Ratusan Anak Gagal Ginjal, Tanggung Jawab Siapa?

HEADLINE: Obat Sirup Cemaran EG Picu Gagal Ginjal Akut Tewaskan Ratusan Anak, Tanggung Jawab BPOM dan Produsen?

Liputan6.com 2022-10-29 00:00:09
Pegawai membawa sejumlah obat sirup yang mengandung paracetamol di Apotek Prima Husada, Cinere, Depok, Jawa Barat, Kamis (20/10/2022). Kementerian Kesehatan menginstruksikan seluruh apotek un

Sedikit mulai terang penyebab gagal ginjal akut misterius atau Gangguan Ginjal Akut Atipikal Progresif (GgGAPA) yang terjadi pada ratusan anak di Indonesia. Menurut Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin, besar kemungkinan pasien yang menderita acute kidney injury (AKI) terpapar senyawa kimia berbahaya dari obat sirup yang diminum.

Berdasarkan hasil analisis toksikologi dan penyelidikan terhadap obat-obatan yang dikonsumsi pasien, serta referensi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ditengarai ada dugaan kuat kondisi gagal ginjal akut atipikal progresif terkait dengan obat sirup yang mengandung cemaran etilen glikol (EG), dietilen glikol (DEG), atau etilen glikol butil ether (EGBE).

"Apa sudah pasti? Sekarang sudah jauh lebih pasti dibandingkan sebelumnya karena memang terbukti di anak-anak ada, jadi darah anak-anak terbukti mengandung senyawa ini," ujar Menteri Kesehatan (Menkes RI) Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat, 21 Oktober 2022.

Hal tersebut kembali diterangkan Budi usai rapat bersama Presiden Joko Widodo dan para menteri di awal pekan ini.

"Jadi berdasarkan rilis dari WHO, adanya zat kimia di pasien, bukti biopsi yang menunjukkan kerusakan ginjalnya karena zat kimia ini, dan adanya zat kimia ini di obat-obatan yang ada di rumah pasien, kita menyimpulkan bahwa benar penyebabnya adalah obat-obat kimia yang merupakan cemaran atau impurities dari pelarut ini," kata Budi, Senin, 24 Oktober 2022 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Kemenkes juga melakukan serangkaian tes untuk mencoba menguak penyebab kasus ini. Dari hasil tes tersebut, salah satu hal yang dicurigai yakni COVID-19 ternyata tidak berkontribusi dalam gangguan ginjal akut. Begitu pula patogen lainnya yang dinyatakan tidak bisa disebut sebagai penyebab AKI.

Tak ingin makin banyak anak yang menderita gagal ginjal akut Kemenkes mengeluarkan jurus konservatif yakni menyetop sementara penjualan dan penggunaan obat sirup. Hal ini tertuang dalam surat dari Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes bertanggal 18 Oktober 2022. Surat itu bernomor: SR.01.05/III/3461/2022 tentang Kewajiban Penyelidikan Epidemiologi dan Pelaporan Kasus Gangguan Ginjak Akut Atipikal (Atypical Progressive Acute Kidney Injury) pada Anak.

"Sambil menunggu otoritas obat atau BPOM memfinalisasi hasil penelitian kuantitatif (kandungan zat kimia pada obat sirup) mereka, Kemenkes mengambil posisi konservatif dengan sementara melarang penggunaan obat-obatan sirup," jelas Budi.

Setelah aturan penyetopan penjualan dan konsumsi obat sirup dikeluarkan turun signifikan. Total penambahan kasus hanya ada 3 anak, sisanya adalah kasus lama yang baru saja masuk dalam catatan Kemenkes RI per Rabu, 26 Oktober 2022.

Meski begitu, sudah ada 269 anak terkena gagal ginjal akut dengan 157 di antaranya meninggal dunia. Lalu, siapa yang mesti bertanggung jawab atas hal ini?


Siapa yang Mesti Bertanggung Jawab?

Beberapa pihak mendesak ada pihak yang bertanggung jawab terhadap kejadian yang menyebabkan ratusan anak meninggal. Ketua Komunitas Konsumen Indonesia, David Tobing, mengatakan pihaknya sudah mengirimkan somasi ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dengan tembusan ke Presiden Joko Widodo terkait kasus ini.

Menurut David, BPOM sebagai lembaga otoritas pengawas obat dan makanan itu telah lalai melakukan pengawasan pada pre-market dan post-market control yang membuat ada obat sirup yang mengandung cemaran etilen glikol di atas ambang batas aman.

"Padahal sudah sangat jelas diatur Pasal 2 ayat (1) dan Pasal 3 huruf d Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2017 Tentang Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bahwa BPOM mempunyai tugas menyelenggarakan tugas pemerintahan di bidang pengawasan obat dan makanan dan menyelenggarakan fungsi pelaksanaan Pengawasan Sebelum Beredar dan Pengawasan Selama Beredar," tulis David dalam keterangan tertulis.

Lalu, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) juga menyatakan harus ada pihak yang bertanggung jawab atas kasus gagal ginjal akut pada ratusan anak di Indonesia.

"Ini peristiwa yang bisa disebut sebagai kejadian luar biasa, harus ada yang bertanggung jawab atas peristiwa ini," kata Wakil Ketua Komnas HAM RI Munafrizal Manan, Kamis, 27 Oktober 2022 dalam konferensi pers bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI di Jakarta.

"Kami mendukung dan mendorong pihak-pihak yang memenuhi unsur pertanggungjawaban pidana agar dituntut pertanggungjawabannya," lanjut Munafrizal.

Ia juga meminta agar terus diupayakan semaksimal mungkin agar tidak bertambah lagi korban yang meninggal dunia.

"Apa yang menjadi penyebab pasti meninggalnya anak-anak tersebut ini harus ditemukan sehingga kita bisa mengatasinya," lanjut Munafrizal.

Selain itu, Munafrizal menyarankan agar tata kelola sistem pengawasan obat dan makanan dapat dibuat lebih komprehensif.

"Tata kelola sistem pengawasan terhadap obat dan makanan itu harus dibuat sekomprehensif mungkin ke depan. Termasuk juga saya kira perlu untuk penguatan BPOM sendiri agar ke depan bisa lebih maksimal dalam melakukan pengawasan obat dan makanan," tuturnya.

Selain komprehensif, Munafrizal juga meminta pengawasan produk obat yang ketat. Bila perlu superketat mengingat ini menyangkut keselamatan publik.

"Ini menyangkut keselamatan publik, kesehatan publik. Kita kalau sakit tidak bisa menghindarkan diri harus mengonsumsi obat. Kalau kita merasa enggak aman nyaman dengan konsumsi obat itu bagaimana?"


Pengawasan Dilakukan Sesuai Standar

Kepala BPOM Penny Lukito mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan pengawasan secara komprehensif pre dan post-market terhadap produk obat yang beredar di Indonesia.

Namun, Penny mengakui bahwa pihaknya selama ini tidak melakukan pemeriksaan rutin terhadap adanya cemaran EG dan dietilen glikol (DEG) pada obat sirup.

"Karena memang ini (EG dan DEG) dilarang dari awal sebagai bahan baku," ujar Penny dalam konferensi pers Senin, 24 Oktober.

Dalam dunia farmasi, cemaran dalam produk obat sirup memang mungkin ada. Kehadiran EG dan DEG sebagai cemaran dalam obat sirup bukanlah hal yang yang disengaja. Ini adalah bawaan dari propilen glikol yang merupakan salah satu jenis agen pelarut obat (kosolven) yang digunakan untuk membantu pelarutan obat-obatan dengan bahan yang sukar larut.

Propilen glikol sebagai bahan baku masih boleh memiliki cemaran seperti EG dan DEG asalkan masih dalam ambang batas wajar yakni 0,1 persen. Jika melewati batas ini, maka bahan baku tersebut tidak memenuhi syarat dan tak bisa diformulasi.

Penny juga menekankan bahwa pelaku usaha atau produsen obat juga memiliki tanggung jawab untuk betul-betul melakukan studi atau kajian analisis cemaran atau impurities terhadap bahan baku yang mereka beli.

Pasalnya, perubahan bahan baku, perubahan kadar, atau hal lainnya bisa saja menyebabkan perubahan kadar cemaran yang ada dalam obat.

"Itu tanggung jawab mereka (produsen) untuk melakukan pengujian. Saya kira adanya perubahan kadar atau hal lain yang saya tidak tahu tentunya ini perlu pendalaman lebih jauh sehingga berubahlah kadar cemaran tersebut," kata Penny.


Sistem Jaminan Keamanan Mutu Obat Juga Tanggung Jawab Industri

Saat ini publik juga meminta BPOM untuk bertanggung jawab atas kejadian yang membuat ratusan anak meninggal. Terkait ini, Penny mengatakan bahwa pihak yang mendesak BPOM bertanggung jawab tak mengerti prosedur pengawasan obat.

"Kalau sekarang ada penggiringan terhadap Badan POM yang tidak melakukan pengawasan secara ketat, itu karena (mereka) tidak memahami proses jalur masuknya bahan baku, pembuatan, dan di mana peran-peran siapa."

Lebih lanjut, Penny menjelaskan bahwa sistem jaminan keamanan mutu dari obat bukan hanya tanggung jawab BPOM. Sesuai Undang-Undang, tanggung jawab industri adalah memberikan jaminan memproduksi dan mengedarkan produk obat yang aman, bermutu, dan berkhasiat

"Sistem jaminan keamanan mutu dari obat itu bukan hanya Badan POM saja, tapi ada industri, dia yang memproduksi. Dia memiliki kewajiban untuk quality control dari mulai bahan baku masuk kemudian dalam produksinya.Quality controldan quality assuranceitu ada di industri," kata Penny dalam konferensi pers di Jakarta pada Kamis 27 Oktober.

Jika industri obat tidak melakukan kontrol-kontrol tersebut maka mereka harus bertanggung jawab, kata Penny.

"Nah, Badan POM melakukan pengawasan, menetapkan standar, me-review mulai dari pre market, post market. Jadi kami sudah membangun sistem yang kuat dan melakukan pengawasan yang sangat ketat untuk obat ketimbang untuk kosmetik dan pangan."

Ia menegaskan kembali bahwa tanggung jawab juga ada di produsen. Maka dari itu, pihaknya meminta pertanggungjawaban produsen soal produk obat sirup yang mengandung cemaran yang melebihi batas.

Bagi produsen obat yang tak mengikuti aturan, sanksi yang bisa dijatuhkan adalah sanksi administrasi, lanjut Penny. Sanksi ini termasuk penarikan, pemusnahan, dan pencabutan izin edar. Jika ada indikasi kesengajaan maka BPOM bisa melakukan pelaporan tindak pidana.

BPOM kemudian melakukan pencarian titik-titik yang masih di luar kendali. Salah satu yang di luar kendali adalah soal pemasukan bahan baku yang tidak melalui Surat Keterangan Impor (SKI) Badan POM.

"Kami tidak memiliki kendali karena masuknya tidak melalui SKI Badan POM. Ke depan mungkin kita akan mencermati lagi apa saja yang harusnya ada kaitannya dengan proses produksi farmasi tapi tidak ada dalam kendali Badan POM."

Ke depannya, akan ada pengetatan berbagai aspek termasuk pada aspek quality kontrol yang dilakukan produsen obat.

"Standar juga harus diperkuat, jadi jangan minta tanggung jawab pada Badan POM karena Badan POM sudah melakukan tugasnya dengan sebaik-baiknya dalam kendala yang ada."


GPFI Sudah Minta Anggota Lakukan Uji Obat Mandiri

Sejak kasus gagal ginjal akut mencuat yang disampaikan Kementerian Kesehatan pada 21 Oktober 2022, Gabungan Perusahaan Farmasi Indonesia (GPFI) meminta anggotanya untuk bergerak. GPFI meminta anggotanya untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap produksi. Lalu, GPFI juga meminta produsen melakukan uji mandiri produk-produk farmasi.

"GPFI telah menghimbau seluruh perusahaan-perusahaan farmasi anggota GPFI untuk segera melakukan pengujian mandiri terhadap produk obat-obatan yang diproduksi dan melaporkan kepada BPOM," ujar Ketua Umum GPFI Tirto Kusnadi dalam keterangan resmi, Selasa, 25 Oktober 2022.

Proses evaluasi produk dilakukan secara saintifik dilengkapi dengan data-data sesuai dengan kaidan keilmuan untuk mengetahui penyebab pasti kasus gagal ginjal akut pada anak seperti disampaikan Tirto.

"Hal ini membutuhkan kerja sama dari semua pihak seperti pemerintah, swasta, farmakolog, ahli forensik, praktisi Kesehatan dan masyarakat agar kepastian penyebab kejadian ini dapat menjadi landasan dalam menentukan langkah-langkah yang diperlukan," lanjut Tirto.

Di tengah proses penelusuran penyebab kasus gagal ginjal akut, GPFI mempercayakan proses investigasi yang dilakukan BPOM, Kementerian Kesehatan, pakar kefarmasian dan forensik serta pihak lain.

"Selain itu, GPFI juga mengimbau kepada seluruh pihak untuk dapat menahan diri dengan tidak membuat pernyataan dan tindakan yang kontraproduktif dengan apa yang dilakukan BPOM dan Kemenkes," kata Tirto.


Produsen dan Pihak Terkait Bisa Kena Pidana

Pakar Hukum Pidana Universitas Trisakti, Abdul Fickar Hadjar, menyebut BPOM hingga produsen bisa dikenakan pidana terkait maraknya gagal ginjal akut pada anak.

Dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan Pasal 196 disebutkan: "Setiap orang yang dengan sengaja memproduksi atau mengedarkan sediaan farmasi dan/atau alat kesehatan yang tidak memenuhi standar dan/atau persyaratan keamanan, khasiat atau kemanfaatan, dan mutu sebagaimana dimaksud dalam pasal 98 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun dan denda paling banyak Rp1 miliar."

Cara melihat siapa yang harus bertanggung jawab dalam kasus ini yakni dengan melihat dari masing-masing kesalahan antara BPOM dan mereka yang memproduksi obat-obatan tersebut (produsen).

"Jika produsen keliru menerjemahkan komposisi obat yang sudah diperiksa dan diawasi oleh BPOM, artinya komposisi obat itu tidak sesuai dengan yang disetujui BPOM, maka kesalahan sepenuhnya ada pada produsen obat. Artinya produsen tidak mengikuti komposisi yang telah disetujui BPOM, sehingga produsen bertanggung jawab baik secara perdata maupun pidana," ujar Fickar kepada Liputan6.com, Jumat (28/10/2022).

Jika komposisi obat telah sesuai dengan arahan BPOM dan telah mencantumkan indikasi obat pada kemasannya, termasuk larangan mengonsumsi bagi orang-orang tertentu, maka kesalahan tidak bisa diarahkan kepada produsen.

"Maka kesalahan sepenuhnya pada masyarakat, korban yang tidak mengikuti informasi tentang indikasi obat yang tercantum, dan itu menjadi tanggung jawab masyarakat itu sendiri. Tetapi jika obat dengan komposisi itu dikonsumsi berdasarkan resep dokter, maka dokternya juga ikut bertanggung jawab," kata dia.

Menurut Fickar, jika ada obat-obatan yang hanya boleh dikonsumsi berdasarkan resep dokter namun terjadi komplikasi, dalam hal ini kemungkinan dua pihak yang harus bertanggung jawab, yakni antara dokter dan produsen.

"Jika dokter keliru mendiagnosa penyakit, tanggung jawab ada pada dokter. Jika kesalahan karena komposisi obat tidak sesuai dengan informasi dalam kemasan, maka tanggung jawab kesalahan ada pada produsen obat," kata dia.


BPOM Bisa Dituntut

BPOM bukan berarti bisa melenggang begitu saja. Tetap saja BPOM bisa dituntut secara pidana maupun perdata jika salah dalam mengarahkan komposisi obat-obatan untuk penyakit tertentu.

"BPOM bisa dituntut perdata maupun pidana, jika arahan komposisi obat untuk penyakit tertentu keliru atau salah, tidak seperti komposisi yang tercantum dalam kemasan," kata Fickar.

Proses hukum terhadap BPOM baik pidana maupun perdata (membayar ganti kerugian pasien) bisa dilakukan jika mampu dibuktikan bahwa kesalahan terjadi akibat BPOM salah prosedur dan memberikan informasi atau nasihat yang keliru.

"Hak menuntut bagi korban jika bisa dibuktikan bahwa keluhan sakit tidak sesuai dengan obat yang diberikan, yang dituntut selain BPOM juga dokternya," kata dia.

Dia menyebut, pada dasarnya industri obat menyatakan bahwa tidak ada penggunaan bahan baku yang membahayakan dalam proses produksi. Sehingga adanya bahan berbahaya diduga berasal dari cemaran bahan baku tambahan lain.

"Jika ada diketahui peredaran obat mengandung zat berbahaya yang menimbulkan kematian, maka secara hukum, industri itu tetap harus bertanggung jawab jika dapat dibuktikan kematian itu terjadi atas dasar komplikasi akibat meminum obat, ketentuan yang dapat diterapkan, karena ketidakhati-hatiannya menimbulkan kematian, Pasal 359 KUHP ancaman hukumannya maksimal 5 tahun," kata dia.

Bunyi Pasal 359 KUHP: "Barang siapa karena kesalahannya (kealpaannya) menyebabkan orang lain mati, diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau pidana kurungan paling lama satu tahun."


Tuntut Pertanggungjawaban Bila Penyebab Sudah Diketahui Pasti

Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Hermawan Saputra mengatakan pelimpahan tanggung jawab ini akan lebih mudah dibebankan kepada pihak-pihak tertentu jika penyebab dari gangguan ginjal akut ini sudah benar-benar diputuskan.

"Penyebab harus ditemukan dulu dan harus diumumkan Kemenkes, nanti kalau betul-betul ketahuan penyebab tunggalnya maka akan lebih mudah untuk ditelusuri dari kewenangan BPOM apakah masalahnya di pre market atau di post market," kata Hermawan.

Memang penyebaran obat sirup secara pengawasan di bawah BPOM. Pasalnya, pre market hingga post market adalah wilayah pengawasan yang tetap menjadi tanggung jawab BPOM. Namun, stakeholder yang terlibat bukan cuma BPOM.

"Berarti ada industri yang terkait, artinya perusahaan atau produsen dan fasilitas kesehatan seperti apotek, rumah sakit, atau klinik di mana obat itu beredar. Dan ada kaitan juga dengan pola konsumsi masyarakat kalau kaitannya dengan obat yang bebas diakses publik," kata Hermawan kepada Health Liputan6.com, Jumat (28/10/2022).

Sebenarnya, kata Hermawan, penelusuran kasus ini tidak terlampau rumit. Penelusuran bisa dilakukan dengan melakukan biopsi pada korban. Hasil dari biopsi bisa dilihat dari kandungan darah atau jaringan organ, betulkah keracunan atau tidak.

"Jika sudah jelas, maka bisa diketahui di formula obat mana atau merek yang mana. Dengan begitu pasti kelihatan produksinya, tahun produksinya, rantai bahan bakunya, dan bahkan juga potensi cemarannya di mana."

Hermawan mengatakan bahwa Kementerian Kesehatan adalah pihak yang memimpin dalam hal ini.

"Dan untuk memastikan kesimpulan penyebab ini ya Kemenkes yang menjadi leading sector, ya kita tunggu saja."

Harga BBM Naik, tapi Macet di Mana-mana

Sri Mulyani: Harga BBM Naik, tapi Masih Macet di Mana-mana

Liputan6.com 2022-10-28 17:00:53
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat mengikuti rapat dengan Komite IV DPD RI di Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (25/8/2022). Rapat tersebut membahas RUU APBN tahun angga

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menilai, kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi sebesar 30 persen beberapa waktu lalu berdampak kecil terhadap daya beli masyarakat. Hal ini tercermin dari fenomena kemacetan yang masih terjadi di jalanan ibu kota Jakarta meski BBM mahal.

Selain itu, petumbuhan ekonomi Indonesia juga masih bertahan di atas 5 persen hingga memasuki kuartal III-2022. Meskipun, harga BBM subsidi mengalami kenaikan imbas lonjakan harga minyak dunia akibat konflik Rusia dan Ukraina.

Diketahui, Pemerintah menaikkan harga Pertalite dari Rp7.650 per liter menjadi Rp10.000 per liter. Kemudian, Solar subsidi dari Rp5.150 per liter menjadi Rp6.800 per liter.

"Tiga kuartal berturut-turut pertumbuhan ekonomi di atas 5, meskipun (harga) naik BBM 30 persen. Dimana-mana masih macet," kata Sri Mulyani dalam Bincang APBN 2023 di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Jumat (28/10).

Bendahara Negara ini menyampaikan, tetap terjaganya tren pemulihan ekonomi nasional meski harga BBM naik tak lepas dari berfungsi baiknya Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2022.

Ini karena APBN telah di desain sedemikian rupa untuk lebih fleksibel guna meredam guncangan yang berpotensi menghambat pemulihan ekonomi nasional.

"Ini menggambarkan ekonomi kita masih (kuat). Karena shock yang besar tadi di absorber oleh APBN yang besar," pungkasnya.


Jokowi soal Kenaikan Harga BBM: Keputusan yang Sulit

Sebelumnya, Pemerintahan Joko Widodo atau Jokowi akhirnya menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Harga BBM jenis Pertalite naik menjadi Rp10.000 per liter dari sebelumnya Rp7.650 per liter. Harga solar naik dari Rp5.150 per liter menjadi Rp6.800 per liter. Kemudian harga Pertamax naik dari Rp12.500 menjadi Rp14.500 per liter.

Presiden Jokowi mengaku, keputusan penyesuaian harga BBM bersubsidi adalah hal yang berat. Namun menurut dia apa daya, saat ini kondisi Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dirasa sudah tidak lagi mampu menanggung hal tersebut.

"Pemerintah telah berupaya sekuat tenaga untuk melindungi rakyat dari gejolak harga minyak dunia. Saya sebetulnya ingin harga BBM di dalam negeri tetap terjangkau dari subsidi APBN," sesal Jokowi.

"Ini adalah pilihan terakhir pemerintah, yaitu mengalihkan subsidi BBM sehingga harga beberapa jenis BBM yang selama ini mendapat subsidi akan mengalami penyesuaian, dan sebagian subsidi BBM akan dialihkan untuk bantuan yang lebih tepat sasaran," kata Presiden Jokowi.


Pertumbuhan Ekonomi Ciamik, Indonesia Aman dari Pasien IMF

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat kabar dari Amerika Serikat (AS), dimana sebanyak 28 negara meminta pertolongan kepada Dana Moneter Internasional (IMF) untuk dibantu perekonomiannya.

Menanggapi hal itu, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti, menegaskan kondisi Indonesia sejauh ini masih dalam posisi yang cukup baik perekonomiannya. Artinya, Indonesia tidak termasuk dalam 28 negara yang minta bantuan dana ke IMF.

Hal itu disampaikan Destry dalam peluncuran buku Kajian Stabilitas Keuangan (KSK) No.39 bertajuk "Sinergi dan Inovasi Kebijakan untuk Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan dan Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional", Jumat (21/10/2022).

"Pertemuan IMF World Bank Annual Meeting yang baru saja selesai di Washington DC dan terinfo bahwa pada saat ini sudah ada 28 negara yang telah mengajukan permintaan bantuan keuangan dari IMF. Nah, bagaimana dengan Indonesia Alhamdulillah sejauh ini kita masih dalam posisi yang cukup baikn, dimana perekonomian kita di kuartal 2 kemarin masih bisa tumbuh di atas 5 persen," kata Destry.

Bahkan, Bank Indonesia optimis memperkirakan sepanjang Tahun 2022 ini perekonomian Indonesia bisa tumbuh di kisaran 4,5 -- 5,3 persen.

Lanjutnya, kondisi perekonomian global saat ini menghadapi suatu ketidakpastian yang sangat tinggi. Bank Indonesia menyebut kondisi itu VUCA, yakni Volatility, uncertainty, complexity dan ambiguity.

"Nah ini, tentunya akan menyebabkan tekanan tidak hanya pada negara maju tetapi juga pada negara berkembang. Bahkan kalau kita lihat episentrum dari terjadinya Gejolak VUCA saat ini adalah kita lihat di negara maju," ujarnya.


Masalah AS

Dia mencontohkan, negara yang mengalami VUCA adalah Amerika Serikat (AS). Negara yang dijuluki Paman Sam ini menghadapi tekanan inflasi yang sangat tinggi, dan kemudian direspon dengan kebijakan moneter suku bunga yang sangat agresif.

"Sehingga Ini akhirnya memberikan tekanan, bukan hanya untuk negaranya sendiri tapi juga untuk negara maju sekitarnya dan juga untuk negara-negara emerging seperti Indonesia," ujarnya.

Disamping itu, kondisi ketidakpastian ini kemudian juga makin diperparah dengan terjadilah perang antara Rusia dengan Ukraina. Kemudian juga ada kebijakan proteksionisme masing-masing negara dan juga tambahan lagi dengan adanya zero covid policy di China, yang akhirnya membuat ekonomi China juga tertahan pertumbuhannya.

"Kita melihat fenomena terjadinya perlambatan ekonomi secara global dan bahkan diperkirakan akan terjadi resesi di tahun 2023," ujarnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Traktir Pizza 700 Orang Penghuni Penjara

Nikita Mirzani Pengin Makan Pizza di Penjara, Rogoh Kocek Rp 10 Juta Sekalian Traktir Penghuni Rutan

Liputan6.com 2022-10-28 11:30:30
Nikita Mirzani. (Foto: Dok. YouTube SelebTube TV)

Ditahan di Rutan Kelas 2B Serang hingga 13 November 2022, Nikita Mirzani yang dilaporkan Dito Mahendra terkait dugaan pencemaran nama baik dan pelanggaran UU ITE tak kurang akal menyita perhatian publik.

Kali ini seteru Nindy Ayunda pengin makan piza dari balik jeruji besi. Lewat kuasa hukumnya, Nikita Mirzani juga bilang ingin mentraktir para penghuni rutan lainnya makan piza.

Kabar ini disampaikan asisten Nikita Mirzani, Jessica, yang dipercaya mengelola akun Instagram terverifikasi, Kamis (27/10/2022). Bersama manajer Nikita Mirzani, Dhea Hanifa, ia memborong piza untuk 700 orang.

"Hari ini Kak Niki request ke Bapak Pengacara dia mau makan piza. Sudah gitu, kata Kak Niki kalau dia makan semua harus makan. Jadi aku sama Kak Dhea langsung saja beli piza sebanyak itu. Ya sebanyak itu," cetusnya.


10 Juta Rupiah Lebih

Jessica mengabarkan ini lewat video dokumentasi yang memperlihatkan keberangkatannya ke restoran waralaba piza sampai ke Rutan Kelas 2B Serang. Tak main-main, Nikita Mirzani merogoh kocek 10 juta rupiah lebih.

"Tuh, langsung dipesan sebanyak ini, fresh from the oven. Sudah gitu kita masukkan ke dalam mobil sampai mobil Kak Dhea itu sampai enggak muat. Nih bapak sopir juga bantuin. Banyak banget sampai Sampai pesan Grab," Jessica menyambung.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Piza Tiba di Serang

Dalam video tampak, mobil yang ditunggangi Dhea dan Jessica dipenuhi piza yang tersimpan di dalam boks berukuran sedang hingga besar. Video yang sama memperlihatkan suasana saat piza tiba di Rutan kelas 2B Serang.

"Kemudian enggak lama kita langsung saja sudah sampai nih di tempat di Serang ini. Kita sudah sampai di Rutan Serang Banten. Terus kita pindahkan pizanya dulu ya ke dalam," ia mengakhiri. Warganet menyambut beragam unggahan ini.


Petugas Jangan Menerima

"Mo dia d pnjara brpa pluh abad pun harta nya ud banyak asisten nya banyak anak2 nya ke handle. Anak2 nya diusahakan tdk tau keadaan dia.. Intinya dia make sense her life. Cm mgkin in lagi apes. Lebih banyak mendekatkan dirik ya nik," akun @denta**** mencuit.

"Masih bisa bisanya dia berbagi lohhh , Malah Pesta Pizza di dalam sama yang lain emang best Semangat kak niki," @jojo**** menyahut di kolom komentar. "Buat para petugas... Kalau menerima ini, ingat gratifikasi ya," @bawi mengingatkan.

Elon Musk Datang, CEO Twitter Hengkang

Usai Resmi Dibeli Elon Musk, CEO Twitter Dikabarkan Hengkang

Liputan6.com 2022-10-28 17:41:47
Elon Musk. (Patrick Pleul/Pool via AP, File)

Orang terkaya di dunia, Elon Musk akhirnya menyelesaikan kesepakatan pembelian paltform Twitter. Sebelumnya, pembelian raksasa media sosial oleh bos Tesla itu sempat berjalan dramatis, karena awalnya terjadi pembatalan hingga berujung tuntutan di pengadilan.

Dilansir dari BBC, Jumat (28/10/2022) sejumlah laporan media AS dan seorang investor di Twitter menyebutkan bahwa Elon Musk, telah menyelesaikan pengambilalihan Twitter senilai USD 44 miliar atau sekitar Rp 684,8 triliun.

Beberapa waktu setelah kesepakatan itu, Musk mengunggah sebuah pesan di Twitter. Unggahan itu tampaknya mengisyaratkan bahwa sang miliarder sudah membeli platform media sosial tersebut.

"Burung telah dibebaskan", tulis Musk, mengacu pada logo Twitter yang menggambarkan ilustrasi burung berwarna biru.

the bird is freed

Namun, Pihak Twitter belum mengkonfirmasi pengambilalihan tersebut, tetapi seorang investor di perusahaan tersebut mengatakan kepada BBC bahwa kesepakatan pembelian telah dituntaskan.

Sejumlah eksekutif Twitter, termasuk CEO Parag Agrawal, dilaporkan telah dibebastugaskan menyusul pengambilalihan oleh Musk.

Kabar hengkangnya Agrawal dari Twitter juga dilaporkan oleh sejumlah media AS, termasuk dan eksekutif hukum dan kebijakan Twitter, Vijaya Gadde.

Adapun pendiri Twitter yakni Biz Stone yang dikabarkan telah menyampaikan terima kasih kepada Agrawal, Ned Segal, dan Gadde atas kontribusi mereka pada perusahaan.

Sementara itu, Bret Taylor, yang menjabat sebagai ketua Twitter sejak November lalu, juga terlihat memperbarui profil LinkedIn-nya untuk menunjukkan bahwa dia tidak lagi di perusahaan tersebut.


Sebelum Beli Twitter, Elon Musk Pamer Sambangi Kantor Pusatnya

Entering Twitter HQ -- let that sink in! pic.twitter.com/D68z4K2wq7

Orang terkaya di dunia, Elon Musk kembali menjadi sorotan warganet setelah memposting video dirinya tengah berjalan masuk ke kantor pusat Twitter membawa wastafel. Video tersebut meningkatkan spekulasi tentang keputusan pembelian Twitter yang direncanakan bos Tesla itu.

Miliarder itu menghadapi tenggat waktu Jumat untuk menyelesaikan pembelian senilai USD 44 miliar (38 miliar), yang ia umumkan beberapa bulan lalu tetapi kemudian mencoba untuk mengabaikannya.

Dia setuju untuk bergerak maju awal bulan ini, hanya beberapa minggu sebelum sidang pengadilan atas langkah-langkah itu akan dimulai.

"Memasuki kantor pusat Twitter, biarkan itu meresap!" tulis Musk di Twitter, dikutip Kamis (27/10/2022).

Selain itu, Musk juga terlihat mengubah biodata akun Twitternya menjadi "Chief Twit" dan merubah lokasinya di Twitter HQ.

Belum diketahui jelas apakah sang miliarder sudah bertemu dengan para eksekutif di Twitter. Tetapi dia mengatakan telah bertemu dengan beberapa orang di kantor pusat raksasa media sosial Tersebut.

"Bertemu banyak orang keren di Twitter hari ini!," ungkapnya, dalam postingan terpisah.

Musk mengatakan situs media sosial membutuhkan perubahan signifikan. Setidaknya satu laporan telah menyarankan dia merencanakan PHK besar-besaran.

Seperti diketahui, Musk diberikan tenggat waktu hingga 28 Oktober 2022 untuk menuntaskan kesepakatan membeli Twitter, atau menghadapi persidangan atas kontrak tersebut.


Usai Kuasai Twitter, Miliarder Elon Musk Dilaporkan Bakal Pecat 75 Persen Karyawan

Miliarder Tesla sekaligus orang terkaya di dunia, Elon Musk mengatakan kepada calon investor terkait kesepakatannya untuk membeli Twitter, berencana memangkas hampir 75 persen dari 7.500 pekerja perusahaan media sosial itu.

Kabar rencana Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) itu pertama kali dilaporkan oleh outlet media Washington Post pada Kamis (20/10), yang mengutip sebuah wawancara dan dokumen.

Dilansir dari laman The Staits Times, Jumat (21/10/2022) PHK diperkirakan terjadi dalam beberapa bulan mendatang, menurut laporan itu. Sebelumnya, karyawan Twitter telah bersiap untuk PHK selama berbulan-bulan.

Para eksekutif membahas rencana awal tahun ini untuk memberhentikan sekitar 25 persen karyawan, tetapi rencana itu dibatalkan setelah Musk setuju untuk membeli perusahaan media sosial ternama itu, menurut sejumlah sumber yang mengetahui masalah tersebut yang berbicara kepada Bloomberg.

Sebaliknya, Twitter telah berusaha untuk memotong biaya dengan cara lain, salah satunya membekukan perekrutan pada Mei 2022 dan mengumumkan serangkaian penutupan kantor selama musim panas.

Sumber juga menyebut, ada kemungkinan perusahaan perlu melakukan PHK jika kesepakatan pemmbelian oleh Elon Musk gagal, meskipun saat ini belum ada pemangkasan yang direncanakan.

Sementara itu, dalam sebuah memo kepada staf setelah laporan Washington Post, penasihat umum Sean Edgett memperingatkan para pekerja untuk bersiap menghadapi "banyak desas-desus dan spekulasi publik" saat rampungnya kesepakatan pembelian Twitter oleh Elon Musk.

"Sejak kesepakatan merger sudah ada, tidak ada rencana PHK di seluruh perusahaan," katanya.

Pablo Mari Ditikam di Depan Anak dan Istri

Pablo Mari Sedang Bersama Anak dan Istri saat Ditikam Pelaku Penusukan Brutal di Supermarket Milan

Liputan6.com 2022-10-28 17:30:43
Bek AC Monza, Pablo Mari (kiri) dalam sebuah pertandingan (AFP/Miguel Medina)

Pablo Mari ikut jadi korban penikaman brutal yang terjadi di Milan, Italia, Kamis malam (27/10/2022). Pemain AC Monza tersebut haru mendapat perawatan setelah ditusuk di bagian punggung oleh pelaku.

Seperti dilansir dari Mirror.co.uk, Mari baru selesai berbelanja dengan istri dan anaknya saat penusukan terjadi. Tanpa diduga, tiba-tiba seorang pria mengamuk dan menusuk punggungnya dari belakang.

"Saya ada dekat troli bersama anakku saat merasakan sakit yang luar biasa di bagian punggung. Lalu pria itu menikam yang lain di bagian tenggorokan," kata Mari kepada Gazzetta Dello Sport.

"Saya beruntung. Saya lihat orang meninggal di depan saya," bebernya.

Enam orang menjadi korban dalam penikaman di pusat perbelanjaan tersebut. Salah satunya meninggal dunia. Korban tewas diketahui adalah salah seorang penjaga toko yang berusia 30 tahun.

Mari bersama korban lainnya kemudian diterbangkan dengan helikopter ke rumah sakit terdekat. Mantan pemain Udinese tersebut kemudian menjalani operasi untuk luka yang diderita.

Pablo Mari merupakan pemain bertahan asal Spanyol. Tahun ini dia bermain untuk AC Monza setelah dipinjam dari Arsenal. Sebelumnya, Mari juga sempat memperkuat klub Inggris, Manchester City.


Masih Bisa Bercanda

CEO Monza Adriano Galliani dan pelatih Raffaele Palladino segera bertolak ke rumah sakit untuk menjenguk Mari. Menurut Gallianni, pemain yang dipinjam dari Arsenal itu mengalami luka yang cukup dalam di bagian punggungnya. Beruntung, pisau tidak sampai mengenai organ vital Pablo Mari.

"Pablo adalah sosok yang luar biasa. Dia masih punya kekuatan untuk bercanda," kata Gallianni.

"Dia mengatakan akan kembali ke lapangan pada hari senin. Saya telah menyampaikan salam dari presiden Berlusconi dan yang lainnya. Teman-teman ingin datang ke sini, tapi itu jelas tidak bisa."


Pelaku Depresi

Corriere della Sera melaporkan, bahwa pelaku telah ditangkap oleh polisi. Pria berusia 46 tahun itu merupakan warga negara Italia yang sedang mengalami gangguan mental. Saat menjalankan aksinya menikam para pengunjung supermarket, dia terus mengucapkan kalimat yang tidak masuk akal.

Diketahui, pelaku juga sempat menjalani terapi selama setahun karena krisis depresi yang serius.

Penusukan berlangsung di supermarket Milanofiori sekitar pukul 18.30 waktu setempat. Pelaku menggunakan pisau yang diambil dari rak supermarket dan menyerang secara acak sebelum akhirnya berhasil dihentikan pelanggan lain.

Penjaga toko berusia 30 tahun jadi korban paling parah dalam serangan itu. Dia meninggal dunia setelah ditusuk oleh pelaku. Selain korban tewas, ada lima orang yang terluka: tiga pria (28, 40, dan 80 tahun) dan dua wanita tua, yang kondisinya paling ringan.

Blackpink Gelar Konser di GBK

Blackpink Akan Konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno Selama 2 Hari

Liputan6.com 2022-10-28 14:30:00
[Foto: Twitter/ @ime_indonesia]

Blackpink akan menggelar konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada 11 dan 12 Maret 2023. Ini menjadikan Blackpink sebagai girl group K-Pop pertama yang menggelar konser solo di SUGBK selama dua hari.

Kabar ini diumumkan langsung oleh pihak promotor, iMe Indonesia, melalui akun Twitter resmi mereka.

"The Girls will be back with "BLACKPINK WORLD TOUR [BORN PINK] JAKARTA" on 11 Mar'23 7PM and 12 Mar'23 6.30PM at Gelora Bung Karno Main Stadium," tulis pihak promotor, Jumat (28/10/2022).

Penggemar dapat membeli tiket konser Jennie dkk melalui wavers presale pada 14 November 2022 atau penjualan untuk umum pada 15 November 2022.

Sebelum ke Jakarta, Blackpink akan lebih dulu menggelar konser di Singapura, Hong Kong dan Abu Dhabi. Lalu berlanjut ke Jakarta dan Manila pada 25 hingga 26 Maret 2023.


Respons

Penggemar tentunya sangat antusias mendengar kabar ini. Melihat idola mereka tampil di stadion berukuran besar tentu akan menjadi pengalaman yang mengesankan.

"Ngeriiii....setelah tau 2 hari gue positif thinking bisa nonton, ya ampun pengin nangis rasanya," kata penggemar di Instagram.

"Gilaaaa Stadion Konser. Padahal udh pesimis duluan di GBK soalnya bulan depannya ada Pildun, udh dua hari, kapasitas besar kalo gk dapat tiket apalah guna," tambah yang lainnya.


Konser Pembuka

Sebelumnya, Blackpink sukses menggelar konser bertajuk "Born Pink" di KSPO Dome, Seoul, Korea Selatan pada 15 - 16 Oktober 2022. Ini merupakan konser pembuka untuk "Born Pink World Tour".

Sejumlah selebritas papan atas Korea Selatan hadir menonton konser ini.

Wamil, Kang Tae Oh Jadi Instruktur

Sedang Wamil, Kang Tae Oh Terpilih Jadi Instruktur Latihan Militer

Liputan6.com 2022-10-28 14:40:27
[Foto: Via Soompi]

Kang Tae Oh sedang menjalani wajib militer. Bintang serial Extraordinary Attorney Woo ini juga membuat prestasi mengagumkan dalam masa wamilnya.

Pada Jumat, 28 Oktober 2022, agensi Kang Tae Oh, Man of Creation mengonfirmasi kabar bahwa aktor berusia 29 tahun ini telah dipilih untuk menjadi instruktur latihan.

"Memang benar Kang Tae Oh terpilih sebagai instruktur latihan," ujar perwakilan agensi dikutip dari Soompi.

Meskipun Kang Tae Oh baru memulai wamil sebulan yang lalu, dia sudah mengambil lebih dari satu peran kepemimpinan. Sebelumnya, selama pelatihan rekrutmennya, dia ditunjuk sebagai komandan kompi.


Kapan Selesai Wamil?

Kang Tae Oh menerima pelatihan dasar selama empat minggu kemudian bertugas sebagai tentara aktif selama 18 bulan. Dia diperkirakan akan selesai wamil pada 19 Maret 2024.

Dalam acara jumpa penggemar online sebelum wamil, Kang Tae Oh juga menyampaikan pesan untuk penggemar.


Terima Kasih

"Terima kasih telah membuat memori yang indah bersamaku. Aku akan kembali dengan sehat," kata aktor Korea Selatan kelahiran 20 Juni 1994 ini.


Film

Meski sedang wamil, para penggemar setidaknya punya satu pelipur lara. Ia sudah menyelesaikan syuting film Target, yang rencananya bakal dirilis saat sang aktor menjalani wamil.

Film bergenre thriller ini berkisah tentang seorang wanita bernama Soo Hyun yang tiba-tiba menjadi sasaran para pelaku kriminal setelah ditipu dalam jual beli barang bekas secara online.

Buntut KDRT, Leslar Entertainment Bubar?

Karyawan Rizky Billar Pamit, Leslar Entertainment Dibubarkan?

Liputan6.com 2022-10-28 09:57:40
6 Momen Lesti dan Rizky Billar Kompak di Rumah, Dikabarkan Sudah Seatap Lagi (YouTube Leslar Entertainment)

Lesti Kejora dan Rizky Billar kembali bersama setelah menghadapi kasus dugaan kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT. Hubungan pasangan suami istri ini juga dikabarkan membaik.

Di tengah meredanya pemberitaan soal kasus KDRT, salah satu karyawan Lesti dan Billar di Leslar Entertainment yang bernama Donny, seolah mengindikasikan sedang berpamitan.

"HATUR NUHUN SADAYANA Terimakasih juga untuk kalian semua yang sudah ikut menyaksikan Leslar Entertainment Tumbuh dan Berkembang," kata Donny di akun Instagramnya, Kamis (27/10/2022).

Bersama keterangan itu, Donny yang diketahui berprofesi sebagai editor ini menyertakan foto dirinya sedang berkumpul bersama teman-teman di Leslar Entertainment.


Berterima Kasih

Di akhir keterangannya, Donny mengucapkan terima kasih secara khusus kepada Lesti Kejora dan Rizky Billar selaku pimpinan. "Terimakasih untuk bubos @lestykejora dan pabos @rizkybillar atas kesempatan yang ga bakal dilupakan seumur hidup. SEE YOU GUYS!" tutupnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Spekulasi

Gara-gara unggahan ini, spekulasi pun bergerak liar. Banyak warganet berasumsi bahwa Leslar Entertainment dibubarkan menyusul kasus KDRT yang sempat terjadi.

"Kok bubar, apa mereka jdi cerai??" tanya salah stau warganet di kolom komentar.


Jangan Bubar

"Bang Doni kok sedih dengernya,aku kangen si mbuled alfatih kangen banget sama vlog LESLAR," ungkap warganet lainnya.

"Ya Allah jangan bubar dong,kami masih menunggu karya kalian," yang lain menimpali.

Jalan Kaki dari Madrid ke Doha Demi Piala Dunia

Jalan Kaki dari Madrid ke Doha Demi Piala Dunia 2022, Santiago Sanchez Menghilang di Iran

Liputan6.com 2022-10-28 10:00:20
Santiago Sanchez menghilang dalan perjalanan menuju Qatar untuk menonton Piala Dunia 2022. (AP).

Santiago Sanchez, seorang penggemar sepak bola Spanyol dilaporkan hilang di Iran. Ia dalam perjalanan dari Madrid ke Doha untuk menyaksikan Piala Dunia 2022.

Ia diketahui terakhir kalinya mengirim foto dirinya kepada teman-temannya, 1 Oktober 2022, saat tiba di perbatasan Irak-Iran. Foto itu diberinya judul :"Masuk ke Iran."

Sanchez yang seorang tracker professional berjalan kaki dari Madrid ke Doha, Qatar demi menonton Piala Dunia 2022. Pria berusia 41 tahun itu dikenal sebagai seorang penggemar berat sepakbola.

Sanchez meninggalkan Madrid pada Januari, melakukan perjalanan melintasi Eropa dan Turki, tidur di tenda, hotel, dan rumah para simpatisan, sebelum memasuki Irak.

Ia terakhir terlihat di Irak setelah berjalan melintasi 15 negara, dan selalu memberikan kondisi terkini lewat akun Instagram pribadinya selama sembilan bulan terakhir.

Di Iran sendiri kerusahan telah Meletus dalam beberapa minggu terakhir. Hilangnya Santiago itu menurut beberapa media Spanyol karena telah ditangkap oleh pihak berwenang Iran. Orangtua Santiago sepakat bahwa hal itu yang paling mungkin terjadi.

Beberapa media Spanyol menyarankan Sanchez telah ditangkap oleh pihak berwenang Iran, dan orang tuanya di Madrid mengatakan bahwa itu adalah kemungkinan yang paling mungkin.

"Kami sangat khawatir, kami tidak bisa berhenti menangis, suami saya dan saya sendiri," ujar ibu Sanchez, Celia Cogedor, dikutip dari Associated Press.

"Kemungkinan 99% bahwa dia berada di penjara di Iran, tetapi kedutaan (Spanyol) telah memberi tahu putri saya bahwa sampai mereka pergi ke penjara untuk menemuinya dan mendapat izin dari pemerintah Iran. Mereka tidak dapat memberikan berita itu," kata Celia kepada saluran tv Telecindo.

Polisi memanggil orang tua untuk memberikan catatan gigi, barang-barang pribadi seperti sikat gigi dan foto tato Santiago, yang akan mereka kirimkan ke Interpol, jelasnya.


Pesan

Kementerian Luar Negeri Spanyol mengkonfirmasi Sanchez berada di Iran dan kedutaan besarnya di Teheran segera mencari informasi tentang keberadaannya untuk memberinya bantuan konsuler.

"Kedutaan itu melakukan kontak permanen dengan pihak berwenang Iran sejak diberitahu tentang hilangnya itu," katanya dalam sebuah pernyataan.

Saat ini menghadapi protes terbesar dalam sejarah kepemimpinan ulamanya setelah kematian Mahsa Amini pada pada 16 September 2022 lalu. Gadis berusia 22 tahun yang warga Kurdi Iran, yang ditahan oleh polisi moral di Teheran karena "pakaian yang tidak pantas" dan meninggal dalam tahanan polisi.

Pada hari Kamis, pasukan keamanan Iran menembaki dan menahan pelayat yang berkumpul di kampung halaman Amini di Saqez, dekat perbatasan Irak, untuk menandai 40 hari sejak dia meninggal.

Dalam kondisi sangat lelah, Cogedor dan suaminya, Santiago membagikan pesan terakhir yang dikirim anaknya pada tanggal 2 Oktober di pagi hari.

Pesan itu menjelaskan rencana Sanchez selanjutnya.


Ke Teheran

"Saya bersama seorang teman yang datang menjemput. Saya akan pergi ke Bandar Abbas, sejauh 1.700 kilometer di bagian selatan Iran, dekat Pulau Hormuz," kata Sanchez dalam pesan tersebut.

Ia juga menjelaskan bahwa ia berencana untuk pergi ke ibu kota Iran, Teheran di hari selanjutnya, untuk melaksanakan wawancara dengan sebuah stasiun televisi.

Tetapi, setelah itu, semua kabar soal Sanchez hilang sebelum ia mencapai Teheran, menurut orang tuanya.

Sanchez sempat mengingatkan orang tuanya sebelum ia melintasi Iran bahwa komunikasi selama di sana akan lebih sulit dibanding beberapa bulan sebelumnya.

Orang tua Sanchez bangga dengan semangat sang anak untuk bisa berpetualang dengan tujuan untuk membantu masyarakat dan mempromosikan klub favoritnya, Real Madrid.


Saat Sulit

"Dia (Sanchez) tidak membuat propaganda untuk situasi apa pun. Satu-satunya hal yang memotivasinya adalah mendukung Real Madrid dan sampai tepat waktu di Qatar untuk Piala Dunia," ujar ibu Sanchez itu.

Lalu dari Teheran Sanchez akan melanjutkan perjalanan ke Bandar Abbas, sebuah pelabuhan di selatan Iran, dimana ia akan menumpang sebuah kapal untuk ke Qatar.

Miguel Bergado, teman dekat Sanchez dan sesama pelancong pada kesempatan sebelumnya, mengatakan dia tidak mendengar lagi tentang Sanchez sejak foto dia melintasi perbatasan.

"Dia akan dicap paspornya, membayar dan masuk," katanya. "Kami berusaha tenang karena Santi adalah orang berpengalaman yang menghormati aturan, budaya, dan perbatasan. Dia sudah pernah ke Iran, negara yang ramah... tapi kali ini adalah saat yang sulit."

Sanchez saat berbicara dengan Reuters di Zakho di Kurdistan Irak bulan lalu bahwa dia berharap dia bisa bertemu tim Spanyol dan menginspirasi mereka untuk meraih kemenangan di Piala Dunia 2022.

"Jika Anda tidak menetapkan tanggal untuk impian Anda, Anda tidak akan mewujudkannya," katanya.

Kick-off Piala Dunia mendorongnya melakukan perjalanan melalui panas yang ekstrem dan ketidakpastian tentang makanan atau tempat tidur berikutnya.

Sanchez juga pernah membagikan tujuan mulianya melakukan petualangan ini. Ia ingin belajar tentang bagaimana masyarakat dunia hidup sebelum sampai di Qatar untuk pertandingan pertama Spanyol di Piala Dunia pada 23 November.

"Ide dari perjalanan ini adalah untuk memotivasi dan menginspirasi orang-orang bahwa mereka bisa pergi jauh dengan sekecil apa pun yang mereka miliki," kata Sanchez dari Sulaymaniyah, sebuah kota di timur laut Iraq.