Mewarisi Gelar Putri Diana

Kate Middleton Resmi Warisi Gelar Lady Diana: Princess of Wales

Liputan6.com 2022-09-10 10:00:59
Kate Middleton memakai mahkota milik Putri Diana (John Stillwell / Dave GAYWOOD / AFP)

Catherine Middleton kini menjadi seorang putri. Ia telah mewarisi gelar Lady Diana, yakni Princess of Wales (Putri Wales). Gelar itu digunakan bagi istri dari pewaris takhta Kerajaan Inggris.

Pemilik terakhir dari gelar itu adalah Putri Diana yang meninggal tahun 1997. Istri kedua dari Raja Charles, yakni Camilla, tidak mendapatkan gelar tersebut meski telah menikah.

Berdasarkan laporan Daily Mail, Sabtu (10/9/2022), Kate Middleton menjadi Princess of Wales setelah meninggalnya Ratu Elizabeth II. Suaminya menjadi Prince of Wales dan Duke of Cornwall, gelar milik ayahandanya yang kini menjadi Raja Charles III.

Putri Catherine kini memiliki tiga gelar utama: Princess of Wales, Duchess of Cornwall, dan Duchess of Cambridge. Sumber dari kerajaan berkata Kate Middleton menghargai faktor historis dari gelar Princess of Wales, akan tetapi memilih membuat jalannya sendiri.

"Putri dan Pangeran Wales akan melaksanakan peran-peran mereka dengan cara yang sederhana dan rendah hati seperti mereka melaksanakan tugas mereka yang sebelumnya," ujar sumber tersebut.

Raja Charles III juga mengaku bangga mewariskan gelar Pangeran Wales dan Duke of Cornwall kepada anak sulungnya.

"Saya bangga menjadikannya Pangeran Wales. Tywysog Cymry, negara yang gelarnya saya mendapat privilese besar untuk emban selama kehidupan dan tugas saya," ujar Pangeran Charles dalam pidatonya.

Tywysog Cymry berarti Pangeran Wales di bahasa Wales. Sementara, Duke of Cornwall adalah gelar bagi putra tertua Monarki.

Perubahan-perubahan gelar sedang terjadi di keluarga kerajaan Inggris usai kematian Ratu Elizabeth II: Camilla telah menjadi ratu, kedua anak dari Pangeran Harry-Meghan Markle juga meraih gelar pangeran dan putri.


Camilla Jadi Ratu Pendamping Raja Inggris

Ratu Elizabeth meninggal dunia pada usia 96 tahun di Kastil Balmoral, Skotlandia. Ia menandakan datangnya era Pangeran Charles yang menjadi Raja Charles III dan pendampingnya, Camilla.

Sebagai istri dari Raja Charles III, status Camilla kini menjadi Queen Consort (Ratu Pendamping) atau permaisuri.

Posisi tersebut berbeda dari Ratu Elizabeth II yang merupakan Queen Regnant (Ratu Berkuasa).

Selama bertahun-tahun Camilla menjadi sorotan karena statusnya sebagai selingkuhan Charles. Dulu, Camilla merupakan mantan kekasih Pangeran Charles, dan hubungan mereka ternyata berlanjut setelah Charles menikahi Diana Spencer.

Camilla juga sebetulnya sudah punya suami, namun memilih Charles.

Reputasi Camilla pun masih terus dibayangi popularitas Putri Diana yang masih dicintai oleh para penggemar di seluruh dunia, meski sudah meninggal lebih dari dua dekade yang lalu.

Meski demikian, Ratu Elizabeth II telah merestui Camilla sebagai ratu (dengan gelar Queen Consort) untuk mendampingi Charles. Restu itu diberikan beberapa bulan sebelum ia meninggal dunia.

"Dan ketika, pada waktu yang tepat, putra saya Charles menjadi Raja, saya tahu kalian akan memberikannya dan istrinya dukungan yang sama seperti yang kalian berikan pada saya," tulis Ratu Elizabeth II dalam pernyataan resmi di Februari 2022.

"Dan ini keingingan saya yang tulus, ketika waktu itu tiba, Camilla akan dikenal sebagai Ratu Pendamping sebagaimana ia melanjutkan tugasnya yang setia."

Charles dan Camilla menikah pada tahun 2005. Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip tidak hadir di pernikahan, namun memberikan resepsi di Kastil Windsor.


Raja Charles III Menjadi Penguasa Inggris

Pangeran Charles kini telah menjadi Raja Charles III. Ia menjadi raja setelah ibunya, Ratu Elizabeth II, meninggal pada Kamis 8 September 2022.

Ratu Elizabeth II adalah penguasa Britania Raya yang paling lama berkuasa, yakni 70 tahun. Otomatis hal itu membuat Charles sebagai Pangeran Wales dengan durasi paling lama.

Pangeran Wales (Prince of Wales) adalah gelar untuk pangeran yang akan menjadi raja Britania Raya. Kini, gelar itu akan segera dimiliki oleh Pangeran William yang merupakan penerus takhta.

Raja Charles III adalah mantan suami dari Putri Diana. Mahligai rumah tangga keduanya sempat menjadi sorotan media internasional karena hubungan yang tidak harmonis. Charles juga diketahui menjalin hubungan dengan mantan kekasihnya: Camilla.

Konflik antara Charles dan Diana dianggap menjadi salah satu faktor mengapa Ratu Elizabeth II menyebut tahun 1992 sebagah annus horribilis (Tahun yang Buruk).

Sesuai namanya, Raja Charles saat ini adalah yang ketiga di sejarah Inggris. Raja Charles yang pertama lahir pada tahun 1600. Ia berkuasa pada 1625, namun kekuasaannya berakhir dengan kekacauan dan monarki sempat dihapus dari Inggris.

Charles selanjutnya adalah putra sulung dari Raja Charles I. Raja Charles II menjadi sosok di era Restorasi yang mengembalikan monarki. Ia juga dikenal sejarah sebagai raja yang populer karena sikapnya yang flamboyan.

Saat ini, usia Raja Charles III adalah 73 tahun. Ia pun menjadi raja tertua yang naik takhta di sejarah Inggris.


96 Dentuman Meriam Menggema di Inggris

Setelah 70 tahun bertakhta, Ratu Elizabeth II meninggal dunia dalam usia 96 tahun pada Kamis 8 September 2022. Sebagai bentuk penghormatan, 96 dentuman meriam menggema di seluruh Inggris.

Salah satunya, penghormatan berlangsung di Glacis Field, Fort Regent, Jersey. Sebanyak 96 peluru meriam ditembakkan Milisi Jersey 1781 dengan interval 10 detik mulai pukul 13.00 waktu setempat, untuk melambangkan setiap tahun kehidupan Ratu Elizabeth II.

96 peluru meriam juga ditembakkan melintasi langit London. Di Hyde Park, dentuman penghormatan untuk Ratu Elizabeth II dilakukan King's Troop Royal Horse Artillery dan di Tower of London oleh Honorable Artillery Company pada Jumat (9/9/2022).

Sebanyak 71 kuda, 36 di antaranya menarik meriam 13-pon era Perang Dunia Pertama, dikerahkan ke Hyde Park di pusat kota London menjelang penghormatan. Petugas polisi membersihkan jalur saat rombongan militer melaju melalui sudut tenggara taman.

Suara dentuman meriam terdengar di seluruh kota saat ribuan pelayat berbondong-bondong untuk memberikan penghormatan kepada Ratu Elizabeth II.

Tradisi yang berasal dari abad ke-15 ini merupakan tanda penghormatan dan juga sering digunakan dalam penghormatan militer dan acara-acara khusus Kerajaan Inggris.

<p>Infografis Ratu Elizabeth II, Penguasa Terlama di Kerajaan Inggris. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Charles Bela Camilla

Raja Charles III Naik Takhta Gantikan Mendiang Ratu Elizabeth II: Saya Mengandalkan Bantuan Istri Tercintaku, Camilla

Liputan6.com 2022-09-11 09:00:00
Queen Consort Camilla dan Raja Charles. (Dominic Lipinski/PA via AP)

Salah satu hal yang diungkapkan Raja Charles III dalam pidato pertamanya di depan publik setelah naik takhta adalah tentang sang istri, Camilla. Diwartakan People, Sabtu (10/9/2022) ia secara resmi telah memberi gelar Queen Consort atau Permaisuri kepada wanita 75 tahun tersebut, dalam penampilan pertamanya di TV sebagai seorang raja.

Raja Charles mengungkap akan banyak bersandar kepada Camilla---yang sebelumnya bergelar sebagai Duchess of Cornwall---untuk posisi barunya ini.

"Saya mengandalkan bantuan penuh kasih dari istriku tercinta, Camilla," tutur putra sulung mendiang Ratu Elizabeth II tersebut.

Ditambahkan, "Sebagai pengakuan atas pelayanan publiknya yang begitu setia sejak pernikahan kami pada 17 tahun yang lalu, dia menjadi Permaisuriku."


Yakin dengan Kemampuan Istri

Dalam pidato yang digelar di Blue Drawing Room, Istana Buckingham, Raja Charles memahami bahwa gelar baru yang disandang sang istri akan memberikan tanggung jawab yang lebih besar kepada wanita ini.

"Saya tahu dia akan memenuhi tuntutan dari peran barunya ini, dengan pengabdian yang teguh terhadap tugasnya, dan hal ini sangat saya andalkan," kata Raja Charles.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Pangeran Wales

Selain sang istri, Raja Charles juga memberikan gelar baru untuk anak sulungnya, Pangeran William.

"Keturunan saya, William sekarang mendapatkan gelar Skotlandia yang sangat berarti bagi saya," kata Raja Charles. Pangeran William juga menggantikan sang ayah sebagai Duke of Cornwall.

"Hari ini, saya bangga mengangkatnya sebagai Pangeran Wales, Tywysog Cymru, yang gelarnya sangat saya sanjung selama hidup dan tugas saya," tuturnya. Tywysog Cymru sendiri adalah bahasa Welsh dari gelar ini.


Sebut Pangeran Harry dan Meghan Markle

Pangeran Harry dan sang istri, Meghan Markle, juga tak luput disertakan dalam pidato Raja Charles.

"Aku juga ingin mengungkapkan cintaku kepada Harry dan Meghan, yang terus membangun kehidupan mereka di luar negeri," begitu pernyataan Raja Charles.

Pangeran Harry sendiri diketahui langsung bertolak ke Balmoral, begitu dikabarkan bahwa kondisi kesehatan sang nenek mengkhawatirkan. Ia dan Meghan diperkirakan akan berada di Inggris selama masa berkabung.

<p>Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Ferdy Sambo Bantah Tawarkan Duit

Ferdy Sambo Bantah Tawarkan Uang kepada Bharada E dan Bripka RR

Liputan6.com 2022-09-10 14:28:19
Sebuah layar TV menampilkan Mantan Kepala Divisi (Kadiv) Propam Irjen Ferdy Sambo menjalani sidang kode etik terkait kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J alias Nofryansyah Yoshua H

Kuasa Hukum Ferdy Sambo, Arman Hanis, membantah tudingan Bripka RR dan Bharada E yang mengaku disodori sejumlah uang oleh kliennya dengan alasan bentuk terima kasih telah menjaga Putri Candrawarthi, terkait kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J.

"Atas dugaan tersebut klien kami sudah membantah dalam pemeriksaan sebagai tersangka serta didukung pada saat konfrontasi yang dilakukan di antara seluruh tersangka," tutur Arman kepada wartawan, Sabtu (10/9/2022).

Menurut Arman, tidak ada bukti terkait adanya sejumlah uang yang disodorkan dengan alasan bentuk terima kasih telah menjaga Putri Candrawathi.

"Faktanya tidak ada satu pun bukti atas dugaan tersebut hingga proses hukum ini berlangsung. Nanti pada saat di pengadilan, fakta-faktanya akan diuji secara transparan. Kita tunggu," kata Arman.

Kuasa Hukum Bharada Richard Eliezer alias Baharad E, Ronny Talapessy menyampaikan bahwa kliennya juga disodorkan uang terima kasih karena telah menjaga Putri Candrawathi dari Ferdy Sambo (FS), terkait kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J.

"Iya betul, jadi inisiasinya bukan datang dari klien saya, tapi dari FS. Itu pun kilen saya tidak ambil karena itu," tutur Ronny kepada wartawan, Sabtu (10/9/2022).


Disodorkan Uang

Diketahui, melalui kuasa hukumnya, tersangka Ricky Rizal alias Bripka RR mengakui bahwa Mantan Kadiv Propam, Irjen Pol Ferdy Sambo sempat menyodorkan uang setelah insiden penembakan Brigadir J alias Nopriansyah Hutabarat.

"Ini kan (uang) setelah skenario Sambo menyampaikan bahwa ini ada uang," kata Kuasa Hukum Bripka RR, Erman Umar, kepada wartawan, Kamis 8 September 2022.

Erman mengungkapkan, saat Ferdy Sambo menyodorkan uang, ternyata bukan untuk janji karena telah membantu insiden penembakan yang berujung pembunuhan Brigadir J. Dari pengakuan Bripka RR, Sambo malah mengucapkan terimakasih karena telah menjaga istrinya, Putri Candrawathi.

"Kalimatnya dalam BAP (Berita Acara Pemeriksaan Bripka RR) yang saya baca itu 'Karena Kalian Sudah Menjaga Ibu'. 'Nih ada uang' tetapi kalimatnya bukan ini. Dalam BAP yang saya baca itu karena dia sudah menjaga ibu, bukan karena masalah (pembunuhan berencana)," kata Umar.

Namun demikian, Umar tidak menutup kemungkinan apabila keterangan yang disampaikan Bripka RR terkait pemberian uang itu disanggah maupun berbeda dalam BAP Ferdy Sambo.

"Tapi itu bisa saja (berbeda). Itu Sambo bisa seperti itu, pasti beda-beda itu dalam BAP," terangnya.

Namun demikian, Erman memastikan jika uang tersebut tidak diterima oleh Bripka RR. Karena ketika disodorkan, uang tersebut langsung diambil kembali oleh Ferdy Sambo dan baru akan diberikan apabila kasus dihentikan.

"Tapi sudah diambil lagi sama Pak Sambo karena seolah-olah untuk perkembangan kasusnya lihat nanti. Untuk SP3 atau apalah (uang itu). Tapi disebut juga Pak Sambo kan enggak ngakuin. Waktu rekonstruksi seingat saya agak beda," ujarnya.


Gawai Baru

Sebelumnya, Bharada E alias Richard Eliezer mengaku mendapatkan gawai baru merek Iphone dan disodorkan sejumlah uang oleh Ferdy Sambo usai insiden berdarah pembunuhan Brigadir J. Demikian pengakuan itu didapat Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK)

"Iya diganti. Iya benar dikasih hp baru, Iphone. (Jenisnya) Saya gak tau jenisnya," kata Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi Pasaribu.

Edwin tidak tahu maksud pemberian gawai baru tersebut. Namun yang jelas, selain Bharada E, adapula Kuat Maruf, dan Bripka RR yang mendapatkan handphone tersebut.

"Diberikan oleh FS, ke Bharada E, KM dan RR," ucapnya.

Adapun, Edwin mengatakan jika usai diberikan handphone baru tersebut. Pihaknya masih mendalami terkait kemana gawai lama milik Bharada E yang diduga menyimpan sejumlah barang bukti.

"Enggak tahu (gawai lamanya). Nanti itu masih kami dalami," tuturnya.

Meski belum jelas motif pemberian handphone baru tersebut, namun Edwin mengatakan jika apa yang diberikan oleh Ferdy Sambo juga berbarengan dengan ditunjukan sejumlah uang dengan mata uang asing yang dijanjikan Mantan Kadiv Propam tersebut.

"Kan ketika pemberian hp itu ada ibu PC. Kan pemberian hp itu kan satu paket dengan pemberian amplop yang berisi uang. Tapi bukan diberikan, baru ditujukan kepada masing ke Bharada E, RR, dan KM. Uang itu diduga, bukan mata uang rupiah," kata dia.

"Ya tapi dijanjikannya udah ditunjukin langsung ke depan orang-orangnya. Diserahkan buat dilihat, tapi kemudian ditarik lagi. Katanya dikasih kalau sudah SP3, dihentikan perkaranya" tambahnya.

<p>Infografis Putri Candrawathi Istri Ferdy Sambo Jadi Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Menikah Akhir Tahun 2022

Kaesang Segera Nikahi Erina Gudono Desember 2022

Liputan6.com 2022-09-11 13:29:36
Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep akan segera menikah dengan Erina Gudono pada Desember 2022.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Jalinan asmara yang dirajut putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dengan jebolan Puteri Indonesia, Erina Gudono sepertinya bakal berlabuh ke pelaminan.

Rencananya Jokowi bakal menikahkan putra bungsunya itu pada Desember 2022 di Solo.

Pernikahan Kaesang dan Erina terungkap saat Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa saat memberikan sambutan mewakili Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka pada pembukaan grand final e-sport di GOR Sritex Arena, Sabtu (10/9/2022) sore.

Teguh mengungkapkan bahwa Gibran tidak bisa menghadiri acara itu karena sedang ada acara keluarga di Yogyakarta.

"Yang pertama, kami mohonkan izin pak wali kota ini di akhir menuju bulan Desember disibukkan dengan akan mantu terakhirnya Pak Presiden. Jadi Mas Kaesang mungkin di penghujung Desember akan ada pernikahan di Kota Surakarta," kata Teguh Prakosa dalam sambutannya.


Gibran Sibuk Urus Pernikahan Adiknya

Mengingat waktu yang sebentar, Gibran pun sibuk Solo-Jogja untuk membahas rencanan pernikahan karena Erina Gudono berasal dari Yogyakarta. "Jadi beliau kalau Sabtu Minggu ke Jogja untuk komunikasi dengan keluarga (Erina)," ucap Teguh.

Sepertinya tak butuh waktu lama bagi Kaesang untuk memantapkan diri menuju jenjang pernikahan. Hubungan yang tak kurang dari setahun itu berlabuh ke pelaminan.

Kisah asmara Kaesang dan Erina Gudono diketahui publik ketika mereka tepergok menonton laga Persis Solo di Stadion Manahan, Solo pada Juni 2022 lalu.

Setelah itu, mereka pun tak malu-malu membagikan kebersamaan melalui Instagram pribadinya. Erina pun juga terlihat dekat dengan Kahiyang.

Erina pernah membagikan kebersamaannya dengan keluarga Kahiyan dan Bobby Nasution pada Agustus 2022 lalu. Erina ikut merayakan ulang tahun kedua anak Kahiyang, Sedah Mirah dan Al Nahyan.


Saksikan Video Pilihan Ini:

Janji Pangeran William pada Ratu Elizabeth II

Janji Pangeran William pada Ratu Elizabeth II: Dukung Charles III sebagai Raja Inggris

Liputan6.com 2022-09-11 13:00:27
Ratu Elizabeth II, Pangeran William, dan Kate Middleton (dok. Instagram @kensingtonroyal/https://www.instagram.com/p/Bxsgw0yFf6Z/Putu Elmira)

Pangeran William telah memberikan penghormatan kepada Ratu Elizabeth II. Ia mengatakan bahwa dunia telah "kehilangan seorang pemimpin yang luar biasa."

Mengutip dari laman BBC, Minggu (11/9/2022) Pangeran Wales yang baru mengatakan "dia berada di sisi saya pada saat-saat paling bahagia saya. Dan dia berada di sisi saya selama hari-hari paling menyedihkan dalam hidup saya".

Dia mengatakan dia akan "menghormati" kenangan neneknya, dengan mendukung ayahnya sebagai raja, dan dengan segala cara lain yang pangeran dapat lakukan.

Sang pangeran sekarang berada di urutan pertama dalam garis takhta setelah ayahnya menjadi raja.

Sang Ratu sendiri raja yang paling lama berkuasa dalam sejarah Inggris, meninggal dengan damai pada usia 96 tahun pada hari Kamis di tanah Skotlandia di Balmoral.

Dalam sebuah pernyataan, Pangeran William berkata: "Pada hari Kamis, dunia kehilangan seorang pemimpin yang luar biasa, yang komitmennya terhadap negara, kerajaan, dan Persemakmuran adalah mutlak.

Begitu banyak yang akan dikatakan di hari-hari mendatang tentang makna pemerintahannya yang bersejarah. Namun, saya telah kehilangan seorang nenek."

Dia melanjutkan: "Dia berada di sisi saya pada saat-saat paling bahagia saya. Dan dia berada di sisi saya selama hari-hari paling menyedihkan dalam hidup saya.

Saya tahu hari ini akan datang, tetapi akan ada beberapa waktu sebelum kenyataan hidup tanpa Grannie akan benar-benar terasa nyata."


Duka atas Kehilangan

Pria berusia 40 tahun itu mengatakan bahwa sementara dia akan "berduka" atas kehilangan Ratu, dia juga merasa "sangat bersyukur" karena "telah mendapatkan manfaat dari kebijaksanaan dan kepastian Ratu" sepanjang hidupnya.

"Ketiga anak saya harus menghabiskan liburan bersamanya dan menciptakan kenangan yang akan bertahan sepanjang hidup mereka," tambahnya.

Dia menambahkan: "Nenek saya terkenal mengatakan bahwa kesedihan adalah harga yang kita bayar untuk cinta. Semua kesedihan yang akan kami rasakan dalam beberapa minggu mendatang akan menjadi bukti cinta yang kami rasakan untuk Ratu kami yang luar biasa."

Beberapa saat setelah William merilis pernyataannya, diumumkan bahwa pemakaman Ratu akan diadakan pada hari Senin, 19 September, di Westminster Abbey.


Suka Game Bowling di Nintendo Wii Gara-Gara Pangeran William

Ratu Elizabeth II dikenal suka berolahraga seperti tenis hingga berkuda. Di samping itu, ia juga dilaporkan suka bermain Nintendo Wii dengan cucu-cucunya, khususnya game bowling Wii Sports.

Mengutip The Daily Star, Sabtu (10/9/2022), sumber Istana Kerajaan Inggris mengatakan, ketertarikan Ratu pada konsol Wii terjadi ketika di Natal di Sandringham, Pangeran William mendapatkan hadiah dari Kate Middleton.

William, masih berusia 25 tahun mendapatkan hadiah dari sang pacar saat itu pun memainkannya, di mana saat itu Elizabeth melihatnya bermain dan memintanya untuk bergabung."Ketika dia melihat William bermain game setelah makan siang di Sandringham, dia pikir Nintendo terlihat menyenangkan dan memohon untuk bergabung," kata sumber istana kepada The People pada tahun 2008.


Proklamasi Raja Charles III

Raja Charles III secara resmi diproklamirkan sebagai raja sebelumnya pada upacara di Istana St James di London.

Pangeran William adalah orang pertama yang menandatangani Proklamasi, dengan hati-hati melangkah maju untuk mengambil pena dengan tangan kirinya sebelum membubuhkan tanda tangannya pada catatan bersejarah tersebut.

Pada hari Jumat, Raja Charles III mengumumkan bahwa Pangeran William dan istrinya Catherine akan dikenal sebagai Pangeran dan Putri Wales.

<p>Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

V BTS Pakai Perhiasan Seharga Rp1 M

Jadi Sampul Majalah Vogue, V BTS Pakai Perhiasan Seharga Rp1 Miliar

Liputan6.com 2022-09-11 13:02:19
Tampilan Kim Taehyung aka V BTS Selama di Paris,credit: Instagram @thv

Personel boy group Korea Selatan BTS, V, dikenal punya pesona karismatik yang kerap sukses melelehkan hati wanita. Tak jarang penampilan memukau V BTS membuat ARMY, sebutan penggemar BTS, semakin menyukainya.

Baru-baru ini pria bernama asli Kim Taehyung tersebut menjadi model sampul majalah Vogue Korea. Pada tiga kover yang ditampilkan, fashion mewah bukan menjadi fokus utama.

V tampak karismatik dengan visual memukau dan tatapan yang menggetarkan hati. Banyak yang memui penampilan V dan keberhasilannya menjadi sampul majalah mode terkemuka itu. Meski begitu, siapa sangka perhiasan yang ia gunakan memiliki harga yang fantastis.

Pria yang dikabarkan sedang dekat dengan Jennie BLACKPINK ini mengenakan pakaian dari Miu Miu F/W 2022 dan tampak sangat cocok dengannya. Meski simpel, aura kekayaan tetap dapat terasa pada foto-foto V yang dibagikan majalah Vogue ini.

Pada foto pertama, pria berusia 26 tahun ini tampak rapi menggunakan polo putih. Melansir dari Koreaboo, Minggu (11/9/2022), ia mengenakan perhiasan Cartier dengan harga mencapai ratusan juta rupiah.

Jam tangan Panthre de Cartier yang ia kenakan dibanderol dengan harga 24.800 dolar AS atau sekitar Rp367,7 juta. V BTS juga memakai gelang seharga 27 ribu dolar AS atau sekitar Rp400 juta dan cincin Panthre de Cartier senilai 10.900 dolar AS atau sekitar Rp161 juta. Perhiasan yang ada di tubuhnya saat itu pun mencapai lebih dari Rp920 juta.


Zamrud dan Berlian

Untuk foto kedua, perhiasan yang dikenakan pun tak kalah mencengangkan. Ia memakai kalung emas putih dengan zamrud dan berlian dari Cartier.

Kalung tersebut harganya juga termasuk tinggu yaitu 26.700 dolar AS atau sekitar Rp395 juta. Pada foto ketiga, V BTS mengenakan kalung yang sama seperti sebulumnya dan juga anting-anting Panthre de Cartier dengan harga 46.600 dolar AS atau sekitar Rp690 juta.

Penampilan ketiganya ini sontak membuat dirinya mengenakan perhiasan senilai Rp1 miliar sekaligus. Tak hanya prestasi dan penampiannya yang menarik perhatian para penggemarnya. Kehidupan pribadi V BTS juga banyak disorot publik.

Setelah sempat meredup, gosip hubungan asmara antara V BTS dan Jennie BLACKPINK baru-baru ini mencuat lagi. Gara-garanya adalah foto yang diambil di sebuah salon yang beredar pada 23 Agustus 2022 lalu.

Diwartakan Soompi, Kamis (25/8/2022), dalam foto tersebut ada dua sosok yang mirip dengan dua idol top Korea ini. Rumor ini makin "digoreng" begitu warganet menyadari bahwa member BTS dan BLACKPINK punya agenda yang hampir bersamaan di Amerika Serikat.


V dan Jennie BLACKPINK

V sendiri berangkat ke New York pada 24 Agustus kemarin. Sementara BLACKPINK juga akan menuju Negeri Paman Sam sehari setelahnya. Agensi Blackpink, YG Entertainment langsung angkat suara soal rumor ini. YG Entertainment memberikan respons yang mengaitkan dengan jadwal Blackpink di Amerika Serikat.

Mengenai foto salon yang diduga banyak orang sebagai potret V bareng Jennie, YG memilih mingkem. "Blackpink akan berangkat pada 25 Agustus, dan mereka akan sibuk dengan jadwal yang ketat di Amerika Serikat, termasuk penampilan di MTV Video Music Awards serta kegiatan promosi untuk album penuh kedua mereka," tutur perwakilan YG Entertainment.

Pada Mei lalu, rumor serupa juga berkembang gara-gara foto yang diduga banyak warganet menampilkan V dan Jennie tengah bersama. Foto tersebut konon merupakan momen perjalanan keduanya di Pulau Jeju.

Kala itu, opini publik terbelah. Ada yang percaya sosok dalam foto ini benar-benar sosok kedua idol. Tapi tak sedikit pula yang meragukan.YG Entertainment merilis pernyataan singkat---yang tak memberikan konfirmasi atau penyangkalan---atas rumor ini. "Kami tak punya sesuatu untuk dikatakan (terkait hal ini)," ujar perwakilan agensi.


Popularitas V dan Jennie

Sementara itu, Jennie Blackpink masuk dalam daftar top Instagram influencers di Amerika. Artis K-pop lainnya yang juga masuk daftar ini adalah V BTS dan Lisa Blackpink. Ketiganya masuk dalam urutan 10 besar bersama seleb Hollywood terkenal seperti Kylie Jenner, Selena Gomez hingga Ariana Grande.

Dikutip dari Inquirer, V BTS berada di urutan 6. Sementara Jennie BLACKPINK dan Lisa BLACKPINK masing-masing berada di urutan 7 dan 9. Di urutan pertama ada Kylie Jenner yang diketahui memiliki 361 juta pengikut di Instagram. Di peringkat selanjutnya ada Selena Gomez, Ariana Grande, Kendall Jenner dan Zendaya.

Ini bukan pertama kalinya V BTS alias Kim Taehyung membuktikan popularitasnya melalui jumlah pengikut Instagram-nya. Anggota BTS memecahkan dua Guinness World Records pada bulan Desember tahun lalu dan dinobatkan sebagai individu tercepat terkat jumlah followers di Instagram.

Saat berita ini ditulis, V memiliki 48,2 juta pengikut Instagram. Sementara itu, Jennie sejauh ini telah mengumpulkan 68,4 juta pengikut di platform tersebut, sementara Lisa memiliki 80,4 juta pengikut.

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion. (Liputan6.com/Triyasni)

Dilaporkan Para Dukun

Atta Halilintar dan Gus Miftah Dilaporkan Pengacara Persatuan Dukun Atas Dugaan Pelanggaran UU ITE Terkait Fitnah dan Penghinaan

Liputan6.com 2022-09-11 14:30:22
Atta Halilintar dan Gus Miftah Dilaporkan Pengacara Dukun Atas Dugaan Pelanggaran UU ITE Terkait Fitnah dan Penghinaan. (YouTube Atta Halilintar)

Masalah mengenai Pesulap Merah yang membongkar kebohongan dukun-dukun, kini kian melebar. Masalah ini bahkan sampai menyeret nama Atta Halilintar dan Gus Miftah.

Atta Halilintar dan Gus Miftah dilaporkan oleh pengacara persatuan dukun yaitu Firdaus Oiwobo. Keduanya dilaporkan atas dugaan pelanggaran UU ITE mengenai fitnah dan penghinaan.

"Alhamdulillah laporan hari ini diterima oleh Polres Jakarta Selatan terkait dugaan pelanggaran Undang-Undang ITE pasal 27 ayat 3 juga juncto pasal 45, isinya mengenai fitnah dan penghinaan di media sosial," ujar Firdaus Oiwobo, dilansir dari tayangan di kanal YouTube Cumicumi pada Sabtu (10/9/2022).


Dugaan Penghinaan

Firdaus Oiwobo mengatakan bahwa Gus Miftah diduga melakukan penghinaan kepada para dukun secara umum sehingga merasa martabatnya direndahkan.

"Yang dilaporkan YouTuber AH (Atta Halilintar) dan GM (Gus Miftah) jadi yang kami laporkan atas konten penghinaan yang mengatakan bahwa 'istri dukun itu jelek dan merongos'," kata Firdaus lagi.

"Lalu Gus Miftah juga berbicara di podcast Atta Halilintar mengatakan bahwa beliau menganalogikan bahwa 'orang yang datang ke dukun itu orang bodoh, kenapa disebut orang pinter, karena yang datang orang bodoh semua', lalu banyak lagi hinaan-hinaan yang dilontarkan oleh keduanya," sambungnya.


Masalah

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Firdaus Oiwobo memang sempat diundang ke podcast Atta Halilintar. Namun Atta Halilintar merasa bersalah telah mengunggah podcast tersebut dan kemudian langsung menghapusnya.

Tak lama setelahnya, giliran Gus Miftah yang hadir di podcast Atta Halilintar untuk membahas mengenai fenomena dukun. Dalam podcast itu lah Firdaus Oiwobo merasa Gus Miftah melakukan dugaan penghinaan dan fitnah terhadap profesi dukun.


Tak Digubris

Sementara itu, pihak Firdaus Oiwobo sendiri mengaku sudah mencoba menghubungi secara langsung kepada Atta Halilintar mengenai masalah ini. Namun ia tidak mendapat respons apa pun dari Atta Halilintar.

"Saya sudah WhatsApp keberatan kepada tim Atta Halilintar, dicuekin, saya sudah WA, kenapa dihapus," tutup Firdaus Oiwobo.

Infografis Jokowi Usulkan DPR Revisi UU ITE, Hapus Pasal Karet? (Liputan6.com/Trieyasni)

Ini Hasil Pemeriksaan Lie Detector

4 Hasil Pemeriksaan Lie Detector Para Tersangka Pembunuhan Brigadir J

Liputan6.com 2022-09-11 16:30:13
Banner Infografis Polri Pakai Lie Detector Periksa Seluruh Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J. (Liputan6.com/Trieyasni)

Tim Khusus (Timsus) Polri melakukan pemeriksaan dengan menggunakan alat pendeteksi kebohongan atau lie detector kepada para tersangka pembunuhan Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Mereka adalah Bharada Richard Eliezer alias Bharada E, Bripka Ricky Rizal atau Bripka RR, Kuwat Ma'ruf, serta mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, dan istrinya Putri Candrawathi.

Usai melakukan pemeriksaan uji polygraph menggunakan alat pendeteksi kebohongan atau lie detector, sejumlah hal pun terungkap. Misalnya dari pemeriksaan kepada Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E.

Dalam pemeriksaan dengan hasil jujur tersebut, Bharada E menyampaikan bahwa mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo (FS) ikut menembak Brigadir J.

"Lie ditector yang ditanyakan ke klien saya terkait dengan peristiwa di Duren Tiga, salah satu poin krusial adalah siapa saja yang menembak J. Klien saya menjawab saya pertama dan FS yang menembak terakhir," ujar Kuasa Hukum Bharada E, Ronny Talapessy kepada wartawan, Sabtu 10 September 2022.

Selain itu, melalui kuasa hukumnya, tersangka Ricky Rizal alias Bripka RR mengakui bahwa mantan Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo sempat menyodorkan uang setelah insiden penembakan Brigadir J.

"Ini kan (uang) setelah skenario Sambo menyampaikan bahwa ini ada uang," kata Kuasa Hukum Bripka RR, Erman Umar, kepada wartawan.

Meski begitu, Polri tidak membuka ke publik terkait hasil uji polygraph menggunakan alat pendeteksi kebohongan atau lie detector tersangka Putri Candrawathi, juga sang suami Ferdy Sambo.

Berikut sederet hasil pemeriksaan uji polygraph menggunakan alat pendeteksi kebohongan atau lie detector kepada para tersangka pembunuhan Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat dihimpun Liputan6.com:


1. Bharada E Sebut Ferdy Sambo Tembak Brigadir J

Tersangka Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E telah melalui uji polygraph menggunakan alat pendeteksi kebohongan atau lie detector atas kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Dalam pemeriksaan dengan hasil jujur tersebut, Bharada E menyampaikan bahwa mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo (FS) ikut menembak Brigadir J.

"Lie ditector yang ditanyakan ke klien saya terkait dengan peristiwa di Duren Tiga, salah satu poin krusial adalah siapa saja yang menembak J. Klien saya menjawab saya pertama dan FS yang menembak terakhir," tutur Kuasa Hukum Bharada E, Ronny Talapessy kepada wartawan, Sabtu 10 September 2022.

Selain itu, Bharada E turut mengubah isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) terkait dengan skenario kasus kematian Brigadir J.

"Pencabutan beberapa poin keterangan di BAP yang awal karena ada keterangan yang tidak benar, skenario FS. Masih ada keterangan yang masih pakai skenario awal FS makanya kita cabut. Juga terkait posiai klien saya dari Magelang ke Saguling sampai Duren Tiga," ucap dia.

Menurut Ronny, BAP Bharada E tentu harus diperbaiki demi menghadapi pengadilan nanti. Adapun pemeriksaan sebagai tersangka dan perbaikan BAP itu dilakukan pada Kamis, 8 September 2022.

"Karena klien saya dari sebulan yang lalu setelah ada perubahan. Klien saya sudah jujur, fokusnya bagaimana sekarang pemberkasan cepat supaya kita bisa fight di pengadilan," kata Ronny menandaskan.


2. Ferdy Sambo Sebut Sodorkan Uang ke Bripka RR dan Bharada E

Kemudian, melalui kuasa hukumnya, tersangka Ricky Rizal alias Bripka RR mengakui bahwa Mantan Kadiv Propam, Irjen Pol Ferdy Sambo sempat menyodorkan uang setelah insiden penembakan Brigadir J alias Nofriansyah Hutabarat.

"Ini kan (uang) setelah skenario Sambo menyampaikan bahwa ini ada uang," kata Kuasa Hukum Bripka RR, Erman Umar, kepada wartawan, Kamis 8 September 2022.

Erman mengungkapkan, saat Ferdy Sambo menyodorkan uang, ternyata bukan untuk janji karena telah membantu insiden penembakan yang berujung pembunuhan Brigadir J. Dari pengakuan Bripka RR, Sambo malah mengucapkan terimakasih karena telah menjaga istrinya, Putri Candrawathi.

"Kalimatnya dalam BAP (Berita Acara Pemeriksaan Bripka RR) yang saya baca itu 'Karena Kalian Sudah Menjaga Ibu'. 'Nih ada uang' tetapi kalimatnya bukan ini. Dalam BAP yang saya baca itu karena dia sudah menjaga ibu, bukan karena masalah (pembunuhan berencana)," kata Umar.

Namun demikian, Umar tidak menutup kemungkinan apabila keterangan yang disampaikan Bripka RR terkait pemberian uang itu disanggah maupun berbeda dalam BAP Ferdy Sambo.

"Tapi itu bisa saja (berbeda). Itu Sambo bisa seperti itu, pasti beda-beda itu dalam BAP," terangnya.

Namun demikian, Erman memastikan jika uang tersebut tidak diterima oleh Bripka RR. Karena ketika disodorkan, uang tersebut langsung diambil kembali oleh Ferdy Sambo dan baru akan diberikan apabila kasus dihentikan.

"Tapi sudah diambil lagi sama Pak Sambo karena seolah-olah untuk perkembangan kasusnya lihat nanti. Untuk SP3 atau apalah (uang itu). Tapi disebut juga Pak Sambo kan enggak ngakuin. Waktu rekonstruksi seingat saya agak beda," jelas Umar.

Senada, Kuasa Hukum Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E, Ronny Talapessy mengungkapkan bahwa kliennya sempat disodori sejumlah uang oleh mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo (FS) usai menembak Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Uang tersebut disodorkan sebagai bentuk terima kasih Ferdy Sambo karena Bharada E telah menjaga istrinya, Putri Candrawathi. Namun uang terima kasih tersebut tidak diambil Bharada E.

"Iya betul, jadi inisiasinya bukan datang dari klien saya, tapi dari FS. Itu pun kilen saya tidak ambil karena itu," tutur Ronny kepada wartawan, Sabtu 10 September 2022.


3. Polri Tegaskan Tak Buka Hasil Lie Detector Putri Candrawathi

Sementara itu, Polri tidak membuka ke publik terkait hasil uji polygraph menggunakan alat pendeteksi kebohongan atau lie detector tersangka Putri Candrawathi, terkait kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J. Berbeda dengan hasil Bharada Richard Eliezer alias Bharada E, Bripka Ricky Rizal, dan Kuwat Ma'ruf.

"Saya melihat justru analisis liar dari media dan pengamat yang tidak paham teknis paska pelaksanaan uji polygraph. Toh juga semua fakta akan diungkap di pengadilan," tutur Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Pol Andi Rian Djajadi saat dikonfirmasi, Jakarta, Kamis 8 September 2022.

Menurut dia, uji polygraph menjadi salah satu langkah penyidik memperkuat pembuktian fakta temuan kasus, terlepas dari perihal kepuasan publik.

"Tidak akan ada kepuasan publik, apalagi analisis liar berkembang terkait pelaksanaan uji polygraph," kata Andi.


4. Polri Juga Tak Buka Hasil Lie Detector Ferdy Sambo

Polri turut melakukan uji polygraph menggunakan alat pendeteksi kebohongan atau lie detector terhadap tersangka Ferdy Sambo terkait pemeriksaan kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J.

Sama halnya dengan tersangka Putri Candrawathi, hasil dari mantan Kadiv Propam itu pun tidak juga diumumkan ke publik.

"Hasil lie detector atau polygraph adalah masuk pro justitia dan juga ternyata setelah saya tanyakan Labfor, Labfor juga membuat berita acara keterangan saksi ahli yang nanti akan dijadikan penambahan berkas itu masih berproses," tutur Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat 9 September 2022.

Dedi menegaskan, dirinya tidak dapat mengungkapkan materi pokok penyelidikan dan penyidikan. Hal itu mengacu pada Undang-Undang Keterbukaan Publik UU Nomor 14 Tahun 2008 Pasal 17.

"Ketika bicara tentang penyelidikan dan penyidikan itu adalah informasi yang diperkecualikan artinya itu tidak absolut, itu limitatif, dan itu adalah kewenangan dari penyidik. Kalau penyidik memberikan bahan kepada saya, kami tentunya akan sampaikan kepada teman-teman, ini peran bagian dari materi dan tidak diberikan kepada saya, tentunya tidak akan saya sampaikan," jelas Dedi.

<p>Infografis Putri Candrawathi Istri Ferdy Sambo Jadi Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Lukisan Tuna Rungu Terbaik se-Asia Tenggara

Cerita Hendro Prasetyo, Penyandang Tuli dari Nganjuk yang Raih Juara Melukis se-Asia Tenggara

Liputan6.com 2022-09-11 10:00:01
Hendro Prasetyo, pemuda Tuli asal Nganjuk, Jawa Timur yang gemar melukis. Foto: Tangkapan layar Instagram hendro_prasetyo_24.

Melukis adalah salah satu hobi favorit anak-anak baik yang disabilitas maupun non disabilitas.

Jika dikembangkan, hobi ini bisa membawa berbagai keuntungan. Seperti dialami oleh Hendro Prasetyo. Pemuda Tuli asal Nganjuk, Jawa Timur yang gemar melukis dan mendapatkan prestasi tingkat Asia Tenggara dari hobinya tersebut.

Menurut sang Ibu, Sugiastutik (46), sejak duduk di bangku Taman Kanak-Kanak Luar Biasa (TKLB), Hendro sudah menunjukkan minatnya pada dunia lukis atau gambar dengan mencoret-coret.

Minat itupun disalurkan dengan memfasilitasi dan mengarahkannya untuk terus menggambar sesuai keinginannya.

Selama ini, Hendro tidak mengikuti kelas menggambar secara khusus. Hanya jika ada perlombaan, ia biasanya diajarkan oleh guru lukis beberapa hari menjelang lomba.

"Tidak (sekolah lukis), hanya saat akan mengikuti acara perlombaan saja saat masih di bangku sekolah didatangkan guru lukis selama beberapa hari. Untuk selanjutnya, Hendro lebih belajar secara visual dari seniman-seniman di media seperti Youtube dan sejenisnya," kata ibu yang akrab disapa Tutik kepada Disabilitas Liputan6.com melalui pesan teks, Kamis (8/9/2022).

Seiring bertambahnya usia, bakat Hendro di bidang melukis semakin berkembang. Ia pun mengikuti perlombaan di tingkat Asia Tenggara.

Ajang ini diadakan oleh Pusat Studi dan Layanan Disabilitas (PSLD) di salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

"Hendro mengikuti dengan menampilkan talenta melukis. Dan Alhamdulillah mendapat juara. Di tahun selanjutnya pun Hendro ikut lomba serupa tetapi tingkat nasional, Alhamdulillah Hendro juara 1."


Sering Mewakili Sekolah

Bakat Hendro dalam melukis juga sering memberi manfaat bagi sekolahnya. Remaja kelahiran 24 April 2002 mulai mengenyam pendidikan dari TKLB sampai Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB). Tepatnya di SMALB Muhammadiyah Kertosono.

Seperti sekolah pada umumnya, Hendro sering mewakili sekolahnya kalau ada perlombaan di kabupaten maupun di provinsi.

"Sering mewakili lomba melukis. Selain melukis, Hendro juga pernah tampil pantomim, melukis pasir dan saat itu dihadiri bu Gubernur Jawa Timur."

Disamping pelajaran di sekolahnya, dia juga belajar keterampilan membatik, cuci motor, salon, membuat kue, menjahit, membuat hantaran.

"Dan semua itu untuk tujuan agar bisa digunakan saat sudah lulus sekolah. Bisa mandiri berwira usaha sesuai minat."


Kilas Balik Kelahiran Hendro

Tutik juga berbagi soal kelahiran Hendro. Menurutnya, disabilitas Tuli yang disandang putranya mulai diketahui setelah melakukan cek Telinga Hidung Tenggorokan (THT) di rumah sakit umum daerah.

Tutik menyampaikan bahwa memang ada masalah di saat kehamilan. Masalah yang tak ia jelaskan tersebut berpengaruh pada berat badan Hendro saat lahir.

"Berat badannya kurang, hanya 1,5kg."

Setelah mengetahui disabilitas buah hatinya, ia pun mencari informasi terutama tentang cara untuk komunikasi dengannya dan mencari sekolah yang ramah dan sesuai dengan kekhususannya.

Sejauh ini, tidak ada perawatan atau terapi yang dilakukan secara kontinu dari dulu hingga kini.

"Hendro hanya mengikuti bina wicara saat di sekolah. Dan belajar bahasa isyarat lewat kamus, dan visual di media-media yang ada."

Kini, di usia 20 Hendro sudah bisa melakukan berbagai hal secara mandiri layaknya penyandang Tuli lainnya.


Tuli Bukan Hambatan

Kondisi Tuli tak menjadi alasan untuk seseorang terus berkembang dan meraih cita-cita. Selain Hendro, cerita sukses penyandang Tuli juga sempat datang dari Muhammad Erwin Althaf.

Althaf adalah penyandang Tuli yang membuktikan bahwa disabilitas tidak menghalangi dirinya untuk meraih gelar magister.

Pada 25 Februari 2022 ia berhasil menyelesaikan studinya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI).

Disabilitas sensorik yang disandang sejak lahir tak serta-merta melunturkan niatnya untuk menggapai cita-cita membangun sistem usaha terpadu yang mandiri dalam perencanaan, pengelolaan, dan penggunaan sumber daya keuangan.

Althaf berhasil meraih gelar magister dengan judul tesis "Pengaruh CSR terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan yang Terdaftar pada Indeks Kompas 100 Tahun 2018 --2020."

"Alhamdulillah saya dinyatakan lulus sidang tesis. Januari 2022, saya telah menyelesaikan revisi naskah tesis tepat waktu dan mendapat tanda tangan lembar pengesahan, sehingga memenuhi syarat daftar yudisium/wisuda," kata Althaf mengutip keterangan tertulis, Senin (7/3/2022).

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)