Konser NCT 127 Hari Kedua Disetop atau Lanjut?

Polisi Perbolehkan Konser NCT 127 Hari Kedua Digelar

Liputan6.com 2022-11-05 10:25:28
Penggemar NCT 127, NCTzen antre untuk menonton grup idolanya tampil dalam tur konser dunia kedua bertajuk "NEO City: Jakarta - THE LINK" di ICE BSD City, Tangerang, Banten, Jumat (4/11/2022).

Pasca pingsannya puluhan penonton konser NCT 127 di ICE BSD, Tangerang, Jumat 4 November 2022, polisi ternyata tetap memperbolehkan konser boyband asal Korea Selatan tetap digelar di hari keduanya, Sabtu (5/11/2022).

Namun, Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Sarly Sollu mengatakan, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi panitia. Salah satunya, tak ada lagi hal berbau kejutan lagi selama konser kedua digelar.

Selain itu, lanjut dia, penonton diminta untuk tertib dan panggung diminta dilebarkan lagi.

"Kegiatan konser kedua tetap dilaksanakan, dengan syarat, penonton wajib tertib, jarak penonton dan panggung dilebarkan lagi," kata Sarly saat dikonfirmasi Liputan6.com.

Selain itu, terkait hal yang memicu dorongan sehingga penonton pingsan seperti melempar bola atau pernak-pernik NCT 127 dilarang untuk dilakukan kembali, demi menghindari hal serupa.

"Tidak ada lempar bola atau pernak pernik NCT," jelas Sarly.


Puluhan Pingsan, Konser Dihentikan

Seperti diketahui sebelumnya, gelaran konser NCT 127 di ICE BSD Kabupaten Tangerang pada Jumat malam, 4 November 2022, sempat rusuh dan mengakibatkan 30 penontonnya pingsan.

Akibatnya, konser dihentikan petugas Polisi dan panitia di 5 lagu terakhirnya.

Ukraina Ogah Datang Kalau Ada Putin

Presiden Ukraina Pastikan Tak Hadir G20 Jika Vladimir Putin Datang

Liputan6.com 2022-11-04 10:31:15
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyampaikan pidato lewat video yang disetel saat upacara pembukaan Festival Film Cannes edisi ke-75 di Cannes, Prancis selatan, Selasa (17/5/2022). Zelens

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan pada Kamis 3 November 2022 bahwa dia tidak akan ambil bagian dalam pertemuan puncak KTT G20 di Indonesia, jika pemimpin Kremlin Vladimir Putin hadir.

Zelensky mengatakan kepada wartawan setelah pembicaraan di Kyiv dengan presiden Yunani, bahwa dia telah diundang untuk berpartisipasi dalam KTT G20 pada 15-16 November oleh Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

"Posisi pribadi saya dan posisi Ukraina adalah jika pemimpin Federasi Rusia ambil bagian, maka Ukraina tidak akan ambil bagian. Kita lihat saja nanti seperti apa," kata Zelensky seperti dikutip dari Channel News Asia,Jumat (4/10/2022).

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan sebelumnya pada hari Kamis bahwa ia telah berbicara dengan Jokowi melalui telepon, dan membahas persiapan untuk KTT G20 serta kesepakatan biji-bijian Laut Hitam.

Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari. Perang yang sekarang memasuki bulan kesembilan telah menewaskan ribuan orang, membuat jutaan orang mengungsi dan menghancurkan kota-kota besar.

Moskow menggambarkan tindakannya sebagai operasi militer khusus.

Sejauh ini, Presiden Rusia Vladimir Putin masih belum memberikan keputusan apakah ia akan hadir.

Berdasarkan artikel di media Uni Eropa, Euractiv, Rabu 2 November 2022, Presiden Vladimir Putin juga belum memutuskan siapa pejabat tinggi yang akan dia kirim ke Indonesia.

Kedutaan Besar Rusia di Indonesia juga masih belum memberikan pengumuman tegas apakah Presiden Putin akan datang. Namun, Presiden Joko Widodo telah mengumumkan bahwa Presiden Putin akan hadir.


Konfirmasi AS dan UE

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah dipastikan hadir di G20. Presiden Biden akan di Jakarta pada 13-16 November 2022.

"Presiden akan berada di Bali, Indonesia pada 13 November hingga 16 November untuk G20 Leaders' Summit," ujar Karine Jean-Pierre dalam konferensi pers, dikutip dari situs resmi Gedung Putih.

"Di Bali, Presiden akan memuji kepemimpinan G20 Presiden Widodo dan menyorot komitmen AS kepada forum paripurna ini untuk kerja sama ekonomi dengan negara-negara yang mewakili lebih dari 80 persen GDP dunia," jelas Jean-Pierre.

Dijelaskan bahwa Presiden Biden ingin membahas perubahan iklim, dampak global perang Vladimir Putin di Ukraina, serta isu pangan dan energi.

Pihak Kedutaan Besar Uni Eropa di Indonesia juga telah memberikan konfirmasi bahwa Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen akan hadir di G20 Bali.

Presiden Joko Widodo juga telah memberikan undangan kepada Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, akan tetapi pemimpin Ukraina itu berkata tak akan hadir jika Rusia masih menyerang.


PM Kanada Justin Trudeau Bakal Hadir KTT G20 Bali

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau akan berpartisipasi KTT G20. Selasa 2 November 2022 waktu setempat, ia mengumumkan konfirmasi kehadirannya dalam acara tersebut.

Mengutip situs resmi PM Kanada, pm.gc.ca, Kamis (3/11/2022), selain KTT G20 di Bali, Indonesia, PM Trudeau juga mengumumkan partisipasinya dalam KTT Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Phnom Penh, Kamboja.

Selain itu ia juga menyatakan akan hadir dalam pertemuan Pemimpin Ekonomi APEC di Bangkok, Thailand, dan KTT La Francophonie Ke-18 di Djerba, Tunisia.

Melalui situs resmi perdana menteri Kanada, ia juga menyampaikan bahwa kawasan Indo-Pasifik adalah pusat perdagangan dan investasi yang berkembang yang mendorong pasar terbuka, menciptakan lapangan kerja, dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Selama pertemuannya di Asia, PM Kanada disebut akan menunjukkan kemitraan kuat Kanada dalam membantu menumbuhkan ekonomi global untuk memberi manfaat bagi orang-orang di kedua sisi Pasifik. Tidak ada wilayah di dunia yang akan memiliki dampak lebih besar pada masa depan Kanada dalam setengah abad ke depan selain Indo-Pasifik.

Selengkapnya klik di sini...


Jokowi: 17 Negara Sudah Konfirmasi Hadir di KTT G20

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan bahwa 17 negara telah mengkonfirmasi kehadirannya dalam KTT G20 yang diselenggarakan di Bali, 15-16 November mendatang.

Sementara itu, tiga negara lainnya masih belum memberikan keputusan akhir.

"Para pemimpin negara-negara G20 akan hadir di Konferensi Tingkat Tinggi ke-17 G20 di Bali pada 15 hingga 16 November mendatang. Setidaknya, sudah 17 pemimpin negara yang telah menyatakan kesediaan untuk hadir. Tiga lainnya sedang ditunggu konfirmasinya," seperti tertulis dalam akun resmi Instagram @jokowi.

Ia juga mengungkapkan bahwa ini merupakan suatu kehormatan bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah bagi perhelatan akbar.

"Kedatangan para pemimpin negara pada KTT G20 di Bali merupakan sebuah kehormatan bagi Indonesia mengingat situasi dunia yang sangat sulit seperti ini," sambung pernyataan Jokowi dalam postingan tersebut.

Hingga kini, Presiden Vladimir Putin juga belum memutuskan siapa pejabat tinggi yang akan dia kirim ke Indonesia.

Kedutaan Besar Rusia di Indonesia juga masih belum memberikan pengumuman tegas apakah Presiden Putin akan datang. Namun, Presiden Joko Widodo telah mengumumkan bahwa Presiden Putin akan hadir.

Adu Otot Perang Bikin 2 Korea Tegang

Korea Utara Tembak 80 Artileri ke Perbatasan Maritim Korsel, Situasi Kian Panas

Liputan6.com 2022-11-04 11:36:23
Bendera Korea Utara (AFP PHOTO)

Korea Utara menembakkan sekitar 80 peluru artileri ke zona perbatasan maritim semalam (Kamis 3 November 2022 malam), kata Korea Selatan.

Aksi ini terjadi ketika menteri pertahanan dari Seoul dan Washington bersumpah untuk menunjukkan tekad dalam menghadapi rentetan uji coba rudal oleh Korea Utara.

Mengutip Associated Press, Jumat (4/11/2022), Korea Utara menembakkan beberapa rudal ke laut pada hari Kamis, termasuk kemungkinan rudal balistik antarbenua (ICBM) yang gagal, mendorong Amerika Serikat dan Korea Selatan untuk memperpanjang latihan udara yang telah membuat marah Pyongyang.

Dimulai sesaat sebelum tengah malam pada hari Kamis, militer Korea Selatan mengatakan telah mendeteksi lebih dari 80 peluru artileri yang ditembakkan ke laut oleh Korea Utara, yang dikatakan sebagai pelanggaran perjanjian antar-Korea 2018.

Korea Selatan mengeluarkan komunikasi peringatan ke Korea Utara atas penembakan itu, kata kementerian pertahanan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan.

Dalam pertemuan di Washington, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dan timpalannya dari Korea Selatan Lee Jong-sup berjanji untuk mencari langkah-langkah baru untuk menunjukkan "tekad dan kemampuan" aliansi menyusul provokasi berulang Korea Utara, menurut pernyataan bersama antara kedua negara.

Sebelumnya, beberapa peluncuran Korea Utara terjadi ketika AS dan Korea Selatan melakukan latihan udara bersama terbesar mereka, yang dikecam keras oleh Pyongyang sebagai "agresif dan provokatif".

Pada Kamis 3 November, Korea Utara menembakkan rudal jarak jauh sekitar pukul 07.40 waktu setempat (23:40 GMT), menurut pernyataan dari Kepala Staf Gabungan Korea Selatan. Sebuah sumber mengkonfirmasi dengan BBC bahwa itu adalah ICBM.

Rudal tersebut terbang sekitar 760 km (472 mil) dan mencapai ketinggian sekitar 1.920 km. Tetapi tampaknya rudal tersebut gagal di tengah penerbangan, menurut kantor berita Yonhap mengutip sebuah sumber.

Pyongyang juga menembakkan dua rudal balistik jarak pendek.

Peluncuran tersebut membuat pemerintah Jepang mengeluarkan peringatan darurat yang langka pada Kamis pagi kepada penduduk di beberapa wilayah utaranya, meminta mereka untuk tetap berada di dalam rumah.

Tokyo awalnya mengatakan rudal itu terbang di atas Jepang, tetapi Menteri Pertahanan Yasukazu Hamada kemudian mengatakan bahwa rudal itu "tidak melintasi kepulauan Jepang, tetapi menghilang di atas Laut Jepang".


Ketegangan Meningkat

Ketegangan telah meningkat karena Korea Utara telah melakukan sejumlah rekor peluncuran rudal tahun ini, termasuk setidaknya 23 pada hari Rabu saja dan peluncuran ICBM pada hari Kamis.

Korea Selatan dan Amerika Serikat juga mengatakan bahwa Korea Utara telah menyelesaikan persiapan teknis untuk menguji perangkat nuklir kapan saja, yang akan menjadi uji coba nuklir pertamanya sejak 2017.

Pyongyang, sementara itu, telah mengutuk latihan militer sekutu.

Pada hari Kamis, Pak Jong Chon, sekretaris Komite Sentral Partai Buruh yang berkuasa di Korea Utara, mengatakan Washington dan Seoul telah membuat keputusan yang sangat berbahaya dengan memperpanjang latihan, dan "mendorong" situasi di luar kendali.

"Amerika Serikat dan Korea Selatan akan menemukan bahwa mereka telah membuat kesalahan besar yang tidak dapat dibalikkan," kata Pak.

Para diplomat mengatakan Washington telah meminta Dewan Keamanan PBB untuk bersidang secara terbuka mengenai Korea Utara pada hari Jumat.


Korea Utara Telah Lama Dilarang Uji Nuklir dan Rudal

Korea Utara telah lama dilarang melakukan uji coba nuklir dan peluncuran rudal balistik oleh Dewan Keamanan, yang telah memperkuat sanksi terhadap Pyongyang selama bertahun-tahun untuk mencoba memotong dana untuk program tersebut.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir dewan 15 anggota telah terpecah tentang bagaimana menangani Korea Utara dan pada bulan Mei, China dan Rusia memveto dorongan pimpinan AS untuk menjatuhkan lebih banyak sanksi PBB sebagai tanggapan atas peluncuran rudal Korea Utara.

Kim Jong-un ingin Perhatian Amerika

Serangan rudal terbaru ini terjadi hanya sebulan setelah Korea Utara meluncurkan rudal balistik di atas Jepang - pertama kali melakukannya dalam lima tahun.

Korea Utara telah menguji rudal tahun ini dalam jumlah rekor karena ketegangan meningkat.

Meskipun sanksi melumpuhkan, Pyongyang melakukan enam uji coba nuklir antara 2006 dan 2017 dan diyakini merencanakan yang ketujuh.


Terus Meningkatkan Kemampuan Militer

Korea Utara diketahui terus meningkatkan kemampuan militernya - yang melanggar resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa - untuk mengancam tetangganya dan bahkan berpotensi membawa daratan AS dalam jangkauan serangan.

Peluncuran rudal pada Rabu 2 November, adalah salah satu rudal balistik Pyongyang melintasi Northern Limit Line (NLL) atau Garis Batas Utara , perbatasan maritim yang disengketakan antara Korea.

Rudal itu mendarat di luar perairan teritorial Korea Selatan, tetapi merupakan yang paling dekat dicapai rudal Korea Utara ke perbatasan.

Seoul menanggapi dengan pesawat tempur, menembakkan tiga rudal air-to-ground yang juga melintasi garis demarkasi maritim yang disengketakan.

Viral Kisah Pilu Bunda Corla di Jerman

Kisah Pilu Bunda Corla Salat Tahajud Sambil Nangis Minta Kerjaan Ke Tuhan, Setelah Menjanda di Jerman

Liputan6.com 2022-11-04 12:40:27
Bunda Corla. (Foto: Dok. Instagram @corla_2)

Viral di medsos membuat Bunda Corla terkenal hingga diwawancara salah satu media di Jerman, Deutsche Welle (DW). Interviu ini mengungkap sejumlah fakta menarik termasuk status janda yang kini sandang Corla.

Melansir dari Deutsche Welle, pada Jumat (4/11/2022), pesohor dengan 5 jutaan pengikut di Instagram ini tak membeberkan detail kapan nikah, dengan siapa, hingga akhirnya cerai lalu menjanda.

Namun, kehidupannya berubah dramatis karena untuk menyambung hidup, pemilik nama lengkap Cynthia Corla Pricillia mendapat santunan Pemerintah Jerman. Disantuni negara membuatnya tidak enak hati.

"Karena dulu Bunda punya suami, cerai, lalu dibantu pemerintah. Di Jerman, kalau ada janda belum dapat kerja, kita bisa mengajukan ke pemerintah bahwa kita butuh biaya hidup. Akhirnya, Bunda merasa tidak enak dibantu pemerintah terus. Bunda ingin cari kerja," katanya.


Hampir Menyerah

Corla lantas menjajaki sejumlah pekerjaan dari panti jompo hingga rumah sakit. Karena takut melihat darah, Bunda Corla merasa tak cocok mencari duit di dua tempat ini hingga rasanya ingin menyerah saja.

"Sudah sempat mengeluh, sudah hampir menyerah. Lalu, bunda salat tahajud. Saat itu bulan puasa Ramadan, bunda salat tahajud. Bunda meneteskan air mata. Bunda mengadu sama Tuhan: Ya Allah, kasih aku pekerjaan," Bunda Corla mengenang.


Aku Ingin Kerja Normal

"Aku ingin kerja normal, ingin kerja di McDonald's ingin cari uang yang bisa menutupi kehidupan aku. Jangan sampai pemerintah terus yang bantu," imbuhnya. Rupanya, Sang Khalik mendengar doa dan melihat air mata Bunda Corla.

Suatu hari, ia jalan-jalan ke tengah kota dan melihat restoran cepat saji waralaba McDonald's. Bunda Corla memberanikan diri melamar kerja dan akhirnya diterima meski usia tak lagi muda.


Buka Kartu Soal Gaji

Ia lantas buka kartu soal gaji yang didapat sebagai pekerja restoran cepat saji. Bunda Corla digaji 1.600 Euro, yang jika dirupiahkan sekitar 24,6 jutaan. Dengan catatan, 1 Euro setara 15.300 rupiah. Biaya hidup di Negeri Panser tak bisa dibilang murah.

"Dari 1.600 (Euro) itu, kita bagi untuk rumah 400. Untuk (bahan pangan atau sembako) 200, tersimpan 1.000. Jadi 1.000 itu kita gunakan untuk belanja, makan, untuk beli barang-barang kesenangan kita. Namun saya tetap berusaha menabung," Bunda Corla merinci.

Ke Makam Vanessa, Ibu Bibi Curhat soal Gala

Ibunda Bibi Andriansyah Curhat Perkembangan Gala Sky di Makam Vanessa Angel, Kirim Doa buat Almarhum

Liputan6.com 2022-11-04 10:07:22
Vanessa Angel meninggal dunia di Jawa Timur, 4 November 2021. (Foto: Instagram @zaskiasungkar15)

Hari ini, Jumat (4/11/2022) tepat setahun lalu Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah tewas dalam kecelakaan maut di Jawa Timur. Putra pasangan selebritas ini, Gala Sky Andriansyah, selamat dan kini dirawat mertua sang artis.

Memperingati setahun tragedi memilukan ini, H. Faisal bersama istri, Dewi Zuhriati, mengunjungi makam Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah. Keduanya melantun doa untuk mendiang.

Kepada jurnalis, Faisal menyebut Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah adalah pasangan sehidup semati. Tak ada alasan bagi keluarga untuk memindahkan atau memisahkan makam keduanya.

Faisal juga membeberkan, saat mengunjungi makam, Dewi Zuhriati curhat banyak hal termasuk tumbuh kembang Gala Sky yang kini jadi yatim piatu. Matanya tampak berkaca saat berada di makam.


Curhat Kondisi Gala

"Karena menurut saya mereka berdua sudah sehidup semati. Jadi enggak ada alasan bagi saya, bagi keluarga kami, untuk menerima untuk dipisahkan (makam mereka) terkecuali kalau jangka dan waktunya sudah memenuhi syarat," katanya.

"Di samping mendoakan dia, itu mamanya curhat apa yang dia rasakan selama satu tahun ini. Walaupun (sudah) sering curhat, tapi sekarang tetap juga curhat bagaimana kondisi anaknya (Gala Sky -red.) sampaikan secara naluri, secara batin, bahkan diucapkan juga," Faisal menyambung.


Curhat Perkembangan Adik-adik

Melansir dari video jumpa pers di kanal YouTube Intens Investigasi, Jumat (4/11/2022), Faisal dan istri menceritakan pula perkembangan ketiga adiknya yakni Frans, Fadly, serta Fuji. Faisal dan Dewi Zuhriati kerap bersilaturahmi ke makam anak juga menantu.

Momen itu selalu menjadi ajang sambung doa dan curhat kepada mendiang Bibi Andriansyah dan Vanessa Angel. "Kemudian (curhat soal) perkembangan adik-adiknya yang dulu dia didik, disampaikan di sini. Di samping mendoakan dia," imbuhnya.


Kami Tak Bisa Memilah

Bagi Faisal, perjalanan hidup bersama Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah kenangan manis yang sulit dilupakan. Ditanya apa saja fase indah bersama anak menantu, Faisal menyebut semua indah dan tak bisa dipilah-pilah.

"Kami tidak bisa memilah-milah satu per satu kenangan itu," Faisal memberi tahu seraya menambahkan, "Karena mereka bagi kami adalah anak-anak yang mempunyai semangat tinggi. Perhatian yang tinggi. Punya kepekaan terhadap keluarga, kepada saudara."

Tips Sukses: Berani Bilang Tidak

Pakaian Dalam Ratu Elizabeth II Dilelang

Lelang Barang Pribadi Ratu Elizabeth II, SIM Militer hingga Pakaian Dalam

Liputan6.com 2022-11-04 10:05:31
Baju tidur Ratu Elizabeth II yang dilelang. (Dok: AFP/ Reeman Dansie Auctioneers di Colchester, Inggris)

Sebuah lelang barang-barang pribadi mendiang Ratu Elizabeth II akan digelar pada 8--9 November 2022. Penggemar kerajaan dapat memperoleh sepotong barang bersejarah unik, termasuk pakaian dalam berenda Ratu yang akan dijual dengan harga yang sangat mahal.

Rumah lelang Reeman Dansie Auctioneers di Colchester, Inggris, berharap bisa mendapatkan hampir dua ribu dolar AS (sekitarRp31,4 juta) atau lebih untuk salah satu rok satin merah muda Ratu Elizabeth II dari tahun 1950-an, yang disulam dengan inisialnya, "ER." Rok itu awalnya dibeli di pesta taman amal di Euston Hall di Suffolk.

Mengutip dari NYPOST, Jumat (4/11/2022), gaun itu akhirnya diberikan pada Ann Fortune FitzRoy, yang juga menjabat sebagai Lady of the Bedchamber dan menghadiri penobatan Ratu Elizabeth II. Barang lain yang akan dilelang adalah surat izin mengemudi militernya yang digunakan selama Perang Dunia II.

Juga, koleksi foto-foto dari karier militer Ratu. Saat itu, Ratu Elizabeth II jadi anggota aktif Angkatan Bersenjata Kerajaan Inggris. Pada 1945, Elizabeth adalah anggota wanita pertama dari keluarga kerajaan yang bertugas di angkatan bersenjata.

Lisensi itu dikeluarkan ketika ia masih jadi Putri Elizabeth, yang ditandatangani dan diberi tanggal secara pribadi olehnya pada 1 Maret 1945. Kartu dilengkapi dengan tulisan tangan tentang layanannya dan foto-foto dari instruktur mengemudinya di Auxiliary Territorial Service, mendiang Mayor Violet Wellesley.


Kartu Lisensi Menyetir

Di kartu lisensi mengemudi Ratu juga tertera bahwa Yang Mulia Putri Elizabeth memiliki tinggi 5 kaki, 3 inci, bermata biru dan memiliki rambut coklat muda. Benda itu ditaksir akan dilepas sekitar 2.200 dolar AS atau lebih.

Benda-benda lain termasuk sederet kartu Natal yang ditandatangani keluarga kerajaan selama beberapa dekade. Harganya berkisar dari sekitar 57 hingga 220 dolar AS (setara Rp897 ribu hingga Rp3,4 juta).

Penguasa yang meninggal pada 8 September 2022 dalam usia 96 tahun itu juga memiliki sebuah gips seukuran tangan Putri Diana yang juga akan dimasukkan dalam koleksi lelang. Benda ini diharapkan bisa dijual hingga 46 ribu dolar AS atau setara Rp724 juta.

Gips tangan sepanjang 24cm itu dibuat pematung Kroasia Oscar Nemon, yang sering bekerja dengan anggota keluarga kerajaan Inggris lainnya, termasuk mendiang Ratu. Ia menempa model tangan kiri Diana tepat sebelum kematiannya pada 1985 dan delapan tahun sebelum kematian tragis sang putri. Rumah lelang menyebut potongan itu "sangat langka dan diyakini unik."


Koleksi Ratu Lainnya

Ratu Elizabeth II dikenal sebagai pemilik barang koleksi seni terbanyak di dunia. Sebagian dari barang koleksi itu berkaitan dengan Kerajaan Inggris.

Koleksi barang-barang tersebut dikelola Royal Collection Trust (RCT). Itu adalah badan amal yang memelihara koleksi seni monarki dan didanai dari penerimaan pengunjung ke istana kerajaan.

Belum lama ini mereka mengurasi benda-benda seni yang dianggap menyinggung soal ras, perbudakan, kedikdatoran, dan disabilitas. Entah kebetulan atau tidak, keluarga Kerajaan Inggris mendapat tekanan tentang masa lalu mereka yang dinilai berkaitan dengan isu-isu tersebut, terutama perbudakan.

Barang-barang yang dianggap menghubungkan pihak kerajaan Inggris dengan keempat isu tersebut bakal disingkirkan, diremajakan, atau diubah jadi lebih modern. Dilansir dari The Sun, selama setahun terakhir, ada lebih dari 2.500 lukisan, foto, dan karya seni lain, termasuk yang dipajang di Istana Buckingham dan Kastil Windsor, telah dikurasi.

Hasinya, beberapa koleksi dianggap dapat menyinggung atau memprovokasi pihak-pihak tertentu. sehingga perlu dicabut atau diubah.


Koleksi Foto

Sementara, salah satu sumber mengatakan, untuk beberapa barang, mereka hanya mengubah nama atau keterangannya jadi terkesan lebih modern agar tidak menyudutkan pihak kerajaan. Tapi kabarnya mereka menyertakan foto Sir Thomas Picton yang dijuluki "The Hero of Waterloo" yang dikaitkan dengan perdagangan budak dalam daftar kurasi.

Lalu, ada tulisan karya seniman Italia Domenichino yang diubah dari "Epileptic Boy (bocah epilepsy)" menjadi "Boy with Epilepsy (Bocah dengan Epilepsy)." Koleksi lain yang masuk daftar kurasi adalah sekitar 1.500 foto bertema Imperium Britania yang memperlihatkan perjalanan Pangeran Edward dari Waes ke India pada 1921 yang jadi negara jajahan mereka. Koleksi ini disingkirkan karena dikhawatirkan bisa menyinggung pihak-pihak tertentu.

Para kurator mengungkap, mereka butuh riset lebih lanjut untuk mengurasi sejumlah foto, termasuk potret sekelompok pria di Singapura pada 1901 dan tamu dari Tiebt di Calcutta Turf Club pada 1905. Potret lain yang juga dinilai berpotensi jadi polemik, yaitu potret mantan Menteri Dalam Negeri Inggris Henry Dundas yang pernah menunda aturan penghapusan perbudakan. Hal serupa juga akan terjadi pada potret mantan Perdana Menteri Inggris Sir Robert Peel yang anti-penghapusan perbudakan dan William Beckford yang pernah memiliki budak.

Bayaran Aktor Termahal Korea Bikin Kaget

Hikayat Masjid di Negeri Para Samurai

Hikayat Masjid di Negeri Para Samurai

Liputan6.com 2022-11-04 16:30:10
Tokyo Camii, masjid di Tokyo, Jepang. (dok. Instagram @diniaiko/https://www.instagram.com/p/BcN3Qe9Fe04/)

Jumlah masjid di Jepang terus bertambah seturut meningkatnya jumlah populasi umat Islam di negeri sakura itu. Terkini, lebih dari 100 masjid berdiri di Jepang.

Hal ini diungkapkan oleh Profesor Yo Nonaka dari Universitas Keio Jepang, saat Saat menjadi pembicara kunci dalam gelaran Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS), di Bali, Rabu (2/10/2022), dikutip dari laman NU, Jumat (4/11/2022).

Dia menjelaskan, saat ini ada 60 ribu umat Islam dari Indonesia tinggal di Jepang. Jumlah ini menjadi ukuran paling besar dari total keseluruhan sekitar 200 ribu umat Islam yang ada di negeri para samurai itu.

Pada 1980, umat Islam Indonesia yang tinggal di Jepang mayoritas para diplomat, pelajar yang mendapatkan beasiswa, atau pekerja perusahaan yang memiliki kontrak waktu tertentu. Seiring waktu berjalan, berbagai profesi seperti perawat juga muncul.

Namun umat Islam dari Pakistan dan Bangladesh yang tinggal di Jepang lebih menonjol di kehidupan masyarakat dari umat Islam Indonesia. Hal ini karena umat Islam dari Pakistan dan Bangladesh tinggal di Jepang dan menikahi warga Jepang serta mendirikan masjid di sana.

"Hanya ada 4 masjid di Jepang pada tahun 1990. Salah satu masjid paling tua di Jepang adalah Masjid Jami' Tokyo. Masjid ini dibangun pada 1938 dan menjadi yang paling besar dan terkenal di sana," ungkap Yo Nonaka.

Pada tahun 90-an, kata Yo, umat Islam pendatang mulai mendirikan masjid di berbagai daerah di Jepang. Jumlah masjid di Jepang bertambah menjadi 14 pada tahun 1999. Jumlah ini pun terus bertambah hingga 67 pada tahun 2010 dan di 2018 ada lebih dari 100 masjid berdiri di seluruh wilayah Jepang.


Peran NU

Umat Islam Indonesia di Jepang juga ikut andil pada pertumbuhan jumlah masjid di Jepang, di antaranya yang terkenal adalah Masjid Nusantara yang dibangun pada tahun 2019. Sebelum adanya masjid ini, umat Islam Indonesia di Jepang banyak yang melaksanakan shalat Jumat dan Idul Fitri di sekolah Indonesia di Jepang.

"Pada sekitar tahun 2000 mereka merencanakan membangun masjid karena bangunan sekolah sudah tidak muat lagi untuk menggelar shalat. Pada tahun 2012 panitia pembangunan dibentuk dan dimulai pembangunan pada 2016. Akhirnya masjid dibuka untuk idul fitri pada 2017," kata profesor di bidang Manajemen Kebijakan Publik ini.

Kebanyakan masjid digunakan bukan hanya untuk shalat berjamaah namun juga difungsikan untuk berkumpul saat buka puasa bersama ramadhan, shalat tarawih, atau kegiatan peringatan hari besar Islam, dan pengajian rutin untuk anak-anak. Selain itu umat Islam di Jepang juga aktif melakukan kegiatan dakwah, zakat, dan aktivitas sosial.

Perkembangan dakwah di Jepang ini menurut Yo Nonaka tidak terlepas dari peran dakwah Nahdlatul Ulama. Menurutnya, NU yang memiliki jaringan luas, sebagai organisasi masyarakat terbesar di Indonesia, bahkan dunia, menampakkan peradabannya di Jepang.

Terlebih selama lima tahun terakhir ini peran NU semakin menguat. Hal ini bisa terlihat dari semangat warga NU di Jepang yang menggelar berbagai kegiatan Ahlussunnah wal Jamaah seperti kegiatan pengajian, yasinan, tahlilan, dan seni hadrah di Jepang.

Tim Rembulan


Saksikan Video Pilihan Ini:

Cukai Naik Tajam, Harga Rokok Melejit