Sinyal Rahasia Ratu Elizabeth II

Makna Sinyal Rahasia Ratu Elizabeth II Menggunakan Lipstik Terungkap

Liputan6.com 2022-09-16 03:01:50
(Foto: AFP via Kapan Lagi) Ratu Elizabeth II

Sudah jadi rahasia umum bahwa Ratu Elizabeth II memiliki sejumlah sinyal rahasia. Gestur ini biasanya digunakan untuk berkomunikasi dengan stafnya ketika di depan umum.

Seorang pria yang bekerja untuk Ratu sebagai staf kerajaan selama delapan tahun mengungkapkan Ratu menggunakan lipstik untuk mengirim sinyal rahasia, mengutip The Sun, Rabu, 14 September 2022. Ini dikatakannya saat mengisi episode khusus Antiques Roadshow, yang didedikasikan untuk "merayakan pemerintahan dan umur panjang Yang Mulia Ratu."

Ian Scott Hunter, mantan staf kerajaan, mengungkap sinyal Ratu pada para stafnya ketika ia siap untuk meninggalkan sebuah acara. Yang Mulia terkadang terlihat mengoleskan lipstik berwarna cerah saat berada di depan umum, dan sepertinya sering ada alasan tersembunyi di baliknya.

Mantan pelayan kerajaan menjelaskan, "Saya percaya ada etiket bahwa wanita tidak merias wajah mereka di depan umum. Tapi, Ratu meletakkan tasnya di samping dan ia akan mengeluarkan lipstiknya, lalu memakainya tanpa cermin atau apa pun itu adalah sinyal bagi para staf bahwa ia siap untuk pergi (dari sebuah acara)."

"Jadi, tentu saja, mereka semua akan menyiapkan bagian (tugas) mereka dan Yang Mulia berdiri, jadi mereka semua bersiap untuk pergi," ia menyambung.

Yang Mulia juga dianggap menggunakan tas tangannya sebagai cara untuk mengirim sinyal ke ajudannya. Menggeser tasnya dari sisi kiri ke kanan berarti mendiang ibunda Raja Charles III ini siap mengakhiri obrolan dengan seseorang.


Sinyal dengan Tas Tangan

Menurut sejarawan kerajaan Hugo Vickers, Ratu Elizabeth II juga akan meletakkan tas tangannya di atas meja untuk memberi "peringatan lima menit" pada para stafnya bahwa ia akan segera pergi. Penjelasan itu keluar ketika rincian perjalanan terakhir Ratu telah terungkap.

Peti mati kayu ek Ratu, terbungkus Royal Standard of Scotland dengan karangan bunga diletakkan di atasnya, telah menghabiskan malam terakhirnya di Throne Room of Holyroodhouse. Peti mati Ratu selanjutnya akan disemayamkan di Westminster Hall terhitung Rabu, 14 September 2022.

Mahkota Skotlandia sempat ditempatkan di atas peti mati Ratu ketika dibaringkan di Katedral St. Giles di Edinburgh, Skotlandia, untuk menerima penghormatan terakhir dari masyarakat yang hadir langsung.

Melansir People, Mahkota Skotlandia adalah koleksi mahkota tertua yang ada di Inggris Raya, menurut The Court Jeweller. Mahkota ini telah dipakai atau hadir selama penobatan sederet Raja Skotlandia, seperti Ratu Skotlandia Mary (1543), James I dan VI (1567), Charles I (1633), dan Charles II (1651).


Mahkota di Atas Peti Mati

Mahkota itu diletakkan di peti mati ratu oleh Penjaga Istana Holyroodhouse Alexander Douglas-Hamilton. Menurut The Court Jeweller, mahkota itu sempat diubah bentuknya pada 1540 berdasarkan permintaan Raja Skotlandia James V yang menginginkan agar benda itu dibuat ulang oleh tukang emas kerajaan, John Mosman.

Mahkota tersebut memiliki empat lengkungan emas yang melengkung ke atas ke sebuah bola. Mahkota ini menampilkan tanda salib berbahan emas dan enamel di bagian atas dan dihiasi dengan banyak emas, mutiara, garnet, serta batu kecubung.

Mahkota ini juga dikenal sebagai permata mahkota Skotlandia. Benda itu sempat menghilang dari mata publik pada 1707, menyusul keluarnya Undang-Undang Persatuan yang menyatukan Skotlandia dan Inggris. Mahkota yang dimaksud akhirnya diperlihatkan kembali ke depan publik pada 1818 di Istana Edinburgh, menurut The National of Scotland.

Sejak itu, mahkota dipajang di Ruang Mahkota di kastil tersebut, hanya sewaktu-waktu dikeluarkan dari sana untuk acara khusus. Mahkota tersebut, bersama tongkat kerajaan dan pedang, termasuk dalam lambang kehormatan Skotlandia. Kedua benda terakhir merupakan hadiah dari Paus pada abad ke 15 dan 16.


Simbol Penobatan

Mahkota yang diletakkan di atas peti mati Ratu Elizabeth II jadi simbol penobatannya 70 tahun lalu. Ia hadir menggunakan mahkota yang sama dalam tur Skotlandia pertamanya setelah jadi Ratu Inggris.

Keempat anak Ratu Elizabeth II telah melaksanakan tradisi Vigil of The Princes di sekitar peti mati itu untuk menghormati ibu mereka, Senin, 12 September 2022. Raja Charles III, Putri Anne, Pangeran Edward, dan Pangeran Andrew berdiri mengelilingi masing-masing sisi peti dengan memunggunginya selama sekitar 10 menit sebagai simbol penjagaan pada ibu mereka.

Putri Anne jadi wanita pertama yang melaksanakan tradisi yang biasanya hanya dilakukan para pria di keluarga kerajaan. Mengutip BBC, ketika Ibu Suri meninggal dunia, tradisi itu dijalankan empat cucunya, yakni Charles, Andrew, Edward, dan David Armstrong-Jones, putra satu-satunya dari Putri Margaret.

Selama empat hari ke depan, Operasi Marquee akan dijalankan. Ribuan orang akan mengunjungi Westminster Hall untuk memberi penghormatan terakhir bagi Ratu. Upacara pemakaman kenegaraan akan dilangsungkan di Westminster Abbey pada Senin, 19 September 2022.

<p>Infografis Ratu Elizabeth II, Penguasa Terlama di Kerajaan Inggris. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Sang Putri Masih Tegap di Usia Senja

Putri Anne Anak Ratu Elizabeth II Curi Perhatian, Masih Tegap di Usia Tua

Liputan6.com 2022-09-16 11:00:00
Putri Anne, seorang Princess Royal pertama yang ikut serta menjaga peti mati Ratu Elizabeth II dalam tradisi Vigil. (instagram/british.royals)

Putri Anne adalah satu-satunya anak perempuan Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip. Namanya menjadi lebih dikenal dalam seminggu sejak kematian Sang Ratu pada 8 September.

Anne menjadi putri pertama yang berada di sisi peti mati Ratu Elizabeth II saat perjalanan dari Kastil Balmoral di Skotlandia ke Edinburgh dan kemudian ke Istana Buckingham di London.

Dalam prosesi hari Rabu, 14 September 2022, yang mengawal peti mati ratu dari istana ke Westminster Hall, Anne adalah satu-satunya anggota keluarga kerajaan yang berjalan di belakang peti mati.

Dia akan melakukan hal yang sama pada hari Senin waktu setempat, 19 September 2022, ketika pemakaman kenegaraan ratu diadakan di Westminster Abbey, seperti melansir ABC, Jumat (16/9/2022).

Foto iring-iringan peti jenazah ratu di berbagai media tak jarang menampilkan Putri Anne dengan pakaian militer. Salah satu yang menarik perhatian adalah postur tubuhnya yang tetap tegap. Padahal, kini dia menginjak usia 72. Ia berada di urutan ke-16 dari takhta kerajaan.

Kakak laki-lakinya, Raja Charles III kini memegang takhta. Dan, dua adik laki-lakinya, Pangeran Andrew dan Edward, masing-masing berada di urutan ke delapan dan ke-13, dalam garis suksesi baru keluarga kerajaan.

Sebagai seorang wanita, garis suksesi Anne dilompati oleh Andrew dan Edward.

Dia lahir beberapa dekade sebelum undang-undang yang disebut Succession to the Crown Act mulai berlaku pada tahun 2013. Ini mengakhiri praktik berabad-abad dari seorang putra bungsu yang menggantikan putri sulung dalam garis suksesi.

Jadi, laki-laki akan didahulukan menjadi raja selanjutnya ketimbang perempuan meski usia perempuan lebih tua.

Aturan tersebut sudah tak berlaku sejak 2013. Artinya, tidak seperti Putri Anne, Putri Charlotte berada di urutan kedua pewaris takhta, di depan adik laki-lakinya, Pangeran Louis.


Gelar Princess Royal

Sebagai putri kerajaan, Anne juga memiliki gelar yang berbeda dari yang diberikan kepada saudara-saudaranya. Ia menyandang gelar Princess Royal.

Gelar Princess Royal adalah gelar yang secara tradisional diberikan kepada putri tertua raja. Ini adalah gelar yang disandang seumur hidup, jadi, Putri Anne akan memiliki gelar tersebut sampai kematiannya.

Gelar tersebut kemungkinan besar akan diberikan kepada Putri Charlotte, meskipun tidak ada jaminan akan hal ini dan Pangeran William akan memutuskan apakah dia akan diberikan gelar tersebut.

Melansir Mirror, Putri Anne menjadi Princess Royal pada 1987, tepatnya di usia 36.

Gelar itu sebelumnya dipegang oleh Ratu Mary yang meninggal pada 1965. Setelah Mary meninggal, gelar tak langsung diberikan kepada Anne. Setelah lebih dari dua dekade, gelar itu kemudian dipegang oleh Anne.

"Keluarga Kerajaan tidak pernah mengonfirmasi terkait alasan lamanya penantian (memberikan gelar)," mengutip Mirror, Jumat (16/9/2022).


Tugas Princess Royal

Sebagai Princess Royal, Anne memiliki salah satu jadwal tersibuk dari setiap anggota Keluarga Kerajaan.

Tugas Anne adalah untuk mendukung ratu dalam perannya sebagai Kepala Negara. Ia juga acap kali mewakili ratu menghadiri acara-acara di Inggris atau di luar negeri.

Anne juga melakukan sejumlah tugas dan keterlibatan resmi lainnya, seperti menghadiri acara kenegaraan dan upacara bersama anggota Keluarga Kerajaan lainnya.

Putri Anne mulai melakukan pekerjaan umum ketika dia berusia 18 dan tugas pertamanya adalah pembukaan pusat pendidikan dan pelatihan di Shropshire pada 1969.

Princess Royal sekarang terlibat dengan lebih dari 300 badan amal, organisasi dan resimen militer dan telah menjadi presiden Save the Children sejak 1970.

Tahun ini, Putri Anne telah menggantikan Ratu di sejumlah acara karena Yang Mulia menderita masalah mobilitas episodik.


Tak Ingin Berikan Gelar Kerajaan pada Anaknya

Gelar Princess Royal tak otomatis jatuh pada putri tertua raja. Putra tertua Charles, Pangeran William, pewaris takhta, dapat memilih untuk memberikan gelar itu kepada putri satu-satunya, Putri Charlotte, ketika dia menjadi raja.

Sedangkan, Anne memilih untuk tidak memberikan dua anaknya, Peter Phillips dan Zara Phillips Tindall, gelar kerajaan ketika mereka lahir, sebuah pilihan yang akan diberikan oleh ratu jika dia ingin melakukannya.

Anne mengatakan bahwa dia pikir 'lebih mudah' bagi anak-anaknya untuk menjalani hidup tanpa gelar kerajaan.

"Saya pikir itu mungkin lebih mudah bagi mereka, dan saya pikir kebanyakan orang akan berpendapat bahwa ada kerugian memiliki gelar," katanya.

"Jadi saya pikir itu mungkin hal yang benar untuk dilakukan," dia menambahkan.

Phillips dan Tindall, yang ayahnya adalah suami pertama Anne, Mark Phillips, adalah dua dari delapan cucu ratu yang tidak memiliki gelar kerajaan.

Tindall, ibu dari tiga anak, memiliki kecintaan pada berkuda seperti ratu dan Anne. Ia sempat berkompetisi dalam berkuda untuk Inggris Raya di Olimpiade Montreal 1976.

Tindall berlaga di ajang yang sama di Olimpiade London 2012 dan meraih medali perak yang dipersembahkan oleh Anne.

Infografis pewaris Kerajaan Inggris. (DI: Nurman Abdul Hakim/Bintang.com)

Pangeran William Teringat Putri Diana

Pangeran William Teringat Putri Diana di Pemakaman Ratu Elizabeth II

Liputan6.com 2022-09-16 06:30:00
Pangeran William, Kate Middleton, Meghan Markle, dan Pangeran Harry dalam prosesi persemayaman Ratu Elizabeth II di Westminster Hall, 14 September 2022 (Christopher Furlong/Pool Photo via AP)

Pangeran William mengenang Putri Diana di proses pemakaman Ratu Elizabeth II. Pemakaman Putri Diana juga dilaksanakan pada bulan September.

Dilaporkan BBC, Jumat (16/9/2022), Pangeran William mengatakan hal tersebut kepada warga yang datang untuk memberi penghormatan pada neneknya di Westminster. Yang membuatnya teringat pada Putri Diana adalah ketika ia berjalan di belakang peti mati neneknya. Momen itu dianggap sebagai hal yang menantang bagi Pangeran William.

Pangeran William, Pangeran Harry, bersama Raja Charles III memang berjalan di belakang peti mati Ratu Elizabeth II saat peti dibawa dari Buckingham Palace menuju Westminster.

Saat ini, warga rela mengantre hingga 7,9 kilometer untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Ratu Elizabeth II yang peti matinya disemayamkan di Westminster.

Sementara, Putri Anne (Princess Royal) kembali lagi ke Skotlandia untuk menyapa masyarakat. Ia tampak tersenyum saat menyapa warga yang datang. Putri Anne yang didampingi suaminya menerima bunga dari seorang gadis kecil.

Sang Princess Royal adalah anak perempuan satu-satunya dari Ratu Elizabeth II. Ia setia mendampingin peti mati sang ibu dalam perjalanan dari Skotlandia menuju Buckingham Palace.

Pangeran Edward dan istrinya, Sophie, berada di Manchester untuk menyapa para warga.

Majelis Umum PBB telah memberikan penghormatan kepada Ratu Elizabeth II. Parlemen Kanada juga menggelar sesi serupa.

Ratu Elizabeth II rencananya akan dimakaman pada Senin 19 September 2022.


Ratu Elizabeth II Tinggalkan Buckhingham Palace untuk Terakhir Kali

Ratu Elizabeth II meninggalkan Buckingham Palace untuk yang terakhir kalinya. Peti matinya telah dibawa dari Buckingham Palace menuju Westminster Hall pada Rabu sore (14/9) waktu setempat.

Raja Charles III, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward ikut mengiringi peti mati ibunya yang ditempatkan di atas kereta kuda. Pangeran William dan Pangeran Harry juga mengikuti dari belakang.

Warga pun berada di kanan-kiri jalan untuk menyaksikan keberangkatan peti mati Ratu Elizabeth II dari Buckingham Palace yang telah menjadi rumahnya sebagai ratu selama 70 tahun terakhir.

<p>Raja Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward berjalan mengiringi peti mati Ratu Elizabeth II. Dok: YouTube/The Royal Family</p>

Pangeran Harry dan Pangeran Andrew terlihat tidak menggunakan seragam militer. Pangeran Harry memang sudah keluar dari tugas-tugas Kerajaan Inggris setelah menikah dengan Meghan Markle, sementara Pangeran Andrew tersandung skandal seksual.

Meghan Markle tampak berjalan bersama Pangeran Harry untuk mengiringi Ratu Elizabeth II di Westminster Hall. Putri Catherine (Kate Middleton) juga mendampingin Pangeran William. Saat ini, Ratu Elizabeth II sudah disemayamkan di Westminster dan warga bisa datang untuk memberikan penghormatan terakhir.


Momen Haru Pangeran Harry Saat Terima Peti Mati Sang Nenek, Ratu Elizabeth II

Begitu berada di dalam Westminster, Pangeran William dan Pangeran Harry bergabung dengan istri mereka, Kate Middleton dan Meghan Markle, untuk Layanan Penerimaan Peti Mati Yang Mulia.

Peti mati ratu akan disemayamkan di Westminster Abbey sampai tanggal pemakamannya yang direncanakan pada 19 September. Anggota masyarakat sudah mulai mengantre untuk memberikan penghormatan terakhir mereka.

Dikutip laman ET Online, Kamis, (15/9/2022), kebaktian tersebut merupakan acara yang sendu, dengan Putri Wales yang baru dan Duchess of Sussex mengenakan gaun serba hitam dengan topi fascinator yang serasi.

Meghan juga terlihat mengenakan sepasang anting-anting mutiara dan berlian, yang dihadiahkan oleh mendiang ratu pada tahun 2018 untuk acara solo pertama mereka bersama.

William, Pangeran Wales yang baru, mengenakan seragam militernya, sementara Pangeran Harry mengenakan setelan berkabung hitam dengan medali militernya yang menyertainya.

Meghan dan Kate masing-masing terlihat membungkuk di depan peti mati. Sementara Meghan dan Pangeran Harry berpegangan tangan saat mereka keluar dari Westminster.


Momen yang Emosional

Dalam momen yang menyentuh, Harry terlihat menyeka air mata saat dia menghormati mendiang neneknya.

Harry dan Meghan telah terpisah dari keluarga kerajaan sejak keputusan mereka pada tahun 2020 untuk mengundurkan diri sebagai bangsawan senior dan pindah bersama keluarganya ke California.

Tetapi setelah kematian sang ratu, Harry dan Meghan telah terlihat bersatu kembali dengan para bangsawan dalam beberapa kesempatan.

Harry melakukan perjalanan ke Kastil Balmoral di Skotlandia sendirian setelah mendengar kesehatan neneknya yang menurun. Sayangnya, dia tidak dapat datang tepat waktu untuk menemuinya sebelum dia meninggal.

Harry dan Meghan diundang oleh William untuk bergabung dengannya dan Kate untuk menyapa para pelayat di luar Kastil Windsor tak lama setelah itu.

<p>Infografis Ratu Elizabeth II, Penguasa Terlama di Kerajaan Inggris. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Delegasi China Ditolak Melayat

Delegasi China Ditolak Melayat Ratu Elizabeth II di Westminster Hall

Liputan6.com 2022-09-16 18:00:00
Warga antre untuk memberikan penghormatan kepada mendiang Ratu Elizabeth II di London, Inggris, 15 September 2022. Pihak berwenang London mempersiapkan rute antrean sepanjang 16 kilometer. (A

Delegasi pemerintah China dilarang masuk ke Westminster Hall (Aula Westminster) untuk memberikan penghormatan kepada Ratu Elizabeth II. Penyebab larangan itu diduga akibat masalah sanksi.

Peti mati Ratu Elizabeth II kini disemayamkan (lying-in-state) di Westminster sebelum dimakamkan pada Senin 19 September 2022.

Berdasarkan laporan Politico, Jumat (16/9/2022), larangan itu diberikan oleh Ketua House of Commons (DPR) Inggris Sir Lindsay Hoyle. Westminster Hall merupakan bagian dari Palace of Westminster (Istana Westminster) dan ketua House of Commons memiliki otoritas di area tersebut.

Anggota House of Lords, Helena Kennedy, merupakan salah satu tokoh yang kena sanksi China. Ia mendukung agar pejabat China dilarang melayat.

Meski demikian, Sir Hoyle membuka kemungkinan bahwa perwakilan Presiden Xi Jinping dapat menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II. Presiden Xi mendapatkan undangan dalam kapasitasnya sebagai kepada negara.

South China Morning Post menyebut Wakil Presiden China Wang Qishan diperkirakan akan berangkat ke London untuk mewakilan Presiden Xi Jinping.

Sebelumnya, Xinhua melaporan Wapres Wang juga sudah menandatangani buku dukacita di Kedutaan Besar Inggris di Beijing, serta mengheningkan cipta selama satu menit.

Pada 2021, Duta Besar China di Inggris Zheng Zeguang juga dilarang masuk ke gedung parlemen setelah China memberikan sanksi kepada sejumlah politisi Inggris yang mengkritik perlakuan terhadap Muslim Uyghur di Xinjiang. Pelarangan dan sanksi itu masih sama-sama berlaku.

BBC menyebut sanksi 2021 itu dikritik keras oleh China.


Ratu Elizabeth II Tinggalkan Buckingham Palace untuk Terakhir Kali

Ratu Elizabeth II meninggalkan Buckingham Palace untuk yang terakhir kalinya. Peti matinya telah dibawa dari Buckingham Palace menuju Westminster Hall pada Rabu sore (14/9) waktu setempat.

Raja Charles III, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward ikut mengiringi peti mati ibunya yang ditempatkan di atas kereta kuda. Pangeran William dan Pangeran Harry juga mengikuti dari belakang.

Warga pun berada di kanan-kiri jalan untuk menyaksikan keberangkatan peti mati Sang Ratu dari Buckingham Palace yang telah menjadi rumahnya sebagai ratu selama 70 tahun terakhir.

<p>Raja Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward berjalan mengiringi peti mati Ratu Elizabeth II. Dok: YouTube/The Royal Family</p><p>Warga menonton proses pemindahan peti mati Ratu Elizabeth II ke Westminster. Dok: YouTube/The Royal Family Channel</p>

Pangeran Harry dan Pangeran Andrew terlihat tidak menggunakan seragam militer. Pangeran Harry memang sudah keluar dari tugas-tugas Kerajaan Inggris setelah menikah dengan Meghan Markle, sementara Pangeran Andrew tersandung skandal seksual.

Meghan Markle tampak berjalan bersama Pangeran Harry untuk mengiringi Ratu Elizabeth II di Westminster Hall. Putri Catherine (Kate Middleton) juga mendampingin Pangeran William. Saat ini, Ratu Elizabeth II sudah disemayamkan di Westminster dan warga bisa datang untuk memberikan penghormatan terakhir. Selanjutnya Ratu Elizabeth II akan dimakamkan pada Senin, 19 September 2022.

Pangeran Harry dan Meghan Markle menghadiri prosesi persemayaman mendiang Ratu Elizabeth II di Westminster Hall, London, 14 September 2022. (Foto: AP Photo/Nariman El-Mofty, Pool)


Antusias Pelayat Ratu Elizabeth II dari Seluruh Dunia, Rela Antre hingga 8 Jam

Pangeran William menceritakan bagaimana berjalan di belakang peti mati neneknya membawa kembali kenangan yang mengingatkan akan kematian ibunya, ketika pelayat dari semua lapisan masyarakat mengantre berjam-jam pada Kamis (15 September) untuk melewati peti mati mendiang Ratu Elizabeth II.

Dilansir Channel News Asia, Jumat (16/9), pewaris takhta yang baru mengatakan kepada para simpatisan bahwa prosesi militer telah "membawa kembali beberapa kenangan", mengacu pada hari 25 tahun yang lalu ketika, sebagai anak laki-laki berusia 15 tahun, dia mengikuti peti mati ibunya Putri Diana untuk pemakamannya.

Kematian Ratu Elizabeth II, Ratu terlama di Inggris, telah memicu curahan emosi di seluruh negeri. Puluhan ribu orang telah mengantri berjam-jam, termasuk sepanjang malam, untuk melewati peti matinya dan memberi penghormatan kepada wanita berusia 96 tahun itu.

Presiden, perdana menteri dan keluarga kerajaan dari seluruh dunia akan berkumpul pada hari Senin mendatang untuk pemakaman kenegaraan untuk Elizabeth, ratu selama 70 tahun yang status globalnya hampir tidak ada bandingannya.

Pejabat yang bertanggung jawab atas acara seremonial besar itu mengatakan pada hari Kamis bahwa dia berharap pemakaman akan menyatukan orang-orang dari seluruh dunia.

Mengakhiri 10 hari berkabung nasional, Elizabeth akhirnya akan dimakamkan di sebuah kapel di rumahnya di Kastil Windsor bersama suaminya Pangeran Philip selama 73 tahun, yang meninggal tahun lalu.


Jadwal Melayat hingga Senin Pagi

Perkiraan waktu antrean pelayat setidaknya delapan jam.

Para pejabat memperkirakan sekitar 750.000 orang akan melihat peti mati itu sebelum pemakaman berakhir pada pukul 6.30 pagi pada hari Senin.

Pada hari Rabu William berjalan dalam prosesi khidmat dengan adiknya Harry dan ayahnya, Raja Charles, saat peti mati dibawa dari Istana Buckingham ke Istana Westminster.

Itu adalah pemandangan yang mengingatkan ketika, William dan Harry, yang saat itu berusia 12 tahun, mengikuti peti mati Diana ketika dibawa pada prosesi serupa melalui pusat kota London.

"Perjalanan kemarin sangat menantang ... membawa kembali beberapa kenangan," kata William ketika dia dan istrinya Kate berbicara kepada para simpatisan dan melihat lautan bunga di luar perkebunan kerajaan Sandringham.

Mensos Risma Vs AHY

Mensos Risma Jawab Sindiran AHY Soal BLT

Liputan6.com 2022-09-16 14:28:14
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyindir program bantuan langsung tunai (BLT) yang dulu dihina-hina tetapi kini diterapkan lagi. Menteri SosialTri Rismaharini menjawab, bahwa kondisi negara saat ini tidak stabil.

"Jadi sebetulnya yang disampaikan karena saat ini kita tahu memang ada kondisi yang tidak stabil, tidak seperti biasanya maka diturunkan BLT BBM," kata Risma di Istana Negara, Jakarta, Jumat (16/9).

Menurutnya, kondisi yang tidak stabil dirasakan oleh seluruh negara. Maka, pemerintah membantu masyarakat dengan program bantuan yang ada.

"Ini kan bukan terjadi hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia jadi makanya diturunkan BBM. Kemudian kemarin diturunkan pada saat kemarin terjadi Covid. Jadi seperti itu," ucapnya.

Risma menjelaskan, dalam konstitusi disebutkan bahwa fakir miskin dan anak terlantar mesti dipelihara oleh negara. Hal itu menjadi dasar negara membantu masyarakat.

"Memang gini sebagaimana di Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 34 bahwa fakir miskin dan anak terlantar itu dipelihara oleh negara. Jadi itu lah konsepnya," kat politikus PDIP ini.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyindir Presiden Joko Widodo yang kembali mengeluarkan bantuan langsung tunai (BLT). Padahal pada era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bantuan tersebut dianggap menghambur-hamburkan uang negara.

"Dulu di hina-hina BLT kita, 'apa itu BLT hanya untuk menghambur-hamburkan uang negara?' dibilang kita tak punya cara lain. Padahal itu lah cara yang bijak sana untuk membantu rakyat miskin. Betul?," kata AHY, dalam sambutan Rapimnas, di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (15/9)

"Sekarang BLT? Its okay, sesuatu yang bagus kalau dilanjutkan kan enggak apa-apa. Nggak usah malu-malu juga," sambungnya.

Sebagaimana diketahui, kebijakan Bantuan Langsung Tunai (BLT), sempat populer di era kepemimpinan SBY pada tahun 2013 lalu. Banyak pihak termasuk PDIP, partai yang menaungi Jokowi sempat mengkritik pedas kebijakan SBY itu karena disebut sebagai kebijakan yang memanjakan rakyat.


Dorong Penyaluran BLT BBM

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan, pemerintah akan terus mendorong penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) kepada masyarakat penerima manfaat di seluruh Indonesia.

Dia menyebut saat ini pemerintah telah menyalurkan sebanyak 40 persen dari total target penerima manfaat BLT BBM yang telah ditetapkan pemerintah.

Hal ini disampaikan Jokowi usai meninjau penyerahan BLT BBM, sembako, dan BLT kepada peserta program keluarga harapan (PKH) di Kantor Pos Cabang Pembantu Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya, Kamis (15/9/2022).

"Di seluruh Indonesia telah tersalurkan kurang lebih 40 persen, memang masih banyak yang belum, masih 60 persen. Ini akan terus kita dorong agar itu bisa segera cepat diselesaikan," kata Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Kamis.

Dia memastikan bahwa BLT BBM tersebut akan diserahkan kepada seluruh masyarakat penerima manfaat hingga ke pelosok Tanah Air.


Serahkan BLT BBM di Kepulauan Terluar

Jokowi menuturkan saat ini Kabupaten Maluku Barat Daya yang merupakan salah satu kepulauan terluar Indonesia telah memulai penyaluran BLT BBM tersebut.

"Ini Kabupaten Maluku Barat Daya termasuk kepulauan terluar yang berdekatan dengan Timor Leste, yang berdekatan juga dengan Australia," ungkap dia.

"Ini sudah kita serahkan BLT BBM di wilayah ini telah dimulai," sambung Jokowi.

Seperti diketahui, pemerintah menyalurkan bantuan sosial (bansos) bantuan langsung tunai atau BLT BBM kepada masyarakat miskin dan rentan. Bansos BLT BBM merupakan bentuk kompensasi dari keputusan pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi.

BLT BBM disalurkan pemerintah kepada 20,65 juta KPM penerima. Mereka akan menerima dana sebesar Rp 150 ribu per bulan dalam periode 4 bulan (September-Desember).

BLT BBM ini akan disalurkan sebanyak dua kali. Nantinya, masing-masing penerima atau mendapat bansos sebesar Rp300 ribu.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

<p>Infografis 3 Bansos untuk Hadapi Harga BBM Naik. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Wakil Indonesia di Ajang Miss World

Sosok Miss Indonesia 2022 Audrey Vanessa, Bakal Wakili Negara di Miss World

Liputan6.com 2022-09-16 09:30:46
Finalis Sulawesi Utara, Audrey Vanessa, dimahkotai Miss Indonesia 2022. (dok. Instagram @missindonesia/https://www.instagram.com/p/CiiV6Q

Adalah Audrey Vanessa, finalis asal Sulawesi Utara yang resmi dimahkotai Miss Indonesia 2022. Titel ini otomatis membuatnya jadi wakil Indonesia di Miss World ke-71, yang tempat dan waktu penyelenggaraannya belum diumumkan.

Malam final kontes kecantikan bergengsi itu telah diselenggarakan pada Kamis, 15 September 2022. Total 37 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia mengikuti seluruh rangkaian acara.

Miss Indonesia 2020/2021, Pricilia Carla Yules, dan Miss World 2021, Karolina Bielawska, secara bersamaan memasangkan mahkota di kepala Audrey. Lalu, siapa sebenarnya sosok dara pemilik nama lengkap Audrey Vanessa Susilo tersebut?

Di video perkenalan yang dibagikan di media sosial Miss Indonesia, Audrey dideskripsikan sebagai mahasiswi Monash University berusia 22 tahun. Ia disebut memiliki kekhawatiran yang sangat tinggi pada isu kemiskinan dan pendidikan di Indonesia.

"Satu hal yang sangat diyakininya, yakni pendidikan adalah alat yang sangat kuat untuk melawan kemiskinan," sambung keterangan tersebut. "Aktif dalam berbagai kegiatan, pembicara dalam berbagai komunitas sosial ini juga memiliki sederet prestasi."

Di antara prestasi Miss Indonesia 2022 itu adalah juara 1 Nona Manado, Sulawesi Utara 2022 dan peraih beasiswa penuh dari Monash University "Monash International Leadership Scholarship." "Not all of us can do great things. But we can do small things with great love (Tidak semua dari kita bisa melakukan hal-hal besar. Tapi kita bisa melakukan hal-hal kecil dengan cinta yang besar)," yang dikutip dari Bunda Teresa adalah moto hidupnya.


2 Gelar Fast Track

Di Miss Indonesia 2022, Audrey Vanessa merupakan finalis pertama yang berhasil meraih dua gelar fast track di ajang kecantikan tersebut. Dua kategori gelar itu adalah Fast Track Talent Show dan Social Media.

Perempuan yang akrab dipanggil Ode itu diketahui menyukai dunia seni. Ia beberapa kali mengunggah video saat bernyanyi sambil bermain piano dengan meng-cover lagu populer. Bersama kedua adiknya, ia juga pernah menunjukkan keahliannya bermain biola.

Dalam catatan Miss World ke-70, wakil Indonesia, Carla Yules berhasil masuk enam besar. Malam final kontes kecantikan itu telah digelar di Jos Miguel Agrelot Coliseum, San Juan, Puerto Riko, 17 Maret 2022.

Keberhasilan pemenang kontes kecantikan Miss Indonesia 2020 itu mendapat apresiasi dari publik di Tanah Air. Ia merupakan perempuan kelahiran Surabaya, 8 Juli 1996 dan memiliki tinggi badan 172 cm. Namun, Carla memiliki darah asli Sulawesi Selatan dari kedua orangtuanya.

Carla merupakan lulusan William Angliss Institute Melbourne, Australia, dengan mengambil jurusan Patisserie & Hospitality. Saat kuliah di Australia, pada 2016, ia pernah terlibat menjadi relawan juru masak di sebuah tempat penampungan tunawisma di Melbourne, karena kepandaiannya dalam memasak.


Langkah yang Terhenti

Saat menjabat jadi Miss Indonesia 2021, Carla Yules juga terlibat dalam kegiatan sukarelawan di Desa Ciwalen, Sukaresmi, Cianjur. Ia mengunggah kegiatannya saat ikut mengecat masjid warga yang baru saja diperbaiki.

"Tiada kata lain selain sayang sama warga Ciwalen," tulisnya di unggahan 24 Februari 2022.

Sebelumnya, Carla mengatakan, tugas berat mengharumkan bangsa di ajang Miss World 2021 adalah tantangan baginya. Ia mengupayakan berbagai cara untuk bisa berbuat yang terbaik. "Saya tetap optimis dan akan berusaha semaksimal mungkin agar dapat mengharumkan nama bangsa dengan mencetak prestasi membanggakan di Miss World 2021," tuturnya.

Kendati demikian, wakil Polandia Karolina Bielawska lah yang dianugerahi mahkota Miss World 2021. Ia keluar sebagai pemenang setelah mengungguli lima kontestan di Top 6, termasuk wakil Indonesia Carla Yules, wakil Meksiko Karolina Vidales, dan wakil Irlandia Utara. Sedangkan, wakil Cote D'Ivoire Olivia Yac keluar sebagai runner-up kedua, dan wakil AS Shree Saini jadi runner-up pertama.


Figur Miss World 2021

Mengutip laman resmi Miss World, Karolina Bielawska memulai karier modeling pada usia 14 tahun. Ia tidak pernah berpikir bahwa delapan tahun kemudian ia akan jadi wakil Polandia di Miss World 2021.

Karolina berusia 14 tahun saat mengikuti kompetisi Elite Model Look. Ini adalah salah satu kompetisi model dan pencipta digital internasional paling bergengsi dengan kesempatan untuk memenangkan kontrak global dengan jaringan agensi Elite World Group, termasuk Women Management, The Society, Supreme dan Elite Europe.

"Selama kontes, saya mengikuti kelas pemotretan dan catwalk pertama saya. Saya keluar di peringkat kedua," katanya.

Setelah penempatan di kompetisi Elite Model Look, pintu menuju industri fesyen bagi Karolina kian terbuka. Ia bergabung dengan agensi model bernama Wave Models yang berbasis di Warsawa, Polandia.

Karolina juga mengungkap berbagai hal tentang dirinya di laman resmi Miss World. Salah satunya ketika ia menyebut buku favoritnya. "Salah satu penulis favorit saya adalah John C. Maxwell," jelasnya.

Ada beberapa pertanyaan yang membuatnya harus memilih salah satu kata, seperti "Percaya diri atau cantik?" "Kepercayaan diri lebih penting daripada kecantikan bagi saya. Anda dapat memiliki gelar, pengetahuan, pengalaman, kecantikan, uang, koneksi, tapi jika kurang percaya diri, Anda tidak akan mencapai tujuan sepenuhnya," katanya.

Karolina menambahkan, "Karena orang tidak akan percaya pada Anda jika Anda tidak mempercayai saya. Keyakinan adalah inti dari karisma."

Infografis Tren Perawatan di Klinik Kecantikan Tahun 2022. (Liputan6.com/Triyasni)

Jeje Yakin Kantongi Rp 100 Juta/Bulan

Pengakuan Jeje Slebew, Yakin Bisa Dapat Penghasilan hingga Rp 100 Juta

Liputan6.com 2022-09-16 11:00:00
Jeje Slebew (Foto: Instagram/@jejelincessofficial)

Jeje Slebew namanya mulai tenggelam sejak Citayam Fashion Week tak lagi diperbolehkan digelar. Bonge, salah satu sahabatnya justru semakin berkibar di dunia fashion.

Dan belum lama ini, cewek bernama asli Jasmine Laticia kembali muncul di televisi. Ini menjadi hal baru baginya.

Bukan karena tak mendapat tawaran masuk televisi, Jeje Slebew pernah menolaknya saat namanya justru tengah viral. Ia pun memberikan alasannya.

"Sebenernya sih aku lebih mentingin kesehatan sih. Kalau emang aku lagi sakit, atau fisik aku belum kuat terus kalau batin aku lagi enggak enak, aku mentingin mood aku," ungkapnya, di kanal YouTube Trans TV Official, saat tampil di acara Heart To Heart, belum lama ini.


4-10 Endorsement

Di masa produktifnya, Jeje Slebew mengaku bisa bangun pada pukul 07.00 WIB. Usai sarapan ia langsung mengecek endorsement yang masuk kepadanya.

"Emang dalam satu hari bisa dapat berapa endorse, Jeje?" tanya Rian Ibram, selaku host.

"Dalam sehari Jeje bisa dapat endorse sekitar paling sedikit minimal empat, paling banyak 10," paparnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Rp 100 Juta

Rian semakin penasaran. Ia pun menanyakan penghasilan mantan kekasih Roy ini dalam satu bulan. Dan jawabannya cukup mencengangkan.

"Mungkin kalau kemaren aku bener-bener produktif dan lanjut serta konsisten mungkin udah dapat Rp 100 juta," tambahnya. Namun ditegaskan Jeje bahwa dirinya tidak konsisten sehingga belum pernah mencapai nilai sebanyak itu dalam hidupnya.


Tak Hapal Nama

Beberapa waktu lalu, usai videonya viral terlihat Jeje Slebew berjalan sendirian. Bahkan, tak ada satu teman pun yang menemaninya. Jeje pun memberikan jawabannya.

"Jeje punya temen tuh banyak, enggak kehitung. Jeje enggak hapal nama tapi hapal muka. Dan itu mereka pada pulang masing-masing. Karena sudah hampir sebulan mereka enggak pulang. Dan aku selalu ngingetin ke mereka untuk pulang," tuturnya.

Infografis 4 Cara Tampil Menawan Saat Foto Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Putri Delina Lebih Nyaman Curhat ke Pacar

Bukan kepada Sule, Putri Delina Mengaku Lebih Nyaman Curhat ke Pacar

Liputan6.com 2022-09-16 13:00:00
Diisukan Putus, Ini 6 Momen Mesra Putri Delina dan Jeffry Reksa (Sumber: Instagram/putridelinaa)

Putri Delina, anak perempuan Sule, baru-baru ini diundang menjadi bintang tamu di kanal YouTube Orami Entertainment. Di sana, ia berbincang dengan seorang psikolog, Liza M Djaprie, yang menjadi host-nya.

Mereka berbincang mengenai pengalaman-pengalaman Putri Delina sejak kecil, termasuk juga membahas tentang masalah-masalah yang pernah dihadapinya. Kekasih Jeffry Reksa itu mengaku bahwa dirinya begitu tertutup sehingga sangat jarang menceritakan masalahnya kepada orang lain.

Bahkan, kepada kedua orangtuanya pun Putri Delina tak pernah curhat mengenai masalahnya. Putri Delina memilih untuk memendamnya dan menyelesaikannya seorang diri.

"Kalau misalnya Putri ngerasa takut, atau (ada masalah) apapun, Putri nggak bisa cerita. Bahkan ke ayah atau almarhumah mama pun Putri nggak sama sekali cerita, jadi Putri lebih di kamar, coba berpikir sendiri," kata Putri Delina dalam video yang diunggah pada Selasa (14/9/2022).


Lebih Baik

Lebih lanjut, Putri Delina memiliki alasan tersendiri ia nyaman untuk menerapkan metode self talk, yaitu berdialog dengan diri sendiri ketika ia tengah menghadapi suatu masalah. Pasalnya, ia beranggapan bahwa ketika harus menyampaikan kepada orang lain, pada akhirnya diri sendiri lah yang menentukan pilihan atau sikap.

"Menurut Putri itu lebih baik. Karena kita mau cerita ke siapa pun, misalnya kita dapat saran, tapi tetep pilihan itu ada di kita," jelas Putri Delina.


Momen Paling Kalut

Kalaupun ketika diri sendiri sudah tidak mampu lagi menyelesaikan masalah dan perlu mencurahkan ke orang lain, lagi-lagi, tempat curhat Putri Delina bukanlah Sule. Putri Delina justru memilih untuk menceritakannya kepada sang kekasih yaitu Jeffry Reska.

"Kadang-kadang kita kan ada momen down banget, dan benar-benar butuh orang yang ngangkat, ada nggak? Kalau itu pernah terjadi, orang itu siapa?" tanya Liza M Djaprie.

"Ada (di kondisi yang paling kalut). (Cerita ke) Jeffry Reksa sih," ungkapnya.


Nangis

Terlepas dari itu, Putri Delina tetap merasa bahwa kedua orangtuanya memiliki peran tersendiri yang begitu besar bagi kehidupannya. Putri Delina sampai-sampai tak kuasa menahan tangisnya ketika membahas orangtua.

"Yang pasti sangat berjasa. Karena mereka yang membesarkan Putri dari kecil, mungkin yang dulu bandel banget. Bisa tau cara menghadapi Putri. Nggak bisa berkata banyak. Karena memang mereka lah yang bisa sampai anak-anaknya di titik ini," beber Putri Delina.

Infografis Mengenal 8 Fungsi Keluarga. (Liputan6.com/Niman)

RM BTS Diam-Diam Donasi Rp 1 Miliar

RM BTS Sang Penikmat Seni Tulen Diam-Diam Berdonasi Rp 1 Miliar Lebih untuk Merawat Aset Budaya Korea

Liputan6.com 2022-09-17 07:00:00
RM BTS. (Big Hit Music via Facebook/ BTS ())

RM BTS baru saja memasuki usia 28 tahun pada 12 September 2022. Dalam bulan bahagia ini, ia diam-diam melakukan perbuatan terpuji. Leader BTS ini berdonasi kepada Badan Administrasi Warisan Budaya dan Yayasan Warisan Budaya Korea di luar negeri.

Dilansir dari Soompi, Jumat (16/9/2022), angkanya terbilang fantastis, 100 juta won atau lebih dari Rp 1 miliar. Meski dilakukan secara rahasia, donasi ini akhirnya diumumkan sendiri oleh yayasan penerima dana tersebut pada Rabu kemarin.

Tujuan donasi ini adalah preservasi, restorasi, dan pemanfaatan dari aset budaya yang terletak di luar negeri.

Ini bukan donasi pertama pria bernama asli Kim Namjoon itu kepada yayasan tersebut.


Tahun Lalu Juga Berdonasi

Setahun lalu, juga pada bulan September, RM diam-diam berdonasi kepada Yayasan Warisan Budaya Korea Luar Negeri dengan jumlah yang sama.

Organisasi ini menyatakan bahwa donasi tersebut akan digunakan untuk melakukan konservasi hwarots yang merupakan peninggalan Dinasti Joseon. Hwarots adalah pakaian tradisional Korea yang dikenakan hanya oleh bangsawan wanita di seremoni khusus pada masa Goryeo dan Joseon.

Hwarots ini disimpan di Los Angeles County Museum of Art (LACMA). Tambahan donasi yang diberikan RM pada tahun ini salah satunya akan digunakan untuk membuat katalog yang memperkenalkan lukisan Korea.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Tokoh Pelindung Seni

RM BTS memang dikenal sebagai penikmat seni. Tahun 2020, ia mendapat pengakuan dari Dewan Kesenian Korea sebagai Tokoh Pelindung Seni. Titel ini diberikan kepada individu maupun perusahaan yang berperan serta memberikan dukungan kepada perkembangan kesenian pada tahun tersebut.

Sebelum menerima pengakuan ini, ia diketahui meminjamkan koleksi patung miliknya yang bertajuk 'Kuda' dari seniman Kwon Jin Gyu, kepada Museum Seni Seoul. Ia juga menyumbang 100 juta won kepada Museum Seni Modern dan Kontemporer Nasional.


RM Tour

RM BTS juga diketahui kerap mengunjungi museum dan pameran seni. Museum yang dikunjunginya bahkan dijuluki "RM Tour", menjadi bukti besarnya pengaruh sang rapper dalam dunia seni Korea.

Ia juga berpartisipasi sebagai penulis komentar dalam pameran "The Space Between: Modern Korean Art Exhibition" yang digelar di LACMA mulai 11 September 2022 lalu.

Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea

Perburuan Hacker Bjorka

HEADLINE: Perburuan Hacker Bjorka Digencarkan, Berapa Besar Peluang Penangkapan?

Liputan6.com 2022-09-17 00:02:36
Ilustrasi Hacker Bjorka. Dok: Twitter

Pemerintah saat ini tengah gencar memburu hacker Bjorka. Sosok ini dikenal membocorkan data pelanggan Indihome, KPU, registrasi kartu SIM, hingga melakukan doxing pada sejumlah tokoh.

Untuk melakukan pemburuan dan mengatasi masalah kebocoran data, pemerintah telah membuat Satuan Tugas (Satgas) Perlindungan Data yang terdiri dari Badan Siber Sandi Negara (BSSN), Kementerian Komunikasi dan Informatika, Polri, dan Badan Intelijen Negara (BIN).

Namun hingga saat ini polisi baru menetapkan seorang pemuda asal Madiun bernama Muhammad Agung Hidayatulloh (21) (MAH) sebagai tersangka atas kasus peretasan data-data milik pemerintah.

"Sekarang statusnya tersangka dan sedang diproses oleh tim khusus (timsus) Polri," kata Juru Bicara Humas Polri Kombes Pol Ade Yaya Suryana dalam keterangan pers, Jumat (16/9/2022).

MAH dituding sebagai salah satu bagian dari kelompok hacker Bjorka. Kelompok hacker ini menjadi buruan tim khusus (timsus) usai meretas sejumlah data milik pemerintah, termasuk dokumen rahasia milik Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Ade menyebut, tersangka mengungah informasi yang ada di situs http://breached.to/ ke channel Telegram. Ade menyebut, tiga unggahan tersangka dari rentan waktu 8 September 2022 sampai 10 September 2022.

"Tersangka pernah melakukan posting di chanel @bjorkanism sebanyak 3 kali yaitu tanggal 8 September 2022. Stop Being an Idiot, 9 September 2022 'The next leak will come from the presiden of Indonesia dan tanggal 10 September 2022 To support people who are struggling by holding demonstrations in Indonesia regarding the price of fuel oil. I will publish MyPertamina database soon". Itu yang dipublish oleh tersangka," ujar dia.

Lebih lanjut, Ade menjelaskan bahwa channel tersebut digunakan untuk mengunggah informasi yang berada pada breach.to alias Breached Forums.

Kepada penyidik, MAH mengaku motifnya ingin mendapat keuntungan selain itu mempromosikan kelompok hacker Bjorka.

"Adapun motif tersangka membantu Bjorka agar dapat menjadi terkenal dan mendapatkan uang," kata Ade.

Ade mengatakan, keterangan tersangka MAH masih didalami oleh Tim Khusus. Ade belum bisa menyimpulkan MAH hanya simpatisan atau memang masuk ke dalam struktur Hacker Bjorka.

"Lagi di dalami tim khusus," ujar dia.

Dalam kasus ini, timsus mengamankan beberapa barang bukti. Seperti handphone, kartu tanda penduduk (KTP), dan sim card milik MAH.

"1 buah simcard seluler, dua unit handphone milik tersangka dan KTP atas nama tersangka," ujar dia.

Polisi menegaskan perburuan terhadap kelompok Bjorka tak berhenti sampai di MAH. Tim khusus (timsus) besutan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) sedang menelusuri figur lain di balik kelompok Bjorka.

"Sekarang timsus sedang melakukan pendalaman lebih lanjut. Informasi update selanjutnya kita tunggu mohon bersabar," kata Ade.

Aktivitas hacker Bjorka sendiri tidak berhenti usai penangkapan pemuda tersebut. Namun, Polri mengaku bahwa pemeriksaan tersebut bagian dari upaya pencarian terhadap peretas yang belakangan menyebarkan data milik pejabat negara itu.

Pakar Keamanan Siber dan Forensik Digital dari Vaksincom, Alfons Tanujaya mengatakan perlu kerjasama pemerintah dan platform media sosial terutama twitter untuk melacak keberadaan Bjorka yang sebenarnya.

"Twitter harus ikut pemerintah sehingga punya kedaulatan siber. Misal pemerintah minta (data) dari twitter, twitter harus kasih, kalau twitter nggak kasih, itu melanggar hukum," kata Alfons kepada Liputan6.com di Jakarta, Jumat, (16/9/2022).

Alfons sendiri tak yakin jika pemuda tersebut adalah Bjorka. Namun, bisa saja terkait dengan aktivitas Bjorka di twitter.

"Bisa saja terlibat bisa saja tidak, bisa saja perangkat dia dikuasai oleh Bjorka dan digunakan untuk meretas. Jadi melacak IPnya dia," kata Alfons.

Atas penangkapan pemuda itu, Alfons tak yakin jika Bjorka berada di Indonesia sebab jika memang berada di Tanah Air seharusnya polisi mudah menangkapnya.

"Kalau menurut hemat saya, kalau Bjorka mengerti akan bodoh sekali kalau dia berdomisili di Indonesia. Namanya hacker pasti ngerti bahwa keamanan dia seberapa jauh," ujar dia.

Meski begitu, Alfons mengatakan ada kemungkinan Bjorka tidak hanya satu orang. Namun, ada beberapa orang yang juga menjalankan akun Bjorka.

"Bjorka ini jangan dianggap hanya 1 orang, dalam jurnal internet dia memliki satu akun itu, tiap akun yang memiliki kredensial, jadi contohnya siapapun yang tahu username atau pasword untuk melakukan transaksi itu dianggap sah sebagai orang yang bersangkutan. Saya sarankan jangan menganggap satu orang yang diburu," kata dia.

Meski begitu Alfons berharap pemerintah tidak hanya fokus mencari Bjorka apalagi dengan menggunakan Satgas yang berisi 4 instansi pemerintah yaitu Kominfo, BSSN, Polri dan BIN.

"Itu satgas yang luar biasa. Kalau dibentuk hanya untuk menangkap Bjorka harusnya kita malu sebagai negara, karena satu orang harus diburu oleh 4 institusi terhormat dan sangat powerfull," ujar dia.

Lebih baik, kata Alfons, pemerintah fokus pada perbaikan pengelolaan data agar tak mudah dibobol. Meski nantinya Bjorka telah ditangkap, kata Alfons, tak menutup kemungkinan akan muncul Bjorka lainnya jika sistem keamanan data di Indonesia tidak diperbaiki.

"Masalah utamanya bukan di Bjorka tapi pengelolaan data di Indonesia tidak dilakukan dengan baik sehingga datanya bocor. Dalam waktu 3-6 bulan akan muncul Bjorka lain, karena masalah utamanya tidak dibereskan. Pengelolaan data yang amburadul, seenaknya dan merugikan masyarakat itu yang seharusnya dibenerin," ujarnya.

Diapun meminta agar satgas yang dibentuk oleh pemerintah ini untuk fokus ke masalah utama, yaitu perbaikan sistem keamanan.

"Bjorka ditangkap itu bonus, tapi masalah utamanya adalah institusi yang kelola data itu tolong kelola dengan baik. Kalau dikelola dengan baik, Bjorka yang lain tidak akan muncul karena data sudah dikelola dengan baik dan aman," tandasnya.

Sementara Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengaku belum bisa memberikan keterangan terkait perkembangan perburuan Bjorka. Sebab, menurut Dedi, polisi tidak bekerja sendiri melainkan sudah tergabung dalam satgas.

"Masih menunggu kerja timsus," kata Dedi kepada Liputan6.com.

<p>Infografis Tim Khusus Berburu Hacker Bjorka Pembocor Data Pejabat Negara (Liputan6.com/Triyasni)</p>

Tak Perlu Reaktif Tangani Bjorka

Ketua Indonesia Cyber Security Forum (ICSF) Ardi Sutedja, mengimbau pemerintah untuk tidak reaktif dan menantang sosok Bjorka. Pemerintah, menurutnya, perlu merangkulnya karena hacker seperti Bjorka memiliki kemampuan.

"Kita harusnya mawas diri melihat masalah ini, kita harus menutup celah-celah yang disampaikan oleh Bjorka. Jangan reaktif, habis energi kita mengejar Bjorka ke mana-mana," tutur Ardi kata Ardi ketika menjadi narasumber di Liputan6 Update edisi Jumat (15/9/2022).

Ardi meyakini, jika nantinya pihak berwenang berhasil meringkus sosok Bjorka, bukan tidak mungkin akan muncul hacker-hacker lainnya. Namun ia juga mengungkap ada berbagai derajat hacker, mulai dari white hacker atau hacker yang beretika hingga hacker hitam, yakni hacker dengan berbagai motivasi.

Mereka bahkan memiliki banyak modus, mulai dari ekonomi, iseng semata, hingga aktivis yang beralih ke internet untuk menjalankan aksinya.

Ardi melihat apa yang dilakukan Bjorka memiliki dimensi yang luar biasa, karena selain mengungkap aib, Bjorka juga mengingatkan ada kerentanan sistem pemerintah yang terbuka.

"Salah satunya emosional dan psikologi kita itu rentan. Itu bisa menjadi modal bagi hacker lain. Karena setiap hari diberitakan di media sosial jadi viral, ini akan jadi modal hacker yang lain untuk mengeksploitasi keadaan ini," ujar Ardi.

Apalagi menurut Ardi, skor keamanan siber di Indonesia itu masih 1,7 poin dari skala 1-5.

"Masih rendah, karena sejalan dengan apa yang kita ketahui, dan kita harus ingat, kita dalam proses belajar dan melek apa itu ancaman siber," katanya.

Ia bahkan menyebut, posisi Indonesia dalam hal kesadaran keamanan siber masih sama antara tahun 2013 dan saat ini. "Tingkat literasi kita memahami ancaman siber itu masih sangat rendah," katanya.

Ardi memandang, dunia digital adalah dunia yang penuh transparansi dan siapa saja bisa mengakses informasi dari sumber mana pun. Oleh karenanya, penting bagi pemerintah untuk membahas tentang risiko dan mengedukasi masyarakat tentang hal tersebut.

"Di era perkembangan teknologi, ada risiko yang perlu diwaspadai karena bisa berdampak ancaman terhadap jiwa, mengganggu ekonomi baik negara, perusahaan, dan individual. Oleh karenanya, perlu bahu-membahu membangun awareness ke masyarakat tentang risiko yang perlu diwaspadai," tuturnya.

<p>Infografis Ragam Tanggapan Perburuan Hacker Bjorka Pembocor Data Pejabat Negara (Liputan6.com/Triyasni)</p>

Fokus Perkuat Keamanan Data

Pakar Teknologi Informasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Ridi Ferdiana, menyarankan tim respons darurat yang dibentuk Presiden Joko Widodo, untuk tidak perlu sibuk mencari siapa orang di balik Bjorka, lebih baik fokus pada perkuatan sistem keamanan data.

"Bjorka saat ini sudah dipastikan menyebarkan data tetapi belum tentu 'hacker'-nya yang bersangkutan. Data yang tersebar umum terjual di deep web," kata Ridi Ferdiana.

Daripada sibuk menindak dan melacak Bjorka, menurut Ridi, tim respons darurat sebaiknya berfokus mempertebal keamanan data serta menggencarkan edukasi bagi masyarakat dan institusi agar memiliki budaya penyimpanan data secara aman.

Ridi menuturkan sistem perlindungan data tidak selamanya mampu menangkal serangan siber tanpa ada pembaruan seiring pesatnya perkembangan teknologi.

"Sistem perlindungan data di sistem manapun tidak akan tahan peluru di lekang zaman. Artinya aman kemarin bukan berarti aman hari ini," ujar Dosen Departemen Teknik Elektro dan TI Fakultas Teknik UGM ini.

Selain segera mengamankan data, menurut dia, pemerintah perlu segera memberikan prioritas pada ekosistem yang mendukung perilaku dan budaya siber yang aman.

Menurut dia, teror berupa peretasan data bukan hanya perlu diwaspadai oleh pemerintah melainkan juga semua institusi lain termasuk masyarakat dengan tidak mengabaikan keamanan data.

Regulasi yang disusun, kata dia, sebaiknya bukan sekadar bersifat mengancam tetapi juga mengedukasi agar tercipta ekosistem digital yang nyaman untuk berkarya.

"Kita jangan mengabaikan atau 'denial' (menyangkal) terhadap situasi keamanan data. Kita juga harus mulai tidak menganggap remeh hal-hal kecil terkait keamanan. Sebagai contoh menyebarkan tautan dokumen berupa data pribadi di media sosial, padahal hal tersebut mudah dieksploitasi pelaku-pelaku kejahatan siber," kata dia.

<p>Infografis Perburuan Hacker Bjorka Pembocor Data Pejabat Negara (Liputan6.com/Triyasni)</p>


Investigasi Besar-Besaran

Ketua DPR RI, Puan Maharani, mengingatkan agar Satuan Tugas (Satgas) Perlindungan Data yang dibuat Pemerintah dapat menyelesaikan masalah kebocoran data dan kejahatan siber secara menyeluruh, bukan hanya dari fenomena Bjorka semata.

"Kasus kebocoran data sudah banyak terjadi sejak beberapa tahun terakhir. Kami harapkan Satgas Perlindungan Data yang dibentuk Pemerintah dengan melibatkan sejumlah kementerian/lembaga bisa menyelesaikan kasus-kasus kebocoran data secara menyeluruh," kata Puan, dalam keterangannya, Jumat (16/9/2022).

"Jadi jangan hanya untuk menyelesaikan kebocoran data dari peretas Bjorka, tapi semuanya," sambungnya.

Puan menyebut kebocoran data sudah terjadi sejak bertahun lalu, hal itu menurutnya bukan hanya masalah keaman negara tapi juga masyarakat luas.

"Masalah kebocoran data sebenarnya kan sudah masif terjadi sebelum ini. Masalah kebocoran data juga bukan hanya menyangkut keamanan negara, tapi juga sudah tidak terhitung lagi data pribadi warga yang dibocorkan," ucap Puan.

Untuk itu, DPR mendorong agar Satgas Perlindungan Data melakukan investigasi besar-besaran. Mengingat, kata Puan, data-data masyarakat yang bocor menyangkut identitas pribadi.

"Kita tidak bisa hanya fokus pada data-data milik negara saja, tapi mengabaikan kebocoran data pribadi rakyat. Data kesehatan masyarakat tersebar, belum lagi kebocoran informasi pribadi yang digunakan oknum-oknum tidak bertanggung jawab untuk memasarkan produk mereka. Ini sangat mengganggu dan merugikan masyarakat," ujar Puan.

Mantan Menko PMK itu mengatakan, kejahatan siber juga menyerang instansi maupun penyelenggara sistem elektronik (PSE) swasta. Oleh karena itu, Puan meminta Pemerintah memberi perlindungan keamanan bagi semua pihak.

"DPR berharap, investigasi menyeluruh bisa menemukan kementerian/lembaga, maupun instansi yang selama ini sering mendapat serangan siber dan/atau rentan diretas," ungkapnya.

Puan juga mengingatkan pentingnya dilakukan audit sistem keamanan siber negara. Hal ini mengingat kasus kebocoran data dan serangan siber terus menerus terjadi.

"Dan tentunyu harus dibangun sistem keamanan siber yang lebih canggih lagi, termasuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) di bidang teknologi yang mumpuni," tuturnya.

Ia juga mengklaim DPR terus melakukan pengawasan terhadap upaya yang dilakukan Pemerintah untuk mengatasi masalah kebocoran data.

"Melalui Komisi I yang juga akan membentuk panitia kerja (Panja) Kebocoran Data, DPR akan terus mengawal persoalan kebocoran data yang terjadi. Dan DPR berkomitmen melindungi data pribadi masyarakat melalui RUU PDP yang sebentar lagi akan disahkan," pungkas Puan.

Sementara Anggota Komisi I DPR Dave Akbarshah Fikarno alias Dave Laksono mengaku, sedang menunggu kerja dari tim cepat tanggap atau emergency response team bentukan pemerintah. Tim ini dibentuk usai maraknya serangan siber yang dilakukan Hacker Bjorka.

"Ya Presiden sudah bertindak dengan tepat yaitu membentuk tim reaksi cepatnya, nah justru ini yang kita tunggu, rancangan kerjanya apa. Karena namanya tim reaksi cepat, jadi dalam satu hari, dalam satu minggu, satu bulan itu sudah harus ada hasilnya," kata Dave kepada wartawan, Selasa 13 September 2022.

"Sudah harus diketemukan titiknya di mana, siapa pelakunya, bagaimana cara mengatasinya, untuk supaya jangan terus menerus ini kejadian," sambungnya.

Politikus Partai Golkar ini menyebut, dalam dua bulan terakhir ini sudah ada beberapa data yang mengalami kebocoran yang dilakukan hacker. Namun, ia tak menjelaskan secara rinci data apa saja yang mengalami kebocoran tersebut.

"Kalau yang karakter Bjorka ini, ya kita enggak tahu, saya belum tahu secara pribadi ini. Apakah ini berasal dari Indonesia atau di luar, dan dia ini apakah ada motif lainnya, agenda terpisah atau hanya untuk mengungkapkan kelemahan-kelemahan dari sistem pengamanan jaringan internet kita," sebutnya.

Dengan adanya kebocoran data tersebut, hal ini menurutnya bisa dikatakan menunjukkan pertahanan negara yang lemah.

"Bisa dikatakan begitu (pertahanan lemah), karena ya dengan tercurinya data tersebut bisa berpotensi untuk melakukan hal-hal yang macam-macam. Jadi saya belum tahu persis data itu seberapa sensitif dan seberapa berharga," ungkapnya.

"Karena dengan berapa jumlah miliaran, hanya dijual puluhan ribu dollar. Jadi ya saya enggak tahu apakah data tersebut sangat sensitif dan bisa menyerang atau itu hanya data-data, ini yang harus dilihat," sambungnya.

Dengan sudah banyaknya kebocoran data, pemerintah diminta untuk bertindak cepat dalam menangani atau melakukan pengamanan jaringan.

"Akan tetapi disini pemerintah harus bertindak cepat, untuk melakukan pengamanan jaringan. Kalau misalnya terus-terusan begini, pasti akan mengganggu pertumbuhan ekonomi kita," ucapnya.

"Ya harapannya itu, namanya kan membentuk tim reaksi cepat ya, harus dalam satu hari, satu minggu ini sudah ada hasilnya, harus sudah kelihatan. Apa yang mau dikerjakan, dan sudah diketemukan titik permasalahannya dimana saja," ungkapnya.