5 Obat Ini Ditarik karena Kandungannya Berbahaya

Daftar 5 Merek Obat Sirup yang Mengandung Cemaran Etilen Glikol di Atas Ambang Batas

Liputan6.com 2022-10-20 17:12:16
IDAI imbau orang tua untuk tidak memberikan obat bebas tanpa rekomendasi nakes pada anak terkait kasus gagal ginjal akut. (unsplash.com/Towfiqu Barbhuiya)

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI mengumumkan lima produk obat sirup yang mengandung cemaran Etilen Glikol (EG) yang melebihi ambang batas.

Obat sirup yang diduga mengandung cemaran EG dan DEG kemungkinan berasal dari 4 empat bahan tambahan yaitu propilen glikol, polietilen glikol, sorbitol, dan gliserin/gliserol, yang bukan merupakan bahan yang berbahaya atau dilarang digunakan dalam pembuatan sirup obat.

Sesuai Farmakope dan standar baku nasional yang diakui, ambang batas aman atau Tolerable Daily Intake (TDI) untuk cemaran EG dan DEG sebesar 0,5 mg/kg berat badan per hari. Hal ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan sebagai standar baku nasional untuk jaminan mutu semua obat yang beredar.

Berdasarkan pengujian terhadap 39 bets dari 26 sirup obat sampai dengan 19 Oktober 2022 berikut lima produk yang menunjukkan adanya kandungan cemaran EG yang melebihi ambang batas aman:

1. Termorex Sirup (obat demam), produksi PT Konimex dengan nomor izin edar DBL7813003537A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml.

2. Flurin DMP Sirup (obat batuk dan flu), produksi PT Yarindo Farmatama dengan nomor izin edar DTL0332708637A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml.

3. Unibebi Cough Sirup (obat batuk dan flu), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DTL7226303037A1, kemasan Dus, Botol Plastik @ 60 ml.

4. Unibebi Demam Sirup (obat demam), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DBL8726301237A1, kemasan Dus, Botol @ 60 ml.

5. Unibebi Demam Drops (obat demam), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DBL1926303336A1, kemasan Dus, Botol @ 15 ml.

Meski hasil uji menunjukkan ada cemaran etilen glikol pada kelima produk di atas melebihi ambang batas, BPOM menekankan bahwa belum tentu terkait dengan kejadian gagal ginjal akut pada anak-anak Indonesia.

"Hasil uji cemaran EG tersebut belum dapat mendukung kesimpulan bahwa penggunaan sirup obat tersebut memiliki keterkaitan dengan kejadian gagal ginjal akut, karena selain penggunaan obat, masih ada beberapa faktor risiko penyebab kejadian gagal ginjal akut seperti infeksi virus, bakteri Leptospira, dan multisystem inflammatory syndrome in children (MIS-C) atau sindrom peradangan multisistem pasca- COVID-19," tulis BPOM dalam keterangan resmi yang diterima Liputan6.com pada Kamis, 20 Oktober 2022.


BPOM Perintahkan 5 Produk Obat Sirup Ditarik dan Dimusnahkan

Melihat ada cemaran dalam lima produk obat sirup yang tertera di atas, BPOM meminta produsen untuk menarik sirup obat dan memusnahkan bets tersebut.

"BPOM telah melakukan tindak lanjut dengan memerintahkan kepada industri farmasi pemilik izin edar untuk melakukan penarikan sirup obat dari peredaran di seluruh Indonesia dan pemusnahan untuk seluruh bets produk," jelas BPOM.

Penarikan mencakup seluruh outlet antara lain pedagang besar farmasi, instalasi farmasi pemerintah, apotek, instalasi farmasi rumah sakit. Lalu, puskesmas, klinik, toko obat, dan praktik mandiri tenaga kesehatan.

Badan ini juga telah memerintahkan kepada semua industri farmasi yang memiliki sirup obat yang berpotensi mengandung cemaran EG dan DEG untuk melaporkan hasil pengujian mandiri sebagai bentuk tanggung jawab pelaku usaha.

Industri farmasi juga dapat melakukan upaya lain seperti mengganti formula obat dan/atau bahan baku jika diperlukan.

Saat ini, penelitian tentang Gagal Ginjal Akut Misterius Masih Dicaritahu POM bersama Kementerian Kesehatan, pakar kefarmasian, pakar farmakologi klinis, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dan pihak terkait lainnya masih terus menelusuri dan meneliti secara komprehensif berbagai kemungkinan faktor risiko penyebab terjadinya gagal ginjal akut atau Acute Kidney Injury (AKI).

Gaya Rambut Ronaldo yang Dibenci Jutaan Ibu

Pengakuan Ronaldo Dibenci Jutaan Ibu-ibu karena Rambutnya di Piala Dunia 2002

Liputan6.com 2022-10-20 12:00:35
Ronaldo Nazario merupakan salah satu pemain terbaik di dunia. Ia kedapatan buang air kecil ketika pertandingan antara Brasil melawan Hungaria di penyisihan grup D Olimpiade Atlanta tahun 1996

Legenda Timnas Brasil Ronaldo Nazario telah meminta maaf kepada jutaan ibu di seluruh dunia atas potongan rambut ikoniknya di Piala Dunia 2002.

Ronaldo menjadi bintang pada turnamen yang berlangsung di Jepang dan Korea Selatan itu. Dia mencetak delapan gol untuk dan membawa Tim Samba menjadi juara untuk kelima kalinya.

Bagi banyak orang, hal pertama yang terlintas dalam pikiran ketika mengingat Piala Dunia 2002 adalah gaya rambut aneh Ronaldo.

Mantan striker Barcelona, Inter Milan, dan Real Madrid itu mencukur rambutnya hingga botak kecuali di bagian atas dahinya yang berbentuk setengah lingkaran.

Gaya rambut itu pun menjadi tren setelah Ronaldo gemilang di Piala Dunia 20002. Dan, secara alami, anak-anak serta orang dewasa -- di seluruh dunia berusaha meniru penampilan Ronaldo.

Namun, Ronaldo sadar bahwa tak semua orang menyukai gaya rambut seperti itu. Bahkan, dia mengakui bahwa banyak ibu-ibu yang membenci karena anak-anak mereka meniru gaya ambut ikoniknya.

Hal itu diungkapkan Ronaldo di Good Morning Britain saat mempromosikan film dokumenter tentang dirinya yang berjudul 'The Phenomenon'.

Atas semua itu, Ronaldo pun meminta maaf kepada para ibu di seluruh dunia karena potongan rambutnya.

"Ibuku - dan jutaan ibu di seluruh dunia - mereka semua membenciku sampai hari ini," canda Ronaldo.

"Saya bertemu dengan beberapa orang yang putranya memiliki potongan rambut yang sama. Saya minta maaf! Saya sangat menyesal untuk itu." sambungnya.


Terinspirasi Cascao?

Potongan rambut Ronaldo konon terinspirasi oleh karakter bernama Cascao dari serial kartun Brasil Turma da Monica.

Tetapi Ronaldo telah mengungkapkan bahwa keputusannya untuk memotong rambutnya sebenarnya adalah ide spontan

"Saya mengalami cedera di kaki saya dan semua orang membicarakannya. Saya memutuskan untuk memotong rambut saya dan meninggalkan hal kecil di sana. Saya datang ke pelatihan dan semua orang melihat saya dengan rambut yang buruk," kata Ronaldo.

"Semua orang membicarakan rambut dan melupakan cedera. Saya bisa tetap lebih tenang dan santai dan fokus pada latihan saya," ucap Ronaldo kepada ESPN pada 2018.


Menutupi Cedera

Meski gaya rambutnya masih terkenal hingga saat ini, Ronaldo mengaku bahwa sebenarnya ia sama sekali tidak menyukai potongan seperti itu. Namun, setidaknya fokus orang saat itu kepadanya tidak lagi dengan cedera, melainkan gaya rambut yang ikonik.

"Saya tidak bangga dengan rambut itu sendiri karena itu cukup aneh. Tapi itu cara yang baik untuk mengubah topik pembicaraan," jelasnya.


Pernah Ditiru Neymar

Superstar Brasil Neymar sebelumnya pernah mengakui bahwa dia sempat meniru potongan rambut Ronaldo ketika dia masih muda.

Penyerang Paris Saint- Germain itu menyebut, semua orang di Brasil saat itu ingin terlihat seperi Ronaldo.

"Potongan rambut Ronaldo bagus. Aku punya!" Neymar mengatakan kepada The Players' Tribune.

"Kami semua, kami semua terlihat seperti Ronaldo."


Statistik Gemilang Ronaldo

Ronaldo tercatat 19 kali membela negaranya di pentas Piala Dunia. Ia turut berpartisipasi dalam Piala Dunia Amerika Serikat 1994, Piala Dunia Perancis 1998, Piala Dunia Korea-Jepang 2002, dan Piala Dunia Jerman 2006.

Ronaldo kali pertama terlibat dalam gelaran Piala Dunia pada tahun 1994 atau saat ia masih berusia 18 tahun.

Saat itu Brasil berhasil menjadi juara. Hanya saja, selama turnamen Ronaldo cuma duduk di bangku cadangan.

Sepanjang partisipasinya di putaran final Piala Dunia, Ronaldo total menncatat 15 gol dan lima assist dalam 1.624 menit bermain.

Alasan Benzema Selalu Pakai Perban di Tangan

Kenapa Karim Benzema Selalu Pakai Perban di Tangan Kanannya?

Liputan6.com 2022-10-20 13:11:26
Karim Benzema. Striker Real Madrid asal Prancis ini hingga kini tercatat telah mencetak 12 gol dan 10 assist ke gawang Barcelona hanya bersama Real Madrid dalam 42 laga. Saat berseragam Olymp

Perban yang menyelimuti pergelangan sampai telapak tangan telah menjadi ciri khas penyerang andalan Real Madrid, Karim Benzema. Bukan sekadar hiasan semata, Benzema punya alasan khusus mengapa ia menggunakan perban di tangan kanan setiap menjalani pertandingan.

Dilansir Marca, Kamis (20/10/2022) bahwa banyak orang mengira bahwa Karim Benzema memakai perban tangan setiap kali bertanding sebagai jimat keberuntungan agar striker asal Perancis itu tampil bagus di lapangan.

Namun, bukan itu yang menjadi alasan di balik perban di tangan kanan Benzema. Rupanya, perban tersebut digunakan Benzema untuk melindungi jari tangan kanannya yang mengalami cedera dalam laga Real Madrid hadapi Real Betis di La Liga Spanyol, pada Januari 2019.

Dalam laga tersebut, Karim Benzema bertabrakan dengan Marc Bartra sehingga menyebabkan jari kelingkingnya patah. Benzema pun harus absen selama dua bulan untuk tindakan operasi serta pemulihan.

Sebenarnya, operasi jari tangan Benzema berjalan dengan lancar. Pasca operasi, dia menjalankan rehabilitasi untuk cepat-cepat kembali merumput awal musim 2019/2020.

Sayangnya, Benzema menghiraukan saran dokter. Ia langsung bermain di pertandingan selanjutnya. Sekitar enam hari setelah menjalani operasi, Benzema bermain penuh 90 menit melawan Sevilla di Santiago Bernabeu.

Gara-gara nekat tetap bermain, pemain Real Madrid ini menderita cedera tambahan. Meski tidak jelas kapan cedera kedua terjadi, Benzema mengonfirmasinya dalam sebuah jumpa pers pra-musim di awal musim 2021/2022.

"Saya memang dioperasi tetapi masalahnya saya harus absen dua bulan, dan saya mau bersama rekan-rekan satu tim saya. Lalu [kelingking] saya cedera lagi, tetapi sekarang saya tak punya waktu untuk dioperasi lagi jadi itulah mengapa saya bermain pakai perban," kata Karim Benzema, dikutip dari Marca.


Perban Bawa Keberuntungan

Meski terlihat seperti orang yang sedang terluka, Karim Benzema merasa sudah tak terganggu atas perban yang menyelimuti tangan kanannya usai kelingkingnya patah pada tahun 2019.

Selama memakai perban tersebut, percaya atau tidaknya performa striker asal Prancis tersebut konsisten selama tiga musim terakhirnya. Walaupun usia Benzema memasuki usia senja bagi atlet sepak bola, yakni 34 tahun.

Puncak karier Benzema adalah saat Real Madrid menyabet gelar La Liga ke-35 dan Liga Champions ke-14 musim 2021/2022.

Pemain andalan Timnas Prancis itu mencetak 44 gol dan membukukan 15 assist dari seluruh kompetisi yang berbuah manis bagi Los Blancos.

Berdasarkan statistik di atas, Karim Benzema pantas mendapatkan gelar individu paling prestisius, yakni Ballon d'Or 2022.

Menilik prestasi itu tidak heran kalau masih banyak penggemar sepak bola yang menganggap bahwa perban tangan kanan Karim Benzema sebagai jimat, termasuk saat Benzema mendapat Ballon d'Or 2022.


Adidas Buat Film Pendek Karim Benzema

Sebelumnya, Karim Benzema terpilih sebagai peraih Ballon d'Or 2022. Penghargaan ini juga diberikan oleh mantan pelatih sekaligus legend Real Madrid, Zinedane Zidane. Keduanya saling berpelukan sambil usai pemberian trofi tersebut, pada Selasa (18/10/2020) dini hari lalu.

Penyerahan piala tersebut menandakan akhir dari masa kejayaan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, dengan Ronaldo berada di peringkat ke-17 dan Messi bahkan tidak masuk daftar untuk pertama kalinya sejak 2005.

Ditunjuknya Benzema sebagai peraih Ballon d'Or 2022 merupakan puncak karier pemain asal Prancis tersebut selama berkarier di Eropa, terutama sejak didatangkan dari Lyon, pada 2005 silam.

Sejak itu juga Benzema ditunjuk menjadi brand ambassador merek ternama yakni Adidas. Atas pencapaian Ballon d'Or 2022 Karim Benzema, Adidas ikut merayakan kesuksesan pemain bernomor punggung 9 itu dengan merilis film pendek khusus.

Film pendek berjudul Hand Of Gold itu ditayangkan melalui kanal YouTube Adidas.


Fokus Bermain

Usai meraih penghargaan Ballon d'Or 2022, Karim Benzema kembali fokus pada pertandingan selanjutnya, sehingga dirinya menjadi starting melawan Elche.

Real Madrid munumbangkan tuan rumah Elche dengan tiga gol tanpa balas, Kamis (20/10) dini hari tadi.

Dalam pertandingan ini, Karim Benzema berkontribusi dalam kemenangan dengan mencetak gol menit ke-75 untuk menggandakan keunggulan 2-0. Sedangkan dua gol lainnya dari Federico Valverde dan Marco Asensio di penghujung laga.

Diminta Promosikan IKN, Ini Jawaban Tony Blair

Tony Blair Diminta Bantu Promosikan IKN, Mantan PM Inggris Bilang Begini ke Jokowi

Liputan6.com 2022-10-20 11:47:51
Presiden Joko Widodo menerima Dewan Penasihat Ibu Kota Nusantara (IKN), Tony Blair, di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu, 19 Oktober 2022 (Sekretariat Presiden)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima Dewan Penasihat Ibu Kota Nusantara (IKN), Tony Blair, di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu 19 Oktober 2022. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno mendampingi Jokowi pada pertemuan.

Dikutip dari laman setkab.go.id, Kamis (20/10/2022), Luhut mengungkapkan bahwa pertemuan tersebut membahas mengenai perencanaan pemindahan ibu kota baru Nusantara di Kalimantan.

Jokowi meminta mantan Perdana Menteri Inggris itu untuk turut serta dalam agenda tersebut dengan membantu mempromosikan IKN ke dunia internasional. "Presiden minta Tony Blair dan Tony Blair kebetulan menawarkan diri juga untuk membantu promosikan ibu kota baru ini ke internasional," ujar Luhut.

Selain itu, Tony Blair juga membeberkan sejumlah pemikiran terkait strategi promosi IKN yang dapat dilakukan pemerintah Indonesia. Salah satunya melakukan promosi ke beberapa negara lain seperti pemerintah Persatuan Emirat Arab (PEA) dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT), serta sejumlah perusahaan asing di kawasan Asia.

"Tadi pikiran dari Pak Tony Blair, pengusaha dari--pemerintah maksudnya dari Uni Emirat Arab dengan Tiongkok. Kemudian tadi Saudi dengan Korea itu joint company," jelas Luhut.

Tak hanya perusahaan asing, perusahaan Indonesia juga akan turut berkontribusi dalam pembangunan IKN dengan menanamkan modalnya di sana, ungkap Luhut.

"Perusahaan dari Indonesia itu nanti bahu-membahu dalam membangun IKN karena pembangunan ini bukan hanya gedungnya saja, tetapi seperti Presiden sampaikan, termasuk juga kepada rohnya," katanya,

Selain itu, terkait kegiatan Ibu Kota Nusantara Sejarah Baru Peradaban Baru yang digelar tadi malam, Luhut menyebut Tony Blair sangat puas dengan paparan dan materi yang disajikan.

Termasuk, kehadiran Presiden Jokowi yang turut menyampaikan sambutan serta ajakan kepada para investor untuk berinvestasi di IKN. "Tony Blair sangat puas sekali dengan apa yang disajikan tadi malam oleh panitia juga Presiden hadir di sana, launching IKN ya," jelas Luhut.


Siap-Siap, PNS Milenial Pindah ke IKN Nusantara Mulai 2024

Pemerintah meminta agar para Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS tidak khawatir jika dipindahkan ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Sebab saat dipindahkan nanti, pemerintah telah merancang dan membangun berbagai fasilitas yang dibutuhkan.

"Kita ini bangun ekosistem juga di sana. Kalau malam-malam cari sesuatu sudah ada di sana," kata Wakil Kepala Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Donny Rahajoe seperti ditulis, Rabu (19/10/2022).

Donny menjelaskan pada tahap pembangunan perdana ini akan dibangun 7 rumah sakit swasta. Salah satunya Rumah Sakit Hermina yang akan mulai beroperasi pada tahun 2024.

"Sudah ada 7 rumah sakit yang mau investasi," kata Donny.

Selain itu, 9 sekolah berstandar internasional juga dibangun yang salah satunya akan dibangun oleh Jakarta Intercultural School (JIS).

Donny mengatakan pada tahap awal, ASN milenial akan menjadi yang perdana dikirim untuk berkantor di IKN Nusantara. Kementerian Keuangan misalnya, akan memindahkan 150 ASN-nya ke IKN Nusantara nanti.

Rencananya, pemindahan ASN ini akan mulai dilakukan pada tahun 2024. Namun pemindahan ini tetap harus menunggu Peraturan Presiden (Perpres) sebagai landasan hukumnya.

"Setelah Perpres keluar, (pembangunan) IKN selesai, ASN kita pindahkan beserta dengan kebutuhan dasarnya," pungkasnya.


Simak Daftar Insentif Pajak Proyek IKN Nusantara, Bikin Investor Ngelirik

Dalam rangka menarik minat para investor, pemerintah membagikan beragam insentif pajak bagi mereka yang menanamkan modalnya untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Wakil Kepala Badan Otorita IKN Nusantara, Donny Rahajoe mengatakan, pemerintah akan memberikan insentif khusus bagi investor di Ibukota baru. Dia memastikaninsentif khusus ini berbeda dengan pengusaha yang berinvestasi di wilayah lain, termasuk di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

"IKN ini insentifnya berbeda dengan insentif biasa yang misalnya di KEK atau di kawasan-kawasan lain," kata Donny seperti ditulis, Rabu (19/10/2022).

Donny menjelaskan Badan Otorita memiliki kewenangan khusus untuk memberikan kepastian investasi di Nusantara. Sehingga pengusaha mendapatkan kepastian hukum dari pintu khusus.

Tak hanya itu, terkait lahan, dia menjamin ketersediaannya sudah tersedia. "Berbeda dengan pengembang-pengembang kota baru atau tempat lain, tanah sudah tersedia," imbuhnya.

Pemerintah juga akan memberikan paket-paket insentif lain seperti insentif pajak, PPN dan PPH yang ditanggung pemerintah. Donny mencontohkan para profesional yang bekerja di IKN dalam waktu tertentu akan dibebaskan pajaknya. Selain itu, pihaknya tengah membahas terkait tax holiday selama mungkin.

"Sedang diskusikan juga tentang tax holiday yang sepanjang-panjangnya. Kita sudah usulkan 30 tahun dan ini akan bila ada kesepakatan kita akan harmonisasi," ungkapnya.

PNS Jual Topi Jungkook BTS yang Ketinggalan

Seseorang Mengaku PNS Jual Topi Diduga Bekas Jungkook BTS Senilai Rp109 Juta

Liputan6.com 2022-10-20 15:03:56
Jungkook BTS di Season's Greetings 2021. (dok. Facebook/bangtan.official)

Apa pun yang menyangkut BTS biasanya laku terjual. Hal itu dimanfaatkan seorang PNS yang mengaku bekerja di Kementerian Luar Negeri Korea Selatan untuk menjual sebuah topi Kangol yang diklaim pernah dipakai Jungkook BTS.

Ia menawarkan barang tersebut lewat sebuah situs jual beli online pada Senin, 17 Oktober 2022. Tidak tanggung-tanggung, ia memasang harga 10 ribu won atau sekitar Rp109 juta untuk topi bekas Jungkook BTS tersebut.

Demi meyakinkan pembelinya, ia juga menunjukkan ID Card yang bertuliskan 'ID pekerja publik'. Dikutip dari laman AllKPop, Kamis (20/10/2022), identitas itu diberikan kepada pekerja sipil yang membantu pekerjaan pejabat publik. Mereka tidak seperti pejabat pemerintah resmi yang tunduk pada UU Kepegawaian, individu itu terikat pada UU Standar Ketenagakerjaan.

Orang itu lalu menjelaskan bagaimana ia mendapatkan topi tersebut. Menurutnya, Jungkook meninggalkan topi itu di Departemen Paspor di Kantor Kementerian Luar Negeri. "Jungkook meninggalkan topi itu di ruang tunggu pada tahun lalu saat BTS mengunjungi departemen paspor secara rahasia untuk membuat paspor diplomatik.

Ia juga menjelaskan bagiamana bisa memiliki topi tersebut. "Tidak ada telepon ataupun kunjungan dalam enam bulan yang mencari barang tersebut meski telah dilaporkan ke yang bersangkutan. Jadi, orang yang menemukannya bisa memilikinya."

Dalam kolom deskripsi, orang itu mengklaim bahwa bucket hat Kangol itu pernah dipakai Jungkook. "Barang ini sangat bisa digunakan. Ini adalah sesuatu yang sangat berharga yang tidak bisa kamu dapatkan dengan uang. Diia penyanyi terkenal di seluruh dunia, jadi saya prediksi nilainya akan terus naik."


Dinilai Tidak Pantas

Di Korea Selatan, seseorang yang menemukan barang yang tertinggal wajib melaporkannya ke kantor polisi dalam tujuh hari, atau mengirimkan barang yang ditemukan ke petugas berwajib. Orang yang menemukan barang tersebut tidak otomatis bisa memilikinya bila ia terus menyimpan barang yang ditemukan tanpa melaporkannya atau bahkan jika pemiliknya tidak muncul setelah barang tersebut diserahkan ke polisi.

Tidak diketahui pasti apakah si penemu topi Jungkook itu melaporkannya ke polisi. Karena itu, banyak yang mengkritik tindakan si penemu. Seung Jae Hyeon, seorang peneliti di Institut Kebijakan Peradilan Pidana Korea mengatakan, "Bahkan bila pegawai Kementerian Luar Negeri menghubungi Jungkook dan mendapatkan izin untuk memilikinya, tidak pantas secara moral untuk menjualnya."

"Terlebih lagi jika orang tersebut mencoba mendapatkan keuntungan yang tidak adil dengan menawarkannya seharga 10 juta won," ia menambahkan.

Pendapat Jae Hyeon juga diamini warganet. "Ini mungkin tidak ilegal, tapi ini jelas salah secara moral," tulis seorang warganet.


Diragukan Warganet

Netizen juga berpendapat bahwa lebih tepat bagi si penemu untuk mengirim kembali topi itu ke HYBE, agensi yang menaungi Jungkook, alih-alih menyimpannya dan bahkan menjualnya.

"Mereka tahu itu topi Jungkook BTS. Dia bisa mencari alamat perusahaan HYBE juga jika dia mencari secara online. Dia seharusnya mengirimnya melalui surat atau pergi ke perusahaan dan menyuruh mereka kembali. itu untuk Jungkook." imbuh yang lain.

Sementara, sebagian meragukan klaim dari si penjual. "Aku punya topi yang sama, mungkin aku bisa bilang Jungkook memakainya juga," sindir warganet berbeda.

Di sisilain, Jungkook BTS baru saja menyelesaikan konser gratisnya bersama keenam anggota lainnya yang berlangsung di pada 15 Oktober 2022, di Busan, Korea Selatan. Konser itu digelar untuk mempromosikan Busan sebagai tuan rumah World Expo pada 2030.

Itu menjadi pertunjukan terakhir BTS sebelum mereka satu per satu menjalani wajib militer. Mereka baru akan kembali bersama pada 2025. Anggota tertua, Kim Seok-jin yang dikenal sebagai Jin BTS, akan memulai proses pendaftaran wamil segera setelah akhir Oktober.


Wamil

Melansir dari laman Allkpop, Senin, 17 Oktober 2022, Big Hit Entertainment mengatakan dalam pernyataan melalui Weverse bahwa anggota lain akan mengikuti berdasarkan rencana individu mereka dan bahwa waktunya tidak pasti. Hal tersebut mengejutkan penggemar yang kebanyakan bersedih.

Army, sebutan untuk para fans vokal grup bernama lengkap Bangtan Boys itu memberikan komentar mereka melalui media sosial. Hal ini dibuktikan setelah berapa menit diumumkan langsung menjadi trending.

Melaui media sosial Twitter, Army memberikan komentar mereka melalui tagar #WeLoveYouJin. Banyak penggemar yang merasa sedih karena harus berpisah dengan idola mereka dalam waktu yang cukup lama. Namun, tidak sedikit juga yang merasa senang dan bangga karena ditengah kesibukan dan prestasi yang diberikan oleh BTS, setiap anggota dapat melaksanakan kewajiban mereka sebagai warga negara yang baik.

Selain ARMY yang bersedih karena BTS wamil hingga tiga tahun ke depan, hal ini juga membuat Korea Selatan dan Hybe khususnya merugi. Berdasarkan angka, Hyundai Research Institute pada 2018 melaporkan bahwa BTS berkontribusi lebih dari 3,6 miliar dollar (Rp56 triliun) untuk ekonomi Korea Selatan setiap tahunnya. Hal tersebut ditaksir setara dengan kontribusi 26 perusahaan menengah Korea.

Mendagri Inggris Mundur Karena Salah Kirim Email

Baru 43 Hari Menjabat, Mendagri Inggris Suella Braverman Mundur Gara-Gara Salah Kirim Email

Liputan6.com 2022-10-20 17:29:20
Menteri Dalam Negeri Inggris Suella Braverman mengundurkan diri. (AP)

Perdana Menteri Inggris Liz Truss menunjuk Suella Braverman sebagai Menteri Dalam Negeri dalam kabinet pemerintahannya. Namun, baru menjabat selama 43 hari, Suella Braverman mengundurkan diri dari jabatannya pada Rabu 19 Oktober waktu setempat.

Pengunduran diri Braverman dilakukan gara-gara ia membagikan dokumen resmi dari email pribadinya. Braverman merupakan sosok eksentrik dari sayap kanan Partai Konservatif yang berkuasa.

Dalam surat pengunduran diri kepada PM Liz Truss yang diunggah di Twitter, Braverman menulis bahwa sebelumnya dia mengirim dokumen resmi dari email pribadinya ke kolega parlemen yang terpercaya. "Ini merupakan pelanggaran teknis terhadap aturan. Namun, saya harus pergi," kata dia, seperti dikutip dari Anadolu, Kamis (20/10/2022).

"Sebagai menteri dalam negeri, saya memegang standar tertinggi dan pengunduran diri saya adalah hal yang benar untuk dilakukan. Urusan pemerintah bergantung pada orang-orang yang bertanggung jawab atas kesalahan mereka," imbuhnya.

Namun, Braverman kemudian berkomentar mengenai pemerintahan Truss. "Kita sedang melalui masa yang penuh gejolak. Saya khawatir tentang arah pemerintah ini."

Menurutnya, pemerintah Inggris saat ini tidak hanya melanggar janji utama kepada para pemilihnya, tetapi Braverman juga memiliki keprihatinan serius tentang komitmen pemerintah untuk memenuhi janjinya, seperti mengurangi jumlah migrasi secara keseluruhan dan menghentikan migrasi ilegal, terutama penyeberangan kapal kecil yang berbahaya.


Mendagri Inggris yang Baru

Setelah pengunduran diri Braverman, Truss menunjuk mantan Menteri Transportasi Grant Shapps sebagai menteri dalam negeri yang baru.

Jumat lalu, Truss terpaksa memecat Menteri Keuangan Inggris Kwasi Kwarteng, setelah anggaran mini, yang didominasi oleh pemotongan pajak yang besar dan tidak didanai, menyebabkan kekacauan di pasar keuangan.

Truss kemudian menunjuk Jeremy Hunt sebagai menteri keuangan yang baru.

Sejak menjabat, Hunt yang merupakan mantan menteri budaya, kesehatan, dan luar negeri membalikkan hampir semua pemotongan pajak dalam anggaran untuk mengatasi masalah khusus perekonomian.


PM Liz Truss Minta Maaf

Sebelumnya Perdana Menteri Inggris Liz Truss meminta maaf atas kesalahan dalam programnya yang menyebabkan kepercayaan investor menguap dan peringkat jajak pendapatnya turun sebelum hampir semuanya akhirnya dihancurkan pada Senin (17 Oktober). Meski begitu, ia mengatakan bahwa dia tidak akan mundur.

"Saya ingin menerima tanggung jawab dan meminta maaf atas kesalahan yang telah dibuat," kata Truss kepada BBC.

"Saya ingin bertindak tetapi untuk membantu orang-orang dengan tagihan energi mereka untuk menangani masalah pajak yang tinggi, tetapi kami bertindak terlalu jauh dan terlalu cepat."

Dilansir Channel News Asia, Rabu (19/10/2022), Menteri Keuangan Jeremy Hunt, yang diangkat pada hari Jumat setelah Truss memecat sekutu dekatnya Kwasi Kwarteng, membuang papan utama yang tersisa dari agenda pemotongan pajaknya pada hari Senin, termasuk mengurangi skema dukungan energinya yang besar.

Setelah itu, Truss pun mengatakan bahwa ia akan bertanggung jawab atas kebijakan yang ia buat.

"Akan sangat tidak bertanggung jawab bagi saya untuk tidak bertindak demi kepentingan nasional seperti yang saya lakukan," katanya.

"Benar bahwa kami mengubah kebijakan."


Kemungkinan Pemberontakan di Parlemen

Liz Truss, yang menjadi pemimpin kurang dari enam minggu lalu, menghadapi kemungkinan pemberontakan dari anggota parlemennya segera minggu ini, menurut laporan.

Sebuah jajak pendapat baru pada hari Senin menunjukkan Partai Konservatif membuntuti Partai Buruh sekitar 36 persen, dan lima anggota parlemen Tory telah secara terbuka menyerukan pengunduran diri Truss.

"Mereka benar-benar ingin dipukul, terus terang, pada pemilihan berikutnya ... Dan saya pikir itu akan menjadi pendorong besar untuk mengubah pemimpin dengan benar," kata Associate Professor Rob Manwaring dari Sekolah Tinggi Bisnis, Pemerintahan dan Hukum di Universitas Flinders.

Kesempatan Truss di kantornya terbatas karena partainya berjuang untuk mencari pengganti, setelah kehilangan kepercayaan dan kepercayaan dari komunitas bisnis dan ekonomi.

"Satu-satunya hal yang mungkin akan membuatnya tetap menjabat lebih lama, adalah sampai Konservatif dapat menjawab pertanyaan ini tentang siapa yang akan menjadi penerus yang jelas," kata Assoc Prof Manwaring.

Ngambek karena Tidak Dimainkan MU

Cristiano Ronaldo Ngambek karena Tidak Dimainkan MU, Erik Ten Hag: Besok Saya Urus!

Liputan6.com 2022-10-20 13:38:44
Reaksi pemain Manchester United, Cristiano Ronaldo, saat pemanasan menjelang pertandingan melawan Tottenham Hotspur pada Liga Inggris 2022/2023 di Stadion Old Trafford, Kamis (20/10/2022) din

Cristiano Ronaldo kembali jadi penghangat bangku cadangan saat Manchester United bertemu Tottenham Hotspur dalam lanjutan Liga Inggris, Kamis (20/10/2022). Pemain asal Portugal itu sama sekali tidak mendapat kesempatan tampil hingga peluit panjang.

Ronaldo kesal. Pada menit ke-88 mantan pemain Real Madrid itu memilih 'kabur' ke ruang ganti pemain. Sementara Setan Merah akhirnya berhasil menutup pertandingan dengan kemenangan 2-0.

Manajer MU, Erik Ten Hag, menyadari hal ini. Namun dia tidak langsung bereaksi. Pelatih asal Belanda itu lebih memilih diam dan membiarkan Ronaldo meninggalkan lapangan sebelum laga usai.

"Saya sudah bertemu dia. Saya belum berbicara kepadanya setelah itu. Saya akan mengurus itu besok," kata Ten Hag kepada Amazon.

Tingkah Ronaldo memang tidak berpengaruh hasil akhir pertandingan. Namum menurut pengamat sepak bola, Alan Shearer, kepada BT Sport, tindakan itu bakal membebani Ten Hag karena fokus jurnalis bakal beralih dari penampilan MU ke CR7.

"Itu (dibangku cadangkan) adalah situasi yang sulit bagi dia (Ronaldo). Kita bicara tentang pemain terbaik di dunia, mungkin yang terbaik yang pernah kita lihat. Dari sudut pandang ini, jelas itu membuatnya terkekan," kata Shearer.

"Tapi itu juga memberi tekanan kepada manajer karena dia pasti akan ditanya soal kejadian itu saat jumpa pers," bebernya.


Alasan Ten Hag

Tahun ini, Cristiano Ronaldo memang tengah mengalami musim yang sulit. Posisinya di tim Setan Merah tidak seperti dulu. Posisinya di tim inti Setan Merah belakangan sudah semakin tidak diperhitungkan.

Pada pertandingan melawan Tottenham Hotspur, Ronaldo kembali tidak mendapat peran. Dia ditempatkan di bangku cadangan meski punya rekor gemilang saat bertemu Spurs dengan 14 gol dari 20 laga.

Dalam laga ini, Ten Hag lebih percaya kepada Marcus Rahsford. "Anda memilih line up pemain yang menurut Anda bisa memenangkan pertandingan, dan Anda punya game plan," kata Ten Hag soal ini.

"Cristiano Ronaldo adalah pemain penting dan dia bisa mencetak gol, dia akan datang dan bisa membuat perbedaan," beber mantan pelatih Ajax Amsterdam tersebut menambahkan.


Utamakan Kepentingan Tim

Ten Hag mengaku sudah sering berhadapan dengan situasi seperti ini. Sebagai pelatih, pria berusia 52 tahun tersebut mengaku harus mengutamakan kepentingan tim ketimbang keinginan personal pemain.

"Saya harus berhadapan dengan ekspektasi para pemain, dan saya harus berurusan dengan pengembangan tim. Anda harus membuat game plan," kata Erik Ten Hag.

"Tottenham tim yang bagus, kompak, tim transisi dengan intensitas tinggi dan saya pikir ini adalah cara terbaik untuk memulai seperti ini. Anda harus banyak berlari di belakang, lebih dinamis di depan."


Persaingan di Liga Inggris

Respon Raja Charles Saat Ditanya Usia

Respons Raja Charles III Saat Bocah SD Tanya Usianya

Liputan6.com 2022-10-20 14:02:00
Raja Charles III disambut saat ia tiba untuk bertemu dengan anggota dan staf asosiasi "Project Zero", sebuah organisasi yang didedikasikan untuk melibatkan kaum muda dalam kegiatan positif, m

Raja Charles III tahu persis apa yang harus dikatakan kepada seorang murid yang penasaran. Raja berusia 73 tahun tersebut terlihat berkunjung ke London Timur pada Selasa, 18 Oktober 2022.

Dikutip dari People, Rabu (19/10/2022), Raja Charles III yang ditemani Permaisuri Camilla mengunjungi Project Zero Walthamstow, sebuah organisasi anak muda yang mempromosikan inklusi sosial yang positif. Saat berjalan ke tengah, dia mengobrol dengan anak-anak lokal dari Sekolah Dasar Barn Croft.

Bocah-bocah tersebut tampak bersemangat mengibarkan bendera Union Jack. Seperti yang terlihat dalam video yang dibagikan ke Twitter oleh Rhiannon Mills dari Sky News, Raja Charles III bertanya kepada anak-anak tentang istirahat paruh waktu mereka yang akan datang.

Saat itu, ada seorang siswa yang bertanya kepada Raja Charles III, "Berapa umurmu, Raja Charles?" "Kamu bisa menebak, kamu bisa menebak," jawab sang raja yang akan merayakan ulang tahunnya ke-74 bulan depan, sembari tertawa.

Charles juga tampak berbicara kepada para guru di tengah kerumunan. "Apakah liburan musim panas Anda menyenangkan, saya harap begitu, Anda juga sangat membutuhkannya," tambahnya sambil tersenyum.

Sementara, Charles dan Camilla diundang untuk mengunjungi Project Zero oleh Project Zero Youth Champion Rico Thai-Richards di acara Big Lunch di Platinum Jubilee Ratu Elizabeth pada Juni 2022. Para bangsawan belajar lebih banyak tentang pekerjaan penting kelompok pemuda melalui percakapan dengan Thai-Richards, Stephen Barnabis, pendiri dan manajer operasional Project Zero, dan Conor Ellis, koordinator peluang proyek, dan mengunjungi ruang yang semarak.


Project Zero

Project Zero didirikan oleh Barnabis pada 2019 untuk bekerja menuju "tahun tanpa kematian anak muda karena knife crime (tindak pidana yang dilakukan dengan menggunakan pisau sebagai senjata) atau kekerasan pemuda," menurut organisasi tersebut. Barnabis mendirikan organisasi itu berangkat dari pengalaman mengerikan yang dialami sepupunya yang terbunuh oleh kejahatan pisau di usia 16 tahun pada 2004.

Kini, Project Zero menawarkan sejumlah klub mingguan, acara, workshop, dan program liburan khusus. Mereka memberikan anak-anak dan remaja tempat yang aman untuk pergi sepulang sekolah, tempat mereka dapat menikmati makanan hangat.

Organisasi ini menyambut orang-orang muda dari latar belakang yang kurang beruntung atau dianggap berisiko terlibat dengan geng, eksploitasi seksual, dan pengucilan dari sekolah. Program Project Zero dirancang untuk meningkatkan kepercayaan diri dan mendukung mereka di jalan menuju pekerjaan, terutama untuk kulit hitam, Asia, dan minoritas lain yang kurang terwakili dalam profesi tertentu.

Untuk itu, Charles dan Camilla, bertemu dengan staf Project Zero yang menjalankan program digital, coding, dan musik. Pasangan itu menemui mereka yang berada di balik layanan kesehatan mental dan dukungan yang ditujukan untuk perempuan dan anak perempuan.


Ragam Proyek

Para bangsawan senior dapat melihat beberapa hal menarik dan menyenangkan di Project Zero, dari proyek seni hingga pelatihan tinju. Raja Charles III juga bertemu perwakilan dari Waltham Forest College, yang menjalankan program The Prince's Trust Team.

Charles dan Camilla kemudian menghabiskan waktu dengan perwakilan dari Klub Sepak Bola Leyton Orient. Ini adalah tim sepak bola profesional yang turut berkontribusi kepada komunitas London Timur melalui kemitraannya dengan Project Zero.

Sementara, tanggal penobatan Raja Charles III sudah ditandai di kalender keluarga kerajaan. Istana Buckingham mengumumkan Selasa, 11 Oktober 2022, bahwa Raja baru akan secara resmi dinobatkan pada 6 Mei 2023, hari yang sama saat cucunya Archie Harrison merayakan ulang tahunnya yang ke-4.

Tanggal penobatan lebih awal daripada yang banyak spekulasi, karena banyak yang percaya bahwa Raja Charles III akan memilih 2 Juni untuk menghormati tanggal penobatan Ratu Elizabeth pada 1953. "Penobatan akan mencerminkan peran raja hari ini dan melihat ke masa depan, sambil berakar pada tradisi lama dan arak-arakan," kata istana dalam sebuah pernyataan.


Penobatan Raja Charles III

Istana menambahkan bahwa Ratu Camilla akan dimahkotai bersama suaminya. Sesuai dengan tradisi kerajaan, upacara akan dimulai di Westminster Abbey di London, tempat raja-raja Inggris telah dimahkotai selama 900 tahun terakhir.

Penobatan tersebut menandai kedua kalinya sebuah tonggak kerajaan jatuh pada akhir pekan dengan ulang tahun untuk salah satu anak Pangeran Harry dan Meghan Markle. Selama musim panas, putri mereka Lilibet berusia 1 tahun pada 4 Juni 2022, hari ketiga akhir pekan Platinum Jubilee Ratu Elizabeth.

Duke dan Duchess of Sussex mengundang teman dekat dan keluarga untuk berkumpul untuk "piknik santai dan intim di halaman belakang" di rumah Frogmore Cottage mereka dan berbagi foto baru putri mereka (memamerkan rambut merahnya) untuk merayakan acara tersebut.

Sumber kerajaan mengonfirmasi kepada People bahwa Raja Charles III menikmati kunjungan "emosional" dengan cucu-cucunya. "Itu adalah kunjungan yang fantastis. Ia (Charles) senang melihat cucunya dan bertemu cucunya untuk pertama kalinya," kata sumber itu.

Tiket Meet and Greet YouTuber Ludes dalam 1 Jam

YouTuber Amelia Tantono Gelar Meet and Greet dengan Para Followers, Tiket Ludes Terjual Dalam 1 Jam

Liputan6.com 2022-10-18 09:18:19
Amelia Tantono sapa penggemar di Indonesia (foto: istimewa)

Amelia Tantono sedang berada di Indonesia. Ia memutuskan untuk pulang kampung setelah lama menetap di Korea Selatan.

YouTuber yang dikenal dengan nama Amelicano mencuri perhatian penggemar KPop dan drama Korea usai berakting bersama aktor muda Ji Soo.

Di Korea Selatan, alumni Universitas Kyungsung Busan, Korea Selatan, rutin memproduksi konten video kesehariannya. Tak disangka, dara kelahiran Lampung, 1 Desember 1991 kebanjiran subscriber.

"Subscriber aku 545 ribu sekarang, banyak sekali yang tertarik melihat seperti apa sih kehidupan aku di Korea," kata Amelia Tantono saat ditemui di CGV Blitz, Grand Indonesia, akhir pekan lalu.


Tiket Ludes Terjual

Dalam rangka edisi pulang kampung ini, Amelia Tantono meluangkan waktunya untuk dapat bertemu dengan para subscribers dan followersnya dengan mengadakan Meet and Greet yang di-arrange oleh Magnifique Organizer.

Yang membanggakan, tiket Meet and Greet yang dijual di e-commerce Blibli.com dalam waktu 1 jam sudah laris terjual. Acara Meet and Greet ini diselenggarakan di CGV, Grand Indonesia.


Sebagai Jembatan

Amelia Tantono membawa angin segar untuk para UMKM di Korea yang ingin mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

"Ajang Meet and Greet ini diadakan sebagai salah satu upaya untuk menjadi jembatan antara Korea Selatan dan Indonesia," dia menjelaskan.


Senang Kembali ke Indonesia

Amelia Tantono mengungkapkan, bahwa Ia sangat senang dan antusias bisa pulang ke Indonesia setelah hampir 2,5 tahun ia tidak pulang.

"Aku berencana untuk membuat konten-konten menarik seputar Korea untuk penonton di Indonesia dan meet-up event untuk membantu masuknya budaya Korea serta UMKM Korea yang ingin mengembangkan bisnisnya ke Indonesia," dia memungkasi.

Agustusan 2024 Bukti IKN Bukan Mimpi Belaka?

HEADLINE: Target Agustusan 2024 di IKN Nusantara, Pindah Ibu Kota Negara Kian Nyata?

Liputan6.com 2022-10-21 00:00:59
Titik Nol IKN Nusantara yang kini disulap menjadi lebih cantik. (foto: Abdul Jalil)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali berbicara soal target pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebagai kota modern pada bulan Agustus 2024. Jokowi bahkan menargetkan ingin melaksanakan Upacara HUT ke-79 RI digelar di halaman Istana Kepresidenan yang ada di IKN.

Dia meyakini hal ini akan menjadi semangat bagi semua masyarakat Indonesia, apabila benar terwujud. Namun, kata Jokowi, semua masyarakat harus bergotong royong dalam pembangunan IKN. Ia menyampaikan bahwa pembangunan IKN merupakan agenda besar pemerintah yang dilakukan untuk kemajuan negara dan bangsa.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) tidak perlu diragukan lagi. Menurutnya, pemindahan ibu kota negara ke IKN Kalimantan Timur sudah memiliki payung hukum jelas dan UU IKN telah disetujui oleh mayoritas fraksi di DPR.

Menanggapi hal itu, Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio menilai, pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebagai kota modern sejatinya tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat. Menurutnya, pemindahan IKN masih membutuhkan banyak waktu agar bisa dapat dihuni dan masuk ke wilayah IKN tersebut.

"Saya setuju (pembangunan IKN), tapi tidak dalam waktu lima tahun kedepan. karena memindahkan IKN bukan seperti memindahkan nasi ke satu piring. oleh karenanya terkait pemindahan ini masih membutuhkan banyak waktu sampai bisa dihuni dan masuk," Kata Agus kepada Liputan6.com Kamis, (20/10/2022)

Adapun terkait progres pembangunan IKN di Kalimantan sendiri, Agus menerangkan bahwa saat ini belum ada progres yang berjalan dan hanya progres pembangunan jembatan dan waduk sedangkan untuk yang lainnya masih belum ada progres.

"Ya enggak ada (Progres). saya sudah lima kali ke sana dan tidak ada progres. progresnya itu hanya pembangunan jembatan dan waduk yang sudah selesai, yang lainnya itu belum," Ujarnya

Selain itu, Agus juga menyinggung soal rencana pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-79 pada tahun 2024 yang ditargetkan Presiden akan dilaksanakan di IKN. Dia mengungkapkan bahwa rencana tersebut sepertinya sulit untuk dapat dilaksanakan pada tahun tersebut. Mengingat kondisi tanah dan ruangnya yang tergolong sempit.

"Upacaranya Dimana? kondisi titik nol IKN tidak rata tanahnya dan sempit. Kalaupun dipercepat tentunya akan berdampak pada kualitas pembangunannya sendiri. Karena, tidak mematuhi pakem atau aturan tentang pertanahan yang pada akhirnya akan membuat kerusakan seperti halnya jalan-jalan yang ada," Kata Agus

Ketika disinggung soal realisasi pemindahan IKN. Agus juga menerangkan bahwa sesungguhnya pemindahan IKN hingga saat ini masih belum jelas dan programnya dinilai masih sekilas pemanggilan-pemanggilan investor dan belum pada tindakan yang nyata.

"Masih belum jelas!, karena programnya apa? hanya melakukan pemanggilan investor, tetapi sampai sekarang kenyataannya masih belum ada dan semua (pembangunan) masih menggunakan APBN," Tambahnya.

Terakhir, Agus menegaskan bahwa skema pemindahan IKN sendiri sejatinya harus dapat memenuhi faktor kebutuhan hidup seperti halnya transportasi dan makanan yang juga menjadi hal penting dalam pemindahan IKN sendiri.

"Manusia itu butuh penyokong hidup, kalau hal itu tidak ada maka akan susah. dan pastinya semua orang punya batas kesabaran dan batas survival hidup, jika hal itu juga tidak ada maka akan seperti apa IKN ini?," Jelas Agus.

Sementara itu, Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah, menilai adanya penggaungan kembali soal target pemindahan IKN dan pelaksanaan upacara HUT RI ke-79 di tahun 2024, merupakan bentuk kepanikan yang dialami oleh Presiden Jokowi. Mengingat, Adanya keragu-raguan yang diwacanakan Jokowi terkait pembagunan IKN di Kalimantan sejak Undang-Undang IKN ditetapkan.

"Menurut saya ini adalah suatu kondisi yang dimana saya melihat Presiden dalam kondisi panik. Dimana di pidatonya Presiden dalam penyampaiannya ada keragu-raguan yang sedang dialami terkait target yang sudah ditetapkan sejak awal dan sejak Undang-Undang IKN Ditetapkan. Keraguan itu terletak pada Apakah sesuai target atau tidak?," kata Trubus kepada Liputan6.com Kamis, (20/10/2022)

Terkait progres pembangunan IKN, Trubus menyebut bahwa pembangunan IKN sendiri belum berjalan karena masih tersendat pada pencarian investor dan juga bergantungnya pembangunan pada APBN. "Progresnya belum berjalan karena masih bergantung pada APBN bukan pada investor," Ujarnya

Lebih lanjut, kata Trubus, pada kenyataannya pembangunan IKN masih belum ada perkembangan yang signifikan, terlebih jika merinci pada target pemindahan di tahun 2024 dan masih jauh dari target.

"Saya melihat justru belum banyak berkembang. Kecuali hanya infrastruktur jalan saja yang sudah. Tapi, jika merinci pada target yang disebut IKN belum dan itu masih jauh," kata Trubus.

Trubus juga menilai terkait konsep hutan kota IKN di Kalimantan yang direncanakan sebelumnya. Menurutnya, konsep tersebut justru berbanding terbalik dengan kenyataan yang ada. Terlebih hal ini menyangkut soal lingkungan.

"Jadi saya melihat terkait konsep ini (Hutan Kota IKN) agak berbanding terbalik dengan kondisi yang ada. Nantinya akan berisiko merusak lingkungan yang ada. Tidak hanya itu, hal ini juga berpotensi memicu adanya konflik agraria yang terjadi dengan penduduk setempat," Jelas Trubus.

Berbeda dengan sebelumnya, Pengamat Tata Kota Yayat Supriatna menyambut positif soal target pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebagai kota modern pada bulan Agustus 2024, yang sebelumnya telah digemborkan oleh pemerintah.

Ia menilai hal tersebut adalah sebagai bukti bahwa adanya kepastian untuk menetapkan langkah-langkah pembangunannya, khususnya terkait dengan investasi.

"Kepastian (waktu) itu penting untuk menetapkan langkah-langkah perencanaan. Karena IKN otomatis membutuhkan kepastian waktu, dan karenanya juga terkait investasi. Investor akan masuk jika melihat perkembangan IKN cepat terwujud dan daya tariknya pun tumbuh," kata Yayat kepada Liputan6.com Kamis, (20/10/2022)

"Bagi Jokowi hal tersebut sangat penting, terlebih soal visi untuk mempunyai IKN. Dalam konteks ini, IKN bukan berarti hanya dimiliki oleh seseorang melainkan karya bersama yang diawali oleh keberanian Presiden untuk mengambil keputusan," Lanjutnya.

Lebih lanjut, kata Yayat, Progres pembangunan IKN sendiri sudah banyak dilakukan dari mulai rencana tata ruang di pusat pemerintahan IKN hingga pembangunan insfrastruktur kota.

"Dari sisi rencana tata ruang sudah hampir selesai ditandatangani, khususnya di empat wilayah perencanaan. yang kedua dari sisi infrastruktur, jalan-jalan sudah dibangun waduk air sudah diselesaikan. Jadi langkah awalnya sudah dilakukan," Ujar Yayat

Kendati demikian, dalam langkah untuk mewujudkan bentuk atau tatanan kota secara keseluruhan, Yayat menjelaskan bahwa hal tersebut sejatinya memang memakan waktu yang panjang bahkan ditaksir sampai 25 hingga 30 tahun. Tetapi untuk menyampai tahun-tahun tersebut dibutuhkan tahun pertama dan kedua agar progresnya dapat terealisasi.

"Untuk mewujudkan suatu kota membutuhkan sekitar 25 hingga 30 tahun. Tetapi untuk mencapai 25 tahun itukan butuh tahun pertama untuk membangun kantor-kantor pemerintah," Jelas Yayat.

Sementara itu, Pengamat Tata Kota Nirwono Yoga, menerangkan bahwa terkait target pemerintah soal pelaksanaan upacara HUT RI ke-79 yang rencananya akan dilangsungkan di IKN. Menururtnya, hal tersebut bisa saja terjadi. Terlebih, dalam prosesi upacara yang dibutuhkan hanya cukup kota mini yang kapasitasnya sesuai dengan pesertanya.

"Kalau 'hanya' melaksanakan upacara 17 Agustus 2024 mestinya bisa, karena yang dibutuhkan cukup kota mini/kota butik yg terdiri dari lapangan rumput yang luas (sesuai kapasitas peserta upacara yg dibutuhkan hadir), infrastruktur jalan utama (sumbu kebangsaan), kantor bersama pemerintahan, serta apartemen/rusun ASN terbatas (6000) yg bisa selesai dikejar dibangun sampai dengan juni/juli 2024," kata Nirwono kepada Liputan6.comKamis, (20/10/2022).

Namun, ketika disinggung soal pembangunan konsep kota hutan IKN, Nirwono menjelaskan bahwa konsep hutan kota IKN sendiri masih perlu adanya pendalaman soal spesifikasi dari konsepnya sendiri, misalnya konsep kota hutan tropis atau yang lainnya.

"Dimana dalam konsep hutan kota tropis, dengan kondisi hutan seluas 65 persen dari luas total wilayah IKN dapat dikembangkan sebagai carbon sink yg dapat dinilai/dibeli dalam skema carbon trading dan didukung pusat inovasi teknologi di bidang bio farmasi dan pangan, fasilitas pendidikan dan penelitian terhadap plasma nutfah hutan, industri farmasi dan pangan, fasilitas layanan dan pendidikan kesehatan dan kedokteran (wisata kesehatan dunia)," Ujarnya.

Sehingga konsep hutan yang dimaksud tidak hanya memiliki nilai lingkungan yang tinggi melainkan juga memiliki nilai ekonomi dan sosial yang tinggi.

"tidak sekadar hijau/hutan saja tetapi memiliki nilai ekonomi sosial dan lingkungan yg sangat tinggi untuk kesejahteraan masyarakat dan kota IKN," Jelas Nirwono.

Di sisi lain, Anggota Komisi V DPR RI, Nurhayati memberikan tanggapan soal rencana pelaksanaan Upacara HUT RI ke-79 yang bakal digelar di IKN pada tahun 2024. Menururtnya, langkah tersebut boleh saja dilakukan. Tetapi, harus dipastikan dengan rencana yang baik dan tidak menghamburkan anggaran.

"Boleh-boleh saja jika ingin merayakan dimana-pun. Asal memang direncanakan dengan baik dan tidak menghambur-hamburkan uang karena kebutuhan transportasi dan akomodasi," kata Nurhayati kepada Liputan6.com, Kamis (20/10/2022).

Meski demikian, Nurhayati menyebut semakin ketatnya APBN dan bayang-bayang resesi serta dampak dari pandemi covid-19 dan kenaikan BBM. Maka, apakah hal itu masih perlu dan harus dilakukan dari pada berpikir hemat demi kepentingan ekonomi masyarakat.

"Semakin mahalnya semua kebutuhan pokok efek dari naiknya BBM, Apakah hal itu masih harus dilakukan? atau kita berpikir hemat saja dengan memberikan bantuan kepada masyarakat?," Ujarnya.


Jokowi Gandeng Tony Blair Promosikan IKN ke Dunia Internasional

Diberitakan sebelumnya, keseriusan soal target pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) serta pemindahannya juga melibatkan tokoh internasional. dan tak tanggung, Presiden Jokowi menggandeng Tony Blair yang merupakan mantan Perdana Menteri (PM) Britania Raya untuk ikut serta dalam proses pembangunan IKN.

Presiden Jokowi belum lama ini menerima kedatangan Dewan Penasihat Ibu Kota Nusantara (IKN) Tony Blair di Istana Merdeka, pada Rabu, 19 Oktober kemarin.

Luhut menjelaskan bahwa pertemuan tersebut membahas mengenai perencanaan pemindahan ibu kota baru. Jokowi meminta Tony Blair turut serta dalam agenda tersebut dengan membantu mempromosikan IKN ke dunia internasional.

"Presiden minta Tony Blair dan Tony Blair kebetulan menawarkan diri juga untuk membantu promosikan ibu kota baru ini ke internasional," ujar Luhut dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Rabu 19 Oktober 2022.

Dia mengatakan, Tony Blair juga menyampaikan sejumlah pemikiran terkait strategi promosi yang dapat dilakukan pemerintah Indonesia.

Tony Blair menyebut pemerintah dapat melakukan promosi ke beberapa negara lain. Misalnya, pemerintah Persatuan Emirat Arab (PEA) dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT), serta sejumlah perusahaan asing di kawasan Asia untuk berinvestasi di IKN.

"Tadi pikiran dari Pak Tony Blair, pengusaha dari pemerintah maksudnya dari Uni Emirat Arab dengan Tiongkok. Kemudian tadi Saudi dengan Korea itu joint company," jelas Luhut.

Luhut menuturkan, nantinya selain perusahaan asing, perusahaan dari Indonesia juga akan turut berkontribusi dalam pembangunan IKN dengan menanamkan modalnya di sana.

"Perusahaan dari Indonesia itu nanti bahu-membahu dalam membangun IKN karena pembangunan ini bukan hanya gedungnya saja, tetapi seperti Presiden sampaikan, termasuk juga kepada rohnya," tutur dia.

Luhut menyebut, Tony Blair sangat puas dengan paparan dan materi yang disajikan dalam kegiatan Ibu Kota Nusantara Sejarah Baru Peradaban Baru yang digelar tadi Senin, 18 Oktober 2022.

Termasuk, kehadiran Presiden Jokowi yang turut menyampaikan sambutan serta ajakan kepada para investor untuk berinvestasi di IKN.

"Tony Blair sangat puas sekali dengan apa yang disajikan tadi malam oleh panitia juga Presiden hadir di sana, launching IKN ya," pungkas Luhut.

ASN Milenial Pindah ke IKN Nusantara?

Sementarta itu, Pemerintah juga meminta agar para Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS tidak khawatir jika dipindahkan ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Sebab saat dipindahkan nanti, pemerintah telah merancang dan membangun berbagai fasilitas yang dibutuhkan.

"Kita ini bangun ekosistem juga di sana. Kalau malam-malam cari sesuatu sudah ada di sana," kata Wakil Kepala Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Donny Rahajoe seperti keterangan tertulisnya, pada Rabu 19 Oktober 2022.

Donny menjelaskan pada tahap pembangunan perdana ini akan dibangun 7 rumah sakit swasta. Salah satunya Rumah Sakit Hermina yang akan mulai beroperasi pada tahun 2024.

"Sudah ada 7 rumah sakit yang mau investasi," kata Donny.

Selain itu, 9 sekolah berstandar internasional juga dibangun yang salah satunya akan dibangun oleh Jakarta Intercultural School (JIS).

Donny mengatakan pada tahap awal, ASN milenial akan menjadi yang perdana dikirim untuk berkantor di IKN Nusantara. Kementerian Keuangan misalnya, akan memindahkan 150 ASN-nya ke IKN Nusantara nanti.

Rencananya, pemindahan ASN ini akan mulai dilakukan pada tahun 2024. Namun, pemindahan ini tetap harus menunggu Peraturan Presiden (Perpres) sebagai landasan hukumnya.

"Setelah Perpres keluar, (pembangunan) IKN selesai, ASN kita pindahkan beserta dengan kebutuhan dasarnya," pungkasnya.

Kepala Badan Otoritas Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara, Bambang Susantono menjamin Aparatur Sipil Negara (ASN) dan orang yang dipindahkan ke ibukota baru tidak akan menyesal. Sebab ketika mereka pindah, sejumlah fasilitas telah tersedia selayaknya wilayah perkotaan pada umumnya.

"Sehingga orang yang pindah akan merasa dimanjakan. (Pas) waktu pindah, aduh kok susah. Enggak begitu," kata Bambang saat ditemui di Djakarta Teater, Jakarta Pusat, Selasa 19 Oktober 2022 malam.

Sebaliknya dia ingin masyarakat yang pindah ke IKN lebih dulu merasa diuntungkan. "Kami ingin tekad, orang yang pindah itu bilang, 'Yang Enggak pindah rugi loh'. Itu loh sederhana," imbuhnya.


Skenario Pemindahan ASN ke IKN

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas, mengungkapkan bahwa Pemerintah telah menyiapkan empat skenario pemindahan aparatur sipil negara (ASN) ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Dalam memindahkan ASN ke IKN, pemerintah akan melihat realisasi pembangunan sistem pendukung di IKN.

"Ada (skenario) 1,2,3, dan 4. Kira-kira seperti itu karena nanti fungsi yang pelayanan bisnis bisa masih di Jakarta, tapi fungsi pendukung kebijakan nanti ada di sana," Kata Anas, Rabu, 19 Oktober 2022.

Empat skenario tersebut adalah pertama pemindahan sebanyak 2.000 ASN, kedua sebanyak 5.700 ASN, ketiga sebanyak 60.000 ASN, dan keempat sebanyak 100.000 ASN.

Pemindahan ASN, mulai berjalan di 2024. Sedangkan pemilihan skenario pemindahan tersebut berdasarkan jumlah aparatur atau sumber daya manusia (SDM) ASN terpilih.

Selain itu, dalam memindahkan ASN ke IKN, pemerintah akan melihat realisasi pembangunan sistem pendukung di IKN, seperti penyediaan tata ruang, ketersediaan kantor, dan prioritas dalam urusan pemerintahan.

Saat ini, kata Azwar, pemerintah sedang menyiapkan transformasi secara menyeluruh di IKN, termasuk untuk tata kerja ASN. Dia mencontohkan salah satu bentuk transformasi itu adalah pemangkasan sistem layanan kepegawaian.

"Yang tadinya 11 tahap bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) dipangkas menjadi tiga tahap. Orang mengurus naik pangkat, mutasi, kemudian mau pensiun tidak perlu lama seperti sekarang. Maka perlu transformasi sistem ASN," ujar dia.

Menurut Azwar, pemerintah ingin agar ASN pindah ke IKN dengan senang hati, bukan karena paksaan. Oleh karena itu, pemerintah membangun terlebih dahulu infrastruktur dan daya dukung yang memadai di IKN sebelum terjadi pemindahan ASN.

"Daya dukung pendidikan, kesehatan, dan lingkungan itu menjadi bagian yang tidak terpisahkan," ujarnya.

Azwar mencontohkan bentuk infrastruktur yang memadai itu adalah pembangunan sekolah dari jenjang TK hingga perguruan tinggi dengan kualitas yang baik. Kemudian, fasilitas umum seperti rumah sakit, tempat beribadah, dan fasilitas sosial akan dibangun secara memadai.

"Udaranya bagus, kendaraan tidak ada polusi, dan semuanya listrik. Orang akan pindah ke sana," katanya.

Dia mengharapkan IKN akan benar-benar menjadi kota masa depan yang menarik minat masyarakat untuk pindah.

Pemerintah membangun IKN di Kalimantan Timur dalam empat fase pembangunan dari 2022 hingga 2045. Biaya yang dibutuhkan untuk membangun IKN diperkirakan mencapai Rp466 triliun.

Sebanyak 20 persen dari total kebutuhan biaya tersebut akan bersumber dari anggaran pemerintah, sedangkan 80 persen berasal dari kerja sama dengan investor.