Putri Chandrawati Ikut Tembak Brigadir J?

HEADLINE: Kejutan Dugaan Putri Candrawathi Ikut Tembak Brigadir J, Fakta Baru atau Tuduhan Semata?

Liputan6.com 2022-10-27 00:35:37
Tersangka kasus pembunuhan berencana Putri Candrawathi yang merupakan istri Ferdy Sambo saat menghadiri sidang perdana terkait pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J di Pengadila

Sidang kasus dugaan pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, kembali menimbulkan riak baru. Kali ini, muasal riak itu dari terdakwa Putri Candrawathi.

Istri mantan Kadiv Propram Polri Ferdy Sambo itu disebut ikut menembak Brigadir J saat kejadian di Rumah Duren Tiga, Jakarta.

Dugaan itu muncul dari kesaksian penasihat hukum keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak, pada sidang Richard Eliezer alias Bharada E, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa 25 Oktober 2022.

Menurut Kamaruddin, dugaan itu muncul dari hasil penelusuran timnya. Brigadir J diduga tak hanya ditembak oleh Ferdy Sambo dan Bharada E.

Oleh karena itu, kata dia, total penembak kliennya tersebut ada tiga orang.

"Kami temukan fakta baru bahwa yang menembak adalah Ferdy Sambo dan Richard Eliezer atau Bharada Richard Eliezer bersama dengan Putri Candrawathi," ujar Kamarudin.

Pernyataan itu langsung membuat hakim mempertanyakan kesaksian Kamaruddin. Hakim penasaran terhadap dari mana asal informasi yang diperoleh itu. Majelis hakim mempertanyakannya, agar keterangan tersebut bisa menjadi pertimbangan dalam persidangan.

"Sidang ini mencari fakta di sini saudara menerangkan seterang terangnya. Kami tidak bisa mempertimbangkan keterangan yang tak jelas," ujar hakim.

Walau sudah diminta hakim, Kamaruddin tetap tidak bisa menjelaskan secara rinci karena sudah berjanji untuk merahasiakan sumbernya. Dia pun berkomitmen atas janjinya itu kepada sang pemberi informasi.

"Saya pahami tapi saya sudah komitmen tidak bisa sampaikan," kata Kamaruddin menjawab hakim.

Hal ini wajar ditanyakan oleh hakim, karena dalam dakwaan tak disebutkan Putri ikut menembak. Hanya ada Bharada E dan Ferdy Sambo yang disebutkan ikut menembak.

Kesaksian Kamaruddin langsung dibantah penasihat hukum keluarga Ferdy Sambo, Arman Hanis. Dia menyatakan, keterangan Kamaruddin yang disampaikan dalam persidangan itu tidak mendasar dan merupakan tuduhan.

"Kami membantah secara tegas tuduhan dan fitnah yang keji pada Bu Putri yang dituduh melakukan penembakan. Bahkan Jaksa Penuntut Umum dan berkas-berkas perkara yang ada tidak pernah bicara demikian," kata Arman saat dikonfirmasi.

Bahkan, Arman mengatakan, apa yang disebutkan Kamaruddin itu tidak terbukti. Karena, ketika dicecar hakim soal bukti dasar temuan Putri ikut menembak Brigadir J, dia tidak bisa menyampaikannya.

"Dalam kesempatan ini, kami juga menyimak pernyataan Majelis Hakim yang mengatakan bahwa pernyataan saksi tersebut tidak jelas dan sulit diverifikasi kebenarannya," ujar dia.

Senada dengan itu, Penasihat Hukum Bharada E, Ronny Talapessy menyatakan keterangan Putri menjadi orang ketiga yang menembak Brigadir J, tidak benar dan tidak dijadikan bukti oleh majelis hakim.

"Itu tidak benar. Kita sampaikan sekaligus klarifikasi faktanya bahwa tadi pak Kamarudin menyampaikan itu berdasarkan informasi. Majelis hakim bertanya mana buktinya, kemudian rekan Kamaruddin bilang saya tidak bisa tunjukan," ujar Ronny.

Bahkan Ronny, sempat menyinggung ketika majelis hakim berulang kali menyecar Kamaruddin untuk membuktikan omongannya. Sehingga dia meluruskan bahwa penembak Brigadir J sebagaimana dalam dakwaan hanya dua orang.

"Yang perlu kita luruskan disini bahwa penembakan itu adalah klien saya Richard Eliezer pertama kali kemudian disusul oleh Ferdy Sambo," ujarnya.

Dakwaan soal Penembak

Diketahui, dalam dakwaan yang disebut jika pihak yang menembak Brigadir J adalah Bharada E disusul dengan Ferdy Sambo.

Berawal dari Ferdy Sambo yang telah bersiap mengeksekusi Brigadir J sebagai rencana awal dengan tembakan yang bakal dilesatkan Bharada E di ruang tamu rumah dinas komplek perumahan Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

"Ferdy Sambo Langsung mengatakan kepada Korban Nofriansyah Yosua Hutabarat dengan perkataan "jongkok kamu!!" lalu Korban Nofriansyah Yosua Hutabarat sambil mengangkat kedua tangannya menghadap ke depan sejajar dengan dada sempat mundur sedikit sebagai tanda penyerahan diri dan berkata "ada apa ini?"," ujar Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam dakwaannya.

Meski sudah dalam posisi menyerah, niat Sambo menghabisi nyawa ajudan itu tetap tak terbendung. Dia memerintahkan Bharada E untuk segera melepaskan tembakan yang berasal dari Glock 17.

"(Sambo) Berteriak dengan suara keras kepada Saksi Richard Eliezer dengan mengatakan "Woy...! kau tembak...! kau tembak cepaaat!! Cepat woy kau tembak!!!," kata jaksa menirukan pernyataan Sambo.


Keterangan Kamaruddin Tidak Berarti?

Pengamat Hukum Pidana Universitas Indonesia Teuku Nasrullah mengatakan, seharusnya kesaksian seperti itu dimasukkan dalam dakwaan. Sehingga menjadi dalil hukum yang bisa menjerat dan menguak perbuatannya.

Menurut dia, jika ini tak didalilkan dalam surat dakwaan, maka apa yang disampaikan Kamaruddin tak bisa ditelusuri lebih lanjut dan hanya menjadi bumbu-bumbu persidangan.

"Bila tidak didalilkan dalam surat dakwaan terhadap PC (Putri Chandrawathi), apa yang disampaikan oleh Kamaruddin tidak bisa (membuat) hakim pro aktif menyuruh, menelusuri lebih lanjut," kata Teuku kepada Liputan6.com, Rabu (26/10/2022).

Senada, pengamat hukum Abdul Fickar Hadjar mengatakan, keterangan seorang saksi saja tanpa didukung alat bukti lain, maka akan berdiri saja dan tidak mempunyai kekuatan pembuktian.

"Boleh saja meminta jaksa atau polisi untuk menelusuri, tetapi juga tetap harus dikaitkan dengan alat bukti lain," kata dia kepada Liputan6.com, Rabu (26/10/2022).

Sehingga, kata Abdul, benar atau tidak dari keterangan Kamaruddin, semuanya harus berdasarkan bukti pendukung dan bukan hanya keterangan lisan semata.

"Benar atau tidak tetap harus didukung bukti lain. Karena itu jika berdiri sendiri tidak berarti apa-apa," jelas Abdul.

Bahkan, lanjut dia, jika pihak Putri merasa apa yang disampaikan Kamaruddin sebuah kebohongan semata, maka bisa dilaporkan.

"Kalau mau, Putri bisa melaporkannya secara pidana," pungkas Abdul.


Tidak Mengikat

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Ketut Sumedana mengatakan, apa yang disampaikan Kamaruddin tersebut tidak ada dalam dakwaan bahwa Putri yang menembak Brigadir J.

"Surat dakwaan tidak ada seperti itu. Nanti kita lihat ke depan," kata dia kepada Liputan6.com, Rabu (26/10/2022).

Ketut juga menyampaikan, hal tersebut lumrah saja di dalam persidangan. Tinggal bagaimana dengan alat bukti penunjang lainnya.

"Semua keterangan atau argumen yang disampaikan tentu tidak mengikat tetap dinilai sebagai keterangan saksi, akan tetapi akan dihubungkan dengan alat bukti lain yang relevan dengan surat dakwaan," pungkasnya.

Alasan Wanita Bercadar Terobos Istana

Ini Alasan Siti Elina Todong Senpi ke Paspampres di Istana Negara

Liputan6.com 2022-10-26 16:52:41
Polisi mengamankan perempuan bercadar yang menodongkan senpi jenis FN ke Paspampres di Istana, Jakarta Pusa. (Foto: Istimewa)

Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi mengungkap jika motif sementara dari Siti Elina alias SE, pelaku penerobos Istana Negara yang menodongkan senjata api ke Paspampres karena ingin bertemu dengan Presiden Joko Widodo.

"Tujuannya adalah ingin bertemu Pak Jokowi, ingin menyampaikan bahwa indonesia salah karena bukan atas dasar Islam tetapi ideologinya Pancasila," kata Hengki saat jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (26/10/2022).

Hasil itu didapat dari hasil pemeriksaan sementara berbagai bukti digital dan linimasa, juga ditemukan kalau Siti telah datang ke Istana Negara sebanyak 3 kali.

"Bahwa yang bersangkutan ni sudah tiga kali datang ke Istana namun pada hari kemarin tanggal 25 ternyata yang bersangkutan sudah berjalan dari kodamar dan secara diam-diam mengambil senjata ini kemudian dia datang ke Istana," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, ada seorang perempuan tak dikenal menodongkan senjata api jenis FN kepada anggota pasukan pengamanan presiden (Paspampres) di Jalan Merdeka Utara pada, Selasa 25 Oktober 2022 pagi tadi. Kejadian terjadi sekitar pukul 07.00 Wib.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman menceritakan awal penangkapan terhadap wanita berusia 25 tahun yang tak memiliki identitas tersebut.

Latif mengatakan, sekitar pukul 07.00 Wib, anggota Sat Gatur Dirlantas Polda Metro Jaya tengah melakukan tugas rutin pelayanan masyarakat penjagaan dan pengaturan di sekitar Istana Kepresidenan Jakarta.

Saat tengah menjalankan tugas, tiba-tiba ada perempuan bercadar menghampiri anggota Paspampres dan menodongkan senjata api jenis FN.

"Kemudian ada seorang perempuan berjalan kaki dari Harmoni mengarah ke Jalan Medan Merdeka Utara, tepatnya dipintu masuk Istana dan menghampiri anggota paspampres yang sedang siaga dengan menodongkan senpi jenis FN," ujar Latif dalam keterangannya, Selasa 25 Oktober 2022.


Diamankan Anggota Sat Gatur

Melihat ada wanita menodongkan senjata api ke Paspampres, anggota Sat Gatur langsung mengamankan wanita tersebut. "Dengan sigap anggota Sat Gatur atas nama Aiptu Hermawan, Briptu Krismanto, dan Bripda Yuda mengamankan perempuan tersebut dengan merebut senpi dari tangan wanita tersebut," kata dia.

Usai diamankan, anggota langsung menggeledah wanita tersebut dan tak ditemukan identitasnya. Anggota hanya mendapatkan senjata api dan tas hitam yang berisi kitab suci, dompet kosong warna pink, dan satu unit telepon seluler.

"Dan mengamankan untuk diserahkan kepada reserse Jakarta Pusat," kata Latif.

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

Sidang Bharada E Penuh Air Mata

Sidang Bharada E Penuh Air Mata dan Emosional, Ini Momen Haru-Tangis Keluarga Brigadir J

Liputan6.com 2022-10-26 07:34:37
Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir Yoshua, Richard Eliezer Pudihang Lumiu meminta maaf kepada orang tua korban Samuel Hutabarat (kanan) dan Rosti Simanjuntak (kedua kanan) sebelum mengikuti s

Keluarga besar dari Almarhum Nopriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J hadir untuk memberikan kesaksian dalam sidang perkara dugaan pembunuhan berencana, atas terdakwa Richard Eliezer alias Bharada E.

Sidang yang digelar Selasa 25 Oktober 2022 di ruang utama Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan terasa penuh emosional dan air mata, sejak majelis hakim dan ke-12 saksi yang hadir baru bersiap untuk memulai persidangan.

Dimulai tatkala respons spontan dari Bharada E yang terlihat bersimpuh kepada Samuel Hutabarat, ayah dari Brigadir J seraya meminta maaf atas terjadinya pembunuhan ini.

Saat itu, kedua orangtua Brigadir J yaitu Samuel Hutabarat dan Rosti Simanjuntak ditemani kuasa hukum Kamaruddin Simanjuntak memasuki ruang sidang dan duduk di kursi saksi. Tak lama, Bharada E terlihat beranjak dari kursi terdakwa kemudian menghampiri Samuel Hutabarat dan Rosti Simanjuntak.

Bharada E kemudian berlutut di kaki ayah dan ibu Brigadir J tersebut. Tak diketahui apa yang diucapkan Bharada E saat menghadap kedua orangtua Brigadir J.

"Iya, dia minta maaf, minta maaf dan meminta maaf atas semuanya dan menyesali apa yang dia perbuat," kata Samuel kepada wartawan usai sidang.

Samuel nampak mengusap-usap kepala Bharada E. Sementara Rosti terlihat mengangguk-anggukan saat Bharada E bersimpuh di kedua kaki mereka. Setelah itu, Bharada E terlihat kembali ke kursi terdakwa.

Momen permintaan maaf langsung dari Bharada E ke kedua orangtua Brigadir J itupun terekam kamera. Kala itu, Samuel hanya membalasnya dengan anggukan kepala seraya memaafkannya.

"Ya kita membalas secara anggukan saja," katanya.

Menurut Samuel, tindakan permintaan maaf yang diucapkan Bharada E. dia yakini untuk ke depannya akan mengakui dan berkata sejujur-jujurnya atas kasus pembunuhan berencana ini.

"Kita sama-sama mendengar, dia sudah meminta maaf, mengakui kesalahannya. Ya sebagai umat beragama tentu mengikuti ajaran kita masing-masing memaafkan," harapnya.


Tangis Adik dan Kekasih

Ketika sidang memasuki pemeriksaan saksi untuk Maharesa Rizky adik dari Brigadir J. Terlihat tangisnya terluap ketika bercerita kenangan terakhirnya saat ingin mengangkat jenazah sang kakak ke dalam peti, namun dihalangi seorang perwira menengah berpangkat Kombes.

Isak tangis Rizky itu terlihat dan terdengar ketika menceritakan saat detik-detik dirinya yang berada di RS Polri Kramat Jati tidak bisa dan dihalang-halangi ketika ingin melihat jasad sang kakak.

"Ketika saya menunggu kombes tersebut sempat menghalangi saya untuk melihat (jenazah Brigadir J)," kata Rizky saat ditanya momen terakhir dengan Brigadir J.

"Sempat dihalangi siapa kombesnya?" tanya Hakim.

"Siapa kombes siapa, saya lupa," jawab Rizky.

Lanjutkan keterangan, lantas kembali terdengar isak tangis Rizky saat menceritakan, ketika dia ngotot ingin melihat jenazah sang kakak. Namun kerap dilarang oleh pejabat kepolisian yang menjaga ruang autopsi kala itu.

Dengan sesekali menyeka matanya memakai tangan, Rizky yang hadir dengan seragam kemeja berkelir merah itu baru bisa melihat jenazah sang kakak saat dimasukkan ke dalam peti usai dilakukan autopsi.

"Saya hanya bisa melihat abang saya ketika abang saya hendak dimasukkan (ke peti). Itupun saya izin komandan, ini abang saya dimasukan biarkan saya yang menggendong, sudah kamu di sini saja," katanya.

"Izin komandan, saya ingin mengangkat abang saya yang terakhir komandan, izin komandan," tambah dia.

Sama seperti Rizky, Vera Maretha Simanjuntak juga tak bisa membendung air matanya saat bercerita hubungan asmara dengan Brigadir J yang sudah terjalin sejak delapan tahun.

Berangkat dari isi chat dari Brigadir J pada 19 Juni 2022 berupa permohonan maaf. Namun, Vera mengaku tak tahu-menahu alasan Brigadir J mengirim pesan tersebut.

"Lebih ke minta maaf, abang minta maaf ya dek kalau abang banyak salah. Saya bilang minta maaf kenapa? Dijawab lagi pokoknya abang minta maaf kalau ada salah. Abang ini kenapa? Cuman di read," ujar Vera.

Vera menerangkan, ia juga pernah mendengar cerita dari Brigadir J pada 21 Juni 2022. Dia melakukan panggilan Video Call pada 23.30 WIB. Termasuk juga ketika kekasihnya itu mengaku beberapa kali curhat ada masalah dengan satu ajudan bernama Daden pada 2019.

Namun begitu, Vera tak pernah mendapatkan penjelasan lebih lanjut. Hingga akhirnya air mata dia pun menetes ketika mengingat saat mendiang Brigadir J. Vera mengaku terus mencecar Brigadir J agar terus terang dengan yang dialami.

"Ceritalah bang jangan dipendam sendiri. Enggak lah dek biar abang yang pendam. Abang masih kuat dek," ujar Vera.

Vera menerangkan, Brigadir J saat itu menyuruhnya mencari pria lain. Vera mengaku kaget mendengar ucapan Brigadir J.

"Abang kenapa bertanya kek gitu? Hatimu buat kekasih lain sudah dek. Kalian akan bahagia," ujar dia.

Vera menerangkan, selama ini Brigadir J tak pernah mengucapkan kata putus. Namun, tiba-tiba saat itu dia mengajak mengakhiri hubungan. Vera pun menjawab menolak untuk berpisah.

"Saya bilang, saya tidak mau, aku nikah sama abang. Dia menangis," ujar dia.


Ibunda Histeris

Usai Vera dan Rizky, momen emosional haru kembali terulang ketika Rosti Simanjuntak sang ibunda Brigadir J tak kuasa menahan rasa sedihnya atas kepergian anaknya yang tewas menjadi korban pembunuhan berencana.

Tangis Rosti pecah tatkala menceritakan tentang sosok Brigadir J sebagai anak ketika diperiksa selaku saksi dalam persidangan perkara dugaan pembunuhan berencana atas terdakwa Richard Eliezer alias Bharada E di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Selasa (25/10).

"Kalau cerita masalah pak, tidak pernah sama sekali selalu kabari baik-baik saja. Makanya saya secara manusia sebagai ibunya perasaan saya hancur pak mendengarkan kabar anak saya ini (tewas)," kata Rosti sambil menangis histeris.

Meski sambil terisak tangis, Rosti turut ditenangkan suaminya Samuel Hutabarat yang duduk di samping kanannya. Tetap melanjutkan cerita tentang kepribadian anaknya tersebut.

"Yang selalu mendengar nasihat orang tuanya karena dari kecil sudah saya didik pak, sudah saya ajari anak ini agar selalu tanggung jawab dalam tugas harus selalu patuh dan hormat di mana pun berada dalam pekerjaannya. Dan kepada siapa yang ada di sekitarnya," sebutnya.


Pesan Orangtua Brigadir J

Setelah ungkapan Rosti, lantas momen emosional kembali terjadi saat majelis hakim memberikan kesempatan kepada saksi untuk menyampaikan pendapat mereka di muka persidangan.

Momen itu pun lantas dipakai, Kedua orang tua Brigadir J untuk berpesan kepada terdakwa Richard Eliezer alias Bharada E agar berkata jujur atas apa yang terjadi dalam perkara pembunuhan berencana yang menjadikan anaknya sebagai korban.

Pesan itu disampaikan oleh Samuel Hutabarat selaku ayah dan Rosti Simanjuntak selaku ibunya dari Brigadir J ketika dihadirkan sebagai saksi dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Selasa (25/10).

"Yang saya mohon sebelumnya saya memohon kepada Bharada E, coba lihat saya nak kamu harus berkata jujur apa yang kamu lihat, apa yang kamu rasakan saat kejadian," kata Samuel.

Ucapan yang disampaikan Samuel sambil menangis disertai doa agar Bharada E yang merupakan Justice Collaborator (JC) selalu berkata jujur selama persidangan ini.

"Saya mohon di persidangan selanjutnya kamu jujur Tuhan Yesus menyertaimu," kata Samuel.

Permohonan itu langsung diamini oleh Ibunda, Rosti Simanjuntak yang meminta agar seluruh pernyataan Bharada E nantinya di persidangan harus sesuai dengan apa yang terjadi sebetulnya.

"Kami minta berkata jujur sejujur-jujurnya, itu anak saya sudah terbunuh dengan sadis dan keji masih juga difitnah dengan rekayasa mereka. Jadi Bharada E ada di dalamnya, jadi mohon (untuk berbicara jujur)," kata Rosti.

Senada dengan itu, Rosti juga meminta kepada Bharada E untuk tidak menutupi apa yang menjadi fakta sesungguhnya. Termasuk, dengan membongkar soal skenario dugaan pelecehan seksual yang selalu dibawa oleh Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

"Cuma kami minta tadi. Berkata jujurlah sejujur-jujurnya. Agar pemulihan nama anak saya, Jangan skenario itu terus. Kami masih diajarkan secara iman tuhan agar saling mengampuni. Jadi kami mohon agar arwah anak kami tenang tolong berkata jujur," bebernya.


Bharada E: Saya Akan Jujur

Sebelumnya. Terdakwa Richard Eliezer alias Bharada E juga menyatakan di hadapan persidangan bahwa dirinya tidak mempercayai atas adanya tindakan pelecehan seksual yang dilakukan korban Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J terhadap Putri Candrawathi.

"Saya cuma menyampaikan saya akan berkata jujur, saya akan membela abang saya bang yos terakhir kalinya. Karena saya pribadi saya tidak mempercayai bahwa bang yos setega itu melakukan pelecehan," kata Bharada E saat diberikan kesempatan tanggapi keterangan saksi di sidang PN Jakarta Selatan, Selasa (25/10).

Pernyataan itu diucapkan Bharada E dihadapan Samuel Hutabarat dan Rosti Simanjuntak selaku kedua orangtua Brigadir J usai mendengarkan kesaksian mereka sebagai saksi dalam sidang hari ini.

"Saya tidak meyakini Banh Yos melakukan pelecehan. Hanya itu saja yang bisa saya sampaikan," ujarnya.

Dia pun menyatakan siap dijatuhi hukuman apapun dari majelis hakim nantinya, atas tindakannya yang ikut terseret dalam perkara pembunuhan berencana Ferdy Sambo.

"Saya ingin mengatakan saya siap, apapun yang akan terjadi, dan apapun keputusan hukum terhadap diri saya. Terima kasih," ucapannya.

Dakwaan Pembunuhan Berencana

Dalam perkara ini Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah mendakwa total lima tersangka yakni, Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Richard Eliezer alias Bharada E, Ricky Rizal alias Bripka RR, dan Kuat Maruf.

Mereka didakwa turut secara bersama-sama terlibat dengan perkara pembunuhan berencana bersama-sama untuk merencanakan penembakan pada 8 Juli 2022 di rumah dinas Komplek Polri Duren Tiga No. 46, Jakarta Selatan.

"Mereka yang melakukan, yang menyuruh melakukan, dan turut serta melakukan perbuatan, dengan sengaja dan dengan rencana terlebih dahulu merampas nyawa orang lain," ujar jaksa saat dalam surat dakwaan.

Atas perbuatannya, kelima terdakwa didakwa sebagaimana terancam Pasal 340 subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 KUHP yang menjerat dengan hukuman maksimal mencapai hukuman mati.

Sedangkan hanya terdakwa Ferdy Sambo yang turut didakwa secara kumulatif atas perkara dugaan obstruction of justice (OOJ) untuk menghilangkan jejak pembunuhan berencana.

Atas hal tersebut, mereka didakwa melanggar Pasal 49 juncto Pasal 33 dan/atau Pasal 48 ayat (1) juncto Pasal 32 ayat (1) UU ITE Nomor 19 Tahun 2016 dan/atau Pasal 221 ayat (1) ke 2 dan 233 KUHP juncto Pasal 55 KUHP dan/atau Pasal 56 KUHP.

"Timbul niat untuk menutupi fakta kejadian sebenarnya dan berupaya untuk mengaburkan tindak pidana yang telah terjadi," sebut Jaksa.

Reporter: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

Ada Kader Cari Muka ke Puan?

PDIP: Ada Kader Terlalu Kreatif, Cari Muka ke Puan Maharani

Liputan6.com 2022-10-26 16:21:09
Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri bersama Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua Bidang Politik dan Keamanan PDIP non aktif Puan Maharani mengikuti Rakor Bidang Politik & Keamanan Tingkat N

DPP PDI Perjuangan memberikan sanksi keras terhadap Dewan Kolonel yang dibentuk oleh loyalis Puan Maharani. Ketua DPP PDIP Bidang Kehormatan Komarudin Watubun mengatakan, kader-kader PDIP ini kelewat kreatif, bahkan cenderung cari muka kepada Puan.

Setelah klarifikasi dengan orang-orang yang disebut mendirikan Dewan Kolonel, Komarudin menyimpulkan tidak ada keterlibatan langsung oleh Puan.

"Mbak Puan sendiri enggak terlibat di dalam proses itu. Mereka berinisiatif melakukan itu. Ini kadang-kadang teman-teman ini kreatif, kelewat kreatif untuk cari muka kadang juga," ujar Komarudin di kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (26/10).

"Kita bukan menolak pemimpin tapi kita menjerumuskan pemimpin," sambungnya.

Komarudin mengatakan, anggota Dewan Kolonel diberikan sanksi keras dan terakhir karena pembentukan struktur ini melanggar aturan partai. Wajar kader partai yang membentuk organisasi di dalam organisasi diberi teguran keras.

"Kalau dewan kolonel itu dan saya sampaikan, yang berat di Dewan Kolonel itu membuat organisasi di luar aturan AD/ART kita," ujarnya.

Sementara itu, Komarudin mengatakan Dewan Kolonel langsung diberikan sanksi tanpa dipanggil ke DPP karena sudah jelas dalam pemberitaan media. Beberapa anggotanya sudah ditelepon untuk klarifikasi.

Komarudin pun menyiapkan klarifikasi berikutnya terhadap sejumlah nama yang disebut anggota Dewan Kolonel.

"Yang kedua itu ada nama teman-teman di SK tapi mereka sudah kontak satu persatu, tapi tidak mengerti makanya kita akan persiapkan untuk panggil gelombang kedua berikutnya untuk klarifikasi," kata Komarudin.

Sejumlah kader PDIP yang diberikan teguran keras adalah Trimedya Panjaitan, Johan Budi, Masinton Pasaribu dan Hendrawan Supratikno.


Dewan Kolonel Tak Sesuai AD/ART

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menegaskan bahwa Dewan Kolonel tidak sesuai dengan AD/ART partai, sehingga harus ditegakkan disiplin.

Dewan Kolonel merupakan wadah bagi pendukung Puan Maharani sebagai calon presiden (Capres) yang berasal dari kalangan kader PDIP di DPR.

"Partai menegaskan disiplin partai dan semua terkait capres cawapres, arahan Bu Ketua Umum jelas, semua kader harus memiliki kesadaran revolusioner. Jangan grusak grusuk, sabar dan pasti pada waktu yang tepat. Momentum sesuai suasana kebatinan rakyat. Ibu Mega akan umumkan capres cawapres," kata Hasto dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu, 24 Oktober 2022.

Penegakan disiplin, kata dia, berlaku tak hanya bagi Dewan Kolonel tapi juga kepada politikus PDIP FX Hadi Rudyatmo alias FX Rudy.

"Jadi, semua tegak lurus disiplin, tidak hanya Dewan Kolonel. Pak FX Rudy dari Solo pun ketika nyatakan dukungan capres, itu kewenangan dari ketum, sebagai partai akan menegakkan disiplin partai, kepada semua pihak tanpa terkecuali," kata Hasto, seperti dikutip dari Antara.

Putri Candrawathi Akan Temui Orang Tua Brigadir J

Eksepsi Ditolak, Putri Candrawathi Bakal Bertemu Orang Tua Brigadir J Pekan Depan

Liputan6.com 2022-10-26 12:45:15
Putri Candrawathi menghadiri sidang perdana yang beragendakan pembacaan dakwaan terkait pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (17/10)

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) menolak nota keberatan atau eksepsi Putri Candrawathi, terkait perkara pembunuhan berencana terhadap Nofryansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J.

Dengan demikian, Jaksa Penuntut Umum (JPU) diminta untuk menghadrikan seluruh saksi pada persidangan selanjutnya.

"Demikianlah putusan sela dari Putri Candrawathi, maka bagaimana sidang tadi. Kami perintahkan jaksa penuntut umum untuk melanjutkan pada Hari Selasa, 1 November 2022, dengan agenda pemeriksaan saksi yaitu korban dan keluarganya 12 orang. Kita mulai sidang jam setengah 10," kata Ketua Majelis Hakim PN Jaksel, Wahyu Imam Santoso, Rabu (26/10/2022).

Saat itu, tim kuasa hukum Putri Candrawathi yang diwakili Arman Hanis meminta agar saksi yang dihadirkan pada sidang berikutnya dilakukan secara bersama dengan terdakwa Ferdy Sambo.

"Izin yang mulia. Kami tim penasihat hukum usul kepada yang mulia maupun rekan JPU bahwa saksi-saksi yang akan dihadirkan ini sama dengan saksi yang akan dihadirkan pada saat sidang atas nama Terdakwa Ferdy Sambo. Jadi kami mengusulkan, karena dari tim penasihat hukum juga hanya satu tambahan setiap faro terdakwa kuasa hukumnya," ujar Arman.

"Jadi kami mengusulkan cepet sidangnya, sesuai dengan asas peradilan cepat berbiaya murah, ringan dan sederhana. Maka kami mengusulkan pada yang mulia agar persidangan ini agar pemeriksaan saksi-saksi dilakukan secara bersamaan atas nama dua terdakwa yang mulia Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi," sambungnya.

"Hanya pada dua terdakwa?," tanya Hakim.

"Iya, karena kalau dari ruang sidang yang kami lihat bisa mencukupi untuk dua terdakwa," jawab pengacara.


Tidak Diamini Jaksa

Namun, Apa yang disampaikan oleh pengacara Putri Candrawathi itu pun tidak diamini oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Menurutnya, untuk berkas perkara keduanya itu berbeda.

"Keberatan majelis hakim yang mulia. Karena nomor register perkaranya sendiri-sendiri baik terhadap Putri Candrawathi dan Ferdy Sambo. Oleh karena itu, tim penuntut umum berkeberatan kalau terhadap perkara itu pemeriksaan saksi-saksi untuk digabungkan," ujar JPU.

"Nanti majelis hakim akan pertimbangkan. Nanti kami musyawarhkan mengenai usul dari penasihat hukum terdakwa maupun keberatan dari penasihat hukum. Tapi kita akan pertimbangkan, dan nanti kita tetap perintahkan jaksa penuntut umum menghadirkan saksi-saksi," tutup Hakim.

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

Di Rutan Salat Berjamaah dan Menyulam

Kegiatan Nikita Mirzani Di Rutan Serang Salat Duha Berjamaah, dan Menyulam

Liputan6.com 2022-10-26 16:20:00
Nikita Mirzani. (Foto: Dok. Instagram @nikitamirzanimawardi_172)

Nikita Mirzani resmi ditahan hingga 20 hari ke depan di Rutan Serang terkait kasus dugaan pencemaran nama baik. Dan saat ini, Niki begitu biasa disapa telah berada di sel tahanan.

Dijelaskan Dody, Kepala Rutan Serang bahwa bintang film Comic 8 datang ke Rutan Serang pada pukul 21.00 WIB. Sesampainya di sana, Niki pun langsung dicek kesehatannya.

"Alhamdulillah dalam keadaan baik. Dari pihak medis juga menyatakan dalam keadaan baik," ungkap Dody, dilansir dari kanal YouTube Intens Investigasi, Rabu (26/10/2022).

Ditambahkan Dody bahwa wanita bernama lengkap Nikita Mirzani Mawardi memiliki efort yang besar. Ia pun telah melakukan kegiatan.


Salat Duha Berjamaah

Baru semalam masuk Rutan, Nikita Mirzani sudah berbaur dengan tahanan lainnya melalui kegiatan yang dijalaninya.

"Pagi tadi kami mendapat laporan dari petugas wanita, dia sudah melakukan salat berjamaah duha, dilanjutkan melakukan kegiatan menyulam," tambahnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Tertawa

Mengenai kondisi Nikita Mirzani yang sempat marah-marah, rupanya tak berlangsung lama. Dody menjelaskan bahwa Niki baik-baik saja di dalam Rutan.

"Enggak ada, sejauh ini enggak ada. Baik-baik saja, malah ketawa-ketawa," sambungnya.


Tak Spesial

Ditegaskan Dody bahwa penerimaan Nikita Mirzani di Rutan Serang tak ada yang spesial. Ia diperlakukan sama dengan tahanan lainnya.

"Kami pastikan enggak ada yang spesial buat Mbak Niki. Sama sekali enggak ada yang spesial. Semua SOP kami jalankan, yang artinya adalah begitu sampai di sini kami samakan seperti yang lainnya. Dan kami hanya punya blok wanita tiga kamar yang mana kamarnya itu ada delapan orang, tujuh orang, dan delapan orang. Mbak Niki malah minta yang delapan orang, yang banyakan," paparnya.

Kontroversi PM Rishi Sunak

Jadi PM Inggris, Sosok Rishi Sunak Ternyata Punya Sejumlah Kontroversi

Liputan6.com 2022-10-26 13:30:43
Perdana Menteri Inggris yang baru Rishi Sunak tiba di Downing Street setelah kembali dari Istana Buckingham di London, Selasa (25/10/2022). Rishi Sunak secara resmi ditunjuk oleh Raja Inggris

Rishi Sunak berjanji akan bekerja keras untuk Inggris. Pria berusia 42 tahun menjadi perdana menteri kulit berwarna pertama di Inggris dan kepala negara termuda di negara tersebut.

Ayah dari PM Sunak yang juga pendiri dari perusahaan Infosys berkata, "Kami bangga padanya dan kami berharap dia sukses. Kami yakin dia akan melakukan yang terbaik untuk rakyat Inggris."

Meski begitu, kontroversi tak bisa lepas dari Rishi Sunak selama bertahun-tahun. Hal inilah yang dianggap membuatnya gagal dalam adu duel bersama Liz Truss beberapa waktu lalu.

Dikutip dari laman livemint, Rabu (26/10/2022), berikut sejumlah kontroversi dari Rishi Sunak;

Sunak pernah menceritakan tentang status pendidikannya, serta latar belakang keluarga kaya serta koneksi aristokratnya dalam sebuah film dokumenter BBC tahun 2001 berjudul Middle Classes: Their Rise and Sprawl.

Dia mengaku hanya memiliki teman dari kelas atas dan bangsawan. Dia tidak punya teman dari "kelas pekerja".

Sunak pernah didakwa lantaran memalsukan pendapatannya menjadi lebih rendah sebagai bagian dari upaya mengalihkan publisitas untuk penurunan harga bensin.

Sebuah video pernah bocor ke publik. Kala itu Sunak pernah berencana mengambil pendapatan dari "daerah yang serba kekurangan" demi kemajuan kota-kota besar.

Namun, Sunak malah mengklaim bahwa Partai Buruh yang telah meninggalkan serangkaian algoritma yang mengalokasikan semua dana sehingga sejumlah daerah mengalami kemiskinan parah.

Kemudian dia pernah bilang bahwa kebijakan itu akan berubah jika dia diangkat dan memegang posisi sebagai otoritas.

"Saya pecandu minuman bersoda, saya pecandu minuman bersoda berat," kata Rishi Sunak dengan tegas dalam sebuah wawancara.

Selama wawancara, dia juga mengatakan bahwa "minuman bersoda asal Meksiko" adalah favoritnya.


Rishi Sunak Reshuffle Kabinet

Usai terpilih menjadi PM Inggris, Rishi Sunak telah menunjuk tim menteri utamanya, pada hari pertamanya sebagai perdana menteri Inggris.

Dalam pidatonya, dia mengatakan ingin menyatukan negara dan partai, serta menjanjikan stabilitas dan kepercayaan ekonomi.

Dilansir BBC, proses perombakan kabinet beberapa dapat diprediksi namun ada juga beberapa yang mengejutkan anggota parlemen.

Kesatuan, pengalaman, dan kesinambungan dalam beberapa peran yang sangat penting adalah tema yang ingin disampaikan olehnya.

Persan tersebut juga digaungkan oleh mantan direktur komunikasi untuk David Cameron, Sir Craig Oliver, yang mengatakan: "Persatuan adalah semboyan dari perombakan ini. Jelas setiap bagian dari partai akan merasa terwakili dalam beberapa cara."

"Elemen penting lainnya dari perombakan ini adalah stabilitas di tiga jabatan teratas: Jeremy Hunt sebagai kanselir, James Cleverly sebagai menteri luar negeri dan Ben Wallace sebagai menteri pertahanan.

Ini mungkin dimaksudkan untuk menjadi pesan yang jelas bahwa, khususnya selama perang di Ukraina dan gejolak ekonomi beberapa bulan terakhir, Sunak ingin meyakinkan anggota parlemen bahwa ia dapat menawarkan stabilitas.


Tekankan Stabilitas

Hunt membuang sebagian besar pemotongan pajak yang dibawa oleh mantan PM Liz Truss, mengembalikan rencana ekonomi ke yang lebih mirip proposal Sunak selama persaingan kepemimpinan musim panas.

Selain sebagai sinyal stabilitas, mempertahankan sekutu Boris Johnson, Wallace sebagai menteri pertahanan - dan , Cleverly sebagai menteri luar negeri adalah cara terbaik yang bisa diterapkan untuk beberapa anggota parlemen senior yang tidak mendukung Sunak.

"Kabinet ini menyatukan bakat-bakat partai", kata salah satu sumber, berbicara tentang kesimpulan reshuffle.

"Ini mencerminkan partai yang bersatu dan kabinet dengan pengalaman yang signifikan, memastikan bahwa pada saat yang tidak pasti ini ada kesinambungan di jantung pemerintah."

Mereka mengatakan kerja keras akan dimulai sekarang dan kabinet baru akan "memberikan untuk rakyat Inggris".


Terpilihnya Rishi Sunak

Rishi Sunak, pria keturunan India dan beragama Hindu terpilih sebagai PM Inggris pada Senin (24/10/2022). Rishi memenangkan pemilihan menggantikan Liz Truss yang mundur beberapa hari lalu.

Para pesaing Rishi seperti eks Perdana Menteri Boris Johnson hingga eks Meteri Pertahanan Penny Mordaunt keluar dari pencalonan.

Ia menjadi PM Inggris berikutnya setelah memenangkan perlombaan untuk memimpin Partai Konservatif. Tugas yang diembannya sangat berat, untuk mengarahkan negara yang sangat terpecah melalui penurunan ekonomi yang akan membuat jutaan orang lebih miskin.

Hidup Kanye West Penuh Drama

Hidup Penuh Drama, Kanye West Bikin Ketar-Ketir Psikiater

Liputan6.com 2022-10-26 12:35:40
Kanye West. (Evan Agostini/Invision/AP, File)

Ye atau yang dulu dikenal sebagai Kanye West merupakan seorang rapper, musisi, dan produser rekaman asal Amerika Serikat. Pria kelahiran 1977 juga merupakan mantan suami bintang reality, Kim Kardashian.

Baru-baru ini, Kanye West dipecat sebagai Brand Ambassador Adidas. Ini buntut dari ulah yang dilakukan Ye sepanjang bulan ini.

Namun, banyak yang beranggapan bahwa langkah jenama sepatu kenamaan dari Jerman dianggap telat bertindak dibanding perusahaan lain yang sudah lebih dulu menyatakan 'lo, gue, end' dengan Ye.

Kasus terbaru yang dilakukan Kanye West terjadi Minggu, 23 Oktober 2022. Ye membuat pernyataan antisemitisme atau bersifat kebencian terhadap etnis Yahudi di sebuah podcast.

Ye dengan bangga menyatakan bahwa Adidas tidak akan melepaskannya meski dia menghujat orang Yahudi.

Banyak orang telah menyaksikan perilaku rapper asal Amerika ini yang mengundang kontroversi. Kritikan datang kepada ujaran kebencian Ye dan sikapnya itu.

Allison Young, MD, seorang psikiater cukup terkejut dengan respons orang terhadap tingkah Kanye West.

"Sebagai seorang psikiater, saya terkejut dengan betapa sedikitnya orang yang menunjukkan belas kasihan kepada Ye, terlepas dari perjuangan terbukanya dengan gangguan bipolar," tulis Young melansir Everyday Healthpada Rabu (26/10)

"Pada saat yang sama, saya tahu betul betapa sulitnya untuk memiliki belas kasihan bagi seseorang yang memuntahkan hal-hal yang penuh kebencian," Young menambahkan.

Ye atau Kanye West ini diketahui memang mengidap gangguan bipolar.


Keterkaitan Bipolar dengan Perilaku Kontroversial Kanye West

"Saya belum mengevaluasi Ye dan tidak dapat mengomentari apa pun yang terkait dengan kesehatan mentalnya selain dari apa yang dia dan orang yang dicintainya telah bagikan secara publik tentang pengalamannya dengan gangguan bipolar," ujar Young.

Young, menambahkan, karena tidak mengevaluasi Kanye West secara pribadi, dirinya tidak dapat mengatakan dengan pasti apakah ledakannya baru-baru ini memang terkait dengan gangguan bipolarnya.

"Namun, mengingat Ye dan orang-orang yang dicintainya telah mengatakan bahwa ledakan publik sebelumnya yang dia alami terkait dengan gangguan bipolarnya, seperti yang dilaporkan Good Morning America, tentu saja mungkin saja ledakan yang baru-baru ini juga terkait dengan gangguan bipolarnya," katanya.

Selain itu, lanjut Young, kata-kata dan perilaku kebencian itu menyakitkan dan tidak pantas, baik berasal dari seseorang dengan atau tanpa penyakit mental.

Akan tetapi, jika seseorang mengalami kondisi gangguan mental akut, tidak mengetahui bagaimana kondisi orang tersebut akan berdampak pada perilakunya juga merupakan masalah --- dan dapat memicu stigma lama yang berbahaya tentang penyakit mental.


Gangguan Bipolar Sering Mendapatkan Stigma

Penelitian menunjukkan bahwa gangguan bipolar lebih terstigmatisasi dibandingkan penyakit mental lainnya. Depresi dan gangguan bipolar sama-sama gangguan suasana hati, tetapi penelitian menunjukkan bahwa gangguan bipolar dikaitkan dengan lebih banyak stigma.

Hal itu berarti, bipolar lebih banyak mendapatkan sikap negatif terhadap seseorang berdasarkan karakteristik yang menonjol, seperti penyakit mental --- daripada gangguan suasana hati lainnya seperti depresi atau gangguan kecemasan.

Faktanya, menurut satu tinjauan yang diterbitkan dalam Journal of Affective Disorders, stigma yang terkait dengan gangguan bipolar sama dengan stigma yang terkait dengan penyakit mental yang parah seperti Skizofrenia.

Sayangnya, menurut tinjauan sistematis yang juga diterbitkan dalam jurnal tersebut, lebih sedikit penelitian yang melihat stigma terkait bipolar daripada stigma yang terkait dengan penyakit mental lainnya, termasuk depresi dan Skizofrenia.

Ini berarti diperlukan lebih banyak penelitian untuk sepenuhnya memahami dan mengatasi stigma terkait gangguan bipolar.

"Seperti yang kita lihat dengan luapan Ye di media sosial, lebih banyak orang tampaknya merespons dengan kritik daripada dengan keprihatinan," kata Young.

Young, menambahkan, langkah selanjutnya dalam menghilangkan stigma penyakit mental adalah menunjukkan rasa kasih sayang bahkan ketika kita tidak berhubungan dengan pengalaman seseorang yang mengidap penyakit mental.

"Dengan kata lain, Anda tidak perlu benar-benar memahami sesuatu untuk menjadi pengertian," dia menambahkan.


Tidak Sesederhana

"Tren memprihatinkan lainnya yang saya perhatikan adalah bahwa banyak orang telah mencoba untuk membenarkan ejekan dan kritik mereka terhadap Ye karena mereka merasa bahwa mereka menyerukan kebencian dan perilaku kasar," tutur Young.

Faktanya, kritik yang diterima Ye saat ini mengingatkan pada serangan balik yang diterimanya setelah salah satu luapan publik pertamanya yang tak terlupakan.

Saat itu, dia menyerbu panggung selama pidato penerimaan penyanyi Taylor Swift setelah dia memenangkan MTV Video Music Award (VMA) pada 2009. Pada saat itu, kekesalan para pemirsa tentang apa yang terjadi dapat dimengerti.

Akan tetapi, menurut New York Post, Kanye WEst kemudian mengungkapkan dalam sebuah wawancara podcast, dalam pengalamannya pada saat itu, dia merasa bahwa Tuhan secara khusus memanggilnya untuk naik ke atas panggung - sebuah tanda bahwa dia mungkin mengalami gejala manik.

Young menjelaskan, perilaku Ye dalam kejadian tersebut memang tidak baik. Namun, penting untuk dipahami bahwa ketika seseorang dengan gangguan bipolar sedang mengalami gejala manik, seperti yang mungkin dialami Ye, menyerang mereka karena perilaku mereka tidak membantu.

Dan, insiden baru-baru ini telah mengungkapkan betapa sulitnya hidup dengan gangguan bipolar dan memiliki hubungan dengan seseorang yang memiliki gangguan bipolar.

Ketika seseorang mengalami serangan manik yang parah, mereka tidak dapat mengevaluasi perilaku mereka sendiri dengan cara yang sama seperti yang mereka lakukan ketika serangan tersebut berakhir.

"Apa yang paling mereka butuhkan pada saat itu adalah bantuan dengan penyakit mereka," kata Young.

"Tetapi dengan postingan kebencian terbaru dari Ye, saya telah melihat berbagai tanggapan dari orang-orang yang merespons dengan kebencian, hingga antusiasme atas 'apa yang akan dia lakukan selanjutnya'," pungkasnya.

Tolak Lamaran Banyak Pria

Luna Maya Banyak Tolak Lamaran Pria yang Ingin Menikahinya, Katanya Belum Ada yang Bikin Nyaman

Liputan6.com 2022-10-26 08:30:00
Street style Luna Maya bisa jadi inspirasi outfit sehari-hari. Contohnya dengan memadukan utility dress dengan sepatu boots seperti Luna Maya. [Instagram/lunamaya]

Sosok Luna Maya dikenal sebagai artis cantik. Namun hingga saat ini dirinya belum juga memiliki pacar bahkan suami. Sebelumnya, Luna diketahui terakhir berpacaran dengan Reino Barack.

Luna Maya memang tidak pernah mengumbar kemesraan dengan pria. Luna Maya bahkan mengaku beberapa kali dilamar oleh sejumlah pria.

"Kalau dilamar sih udah beberapa orang ngelamar gue," kata Luna Maya saat berbincang dengan Lucinta Luna di kanal YouTube, seperti dilihat, Selasa (25/10/2022).


Menolak

Hanya saja, Luna Maya menolak lamaran pria-pria itu. Menurut Luna Maya, para pria yang melamarnya tersebut tidak bisa memberikan kenyamanan dan kebahagiaan untuknya.

"Gue merasa kok dengan adanya orang (pasangan) sama gue sendiri, kenapa lebih beban dengan adanya orang? Ngapain? Artinya, maksudnya kita sama-sama nggak bisa membahagiakan hubungan itu," ucap Luna Maya.


Tak Peduli

Mantan kekasih Ariel Noah itu tidak peduli dengan pandangan publik yang menilainya tidak laku karena hingga saat ini belum kunjung nikah. Buatnya, menikah bukan untuk ajang pamer dan pembuktian diri.

"Kalau cuman yang penting gue ketahuan laku, yang penting gue kawin, biar semua orang ini. Tapi kan yang menjalani kita," imbuh Luna.


Hadiah

Diketahui sebelumnya, Luna Maya mendapatkan mobil dari seseorang yang tidak dia kenal seperti yang dia ungkapkan di kanal YouTube Luna Maya, Kamis 6 Oktober 2022. Luna menduga hal itu bagian dari bentuk lamaran.

"Ada yang kirim langsung pergi orangnya," kata Putra karyawan Luna Maya.

Putri Beyonce Ikut Lelang Berlian

Putri Beyonce Ikut Lelang Anting-Anting Berlian Senilai Rp1,2 Miliar

Liputan6.com 2022-10-26 07:30:00
Gaya penyanyi Beyonce dan putrinya Blue Ivy Carter saat menonton pertandingan NBA All-Star Game 2018 di Staples Center di Los Angeles, California, AS (18/2). (AP Photo/Chris Pizzello)

Putri Beyonce, Blue Ivy menghadiri Wearable Art Gala 2022 bersama orangtua Beyonce dan JAY-Z pada Sabtu, 22 Oktober 2022. Kehadiran bocah berusia 10 tahun tersebut dalam acara yang diselenggarakan oleh neneknya Tina Knowles.

Dikutip dari People, Selasa, 25 Oktober 2022, selama acara, Blue Ivy dengan bangga berdiri untuk menawar lebih dari 80.000 dolar AS atau setara Rp1,2 miliar untuk anting-anting berlian Lorraine Schwartz. Perhiasan tersebut dikenakan oleh sang nenek yang juga menjadi pembawa acara malam itu.

Penyerahan anting-anting mewah itu juga mencatat bahwa perhiasan tersebut sebelumnya milik pelantun "Break My Soul" ini. Dalam sebuah video dari gala, Blue Ivy mengenakan pakaian biru tua dengan kacamata hitam.

Ia juga tampak melambaikan papan lelangnya di bawah pengawasan orangtuanya. Akhirnya, Blue Ivy dikalahkan oleh pendiri Mielle Organics, Monique Rodriguez dan suaminya Melvin, yang menawar 105.000 dolar AS atau sekitarRp2,3 miliar untuk anting-anting tersebut.

Momen ini bukan pertama kalinya Blue Ivy menawar item di Wearable Art Gala. Pada 2018, ia yang kala itu berusia 6 tahun, ikut menawar lukisan akrilik Sidney Poitier, memegang papan lelangnya tinggi-tinggi dan menawar 17.000 dolar AS, menurut Vanity Fair.

Meskipun JAY-Z bercanda mencoba untuk merebut papan lelang dari Blue Ivy, dia menawar lagi ketika harga yang diminta item tersebut melonjak hingga 19.000 dolar AS, outlet melaporkan. Namun, Tyler Perry akhirnya mengalahkan tawaran tersebut dan memenangkan karya seni seharga 20.000 dolar AS, menurut Vanity Fair.


Bukan Kali Pertama

Majalah itu melaporkan Blue Ivy berhasil menawar karya seni berikutnya untuk dilelang, meskipun, memenangkan karya Samuel Levi Jones seharga 10.000 dolar AS. Setelah acara tersebut, Perry mengungkapkan bagaimana rasanya melawan anak sulung JAY-Z dan Beyonce dalam sebuah episode Today.

"Ada orang lain yang menawar melawan saya. Saya tidak tahu siapa itu," katanya kepada Hoda Kotb. "Saya melihat ke atas dan itu dia. Dia mengambil papan lelang dari tangan Jay dan tangan Beyonce dan dia menawar."

Ia melanjutkan, "Anak ini tidak mengalahkan saya hari ini. Anda akan belajar hari ini, gadis kecil. Saya mendapatkan lukisan ini. Tapi JAY-Z sebenarnya pura-pura menariknya dari tangannya dan menghentikan penawarannya. Tapi itu untuk amal jadi itu untuk tujuan besar."

Sementara, Beyonce dan Jay-Z menikah pada 4 April 2008 tanpa diketahui publik. Penyanyi itu melahirkan buah hati pertamanya, Blue Ivy di Lenox Hill Hospital, New York City pada 7 Januari 2012. Pada 13 Juli 2017, Beyonce mengunggah potret pertama dirinya dan anak kembarnya ke akun Instagram-nya.

Ia mengonfirmasi tanggal lahir merekapada 13 Juni 2017. Si kembar, seorang putri bernama Rumi dan seorang putra bernama Sir, lahir di Ronald Reagan UCLA Medical Center di California.


Gaya Mewah Beyonce

Sebelumnya, Beyonce tampil dalam kampanye Tiffany & Co. Poster yang menampilkan musisi yang dijuluki sebagai Queen B itu diluncurkan pada Jumat, 2 September 2022.

Penyanyi berusia 41 tahun itu terlibat dalam kampanye bertajuk "Lose Yourself In Love". Untuk kepentingan tersebut, ia mengenakan beragam perhiasan, mulai dari Tiffany T, Tiffany HardWear, Tiffany Knot, hingga koleksi terbaru Tiffany Lock.

Dikutip dari laman PageSix, Selasa, 6 September 2022, kalung emas 18 karat yang dikenakan Beyonce dari seri Tiffany HardWear dibuat eksklusif untuknya. Proses produksi perhiasan berbentuk seperti rantai tersebut membutuhkan waktu lebih dari 40 jam.

"Aku merasa terhormat melanjutkan kemitraan dengan Tiffany & Co. dan mengeksplorasi lebih dalam tentang bagaimana hubungan indah kami, saat kami benar-benar merayakan hubungan dan pentingnya cinta yang kita miliki untuk diri kita sendiri sebagai individu," kata Beyonce dalam rilis tertulis.

Selain poster, brand perhiasan tersebut juga memproduksi film yang terinspirasi dari lagu terbaru Beyonce berjudul "Summer Renaissance". Film yang disutradarai oleh sutradara video peraih Grammy, Mark Romanek itu akan dirilis pada Oktober 2022 di laman resmi tiffany.com.


Perhiasan Bernilai Fantastis

Ini kampanye kedua Beyonce bersama brand perhiasan yang berbasis di Amerika Serikat tersebut. Pada tahun lalu, ia dan suaminya tampil bersama untuk kampanye bertajuk "About Love".

Beyonce mengenakan mahkota berlian kuning 129 karat yang ditambang dari Afrika Selatan pada 1877. Tiara tersebut terkenal sejak dikenakan Audrey Hepburn dalam poster film Breakfast at Tiffany's.

Pasangan penyanyi dan produsen itu berpose bersama lukisan karya Jean Michel Basquiat yang belum pernah dilihat publik sebelumnya. Mereka didandani busana serba biru.

Penampilan mereka tak disangka menuai kontroversi setelah rekan-rekan mendiang Baquiat berkomentar pedas. Mereka mengaku terkejut dengan 'komersialisasi dan komodifikasi' seniman anti-kapitalis. Lainnya mempermasalahkan asal-usul berlian yang dijadikan mahkota.

"Ini bukan hanya 'kalung', ini adalah berlian darah yang ditambang dari darah Afrika Selatan, jika mereka tidak memenuhi kuota, tangan dan kaki mereka dimutilasi atau dibunuh," kicau seseorang di Twitter saat itu.

Tak terima sang anak diserang, ibunda Beyonce, Tina Knowles-Lawson langsung membela. Ia menulis di Instagram, "Berapa banyak dari Anda aktivis sadar sosial yang punya berlian? Kupikir tidak begitu! Coba apakan Anda mencoba mengecek dari mana asal berlian itu? Kemungkinan tidak."