Pertanda Perang Dunia III Sudah Terlihat?

Perang Rusia-Ukraina Disebut Jadi Awal PD III Prediksi Dr. Doom

Liputan6.com 2022-10-21 17:02:17
Petugas pemadam kebakaran bekerja setelah sebuah pesawat tak berawak menghantam gedung-gedung di Kyiv, Ukraina, Senin (17/10/2022). Pesawat tak berawak menghantam sejumlah gedung ibu kota Uk

Ekonom Amerika kelahiran Turki Nouriel Roubini mengatakan minggu ini bahwa perang dingin antara AS dan China memburuk, dan Perang Dunia III telah dimulai.

Roubini menyinggung implikasi lebih luas Perang Rusia-Ukraina, saat membicarakan ketegangan AS-China dan geopolitik global saat berbicara di 2022 Yahoo Finance All Markets Summit (KTT Yahoo Finance All Markets 2022).

Roubini lalu membahas perang yang sedang berlangsung di Eropa timur, dan mengapa dia percaya "ini adalah awal dari sesuatu yang lain."

"Perang Dunia III sudah dimulai. Itu dimulai di Ukraina, karena konflik ini memiliki implikasi yang lebih luas yang melampaui Rusia dan Ukraina," kata Roubini seperti dikutip dari situs Benzinga, Jumat (21/10/2022).

Profesor emeritus di Stern School of Business New York University (Sekolah Bisnis Stern Universitas New York) yang dikenal sebagai "Dr. Doom", sebelumnya secara akurat memprediksi sejumlah peristiwa, termasuk krisis keuangan 2008.

"Eskalasi menjadi perang dunia yang panas, di mana tentara terlibat dalam pertempuran yang bertentangan dengan perang dingin, di mana negara-negara berusaha untuk saling mengalahkan secara politik, akan memicu konfrontasi antara AS dan China mengenai masalah Taiwan," kata Roubini.

Roubini yakin konfrontasi langsung akan terjadi dalam lima sampai 10 tahun ke depan.


Pemicunya

Menurut Roubini, telah dilaporkan secara luas bahwa Presiden China Xi Jinping mengawasi invasi Rusia ke Ukraina dengan cermat untuk membentuk strategi potensial bagaimana merebut kembali Taiwan. Roubini percaya penyatuan kembali China dengan negara kepulauan Asia timur itu adalah prioritas utama Xi yang ia harap dapat menjadi warisannya.

"Alasan mengapa Xi Jinping sekarang mencari masa jabatan ketiga dan mungkin yang keempat, bukan karena dia ingin melewati sejarah sebagai orang yang mereformasi Tiongkok, (itu) karena dia ingin melewati sejarah sebagai orang yang menyatukan (daratan) dengan Taiwan," kata Roubini.

Roubini melihat peristiwa di masa depan sebagai pemicu yang akan membuat AS dan China perang besar-besaran.

"Kami tidak tahu apakah itu akan terjadi, bagaimana hal itu akan diselesaikan, tapi di situlah kita sampai ke Perang Dunia III antara lain," tambah Roubini.

Mengenai masalah China, Roubini juga menggemakan beberapa kekhawatiran yang disampaikan oleh Sir Jeremy Fleming, direktur Government Communications Headquarters (GCHQ) agen mata-mata Inggris, dalam pidatonya di Royal United Services Institute pada 11 Oktober.

Keduanya sepakat bahwa kemajuan strategis China dalam upaya mengendalikan data dan teknologi akan menentukan masa depan, dan merupakan ancaman keamanan nasional terbesar.


Rusia: Bantuan Barat Picu Perang Dunia III

Rudal Rusia telah menghantam lebih dari 40 kota besar dan kecil di Ukraina, kata pihak berwenang pada Kamis 13 Oktober 2022, setelah resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa menyebut pencaplokan empat wilayah Ukraina oleh Moskow "ilegal" dan sekutu Ukraina memberikan lebih banyak bantuan militer.

Rusia kemudian mengulangi posisinya bahwa Barat, dengan membantu Ukraina, menunjukkan bahwa "mereka adalah pihak langsung dalam konflik" dan memperingatkan masuknya Ukraina ke NATO dapat memicu Perang Dunia Ketiga.

"Kyiv sangat menyadari bahwa langkah seperti itu akan berarti jaminan eskalasi ke Perang Dunia Ketiga," kata Alexander Venediktov, wakil sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia, kepada kantor berita TASS seperti dikutip dari Straits Times, Kamis (13/10/2022).

Lebih dari 24 jam, rudal Rusia menghantam lebih dari 40 pemukiman, sementara angkatan udara Ukraina melakukan 32 serangan terhadap 25 target Rusia, kata Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina.

Wali Kota kota pelabuhan Mykolaiv, Oleksandr Senkevich mengatakan dalam sebuah posting media sosial Mykolaiv "dihantam secara besar-besaran".


10 Negara Ini Dukung Rusia Jika Serangan ke Ukraina Jadi Perang Dunia 3?

Sejauh ini Ukraina telah mendapatkan dukungan dari NATO dan sejumlah negara di luar organisasi militer terkuat di dunia itu. Bagaimana dengan Rusia, siapa pendukungnya?

Mengutip situs eurasiantimes, Moskow disebutkan memiliki kelompok pro-Rusia dan bahkan pasukan di wilayah Donbass Ukraina yang telah lama dituduh menyebabkan ketidakstabilan di wilayah tersebut. Ini adalah mayoritas orang berbahasa Rusia. Jika terjadi perang, wilayah ini mungkin akan menjadi yang pertama memberikan dukungan di belakang Rusia.

Lalu, ada Collective Security Treaty Organization (CSTO), sebuah blok militer yang mirip dengan NATO. Ini pada dasarnya adalah aliansi keamanan yang terdiri dari bekas republik Soviet. Jika diserang, enam negara yang membentuk CSTO (Rusia, Armenia, Belarusia, Kazakhstan, Kirgistan, dan Tajikistan) kemungkinan besar akan saling membela.

Karena penarikan tiba-tiba Amerika dari Afghanistan dan pengambilalihan oleh Taliban, kekhawatiran keamanan di antara negara-negara Asia Barat telah meningkat, menyebabkan pergeseran alami ke arah Rusia.

Putin menggunakan kesempatan yang diberikan kepadanya ketika protes meluas di negara paling makmur di kawasan itu, Kazakhstan. Dia mengerahkan pasukan untuk membantu pemerintah. Ini telah memulihkan kepercayaan negara-negara CSTO di Rusia dan aliansi secara keseluruhan.

Terlepas dari kenyataan bahwa organisasi itu tidak dirancang untuk terlibat dengan masalah internal, beberapa atau semua mitra ini pasti akan bergegas membantu Presiden Putin jika serangan Rusia ke Ukraina berubah menjadi Perang Dunia 3.

Selengkapnya klik di sini...

Lengser Usai Makamkan Ratu Elizabeth

Profil Liz Truss, PM Inggris yang Mundur Tak Lama Setelah Lepas Jasad Ratu Elizabeth II

Liputan6.com 2022-10-20 21:17:48
Perdana Menteri Inggris yang baru Liz Truss: Ratu Inggris Elizabeth II dan Perdana Menteri Inggris yang baru Liz Truss bertemu. (AFP)

Perdana Menteri Inggris Liz Truss mengumumkan bahwa dirinya mundur, padahal baru 45 hari menjabat. Liz Truss adalah perdana menteri terakhir yang mendapat restu Ratu Elizabeth II sebelum ia meninggal dunia pada 8 September 2022.

Keputusan mundurnya Liz Truss karena ia merasa kebijakanya tidak mencapai target untuk memakmurkan masyarakat. Ia juga telah bicara kepada Raja Charles III bahwa ia memutuskan untuk resignsebagai perdana menteri.

Liz Truss menjadi perdana menteri setelah menang pemilihan di Partai Konservatif untuk mencari pengganti Boris Johnson yang juga mundur.

Lahir dengan nama Mary Elizabeth Truss di Oxford pada 1975, Truss berasal dari keluarga yang dia sendiri sebut sebagai "berada di sebelah kiri Partai Buruh," oposisi sosialis utama. Dia dibesarkan di beberapa bagian Inggris yang secara tradisional tidak memilih Konservatif, berpindah-pindah antara Skotlandia dan utara Inggris.

Truss merupakan anak dari ayahnya yang seorang profesor matematika dan ibunya yang merupakan seorang perawat.

Sebagai seorang gadis muda, ibunya melakukan pawai untuk Kampanye Perlucutan Senjata Nuklir, sebuah organisasi yang menentang keras keputusan pemerintah Thatcher untuk mengizinkan hulu ledak nuklir AS dipasang di RAF Greenham Common, sebelah barat London, seperti dikutip dari lamanBBC World.

Keluarganya pindah ke Paisley, di sebelah barat Glasgow, ketika Truss berusia empat tahun.

Berbicara kepada BBC Radio 4's Profile, saudara laki-lakinya mengatakan bahwa keluarga itu senang bermain permainan papan, tetapi Truss muda benci kalah dan sering menghilang daripada mengambil risiko tidak menang.


Lulusan Oxford

Liz Truss terpilih menjadi perdana menteri Inggris pada Senin (5/9/2022). Ia menggantikan Boris Johnson yang harus mundur akibat berbagai skandal.

Dalam pengumuman Senin siang waktu Inggris, Liz Truss datang ke acara pengumuman di Westminster dengan pakaian ungu. Wanita itu menjadi perdana menteri ke-15 di era Ratu Elizabeth II.

Ia berterima kasih pada Partai Konservatif, keluarga, sahabatnya, serta memberikan penghormatan kepada lawannya: Rishi Sunak. Tak lupa, ia memuji Boris Johnson yang disebut sukses di krisis Brexit serta tegas melawan Rusia.

"Saya ingin berterima kasih pemimpin yang keluar, sahabat saya, Boris Johsnon," ujar Liz Truss.

"Saya akan memerintah sebagai seorang Konservatif," tegasnya. Ia juga berjanji akan memenangkan pemilihan umum 2025.

Terpilihnya Liz Truss menandakan perempuan ketiga yang menjadi perdana menteri Inggris setelah Margaret Thatcher (The Iron Lady) dan Theresa May.

Tiga perempuan itu juga sama-sama lulusan Universitas Oxford. Liz Truss lulus dari Merton College, jurusannya adalh Filosofi, Politik, dan Ekonomi.

Berdasarkan informasi situs Merton College, Liz Truss kuliah pada tahun 1993-1996. Ketika kuliah, ia juga presiden dari perkumpulan Liberal Democrat di Oxford.


Pernah Ketemu Gojek

Pada November 2021, Liz Truss yang menjabat sebagai perdana menteri sempat menemui 10 pengemudi Gojek ketika berkunjung Indonesia. Truss mengaku ingin bertemu dengan para mitra Gojek.

Liz Truss datang ke Indonesia pada 11-12 November 2021. Sektor digital merupakan salah satu fokus dalam kunjungannya.

Pihak Kedubes Inggris di Jakarta berkata pertemuan ini adalah inisiatif dari Menlu Truss karena ingin melihat langsung orang-orang yang terlihat dalam sektor digital di Indonesia.

"(Menlu Truss) meminta untuk bertemu dengan pengemudi GoJek - karena semua orang memiliki nilai, dan semua orang Indonesia akan dibutuhkan untuk menopang pertumbuhan Indonesia dan mencapai potensi besar Indonesia," ujar pihak Kedubes Inggris.

Ketika di Jakarta, Liz Truss juga bertemu dengan Presiden Jokowi, Menlu Retno Marsudi, Kepala BSSN Hinsa Siburian, dan Kepala BNPT Boy Rafli Amar.

Liz Truss menyorot agar teknologi masa depan seperti 6G bisa berkembang sesuai prinsip dunia yang bebas. Keterlibatan Indonesia juga dibahas Truss.

Hal itu disampaikan Truss ketika konferensi pers bersama Menlu Retno Marsudi.

"Kita ingin bekerja sama dengan Indonesia di area cyber dan juga teknologi generasi selanjutnya, baik itu 5G, 6G, atau begitu pula area-area seperti kecerdasan buatan dan kuantum," jelas Truss di Jakarta.

Lowongan Kerja: Raffi Ahmad Cari Asisten

Peluang Lowongan Kerja Jadi Asisten Raffi Ahmad Nih, Apa Syaratnya?

Liputan6.com 2022-10-21 14:00:30
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina menunjukkan parkiran di rumahnya. (Foto: YouTube Rans Entertainment)

Lowongan kerja Rans Entertainment kembali dibuka. Kali ini kesempatan tersedia bagi yang ingin menjadi asisten pribadi Raffi Ahmad.

"URGENT Raffi Ahmad butuh Personal Asisten TERBEDA segera!! Kali ini Rans Entertainment buka loker untuk Pak Bos nih! Siapa yang cita-citanya kerja bareng bareng Raffi Ahmad? Sekarang kesempatan di depan mata! Kapan lagi ada loker jadi Personal Asisten Raffi Ahmad dengan benefit yang WOW banget!! ," demikian informasi dikutip dari akun Instagram @rans.entertainment, Jumat (21/10/2022).

Seperti yang diketahui, Rans Entertainment merupakan salah satu perusahaan yang didirikan oleh sepasang artis Raffi Ahmad dan Nagita Salvina.

Sejak berdiri, perusahaan ini telah berhasil mencetak beragam penghargaan. Salah satunya pemenang Panasonic Gobel Awards 2019 sebagai Kreator Konten Digital Terfavorit.

Dalam rangka mencari asisten pribadi untuk membantu sang pemilik perusahaan yaitu Raffi Ahmad, Rans Entertainment kemudian membuka lowongan kerja terbaru. Namun, tidak sembarang orang bisa mengisi posisi ini karena ada beberapa kualifikasi yang harus dipenuhi.

Bagi yang tertarik, berikut ini informasi lowongan kerja Rans Entertainment terbaru.

Tugas dan Tanggung Jawab:

1. Berperan sebagai kontak pertama dari Raffi Ahmad untuk menangani korespondensi dan panggilan telepon

2. Mengatur jadwal pertemuan dan acara

3. Mengatur kebutuhan perjalanan, transportasi, dan akomodasi lainnya

4. Mengorganisir acara dan konferensi

5. Menulis, mengumpulkan, dan mempersiapkan laporan, presentasi, dan korespondensi

6. Menjadi penghubung dengan klien

7. Ikut serta dalam setiap kegiatan Raffi Ahmad dan bersosialisasi dengan dunia Raffi Ahmad


Kualifikasi:

1. Kandidat minimal sarjana dengan usia maksimal 28 tahun

2. Minimal 2 tahun pengalaman kerja

3. Berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Inggris dengan verbal maupun tulisan

4. Mampu membuat konten yang seru di sosial media dan membuat caption untuk mengupdate keseharian Raffi Ahmad

5. Dapat membuat rancangan acara sehari-hari dan juga bekerja sama dalam tim untuk koordinasi rangkaian acara

6. Dapat bepergian berdasarkan schedule yang ditentukan oleh team

7. Pekerja keras, komunikatif, proaktif, tepat waktu, fleksibel, dan mampu beradaptasi

8. Mampu menjaga informasi penting

9. Bisa menjaga hubungan dengan tim internal dan eksternal

10. Memiliki penampilan dan personal yang menarik

11. Harus berbeda dari yang lain

Nah, bagi yang ingin menjadi personal assistant Raffi Ahmad melalui rekrutmen kali ini, silakan kirim CV, portofolio, dan membuat video selama 15 detik s.d. 1 menit tentang 'Mengapa kamu mendaftarkan diri menjadi #AsistenTerbeda Raffi Ahmad dan kenapa Raffi Ahmad harus memilih kamu' ke hiring@ransentertainment.co.id.

Selain itu, kandidat juga perlu mengunggah video tersebut di akun TikTok dengan hastag #AsistenTerbeda dan tag @raffi_nagita dan harus stitch di video unggahan @raffi_nagita.

Segera kirim email dan mengunggah video persyaratan tersebut di TikTok sebelum 26 Oktober 2022. Adapun subjek pengiriman lamaran melalui email adalah Personal Assistant -- (Nama).

Sering Berulah, Ronaldo Ditendang dari MU?

Keseringan Berulah, Cristiano Ronaldo Bakal Dilepas MU pada Januari?

Liputan6.com 2022-10-21 13:30:59
Bintang Manchester United Cristiano Ronaldo tampak kecewa setelah melewatkan sejumlah peluang dalam laga Grup E Liga Europa melawan Omonia di Stadion GSP, Nicosia, Kamis, 6 Oktober 2022. M

Raksasa Liga Inggris Manchester United (MU) dilaporkan siap untuk melepas Cristiano Ronaldo pada jendela transfer Januari. Setan Merah bahkan tak keberatan membiarkannya pergi secara gratis, jika sang megabintang asal Portugal tidak laku dijual.

Ronaldo memang belakangan kerap dilanda masalah. Tak hanya gagal memberi sumbangan gol signifikan bagi MU, eks pemain Real Madrid itu juga berulah kala MU menang 2--0 atas Tottenham Hotspur dalam laga lanjutan Liga Inggris pada Kamis (20/10/2022).

CR7 ngacir lebih dulu, meski rekan-rekan setimnya masih berlaga di lapangan. Keputusan Erik ten Hag untuk tak menurunkannya sama sekali dalam pertandingan tersebut nampaknya membuat Ronaldo ngambek.

Ia enggan merayakan kemenangan bersama skuad MU. Ronaldo pun memilih meninggalkan bangku cadangan dan masuk ke ruang ganti pada menit 89, dua menit setelah manajer MU memainkan penggawa muda Anthony Elanga.

Aksi itu sontak membuat pesepak bola berusia 37 tahun mendapat tindakan tegas dari pelatih serta klubnya. Ronaldo dicoret dari skuad Setan Merah jelang laga melawan Chelsea pada Sabtu (22/10/2022) pukul 23.30 WIB.

CR7 juga tak diizinkan berlatih di tim utama untuk sementara waktu. Laporan menyebut sang pemain harus menjalani latihan terpisah selama tiga hari setelah kejadian. Lebih lanjut, MU kabarnya memberi denda berupa potongan gaji dua pekan.

Tindakan tak terpuji Ronaldo pun kemungkinan bakal berdampak buat masa depannya. Dilansir dari Metro, laporan yang beredar menyebut MU saat ini tengah mempertimbangkan rencana untuk mengurangi kerugian mereka akibat CR7.

Pemberitaan The i mengeklaim Setan Merah siap membatalkan kontrak Ronaldo di Old Trafford, jika agennya Jorge Mendes tak mampu menemukan klub baru bagi sang pemain pada jendela transfer Januari mendatang.


Performa Buruk

Di musim 2022/2023, Ronaldo bukan lagi pilihan utama. Manajer MU Erik ten Hag lebih suka memainkan Marcus Rashford sebagai penyerang tengah. Anthony Martial juga lebih dipercaya oleh pria asal Belanda ketimbang CR7.

Kinerja Ronaldo memang sangat buruk musim ini. Ia baru membuat dua gol di semua kompetisi. Dalam dua laga terakhir sebelum melawan Tottenham, Ronaldo sempat dipercaya turun sebagai starter kala melawan Omonia dan Newcastle United, tetapi hasilnya malah mandul.

Situasi itu jelas tak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan MU untuk sang pemain. CR7 memiliki besaran gaji yang tak sedikit di Old Trafford. Setan Merah juga sebelumnya harus merogoh kocek 15 juta euro ditambah 8 juta euro demi memboyong Ronaldo dari Juventus.


Bukan Kali Pertama

Ini bukanlah kali pertama Ronaldo dikaitkan dengan pintu keluar MU. CR7 sempat dikabarkan ingin cabut dari Setan Merah pada awal Juli lalu.

Keinginan Ronaldo untuk pindah diduga kuat dipicu oleh kegagalan MU tembus ke Liga Champions. Pemain internasional Portugal itu nampaknya ogah jika dirinya hanya mentas di kompetisi kasta kedua sekelas Liga Europa.

Sayangnya, CR7 kesulitan menemukan klub besar baru yang mau menampungnya. Chelsea, Paris-Saint Germain (PSG), AC Milan, hingga Bayern Munchen tak tergoda memboyong Ronaldo ke markas masing-masing, walau sudah disodorkan oleh Mendes.

Alhasil, eks pemain Juventus kembali bertahan dengan Manchester United, dan malah menjadi cadangan mati di bawah era pemerintahan Erik ten Hag.


Pengganti Ronaldo

Menurut La Repubblica, MU sebenarnya sudah ingin mendatangkan Victor Osimhen sebagai pengganti Ronaldo pada bursa transfer musim panas kemarin. Akan tetapi, Setan Merah gagal mencapai kesepakatan dengan Napoli soal biaya transfer.

Pemain timnas Nigeria juga diklaim kurang tertarik untuk pindah ke Old Trafford. Kendati demikian, juara Liga Inggris 20 kali belum menyerah. Setan Merah konon bersiap untuk balik mengejar Osimhen pada bursa transfer musim panas 2023.

Laporan La Repubblica menyebut bahwa MU ingin mempercayakan striker berusia 23 tahun tersebut untuk menjadi suksesor CR7 dalam skuad asuhan Erik ten Hag.


Peringkat

Sandrina Raih AMI Awards dengan Pacar Selingan

Raih Piala AMI Awards 2022, Intip Profil Sandrina Mazaya

Liputan6.com 2022-10-21 16:36:45
Sandrina berhasil menyabet satu penghargaan dalam ajang Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards ke-25

Sandrina Mazaya baru-baru ini menjuarai Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2022 dalam kategori Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Dangdut Elektro Terbaik dengan lagunya yang berjudul "Pacar Selingan".

Prestasinya tersebut tentunya membuat bangga tidak hanya dirinya, tetapi juga orangtua dan para penggemarnya.

Untuk mengungkapkan rasa syukurnya, Sandrina pun menggelar acara syukuran di sebuah restoran di kawasan Jakarta Selatan pada Kamis (21/10/2022).

Nama Sandrina sendiri mungkin tidak asing terdengar di telinga masyarakat Indonesia terutama yang pernah menyaksikan ajang bergengsi Indonesia Mencari Bakat. Ia pernah menjadi juara IMB 3 dan kemudian dikenal oleh masyarakat.

Bakatnya dalam menari terutama Jaipong membawa Sandrina menjadi juara IMB 3. Saat itu, Sandrina juga masih berusia 11 tahun. Sementara, sekarang ia sudah berusia 21 tahun dan turut berkecimpung dalam dunia tarik suara.

Sandrina juga bahkan pernah merilis lagu berjudul "Goyang Dua Jari" dan sempat viral juga di kalangan masyarakat. Video klip dari lagu "Pacar Selingan" tersebut juga sudah ditonton oleh lebih dari 1 juta penonton di kanal YouTube Nagaswara. Adapun lagu ini diciptakan oleh Yogi RPH.

Tidak hanya menyanyi dan menari, Sandrina juga pernah bermain film pada 2020 berjudul "Denting Kematian". Dalam film bergenre horor tersebut Sandrina Mazaya berperan sebagai Roro dan berakting bersama Brisia Jodie dan Rangga Azof.


Biodata

Sandrina Mazaya mempunyai nama lengkap Sandrina Mazaya Azzahra. Sandrina merupakan wanita kelahiran Bogor, 8 Juli 2001. Ia dikenal tidak hanya karena jago menari saja namun juga mempunyai bakat dalam menjadi penyanyi.

Sandrina juga dikabarkan dulunya bersekolah di SMPN 7 Bogor dan SMAN 9 Bogor, ia juga menempuh pendidikan kuliah dengan belajar di kampus London School of Public Relation dengan jurusan Ilmu Komunikasi.

Ringkasnya berikut profil dari Sandrina:

Nama Panggung: Sandrina Mazaya

Nama Panggilan: Sandrina

Nama Lengkap: Sandrina Mazaya Azzahra

Tempat Lahir: Bogor, Jawa Barat

Tanggal Lahir: 8 Juli 2001

TikTok: sandrinaazzhra

Instagram: @sandrinamazayya

Jadi PM Inggris Hanya 45 Hari

Kronologi Mundurnya Liz Truss yang Baru Menjabat Jadi PM Inggris 45 Hari

Liputan6.com 2022-10-21 08:30:51
Pemimpin Partai Konservatif baru dan Perdana Menteri terpilih Inggris Liz Truss (kiri) bereaksi di samping suaminya Hugh O'Leary ketika dia mendengar pengumuman pemenang kontes kepemimpinan P

Liz Truss menjabat jadi PM Inggris setelah kematian politik Boris Johnson. Liz Truss kemudian berjanji untuk "melewati badai" krisis ekonomi Inggris. Lebih dari enam minggu kemudian, dia dilanda badai yang dia buat sendiri.

Dilansir CNN, Jumat (21/10/2022), itu adalah akhir yang memalukan dari jabatan perdana menteri yang penuh malapetaka, yang ditandai oleh kebijakan ekonomi yang gagal dan partai penguasa yang terpecah.

Berikut adalah kronologi mundurnya Liz Truss sebagai perdana menteri dengan masa jabatan terpendek di Inggris.

5 September: Truss menjabatsebagai perdana menteri

Truss dinyatakan sebagai pemenang dari Partai Konservatif pada 5 September setelah pendahulunya, Boris Johnson, dipaksa mundur menyusul serangkaian skandal etika.

Pertandanya tidak baik. Negara ini menghadapi ekonomi yang kurang baik, krisis biaya hidup yang melonjak, dan layanan kesehatan yang runtuh. Truss, yang menjabat sebagai menteri luar negeri di pemerintahan Johnson, juga menghadapi tantangan diplomatik besar dalam menghadapi perang Rusia di Ukraina.

Dalam pidato pertamanya sebagai perdana menteri, di Downing Street pada 6 September, dia memberi tahu negara itu bahwa "bersama-sama kita bisa keluar dari badai."

Dia mengatakan prioritasnya termasuk mengatasi melonjaknya harga energi, meningkatkan keamanan energi Inggris dan memperbaiki Layanan Kesehatan Nasional.

8 September: Ratu Elizabeth II meninggal

Hanya dua hari dalam jabatan perdana menteri Truss, Ratu Elizabeth II meninggal pada usia 96, sehingga negara itu masuk ke dalam masa berkabung nasional.

Truss memberikan penghormatan kepada Ratu sebagai simbol stabilitas yang memerintah melalui krisis, tragedi, skandal politik, pandemi dan resesi.

"Ratu Elizabeth II adalah batu di mana Inggris modern dibangun," kata perdana menteri Liz Truss.

"Negara kita telah tumbuh dan berkembang di bawah pemerintahannya."


Bencana Ekonomi

23 September:Perombakan anggaran yang membawa malapetaka

Ini langkah besar pertama Liz Truss sebagai perdana menteri. Menteri keuangan dan teman terdekatnya dalam politik, Kwasi Kwarteng, mengungkap rencana besar untuk melepaskan negara dari resesi, yang mencakup sejumlah pemotongan pajak yang akan didanai oleh pinjaman pemerintah yang lebih tinggi.

Rencana tersebut merupakan pertaruhan besar -- pemotongan pajak terbesar dalam 50 tahun, tanpa rencana yang jelas tentang cara membayarnya.

Biasanya, laporan fiskal besar di Inggris diaudit secara independen oleh Office for Budget Responsibility. Tapi Kwarteng mengatakan tidak ada waktu untuk audit semacam itu, itu merupakan sebuah langkah yang mengejutkan pasar keuangan dan membuat poundsterling jatuh.

Perdana menteri kemudian membela aturan pemotongan pajak kontroversial pemerintahnya dalam sebuah wawancara eksklusif dengan CNN's Jake Tapper.

Dia mengatakan bahwa dengan memotong pajak, pemerintahnya "mendorong bisnis untuk berinvestasi dan kami juga membantu orang biasa dengan pajak mereka."

Harga obligasi kemudian runtuh, mengirim biaya pinjaman melonjak, memicu kekacauan di pasar hipotek dan mendorong dana pensiun ke ambang kebangkrutan.


Selanjutnya

14 Oktober: Truss melengserkan Kwarteng

Gejolak ekonomi dan prospek tingkat hipotek yang lebih tinggi memaksa Truss untuk mundur dari komponen kunci dari rencana keuangannya.

Setelah membatalkan rencananya untuk memangkas tarif pajak penghasilan tertinggi, dia memecat Kwarteng pada bulan Oktober dalam upaya putus asa untuk menyelamatkan posisinya.

"Memang benar, dalam menghadapi masalah yang kami miliki, saya bertindak tegas untuk memastikan bahwa kami memiliki stabilitas ekonomi," kata Truss.

Dalam sebuah surat yang diposting di Twitter, Kwarteng mengatakan dia setuju untuk mundur atas perintah Truss.

Truss menunjuk mantan menteri luar negeri Jeremy Hunt sebagai pengganti Kwarteng, menjadikannya menteri keuangan keempat Inggris hanya dalam waktu tiga bulan.


Proyek Ekonomi Dirombak

17 Oktober: Hunt membuang rencana fiskal Truss

Baru tiga hari bekerja, Hunt mengatakan dia akan membatalkan "hampir semua" tindakan pajak yang diumumkan oleh pendahulunya, dalam upaya untuk menenangkan pasar yang ketakutan dan memulihkan kredibilitas pemerintah.

Pemotongan yang diusulkan untuk tarif dasar pajak penghasilan mulai April 2023 ditunda "tanpa batas waktu." Dan sementara pemerintah mengatakan masih akan menjamin harga energi untuk rumah tangga dan bisnis selama musim dingin ini, pemerintah tidak akan berkomitmen untuk membatasi harga di luar musim semi berikutnya.

Langkah-langkah tersebut sama dengan menghancurkan "rencana pertumbuhan" andalan Truss dan meninggalkannya dalam posisi politik yang berbahaya.

Sementara investor menunjukkan dukungan untuk rencana baru Hunt, oposisi Partai Buruh tidak ditenangkan.

"Semua pernyataan Rektor menggarisbawahi bahwa kerusakan telah terjadi," tweet anggota parlemen Rachel Reeves.

19 Oktober: Mendagri Inggris mundur

Sehari sebelum Liz Truss mundur, Suella Braverman yang merupakan Menteri Dalam Negeri dalam kabinet pemerintahannya lebih dahulu angkat kaki.

Suella Braverman mundur padahal beru menjabat selama 43 hari.

Suella Braverman mengundurkan diri dari jabatannya pada Rabu 19 Oktober waktu setempat.

Pengunduran diri Braverman dilakukan gara-gara ia membagikan dokumen resmi dari email pribadinya. Braverman merupakan sosok eksentrik dari sayap kanan Partai Konservatif yang berkuasa.

Dalam surat pengunduran diri kepada PM Liz Truss yang diunggah di Twitter, Braverman menulis bahwa sebelumnya dia mengirim dokumen resmi dari email pribadinya ke kolega parlemen yang terpercaya. "Ini merupakan pelanggaran teknis terhadap aturan. Namun, saya harus pergi," kata dia, seperti dikutip dari Anadolu, Kamis (20/10/2022).

"Sebagai menteri dalam negeri, saya memegang standar tertinggi dan pengunduran diri saya adalah hal yang benar untuk dilakukan. Urusan pemerintah bergantung pada orang-orang yang bertanggung jawab atas kesalahan mereka," imbuhnya.

Namun, Braverman kemudian berkomentar mengenai pemerintahan Truss. "Kita sedang melalui masa yang penuh gejolak. Saya khawatir tentang arah pemerintah ini."


Akhirnya Mundur

20 Oktober: Trussmengundurkan diri

Setelah enam minggu yang kacau balau di Downing Street, Truss mengumumkan pengunduran dirinya.

"Saya mengakui meskipun dalam situasi saya tidak dapat menyampaikan mandat yang saya pilih oleh Partai Konservatif," katanya.

Truss mengatakan dia telah mengajukan pengunduran dirinya kepada Raja, dan pemilihan kepemimpinan akan berlangsung dalam waktu seminggu. Dia akan tetap menjadi perdana menteri Inggris sampai penggantinya dipilih.

Masa jabatan yang cepat sebagai perdana menteri mendorong seruan untuk pemilihan umum dini di Inggris.

"Setelah 12 tahun kegagalan Tory, rakyat Inggris layak mendapatkan jauh lebih baik daripada pintu putar kekacauan ini," kata pemimpin Partai Buruh Keir Starmer setelah Truss mengumumkan dia akan mengundurkan diri.

"Kita membutuhkan pemilihan umum, sekarang."

Tetapi pemilihan baru bukanlah kepastian sebelum 2025, bahkan ketika Inggris mempersiapkan pemimpin kelimanya hanya dalam waktu enam tahun - dan yang ketiga sejak pemungutan suara terakhir.

Elon Musk Akan Pecat 75% Karyawan Twitter?

Usai Kuasai Twitter, Miliarder Elon Musk Mau Pecat 75 Persen Karyawan

Liputan6.com 2022-10-21 13:29:30
Elon Musk. (Patrick Pleul/Pool Photo via AP, File)

Miliarder Tesla sekaligus orang terkaya di dunia, Elon Musk mengatakan kepada calon investor terkait kesepakatannya untuk membeli Twitter, berencana memangkas hampir 75 persen dari 7.500 pekerja perusahaan media sosial itu.

Kabar rencana Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) itu pertama kali dilaporkan oleh outlet media Washington Post pada Kamis (20/10), yang mengutip sebuah wawancara dan dokumen.

Dilansir dari laman The Staits Times, Jumat (21/10/2022) PHK diperkirakan terjadi dalam beberapa bulan mendatang, menurut laporan itu. Sebelumnya, karyawan Twitter telah bersiap untuk PHK selama berbulan-bulan.

Para eksekutif membahas rencana awal tahun ini untuk memberhentikan sekitar 25 persen karyawan, tetapi rencana itu dibatalkan setelah Musk setuju untuk membeli perusahaan media sosial ternama itu, menurut sejumlah sumber yang mengetahui masalah tersebut yang berbicara kepada Bloomberg.

Sebaliknya, Twitter telah berusaha untuk memotong biaya dengan cara lain, salah satunya membekukan perekrutan pada Mei 2022 dan mengumumkan serangkaian penutupan kantor selama musim panas.

Sumber juga menyebut, ada kemungkinan perusahaan perlu melakukan PHK jika kesepakatan pemmbelian oleh Elon Musk gagal, meskipun saat ini belum ada pemangkasan yang direncanakan.

Sementara itu, dalam sebuah memo kepada staf setelah laporan Washington Post, penasihat umum Sean Edgett memperingatkan para pekerja untuk bersiap menghadapi "banyak desas-desus dan spekulasi publik" saat rampungnya kesepakatan pembelian Twitter oleh Elon Musk.

"Sejak kesepakatan merger sudah ada, tidak ada rencana PHK di seluruh perusahaan," katanya.


Elon Musk Jual Parfum Demi Bisa Beli Twitter

Crazy richElon Musk kembali lagi menarik perhatian dengan aksi nyelenehnya. Usai mengumumkan jadi membeli Twitter, orang terkaya di dunia versi Forbes itu baru-baru ini mengumumkan bahwa dirinya menjual parfum.

Parfum ini sendiri ia namakan "Burnt Hair" atau dalam Bahasa Indonesia berarti "Rambut Terbakar," dan dijual lewat situs perusahaan miliknya, The Boring Company.

"Tolong beli parfum saya, jadi saya bisa beli Twitter," katanya lewat sebuah cuitan berseloroh di akun Twitter-nya.

CEO Tesla dan SpaceX ini bahkan sampai mengganti bio Twitter-nya dengan "perfume salesman" atau "penjual parfum."

Barang ini dijual dengan harga USD 100 atau sekitar Rp 1,5 juta per botol, dan baru akan dikirimkan mulai kuartal pertama 2023, menurut keterangan di situs The Boring Company.

Diumumkan di hari Selasa pekan ini, Elon mengklaim parfum tersebut sudah terjual 10 ribu botol hanya dalam waktu enam jam.

The finest fragrance on Earth!https://t.co/ohjWxNX5ZC pic.twitter.com/0J1lmREOBS

Dikutip dari USA Today, Jumat (14/10/2022), perusahaan mengklaim produk ini bahkan menghasilkan USD 1 juta dalam waktu yang cepat. Lalu di hari Rabu waktu setempat, Elon mengklaim sudah menjual 20 ribu botol wewangian.

Di keterangan tentang parfum ini disebutkan bahwa wewangian tersebut "seperti bersandar di atas lilin di meja makan, tetapi tanpa semua kerja keras."

Slogan lainnya yang dituliskan untuk mempromosikan parfum tersebut adalah: "Menonjol di tengah keramaian! Dapatkan perhatian saat Anda berjalan melewati bandara.

The Boring Company sendiri sebenarnya adalah perusahaan besutan Elon Musk, yang bergerak di bidang layanan infrastruktur dan konstruksi terowongan.

Meski begitu, mengutip Page Six, ini bukan pertama kalinya The Boring Company digunakan Elon Musk untuk menjual sesuatu di luar sektor pekerjaan perusahaan yang seharusnya.

Tahun 2018, Elon Musk melalui The Boring Company menjual flamethrower atau penyembur api, yang ia sebut akan "merevolusi barbekyu."

Tak cuma The Boring Company, Tesla pun juga kerap menjual barang-barang selain mobil atau yang berkaitan dengan teknologi. Di 2020, Musk menjual celana pendek satin di Tesla.


Kabar Investasi Tesla di Indonesia, Menko Luhut: Elon Musk Sibuk dengan Twitter

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan menjelaskan terkait investasi Tesla di Indonesia masih dalam proses negosiasi. Negosiasi tersebut juga masih berjalan dengan baik.

Akan tetapi, Luhut mengatakan, saat ini CEO Tesla Elon Musk sedang berfokus terhadap rencananya untuk melakukan akuisisi Twitter.

"Kita tunggu saja, kita lihat (Elon Musk), dianya juga masih sibuk dengan (akuisisi) Twitternya," kata Luhut kepada awak media, di JCC Senayan, Rabu (12/10/2022).

Sebelumnya, Negosiasi terkait investasi Tesla di Indonesia masih terus berjalan dengan baik. Hal tersebut, dipertegas oleh Juru Bicara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi.

"Tesla masih, negosiasinya tentu masih proses ya. Komunikasi dengan timnya Tesla juga kan sudah kirimkan tim juga ke sini. Dan masih berproses, yang pasti Ford juga kemaren sudah teken MoU, kami berharap juga Tesla bisa segera follow shot," ungkapnya saat ditemui di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Dia memastikan jika diskusi dengan pihak Tesla terus berjalan, terlebih sudah ada perwakilan pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat ini sudah ada yang datang ke Indonesia, untuk membahas rencana bisnis, meski belum ada kesepakatan.

Jika nantinya Tesla akan terlibat dalam ekosistem kendaraan listrik dari sisi rantai pasok, Jodi belum bisa memastikan apakah Tesla akan ikut mendirikan pabrik mobil listrik di Tanah Air.

"Mungkin masuk ke dalam salah satu bagian supply chain ya," ujar dia.

Dia berharap kesepakatan bisnis bisa dihasilkan dalam waktu dekat, mengikuti Hyundai dan Ford yang lebih dulu mengeluarkan komitmen.

"Targetnya secepat mungkin karena beberapa perusahaan kaya Hyundai, Ford, komitmennya sudah detail," ungkapnya.

"Tentu kemarin pas Pak Luhut di Amerika juga ada jg beberapa masukan dari pihak industri otomotif nya juga yang sebetulnya masukannya juga untuk pihak pemerintah Amerika sendiri. Beberapa kebijakan mereka yang mungkin juga bisa menghambat investasi mereka di luar amerika," terang dia.

Kulit Glowing Pakai Infus Level Up

Ayu Ting Ting Buka Rahasia Soal Kulit Wajah dan Tubuh Glowing Seperti Artis Korea

Liputan6.com 2022-10-21 13:30:00
Ayu Ting Ting (ist)

Penampilan pedangdut Ayu Ting Ting yang semakin putih bersinar kerap disorot netizen. Janda satu anak ini bahkan disebut-sebut memiliki gaya seperti artis Korea berkat kulit putih berseri dan glowing.

Belakangan, Ayu Ting Ting membuka rahasia kulit putih bersinar yang dimilikinya. Ia rupanya melakukan treatment kecantikan menggunakan infus level up.

"Infus level up mengandung stemcell yang berguna buat kesehatan. Jadi kalau badan kita sehat, semua organ bisa berfungsi dengan baik, sehingga kulit lebih cerah dan sehat," kata dr. Rocky Chua dari Klinik Dermapro Jakarta saat melakukan perawatan terhadap Ayu Ting Ting di kawasan Tanjung Duren, Jakarta Barat, Rabu 19 Oktober 2022.

Treatment level up yang dilakukan Ayu Ting Ting, kata dr. Rocky Chua, dibatasi hanya untuk 100 orang. Ia sengaja memberi kuota mengingat ketersediaan infus level up yang masuk dalam kategori limited edition.


Harga Rp75 Juta

Untuk dua kali tindakan infus level up, Ayu Ting Ting merogoh kocek hingga Rp75 juta. Ini dibeberkan dr. Rocky Chua yang mengaku menangani langsung proses treatment si pelantun lagu "Alamat Palsu" dan "Sambalado".

"Ayu Ting Ting juga melakukan treatment Morpheous8 yang sedang viral dipakai artis Hollywood seperti Kim Kardashian hingga Lindsay Lohan," dr. Rocky Chua membeberkan.


Morpheous8

Di Indonesia sendiri, Dermapro menjadi salah satu klinik kecantikan yang pertama kali mempunyai alat Morpheous8 ini.

Morpheous8 dengan kombinasi infus level up maupun mochi level up diklaim mempunyai segudang manfaat, di antaranya lifting, tightening, glowing, hingga mengatasi scar dan bopeng wajah.


Wajah Adalah Aset

Di sisi lain, Ayu Ting Ting sendiri mengaku tidak takut mengeluarkan bujet mahal untuk sekali perawatan. "Karena muka kan aset buat saya. Dermapro sudah menjadi klinik yang Ayu percaya dari zaman Ayu belum kenal perawatan. Dokter Tata dan Dokter Rocky adalah dokter andalan Ayu, jadi kalau Ayu ada masalah sedikit soal wajah langsung dateng ke mereka," ucap Ayu Ting Ting.

Dengan melakukan perawatan rutin tersebut, tak heran jika banyak yang menyebut Ayu Ting Ting kini semakin putih glowing bak artis Korea. "Semua orang kan sudah bisa lihat Ayu sekarang bagaimana. Ya ini rahasianya berkat Dermapro," Ayu Ting Ting memungkasi.

Jared Leto Rilis Label Skincare

Usai Brad Pitt, Kini Jared Leto Rilis Label Skincare yang Jual Krim Mata Rp1,5 Juta

Liputan6.com 2022-10-21 07:01:00
Jared Leto berjalan di runway Gucci Love Parade pada 02 November 2021 di Hollywood, California. (AMY SUSSMAN / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / GETTY IMAGES VIA AFP)

Pesohor dunia tak hanya mencuri perhatian melalui karya, penampilan, hingga kehidupan. Namun tak sedikit pula dari mereka yang merambah ke dunia bisnis, termasuk merilis label skincare seperti Jared Leto.

Dikutip dari Page Six, Kamis (20/10/2022), meski Jared Leto menambah panjang daftar pesohor yang meluncurkan label skincare, ada kisah menarik di baliknya. "Saya tidak pernah benar-benar tertarik dengan produk kecantikan," kata Leto kepada Vogue.

Aktor dan musisi berusia 50 tahun tersebut menambahkan, "Tapi saya tertarik dengan gagasan untuk menjaga diri kita sendiri dengan cara yang paling alami."

Jared akan meluncurkan Twentynine Palms pada 25 Oktober 2022. Label ini merilus serangkaian produk netral gender untuk kulit, rambut, dan tubuh, dan sangat mirip dengan lini kecantikan baru Brad Pitt, Le Domaine,harga barang-barangnya sangat tinggi.

Twentynine Palms merilis krim mata seharga 97 dolar AS atau setara Rp1,5 juta, clay face mask 95 dolar AS atau setara Rp1,4 juta, moisturizer bersama cleanser seharga 39 dolar AS atau setara Rp607 ribu. Ada juga produk perawatan tubuh, seperti hand and body washes seharga masing-masing 47 dolar AS atau sekitar Rp731 ribu, sampo dan conditioner masing-masing seharga 54 dolar AS atau setara Rp840 ribu.

Nama Twentynine Palms diambil dari kota California di titik masuk ke Taman Nasional Joshua Tree. Produk dibuat dengan tumbuhan gurun seperti ekstrak pir berduri, tanaman bayam dan evening primrose.


Kata Warganet

"Karena lingkungan yang menantang dan tak kenal ampun ini, bahan-bahan ini harus sangat tangguh untuk bertahan hidup," kata Jared Leto.

Warganet dengan cepat menanggapi harga dari serangkaian produk dari label skincare baru Jared Leto. "Krim mata seharga 97 dolar AS???? Serius?" komentar seorang warganet.

"Dia mengambil keuntungan dari orang lain dengan harga itu! Selebritas ini harus berhenti melakukan itu," tambah warganet lainnya.

Penampilan Leto yang awet muda memang mendapat banyak perhatian. Tetapi pada Maret 2022 lalu, Leto mengatakan dia tidak akan membocorkan rahasia perawatan kulitnya.

"Saya mungkin tidak akan memberitahumu. Hanya untuk membuat semua orang menebak-nebak," katanya kepada Men's Health saat itu. "Sungguh, sejujurnya, tu tidak terlalu penting."

Sebelumnya, aktor Brad Pitt juga merilis skincare untuk semua gender. Dikutip dari CNN, Sabtu, 24 September 2022, nama label skincare Brad Pitt adalah "Le Domaine".

Label ini didirikannya dengan petani anggur organik keluarga Perrin yang berupaya memperlambat proses penuaan kulit sehingga semua orang, tanpa memandang jenis kelamin atau jenis kulit, dapat menua dengan baik, menurut laman resmi perusahaan.


Brad Pitt

"Saya tidak ingin lari dari penuaan," kata Pitt kepada Vogue dalam sebuah wawancara yang diterbitkan Rabu, 21 September 2022. "Ini adalah konsep yang tidak bisa kita hindari, dan saya ingin melihat budaya kita merangkulnya lebih banyak, membicarakannya dalam istilah-istilah itu."

Mantan suami Angelina Jolie ini menambahkan bahwa, meskipun gagasan anti-penuaan adalah "konyol" dan "dongeng", tetapi "yang sebenarnya adalah merawat kulit Anda dengan cara yang sehat." Produk skincare ini dijual sekitar 80 dolar AS hingga 385 dolar AS atau setara dengan Rp1,2 juta sampai Rp5,8 juta.

Produk skincare tersebut menghadirkan dua bahan aktif eksklusif yang dipatenkan GSM10 dan ProGR3, tambah situs web tersebut. GSM10 terbuat dari kombinasi marc dari biji grenache, biji syrah dan yang bermanfaat untuk mikrobioma kulit, menurut beauty line. Le Domaine menjelaskan bahan tersebut bersifat antioksidan, bekerja melawan penghancuran kolagen, dan dapat membantu menyeimbangkan kulit.

ProGR3 dibuat dari kombinasi molekul alami yang ditemukan dalam ekstrak tumbuhan, stek tanaman anggur, chamomile dan teh hijau. Kandungan itu menargetkan tanda-tanda penuaan kulit yang terlihat.


Tentang Skincare Pitt

"Maksudku, aku tipe orang yang akan pindah kamar hotel jika aku bisa mencium aroma cologne dari orang terakhir yang menginap di sana. Terlalu banyak. Terlalu kuat," tambah Pitt. "Biarkan orang datang kepadamu. Jangan memaksakannya pada orang lain. Itu perasaanku."

Ide untuk rangkaian perawatan kulit muncul di kilang anggur Chteau Miraval. Perkebunan anggur saat ini masih diperebutkan di meja pengadilan antara Pitt dan mantan istrinya Angelina Jolie.

Menurut situs web, lini perawatan kulit yang berfokus pada "kecantikan hijau" itu menampilkan produk yang dapat diisi ulang, bahan kemasan yang didaur ulang, dan formula yang antara 96 persen dan 99 persen berasal dari alam. Produk ini ramah vegan dan tidak termasuk bahan-bahan "yang menjadi subyek kontroversi mengenai lingkungan."

"Mendarat di sini --di Chteau Miraval-- membuka banyak ide yang biasanya tidak saya pertimbangkan. Dan sebagian besar darinya adalah keberlanjutan, ide nol limbah ini adalah sesuatu yang sangat penting bagi area ini dan penting kepada saya," kata Pitt kepada Vogue.

Dikutip dari Page Six, Brad Pitt merilis lini perawatan kulit tanpa gender dan memuji mantan kekasihnya Gwyneth Paltrow yang membantu menginspirasi ide tersebut. "Saya suka apa yang dilakukan Gwyneth (dengan Goop)," kata aktor tersebut kepada British Vogue.

"Ia masih teman yang sangat baik, dan ia telah membangun kerajaan ini. Ia selalu memiliki itu dalam dirinya sebagai kurator, dan itu telah menjadi outlet kreatif yang indah untuknya," lanjut Pitt.

Nonton Piala Dunia Bisa Umrah Gratis!

Penonton Piala Dunia 2022 di Qatar Bisa Ibadah Umrah Gratis!

Liputan6.com 2022-10-21 18:00:27
Umat muslim berdoa di depan bangunan Kakbah di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Kamis (16/8). Kakbah adalah sebuah bangunan di tengah-tengah masjid paling suci dalam agama Islam, Masjidil H

Sebuah pengalaman luar biasa bisa didapatkan umat Muslim yang menjadi penonton resmi Piala Dunia 2022 di Qatar bulan depan. Selain nonton bola, mereka juga bisa menjalankan ibadah Umrah.

Piala Dunia Qatar akan mulai bergulir bulan depan atau tepatnya 20 November hingga 18 Desember 2022, yang tersebar di 8 stadion di 5 kota.

Menariknya, sang negara tetangga yaitu Arab Saudi juga ingin ikut kecipratan kedatangan turis ke negaranya yang memang bersampingan dengan Qatar.

Umat Muslim yang memegang tiket Piala Dunia bisa melakukan ibadah umrah di Arab Saudi tanpa perlu membayar visa. Hal ini diumumkan langsung oleh Kerajaan Saudi.

Untuk para pemilik kartu Hayya atau dokumen khusus yang diberikan pada fans penonton laga Piala Dunia di Qatar, mereka tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk mengunjungi kota suci Mekkah.

Asisten direktur departemen visa kementerian luar negeri Arab Saudi, Khaled al-Shammari mengumumkan hal tersebut. Menurutnya, pemilik kartu Hayya bisa tinggal di Arab Saudi hingga selama 2 bulan, dan akan berakhir 11 Januari 2023.

"Visa gratis tapi asuransi medis harus tetap diajukan," ujar Shammari pada Ekhbariya TV.

Ia menambahkan kalau pemilik kartu tersebut bisa keluar-masuk Arab Saudi hingga beberapa kali selama dua bulan tersebut, tanpa harus datang ke Qatar.

Aturan ini dibuat untuk memudahkan para calon penonton Piala Dunia Qatar untuk mencari akomodasi di Arab Saudi selama turnamen berlangsung.

Tak hanya Arab Saudi, suporter juga diprediksi akan memadati penginapan di negara sekitar Qatar seperti Kuwait, Oman dan Uni Emirat Arab.

Selama Piala Dunia berlangsung, akan ada 160 penerbangan shuttle dari nyaris seluruh kota besar di kawasan Teluk menuju Doha.

Uni Emirat Arab juga menawarkan visa khusus yang membuat penonton Piala Dunia bisa keluar masuk negara tersebut. Tapi berbeda dengan Arab Saudi, negara ini menawarkan visa seharga 100 dirhams atau Rp 423 ribu.


Doha Siapkan Transportasi Modern

Sementara Doha juga tidak ingin ketinggalan memberikan pelayanan luar biasa komplit untuk para pelancong selama Piala Dunia 2022 berlangsung.

Untuk mengatasi arus lalu lintas yang sangat besar di Piala Dunia Qatar 2022, Doha, ibu kota Qatar memutuskan untuk mengembangkan transportasi mereka dengan menggunakan data dan teknologi AI.

Hisense, yang berakar di bidang transportasi cerdas selama lebih dari 20 tahun, akan membantu Doha dalam membangun konstruksi proyek percontohan untuk transportasi cerdas.

Melansir dari Cision PR Newswire, proyek ini akan selesai dan dioperasikan sebelum pembukaan Piala Dunia Qatar 2022, untuk memastikan lalu lintas yang aman, efisien, dan mengurangi emisi polutan selama pertandingan berdasarkan lintasan GPS dan fungsi pelacakan video real time.

Dalam beberapa tahun terakhir, Hisense terus mengubah produk dan rantai industrinya menjadi teknologi canggih dan tinggi, secara bertahap menjadi pemimpin industri global dalam industri B2B seperti tampilan komersial, medis ultrasonik, dan solusi kota pintar, dan berhasil mengubah dirinya dari "perusahaan peralatan rumah tangga" menjadi "perusahaan teknologi tinggi".

Hisense akan mempercepat transformasi dan peningkatan industri, meningkatkan investasi sumber daya dan ekspansi bisnis di segmen B2B, dan semakin meningkatkan pengaruh global bisnis B2B di luar negeri. Dengan perkembangan industri B2B, Hisense berkontribusi pada kebahagiaan manusia dan dunia yang lebih baik.


Janji Piala Dunia Tanpa Sampah

Seperti gelaran event internasional lain belakangan ini, Piala Dunia 2022 di Qatar nanti juga akan menjadi salah satu ajang yang mengedepankan program "ramah lingkungan".

Kementerian Perkotaan Qatar menargetkan 60 persen sampah selama Piala Dunia akan menjalani proses daur ulang ketat. Mulai dari recycling, reuse atau proses lainnya.

Mereka berjanji tidak akan hanya membiarkan sampah-sampai itu membusuk di tempat pembuangan akhir.

Program ini sejalan dengan janji untuk membuat Piala Dunia Qatar akhir tahun nanti menjadi yang pertama bebas karbon.

"Kami menargetkan 60 persen sampah akan dipilah, ini adalah tanggung jawab besar sebagai tuan rumah event olahraga besar," ujar Direktur Manajemen Sampah dan Daur Ulang Kementerian Perkotaan, Hamad Al Bahr.

Pemilahan sampah adalah upaya krusial demi meningkatkan jumlah sampah yang akan menjalani daur ulang. Tak hanya pemerintah yang bertanggung jawab, tetapi semua individu termasuk rumah hingga bisnis besar.

Dalam wawancara dengan Qatar TV, Al Bahr mengatakan kalau pemilahan 60 persen sampah adalah angka yang lebih besar dibandingkan Piala Dunia sebelumnya di Rusia.

"Target ini sulit. Karena itu kami membentuk tim demi mencapainya. Target lain kami adalah mengubah 40 persen sampah lainnya menjadi energi," lanjutnya.

Pemerintah Qatar pun sudah mengajukan beberapa proposal tender dan kerjasama dengan pihak swasta. Mulai dari peti kemas untuk membawa sampah, tenaga pembersih, hingga stasiun pembuangan sampah mobile selama Piala Dunia 2022 nanti.


Teknologi AC di Semua Stadion

Ada hal unik yang akan diterapkan pada Piala Dunia 2022 di Qatar, yaitu seluruh stadion dilengkapi dengan teknologi pendingin udara. Teknologi ini untuk meminimalkan potensi suhu udara yang panas di wilayah Qatar.

Harapannya, pemain yang bertanding tidak akan terganggu dengan suhu panas yang bisa mencapai 25-28 derajat celcius pada bulan November. Selain para pemain dan ofisial serta perangkat pertandingan, teknologi ini juga untuk memberi kenyamanan penonton di stadion Piala Dunia 2022.

Dilansir dari Sport Bible, pendingin udara ini dipasang di bawah tempat duduk penonton di tribun dan sebagain di daerah lapangan stadion Piala Dunia 2022 untuk menjaga suhu tanah dan rumput tetap stabil bagi para pemain.

Teknologi pendinginan yang melibatkan penggunaan energi matahari ini dikembangkan oleh beberapa universitas di Qatar. Dr Saud Abdulaziz Abdul Ghani seorang Profesor di College of Engineering Qatar didapuk sebagai pemimpin dari pengembangan teknologi ini.

"Kami tidak hanya mendinginkan udara, kami juga membersihkannya," kata Ghani dalam wawancara dengan FIFA.com.

"Kami memurnikan udara untuk penonton. Misalnya, orang yang memiliki alergi tidak akan mengalami masalah di dalam stadion kami karena kami memiliki udara paling bersih dan paling murni," sambung dia.


Edisi Khusus di Musim Dingin

Ada hal unik yang akan diterapkan pada Piala Dunia 2022 di Qatar, yaitu seluruh stadion dilengkapi dengan teknologi pendingin udara. Teknologi ini untuk meminimalkan potensi suhu udara yang panas di wilayah Qatar.

Harapannya, pemain yang bertanding tidak akan terganggu dengan suhu panas yang bisa mencapai 25-28 derajat celcius pada bulan November. Selain para pemain dan ofisial serta perangkat pertandingan, teknologi ini juga untuk memberi kenyamanan penonton di stadion Piala Dunia 2022.

Dilansir dari Sport Bible, pendingin udara ini dipasang di bawah tempat duduk penonton di tribun dan sebagain di daerah lapangan stadion Piala Dunia 2022 untuk menjaga suhu tanah dan rumput tetap stabil bagi para pemain.

Teknologi pendinginan yang melibatkan penggunaan energi matahari ini dikembangkan oleh beberapa universitas di Qatar. Dr Saud Abdulaziz Abdul Ghani seorang Profesor di College of Engineering Qatar didapuk sebagai pemimpin dari pengembangan teknologi ini.

"Kami tidak hanya mendinginkan udara, kami juga membersihkannya," kata Ghani dalam wawancara dengan FIFA.com.

"Kami memurnikan udara untuk penonton. Misalnya, orang yang memiliki alergi tidak akan mengalami masalah di dalam stadion kami karena kami memiliki udara paling bersih dan paling murni," sambung dia.

Gejolak Politik di Inggris Berlanjut?

HEADLINE: Drama Liz Truss Jadi PM Inggris Tersingkat Sepanjang Sejarah, Gejolak Politik Berlanjut?

Liputan6.com 2022-10-22 00:02:03
Perdana Menteri Inggris (Inggris) Liz Truss (kiri) pergi usai pengumuman resign di luar 10 Downing Street di London, Inggris, 20 Oktober 2022. (Xinhua/Li Ying)

"Saya tidak dapat melaksanakan mandat ketika dipilih oleh Partai Konservatif. Oleh karena itu saya telah berbicara dengan Yang Mulia Raja untuk memberitahukan kepadanya bahwa saya mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Konservatif."

Pernyataan pengunduran diri Liz Truss dari jabatannya sebagai Perdana Menteri Inggris itu disampaikan bertepatan pada hari ke-45 ia menjabat. Menjadikannya sebagai perdana menteri dengan masa jabatan paling singkat sepanjang sejarah Inggris.

Dalam pidato pengunduran dirinya, Truss mengaku dirinya mulai menjabat pada saat Inggris dihadapkan dengan ketidakstabilan ekonomi dan situasi internasional yang hebat. "Banyak keluarga dan pelaku bisnis khawatir bagaimana membayar tagihan. Perang yang dilakukan Putin di Ukraina mengancam keamanan seluruh dunia. Dan negara kita sudah terlalu lama tertahan oleh pertumbuhan ekonomi yang rendah."

Ia mengatakan telah dipilih sebagai PM Inggris oleh Partai Konservatif dengan mandat untuk mengubah semua ketidakstabilan itu. Ia pun melakukan tagihan energi dan pemotongan asuransi nasional dan menetapkan visi untuk ekonomi lewat pajak yang memanfaatkan situasi usai Brexit.

Namun ia menyadari upayanya itu ternyata belum dapat memenuhi mandat para pemilihnya, sehingga ia memilih untuk mengundurkan diri. "Saya akan tetap menjalankan tugas sebagai perdana menteri sampai pengganti saya dipilih," kata Truss.

Langkah besar pertama Liz Truss sebagai PM Inggris adalah melakukan perombakan anggaran. Namun, langkah itulah yang akhirnya malah menimbulkan malapetaka.

Saat melakukan perombakan anggaran, Menteri keuangan dan teman terdekat Truss dalam politik, Kwasi Kwarteng, mengungkap rencana besar untuk melepaskan Inggris dari resesi, yang mencakup sejumlah pemotongan pajak yang akan didanai oleh pinjaman pemerintah yang lebih tinggi.

Rencana tersebut merupakan pertaruhan besar -- pemotongan pajak terbesar dalam 50 tahun, tanpa rencana yang jelas tentang cara membayarnya.

Biasanya, laporan fiskal besar di Inggris diaudit secara independen oleh Office for Budget Responsibility. Tapi Kwarteng mengatakan tidak ada waktu untuk audit semacam itu, itu merupakan sebuah langkah yang mengejutkan pasar keuangan dan membuat poundsterling jatuh.

Truss kemudian membela aturan pemotongan pajak kontroversial pemerintahnya dalam sebuah wawancara eksklusif dengan CNN's Jake Tapper. Dia mengatakan, dengan memotong pajak, pemerintahnya "mendorong bisnis untuk berinvestasi dan kami juga membantu orang biasa dengan pajak mereka."

Namun ternyata harga obligasi di Inggris kemudian runtuh, biaya pinjaman melonjak, memicu kekacauan di pasar hipotek, dan mendorong dana pensiun ke ambang kebangkrutan.

Pengamat Hubungan Internasional Universitas Padjajaran Teuku Rezasyah menduga beban psikologis sebagai perdana menteri Inggris sangatlah luar biasa, dan tentu berada di luar perkiraan Liz Truss.

"Masalah dalam negeri seperti krisis ekonomi dan moneter, rendahnya produktifitas, menurunnya kepercayaan publik, serta rapuhnya keamanan energi menjelang natal di bulan Desember, tak kunjung terselesaikan," katanya ketika dihubungi Liputan6.com, Jumat (21/10/2022).

Di saat yang sama, sambungnya, Inggris tidak berdaya untuk menghadapi tekanan dari AS untuk bersikap keras kepada Rusia. Namun di sisi lain, Rusia terus mengancam menghentikan suplai gas, serta ancaman nuklir berskala kecil.

Apakah ada kaitannya antara kekacauan yang terjadi di Inggris dengan kepergian Ratu Elizabeth II? Rezasyah pun mengiyakan. "Memang wafatnya Ratu Elizabeth II menimbulkan masalah baru. Seperti hilangnya simbol pemersatu bangsa saat krisis ekonomi, dan sumber inspirasi dan keteladanan, saat bangsa Inggris berjuang mengupayakan inovasi dan kreatifitas."

Menurutnya, untuk jangka pendek, Inggris memang sedang menghadapi kemunduran. "Namun berbekal pengalaman mengelola dunia, serta keunggulan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, Inggris akan cepat bangkit," ungkap Rezasyah.

Sementara itu, Peter Westmacott, Mantan Pejabat di Europe Center dan Mantan Dubes Inggris untuk Amerika Serikat menyatakan situasi yang dilahirkan Truss adalah bentuk penghinaan untuk Inggris dan demokrasi.

"Liz Truss berharap dapat bertahan sampai Menteri Keuangan Jeremy Hunt mengeluarkan rencana fiskal jangka menengahnya pada 31 Oktober. Kekacauan politik Rabu kemarin membuat hal itu mustahil. Liz Truss dengan demikian menjadi perdana menteri Inggris dengan masa jabatan terpendek yang pernah ada," kata Peter Westmacott.

"Partai Buruh sekaligus oposisi menyerukan pemilihan umum dini, dengan alasan siapa pun yang memerintah Inggris membutuhkan mandat demokrasi. Partai Konservatif, yang masih memiliki mayoritas 71 kursi di House of Commons, tidak mungkin setuju karena jajak pendapat sangat mendukung Partai Buruh," tambahnya.

Sedangkan Frances Burwell yang merupakan Direktur Senior di McLarty Associates menyebut pengunduran diri Liz Truss dan dimulainya kontes kepemimpinan baru membuat Inggris seakan-akan melanjutkan devolusinya untuk menjadi mitra yang kurang relevan bagi Amerika Serikat dan sekutu Eropanya.

"Sejak referendum Brexit tahun 2016 -- bahkan sejak pengumuman Perdana Menteri David Cameron tentang referendum tersebut pada 2013 -- politik Inggris didorong oleh perang saudara di dalam Partai Konservatif. Mereka yang berargumen akan 'mengambil kembali' Inggris dari Eropa tidak pernah menyusun strategi sukses sebagai pemain ekonomi global, tetapi sebaliknya malah membangun hambatan dengan mitra ekonomi terbesar Inggris," kata Burwell.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah menyatakan terima kasihnya kepada Truss atas kemitraannya dan telah menegaskan kembali keyakinannya pada kelanjutan hubungan AS-Inggris. Namun Frances Burwell menilai, di koridor Gedung Putih, para pejabat pasti bertanya-tanya berapa lama lagi drama Inggris ini akan berlanjut dan apa kontribusi Inggris untuk memenuhi tantangan geopolitik saat ini.


Calon Kuat PM Baru Inggris

Pemilihan PM baru Inggris akan dilakukan pada pekan depan. Graham Brady, pejabat Konservatif yang bertanggung jawab atas proses pemilihan PM baru, mengumumkan kandidat untuk menggantikan Liz Truss akan membutuhkan setidaknya 100 nominasi dari anggota parlemen Konservatif.

Jika lebih dari satu kandidat memenuhi ambang batas itu, mereka akan diajukan ke anggota Konservatif dalam pemungutan suara online. Perdana menteri baru akan diumumkan pada Jumat 28 Oktober.

Pemimpin baru tersebut akan menjadi perdana menteri Konservatif kelima dalam kurun waktu enam tahun -- dan yang ketiga dalam masa jabatan parlementer ini. Tapi siapa yang mungkin menjadi pemimpin berikutnya?

Berikut beberapa calon utama pengganti Liz Truss seperti dikutip dari CNN, Jumat (21/10/2022):

1. Rishi Sunak

Sunak telah terbukti menjadi semacam peramal dari kehancuran pemerintah, karena banyak prediksi yang dia buat selama kepemimpinan musim panas ini tentang rencana ekonomi Liz Truss menjadi kenyataan.

Mantan Menteri Keuangan (menteri keuangan) Inggris ini memperingatkan bahwa pemotongan pajak Truss yang tidak didanai akan menyebabkan penurunan nilai sterling, kepanikan di pasar obligasi dan kekhawatiran dari Dana Moneter Internasional. Mungkin bahkan dia akan terkejut dengan kecepatan yang terbukti benar.

2. Penny Mordaunt

Mordaunt berada di urutan ketiga dalam pemilihan kepemimpinan terakhir, nyaris gagal ditempatkan di hadapan para anggota. Dengan 105 suara dari anggota parlemen dalam pemilihan terakhir, dia juga diperkirakan bakal menghapus ambang batas baru.

Dia diperkirakan tampil baik di antara keanggotaan partai, sebagian karena kredensial militernya. Mordaunt adalah seorang cadangan Angkatan Laut Kerajaan dan menjabat sebagai Menteri Luar Negeri untuk Pertahanan.

Seperti Sunak, dia berasal dari sayap partai yang lebih moderat. Bahkan ada pembicaraan di antara anggota parlemen dari keduanya yang membentuk tiket "tim impian", meskipun ini belum terwujud - dan tidak jelas apakah salah satu dari mereka akan menerima menjadi kanselir untuk mengambil posisi teratas.

3. Kemi Badenoch

Badenoch berada di urutan keempat dalam pemilihan kepemimpinan musim panas ini -- hanya mengamankan 59 suara dari anggota parlemen -- tetapi secara konsisten dinilai oleh lembaga survei sebagai favorit di antara anggota akar rumput Konservatif.

Salah satu anggota parlemen yang lebih muda dalam pencalonan, Badenoch dengan cepat memenangkan dukungan dari grandee Tory Michael Gove, yang memujinya sebagai "bakat luar biasa" di partai. Badenoch berasal dari sayap kanan Partai Konservative (Tory) -- dan dalam tawaran kepemimpinan sebelumnya menyarankan bahwa target iklim pemerintah mungkin terbukti terlalu mahal.

4. Boris Johnson

Anggota parlemen yang mendukung Johnson saat menjadi PM Inggris pada 2019 mengatakan, Boris Johnson adalah satu-satunya kandidat yang dapat dengan nyaman memenangkan anggota parlemen Konservatif dan anggota Partai Konservatif.

Sekutu terdekat Johnson mengatakan mereka sadar dia sedang aktif melobi dalam beberapa jam setelah pidato pengunduran diri Truss, membuat posisinya agar mewakili upaya terbaik partai untuk stabilitas dalam jangka menengah.

5. Grant Shapps

Truss mengangkat Grant Shapps menjadi menteri dalam negeri - meskipun tidak menawarkan dia peran menteri apa pun ketika dia pertama kali menjabat.

Shapps menjabat sebagai sekretaris transportasi di bawah Boris Johnson. Dia mengajukan diri untuk menggantikannya dalam pemilihan kepemimpinan sebelumnya -- hanya untuk mundur dari pemilihan tiga hari kemudian, setelah gagal mengamankan 20 suara anggota parlemen yang diperlukan untuk melanjutkan ke putaran berikutnya.


PM Inggris Tersingkat dalam Sejarah

Perdana Menteri Inggris Liz Truss mengumumkan mundur dari jabatannya pada Kamis 20 Oktober 2022. Padahal, ia baru menjabat selama 45 hari.

Liz Truss pun menjadi perdana menteri Inggris dengan masa jabatan paling singkat dalam sejarah. Rekor itu sebelumnya dipegang George Canning yang meninggal pada 1827 ketika baru menjabat 119 hari.

Pada 100 tahun terakhir, PM Inggris lainnya yang menjabat secara singkat adalah Sir Alec Douglas-Home. Ia menjabat kurang dari setahun pada 19 October 1963 hingga 16 October 1964. Namun, ia sempat kembali menjabat sebagai menteri luar negeri pada 1970.

Sebelum Douglas-Home, ada nama Sir Anthony Eden yang menjabat pada 6 April 1955 hingga 9 January 1957. Kondisi kesehatan Eden dilaporkan memburuk ketika menjabat dan ia didera Krisis Terusan Suez.

Liz Truss mundur karena gejolak di Partai Konservatif. Ketika baru dilantik, Truss sempat membuat kontroversi karena kebijakan pemangkasan pajak yang tidak populer.

Liz Truss mengumumkan rencana kemundurannya di depan kantor PM di Downing Street. Liz Truss menyorot bahwa ia menjabat di tengah masalah ekonomi dan invasi Rusia. Ia mengakui telah gagal memenuhi target kebijakannya.

"Saya maka dari itu telah bicara pada Yang Mulia Raja untuk memberitahunya bahwa saya mundur sebagai pemimpin Partai Konservatif," ujar Liz Truss.

Liz Truss baru bekerja selama 45 hari. Ia dilantik pada 6 September 2022 dan merupakan perdana menteri terakhir yang bertemu Ratu Elizabeth II. Selanjutnya, perdana menteri akan direstui oleh Raja Charles III.

Mundurnya Liz Truss sebagai pemimpin partai berkuasa otomatis membuatnya lengser sebagai perdana menteri. Pekan depan, Partai Konservatif akan kembali mengadakan pemilihan pemimpin. Sebelumnya, Liz Truss merupakan menteri luar negeri di kabinet Boris Johnson.

Liz Truss itu menjadi PM setelah mengalahkan pemilihan pemimpin Partai Konservatif. Liz Truss mengalahkan mantan Menteri Keuangan Rishi Sunak.

Liz Truss adalah PM Inggris wanita yang ketiga dalam sejarah setelah Margaret Thatcher (The Iron Lady) dan Theresa May. Mereka bertiga berasal dari Partai Konservatif.

Margaret Thatcher yang mulai menjabat di tahun 1970-an merupakan PM Inggris dengan masa jabatan terlama pada abad ke-20. Kini, Truss menjadi yang paling sebentar.

Liz Truss masih akan memegang jabatan sebagai perdana menteri hingga ada ketua baru Partai Konservatif yang nantinya akan menjadi perdana menteri. Saat ini, Partai Konservatif adalah partai berkuasa di Inggris. Partai itu telah berkuasa sejak 2010.


Kronologi Mundurnya Liz Truss

Kronologi mundurnya Liz Truss sebagai perdana menteri dengan masa jabatan terpendek di Inggris.

5 September: Trussmenjabat sebagai Perdana Menteri Inggris

Truss dinyatakan sebagai pemenang dari Partai Konservatif pada 5 September setelah pendahulunya, Boris Johnson, dipaksa mundur menyusul serangkaian skandal etika.

Pertandanya tidak baik. Negara ini menghadapi ekonomi yang kurang baik, krisis biaya hidup yang melonjak, dan layanan kesehatan yang runtuh. Truss, yang menjabat sebagai menteri luar negeri di pemerintahan Johnson, juga menghadapi tantangan diplomatik besar dalam menghadapi perang Rusia di Ukraina.

Dalam pidato pertamanya sebagai perdana menteri, di Downing Street pada 6 September, dia memberi tahu negara itu bahwa "bersama-sama kita bisa keluar dari badai."

Dia mengatakan prioritasnya termasuk mengatasi melonjaknya harga energi, meningkatkan keamanan energi Inggris dan memperbaiki Layanan Kesehatan Nasional.

8 September: Ratu Elizabeth II meninggal dunia

Hanya dua hari dalam jabatan perdana menteri Truss, Ratu Elizabeth II meninggal pada usia 96, sehingga negara itu masuk ke dalam masa berkabung nasional.

Truss memberikan penghormatan kepada Ratu sebagai simbol stabilitas yang memerintah melalui krisis, tragedi, skandal politik, pandemi dan resesi.

"Ratu Elizabeth II adalah batu di mana Inggris modern dibangun," kata perdana menteri Liz Truss.

"Negara kita telah tumbuh dan berkembang di bawah pemerintahannya."

23 September:Perombakan anggaran yang membawa malapetaka

Ini langkah besar pertama Liz Truss sebagai perdana menteri. Menteri keuangan dan teman terdekatnya dalam politik, Kwasi Kwarteng, mengungkap rencana besar untuk melepaskan negara dari resesi, yang mencakup sejumlah pemotongan pajak yang akan didanai oleh pinjaman pemerintah yang lebih tinggi.

Rencana tersebut merupakan pertaruhan besar -- pemotongan pajak terbesar dalam 50 tahun, tanpa rencana yang jelas tentang cara membayarnya.

Biasanya, laporan fiskal besar di Inggris diaudit secara independen oleh Office for Budget Responsibility. Tapi Kwarteng mengatakan tidak ada waktu untuk audit semacam itu, itu merupakan sebuah langkah yang mengejutkan pasar keuangan dan membuat poundsterling jatuh.

Perdana menteri kemudian membela aturan pemotongan pajak kontroversial pemerintahnya dalam sebuah wawancara eksklusif dengan CNN's Jake Tapper.

Dia mengatakan bahwa dengan memotong pajak, pemerintahnya "mendorong bisnis untuk berinvestasi dan kami juga membantu orang biasa dengan pajak mereka."

Harga obligasi kemudian runtuh, mengirim biaya pinjaman melonjak, memicu kekacauan di pasar hipotek dan mendorong dana pensiun ke ambang kebangkrutan.

14 Oktober: Liz Truss melengserkan Kwasi Kwarteng

Gejolak ekonomi dan prospek tingkat hipotek yang lebih tinggi memaksa Truss untuk mundur dari komponen kunci dari rencana keuangannya.

Setelah membatalkan rencananya untuk memangkas tarif pajak penghasilan tertinggi, dia memecat Kwarteng pada bulan Oktober dalam upaya putus asa untuk menyelamatkan posisinya.

"Memang benar, dalam menghadapi masalah yang kami miliki, saya bertindak tegas untuk memastikan bahwa kami memiliki stabilitas ekonomi," kata Truss.

Dalam sebuah surat yang diposting di Twitter, Kwarteng mengatakan dia setuju untuk mundur atas perintah Truss.

Truss menunjuk mantan menteri luar negeri Jeremy Hunt sebagai pengganti Kwarteng, menjadikannya menteri keuangan keempat Inggris hanya dalam waktu tiga bulan.

17 Oktober: Hunt membuang rencana fiskal Truss

Baru tiga hari bekerja, Hunt mengatakan dia akan membatalkan "hampir semua" tindakan pajak yang diumumkan oleh pendahulunya, dalam upaya untuk menenangkan pasar yang ketakutan dan memulihkan kredibilitas pemerintah.

Pemotongan yang diusulkan untuk tarif dasar pajak penghasilan mulai April 2023 ditunda "tanpa batas waktu." Dan sementara pemerintah mengatakan masih akan menjamin harga energi untuk rumah tangga dan bisnis selama musim dingin ini, pemerintah tidak akan berkomitmen untuk membatasi harga di luar musim semi berikutnya.

Langkah-langkah tersebut sama dengan menghancurkan "rencana pertumbuhan" andalan Truss dan meninggalkannya dalam posisi politik yang berbahaya.

Sementara investor menunjukkan dukungan untuk rencana baru Hunt, oposisi Partai Buruh tidak ditenangkan.

"Semua pernyataan Rektor menggarisbawahi bahwa kerusakan telah terjadi," tweet anggota parlemen Rachel Reeves .

19 Oktober: Mendagri Inggris mundur

Sehari sebelum Liz Truss mundur, Suella Braverman yang merupakan Menteri Dalam Negeri dalam kabinet pemerintahannya lebih dahulu angkat kaki.

Suella Braverman mundur padahal baru menjabat selama 43 hari. Suella Braverman mengundurkan diri dari jabatannya pada Rabu 19 Oktober waktu setempat.

Pengunduran diri Braverman dilakukan gara-gara ia membagikan dokumen resmi dari email pribadinya. Braverman merupakan sosok eksentrik dari sayap kanan Partai Konservatif yang berkuasa.

Dalam surat pengunduran diri kepada PM Liz Truss yang diunggah di Twitter, Braverman menulis bahwa sebelumnya dia mengirim dokumen resmi dari email pribadinya ke kolega parlemen yang terpercaya. "Ini merupakan pelanggaran teknis terhadap aturan. Namun, saya harus pergi," kata dia, seperti dikutip dari Anadolu, Kamis (20/10/2022).

"Sebagai menteri dalam negeri, saya memegang standar tertinggi dan pengunduran diri saya adalah hal yang benar untuk dilakukan. Urusan pemerintah bergantung pada orang-orang yang bertanggung jawab atas kesalahan mereka," imbuhnya.

Namun, Braverman kemudian berkomentar mengenai pemerintahan Truss. "Kita sedang melalui masa yang penuh gejolak. Saya khawatir tentang arah pemerintah ini."

20 Oktober: Liz Truss mengundurkan diri

Setelah enam minggu yang kacau balau di Downing Street, Truss mengumumkan pengunduran dirinya.

"Saya mengakui meskipun dalam situasi saya tidak dapat menyampaikan mandat yang saya pilih oleh Partai Konservatif," katanya.

Truss mengatakan dia telah mengajukan pengunduran dirinya kepada Raja, dan pemilihan kepemimpinan akan berlangsung dalam waktu seminggu. Dia akan tetap menjadi perdana menteri Inggris sampai penggantinya dipilih.

Masa jabatan yang cepat sebagai perdana menteri mendorong seruan untuk pemilihan umum dini di Inggris.

"Setelah 12 tahun kegagalan Tory, rakyat Inggris layak mendapatkan jauh lebih baik daripada pintu putar kekacauan ini," kata pemimpin Partai Buruh Keir Starmer setelah Truss mengumumkan dia akan mengundurkan diri.

"Kita membutuhkan pemilihan umum, sekarang."

Tetapi pemilihan baru bukanlah kepastian sebelum 2025, bahkan ketika Inggris mempersiapkan pemimpin kelimanya hanya dalam waktu enam tahun - dan yang ketiga sejak pemungutan suara terakhir.