 12:38:21
Liz Truss mengenyam pendidikan tinggi di Oxford. (Instagram/@Elizabeth.truss.mp)

Perdana Menteri baru Inggris Liz Truss pada Selasa (6/9) menjanjikan dukungan penuhnya ke Ukraina dalam panggilan telepon kepada Presiden Volodymyr Zelensky, tak lama setelah menjabat.

"Dalam panggilan telepon pertamanya dengan seorang mitra sejak menjadi Perdana Menteri, dia menegaskan kepada pemimpin Ukraina soal dukungan penuhnya, dan Ukraina dapat bergantung pada bantuan Inggris untuk jangka panjang," kata seorang juru bicara.

Dikutip dari laman NDTV, Rabu (7/9/2022) mereka juga membahas "kebutuhan untuk memperkuat keamanan global dan langkah-langkah yang diperlukan untuk memotong dana yang memicu mesin perang," kata juru bicara itu.

"Para pemimpin menyesalkan upaya Putin untuk mempersenjatai sumber daya energi miliknya, dan Perdana Menteri mengatakan pemerasan Rusia tidak akan menghalangi Barat untuk memastikan Putin gagal."

Inggris telah menjadi sekutu setia Ukraina sejak Rusia melancarkan invasi pada 24 Februari 2022.

London telah menyalurkan perangkat militer, pendanaan, dan sumber daya pelatihan ke pasukan Kiev yang sekarang bertempur di selatan dan timur negara itu.

Menhan Inggris Sebut Rusia Semakin Sulit untuk Menduduki Ukraina

Menteri Pertahanan Inggris mengatakan bahwa Rusia sekarang tidak mungkin berhasil menduduki Ukraina.

Menhan Ben Wallace mengatakan bahwa invasi Rusia ke Ukraina telah "goyah" dan "mulai gagal", ketika ia menjanjikan lebih banyak dukungan keuangan dan militer untuk pertahanan negara Eropa timur itu, demikian seperti dikutip dari MSN News, Sabtu (12/8/2022).

Denmark bergabung dengan Inggris dalam menawarkan lebih banyak bantuan ke Ukraina pada sebuah konferensi di Kopenhagen pada hari Kamis, yang diselenggarakan bersama oleh Wallace.

Menteri Pertahanan mengatakan penting untuk memahami bahwa pertempuran dan hilangnya nyawa masih terjadi, tetapi menambahkan Rusia "mulai gagal di banyak bidang".

Dia menambahkan: "Mereka telah gagal sejauh ini dan tidak mungkin pernah berhasil menduduki Ukraina.

"Invasi mereka telah goyah dan terus-menerus dimodifikasi ulang sejauh mereka benar-benar hanya berfokus di bagian selatan dan di timur, sangat jauh dari apa yang disebut operasi khusus tiga hari mereka.

"Tiga hari sekarang lebih dari 150 hari dan hampir enam bulan, dengan kerugian besar yang signifikan dari kedua peralatan dan memang personel Rusia."

Menteri Pertahanan juga mengatakan: "Presiden Putin akan berjudi pada Agustus, datang beberapa bulan, kita semua akan bosan dengan konflik dan komunitas internasional akan pergi ke arah yang berbeda. Nah, hari ini adalah bukti sebaliknya.

"Kami telah keluar dari pertemuan ini dengan lebih banyak janji keuangan, lebih banyak janji pelatihan dan lebih banyak janji bantuan militer, semuanya dirancang untuk membantu Ukraina menang, untuk membantu Ukraina membela kedaulatannya dan memang untuk memastikan bahwa ambisi Presiden Putin gagal di Ukraina sebagaimana mestinya."


Pasokan Senjata Berlanjut, Stok Menipis

Wallace mengatakan sekutu harus segera mulai membeli senjata dari negara lain atau "memesan di pabrik untuk meningkatkan pasokan amunisi ke Ukraina" karena stok cadangan mereka sendiri habis.

Kementerian Pertahanan sebelumnya mengkonfirmasi akan mengirim lebih banyak senjata ke Ukraina untuk membantunya bertahan dari invasi Rusia.

Ini termasuk sistem roket multi-peluncuran, serta rudal berpemandu presisi yang dapat menyerang target hingga 50 mil jauhnya, yang dirancang untuk bertahan melawan artileri berat Rusia.

Inggris dan komunitas internasional tetap menentang perang ilegal ini dan akan berdiri bahu-membahu, memberikan bantuan militer defensif kepada Ukraina untuk membantu mereka bertahan melawan invasi Putin

Wallace mengatakan: "Dukungan berkelanjutan kami mengirimkan pesan yang sangat jelas: Inggris dan komunitas internasional tetap menentang perang ilegal ini dan akan berdiri bahu-membahu, memberikan bantuan militer defensif ke Ukraina untuk membantu mereka bertahan melawan invasi Putin."

Pasukan Ukraina telah dilatih di Inggris tentang cara menggunakan peluncur, dan Inggris juga telah berkomitmen untuk melatih 10.000 tentara Ukraina dalam keterampilan medan perang infanteri selama beberapa bulan mendatang.

Kanada, Denmark, Swedia, Finlandia, dan Belanda semuanya telah mengumumkan bahwa mereka akan mendukung program ini.

Inggris sebelumnya telah memasok Ukraina dengan berbagai senjata, termasuk peluncur rudal anti-tank NLAW, yang dianggap berperan penting dalam pertahanan awal melawan invasi Moskow.

Itu terjadi ketika Dana Internasional untuk Ukraina telah diperluas, dengan 250 juta dari total 1 miliar yang diberikan oleh Inggris untuk menyediakan peralatan militer dan dukungan lainnya kepada angkatan bersenjata.

Ini akan memastikan penyediaan senjata baru dan pemeliharaan serta perbaikan kit yang ada.


Inggris Kirim Drone Bawah Laut ke Ukraina untuk Bersihkan Ranjau Rusia

Kementerian Pertahanan Inggris mengumumkan pada hari Sabtu bahwa mereka mengirim drone bawah air ke Ukraina untuk membersihkan garis pantainya dari ranjau dengan tujuan membersihkan rute pasokan makanan, yang terperangkap selama berbulan-bulan karena invasi Rusia.

Personel Ukraina di Inggris akan dilatih dalam penggunaan mesin di perairan lepas pantai Ukraina, demikian seperti dikutip dari MSN News, Minggu (28/8/2022).

Portofolio pertahanan telah menetapkan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka akan mengirim, khususnya, enam kendaraan pemburu ranjau otonom.

"Tiga di antaranya akan diperoleh dari saham Inggris, tiga lainnya akan dibeli dari industri," bunyi missive tersebut.

Kendaraan otonom ini akan dirancang untuk digunakan di lingkungan pantai dangkal, karena mereka beroperasi secara efektif di 100 meter teratas.

Angkatan Bersenjata Ukraina dapat -- dengan drone ini -- mendeteksi, menemukan, dan mengidentifikasi ranjau menggunakan serangkaian sensor.


Bantuan Penting

Menteri Pertahanan Ben Wallace telah meyakinkan bahwa peralatan dan pelatihan ini "sangat penting" untuk membuat perairan ini "aman."

"Upaya sinis Rusia untuk menahan pasokan pangan dunia tidak boleh dibiarkan berhasil," katanya.

Eksekutif Inggris menuduh Moskow memiliterisasi makanan dengan menghancurkan pertanian Ukraina dan memblokade pelabuhan Laut Hitam untuk mencegah pengiriman ke seluruh dunia.

Pasokan telah dilanjutkan menyusul kesepakatan yang dinegosiasikan oleh PBB dan Turki dengan Kiev dan Moskow.

Namun, Kementerian Pertahanan Inggris telah mengindikasikan bahwa upaya untuk mengeluarkan makanan dari negara itu terus terhambat oleh ranjau laut pasukan Rusia.

Kepala Staf Angkatan Laut Inggris, Laksamana Sir Ben Key, telah menyatakan bahwa "pelatihan ini adalah demonstrasi kuat lainnya dari komitmen berkelanjutan Inggris terhadap Ukraina saat berjuang untuk mempertahankan negaranya dan mengusir agresi Rusia."

<p>Infografis Rencana Kunjungan Jokowi ke Ukraina-Rusia di Tengah Konflik (Liputan6.com/Triyasni)</p>

Nasib Konser Justin Bieber di Indonesia

Justin Bieber Rehat dari Tur Dunia, Fans Nantikan Kejelasan Nasib Konser di Indonesia

Liputan6.com 2022-09-07 15:30:00
Justin Bieber menghadiri The 2021 Met Gala di in New York City (13/9/2021). (AFP/Theo Wargo / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Pertengahan Juni 2022, Justin Bieber membuat penggemarnya kaget karena sebuah unggahan yang memperlihatkan wajahnya terlihat lumpuh sebelah. Rupanya ia menderita sindrom Ramsay Hunt, yang akhirnya membuatnya menunda sejumlah konser.

Pada Juli ia sempat melanjutkan tur konser bertajuk Justice ini, tapi kini suami Hailey Baldwin memutuskan untuk beristirahat dari sisa jadwal manggung. Diwartakan People dan E! News, pada Selasa (6/9/2022), langkah ini dilakukan demi memprioritaskan kesehatannya.

Dalam pernyataannya, Justin Bieber melakukan kilas baik soal sindrom yang ia derita.

"Awal tahun ini, aku mengumumkan pertarunganku melawan sindrom Ramsay Hunt, yang mana sebagian wajahku mengalami kelumpuhan," tulisnya dalam sebuah pernyataan di Instagram Stories.

Ia melanjutkan, "Akibat penyakit ini, aku tidak dapat menyelesaikan bagian Amerika Utara dari Justice Tour."


Alami Kelelahan

Selanjutnya, Justin Bieber bercerita soal keputusannya untuk kembali melanjutkan konser pada pertengahan Juli. Hanya saja, setelah enam kali manggung, ia mulai merasakan hal yang tak beres di tubuhnya.

"Pada akhir pekan lalu, aku tampil di Rock in Rio, dan aku mengerahkan seluruh kemampuanku kepada penonton di Brasil. Setelah turun panggung aku merasakan kelelahan yang amat sangat dan aku menyadari bahwa diriku harus memprioritaskan kesehatanku," Justin Bieber menjelaskan.


Ambil Waktu Istirahat

Pelantun "Peaches" ini melanjutkan, "Karena itu untuk sementara ini aku akan beristirahat dari tur. Aku tidak apa-apa, tapi aku butuh waktu untuk beristirahat dan memulihkan diri."

Di bagian akhir pesannya, Justin Bieber menyatakan bangga atas pencapaian tur konsernya sejauh ini, dan berterima kasih atas dukungan penggemar.

"Terima kasih atas doa dan dukungan kalian selama ini! Aku mencintai kalian semua dengan sepenuh hati!" ungkap Justin Bieber.

Saat mengungkap kondisinya yang menderita sindrom Ramsay Hunt, Justin menyebut ia terinfeksi virus yang menyerang saraf di telinga dan wajahnya. Meski kala itu bicara dengan setengah bagian wajah yang lumpuh, ia optimistis akan kembali sehat.


Nasib Konser di Indonesia?

Seperti diketahui, Justin Bieber dijadwalkan manggung di Stadion Madya Gelora Bung Karno Jakarta pada November 2022. Alhasil, pengumuman ini bikin fans di Tanah Air bertanya-tanya, apakah konser di Jakarta juga dibatalkan, atau diundur ke tanggal yang baru.

Sejumlah pembeli tiket menanyakan kepastian ini di akun media sosial Sound Rhythm dan PK Entertainment sebagai promotor. "Justice tour asia gmn kabarnyaa," tanya seorang warganet. Yang lain bertanya, "Update tentang jb indo kak gimana?ditangguhkan atau cancel?"

Akun Instagram dua promotor ini sendiri mengunggah kembali postingan dari penyelenggara AEG Presents Asia, yang bertuliskan bahwa mereka mendoakan agar Justin Bieber segera pulih. Ucapan ini lantas ditambahkan dengan pernyataan, "Our understanding is the Asia leg of the tour is set to continue as scheduled. Stay tuned for more updates."

Infografis Kelola Stress saat Pandemi Covid-19. Source: Liputan6