Sanksi PDIP untuk Ganjar Pranowo

PDIP Sanksi Ganjar Pranowo dengan Teguran Lisan Terkait Pernyataan Siap Jadi Capres

Liputan6.com 2022-10-24 18:03:00
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tiba di Gedung DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (24/10/2022). PDIP memanggil Ganjar untuk mengklarifikasi pernyataannya soal siap menjadi calon presiden

PDI Perjuangan (PDIP) menjatuhkan sanksi terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo atas pernyataan siap menjadi calon presiden di Pilpres 2024 dalam sebuah wawancara dengan media.

Adapun atas pernyataan tersebut, dirinya diberi sanksi teguran lisan.

"Supaya keadilan di partai itu ditegakkan kepada seluruh anggota dari Sabang sampai Merauke, maka kami, saya sampaikan jatuhkan sanksi sanksi teguran lisan kepada Pak Ganjar Pranowo sebagai kader," ujar Ketua DPP Bidang Kehormatan PDIP Komarudin Watubun usai menerima klarifikasi Ganjar di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (24/10/2022).

Ganjar diberikan sanksi agar lebih berdisiplin sebagai kader PDIP. Menurut dia, sebagai kader senior seharusnya Ganjar mengetahui disiplin partai.

"Kenapa begitu? Karena beliau ini bukan kader baru masuk, ini kader senior. Termasuk senior dalam partai. Beliau ini pertama kali masuk di Papua lakukan kaderisasi di sana. Oleh karena itu beliau harus lebih berdisiplin," ujar Komarudin.

Meski demikian, Ganjar pernyataan di media dianggap tidak melanggar aturan partai. Namun, teguran lisan diberi karena pernyataan tersebut membuat multitafsir ditangkap publik.

"Kalau bung Ganjar tadi saya sampaikan, meskipun pernyataan itu tidak melanggar aturan tapi menimbulkan multitafsir di media karena itu kami memberi sanksi teguran lisan," ujar Komarudin.


Penuhi Panggilan DPP PDIP

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memenuhi pemanggilan DPP PDI Perjuangan (PDIP). Kehadirannya diminta memberikan klarifikasi terkait pernyataannya siap menjadi calon presiden di Pilpres 2024.

Pantuan di kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (24/10/2022), terlihat ia datang dengan menumpangi mobil berkelir hitam pelat B 1674 RFQ.

Tidak ada pernyataan Ganjar. Ia langsung memasuki kantor DPP PDIP. Ganjar hanya melambaikan tangan kepada wartawan yang menunggu di depan kantor DPP.

Sementara dari video hasil dokumentasi PDIP, kehadiran Ganjar sudah disambut oleh Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua Bidang Kehormatan Dewan Pimpinan Pusat DPP PDI Perjuangan, Komarudin Watubun.


Sudah Direncanakan

Diketahui, sebelumnya, Hasto mengungkapkan, partainya akan memanggil Ganjar atas pernyataannya yang siap jika ditugaskan sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

Tentu, pemanggilan itu untuk meminta Ganjar melakukan klarifikasi atas pernyataannya tersebut.

"Ya, kita tunggu saja momentumnya, Pak Ganjar pun akan kami lakukan klarifikasi terkait pernyataannya," kata Hasto menjawab pertanyaan wartawan di GBK Arena Senayan, Jakarta, Minggu (23/10/2022).

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

'Si Tendangan Maut' Ternyata Mantan Petani

Profil Jeka Saragih 'Si Tendangan Maut', Petarung Asal Simalungun Siap ke UFC

Liputan6.com 2022-10-24 09:01:51
6 Potret Jeka Saragih, Petani Asal Batak Jadi Atlet MMA Pertama Road To UFC (Sumber: Instagram/jekasaragih)

Jeka Asparido Saragih atau lebih akrab dengan panggilan Jeka Saragih, petarung asal Simalungun, Sumatera Utara mencatatkan kemenangan melawan atas wakil Korea Selatan Ki Won-bin pada laga semifinal Road to UFC, Minggu (23/10/2022).

Jeka Saragih menyelesaikan laga tiga ronde lima menit tersebut dengan kock out pada ronde satu.

Nggk kebayang kalo dapat pukulan dari Jeka Saragih... otw RS coy...

Kemenangan atas Ki Won-bin itu membuat Jeka berpeluang besar teken kontrak dengan salah satu promotor besar di ajang olahraga Mixed Martial Art (MMA).

Praktis, Jeka akan menjadi orang Indonesia pertama yang berlaga di tempat yang sama seperti atlet-atlet MMA kelas dunia bertarung seperti Kamaru Usman, Israel Adesanya, Islam Makhachev, dan idola Jeka sendiri yakni Conor McGregor.

Bertarung di Crowne Plaza, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Jeka Saragih tampil beringas dan sukses mendaratkan pukulan keras ke rahang kiri Ki Won-bin di ronde pertama.

Petarung Korsel yang sudah terjatuh di kanvas masih mendapat pukulan bertubi-tubi dari Jeka. Melihat lawannya sudah tak berdaya, wasit pun segera menghentikan pertandingan dan menyatakan Jeka menang KO.

Road to UFC merupakan ajang pertarungan bagi para atlet MMA asal Asia. Mereka beradu kekuatan di dalam octagon demi mendapatkan kontrak di Ultimate Fighting Champonship (UFC).

Lantas, siapa Jeka Saragih? Berikut Profilnya.


Julukan

Jeka Saragih adalah petarung asal Simalungun, Sumatera Utara. Ia dikenal lewat gaya bertarungnya yang selalu memukau. Bahkan, Jeka Saragih punya julukan "Si Tendangan Maut".

Jeka yang berasal dari suku Batak ini punya masa muda sebagai seorang petani. Terlihat lewat unggahan foto Instagram pribadinya, pada (24/8/2022) lalu menunjukkan Jeka berpose di tumpukan dedaunan di kebun.

Berlatar belakang seorang yang tinggal di desa, tak membuat Jeka Saragih berkecil hati. Bahkan, kondisi perekonomian menengah ke bawah menjadikannya semakin termotivasi untuk menjadi seorang petarung MMA terbaik.

"Rasa kepuasan membuat orang miskin adalah seorang yang kaya, sementara rasa ketidakpuasan membuat orang-orang kaya menjadi seorang yang miskin," tulis Jeka Saragih dalam unggahan fotonya saat di kebun.


Berawal dari Wushu

Jeka Saragih lahir pada 3 Juli 1995. Dia memulai karier bela dirinya sejak 2013. Saat itu, dia mengawali seni pertarungannya dengan bela diri Wushu. Jeka pun berhasil menang di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) yang digelar di Yogyakarta saat itu.

Jeka kemudian dipercaya tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) mewakili Sumatera Utara pada 2015. Namun, sosoknya mulai dikenal ketika dia berhasil menjadi juara di MMA kelas 70 kg pada 2017 lalu.

Jeka Saragih sukses mengalahkan Ngapdi Mulidy. Namanya pun kian tersohor ketika dipercaya membawa api obor Asian Games 2018 keliling Sumatera Utara.

Jeka sebenarnya telah memulai karier pertarungan internasionalnya sejak 2013. Kala itu, dia mentas di Filipina dan belum berhasil menang.

Selain itu, ia pernah menjadi buruh galangan kapal di salah satu perusahaan PT SMOE. Dia bahkan sempat dilarang oleh orangtuanya menekuni dunia tarung bebas.

Jeka merupakan atlet MMA Indonesia pertama yang bisa menembus semifinal Road to UFC. Jeka meraih satu kemenangan di Singapura pada Juni silam. Dia memukul KO atlet India, Pawaan Maan.

Siap Nikah, 100 Persen Mantap

Kaesang Pangarep Bocorkan Persiapan Nikah dengan Erina Gudono: Sudah 100 Persen Mantap

Liputan6.com 2022-10-24 09:00:00
Kaesang Pangarep. (Foto: Dok. Instagram @kaesangp)

Minggu (23/10/2022), Kaesang Pangarep didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Pandjaitan, mendatangi kediaman keluarga Erina Gudono di Sleman, Yogyakarta.

Kunjungan ini bersifat kasual. Pasalnya, putra bungsu Presiden Jokowi pakai kaus putih berkerah hitam. Kaesang Pangarep tak berkenan membeberkan isi pertemuan dengan calon mertua.

Melansir dari video wawancara di kanal YouTube Berita Surakarta, hari yang sama, Kaesang Pangarep irit bicara kala disinggung persiapan pernikahan yang akan digelar di pengujung 2022.

Namun, bintang film Cek Toko Sebelah memastikan persiapan telah mencapai 100 persen. "Persiapan nikah 100 persen mantap," ujarnya kepada awak media di depan rumah mertua.


Enggan Klarifikasi

Beredar kabar pernikahan dengan Erina Gudono akan digelar di Yogyakarta selama tiga hari. Terkait ini, baik Kaesang Pangarep maupun keluarga Erina Gudono enggan mengklarifikasi.

Jika benar tiga hari, apakah Kaesang Pangarep menyicil persiapan fisik seperti olahraga dari sekarang? "Kagak (olahraga, biasa saja)," jawab Kaesang Pangarep, ringkas.


Benarkan Kabar

Diberitakan sebelumnya, pihak keluarga Erina Gudono membenarkan kabar yang menyebut pernikahan Kaesang Pangarep akan digelar akhir tahun ini selama beberapa hari.

Perwakilan keluarga Erina Gudono, Muhaimin, menyatakan, prosesi pernikahan sebagian digelar di Yogyakarta dari Rabu hingga Sabtu, namun ia tak menyebut tanggal.


Pada Sabtu Pagi

"Pada Sabtu pagi akan diadakan akad nikah di Pendopo Agung Ambarrukmo Yogyakarta. (Acara ini) terbatas untuk 100 undangan saja," Muhaimin menyampaikan kisi-kisi.

Jokowi telah sidak ke kawasan elit Royal Ambarrukmo Yogyakarta untuk cek lokasi akad. "Presiden hanya melihat bagian depannya," kata General Manager Royal Ambarrukmo Hotel, Herman Courbois, kepada jurnalis.

Siap-Siap, Harga BBM Naik Lagi

Siap-siap Harga BBM Naik Lagi Awal November 2022

Liputan6.com 2022-10-24 15:20:45
Harga BBM nonsubsidi seperti Pertamax akan terus disesuaikan mengikuti tren harga rata-rata publikasi minyak yakni Mean of Platts Singapore (MOPS). (Dok Pertamina)

Penguatan harga minyak dunia ditenggarai bakal turut berimbas terhadap kenaikan harga BBM. Indikasi itu terlihat lewat harga minyak mentah berjangka Brent, yang membukukan kenaikan karena dolar AS melemah dan pelonggaran pembatasan Covid-19 di China.

Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan menilai, kenaikan harga minyak dunia yang diiringi dengan melemahnya mata uang rupiah terhadap dolar akan sangat mempengaruhi biaya pokok produksi BBM.

"Bisa dipastikan beban biaya per liter BBM mengalami kenaikan, termasuk juga Pertalite. Hanya saja, harga BBM JBKP dan JBT saya kira tidak akan mengalami kenaikan mengingat kebijkan harga ada di pemerintah mengingat baru saja mengalami penyesuaian," ujarnya kepada Liputan6.com, Senin (24/10/2022).

"Pemerintah saya kira akan menjaga daya beli masyarakat dan perekonomian nasional ditengah situasi ekonomi global yang penuh ketidakpastian seperti saat ini," kata Mamit.

Meski Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) dan Jenis BBM Tertentu (JBT) semisal Solar dan Pertalite aman dari kenaikan, ia memperkirakan, harga BBM umum akan terkena penyesuaian di bulan depan. Imbas dari naiknya harga minyak dunia dan melemahnya kurs mata uang rupiah.

Adapun ketentuan itu pun sesuai dengan formula dalam Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 62/2020. Dalam aturan ini, badan usaha semisal PT Pertamina (Persero) bisa melakukan evaluasi berdasarkan harga keekonomian dengan formula yang sudah ditetapkan.

"Saya kira awal bulan penyesuaian harga ini. Terutama faktor melemahnya rupiah. Jadi harusnya ada penyesuaian ya," ungkap Mamit.

"Kecuali, badan usaha merasa tidak perlu dengan margin misalnya yang dikurangi. Tapi jika mengacu kondisi saat ini, harusnya ada penyesuaian," tegas dia.


Harga Minyak Brent Lompat ke USD 94,04 per Barel Jelang Sanksi Eropa ke Rusia

Harga minyak mentah berjangka naik di awal perdagangan Asia pada Senin pagi, karena ekspektasi pasokan yang lebih ketat secara global menjelang sanksi Uni Eropa terhadap minyak Rusia mendukung harga.

Dikutip dari Antara, Senin (24/10/2022), harga minyak mentah berjangka Brent terangkat 54 sen atau 0,6 persen, menjadi diperdagangkan di USD 94,04 per barel pada pukul 01.25 GMT.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS bertambah 51 sen atau 0,6 persen, menjadi diperdagangkan di USD 85,56 per barel,

Brent membukukan kenaikan 2,0 persen minggu lalu karena dolar yang lebih lemah dan harapan pelonggaran pembatasan COVID-19 di China yang akan memungkinkan permintaan di konsumen minyak nomor dua dunia itu akan pulih.

Gangguan pasokan minyak global diperkirakan terjadi ketika larangan Uni Eropa atas impor Rusia mulai berlaku pada 5 Desember. Kelompok ini juga berencana untuk memblokir impor produk minyak Rusia pada Februari.

Sentimen sedang dibangun di dalam Federal Reserve (Fed) untuk kemungkinan mengurangi kecepatan atau ukuran kenaikan suku bunga di masa depan bahkan saat bersiap untuk menaikkan suku pada awal November.

Perlambatan kenaikan suku bunga Fed dapat mengurangi kekuatan dolar AS yang telah membebani harga-harga komoditas. Dolar yang lebih lemah membuat komoditas berdenominasi dolar seperti minyak lebih terjangkau bagi pemegang mata uang lainnya.


Xi Jinping

Pada Minggu (23/10/2022), Xi Jinping dari China mengamankan masa jabatan kepemimpinan ketiga yang belum pernah dilakukan sebelumnya, memperkuat posisinya sebagai penguasa paling kuat di negara itu sejak Mao Zedong.

Namun, analis tidak memperkirakan perubahan signifikan dalam arah kebijakan, termasuk strategi nol-COVID Xi.

Minyak Brent naik minggu lalu meskipun Presiden AS Joe Biden mengumumkan penjualan sisa 15 juta barel minyak dari Cadangan Minyak Strategis (SPR) AS. Penjualan tersebut merupakan bagian dari rekor pelepasan 180 juta barel yang dimulai pada Mei. Biden menambahkan bahwa tujuannya adalah untuk mengisi kembali stok ketika minyak mentah AS berada di sekitar 70 dolar AS per barel.

"Pasar lebih tertarik pada pedoman untuk mengisi ulang cadangan," kata analis ANZ dalam sebuah catatan.

"Komentar Biden bahwa AS hanya akan membeli minyak mentah setelah harga mencapai USD 70 per barel memberikan level support yang kuat."

Pekan lalu perusahaan-perusahaan energi AS menambahkan rig minyak dan gas alam untuk minggu kedua berturut-turut karena harga minyak yang relatif tinggi mendorong perusahaan untuk mengebor lebih banyak, perusahaan jasa energi Baker Hughes Co mengatakan dalam sebuah laporan pada Jumat (21/10/2022).

Revolusi Toilet Gemparkan China

Revolusi Toilet Gempar di China, Pesan Sindiran hingga Anti-Xi Jinping

Liputan6.com 2022-10-24 12:08:28
Presiden China Xi Jinping menyampaikan pidato pada upacara pembukaan Kongres Nasional ke-20 Partai Komunis China yang berkuasa di Beijing, China, Minggu (16/10/2022). China pada hari Minggu m

Kesal atas pemerintahan Xi Jinping yang kerap membungkam suara dari masyarakat, warga China menumpahkannya dengan mencoret dinding toilet umum lewat gambar hingga slogan.

Aksi ini mereka sebut dengan revolusi toilet, dikutip dari laman CNN, Senin (24/10/2022).

Meski begitu, banyak dari mereka yang mencoret-coret dinding toilet dicekam oleh rasa takut karena banyak pengawasan yang ketat di sana.

Tapi banyak pihak memaksakan dirinya untuk melanjutkan aksi itu. "Warga Beijing telah mengorbankan hidupnya atau kebebasan sisa hidupnya untuk melakukan apa yang dia inginkan. Saya pikir kita juga harus berkewajiban melakukan sesuatu yang bisa kita lakukan," kata Chen, seorang warga China.

Chen menggambarkan dirinya sebagai seorang patriot. "Namun saya tidak suka Partai Komunis. Saya memiliki rasa cinta untuk China, tetapi tidak dengan pemerintahnya sekarang."

Sejauh ini, penyebaran slogan-slogan tersebut tampak terbatas.

Sejumlah akun Instagram pro-demokrasi yang dijalankan oleh warga negara China anonim telah melacak grafiti dan poster anti-Xi.

Citizensdailycn, akun dengan 32.000 pengikut, mengatakan bahwa mereka menerima sekitar puluhan laporan, dimana pesan melawan Xi dilakukan di dinding dan pintu kamar mandi umum.

Northern_Square, dengan 42.000 pengikut, mengatakan bahwa menerima delapan laporan slogan yang dituliskan di kamar mandi dari kota-kota besar termasuk Beijing, Tianjin, Shanghai, Guangzhou, Shenzhen dan Wuhan.


Pesan Anti-Xi Jinping

Gerakan tersebut telah dijuluki oleh beberapa orang sebagai "Revolusi Toilet" -- sebagai hinaan terhadap kampanye Xi untuk meningkatkan kondisi sanitasi di toilet umum di China, dan merujuk pada lokasi sebagian besar pesan anti-Xi.

Wu, mahasiswa di China Timur, memuji istilah itu karena "efek ironis selama ini."

Tapi dia mengatakan, itu juga menawarkan inspirasi. "Bahkan di ruang sempit seperti toilet, selama Anda memiliki hati yang revolusioner, Anda dapat memberikan kontribusi sendiri," katanya.

Bagi Chen, istilah tersebut adalah pengingat yang jelas akan ruang kebebasan berekspresi yang sangat terbatas di Tiongkok.

"Akibat sensor dan pengawasan, orang hanya bisa mengekspresikan opini politik dengan menulis slogan di tempat-tempat seperti toilet. Sangat menyedihkan bahwa kami telah ditindas sejauh ini," kata Chen.


Presiden China Xi Jinping Tambah Masa Jabatan Jadi 3 Periode

Kekuasan Presiden China Xi Jinping akan berlanjut ke periode tiga setelah ia berhasil terpilih lagi sebagai Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis China. Otomatis hal itu membuatnya lanjut ke periode tiga.

Kabar Xi Jinping meraih tiga periode sebetulnya sudah lama beredar di media-media internasional. Hal itu benar-benar terwujud pada Kongres PKC ke-20 yang baru saja berlangsung di Beijing.

Berdasarkan laporan media pemerintah China, Xinhua, Minggu (23/10/2022), Presiden Xi Jinping juga menjabat sebagai ketua Komisi Militer Pusat PKC. Jabatan itu memimpin kepolisian dan militer China.

Sejak zaman Presiden Deng Xiaoping, ketua dari Komisi Militer Pusat juga merupakan jabatan untuk presiden China.

Terpilihanya presiden menjadi tiga periode di China sebetulnya bukan hal baru. Dulu, Jiang Zemin juga terpilih tiga kali sebagai Sekjen Komite Sentral PKC, sehingga dia menjabat tiga periode dari 1989 hingga 2002. Selanjutnya, Jiang Zemin digantikan oleh Hu Jintao yang berkuasa dua periode, dan kini Xi Jinping.

Pada Kongres Nasional PKC ke-20, Presiden Xi Jinping percaya diri negaranya bisa membuat keajaiban-keajaiban baru. Ia juga mengajak pemerintah agar terus mengikuti sosialisme dengan karakteristik China.

Konstitusi partai juga diubah dengan menegaskan menolak separasi Taiwan. Pemerintah juga berjanji akan memperkuat demokrasi kerakyatan, mendorong kesejahteraan bersama, meningkatkan pembangunan berkualitas, serta membuat militer menjadi kelas dunia.

Aspek-aspek lain yang masuk ke konstitusi China adalah memegang teguh nilai-nilai kemanusiaan berupa perdamaian, pembangunan, kejujuran, keadilan, demokrasi, dan kebebasan.


Presiden Xi Jinping Sebut Taiwan Adalah Urusan China, Serukan Reunifikasi

Sebelumnya dilaporkan, Xi Jinping mengatakan pada hari Minggu bahwa Partai Komunis China (CPC) akan menerapkan kebijakan keseluruhannya untuk menyelesaikan masalah Taiwan di era baru, dan dengan teguh memajukan penyebab reunifikasi nasional.

"Menyelesaikan masalah Taiwan adalah masalah bagi Tiongkok, masalah yang harus diselesaikan oleh Tiongkok," kata Xi pada sesi pembukaan Kongres Nasional CPC ke-20, dikutip dari MSN News, Minggu (16/10).

"Kami akan terus berjuang untuk penyatuan kembali secara damai dengan ketulusan terbesar dan upaya maksimal, tetapi kami tidak akan pernah berjanji untuk meninggalkan penggunaan kekuatan, dan kami memiliki opsi untuk mengambil semua tindakan yang diperlukan. Ini semata-mata ditujukan pada campur tangan oleh pasukan luar dan beberapa separatis yang mencari 'kemerdekaan Taiwan' dan kegiatan separatis mereka; itu sama sekali tidak ditargetkan pada rekan senegaranya Taiwan kami," katanya.

Xi mengatakan bahwa roda sejarah bergulir menuju penyatuan kembali Tiongkok dan peremajaan bangsa Tiongkok. "Penyatuan kembali negara kita sepenuhnya harus diwujudkan, dan itu bisa, tanpa diragukan lagi, terwujud!"

"Kami selalu menunjukkan rasa hormat dan kepedulian terhadap rekan-rekan Taiwan kami dan bekerja untuk memberikan manfaat kepada mereka. Kami akan terus mempromosikan pertukaran dan kerja sama ekonomi dan budaya di seluruh Selat," kata Xi.

"Kami akan mendorong orang-orang di kedua sisi Selat untuk bekerja sama mempromosikan budaya Tiongkok dan menjalin ikatan yang lebih erat," katanya.

Berjuang Mencari Jasad Kekasih

Wanita Ukraina Berjuang Cari Jenazah Kekasihnya yang Ditahan Rusia

Liputan6.com 2022-10-24 18:00:00
Viktoria Skliar diwawancarai oleh Associated Press di sebuah arena berkuda bernama "Magnat" di wilayah Kyiv, Ukraina, pada 8 Agustus 2022. (Foto: AP/Vasilisa Stepanenko)

Dalam percakapan singkat terakhir antara Viktoria Skliar dengan kekasihnya yang ditahan Oleksii Kisilishin, tawanan perang asal Ukraina itu berujar soal apa yang mungkin ia lakukan setelah pembebasannya nanti dalam pertukaran tahanan yang akan datang dengan Rusia.

Namun sayang, di waktu berikutnya Skliar melihat Kisilishin, kekasihnya itu telah tewas. Jenazah Kisilishin menjadi salah satu dari beberapa mayat dalam foto berisi jenazah yang menurut otoritas setempat adalah korban tewas ketika ledakan menghancurkan sebuah penjara di bagian wilayah Donetsk Ukraina yang dikendalikan oleh kelompok separatis yang didukung Moskow.

Selama berbulan-bulan, Skliar telah mengulurkan harapan bahwa dia akan bersatu kembali dengan kekasihnya, yang telah menjadi bagian dari kelompok pasukan yang mempertahankan pabrik baja Azovstal, pertahanan terakhir para pejuang Ukraina di kota Mariupol yang terkepung, seperti dikutip dari VOA Indonesia, Senin (24/10/2022).

Sekarang, Skliar telah mengendalikan fokusnya untuk mendapatkan jenazah pasangannya kembali. Setelah melewati rintangan yang sangat besar, Ukraina kini telah menerima sisa-sisa dari belasan jenazah tahanan yang ditahan di penjara Olenivka. Tetapi dengan para ahli yang masih membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mengidentifikasi semua mayat dan tidak ada jaminan bahwa Kisilishin ada di antara mereka, pencarian Skliar masih jauh dari kata usai.

Fakta bahwa dia bahkan tahu pacarnya telah tewas saja sudah merupakan hal yang luar biasa. Dia mengenali tatonya dalam sebuah foto yang dibagikan di media sosial setelah ledakan terjadi di penjara tersebut pada 29 Juli lalu. Foto itu menunjukkan pasangannya berbaring, setengah telanjang, di tanah sejajar dengan delapan mayat lainnya.

"Ketika saya melihat foto itu, mata saya tidak melihat tubuh Oleksii," kata Skliar kepada The Associated Press. "Saya tidak punya waktu untuk menangis. Saya menghabiskan semua air mata saya ketika mereka berada di Azovstal. Yang pertama kali saya pikirkan adalah untuk mendapatkan tubuhnya kembali entah bagaimana caranya."

Skliar mengatakan dia menghubungi perwakilan Komite Internasional Palang Merah, memberi tahu mereka tentang foto itu dan memberi nama pasangannya dengan harapan Kisilishin dapat dipulangkan ke rumah. Organisasi kemanusiaan tidak bisa memberi tahu banyak karena mereka harus menuggu daftar resmi tahanan dan persetujuan dari politisi sebelum dapat membantu memulangkan mayat siapapun.

Sementara dia menunggu, Skliar takut orang yang dicintainya akan berakhir di kuburan massal.


Meninggal di Usia 26 Tahun

Kisilishin, yang meninggal pada usia 26 tahun, sempat dipanggil kembali ke Resimen Azov, bagian dari Garda Nasional Ukraina, tempat di mana dia bertugas hingga tahun 2016, dua minggu sebelum invasi Rusia ke Ukraina pada bulan Februari. Kisilishin, yang merupakan seorang penjaga hewan dan aktivis, telah memilih kembali untuk membela kampung halamannya di Mariupol, daripada tinggal di Kyiv, tempat dia bertemu Skliar di klub berkuda setahun sebelumnya.

Ketika Kisilishin bersembunyi di pabrik baja Azovstal saat pengepungan Kota Mariupol yang berlangsung selama tiga bulan, ia dan Skliar berbicara setiap hari sampai pasukan Rusia mengepung pabrik tersebut.

Pada bulan Mei, Kisilishin ditangkap ketika pembela Azovstal terakhir diberitahu oleh militer Ukraina untuk menyerahkan diri kepada pasukan Rusia.

Dari balik tahanan, Skliar terus menerima panggilan telepon dari Kisilishin, meskipun tidak pernah berlangsung lebih dari satu menit. Pacarnya tidak banyak bicara tentang dirinya, hanya menjawab "tidak apa-apa" atau "semuanya terkendali" ketika Skliar bertanya soal kabarnya.

Kemudian, Skliar mengatakan dia menerima telepon dari Kisilishin dan suaranya ceria. "Dia bilang akan dibawa ke suatu tempat. Dia berharap bisa ditukar," katanya.


Pertukaran Tahanan

Skliar yakin Kisilishin dibawa ke Olenivka pada hari itu atau segera setelahnya. Kemudian, Skliar mengatakan dia mendengar dari Palang Merah bahwa Kisilishin akan menjadi bagian dari pertukaran tahanan yang akan datang. Tapi tiga minggu setelah itu, Kisilishin meninggal.

Pihak berwenang di penjara dan pejabat Rusia mengatakan 53 tawanan perang Ukraina tewas dalam ledakan itu dan 75 lainnya mengalami luka-luka. Dalam daftar korban yang dirilis oleh Moskow dan dipublikasikan di media Rusia, Kisilishin berada di urutan ke-43.

Apa yang sebenarnya terjadi di Olenivka masih belum diketahui.

Rusia mengklaim militer Ukraina menyerang penjara dengan roket. Militer Ukraina membantah melancarkan serangan dan menuduh Rusia meledakkan penjara itu dengan ranjau. Kyiv menuduh bahwa pasukan Kremlin menyiksa para tahanan Olenivka dan ledakan itu dimaksudkan untuk menutupi bukti kejahatan tersebut.

Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia baru-baru ini menyuarakan keprihatinan tentang laporan bahwa para tahanan di Olenivka dan di tempat lainnya telah menjadi sasaran pemukulan, sengatan listrik, dan pelecehan lainnya.

Kementerian Pertahanan Rusia tidak menanggapi permintaan komentar atas tuduhan Ukraina tentang apa yang terjadi di Olenivka.

Rusia dan Ukraina pada bulan Agustus menyetujui misi pencarian fakta PBB, tetapi wakil juru bicara PBB Farhan Haq mengatakan lebih dari seminggu yang lalu bahwa "jaminan keamanan yang sesuai" tidak tersedia untuk memulai proses investigasi.


Keraguan

Ketika tawanan perang Ukraina lainnya kembali pada bulan September, foto-foto itu menunjukkan wajah-wajah yang kurus kering tetapi tersenyum. Skliar percaya Kisilishin seharusnya ada di antara mereka.

Sebaliknya, Kisilishin mungkin kembali ke Ukraina dalam kantong jenazah berlabel "Olenivka" dengan 62 mayat lainnya yang ditukarkan pada 11 Oktober. Kerabat tentara telah memberikan sampel DNA, dan para ahli sekarang bekerja untuk mengidentifikasi jenazah, kata perwakilan Dinas Perlindungan Resimen Azov, Natalia Bahrii.

Tidak jelas mengapa ada lebih dari 60 mayat dalam pertukaran, meskipun pihak berwenang menyebutkan jumlah korban tewas akibat ledakan hanya berkisar 50 orang.

Ayah Kisilishin, Oleksandr yang ditangkap sebagai tawanan perang dan dibebaskan telah memberikan sampel.

Untuk menghormati putranya, sang ayah yang bekerja dengan lembaga swadaya UAnimals, berencana mengatur hibah untuk tempat penampungan hewan melanjutkan pekerjaan yang Kisilishin dedikasikan untuk hidupnya.

Ayah Kisilishin dan Skliar tidak banyak bicara tentang orang yang mereka cintai. "Lagi pula, kita tidak bisa mendapatkannya kembali," Skliar mengingat apa yang dikatakan Oleksandr kepadanya.

Tetap saja, Skliar berharap suatu hari dia bisa menguburkan Kisilishin.

"Dia berjuang untuk orang-orang bebas dari negara bebas; dia membela kotanya, Mariupol," kata Viktoria. "Dia adalah seorang pejuang. Dan dia berhak dikuburkan di tanah yang dia bela."

Masuk Rumah Sakit Karena Kelelahan Kerja

Cinta Laura Masuk Rumah Sakit karena Kelelahan, Ungkap Beratnya Industri Hiburan

Liputan6.com 2022-10-24 16:00:00
Cinta Laura tak lantas selalu fit. Ya, baru-baru ini, Cinta Laura jatuh sakit. Ia pun segera dilarikan ke rumah sakit di bilangan Nusa Dua - Bali. (instagram.com/claurakiehl)

Dua pekan lalu, Cinta Laura mengumumkan kabar yang kurang baik. Kondisi tubuhnya sedang lemah hingga pemain film The Ninth Passenger itu harus dirawat di rumah sakit karena kelelahan akibat terlalu banyak bekerja untuk proyek film barunya.

"Setelah 3 bulan bekerja 7 hari/minggu, 18 jam/hari, tubuhku akhirnya menyerah juga," tulis Cinta Laura pada 15 Oktober 2022 lalu sambil mengunggah potretnya sedang berbaring di ranjang salah satu rumah sakit.

Namun begitu, Cinta Laura mengaku bahwa kondisinya sudah membaik setelah satu setengah hari beristirahat dan telah kembali ke lokasi syuting. Namun pada Senin (24/10/2022), Cinta Laura tiba-tiba menyampaikan hal yang terkait kondisi kelelahan yang dialaminya dua pekan lalu.

Dalam unggahan terbarunya di akun Instagram @claurakiehl itu, Cinta Laura memajang rangkaian potret slide saat dirinya mengenakan baju renang dengan tubuh yang bisa disebut sebagai body goals. Namun, pada slide terakhir, kembali ia memamerkan satu potret saat sedang di rumah sakit.

Tak hanya memajang potret-potret tersebut, Cinta Laura juga menyampaikan keterangan foto yang mengejutkan. Ia mengungkapkan bahwa pose-pose di pantai tersebut menyimpan hal-hal yang tak sempurna terkait dunia hiburan yang sudah lama digelutinya.


Bukan Body Goals

Cinta Laura membeberkan bahwa dirinya dan kru syuting film terbarunya itu sempat mengalami perjuangan melelahkan. Bahkan, mereka sampai kurang istirahat.

"No, ini bukan #bodygoals. Pada pandangan pertama, orang akan berpikir bahwa aku lagi bersenang-senang, liburan dan menjalani hidup tanpa masalah atau beban," tulis Cinta Laura dalam keterangan unggahan tersebut, menyiratkan salah satu potretnya mengenakan baju renang sambil tertawa.

"Tapi pada kenyataannya photo-photo ini diambil dilokasi shooting, dimana para pemain dan crew sudah bekerja selama 1.5 bulan penuh, kadang 22 jam/hari tanpa istirahat yang cukup," sambungnya mengungkapkan.


Terlihat Indah tapi Menyimpan Kekecewaan

Bahkan, Cinta Laura tak ragu-ragu membocorkan bahwa industri hiburan yang tengah digelutinya itu tak seindah seperti hasilnya yang bisa dinikmati publik. Banyak hal tak tersampaikan di beberapa proyek hiburan, termasuk yang baru saja dijalani oleh Cinta Laura. Tak sampai situ, Cinta bahkan mengungkap bahwa hal yang dialaminya dua pekan lalu merupakan kondisi kelelahan terparah yang pernah dialaminya.

"Industry entertainment memang keliatan indah dengan hasil yang kadang berdampak baik bagi semua apalagi artistnya. TAPI perlu diketahui bahwa dibalik semua itu, banyak kemarahan, frustasi, kekecewaan dan pertengkaran juga terjadi. Tears are shed and mental breakdowns occur," tulisnya menjabarkan.

"3 bulan terakhir aku mengalami burnout terparah dalam 5 tahun terakhir. Dari turun berat badan 4.5 kg sampai masuk rumah sakit (aku belum pernah diopname selama 16 tahun terakhir)," sambung Cinta Laura mengungkapkan.


Tak Minta Rasa Iba dan Simpati

Cinta Laura pun menegaskan bahwa kisahnya itu bukan semata-mata disampaikan untuk meminta belas kasih, melainkan agar semua orang yang membacanya bisa mulai menjalani hidup yang seimbang agar tak bernasib seperti dirinya.

"Tidak, ini bukan cerita yang meminta belas kasihan dan aku tidak mencari simpati. Aku hanya membagikan ceritaku dan mengingatkan kalian semua bahwa terlalu banyak bekerja sendiri mungkin TIDAK selalu bermanfaat," tulis Cinta Laura dalam bahasa Inggris.

"Jika memungkinkan, temukan keseimbangan, karena kalian tidak pernah tahu bagaimana kelelahan dapat mengubahmu secara mental, emosional, dan fisik. Aku, tanpa ragu, kehilangan diriku sendiri dan sekarang dalam proses pemulihan," sambungnya.


Jangan Memandang Seseorang dari Media Sosial

Cinta Laura juga berpesan kepada publik bahwa tak seharusnya kita memandang seseorang atau satu pihak dari unggahan di media sosial.

"Terakhir, JANGAN langsung mengambil kesimpulan saat melihat sesuatu di media sosial. Kalian tidak pernah tahu apa yang sebenarnya dialami seseorang terlepas dari apa yang kalian lihat di feed mereka," tutup Cinta Laura sambil mengirimkan tanda cinta kepada semuanya.

Dianggap Toxic, Ronaldo Diusir

Dianggap Jadi Toxic di Ruang Ganti MU, Cristiano Ronaldo Diminta Sadar Diri dan Pergi

Liputan6.com 2022-10-24 12:30:41
Bintang Manchester United atau MU Cristiano Ronaldo. (AP Photo/Jon Super)

Hubungan CristianoRonaldo dengan Manchester United semakin tidak harmonis. Setelah gagal mendapatkan klub baru pada musim panas lalu, peran CR7 di skuad MU juga terus tergerus.

Pemain asal Portugal itu semakin jarang diturunkan sebagai starter oleh manajer MU, Erik Ten Hag. Posisinya kian terpinggirkan oleh pemain-pemain yang berusia lebih muda seperti Marcus Rashford.

Musim ini, Ronaldo juga baru mencetak dua gol. Satu gol di Liga Inggris, dan sisanya di Liga Europa.

Ketegangan memuncak saat Ronaldo yang kesal 'ngacir' duluan pada laga MU vs Tottenham Hotspur. Dia meninggalkan lapangan pada menit ke-89 karena tidak diberi kesempatan tampil oleh Ten Hag.

Sikap ini membuat Ten Hag dan manajemen marah. Mereka lalu menjatuhkan hukuman kepada Ronaldo. Kekasih Georgina Rodriguez itu dilarang tampil saat MU bertemu Chelsea dan ditendang dari tim inti dan berlatih bersama tim reserve selama tiga hari. Selain itu, CR7 juga kabarnya didenda berupa pemotongan gaji dua pekan yang membuatnya merugi hingga 1 juta pound sterling.

Ronaldo tidak memprotes hukuman tersebut. Hanya saja, tidak sedikit kalangan yang menilai sanksi tersebut menambah lebar peluang CR7 meninggalkan Setan Merah pada Januari mendatang.

Mantan pemain Barcelona, Emmanuel Petit, contohnya. Dia menilai, Ronaldo memang sebaiknya pergi.

Menurutnya, rekan-rekan setimnya juga sudah tidak percaya kepadanya. Kehadirannya di skuat Setan Merah setelah selesai menjalani hukuman tidak akan membuat suasana di klub bakal kembali nyaman.


Komentar Petit

"Semua orang sudah lelah terhadap termasuk fans dan rekan setimnya," ujar Petit kepada AS.

"Dia telah meracuni timnya," beber mantan pemain timnas Prancis itu.

"Mereka sudah tidak ingin berbagi ruang locker bersamanya. Ya, dia memang punya karier luar biasa, tapi sikapnya selau sangat individualis," Petit menambahkan.

Ronaldo seperti diketahui kembali ke Old Trafford sejak awal musim 2021 lalu. Pria berusia 37 tahun itu didatangkan dari Juventus untuk mengembalikan kejayaan Setan Merah yang sudah lama pudar.


Terlalu Egois

Sayang, kehadiran Ronaldo tidak banyak berarti bagi MU. Musim lalu, Setan Merah gagal merebut trofi dan hanya finis di luar empat besar sehingga gagal tampil di ajang Liga Champions musim ini.

Ronaldo kemudian menjadikan ini alasan untuk pindah pada musim panas lalu. Sayang, tidak satu pun klub yang berani menebusnya dari Setan Merah.

"Dia harus sadar, dia bukan pemain yang dulu lagi, dia kehilangan status, tapi dia tidak bisa terima itu sebab egonya terlalu besar. Tidak ada pembenaran untuk itu," kata Petit.


Jadwal MU Sebelum Piala Dunia 2022

27 Oktober | FC Sheriff (H) | Europa League

30 Oktober | West Ham (H) | Premier League

3 November | Real Sociedad (A) | Europa League

6 November | Aston Villa (A) | Premier League

10 November | Aston Villa (H) | Carabao Cup

13 November | Fulham (A) | Premier League

PM Baru Inggris Keturunan India

Profil Rishi Sunak, Perdana Menteri Inggris Termuda Keturunan India

Liputan6.com 2022-10-24 21:09:19
Calon PM Inggris Rishi Sunak. Dok: Twitter/Rishi Sunak @rishisunak

Rishi Sunak akan menjadi Perdana Menteri Inggris selanjutnya menggantikan Liz Truss yang mundur beberapa hari lalu. Sunak dipastikan bakal jadi PM Inggris karena tidak ada pesaing dalam pemilihan.

Rishi Sunak bukan nama baru. Saat itu, dua nama yang tersisa di pemilihan partai Konservatif, ia berada di belakang Liz Truss.

Rishi Sunak lahir pada tanggal 12 Mei 1980 di Southampton, Hampshire, Inggris Tenggara dari orang tua India, Yashvir dan Usha Sunak yang masing-masing lahir di Kenya dan Tanzania. Dengan usianya yang masih 42 tahun, Sunak menjadi salah satu PM Inggris termuda dalam sejarah.

Ayahnya adalah seorang dokter umum, sementara ibunya adalah seorang apoteker yang mengelola apotek setempat, dikutip dari laman Anadolu Agency, Senin (24/10/2022).

Kakek-nenek Sunak lahir di Provinsi Punjab, India Inggris, dan beremigrasi ke Inggris pada tahun 1960-an dari Afrika Timur.

Sunak adalah anak tertua dari tiga bersaudara. Kakaknya, Sanjay, adalah seorang psikolog dan adiknya, Rakhi, bekerja sebagai Kepala Bidang Kemanusiaan, Pembangunan Perdamaian, Dana dan Program PBB di Kantor Luar Negeri, Persemakmuran dan Pembangunan.

Dia dididik di sekolah swasta sebelum pergi ke Universitas Oxford untuk belajar filsafat, politik, dan ekonomi (PPE) - gelar pilihan di universitas pilihan bagi elit politik Inggris.

Dia kemudian meraih gelar master dalam bidang administrasi bisnis (MBA) dari Stanford University di AS sebagai Fulbright Scholar.

Di Stanford, ia bertemu dengan istrinya, Akshata Murty, putri seorang miliarder India.

Setelah menyelesaikan pendidikannya, Sunak bekerja untuk Goldman Sachs sebelum pindah ke Hedge Fund.

Sunak dan Murty memiliki kekayaan gabungan sebesar 730 juta pound sterling (Rp 10 triliun) pada tahun 2022, menjadikan mereka orang terkaya ke-222 di Inggris menurut Sunday Times Rich List. Mereka dianugrahi memiliki dua anak perempuan.


Karier di Parlemen

Sunak masuk parlemen pada tahun 2015, mewakili konstituensi Richmond di North Yorkshire, Inggris Utara. Dia memilih Leave dalam rujukan Brexit 2016. Peran pemerintahan pertamanya berada di bawah Perdana Menteri Theresa May saat itu, ketika ia menjadi wakil menteri parlemen untuk pemerintahan lokal. Setelah May mengundurkan diri, ia mendukung tawaran Boris Johnson untuk menjadi perdana menteri.

Dukungan itu dikembalikan, dan Johnson menunjuk Sunak sebagai kepala sekretaris Departemen Keuangan, yang merupakan orang kedua di bawah komando kanselir.

Pada saat itu, Johnson menunjuk Sajid Javid sebagai Kanselir, tetapi Javid dengan cepat mengundurkan diri setelah berselisih dengan penasihat khusus Johnson yang berkuasa, Dominic Cummings, mengenai masalah yang berkaitan dengan penempatan staf.

Menyusul pengunduran diri Javid, kenaikan meteorik Sunak terus berlanjut saat ia menjadi Kanselir baru pada tahun 2020, yang pada gilirannya menjadi politisi paling kuat kedua dalam politik Inggris.

Hanya beberapa minggu setelah posisinya, pandemi COVID-19 melanda Inggris, mengubah Sunak dari politisi yang sampai sekarang tidak dikenal menjadi seorang nama yang populer.

Dia merancang dan menerapkan program dukungan ekonomi yang luas untuk negara yang mencapai ratusan miliar poundsterling, mendukung pengusaha dan karyawan dengan dana pemerintah yang murah hati.


Dibandingkan dengan Sikap Johnson

Pada pengarahan pers yang disiarkan televisi setiap hari, sikapnya yang cerdas dan profesional sangat kontras dengan gaya Johnson yang lebih kacau dan tidak terkendali.

Seiring dengan meningkatnya kritik terhadap Johnson, Sunak semakin sering dibicarakan sebagai calon penggantinya. "Brand Rishi" menjadi slogan di media lokal sebagai pengakuan atas kehadirannya di media sosial yang mengkilap.

Peringkat jajak pendapat Sunak dengan publik sangat tinggi. Kemudian datanglah partygate. Ini adalah skandal yang membuat puluhan pesta yang diadakan selama pandemi COVID-19 pada tahun 2020 dan 2021 di Downing Street dan departemen pemerintah terekspos di media.

Peringkat jajak pendapat Johnson dilenyapkan dan posisinya sebagai perdana menteri berada di ujung tanduk.

Sunak awalnya tidak terluka, dengan kemarahan publik yang ditujukan kepada Johnson karena mengizinkannya, dan dalam beberapa kasus juga menghadiri, pesta-pesta itu.

Namun, ketika Johnson dan istrinya didenda karena menghadiri pesta ulang tahun Johnson, Sunak juga terjebak dalam insiden itu - dia mengatakan bahwa dia tidak tahu ada pesta dan datang untuk rapat kerja lebih awal. Namun, Sunak juga didenda. Popularitasnya pun merosot, tetapi tidak separah Johnson, yang menjadi sorotan publik.


Kemunduran Johnson

Kemudian dibocorkan kepada pers bahwa istri Sunak tidak berdomisili di Inggris untuk tujuan pajak, yang berarti dia tidak membayar pajak Inggris atas penghasilan di luar negeri, dan bahwa dia mempertahankan kartu hijau AS meskipun telah menjadi Kanselir.

Istrinya mengubah status pajaknya dan Sunak telah mencabut kartu hijaunya pada saat laporan tersebut, tetapi pengungkapan ini sangat merusak citranya yang telah dipoles.

Dalam berita utama yang buruk, ketika krisis biaya hidup mulai melanda dengan serius, Sunak dianggap pelit dengan dukungan pemerintah pada saat dia juga mendorong pajak ke level tertinggi selama 70 tahun untuk mulai membayar kembali tagihan COVID.

Hal ini, dikombinasikan dengan urusan pajak pribadinya dan keluarganya serta sisa kemarahan atas partygate, semuanya menghilangkan citra baiknya.

Setelah serangkaian skandal yang melibatkan kejujuran dan integritas pribadi, Johnson menempatkan pemerintahannya dalam mode krisis permanen.

Sunak adalah menteri kedua yang mengundurkan diri dari pemerintahannya, memberikan Johnson pukulan maut politiknya dan akhirnya memaksa pengumuman pengunduran dirinya.

Sejak itu, Sunak telah melakukan kampanye yang apik untuk kepemimpinan partai. Dia adalah kandidat paling populer di antara anggota parlemen Partai Konservatif tetapi kurang populer di kalangan anggota partai, yang pada akhirnya akan menentukan pengganti Johnson.

Covid-19 Melonjak di Singapura, Antisipasi Kita

HEADLINE: COVID-19 Omicron XBB Picu Lonjakan di Singapura Sudah Masuk Indonesia, Upaya Redam?

Liputan6.com 2022-10-25 00:01:35
Kasus COVID-19 di Singapura naik gegara subvarian Omicron XBB. (Foto: ilustrasi Freepik/mrsiraphol)

Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) menyebut, XBB ditengarai sebagai varian virus COVID-19 yang paling mampu menyelinap dari kekebalan tubuh hingga saat ini. WHO pun menyampaikan, subvarian Omicron itu telah teridentifikasi di 26 negara.

Indonesia mulai mewaspadai varian XBB ketika subvarian Omicron itu menginvasi negara tetangga terdekat, Singapura. Menteri Kesehatan Singapura Ong Ye Kung mengatakan, varian XBB yang memiliki kode BA.2.10 ini membuat kasus COVID-19 di negaranya meningkat.

Pada pertengahan Oktober, Ong memprediksi gelombang kasus COVID-19 yang didorong oleh jenis XBB akan mencapai puncaknya sekitar pertengahan November 2022.

"Ini kemungkinan akan menjadi gelombang pendek dan tajam," kata Ong, seraya mengatakan bahwa Singapura kemungkinan akan mengalami rata-rata sekitar 15.000 kasus harian.

Kini, XBB tengah menjadi subvarian utama infeksi COVID-19 di Singapura, terhitung 54 persen dari kasus lokal dari 3 hingga 9 Oktober 2022. Proporsi kasus dengan jenis XBB, subvarian Omicron, telah meningkat di negara tersebut selama sebulan terakhir.

Pada 14 Oktober, ada 9.087 kasus COVID-19 baru yang dilaporkan di Singapura dan sembilan berada di ICU. Sebanyak 562 pasien dirawat di rumah sakit, dengan 44 membutuhkan oksigen. Rasio infeksi minggu ke minggu adalah 1,64.

Mengacu pada grafik di atas yang menunjukkan jumlah rata-rata pergerakan 7 hari, Ong mengatakan bahwa kasus meningkat, tetapi sudah mulai menurun yang berarti kasus tidak bertambah.

Bila menilik saat gelombang BA.5 masuk di Singapura, kasus rawat inap mencapai 800 pada bulan Juli. Dan rumah sakit di Singapura sementara mampu mengatasinya.

XBB pertama kali terdeteksi pada Agustus 2022 di India dan sejak itu terdeteksi di lebih dari 17 negara, termasuk Australia, Bangladesh, Denmark, Jepang, AS, Singapura, hingga Indonesia.

Ya, subvarian Omicron XBB telah terdeteksi di Indonesia. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan bahwa varian baru XBB sudah masuk Indonesia pada 21 Oktober 2022.

"Singapura yang sempat kasusnya ratusan naik lagi ke 6 ribu per hari karena ada varian baru namanya XBB. Varian ini juga sudah masuk di Indonesia," kata Menkes Budi dalam Capaian Kinerja Pemerintah Tahun 2022 di Jakarta pada Jumat, 21 Oktober 2022 dipantau secara daring.

Kasus pertama XBB di Indonesia terdeteksi pada seorang perempuan usia 29 tahun yang baru kembali dari Lombok Nusa Tenggara Barat. Dengan demikian, kasus tersebut merupakan transmisi lokal.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI dr M. Syahril mengatakan, wanita tersebut mengalami gejala seperti batuk, pilek, dan demam.

"Ada gejala seperti batuk, pilek, dan demam. Ia kemudian melakukan pemeriksaan dan dinyatakan positif pada 26 September. Setelah menjalani isolasi, pasien telah dinyatakan sembuh pada 3 Oktober," ujarnya.

Menindaklanjuti temuan tersebut, Kemenkes pun segera melakukan testing dan tracing terhadap 10 kontak erat. Hasilnya, seluruh kontak erat dari kasus pertama subvarian Omicron XBB di Indonesia dinyatakan negatif COVID-19.


Subvarian Omicon XBB

Strain XBB yang dikenal juga sebagai BA.2.10 adalah subvarian Omicron yang telah terdeteksi di beberapa negara. Seperti Australia, Bangladesh, Denmark Jepang, dan Amerika Serikat sejak Agustus. Subvarian ini pertama kali terdeteksi pada Agustus di India.

Direktur eksekutif di Institut Bioinformatika A*STAR Dr Sebastian Maurer-Stroh, kemunculan pertama varian XBB yang didokumentasikan di GISAID sudah ada di negara lain, beberapa minggu sebelum kasus pertama di Singapura.

"Jumlah genom yang diketahui untuk suatu varian sangat bervariasi antar negara hanya karena intensitas pengambilan sampel dan strategi pengawasan genomik," tambahnya mengutip Channel News Asia.

Maurer-Stroh juga mengatakan bahwa Singapura adalah salah satu negara terkemuka di dunia untuk mengurutkan genom virus dengan cepat.

"Ini akan memperkuat visibilitas varian baru lebih awal."

Dr Maurer-Stroh mengatakan bahwa virus berperilaku sesuai dugaan dan varian baru akan selalu menggantikan yang lama.

Sementara itu, Dr Leong Hoe Nam, spesialis penyakit menular di Rumah Sakit Mount Elizabeth Novena mengatakan varian tersebut berpotensi menggantikan varian BA.4 dan BA.5.

Dr Leong mengatakan bahwa varian tersebut akan menyebabkan lebih banyak infeksi karena dapat berlari lebih cepat dan menghindar lebih baik daripada jenis yang ada.

Namun, dia juga mengatakan itu tidak perlu dikhawatirkan karena jumlah penyakit parah tidak menjadi tinggi dan masih sesuai harapan.

Sejauh ini, tidak ada bukti bahwa itu mengarah pada kasus yang lebih parah. Berdasarkan data lokal awal, kasus XBB tidak lebih serius daripada subvarian Omicron lainnya, kata Kemenkes Singapura.


Gelombang XBB di Singapura

Sebagian besar kasus COVID-19 di Singapura kali ini didorong oleh strain XBB, dan infeksi ulang juga berkontribusi, kata Ong. Dia menunjukkan bahwa dalam tiga minggu, XBB mengungguli subvarian Omicron lainnya.

"Karena 75 persen dari populasi kita sudah terinfeksi, jadi setiap gelombang baru pastilah infeksi ulang. Itu yang kita lihat sekarang," katanya.

Proporsi infeksi ulang di antara total kasus COVID-19 di Singapura telah meningkat selama sebulan terakhir, dengan infeksi ulang saat ini mencapai sekitar 17 persen dari total kasus baru.

Ong menjelaskan bahwa infeksi ulang segera setelah satu serangan COVID-19 itu jarang terjadi. Peluang terkena COVID-19 lagi selama satu hingga tiga bulan setelah satu infeksi jauh lebih rendah daripada jika seseorang tidak pernah terkena penyakit tersebut. Tapi resistensi ini memudar dari waktu ke waktu.

"Orang yang terinfeksi Oktober lalu atau sebelumnya ... risiko Anda terinfeksi hampir sama dengan orang yang belum pernah terinfeksi COVID. Jadi itu juga yang mendorong infeksi."

Direktur Pelayanan Medis Kenneth Mak mengatakan, meski jumlah kasus virus Corona meningkat, jumlah kasus parah dan rawat inap tidak sebanyak gelombang sebelumnya.

Ada tempat tidur ICU yang cukup untuk pasien COVID-19 dan non-COVID. Ada pula 50 lebih tempat tidur ICU dewasa untuk kasus COVID-19, tambahnya.

Kementerian Kesehatan setempat mengatakan bahwa dalam menanggapi lonjakan selama dua minggu terakhir, rumah sakit umum telah dengan cepat mengaktifkan berbagai tindakan untuk mengoperasikan sekitar 200 lebih banyak tempat tidur untuk pasien COVID-19.

Ini termasuk menunda penerimaan yang tidak mendesak, memulangkan pasien yang stabil ke rumah atau ke panti jompo. Dan memindahkan pasien yang pulih ke fasilitas perawatan transisi dan rumah sakit komunitas.

"Jumlah kasus COVID di ICU kami perlahan meningkat, karena kasus komunitas meningkat, meskipun pada tingkat yang lebih rendah," katanya.

"Rumah sakit umum kita harus memprioritaskan sumber daya mereka untuk melayani mereka yang sakit parah."

Dalam dua pekan sejak pertengahan Oktober 2022, rumah sakit umum di Singapura meningkatkan kapasitas tempat tidur untuk pasien COVID-19.

Ini dilakukan secara bertahap hingga 800 tempat tidur pada awal November. Mak menambahkan bahwa anggota masyarakat didorong untuk hanya pergi ke unit gawat darurat untuk kondisi darurat.

"Pada saat ini, kami masih dapat menangani peningkatan kehadiran yang kami lihat di unit gawat darurat. Namun kami sadar bahwa kami perlu terus mempertahankan kapasitas itu," kata Mak.

Sementara, Ong mengimbau warga Singapura untuk menjalankan tanggung jawab pribadi. Mengingatkan masyarakat untuk memantau kesehatan mereka dan melakukan vaksinasi jika memenuhi syarat.

Untuk subvarian ini, Singapura optimistis bisa menanganinya. Meskipun sangat menular, sejauh ini varian XBB tidak menyebabkan penyakit yang lebih parah daripada varian sebelumnya.


Kemenkes Terus Pantau Kasus di Tanah Air

Melihat sudah ada varian XBB yang masuk RI, Menkes Budi mengatakan akan terus memantau perkembangan kasus di Tanah Air.

"Kita akan pantau terus," kata Menkes Budi dalam Capaian Kinerja Pemerintah Tahun 2022 di Jakarta pada Jumat, 21 Oktober 2022.

Melihat masih adanya varian baru, Budi mengatakan bahwa vaksinasi serta penggunaan menjalankan protokol kesehatan masih perlu untuk dijalankan. Maka dari itu, ia mengatakan bahwa dengan menjalankan cara konservatif yakni dengan terus memakai masker diharapkan angka kasus COVID-19 terus rendah.

"Bapak Presiden meminta kita untuk memakai masker, sampai sekarang masyarakat masih terbiasa memakai masker. Negara-negara lain kan sudah pede sekali enggak pakai masker. Itu sebabnya terjadi kayak di Singapura yang naiknya (kasus) tinggi," kata Budi.

Dalam kesempatan berbeda, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Republik Indonesia Dante Saksono Harbuwono pun meminta seluruh elemen masyarakat waspada terhadap kemunculan subvarian Omicron XBB. Terlebih, varian XBB sudah terdeteksi di Indonesia dengan temuan satu kasus.

Saat ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sedang memetakan dan menelusuri lebih jauh penyebaran Omicron XBB melalui Whole Genome Sequencing (WGS). Kewaspadaan juga tetap harus dilakukan karena potensi kenaikan kasus COVID-19 dalam beberapa hari ke depan bisa saja terjadi.

"Sedang kami petakan karena memang datanya masih belum lengkap untuk varian tersebut (varian XBB)," ujar Dante usai acara pengukuhan dirinya sebagai Guru Besar Tetap Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia di Kampus UI Salemba, Jakarta baru-baru ini.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito pun turut menegaskan, Pemerintah Indonesia terus melakukan pengawasan dan memantau pergerakan varian Virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 di dunia.

Pemantauan juga termasuk melihat pergerakan varian XBB di tiap negara. Apalagi hingga per 23 Oktober 2022, varian XBB sudah terdeteksi di lebih 17 negara di antaranya, Australia, Denmark, Filipina, Thailand, India, dan Jepang.

"Sampai dengan saat ini, Pemerintah terus melakukan pengawasan dan monitoring pergerakan varian baru COVID-19 pada setiap negara, termasuk Singapura," kata Wiku saat dihubungi Health Liputan6.com melalui pesan singkat pada Senin, 24 Oktober 2022.

Berkaitan peningkatan kasus COVID-19 di Tanah Air dalam dua minggu terakhir, baik kasus konfirmasi positif dan aktif, penyebab kenaikan belum secara pasti diakibatkan oleh varian XBB walau Indonesia sudah menemukan satu kasus.

Pemantauan mendeteksi penyebaran Omicron XBB masih dilakukan. Jika kenaikan kasus COVID-19 diakibatkan varian XBB, maka pelaporan kasus akan masuk ke dalam catatan Global Initiative on Sharing ALL Influenza Data (GISAID).

"Kenaikan kasus (di Indonesia) yang terjadi akibat varian XBB belum dilaporkan di GISAID," terang Wiku.

Meski angka kasus baru dan kematian saat ini rendah, Wamenkes Dante mengingatkan bahwa mungkin saja kasusnya meninggat dalam beberapa hari ke depan.

"Yang saya perlu sampaikan, walaupun sekarang angkanya kematian rendah, bukan tidak mungkin akan meningkat lagi dalam beberapa hari ke depan."

Dante juga meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dengan baik. Di masa transisi menuju endemi, kesadaran masyarakat untuk melindungi diri sendiri dan orang lain tetap harus dibangun.

"Karena itu masyarakat diimbau menjaga protokol kesehatan dengan baik," lanjutnya.


Perketat Pengawasan di Pintu-Pintu Masuk

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia Siti Nadia Tarmizi menegaskan, kenaikan kasus COVID-19 yang terjadi akhir-akhir ini tidak berkaitan langsung dengan penyebaran varian XBB.

"Sampai saat ini masih ada satu kasus positif varian XBB. Kalau yang lain (kenaikan kasus COVID-19) karena memang aktivitas yang meningkat dan juga memakai masker mulai turun," terang Nadia kepada Health Liputan6.com melalui pesan singkat, ditulis Senin (24/10/2022).

Siti Nadia juga menyampaikan, pihaknya memperketat pengawasan di pintu-pintu masuk negara.

"Kita memperketat surveilans di pintu masuk, terutama di Batam dan Jakarta. Semua kasus positif COVID-19 yang terdeteksi harus dilakukan Whole Genome Sequencing (WGS)," terang Nadia.

Artinya, seluruh pelaku perjalanan yang bergejala dan terbukti positif COVID-19, maka sampel pemeriksaan antigen/PCR akan dikirimkan untuk dilihat WGS-nya. Pengawasan di Batam juga demi menemukan lebih dini kasus varian XBB, sebab kasus transmisi varian XBB di Singapura telah menyebarluas.

Selain itu, masyarakat juga diimbau menyegerakan vaksinasi COVID-19 untuk meningkatkan proteksi terhadap COVID-19. "Segera lakukan booster bagi yang belum, untuk mengurangi kesakitan dan kematian akibat COVID-19," terang Jubir Syahril.


Cegah agar Tak Terinfeksi

Terkait masuknya subvarian XBB ke Indonesia, peneliti keamanan dan ketahanan kesehatan global di Griffith University Australia, Dicky Budiman mengatakan ketika suatu subvarian terdeteksi di negara tetangga maka sebetulnya potensi subvarian yang sama telah masuk Indonesia jaraknya tak akan lebih dari satu minggu.

"Dalam konteks itulah ketika pemerintah 21 Oktober baru resmi menyatakan dan mampu mendeteksi subvarian XBB ya sebetulnya sudah ada sebelum itu," ujar Dicky kepada Health Liputan6.com melalui pesan suara, Senin (24/10/2022).

Masuknya subvarian XBB ke Indonesia sulit dipantau lantaran keterbatasan surveilans ditambah genomic surveilans yang juga menurun.

Dicky menambahkan, subvarian XBB bisa membuat kasus-kasus di masyarakat meningkat, terutama kasus infeksi.

"XBB ini kemampuan menginfeksinya jauh melebihi Delta, bahkan melebihi BA.1 dan BA.2 bahkan 2 hingga 3 kali lipat."

Subvarian XBB juga disebut menduduki posisi teratas dalam kemampuan menurunkan efikasi antibodi dibandingkan dengan varian-varian sebelumnya.

"Ini yang menyebabkan orang yang sudah divaksinasi tetap bisa terinfeksi," kata Dicky.

"Namun kabar baiknya, meskipun potensi keparahan virus ini sama atau lebih dari varian sebelumnya, tapi jika masyarakat punya modal imunitas yang memadai setidaknya 3 dosis, kita optimis aspek pelayanan kesehatan tidak akan terlalu terdampak."

Meski begitu, mengingat masyarakat Indonesia sangat besar dan kelompok yang belum divaksinasi juga banyak maka subvarian ini juga bisa serius dan menghalangi Indonesia untuk keluar dari masa krisis.

"Jadi bisa lebih panjang masa krisisnya, lebih menambah korban juga bukan hanya pada fase akut tapi pada fase kronis. Misalnya menambah potensi long COVID bahkan mengundang permasalahan misterius lainnya."

Oleh karena itu, hal yang paling benar adalah mencegah agar tidak terinfeksi. Caranya dengan menemukan kasus-kasus XBB secepat dan sesegera mungkin sehingga orang-orang yang positif bisa menjalani isolasi atau karantina sesuai aturan.

"Ini penting untuk mencegah supaya virus ini tidak merambah pada kelompok rawan yang masih ada, seperti anak yang belum menerima vaksin, komorbid, ibu hamil, dan lansia," kata Dicky.

Selain deteksi dini, perilaku juga harus dibangun lebih adaptif supaya masyarakat paham bahwa dunia yang semakin rawan menuntut perilaku yang lebih bersih dan sehat.

Pemerintah juga perlu memperbaiki kualitas udara, kualitas air, dan sanitasi lingkungan karena sangat penting bagi kesehatan.

Dicky juga menyinggung soal kelangkaan vaksin yang tengah terjadi. Menurutnya, kelangkaan vaksin tidak mendukung upaya meningkatkan cakupan imunitas di masyarakat.

"Ini bahaya karena selain menempatkan masyarakat yang rawan menjadi lebih rawan, juga membuat animo masyarakat untuk vaksin menjadi turun."

Di sisi lain, penurunan proteksi imunitas dari vaksin terjadi setelah 4 hingga 5 bulan. Penurunan ini menempatkan penerima vaksin dalam kondisi yang rawan.