Kala Api Membakar Kubah Masjid Islamic Center

Detik-Detik Kubah Masjid Raya Jakarta Islamic Center Runtuh Karena Kebakaran

Liputan6.com 2022-10-19 17:17:40
Masjid Islamic Center Jakarta Utara Kebakaran. Dok: Istimewa

Masjid Raya Jakarta Islamic Center (JIC) di Kecamatan Koja, Jakarta Utara kebakaran. Kebakaran itu menyebabkan kubah masjid ambruk. Detik-detik bagaimana kubah tersebut runtuh pun terekam bidikan kamera warga di media sosial.

Berdasarkan rekaman yang beredar, tampak kubah masjid yang tengah dilalap api runtuh seketika. Warga yang menyaksikan itu pun tampak berteriak histeris.

"Allahu Akbar..Itu kubahnya ambruk," ucap salah seorang warga, Rabu (19/10/2022).

Hingga kini, petugas masih berupaya melakukan pemadaman. Kasudin Gulkarmat Jakarta Utara, Rahmat Kristanto mengatakan, proses pemadaman masih berlangsung sampai dengan pukul 16.20 Wib.

Petugas masih mencoba memadamkan api yang membakar bagian atap kubah masjid.

"Dari kubah merambat ke atap bangunan," katanya.

Menurut laporan dilapangan api disebut muncul sekitar pukul 15.22 WIB untuk saat ini telah ada delapan unit yang dikerahkan untuk memadamkan api.

Ada Apa dengan Peristiwa di Magelang?

Penjelasan Kejagung Soal Peristiwa di Magelang yang Tidak Disebutkan Secara Rinci

Liputan6.com 2022-10-19 14:35:56
Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung (Kapuspenkum Kejagung), Ketut Sumedana, dan bersama dengan Dirjen Penyidik Kejaksaan Agung (Dirdik), Kuntadi. (Liputan6.com/Ave Martevalenia)

Sidang kasus pembunuhan terhadap Brigadir J serta kasus Obstruction of Justice (OOJ) telah digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sejak Senin (17/10) kemarin. Namun dalam dakwaan yang dibacakan oleh pihak Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk peristiwa di Magelang tidak dimasukan dalam dakwaan tersebut.

Adapun peristiwa yang terjadi Magelang tersebut merupakan awal mula kejadian pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

"Kita ada menyinggung peristiwa Magelang tapi tidak secara mendetail, karena pasal yg didakwakan adalah fokus ke 340 , 338 kepada para terdakwa," ucap Kapuspenkum Kejagung I Ketut Sumedana saat dikonfirmasi, Rabu (19/10/2022).

Kata Ketut, dalam dakwaan yang sudah dibacakan JPU dirinya menegaskan pihaknya tidak mendakwa terhadap kejadian yang ada di Magelang.

"Kalau ke mana-mana nanti surat dakwaan menjadi bias," imbuh ketut.

Dia juga mengatakan bahwa penyusunan dalam surat dakwaan oleh JPU sudah sesuai berdasarkan dari berkas perkara penyidikan.

"Surat dakwaan yang disusun oleh Penuntut Umum itu sumbernya dari berkas perkara penyidikan. Jadi tidak mungkin kita buat di luar berkas perkara," ujarnya.

Sebelumnya, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan telah menggelar sidang untuk Ferdy Sambo Cs. Sidang pidana umum ini diketahui terkait dengan kematian Brigadir J alias Nofryansyah Yosua Hutabarat.

Dimana untuk Senin 17 Oktober 2022 sidang perdana berlangsung untuk terdakwa Ferdy Sambo, Bripka RR, Putri Candrawathi, dan Kuat Maruf. Sedangkan untuk Bharada E alias Richard Eliezer dilakukan sehari setelahnya yakni Selasa 18 Oktober 2022.

Sementara untuk perkara Obstruction of Justice kepada keenam tersangka Brigjen Hendra Kurniawan, Kombes Agus Nurpatria, AKBP Arif Rahman, Kompol Baiquni Wibowo, Kompol Chuck Putranto, dan AKP Irfan Widyanto dilakukan Rabu (19/10/2022).


11 Terdakwa Hadir Langsung dalam Persidangan

Adapun dijadwalkan jika nantinya ke-11 terdakwa akan hadir langsung dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.

Adapun dalam perkara pembunuhan berencana Ferdy Sambo, Bharada E alias Richard Eliezer, Bripka RR alias Ricky Rizal, dan asisten rumah tangga Kuwat Maruf, serta istri Sambo Putri Candrawathi didakwa melanggar Pasal 340 subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 KUHP juncto Pasal 56 KUHP.

Sementara dalam obstruction of justice, Ferdy Sambo juga didakwa melanggar Pasal 49 juncto Pasal 33 dan/atau Pasal 48 ayat (1) juncto Pasal 32 ayat (1) UU ITE Nomor 19 Tahun 2016 dan/atau Pasal 221 ayat (1) ke 2 dan 233 KUHP juncto Pasal 55 KUHP dan/atau Pasal 56 KUHP.

Bersamaan dengan terdakwa Brigjen Hendra Kurniawan, Kombes Agus Nurpatria, AKBP Arif Rahman, Kompol Baiquni Wibowo, Kompol Chuck Putranto, dan AKP Irfan Widyanto.

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka.com

Reaksi Sambo Saat Tahu Yosua Masih Hidup

Anak Buah Ungkap Fakta CCTV Yosua Masih Hidup, Ferdy Sambo Emosi: Kamu Tidak Percaya Saya!

Liputan6.com 2022-10-19 13:42:25
Tersangka kasus pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat Ferdy Sambo saat tiba di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (17/10/2022). Kedatangan Ferdy Sambo untu

Ferdy Sambo memerintahkan kepada Arif Rachman Arifin memberangus video rekaman CCTV yang memperlihatkan Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J masih hidup pada saat Ferdy Sambo tiba di Komplek Perumahan Polri Duren Tiga Nomor 46 RT 05 RW 01 Kelurahan Duren Tiga Kecamatan Pancoran Kota Jakarta Selatan.

Video itu dinilai mematahkan skenario yang dibuat Ferdy Sambo terkait penyebab tewasnya Brigadir J akibat adu tembak dengan Bharada E.

Hal itu terungkap dalam dakwaan Terdakwa Agus Nurpatria Adi Purnama. Dia menjalani sidang atas kasus obstruction of justice atau perintangan penyidikan kasus pembunuhan Brigadir Yosua Nofriansyah Hutabarat alias Brigadir J di PN Jaksel, Rabu (19/10/2022).

Jaksa mengutarakan, Ferdy Sambo awalnya memerihtahkan kepada Chuck Putranto menduplikat atau menyalin ulang tiga unit DVR CCTV yang telah diambil kembali di Polres Metro Jaksel.

Sementara itu, Chuck Putranto menyuruh Baiquni Wibowo untuk mencopy dan melihat isi DVR CCTV.

Chuck Putranto menyerahkan kunci mobilnya kepada Baiquni Wibowo untuk mengambil DVR CCTV yang di simpan di mobil.

"Setelah keduanya bertemu, Chuck Putranto menyampaikan "Beq tolong copy dan lihat isinya" dan oleh saksi Baiquni Wibowo, S.IK menjawab "ngga apa-apa nih..?" dan di jawab oleh Chuck Putranto "kemarin saya sudah di marahi, saya takut di marahi lagi," kata Jaksa.

Jaksa menyampaikan, dari tiga DVR CCTV tersebut hanya ada satu DVR CCTV yang berisi data atau rekaman yaitu DVR CCTV yang berada di gapura pos satpam yang menghadap rumah No. 46, No.45 dan No 43.

"Baiquni Wibowo mencari data atau rekaman pada tanggal 08 Juli 2022 dari pukul 16.00 sampai dengan pukul 18.00 Wib dan dipindahkan ke media penyimpanan Flashdisk wama merah hitam," ujar Jaksa.


Rekaman Ditonton Bersama

Jaksa menerangkan, Baiquni Wibowo menunjukkan data rekaman yang sudah dicopy tersebut kepada Chuck Putranto, pada Rabu 13 Juli 2022 sekira pukul 02.00 WIB setelah pelaksanaan olah TKP di Komplek Polri Duren Tiga No. 46.

"Baiquni Wibowo menyampaikan kepada Chuck Putranto "nih udah copyannya CCTV" saat itu saksi Chuck melaporkan dahulu kepada saksi Arif Rachman Arifin, S.IK di mana pada saat itu juga berada di TKP dengan mengatakan "bang kemarin bapak perintahkan untuk mengcopy dan melihat isinya, abang mau lihat ngga..?", ujar Jaksa.

Jaksa menerangkan, Chuck Putranto bersama Arif Rachman Arifin, Baiquni Wibowo, dan Ridwan Rhekynellson Soplanit secara bersama-sama menonton rekaman CCTV hasil unduhan.

"Diputar dengan menggunakan laptop milik Baiquni Wibowo," ucap Jaksa.

Jaksa menerangkan, Chuck Putranto, Arif Rachman Arifin, Baiquni Wibowo, dam Ridwan Rhekynellson Soplanit terkejut melihat isi rekaman.

"Mereka berkata: bang ini Joshua masih hidup" lalu saksi Baiquni Wibowo memutar ulang antara menit 17.07 WIB sampai 17.11 WIB dan mereka lihat ternyata benar bahwa Nofriansyah Yosua Hutabarat sedang memakai baju putih dan berjalan dari pintu depan rumah menuju pintu samping melalui taman rumah Dinas saksi Ferdy Sambo," ujar Jaksa.

Jaksa menerangkan, Arif Rachman merasa kronologi kejadian tembak menembak tidak sesuai dengan CCTV tersebut. Arif Rachman Arifin lantas memberitahukan kepada Hendra Kurniawan selaku senior atau atasannya langsung dan juga merupakan bagian Tim Khusus yang menangani peristiwa di Komplek Perumahan Polri Duren Tiga Nomor 46 RT 05 RW 01 Kelurahan Duren Tiga Kecamatan Pancoran Kota Jakarta Selatan.

"Arif Rachman Arifin melaporkan dengan sebenarnya fakta dari rekaman CCTV tersebut di mana keadaan sebenarnya masih terlihat Nofriansyah Yosua Hutabarat sedang berjalan dari pintu samping garasi rumah menuju pintu samping melalui taman rumah setelah Ferdy Sambo sampal di rumah dinasnya," ujar Jaksa.


Arif Rachman Gemetar

Jaksa menyampaikan, Arif Rachman Arifin gemetar. Saat itu, Hendra Kurniawan menenangkannya. Mereka berdua menghadap Ferdy Sambo.

"Ferdy Sambo menanyakan maksud dari kedatangan Hendra Kurniawan S.IK dan Arif Rachman Arifin dan dijawab oleh Hendra Kurniawan hendak melaporkan apa yang sebenarnya yang dilihat oleh saksi Arif Rachman Arifin, dari rekaman CCTV," ujar dia.

Jaksa mengatakan, Ferdy Sambo, tidak percaya.

"Masa sih." Kemudian Hendra Kurniawan meminta kepada Arif Rachman Arifin, untuk menjelaskan Kembali apa isi rekaman CCTV tersebut terkait dengan keberadaan Nofriansyah Yosua Hutabarat masih hidup pada saat Ferdy Sambo datang ke TKP," ujar Jaksa.

Jaksa menerangkan, Ferdy Sambo bersikukuh rekaman keliru. Namun pada saat itu Arif Rachman Arifin mendengar nada bicara Ferdy Sambo atau emosi.

"Masa kamu tidak percaya sama saya." Lalu Ferdy Sambo, menanyakan siapa saja yang sudah menonton rekaman CCTV tersebut dan disimpan dimana file rekaman CCTV tersebut," ucap Jaksa.

Jaksa menyamapaikan, Arif Rachman Arifin menjawab Chuck Putranto, Baiquni Wibowo, Ridwan Rhekynellson Soplanit melihat dan file tersebut tersimpan di flashdisk dan Laptop tersebut miliknya Baiquni Wibowo.

"Ferdy Sambo mengatakan "berarti kalau ada bocor dari kalian berempat. Ferdy Sambo menjelaskan dengan wajah tegang dan marah. Kemudian Ferdy Sambo meminta Arif Rachman Arifin untuk menghapus dan memusnahkan file tersebut dengan kalimat "kamu musnahkan dan hapus semuanya"," ujar Jaksa.

Jaksa menerangkan Ferdy Sambo menginstruksikan kepada Hendra Kurniawan untuk memastikan agar rekaman video sudah terhapus. "NDRA, kamu cek nanti itu adik-adik, pastikan semuanya beres"," ucap jaksa.

Harta Anies Vs Ganjar, Banyak Mana?

Bandingkan Harta Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo yang Siap Maju Capres 2024

Liputan6.com 2022-10-19 14:50:41
Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil berjoget Any Song Challenge

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi salah satu tokoh yang menyatakan siap untuk menjadi kandidat calon presiden (Capres) untuk pemilihan presiden (PIlpres) 2024 mendatang. Anies merupakan capres yang diusung oleh Partai Nasdem.

Selain Anies Baswedan, tokoh lain yang juga menyatakan siap maju menjadi kandidat Capres 2024 yaitu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dia mengaku siap demi kepentingan bangsa dan negara saat ini.

"Kalau untuk bangsa dan negara apa sih yang kita tidak siap," ujar Ganjar saat ditanya mengenai kesiapannya maju sebagai capres dalam talkshow.

Lantas berapa harta kekayaan yang dimiliki keduanya saat ini?

Anies Baswedan

Melansir laman elhkpn.kpk.go.id yang dikutip Senin (3/10/2022), Anies Rasyid Baswedan tercatat memiliki kekayaan sebesar Rp10.955.779.684.

Anies terakhir kali melaporkan kekayaannya pada 31 Desember 2021. Laman elhkpn KPK mencatat, Anies memiliki 6 tanah dan bangunan di berbagai kota dengan total senilai Rp14.715.962.000.

Masing-masing tanah dan bangunan ini berada di Jakarta Selatan, Kota Sleman, dan Kota Ponorogo. Salah satunya ada tanah dan bangunan seluas 1655 m2/798 m2 di kawasan Jakarta Selatan senilai Rp11,5 miliar, dan tanah lainnya di kawasan yang sama senilai Rp 936,7 juta, serta tanah di Kota Ponorogo senilai Rp1,5 miliar.

Selanjutnya, Anies juga tercatat memiliki 3 kendaraan dengan total senilai Rp550 juta.

Menurut elhkpn KPK, Anies hanya memiliki satu mobil bermerek Honda dengan jenis Odyssey Minibus keluaran 2016, senilai Rp450 juta.

Selain mobil, Anies juga memiliki 2 motor vespa jenis Vespa Sprint keluaran 1968 senilai Rp50 juta, dan motor Kawasaki EX250V keluaran 2018 senilai Rp50 juta.

Adapun harta bergerak lainnya milik Anies senilai Rp1.367.366.531, dan surat berharga sebesar Rp61.070.000, serta kas dan setara kas Rp1.208.221.107, hingga harta lainnya Rp659.921.865.

Selain itu, pria yang diusung Nasdem jadi Capres 2024 ini juga tercatat memiliki utang sebesar Rp7.606.761.819, demikian menurut menurut laporan harta kekayaan penyelenggara negara di laman KPK.


Ganjar Pranowo

Sementara untuk Ganjar Pranowo, Melansir laman elhkpn.kpk.go.id yang dikutip Rabu (19/10/2022), Gubernur Jawa Tengah tersebut tercatat memiliki kekayaan sebesar Rp 11.775.068.380

Ganjar terakhir kali melaporkan kekayaannya pada 30 Maret 2022. Laman elhkpn KPK mencatat, Ganjar memiliki 8 tanah dan bangunan yang tersebar di Bogor, Purbalingga dan Sleman dengan total senilai Rp 2.625.827.000

Salah satunya ada tanah dan bangunan seluas128 m2/99 m2 di kawasan Bogor senilai Rp 665.827.000, dan tanah lainnya di kawasan Purbalingga senilai Rp 147.000.000.

Ganjar juga tercatat memiliki 3 kendaraan dengan total senilai Rp 1,6 miliar.

Menurut elhkpn KPK, mobil termahal yang dimiliki Ganjar Pranowo yaitu Hyundai IONIQ EV Signature senilai RP 620 juta.

Selain mobil, Ganjar juga memiliki 2 motor jenis Kawasaki ER-6N senilai Rp65 juta, dan motor Viar Scooter senilai Rp 10 juta.

Adapun harta bergerak lainnya milik Ganjar senilai Rp 705.861.750 dan kas dan setara kas Rp 6.823.379.630.

Selain itu, Ganjar Pranowo tercatat tidak memiliki utang.


Ganjar Pranowo Nyatakan Siap Jadi Capres di 2024

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyatakan siap untuk menjadi calon presiden pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Dia mengaku siap demi kepentingan bangsa dan negara saat ini.

"Kalau untuk bangsa dan negara apa sih yang kita tidak siap," ujar Ganjar saat ditanya mengenai kesiapannya maju sebagai capres dalam talkshow di BTV, Selasa (18/9/2022).

Ganjar menegaskan hal itu sebagai anggota partai. Sehingga, dalam konteks pencapresan, dia melihat ada dua realitas, pertama, realitas proses di dalam partai yang harus dihormati oleh kader. Kedua, kata dia, realitas sosial terkait survei yang dibuat sebagai lembaga.

"Biarkan lah kita kasih kesempatan kepada partai yang menetukan untuk mereka berdialog, berkomunikasi untuk mengambil yang terbaik," ujarnya.

Lebih lanjut, Ganjar menuturkan semua kader, termasuk dirinya harus siap menjadi capres jika sudah diputuskan oleh partai setelah melakukan berbagai pertimbangan.

"Yang kedua tentu terkait dengan realitas yang ada di survei dan semua orang memperbincangkan. Kan suara rakyat juga tidak boleh diabaikan," ujar kader PDI Perjuangan ini.

Ganjar menambahkan bangsa ini tidak bisa diurus oleh satu pihak saja. Dia berkata butuh kolaborasi antar pihak, khususnya partai. Sebab, banyak persoalan yang membutuhkan pemikiran banyak pihak.

Ganjar mencontohkan tantangan bangsa Indonesia ke depan yang perlu dihadapi dengan serius, antara lain persoalan ekonomi, pangan, dan energi.

"Rasa-rasanya bangsa ini terlalu besar untuk diurus sendirian. Ada banyak multidimensi persoalan yang ada di sana dan membutuhkan kebersamaan," ujarnya.

Lebih dari itu, Ganjar menyampaikan deklarasi dirinya sebagai capres tergantung keputusan partai.

"Yang mendeklarasikan adalah partai-partai itu. Saya tidak tahu apakah partai cukup percaya dengan saya," ujar Ganjar.

"Untuk bangsa dan negara ini, apa sih yang tidak siap," kata Ganjar kembali menegaskan ketika ditanya kesiapannya menjadi capres.


Tok! Nasdem Usung Anies Baswedan Capres 2024

Partai NasDem mengumumkan calon presiden yang akan didukungnya di Pilpres 2024 nanti.

"Nasdem melihat satu sosok Anies Rasyid Baswedan. Kami berkeyakinan baik secara makro atau mikro, jika saudara Rasyid Baswedan terpilh menjadi presiden, pimpinlah bangsa ini menjadi bangsa yang bermartabat," kata Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Gedung Nasdem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

"Kenapa Anies Baswedan, jawabannya adalah why not the best," kata Surya dalam pidatonya.

Surya Paloh juga meminta kadernya untuk mengawal pencapresan Anies ke depan dan tidak sungkan untuk menegur salah dan benar. Nasdem sebelumnya menominasikan tiga nama Capres 2024 dalam Rakernas beberapa waktu lalu.

Sebelumnya pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Partai NasDem pertengahan tahun ini, terdapat tiga nama bakal calon presiden yang menjadi dipilih oleh perwakilan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) NasDem dari seluruh Indonesia, meraka adalah Anies Baswedan, Panglima TNI Andika Perkasa, dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Mereka adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.

Menanggapi ketiga nama itu, Hermawi enggan membocorkan siapa yang akhirnya akan menjadi pelabuhan partainya.

"Datang dan dengar sendiri nanti," ucap dia singkat.

Hermawi memastikan, pengumuman Capres 2024 ini akan disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di Markas DPP NasDem, yakni NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat pada pukul 9 pagi ini.

Dibangun Megawati, Diruntuhkan Jokowi

Stadion Kanjuruhan: Dibangun Megawati, Diruntuhkan Jokowi

Liputan6.com 2022-10-19 10:00:14
Kementerian PUPR telah selesai melakukan audit khusus untuk Stadion Kanjuruhan, Malang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan akan meruntuhkan untuk kemudian membangun ulang Stadion Kanjuruhan Malang, imbas dari terjadinya tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 yang merenggut sebanyak 133 jiwa.

Hal itu bakal menyudahi kiprah awal Stadion Kanjuruhan Malang, yang selama 25 tahun setia menjadi kandang bagi klub sepakbola Arema Malang.

Mengutip catatan Liputan6.com, Rabu (19/10/2022), Stadion Kanjuruhan pertama kali dibangun sejak 1997 dengan biaya lebih dari 35 miliar. Proses pembangunannya memakan waktu sekitar 7 tahun.

Baru pada 9 Juni 2004, stadion ini diresmikan penggunaannya oleh Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri. Peresmian stadion milik Pemerintah Kabupaten Malang ini ditandai dengan sebuah laga uji coba di tengah musim Liga Indonesia Divisi I 2004 antara Arema melawan PSS Sleman.

Dalam perjalanannya, Stadion Kanjuruhan juga merekam sejumlah kenangan pahit. Seperti terjadi pada 2005, dimana pagar pembatas tribun stadion roboh pada laga antara Arema vs Persija Jakarta. Insiden itu menelan satu korban jiwa, dan puluhan lain terluka parah.

Pada 15 April 2018, tempat ini juga jadi saksi bisu terjadinya Kanjuruhan Disaster kala Arema ditahan imbang Persib Bandung di Liga 1. Aremania yang merasa kecewa kemudian turun ke lapangan, dibalas dengan tembakan gas air mata aparat keamanan, membuat banyak korban berjatuhan.

Tragedi Kanjuruhan yang terjadi awal Oktober ini membuat stadion harus bersiap menutup segala kisah suka/duka yang dilaluinya. Presiden Jokowi hendak merubuhkan dan membangun ulang Stadion Kanjuruhan agar sesuai dengan standar FIFA.

Itu dipastikannya setelah melakukan pertemuan langsung dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Merdeka, Jakarta pada Selasa (18/10/2022) kemarin.

"Tadi saya juga menyampaikan dan FIFA mengapresiasi untuk Stadion Kanjuruhan di Malang, juga akan kita runtuhkan, dan kita bangun lagi sesuai dengan standar FIFA," kata Jokowi.

Menurut dia, Stadion Kanjuruhan akan dibangun kembali dengan fasilitas yang baik guna menjamin keselamatan penonton, pemain, hingga suporter. Adapun anggaran untuk pembangunan ulang Stadion Kanjuruhan alan ditangani langsung oleh pemerintah pusat.

Selain itu, Jokowi menyebut FIFA juga berencana untuk berinvestasi terkait pembangunan stadion hingga keselamatan suporter. Namun, belum diketahui bentuk investasi yang akan diberikan FIFA. Jokowi menuturkan pemerintah akan membahas hal tersebut lebih lanjut dengan FIFA.

"Yang untuk yang lain-lain investasi apa nanti secara detail akan kita bicarakan lagi, mungkin di Qatar, mungkin di Bali, atau di Qatar karena saya diundang secara khusus," jelas Jokowi.


Jokowi Ingin Bangun Ulang Stadion Kanjuruhan Malang, Butuh Biaya Berapa?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hendak meruntuhkan dan membangun ulang Stadion Kanjuruhan, Malang sesuai standar FIFA. Itu disampaikannya saat melakukan pertemuan dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10/2022).

"Tadi saya juga menyampaikan dan FIFA mengapresiasi untuk Stadion Kanjuruhan di Malang, juga akan kita runtuhkan, dan kita bangun lagi sesuai dengan standar FIFA," kata Jokowi.

Menurut dia, Stadion Kanjuruhan akan dibangun kembali dengan fasilitas yang baik guna menjamin keselamatan penonton, pemain, hingga suporter. Adapun anggaran untuk pembangunan ulang Stadion Kanjuruhan alan ditangani langsung oleh pemerintah pusat.

Lantas, berapa ongkos yang diperlukan untuk membangun ulang Stadion Kanjuruhan?

Mengutip informasi dari berbagai sumber, stadion ini dibangun sejak 1997 dan memakan biaya hingga sebesar Rp 35 miliar. Peresmiannya dilakukan oleh Presiden RI ke-5, Megawati Soekarno Putri pada 4 Juni 2004.

Namun, biaya pembangunan awal tersebut belum seberapa ketimbang perkiraan alokasi dana untuk menata ulang Stadion Kanjuruhan. Pemerintah Kabupaten Malang sebelumnya telah mengajukan pendanaan senilai Rp 580 miliar guna merenovasi Stadion Kanjuruhan.


Hasil Kajian

Bupati Malang M Sanusi, mengatakan, anggaran sebesar Rp 580 miliar merupakan hasil kajian dari Dinas Permukiman dan Cipta Karya, Kabupaten Malang.

"Pengajuan sekitar Rp 580 miliar dari kajian tim Cipta Karya," ucap Sanusi dilansir dari Antara.

Angka ini sejatinya lebih tinggi dari perkiraan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), yang menyatakan bahwa pendanaan berkisar Rp 400 miliar.

"Kalau Menpora kemarin itu antara Rp 400 miliar, pengajuan saya Rp 580 miliar. Untuk tribun keliling, dulu proposal yang saya ajukan Rp 800 miliar, kemarin sudah saya sampaikan ke presiden," bebernya.

Tim Insiden KM 50 Ganti CCTV

Terungkap, Sambo Cs Gunakan Tim Insiden KM50 Ganti CCTV Kasus Brigadir J

Liputan6.com 2022-10-19 10:04:54
Dua tersangka kasus obstruction of justice pembunuhan berencana Brigadir J, Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria ditunjukkan petugas saat proses pelimpahan berkas perkara tahap dua kasus di Ge

Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo cs ternyata menggunakan tim insiden pembunuhan KM50 untuk mengganti kamera pengawas atau CCTV kasus pembunuhan Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Hal itu terungkap dari dakwaan mantan Karopaminal Divpropam Polri Hendra Kurniawan yang dibacakan tim jaksa penuntut umum di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Rabu (19/10/2022).

Dalam dakwaan disebutkan pada Sabtu 9 Juli 2022 sekira pukul 07.30 WIB, Ferdy Sambo menghubungi Hendra Kurniawan agar pemeriksaan saksi kasus tembak menembak antara Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E dan Brigadir J dilakukan di tempat Hendra.

"Bro, untuk pemeriksaan saksi-saksi oleh penyidik Selatan di tempat Bro saja ya. Biar tidak gaduh karena ini menyangkut Mbak mu masalah pelecehan dan tolong cek CCTV komplek," demikian kata jaksa mengulang percakapan Ferdy Sambo dengan Hendra Kurniawan.

Belakangan diketahui kasus tembak menembak antara kedua anak buah Ferdy Sambo itu merupakan rekayasa Ferdy Sambo. Tembak menembak keduanya terjadi usai insiden pelecehan seksual di Duren Tiga. Insiden pelecehan di Duren Tiga juga masuk dalam rekayasa Ferdy Sambo.

Menerima perintah Ferdy Sambo, Hendra Kurniawan langsung menghubungi Ari Cahya Nugraha alias Acay.

"Hendra Kurniawan, menghubungi Ari Cahya Nugraha alias Acay yang merupakan tim CCTV pada saat kasus KM 50 namun tidak terhubung. Kemudian Hendra Kurniawan, menghubungi saksi Agus Nurpatria Adi Purnama melalui whatsapp call dan meminta agar ke ruangan Hendra Kurniawan," kata jaksa.


Pengecekan CCTV

Namun tak berselang lama Acay menghubungi Agus Nurpatria Adi Purnama dengan nomor 08122178297 dan mau bicara dengan Hendra Kurniawan. Kemudian Agus Nurpatria Adi Purnama menyerahkan handphone kepada saksi Hendra Kurniawan sambil mengatakan kepada Acay bahwa Hendra ada di sebelahnya.

"Kemudian Hendra Kurniawan berbicara dengan Ari Cahya Nugraha alias Acay dan mengatakan 'Cay permintaan bang Sambo, untuk CCTV sudah di cek belum? Kalau belum, mumpung siang coba kamu screening'," kata jaksa.

Akan tetapi Acay rupanya sedang berada di Bali dan menyampaikan nanti biar anggotanya, Irfan Widyanto yang melakukan pengecekan CCTV.

Murka Karena CCTV Diserahkan ke Polisi

Ferdy Sambo Murka DVR CCTV Diserahkan ke Polres Jaksel

Liputan6.com 2022-10-19 12:07:53
Tersangka kasus pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat Ferdy Sambo saat tiba di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (17/10/2022). Kedatangan Ferdy Sambo untu

Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo murka tiga unit DVR CCTV yang mengarah ke rumah dinasnya di Kompleks Polri Duren Tiga diserahkan ke Penyidik Polres Metro Jakarta Selatan.

Hal ini terungkap dalam surat dakwaan Brigjen Hendra Kurniawan, terdakwa kasus obstruction of justice pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Adapun sidang dakwaan ini digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Rabu (19/10/2022).

Dalam dakwaan, Hendra Kurniawan memerintahkan AKBP Arif Rachman Arifin menemui penyidik Polres Jaksel dengan maksud agar penyidik membuat satu folder khusus menyimpan file-file dugaan pelecehan terhadap istri Sambo, Putri Candrawathi.

Perintah itu disampaikan Hendra melalui sambungan telepon pada Minggu 10 Juli 2022 sekira pukul 18.30 WIB.

"Di mana hal tersebut merupakan hal yang mengada-ngada karena memang tidak ada peristiwa pelecehan," kata Jaksa dalam persidangan.

Di waktu terpisah, Arif Rachman Arifin juga dihubungi Ferdy Sambo mengingatkan hal yang sama agar jangan menyampaikan aib keluarga kemana-mana atau tersebar. Arif kemudian menghubungi Kompol Chuck Putranto untuk sama-sama ke Polres Metro Jaksel.

Namun saat itu, Arif Rachman yang pertama kali datang. Dia bertemu dengan Rifaizal Samual bersama tim penyidik lainnya di ruang rapat Kasat Reskrim Polres Jaksel.

"Tidak berapa lama kemudian Chuck Putranto datang, Arif Rachman Arifin menyampaikan arahan dari Hendra Kurniawan dan Ferdy Sambo kepada penyidik supaya BAP ibu Putri Candrawathi tidak tersebar ke mana-mana. Penyidik agar bertanggung jawab," ujar Jaksa.

Rifaizal kemudian menanyakan DVR CCTV yang telah diamamkan, namun Arif Rachman mengaku tak tahu-menahu.

"Chuck Putranto menyampaikan bahwa menyimpan decoder CCTV ada di mobilnya. Kemudian penyidik Polres Jakarta Selatan mengambil dari mobil Chuck Putranto," ujar dia.


Sambo Marah Besar

Keesokan hari, Chuck Putranto dipanggil Ferdy Sambo. Terjadilah pertemuan di ruangan Divisi Propam pada Senin 11 Juli 2022 sekira pukul 10.00 WIB.

"Ferdy Sambo bertanya "CCTV di mana..?" dan dijawab oleh Chuck Putranto, "CCTV mana Jenderal?" kemudian Ferdy Sambo menjawab "CCTV sekitar rumah", kemudian dijawab lagi oleh Chuck Putranto, "sudah saya serahkan ke Polres Jakarta Selatan."

Jaksa menerangkan, Ferdy Sambo marah besar. Dia meluapkan amarahnya dan meminta kepada Chuck Putranto mengambil kembali DVR CCTV di Polres Metro Jaksel.

"Ferdy Sambo katakan "siapa yang perintahkan..?" kemudian dijawab oleh Chuck Putranto, "siap". Selanjutnya Ferdy Sambp, meminta Chuck Putranto, dengan berkata "kamu ambil CCTV-nya kamu copy dan kamu lihat isinya" kemudian Ferdy Sambo melanjutkan kata-katanya dengan nada marah "lakukan jangan banyak tanya, kalau ada apa-apa saya tanggung jawab" dan dijawab oleh saksi Chuck Putranto "siap jendral"," urai Jaksa.


Chuck Ambil Lagi DVR CCTV ke Polres Jaksel

Jaksa menerangkan, Chuck Putranto, meninggalkan ruang kerja Ferdy Sambo dan menghubungi Rifaizal Samual untuk mengambil DVR CCTV.

"Pada saat itu saksi Rifaizal Samual menanyakan "kok diambil bang?, kan sudah diserahkan namun dijawab oleh saksi Chuck Putranto "perintah bapak". Selanjutnya Chuck Putranto menuju ke Polres Jakarta Selatan," ujar dia.

Jaksa menerangkan, Chuck Putranto bertemu dengan Penyidik Polres Jakarta Selatan untuk mengambil DVR CCTV yang masih terbungkus plastik hitam.

"Kemudian disimpan Chuck Putranto, di mobil Toyota Innova No Pol B 1617 QH miliknya," ujar dia.

Alasan Lesti Maafkan Kejahatan Suami

Lesti Kejora Ngaku Rizky Billar Beri Banyak Jaminan Agar Kejahatan KDRT Berakhir Damai

Liputan6.com 2022-10-19 10:15:49
Rizky Billar. (Foto: Instagram @rizkybillar)

KasusKDRT yang menempatkan Rizky Billar sebagai tersangka akhirnya berakhir damai dengan mekanisme restorative justice. Lesti Kejora membuka pintu damai untuk suami.

Keputusan ini membuat mayoritas masyarakat jengkel hingga menggemakan tagar boikot Leslar di kolom komentar akun Instagram KPI Pusat. Banyak yang mempertanyakan keputusan ini.

Sejumlah jurnalis dalam konferensi pers restorative justice di Jakarta, pekan ini lantas bertanya: Apa jaminan Rizky Billar tak akan mengulangi perbuatan pidana KDRT lagi.

"Banyak (jaminan) salah satunya ya, saya yakin beliau akan menjadi ayah yang baik juga karena kan beliau punya anak. Jadi insyaallah beliau akan memberikan contoh yang baik untuk anak," katanya.


Kesepakatan Keluarga

Setelahnya, Lesti Kejora menegaskan kesepakatan damai dilakukan tanpa paksaan dari pihak luar atau di bawah tekanan. Keluarganya termasuk sang ayah setuju tindak pidana KDRT berakhir damai.

"Dua-duanya dong. Dua-duanya sama. Mau bagaimana pun orangtua... kan ini sudah kesepakatan dari keluarga. Kesepakatan dari orangtua. Kesepakatan dari saya dan keluarga besar untuk memutuskan perdamaian ini," Lesti Kejora menyambung.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Cium Tangan Rizky Billar

Kesepakatan damai ditandai dengan "prosesi" Lesti Kejora mencium tangan Rizky Billar di depan wartawan. Sang mantan tersangka KDRT lantas mencium dan merangkul istrinya.

Momen ini disaksikan pengacara Lesti Kejora, Sandy Arifin, S.H., dan kuasa hukum Rizky Billar, Hotma Sitompul. Polisi resmi menghentikan kasus tindak pidana KDRT.


SP3

Diberitakan sebelumnya, Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan, Kompol Irwandhy Idrus membenarkan proses hukum Rizky Billar berhenti seiring terbitnya SP3 atau Surat Perintah Penghentian Penyidikan. Dengan demikian, kasus selesai.

"Ya (status tersangka dan proses hukumnya sudah SP3) kami nyatakan demikian, karena diatur dalam Perpol Nomor 8 Tahun 2021, tentang restorative juctice memberikan rasa keadilan kepada seluruh pihak. Itu yang kami tempuh," paparnya.

Ternyata Pernah Bermusuhan 4 Tahun

Keakraban Boy William dan Ayu Ting Ting Usai Bermusuhan Selama 4 Tahun

Liputan6.com 2022-10-19 14:07:32
Sempat 4 Tahun Musuhan, Ini 6 Potret Kebersamaan Ayu Ting Ting dan Boy William (Sumber: YouTube/Qiss You TV)

Baru-baru ini Boy William dan Ayu Ting Ting membagikan kisah pertemanan mereka yang ternyata sempat bermusuhan selama empat tahun lamanya. Namun, kini keduanya saling mengunggah momen terbaru mereka yang telah berbaikan.

Baik Boy dan Ayu sama-sama membuat konten kolaborasi di masing-masing kanal YouTube mereka. Keduanya saling bercanda dan bercerita mengenai permasalahan yang ada di benak mereka selama empat tahun tersebut.

"Selama empat tahun ini gue sama lu punya masalah dan kita ini enggak ngobrol selama empat tahun," ujar Boy di kanal YouTube-nya.

Mereka juga menjelaskan banyak yang tidak tahu bahwa keduanya ada masalah selama ini dan saling bermusuhan. Bahkan, ketika selesai film mereka dibuat pun sebetulnya keduanya sudah mulai ada permasalahan.

"Makanya setelah film kita Dimsum Martabak itu selesai, masyarakat suka banget sama chemistry kita dan lain sebagainya. Tapi di balik itu semua, we had a problem," lanjut Boy bercerita.

Ayu Ting Ting pun menjelaskan permasalahan mereka berawal ketika promosi film Dimsum Martabak pada 2018 lalu. Di mana Ayu mengatakan Boy seperti tidak profesional dalam bekerja karena tidak turut melakukan promosi film dengan dirinya.

"Itu promo film pertama kali yang gara-gara kita sudah janji bakal promo bareng-bareng karena ini promo film pertama gue.Terus karena lu waktu itu ke mana?" tanya Ayu.

"Amerika," jawab Boy.

Setelah itu, Ayu menjelaskan dirinya merasa kesal karena Boy terkesan tidak bertanggung jawab karena mangkir promosi film tersebut bersamanya.

"Gue kesel lu pertama enggak tanggung jawab. Lu sudah bikin film bareng-bareng. Harusnya susah seneng promo semuanya kita lakukan bareng-bareng. Mungkin kalau seandainya waktu itu lu ikut gue setiap promo ke mana-kemana, mungkin penonton kita lebih dari itu," ungkap Ayu.


Ngobrol Sambil Bercanda

Setelah menjelaskan hal tersebut direspons keduanya sambil bercanda dan godaan-godaan yang mencairkan suasana. Adapun masalah kedua yang membuat mereka semakin bermusuhan adalah ketika Boy sedang ada acara di sebuah televisi yang memperlihatkan papan-papan foto dari artis dan ada foto Ayu di sana.

"Boy menurut lu kalau ini gimana, kalau ini gimana, kalau ini gimana. Muncul papan muka Ayu Ting Ting apa yang lu liat bikin lu marah?" tanya Boy kepada Ayu.

Akhirnya Ayu pun menjelaskan bahwa ekspresi Boy terlihat seperti terkesan jijik melihat Ayu dan para penggemar Ayu pun melaporkan hal tersebut. Karena itu lah Ayu tidak suka melihat respons dari ekspresi Boy tersebut.

"Karena muka lu kayak orang jijik, fans-fans gue tuh lapor. Sebenarnya ekspresi dan kata-kata lu itu yang tidak pengen gue denger dan gue lihat," ujar Ayu.

Boy pun menjelaskan bahwa ekspresi tersebut tidak ada maksud apa pun dan ia pun meminta maaf jika ternyata hal tersebut secara tidak sengaja menjadi kesalahpahaman.

Boy William juga menceritakan bagaimana perjuangannya untuk bisa mengobrol kembali dengan Ayu Ting Ting. Dalam setiap kesempatan untuk meminta maaf, Ayu Ting Ting sangat cuek dan tidak pernah membalasnya.

Namun, akhirnya pada satu acara ada kesempatan Boy bisa menghampiri Ayu Ting Ting untuk bisa meminta maaf.

Ancaman Gagal Ginjal Misterius pada Anak

HEADLINE: Kasus Gagal Ginjal Akut Misterius Renggut Jiwa Anak Indonesia, Apa Penyebab dan Upaya Meredam?

Liputan6.com 2022-10-20 00:01:08
131 anak terkena gagal ginjal misterius, Menkes Budi masih menunggu laporan dari RSCM. (pexels.com/Victoria Akvarel)

Gangguan ginjal akut misterius dialami oleh ratusan anak di 20 provinsi di Indonesia. Bermula dari keluhan infeksi ringan seperti batuk, pilek, atau diare dan muntah, lalu berujung pada jumlah urine yang sedikit hingga sama sekali tidak buang air kecil. Demikian gejala yang dilaporkan para orangtua ketika memeriksakan anak mereka pada tenaga kesehatan.

Sejak penghujung Agustus 2022, Kementerian Kesehatan dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah menerima laporan kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal atau acute kidney injury (AKI) yang meningkat tajam pada anak, terutama pada usia di bawah 5 tahun. Sebanyak 206 kasus ganggaun ginjal akut pada anak dilaporkan per 18 Oktober 2022 dengan angka kematian sebanyak 99 anak.

"Tingkat kematian terjadi pada 99 anak atau 48 persen," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril dalam jumpa pers daring, pada Rabu, 19 Oktober 2022.

Syahril menambahkan, bila melihat angka kematian di RSCM Jakarta yang merupakan rumah sakit rujukan nasional, angka kematian pada kasus tersebut memang lebih tinggi. Dari pasien gangguan ginjal akut yang dirawat di sana, sekitar 65 persen yang meninggal.

Angka kematian pada pasien gangguan ginjal akut misterius terbilang tinggi karena disebabkan oleh fungsi ginjal yang memang berperan sangat penting bagi tubuh.

"Ginjal itu sebagai pusat metabolisme, organ yang sangat penting. Apabila dia terjadi (gangguan), ini akan mengganggu metabolisme dan gangguan metabolisme ini akan menyebabkan organ lainnya terganggu juga," ujar Syahril.

Kondisi ginjal yang terganggu, kata Syahril, sebaiknya diwaspadai agar tidak sampai pada fase gagal ginjal.

"Gagal ginjal itu artinya apa? Ginjal itu tidak bisa lagi melakukan aktivitasnya sebagai alat metabolisme tubuh."

Syahril menjelaskan, kondisi ginjal yang terganggu ditandai dengan frekuensi dan jumlah urine yang menurun. Bahkan jika terjadi kerusakan yang berat, maka produksi urine bisa terhenti sama sekali.

"Untuk yang tadi tingkat kematiannya tinggi, itu dikarenakan dia sudah masuk ke fase itu. Makanya pada saat ini, kita sampaikan imbauan pada masyarakat, tenaga kesehatan untuk lebih waspada dan cepat melakukan tindakan bila ada gejala yang saya sebutkan tadi," kata Syahril.

Data Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa sejak awal tahun 2022 sudah ada 1-2 kasus gangguan ginjal akut misterius per bulan yang dialami pasien anak. Namun, pada Agustus 2022 jumlahnya melonjak hingga puluhan.

Kebanyakan yang terkena gangguan ginjal akut adalah anak di bawah lima tahun. Meski ada juga yang berusia belasan. Hingga kini belum diketahui pasti penyebab gangguan ginjal akut yang menimpa para pasien anak tersebut.


Gangguan Ginjal Akut yang Berbeda dari Sebelumnya

Gangguan ginjal akut bukanlah penyakit yang baru muncul. Namun, terdapat perbedaan dalam beberapa aspek terkait gangguan ginjal akut yang sebelumnya sudah ada dengan yang baru muncul belakangan ini.

Gangguan ginjal akut yang muncul saat ini disebut dengan gangguan ginjal akut progresif atipikal. Perbedaan utamanya terletak pada penyebab dan durasi perkembangan penyakit itu sendiri.

Ketua Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dr Piprim Basarah Yanuarso mengungkapkan bahwa umumnya gangguan ginjal akut yang terjadi pada anak muncul karena faktor bawaan, bukan secara tiba-tiba seperti saat ini.

"Sebagian besar gagal ginjal atau gangguan ginjal pada anak itu kelainan bawaan harusnya. Misalkan ginjalnya yang enggak terbentuk dengan baik, ginjalnya yang aplastik, ada kelainan bawaan," ujar Piprim dalam siaran langsung bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Selasa (18/10/2022).

"Tapi yang kita hadapi sekarang ini pada anak yang ginjalnya enggak ada masalah. Ginjalnya oke-oke saja, jadi kalau dilakukan USG ginjal sebelumnya, itu oke-oke saja, ginjal yang normal. Kemudian mengalami Acute Kidney Injury Atypical Progressive."

Terlebih, Piprim menyebutkan, angka kejadian gangguan ginjal pada anak sebelumnya tidaklah banyak, jika dihitung berdasarkan populasi, hanya sekitar 0,9 hingga 1 persen. Lantaran biasanya gangguan ginjal lebih sering terjadi pada orang dewasa.

Gangguan ginjal akut pada anak yang terjadi belakangan pun berlangsung dengan waktu yang cepat. Hanya dalam hitungan hari kondisi anak bisa tiba-tiba menurun.


Diawali dengan Gejala Infeksi Ringan

Sekretaris Unit Kerja Koordinasi (UKK) Nefrologi IDAI, dr Eka Laksmi Hidayati, SpA(K). Eka menjelaskan, gejala awal gangguan ginjal akut pada anak diawali dengan gejala infeksi. Kemudian disusul dengan penurunan buang air kecil bahkan tidak bisa pipis sama sekali.

"Kurang lebih seragam gejalanya. Mereka ini diawali dengan gejala infeksi seperti batuk, pilek, atau diare dan muntah. Infeksi tersebut tidak berat," kata Eka dalam konferensi pers bersama IDAI, Selasa (11/10/2022).

"Itulah yang membuat kami heran. Dia hanya beberapa hari timbul batuk, pilek, diare atau muntah, dan demam. Kemudian dalam tiga sampai lima hari mendadak tidak ada urinnya. Jadi tidak bisa buang air kecil, betul-betul hilang sampai sekali buang air kecilnya. Hampir semuanya datang dengan tidak buang air kecil atau buang air kecilnya sangat sedikit," lanjut Eka.

Dalam kesempatan berbeda, dokter spesialis anak konsultan nefrologi, Henny Andriani menyarankan orangtua untuk waspada bila anak sakit lalu mengalami penurunan frekuensi buang air kecil. Terutama jika sudah enam jam anak tidak buang air kecil.

"Kencingnya sudah enggak ada nih enam jam, anak enggak pipis enam jam, sudah langsung pergi ke rumah sakit. Biar diperiksa sama dokter anaknya, dicari penyebabnya," ujar Henny dalam sesi bincang di IDAI TV yang diunggah Senin, 10 Oktober 2022.

Hal tersebut lantaran menurunnya frekuensi buang air kecil menjadi salah satu gejala dari gangguan ginjal akut. Biasanya, gejala awal dapat terlihat pada produksi urine anak, yang menurun hingga tidak keluar sama sekali.

Imbauan serupa juga datang dari Kemenkes. Jubir Syahril pun meminta kepada orangtua untuk segera membawa anak ke rumah sakit maupun ke dokter bila mengalami penurunan frekuensi buang air kecil maupun jumlah urine. Kondisi itu bisa disertai maupun disertai dengan demam, batuk, pilek, mual dan diare.


Tidak Terkait COVID-19

Semula IDAI mewaspadai kasus gangguan ginjal akut misterius pada anak terkait dengan kondisi MIS-C, peradangan yang terjadi pasca terinfeksi COVID-19. Pihak IDAI pun telah bekerja sama dengan Kemenkes dengan mengirimkan sampel pasien gangguan ginjal akut untuk diperiksa di laboratorium.

"Dari hasil pemeriksaan, tidak ada bukti hubungan kejadian AKI dengan Vaksin COVID-19 maupun infeksi COVID-19. Karena gangguan AKI pada umumnya menyerang anak usia kurang dari 6 tahun, sementara program vaksinasi belum menyasar anak usia 1-5 tahun," jelas Syahril.

Sebagai upaya mencari tahu penyebab kasus gangguan ginjal akut misterius, Kemenkes pun meneliti tiga jenis virus dan bakteri. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI Maxi Rein Rondonuwu menyebut tiga virus dan virus yang diteliti yakni virus influenza, adenovirus, dan bakteri Leptospira (penyebab Leptospirosis). Penelitian ini menggunakan metode genom sekuensing.

"Sampai saat ini, belum tahu penyebabnya apa. Tapi setiap temuan kasus, kami testing(pemeriksaan) kemungkinan penyebab utama termasuk virus influenza," terang Maxi di Jakarta pada Senin, 17 Oktober 2022.

"Kemudian ada juga adenovirus, lalu bakteri yang dari zoonosis hewan leptosirosis. Jadi itu, (dugaan) penyebab utama yang kita lihat di hasil-hasil metagenomiksequence nanti."

Kasus gagal ginjal akut misterius yang dialami anak-anak juga terjadi di Gambia, Afrika Barat, beberapa waktu sebelum muncul kabar kasus serupa di Indonesia. Penyebabnya mengarah pada penggunaan obat batuk sirup yang mengandung dua bahan berbahaya.

Sebagai bentuk kewaspadaan terhadap kemungkinan serupa di Gambia, Kemenkes bersama BPOM, Ahli Epidemiologi, IDAI, Farmakolog dan Puslabfor Polri pun melakukan pemeriksaan laboratorium.

Untuk sementara, berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan pada sisa sampel obat yang dikonsumsi para pasien, memang ditemukan adanya jejak senyawa yang berpotensi menyebabkan gangguan ginjal akut progresif atipikal ini.

"Senyawa apa yang diduga (menjadi penyebab gangguan ginjal akut)? Kalau kita melihat hasil penyelidikan atau penelitian di Gambia Afrika, itu memang ada dikaitkan dengan senyawa yang ada di empat macam obat batuk dan pilek yang sudah disebutkan BPOM mengandung dietilen glikol maupun etilen glikol," ujar Syahril dalam konferensi pers, Rabu (19/10/2022).


Kemenkes Hentikan Sementara Penggunaan Obat Cair atau Sirup

Dalam kesempatan berbeda, Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia Dante Saksono Harbuwono mengatakan, dari identifikasi obat yang berlangsung ditemukan 15 obat yang masih mengandung Etilen Glikol.

"Kita sudah mengidentifikasi 15 dari 18 obat yang diuji uji (obat) sirup masih mengandung Etilen Glikol (EG) dan kita identifikasi lagi bahwa EG ini bisa bebas (dari obat sirup)," kata Dante di sela-sela acara 'Hospital Expo PERSI' di Jakarta Convention Center pada Rabu, 19 Oktober 2022.

Meski begitu, Dante tidak menyebut secara rinci, obat-obatan mana saja yang sedang dilakukan pengujian terkait kandungan Etilen Glikol (EG). Etilen Glikol merupakan senyawa alkoholik tidak berwarna, tidak berbau, dan memiliki rasa manis.

Senyawa Etilen Glikol juga digunakan untuk bahan baku industri serat polister, serta bahan membantu dalam produk pestisida, karet, dan sebagainya.

Untuk meningkatkan kewaspadaan dan sebagai bentuk pencegahan, Kemenkes sudah meminta tenaga kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan untuk sementara tidak meresepkan obat-obatan dalam bentuk sediaan cair/sirup, sampai hasil penelusuran dan penelitian tuntas.

Kemenkes juga meminta seluruh apotek untuk sementara tidak menjual obat bebas dan/atau bebas terbatas dalam bentuk cair/sirup kepada masyarakat sampai didapat hasil penelusuran dan penelitian.

Imbauan itu tertuang dalam surat dari Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes bertanggal 18 Oktober 2022. Surat tersebut bernomor: SR.01.05/III/3461/2022 tentang Kewajiban Penyelidikan Epidemiologi dan Pelaporan Kasus Gangguan Ginjak Akut Atipikal (Atypical Progressive Acute Kidney Injury) pada Anak.

"Seluruh apotek untuk sementara tidak menjual obat bebas dan/atau bebas terbatas dalam bentuk syrup kepada masyarakat sampai dilakukan pengumuman resmi dari Pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan/atau bebas terbatas dalam bentuk syrup kepada masyarakat sampai dilakukan pengumuman resmi dari Pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan."

"Kemenkes mengimbau masyarakat untuk pengobatan anak, sementara waktu tidak mengkonsumsi obat dalam bentuk cair/sirup tanpa berkonsultasi dengan tenaga kesehatan," tutur Syahril.

"Sebagai alternatif dapat menggunakan bentuk sediaan lain seperti tablet, kapsul, suppositoria (anal), atau lainnya," katanya.

Selain itu, Kemenkes meminta orangtua yang memiliki anak balita dengan gejala penurunan jumlah air seni dan frekuensi buang air kecil dengan atau tanpa demam, diare, batuk pilek, mual dan muntah untuk segera dirujuk ke fasilitas kesehatan terdekat.

Keluarga pasien diminta membawa atau menginformasikan obat yang dikonsumsi sebelumnya, dan menyampaikan riwayat penggunaan obat kepada tenaga kesehatan

Sebagai langkah awal untuk menurunkan fatalitas acute kidney injury (AKI), Kemenkes melalui RSCM telah membeli antidotum yang didatangkan langsung dari luar negeri.

Kemenkes pun sudah menerbitkan Keputusan Dirjen Yankes tentang Tata Laksana dan Manajemen Klinis AKI pada anak yang ditujukan kepada seluruh dinas kesehatan dan fasyankes. Kemenkes juga telah mengeluarkan surat edaran kewajiban penyelidikan epidemiologi dan pelaporan kasus AKI yang ditujukan kepada seluruh Dinas Kesehatan, Fasyankes, dan Organisasi Profesi.


Jaga Pola Hidup Bersih dan Sehat

IDAI juga meminta orangtua tidak membeli obat bebas tanpa rekomendasi tenaga kesehatan. Rekomendasi ini disarankan sampai didapatkan hasil investigasi mengenai penyebab gagal ginjal akut progresif atipikial atau misterius pada anak.

"Masyarakat untuk sementara waktu tidak membeli obat bebas tanpa rekomendasi tenaga kesehatan sampai didapatan hasil investigasi menyeluruh oleh Kementerian Kesehatan dan BPOM," begitu tulis IDAI dalam unggahan terbarunya pada Rabu, 19 Oktober 2022.

Mengingat belum diketahui pasti penyebab gangguan ginjal akut progresif atipikal ini, IDAI meminta orangtua menghindari aktivitas di ruang publik agar anak tidak terkena infeksi.

"Sebaiknya mengurangi aktivitas anak-anak khususnya balita yang memaparkan risiko infeksi (seperti kerumunan, ruang tertutup, tidak menggunakan masker)," tulis IDAI.

Sembari menunggu hasil investigasi yang dilakukan Kementerian Kesehatan, Ketua IDAI, Piprim Basarah Yanuarso menyarankan orangtua agar terus meminta anak menjalankan pola hidup bersih dan sehat.

"Pada sebuah kasus penyakit yang kita enggak tahu apa sebabnya, terapinya bagaimana maka perlu kita terapkan PHBS seperti mencuci tangan, memakai masker, dan menjauhi kerumunan," kata Piprim dalam live Instagram bersama IDAI pada Selasa, 18 Oktober 2022.

Selain itu, berikut rekomendasi Piprim lainnya untuk menjaga kesehatan anak:

- Kebutuhan tidur tercukupi

"Tidur itu salah satu hal yang meningkatkan imunitas anak, maka pastikan tidurnya tercukupi. Jangan sampai anak begadang sampai malam, main gim tanpa diketahui," kata Piprim.

- Aktif bergerak

- Hindari kebanyakan mengonsumsi camilan tinggi gula

"Camilan tinggi gula ini sangat inflamatif dan pada kondisi seperti saat ini kita hindari inflamasi yang berlebihan," lanjut Piprim.

Hal senada juga disampaikan Plt Direktur Pengelolaan Imunisasi Kementerian Kesehatan dr. Prima Yosephine, MKM. Dengan menjaga gaya hidup sehat dan bersih serta menyantap makanan sehat pada buah hati, orangtua dapat membantu anak terhindar dari berbagai penyakit.

Dia mengingatkan orang tua untuk memberikan makanan-makanan sehat, bukan makanan-makanan yang justru memperberat ginjal anak.

"Ginjal adalah organ yang menyaring asupan dalam tubuh, tentu kalau makanan yang masuk sembarangan, kerjanya berat," jelas dia.

"Oleh karena itu, (terapkan) perilaku hidup bersih dan sehat secara menyeluruh, tak cukup hanya cuci tangan tapi secara komprehensif," pesan dia.