Ini Persyaratan Baru Jadi Anggota TNI!

Jenderal Andika Kembali Ubah Persyaratan Jadi Anggota TNI, Ini Syarat Lengkapnya

Liputan6.com 2022-09-27 07:32:37
Prajurit TNI menaiki panser saat parade alutsista pada perayaan HUT ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10/2019). TNI menampilkan kekuatan dan alutsista yang dimil

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa merevisi syarat penerimaan calon anggota TNI. Dia mengatakan, persyaratan tersebut untuk menampung kondisi terkini remaja di Indonesia.

"Jadi saya sudah membuat revisi sedemikian rupa sehingga lebih mengakomodasi kondisi umum remaja Indonesia," kata Andika Perkasa melalui akun YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa yang dikutip Senin, (26/9/2022).

Salah satunya peraturan yang direvisi perihal tinggi badan yang sebelumnya ialah 163 cm untuk pria dan 157 cm wanita. Kini menjadi 160 cm untuk pria sedangkan untuk wanita 155 cm.

"Ini untuk diketahui semuanya. Jadi kita menggunakan Peraturan Panglima TNI terakhir itu tahun 2020 jadi nomor 31 itu sudah saya lakukan perubahan," ujarnya.

Sebelumnya, Jenderal Andika telah membuat terobosan agar pendaftaran dan seleksi prajurit lebih fair dengan mengizinkan keturunan PKI menjadi anggota TNI.

Berpegang pada TAP MPRS Nomor XXV Tahun 1966. Tidak ada keterangan yang menyebut keturunan atau underbow PKI dilarang menjadi prajurit TNI.

Tidak sampai di situ, Jenderal Andika juga memerintahkan panitia seleksi menghapus ujian atau tes akademik calon prajurit TNI. Menurutnya, cukup dilihat ijazahnya saja.

Terobosan seleksi masuk TNI juga diterapkan pada pemeriksaan postur tubuh dan ujian renang dalam tahapan tes kesamaptaan. Panitia Seleksi lagi-lagi diminta mengubah seleksi tersebut karena itu telah ada di pemeriksaan kesehatan.


Syarat Lengkap Jadi Anggota TNI

Mengutip dari website rekrutmen - tni. mil.id berikut persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon yang mendaftar pada Penerimaan Pa PK TNI (Reguler) TA 2022.

1. Warga Negara Indonesia Pria/Wanita

2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. (Menganut salah satu Agama / penghayat kepercyaan)

3. Setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945

4. Sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba.

5 Tinggi badan minimal pria 160 cm dan wania 155 cm, dengan berat badan seimbang.

6 Telah lulus dan berijazah D-4, S-1, S-1 Profesi atau S-2 dengan Jurusan / Prodi sesuai kebutuhan TNI.

7 Berusia paling tinggi 32 tahun pada saat pembukaan Dikma.

8 Untuk jurusan / program studi Akreditasi "A" IPK minimal 2,80 bagi yang berijazah D-4, S-1/S1 profesi.

9 Untuk jurusan / program studi Akreditasi "B" IPK minimal 3,00 bagi yang berijazah D-4, S-1 dan S-1.

10 Bagi jurusan Kedokteran Umum/Gigi telah berijazah S-1 Profesi dan telah lulus Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter/Dokter Gigi dan melampirkan hasil uji Kompetensinya (Minimal Akreditasi "B")

11 Diperbolehkan sudah menikah, bagi wanita sanggup tidak hamil saat Pendidikan Pertama dan tidak dalam keadaan menyusui, melampirkan surat ijin suami/istri.

12 Membawa fotocopy sertifikat akreditas program studi yang dikeluarkan oleh Ban PT.

13 Bersedia ditugaskan di seluruh wilayah NKRI.

14 Bagi karyawan harus mendapat persetujuan dari instansinya dan sanggup membuat pernyataan diberhentikan dengn hormat dari pimpinan instansi yang bersangkutan bila lulus seleksi dan masuk Dikma.

15 Membawa Surat keterangan bebas Narkoba dan surat kesehatan dari Rumah Sakit Pemerintah.

16 Wajib membawa surat keterangan Bebas Covid-19 dan melampirkan/menunjukkan Sertifikat Vaksin pada saat daftar ulang ditempat pendaftaran.

Reporter: Rahmat Baihaqi/Merdeka

Perjuangan Merebut Hati Ratu Elizabeth II

Perjuangan Kate Middleton Merebut Hati Ratu Elizabeth II yang Berbuah Manis

Liputan6.com 2022-09-27 13:00:00
Kate Middleton dan Ratu Elizabeth II. (dok.Instagram @katemiddleton.closet/https://www.instagram.com/p/B1hIvMsHoUE/Henry)

Hubungan mendiang Ratu Elizabeth II dengan Kate Middleton kerap terlihat begitu hangat. Namun, siapa sangka bahwa perjalanan istri Pangeran William untuk mengambil hati Ratu Elizabeth II dahulu tidak semulus apa yang tampak saat ini.

Saat baru menjalin hubungan dengan Pangeran William, ada fase mendiang Ratu Elizabeth II ternyata enggan untuk berbicara dengan Kate Middleton. Kedinginan tersebut berlangsung dengan cukup lama yakni selama lima tahun pertama hubungan Pangeran William dan Kate Middleton.

Mengutip laman Express.co.uk pada Rabu (27/9/2022), mendiang Ratu Elizabeth II dan Kate Middleton tidak berbicara satu sama lain meskipun berada di ruangan yang sama selama kurang lebih lima tahun.

Dahulu, Pangeran William dan Kate Middleton diketahui menjalani hubungan putus nyambung. Pada fase tersebut, mendiang Ratu Elizabeth II menghindar untuk bertemu pacar cucunya.

Momen dingin antara mendiang Ratu Elizabeth II dan Kate Middleton berawal pada ulang tahun ke-21 Pangeran William pada Juni 2003. Kala itu, Pangeran William dan Kate Middleton baru saja berkencan.

Sehingga Pangeran William belum mengenalkan Kate Middleton pada anggota Keluarga Kerajaan Inggris, termasuk Ratu Elizabeth II.

Selanjutnya pada 2005, saat Pangeran William dan Kate Middleton merayakan upacara kelulusan mereka, yang dihadiri oleh Ratu Elizabeth II. Namun, mendiang Raja Philip dan Ratu Elizabeth II tidak menyapa Kate Middleton sama sekali.

Terakhir pada 2006, Ratu Elizabeth II juga tidak berbincang dengan Kate Middleton pada parade Akademi Militer Sandhurst. Hal tersebut lantaran Ratu Elizabeth II berpikir bahwa fokusnya harus tertuju hanya pada Pangeran William.


Perasaan Kate Middleton Berinteraksi dengan Ratu Elizabeth II

Setelah menjalin hubungan cukup lama, tepatnya pada wawancara pertunangannya dengan Pangeran William tahun 2010, Kate Middleton baru mengungkapkan bagaimana rasanya pertama kali berinteraksi dengan Ratu Elizabeth pada 2008.

"Saya pertama kali bertemu dengan Ratu Elizabeth II di pernikahan Peter Phillips dan Autumn Phillips. Itu bersamaan dengan banyak tamu lainnya dan dia sangat ramah," ujar Kate Middleton.

Pangeran William pun menimpali cerita sang istri dengan menyebutkan bahwa kala itu, Ratu Elizabeth II ingin bertemu dengan Kate Middleton untuk sementara waktu.

"Dia ingin bertemu Kate untuk sementara waktu," kata Pangeran William.

Kemudian, Kate Middleton baru diundang untuk menghadiri upacara Royal Order of the Garter di Kastil Windsor sebulan setelah bertemu dengan Ratu Elizabeth II di acara pernikahan Peter Phillips dan Autumn Phillips.

Kehadiran Kate Middleton untuk melihat Pangeran William dilantik dalam acara tersebut dianggap sebagai sebuah perkembangan signifikan di dalam anggota Keluarga Kerajaan Inggris dan memberikan pertanda baik.


Pernah Jalan Berdua dengan Ratu Elizabeth II

Hubungan Kate Middleton dan mendiang Ratu Elizabeth II kian membaik. Terlihat dalam film dokumenter tahun 2016 soal Ratu Elizabeth II, Kate Middleton membagikan kesannya saat jalan-jalan berdua dengan nenek suaminya tersebut.

"Pengalaman yang paling berkesan bagi saya adalah ketika kita ke Leicester. Saya pergi tanpa William. Jadi saya agak khawatir tentang itu, tapi Ratu Elizabeth II sangat baik," ujar Kate Middleton.

"Fakta bahwa dia meluangkan waktu untuk memastikan bahwa saya bahagia dan diperhatikan untuk acara khusus itu, yang mungkin dalam segala hal yang dia lakukan adalah elemen yang sangat kecil, itu menunjukkan betapa pedulinya dia sebenarnya," tambahnya.

Momentum Ratu Elizabeth II dan Kate Middleton jalan-jalan bersama terjadi tak lama setelah Pangeran William menikah dengan Kate Middleton. Para pengamat kerajaan mengungkapkan betapa pentingnya acara tersebut.

Hal itu lantaran momentum itu adalah bagian dari tur Queen's Diamond Jubilee di Inggris. Pangeran Philip adalah satu-satunya kerajaan yang hadir dan membuktikan bahwa Kate Middleton telah mendapatkan rasa hormat dari Ratu Elizabeth II sebagai pendamping dengan sangat cepat.


Kate Middleton Dapat Restu Pakai Perhiasaan Ratu Elizabeth II

Kehadiran Kate Middleton dalam Keluarga Kerajaan Inggris sudah begitu diterima. Selain karena seringkali nampak begitu dekat dengan anggota kerajaan, Kate Middleton juga sudah diizinkan menggunakan perhiasan mendiang Ratu Elizabeth II.

Dalam acara pemakaman Ratu Elizabeth II, Kate Middleton terlihat menggunakan kalung mutiara dan berlian milik ratu.

Sebelumnya, Kate Middleton juga menggunakan kalung tersebut untuk pemakaman Pangeran Philip dan makan malam acara anniversary ke 70 Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth pada tahun 2017.

Tak berhenti di sana, mengutip People, Kate Middleton juga mengenakan anting Bahrain Pearl Drop milik Ratu Elizabeth II. Keduanya merupakan koleksi pribadi milik Ratu Elizabeth II yang digunakan pada momen-momen penting.

Perhiasan lain yang sangat bersejarah adalah Cambridge Pearl Pendant Brooch. Bros tersebut terakhir kali terlihat digunakan oleh Kate Middleton dalam potret resmi bersama Pangeran William.

Bros itu merupakan salah satu bros milik Ratu Elizabeth II yang telah dimiliki oleh Keluarga Kerajaan Inggris selama beberapa generasi dan pertama kali dibuat tahun 1797. Bros tersebut bahkan telah digunakan oleh Putri Augusta dari Hesse-Kesse tahun 1877.

Simbol Baru Kerajaan Inggris

Raja Charles III Perkenalkan Simbol Baru Kerajaan Inggris

Liputan6.com 2022-09-27 09:35:35
Permaisuri Camilla (kiri) mendengarkan saat Raja Inggris Charles III berbicara selama pertemuan Dewan Aksesi di dalam Istana St James di London pada 10 September 2022 untuk menyatakan diri

Raja Charles III mengumumkan lambang barunya. Simbol kerajaan baru Raja telah diungkap Istana Buckingham saat Charles memulai minggu ketiga penuhnya sebagai kepala negara.

Melansir People, Selasa (27/9/2022), monogram menunjukkan mahkota di atas inisial pertamanya "C" terjalin dengan "R" untuk Rex (Latin untuk Raja, secara tradisional digunakan untuk raja sejak abad ke-12), dengan "III" di dalam "R." Ini akhirnya akan menggantikan lencana "ERII" Ratu Elizabeth II sebagai simbol Raja Inggris.

Beberapa dari perubahan ini akan dilakukan secara bertahap, kata pejabat istana, tapi penerapannya akan mulai dilakukan pada cap pos semua surat yang meninggalkan Istana Buckingham terhitung hari ini, Selasa (27/9/2022). Simbol itu juga akan terlihat pada dokumen negara dan akhirnya di kotak surat merah yang sudah dikenal di sekitar Inggris.

Juga, akan digunakan departemen pemerintah Inggris pada surat mereka. Simbol baru adalah milik pribadi raja berusia 73 tahun tersebut yang secara resmi mengakhiri masa berkabung kerajaan untuk Ratu Elizabeth II pada Senin, 26 September 2022, bersama anggota keluarga kerajaan dan rumah tangga kerajaan lain.

Ia memilih desain dari beberapa yang dibuat ahli lambang istana, College of Arms. Raja sudah mengadaptasi tanda tangan baru, menandatangani namanya sebagai "Charles R" pada dokumen resmi, serta catatan yang ditinggalkan di atas peti mati Ratu Elizabeth II selama upacara pemakamannya.

Selama masa pemerintahannya yang bersejarah, mendiang Ratu telah menandatangani komunikasi resmi sebagai "Elizabeth R." Ketika digunakan Ratu, "R" adalah singkatan dari "Regina," atau "Ratu" dalam bahasa Latin.


Simbol yang Sedikit Berbeda untuk Skotlandia

Raja, yang saat ini berada di Skotlandia, juga memiliki versi yang sedikit berbeda untuk digunakan di wilayah itu, yang mana simbol itu menampilkan penggambaran Mahkota Skotlandia. Sekarang, Raja Charles dan Permaisuri Camilla tengah dijadwalkan mengikuti periode acara dan upacara publik yang sangat sibuk di Skotlandia.

Pada Minggu, 25 September 2022, waktu setempat, Raja Charles dan Permaisuri Camilla menuju Crathie Kirk, dekat Balmoral, untuk kebaktian gereja saat mereka melanjutkan masa tinggal di Skotlandia. Pekan lalu, kantor Raja merilis sebuah foto yang menunjukkan ia di meja mahoni di ruang Delapan Belas Istana Buckingham.

Di potret itu, Charles terlihat menangani dokumen-dokumen yang dikirimkan padanya setiap hari melalui kotak merah diplomat. Di belakang Charles adalah foto hitam putih mendiang orangtuanya, Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip. Itu diberikan pasangan itupada ayahnya, Raja George VI, untuk Natal pada 1951, musim liburan terakhir sebelum dia meninggal pada Februari 1952.


Adaptasi Raja Charles III

Saat menyesuaikan diri dengan peran barunya sebagai raja, karakter Raja Charles III telah diperlihatkan. Tapi, ia sebagian besar telah melaluinya dengan dukungan rakyat Inggris, seorang penulis biografi mengatakan pada People.

"Ini menarik karena ia jelas terdorong dan tergerak oleh dukungan publik untuknya," kata Catherine Mayer, yang bukunya Charles: The Heart of a King baru-baru ini diperbarui. "Saya cukup mengenalnya untuk mengetahui bahwa ia akan terkejut dengan hal itu. Ia selalu menyangka orang akan kecewa, tapi kegembiraan itu telah mengangkatnya."

Di tengah adaptasi itu pula, Charles sempat memilih bunga dalam prosesi pemakaman mendiang ibunya, Ratu Elizabeth II. Atas permintaan Charles, karangan bunga untuk pemakaman Ratu berisi bunga dan dedaunan yang dipotong dari taman Istana Buckingham dan Clarence House di London dan Highgrove House di Gloucestershire, lapor BBC.

Bunga-bunga itu terdiri dari rosemary, yang ditujukan untuk kenangan. Lalu, Myrtle merupakan simbol kuno pernikahan yang bahagia. Ini dipotong dari tanaman yang tumbuh dari setangkai myrtle di karangan bunga pernikahan Ratu pada 1947.


Dibuat dengan Cara Berkelanjutan

Pohon ek Inggris, simbol kekuatan nasional, mengacu pada keteguhan dan tugas teguh Ratu Elizabeth II. Itu juga melambangkan kekuatan cinta. Di antara bunga-bunga itu ada kartu tulisan tangan, "In loving and devoted memory, Charles R (Dalam kenangan penuh kasih dan pengabdian, Charles R)."

Bunga-bunga lainnya di pemakaman Ratu Elizabeth II, yakni pelargonium beraroma, garden roses, hydrangea musim gugur, sedum, dahlia, dan scabious, semuanya dalam nuansa emas, merah muda, dan merah anggur tua. Terdapat pula sentuhan putih untuk memantulkan warna bendera Royal Standard di mana itu ditempatkan.

Karangan bunga pemakaman kerajaan secara tradisional suram, dalam palet warna putih dan hijau, kata Gemma Kavanagh, dari toko bunga London Moyses Stevens. Namun demikian, warna bunga juga dapat dipilih untuk mencerminkan bendera, seperti yang publik lihat kemarin.

Atas permintaan Charles pula, karangan bunga di pemakaman Ratu dibuat dengan cara yang berkelanjutan, tanpa menggunakan busa bunga. Alih-alih, itu dibuat dalam sarang lumut dan cabang-cabang pohon ek.

Koki Putin Bikin Tentara Bayaran

Koki Vladimir Putin Mengaku Bentuk Tentara Bayaran Wagner, Anggotanya Ada Napi

Liputan6.com 2022-09-27 18:35:14
Yevgeny Prigozhin dan Vladimir Putin. (AP)

Seorang oligarki Rusia yang juga sekutu dekat Presiden Rusia Vladimir Putin, Yevgeny Prigozhin, mengaku bahwa ia merupakan orang di balik kelompok paramiliter Wagner.

Vladimir Putin selalu membantah terkait hubungan antara Kremlin dan Wagner. Namun, pada pernyataan yang dirilis Senin, 26 September 2022, Yevgeny Prigozhin akhirnya mengaku bahwa keduanya terhubung---antara Wagner dan pemerintah Rusia.

Aktivis Hak Asasi Manusia menduga bahwa kelompok tersebut---kelompok tentara bayaran---telah melakukan kejahatan perang di Ukraina, Suriah, dan Libya, dikutip dari Euro News, Selasa (27/9/2022).

Dalam sebuah postingan di media sosial grup Concord, sebuah perusahaan latering yang sebagiannya dimiliki oleh Prigozhin, seorang oligarki Rusia mengatakan bahwa ia mendirikan grup Wagner untuk mengirim prajurit yang kompeten ke wilayah Donbas di Ukraina timur pada 2014, tahun yang sama saat Rusia mengambil alih Krimea.

Prigozhin, yang dikenal sebagai "koki Putin", karena menjadi tuan rumah makan malam yang dihadiri oleh putin dan para pejabat Kremlin menyebut tentara bayaran Wagner sebagai "patriot".

"Pengakuan saat ini... orang-orang, para pahlawan, membela rakyat Suriah, rakyat negara Arab lainnya, orang Afrika yang miskin, dan Amerika Latin. Mereka menjadi pilar bagi tanah air kita," tulisnya, seraya mengakui bahwa kelompok Wagner terlibat dalam operasi mengerikan di Suriah, Mali, Libya, dan lainnya.

Uni Eropa menemukan bahwa kelompok Wagner melatih, merekrut, dan mengirim tentara bayaran untuk memicu kekerasan, merampas sumber daya alam, dan mengintimidasi warga sipil yang melanggar hukum internasional, termasuk hukum hak asasi manusia internasional. Hal tersebut dilakukan kelompok Wagner di negara-negara yang diduga ad aoperasi dari kelompok Wagner.

Meskipun pernyataan Prigozhin secara tidak langsung membuktikan kehadiran kelompok Wagner di Ukraina pada 2014, tapi tidak serta merta mengonfirmasi keberadaan mereka saat ini di negara-negara tersebut.

Namun, pada akhir Maret, kementerian pertahanan Inggris menyatakan dalam laporan terbaru intelijennya bahwa sekitar 1.000 tentara bayaran Wagner, termasuk juga para pemimpin senior, telah dikerahkan di Ukraina timur untuk bertempur mendukung pasukan Rusia.


Perekrutan Narapidana

Beberapa waktu lalu, mengutip NBC, sebuah video muncul dan menunjukkan adanya perekrutan kelompok Wagner. Dalam rekaman tersebut, Nampak Yevgeny Prigozhin yang sebelumnya menyangkal keterkaitannya dengan kelompok tersebut, berbicara dengan lantang di depan sekelompok orang.

Akhir-akhir ini juga Rusia terlihat kekurangan tentara dan beralih untuk merekrut sejumlah narapidana untuk bertempur di Ukraina demi memperkuat Invasi Rusia yang sedang goyah.

Video yang diposting ke situs medis sosial Rusia itu menunjukkan ada seorang pria yang suaranya mirip dengan Prigozhin, berbicara kepada sekelompok tahanan yang semuanya mengenakan seragam biru tua dan berkumpul di sebuah halaman. Pria itu berbicara pada sekelompok orang terkait hukuman mereka yang akan diringankan jika mereka bertugas di Ukraina selama enam bulan, tetapi siapapun yang berubah pikiran akan ditembak.

"Kalian tidak berbeda dengan kami," kata seorang pria kepada para tahanan dalam video itu.

Kementerian Pertahanan Inggris pada Jumat (16/9) mengatakan bahwa Wagner menawarkan pengurangan masa hukuman kepada para tahanan atau insentif uang tunai untuk pendaftaran berperang sejak Juli.

Kementerian Pertahanan Inggris juga mengatakan bahwa akademi militer Rusia memperpendek pelatihan, sehingga para kadet dapat dikerahkan lebih cepat ke medan perang.

Institute for the Study of War, sebuah lembaga think tank militer yang berbasis di Washington, mengatakan dalam sebuah briefing minggu ini bahwa video tersebut menunjukkan "Prigozhin ditunjuk sebagai pemimpin 'operasi militer khusus' Rusia di Ukraina."


Terlibat Dalam Sejumlah Serangan ke Ukraina

Pada minggu-minggu menjelang invasi Rusia ke Ukraina, mengutip BBC, tentara bayaran Wagner Group diperkirakan terlibat dalam sejumlah serangan yang disebut "false flag" di Ukraina timur yang dirancang sebagai dalih bagi Rusia untuk menyerang.

Wagner pertama kali masuk ke wilayah Ukraina timur pada 2014, kata Tracey German, profesor konflik dan keamanan di King's College London.

"Sekitar 1.000 tentara bayarannya memperkuat milisi pro-Rusia yang berjuang untuk menguasai wilayah Luhansk dan Donetsk," katanya Tracey.

Intelijen Jerman mencurigai tentara bayaran Wagner mungkin juga terlibat dalam pembunuhan warga sipil di Bucha, selama penarikan pasukan Rusia dari sekitar Kiev.

Dr Samuel Ramani, associate fellow di Royal United Services Institute mengatakan, kini, anggota Wagner Group bertempur bersama pasukan reguler di wilayah Donbas.

"Kelompok Wagner berperan aktif dalam perebutan kota-kota seperti Popasna dan Severodonetsk di Luhansk," kata Dr Samuel.

"Saat ini, mereka merupakan unit tentara Rusia yang tidak resmi," tambah Samuel.


Rusia Tambah Pasukan ke Perang Ukraina

Berbicara terkait invasi Rusia ke Ukraina, adanya mobilisasi parsial yang diperintahkan oleh Presiden Vladimir Putin adalah tanda "kelemahan", kata duta besar Amerika Serikat di Ukraina pada Rabu (21 September).

"Referensi dan mobilisasi adalah tanda-tanda kelemahan, kegagalan Rusia," tulis Bridget Brink dalam cuitannya di Twitter.

"Amerika Serikat tidak akan pernah mengakui klaim Rusia yang konon mencaplok wilayah Ukraina, dan kami akan terus mendukung Ukraina selama yang diperlukan," katanya, demikian dikutip dari Channel News Asia, Rabu (21/9/2022).

Putin memerintahkan mobilisasi militer parsial pada Rabu dan bersumpah akan menggunakan "semua cara yang tersedia" untuk melindungi wilayah Rusia, setelah wilayah Ukraina yang dikuasai Moskow tiba-tiba mengumumkan referendum pencaplokan.

Penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Mykhaylo Podolyak, mengejek langkah terbaru Moskow dalam pesan Twitter.

"Semuanya masih sesuai rencana kan? Hidup punya selera humor yang tinggi," tulisnya.

Pada Selasa kemarin, para pejabat separatis di wilayah Ukraina yang dikuasai Moskow mengumumkan pemungutan suara mendesak tentang pencaplokan oleh Rusia.

Pihak berwenang pro-Rusia di wilayah Donetsk dan Luhansk timur, serta di wilayah Kherson dan Zaporizhzhia selatan, mengatakan mereka akan mengadakan pemungutan suara selama lima hari mulai Jumat pekan ini.

Washington, Berlin dan Paris mengecm pemungutan suara dan mengatakan masyarakat internasional tidak akan pernah mengakui hasil, sementara NATO mengatakan pemungutan suara menandai "eskalasi lebih lanjut" dari perang.

Putin "masih menolak untuk memahami Ukraina", kata duta besar Inggris di Kiev.

"Mobilisasi parsial dan referendum palsu tidak mengubah kelemahan esensial itu," tulis Melinda Simmons di Twitter.

Selengkapnya di sini...

Jefri Nichol Kepincut Jeje Slebew

Terpincut Jeje Slebew, Jefri Nichol Ngaku Sayang dan Bilang: Ada yang Macam-Macam Sama Jeje Awas Lu

Liputan6.com 2022-09-27 07:00:00
Jefri Nichol dalam Pertaruhan The Series (Sumber: Instagram/jefrinichol)

Jefri Nichol dan rekan-rekan sesama aktor, yakni Bryan Domani, Abidzar Al Ghifari, dan Keanu Angelo, baru saja bertemu empat mata dengan Jasmine alias Jeje Slebew. Selebriti media sosial yang viral dengan Citayam Fashion Week itu mendapat kesempatan mengobrol dengan empat aktor berparas tampan itu.

Menariknya, Jeje Slebew sukses membuat keempat aktor muda termasuk Jefri Nichol terpesona. Bahkan, Jefri Nichol sempat melontarkan pernyataan bahwa ia malah menjadi sayang dengan Jeje setelah pertemuannya di program di salah satu kanal YouTube itu.

Kala mendapat giliran untuk mengobrol berdua dengan Jeje, Jefri Nichol mengungkapkan kekagumannya. Aktor yang akan tampil dalam film Sri Asih itu tak hanya memuji penampilan Jeje, namun juga sikap dan gaya bicaranya yang diakui Nichol membuatnya salah tingkah.

"Aku lihat kamu apalagi aslinya, menarik banget. Aku deg-degan sama Jeje, rambut kamu bagus banget, sih," ujar Jefri Nichol, seperti bisa disimak di kanal YouTube Bacot Television, diunggah belum lama ini.


Pertama Kali Salah Tingkah

Bahkan, ketika Jeje memberanikan diri untuk bertanya apakah aktor idolanya itu sedang salah tingkah, Jefri Nichol mengakuinya. Menariknya, Nichol secara tak langsung mengaku bahwa Jeje adalah perempuan pertama yang membuatnya salah tingkah.

"Lo pernah salting enggak?" tanya Jeje kepada Jefri Nichol.

"Ini salting. Kelihatan ya? Enggak pernah (sebelumnya)," jawab Nichol singkat.


Semua Sayang Jeje

Setelah berbincang dengan Jeje, Jefri Nichol mengungkapkan di depan rekan-rekan sesama aktor bahwa ia mulai menyayangi Jeje.

Bahkan, Nichol siap pasang badan seandainya ada orang yang mengganggu dan meresahkan Jeje.


Pasang Badan

"Sayang banget sih sama Jeje. Ada yang macam-macam sama Jeje, awas lu ya!" ceplos Jefri Nichol.

"Jangankan Nichol, gua juga," timpal Bryan Domani.

"Gue juga turun langsung gue pukul!" celetuk Abidzar.

Efek Gaun Terlalu Ketat

Gaun Terlalu Ketat, Kim Kardashian Sampai Lompat-Lompat Naik Tangga

Liputan6.com 2022-09-27 14:02:23
Tangkapan layar video Kim Kardashian dengan gaun ketatnya di akun TikTok @steph_seph. (Dok: TikTok @Steph_Seph https://vt.tiktok.com/ZSRQMty7x/ / Elly Purnama)

Kim Kardashian memulai debut kolaborasi Dolce & Gabbana dalam gelaran Milan Fashion Week 2023. Dia berjalan sendiri di runway saat koleksi yang menggabungkan korset, kristal, dan detail rumit itu dipamerkan di peragaan busana Spring/Summer 2023 pada Sabtu, 24 September 2022.

Dalam after party show Dolce & Gabbana, Kim merayakannya dengan mengenakan gaun kulit kedua berkilauan. Tapi bukan detailnya yang jadi perhatian, bentuknya yang membalut ketat tubuh pendiri SKIMS itu lah yang jadi omongan.

Dilansir Page Six, Selasa (27/9/2022), gaun itu tampak sangat menghambat pergerakannya. Pakaian itu terdiri dari detail renda di kedua sisi tubuh Kim, serta korset silang di dadanya.

Teman Kim, Stephanie Shepherd, membagikan behind the scene yang memperlihatkan perjuangan ibu empat anak itu memakai gaun berdetail ratusan permata berkilaiuan menyentuh lantai sampai ke pergelangan kakinya. Dalam unggahan di akun TikTok @steph_seph, pada Minggu, 25 September 2022, Kim juga terlihat berjuang untuk berjalan dengan gaunnya.

Ia bahkan dipaksa untuk melompat ke atas tangga karena tidak bisa mengangkat setiap kaki cukup tinggi untuk menaikinya. Kim juga terlihat melompat-lompat dengan susah payah untuk menaiki tangga itu.

Steph menambahkan musik komedi dalam video yang telah ditonton tujuh juta kali itu. Video dimulai dengan Kim terhuyung-huyung di lantai, dengan ujung ketat gaunnya hanya memungkinkan dia untuk mengambil langkah-langkah kecil pada suatu waktu.


Bikin Repot

Ketika dia mencapai tangga, Kim memegang pegangan tangga dengan kedua tangan dan kemudian melompat ke anak tangga pertama dengan kedua kakinya yang dirapatkan. Saudara perempuan Kim, Khlo Kardashian terlihat berusaha membantu dengan mengangkat ujung gaun Kim, tetapi ukurannya sangat ketat sehingga hampir tidak ada bedanya.

Kim juga dibantu oleh dua orang untuk terus menaiki tangga sampai jengkel. Ia terdengar menanyakan apakah ada elevator yang bisa dia gunakan sebagai gantinya. Di detik-detik terakhir, dapat dilihat Kim melompat ke mobilnya dengan bantuan seorang teman yang mengangkatnya, dia tersenyum dan tertawa dengan tamu lain.

Steph dengan lembut menggoda mantan bosnya. Dia hanya memberi keterangan pada unggahan video itu dengan "I'll let you caption this (Aku akan membiarkanmu memberi ini keterangan),". Tentunya, unggahan tersebut dibanjiri oleh komentar warganet.

Video usaha Kim melangkah dengan gaunnya itu sontak menuai komentar. Beberapa orang memuji komitmennya dan penampilannya.


Respons Warganet

"The little pit pats of her running in the beginning (tepukan kecil saat dia berlari di awal)," tulis akun @liasueyoshi.

"Why aren't people carrying this queen? (Mengapa orang tidak membawa ratu ini?)," tulis @Brownie1986.

"Kim will do anything for a look (Kim akan melakukan apa saja untuk penampilan)," tulis @Og.Goldi.

"Her team needs to be fired for not having her carried up those stairs (Timnya perlu dipecat karena tidak membawanya menaiki tangga itu)," tulis @N E S S A.

"The comments You guys get so excited when you realize Kim is just as human as everyone else (Komentarnya, Kalian menjadi sangat bersemangat saat menyadari Kim sama manusiawinya dengan yang lain", tulis akun @KING FAD.

Warganet lain juga bertanya-tanya mengapa Kim tidak mengangkat sedikit gaunnya agar dia dapat berjalan sedikit lebih baik. Namun, ada yang menjawab kemungkinan karena materialnya yang terlihat tidak mudah.


Kerja Sama Kim Kardashian dengan Dolce & Gabbana

Kim Kardashian membawa bakat desainnya ke Milan Fashion Week musim ini, bekerja sama dengan Dolce & Gabbana di peragaan busana Spring/Summer 2023. Sebagian besar menggunakan palet warna hitam, metalik, dan motif macan tutul, dengan beberapa model tampil mengenakan kalung choker yang dieja "KIM" dalam huruf tebal.

Bintang reality show itu muncul untuk membungkuk di akhir pertunjukan, mengenakan gaun hitam berkilau. Dia juga mengunggah tampilan di belakang layar pada proses kurasi, mengenakan catsuit all-leopard yang dramatis dengan sarung tangan dan mengarahkan para model dalam penampilan mereka.

Dia menerangkan koleksi itu terdiri dari "potongan #DolceGabbana paling ikonik dari 1987 hingga 2007, dicampur bersama melalui reinterpretasi spontan menciptakan koleksi yang sempurna." Dia menambahkan, "Setiap bagian bukan hanya barang, itu adalah memori yang unik."

"Saya selalu menyukai penampilan klasik 90-an & 2000 yang indah, feminin, berani, mereka selalu membuat saya merasa sangat percaya diri & glamor. Anda bisa merasakan saat Anda mengenakan gaun D & G yang niatnya saat dirancang & dibuat adalah untuk merayakan wanita yang memakainya. Untuk membuatnya merasa seperti dia bisa melakukan apa saja, menjadi apa saja, memiliki kepercayaan dirinya & kecantikannya," tulis Kardashian dalam postingan Instagram @kimkardashian dua hari lalu.

Krisis Inggris: Bocah Kunyah Karet

Krisis di Inggris, Anak Sekolah Kelaparan: Kunyah Karet dan Pura-Pura Makan Bekal Kosong

Liputan6.com 2022-09-27 14:28:23
Pompa tertutup terlihat di sebuah pompa bensin di Manchester yang kehabisan bahan bakar setelah pecahnya panic buying, Senin (27/9/2021). Tentara mungkin dilibatkan untuk mengirimkan bensin k

Inggris sedang mengalami krisis ekonomi yang memilukan hingga membuat anak-anak kelaparan di sekolah. Kepala sekolah dan badan amal bantuan makanan mengatakan mereka berjuang untuk mengatasi meningkatnya permintaan dari keluarga yang tidak mampu membeli makanan.

Anak-anak sangat lapar sehingga mereka makan karet atau bersembunyi di taman bermain karena mereka tidak mampu membeli makan siang, menurut laporan dari para kepala sekolah di seluruh Inggris.

Mengutip The Guardian, Selasa (27/9/2022), para kepala sekolah mengatakan bahwa pemerintah membiarkan sekolah-sekolah menghadapi krisis yang semakin meningkat - sebuah pesan yang diperkuat survei baru tentang kemiskinan pangan di sekolah, yang akan diterbitkan bulan depan oleh Chefs in Schools, sebuah badan amal makan sehat yang melatih koki untuk dapur sekolah.

Survei ini mengungkapkan bahwa banyak sekolah di Inggris sudah melihat peningkatan yang memilukan pada anak-anak yang kelaparan, bahkan sebelum musim dingin dan tagihan energi yang besar memaksa lebih banyak keluarga untuk memilih untuk menyalakan pemanas ruangan dan membeli makanan.

Salah satu sekolah di Lewisham, London Tenggara, mengatakan kepada badan amal tentang seorang anak yang "berpura-pura makan dari kotak makan siang yang kosong". Mereka tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan makanan sekolah gratis dan tidak ingin teman-temannya tahu bahwa tidak ada makanan di rumah.

Kelompok bantuan makanan masyarakat juga mengatakan kepada Observer minggu ini bahwa mereka berjuang untuk mengatasi permintaan baru dari keluarga yang tidak dapat memberi makan anak-anak mereka.

"Kami mendengar tentang anak-anak yang sangat lapar sehingga mereka makan karet di sekolah," ujar Naomi Duncan, kepala eksekutif Chefs in Schools.

"Anak-anak datang ke sekolah karena belum makan apa pun sejak makan siang sehari sebelumnya. Pemerintah harus melakukan sesuatu." tambahnya.


Hak Atas Makan Gratis

Di Inggris, semua anak sekolah dasar berhak atas makanan sekolah gratis dari penerimaan hingga tahun kedua.

Tetapi di luar itu, hanya anak-anak yang orang tuanya berpenghasilan kurang dari 7.400 (Rp 120 miliar) per tahun yang memenuhi syarat, dan 800.000 anak yang hidup dalam kemiskinan tidak mendapatkannya, menurut Child Poverty Action Group.

Banyak sekolah yang bekerja sama dengan badan amal Duncan yang menguras anggaran yang terlalu banyak untuk memberi makan anak-anak yang kelaparan namun tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan makanan sekolah gratis.

Dia ingin semua anak dari keluarga dengan kredit universal memenuhi syarat, posisi yang juga diambil oleh serikat guru.

"Ini benar-benar memilukan bagi koki kami. Mereka secara aktif keluar dan menemukan anak-anak yang bersembunyi di taman bermain karena mereka tidak berpikir mereka bisa mendapatkan makanan, dan memberi mereka makan," tuturnya.

Duncan mengatakan bahwa survei tersebut mengungkapkan bahwa para guru membeli pemanggang roti sehingga mereka dapat membagikan sarapan kepada anak-anak yang kelaparan untuk berkonsentrasi.


Krisis Makanan

Satu sekolah di Streatham, London Selatan, memiliki dana kesulitan yang dulunya mendukung 50 anak tetapi sekarang mendukung 100 anak.

Paul Gosling, Presiden Asosiasi Nasional Kepala Sekolah, mengatakan: "Pemerintah tahu bahwa ketika anak-anak datang di pagi hari dalam keadaan lapar dan kedinginan, sekolah akan turun tangan dan membantu. Tetapi tidak benar bahwa hal itu diserahkan kepada kami tanpa dukungan tambahan."

Dia mengatakan bahwa dengan tagihan energi yang besar dan kenaikan gaji guru yang tidak didanai, mendukung keluarga yang putus asa akan mendorong ratusan sekolah ke dalam kondisi defisit.

Para kepala sekolah menyambut baik pengumuman pemerintah minggu lalu bahwa listrik dan gas di sekolah akan dibatasi pada "harga yang didukung pemerintah" yang lebih rendah, mengurangi 4.000 ( Rp 65 miliar) untuk sekolah yang membayar 10.000 (Rp 163 miliar) per bulan untuk energi.

Tetapi mereka menyatakan kecemasan bahwa batas tersebut hanya ditawarkan selama enam bulan, dan memperingatkan bahwa banyak sekolah masih akan memiliki tagihan yang jauh lebih tinggi daripada yang mereka anggarkan.

Will Teece, kepala sekolah di Brookvale Groby Learning Campus, sebuah sekolah akademi sekunder di Leicester, mengatakan bahwa para orang tua telah menelepon, menanyakan apakah sekolah akan menawarkan klub sarapan gratis atau klub setelah jam sekolah dengan makanan yang disediakan.

Dia memperingatkan: "Pada saat ada kebutuhan yang jauh lebih besar akan dukungan untuk keluarga kami, kami berada dalam posisi yang jauh lebih lemah untuk dapat menyediakannya."


Para Komunitas Kewalahan

Oxford Mutual Aid, sebuah kelompok komunitas yang mengirimkan paket makanan darurat, harus memotong hari pengirimannya karena ratusan pengemas, pengemudi, dan organisator sukarelawannya tidak dapat mengatasi peningkatan permintaan bantuan, yang mencakup rujukan reguler dari sekolah dasar.

Kelompok ini mendengar setiap hari dari masyarakat setempat yang tidak pernah tidak mampu membeli makanan sebelumnya.

Craig Johnson, pendiri Launch Foods, sebuah badan amal di Glasgow yang menyediakan makan siang gratis untuk 300 anak sekolah setiap hari, mengatakan: "Orang-orang berbicara tentang krisis yang semakin dekat. Sudah ada krisis."

Badan amal, yang mengendarai truk pengangkut perak ke sekolah-sekolah dasar dan memberi makan semua orang "tanpa stigma" dengan menggunakan kelebihan makanan, harus mencabut nomor teleponnya dari situs webnya karena menerima panggilan telepon setiap hari dari orang-orang termasuk Newcastle, Liverpool, dan London, menanyakan apakah mereka dapat membantu memberi makan anak-anak di daerah mereka.

Michelle Dornelly, pendiri Children with Voices, sebuah badan amal yang memberi makan keluarga di tiga perkebunan di Hackney, London timur, mengatakan mereka berjuang untuk mengatasi "tingkat kebutuhan yang berbeda".

Selain anak-anak secara teratur tidur dalam keadaan lapar, dia juga khawatir dengan tingkat kecemasan mereka yang semakin meningkat.

"Saya khawatir tentang anak-anak yang pergi ke sekolah tanpa pena, tanpa deodoran, tanpa sikat gigi. Semua itu memengaruhi harga diri, dan kepercayaan diri mereka benar-benar lesu." tutur Michelle Dornelly.

Dornelly, yang juga mendapatkan kredit universal, mengatakan bahwa badan amalnya tidak memiliki ruang penyimpanan atau freezer yang cukup, dan dia khawatir tentang berapa banyak yang harus ditanggung oleh para sukarelawan wanitanya.

Ratu Kecantikan Jadi Buronan Interpol

Penyelamatan Dramatis Ratu Kecantikan Myanmar yang Diduga Jadi Buronan Interpol

Liputan6.com 2022-09-27 10:01:00
Miss Grand Myanmar 2020, Han Lay. (dok. Instagram @hann_may/https://www.instagram.com/p/CflwhFjBWg3/)

Ratu kecantikan Myanmar, Han Lay, yang berlindung di Thailand setelah mengkritik junta militer yang berkuasa di negara asalnya, kini bisa bernapas lumayan lega. Lay mengatakan pada CNN, seperti dilansir Selasa (27/9/2022), bahwa ia sekarang "aman" di tangan pejabat PBB setelah menghadapi ancaman deportasi.

Han terancam dikirim kembali ke Myanmar setelah pejabat Thailand menghentikannya di Bandara Internasional Suvarnabhumi di Bangkok pada Rabu, 21 September 2022, karena paspornya bermasalah. Ia telah berada dalam limbo sejak itu, tapi sekarang telah mendapat status pengungsi dan akan mencari suaka di Kanada.

"Saya aman dengan UNHCR (badan PBB untuk pengungsi) sekarang. Mereka mengusahakan yang terbaik untuk saya. Tapi, saya tidak bisa mengatakan apa-apa lagi untuk saat ini sampai proses dengan UNHCR dan pejabat imigrasi Thailand selesai," katanya.

Han, yang dihentikan di bandara setelah kembali dari perjalanan ke Vietnam, menambahkan bahwa ia senang berada di Thailand dan ingin tetap tinggal di negara itu. "Ini sudah seperti rumah kedua saya," katanya.

Sebuah sumber keamanan mengatakan pada Bangkok Post bahwa pemilik nama asli Thaw Nandar Aung ini akan meninggalkan Thailand dengan penerbangan Korean Air KE652 pada Selasa (27/9/2022). Miss Grand International Myanmar 2020 akan singgah di Bandara Incheon Korea Selatan untuk transit cepat.

Ia kemudian meneruskan perjalanan dengan penerbangan KE073 menuju Toronto, Kanada pada Selasa malam. Melansir Thai BPS World, Mayor Jenderal Pol Archayon Kraithong, juru bicara biro imigrasi Thailand, sebelumnya mengatakan bahwa Han Lay tidak memiliki paspor atau dokumen resmi apapun yang setara dengan paspor.


Pidato Kontroversi

Semula beredar kabar bahwa Han Lay ditolak masuk ke Thailand karena diduga jadi buronan Interpol. Tapi, terungkap kemudian bahwa junta di Myanmar telah mencabut paspornya, lapor Bangkok Post.

Itu diyakini sebagai pembalasan atas pidato kontroversi Han selama kontes Miss Grand International 2020 yang diadakan di Bangkok, Maret tahun lalu. Sebagaimana diketahui, Han telah menyerukan bantuan mendesak bagi rakyat Myanmar dalam sebuah pidato menyentuh yang menarik perhatian publik internasional.

Saat itu, organisasi Miss Grand International mengatur agar Han tinggal di Thailand selama tiga bulan untuk memastikan keselamatannya daripada kembali ke Myanmar. Terkait kondisi terkini Han tertahan di bandara, organisasi kontes kecantikan itu dan para aktivis telah mendesak pihak berwenang Thailand untuk tidak mendeportasi perempuan berusia 23 tahun tersebut kembali ke negaranya.

Han ditolak masuk Biro Imigrasi Thailand, meski ia telah berlindung di negara itu selama setahun terakhir. Dalam sebuah unggahan di halaman Facebook-nya, Jumat, 23 September 2022, Han mengatakan, ia takut polisi Myanmar akan datang dan menjemputnya di bandara.


Inisiasi Menggalang Dana

Han Lay dan manajernya mengatakan bahwa ia adalah subjek pemberitahuan merah Interpol, tingkat kewaspadaan tertinggi bagi seorang individu. Polisi Thailand dan Biro Imigrasi negara itu telah menolak berkomentar terkait hal tersebut.

Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi mengatakan bahwa kebijakannya tidak untuk mengonfirmasi kasus individu. Phil Robertson dari Human Rights Watch mengatakan di Twitter bahwa pemerintah Thailand dipimpin Aung San Suu Kyi.

"Saya ingin mengatakan dari sini pada dunia: tolong dukung rakyat Myanmar," katanya kepada outletberita lokal. "Begitu banyak orang meninggal di Myanmar oleh senjata militer. Tolong selamatkan kami."

Myanmar telah berada dalam kekacauan sejak kudeta tahun lalu, dengan junta berjuang memadamkan perlawanan terhadap kekuasaannya. Sebuah tindakan keras militer terhadap perbedaan pendapat telah menyebabkan lebih dari 2.300 warga sipil tewas, menurut kelompok pemantau lokal. Junta menyebutkan jumlah korban sipil hampir 3.900 orang.

Sementara, panggung Miss Miss Grand International bukan tempat pertama Han berusaha meningkatkan kesadaran tentang kekerasan di Myanmar. Dalam unggahan di akun Instagram-nya, ia juga sempat membagikan insiasi penggalangan dana untuk Gerakan Pembangkangan Sipil Myanmar, Civil Disobedience Movement (CDM), yang memimpin protes tanpa kekerasan terhadap pemerintahan militer.


Angkat Suara

Han Lay juga berbagi penghormatan pada mereka yang meninggal dunia, dan mengunggah informasi tentang penangkapan demonstran, termasuk beberapa rekan mahasiswa satu almamater di Universitas Yangon. Menurut laporan Thai PBS World, Han Lay adalah seorang mahasiswa di Fakultas Psikologi Universitas Yangon di Myanmar.

Ia juga dikenal sebagai model profesional dan atlet basket, serta menguasai Bahasa Inggris dan Mandarin. Selama mengikuti Miss Grand International 2020, Han kerap berbicara untuk orang-orang Myanmar melalui media sosial dan menyerukan bantuan pada komunitas internasional.

Dalam kompetisi itu, Han mengenakan kostum nasional Myanmar bertajuk "Goddess of Peace" atau Dewi Perdamaian. Lewat busana itu, ia berharap Dewi Perdamaian dapat membantu negara itu mengakhiri krisis.

Dalam unggahan di Instagram pada 29 Maret 2021, Han memperlihatkan potretnya bersama Presiden Miss Grand International, Nawat Itsaragrisil, dan mengucapkan terima kasih atas keramahannya. Wanita asal Myanmar itu merujuk pada kesempatan untuk mengemukakan situasi di negaranya di ajang tersebut.

Urus Reklamasi di Akhir Jabatan

HEADLINE: Jelang Akhir Jabatan Anies Arahkan Reklamasi Pulau G untuk Permukiman, Prosedurnya?

Liputan6.com 2022-09-28 00:01:36
Gaya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memantau penyegelan bangunan di Pulau Reklamasi, Teluk Jakarta, Kamis (7/6). Anies tampak mengenakan baju batik lengan panjang dan celana hitam.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, berencana melakukan pemanfaatan Pulau G hasil reklamasi Teluk Jakarta era kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjadi kawasan permukiman.

Hal ini tercantum dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 31 Tahun 2022 tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Wilayah Perencanaan DKI Jakarta.

Dalam RDTR 2022 tersebut, kawasan reklamasi Pulau G diarahkan untuk permukiman dalam Pasal 192 Zona Ambang Ayat (3) Pergub Nomor 31 Tahun 2022 Tentang RDTR.

"Kawasan Reklamasi Pulau G sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf a diarahkan untuk kawasan permukiman," demikian bunyi keterangan Pergub tersebut, Senin (26/9/2022).

Ada yang Ganjil

Anggota Komisi D Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak, menilai ada yang aneh dari langkah Anies mengeluarkan Pergub jelang masa jabatannya berakhir.

"Saya kira ada yang ganjil di sini. Kenapa banyak sekali Pergub dikeluarkan Anies soal reklamasi beberapa hari menjelang habis masa jabatan. Memang sesuai UU Ciptaker, legislatif tidak dilibatkan seperti semula untuk urusan RDTR. Tetapi jadi aneh, pulau ini diizinkan untuk reklamasi dengan mengganti diksi menjadi perluasan pantai, juga mengubah diksi pulau menjadi pantai," kata Gilbert kepada Liputan6.com, Selasa (27/9/2022).

Menurut Gilbert, Anies tidak memberi contoh program yang baik dan berhasil. Di matanya, program seperti Formula E, rumah dp 0 rupiah, dan lain-lain telah gagal.

"Apalagi ini menjelang turun, membuat keputusan strategis. Ini patut dipertanyakan, kepentingannya apa?"

"Sangat aneh, mendadak di akhir masa jabatan, gencar sekali reklamasi dengan mengubah diksi. Sepatutnya ini dipertanyakan Kemendagri, saya kira UU Ciptaker soal ini harus direvisi."

Gilbert menyarankan agar Pergub Anies ditunda dulu dan kemudian dibahas bersama. "Tidak ada keputusan yang baik bila diambil terburu-buru," ucap Gilbert.


Dampak Lingkungan

Pakar Tata Kota Universitas Trisakti, Nirwono Joga, mengatakan pemanfaatan Pulau G untuk permukiman perlu dikaji ulang, bahkan jika perlu dibatalkan, mengingat reklamasi Pulau G mengundang masalah di masyarakat sejak awal pembangunannya.

"Menurut saya, Pulau G tidak layak dijadikan kawasan permukiman, dampak lingkungannya seperti bagaimana penyediaan air bersihnya, bagaimana pengolahan sampah dan limbahnya? Sementara dari permukiman yang sudah ada saja Pemprov DKI tidak mampu menanganinya," kata Nirwono kepada Liputan6.com, Selasa (27/9/2022).

Nirwono mempertanyakan bagaimana pasokan air bersih Pulau G, sementara warga pesisir sekarang saja sudah kesulitan air bersih dan Pemprov DKI dinilai tidak mampu menyediakan akses air bersih yang layak.

"Artinya, jika untuk permukiman berarti luas pulau untuk Ruang Terbuka Hijau (RTH) menjadi berkurang, sehingga dampak terhadap lingkungan (kesejukan, keasrian, kesegaran) juga turut berkurang."

Menurut Nirwono, akan lebih baik jika Pulau G ditetapkan sebagai kawasan RTH buatan untuk memperbaiki kualitas lingkungan pesisir utara Jakarta yang memburuk dan penetapan RTH lebih bersifat netral, tidak ada unsur komersial.

"Lalu, sebaiknya Dinas Perumahan dan Permukiman membangun kawasan permukiman di daratan Jakarta, di tanah-tanah aset Pemda yang masih banyak tersedia, sebisa mungkin dekat simpul-simpul transportasi publik seperti yang tercantum dalam RDTR tersebut," ucapnya.

Pulau G Untuk Permukiman Elite Atau Rusun?

Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, Ida Mahmudah, mempertanyakan bentuk permukiman yang akan dibangun di Pulau G.

"Itu mesti dipertegas dulu. Itu permukiman sifatnya memang mau bikin rumah susun atau memang permukiman yang elite," kata dia saat dihubungi, Selasa (27/9/2022).

Ida juga mengatakan Pemprov DKI Jakarta perlu mempertimbangkan penarikan retribusi tambahan bagi penghuni permukiman di Pulau G. Jika akan dibangun rusun, Pemprov DKI Jakarta tidak perlu menarik retribusi tinggi kepada para penghuni.

"Tapi kalau memang itu peruntukkan perumahan dan untuk elite, ya harus tinggi. Tergantung ini (Pulau G) untuk siapa?" jelas Ida.

Meskipun demikian, Komisi D akan memanggil Dinas Cipta Karya, Pertanahan, dan Tata Ruang (Citata) DKI Jakarta untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

"Terkait dengan Pulau G ini, Komisi D masih belum memanggil dinas terkait soal rancangan yang ada. Jadi kami memang belum rapat secara khusus terkait itu."

"Nanti kami mau manggil secepatnya sih terkait rancangan atau sistemnya. Kami kan belum tahu nih, hunian ini tingkat apa. Masing-masing ada levelannya. Ini yang kami belum panggil. Nanti kami secepatnya akan panggil dulu," kata Ida.


Anies Tolak Reklamasi Tapi Bikin Pergub Perluasan Daratan, Bedanya Apa?

Kepala Dinas Cipta Karya, Pertahanan, dan Tata Ruang DKI Jakarta, Heru Hermawanto, menjelaskan bahwa perluasan daratan yang dimaksud berbeda dengan reklamasi.

"Kalau reklamasi itu menutup daratannya. Airnya dikasih daratan. Kalau ini kan tidak, jadi pemanfaatan," kata Heru.

Karena pemanfaatan, maka tidak perlu melakukan pengurukan dan bangunan yang dibangun seperti rumah apung.

"Jadi yang diatur di laut itu tadi bukan daratannya. Tadi pemanfaatan tidak berarti harus menguruk. Jadi ada pemanfaatan rumah-rumah nelayan di atas air," kata Heru.

Lebih lanjut, Heru mengatakan, pengembangan ini tidak akan menyebabkan keseimbangan lingkungan terganggu.

"Bangunan-bangunan, pengembangan di daratnya Pulau Seribu kan terbatas. Enggak mungkin kalau itu dibangun malah justru mengakibatkan keseimbangan lingkungannya (terdampak)," kata Heru.

Zona Ambang

Heru menjelaskan mengenai zona ambang yang tercantum dalam Pasal 192 Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 31 Tahun 2022 Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Wilayah Perencanaan DKI Jakarta.

Heru mengatakan zona ambang berarti zona yang peruntukannya belum ditentukan secara pasti baik untuk permukiman maupun sebagai kawasan industri.

Menurut Heru, kendati Pulau G tercantum diarahkan untuk permukiman, hal tersebut sangat tergantung dari Peraturan Daerah (Perda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

"Zona ambang zona yang memang belum ditentukan peruntukannya secara definitif. Bisa saja nanti apakah jadi industri, atau diarahin untuk apa tergantung pada RTRW yang akan ditetapkan," kata Heru saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (27/9/2022).

Heru menyampaikan terkait Pulau G statusnya baru sebagai zonasi zona ambang yang peruntukannya sebagai permukiman akan diputuskan lewat RTRW. Sehingga, saat ini Pulau G belum dapat dikatakan resmi dijadikan kawasan permukiman.

"Engga belum. Makanya diputuskan lewat putusan, putusan yang mana? Di RTRW. Di RTRW itu ada dua aturan di situ karena darat dan laut. RDTR langsung disatukan dengan aturan darat," jelas Heru.

"Ya enggak lah, enggak. Ujungnya air loh. Kecuali itu, khusus di belakangnya permukiman, karena permukiman dulu baru zona ambang kan," lanjut dia.

Kendati demikian, Heru menyatakan bukan tidak mungkin Pulau G dapat diarahkan untuk permukiman. Menurut Heru, hunian seperti apartemen, hingga landed house (rumah tapak) dapat dibangun.

"Permukiman macam-macam, apartemen permukiman, rumah landed permukiman, intinya yang namanya permukiman itu kan hunian, bisa landed (tapak), bisa susun," katanya.

Soal Prosedur

Menurut Heru, keputusan soal Pulau G belum final karena masuk dalam zona ambang, sehingga aturan dan prosedur peruntukannya perlu pembahasan lebih lanjut.

"Itu kan pembahasan nanti kan belum dibahas sekarang. Jadi makanya zona ambang kita," kata Heru.

Heru mengatakan dahulu ada Peraturan Gubernur (Pergub) yang mengatur tentang pulau. Dimana beberapa sisi pulau seperti sisi timur dan sisi tengah diarahkan untuk menjadi permukiman. Salah satunya reklamasi Pulau G.

"Makanya dulu ada Pergub, lupa saya mengenai reklamasi jadi yang untuk sisi timur industri, sisi tengah permukiman itu arahan yang dulu permukiman, Pulau G salah satunya," ujar dia.

Lebih lanjut, Heru menyebut aturan tersebut dihentikan. Sehingga beberapa pulau termasuk Pulau G dimasukkan ke dalam zona ambang.

"Tapi karena dulu pernah kita sebut diarahkan untuk permukiman, tapi kemudian kita tutup di ujung, akhirnya bahwa ini akan zonasinya zona ambang," kata dia.


Anies Dinilai Bertindak Sesuai Legalitas Pulau G

Sekretaris Komisi D Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta, Syarif, menilai Anies telah bertindak sesuai legalitas atas pemanfaatan Pulau G di Teluk Jakarta yang diarahkan untuk menjadi kawasan permukiman.

"Pergub atau Perkada (Peraturan Kepala Daerah) yang dikeluarkan Anies sudah sesuai dengan UU Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan, yang memesankan kepala daerah harus bertindak sesuai legalitas," kata Syarif seperti dilansir Antara.

Selain itu, kata dia, juga sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 60 Tahun 2020.

Syarif mengatakan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 60 Tahun 2020 yang merupakan Beleid tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Perkotaan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak dan Cianjur (Jabodetabek dan Punjur), mencantumkan status dari berbagai pulau reklamasi termasuk Pulau G.

"Dalam Perpres itu, di Pasal 81 menyebutkan bahwa Pulau C, D, G dan N ditetapkan Presiden menjadi Zona B8. Arti zona B8 itu adalah zona Budi Daya 8," kata Syarif.

Zona B8 dalam Pasal 81 ayat 2 Perpres 60 Tahun 2020 tersebut merupakan zona dengan karakteristik daya dukung lingkungan rendah, prasarana lingkungan sedang hingga rendah yang berada pada kawasan reklamasi dengan rawan intrusi air laut dan rawan abrasi.

Sementara, kata dia, Pasal 81 ayat 2 mengatakan bahwa zona B8 bisa digunakan untuk kawasan permukiman dan fasilitasnya, kawasan perdagangan dan jasa. Kemudian kawasan peruntukkan industri dan pergudangan, kawasan pendukung fungsi pusat pembangkit tenaga listrik dan atau peruntukkan kegiatan pariwisata.

"Sekarang muncul di dalam (Pergub) RDTR bahwa Pulau G diarahkan untuk budidaya atau tata ruangnya sebagai budidaya. Tidak ada masalah, tidak ada pelanggaran hukum apalagi janji. Jadi, Pergub RDTR ini bagian dari pelaksanaan dan penjabaran Pepres Nomor 60 tahun 2020," ujar dia.

Selain itu, kata Syarif, Pergub ini diterbitkan sebagai implementasi UU Omnibus law (UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang ditetapkan pemerintah pusat beberapa waktu lalu.

UU itu menyebutkan, dasar hukum pemanfaatan dan penataan ruang yang sudah terbentuk daratan bisa menggunakan peraturan kepala daerah sehingga tidak perlu lagi memakai perda yang merupakan produk eksekutif dan legislatif.

"Jadi kalau dikatakan Anies bermasalah, dimananya? Justru dia bertindak atas legalitas. Nah pengaturan dalam RDTR yang diteken Anies itu, kepada wilayah reklamasi yang sudah terlanjur berbentuk daratan," kata Syarif.