Stadion Kanjuruhan Akan Diruntuhkan

Jokowi: Stadion Kanjuruhan Malang Bakal Diruntuhkan

Liputan6.com 2022-10-18 14:48:12
Presiden Jokowi usai melakukan pertemuan dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (18/10/2022). (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Presiden Jokowi mengatakan bahwa Stadion Kanjuruhan Malang akan diruntuhkan dan dibangun lagi sesuai dengan standar FIFA.

Hal ini disampaikan Jokowi usai melakukan pertemuan dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (18/10/2022).

"Tadi saya juga menyampaikan dan FIFA mengapresiasi untuk Stadion Kanjuruhan di Malang, juga akan kita runtuhkan, dan kita bangun lagi sesuai dengan standar FIFA," kata Jokowi kepada wartawan, Selasa.

Menurut dia, Stadion Kanjuruhan akan dibangun kembali dengan fasilitas yang baik. Selain itu, kata dia, stadion baru nantinya harus menjamin keselamatan penonton, pemain, hingga suporter.

"Sebagai contoh standar stadion dengan fasilitas-fasilitas yang baik, menjamin keselamatan penonton dan pemain dan juga untuk suporter," ujarnya.

Adapun anggaran untuk pembangunan ulang Stadion Kanjuruhan alan ditangani langsung oleh pemerintah pusat.


Andalkan Investasi Asing

Sementara itu, Jokowi menyebut FIFA juga berencana untuk berinvestasi terkait pembangunan stadion hingga keselamatan suporter.

Namun, belum diketahui bentuk investasi yang akan diberikan FIFA. Jokowi menuturkan pemerintah akan membahas hal tersebut lebih lanjut dengan FIFA.

"Yang stadion tadi khusus yang Kanjuruhan Malang, akan kita tangani dari pemerintah pusat," ujar dia.

"Yang untuk yang lain-lain investasi apa nanti secara detail akan kita bicarakan lagi, mungkin di Qatar, mungkin di Bali, atau di Qatar karena saya diundang secara khusus," jelas Jokowi.

Bergetar, Bharada E Minta Maaf

Menangis dan Minta Maaf ke Keluarga Yosua, Suara Bharada E Bergetar

Liputan6.com 2022-10-18 12:05:07
Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E (kiri) bersiap menjalani sidang perdana terkait kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir Yosua Hutabarat alias Brigadir J di Pengadilan

Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E menyampaikan permohonan maafnya atas peristiwa penembakan terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J di rumah dinas mantan Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo.

Bharada E yang memegang surat permohonan maaf itu menangis dan meminta maaf. Suara dia terdengar parau. Tangannya bergetar memegang kertas tersebut sambil tertunduk.

"Mohon izin sekali lagi saya menyampaikan turut berbelangsungkawa yang sedalam-dalamnya untuk kejadiannya yang telah menimpa almarhum Bang Yos (Yosua)," ujar dia usai pembacaan surat dakwan di PN Jaksel, Selasa (18/10/2022).

Bharada E berharap jenazah almarhum Yosua diterima. Dia juga berharap keluarga memaafkan perbuatannya.

"Dan untuk keluarga almarhum Bang Yos, Bapak, Ibu, Reza, serta seluruh keluarga besar Bang Yos, saya memohon maaf. Semoga permohonan maaf saya ini dapat diterima oleh pihak keluarga, Tuhan Yesus selalu memberikan kekuatan, serta penghiburan untuk keluarga almarhum Bang Yos," kata dia.

Dia mengaku menyesal mengikuti perintah Ferdy Sambo untuk mengeksekusi Brigadir J.

"Saya sangat menyesali perbuatan saya, namun saya ingin menyatakan bahwa saya hanyalah seorang anggota yang tidak memiliki kemampuan untuk menolak perintah dari seorang jenderal. Terima kasih," kata dia.


Dakwaan Dinilai Cermat

Tim kuasa hukum Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E menganggap dakwaan tim jaksa penuntut umum terhadap kliennya sudah jelas dan cermat.

Awalnya, Bharada E yang baru saja mendengarkan dakwaan terhadap dirinya diberikan kesempatan memberikan tanggapan oleh Majelis Hakim PN Jaksel. Bharada E pun menyerahkan sepenuhnya kepada tim penasihat hukumnya.

"Untuk eksepsi saya serahakan ke penasihat hukum," ujar Bharada E di PN Jaksel, Selasa (18/10/2022).


Tidak Eksepsi

Kemudian Ronny Talapessy, selaku tim penasihat hukum menyebut dakwaan sudah cermat. Sehingga mereka menyatakan tidak eksepsi.

"Terkait dakwaan yang disampaikan ada beberapa catatan dari kami, tapi kami di sini melihat dakwaan sudah cermat dan tepat, nanti kami akan samapaikan ke pembuktian," kata Ronny.

"Kami putuskan untuk tidak eksepsi," kata dia menambahkan.

Pemberi Perintah Tembakan Gas Air Mata

Laporan TGIPF Kanjuruhan: Penembakan Gas Air Mata Perintah Danki Brimob dan Kasat Shabara

Liputan6.com 2022-10-18 15:49:00
Aparat keamanan melepas tembakan gas air mata untuk menghalau massa dalam kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang pada Sabtu, 1 Oktober 2022 (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Hasil laporan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta atau TGIPFKanjuruhan mengungkap, penembakan gas air mata di Stadion Kanjuruhan merupakan perintah Komandan Kompi (Danki) Brimob dan Kepala Satuan Shabara. Hal itu dituangkan TGIPF dalam laporannya.

Temuan itu diperoleh TGIPF Kanjuruhan saat menginvestigasi jajaran Polres Malang. Hasilnya, Kapolres Malang, Wakapolres Malang, dan Kabag Ops tidak pernah memerintahkan personel untuk menembakan gas air mata.

"Berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan oleh jajaran Polres Malang diperoleh penjelasan bahwa terdapat perintah dari Danki dan Kasat Sabhara yang memberikan perintah serta terdapat diskresi anggota untuk memecah suporter," isi laporan tersebut seperti dikutip Liputan6.com, Selasa (18/10/2022).

Hal itu diperkuat oleh fakta unsur pengamanan yang membawa gas air mata adalah Samapta dan Brimob. Khusus Brimob, terdapat 3 gas gun yang dibawa oleh 3 kompi personel.

Padahal, dalam rapat koordinasi pada 15 September 2022 yang diselenggarakan oleh Kabag Ops Polres Malang, Kasat Intelkam Polres Malang, Satlantas Polres Malang, Pasiops Yon B, dan Wadanyon Zipur 5 Kepanjen, disampaikan tidak ada penggunaan gas air mata dalam pengamanan nantinya.

Hasil investigasi TGIPF juga mengungkap, jajaran Polres Malang tidak tahu adanya aturan FIFA terkait larangan menggunakan gas air mata untuk mengatasi kericuhan suporter sepak bola.

"Jajaran Polres Malang mengatakan tidak mengetahui adanya aturan FIFA terkait pelarangan membawa/menggunakan gas airmata."

Hal yang sama juga diungkap jajaran Polda Jawa Timur. Kepada TGIPF, mereka menyatakan tidak pernah mendapat sosialisasi dari PSSI terkait regulasi FIFA.

"Jajaran Polda Jatim menyatakan bahwa PSSI tidak pernah mengadakan sosialisasi terkait regulasi FIFA, khususnya yang berkaitan dengan larangan penggunaan gas air mata, sehingga banyak anggota Polisi yang tidak tahu terkait regulasi FIFA dan bertindak berdasarkan diskresi Kepolisian," tulis laporan soal tragedi Kanjuruhan itu.


Ditemukan 6 Jenis Senjata Gas Air Mata

TGIP menemukan ada enam jenis senjata gas air mata yang dibawa oleh personel Polda Jatim. Keenam senjata itu, yakni:

1. Flash Ball Verney Carbon Super Pro Kaliber 44 mm dengan amunisi gas air mata MU53-AR A1.

2. Anti Riot Infinity Caliber 37/38 mm dengan amunisi gas air mata CS Smoke dan CS Powder.

3. Laras Licin Popor Kayu Kaliber 38 mm dengan amunisi gas air mata MU24-AR CS Powder.

4. Shoebil Kaliber 38 mm dengan amunisi gas air mata MU24-ARCS Powder.

5. Flashball Maxi Kaliber 44 mm dengan amunisi gas air mata MU53-AR.

6. Anti Riot AGL NARM Kaliber 38 mm dengan amunisi gas air mata Verney Ammo.

"Semua gas gun ditembakkan oleh Brimob dan Sabhara (dalmas) pada saat pertandingan Arema FC vs Persebaya. Namun yang ditemukan paling banyak ditembakan adalah gas gun tipe Anti RiotInfinity Caliber 37/38 mm," sebut laporan itu.

Jarak tembak gas gun itu berkisar 20-50 meter.

Akui Menembak tapi Diperintah

Kuasa Hukum Sebut Bharada E Akui Tembak Brigadir J, tapi Atas Perintah Ferdy Sambo

Liputan6.com 2022-10-18 13:52:41
Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E saat menjalai sidang perdananya pada Selasa (18/10/2022) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel). (Liputan6.com/Benedikta Ave Marteva

Ronny Talapessy, tim kuasa hukum Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E menyebut kliennya mengakui telah menembak Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Namun berdasarkan perintah dari Ferdy Sambo selaku atasan Bharada E di Kepolisian.

Atas pengakuan itu, menurut tim penasihat hukum Bharada E tak mengajukan ekspesi atau nota keberatan usai mendengarkan surat dakwaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Selasa (18/10/2022).

"Kami menyampaikan, kami tidak melayangkan nota keberatan atau eksepsi. Karena apa? Perbuatan yang dilakukan oleh klien kami, betul kami tidak mengelak melakukan penembakan, tapi dasarnya apa? Berdasarkan perintah," ujar Ronny.

Apalagi, menurut Ronny, usai pembacaan dakwaan tadi kliennya kembali menyampaikan permohonan maaf atas terbunuhnya Brigadir J. Bharada E memohon maaf kepada pihak keluarga Brigadir J.

"Tadi juga lihat saudara Richard, adik kita ini dengan tulus menyampaikan permohonan maaf kepada keluarga korban, semoga dengan permohonan maaf ke keluarga korban ini juga bisa membuat adik kita lebih tenang, ya, Richard Eliezer ya, dan juga untuk keluarga korban kami sangat-sangat berbela sungkawa," kata dia.

Tim kuasa hukum Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E menganggap dakwaan tim jaksa penuntut umum terhadap kliennya sudah jelas dan cermat.


Dakwaan Sudah Cermat

Awalnya, Bharada E yang baru saja mendengarkan dakwaan terhadap dirinya diberikan kesempatan memberikan tanggapan oleh Majelis Hakim PN Jaksel. Bharada E pun menyerahkan sepenuhnya kepada tim penasihat hukumnya.

"Untuk eksepsi saya serahkan ke penasihat hukum," ujar Bharada E di PN Jaksel, Selasa (18/10/2022).

Kemudian Ronny Talapessy, selaku tim penasihat hukum menyebut dakwaan sudah cermat. Sehingga mereka menyatakan tidak eksepsi.

"Terkait dakwaan yang disampaikan ada beberapa catatan dari kami, tapi kami di sini melihat dakwaan sudah cermat dan tepat, nanti kami akan samapaikan ke pembuktian," kata Ronny.

"Kami putuskan untuk tidak eksepsi," kata dia menambahkan.

Sifat Asli Sambo, Sang Mantan Jenderal

Tetangga Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga Bongkar Sifat Asli Sang Mantan Jenderal

Liputan6.com 2022-10-17 12:24:02
Tersangka kasus pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat Ferdy Sambo saat tiba di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (17/10/2022). Kedatangan Ferdy Sambo untuk m

Salah satu tetangga Ferdy Sambo yang tidak mau disebut namanya di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan bercerita tentang bagaimana sikap sang mantan Kadiv Propam Polri itu.

Dia mengatakan, sikap Ferdy Sambo saat di rumah terlihat arogan karena merasa punya jabatan dan segala sesuatu. Dirinya sudah sampai di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) pukul 06.30 WIB untuk mengikuti sidang perdana Ferdy Sambo Cs.

"Arogan, karena punya jabatan atau segala sesuatunya," ujar tetangga Ferdy Sambo saat diwawancarai wartawan di Ruang Sidang Oemar Seno Adji PN Jaksel kepada Liputan6.com, Senin (15/10/2022).

Sebelumnya, tetangga Ferdy Sambo itu menyebut, alasan datang langsung ke sidang perdana karena dirinya ingin melihat ekspresi dan gerak tubuh Ferdy Sambo. Karena menurutnya, selama ini jika dilihat di Kompleks sangat berbeda.

" Pengen tahu ekspresi Sambo, gerak tubuh yang selama ini kalo dilihat di kompleks sama tetangga beda banget," ucap dia.

Tetangga Ferdy Sambo itu juga mengatakan bahwa Putri Candrawathi jarang terlihat karena jarang keluar rumah.

"Kalo Putri jarang keluar, gatau ya kalo di Saguling gimana," ujar tetangga Ferdy Sambo.

Diketahui juga bahwa anak-anak Ferdy Sambo juga tidak pernah bergaul dengan warga di Kompleks Polri Duren Tiga.

"Anak gak pernah bergaul di kompleks", tutupnya.

Sebelumnya, Ferdy Sambo tiba di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan untuk mengikuti sidang perdana kasus pembunuhan berencana dan obstruction of justice atas kematian Nopriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Pantauan Liputan6.com, mantan Kadiv Propam Polri itu tiba di PN Jaksel pukul 09.11 WIB, Senin (17/10/2022).


Dikawal Ketat

Ferdy Sambo datang dengan kawalan ketat. Berbeda dengan terdakwa yang lain, Sambo datang menggunakan kendaraan teknis.

Dia mengenakan kemeja batik yang dibalut rompi tahanan warna merah. Sementara terdakwa lainnya, seragam mengenakan kemeja putih.

Sidang Ferdy Sambo akan dimulai pukul 10.00 WIB, Senin (17/10/2022).

Sebelumnya, Putri sampai di PN Jaksel sekitar pukul 08.00 WIB dengan pengawalan ketat dari pengaman dalam (pamdal).

Tak ada perkataan yang keluar dari Istri Ferdy Sambo tersebut, dia hanya berjalan ke ruang tunggu untuk nantinya akan hadir secara langsung di ruang persidangan ketika proses tahapan pembacaan dakwaan oleh jaksa penuntut umum (JPU) telah dimulai.

Setelah Putri, datang pula dua terdakwa lainnya, Bripka Ricky Rizal Wibowo dan Kuat Ma'ruf. Mereka tiba di PN Jaksel pukul 08.30 WIB.

Keduanya datang dengan kawalan ketat sejumlah polisi menggunakan mobil tahanan. Mereka datang dengan borgol di tangannya.

Ricky dan Kuat Ma'ruf mengenakan kemeja putih dengan balutan rompi tahanan berwarna merah (sebelumnya disebut oranye).


Ferdy Sambo Sibuk Catat dan Tandai Pembacaan Surat Dakwaan Jaksa

Terdakwa Ferdy Sambo menjalani sidang perdananya dalam kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap kasus kematian Brigadir Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Pantauan langsung dari ruang sidang utama Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (17/10/2022), Sambo hadir langsung dengan menggunakan masker hitam dan batik.

Agenda sidang pertama diketahui adalah pembacaan dakwaan. Sambo pun juga langsung membuka salinan yang sama. Terlihat Sambo dengan serius mendengar dan membaca salinan tersebut, sambil sesekali memberi catatan dan menggaris bawahi setiap kalimat yang dibacakan.

Selain menyidangkan Sambo, nantinya majelis hakim juga akan menyidangkan Bripka Ricky Rizal, Putri Candrawathi, dan Kuat Ma'ruf. Sedangkan untuk Bharada Eliezer dilakukan sehari setelahnya yakni Selasa (18/10/2022).

Sementara untuk perkara Obstruction of Justice kepada keenam tersangka Brigjen Hendra Kurniawan, Kombes Agus Nurpatria, AKBP Arif Rahman, Kompol Baiquni Wibowo, Kompol Chuck Putranto, dan AKP Irfan Widyanto akan dilakukan Rabu (19/10/2022).

Adapun dijadwalkan jika nantinya ke-11 terdakwa akan hadir langsung dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.


Sebut Sehat

Ferdy Sambo menyatakan siap menjalani persidangan ketika ditanyakan Ketua majelis hakim, Wahyu Iman Santosa seraya membuka persidangan.

"Saudara terdakwa sehat," tanya Wahyu.

"Sehat yang mulia," jawab jenderal bintang dua yang telah resmi dipecat tersebut.

Setelah proses pengecekan surat berkas administrasi, dimana Ferdy Sambo turut didampingi kuasa hukumnya Arman Hanis, lalu ada pula Rasamala Aritonang.

Sedangkan setelah proses pemeriksaan berkas selesai, hakim mempersilahkan untuk jaksa penuntut umum (JPU) membacakan dakwaan atas terdakwa Ferdy Sambo.

Kepergok Wartawan, Lari Terbirit-birit

Rizky Billar Lari Terbirit-birit Saat Kepergok Wartawan Jalani Wajib Lapor Kasus KDRT Lesti Kejora

Liputan6.com 2022-10-18 09:41:36
Rizky Billar dibebaskan (KapanLagi.com/Sahal Fadhli)

Rizky Billar diminta melakukan wajib lapor usai proses penahanannya terkait kasus KDRT Lesti Kejora ditangguhkan polisi.

Jadwal wajib lapor yang harus dilakukan Rizky Billar yakni setiap Senin dan Kamis. Sementara itu, bapak satu anak tersebut terlihat mendatangi Polres Metro Jakarta Selatan pada Senin, 17 Oktober 2022, sekira pukul 18.00 WIB.

Mengenakan kaus berwarna biru serta celana abu-abu, Rizky Billar yang datang dengan memakai topi dan masker berjalan memasuki ruangan untuk melakukan wajib lapor.

Semula, kedatangan Rizky Billar tak disadari pewarta yang berada di area Polres Metro Jakarta Selatan. Namun setelah mengetahui kedatangan bintang sinetron Jodoh Wasiat Bapak, Rizky Billar langsung diberondong sejumlah pertanyaan.


Lari Terbirit-birit

Sadar dirinya didatangi pewarta, Rizky Billar merespon dengan ambil langkah kaki cepat. Ia berlari terbirit-birit menaiki tangga menuju ruangan wajib lapor di lantai dua Polres Metro Jakarta Selatan.

Momen Rizky Billar berlari cepat hingga terbirit-birit saat bertemu pewarta diunggah melalui video di akun gosip Instagram @real.dramahaluu.


Bebas dari Tahanan

Seperti diketahui, Rizky Billar bebas dari tahanan. Ia akhirnya dikeluarkan dari tahanan usai Lesti Kejora mengajukan penangguhan penahanan dan mencabut laporannya kepada polisi terkait kasus KDRT.

Proses dilepasnya Rizky Billar dari tahahan terjadi di Polres Metro Jakarta Selatan, 14 Oktober 2022, malam. Saat itu, suami Lesty Kejora ini ditemani kuasa hukumnya, Hotma Sitompul dan Philipus Sitepu.


Sangat Mencintai Lesti Kejora

Menggunakan kemeja berwarna putih, Rizky Billar menyampaikan sejumlah penyataan usai dinyatakan bebas dari tahanan karena melakukan KDRT terhadap pedangdut asal Cianjur itu.

"Saya sangat mencintai istri saya, saya ingin selalu jadi pelindung bagi keluarga saya," kata Rizky Billar dengan ekspresi wajah penuh rasa bersalah.

Karya Terakhir Sebelum Wajib Militer

Jelang Ikut Wajib Militer, Jin BTS Siap Rilis Karya Solonya Akhir Oktober 2022

Liputan6.com 2022-10-18 14:09:05
Jin BTS (Foto: Twitter/bts_bighit)

Anggota grup vokal asal Korea Selatan BTS berencana untuk wajib militer atau wamil mereka mulai tahun ini dan baru akan kembali bersama pada 2025 mendatang. Anggota tertua yaitu Jin BTS, akan memulai proses pendaftaran wamil segera setelah akhir Oktober.

Melansir dari laman Allkpop, Senin, 17 Oktober 2022, BigHit Entertainment mengatakan dalam pernyataan melalui Weverse bahwa anggota lain akan mengikuti wamil berdasarkan rencana individu mereka dan bahwa waktunya tidak pasti. Selain itu, belum ada tanggal persis kapan Jin akan memulai hari pertama dinas militer.

Pihak BigHit juga menyatakan keputusan itu dibuat setelah melakukan pertimbangan bersama para anggota. "Member lainnya juga akan wajib militer secara berurutan sesuai dengan rencana mereka," tulis pernyataan BigHit seperti yang dirilis oleh Osen via Naver, Senin, 17 Oktober 2022.

Saat ini, personel BTS tengah berfokus pada proyek individu. Agensi mendorong para artisnya untuk mengeksplorasi minat mereka masing-masing.

Sebagai anggota pertama yang akan mengikuti wamil, Jin sudah melakukan berbagai pesiapaan, salah satunya adalah mempersiapkan perilisan karya solo perdana. Hal ini diumumkan saat BTS menggelar konser di Busan Asiad Main Stadium, Sabtu, 15 Oktober 2022.

Jin adakah personel kedua BTS yang merilis karyanya secara solo setelah J-Hope. "Saya ingin memberi tahu kalian sesuatu. Saya menjadi anggota kedua BTS setelah J-Hope yang merilis album sendiri," ucap Jin dalam konser tersebut.


Gandeng Coldplay?

Pemilik nama asli Kim Seok-jin itu akan berkolaborasi dengan musisi yang sangat diidolakan pada single yang dia buat. "Ini bukan album besar atau apa, itu hanya single," kata Jin, dilansir Variety, Senin, 17 Oktober 2022.

Kolaborasi ini akan menjadi rilis tunggal pertamanya sejak BTS mengumumkan bahwa tujuh anggotanya, RM, Jin, Suga, J-hope, Jimin, V, dan Jungkook, lebih aktif dalam kegiatan individu pada awal Juni lalu. Beredar kabar bahwa Jin akan berkolaborasi dengan band asal Inggris, Coldplay.

Menanggapi laporan tersebut, agensi BigHit Music menjelaskan bahwa belum ada rincian lebih detail mengenai single solo Jin. "Kami akan mengumumkan detail yang lebih spesifik, termasuk kolaborasi. Harap dipahami," ungkap agensi. Beberapa waktu lalu, Jin sempat terbang ke Amerika Serikat, tanpa enam member BTS lainnya.

Ketika itu ARMY menduga kepergian itu berkaitan dengan proyek solo Jin. Diketahui bahwa sebelumnya Coldplay dan BTS berkolaborasi dengan lagu bertajuk "My Universe". Jin BTS bahkan mendapat hadiah istimewa dari Chris Martin, yakni gitar kesayangan vokalis Coldplay tersebut.


Reaksi Army

Sementara itu, para Army mendukung dan memuji Jiin BTS. Hal itu terjadi karena terungkap bahwa ia telah membatalkan permintaan untuk menunda wajib militernya dan akan mengikuti protokol pemerintah setelah perilisan singlenya mendatang.

Penggemar dan publik sangat tidak sabar menunggu lagu jenis apa dan bagaimana suara emas Jin BTS akan bersatu dengan lagu yang akan dia bawakan nantinya. Masih belum diketahui siapa member siapa lagi setelah Jin BTS yang akan merlis album solo. Namun single album solo Jin BTS sangat dinantikan.

Di sisi lain, keputusan BTS untuk segera mengikuti wamil bisa dibilang mengejutkan penggemar mereka. Para ARMY banyak yang memberikan komentar mereka melalui media sosial.

Hal ini terjadi setelah keputusan wamil baru beberapa menit diumumkan dan langsung menjadi trending. Melalui media sosial Twitter, Army memberikan komentar mereka melalui tagar #WeLoveYouJin. Banyak penggemar yang merasa sedih karena harus berpisah dengan idola mereka dalam waktu yang cukup lama.


Comeback 2025

Namun, tidak sedikit juga yang merasa senang dan bangga karena di tengah kesibukan dan prestasi yang diberikan oleh BTS, setiap anggota dapat melaksanakan kewajiban mereka sebagai warga negara yang baik. Penggemar akan terus mendukung dan mereka berjanji menunggu member BTS berkumpul kembali pada 2025.

Sebelumnya BTS telah mengumumkan bahwa mereka akan memulai chapter baru dengan aktvitas dan solo karier masing-masing member. Diumumkan pada tanggal ulang tahun ke-9 mereka pada 13 Juni 2022, bahwa ketujuh dari mereka akan mulai membangun karier solo mereka di samping kegiatan mereka sebagai sebuah grup.

Para anggota grup juga memberikan informasi terbaru kepada para penggemar tentang apa yang dapat mereka harapkan untuk karier mereka di 'chapter kedua' grup ini. Berita menarik ini dengan cepat diikuti oleh perilisan album solo pertama J-Hope yang berjudul 'Jack In The Box,'.

Album itu memiliki total 10 lagu, termasuk lagu 'MORE' yang memecahkan rekor, di mana idola ini menunjukkan sisi yang benar-benar baru untuk dirinya sendiri. Para penggemar atau yang biasa disebut dengan Army sangat menantikan gaya dan keunikan tiap-tiap member dalam membawakan album solo mereka nantinya.

Eks Pacar dan Istri Bieber Bikin Gemas

Potret Akur Selena Gomez dan Hailey Baldwin Istri Justin Bieber Bikin Netizen Gemas

Liputan6.com 2022-10-17 18:00:00
Selena Gomez dan Hailey Baldwin saat bertemu pada Oktober 2022, terlihat sangat akur. (Foto: Instagram/tyrellhampton)

Selena Gomez dan Hailey Baldwin, istri Justin Bieber yang kini dikenal dengan Hailey Bieber, akhirnya bertatap muka setelah keduanya dilanda gosip berselisih. Seperti diketahui sebelumnya, Selena Gomez merupakan salah satu mantan kekasih Bieber yang sempat menjadi sorotan.

Setelah Justin Bieber menjalin hubungan dengan Hailey Baldwin hingga akhirnya menikah, sejumlah penggemar yang kurang sreg dengan kemesraan mereka pun melempar rumor bahwa Hailey telah merebut Justin Bieber dari pelukan Selena Gomez.

Nyatanya, pada saat bertemu di gala Academy Museum of Motion Pictures di Los Angeles, Amerika Serikat, Selena Gomez justru merasa nyaman saat berada di dekat Hailey Baldwin. Begitu juga sebaliknya. Bahkan, Selena melemparkan senyum semringah tanda ia dan istri Justin Bieber tak pernah ada masalah.

Potret keakraban Selena dan Hailey tersebut diperlihatkan oleh fotografer yang juga sahabat mereka, Tyrell Hampton. Kedua artis penuh pesona itu pun sadar sedang diabadikan. Alhasil, pose-pose penuh kehangatan dan keramahan pun dijepret lalu diabadikan melalui media sosial Tyrell Hampton.


Sempat Berpelukan

Selain memamerkan pose kedua wanita tersebut sedang berangkulan, Tyrell juga mengunggah momen ketika Selena Gomez dan Hailey Bieber sedang berdiri lalu saling berpelukan erat.

Bahkan, dalam potret yang menjadi viral, tampak pipi kanan Selena Gomez menempel ke pipi sebelah kiri Hailey Bieber. Lengan Selena Gomez tampak erat merangkul pinggang Hailey.

Tak ada raut wajah yang menandakan permusuhan di antara mereka berdua. Selena Gomez dan Hailey juga seolah ingin menegaskan bahwa tidak ada drama yang terjadi pada mereka.


Reaksi Netizen

Setelah potret-potret tersebut beredar di media sosial, sejumlah netizen langsung meluapkan berbagai macam reaksi. Mulai dari yang bernada gemas terhadap gosip miring yang menerpa idolanya, hingga komentar bernada menggelitik.

Bisakah kalian akhirnya meninggalkan Selena dan Hailey dengan damai. Keduanya cantik malam itu dan semua orang akhirnya harus berhenti mendorong mereka satu sama lain. Ini menjengkelkan. Biarkan para wanita ini hidup dalam damai dan menjadi cantik," tulis pemilik akun Twitter @jus*** yang gemas dengan drama warganet.

"Mohon maaf, tetapi jika kamu tidak dapat memberi tahu Selena Gomez dan Hailey Bieber benar-benar tidak memiliki masalah satu sama lain dan kamu sebagai penggemar adalah masalahnya, maka aku tidak tahu harus berkata apa kepada kalian. Tolong akhiri dramanya," tulis @Mel*** yang tak kalah merasa gemas dengan drama fans.

"Gambar selena gomez dan hailey bieber ini dibuat untuk buku sejarah," tulis warganet lain berkelakar secara menggelitik.


Reaksi Justin Bieber dari Seorang Sumber

Momen keakraban itu terjadi dua pekan setelah Hailey menolak dianggap sebagai pihak ketiga dalam hubungan Justin Bieber dan Selena Gomez.

Justin Bieber tidak hadir dalam gala tersebut. Namun, ada sumber yang mengatakan bahwa Bieber sangat senang dengan fakta bahwa mereka bertiga dapat melanjutkan hidup tanpa lagi diterpa gosip miring yang menimbulkan salah paham.


Sanggahan Hailey Rebut Justin Bieber

Hailey juga pernah menjelaskan betapa rumitnya hubungan antara dirinya, Justin, dan Selena, yang kerap dibandingkan selama bertahun-tahun oleh para penggemar. Ia mengungkapkannya dalam podcast Call Her Daddy pada bulan lalu.

Hailey menyatakan bahwa ia dan Bieber baru berhubungan setelah pelantun lagu "Baby" itu putus dari Selena pada awal 2018. Justin dan Hailey pernah berhubungan pada 2016, tetapi baru resmi berkencan pada pertengahan 2018. Mereka bertunangan pada Juli 2018, dua bulan setelah Justin putus dari Selena, dan menikah dua bulan kemudian.

"Ketika dia dan aku mulai berkencan, atau apapun itu, dia tidak sedang menjalin hubungan apapun. Itu bukan karakterku untuk merusak hubungan orang lain. Aku dibesarkan lebih baik dari itu," ucap Hailey.

"Aku paham bagaimana itu terlihat dari luar, tapi situasi yang kutahu adalah fakta bahwa hal benar (untuk Justin dan Selena) menutup pintu itu. Tapi tentu saja, mereka punya sejarah panjang bersama dan aku hargai itu," ucapnya menyambung.

"Aku tak ingin berbicara atas nama salah satu dari mereka," Hailey menambahkan.

Jaehyun NCT Terpukau Zendaya

Profil Zendaya, Artis Hollywood yang Membuat Jaehyun NCT Terpukau

Liputan6.com 2022-10-18 12:44:47
Zendaya berpose usai meraih penghargaan aktris utama terbaik dalam serial drama 'Euphoria' pada ajang Emmy Awards 2022 di Microsoft Theater, Los Angeles, Amerika Serikat, 12 September 2022. S

Nama artis Hollywood, Zendaya saat ini ramai dibicarakan di Twitter oleh para warganet. Hal itu lantaran para Kpopers khususnya penggemar dari idol grup NCT yang gemas melihat salah satu personelnya mengidolakan artis tersebut.

Pada Senin (17/10/2022) lalu ternyata sub-unit dari NCT yaitu NCT 127 sedang diwawancarai mengenai album terbaru mereka oleh Billboard. Video wawancara tersebut diunggah di kanal YouTube resminya dengan durasi 5 menit 10 detik.

Tidak hanya membahas mengenai album terbaru mereka, para personel NCT 127 pun diajak bermain permainan ketika diberi pertanyaan harus menjawab secara langsung apa pun yang ada di pikirannya.

Dari kedua pertanyaan menyinggung artis lain, saat itulah Jaehyun salah satu personel NCT 127 menjawab Zendaya.

"Siapa artis yang paling membuat kamu kagum?"tanya Tetris.

"Zendaya," jawab Jaehyun dengan penuh senyum malu-malu.

Adapun ketika pertanyaan kedua mengenai siapa artis yang paling ingin diajak kerja sama oleh mereka, Jaehyun pun dengan sigap menjawab Zendaya. Bahkan, salah satu personel lain yaitu Mark juga turut gemas mendengarnya.

Zendaya sendiri merupakan artis yang sudah memerankan banyak sekali film terkenal salah satunya film superhero terkenal Spider-Man. Bahkan, sang artis juga merupakan kekasih dari pemeran utama Spider-Man yaitu Tom Holland.


Profil Zendaya

Lantas siapakah Zendaya yang membuat Jaehyun NCT 127 terpesona?

Zendaya merupakan wanita kelahiran 1 September 1996 di Oakland California, Amerika Serikat. Ia mempunyai nama lengkap Zendaya Maree Stoermer Coleman. Tidak hanya berkarier sebagai artis, dia juga berbakat menjadi penyanyi, penari, hingga model.

Bakat Zendaya dalam akting ternyata turut terasah karena lingkungannya yang tumbuh di sekitar California Shakespeare Theater di Orinda yaitu tempat ibunya bekerja sebagai manajer rumah di samping pelatihan di Program Konservatorium Mahasiswa Teater.

Tidak hanya membantu ibunya dalam pelanggan kursi, ia juga turut membantu menjual tiket undian untuk manfaat teater. Zendaya pun juga bersekolah di Oakland School for the Arts.

Zendaya sendiri telah memulai kariernya sejak remaja. Saat itu pada akhir 2009, ia mengikuti audisi untuk serial Disney Channel dan akhirnya dikenal sebagai Rocky Blue dalam acara Shake It Up.

Ia juga merilis beberapa single seperti "Watch Me" pada 2011 dan duet bersama rekannya Bella Thorne. Zendaya juga merilis single promosinya di tahun yang sama berjudul "Swag It Out".

Kariernya yang sangat cemerlang memperlihatkan banyak sekali penghargaan yang ia terima. Ada sekitar 32 penghargaan hingga 82 kali dirinya masuk ke dalam nominasi suatu ajang penghargaan bergengsi.


Daftar Penghargaan

Berikut daftar penghargaan yang pernah didapatkan oleh Zendaya dalam karirnya di industri entertainment:

1. Critics Choice Movie Awards

Memenangkan Kategori "#SeeHer Awards" (2021)

2. Primetime Emmy Awards

Memenangkan Kategori "Outstanding Lead Actress in a Drama Series" dalam serial Euphoria (2020)

Memenangkan kategori "Outstanding Lead Actress in a Drama Series" dalam serial Euphoria (2022)

3. BET Awards

Memenangkan Kategori "Best Actress" dalam serial Euphoria dan film Spider-Man: No Way Home (2022)

4. Black Reel Awards

Memenangkan Kategori "Outstanding Actress, Drama Series" dalam serial Euphoria (2020)

Memenangkan Kategori "Outstanding Actress, Drama Series" dalam serial Euphoria (2022)

Memenangkan Kategori "Outstanding Original Song" dalam lagu I'm Tired bersama Labrinth dan Sam Levinson (2022)

5. CFDA Fashion Awards

Memenangkan Kategori "Fashion Icon" (2021)

6. Critics Choice Celebration of Black Cinema Awards

Memenangkan Kategori "NextGen Award" bersama John David Washington dalam film Malcolm & Marie (2021)

7. Glamour Awards

Memenangkan Kategori "The Voice for Girls" (2016)

8. MTV Movie & TV Awards

Memenangkan Kategori "Best Performance in a Show" dalam serial Euphoria (2022)

9. Nickelodeon Kids Choice Awards

Memenangkan Kategori "Favorite Female TV Star" dalam serial K.C. Undercover (2016)

Memenangkan Kategori "Favorite Female TV Star" dalam serial K.C. Undercover (2017)

Memenangkan Kategori "Favorite Movie Actress" dalam film Spider-Man: Homecoming dan The Greatest Showman (2018)

Memenangkan Kategori "Favorite Female TV Star" dalam serial K.C. Undercover (2019)

Memenangkan Kategori "Favorite Movie Actress" dalam film Dune dan Spider-Man: No Way Home (2022)

10. People's Choice Awards

Memenangkan Kategori "Favorite Drama TV Star of the Year" dalam serial Euphoria (2019)

Memenangkan Kategori "Favorite Female Movie Star of the Year" dalam film Spider-Man: Far From Home (2019)

Memenangkan Kategori "Favorite Style Star of the Year" (2020)

11. Radio Disney Music Awards

Memenangkan Kategori "Best Style" (2014)

12. Satellite Awards

Memenangkan Kategori "Best Actress in a Drama / Genre Series" dalam serial Euphoria (2020)

13. Saturn Awards

Memenangkan Kategori "Best Supporting Actress" dalam film Spider-Man: Far From Home (2019)

14. Shorty Awards

Memenangkan Kategori "Best Celebrity" (2020)

15. Teen Choice Awards

Memenangkan Kategori "Choice Candie's Style Icon" (2014)

Memenangkan Kategori "Choice Style Female" (2016)

Memenangkan Kategori "Choice Summer Movie Actress" dalam film Spider-Man: Homecoming (2017)

Memenangkan Kategori "Choice Movie Actress Drama" dalam film The Greatest Showman (2018)

Memenangkan Kategori "Choice Movie Ship" bersama Zac Efron dalam film The Greatest Showman (2018)

Memenangkan Kategori "Choice Collaboration" bersama Zac Efron dalam lagu Rewrite the Stars (2018)

Memenangkan Kategori "Choice Summer Movie Actress" dalam film Spider-Man: Far From Home (2019)

16. Film Festival Santa Barbara International

Memenangkan Kategori "Virtuosos Award" dalam film Malcolm & Marie (2021)

Yang Terlupakan di Dakwaan Ferdy Sambo Cs