Kepala Polisi Korsel Membungkuk Minta Maaf

Penanganan Lambat, Kepolisian Korsel Minta Maaf atas Tragedi Halloween di Itaewon

Liputan6.com 2022-11-03 12:30:25
KEPALA POLISI KOREA SELATAN

Malam mencekam dan terjadinya kerusuhan saat terjadinya tragedi halloween Itaewon pada Sabtu, 29 Oktober lalu membuat masyarakat yang menghadiri perayaan Halloween tersebut segera menghubungi pihak kepolisian melalui kontak darurat 112.

Dikutip dari laman Yonhap, pada Kamis (3/10/2022), pihak kepolisian menjelaskan kalau saat itu banyak panggilan yang masuk ke kontak darurat 112 dan tidak semua panggilan terjawab.

Bahkan di media sosial, ada warga yang mengeluh soal pelayanan pihak kepolisianKorsel yang terkesan lamban dan mengabaikan panggilan darurat dari lokasi kejadian.

Diketahui, Sistem Tanggap Darurat Polisi termasuk penanganan panggilan darurat untuk bantuan dan sistem pelaporan komando, tampaknya tidak berfungsi dengan baik beberapa jam sebelum kecelakaan yang merenggut sedikitnya 156 nyawa itu.

Polisi dan otoritas administratif seharusnya membuat keputusan dengan cepat untuk mengatasi krisis, tetapi sistem pelaporan komando mereka tampaknya berjalan lambat dan tidak efisien.

Menurut Kementerian Dalam Negeri Korea Selatan dan pihak kepolisian Korea Selatan, pusat panggilan darurat 112 polisi menerima panggilan bantuan pertama pada pukul 18:34.

Dalam panggilan tersebut, seseorang yang mengatakan bahwa orang-orang kemungkinan akan mati karena lonjakan massa di Itaewon.

Setelah itu, polisi menerima 10 panggilan darurat lagi dari Itaewon hingga pukul 22:15, dan delapan di antaranya tergolong darurat yang segera memerlukan mobilisasi polisi.

Namun, petugas polisi dikirim ke tempat kejadian untuk menanggapi hanya empat dari 11 panggilan darurat, dan mereka tidak secara aktif melakukan intervensi untuk mengendalikan kerumunan.


Terima Laporan Panggilan Darurat

Kepala Kantor Polisi Yongsan, yang mengawasi distrik Itaewon, tiba di lokasi kejadian pada pukul 22:17 waktu setempat, tetapi kepala Badan Kepolisian Metropolitan Seoul baru menerima laporan pertamanya tentang krisis tersebut pada pukul 23:34 waktu setempat.

Semua mengatakan, kepala polisi Seoul telah menyadari kacaunya keadaan di Itaewon, satu jam pasca terjadinya kerusuhan.

Selain itu, Yoon Hee Geun, Kepala Badan Kepolisian Nasional (NPA), baru menerima informasi terkait situasi di Itaewon 48 menit kemudian, pada Minggu pukul 00:14 dini hari.

Saat itu, beberapa agensi media sudah melaporkan puluhan orang yang mengalami serangan jantung di Itaewon.

Menteri Dalam Negeri dan Keselamatan Lee Sang-min, yang mengawasi polisi, pertama kali mengetahui kecelakaan itu pada Sabtu malam pukul 23:20, melalui pesan teks dari kementeriannya, bukan laporan langsung dari polisi.

Kemudian, presiden Yoon Suk Yeol menerima laporan pertamanya tentang kecelakaan itu pada pukul 23:01 waktu Seoul, melalui Dinas Pemadam Kebakaran Korea dan ruang situasi kantor kepresidenan.


Tuai Kritik Publik atas Keterlambatan

Buruknya manajemen risiko yang dilakukan oleh pihak kepolisian Korea Selatan atas keterlambatan menerima panggilan darurat saat terjadinya tragedi halloween di Itaewon menuai kritik pedas dari masyarakat Korea Selatan.

Melalui sebuah forum diskusi secara daring, sejumlah masyarakat melayangkan kritikan pedas mereka terhadap keterlambatan pihak polisi dan pemerintah.

"Melalaikan tugas berlaku untuk hukuman kriminal,"komentar seorang warga.

"Jika ini adalah fakta, polisi memiliki waktu dan kesempatan untuk mencegah apa yang terjadi, dan mereka harus bersiap untuk bertanggung jawab saat itu,"ujar warga lainnya.

"Ini adalah bukti yang tak terbantahkan bahwa orang-orang telah meminta bantuan, tapi tidak ada yang dilakukan,"kata warga lainnya.


Aksi Heroik Polisi Kim

Terlepas dari lambatnya pihak kepolisian menerima dan menangani laporan, di lokasi kejadian ternyata ada seorang polisi yang menangani dan mengendalikan kerumunan massa tanpa menggunakan alat pengeras suara.

Nama polisi itu diketahui adalah Kim Baek Kyeom. Melalui video yang viral, terlihat Kim tengah berjuang sendirian untuk mengatur massa saat tragedi Itaewon terjadi.

Kim menuturkan bahwa ada rekan polisi lain yang juga turun bersamanya ke TKP setelah menerima panggilan. Kim mengatur massa sendirian di belakang Hotel Hamilton agar kerumunan tersebut tidak mendesak maju dan mendorong orang-orang di depan mereka.

Alasan ia tak menggunakan pengeras suara untuk mengatur massa karena menurutnya hal tersebut hanya membuang waktu karena situasi sudah tak karuan.

Kim juga menjelaskan kepada massa untuk mendengarkan arahannya agar bisa keluar dari kerumunan dengan selamat.

Pasca kejadian Itaewon, Kim selalu terngiang akan korban yang berjatuhan dan meminta maaf kepada keluarga korban karena tidak bisa menyelamatkan lebih banyak nyawa.

Usai Menembak, Sambo Pukul Tembok

Cerita Ridwan Soplanit soal Suasana TKP Pembunuhan Brigadir J: Sambo Pukul Tembok dan Mau Nangis

Liputan6.com 2022-11-03 14:46:47
Terdakwa Ferdy Sambo tiba untuk menghadiri sidang lanjutan kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (1/11/2022). Sidang tersebut beragenda pe

Eks Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Ridwan Soplanit, mengungkapkan suasana rumah Ferdy Sambo di Duren Tiga yang juga merupakan Tempat Kejadian Perkara (TKP) Pembunuhan Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J.

Ridwan mengaku melihat Ferdy Sambo memukul tembok dengan keras usai kejadian tembak dengan Bharada Eliezer yang menewaskan Brigadir Yoshua alias Brigadir J.

Ridwan memberikan keterangan tersebut ketika dipanggil menjadi saksi dengan terdakwa Irfan Widyanto dalam sidang Obstruction of Justice (OOJ) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Kamis (3/11/2022).

Berawal dari Soplanit yang menjelaskan kondisi di Duren Tiga sesudah penembakan, dirinya melihat mayat Brigadir J lalu ada beberapa lubang di dinding bagian dekat tangga, serta selongsong peluru yang tergelatak di lantai.

Soplanit mendapat keterangan dari FS yang disampaikan dari ajudannya yakni Richard Eliezer alias Bharada E.

"Saat dia (FS) sambil menjelaskan, kemudian pada saat dia menunjukkan ke arah pintu kamar, bahwa 'ini sebenarnya ini kejadian akibat dari istri saya dilecehkan'," cerita Soplanit.

"Ini istri saya dilecehkan dan peristiwa ini juga sebelumnya di Magelang. FS sempat sampaikan itu," lanjutnya.


Mata Ferdy Sambo Berkaca-kaca

Soplanit pun dilanjut dengan mendengarkan cerita FS yang kala itu tangan kanan Sambo menepuk keras tembok di dekatnya sambil menyenderkan kepalanya di tembok dan tampak murung.

"Dan dia kembali lihat saya. Saya liat FS matanya udah berkaca-kaca seperti sudah mau menangis. Tampak sedih," ujarnya.

"Setelah itu saya menyampaikan kepada FS bahwa 'mohon izin jenderal saya harus segera panggil tim olah tkp saya'," tutup Soplanit.

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka.com

Blackpink Dilarang Konser di GBK

Ada Piala Dunia U-20, Menpora: Blackpink Tidak Bisa Konser di GBK

Liputan6.com 2022-11-03 13:30:47
Blackpink saat tampil dalam YouTube Music Artist Lounge di Coachella 2019 (12/4/2019). (AFP/Roger Kisby)

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memastikan girlgroup asal Korea Blackpink tidak bisa konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Maret 2023 mendatang. Pasalnya GBK sedang dipersiapkan untuk menggelar Piala Dunia U-20 2023.

Seperti diketahui Blackpink telah mengumumkan akan datang ke Indonesia tahun depan guna melakukan konser pada 11-12 Maret 2023. Lokasi konser juga sudah diumumkan yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Konser Blackpink ini hanya berselang dua bulan sebelum Indonesia menggelar Piala Dunia U-20 2023. Stadion Utama Gelora Bung Karno termasuk salah satu venue event bergengsi tersebut.

Dikhawatirkan konser Blackpink di GBK akan merusak rumput sehingga mengganggu pelaksanaan Piala Dunia U-20 2023. Kebetulan SUGBK akan menjadi pusat utama gelaran Piala Dunia U-20 2023.

Menpora akhirnya angkat bicara soal konser Blackpink ini. Amali menegaskan Blackpink tidak boleh konser di GBK karena akan dipakai untuk Piala Dunia U-20 2023.

"Pasti enggak boleh. Jadi semua stadion yang sudah terdaftar di FIFA dan sudah disetujui FIFA, November ini akan mulai direnovasi. Nah, bagi yang sudah selesai tidak diizinkan dipergunakan untuk kegiatan-kegiatan lain. Itu clear betul," ujar Menpora kepada wartawan usai pelantikan Sesmenpora di Jakarta, Rabu (2/11/2022).


Tidak Bisa Dipakai

GBK sendiri akan direnovasi untuk persiapan menggelar hajatan Piala Dunia U-20 2023. Sebagai salah satu venue Piala Dunia U-20 2023, GBK tidak boleh dipakai untuk kegiatan lain enam bulan sebelum pelaksanaan turnamen.

Tak hanya konser Blackpink, timnas Indonesia juga tak bisa memakai SUGBK untuk Piala AFF 2022. "Kami akan beritahu kepada pimpinan provinsi dan kabupaten/ kota bahwa lapangannya akan direnovasi. Karena itu kan ada perjanjian yang menjadi pegangan FIFA. Makanya, saya bisa pastikan itu (konser) tidak mungkin (digelar di GBK)," lanjut Menpora.


Yakin

Menpora yakin bisa mencegah Blackpink konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno meski promosi sudah gencar dilaksanakan. "Kan GBK punya negara. Tinggal bicara saja kepada Mensetneh. Jadi saya jamin," tegas Menpora Amali.

Indonesia menyiapkan enam lokasi untuk menggelar Piala Dunia U-20 2023. Seluruh stadion tersebut harus steril sejak enam bulan sebelum Piala Dunia U-20 dilaksanakan. Selain GBK, venue lainnya adalah Stadion Jakabaring Palembang, Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar.

Konser Dewa 19 di JIS Batal, Polisi Tak Siap

Konser Dewa 19 di JIS Batal, Polisi Tak Siap Hadapi 70 Ribu Penonton

Liputan6.com 2022-11-03 16:51:21
Kolase Jakarta International Stadium (JIS) pada tanggal 15 Augustus 2021 (kiri) dan 19 April 2022 yang diambil dari Danau Cincin, Papango, Tanjung Priok, Jakarta Utara. (Bola.com/Bagaskara La

Konser grup band Dewa 19 bertajuk Pesta Rakyat di Jakarta International Stadium (JIS) yang sedianya digelar pada 12 November 2022, ditunda menjadi Sabtu 4 Februari 2023.

Salah satu alasannya karena permohonan izin belum dikabulkan oleh pihak kepolisian.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan menerangkan, permohonan izin yang dilayangkan oleh panita penyelenggara masih dalam proses.

Polda baru saja hendak memanggil panitia penyelenggara untuk memaparkan konsep acara, jumlah penonton.

"Ini belum sempat terjadi, pertemuan itu belum ada. Ini mereka masih berporses masih mengirim permohonan pengajuan," kata dia, Kamis (3/11/2022).

Namun, panitia justru telah menjual 60 ribu tiket dari total 70 ribu tiket yang tersedia.

Dalam hal ini, pihaknya mempertimbangkan faktor keselamatan dan keamanan dari pada penonton. Karena itu, kepolisian meminta panitia memundurkan acaranya.

"Telah disepakati menjadi Februari 2023 itu untuk mempersiapkan pengamanan yang lebih baik karena dengan waktu yang mepet ini kita tidak ingin nanti tidak optimalnya persiapan keamanan dan keselamatan bagi penonton dikhawatirkan nanti akan ada korban karena jumlahnya (penonton) cukup banyak sehingga minta dimundurkan," papar dia.

Zulpan mengatakan, Festival musik Berdendang Bergoyang yang hanya 20 ribu penonton saja banyak sekali yang pingsan.

"Ini 70 ribu dan tiket yang sudah terjual 60 ribu dalam waktu singkat. Faktor keselamatan jiwa yang diutamakan dan ini perlu persiapan pengamanan," ujar dia.


Respons Dewa Terkait Pembatalan Konser

Sementara itu, Ahmad Dhani menilai penundaan konser Dewa 19 adalah sebuah hal yang positif. Pasalnya, dirinya bersama personel band lainnya bisa lebih banyak waktu untuk mempersiapkan konsernya.

"Agar dapat mempersiapkan konsernya nanti jauh lebih matang dan sempurna demi kenyamanan dan keselamatan yang melibatkan ribuan penonton. Tidak perlu khawatir untuk semua kategori tiket yang telah dibeli secara resmi di tiket.com masih berlaku untuk pertunjukan tanggal 4 Februari 2023 nanti," ujarnya.

Namun bagi yang ingin meminta pengembalian tiket, Dhani menjelaskan hal itu bisa dilakukan dengan melalui tempat pembelian.

"Bagi yang ingin opsi pengembalian dana atau refund tetap akan kami layani dengan catatan pembelian tiket refund hanya kami layani bagi pembeli yang telah membeli tiketnya secara resmi di tiket.com saja, untuk mekanisme refund akan mulai dibuka hari Senin 7 November 2022 dengan proses refund mengikuti peraturan system refund dari tiket.com," pungkas dia.

Pria Pakai Bando Kelinci Dalang Malapetaka?

Diduga Jadi Dalang Kerusuhan, Polisi Korea Selatan Lakukan Penyelidikan Terhadap Pria Bando Kelinci

Liputan6.com 2022-11-03 13:31:10
Video viral dari sosok pria bando telinga kelinci sedang mengerahkan massa untuk maju dan diduga menjadi dalang dari kerusuhan tragedi halloween di Itaewon pada Sabtu (29/10/22) malam.

Pihak kepolisian Korea Selatan melakukan penyelidikan terhadap seorang pria yang memakai telinga kelinci dan diduga menghasut kerumunan untuk mendorong selama tragedi Itaewon pada Rabu, (02/11/22).

Dilansir dari laman Allkpop, telah dikonfirmasi bahwa polisi tengah menyelidiki pria yang disebut 'bando telinga kelinci' yang diduga menghasut massa untuk mendorong selama tragedi Itaewon.

Menurut pihak Kepolisian Korea Selatan, pada Rabu (02/11/22) pria tersebut telah dipanggil untuk diperiksa.

Ia memberikan penjelasannya tentang situasi pada saat kecelakaan dan juga menjelaskan apakah dia sengaja untuk mendorong kerumunan saat perayaan halloween di gang sempit Itaewon.

Selama penyelidikan, pria itu membantah semua tuduhan bahwa dia yang mendorong dan membantah dia mendorong siapa pun.

Pria tersebut berbagi kesaksian keberadaannya selama kejadian saat dia membantah tuduhan itu.

Polisi juga mengidentifikasi dan melacak wanita lain dengan bando telinga kelinci, yang diyakini telah mendorong para korban pada saat kecelakaan.

Berdasarkan analisis video CCTV, polisi sedang memverifikasi identitas sejumlah orang yang diduga sengaja mendorong kerumunan pada saat kecelakaan.

Dua hari pasca tragedi Itaewon (31/10/22), Korea Selatan atas perintah presiden Yoon Seok Yeol diketahui telah memulai penyelidikan untuk mencari penyebab dari kecelakaan yang mengerikan itu.

Pihak kepolisian juga telah memperoleh barang bukti berupa rekaman CCTV dan juga video lainnya dari media sosial.


Saksi Mata

Menurut keterangan saksi mata yang ada di tempat dan juga video yang beredar, terlihat ada gerombolan orang yang terus berteriak untuk mendorong massa yang ada di depan mereka.

Seorang saksi mata lainnya di TKP juga memberikan keterangan, "Aku tidak tahu siapa yang memulainya, tetapi ketika orang-orang itu mulai mendorong dan berteriak 'Tekan! Dorong!.'

Otomatis kerumunan juga saling mendorong dan maju bersama-sama.

Saksi mata lainnya juga, mengatakan, "Seorang pria dengan bando telinga kelinci telah menyuruh kami untuk saling mendorong."

"Aku lihat ia menyeringai dalam keadaan mabuk dan mendorong orang-orang sekuat tenaga sebelum akhirnya pergi," saksi mata melanjutkan.


Pemeriksaan CCTV di TKP

Tim investigasi yang telah dibentuk oleh pihak kepolisian berhasil mewawancarai 44 saksi mata hari Minggu (30/10/22) dan telah mengamankan 52 buah rekaman kamera pengintai di 42 tempat di sekitar lokasi kejadian.

Pihak kepolisian diketahui juga telah memeriksa video yang diunggah oleh para saksi di situs media sosial.

Nam Gu Jun mengatakan bahwa sejauh ini tidak ada tindakan yang dikenai tuntutan pidana yang terdeteksi.


Tuduhan Penyebab Kerusuhan

Ketika ditanya mengenai massa yang secara spontan melakukan aksi dorong-dorongan dan mengakibatkan kerusuhan, Nam Gu Jun selaku kepala Kantor Investigasi Nasional menanggapi pernyataan tersebut.

"Saksi memberikan keterangan yang berbeda, dan kami akan memeriksa keadaan lebih lanjut," dia menambahkan.

Lebih lanjut, Nam Gu Jun juga mengatakan, "Pelaksanaan tindakan autopsi sementara juga tidak begitu diperlukan dalam kasus ini, karena belum ada pihak keluarga yang meminta untuk melakukan tindakan tersebut.".

Darurat Kasus Gagal Ginjal Anak

HEADLINE: Darurat Kasus Gagal Ginjal Akut Anak, Perlu Tindakan Apa Lagi?

Liputan6.com 2022-11-04 00:00:36
Ilustrasi Anak Sakit Credit: pexels.com/Deloite

Hanya jeda satu hari, bertambah data soal anak yang mengalami gagal ginjal akut atau Gangguan Ginjal Akut Atipikal Progresif (GgGAPA) di Tanah Air.

Berdasarkan laporan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia per 1 November 2022, sudah ada 325 kasus gagal ginjal akut yang didominasi anak 1-5 tahun. Dari angka itu, saat ini 48 anak tengah menjalani perawatan. Sebelumnya, tercatat 304 kasus per 31 Oktober 2022.

Jika melihat sebaran kasus, DKI Jakarta mencatatkan kasus tertinggi. Disusul provinsi lain seperti Jawa Barat, Jawa Timur, Banten. Serta beberapa provinsi di luar Pulau Jawa.

"Data per kemarin (1 November), kita bisa monitor ada 325 kasus ginjal akut di seluruh Indonesia dan memang konsentrasi di beberapa provinsi tertentu, khususnya di daerah Sumatera Utara, di daerah Jawa bagian barat, bagian timur, dan juga daerah Sulawesi Selatan," papar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Dari 325 kasus gagal ginjal akut, nestapa harus dialami lebih dari setengah orangtua. Hal ini lantaran 178 anak meninggal dunia gegara penyakit tersebut. Meski begitu, angka kematian ini dinilai menurun ketimbang beberapa waktu lalu.

"Kita juga melihat meninggalnya sekarang 178 dari 325 kasus atau sekitar 54 persen. Ini sudah menurun dari kondisi sebelumnya, yang sempat mencapai hampir 60 persen," dalam Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR di Gedung DPR RI, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta pada Rabu, 2 November 2022.

Penurunan kasus gagal ginjal akut terjadi usai pihaknya melakukan upaya konservatif meminta dokter dan apotek menyetop meresepkan dan menjual obat sirup pada 18 Oktober 2022. Anjuran itu dilakukan karena saat itu diduga kejadian tersebut akibat kandungan zat berbahaya yang melebihi ambang batas dari obat sirup yang dikonsumsi anak.

"Bahwa sesudah kita melakukan pelarangan obat sirup, jumlah kasusnya kita lihat dari 7 days moving averagesudah menurun drastis," jelasnya.

Sejak aturan tersebut berlaku, penambahan kasus baru gagal ginjal akut saat ini di angka lima, empat atau satu kasus.

"Sejak tanggal 18 Oktober dan juga tanggal 28 Oktober dikeluarkannya rilis dan penggunaan obat yang aman, terjadi suatu penurunan penambahan kasus baru," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril pada konferensi pers 1 November.


Fomepizole Turunkan Angka Kematian

Melihat kasus yang terus bertambah dan angka kematian yang tinggi, Kementerian Kesehatan melibatkan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), epidemolog, farmakolog, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan perwakilan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melakukan pembahasan pada 17 Oktober 2022. Pertemuan membahas upaya menekan kematian pada pasien gagal ginjal akut. Pemberian Fomepizole kepada pasien menjadi salah satu solusi.

Upaya pemerintah untuk mencari Fomepizole yang merupakan penawar racun etilen glikol berujung baik. Penggunaan obat Fomepizole mampu menurunkan angka kematian akibat kasus gagal ginjal akut atau Gangguan Ginjal Akut Atipikal Progresif (GgGAPA).

"Kita sudah tahu penyebabnya kira-kira apa, faktor risiko terbesar untuk penyakit ini ya kita cari obatnya, kita temui, kita terapkan dan sekali lagi mendukung hipotesis kami," jelas Budi Gunadi saat Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR di Gedung DPR RI, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta pada Rabu, 2 November 2022.

Pemberian Fomepizole langsung menurunkan level kematian anak yang mengalami gagal ginjal akut. "Ini juga mendukung faktor risiko terbesar, penyebabnya berasal dari senyawa kimia yang ada di obat-obatan dan sesuai dengan penemuan WHO pada tanggal 5 Oktober 2022," kata Budi.

Bila mengacu data di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, 95 persen pasien gagal ginjal akut di sana menunjukkan perkembangan yang terus membaik usai diberikan Fomepizole.

Sempat disampaikan bahwa 10 dari 11 pasien gagal ginjal akut di RSCM yang diberi Fomepizole mengalami perbaikan. Anak-anak tersebut sudah dapat mengeluarkan air kecil atau air seni. Lalu, hasil pemeriksaan laboratorium, kadar etilen glikol dari 10 anak tersebut sudah tidak terdeteksi zat berbahaya,

"Obat ini teruji sangat baik, dari 11 pasien (gagal ginjal akut) yang diberikan pengobatan Fomepizole, ada 10 yang memberikan perbaikan klinis bermakna," kata Syahril.

Bukan Komersialisasi Obat

Hingga saat ini sudah 246 vial Fomepizole yang diterima Indonesia dengan rincian 200 vial merupakan hibah dari PT Takeda Indonesia dan 16 vial hibah dari Australia. Lalu, pemerintah membeli 30 vial Fomepizole dari Singapura.

Pemerintah Indonesia tidak memungut biaya pemberian Fomepizole. Obat ini diberikan secara gratis kepada pasien gagal ginjal akut.

Melihat 87 persen Fomepizole merupakan hibah, Kemenkes menegaskan bahwa tidak ada komersialisasi pada obat yang satu vialnya senilai Rp16 juta ini.

"Kami sampaikan tidak ada komersialiasi obat-obatan oleh Kemenkes, tetapi semata mata hanya untuk menyelamatkan anak anak," kata Syahril.

Saat ini, sudah sebanyak 17 rumah sakit di 11 propinsi yang mendapatkan distribusi Fomepizole.


Penyebab Gagal Ginjal Akut

Pertanyaan mendasar mengenai penyebab lonjakan kasus gagal ginjal akut sejak akhir Agustus 2022 dijawab Budi Gunadi di hadapan Komisi IX DPR secara rinci. Ia menjelaskan bahwa faktor risiko terjadinya kenaikan signifikan kasus gagal ginjal akut pada anak terkait dengan cemaran senyawa berbahaya dalam obat yang dikonsumsi anak.

Ada beberapa alasan yang membuat Budi mengerucut ke keracunan obat. Pertama, pemerintah sudah melakukan tes urine dan darah di sejumlah pasien, hasilnya menunjukkan kandungan tiga zat toksik EG, DEG, EGBE. Ketika tiga zat ini masuk ke tubuh akan dimetabolisme menjadi asam oksalat yang ketika masuk ginjal akan menjadi kristal tajam yang merusak ginjal.

Kedua, pengecekan kepada seluruh pasien anak yang mengalami gagal ginjal akut. Pengecekan ditujukan untuk melihat, apakah terdapat senyawa EG/DEG/EGBE dan ternyata ada.

Ketiga, pemeriksaan senyawa Etilen Glikol (EG), Dietilen Glikol (DEG), dan Etilen Glikol Butil Ether (EGBE) ditujukan kepada obat sirup yang dikonsumsi pasien anak gagal ginjal akut. Hasilnya, obat sirup yang digunakan mengandung senyawa itu.

Keempat, hasil biopsi menunjukkan senyawa EG/DEG/EGBE masuk ke dalam tubuh anak yang membuat kerusakan ginjal.

"Terbukti darahnya, kita cek obat-obatannya ada di rumah ya lebih dari 50 persen anak-anak yang kena, terus kita cek biopsi dari pasien yang meninggalnya. Ada Etilen Glikol (EG), Dietilen Glikol (DEG), dan Etilen Glikol Butil Ether (EGBE) di semua anak," kata Budi.

Kelima, pemberian Fomepizole efektif membantu pasien gagal ginjal akut mengalami perbaikan bahkan menurunkan angka kematian. Fomepizole merupakan jenis antidotum atau antidot (antidote) sebagai penawar racun.

"Jadi, kalau ditanya penyebabnya apa, saya bilang penyebabnya sudah pasti. Maksudnya pasti, artinya faktor risiko paling besar yang menyebabkan anak meninggal itu keracunan obat ya, faktor terbesar," tegas Budi.

Lalu, di antara pasien yang meninggal baru-baru ini bisa saja bukan karena keracunan obat. Sebelum Agustus 2022, setiap bulan ada 1-2 pasien gagal ginjal akut. Selain karena keracunan obat, Budi menerangkan bahwa gagal ginjal akut pada anak bisa karena: infeksi, kelainan kongenital atau genetik, dehidrasi berat, bisa juga karena kehilangan darah.

"Penyakit ini selalu terjadi, bukan tidak pernah terjadi gitu. Tahun lalu, dua tahun yang lalu atau tiga tahun lalu selalu terjadi. Tapi karena memang jumlahnya tidak besar, ini menjadi insiden-insiden yang memang sama seperti penyakit lain dan ada korban."


Produk 3 Perusahaan Farmasi Terdapat Cemaran EG dan DEG Melebihi Batas

Melihat bahwa ada kandungan pelarut obat yang terdapat di tubuh pasien gagal ginjal akut, Kemenkes berkoordinasi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI. Lalu, badan ini melakukan serangkaian pemeriksaan obat sirup untuk mengetahui mana yang aman dan mana tidak aman.

Hasil penelusuran BPOM menemukan ada tiga industri farmasi yang produknya memiliki cemaran obat yang tinggi. PT Yarindo Farmatama dan Universal Pharmaceutical Industries serta PT Afi Farma memiliki produk dengan kandungan etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) melebihi ambang batas.

PT Afi Farma menjadi produsen selanjutnya yang dikenakan sanksi berupa penarikan dan pemusnahan produk. Setidaknya ada 7 produk dari PT Afi Farma yang kadar EG dan DEG-nya melebihi batas.

"Ada juga bahan baku yang menunjukkan kadar melebihi standar. Sehingga kami holduntuk seluruh produknya. Produk sediaan cair dari obat anak-anak, ini kami holdsemuanya dan segera dikenakan sanksi administrasi," kata Penny dalam konferensi pers Hasil Penindakan IF yang Memproduksi Sirup Obat TMS, Senin, 31 Oktober 2022 di Serang, Banten.

Penny mengungkapkan bahwa perusahaan diberikan sanksi administratif berupa penghentian produksi, distribusi, penarikan barang, dan pemusnahan. Setelah itu, sertifikat keamanan dan izin edarnya pun dicabut.

Kepala BPOM, Penny Lukito mengatakan bahwa di beberapa produk terdapat kandungan cemaran etilen yang teramat tinggi.

"Melihat dari kadar konsentrasi EG dan DEG-nya sangat tinggi. Bukan hanya cemaran lagi, dari sumber bahan bakunya sudah mengandung bahan EG dan DEG sangat tinggi. Bukan cemaran lagi, tapi memang sudah keracunan."

Salah satu produk yang BPOM temukan dengan kadar EG terlampau tinggi adalah obat sirup Flurin DMP produksi PT Yarindo Farmatama.

"Produk PT Yarindo yaitu Flurin DMP Sirup terbukti menggunakan bahan baku propilen glikol yang mengandung etilen glikol sebesar 48 mg/ml, di mana syaratnya harus kurang dari 0,1 mg/ml," kata Penny.

Penny menjelaskan, PT Yarindo Farmatama tidak melaporkan apabila dilakukan perubahan bahan baku obat, tidak melakukan kualifikasi pemasok supplier BBO (bahan baku obat), dan tidak melakukan pengujian sendiri pada bahan baku yang digunakan.

Penny mengungkapkan tiga industri farmasi sengaja mengganti bahan baku (pelarut) obat sirup mereka dengan yang lebih murah. Perubahan ini memicu adanya cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) jauh di ambang batas aman. Bahan baku pelarut yang dimaksud, salah satunya Propilen Glikol (PG) maksimal 0,1 mg/ml.

"Karena memang akan ada perbedaan harga yang mencolok sekali, antara yang pharmaceutical grade dengan yang industrial grade. Jadi, pelarut berupa Propilen Glikol harus melalui proses pemurnian sesuai standar pharmaeutical grade agar aman," kata Penny.

Meski menemukan tiga produsen obat yang memiliki produk dengan cemaran EG, Penny mengatakan untuk saat ini memang belum bisa disebut bahwa obat sirup yang menjadi penyebab utama dari gagal ginjal akut.

Namun jika merujuk pada hasil, nampak ada kaitan antara obat sirup dan gagal ginjal akut yang terjadi.

"Tentunya kalau mengatakan semua kasus gagal ginjal dikaitkan dengan obat, itu belum bisa kita melangkah ke sana. Harus ada satu kajian epidemiologi secara khusus," kata Penny.


Usul Standar Cemaran EG dan DEG Produk Obat Masuk Farmakope

Terkait temuan bahan baku pelarut dalam pembuatan obat sirup yang memiliki cemaran amat tinggi, BPOM mengusulkan standar cemaran EG dan DEG dimasukkan ke dalam Farmakope Indonesia. Farmakope merupakan referensi yang berisi ketentuan umum, monografi sediaan umum, monografi bahan obat.

Saat ini, standar cemaran EG dan DEG belum masuk ke dalam ketentuan Farmakope Indonesia kategori produk jadi, khususnya obat sirup. Imbasnya, BPOM tidak bisa melakukan pengawasan produk jadi yang terkandung cemaran EG dan DEG.

"Nah, untuk obat dengan kandungan menggunakan pelarut Propilen Glikol (PG) dan Polietilena Glikol (PEG) yang patut diduga juga bisa ada kemungkinan ada cemaran EG dan DEG, kami tidak bisa melakukan pengawasan produk jadinya," jelas Penny saat Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR di Gedung DPR RI, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta pada Rabu, 2 November 2022.

"Karena belum ada standar yang ada dan ini berlaku internasional. Standar produksi obat yang disebut dengan Farmakope Internasional. Di kita namanya, Farmakope Indonesia."

Selaras dengan BPOM, Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof Dr Zullies Ikawati mengatakan memang perlu ada tambahan regulasi terkait dengan cemaran EG dan DEG dalam suatu produk obat. Hal ini akan berguna untuk lebih menegaskan soal batasan yang diperbolehkan dan tidak.

"Juga ada tambahan regulasi terkait mengukur cemaran EG/DEG jika perlu pada produk jadi/final product," kata Zullies.

Selama ini, adanya kandungan EG dan DEG dalam suatu produk obat memang diperbolehkan. Hanya saja batasnya 0,1 mg/ml dari setiap produk. Sehingga bila melebihi kadar tersebut, maka kandungan ini akan menjadi cemaran yang membahayakan.

Lalu, perlu adanya regulasi baru yang mewajibkan para industri farmasi untuk memastikan kembali kualitas bahan baku yang digunakan. Industri farmasi tidak boleh hanya mengacu data dari supplier.

"Maksudnya perlu dibuat regulasi baru yang mewajibkan industri farmasi untuk memastikan lagi kualitas bahan bakunya, tidak hanya mengacu pada Certificate of Analysis (CoA) produk yang diperoleh dari supplier," ujar Zullies.


Dorong Kemandirian Produksi Pelarut Obat Dalam Negeri

Temuan obat sirup dengan pelarut yang memiliki cemaran EG amat tinggi dikaitkan dengan gagal ginjal akut pada ratusan anak Indonesia, membuat BPOM dan Kemenkes mendorong ada kemandirian produksi bahan pelarut obat dalam negeri. Sebab, mayoritas bahan baku pelarut obat masih impor.

Menurut BPOM, dengan bisa memproduksi bahan pelarut obat sirup sendiri maka keamanan mutu pun dapat lebih terjamin dan diawasi oleh BPOM.

"Nah, mungkin membangun produksi dalam negeri dari bahan baku pelarut Propilen Glikol (PG) dan Polietilena Glikol (PEG) adalah sesuatu hal yang bisa kita lakukan untuk membangun kemandirian dan memastikan keamanan mutunya," imbuh Penny.

"Satu hal yang perlu saya sampaikan juga dikaitkan dengan industri farmasi, saya kira ini bisa menjadi pertimbangan ke depan dalam pembelian obat, pengadaan obat untuk mempertimbangkan, memasukkan juga aspek otoritas dari industri farmasinya."


BPOM Harus Perbaiki Sistem

Kemenkes dan BPOM jadi dua leading sector dalam kasus gagal ginjal akut pada anak. Kemenkes selain merawat anak yang sakit gagal ginjal akut juga mencari tahu penyebab kasus ini meledak serta membuat regulasi diantaranya melarang sementara penjualan obat sirup. Sementara, BPOM terus melakukan penyelidikan soal obat mana yang aman dan mana yang berbahaya.

Lantas, apakah upaya-upaya yang dilakukan ini sudah tepat? Epidemiolog Pandu Riono menyampaikan sejauh ini upaya dua instansi itu sudah cukup.

"Saya kira penanganannya sampai sejauh ini cukup (tepat)," ujar Pandu kepada Health Liputan6.com melalui sambungan telepon, Kamis (3/11/2020).

Pandu mengatakan pemerintah perlu mengetahui hal yang perlu dilakukan supaya mencegah kejadian serupa di masa mendatang. Di sisi lain, pemerintah juga perlu memberikan empati kepada para korban dan keluarganya, tambah Pandu.

Terkait kinerja BPOM, Pandu mengatakan bahwa badan tersebut sudah melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan. Namun, meminta juga BPOM melakukan perbaikan dalam hal memastikan keamanan bahan baku obat.

"Tapi kan ternyata sistem yang dikembangkan sekarang tidak cukup, jadi harus ada perbaikan. Misalnya, siapa yang bisa memastikan bahan baku obat. Sebagian bahan obat di Indonesia kan diimpor dari luar dan zat kimia bisa sama, tapi zat kimia untuk obat harus lebih murni, kualitasnya harus jauh lebih tinggi."

Memastikan kualitas bahan baku obat tidak bisa dilakukan oleh importir sembarangan. Harus oleh importir yang bisa memastikan bahwa bahan baku obat ini sesuai dengan persyaratan yang ada.

"Misalnya, harus dilakukan oleh industri farmasi atau pedagang besar farmasi. Tidak bisa dilakukan oleh importir yang lain."

Guna mengantisipasi penyebaran obat tak aman di kemudian hari, maka semua pihak harus terlibat.

"Ya semuanya (terlibat), pertama yang berwenang mengawasi industri yaitu BPOM, kedua apotek, ketiga rumah sakit yang biasanya juga memberikan obat kepada pasiennya sehingga sistem pengawasannya berjenjang."

Pengawasan berjenjang yang dimaksud Pandu mengarah pada kemudahan deteksi masalah jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

"Kalau ada kejadian yang tidak diinginkan bisa cepat dilaporkan, sehingga cepat dicegah. Dan semuanya harus terlibat, semuanya harus bertanggung jawab, tentunya regulasinya bisa sampai ke sana."

Sementara, regulasi yang berlaku saat ini belum meng-cover pada masalah-masalah seperti yang kini tengah terjadi.


Orangtua Pasien yang Meninggal Bisa Tuntut Keadilan Hukum

Pakar Hukum Pidana Universitas Trisakti, Abdul Fickar Hadjar, mengatakan orang tua dari anak yang meninggal bisa menuntut hukum bila ada kesalahan prosedur penanganan pengobatan kepada pasien.

"Orang tua atau siapa pun yang bertanggung jawab atas kehidupan seorang anak yang meninggal karena gagal ginjal, bisa menuntut secara hukum pada RS ataupun dokternya, jika ditemukan ada kesalahan prosedur dalam proses pengobatannya, sehingga mengakibatkan kematian," kata Abdul.

Abdul menjelaskan, tuntutan yang bisa dilayangkan bisa dua hal. Pertama adalah tuntutan umum untuk perbaikan sistem pengobatan.

"Tuntutan umum yaitu perbaikan sistem pengobatan yang bisa diakses oleh pihak-pihak yang berkepentingan dalam pengobatan itu," ucapnya mengutip Merdeka.

Kedua, adalah tuntutan materiil. Artinya, tuntutan ganti kerugian yang dari awal dapat dinilai dengan uang.

"Tuntutan atas kerugian materiil yang timbul dari kegagalan yang disebabkan ketidakhati-hatian dari tindakan," jelasnya.

Di sisi lain, Abdul memandang, kematian akibat gagal ginjal adalah takdir bila prosedur penanganan maupun pengobatan sudah dijalankan dengan benar.

"Kematian karena gagal ginjal adalah takdir, jika prosedur pengobatan sudah dijalankan dengan benar," tutupnya.


Bareskrim Buka Peluang Tersangka Perorangan Kasus Gagal Ginjal Akut

Saat ini, Bareskrim Polri masih mengumpulkan bukti-bukti pihak-pihak yang bertanggung jawab atas merebaknya kasus Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) pada Anak-anak.

Menurut Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dirtipidter) Bareskrim Polri, Brigjen Pol. Pipit Rismanto, pertanggungjawaban pidana bisa dibebankan kepada perseorangan atau korporasi. "Ini pertanggungjawaban pidana itu akan ada di korporasi atau perorangan. Nanti kita masih lakukan pendalaman," kata dia kepada wartawan, Kamis (3/11/2022).

Pipit menerangkan, pihaknya harus hati-hati dalam menentukkan sosok tersangka dalam kasus ini. Adapun mekanismenya nanti melalui gelar perkara.

"Hasil penyidikannya akan kita lakukan gelar perkara," ujar dia. Sejauh ini, Bareskrim Polri masih mendalami keterangan dari pihak PT. Afi Farma Kediri guna pembuktian materil.

PT. Afi Farma Kediri diduga melanggar aturan berdasar gelar perkara yang dilakukan Bareskrim Polri bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada Selasa (1/11/2022).

"Masih proses lidik," ujar dia.


Komisi IX DPR Bentuk Panitia Kerja Usut Gagal Ginjal Akut

Komisi IX DPR RI menyepakati untuk membentuk panitia kerja (Panja) guna mengusut kasus gagal ginjal akut pada anak.

"Komisi IX DPR RI akan membentuk Panja atau panitia kerja terhadap sistem jaminan keamanan dan mutu obat untuk menginvestigasi lebih dalam, termasuk mengelaborasi tata kelola kefarmasian dari hulu ke hilir demi mencegah kejadian yang tidak diinginkan, seperti kejadian GGAPA," kata Wakil Ketua Komisi IX Felly Estelita Runtuwene saat membacakan kesimpulan rapat pada Rabu, 2 November 2022.

Pembentukan Panja bermula dari usulan sejumlah fraksi di Komisi IX DPR, mulai dari PDIP, Golkar, PAN, PKS, NasDem. Usulan mereka kemudian diperkuat oleh dua Wakil Ketua Komisi IX, yakni Charles Honoris dari Fraksi PDIP dan Nihayatul Wafirah dari Fraksi PKB.

Anggota Komisi IX Fraksi Golkar Darul Siska memandang kasus gagal ginjal akut sudah merupakan kondisi luar biasa atau KLB sehingga wajar apabila diusut melalui Panja.

"Saya enggak tahu KLB gagal ginjal akut pada anak-anak ini apa ya dampaknya. Paling tidak Panja-nya harus dibentuk," kata Darul. Saleh Daulay dari Fraksi PAN juga setuju pembentukan Panja. Dia menilai Panja bisa dibentuk untuk menelusuri lebih dalam terkait gagal ginjal akut yang menyerang anak-anak.

"Karena bukan hanya kasus ini. Karena kasus-kasus seperti ini ada peluang dan potensi untuk terulang lagi. Jadi karena itu kita buat Panja untuk mengantisipasi. Pertama untuk menelusuri yang sedang terjadi sekarang, kemudian untuk mengantisipasi apa yang akan terjadi di masa yang akan datang," ujar Saleh.

Putin Diam-Diam Sakit Kanker

Email Diduga Catatan Kesehatan Bocor, Vladimir Putin Disebut Sakit 2 Kanker Mematikan

Liputan6.com 2022-11-03 16:04:48
Presiden Rusia Vladimir Putin saat menghadiri pertemuan dengan para pemenang dan finalis kontes nasional School Teacher of the Year melalui konferensi video pada Rabu, 5 Oktober 2022. (Gavrii

Email yang bocor ke surat kabar terkemuka Inggris menghidupkan kembali desas-desus tentang kesehatan Presiden Rusia Vladimir Putin yang diklaim memburuk.

Klaim bahwa Putin menderita penyakit Parkinson -- gangguan progresif yang mempengaruhi sistem saraf -- telah beredar selama bertahun-tahun tetapi dibantah oleh Moskow sebagai "propaganda Barat".

Namun, pada Selasa, 1 November 2022, surat kabar Inggris The Sun mengumumkan email dari sumber intelijen Rusia yang dekat dengan Kremlin.

Email itu menyebut bahwa pemimpin Rusia tidak hanya menderita penyakit Parkinson, tetapi mungkin juga telah didiagnosis menderita kanker pankreas dan kanker prostat.

"Saya dapat mengonfirmasi bahwa dia telah didiagnosis dengan penyakit Parkinson tahap awal, tetapi info itu sudah berkembang," tulis orang dalam Rusia di salah satu email didapat oleh The Sun.

"Fakta ini akan disangkal dengan segala cara agar tetap bisa disembunyikan," tambahnya, dikutip dari kyivpost, Kamis (3/11/2022).

"Putin secara teratur diberikan suntikan penghilang rasa sakit untuk menghentikan penyebaran kanker pankreas yang baru-baru ini didiagnosis."

"Ini tidak hanya menyebabkan banyak rasa sakit, efeknya wajah Putin jadi bengkak dan mengakibatkan efek samping lainnya, termasuk masalah ingatan."

"Ada juga rumor bahwa selain kanker pankreas, yang menyebar secara bertahap, Putin juga menderita kanker prostat."


Tanda Misterius di Tangan Putin

Berita itu mengikuti gosip yang tersebar luas di media sosial bulan lalu dalam sebuah video yang menunjukkan tanda misterius di tangan Putin saat dia menyalami seorang tentara.

Merujuk salah satu koresponden khusus Kyiv Post, Jason Jay Smart, dalam wawancara eksklusif dengan The Sun mengatakan:

"Koresponden Kyiv Post Jason Jay Smart mengklaim video yang dirilis oleh kantor berita pemerintah Rusia yang menunjukkan bekas infus di tangan Putin."

Rekaman itu dihapus oleh outlet berita negara Rusia tak lama setelah pengguna media sosial menyoroti dugaan tanda tersebut, yang semakin memicu spekulasi tentang kesehatan presiden yang memburuk.

Bereaksi terhadap rekaman itu, Lord Richard Dannatt, mantan Kepala Staf Pertahanan untuk Inggris, mengatakan kepada Sky News: "Pengamat sekarang memperhatikan bahwa tangannya tampak sangat hitam di bagian atas, yang merupakan tanda bekas suntikan."


Vladimir Putin Belum Putuskan Hadir KTT G20 di Bali

Sementara itu, KTT G20 di Bali akan digelar 15-16 November 2022. Namun, Presiden Rusia Vladimir Putin masih belum memberikan keputusan apakah ia akan hadir.

Berdasarkan artikel di media Uni Eropa, Euractiv, Presiden Vladimir Putin juga belum memutuskan siapa pejabat tinggi yang akan dia kirim ke Indonesia.

Kedutaan Besar Rusia di Indonesia juga masih belum memberikan pengumuman tegas apakah Presiden Putin akan datang. Namun, Presiden Joko Widodo telah mengumumkan bahwa Presiden Putin akan hadir.

Sedangkan Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah dipastikan hadir di G20. Presiden Biden akan di Jakarta pada 13-16 November 2022.

"Presiden akan berada di Bali, Indonesia pada 13 November hingga 16 November untuk G20 Leaders' Summit," ujar Karine Jean-Pierre dalam konferensi pers, dikutip dari situs resmi Gedung Putih.

"Di Bali, Presiden akan memuji kepemimpinan G20 Presiden Widodo dan menyorot komitmen AS kepada forum paripurna ini untuk kerja sama ekonomi dengan negara-negara yang mewakili lebih dari 80 persen GDP dunia," jelas Jean-Pierre.

Dijelaskan bahwa Presiden Biden ingin membahas perubahan iklim, dampak global perang Vladimir Putin di Ukraina, serta isu pangan dan energi.

Pihak Kedutaan Besar Uni Eropa di Indonesia juga telah memberikan konfirmasi bahwa Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen akan hadir di G20 Bali.

Presiden Joko Widodo juga telah memberikan undangan kepada Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, akan tetapi pemimpin Ukraina itu berkata tak akan hadir jika Rusia masih menyerang.


Rusia Ancam Ngebom Kapal Pengangkut Gandum, BI Was-Was Harga Pangan Meroket

Sebelumnya, Bank Indonesia menilai, akan terjadi potensi kenaikan harga energi, minyak, dan gas beberapa bulan ke depan. Apalagi ditambah dengan ancaman baru Rusia yang akan mengebom semua kapal yang membawa gandum ke seluruh dunia. Hal itu menjadi potensi yang akan mengancam pasokan pangan, khususnya gandum.

"Dua hari yang lalu keluar ancaman Rusia akan mengebom semua kapal yang membawa gandum ke seluruh dunia. Jadi, itu potensi yang muncul baru dari sisi pasokan pangan yang akan terganggu lagi, dengan harga potensi naik," ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo dalam Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP), yang kali ini dilaksanakan di Provinsi Sulawesi Tengah, Senin (31/10).

Oleh karena itu, Bank Indonesia memprediksi risiko harga komoditas masih akan tinggi ke depannya. Artinya, dunia sedang tidak baik-baik saja.

"Kita bukan menakuti tapi bagaimana kita memitigasi, karena semua negara sedang berperang dengan ancaman yang sama, semua menaikan suku bunga. Apapun resiko yang dihadapi dengan konteks masalah pertumbuhan yang melambat adalah prioritas kedua, karena masalah stabilitas tidak ada kata tawar," ungkapnya.

Dody juga menilai tekanan inflasi yang bersumber dari meningkatnya inflasi pada kelompok administered price yang merupakan dampak dari penyesuaian harga BBM serta risiko fluktuasi kelompok volatile foods mendorong perlunya upaya pengendalian inflasi di Provinsi Sulawesi Tengah.

"Kita berkumpul pada pagi hari ini meresmikan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di Provinsi Sulawesi Tengah. Kami mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Gubernur Sulteng," kata Dody dalam sambutannya.

PHK Massal Usai Elon Musk Berkuasa

Elon Musk Mau PHK Separuh Karyawan Twitter?

Liputan6.com 2022-11-03 12:10:22
Elon Musk. (Joe Raedle/Getty Images/AFP)

Orang terkaya di dunia, Elon Musk, resmi mengambil alih Twitter Inc pada Kamis (27/10/2022). Setelah pengambilalihan tersebut, pemilik Tesla itu mengubah beberapa kebijakan Twitter.

Baru-baru ini, Musk mengumumkan penarikan tarif Rp125 ribu untuk layanan Twitter Blue. Layanan premium ini termasuk verifikasi pengguna untuk memunculkan centang biru di nama akun.

Tidak berhenti di situ, kini terdengar rencana selanjutnya dari miliarder tersebut. Kabarnya, akan ada langkah yang Musk ambil untuk memangkas jumlah tenaga kerja Twitter .

Sebagaimana dilansir The Indian Express (3/11/2022), Elon Musk berencana untuk memangkas sekitar 3.700 pekerjaan Twitter Inc, atau setengah dari tenaga kerja perusahaan media sosial berlogo burung biru itu.

Hal tersebut akan dilakukan dalam upaya untuk menurunkan biaya setelah akuisisi senilai USD 44 miliar atau sekitar Rp684,2 triliun.

Pemilik baru Twitter ini bertujuan untuk menginformasikan staf yang terkena dampak pada Jumat nanti. Demikian menurut sumber anonim yang mengaku tahu tentang rencana PHK karyawan Twitter.

Elon Musk juga bermaksud untuk membalikkan kebijakan kerja dari mana saja yang ada di perusahaan. Pria yang juga bos Tesla dan SpaceX ini meminta karyawan yang tersisa untuk bekerja ke kantor, meskipun beberapa pengecualian dapat dibuat, sumber tersebut.

Sumber anonim juga mengungkap, Elon Musk bersama penasihatnya telah mempertimbangkan berbagai skenario untuk pemutusan hubungan kerja/ PHK dan perubahan kebijakan lainnya di Twitter yang berbasis di San Fransisco, California, Amerika Serikat.

Sumber yang sama menambahkan, ketentuan pengurangan jumlah karyawan masih bisa berubah. Dalam satu skenario yang sedang dipertimbangkan, karyawanTwitter yang diberhentikan akan ditawari uang pesangon selama 60 hari, kata dua orang anonim.

Berdasarkan dari The Indian Express, seorang juru bicara Twitter tidak segera menanggapi permintaan komentar.


Sempat Bersitegang

Sebelumnya, Elon Musk berada di bawah tekanan untuk menemukan cara memangkas biaya bisnis yang menurutnya dibayar lebih. Miliarder itu setuju untuk membayar USD 54,20 atau sekitar Rp849,8 ribu per saham pada bulan April lalu tepat ketika pasar jatuh.

Musk kemudian mencoba selama berbulan-bulan untuk keluar dari transaksi, menuduh bahwa perusahaan menyesatkan dia tentang jumlah akun palsu dan bot.

Twitter menggugat dan memaksa Musk memenuhi kesepakatan pembelian perusahaan. Lalu dalam beberapa pekan terakhir, Elon Musk menyerah dan memutuskan menutup kesepakatan dengan persyaratan yang disepakati. Kesepakatan pembelian Twitter pun ditutup Kamis ini.


Pecat Bos Twitter Sebelumnya

Karyawan Twitter telah bersiap untuk di-PHK sejak Musk mengambil alih perusahaan.

Tidak hanya itu, usai pembelian Twitter, Elon Musk segera memecat sebagian besar tim eksekutif puncak, temasuk Chief Executive Officer (CEO) Twitter Parag Agrawal, Kepala Keuangan Ned Segal, dan staf hukum senior Vijaya Gadde dan Sean Edgett.

Pada hari-hari berikutnya, Elon Musk juga menghabiskan pejabat eksekutif Twitter lainnya. Pemecatan lainnya termasuk Chief Marketing Officer Twitter Leslie Berland, Chief Customer Officer Twitter Sarah Personette, dan Jean-Philippe Maheu yang merupakan wakil presiden solusi klien global.


Peninjauan Karyawan

Menurut orang-orang yang mengetahui tentang masalah ini, selama akhir pekan, beberapa karyawan dengan jabatan direktur dan wakil presiden dipangkas. Sumber yang sama juga mengungkap, para pemimpin lainnya di Twitter diminta untuk membuat daftar karyawan di tim mereka yang dapat diberhentikan.

Personel senior di tim produk diminta untuk menargetkan pengurangan 50 persen dalam jumlah karyawan, kata seseorang yang mengetahui masalah tersebut minggu ini.

Insinyur dan staf setingkat direktur dari Tesla Inc, pembuat mobil yang juga dijalankan oleh Musk, meninjau daftar itu, kata orang tersebut.

Daftar PHK dibuat dan diberi peringkat berdasarkan kontribusi individu terhadap program Twitter selama mereka berada di perusahaan, kata orang-orang itu. Penilaian dilakukan oleh personel Tesla dan manajer Twitter.

Jeff Bezos Digugat Mantan ART-nya

Jeff Bezos Digugat Mantan Pengawas Rumah Tangganya, Ada Apa?

Liputan6.com 2022-11-03 13:47:57
Jeff Bezos (AP PHOTO)

Jeff Bezos digugat oleh mantan pengawas urusan rumah tangganya yang mengklaim bahwa dia mengalami diskriminasi rasial dan dipaksa bekerja berjam-jam dalam kondisi tidak sehat tanpa istirahat atau istirahat makan.

Mercedes Wedaa yang terkadang bekerja 10 hingga 14 jam sehari dan mengawasi tim yang terdiri dari lima hingga enam pembantu rumah tangga, menurut pengaduannya yang diajukan pada Selasa kemarin ke pengadilan negara bagian Seattle.

Staf tidak memiliki ruang istirahat atau tempat istirahat dan tidak ada toilet yang mudah diakses, sesuai dengan keluhan.

Staf rumah tangga mencoba makan di ruang cuci, dan dilarang menggunakan toilet di ruang keamanan terdekat, memaksa mereka untuk memanjat keluar jendela untuk mengakses kamar mandi, menurut pengaduan.

"Kami telah menyelidiki klaim ini. Mereka tidak pantas diperlakukan seperti itu, dan kami akan membela mereka," kata Harry Korrell, seorang pengacara terdakwa dalam sebuah pernyataan melalui email.

Salah satu manajer khusus urusan rumah tangga Bezos disebut agresif dan kasar pada Wedaa dan memperlakukan dia dan karyawan Hispanik lainnya berbeda dari asisten rumah tanggaberkulit putih dan staff Bezos lainya.

Dia akhirnya diberhentikan setelah hampir tiga tahun bekerja, menurut pengaduan, dikutip dari Straits Times, Kamis (3/11/2022).

"Undang-undang perburuhan dan ketenagakerjaan mengatakan bahwa orang yang bekerja harus dibayar untuk pekerjaan yang mereka lakukan, dan harus dapat melakukan pekerjaan itu di tempat kerja yang aman, bersih, dan sehat," kata Patrick McGuigan, pengacara yang mewakili Wedaa.

Wedaa meminta pembayaran kembali dan tunjangan, serta ganti rugi moneter, menurut pengaduan.

Terdakwa dalam kasus ini termasuk Zefram dan Northwestern, yang diidentifikasi sebagai entitas yang mengelola properti Jeff Bezos.

Gugatan itu dilaporkan sebelumnya oleh situs berita teknologi Seattle GeekWire.


Jeff Bezos Akui Ancaman Resesi di AS Sangat Nyata

Pendiri Amazon Jeff Bezos telah masuk dalam sederet miliarder dan pemimpin perusahaan ternama yang memberikan komentar terkait ramalan resesi 2023.

Dalam sebuah postingan di Twitter pada Selasa malam 18 Oktober 2022, Bezos memperingatkan bahwa ekonomi Amerika Serikat (AS) mungkin akan mengalami masa-masa sulit di masa depan.

CEO raksasa ritel online itu mengomentari pernyataan yang disampaikan oleh Kepala Eksekutif Goldman Sachs David Solomon kepada CNBC pada hari sebelumnya.

"Ya, probabilitas dalam ekonomi ini memperingatkan Anda," kata Bezos dalam komentarnya di Twitter, dikutip Kamis (20/10/2022).

Solomon mengatakan bahwa sudah waktunya bagi para pemimpin perusahaan dan investor untuk memerhatkan risiko penurunan ekonomi hingga resesi, serta untuk mempersiapkannya.

Solomon berbicara setelah perusahaannya baru saja memposting hasil pendapatan kuartalan yang melampaui perkiraan Wall Street. Namun dia mengatakan resesi bisa membayangi karena ekonomi berurusan dengan inflasi yang terus tinggi dan Federal Reserve mencoba menurunkan harga melalui serangkaian kenaikan suku bunga yang agresif.

"Saya pikir Anda harus bersiap ada lebih banyak volatilitas yang terlihat," tutur Solomon, dikutip dari CNBC International.

"Sekarang, itu tidak berarti pasti bahwa kita memiliki skenario ekonomi yang sangat sulit. Tetapi pada distribusi hasil, ada peluang besar bahwa kita bakal mengalami resesi di Amerika Serikat," tambahnya.

Adapun CEO JPMorgan Chase Jamie Dimon yang sebelumnya juga sudah memperingatkan ancaman resesi di AS yang "sangat, sangat serius" dan dapat terjadi dalam enam bulan ke depan.

"Ini (resesi) adalah hal-hal yang sangat, sangat serius yang menurut saya kemungkinan akan mendorong AS dan dunia --- maksud saya, Eropa sudah dalam resesi, dan mereka kemungkinan akan menempatkan AS dalam semacam resesi enam hingga sembilan bulan dari sekarang," ujarnya.


Resesi Ekonomi Kian Dekat, IMF Pangkas Ramalan Pertumbuhan Ekonomi Dunia 2023 jadi 2,7 Persen

Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan pertumbuhan ekonomi global akan melambat menjadi 2,7 persen tahun depan, 0,2 poin persentase lebih rendah dari perkiraan IMF sebelumnya pada Juli 2022.

IMF juga memperkirakan resesi akan mulai terasa pada ekonomi global di 2023 mendatang. "Selain krisis keuangan global dan puncak pandemi Covid-19, ini adalah "profil pertumbuhan terlemah sejak 2001," kata IMF dalam laporan World Economic Outlook, dikutip dari CNBC International, Rabu (12/10/2022).

Sementara itu, perkiraan IMF untuk PDB global tahun ini tetap stabil di angka 3,2 persen, namun turun dari 6 persen yang terlihat pada 2021.

"Yang terburuk bakal datang, dan bagi banyak orang pada 2023 mendatang akan terasa seperti resesi," demikian laporan terbaru IMF, menggemakan peringatan dari PBB, Bank Dunia, dan banyak CEO perusahaan global.

Disebutkan juga, lebih dari sepertiga ekonomi global diprediksi mengalami pertumbuhan negatif selama dua kuartal berturut-turut.

Sementara tiga negara ekonomi terbesar, yaitu Amerika Serikat, Uni Eropa dan China - akan terus melambat.

"Tahun depan akan terasa menyakitkan," ungkap Pierre-Olivier Gourinchas, Kepala Ekonom IMF kepada CNBC.

"Akan ada banyak perlambatan dan penderitaan ekonomi," ucapnya.


Saran Ekonom Bank Dunia Agar Indonesia Tak Kena Getah Ancaman Resesi Ekonomi

Ekonom Utama Bank Dunia, Habib Rab mengungkapkan tips untuk Indonesia dalam bersiap menghadapi ancaman resesi 2023.

"Yang penting adalah menjaga keseimbangan yang sehat antara apa yang terjadi pada kebijakan suku bunga, tetapi juga kebijakan fiskal, makroprudensial, dan reformasi struktural," katanya dalam SOE Internasional Conference, dikutip Selasa (18/10/2022).

Menurutnya, hal itu untuk memastikan bahwa inflasi dapat dikelola bersamaan dengan menghindari keruntuhan total dalam pertumbuhan ekonomi.

Habib Rab selanjutnya mengatakan, 70 persen ekonomi global menurun secara signifikan pada pertengahan 2022 dibandingkan dengan awal tahun ini.

"Satu-satunya pengecualian adalah beberapa negara berkembang yang merupakan eksportir komoditas, termasuk Indonesia," ungkap dia.

Dalam presentasinya, Habib Rab membeberkan prediksi Bank Dunia, bahwa pada 2022 dan 2023 pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Timur dan Pasifik akan tumbuh tinggi dengan inflasi yang lebih rendah dibandingkan negara-negara ekonomi besar.

Meskipun demikian, satu persen penurunan pertumbuhan ekonomi di negara anggota G7 maupun China bisa mendorong perlambatan ekonomi negara-negara besar di Asia Timur dan Pasifik dari 0,5 hingga 1 persen.

"Jadi situasinya akan lebih baik dibandingkan dengan negara di wilayah lain. Tapi kita tidak melihat ruang kepuasan karena perlambatan ekonomi global tetap akan berdampak terhadap kawasan (Asia Timur dan Pasifik)," ujarnya.

"Diperlukan keseimbangan dalam pengetatan kebijakan, agar tingkat suku bunga, nilai tukar, dan kontrol modal terjaga," lanjut Habib Rab.

Adapun kerangka kerja untuk merestrukturisasi utang, baik utang pemerintah maupun pelaku usaha, yang meningkat signifikan di sebagian besar negara.

"Pengelolaan peningkatan utang memerlukan kerangka kerja restrukturisasi utang yang telah terlihat di krisis sebelumnya," jelasnya.

Habib Rab menambahkan, langkah ini penting guna memungkinkan persiapan dalam neraca perbankan dan perusahaan sehingga kejutan yang sementara tidak akan berdampak terhadap penurunan output permanen.

Sepatu Emas Dijual Demi Lunasi Utang

Kisah Miris Oleg Salenko: Terpaksa Jual Sepatu Emas Piala Dunia Demi Lunasi Utang Bisnisnya

Liputan6.com 2022-11-03 18:00:43
Ilustrasi sepatu bola dan bola sepak, belakangan bola sepak semakin sensitif terhadap manipulasi tendangan karena penerapan teknologi baru.

Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat tidak bersahabat bagi Rusia dan penyerang andalannya, Oleg Salenko. Mereka bergabung di Grup B bersama Brasil, Kamerun dan Swedia.

Turnamen di Amerika Serikat itu menjadi Piala Dunia pertamanya. Oleg Salenko tampak kesulitan mengawali langkahnya bersama timnas Rusia.

Di laga perdana Beruang Merah harus bertemu tim unggulan Brasil, yang saat itu dihuni banyak bintang seperti Dunga, Bebeto dan Romario. Dua gol tanpa balas bersarang di gawang Rusia. Brasil akhirnya menjadi juara setelah mengalahkan Italia di final 3-2 lewat adu penalty.

Berikutnya di laga kedua, Swedia menghajar Rusia 3-1. Meski mencetak gol namun sinar Salenko masih belum terlihat. Justeru penyerang Swedia, Martin Dahlin yang bersinar di laga ini,.

Laga akhir melawan Kamerun hanya jadi penghibur Rusia saja. Pasalnya, apapun hasil yang didapatkan tak mengubah status Rusia yang gugur di Piala Dunia 1994.

Namun laga menghadapi Singa Afrika di Stadion Stanford, California, 29 Juni 1994 itu justru menjadi keberuntungan bagi Rusia dan Salenko. Mereka meraih kemenangan pertama dengan skor telak 6-1.

Salenko menunjukkan taringnya, membuat gempar panggung akbar Piala Dunia dengan mencetak lima gol dalam kurun waktu 60 menit (16', 41', 45' (P), 73' dan 75'). Satu gol lagi untuk kemenangan Rusia dicetak oleh Dimitri Radchenko di menit ke-82.

Sedangkan gol satu-satunya dari Kamerun dicetak Roger Milla di menit ke-47, yang menjadikannya sebagai pencetak gol tertua (42 tahun) dalam sejarah Piala Dunia.

Seusai pertandingan, Salenko yang lebih bersinar berkat torehan quintrick sempat berfoto dengan Roger Milla.


Satu Bingkai

Kedua juru gedor itu berpose dengan jersey nomor 9 yang mereka kenakan. Pada akhirnya, dua penyerang terbaik untuk Rusia dan Kamerun bersinar dalam satu bingkai foto.

Sumbangan enam gol membuat Salenko meraih gelar top skor dan mendapatkan sepatu emas Bersama Hristo Stoichkov dari Bulgaria. Keduanya berhasil melesakkan enam gol di turnamen tersebut. Namun, Salenko yang kelahiran 25 Oktober 1969 memiliki kredit lebih dengan mencetak lima gol dalam satu laga.

Salenko sendiri mengawali karier profesionalnya di Zenit Leningrad pada 1986. Namun, ia melewati era keemasan saat membela Dynamo Kiev dengan mempersembahkan trofi Liga Uni Soviet 1990.

Ketika Piala Dunia 1994 berlangsung, Salenko bermain di Spanyol untuk Logrones. Setelah turnamen, dia pindah ke Valencia hingga 1995 sebelum dikontrak Glasgow Rangers di Liga Skotlandia. Sempat membela Istanbulspor di Turki, Salenko kembali ke Spanyol memperkuat Cordoba pada 1999.


Bisnis

Menurut catatan Transfermarkt, Oleg Salenko berhasil menorehkan 66 gol dan 4 assist dari 218 pertandingan di seluruh ajang pada level klub. Pada tahun 2003, ia sempat kembali ke lapangan ketika ditunjuk sebagai pelatih tim sepakbola pantai nasional Ukraina.

Sayang, kehebatan Salenko di Negeri Paman Sam tidak berlanjut bersama timnas, baik pada laga persahabatan atau ajang bergengsi lainnya setelah itu. Bahkan, Oleg Salenko tidak pernah memainkan pertandingan lain bersama timnas Rusia setelah Piala Dunia 1994.

Dia mengakhiri karier internasional bersama timnas Rusia dengan catatan enam gol dari total delapan caps.

Cedera disebut menjadi faktor utama di balik penurunan performa Oleg Salenko yang kemudian memutuskan gantung sepatu pada 2001 setelah bermain untuk Pogon Szczecin di Polandia.

Dalam wawancara dengan goal.com, Juni 2018, menjelang Piala Dunia 2018 di Rusia, Salenko bercerita tentang aktivitasnya sebagai pengamat sepakbola di televisi, dan tentunya juga bisnis.


Lancar

" Semuanya berjalan lancar. Pada periode yang sama, saya juga melatih tim sepakbola pantai Ukraina. Saya juga melatih tim kota asal saya. Tapi saya tidak terlalu sibuk," kata Salenko.

Ia juga terus mengikuti pertandingan top dan internasional, dan membuat prediksi. Terutama turnamen sebesar Piala Dunia, Euro, atau Liga Champions.

Tentang lima golnya ke gawang Kamerun, Salenko mengenangnya sebagai momen yang paling berkesan. Rekor itu juga belum terpatahkan.

"Ketika ditanya apakah pencapaian itu bisa disamai atau bahkan dipatahkan untuk Piala Dunia mendatang, selalu jawaban saya akan sangat sulit melakukannya hari ini. Secara prinsip, mungkin saja. Di fase grup, ada banyak tim yang menunjukkan peningkatan bagus belakangan ini. Tapi akan ada pula tim lain yang tampil tidak sesuai ekspektasi," tuturnya.

Dua tahun kemudian setelah wawancara itu, Salenko menjual sepatu emasnya yang sangat berharga itu untuk melunasi hutang-hutangnya. Sepatu emas itu dibeli oleh seorang Syeikh di Uni Emirat Arab dengan harga 500 ribu dollar AS atau Rp 7 miliar.

Meski tak ingin menjualnya namun usahanya yang bangkrut dan hutang-hutang yang menghantuinyalah yang memaksa Salenko untuk menjual sepatunya.

Salenko mengatakan bahwa Syaikh yang membeli sepatu emas miliknya akan membuat museum untuk sepatu itu. Ia percaya sepatu emas miliknya akan dirawat dengan baik.

Setelah berpikir panjang, Salenko akhirnya menerima tawaran itu. Tak hanya sepatu emas yang Salenko jual, beberapa aset lainnya juga ia juga untuk menyambung kehidupan.

"Aku bukannya bangkrut total atau semacam itu sehingga aku harus menjual segalanya, tapi tawarannya sulit ditolak. Aku diberi tahu bahwa seorang Sheik Arab akan merawat penghargaan itu dengan menaruhnya di museum setempat," kata Salenko kepada surat kabar Blik yang dikutip dari National Post.

Oleg Solenko akan terus dikenang dengan quintrick-nya di Piala Dunia, yang tak hanya satu tapi dua turnamen. Ia meraih Sepatu Emas Piala Dunia U-20 di Arab Saudi 1989.