Ini Penyebab Kematian Ratu Elizabeth II?

Dokter Ungkap Kemungkinan Penyebab Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia

Liputan6.com 2022-09-12 08:07:31
Ratu Elizabeth II saat di Royal Ascot. (Adrian DENNIS / AFP)

Hingga saat ini belum diungkapkan ke publik penyebab Ratu Elizabeth II meninggal pada 18.30, Kamis, 8 September 2022. Dalam foto terakhir yang diunggah ke publik, tampak wanita 96 tahun itu lebih kurus dan tangan berwarna keunguan.

Saat itu, Ratu Elizabeth bertemu Lizz Truss pada 6 September 2022. Senyum lebar tampak di wajah sang Ratu kala itu, tapi memang kondisinya saat tidak prima.

Pihak Kerajaan Inggris tidak menyebutkan penyebab Ratu Elizabeth II meninggal dunia. Hanya menyebut, wanita yang memimpin Kerajaan Inggris selama 70 tahun itu meninggal dengan tenang.

Berbagai pakar kesehatan kemudian mengungkapkan beberapa kemungkinan penyebab Ratu Elizabeth II meninggal dunia. Salah satunya, dokter Deb Cohen-Jones menyebutkan kepergian sang Ratu terkait kesepian dan kesendirian usai ditinggal sang suami, Pangeran Philip, yang meninggal 9 April 2021.

"Ketika kehilangan seseorang bisa berdampak pada kesehatan," tutur Cohen-Jones kepada Daily Mail.

"Dari sudut pandang fisiologis, kehilangan Pangeran Philip akan menyebabkan stres berat, kadar kortisol naik, dan membuat tubuh menghadapi hal itu," katanya lagi.

Lalu, ahli bedah jantung Nikki Stamp mengungkapkan bahwa kematian pasangan memang dapat memicu 'reaksi berantai'. Hal itu terkait stres yang dapat menyebabkan penurunan kesehatan seseorang.

"Apa yang kami ketahui adalah bahwa bagi sebagian orang, stres karena kehilangan orang dicintai atau segala jenis peristiwa dalam hidup, memicu sejumlah reaksi dalam tubuh fisik dan pikiran yang dapat menyebabkan penyakit, dan terkadang menyebabkan seseorang meninggal," kata Stamp kepada ABC.

"Ini sesuatu yang kita temukan akhir-akhir ini," lanjutnya.


Penyebab Tangan Keunguan

Cohen mencoba menerka penyebab tangan Ratu Elizabeth terlihat memar berwarna keunguan saat bertemu Liz Truss.

Berdasarkan analisis dari foto itu, kemungkinan kondisi itu tanda potensial dari yang mungkin Ratu Elizabeth II alami.

"Sepertinya ada kemungkinan terkait penyakit pembuluh darah perifer," kata Cohen.

Penyakit pembuluh darah perifer merupakan gangguan sirkulasi darah yang menyebabkan pembuluh darah di luar jantung dan otak menyempit atau tersumbat. Kondisi tersebut bisa menyebabkan gagal jantung.

"Jika sirkulasi perifer buruk, organ tidak menerima suplai darah yang baik. Hal itu bisa menjadi tanda kegagalan multi-organ," kata Cohen.


Tangan Keungunan Jadi Perbincangan di Twitter

Pergelangan tangan yang memar berwarna keunguan di tangan kanan Ratu dalam foto saat bertemu Liz Truss jadi perbincangan warganet.

Komentator kerajaan Angela Levin mengajukan pertanyaan ke Twitter setelah melihat foto itu. "Mengapa Ratu memiliki memar yang begitu besar di tangannya?" tanya Levin.

"Ratu terlihat seperti memiliki memar yang parah di tangannya?" komentar pengguna media sosial lainnya.

"Sepertinya memar yang Anda dapatkan dari perawatan dan memar," orang lain berspekulasi.

Beberapa warganet pun bersepekulasi tentang kemungkinan kulit tangan Ratu berwarna ungu.

"Dia mungkin menggunakan pengencer darah, mereka dapat menyebabkan tanda seperti memar. Juga kulitnya jauh lebih tipis karena usianya," kata warganet lain.

<p>Infografis Ratu Inggris Elizabeth II Meninggal Dunia. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Persiapan Pernikahan Kaesang

Gibran Beberkan Persiapan Pernikahan Kaesang dengan Erina

Liputan6.com 2022-09-12 16:00:00
Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep akan segera menikah dengan Erina Gudono pada Desember 2022.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Berbagai persiapan untuk rencana pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono mulai dilakukan. Kakak kandung Kaesang yang juga Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka sedikit membocorkan panitia untuk persiapan pernikahan telah dibentuk.

"Pasti ada panitianya tapi nanti tanya Kaesang ya. Sudah, pasti sudah dibentuk kan tinggal sedelo (sebentar)," kata Gibran ketika ditanya terkait pembentukan panitia pernikahan Kaesang -- Erina.

Meski demikian, putra sulung Presiden Jokowi itu enggan berkomentar lebih jauh terkait pernikahan adiknya. Bahkan saat ditanya mengenai lokasi hingga tanggal pernikahan, Gibran tetap tidak mau menjawabnya.

"(Jogja atau Solo) Takon Kaesang wae ya. (pertengahan atau akhir Desember) Nanti tanya Kaesang saja ya," ujarnya.


Tunggu Penjelasan Kaesang

Gibran pun meminta kepada teman-teman media untuk mengejar Kaesang pada saat pertandingan Persis Solo melawan Bali United di Stadion Manahan Solo pada Kamis mendatang. Kaesang dan Erina beberapa kali terlihat hadir di stadion untuk menonton pertandingan Persis Solo.

"Sok Kamis mengko ono Persis (main) paranono (temui) Kaesang di stadion," kata dia.

Semua urusan pernikahan menjadi tanggung jawab Kaesang. Gibran mengaku tidak terlibat dalam urusan pernikahan adiknya dengan Putri Indonesia DIY. "Sing ngurus ben sing kawin ae. Mosok aku melu ngurus ya," kata dia.

Dia meminta awak media untuk bersabar sembari menunggu penjelasan langsung dari Kaesang soal pernikahannya dengan Erina Gudono. Sebagai kakak, Gibran tidak mau mendahului adiknya untuk memberikan keterangan lebih jauh soal pernikahan tersebut.

"Acara itu nanti biar yang memberi statement biar Kaesang saja ya biar jelas. Kalau saya nanti yang membocorkan ndak salah. Tunggu Kaesang saja ya," ucapnya.

Rahasia Umur Panjang

Rahasia Umur Panjang Ratu Elizabeth II, Pilih Menu Makan yang Sederhana

Liputan6.com 2022-09-12 17:31:24
Ratu Elizabeth II. (AP Photo/Frank Augstein, Pool, File)

Umur panjang menjadi berkat tersendiri yang dianugerahkan sang pencipta. Ratu Elizabeth II menjadi salah satunya.

Dilansir dari Macrotrends, Senin (12/9/2022), life expectancy atau harapan hidup di Inggris ada di angka 81.65 tahun. Dengan kata lain, Ratu Elizabeth II yang menghembuskan napas terakhirnya di usia 96 benar-benar diberkahi umur yang lebih panjang dibandingkan rata-rata harapan hidup di wilayah Inggris.

Ternyata, pola makan juga ikut mempengaruhi umur dan kesehatan sang ratu. Ratu Elizabeth II memiliki 20 koki yang berkerja untuknya. Koki-koki tersebut memiliki menu tetap nan sederhana yang dapat dipilih oleh ratu.

Ratu Elizabeth II menjadi inspirasi bagi kita untuk memiliki pola makan yang sehat agar tetap sehat dan bugar di usia tua dan berumur panjang.

Penasaran kira-kira menu makanan apa saja yang dikonsumsi sang ratu selama hidupnya? Yuk, intip sederet menu makanan sederhana ala Ratu Elizabeth II berikut ini!

1. Sebelum Sarapan

Ratu Elizabeth II memulai harinya dengan secangkir teh earl gray panas dengan susu tanpa gula. Teh eral grey adalah varian teh dari daun teh hitam yang dicampur dengan minyak esensial bergamot. Bergamot adalah salah satu pohon citrus yang biasanya banyak tumbuh di sekitar pesisir Prancis dan Italia.

Selain itu Ratu Elizabeth juga menyantap biskuit sebagai camilan pendampingnya.

2. Untuk Sarapan

Setelah mandi dan berpakaian, Ratu Elizabeth II akan sarapan dengan sereal dingin, roti panggang, dan selai jeruk. Ratu sangat jarang menyantap telur untuk sarapan. Menu makan yang sangat sederhana dan bisa dengan mudah kita jumpai.


3. Makan Siang

Ratu Elizabeth II menyantap makanan tinggi protein dan rendah karbohidrat untuk makan siangnya yakni panggangan dover sole atau juga salmon Skotlandia yang disajikan dengan bayam dan zucchini.

Ratu juga sangat menyukai salad dan ayam panggang dan kaldu tanpa tepung.

4. Teh Sore

Minum teh di sore bisa dibilang menjadi sebuah keharusan dalam budaya Inggris.

Sang ratu menyukai minum teh earl grey bersama sandwich mentimun yang terdiri dari krim keju, spearmint, dan irisan tipis mentimun. Ratu juga menyantap camilan pendamping yakni kue buah.


5. Makan Malam

Ratu Elizabeth II memiliki aturan "tanpa tepung" untuk makan malam saat sang ratu makan sendirian. Ikan rebus atau bakar dengan salad dan sayuran jadi hidangan makan sehat ala Ratu Elizabeth II

6. Makanan Penutup

Stroberi, persik segar, dan cokelat hitam menjadi hidangan pencuci mulut favorit Ratu. Terkadang, ratu pun menikmati kue biskuit cokelat buatannya sendiri.

Penulis:

Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

<p>Infografis Ratu Inggris Elizabeth II Meninggal Dunia. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Jumlah Kekayaan Baru Pangeran William

Pangeran William Menyandang Gelar Baru, Intip Kekayaan Dimiliki Cucu Ratu Elizabeth II

Liputan6.com 2022-09-12 13:45:50
Pangeran William - Kate Middleton (Foto: Kirsty O'Connor/Pool Photo via AP)

Pangeran William dan istri, Kate Middleton atau Duke and Duchess of Cornwall and Cambridge resmi diumumkan menyandang gelar baru.

Gelar baru tersebut diumumkan langsung oleh ayah Pangeran William, Raja Charles III dalam pidato pertamanya sebagai pemimpin Kerajaan Inggris, Jumat (9/9/2022) kemarin. Charles diangkat menjadi raja usai Ratu Elizabeth II meninggal dunia.

"Keturunan saya, William sekarang mendapatkan gelar Skotlandia yang sangat berarti bagi saya," kata Raja Charles, dikutip dari E! News Senin (12/9/2022).

Raja Charles III mengatakan, Pangeran William kini menggantikan posisinya sebagai Duke of Cornwall, sebuah tanggung jawab yang ia pegang selama lebih dari lima dekade.

"Hari ini, saya bangga mengangkatnya sebagai Pangeran Wales, Tywysog Cymru, yang gelarnya sangat saya sanjung selama hidup dan tugas saya," tuturnya. Tywysog Cymru sendiri adalah bahasa Welsh dari gelar ini.

"Dengan Catherine di sampingnya, saya yakin Pangeran dan Putri Wales kita yang baru akan terus menginspirasi dan memimpin dialog nasional kita, membantu membawa kaum marginal ke titik di mana bantuan yang vital dapat diberikan," tambah Raja Charles III.

Dilansir dari Fox Business, begitu Raja Charles III resmi naik takhta, Pangeran William akan mewarisi Duchy of Cornwall.

Warisan ini disertai dengan kumpulan investasi properti dan keuangan dengan aset sebesar 1,2 miliar pound sterling atau setara Rp 20,6 triliun, menurut beberapa laporan.

Sementara datangnya gelar baru dalam beberapa hari terakhir, Celebrity Net Worth menyebut, kekayaan bersih Pangeran William secara keseluruhan sekarang mencapai USD 100 juta atau setara Rp 1,4 triliun.


Intip Harta Kekayaan Milik Keluarga Kerajaan Inggris

Kamis (8/9) merupakan hari yang penuh duka bagi keluarga Kerajaan Inggris setelah Ratu Elizabeth II dinyatakan meninggal dunia di usia 96 tahun.

Dia terlihat sangat stabil di dalam Monarchy PLC, juga dikenal sebagai "The Firm" -- sebuah institusi bernilai miliaran dolar yang menyalurkan jutaan pound sterling ke dalam ekonomi Inggris setiap tahun, Forbes melaporkan.

Sementara itu, berbicara soal harta, keluarga kerajaan tentu memiliki berbagai sumber pendapatan yang bervariasi Masing-masing, tidak diragukan lagi, sangat aman dalam hal finansial. Salah satunya mendapatkan penghasilan dari turis yang membayar untuk mengunjungi istana kerajaan.

Lantas, kira-kira berapa banyak uang yang dimiliki para bangsawan itu dan dari mana sumbernya?

Menurut laporan Forbes seperti dilansir Fox Business, Jumat (9/9/2022), Monarchy PLC memiliki aset hampir USD 28 miliar melalui berbagai entitas seperti The Crown Estate, Buckingham Palace dan Kensington Palace.

Misalnya, The Crown Estate, yang memiliki tanah dan kepemilikan monarki Inggris di Inggris Raya, mengelola aset senilai USD 19,5 miliar. Istana Buckingham, kediaman resmi penguasa Inggris di London sejak awal 1800-an, diperkirakan bernilai USD 4,9 miliar, catat laporan Forbes.

Sementara itu, Istana Kensington, yang berisi kantor dan kediaman Dukes dan Duchesses of Cambridge, Gloucester dan Kent di London, serta Pangeran dan Putri Michael dari Kent, dilaporkan bernilai USD 630 juta.


Ratu Elizabeth II

Sebelum meninggal, Ratu Elizabeth II memperoleh aset pribadi tambahan sebesar USD 500 juta, menurut Forbes.

Tiadanya sang ibu, Pangeran Charles sebagai anak secara otomatis menjadi raja meskipun penobatannya mungkin tidak berlangsung selama berbulan-bulan. Nilainya USD 400 juta, menurut Marie Claire.

Pangeran Philip, Adipati Edinburgh

Pangeran Philip, yang menghabiskan lebih dari tujuh dekade untuk menghidupi istrinya, diperkirakan memiliki kekayaan 30 juta euro pada saat kematiannya April 2021. Dia meninggal pada usia 99 tahun.

Pangeran William dan Kate, Duke dan Duchess Cambridge

Duchess of Cambridge bernilai USD 7-10 juta, menurut Money, yang mengutip data dari perusahaan pelacak kekayaan global Wealth-X pada 2018.

Namun, Duchess of Cambridge secara mandiri kaya sebelum menikah dengan monarki, menurut Harper's Bazaar. Dia memiliki cukup banyak kekayaan dari bisnis keluarganya, Party Pieces, menurut outlet tersebut.

Sementara itu, suaminya, Pangeran William, akan mendapatkan keuntungan finansial sebagai pewaris takhta. Dia adalah putra pertama Charles dan mendiang Putri Diana. Begitu ayahnya, Pangeran Charles, naik takhta, dia akan mewarisi Kadipaten Cornwall. Dengan warisan ini datanglah kumpulan investasi properti dan keuangan dengan aset sebesar 1,2 miliar euro, menurut beberapa laporan.

Adapun Pangeran William dan saudaranya, Harry, diperkirakan memiliki kekayaan antara USD 25-40 juta, menurut laporan Business Insider pada tahun 2017. William dan Harry diberi USD 10 juta dari ibu mereka, Putri Diana, menurut Forbes. Mereka diberikan USD 450.000 per tahun sampai mereka berusia 30 tahun, dan kemudian mereka menerima jumlah penuh, outlet tersebut melaporkan.


Pangeran Harry dan Meghan Markle, Duke dan Duchess Sussex

Pangeran Harry juga memperoleh penghasilan melalui Duchy of Cornwall sebelum mengundurkan diri dari gelar kerajaannya pada tahun 2020. Harry dan istrinya, Meghan Markle, tidak lagi menerima uang dari Sovereign Grant karena mereka memutuskan hubungan sebagai bangsawan yang bekerja dan melepaskan gelar mereka "Yang Mulia". Selain itu, mereka tidak lagi mendapatkan dana publik untuk pekerjaan mereka di bawah kesepakatan yang memungkinkan pasangan itu minggir sebagai bangsawan yang bekerja.

"The Sovereign Grant adalah mekanisme pendanaan tahunan monarki yang mencakup pekerjaan Keluarga Kerajaan untuk mendukung HM The Queen, termasuk biaya untuk memelihara tempat tinggal resmi dan ruang kerja," menurut situs web mereka Sussexroyal.com.

Sebagian besar dana untuk The Office of The Duke and Duchess of Sussex "berasal dari pendapatan yang dialokasikan oleh HRH The Prince of Wales, yang dihasilkan melalui Duchy of Cornwall," lanjut situs web tersebut.

Masih bersumber dari situs webnya, "Ketentuan ini telah ada sejak Pangeran William dan Pangeran Harry pertama kali mendirikan kantor mereka untuk mendukung Ratu, dan merupakan tanggung jawab Pangeran Wales. Informasi ini terus tersedia di situs web The Duchy of Cornwall."

Tahun lalu, keduanya juga mengungkapkan bahwa mereka bermitra dengan manajer aset Ethic yang berfokus pada investasi di bidang lingkungan, sosial dan tata kelola. Pasangan itu akan menjadi "mitra dampak" dan investor.

Pangeran Andrew, Duke of York

Pada 2017, staf di bank swasta Pangeran Andrew, Banque Havilland SA Luksemburg, memperkirakan kekayaannya sekitar 5 juta euro, menurut Bloomberg.

<p>Infografis Ratu Inggris Elizabeth II Meninggal Dunia. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Kantung Teh Celup Dijual Rp 178 Juta

Diklaim Bekas Ratu Elizabeth II, Kantung Teh Celup Ini Dijual Rp178 Juta

Liputan6.com 2022-09-12 13:00:36
Kantung teh celup yang diklaim bekas Ratu Elizabeth II dijual Rp178 juta. (Sumber: EBay/moo_4024 / India.com)

Kabar meninggalnya Ratu Elizabeth II di usia 96 tahun itu menjadi perhatian semua pihak di dunia. Menyusul kabar tersebut, bermunculan barang-barang memorabilia yang terkait dengan sosok pemimpin takhta Kerajaan Inggris Raya selama 70 tahun tersebut. Bahkan, ada beberapa pihak yang terlihat mengambil keuntungan dengan menjual berbagai barang yang diduga terkait dengan almarhum.

Contohnya, yang kini tengah beredar di dunia maya adalah kantung teh celup bekas Ratu Elizabeth II. Hal tersebut dilakukan oleh salah satu pengguna saat mengiklankan teh celup, yang diklaim pernah digunakan oleh almarhum. Menurut dia, teh celup itu diselundupkan keluar dari Kastil Windsor pada tahun 1998.

"Itu digunakan oleh Ratu Elizabeth II Regina Britannia dan diselundupkan keluar dari Kastil Windsor oleh seorang pembasmi yang dipanggil untuk membantu Yang Mulia menangani serangan kecoa London pada 1990-an," klaim pengguna platform e-commerce, seperti dilansir Liputan6.com dari Siakap Keli pada Senin (12/9/2022).

Kantong teh tersebut dijual seharga $12.000 atau kurang lebih Rp178 juta di sebuah platform e-commerce yang cukup terkenal dengan judul, "Ini adalah kantong teh yang mungkin pernah Anda lihat di CNN pada akhir tahun 1998."


Bersertifikat IECA

Tidak hanya itu, teh celup bekas tersebut juga dilengkapi dengan Certificate of Authenticity yang dikeluarkan oleh IECA (Institute of Excellence in Certificate of Authenticity). Sertifikat Keaslian menyatakan "telah menentukan tanpa keraguan bahwa pernyataan berikut ini benar: Ini adalah kantong teh."

Selain itu, penjual dari Decatur, Georgia, AS juga menggambarkan teh celup sebagai "sesuatu yang istimewa".


Patung Lilin Sang Ratu

Selain kantung teh celup, beberapa barang lain juga menarik perhatian, seperti dua patung lilin seukuran sang Ratu yang keduanya dijual seharga USD15900 atau kurang lebih Rp235juta. Dia juga mengklaim bahwa patung itu memiliki rambut manusia asli, bola mata resin dan gigi resin -- dibuat menggunakan template veneer gigi.

Dibilang Mirip Putri Diana

Tak Hanya Gelar, Sikap Serta Kepribadian Kate Middleton dan Putri Diana Punya Kemiripan

Liputan6.com 2022-09-12 13:00:00
Kate Middleton memakai mahkota milik Putri Diana (John Stillwell / Dave GAYWOOD / AFP)

Setelah Ratu Elizabeth II meninggal dunia, berbagai gelar di Kerajaan Inggris pun ikut berubah. Salah satunya gelar yang disematkan kepada Kate Middleton.

Kini, istri dari Pangeran William menyandang gelar Princess of Wales. Sebelumnya, gelar ini dipegang oleh Putri Diana yang telah meninggal pada 1997.

Tak hanya gelar, sikap serta kepribadian Kate Middleton disebut-sebut mirip dengan Putri Diana. Salah satu yang menyadari kemiripan ini adalah pakar bahasa tubuh Darren Stanton.

Darren melihat bagaimana Kate Middleton bersikap baik di depan umum dan menjadi ibu yang menyenangkan layaknya Putri Diana semasa hidup.

Dia menambahkan bahwa sisi keibuan Kate telah berevolusi sejak dikaruniai seorang anak. Sisi keibuan ini membawa manfaat baik baginya sebagai anggota keluarga kerajaan.

"Kate Middleton telah menjadi anggota keluarga kerajaan yang sangat permanen," ujar Darren mengutip Mirror pada Senin, 12 September 2022.

Darren melihat perkembangan besar pada diri Kate dengan membandingkan pembawaannya sejak pertama kali mulai berkencan dengan Pangeran William hampir 15 tahun hingga pada ulang tahunnya yang ke-40.

"Jelas terlihat bagaimana gayanya telah berkembang selama bertahun-tahun. Dia memantapkan dirinya sebagai seorang bangsawan," Darren menambahkan.

Dalam sepuluh tahun, Kate Middleton telah melahirkan tiga anak ke dunia bersama Pangeran William.

Hal ini memungkinkan dia untuk menunjukkan keterampilannya sebagai seorang ibu yang terus berkembang saat dia menjadi anggota terhormat dari keluarga terkenal seperti Putri Diana.


Naluri Keibuan Terlihat dari Bahasa Tubuh

Darren, menambahkan, naluri keibuan Kate sering ditampilkan melalui bahasa tubuhnya yang juga telah berkembang seiring bertambahnya usia.

"Dalam banyak foto dan klip video, Kate terlihat berlutut setinggi anak-anaknya ketika dia berbicara dengan mereka --- sebuah gerakan yang terkesan mengasuh dan melindungi," katanya.

Di sisi lain, lanjut Darren, Kate menunjukkan bahwa dia tidak takut untuk memarahi anak-anak dan berhasil mengingatkan Putri Charlotte ketika dia berperilaku tidak baik.

Anggota keluarga lain 'mungkin' tidak nyaman melakukan ini di depan umum, tetapi Darren mengklaim bahasa tubuh Kate tetap terbuka dan transparan.

"Dia bilang dia senang berurusan dengan semua hal yang harus dihadapi saat membesarkan keluarga, dia terbuka dan jujur tentang hal itu," ujarnya.

Pakar itu juga mengatakan Kate Middleton secara terbuka menunjukkan kasih sayang kepada anak-anaknya seperti yang dilakukan pula oleh Putri Diana.

Secara tradisional, anak-anak kerajaan akan didampingi saat orangtua mereka melakukan acara publik. Namun, Darren mengatakan bahwa Kate dan Pangeran William lebih memilih untuk lebih dekat dengan anak-anak mereka.


Mirip Putri Diana

Kebiasaan Kate serta William dalam membawa serta anak-anaknya dalam berbagai pertemukan ketimbang menitipkannya juga disebut mirip dengan Diana.

"Beberapa 'selebriti' dan anggota keluarga kerajaan lainnya dapat terlihat seperti mereka tidak tulus (menyayangi anak-anaknya), tetapi hal yang sama tidak dapat dikatakan untuk Kate," katanya.

Dia menggambarkan Kate sebagai orang yang senang memberikan dukungan kepada orang lain dan mengatakan itu menunjukkan bahwa dia peduli. Kepedulian seperti ini juga dimiliki Putri Diana.

Selain sikap dan kepribadian, keduanya acap kali terlihat mengenakan gaun yang mirip. Misalnya, pada hari pengumuman pertunangan masing-masing, kedua wanita itu mengenakan gaun biru.

Pertunangan mereka berjalan dengan sangat berbeda. Pangeran Charles dan Diana hanya bertemu satu sama lain sekitar 12 kali sebelum pertunangan dan ada perbedaan usia 13 tahun di antara mereka.

Sedangkan, Pangeran William dan Kate berkencan selama delapan tahun, setelah bertemu di tahun pertama mereka di Universitas St. Andrews, Skotlandia.


Latar Belakang Kehidupan yang Berbeda

Meski banyak kesamaan, tapi Diana dan Kate memiliki kehidupan yang sangat berbeda. Melansir People, Diana, putri Earl Spencer ke-8, terlahir sebagai bangsawan. Orangtuanya bercerai sebelum ulang tahunnya yang ke-10 dan membuat masa kecil Diana menjadi sepi.

Di sisi lain, keluarga Kate memiliki akar kelas menengah. Orangtuanya, Carole dan Michael Middleton adalah pengusaha. Orangtua Kate telah menikah selama 37 tahun dan terus memberikan fondasi keluarga yang kuat untuk ketiga anak mereka.

Kini, keduanya pun memiliki gelar yang sama. Meninggalnya Ratu Elizabeth II pada Kamis (8/9/2022) menjadikan sang putra Pangeran Charles langsung mengambil peran sebagai kepala negara.

Setelah naik jabatan, putra pertama Ratu Elizabeth II ini mendapat gelar baru Raja Charles III. Bukan hanya suami Camilla saja yang memiliki gelar baru tersebut.

Putra sulungnya, Pangeran William dan istri, Kate Middleton juga mendapatkannya. Hal itu diumumkan langsung oleh sang ayah, dilansir Dailystar, Minggu (11/9/2022).

Pangeran Wales disematkan kepada putra sulung mendiang Putri Diana. Sementara, sang istri, Kate Middleton menjadi Putri Wales.

<p>Infografis Ratu Inggris Elizabeth II Meninggal Dunia. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Nasib Anjing Corgi Ratu Elizabeth II

Anjing Corgi Ratu Elizabeth II Bakal Dipelihara Pangeran Andrew dan Fergie

Liputan6.com 2022-09-12 16:01:00
Dalam file gambar yang dirilis di London pada 4 Februari 2022, dan diambil bulan lalu, menunjukkan Ratu Inggris Elizabeth II membelai Candy, anjing corgi-nya, saat dia melihat pajangan memora

Anjing corgi kesayangan Ratu Elizabeth II akan memiliki rumah baru bersama Duke dan Duchess of York. Ratu yang meninggal dunia pada Kamis, 8 September 2022, di usia 96 tahun tersebut meninggalkan empat anjing, termasuk dua corgi, satu dorgi bernama Candy, dan seekor cocker spaniel bernama Lissy.

Pada Maret 2022, Pangeran Andrew memberi ibunya dua anak anjing, Muick dan Fergus. Ini dilakukan Pangeran Andrew untuk menghibur sang ibunda setelah suaminya, Pangeran Philip, berada di rumah sakit. Pangeran Philip meninggal sebulan kemudian pada usia 99 tahun.

Anjing-anjing itu ditemukan oleh Ferguson, yang tinggal di Royal Lodge bersama mantannya, meskipun mereka telah bercerai lebih dari 20 tahun yang lalu pada tahun 1996. Dikutip dari PageSix, Senin (12/9/2022), Ratu Elizabeth diyakini memiliki ikatan yang kuat dengan mantan menantunya, Sarah Ferguson yang akrab disapa Fergie, terkait anjing peliharaan selama bertahun-tahun, The Telegraph melaporkan.

Sayangnya, Fergus (anjing campuran dachshund-corgi yang dinamai menurut nama paman Ratu, yang terbunuh dalam perang selama Perang Dunia I) mati pada usia lima bulan karena cacat jantung. Ratu Elizabeth II dikatakan sangat terpukul dengan kematian anjing itu, terutama yang terjadi hanya satu bulan setelah suaminya meninggal.

Fergus lalu digantikan dengan corgi lain bernama Sandy, yang hadir untuk ulang tahunnya yang ke-95. Kedua anak anjing itu dilaporkan membawa "kegembiraan yang konstan" kepada Ratu sebelum kematiannya.


Kecintaan Ratu pada Corgi

Ratu membawa anjing-anjingnya untuk berjalan-jalan secara teratur di taman-taman di Frogmore House di Windsor Estate dan sering bergabung dengan Ferguson. "Duchess terikat dengan Yang Mulia lewat anjing dan menunggang kuda, dan bahkan setelah perceraiannya, dia melanjutkan persahabatannya yang hebat dengan Yang Mulia, dengan mengajak anjing jalan-jalan di Frogmore dan mengobrol," kata seorang sumber kepada The Telegraph.

Ratu telah memiliki hubungan cinta seumur hidup dengan jenis anjing Corgi. Pada 1933, ketika dia baru berusia 7 tahun, ayahnya (yang saat itu adalah Duke of York) membelikan seekor corgi bernama Dookie untuknya dan saudara perempuannya, Margaret.

Corgi kedua bernama Jane kemudian bergabung dengan keluarga itu. Ratu memiliki lebih dari 30 anjing corgi selama bertahun-tahun, banyak di antaranya adalah keturunan dari seekor corgi bernama Susan, yang diberikan kepadanya sebagai hadiah ulang tahun ke-18 oleh orangtuanya pada 1944. Anjing-anjing corgi itu tampaknya selalu mengikuti Ratu di sekitar istana, yang disebut Putri Diana sebagai "karpet bergerak."


Menu Makanan Khusus

Secara alami, anjing-anjing itu menjalani kehidupan mewah, tinggal di kamar mereka sendiri di istana, yang kemudian dikenal sebagai Ruang Corgi. Anjing peliharaan Ratu ini tidur di keranjang anyaman yang ditinggikan, dengan seprai diganti setiap hari.

Menu makanan mereka, termasuk kelinci segar dan daging sapi, disajikan oleh koki. Pada waktu Natal, Ratu memastikan anjing-anjing itu mendapat stoking yang diisi dengan mainan dan camilan.

Dikutip dari The Sun, mantan chef Istana Buckingham mengungkap bahwa anjing peliharaan Ratu tidak boleh makan sembarangan. Mereka punya menu khusus yang disiapkan oleh chef istana.

Darren McGrady, yang pernah bekerja sebagai chef kerajaan selama 15 tahun, menyebut anjing-anjing ini diperlakukan seperti anggota kerajaan. Daging untuk makanan mereka juga dipilih yang terbaik.

"Saya tidak mengira akan memasak untuk anjing-anjing Ratu, saat awal bekerja di Istana Buckingham. Saya kira akan masak untuk para raja, ratu dan presiden," kenang Darren, seperti dilansir dari Female First.


Bahan Segar

Darren pada akhirnya memasak untuk kaum bangsawan seperti yang diharapkan. Namun, menyiapkan makanan untuk anjing peliharaan Ratu Elizabeth II juga jadi salah satu tugas utama di awal kariernya sebagai chef istana.

Makanan anjing corgi dimasak dengan bahan-bahan segar setiap hari. Satu hal terpenting dalam menyiapkan makanan anjing adalah dagingnya harus dipotong-potong berbentuk kotak dan mudah dikunyah.

"Saya harus memastikan tidak ada tulang sama sekali di dalam daging. Bayangkan saja kalau mereka tersedak, saya akan kendapat masalah besar," ungkap Darren McGrady.

Pada 2015, dilaporkan bahwa Ratu tidak berencana untuk menambahkan anjing lagi ke induknya. Ia memberi tahu pelatih kuda Monty Roberts bahwa dia tidak menginginkan anjing muda lagi.

Namun, anak-anak anjing baru itu memberinya banyak kebahagiaan. Penata riasnya, Angela Kelly, baru-baru ini mengungkapkan bahwa anak-anak anjing barunya membuktikan "kegembiraan terus-menerus" bagi Ratu dan "selalu membawa senyum ke wajah semua orang."

<p>Infografis Ratu Inggris Elizabeth II Meninggal Dunia. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Ketua DPRD Tak Hafal Pancasila

Ketua DPRD Lumajang Mengundurkan Diri Karena Kasus Tidak Hafal Pancasila

Liputan6.com 2022-09-12 15:04:54
Ketua DPRD Lumajang Anang Ahmad Syaifuddin menyatakan mengundurkan diri dari jabatanya pada Sidang Paripurna DPRD lumajang (Istimewa)

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lumajang Anang Ahmad Syaifuddin menyatakan mundur dari jabatanya sebagai ketua usai viral video dirinya tidak bisa menghafap Pancasila.

Pengunduran diri politikus PKB itu itu disampaikan saat memimpin Sidang Paripurna pada Senin (12/9/2022). Sontak pengunduran dirinya tersebut mengegerkan seluruh ruang rapat Peripurna DPRD Lumajang.

Menurut Anang, pengunduran dirinya itu menyusul kesalahan mengucapkan Pancasila saat menemui massa pengunjuk rasa beberapa waktu lalu. Dia berharap kesalahanya itu menjadi pembelajaran bagi anggota dewan yang lainya untuk selalu menjaga citra dan nama baik wakil rakyat.

"Saya mengundurkan diri dari kursi kepemimpinan agar menjadi pembelajaran bagi semua anggota DPR siapapun dan dimanapun berada dan menjaga citra baik DPR," paparnya.

Anang meminta maaf kepada masyarakat atas kekhilafannya tersebut.

"Saya meminta maaf terhadap seluruh elemen masyarakat, Warga NU dan terimakasih terhadap mahasiswa yang menjadi alarm bagi kami,"imbuhnya.


Video Viral

Meski begitu, pengunduran dirinya tersebut masih belum tertulis. Ia pun meminta agar Sekretaris DPRD untuk membacakan surat pengunduran dirinya secara tertulis.

Sebelumnya, beredar video memperlihatkan Ketua DPRD Lumajang, Anang Ahmad Syaifudin sedang membaca Pancasila viral di media social. Pasalnya politisi asal PKB itu tidak hafal Pancasila.

Saat mendikte Pancasila di sila ke empat Anang salah ucap. Bahkan setelah diulang Kembali, ia tetap tidak bisa menyelesaikan sila ke empat Pancasila

<p>Infografis Ragam Tanggapan Kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Hacker Bjorka Ancam Bocorkan Data Presiden Jokowi

HEADLINE: Hacker Bjorka Bikin Pemerintah Indonesia Gerah, Bakal Ditangkap Segera?

Liputan6.com 2022-09-13 00:02:03
Hacker alias peretas merupakan orang yang ahli dalam hal menerobos masuk ke dalam sistem keamanan jaringan komputer milik seseorang

Awalnya menjadi musuh bersama, tapi kini digandrungi. Aksi peretas atau hacker Bjorka bikin pemerintah Indonesia gerah.

Nama Bjorka mulai jadi buah bibir ketika menjual 1,3 miliar data registrasi SIM prabayar yang berisi nomor handphone warga Indonesia di forum breached.to, pada 31 Agustus 2022. Sontak aksinya itu bikin geram warganet Indonesia yang khawatir menjadi korban kebocoran data.

Dalam unggahannya, Bjorka mengklaim data yang dimilikinya tersebut berasal dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Namun, pihak Kominfo membantahnya.

Hacker Bjorka pun terus melancarkan aksinya dengan menyerang pemerintah Indonesia. Meski akun Twitter dan saluran Telegram-nya telah hilang dari platform, ia tak berhenti. Bahkan Bjorka memperluas jaringannya dengan membuka saluran Telegram private dan akun Twitter baru.

Sejauh ini, Bjorka terpantau telah membocorkan data pengguna IndiHome, KPU, registrasi SIM prabayar, dan dokumen rahasia Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kini, ia juga rajin melakukan doxing (mengungkap data pribadi ke publik) terhadap sejumlah pejabat Indonesia melalui saluran Telegramnya.

Pejabat publik yang menjadi korbannya adalah Menkominfo Johnny G. Plate, Ketua DPR Puan Maharani, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Dirjen Aptika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan. Lalu, Ketua Umum Partai Berkarya Muchdi Purwoprandjono, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Mendagri Tito Karnavian, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Data pribadi yang disebar Bjorka antara lain NIK, nama lengkap, nomor ponsel, nomor kartu keluarga, alamat rumah, pendidikan, golongan darah hingga nomor vaksin. Ulah Bjorka tentu membuat pemerintah Indonesia gerah, namun tak sedikit warganet yang kini mendukung aksinya menguliti para pejabat.

Pihak Istana Kepresidenan telah menegaskan tidak ada data apapun yang berhasil diretas pihak-pihak tidak bertanggung jawab. "Tidak ada data isi surat apapun yang kena hack," ujar Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono.

Namun, Menko Polhukam Mahfud Md tidak menampik adanya sejumlah informasi milik negara yang diretas Bjorka. Meski begitu ia tak ambil pusing, sebab hal tersebut bukan informasi rahasia.

"Saya pastikan itu (peretasan) memang terjadi, tapi tidak ada rahasia negara," kata Mahfud saat jumpa pers di Kantor Kemenko Polhukam Jakarta, Senin (12/9/2022).

Mahfud menambahkan, laporan peretasan didapatnya dari Badan Siber Sandi Negara (BSSN) dan Deputi VIII Kemenko Polhukam. Menurut dia, data yang diretas adalah dokumen biasa dan terbuka.

"Itu bukan data rahasia karena bisa diambil dari sani-sini, cuma dokumen biasa dan terbuka, tapi itu (bocor) emang terjadi," Mahfud menegaskan.

Usai rapat bersama Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (12/9/2022), Menkominfo Johnny G Plate menyebut data-data yang diretas hacker Bjorka bersifat umum dan tak spesifik. Bahkan, kata dia, data-data tersebut bukanlah data yang baru.

"Setelah ditelaah sementara, data-data yang (diretas) umum, data-data umum, bukan data-data spesifik, bukan data-data yang ter-update," Johnny menegaskan.

Dia mengatakan, tim lintas kementerian/lembaga yakni, Badan Siber Sandi Negara (BSSN), Kominfo, Polri, dan Badan Intelijen Negara (BIN) akan berkoordinasi untuk menelaah lebih dalam peretasan yang dilakukan hacker belakangan ini. Selain itu, Johnny mengatakan pemerintah akan membentuk tim tanggap darurat yang berisi BSSN, Kominfo, Polri, dan BIN.

"Perlu ada emergency response team terkait untuk menjaga data tata kelola data yang baik di Indonesia dan untuk menjaga kepercayaan publik," ujar Menkominfo.

Dengan sederet kejahatan siber yang dilakukan Bjorka, apakah dia bisa segera ditangkap? Terlebih, ia sempat sesumbar menunggu digerebek pemerintah Indonesia. "Saya masih menunggu digerebek oleh pemerintah Indonesia," tulisnya di saluran Telegram miliknya, belum lama ini.

<p>Infografis Klaim dan Ancaman Hacker Bjorka Bocorkan Data Bikin Gerah Kominfo hingga Istana. (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Pengamat Keamanan Siber Alfons Tanujaya menyebut, pemerintah Indonesia akan bisa menangkap Bjorka kalau pemerintah lebih canggih dari sang hacker. "Kalau pemerintah Indonesia lebih canggih dari Bjorka mungkin saja dia bisa ditangkap," kata Alfons kepada Liputan6.com.

Ia menilai Bjorka cukup profesional dalam menjalankan aksinya. "Kalau melihat banyaknya data yang dibobol dan cara komunikasinya, kelihatannya (Bjorka) cukup profesional," ucap Alfons.

Ia menambahkan, Bjorka juga terlihat mempersiapkan dirinya dengan cukup baik. "Kelihatannya memang dia mempersiapkan dirinya dengan cukup baik. Akun khusus baru dan group yang dibuat hanya untuk aktivitas ini (menyerang pemerintah Indonesia, red)," ucap Alfons.

Senada dengan Alfons, Pakar Keamanan Siber Pratama Persadha berpendapat untuk saat ini Bjorka masih belum bisa ditangkap.

"Karena dia bisa menyembunyikan identitasnya, membuat akun Telegram yang dia gunakan untuk memamerkan data hasil curiannya. Dia juga membuat grup Telegram yang dibuka tutup untuk orang-orang yang tertarik dengan data yang ditawarkan," ujar Pratama.

Karena identitas yang masih tersembunyi itu, Pratama mengaku belum mengetahui asal peretas itu, dari Indonesia atau luar negeri.

"Biasanya hacker dari luar negeri yang mencuri data dari Indonesia, mereka cuma jualan--tidak memahami isi dan apa dampak politisnya. Berbeda dengan Bjorka yang tampak mengerti dan bahkan melakukan profiling terhadap beberapa pejabat di Indonesia," ucapnya menambahkan.

Dalam akun Twitter-nya, Bjorka sesumbar kalau semua orang tidak akan bisa melacak keberadaannya. Ia bahkan sampai menyindir pemerintah yang kebingungan dan akan menanyakan Google tentang keberadaannya.

Meski telah meresahkan, namun Polri belum banyak mengambil langkah atau pun kerja sama dengan instansi terkait lainnya, perihal upaya mitigasi perkara dugaan kebocoran data tersebut.

"Polisi masih menunggu laporan dari pihak-pihak yang merasa dirugikan," tutur Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada Liputan6.com, Jakarta, Senin (12/9/2022).

Senada dengan Dedi, Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Nurul Azizah pun menyatakan sejauh ini pihaknya belum melakukan pengusutan dugaan kebocoran data ulah hacker Bjorka yang belakangan ramai di sosial media. "Ya belum (mengambil langkah)," ujar Nurul.


Pemerintah Didesak Libatkan Seluruh Stakeholder

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyampaikan keprihatinan dan kepeduliannya terhadap maraknya serangan dari si 'bad actor' terhadap institusi negara, pemerintah, data masyarakat, dan aksi doxing ke pejabat publik. Ketua APJII Muhammad Arif meminta semua pihak untuk tidak terburu-buru mengambil kesimpulan, apalagi menyalahkan pihak-pihak tertentu, baik dari lembaga publik maupun privat.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk tidak percaya 100 persen terhadap informasi yang disebarkan hacker tersebut. Menurut Arif, data yang diperjual belikan tersebut adalah hasil fabrikasi untuk kepentingan atau tujuan tertentu, bukan benar-benar kebocoran data dari single resource.

APJII juga mengusulkan kepada pemerintah untuk segera melakukan pembagian peran di antara kementerian lembaga, dalam hal pertahanan dan keamanan siber serta perlindungan data pribadi. Hal ini dilakukan demi menghindari terjadinya saling tuding dan lempar tanggung jawab antar lembaga.

Arif juga menyinggung Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP) yang sudah siap untuk diajukan ke Paripurna DPR RI. APJII mendesak RUU ini ikut mengantisipasi situasi keamanan siber nasional, termasuk mengatur agar data pribadi masyarakat wajib disimpan di Indonesia demi melindungi kepemilikan data pribadi rakyat dan keamanan nasional.

Kewajiban penempatan data pribadi di Indonesia juga disebut akan bernilai strategis bagi negara dan ekosistem ekonomi digital untuk jangka panjang. Lebih lanjut, APJII mengapresiasi kerja DPR dan pemerintah dalam menyusun RUU PDP.

Mereka berharap agar RUU yang akan dibawa ke paripurna DPR ini juga telah mengantisipasi kepentingan nasional dan masyarakat Indonesia untuk jangka panjang. "Rancangan final sebaiknya kembali ditinjau dari aspek mengantisipasi situasi keamanan siber nasional. Termasuk mengatur agar data pribadi masyarakat Indonesia mendapat jaminan perlindungan hukum," kata Arif.

"Khususnya terkait kewajiban penyimpanan data pribadi di wilayah Indonesia. Tujuannya dari kewajiban menyimpan data di Indonesia dalam rangka memberikan perlindungan data pribadi rakyat Indonesia," imbuhnya.

Selain itu, regulasi turunan UU PDP yang akan disahkan, dapat melibatkan pelaku usaha yang berkaitan langsung dengan pengelolaan keamanan ruang siber, baik itu Peraturan Pemerintah (PP) maupun Peraturan Menteri (PM).

Demi pengelolaan keamanan siber, Presiden Jokowi juga diminta untuk dapat melibatkan seluruh pemangku kepentingan yang bergerak di industri telematika dan keamanan siber.

"Merangkul seluruh stakeholder itu penting karena mereka yang mengerti mengenai kebutuhan teknis terhadap perlindungan data negara dan masyarakat," kata Arif melanjutkan.

"Kami berharap dalam membuat PP dan PM, Presiden Jokowi dapat melibatkan APJII yang berkecimpung di industri telematika dan keamanan siber," pungkasnya.

BSSN Lakukan Penelusuran

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) akhirnya angkat bicara soal ramainya dugaan insiden kebocoran data (aksi Bjorka) yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir.

Juru Bicara BSSN Ariandi Putra mengatakan mereka telah melakukan penelusuran terhadap beberapa dugaan insiden kebocoran data yang terjadi. Lebih lanjut, BSSN juga melakukan validasi terhadap data-data yang dipublikasikan.

"BSSN telah melakukan koordinasi dengan setiap Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) yang diduga mengalami insiden kebocoran data, termasuk dengan PSE di lingkungan Kementerian Sekretariat Negara," kata Ariandi, dikutip Minggu (11/9/2022).

BSSN juga mengatakan bersama dengan PSE terkait, telah dan sedang melakukan upaya-upaya mitigas cepat untuk memperkuat sistem keamanan siber. Hal itu demi mencegah risiko lebih besar pada beberapa PSE tersebut.

"BSSN juga telah melakukan koordinasi dengan penegak hukum, antara lain dengan Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri untuk mengambil langkah-langkah penegakan hukum," imbuhnya.

Ariandi menambahkan, menurut BSSN keamanan siber adalah tanggung jawab bersama.

BSSN pun menyatakan memberikan dukungan teknis dan meminta seluruh PSE memastikan keamanan Sistem Elektronik di lingkungan masing-masing, sesuai amanat Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.

<p>Infografis Menerka Motif Hacker Bjorka dan Penanganan Badan Siber. (Liputan6.com/Abdillah)</p>


Pemerintah Dinilai Sepelekan Perlindungan Data Pribadi

Pemerintah dinilai menyepelekan kasus kebocoran data pribadi yang marak terjadi di Indonesia selama beberapa pekan terakhir. Direktur Eksekutif SAFEnet Damar Juniarto mengatakan dugaan kebocoran 1,3 miliar data registrasi SIM Card yang terjadi baru-baru ini membuat Indonesia memiliki kasus kebocoran data terbesar di Asia.

"Tentu ini jadi sebuah pertanyaan yang langsung muncul di mana-mana, siapa sebetulnya pihak harus bertanggung jawab terhadap kebocoran ini," tutur Damar dalam konferensi pers virtual baru-baru ini.

Ia mengungkapkan, menurut seorang Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika, dalam hal registrasi ini ada tiga pihak yang harus bertanggung jawab. Mereka adalah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) itu sendiri sebagai pihak yang mewajibkan registrasi kartu SIM, operator seluler, dan Dukcapil.

Namun, Damar melihat dalam kasus kebocoran data registrasi SIM Card beberapa waktu lalu, pihak-pihak yang terlibat dinilai saling melempar tanggung jawab. "Ini menjadi wajar kalau sebagian warga marah. Dan saya rasa kita semua di sini geram, karena kebocoran ini bukan kebocoran yang pertama. Tahun ini saja ada tujuh kebocoran," kata Damar.

Menurutnya, kebocoran tahun ini belum ditambah kasus kebocoran data yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya, seperti yang dicatat oleh SAFEnet. "Ini yang menyulitkan posisi Indonesia karena Indonesia kelihatan sekali menyepelekan soal perlindungan data warga yang dikumpulkan lewat berbagai mekanisme," ungkap Damar.

Di sisi lain, merespon kebocoran data yang marak terjadi, Koalisi Peduli Data Pribadi akhirnya meluncurkan Posko Aduan Kebocoran Data Pribadi. Mereka mengatakan, dengan berulangnya kasus kebocoran data di Indonesia, negara dinilai lalai melindungi warganya.

"Suatu peristiwa yang berulang, tetapi tidak ada antisipasinya, tidak ada perbaikan," kata Bayu Wardhana dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI). Menurut Bayu, bagi masyarakat, dampak dari kebocoran data adalah "tidak ada rahasia di antara kita."

Salah satunya seperti nama yang disangkut-pautkan dengan pinjaman online, serta pada jurnalis, identitas menjadi terbuka dan membuat mereka tidak aman dalam melaksanakan tugasnya, salah satunya ancaman doxing. "Dalam kesempatan kali ini, kita mencoba untuk menawarkan sebuah cara bagaimana kita bisa menyalurkan kemarahan ini dengan suatu bentuk yang konstruktif."

Inisiatif yang dilakukan koalisi ini juga bertujuan untuk mencari pihak-pihak yang dirugikan oleh adanya kasus kebocoran data, untuk kemudian dikumpulkan. Posko Aduan Kebocoran Data Pribadi oleh Koalisi Peduli Data Pribadi bisa diakses melalui tautan https://s.id/kebocorandata.

Setelah aduan masuk, tim akan menganalisa dan mengontak pengadu untuk diperdalam lebih lanjut. Langkah strategis kemudian akan didiskusikan lebih lanjut.

Koalisi menegaskan bahwa data-data pengadu akan dijamin terlindungi dan dirahasiakan berdasarkan kesepakan bersama. Selain itu, data yang diminta untuk aduan adalah nama dan email yang ditujukan untuk berkomunikasi.

Data yang didapatkan dari aduan, nantinya akan diverifikasi dan diklasifikasi oleh koalisi, untuk mengetahui dan dilakukan klasterisasi, darimana suatu data bisa bocor. Koalisi Peduli Data Pribadi sendiri terdiri dari SAFEnet, Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), LBH Jakarta, AJI, LBH Pers, dan Perhimpunan Bantuan Hukum & Hak Asasi Manusia (PBHI).


Siapakah Hacker Bjorka?

Lalu, siapa hacker Bjorka, yang menyebut bahwa dirinya sangat mudah untuk menjebol sistem keamanan pemerintah Indonesia?

Melalui saluran Telegram miliknya, ia mengklaim dirinya bukan hanya satu orang, melainkan "Anda dan kita semua".

"Bjorka bukan hanya satu orang, Bjorka adalah Anda dan kita semua. Demi masa depan," tulisnya di saluran Telegram, dikutip Senin (12/9/2022).

Mengutip akun Twitter-nya, dia mengatakan aksi peretasan yang dilakukan adalah sebagai bentuk demonstrasi di era yang baru.

"Pemimpin tertinggi dalam teknologi harusnya ditugaskan kepada seseorang yang mengerti, bukan politis dan bukan seseorang dari angkatan bersenjata karena mereka hanyalah orang bodoh," tulisnya.

Bjorka menyebutkan, aksi peretasan yang dilakukannya sebagai bentuk dedikasi untuk kawannya yang berkebangsaan Indonesia di Warsawa, Polandia.

"Saya punya teman orang Indonesia yang baik di Warsawa, dan dia bercerita banyak tentang betapa kacaunya Indonesia. Aku melakukan ini untuknya," Bjorka menambahkan.

"Ya, jangan repot-repot melacak dia dari kementerian luar negeri karena Anda tidak akan menemukan apa pun. Dia tidak lagi diakui sebagai WNI karena kebijakan tahun 1965," ujarnya.

Dia melanjutkan, temannya tersebut adalah kakek tua yang sangat cerdas dan mengurus dirinya sejak dia lahir.

"Tahun lalu dia meninggal. Orang tua ini telah merawat saya sejak saya lahir, dan ingin pulang ke Indonesia untuk memberikan sumbangsih terhadap dunia teknologi. Walau dia tahu betapa sedihnya untuk dapat menjadi seseorang seperti BJ Habibie," sambung sang hacker.

Sayangnya hal tersebut tidak terwujud hingga akhir hayatnya tahun lalu. "Dia tidak punya waktu untuk melakukannya sampai akhirnya meninggal dengan damai," ujar Bjorka.

"Tampaknya rumit untuk melanjutkan mimpinya dengan cara yang benar, jadi saya lebih suka melakukannya dengan cara ini. Kita memiliki tujuan yang sama, agar negara tempat ia dilahirkan bisa berubah menjadi lebih baik. Senang bertemu kalian," cuitnya menutup percakapan.

Meski sosoknya belum diketahui, platform investigasi kriminal darkweb, DarkTracer: DarkWeb Criminal Intelligence, kini mengungkap salah satu informasi soal sosok Bjorka.

Mengutip informasi dari akun Twitter @darktracer_int, DarkTrace mengklaim telah menemukan dompet cryptocurrency yang diduga milik sosok Bjorka.

"Ini merupakan dompet cryptocurrency Bjorka. Ada transaksi yang dilakukan di dompet bitcoin miliknya. Ini bisa bantu melacaknya," tulis akun tersebut. Cuitan itu juga disertakan dengan bagan sederhana mengenai dompet bitcoin yang diduga milik hacker tersebut, termasuk tautannya.

Dari tautan tersebut, ada informasi mengenai transaksi yang dilakukan oleh pemilik akun, meski tidak dijelaskan lebih lanjut.

<p>Infografis Ragam Tanggapan Klaim dan Ancaman Hacker Bjorka. (Liputan6.com/Abdillah)</p>