Kebohongan Sambo Berawal dari Sini

Usai Penembakan Brigadir J, Ferdy Sambo Jadikan Kantor Provos untuk Rancang Skenario

Liputan6.com 2022-09-13 18:05:00
Irjen Ferdy Sambo (kiri) dipeluk istrinya, Putri Candrawathi, saat rekonstruksi pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J di rumah dinas Duren Tiga, Jakarta, S

Kuasa Hukum Bripka Ricky Rizal, Erman Umar menyampaikan, mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo menjadikan kantor Provos sebagai lokasi penyusunan skenario penembakan Brigadir J sebelum menjalani pemeriksaan awal.

"Itu kalau tidak salah itu di Provos, itu mungkin Sambo yang berperan di situ, saya tidak ingat betul karena saya tidak baca lengkap ya, karena tebel juga jadi baru sepintas saya lihat dia pernah dikumpulkan," tutur Erman di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (13/9/2022).

Menurut Erman, Bripka Ricky Rizal menjadi salah satu ajudan Ferdy Sambo yang ikut dalam pertemuan penyusunan skenario awal tersebut di Kantor Provos. Kegiatan itu dilaksanakan pada malam di hari yang sama usai peristiwa terjadi.

"Iya dikumpulkan ya persiapan. Ya kalau tidak (dibantu) mana bisa ngarang, pasti ada yang membantu," jelas dia.

Adapun soal iming-iming uang Ferdy Sambo kepada anak buahnya yang terlibat dalam penembakan Brigadir J, lanjutnya, dinilainya sebagai bagian dari rasa bersalah mantan Kadiv Propam Polri itu telah melibatkan anggotanya.

"Uang itu diberikan setelah mereka membuat skenario rekayasa. Jadi bukan pada saat awal itu dikasih duit. Mereka tidak berhak juga, ngapain. Dan Sambo juga kayak diplomasi saja, dia gerakin gitu," tutur Erman.

"Mungkin bisa juga di mata batinnya RR dan teman-teman yang lain bahwa Sambo merasa penyesalan bahwa kami menjadi korban. Jadi kan butuh biaya. mungkin gitu kali. Tapi bukan niat atau bukan apa-apa," sambungnya.


Antisipasi Tembak Kuat Ma'ruf di Magelang

Sebelumnya, Tersangka Bripka Ricky Rizal (RR) sempat menyingkirkan senjata milik Brigadir J saat berada di Magelang, Jawa Tengah, usai diketahui adanya pertengkaran dengan Kuat Ma'ruf (KM) yang melibatkan Putri Candrawathi.

Hal itu demi mengantisipasi terjadinya aksi penembakan, lantaran Kuat Ma'ruf membawa pisau.

Kuasa Hukum Bripka Ricky, Erman Umar, menyampaikan bahwa Brigadir J sempat emosional terhadap Kuat Ma'ruf. Saat itu, kliennya menanyakan situasi di rumah Magelang usai diminta pulang bersama Bharada Richard Eliezer alias Bharada E oleh Putri Candrawathi.

"Marah. Marah saja. Pas ditanya, J jawab enggak tahu tuh si Om Kuat marah-marah ke saya. Tapi setelah keluar dari Ibu, baru enggak mau menceritakan apa yang terjadi. Dan juga mereka malamnya itu enggak ada masalah, sudah tenang," tutur Erman di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (13/9/2022).

"Malah si RR sebenarnya melihat pertama pertengkaran dan ada yang bilang pisau itu. Mereka kan bagaimana pun Joshua punya senjata, ada senjata laras panjang dan pendek. Dia berinisiatif jangan sampai terjadi nih si KM sudah bawa pisau jangan-jangan sakit hati J, berantem lah mereka, terjadilah penembakan. Dia berinisiatif ambil senjata si J, simpan di kamar anaknya Sambo di atas. Itu inisiatifnya dan itu terlacak waktu lie detector, itu pertanyaan inti di sana," sambungnya.


Tak Tahu Pelecehan

Erman menegaskan kliennya tidak mengetahui adanya dugaan pelecehan terhadap tersangka Putri Candrawathi dalam kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J. Hal itu pun telah disampaikan saat pemeriksaan tambahan di hadapan penyidik.

"Ya misalnya cerita di Magelang. Kejadian apa di Magelang yang dia ketahui. Nah dia kalau dipertanyakan terkait pelecehan, dia tidak melihat dan tidak mengetahui. Tidak ada orang yang menyampaikan baik oleh Kuat, Susi atau Ibu, yang ada adalah pertengkaran. Kayak Joshua karena Joshua mau naik, melihat Ibu, sementara Ibu dalam kondisi menangis di atas, meluk Susi dan si Joshua ditegur kenapa naik, nah terus menghindar, nah ini terus menimbulkan kecurigaan," tutur Erman di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (13/9/2022).

"Entah ada pertengkaran apa antara Joshua dan Ibu, atau di balik, itu kita enggak tahu," sambungnya.

Mau Nikah, "Mohon Doanya"

Kaesang Pangarep Segera Nikahi Erina Gudono: Mohon Doanya

Liputan6.com 2022-09-13 13:30:00
Kaesang Pangarep. (Foto: Dok. Instagram @kaesangp)

Kaesang Pangarep sedang mempersiapkan pernikahannya dengan sang kekasih, Erina Gudono. Kabarnya, pernikahan mereka akan dilangsungkan pada Desember 2022.

Senin, 12 September 2022, cuitan Kaesang Pangarep pun disorot warganet. Dia mengomentari artikel tentang rencana pernikahan.

"Kabar ini disampaikan Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, saat menggantikan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang tidak bisa menghadiri pembukaan grand final e-sport karena sibuk mengurus pernikahan adiknya," begitu penggalan artikelnya.

Anak bungsu peresiden Joko Widodo ini tak menampik pemneritaan tersebut. Dia hanya protes lantaran kabar bahagia ini disampaikan bukan langsung dari mulutnya.


Minta Doa

"Padahal pengen ngumumin sendiri, malah orang lain yang ngumumin. Di acara e-sport lagi ngumuminnya," kata pria yang berprofesi sebagai pebisnis ini.

Selanjutnya, dia meminta doa dari masyarakat agar rencana pernikahannya dengan Erina Gundono diberi kemudahan dan kelancaran. "Yowes lah, yang penting doanya," ia mengakhiri.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Diumumkan

Diberitakan sebelumnya, rencana pernikahan putra bungsu Presiden RI Jokowi ini dibongkar Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa kala menggantikan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka pada pembukaan grand final e-sport di GOR Sitex Arena, Sabtu (10/9/2022).

Ketidakhadiran Gibran Rakabuming Raka bukan tanpa alasan. Ia tengah mempersiapkan acara keluarga di Yogyakarta.


Gibran Absen

"Yang pertama, kami mohonkan izin Pak Wali Kota ini di akhir menuju bulan Desember disibukkan dengan akan mantu terakhirnya Pak Presiden. Jadi Mas Kaesang mungkin di penghujung Desember akan ada pernikahan di Kota Surakarta," kata Teguh Prakosa dalam sambutannya.

Infografis 5 Tips Tetap Sehat di Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Niman)

Komnas HAM Bantah Bela Putri Candrawathi

Disebut Berpihak ke Putri Candrawathi, Komnas HAM: Silakan Tuduh tapi Disertai Bukti

Liputan6.com 2022-09-13 11:00:15
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik menyampaikan keterangan perkembangan pemantauan dan penyelidikan atas peristiwa baku tembak yang terjadi di rumah dinas mantan Kadiv Propram Polri di Kan

Komisi Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mendapatkan krtik karena dinilai berpihak ke Putri Candrawathi istri dari Irjen Ferdy Sambo. Hal ini setelah Komnas HAM menyebut Brigadir J alias Nofriansyah Yoshua Hutabarat telah melakukan pelecehan ke Putri Candrawathi.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik menegaskan, yang menyebut lembaga yang dipimpinnya berpihak ke Putri Candrawathi untuk bisa membuktikannya.

"Siapa bilang? Kan sudah, enggak usah dibahas lagi lah. Termasuk mereka bilang saya terima uang, silahkan tuduh apa pun, silakan buktikan, tapi saya enggak akan mau bantah-bantah itu, untuk apa, sudah selesai," kata Taufan kepada wartawan, Senin, 12 September 2022.

Menurut Ahmad Taufan Damanik, Komnas HAM tetap lebih fokus kepada laporan yang telah diselesaikannya sebagai rekomendasi baik ke Polri, Presiden Joko Widodo alias Jokowi, hingga ke DPR RI.

"Komnas sudah menyelesaikan tugasnya, sudah menyampaikan laporan kepada Polri, detailnya ada di situ, laporan kepada Presiden. Tadi sudah kami sampaikan poin-poinnya, nanti kami serahkan kepada DPR," ucapnya.

Ada lima poin rekomendasi Komnas HAM untuk pemerintah. Pertama, Komnas HAM meminta untuk melakukan pengawasan atau audit kinerja dan kultur kerja di Kepolisian Republik Indonesia untuk memastikan tidak terjadinya penyiksaan, kekerasan, atau pelanggaran hak asasi manusia lainnya.

"Kami sebutkan ini tidak semata-mata berangkat dari kasus Brigadir Yosua, tapi juga dari data-data pengaduan atau kasus-kasus yang kami tangani selama ini, terutama dalam lima tahun periode di bawah kepemimpinan kami," kata Taufan.

Kedua, Komnas HAM meminta kepada Presiden Jokowi untuk memerintahkan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo untuk menyusun suatu mekanisme pencegahan dan pengawasan berkala terkait penanganan kasus kekerasan penyiksaan, atau pelanggaran HAM lainnya yang dilakukan oleh anggota Polri.

"Seperti yang sekarang kita alami, anggota Polri-nya bahkan pejabat tingginya yang melakukan tindak kekerasan atau penyiksaan itu. Maka diperlukan suatu mekanisme pencegahan dan pengawasn berkala," kata Taufan.

Ketiga, melakukan pengawasan bersama dengan Komnas HAM terhadap berbagai kasus-kasus kekerasan, penyiksaan, atau pelanggaran hak asasi manusia lainnya yang dilakukan oleh anggota Polri.

Keempat, Komnas HAM meminta untuk mempercepat proses pembentukan direktorat pelayanan perempuan dan anak di Polri.

Kelima, Komnas HAM meminta untuk memastikan infrastruktur untuk pelaksanaan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS), termasuk kesiapan kelembagaan dan ketersediaan peraturan pelaksanaanya.

"Kita tahu ini Undang-Undang baru yang diputuskan pada tahun ini. Masih dibutukan kelengkapan-kelengkapan infrastrukturnya," kata Taufan, berharap pemerintah memastikan peraturan pelaksanaan UU TPKS.


DPR Kritik Komnas HAM soal Pelecehan Putri Candrawathi: Jangan Giring Opini

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengkritik sikap Komnas HAM dan Komnas Perempuan soal adanya dugaan pelecehan seksual dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Komnas HAM dan Komnas Perempuan mengungkap, ada dugaan pelecehan seksual terhadap istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi di Magelang, Jawa Tengah. Berdasarkan pengakuan Putri, pelecehan seksual itu diduga dilakukan Brigadir J.

Ahmad Sahroni menilai sikap kedua lembaga tersebut tidak menghargai proses hukum yang sedang berjalan.

"Pada saat ini, mari kita hargai dan ikuti proses hukum yang sedang berjalan. Komnas HAM dan Komnas Perempuan jangan menggiring opini yang menciderai logika publik," ujar Sahroni dalam keterangannya, Selasa 6 September 2022.

Pernyataan Komnas HAM dan Komnas Perempuan ini dianggap menggiring opini adanya pelecehan seksual yang sebelumnya telah dibantah kepolisian.

"Artinya kan polisi sudah menemukan tidak adanya dugaan pelecehan, sedangkan kedua Komnas ini justru menyatakan sebaliknya berdasarkan pengakuan tersangka," katanya.

Politikus senior Partai NasDem ini meminta Komnas HAM tidak langsung menyampaikan keterangan tersangka secara sepihak kepada publik. Ia khawatir pernyataan yang belum disertai bukti kuat tersebut akan ditelan mentah-mentah dan dianggap sebagai kebenaran.

"Jadi jangan pernyataan tersangka itu langsung disampaikan ke publik seolah itu kebenaran," kata Ahmad Sahroni.

Dia menilai bahwa pernyataan Komnas HAM soal adanya pelecehan seksual sangat berbahaya, karena selain berdasarkan pada opini tersangka, juga bisa menggiring opini publik yang rancu dengan penyidikan polisi.

"Jangan sampai ada penggiringan-penggiringan opini yang nantinya dapat mencederai logika berpikir masyarakat. Ini malah bikin penyidikan legitimate yang tengah dilakukan polisi jadi rancu," tutur Sahroni.

Sementara terhadap sikap Komnas Perempuan, Sahroni menyinggung terkait prinsip relasi kuasa antara korban dan pelaku pelecehan seksual.

"Kalau dalam perspektif feminisme itu ada namanya relasi kuasa, di mana mereka yang berkuasa merasa memiliki kuasa terhadap korban, hingga pelecehan bisa terjadi. Dalam hal ini sudah jelas korbannya adalah Brigadir J yang secara kuasa lebih lemah, karena dia bawahan. Jadi di sini saja sudah membingungkan jika Komnas Perempuan justru ngotot dengan pendiriannya," kata Sahroni menandaskan.


Temuan Komnas HAM soal Pelecehan Putri Candrawathi

Sebelumnya, Komisioner Bidang Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM, Choirul Anam, mengungkap dugaan kekerasan seksual yang dilakukan oleh Brigadir J terhadap Putri Candrawathi terjadi di Magelang pada 7 Juli 2022.

Saat itu, Irjen Ferdy Sambo bersama dengan Putri Candrawathi berencana merayakan ulang tahun pernikahan mereka berdua sekitar pukul 00.00 WIB.

"Adanya perayaan hari ulang tahun pernikahan saudara FS dan PC pada tanggal yang sama terdapat dugaan kekerasan seksual yang dilakukan oleh Brigadir J terhadap saudari PC di mana saudara FS pada saat yang sama tidak berada di Magelang," kata Anam di Kantor Komnas HAM, Kamis 1 Agustus 2022.

Lebih lanjut, Anam menerangkan, Kuat Maruf alias KM dan Susi alias S mengancam Brigadir J pascakejadian pelecehan seksual. Mereka berdua juga membantu Putri Candrawathi untuk masuk ke dalam kamar.

"Ancaman ini terkonfirmasi di sini kami mendapatkan informasi yang waktu itu skuat-skuat menjadi si Kuat," ujar dia.

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

<p>Infografis Komnas HAM Kuak Dugaan Brigadir J Lakukan Kekerasan Seksual ke Putri Candrawathi. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Calon Kuat Pengganti Anies

Profil Marullah Matali, Heru Budi, dan Bahtiar, Calon Kuat Pengganti Anies Baswedan

Liputan6.com 2022-09-13 17:48:56
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi (tengah) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kiri), Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (kiri) berfoto bersama usai mengiku

Muncul tiga nama yang digadang-gadang akan menjadi calon kuat menggantikan Anies Baswedan sebagai pejabat atau Pj Gubernur DKI Jakarta. Ketiga nama tersebut yaitu Kepala Sekretariat Kepresidenan (Kasetpres) Heru Budi Hartono, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali, serta Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar.

Untuk diketahui, masa kepemimpinan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta dan Wakilnya Ahmad Riza Patria akan segera berakhir pada Oktober 2022 mendatang. Jabatan untuk menjadi orang nomor satu di DKI tersebut nantinya diisi oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta.

Dan pada hari ini, Selasa (13/9/2022), Anies dan Riza telah resmi diberhentikan sebagai Gubernur DKI dan Wakil Gubernur dalam Rapat Paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi.

"Selasa 13 September 2022 adalah dalam rangka pengumuman pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah yang masa jabatannya berakhir 2022," kata Prasetio.

Terkait pemberhentian kepala daerah tersebut, DPRD Provinsi DKI Jakarta telah menerima surat dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 131/2188/OTDA tanggal 24 Maret 2022, hal Usul Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang Masa Jabatannya berakhir Pada Tahun 2022.

Masih pada kesempatan yang sama, dari sembilan Fraksi DPRD DKI Jakarta yang telah menyetorkan masing-masing tiga nama calon Pj Gubernur DKI Jakarta telah mengerucut pada tiga sosok pengganti Anies yang paling banyak dipilih.

Heru Budi Hartono memperoleh total sembilan usulan, Marullah Matali juga memperoleh total sembilan usulan, sedangkan Bachtiar memperoleh enam usulan. Sementara Juri Ardiantoro hanya memperoleh tiga usulan.

"Tiga nama ini yang akan kita serahkan ke Kemendagri," kata Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi, di Ruang Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta, Selasa (13/9/2022).

Lantas, seperti apa jejak rekam ketiganya hingga terpilih untuk memperebutkan posisi Anies Baswedan yang akan berakhir pada 16 Oktober mendatang?


Heru Budi Hartono

Lahir di Medan, Sumatera Utara, pria kelahiran 13 Desember 1965 tersebut menempuh pendidikan dasar di Jakarta dan sempat 3 tahun di Pakistan.

Selanjutnya, Heru menempuh pendidikan SMP di Jakarta dan melanjutkan SMA di Belanda. Lalu, mengenyam bangku kuliah S-1 dan S-2 di Universitas Krisna Dwipayana, Jakarta.

Kini, ia menjabat sebagai Kepala Sekretariat Presiden. Heru diangkat pada 29 Juli 2017.

Mengawali karir sebagai Staf Khusus Walikota Jakarta Utara pada tahun 1993 silam, selang dua tahun kemudian, Heru menjadi Staf Bagian Penyusunan Program Kota Jakarta Utara.

Di 1999, Heru ditunjuk menjadi Kepala Sub-Bagian Pengendalian pelaporan Kota Jakarta Utara. Lalu di 2002, ia dipindahkan menjadi Kepala Sub Bagian Sarana dan Prasarana Kota Jakarta Utara.

Di tahun 2008, ia masih berkantor di Jakarta Utara sebagai Kepala Bagian Umum dan lanjut menjadi Kepala Bagian Prasarana dan Sarana Perkotaan. Di tahun 2013, ia menjabat sebagai Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri Provinsi DKI Jakarta.

Akhirnya pada tahun 2014, ia ditunjuk Gubernur DKI Jakarta ketika itu, Joko Widodo, untuk menjadi Walikota Jakarta Utara. Heru menjabat kursi tersebut selama setahun dan akhirnya kembali menjadi Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, juga di DKI Jakarta.

Dia sempat digandeng Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok untuk maju sebagai bakal calon wakil Gubernur di Pilkada 2017 melalui jalur independen. Namun batal, Ahok memilih jalur parpol dan menggandeng Djarot Syaiful Hidayat.


Marullah Matali

Dilansir dari laman resmi Pemkot Administrasi Jakarta Selatan, Marullah Matali lahir di Jakarta pada 27 November 1965. Dia menyelesaikan pendidikan SD sampai SMA/MA di Jakarta.

Setelah menyelesaikan pendidikan S-1 jurusan Agama Islam di University of Basra Saudi Arabia, dia lalu melanjutkan pendidikan S2 Hukum Islam di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kini, ia menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta. Pelantikan dilakukan di Balai Kota DKI Jakarta pada 18 Januari 2021 lalu.

Marullah mengawali kariernya sebagai Staf Biro Bina Mental Spiritual DKI Jakarta. Setelah itu naik menjadi Kepala Seksi Bina Lembaga Mental Dinas Bintal dan Kesos DKI Jakarta.

Kemudian, ia dimutasi menjadi Kepala Sub Dinas Bina Mental Spiritual Dinas Bintal dan Kesos DKI Jakarta. Selanjutnya, Marullah menjabat sebagai Kepala Sekretariat Dinas Sosial DKI Jakarta.

Lalu, ia diangkat sebagai Kepala Biro Pendidikan dan Mental DKI Jakarta. Kemudian, menjadi Asisten Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Pariwisata.

Dia pernah menjabat sebagai Asisten Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Pengendalian Kependudukan. Selanjutnya, ia menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Selatan sejak 5 Juni 2018.

Adapun Marullah sempat mendapatkan dua penghargaan sebagai PNS, yaitu penghargaan masa kerja 15 tahun dari Gubernur DKI Jakarta (2011) dan Penghargaan Satyalancana Karya Satya KL.1 dari Presiden RI (2012).


Bahtiar

Satu sosok lainnya yang masuk dalam bursa Pj Gubernur DKI Jakarta adalah Bahtiar. Pria kelahiran Bone, Sulawesi Selatan tersebut kini menduduki jabatan sebagai Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri, setelah sebelumnya menjabat sebagai Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri.

Mengenyam pendidikan pada Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) Jatinangor, pria kelahiran 16 Januari 1973 tersebut juga cukup terlibat aktif perumusan peraturan perundangan-undangan terkait kepemiluan sejak dipercaya sebagai Kabag Perundang-Undangan Ditjen Polpum Kemendagri.

Bahtiar bahkan pernah ditunjuk Menteri Dalam Negri (Mendagri) Tito Karnavian sebagai Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Provinsi Kepri beberapa waktu lalu.

Sehari sebelum namanya muncul sebagai salah satu calon kuat, Bahtiar menyampaikan terima kasih dan memohon doa.

"Terima kasih dan mohon doa, udah gitu aja," kata Bahtiar di Kompleks Parlemen Senayan, Senin, 12 September 2022.

Bahtiar enggan berkomentar banyak, ia hanya meminta didoakan. "Mohon doa," kata dia.

Riwajat Jabatan:

1. Kasubdit Ormas, Ditjen Kesbangpol (2010)

2. Kabag Perundang -Undangan, Setditjen Polp um (2015)

3. Plt. Direktur Politik Dalam Negeri, Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum (2016)

4. Direktur Politik Dalam Negeri Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum (2016)

5. Kepala Pusat Penerangan Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri (2018)

6. Plt. Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (2019)

7. Pjs. Gubernur Kepulauan Riau ( 2020)

8. Direktur Jenderal Politik dan Pemer intahan Umum (2020 - Sekarang)

Pengalaman Kerja:

1. Tim Penyusun Undang- Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan (2011-2013)

2. Tim Penyusun Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Umum (2015)

3. Tim Penyusun Undang -Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (2017)

4. Sekretaris/Anggota Tim Seleksi Calon Anggota KPU dan Calon Anggota Bawaslu Masa Jabatan 2022-2027 (2021)

5. Tim Penyusun Keputusan Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Hari Penegakan Kedaulatan Negara (2022)

6. Tim Penyusun Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2022 tentang Forum Koordinasi Pimpinan di Daerah (2020-2022).

Infografis Jabatan Gubernur Anies Baswedan Berakhir di 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)

Warisan Ratu Elizabeth II di Piala Dunia

Ratu Elizabeth II dan Warisannya di Piala Dunia

Liputan6.com 2022-09-13 15:00:20
Ratu Elizabeth II saat menyerahkan trofi Piala Dunia 1966 ke pemenang, timnas sepak bola Inggris (file / FA)

Publik Inggris tengah berduka. Ratu Elizabeth II yang telah bertahta lebih dari 70 tahun meninggal dunia, pekan lalu. Semasa hidupnya, sang Ratu tidak hanya menjadi simbol negara. Wanita dengan nama lengkap Elizabeth Alexandra Mary itu juga berpartisipasi dalam berbagai tonggak sejarah olahraga dunia, termasuk Piala Dunia.

Ratu Elizabeth II lahir pada tahun 1926, hanya empat tahun sebelum Piala Dunia perdana pada tahun 1930. Di dunia sepak bola, Ratu Elizabeth II tidak hanya penggemar biasa, tetapi juga pendukung sejati.

Dia merupakan Kepala Negara untuk beberapa Asosiasi Anggota FIFA dan mensponsori Federasi Sepak Bola Inggris, Skotlandia, serta Wales. Pada tahun 1966, Ratu Elizabeth II menghadiri Piala Dunia kedelapan yang diadakan di kandangnya di stadion Wembley.

"Saya menyambut semua pengunjung kami dan merasa yakin bahwa kami akan melihat sepak bola yang bagus," katanya pada pembukaan kompetisi, dilansir Doha News.

Timnas Inggris kemudian membawa kejayaan ke negara mereka, setelah berhasil menjadi juara usai mengalahkan Jerman Barat 4-2 di final. Ini menjadi gelar pertama dan satu-satunya sejauh ini.

Ratu Elizabeth II juga naik ke podium untuk memberikan trofi kepada kapten tim nasional Inggris, Bobby Moore.

Setelah Piala Dunia 1966 itu, Ratu Elizabeth II sempat menghadiri beberapa pertandingan Piala FA, kompetisi sepak bola tertua hingga saat ini.

Momen pertama Ratu Elizabeth II menonton pertandingan sepak bola secara langsung adalah final Piala FA 1953 yang mempertemukan Blackpool vs Bolton.

Ratu Elizabeth II juga pernah menonton pertandingan Chelsea secara langsung di stadion saat masih berstatus putri Buckhingham.

Terakhir, Ratu Elizabeth II menyerahkan trofi FA Cup kepada kapten Southampton, Peter Rodrigues, 1976 lalu.


Bikin Gugup

Peter Rodrigues yang sempat berhadap-hadapan dengan Ratu Elizabeth II saat menerima trofi FA Cup mengaku tak kuasa. Dia bahkan tak bisa berbicara banyak saat diberikan beberapa pertanyaan.

"Sebelum saya mengambil trofi, dia memberi selamat kepada saya dan bertanya apakah saya menikmati permainan ini," kata Rodrigues dalam wawancara dengan Daily Mail.

"Saya terlalu gugup untuk menjawab dengan benar, saya hanya mengucapkan terima kasih Bu, "sambung Rodrigues


Penghormatan FIFA

Presiden FIFA Gianni Infantino berduka atas kematian Elizabeth II. Dia menyebutnya sebagai kehilangan besar bagi sepak bola.

"Kepada dunia, komunitas sepak bola kami menyesali hilangnya seorang pemimpin global yang terlibat dan mendorong semua orang yang ditemuinya," kata Infantino.

"Dan atas nama sepak bola di seluruh dunia, pikiran kami bersama keluarga kerajaan pada saat yang paling sulit ini," sambung Infantino.

Beberapa liga sepak bola di Eropa , termasuk Liga Inggris, menangguhkan pertandingan selama akhir pekan ini untuk menghormati Ratu.

Selain itu, banyak pemain sepak bola dan klub menyampaikan belasungkawa setelah kematian Ratu Elizabeth II


Penghormatan Qatar

Meninggalnya Elizabeth II terjadi hanyabeberapa bulan sebelum Piala Dunia 2022 Qatar dimulai.Ajang ini dijadwalkan berlangsung pada 20 November hingga 18 Desember.

DI Piala Dunia 2022 nanti, pemerintah Qatar akan menerangi tempat-tempat yang akan menjadi tuan rumah pertandingan grup Piala Dunia Inggris dan Wales sebagai penghormatan kepada Ratu Elizabeth II.


Surat untuk Timnas Inggris

Pada Euro 2020 lalu, Ratu Elizabeth II pernah mengirimkan surat dukungan kepada skuad Gareth Southgate jelang laga final melawan Italia.

Dalam suratnya, ia berharp agar Timnas Inggris mampu mengulangi prestasi setelah juara Piala Dunia 1966.

"Saya ingin menyampaikan ucapan selamat saya dan keluarga kepada Anda karena bisa mencapai final Piala Eropa," tulis Ratu.

"Dan semoga berhasil diiringi harapan bahwa sejarah akan mencatat bukan hanya keberhasilan Anda, tetapi juga semangat, komitmen dan harga diri yang sudah Anda tunjukkan," tambahnya.

Sayangnya, keinginan Ratu Elizabeth II tak terwujud lantaran Timnas Inggris harus mengakui kekuatan Italia dengan skor imbang 1-1 dan dilanjutkan penalti dengan hasil 2-3.

Tapi, kegagalan itu berhasil dibayar oleh Timnas Wanita Inggris yang menjadi juara Euro 2022. Ratu menyambut bahagia dan mengucapkans selamat kepada pemain.

<p>Infografis Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Ingin Menikah di Usia 26 Tahun

Verrell Bramasta Berharap Segera Menikah Di Usianya yang ke-26 Tahun

Liputan6.com 2022-09-13 17:00:00
Verrell Bramasta diketahui memang cukup aktif berolahraga. Melalui akun Instagram, ia beberapa kali terlihat mengunggah foto ataupun video saat olahraga. Bahkan, penampilannya saat bermain go

Verrell Bramasta baru saja berulang tahun yang ke 26 tahun tepatnya pada 11 September 2022. Di usianya saat ini, anak sulung Venna Melinda dan Ivan Fadilla merasakan waktu berjalan begitu cepat.

Kendati demikian, Verrell Bramasta mengaku bersyukur apa yang diinginkan satu persatu sudah banyak yang dikabulkan oleh Sang Khalik.

"26 tahun! Gak berasa waktu cepet banget berlalu, setiap tahun Tuhan udah baik banget mewujudkan satu demi satu mimpi aku," tulis Verrel Bramasta di akun Instagramnya sambil mengunggah momen perayaan ulang tahunnya, Senin (12/9/2022).

Namun ada satu harapan yang dipanjatkan Verrel Bramasata di ulang tahunnya kali ini. Ia berharap segera menemukan jodoh dan segera naik pelaminan.

"Harapan di umur ini: cepet nikah. Aamiin," katanya.


Diaminkan Warganet

Unggahan tersebut langsung dibanjiri komentar sahabat dan warganet yang mengucapkan selamat ulang tahun buat Varrell Bramasta. Tak lupa mereka mengaminkan doa Verrel Bramasta yang ingin segera menikah.

"Amen, thank you kakak udah kasih advice terus for me!! ," tulis Livy Renata.

"Selamat ulang tahunn kakk verrell ," tulis akun @lyzone.ofc

"Aamiin ya Allah , smoga secepatnya ya cogan #Bismillah," tulis akun @noviraanggraini95


Momen Terbaik

Di unggahan sebelumnya Verrel Bramasta membagikan video saat perayaan ulang tahunnya bersama orang-orang terkasih. Dimana Natasha Willona membawakan kue ulang tahun untuk Verrel.

"Salah satu momen terbaik dalam rangkaian acara yang dibuat oleh orang2 tersayang. Terima kasih sahabat2, keluarga, dan kamu," tulis Verrel.


Didoakan Berjodoh

Dimomen ini banyak warganet yang mendoakan Verrell Bramasta dan Natasha Willona bisa balikan bahkan segera menikah.

"MasyaALLAH smg ALLAH selalu dlm perjalanam verel dan wilona , smg ini awal dr dr kebahagian dan akhir dr kerasnya perjuangan wilver untuk bersatu selamanya , smg hidayah dr ALLAH segerah menghampiri wilona segerah bersatu dlm ikatan pernikahan jodoh dunia akhirat Amin ," tulis akun @bras_01.

"Bismillah semoga Wilver berjodoh cpat nikah ," tulis akun @marlinda7900.

"walaupun kalian gk pernah ngomong yang sebenernya... Smoga kalian cepet nikah dehh @bramastavrl @natashawilona12," tulis @putunindy11

Infografis Arti Warna Fitur Safe Entrance Aplikasi PeduliLindungi (Liputan6.com/Niman)

Tolak Jadi Pemain Termahal Dunia

Gagal Pindah dari MU, Cristiano Ronaldo Tolak Tawaran Jadi Pemain Termahal di Dunia

Liputan6.com 2022-09-13 18:13:30
Cristiano Ronaldo layak menjadi pengganti Maguire sebagai kapten Manchester United. Meski baru bergabung di skuat asuhan Ole Gunnar Solskjaer, Ronaldo telah memiliki pengalaman sebagai kapten

Cristiano Ronaldo masih berpotensi mencatatkan namanya sebagai pemain termahal sejagad. Namun pemain asal Portugal itu menolak dan memilih bertahan di Manchester United atau MU meski dengan hati dongkol. Kenapa?

Selama bursa transfer musim panas lalu, publik sepak bola diramaikan oleh rencana kepindahan Ronaldo. Pemain yang akrab disapa CR7 itu enggan melanjutkan kontraknya yang masih tersisa setahun lagi demi Liga Champions.

Ronaldo memang tidak punya pilihan. MU tidak lolos ke kompetisi antarklub paling elite di Benua Biru itu. Sebagai peringkat keenam Liga Inggris, MU hanya akan tampil di level yang lebih rendah, yakni Liga Europa 2022/2023.

Berbagai klub sempat dikabarkan berniat mendatangkan Ronaldo. Namun satu-persatu memilih mundur teratur.

Setelah melalui berbagai drama, Ronaldo tak beranjak dari MU hingga bursa transfer ditutup. Dia terpaksa bertahan meski posisinya di tim utama Setan Merah lambat-laun mulai terpinggirkan. Dalam lima laga terakhir Setan Merah di di ajang Liga Inggris 2022/2023, kekasih Georgina Rodriguez tersebut tidak lagi dipercaya menghuni Starting XI.

Ronaldo sempat diturunkan sebagai starter saat MU bertemu Real Sociedad pada matchday pertama Liga Europa pekan lalu. Sayang, dalam duel ini Setan Merah justru menelan pil pahit kekalahan dengan skor 0-1. Padahal saat CR7 berada di bangku cadangan, MU mampu merebut lima kemenangan secara beruntun di Liga Inggris.


Tawaran Fantastis

Dalam posisi sulit seperti ini, pesona Cristiano Ronaldo bukan berarti luntur. Sebaliknya, pemain berusia 37 tahun itu masih berpotensi mencatatkan namanya sebagai pemain termahal sejagat (lagi). Sayang, Ronaldo menolaknya.

Menurut laporan Marca, Al-Hilal sangat berambisi mewujudkan hal ini. Klub asal Arab Saudi itu telah mengirim tawaran kontrak dua musim dengan nilai 242 juta euro atau setara Rp3,6 Triliun kepada Ronaldo. Angka ini lebih besar dari nilai transfer tertinggi yang dicatatkan Neymar saat pindah dari Barcelona ke PSG, yakni 222 juta euro.

Tawaran Al-Hilal juga jauh di atas rekor perpindahan Ronaldo dari MU ke Real Madrid pada tahun 2009 lalu. Saat itu, CR7 sempat tercatat sebagai pemain termahal setelah diboyong dengan nilai transfer sebesar 100 juta euro.


Bertahan di MU

Marca sudah mengkonfirmasi tawaran tersebut. Al-Hilal kabarnya sangat berambisi memboyong Ronaldo untuk menambah gemerlap kompetisi sepak bola di Arab Saudi. Ronaldo rencananya akan melengkapi deretan pemain bintang yang kini sudah dihuni nama-nama seperti Vietto, lvaro Gonzlez, Ospina, Santi Mina, dan Alvaro Medran.

Ronaldo belum berkomentar apapun mengenai tawaran ini. Hanya saja, besar kemungkinan tawaran itu ditolak.

Seperti diketahui, Ronaldo memilih untuk tetap bertahan di MU meski hanya menjadi penghangat bangku cadangan.


Enggan Berusaha Lebih Keras

Presiden Federasi Sepak Bola Arab Saudi, Yasser Al-Misehal, tampak kesal dengan sikap Ronaldo. Sebab, menurut Yasser, kehadiran Ronaldo bakal memberi semakin membangkitkan persepakbolaan di negaranya.

Dari sisi finansial, Yasser juga mengaku tidak ada masalah. Klub-klub yang bermain di Arab Saudi cukup kuat untuk memenuhi tuntutan yang diajukan oleh Manchester United terhadap pemain asal Portugal itu.

Yasser sendiri tidak tahu alasan kenapa Ronaldo gagal mendarat di negaranya. Dia juga tidak habis pikir kenapa para pemilik klub enggan berusaha lebih keras untuk membujuk kekasih Georgina Rodriguez tersebut.

"Jujur saya tidak tahu jawabannya," kata Yasser saat ditanya kenapa gagal memboyong CR7.

"Saya bukan pemilik klub. Kalau saya pemilik klub, saya pasti tahu jawabannya. Teman-temanku di klub juga tidak mau memberi tahu alasannya kenapa," beber Yasser menambahkan.

"Itu tidak akan menjadi transaksi yang mudah untuk klub Saudi atau bahkan untuknya, tetapi kami akan senang melihatnya atau bahkan beberapa pemain top lainnya dengan level yang sama."

Ronaldo Raja Gol Kompetisi Eropa (Liputan6.com/Abdillah)

Ruwat Nusantara di Sungai Progo

Ruwat Nusantara di Tepi Sungai Progo, Ini Tujuannya

Liputan6.com 2022-09-13 17:50:01
Puluhan peserta Ruwat Nusantara dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti ritual di Dusun Gleyoran Desa Sambeng Borobudur Magelang, Senin (12/9/2022)

Puluhan peserta Ruwat Nusantara dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti ritual di Dusun Gleyoran Desa Sambeng Borobudur Magelang, Senin (12/9/2022). Mereka menikmati keindahan dan kesahajaan Dusun Gleyoran yang terletak di tepi Sungai Progo.

Peserta menerima ikat kepala khas Yogyakarta. Mereka juga berlatih menabuh gamelan.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan ritual larung sajen di tengah Sungai Progo menggunakan gethek. Ritual bermakna memohon keselamatan kepada Tuhan.

Menurut Direktur Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat Kemendikbud Ristek, Sjamsul Hadi kegiatan ini ingin lebih mendekatkan masyarakat adat dan penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dengan budaya spiritual di kawasan Borobudur Magelang.

"Lewat sambung rasa ini, para peserta yang telah kembali ke tempat masing-masing, tahu bahwa benang merah budaya spiritual itu ada," ujarnya dalam siaran pers.

Ia berharap kegiatan ini mendorong transfer pengetahuan, sehingga masyarakt bisa memahami, mengerti dan melestarikan budaya adat di daerah masing-masing.

Ruwat Nusantara pada tahun depan bakal digelar di Jambi. Alasannya, kekayaan budaya spiritual di Jambi sangat banyak.

"Kami undang masyarakat adat agar mengenal budaya di wilayah lain," ucap Sjamsul.


Saksikan video pilihan berikut ini:

Korsel Terancam Pandemi Dobel

Korea Selatan Terancam Pandemi Kembar COVID-19 dan Influenza

Liputan6.com 2022-09-13 15:29:49
Seorang pekerja memeriksa fasilitas di alun-alun saat Topan Hinnamnor bergerak menuju Semenanjung Korea di Seoul, Korea Selatan, Senin (5/9/2022). Pemerintah juga menyarankan agar sekolah dit

Musim dingin segera tiba di Korea Selatan. Kekhawatiran lantas muncul karena sejumlah protokol kesehatan juga sudah dilonggarkan di negara tersebut, sehingga ada risiko lonjakan kasus COVID-19.

Namun, pakar kesehatan mengingatkan pula terjadinya influenza, sehingga ada ancaman pandemi kembar (twindemic).

Berdasarkan laporan Yonhap, Selasa (13/9/2022), pandemi kembar itu akan dimulai pada musim gugur, sehingga pakar kesehatan meminta agar sistem respons medis dipersiapkan untuk menghadapi lonjakan kasus.

Korea Disease Control and Preventio Agency (KDCA) telah melaporkan bahwa pasien dengan gejala flu mencapai 4,7 per 1.000 orang pasien rawat jalan pada periode 28 Agustus - 3 September 2022. Angka itu naik dari 3,3 pada pekan-pekan sebelumnya.

Angka untuk pasien berusia di bawah 50 tahun berada antara 5,2 hingga 8,5. Angka itu telah melewati estimasi 4,9 per 1.000 orang untuk musim 2022-2023.

Kasus COVID-19 di Korea Selatan sedang reda, meski pada Senin 12 September 2022 ada 36 ribu kasus baru. Namun, angka itu masih lebih sedikit ketimbang 180 ribu kasus pada pertengahan Agustus lalu.

Pemerintah telah meminta agar masyarakat tetap wspada sebagaimana Korea Selatan akan memasuki musim salju pertama tanpa adanya aturan social distancing sejak pandemi COVID-19 dimulai.

Liburan musim gugur (Chuseok) juga dikhatirkan sebagai pemicu lonjakan virus.

"Jika kita memiliki pandemi kembar, kita mesti bisa mendeteksi apakan itu COVID-19 atau bukan, tetapi tes antigen punya batasnya," ujar profesor medis Kim Tak dari Soonchunhyang University Bucheon Hospital.

Salah satu ide dari pakar medis adalah membuat tes PCR yang bisa mendeteksi flu dan COVID-19 pada saat yang bersamaan. Mereka juga meminta pemerintah membuat skema untuk masyarakat bisa mendapatkan vaksin COVID-19 dan flu bersamaan.


Penularan COVID-19 di Sekolah Rentan Terjadi pada Waktu-Waktu Ini

Beralih ke Indonesia, penularan COVID-19 masih terjadi hingga saat ini, termasuk di sekolah saat pembelajaran tatap muka (PTM).

Penularan COVID-19 tidak rentan terjadi pada jam belajar tetapi ada pada jam-jam di luar itu saat di sekolah.

"Ada waktu-waktu tertentu yang rentan tidak jalankan protokol kesehatan (prokes) dengan ketat. Seperti jam istirahat, jam pergi dan pulang sekolah," kata Ketua Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas FKUI, Dr. dr. Retno Asti Werdhani, M.Epid.

Melihat ada waktu-waktu dengan protokol kesehatan yang rendah, maka Asti mengingatkan pihak sekolah untuk mengingatkan murid dan guru untuk taat pada protokol kesehatan. Bila perlu dibuat tim khusus untuk memantau.

"Apabila saat sudah di sekolah, tanggung jawab guru dan pengurus sekolah. Edukasi juga perlu digencarkan lewat poster maupun stiker juga," kata Asti dalam sesi diksusi bersama BNPB pada Senin, 12 September 2022 secara daring.

Lalu, Asti juga mengingatkan ada sistem untuk segera melaporkan bila ada yang bergejala dan positif COVID-19 ke kecamatan. Bila memang ada yang positif tertular Corona, entah murid, staf pengajar maupun pekerja di sekolah bisa segera dilakukan tracing.


Jutaan Vaksin COVID-19 Kedaluwarsa Bakal Dimusnahkan, Bikin Negara Rugi atau Enggak?

Di tengah laju vaksinasi COVID-19 yang terus digencarkan Pemerintah, kondisi vaksin COVID-19 kedaluwarsa masih menjadi kekhawatiran tersendiri. Sebab, ada kecemasan masyarakat bila disuntik dengan vaksin kedaluwarsa.

Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia Dante Saksono Harbuwono menegaskan, vaksin COVID-19 yang sudah kedaluwarsa dan tidak bisa diperpanjang lagi masa pakainya akan dimusnahkan. Vaksin yang akan dimusnahkan, sebelumnya telah dipisahkan dengan vaksin lain yang masa pakainya panjang.

Dengan demikian, diharapkan masyarakat tak perlu cemas soal vaksin COVID-19 kedaluwarsa. Pemerintah menjamin vaksin yang disuntikkan adalah vaksin dengan masa pakai yang panjang dan layak suntik.

Lantas, apakah vaksin kedaluwarsa sebenarnya berdampak terhadap kerugian negara? Terlebih, pengadaan vaksin di Tanah Air juga hasil kerja sama bilateral to bilateral atau business to business (B2B) antar negara dan melalui COVAX Facility serta hibah dari negara lain.

"Data per 29 Agustus 2022, ada 40,2 juta vaksin kedaluwarsa. Untungnya, itu semua adalah vaksin yang berasal dari hibah, bukan yang kita beli," jelas Dante saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi IX DPR RI di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta pada akhir Agustus 2022 lalu.

"Jadi memang kerugian negara secara finansial itu tidak ada, tapi kalau kita ruginya ya secara value (nilai/jumlah). Ya, beberapa negara memberikan vaksin yang expired date-nya sudah sedemikian dekat-dekat (singkat), sehingga tidak bisa digunakan lagi (masuk kedaluwarsa)."


Malaysia-Singapura Cabut Wajib Masker di Dalam Ruangan, Indonesia Kapan?

Malaysia dan Singapura sudah mencabut aturan wajib masker di dalam ruangan (indoor). Dalam hal ini, pemakaian masker di dalam ruangan tak lagi wajib, berganti menjadi sebuah pilihan (opsional) dengan kondisi tertentu.

Lantas, kapan pemakaian masker di Indonesia akan dicabut atau tak lagi wajib?

Ketua Sub Bidang Dukungan Kesehatan Satgas Penanganan COVID-19 Alexander K. Ginting menegaskan, Indonesia mempunyai cara tersendiri dalam pengendalian COVID-19 termasuk penyesuaian kebijakan protokol kesehatan.

Penyesuaian kebijakan protokol kesehatan juga melihat kondisi masing-masing wilayah. Artinya, kebijakan yang diterapkan berbeda-beda di tiap negara tergantung situasi perkembangan COVID-19.

Di Indonesia, kebijakan masih digulirkan dengan patuh memakai masker. Walaupun kasus COVID-19 nasional menurun dalam dua pekan terakhir, protokol kesehatan seperti memakai masker, baik di dalam maupun luar ruang tetap diutamakan.

"Cara Indonesia dalam penanggulangan COVID-19 ini adalah dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Levelisasi. Ini juga dengan berbagai uji coba yang pernah kita alami, mulai dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), PSBB yang dimodifikasi, PSBB yang diketatkan sampai dengan PPKM," ucap Alex menjawab pertanyaan Health Liputan6.com saat Talkshow: Mengukur Relevansi Protokol Kesehatan di Graha BNPB, Jakarta pada Kamis, 8 September 2022.

"Itu kan waktu kita ada PPKM Darurat dan akhirnya kita menemukan bentuk sekarang ini, bentuknya adalah dengan PPKM Levelisasi, yang mana digerakkan seluruh masyarakat dalam rangka penanggulangan COVID-19 yang baik dengan 3M, 3T, dan pemberian vaksinasi."

Menilik upaya penanganan COVID-19 yang diterapkan Indonesia, penyesuaian protokol kesehatan seperti memakai masker dapat berbeda di negara lain. Bahkan bisa saja pelonggaran protokol kesehatan yang diterapkan di negara lain, tidak aman untuk Indonesia.

"Indonesia punya caranya sendiri. Tentu cara yang di luar (negeri) belum tentu bisa aman diterapkan di negara kita," pungkas Alex.

Infografis 8 Cara Cegah Bayi Baru Lahir Tertular Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)

PR Jakarta yang Masih Tersisa

HEADLINE: Jelang Akhir Jabatan Gubernur Anies Baswedan, PR Tersisa di Jakarta?

Liputan6.com 2022-09-14 00:00:17
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berfoto bersama usai mengikuti sidang paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (13/9/2022).

Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria segera berakhir. Tugas Anies sebagai kepala daerah di Jakarta resmi berakhir pada 16 Oktober 2022 mendatang.

Namun di tengah keberhasilannya menjalankan program-program pembangunan Jakarta selama satu periode ini, masih ada sejumlah pekerjaan rumah (PR) yang belum bisa dituntaskan.

Anies dalam satu kesempatan juga sempat menyatakan bahwa Jakarta masih memiliki banyak PR untuk menjadi kota global. Hanya saja Anies tidak mengungkap lebih spesifik PR apa yang perlu dikerjakan untuk menjadikan Jakarta sebagai kota global.

Direktur Rujak Center for Urban Studies, Elisa Sutanudjaja mengamini bahwa masih banyak PR yang belum selesai di akhir masa jabatan Anies Baswedan dan Riza Patria memimpin Jakarta. Persoalan pencemaran udara hingga kemacetan lalu lintas masih belum berhasil ditangani di era Anies.

"Ya sebenarnya banyak ya. Soal pencemaran udara juga belum terlalu signifikan. Lalu soal perumahan juga masih banyak PR. Terus soal pembatasan penggunaan kendaraan pribadi juga masih banyak," ujar Elisa saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (13/9/2022).

Namun dia menyadari, masih banyaknya PR yang ditinggalkan Anies tak lepas dari terbatasnya masa jabatan Gubernur DKI Jakarta dalam satu periode. Menurut dia, setiap gubernur selalu meninggalkan PR untuk pemimpin berikutnya. Sebab, masalah perkotaan selalu ada yang baru dan terus terakumulasi oleh persoalan-persoalan lama yang tidak tuntas.

Kendati, Elisa melihat banyak perbedaan positif pada sosok Anies ketimbang gubernur-gubernur sebelumnya. Misalnya soal penataan kampung. Kebijakan yang dilakuan Anies dinilai lebih baik, ketimbang pendahulunya yang kerap melakukan penggusuran.

"Soal kampung dia juga lebih terbuka pada ide-ide yang datang dari bawah, yang lebih kreatif dalam menangani kampung yang padat. Jadi ada banyak opsi, enggak cuma harus dipindahkan ke Rusunawa atau digusur," katanya.

Selain itu, Anies juga dinilai tidak gengsi meneruskan program pendahulunya yang dianggap baik. Misalnya soal transportasi publik. Bahkan dia terus mengembangkan dan meningkatkan pelayanan serta mengintegrasikan seluruh moda transportasi yang ada di Jakarta. Termasuk membangun infrastruktur pendukungnya.

"Ya saya rasa itu yang cukup baik. Jadi ada kesinambungan dengan program sebelumnya dan dikembangkan," ucap Elisa.

Namun pembangunan infrastruktur dan peningkatan pelayanan transportasi publik di era Anies ini masih belum dibarengi dengan kebijakan pendukung untuk meningkatkan jumlah penggunanya. Angka pengguna kendaraan pribadi di Jakarta juga tidak menunjukkan trend menurun.

Padahal kebijakan tersebut erat kaitannya dengan upaya memperbaiki kualitas udara Jakarta. Termasuk juga menjadi solusi masalah kemacetan Ibu Kota yang sudah sangat fundamental.

"Jadi aturan-aturan pendukung yang simpel seperti pembatasan parkir, kenaikan harga parkir, itu aja nggak dilakukan. Kemudian ERP (Electronic Road Pricing/jalan berbayar elektronik) juga enggak dilakukan," katanya membeberkan.

Hal lain yang masih menjadi PR Jakarta adalah persoalan hunian dan penataan kampung. "Juga isu soal sanitasi yang mungkin dari zaman dulu, sanitasi selalu (jadi prioritas) nomor sekian," ucap Elisa.

<p>Infografis Jelang Akhir Jabatan Gubernur Anies Baswedan dan Wagub Ahmad Riza Patria. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Sementara itu, Pengamat Tata Kota, Nirwono Yoga mengapresiasi sejumlah terobosan yang dilakukan Anies Baswedan selama lima tahun memimpin Jakarta. Antara lain pembangunan jalur sepeda, penataan trotoar, utilitas, hingga peningkatan layanan transportasi publik.

"Secara program pembangunan dalam 5 tahun ini 2017-2022 ada yang cukup bagus, seperti pembangunan jalur sepeda, revitalisasi trotoar dan pemindahan utilitas ke bawah tanah, integrasi transportasi publik baik sistem ticketing maupun infrastruktur jembatan penghubung dari halte ke stasiun atau terminal, sehingga mendapat penghargaan internasional," kata Nirwono saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (13/9/2022).

Meski begitu, bukan berarti tidak ada catatan negatif terhadap kepemimpinan Anies selama satu periode ini. Anies Baswedan dinilai belum berhasil menangani persoalan banjir yang selalu menjadi pekerjaan rumah (PR) besar dari tahun ke tahun.

"PR penanganan banjir justru tidak tuntas dilakukan, seperti pembenahan sungai yang berhenti, revitalisasi situ, danau, bung, waduk tidak berjalan, rehabilitasi saluran air tidak dilakukan. Penambahan RTH (ruang terbuka hijau) baru sangat lambat," katanya.

Tak hanya itu, Nirwono juga menyoroti rumah DP Rp 0 yang menjadi salah satu janji kampanye Anies Baswedan. Menurut dia, program rumah DP nol persen Anies tidak tepat sasaran.

"Tidak sesuai janji awal untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), sementara program Rusunawa yang di awal ditolak keras Anies belakangan malah dijadikan program unggulannya," katanya.

Menurut dia, penataan kampung dan penyediaan hunian layak bagi warga Jakarta di era Anies tidak terealisasi dengan baik. Anies dinilai hanya fokus menuntaskan janji kampanye untuk pendukungnya di Pilkada 2017 lalu.

"Penanganan kampung padat langganan banjir atau kebakaran tidak tersentuh, tapi lebih perbaikan kampung susun di wilayah kampanyenya," ujar Nirwono.

Karena itu, dia menyatakan bahwa masih banyak PR yang perlu dikerjakan oleh pengganti Anies dalam membangun Jakarta. Kendati, ia meminta Pj Gubernur DKI nanti fokus pada dua persoalan besar Jakarta, yakni banjir dan kemacetan.

"PR ke depan bagi Pj Gubernur fokus saja penguraian kemacetan lalu lintas sekaligus memperbaiki kualitas udara dan penanganan banjir secara komprehensif," kata Nirwono.

Hal senada juga disampaikan Pengamat Tata Kota, Yayat Supriatna. Dia berpendapat bahwa penanganan banjir masih menjadi PR besar Anies yang belum tuntas.

"Pekerjaan besar yang belum tuntas adalah masalah penanganan banjir, khususnya pada upaya normalisasi dan naturalisasi," kata Yayat saat dihubungi Liputan6.com, Selasa.

Namun, Yayat menilai program transportasi Anies perlu dijaga dan dilanjutkan oleh Pj Gubernur DKI selanjutnya.

"Penanganan sudah mulai cukup baik, beberapa program banyak menghasilkan yang baru seperti JIS (Jakarta International Stadium), Taman Eko Park Tebet, integrasi tarif angkutan, Kota Tua, Kampung Aquarium, tarif air yang membantu kelompok miskin," katanya memungkasi.

Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi mengatakan, persoalan banjir dan macet memang selalu menjadi PR kepala daerah di Jakarta. Permasalahan ini pula yang harus bisa ditangani oleh Pj Gubernur DKIJakarta pengganti Anies Baswedan.

"Setiap Gubernur itu kalau di Pilkada, janjinya hulu hilir dibereskan. Nah, itu konsentrasi kita. Jadi siapapun pejabatnya, kita harus tekan di masalah banjir dan macet itu," kata Prasetio di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (12/9/2022).

Politikus PDIP ini ingin Pj Gubernur berikutnya tetap memikirkan solusi untuk mengatasi masalah macet dan banjir di Jakarta. Selain itu, menurut Prasetio, Pj Gubernur harus dapat berkomunikasi dengan baik.

"Nah ini juga harus dipikirkan bagaimana solusinya," ucap dia.


Fokus Kerja Anies-Riza di Akhir Masa Jabatannya

Anies Baswedan menegaskan ia dan Riza Patria masih tetap menjalankan tugas sebagai Gubernur DKI Jakarta dan Wakil Gubernur DKI Jakarta hingga 16 Oktober 2022 mendatang. Meski DPRD DKI melalui rapat paripurna telah mengumumkan pemberhentian Anies dan Riza sebagai kepala daerah Jakarta.

"Gubernur pun masih mengerjakan tugasnya sebagai Gubernur, Wakil Gubernur mengerjakan tugasnya sebagai Wakil Gubernur sampai masa jabatan berakhir. Dan tadi pun disebutkan, masa jabatan ini berakhir pada 16 Okober," ujar Anies saat ditemui usai rapat paripurna di DPRD DKI, Selasa (13/9/2022).

Dia memastikan akan menyelesaikan program kerja hingga benar-benar berakhir masa tugasnya pada 16 Oktober 2022 mendatang. Namun, dia enggan mengungkapkan pekerjaan yang masih belum bisa dituntaskan jelang habis masa jabatannya.

"Kan masih ada yang harus kita selesaikan. Nanti Anda lihat satu-satu. Kalau disampaikan semuanya di sini tidak ada surprise-nya dong," ujar Anies.

Lebih lanjut, Anies tak menaruh pesan pada Penjabat (Pj) Gubernur yang akan menggantikannya memimpin Jakarta. Dia mengganggap pergantian kepemimpinan ini sebagai proses demokrasi yang akan diserahkan kepada warga DKI Jakarta lewat ketetapan Pemerintah Pusat (Pempus).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini berujar siapapun nanti Pj Gubernur DKI Jakarta yang terpilih, harus berpegang pada semua peraturan yang ada. Semua itu, menurut Anies, menjadi cerminan penghormatan pada sistem.

"Ada ketentuan-ketentuan, ada Pergub ada Kepgub. Itu semua yang harus dipegang siapapun yang nanti bertugas. Jadi, menurut saya sebagai pejabat yang selesai, sampaikan bahwa ini semua sudah diselesaikan, kewenangan ada pada pejabat yang berikutnya, di situ penghormatan kita pada sistem," tutur Anies.

Sementara terkait program kerjanya yang bakal diteruskan oleh Pj Gubernur, Anies menyatakan, bahwa semuanya demi kepentingan rakyat. Dia juga menegaskan bahwa program kerja yang selama ini dijalankan bukanlah program pribadi Anies Baswedan.

"Jadi tidak ada yang namanya program pribadi, ini adalah program rakyat Jakarta yang ditetapkan lewat Perda," kata Anies menandaskan.

Sementara itu, Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan bahwa seluruh program kerja yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022 sudah direalisasikan menjelang berakhirnya masa jabatan pada 16 Oktober 2022.

"Jadi sesuai dengan RPJMD sudah semua kami laksanakan. Tinggal refinishing beberapa program yang InsyaAllah selesai," kata Riza Patria saat menghadiri 'Cash Free Day' Bank DKI di Thamrin 10, Jakarta Pusat, Minggu (11/9/2022).

Riza mengatakan, meski dirinya bersama Anies Baswedan pensiun pada 16 Oktober 2022, namun program tetap berjalan hingga akhir 2022 ini.

"Sekalipun kami berakhir 16 Oktober nanti, program jalan sampai Desember. Tapi tahun ini InsyaAllah selesai," katanya, seperti dikutip dari Antara.

Di sisa masa jabatannya itu, penyerapan anggaran akan terus dioptimalkan. Meski begitu, Pemprov DKI Jakarta tetap menerapkan prinsip hati-hati agar lebih cermat dan tidak muncul masalah di kemudian hari dalam pengelolaan anggaran daerah.

"Memang salah satu PR (pekerjaan rumah) kami selain mempercepat penyerapan anggaran, kami juga melakukan upaya kehati-hatian. Jangan sampai di akhir masa jabatan ini nanti tidak cermat, itu jadi perhatian kami," katanya.

Meski demikian, dia meyakini pengelolaan anggaran di DKI Jakarta hingga masa jabatannya berakhir akan tetap sesuai koridor mencermati lima kali berturut-turut Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mengantongi opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).


Anies Tak Boleh Lagi Bikin Kebijakan Strategis?

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi menyatakan bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dilarang membuat kebijakan strategis pada satu bulan terakhir masa jabatannya sebagai orang nomor satu di Jakarta.

Prasetio menjelaskan, sebulan terakhir yang dimaksud terhitung setelah rapat paripurna pengumuman pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta hingga 16 Oktober 2022. Rapat paripurna sendiri digelar pada Selasa, 13 September 2022.

"Salah satu yang kita putuskan bahwasanya tidak boleh ada lagi kebijakan yang strategis yang diambil oleh Anies," kata Prasetio kepada wartawan, Senin (12/9/2022).

Menanggapi hal itu, Kepala Biro Hukum DKI Jakarta, Yayan Yuhana menyatakan bahwa Anies Baswedan tetap bisa menentukan kebijakan jelang berakhirnya masa jabatan pada 16 Oktober 2022.

Kendati DPRD DKI Jakarta telah mengumumkan pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah yang berakhir masa jabatannya tahun 2022 di rapat paripurna hari ini. Yayan menegaskan hingga 16 Oktober 2022, Anies masih dapat ambil kebijakan dan hal tersebut tak menyalahi aturan.

"Gubernur memiliki tugas dan tanggung jawab, termasuk dalam mengambil kebijakan menurut aturan berlaku," kata Yayan dalam keterangannya, Selasa (13/9/2022).

Menurut Yayan, jika larangan tersebut didasarkan pada Pasal 71 ayat (2) dan (3) UU No 10 Tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Menjadi Undang-Undang, maka UU tersebut tak lantas membuat Anies melanggar aturan.

"Karena ketentuan dalam pasal tersebut dikhususkan untuk kepala daerah yang akan mengikuti seleksi pemilu, sedangkan tahun 2022 tidak ada pemilu," ungkap Yayan.

Berdasarkan ketentuan yang terdapat dalam UU No 23 Tahun 2014, tidak terdapat pengaturan mengenai tugas dan wewenang Gubernur selama (1) satu bulan masa jabatan berakhir. Dengan demikian dapat disimpulkan tugas dan wewenang Gubernur tetap mengacu kepada Pasal 65 UU 23/2014.

"Karena itu ketentuan ini atau ketentuan lainnya yang ada pada rezim pengaturan pemilihan Gubernur, tidak dapat dijadikan dasar atau diberlakukan kepada Gubernur dalam jabatan normal dan tidak sedang mengikuti pelaksanaan pilkada (peserta pilkada)," jelas Yayan.

Adapun ketentuan tersebut, kata Yayan, bersifat khusus atau lex spesialis dalam kaitannya dengan pembatasan pelaksanaan tugas dan wewenang Gubernur pada masa pemilihan Gubernur.

Hal ini juga diperjelas dengan klausul pasal 71 ayat (5) yang menyebutkan dalam hal Gubernur atau Wakil Gubernur, Bupati atau Wakil Bupati, dan Walikota atau Wakil Walikota selaku petahana melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dan ayat (3), petahana tersebut dikenai sanksi pembatalan sebagai calon oleh KPU Provinsi atau KPU Kabupaten/Kota.

Yayan menyampaikan bahwa paripurna terkait Pengumuman Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang masa jabatannya berakhir pada 2022 oleh DPRD DKI Jakarta, hanya merupakan rangkaian proses administrasi semata.

"Paripurna hanya sebagai rangkaian proses administrasi untuk pengumuman pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur. Tidak ada kewenangan yang berubah atau berkurang, semua masih sama," kata dia menandaskan.


DPRD Putuskan 3 Nama Calon Pj Gubernur DKI Jakarta

Setelah rapat paripurna, DPRD DKI Jakarta kemudian melanjutkan rapat pimpinan gabungan atau Rapimgab untuk menentukan tiga nama yang diusulkan menjadi calon penjabat atau Pj Gubernur DKI Jakarta menggantikan Anies Baswedan yang purna tugas Oktober 2022 mendatang.

DPRD DKI kemudian memutuskan tiga nama yang akan diusulkan untuk menjadi PJ Gubernur DKI Jakarta. Tiga nama itu diperoleh dari hasil penyaringan nama-nama yang diusulkan sembilan fraksi di DPRD DKI. Tiap fraksi berhak mengusulkan tiga nama.

Adapun tiga nama yang diusulkan ialah Kepala Sekretariat Kepresidenan (Kasetpres) Heru Budi Hartono, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali, dan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar.

Sementara Deputi Kantor Staf Presiden (KSP) Juri Ardiantoro tidak terpilih, karena suaranya paling rendah.

Dalam Rapimgab DPRD DKI Jakarta ini, Heru Budi Hartono memperoleh total sembilan usulan, Marullah Matali juga memperoleh total sembilan usulan, sedangkan Bachtiar memperoleh enam usulan. Sementara Juri Ardiantoro hanya memperoleh tiga usulan.

"Tiga nama ini yang akan kita serahkan ke Kemendagri," kata Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi, di Ruang Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta, Selasa (13/9/2022).

Berikut profil singkat tiga kandidat Pj Gubernur DKI Jakarta usulan DPRD DKI:

1. Heru Budi Hartono

Lahir di Medan, Sumatera Utara, pria kelahiran 13 Desember 1965 tersebut menempuh pendidikan dasar di Jakarta dan sempat 3 tahun di Pakistan.

Selanjutnya, Heru menempuh pendidikan SMP di Jakarta dan melanjutkan SMA di Belanda. Lalu, mengenyam bangku kuliah S-1 dan S-2 di Universitas Krisna Dwipayana, Jakarta.

Kini, ia menjabat sebagai Kepala Sekretariat Presiden. Heru diangkat pada 29 Juli 2017.

Mengawali karir sebagai Staf Khusus Walikota Jakarta Utara pada tahun 1993 silam, selang dua tahun kemudian, Heru menjadi Staf Bagian Penyusunan Program Kota Jakarta Utara.

Di 1999, Heru ditunjuk menjadi Kepala Sub-Bagian Pengendalian pelaporan Kota Jakarta Utara. Lalu di 2002, ia dipindahkan menjadi Kepala Sub Bagian Sarana dan Prasarana Kota Jakarta Utara.

Di tahun 2008, ia masih berkantor di Jakarta Utara sebagai Kepala Bagian Umum dan lanjut menjadi Kepala Bagian Prasarana dan Sarana Perkotaan. Di tahun 2013, ia menjabat sebagai Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri Provinsi DKI Jakarta.

Akhirnya pada tahun 2014, ia ditunjuk Gubernur DKI Jakarta ketika itu, Joko Widodo, untuk menjadi Walikota Jakarta Utara. Heru menjabat kursi tersebut selama setahun dan akhirnya kembali menjadi Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, juga di DKI Jakarta.

Dia sempat digandeng Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok untuk maju sebagai bakal calon wakil Gubernur di Pilkada 2017 melalui jalur independen. Namun batal, Ahok memilih jalur parpol dan menggandeng Djarot Syaiful Hidayat.

2. Marullah Matali

Dilansir dari laman resmi Pemkot Administrasi Jakarta Selatan, Marullah Matali lahir di Jakarta pada 27 November 1965. Dia menyelesaikan pendidikan SD sampai SMA/MA di Jakarta.

Setelah menyelesaikan pendidikan S-1 jurusan Agama Islam di University of Basra Saudi Arabia, dia lalu melanjutkan pendidikan S2 Hukum Islam di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kini, ia menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta. Pelantikan dilakukan di Balai Kota DKI Jakarta pada 18 Januari 2021 lalu.

Marullah mengawali kariernya sebagai Staf Biro Bina Mental Spiritual DKI Jakarta. Setelah itu naik menjadi Kepala Seksi Bina Lembaga Mental Dinas Bintal dan Kesos DKI Jakarta.

Kemudian, ia dimutasi menjadi Kepala Sub Dinas Bina Mental Spiritual Dinas Bintal dan Kesos DKI Jakarta. Selanjutnya, Marullah menjabat sebagai Kepala Sekretariat Dinas Sosial DKI Jakarta.

Lalu, ia diangkat sebagai Kepala Biro Pendidikan dan Mental DKI Jakarta. Kemudian, menjadi Asisten Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Pariwisata.

Dia pernah menjabat sebagai Asisten Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Pengendalian Kependudukan. Selanjutnya, ia menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Selatan sejak 5 Juni 2018.

Adapun Marullah sempat mendapatkan dua penghargaan sebagai PNS, yaitu penghargaan masa kerja 15 tahun dari Gubernur DKI Jakarta (2011) dan Penghargaan Satyalancana Karya Satya KL.1 dari Presiden RI (2012).

3. Bahtiar

Satu sosok lainnya yang masuk dalam bursa Pj Gubernur DKI Jakarta adalah Bahtiar. Pria kelahiran Bone, Sulawesi Selatan tersebut kini menduduki jabatan sebagai Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri, setelah sebelumnya menjabat sebagai Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri.

Mengenyam pendidikan pada Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) Jatinangor, pria kelahiran 16 Januari 1973 tersebut juga cukup terlibat aktif perumusan peraturan perundangan-undangan terkait kepemiluan sejak dipercaya sebagai Kabag Perundang-Undangan Ditjen Polpum Kemendagri.

Bahtiar bahkan pernah ditunjuk Menteri Dalam Negri (Mendagri) Tito Karnavian sebagai Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Provinsi Kepri beberapa waktu lalu.

Sehari sebelum namanya muncul sebagai salah satu calon kuat, Bahtiar menyampaikan terima kasih dan memohon doa.

"Terima kasih dan mohon doa, udah gitu aja," kata Bahtiar di Kompleks Parlemen Senayan, Senin, 12 September 2022.

Bahtiar enggan berkomentar banyak, ia hanya meminta didoakan. "Mohon doa," kata dia.

Riwajat Jabatan:

1. Kasubdit Ormas, Ditjen Kesbangpol (2010)

2. Kabag Perundang -Undangan, Setditjen Polp um (2015)

3. Plt. Direktur Politik Dalam Negeri, Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum (2016)

4. Direktur Politik Dalam Negeri Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum (2016)

5. Kepala Pusat Penerangan Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri (2018)

6. Plt. Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (2019)

7. Pjs. Gubernur Kepulauan Riau ( 2020)

8. Direktur Jenderal Politik dan Pemer intahan Umum (2020 - Sekarang)

Pengalaman Kerja:

1. Tim Penyusun Undang- Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan (2011-2013)

2. Tim Penyusun Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Umum (2015)

3. Tim Penyusun Undang -Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (2017)

4. Sekretaris/Anggota Tim Seleksi Calon Anggota KPU dan Calon Anggota Bawaslu Masa Jabatan 2022-2027 (2021)

5. Tim Penyusun Keputusan Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Hari Penegakan Kedaulatan Negara (2022)

6. Tim Penyusun Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2022 tentang Forum Koordinasi Pimpinan di Daerah (2020-2022).

<p>Infografis 3 Calon Penjabat Gubernur Pengganti Anies Baswedan usulan DPRD DKI Jakarta. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>